Thursday, July 8, 2010

Legenda El Dorado dan harta karun danau Guatavita

Sebuah kota yang terbuat dari emas dengan rajanya yang juga bersalutkan serbuk emas, legenda El Dorado telah menjadi salah satu legenda yang paling menarik untuk diceritakan. Banyak orang mengatakan kalau legenda ini hanyalah sebuah imajinasi, namun sebenarnya sebagian rahasia El Dorado boleh dibilang telah terungkap dan danau Guatavita adalah salah satunya.


Ini kisah singkat mengenai El Dorado.

Ketika Christopher Colombus menemukan benua Amerika, kisah mengenai dunia baru yang kaya akan emas sampai ke Eropa. Tidak lama kemudian, para penakluk Spanyol mulai masuk ke peradaban Amerika Tengah dan Selatan termasuk Aztec dan Inca.

Francisco Pizzaro (1475–1541), yang berhasil menaklukkan peradaban Inca yang kaya raya pada tahun 1530an percaya kalau di tempat lain di benua itu masih tersimpan kekayaan tersembunyi yang bernilai besar.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan konfirmasi mengenai hal ini.

Tidak lama setelah penaklukkan itu, seorang pembawa pesan dari suku tidak dikenal muncul di Peru, tempat kerajaan Inca, dengan sebuah pesan untuk Raja Inca. pembawa pesan ini tidak tahu kalau kerajaan Inca telah ditaklukkan oleh Pizarro.

Setelah diinterogasi oleh para prajurit Spanyol, pembawa pesan itu berkata kalau ia adalah anggota salah satu suku di wilayah Bogota. Menariknya, pembawa pesan ini juga menceritakan mengenai sebuah kerajaan lain di wilayah yang sama dimana Rajanya berselimutkan debu emas dan berenang di danau emas.

Legenda yang mereka dengar inilah yang kemudian disebut dengan El Dorado yang berarti "Manusia bersepuh Emas".

Tertarik untuk mendapatkan emas yang lebih banyak, para penakluk dari Spanyol ini kemudian mengirimkan paling tidak lima ekspedisi besar untuk mencari El Dorado.

Salah satu ekspedisi yang dikirim adalah ekspedisi yang dipimpin oleh Gonzalo Jimenez de Quesada yang berangkat pada tahun 1536.

Bersama 500 prajuritnya, Ia masuk ke belantara lebat yang sekarang termasuk wilayah Columbia. Setelah menjelajah cukup lama dan menjumpai berbagai rintangan, Quesada dan timnya menemukan suku Chibca yang kaya raya. Namun, mereka tidak menjumpai raja emas dan danau emas yang dicari.

Tetapi, suku tersebut menceritakan kepada Quesada mengenai sebuah danau misterius di kawah gunung di dataran tinggi Andes di Bogota yang bernama Guatavita. Menurut mereka, setiap tahun, di danau itu, sebuah upacara misterius dilakukan oleh suku setempat yang bernama Muisca sebagai persembahan terhadap dewa mereka.

Sang raja, yang juga disebut Zipa, akan dibaluri dengan lumpur yang kemudian dilapisi lagi dengan debu emas. Setelah itu, ia bersama para tetua suku yang lain akan mengayuh rakit yang berisi emas perak dan perhiasan lainnya hingga ke tengah danau.

Setelah sampai di tengah, mereka akan membuang emas perak itu ke dalam danau. Lalu sang raja akan terjun ke danau untuk membersihkan tubuhnya dari debu emas dan lumpur yang menyelimuti tubuhnya.

Mendengar kisah luar biasa ini, Quesada memutuskan untuk mencari El Dorado.

Ia tidak bisa menemukan suku Muisca atau kota emas yang dimaksud, namun ia berhasil menemukan danau Guatavita.

Ketika penemuan ini diumumkan ke Spanyol, sebuah usaha dilakukan untuk mengeruk danau ini pada tahun 1545. Usaha ini dipimpin oleh Hernan Perez de Quesada, saudara laki-laki dari Jimenez de Quesada.

Quesada menggunakan para pekerja untuk mengeringkan danau dengan ember-ember raksasa. Setelah tiga bulan, level permukaan air danau turun sekitar 3 meter dan Quesada berhasil mendapatkan 18 kilogram emas dari dalamnya.

Pada tahun 1580an, seorang pedagang dari Bogota bernama Antonio de Sepulvada mengerahkan 8.000 penduduk setempat dalam usahanya untuk mengeringkan danau itu dengan cara membuat pintu-pintu air di sisi danau. Ia berhasil menurunkan permukaan danau hingga 20 meter.

Dengan cara ini ia berhasil menemukan emas dalam jumlah yang cukup besar. Namun kemudian sisi danau runtuh dan menewaskan banyak pekerja. Proyek ini kemudian dibatalkan.

Hari ini, kita masih bisa melihat sisi danau yang terpotong, sisa-sisa usaha yang dilakukan oleh Sepulvada.

Pada tahun-tahun berikutnya, ambisi bangsa Eropa untuk menemukan El Dorado muncul kembali ketika seorang pria misterius bernama Juan Martinez menceritakan mengenai sebuah kota emas bernama Manoa. Kota ini bisa saja berhubungan dengan legenda El Dorado, namun bisa juga tidak. Yang pasti, bangsa Eropa semakin percaya kalau Benua Amerika menyimpan kekayaan dalam jumlah besar.

Martinez bercerita kalau ia adalah seorang pengawas amunisi di sebuah kapal Spanyol yang menjelajahi sungai Caroni yang terhubung dengan Sungai Orinoco. Kapal mereka menjelajahi sungai hingga jauh ke dalam hutan belantara. Namun, gudang mesiu yang diawasinya meledak sehingga penjelajahan ini pun dibatalkan. Sebagai hukuman bagi Martinez, ia ditinggalkan di sungai tersebut dengan sebuah sampan.

Lalu, Martinez mengaku berjumpa dengan sekelompok anggota suku indian yang bersahabat. Mereka menutup mata Martinez dengan kain dan membawanya ke kerajaan mereka yang disebut Manoa. Martinez mengatakan kalau Istana raja Manoa yang dikunjunginya itu terbuat dari emas.

Pada tahun 1586, kisah ini sampai ke telinga Sir Walter Raleigh, seorang penjelajah ternama yang pernah mendirikan koloni pulau Roanoke yang legendaris.

Pada tahun 1595, Raleigh bersama rekan-rekannya berlayar menjelajahi sungai Orinoco di Amerika Selatan demi untuk menemukan Manoa. Namun, ekspedisi itu tidak menghasilkan apa-apa. Menariknya, mereka menemukan Jangkar Kapal Spanyol Martinez yang tersisa ketika terjadi ledakan di kapal. Jadi, paling tidak ada bagian dari kisah Martinez yang dapat dipercaya.

Walaupun tidak menemukan kerajaan emas Manoa, Raleigh membawa banyak sampel flora dan fauna yang eksotik serta sebuah batu indah yang menandakan adanya kekayaan alam luar biasa di tempat itu. Raleigh bahkan menulis sebuah buku mengenai penjelajahannya ini.

Raleigh sendiri percaya kalau kota Manoa sebenarnya terletak di wilayah danau Parime di belakang pegunungan wilayah Guyana. Ia bahkan menyediakan sebuah peta yang sangat akurat mengenai letak wialayah ini.

Pada tahun 1618, Raleigh kembali melakukan eskpedisi kedua untuk menemuan kota ini dengan biaya dari kerajaan Inggris. Namun ekspedisi ini juga gagal membawa hasil.

Kisah El Dorado tidak berhenti pada abad pertengahan saja. Para penjelajah abad-abad berikutnya masih terus mencoba menemukan kota emas tersebut. Walaupun begitu, perhatian terhadap danau Guatavita tidak pernah surut.

Pada tahun 1911, sebuah perusahaan pembuat emas kembali mencoba peruntungannya di danau Guatavita. Mereka berhasil membuang sebagian besar air danau itu dengan membuat terowongan dan pintu air. Namun, lumpur danau itu dengan segera mengeras dan hujan segera memenuhi danau itu kembali. Mereka hanya menemukan beberapa objek emas yang kemudian dilelang untuk membayar para investornya.

Pada tahun-tahun berikutnya, minat mencari El Dorado sepertinya mulai berkurang. Kebanyakan orang mulai beranggapan kalau El Dorado mungkin hanya sebuah legenda. Bahkan ada satu pendapat yang mengatakan kalau suku Indian yang menceritakan soal El Dorado mungkin telah berbohong untuk mengalihkan perhatian para penakluk dari desa mereka.

Namun, sebuah petunjuk besar muncul pada tahun 1969.

Dua orang pekerja yang sedang menggali di sebuah gua kecil di dekat Bogota tanpa sengaja menemukan sebuah patung emas. Patung itu berbentuk rakit dengan figur kepala suku dan delapan pria yang sedang mengayuh di atasnya.

Bentuk patung ini segera mengingatkan para peneliti dengan ritual El Dorado yang telah diceritakan selama ratusan tahun. Jadi, legenda itu ternyata benar.

El Dorado memang ada.

Namun, peneliti dari Los Andes University bernama Carl Langebaek punya pendapat sendiri. Menurutnya, El Dorado mungkin hanyalah sebuah produk dari imajinasi para penjelajah. Katanya:
"El Dorado tidak akan pernah ditemukan. Orang-orang akan selalu mencari emas di tempat yang paling mustahil sekalipun. Tidak peduli bahkan jika mereka menemukan satu istana emas sekalipun, selalu ada alasan untuk mencari El Dorado yang lain."
Hari ini, Danau Guatavita terlihat sepi. Bahkan Turis pun jarang keliatan. Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Columbia memutuskan untuk menutup wilayah itu karena orang-orang sering membuang sampah ke dalamnya atau mencuci mobil di sana.

Saat ini hanya ada satu petugas pengawas yang ditempatkan untuk mengawasi danau itu. Jamie Beltran, sang pengawas percaya kalau danau itu meyimpan rahasia El Dorado.

"Saya yakin, emas dari El Dorado ada di dalam sana." Katanya sambil memandang air danau yang tenang.

Apa yang dipercayai oleh Beltran juga dipercaya oleh banyak orang lainnya. Tetapi, mungkinkah suatu hari danau Guatavita akan membuka rahasianya?

(wikipedia, freerepublic.com, nationalgeographic.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

115 comments:

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Kyaaa ^0^
gak nyangka..got it...pertamax, solar, bensin, premium, minyk jelantah,,xixixi^^

Anonymous said...

frans:
ga mau ah jadi pertamax
masuk 10 besar aja :p

Richard Rondonuwu said...

rwedreacv = Mantra gagal (untuk merebut Pertamax pertama-x nya)

"El Dorado tidak akan pernah ditemukan. Orang-orang akan selalu mencari emas di tempat yang paling mustahil sekalipun. Tidak peduli bahkan jika mereka menemukan satu istana emas sekalipun, selalu ada alasan untuk mencari El Dorado yang lain."

Kata - kata bro Carl sepertinya ingin menyembunyikan sesuatu nih..
mirip dengan 'khayalan' bro Jamie, yang..,

"Saya yakin, emas dari El Dorado ada di dalam sana."

Kayaknya maksud dari bro carl sama dengan bro Jamie...hehehehe

Anonymous said...

Gak pertamax... telaat!
Ehmm.. danau guatavita, seru juga. Saya pernah dengar di Papua juga sering penduduk setempat menemukan emas tanpa perlu digali dalam-dalam.

enigma said...

@Tyrips: Kata-kata itu seperti teori konspirasi. Maksudnya, walaupun sdh ketemu jawaban, tapi akan selalu mencari konspirasi lainnya. Haha

KraKen said...

ralat gan,..

Pemerintah Coumbia memutuskan untuk menutup wilayah itu karena orang-orang sering membuang sampah ke dalamnya atau mencuci mobil di sana.

Pemerintah Columbia maksudnya ya..

Apakah kota dimaksud, seperti yang diceritakan dalam Book of Secret, sekuel film National Treasure 2?

enigma said...

@Kraken: Thank Bro, sudah diganti. Betul, kota itu memang seperti di Film National Treasure 2.

Anonymous said...

dari Tresna Asti

^^
biar nongol aja dulu komen saya ini.. Hehee
kesekianmaXXxxx

Richard Rondonuwu said...

hahaha...
Kayaknya bro udah mulai demam konspirasi lagi ya (semenjak tulisan bro tentang bandara di Denver)..

Btw, bro bikin pusing TYrips deh pada tulisan kali ini..,

pertama, dimulai dari sini "Namun, sebuah petunjuk besar muncul pada tahun 1969." lalu diceritakan tentang dua orang pekerja yang menemukan sebuah patung emas, dst
Paragraf ini ditutup dengan kata "El Dorado ternyata ada."

Lalu, tiba2 muncul bro Carl dengan argumen "penyangkalannya" yang masih tanda tanya motivasinya mengatakan hal tersebut..,

berikutnya muncul bro Jamie dengan statementnya "Saya yakin, emas dari El Dorado ada di dalam sana."

Dan terakhir, ditutup dengan ending ala bro Enigma... "Tetapi, mungkinkah suatu hari danau Guatavita akan membuka rahasianya?"

wkwkwkwkwk... TYrips kurang cepat bisa mencerna "tata letak" tulisan seperti itu bro (maklum... orang kampung) wkwkwkwkwk...

Tapi, TYrips suka banget tulisan kali ini...Keren.. Dan sepantasnya dengan gaya tulisan seperti ini bro Enigma mendapatkan Pulitzer...wkwkwkwkwk (tapi serius lho bro..hihi)

enigma said...

@Tyrips: Haha. saya memang suka membuat orang lain bingung. Tyrips memang jeli. Tapi percaya deh, saya nggak ada niat membodohi kok. Cuma mau membuat penasaran. haha.

KraKen said...

Kalau menurut saya, sebenarnya mereka sudah menemukan The City Of Gold El Dorado, Danau Guatavita sudah cukup sebagai bukti bahwa memang banyak emas dilontarkan kedalamnya dan berhasil ditemukan. Cuma keserakahan yang membuat mereka terus mencari El Dorado yang lain,

The Lost City of Z contohnya, yang di buru berdasarkan catatan penjelajah Portugis yaitu Manuskrip 512.Lokasi TLCofZ di perbatasan Brazil-Bolivia, tapi saya hanya melihat tapak bekas kota saja, tidak ada gapura atau kota emas seperti yang awalnya diceritakan.

Video: http://tinyurl.com/2cnqakv
Wiki : http://en.wikipedia.org/wiki/Lost_City_of_Z

Ada yang minat mengulas lebih dalam?

Richard Rondonuwu said...

TYrips gak merasahi dibodohi koq..,
TYrips malahan menganggap ini sebagai 'refleksi' buat otak TYrips yang kadang lebih suka berpikir instan dan satu arah saja...
Sebenarnya selain blog misteri, xfiles juga mesti diberi label blog edukasi bro...hihihihi...
---Bro Enigma jadi kayak dosen aja nih..hehe

enigma said...

@Tyrips: Kalau kamu bilang kamu suka berpikir instan dan satu arah, saya cukup terkejut. Look who's talking, Blogger Conspiracy? Haha, biasanya (setahu saya) blogger teori konspirasi malah punya pikiran yang cukup rumit.

@Kraken: hebat, langsung dicari referensi tambahan. Oya, ada satu orang yang pernah mengaku menemukan El Dorado lewat google earth, sayang, saya tidak menemukan info lebih lanjut soal itu. Padahal, cukup menarik juga mungkin penemuannya (kalau memang benar).

Soal, referensi itu, akan saya baca juga nanti.

KraKen said...

Tambahan,..Percy Harrison Fawcett, pemberi nama TLCofZ merupakan Team Penjelajah yang berusaha mencari Kuhikugu(TLCofZ) ,Dia dan timnya hilang pada tahun 1952 di Mato Garosso..

Apa yang terjadi pada mereka ya??fiuuuhh

Richard Rondonuwu said...

itu kan setahu bro Enigma (a.k.a pendapat subjektif) hahahahaha... Banyak lho conspiracy Blogger, terutama akhir2 ini memiliki sifat seperti yang disebutin tadi (TYrips juga termasuk, dan orang2 lain diluar sana, bukan disini...hihihi).

Btw, cerita ini mirip dengan papua ya bro?? hihihihi... Papua kan juga dipenuhi dengan banyak "harta karun". Sayang gak ada orang yang seperti bro Carl yang bisa menyatakan kalo 'harta karun' di Papua itu tidak ada dan hanya mitos...hihihi (makin malam, (TYrips) makin ngawur)

KraKen said...

Aduuh maap,...kepencet enter barusan,..ini link Manuskrip 512 nya gan..

http://tinyurl.com/38v9xav

Udah ditranslate ke english,..jadi gk usah buka kamus portugis lagi.

Nite all.bye

enigma said...

@Tyrips: selat malaka dan selat sunda memang gudangnya harta karun. Kalau soal Papua, sepertinya saya tahu omongan Tyrips mau menuju kemana. hehe.

Jafan said...

saya pernah baca mas enigma.. katanya sih di buku itu kemungkinan besar eldorado itu nama orang.. g tau dah kelanjutannya.. heheh

enigma said...

@Jafan: el dorado itu bukan nama orang, tapi nama julukan. artinya secara harfiah adalah: "Manusia bersepuh" atau kadang disebut "Manusia bersepuh emas".

Anonymous said...

halooo..40 besar masuk kan heheh.

oiya bagaimana dengan gambaran dari film kartun hollywood Yg berjudul Eldorado? mirip jg kan?

. ku tunggu analisa Chris, my heart, Nakashima, dea, dan Dellabelle..van sharyu, mbahware, hawkson pd kmana juga ya...
...................Dwiero

Anonymous said...

wow Emas $_$ saya suka yg konclong2 haha

aprian sevenfoldism

Anonymous said...

Dea .
Dari kmren comment , tp ko ga ada yaa ? Ato ga d approve ama ka Enigma ? Hehehe , ,
Uwaaaaaaw ! Ga nyangka ad yg nunggu comment dea , duh jd ga enk ni , huaaa , kyk.a dea ga pnah nganalisis deh , cuma nulis ap yg dea pikirin aja , huehehehe , but whatever , hai kak dwiero ! Hahaha

Hmm emass ! Apa yaaa ? Pas pertama baca sih kayak.nya ad bgian yg d lebih2in deh , pas bagian "Rajanya
berselimutkan debu emas dan berenang di danau emas." danau yg dmaksud itu danau Guatavita kan ka ? Danau Guatavita.kan cuma danau biasa tp di dasarnya ada emas (dr plaksanaan tradisi) , kalo liat kata Danau Emas , dea sih mikirnya danau yg isinya emas semua (ga ada airnya , tp smua dr emas gtu) , sama kayak mandi susu brarti mandinya di susu bukan campur air , hehehe . .
Oia ka , pas bagian "Menariknya, pembawa pesan ini JUGA
menceritakan ... " dr kata Juga , brati yg dceritain si pembawa pesan itu bukan cuma ttg raja emas ? Apa lg ka ? Slain ttg raja emas n dia dr suku d Bogota ?
Hehehehe , , , ^_^

Sugibam Yoichi said...

El dorado pernah ada film versi kartun nya.
tersembunyi di balik air terjun tuh kotanya klo di film.

btw, itu kenapa komen ngejunk di tampilin?

prinsipberbagi said...

silahkan mampir gan. . .
http://prinsipberbagi.wordpress.com
blog, bkan tntang Mistery. . .atau lgenda-lgenda

Anonymous said...

Antony said :
legenda el dorado kayaknya masih cukup gaungnya ampe sekarang, buktinya game baru Call of juarez juga masih mengambil tema perburuan harta karun el dorado he he he....

Anonymous said...

Ni John Doe,
Sebelum bangsa Eropa datang, apakah suku primitif telah mengetahui "nilai" emas?
Menurut saya, bangsa Indian Amerika tidak menganggap emas lebih berharga dari hasil panen yang melimpah. Mereka tidak tahu mau diapakan emas2 hasil tambang mereka yang banyak, jadi mereka buang saja di danau. Maklum "pembeli" yang menilai emas dengan tinggi belum sampai ke tempat mereka (bangsa Eropa). Saya pernah mendengar bahwa bangsa Eropa seringkali tertipu dalam menggali harta karun, karena yang mereka temukan justru benih padi2an yang tersimpan di tempat yang mereka perkirakan adalah brankas emas. Emas justru membawa malapetaka (selain bencana alam dan wabah penyakit) bagi suku2 terasing tersebut karena menggoda kedatangan bangsa Eropa menaklukkan mereka, karena setelah emas ditemukan, suku2 tersebut akan diperbudak untuk menggali emas yang lebih banyak. Ending dari film Apocalypto yang menggambarkan tokoh suku indian yang lepas dari kebuasan sesama suku lainnya, namun menghadapi kenyataan baru dengan kedatangan bangsa Eropa yang menjelajah dunia demi gold, gospel & glory.

Anonymous said...

Ni John Doe,
@antony: Game Civilization dari Sid Meier yang berlabel "Colonization" juga menggambarkan kedatangan Eropa di Amerika lho..

Devy D said...

Uppsss.... 35 Besar....(masih kisaran 50 besar)..
Thanks bang...
Saya suka ceritanya....

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

El dorado???
keren brother... keep posting

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

drie said :

waduh klo pertamax kayak nya dah urutan 36...

klo nyari emas jauh2 bner ye......itu di empang rumah gw bnyak enas batangan...ahhaha...becanda...

emas paling indah cuma ad di surga.....keindahan dunia cuma fana.....kalau pun di temukan memangnya di bawa mati ke kubur ap......hahahah.....

DeeLaBeLLe said...

Emas yg ditemuin d danau Guatavita itu berbentuk ap bro En, bongkahan kah ato berbentuk perhiasan?
Kl liat patung emas yg ditemuin 2 pekerja thn 1969 kliatanny bangsa El dorado ud cukup maju, terbukti mereka bisa bikin bentuk patung ky gitu dr emas >.<

enigma said...

@deelabelle: saya tdk tahu pasti bentuk emas yg ditemukan di danau guatavita. Tp di wilayah amerika latin, emas2 dr abad pertengahan masa inca aztec pd umumnya berbentuk perhiasan. Jd saya rasa, emas mrk jg berbentuk perhiasan.

Seno Gakure said...

Buset!
1 minggu ga main ke sini tau tau 3 post belum dibaca!
Mari baca!

Anonymous said...

ka, bikin buku ajah deh! nanti dijamin, pasti laku! orang blognya aja keren banget! aku janji beli deh... siapa setuju?


nb: almost everyday, aku baca blog ini! kesel kalo enggak ada posting baru, seneng kalo ada yang update!

kanz said...

lmyan, msh 50 besar... Tapi, mas enigma, knp ilmuwan Carl Langaebeck tdk percaya dgn adanya le dorado n pemerintah colombia jg seakan2 tdk percaya gtu?? Bkankah kalau tempat wisata i2 dbiarkan bgiu sj, turis2 akan banyak yang dtg ksna??

Anonymous said...

Mau tanya donk, enigma agamanya apa yaaaaaaaaaaaaa?
heeheehehe

enigma said...

@kanz: sbnrnya pemerintah columbia percaya kok. Bhkn negara2 amerika latin saling mengklain negaranya sbg tempat el dorado. Kalo soal carl, mungkin sbnrnya percaya, cuma menegaskan sj kalau ambisi manusia utk mengejar harta tdk ada habis2nya.

Anonymous said...

mungkin benar...dengan adanya danau itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa eldorado memang ada...mungkin pemikiran saya sekarang eldorado sudah tertanam dibawah tanah....mungkin..toh siapa tahu??

harits indi pradana said...

sbnrnya di columbia ada tmbang emasnya ga sih??kok org jman dlu bsa bkin prhiasan bejibun bnget..drpd cri el dorado mnding cri tmbang aja deh kayanya.
(='3'=)

Kin said...

ya ga pertamaxxx,bang apa pemerintah columbia sendiri udh pernah menyelidiki,dimana letak El Dorado?

Zeptian Uyyee said...

hhheeemMMMzzzz kOta emaZZZ???? brow eN g ikUT expediSinya niii???hehe

Anonymous said...

Kenapa enigma membahas masalah ini. Yang bermutu dong.

Anonymous said...

Misteri enigma terpecahkan. ternyata, enigma itu sebuah mesin. Aku dapet dari salah satu forum detective. Berikut penjelasannya :
Mesin Enigma adalah sebuah
mesin penyandi yang digunakan
untuk mengenkripsikan dan
mendekripsikan pesan rahasia.
Enigma dipatenkan oleh insinyur
Jerman Arthur Scherbius, dan
awalnya digunakan untuk
tujuan komersial, namun
nantinya terkenal karena
digunakan oleh tentara dan
pemerintah Jerman Nazi sebelum
dan selama Perang Dunia II.
Secara teknis, mesin Enigma
termasuk keluarga mesin rotor
elektromekanik, yang memiliki
berbagai model. Nama Enigma
diambil dari kata Latin aenigma,
yang artinya teka-teki.
Versi Enigma yang paling
terkenal adalah yang digunakan
oleh Wehrmacht (tentara Jerman
Nazi). Mesin ini, mulai digunakan
oleh Nazi pada 1928, pada
awalnya dianggap sebagai
mesin kriptografi teraman di
dunia, namun akhirnya dapat
dipecahkan oleh pihak Sekutu,
sehingga mesin ini justru
merugikan pihak Nazi. Metode
pemecahan (dekripsi) mesin ini
pertama kali ditemukan di tahun
1932 oleh kriptografer Polandia
dari Biuro Szyfrów (Kantor
Sandi), Marian Rejewski, Jerzy
Różycki dan Henryk Zygalski.
Namun pada 1939 Jerman
mendisain ulang Enigma
sehingga metode tersebut tidak
dapat digunakan lagi. Berkat
informasi dari Polandia, akhirnya
Britania dan Perancis berhasil
membuat mesin pemecah
Enigma baru ini, yang diberi
nama bombe. Informasi yang
didapat Sekutu dari pemecahan
Enigma disebut ULTRA, yang
terbukti amat penting bagi
kemenangan Sekutu pada
Perang Dunia II. Menurut para
ahli, PD II berakhir dua tahun
lebih cepat berkat pemecahan
Enigma ini.

By toru.

Anonymous said...

konspirasi spongebob tentang freemason bener gak sih bro Enig?
by,
ZeuzTheHumanCreator

Anonymous said...

waah rame.na. . .

gabung aah. . .

tpi ga tau mau ngob pa.an ahahaha
:P
by lucie

Chris said...

El-dorado, manusia bersepuh emas. Hmm...ternyata suku-suku asli Amerika Selatan sudah cukup maju dalam metalurgi ya.

Sepertinya el-dorado lebih tepat disebut legenda yang berdasarkan kisah nyata.
Mungkin istana emas yang diimpi-impikan penjelajah Spanyol itu memang tidak pernah ada. Tetapi yang ada kerajinan tangan dari emas seperti perhiasan, patung, artefak, dsb. Saya rasa suku Chibca bisa saja sebenarnya tidak berbohong, tapi sekedar mengatakan apa yang mereka dengar/tahu/percayai, karena kalau seandainya mereka berbohong, justru akan membuat Spanyol murka dan semakin leluasa 'mengobrak-abrik' Chibca, bukan hanya sekedar ancaman saja.

Mengenai yang ini:

''Menariknya, pembawa pesan ini juga menceritakan mengenai sebuah kerajaan lain di wilayah yang sama dimana Rajanya berselimutkan debu emas dan berenang di danau emas.''

Sepertinya dia juga tidak bohong, terpaksa jujur menyampaikan apa yang dia ketahui/percayai.

Well, 'danau emas'-nya memang ada, Guatavita. Mungkin lebih tepat dibilang 'danau yang ada artefak emasnya'. Dan manusia bersepuh emas (eldorado)nya adalah Zipa.

Mengenai Manoa, mungkin tidak pernah ada. Seharusnya sudah ada klarifikasinya dari yg berwenang (seperti arkeolog atau budayawan Colombia mungkin) yang mendukung keberadaannya jika benar-benar ada. Saya rasa Martinez mungkin mengarang cerita untuk mewujudkan impian/ambisinya untuk menemukan emas-emas yang lain, dimana pada masa itu minat Spanyol mencari harta karun emas sudah berkurang.

''Daripada menghabiskan sumber daya mencari harta karun atau istana emas, lebih baik mencari tambangnya saja'', saya sependapat dengan apa yang kira-kira dikatakan Harits.

Saya rasa tentu ada alasan mengapa Carl Langebaek mengutarakan keskeptisannya terhadap eldorado, yang artinya sepertinya telah mengalami perluasan makna dengan 'istana emas'nya. Apalagi dia adalah peneliti yang juga berasal dari daerah itu (Los Andes University).

Mungkin sebenarnya legenda/misteri Eldorado sudah terpecahkan sejak dulu...

Zetta said...

Zetta's opinion

ternyata dimuat juga salah satu artikel ini, karena dari dulu emang masih bertanya-tanya "apa benar ntu emas ada disana???"

andaikan waduk di indonesia kayak gitu ya engga' usah repot2 ke sana, sekalian rekreasi sambil cari harta karun....

Anonymous said...

mas enigma pasti tau kan blog the noock, nah kan blog itu d tutup, trus aku pengen baca postingan terakhir dia tentang "alasan blog thenoock di tutup", kira2, saya bisa baca dimana ya ? Tolong kasih link nya dong.

Viruz_alien

Kin said...

andaikan di indonesia ada harta karun yang terpendam....saya pasti ikutan jd tim expedisinya

Anonymous said...

bung Edward nigma (musuhnya Batman) toLong bahas juga tempat2 misterius yg ada di Indonesia. .

Anonymous said...

Fulcanelli...

Hmmm...emas ya ??? rada2 skeptic jg sih klo bhs tentang harta karun yg "Berlebihan"....
Karena smua hnya berawal dr "katanya" ini lah,,"katanya" itu lah...
Alur standar mitos2 serupa:
#Peppy the explorer menuliskan jurnal ekspedisi perjalanannya dgn gaya bahasanya yg entah lebay ataupun hiperbola (yg multi tafsir jg tentunya),,kemudian jurnal itu jatuh ke tangan suku primitif hula-hula yg demen gossip,mereka kemudian menambah dgn kebohongan2 innoscene mrka yg fantastis,bombastis dan spektakuler,,kemudian seiring wktu kabar itu menyebar luas dgn informasi yg semakin tumpang tindih di dlmnya...bla..bla..bla..
Okey,,Qta kmbali ke tanktop,,,
Stlh itu Beragam penjelajahan telah dilakukan,,tp anehnya TAK PERNAH ada hasil yg ditemukan...
akhrnya mitos2 semacam itu hny berakhir sbgai misteri yg TAK AKAN PERNAH trpecahkan....
Jd slh siapakah itu ???
hehehe,,,sekali2 comment ngaco ah,,brsn bngun tdur.... ^_^

Anonymous said...

lala said,,
hai brother, dah lama nih ga kasih comment..
makin keren aj dehh..
Legenda El Dorado mantabzz dah....

Anonymous said...

Mas Enigma Request tolong yf UFO terbaru ini di kupas tuntas ya ^^

http://dunia.vivanews.com/news/read/163404-ini-foto-ufo-yang-ganggu-penerbangan-di-china

Absurdhood said...

Salam kenal..
Saya ada sedikit pertanyaan untuk Brother Enigma and teman - teman blogger semua.. (tapi maaf kalau OOT).
Simple aja.. Sebenarnya angka 0 itu genap atau ganjil?

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

xixixi,..trnyata q bukan yg prtamax huhu..:p
waah,,komenx udh lbh 60 ^0^ ,,pingin kmen lg td mlm tp ktiduran..xixixi^^

Harta karun emas yach?? Kyk yg di dongeng2..
kalo upacara prsmbhn aneh buang emas k tngah danau, kykx emg bner dech..soalx khan ada buktix ktemu emas d tngah danau stlh usaha mngeringkanx olh org2 Spanyol yg pnasaran itu.
Kalo yg 'Rajanya berselimutkan debu emas dan berenang di danau emas' awalx q kira kalo tubuhx emg bener2 dilumuri emas gtuh,,kyk yg di gmbar,,tp trnyata gak, trnyata dilumuri lumpur dulu trus br ditaburin serbuk emas,, dan yg ini kykx bisa aja beneran,, yg q kpikiran, kalo lgsg dioles/dtabur dgn emas ke kulit, apa gk bahaya yach? Bs keracunan khan? Tp kykx org2 Muisca tau dgn hal ini, brarti ilmu pertabiban, eh, medis maxudx ^.^ udh lumayan maju jg yach...

Kalo mngenai kota/istana emas, kykx gk mgkin dech...soalx khan butuh emas yg buanyaak bngtz, trus udh dicari2 (pencarian Manoa) gak ktemu2 jg, n yg kpikiran jg knapa gk mgkn, adlh krna kalo istanax dr emas, bukanx malah beracun?? N kykx suku Muisca paham akan hal ini. So, rasax mreka gk mgkn membngun istana emas...Lgian, kalo ada istana emas, loch.. bukanx udh lama tuch istanax dijarah oleh suku2 lain??...N lagian rasax gk ada sumber dr suku stempat yg blg kalo istana emas itu ada. Yg blg ada istana emas khan org Spanyolx sndiri (Martinez). N kykx emg cm dilebay2kan aja..q s7 ma pndapatx Chris, mgkn Martinez emg kpingin kalo pencarian emas dgiatkan lg...^^

Skrg giliranx bgian pertnyaan2 yg seliweran di pkiranq:

1. Yg ini maxudx apa yach?

''Ketika Christopher Colombus menemukan benua Amerika, kisah mengenai dunia baru yang kaya akan emas sampai ke Eropa. Tidak lama kemudian, para penakluk Spanyol mulai masuk ke peradaban Amerika Tengah dan Selatan termasuk Aztec dan Inca.''

Kok bisa ''kisah mengenai dunia baru yang kaya akan emas sampai ke Eropa''??
Siapa yach yg blg kalo dunia barux (Benua Amerika) kaya emas?? Emgx udh ada yg nemuin harta karun emasx? Bkanx wktu itu Spanyol atw bgsa2 Eropa lainx blm ada yg mjlajah Amerika? So, syapa yg udh brhasil menemukan emas d Amerika sblmx??

2. Itu tmbg emasx dmana yach.., khan gak mgkn ada emas kalo gk ada tmbgx?? Knapa gak lgsg cari tmbg emasx aja??

3. Trus gmana carax suku2 asli itu menambang n mengolah emas ?
Kalo liat patung emas yg brbntuk rakit itu, kykx teknik pngolahan logamx udh hebat yach..kok bisa y?

4. Chris,, kira2 alasanx apa si Carl dr univ. Los Andes yakin bgtz kalo eldorado itu gk ada?? Eldorado khan emg ada? Zipa yg berselimut emas itu khan?? Trus maxudx apa dunks??
Chris ato Naka ato siapa aja, prtnyaan yg ke-4 tlg ksh jwbn..kalo bs semuax yach...^0^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Lica: hmpir lupa...Lica slmat yach brhasil pertamax lg...^0^
Itu bner2 ditungguin yach postinganx??

@Fulcanelli:
''akhrnya mitos2 semacam itu
hny berakhir sbgai misteri yg
TAK AKAN PERNAH trpecahkan....
Jd slh siapakah itu ???''

Slh syapa yach?? Slh sndiri kali, knapa jg mitos dpercaya...xixixi^^

Anonymous said...

( \ MANTAP / )
____\ \ / /____
(_____) \ / (_____)
(_____ ) _)__ B) _ (_ (_____)
(_____) )""|♊|""( (_____)
(_____)_ _/ / .. \ \_ _(_____)
/_/ \_\ Y bro enigma!!
-tandi-

Pipin said...

wah...kayaknya salah satu cerita komik One Piece karya Echiro Oda terinspirasi dari kisah ini...

Anonymous said...

Mantap blog misterinya, mas Enigma.....

Btw, bisa gak memuat tentang "Batu yang menyembunyikan Tulisan" atau "cang zi shi" yang ditemukan di Propinsi Gui Zhou, RRC yang berusia 270 juta tahun berdasarkan penyelidikan para ilmuwan.

Beritanya ada di sini:

http://wong168.wordpress.com/2009/08/01/batu-berusia-puluhan-juta-tahun-bertuliskan-%E2%80%9Czhong-guo-gong-chan-dang-wang/

Itu hoax atau benar2 nyata atau hanya salah tafsir terhadap fenomena alam????

Thx....

Anonymous said...

wah...sepertinya ada dua kemungkinan...pertama, para penjajah/penjelajah serakah itu dah nemuin eldorado, tapi karena keserakahannya jadi ditutup2i.......

yg kedua...tuhan atau rajanya "membenamkan" kota emas itu ke dalam bumi untuk bekal manusia/koloninya dimasa sulit yg akan datang (?)


Ms. Terry

Ms. Terry

Nakashima said...

Telat lg sy ><
Gagal pertamax! ><'

Yg kepikiran pertama kali stlh baca artikel ini adlh: ''busyeet..Spanyol serakah banget yak?!''
Udah dapet eh malah mau nambah, punya org lagi!!


''Quesada menggunakan para pekerja untuk mengeringkan danau dengan ember-ember
raksasa. Setelah tiga bulan, level permukaan air danau turun sekitar 3 meter dan Quesada berhasil
mendapatkan 18 kilogram emas dari dalamnya.''

Ck ck ck..niat banget yah ni orang, sampai2 pakai ember raksasa. Apa mereka bikin embernya dari batang kayu yg dikerok tengahnya ataukah mereka membuatnya dari papan2 yg disatuin? Yg jelasa salut sy. Emas 18 kg kayaknya lumayan tuh.
Yg bikin sy semakin 'salut', kenapa mereka mau bersusah2 spt itu? Apa mereka gak kepikiran tambang emasnya? Mana tau ktemu emas segede gajah. Hahaha XD
Keserakahan kayaknya sukses membutakan pikiran mereka.
Saking ambisiusnya, sampai2 Raleigh mengulangi ekspedisinya.

Kalo saya setuju dgn artikel bro E, Eldorado emang ada: legendanya diceritakan turun-temurun, ada emas yg dtemukan ditengah danau dan penemuan patung emas thn 1969 yg menggambarkan tradisi persembahan emas thdp dewa. Tapi kalau danau emas dlm artian danaunya penuh emas, yah emang cuma mimpi aja. Buktinya stlh pengeringan besar2an tahun 1911 hasilnya mengecewakan.
Itu artinya emas di danau Guatavita emg sedikit.

Nakashima said...

@Myheart Sweety:
Sweety, sy suka analisis km ttg istana emas yg gak ada, dr lumpur yg dibalurkan ke tubuh sblm ditaburi serbuk emas. Haha...sy makin kagum XD

Sy ingin cb menjawab prtanyaan kamu.

1. Mungkin emang ada yg berhasil menemukan emas di tempat2 yg dia kunjungi (Bahama), ato mgkn jg cm anggapan aja.

2. Tambang emas?
Sweety, sy yakin memang gak ada tambang emas yg dimiliki oleh suku Muisca, karena:
1. Kalau mereka punya, mereka tentu sudah membangun istana emas atau patung yg besar sekali, mgkn patung dewa mereka..dan seiring berjalannya waktu sy yakin akan ditemukan, sebagaimana penemuan patung rakit emas itu...haha XD
2. Mereka mendapatkan sumber emasnya dari perdagangan, trade.
''there were no golden cities, nor even rich mines, since the Muiscas obtained all their gold in trade.''
(en.wikipedia.org/wiki/El_Dorado)
3. Tidak ada tmbang emas yg ditemukan di area Bogota tempat peradaban suku Muisca.
*Perhatikan peta wilayah Muisca, yg keterangannya ''Location of the Muisca
Confederation territory in modern-Colombia.''
en.wikipedia.org/wiki/Muisca
*ini lokasi pertambangan emas di Amerika Selatan, perhatikan petanya:
www.precolumbiangold.com/glossary.htm

3. ''Trus gmana carax suku2 asli itu menambang n mengolah emas ?
Kalo liat patung emas yg
brbntuk rakit itu, kykx teknik pngolahan logamx udh hebat yach..kok bisa y?''
Kalau suku Muisca sy rasa mereka emg gak punya pertambangan. Mereka mendapatkan sumber emas dr perdagangan, emasnya mereka lebur dan dibentuk jd karya seni mereka yg unik. Mereka punya teknik pengolahan emas yg baik, tekniknya sepertinya berasal dr peradaban Chimu di bgn Selatan Amerika Selatan. Suku2 lain di Amerika Selatan spt suku Inca emg punya pertambangan. Mereka punya alat2 utk menambang biji emas.
Sumber:
www.precolumbiangold.com/glossary.htm
www.goldipedia.gold.org/history_and_culture/featured_articles/pre_columbian_gold/

4. Chris, izinkan sy memakai ide-mu.
Eldorado memang ada, Zipa. 'Eldorado' kmdn mengalami perluasan makna yg artinya trmasuk juga kota atau istana emas. Kayaknya ini yg dmaksud Carl disamping jg pesan moralnya. Istana emas tdk akan pernah ditemukan (di peradaban Muisca) karena memang tdk pernah ada, sy rasa Carl yg merupakan peneliti itu, paham bhwa emas yg diolah suku Muisca itu bukan berasal dr pertmbangan emas Muisca itu sendiri krna emg gak punya, tp dari hasil perdagangan. Jumlahnya tentu sj sdkit (sekali) utk dijadikan istana emas. Itu mengapa istana emas tdk pernah ada. Haha...XD

Dan oya Sweety, kayakx daftar pertanyaanmu krg lengkap, kalau tidak menanyakan:
''mengapa emas? Apakah mereka (suku Muisca) gak punya yg lain utk dipersembahkan bagi dewa mereka?? mereka gak bodoh kan?''

Kalau kamu belum kepikiran menanyakannya, mungkin Chris tau jawabnya,..haha..XD
Bukan begitu Chris??
Peace man!

Anonymous said...

ENIGMA@ mlm ko ENIGMA , haduh sbg ENIGMA lover sy malu ga masuk 50 besar _-)..
anyway, postingan nya menarik dan padat dan detail, 2 dua jempol untuk Enigma :)
mlm ini mudah"an mimpi sy ke El Dorado bsa terwujud, hehe..

Lica@ mlm Lica, selamat y dpt pertamax, sy cuma dpt jelantah dan ampas nya nih ^_^
btw, prof pic ny Lica cakep yah,haha sebagai bukti kagum, lover ny jd pangkat dua " :)

ENIGMA & Lca LOVER"

Lica Lawliet said...

@myheart : thx ya.. Hmm.. Kebetulan aja koq dpt pertamax.. Hehe -n,n-

@enigma & lica lover : gpp, kan masih dpt 100 besar.. Hehe
pro pic? Yg di fb? Wah, makasih ya.. Hehe -n,n-

Reza Winandar said...

El Dorado pasti ada, kalo tidak ada mengapa banyak cerita tentang negeri ini?

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Kak Enigma.. Kak Enigma.. Di metro tv tadi ada berita.. Bandara di china ditutup 4 jam karena ada ufo melintas.. Beneran ga tu? Beneran ga? Tlg cari tau kak.. Saya penasaran..
>___<
sampe deg"n..
Terima kasih..
Ya ampuuuuunn..!!!

Anonymous said...

Emil said..

bung en, sdah prnah posting ttg misteri pnemu blue energy dri Indonesia blm? yg rumorny penemunya hilang dculik oleh pihak2 trtntu..
klo blm tlong d bahas ya.

Scar said...

Om enigma,saya penasaran dengan bloody mary..kalo bisa posting legend of Bloody Mary ya om..thx banget :)

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

kayaknya agak berlebihan dech...

istana emas... kota emas...

butuh berapa ton emas untuk membuatnya???
oya.. apa tidak ada orang yang menemukan ruin - ruin manohara eh.. manoa tsb??? masa dulu ada suatu kerajaan yang besar tapi sekarang ruin - ruinnya tidak di temukan... jangan2 El dorado hanya cerita rakyat setempat saja...

Mungkin memang ada suku setempat yang melakukan persembahan dengan cara membuang emas ke danau buavita eh.. Guatavita... tapi kalo soal istana emas ato kota emas saya kurang percaya deh... kalo ada istana dan kota se kinclong itu masa tidak kelihatan dari helicopter ato pesawat?

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

El dorado ngedapetin semua emas itu darimana ya ? , sepertinya el dorado kaya raya sekali .
Irsyad

Anonymous said...

Oemar Bakrie _-_

@Enigma : Bung, sy boleh request?
Bagaimana kalau postingan Enigma ini ada yg mengenai sejarah di Indonesia? Misalnya tentang hilangnya Shodanco Supriyadi ?? itu juga termasuk misteri kan?? Lalu Tentang peritiwa Supersemar, banyak orang yang tidak tahu mengenai masalah tersebut.

Bagaimana bung ??

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

udah ramee yach..^0^
Malem smua...^_^

@Nakashima:
thank you...^_^
hebat euy analisisx...jgn GR yach...gk nyangka km bakal nyarix detail jg..^^
Kalo Chris gmana yach...Chriiss,,giliran kamu...^_^

@om Enig:
Koq skrg suka error yach kalo komen pke operamini?? Biasax lncar2 ajah...kotak 'comment as' kok kosong yach?? Kadang2 komen2 yg q tulis tiba2 hlg stlh dipreview atw di 'post comment',,>.<
Apa blogspot lg brmasalah y ?_?

enigma said...

@Myheart2105: Opera mini memang sering seperti itu. Sebelum mengetik komentar, sebaiknya melihat dulu apakah "Comment as" nya kosong atau tidak. Kalau kosong, opera mini direstart.

@Oemar Bakrie: Ada sejarah yang bisa ditulis ada juga yang tidak. Kalau informasinya cukup, tentu saja saya bisa menulisnya.

Anonymous said...

Oemar Bakrie _-_

Tp ini bukan sembarang sejarah, ada misterinya juga..

enigma said...

@Oemar Bakrie: tentu saja, yang masih misteri banyak kok. Supriyadi salah satu contohnya.

Anonymous said...

Abirama Vindra , Jogja .
berarti sebenernya sama kaya Indonesia tercinta , tapi kalau mereka kekayaan alam dimanfaatkan dengan sungguh" dan dijaga rahasianya biar nggak diambil ma orang lain , sekali lagi kaya Indonesia sekarang ini nihh .

Nakashima said...

@Myheart sweety:
huahaha...XD XD
Terus terang Sy GR sweety XD
Sy hanya pnasaran sj..iseng jg dikit. Haha.
Sy jg gak hbs pikir kok Sweety bs mikirx sampai sejauh itu? Pertanyaan2nya menantang. Haha...XD

@Chris:
Ayo Chris, skrg giliranmu..haha XD

@Bro E:
Bro, sy minta maaf kalau sy sudah bikin gaduh suasana disini. Yah, sy sadari kalo sy terlalu overreacted dgn krna kehadiran Chris. Sampai2 bro E menutup kotak komentar. Haha...
Padahal Chris tenang2 aja, sy yg pusing sndiri ><',
ok bro E, sy terlalu emosional. Itu tdk akan terulang lg...arrhg..maaf*

@Chris (lagi):
Ok Chris, sorry for my unfriendly attitude...lets compete healthily and gentle... :D

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

@Master : kan sudah saya bilang "slow aja master... ga usah terlalu di press"

haha

Myhead 5012

platinumdvd said...

wah ini emang jadi legenda menurutku, sudah banyak cerita yang bersumber dari legenda el dorado. Ternyata masih banyak tempat misterius yang terkenal tapi ga jelas keberadaannya.. (makanya diebut misterius..)

lebih suka bahas yang seperti ini nih, banyak cerita banyak legenda haha..

Chris said...

@Myheart dan Nakashima:
Pertanyaan Myheart no. 1, saya rasa maksudnya lebih kepada harapan dan keoptimisan. Di saat Colombus menemukan dunia baru, beritanya menginspirasi orang-orang Eropa untuk menjelajah, semboyannya 3G (Gold, Glory, Gospel). Keadaan Eropa yang saya rasa berada dalam posisi transisi ekonomi, menuntut sumber daya ekonomi yang besar (salah satunya dari emas) untuk menunjang perkembangan ekonomi mereka. Jadi mereka memandang penemuan dunia baru itu sebagai kesempatan dan harapan baru untuk mendapatkan emas. Mereka menganggap dunia baru itu kaya akan emas. Saya juga tidak menemukan info ketika mendarat di dunia baru (seperti di salah satu pulau Bahama), Colombus menemukan emas atau 'menjajah' suku asli.
Untuk yang kedua sampai keempat, saya setuju dengan Nakashima.
Hmm..pertanyaan dari Nakashima:
''mengapa emas? Apakah mereka (suku Muisca) gak punya yg lain utk dipersembahkan bagi dewa mereka?? mereka gak bodoh kan?''

Hmm..saya rasa mungkin mereka (suku Muisca) tidak menganggap emas seberharga kita menanggap emas. Bagi suku-suku asli (seperti Olmec, Aztec, Maya, dsb, mungkin termasuk Muisca juga) jade (giok) lebih berharga daripada emas dan perak.
Seseorang dengan nick Rockin' Mel S, berkomentar dalam suatu forum internet (hbhcr.com/blog/?p=443). Hmm..menarik.

''Gold and other metals can be acquired in other ways besides mining. Trade, on the surface, in rivers, whatever. Besides the Mayans didn ’t value gold very much. Jade and other semi precious green stones were of more value to them (that ’s why the Spanish could trade green glass beads for gold) so why would they bother to put any effort into trying to “make” gold? ''

Hm..benarkah?

www.gemstone.org/gem-by-gem/english/jade.html :
''However, as long ago as the pre-Columbian period, the Mayas, Aztecs and Olmecs of Central America also honoured and esteemed jade more highly than gold.''

www.gsafweb.org/TrusteeNews/inguatemalaamoth.html :
''Early peoples of the Americas considered jade more valuable than gold and silver.''

Sebenarnya pada peradaban lain seperti Mesir, Cina, suku Maori di Selandia Baru, Jade (giok) juga dipandang sebagai objek yang sangat berharga, mewah, dan sakral (www.gemstone.org/gem-by-gem/english/jade.html).
Jawaban ini berdasarkan asumsi jika peradaban Muisca di Amerika Selatan kurang lebih memiliki persepsi yang sama terhadap emas, dengan peradaban suku-suku asli Amerika lainnya di Amerika Tengah (Aztec, Maya, Olmec).

Saya rasa kamu (Nakashima) tidak puas, tapi kemungkinan bahwa suku Muisca mempersembahkan benda berharga mereka seperti emas, kepada dewa mereka, tetap ada. Jadi, mereka tetap menganggap emas itu berharga, walaupun bisa jadi mereka menganggap giok lebih berharga berharga dari emas.

Anonymous said...

Gambar lukiisanya sama kayak bangunan kota emas shandora milik suku shandia(dari komik one piece)
Jadi dari kisah asli......Yang bernama El~Dorado...jiaahh imajinasi...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

kok sepi yach..?_?
Operaminiq jg lg ngambek hr ini,, gk tau konekx lelet bngtz...hikz,,T_T
Pas udah connect, mau komen, eh,,kotak 'comment as' kosong...! huhuhu...T+T...
Sebeelll,,pas udah mau preview,,komenx ilaang lg...>0<...
Hari yg aneh...

@Chris n Naka:
aduuh...koq jd serius gtu sih??? >.<

Dg. Paewa said...

aq adalah titisan Zipa.... dgn gigi berlapis emas.... semoga bangsa spanyol ga mengobrak-abrik mulutku demi gigi hihihihi..... ^_^

akhirnya ada yg baru hehehe..... oh ya enigma, ngomong2 soal harta karun (si Qarun populer juga yah hihihi), aq pernah dengar tentang cerita harta di Indonesia yang belum terpecahkan sampai skr (katanya sih).

Harta itu adalah harta raja2 nusantara, yang konon dikumpulin untuk mendukung kemerdekaan RI.

Aq udah dengar berbagai spekulasi, tapi ga tau juga mana yg bisa dipercaya. Apakah harta yg dimaksud ini sama dengan yg orang2 sebut "harta sukarno"

Aq masih penasaran.... mungkin enigma bisa bantu.... thanks sebelumnya yah....sukses terus buat enigma ^_^

Anonymous said...

he he he lama ga maen kesini dah rame ya, dah ada kompetisi segala (Nakashima & Chris) but keep in peace ok... untuk postingan yang kali ini, menurut pendapat aku, orang yang males mikir rumit2 ada beberapa kemungkinan :
1. mungkin emasnya emang ada di danau itu n pemerintahnya dah tau tapi ditutup2i biar pada nyangka kalo itu cuma legenda aja, (Danau Guatavita terlihat sepi. Bahkan Turis pun jarang keliatan. Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Columbia memutuskan untuk menutup wilayah itu karena orang-orang sering membuang sampah ke dalamnya atau mencuci mobil di sana)tuh kan.

2. kemungkinan lainnya ya cuma legenda aja,
mungkin pembawa cerita itu ga bisa ngebedain mana yang debu emas mana yang debu seperti emas... mungkin yang dilihat cuma benda atau debu (dengan warna) mirip seperti emas.

sekian dulu deh, dah pusing nih... (sori agak OON)

(D-Dheque)

Anonymous said...

saya kira semua hipotesis bisa masuk, baik yg percaya atau yg tdk percaya eldorado, kalaupun ada bukti, ga tau juga kan buktinya dapat dipertangungjawabkan atau tdk, mungkinkah ada maksud lain dibalik legenda eldorado?
hexachlor

ventho siahaan 0816 766 301 said...

sebenarnya di indonesia hal yang serupa ada, sebagai contoh harta karun yang diduga rampasan jepang yang dipendam di lapangan terbang kalijati subang, sampai sekarang menimbulkan misteri...dan penduduk sekitar lapangan terbang sering menemukan beberapa coin dan perhiasan emas

Anonymous said...

KiRei

owh.. emas, i like it $_$

sptny pmerintah dsna krg kreatif, knp danau itu tdk dimanfaatkn sj ya.. dr pd pusing2 soal harta..
ckckck..

Ryu said...

Postingan ini mengingatkan saya akan buku "Amerika Kuno",,!!!
coba anda beli dan baca bukunya,,,
pzti akan ada kisah ini,,!!

Anonymous said...

ni harusnya cari dukun dr indonesia aja bro... buat nglakuin penarikan uang dari dunia gaib... pasti ketemu deh emasnya...

Rizaldiko said...

ternyata cerita dar one piece berawal dari sini ttg skypea wkwk

zakharia silitonga said...

ini nih yg ane cari
cerita asli nya "kota emas sandora"
hahaha,kota emas sandora di anime one piece waktu di sky blue
thx om enigma

Post a Comment