Tuesday, August 3, 2010

Saqqara Bird - Bukti teknologi pesawat di masa lampau?

Ketika manusia melihat burung yang sedang terbang, pikiran mereka pun melayang dan mulai mencari cara untuk bisa terbang seperti itu. Proses berpikir ini mungkin telah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu. Tetapi benarkah mereka yang hidup ribuan tahun yang lalu telah menemukan cara untuk membuat pesawat yang bisa membawa mereka terbang?


Ini adalah pertanyaan lainnya dari seorang pembaca mengenai sebuah "Ooparts" dari Mesir.

Tentu saja kita membutuhkan alat untuk bisa terbang seperti burung. Menurut sejarah yang kita ketahui, tahun 1783 adalah tahun pertama manusia bisa mengangkasa ketika dua orang Perancis, de Rozier dan d'Arlandes berhasil terbang dengan balon udara di atas kota Paris.

Lalu, teknologi kita mengalami lompatan ketika kita bukan hanya bisa melayang, melainkan benar-benar melaju terbang dengan kecepatan tinggi. Ini terjadi ketika Wright bersaudara menciptakan pesawat terbang dan berhasil terbang dengan selamat di atas Kitty Hawk pada tahun 1903.

Impian manusia untuk bisa terbang seperti burung akhirnya menjadi kenyataan.

Namun, mungkin sejarah kita tidak seperti yang kita ketahui selama ini. Sebagian orang sejak lama percaya kalau teknologi yang kita miliki sekarang sebenarnya tidak lebih hebat daripada teknologi nenek moyang kita, termasuk dalam hal Aerodinamika. Penemuan sebuah artefak di Mesir ini diklaim sebagai buktinya.

Pada tahun 1898, sebuah artefak kuno terbuat dari kayu sycamore ditemukan di sebuah makam di Saqqara, Mesir. Artefak ini diperkirakan berasal dari tahun 200 SM. Tetapi, apa yang menarik dari objek ini adalah kenyataan kalau ia memiliki bentuk seperti sebuah pesawat terbang atau pesawat layang.

Panjang objek ini sekitar 15 cm dengan rentang sayap 18 cm. Ia bahkan memiliki ekor seperti sebuah pesawat.


Ketika ditemukan, artefak ini kemudian dikatalogkan sebagai model seekor burung dan dibiarkan berdebu di ruang bawah tanah museum Kairo hingga tahun 1969 ketika ditemukan oleh Dr. Khalil Messiha. Copy artefak itu kemudian dipajang di Museum Kairo dan menarik perhatian para peneliti. Sejak itu, beberapa artefak serupa juga ditemukan kembali. Penemuan ini dianggap penting oleh pemerintah Mesir sehingga mereka membuat sebuah komite untuk menelitinya lebih lanjut.

Karena karakteristiknya yang berbentuk seperti itu, artefak ini kemudian disebut sebagai Saqqara Bird atau Saqqara Glider.


Pada tahun 1991, Dr.Messiha menerbitkan sebuah makalah berjudul "African Experimental Aeronautic: A 2.000 Years Old Model Glider" yang berisikan teorinya mengenai Saqqara Bird. Ia percaya kalau artefak ini adalah sebuah bukti yang tidak terbantahkan kalau bangsa Mesir Kuno telah memiliki teknologi aerodinamika.

Teori Dr.Messiha cukup menarik untuk disimak karena teori ini mendukung anggapan kalau pada masa lampau nenek moyang kita sesungguhnya telah memiliki teknologi yang cukup tinggi.


Kalau begitu, mungkinkah Saqqara Bird menunjukkan kalau bangsa Mesir kuno yang hidup ribuan tahun yang lalu telah memiliki teknologi aerodinamika seperti yang kita miliki di masa modern ini?

Menurut pendapat saya tidak.

Saya tidak mengatakan kalau bangsa Mesir kuno tidak memiliki teknologi tinggi. Yang ingin saya katakan adalah mendasarkan argumen tersebut dengan menggunakan Saqqara Bird adalah argumen yang cukup lemah.

Mari kita melihat artefak ini dengan pandangan yang lebih kritis.

Pertama, kita harus mengetahui kalau apa yang dipajang di Museum Kairo adalah sebuah replika dari artefak yang sebenarnya. Namun replika ini dibuat dengan akurasi tinggi sehingga boleh dibilang mencerminkan karakteristik artefak yang asli.

Jika melihat foto di atas, mungkin kalian akan percaya kalau artefak itu adalah sebuah model pesawat terbang karena kemiripannya yang luar biasa.

Tetapi tunggu dulu, saya akan mengajak kalian untuk melihat sisi yang lain dari artefak ini.

Jika kita hanya melihat kepada foto artefak ini dari satu sisi, maka kita akan dibuat percaya kalau artefak ini adalah sebuah model pesawat.

Sekarang coba lihat dari samping.


Lalu dari depan.


Apakah masih terlihat seperti pesawat bagi kalian?

Sayangnya, beberapa website memang hanya menampilkan foto artefak ini dari belakang sehingga menimbulkan kesan kalau artefak ini adalah sebuah model pesawat. Namun, ketika kita melihat adanya sepasang mata di kepalanya, kita akan segera teringat dengan seekor burung, bukan sebuah pesawat. Bahkan kalian bisa melihat paruhnya.

Jadi, kita tidak bisa menyalahkan para arkeolog ketika mereka menyebutnya sebagai "burung Saqqara".

Menurut para arkeolog, artefak ini sesungguhnya adalah model seekor burung Falcon. Burung ini memang biasa digunakan untuk mewakili beberapa dewa penting di Mesir seperti Horus dan Ra.

Namun, Dr.Messiha menolak anggapan kalau artefak itu adalah seekor burung karena menurutnya artefak tersebut tidak memiliki sepasang kaki dan ekor vertikal seperti itu.

Dr.Messiha lupa kalau artefak inipun tidak mencerminkan sebuah pesawat. Untuk bisa terbang, sebuah pesawat membutuhkan Tailplane (ekor melintang pada pesawat). Pada Saqqara Bird, Tailplane tidak ditemukan. Lagipula, saya juga tidak melihat adanya roda pesawat pada artefak itu.

Tailplane

Namun, Dr.Messiha tetap pada pendiriannya dengan menganggap kalau pada awal desainnya, artefak itu memiliki tailplane yang karena suatu sebab hilang entah kemana. Jadi, ia berusaha membuktikannya dengan menciptakan sebuah replika pesawat mirip dengan Saqqara Bird yang besarnya 6 kali model itu untuk diterbangkan. Kali ini, ia menambahkan tailplane untuk membuktikan teorinya.
"Saya sudah membuat sebuah model serupa dari kayu Balsa dan menambahkan Tailplane (yang saya anggap telah hilang) dan saya tidak terkejut ketika menemukan replika itu bisa melayang di udara hingga beberapa yard ketika dilempar dengan tangan"
Percobaan ini mungkin meneguhkan teorinya, namun, klaim Dr.Messiha ini dibantah oleh seorang desainer glider (pesawat layang) bernama Martin Gregorie yang membuat model yang sama, juga dari kayu Balsa. Menurut Martin, Saqqara Bird jelas tidak akan bisa stabil tanpa adanya Tailplane.

Replika Martin Gregorie

"Bahkan setelah Tailplane ditambahkan, kinerja Replika itu sangat mengecewakan" Kata Martin.

Martin menyimpulkan kalau Saqqara Bird mungkin hanyalah sebuah mainan anak-anak atau indikator angin, yang tentu saja bukan merupakan bukti kehebatan teknologi Mesir kuno.

Pada tahun 2006, History Channel juga pernah membuat sebuah dokumenter mengenai Saqqara Bird dimana mereka meminta pendapat seorang ahli aerodinamika bernama Simon Sanderson yang segera membuat replika Saqqara Bird dengan ukuran 5 kali lebih besar dari ukuran aslinya.

Sanderson kemudian mengujinya dalam sebuah simulator dan menemukan kalau Saqqara Bird memang bisa terbang dalam kondisi tertentu, namun ia membutuhkan rudder samping untuk terbang dengan benar.

Hasil eksperimen Sanderson cukup meneguhkan pendapat Martin Gregorie.

Jadi, dengan demikian kita bisa menyimpulkan kalau Saqqara Bird kemungkinan besar benar-benar model seekor burung.

Lagipula jika benar-benar bangsa Mesir kuno memiliki teknologi penerbangan, mengapa hal itu tidak tertulis di dalam catatan-catatan kuno mereka atau catatan kuno bangsa lain seperti Yunani?

Walaupun replika burung yang dibuat Dr.Messiha (yang kebetulan dibuat dari kayu Balsa - kayu paling ringan di dunia) bisa terbang, apakah itu membuktikan kalau bangsa Mesir kuno punya teknologi pesawat terbang? Bisa saja itu cuma membuktikan kalau bangsa Mesir adalah pembuat mainan yang hebat.

Jika Dr.Messiha bisa mempercayai kalau artefak itu adalah model sebuah pesawat terbang yang tidak sempurna, mengapa ia tidak bisa mempercayai kalau artefak itu adalah model seekor burung yang tidak sempurna?

(wikipedia, ancientalientblog.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

108 comments:

Zetta said...

Yg penting 10 besar
Zetta's opinion

Saqqara bird
Dibilang pesawat tidak tapi kalo burung kurang jelas burung apa?
Klo dikatakan suatu hasil kreasi seni msih dpt dikatakan ya, utk laenx kurang pas

Andika said...

"Jika Dr.Messiha bisa mempercayai kalau artefak itu adalah model sebuah pesawat terbang yang tidak sempurna, mengapa ia tidak bisa mempercayai kalau artefak itu adalah model seekor burung yang tidak sempurna?"

Pas banget itu bang untuk mematahkan si Dr.Messiha. Ahahahha. Lagian kalau memang dulu ada pesawat Masa sih Benda sekecil itu malah ketemu tapi pesawatnya Nggak

Anonymous said...

wes..ahoi.. ryan said..mas enigma tumben ngeluarin postingan barunya lama???dari kemarin saya tunggu baru keluar sekarang...nais inpoh mas :)

Anonymous said...

curiga saya... napa bkan lica yg pertamax? aku mencium konspirasi... wkwkwk

sep bro top abis dah!

aku adalah orang yg bersembunyi... siapakah aku?

Lica Lawliet said...

burungnya cuteeee banget... -n,n-

ohya, mr.e burung falcon itu besar ato kecil? soalnya disana dibilang "Burung ini memang biasa digunakan untuk mewakili beberapa dewa penting di Mesir seperti Horus dan Ra."

maksudnya? mewakili dalam arti sebagai tunggangan dewa2 itu atau sebagai dewa itu sendiri?
klo tunggangan dewa, biasanya ukurannya besar... berarti, burung falcon ini besar ya?

Vahn Saryu said...

Sy stuju jk saqqara bird tdk mrip dgn pswat hnya krena ia mmpunyai "syap".
Bgn kpala sgt mrip dgn dwa horus,dan scra aerodinamis,bntuk syp maupun bodinya tdk memungkinkan adanya gy tarik keatas yg mmdai shingga mskpun bs trbng tdk akn brthan lama..
Crmat skli bro Enigma ini,smpai2 mmprhtikan bgian tailplane,he..he.Memang tailplane sgt pntng bg sbuah pswat,brung pun memiliki mknisme yg srupa,yg mmbuat mnrik adalah apa tjuan bgian ekorny dbntuk sprti itu? Apkh dhulu ada spesies brng yg brbntuk sprti itu?atau bngsa Mesir pnya mksd lain? Nah,skrg menurut brther Enigma,lbh condong k bntuk pswat atau burung nih?he..he

enigma said...

@Lica: Burung itu simbol dewa. Bukan tunggangan.

@Vahn: Bagaimana kalau itu hanyalah sebuah mainan anak-anak? atau sebuah karya seni yang dibuat oleh anak-anak Mesir? Bukankah hebat, 2000 tahun lebih setelah itu, kita dipusingkan dengan sebuah mainan anak2.

Vahn Saryu said...

Kmungkinan memang slalu ada bro,jika bnar trnyta hnya mainan yg dbuat oleh ank2,mka kpintaran dan kjeniusan para ilmuwan tdak akan sbnding dgn imajinasi anak2,hahaha,menarik sekali bro

a.waHyu.s said...

20 bsar ky'a..
Pningktan nich..
Haha..

Tntng artfak lgy..
Tu c lbh mrip burung maenan wktu w sd..
Haha..

Bang enigma apa tu cma ada 1 artfak'a..??
Klw da bnyg kn brati model'a emank gtu..
Jd gk da knspirasi bgian yg ilang..
Hhe..

Good job.
I like it.

a.waHyu.s

enigma said...

@Wahyu: artefaknya memang banyak. bukan cuma satu. Informasi itu sdh saya tambahkan.

Ady Inbox said...

Kira2 apa yang ngebuat Dr.Messiha begitu yakin kalo itu replika glider/pesawat...??
Padahal orang awam pun kalo melihat dari samping juga pasti menyadari kalo itu menyerupai burung dan bukan pesawat...

Kalo Dr.Messiha sendiri latar belakangnya bagaimana bro...??Apa kredibilitasnya bisa dipercaya...??

X-Zone said...

Selalu gagal!!! ga Pertamaxxx aja huuuh
klo menurut saya sich lebih sperti burung dari pada pesawat,Nice Posting Bang

mbah ware said...

wakakakakakakaka..........tumben bro saya sekarang suka bongkar-bongkar tulisan jadul....artikel2 misteri jadul seperti ini emang udah lama berkeliaran di dunia maya sejak beberapa tahun silam...anyway...still kicking..wakakaka

enigma said...

@Ady: Menurut wikipedia, Dr.Messiha adalah arkeolog,ahli fisika, parapsikologi (peneliti fenomena paranormal) dan Dowser (pencari lokasi air tanah dngn medium kayu atau besi).

@Mbah Ware: Jadul, tapi masih ada yang nanya. Haha.

Anonymous said...

kalo pesawat kok ga ada rodanya,,,tapi kalo burung kok ga ada kakinya,,,hehehe

Loet said...

Se7 bro.. Itu sih mainan anak kecil jaman dulu.
btw burung falcon tu sejenis elang ya..?

Anonymous said...

masa pesawat ada matanya? apakah kalau membuat patung (burung) harus lengkap (ada kakinya) ?
.jika ada semcam lubang di atas/dbawah badannya, mungkin itu indikator angin, tapi ekornya krg lebar sbg indikator angin.. hahaha
hexachlor

Anonymous said...

Bung Enigma,
1. Apa hanya satu Sagara Bird yang ditemukan? apa tidak ada yang lainnya sebagai pembanding? Sepengetahuan saya dari membaca dari berbagai sumber, biasanya ada gambar/artefak lainnya yang mirip di sekitar tempat penemuan tersebut sehingga bisa dibuat perbandingan.
2. Seandainya memang bangsa Mesir telah menemukan tekhnologi untuk terbang dan mungkin catatan/artefak2 yang terkait telah musnah (dan saya rasa hal itu mungkin saja) maka sebenarnya apa pengaruhnya untuk kita? Pada akhirnya kita tetap mengulang dari awal tekhnologi penerbangan (mulai dari balon sampai roket). Siapa tau suatu hari semua pengetahuan dan kemajuan peradaban yang kita miliki bisa lenyap pula dan kita mengulangi semua dari awal lagi.

Anonymous said...

O iya,tambahan.. kalau tidak salah saya pernah membaca ada suatu suku di benua amerika (entah yang mana) menggunakan semacam burung ini untuk terbang dengan menggunakan angin atau uap panas untuk naik. entahlah.

Niya1427 said...

lumayan 50 besar... padahal dah ol dari jam 7.. karena keasyikan download, lupa buka blog ini..jadinya ke 50 besar dah...

Anonymous said...

Ahahaha,,, kalo sayapnya diilangin kayak ikan bentuknya, secara gak ada kakinya gituu...
Huahahahaha *melenceng terlalu jauh*

Nice posting om!!!! :))))

-lanny-

enigma said...

@Loet: Falcon itu mirip burung elang.

@Anonymous 30: Artefaknya lebih dari satu ditemukan. sedangkan hieroglyph yang mirip sepengetahuan saya tidak ada. Soal catatan teknologi Mesir yang sudah musnah, kemungkinan kecil karena saat itu banyak sejarawan mencatat sejarah2 dunia, termasuk dari Yunani (seperti Herodotus misalnya). Jika ada pesawat, saya kira mereka pasti akan mencatatnya.

Soal suku yang menggunakan semacam burung itu untuk terbang, saya tidak pernah denger. Tapi kalau artefak mirip burung, memang pernah juga ditemukan di Amerika Selatan, milik suku Inca dan terbuat dari emas. Mengenai artefak itu akan saya posting di postingan lain.

ixan said...

wah telat nih saya..
padahal sudah saya duga muncul hari ini..
udah mulai teratur nih bang enigma ngepostnya..
hehe...

kayaknya di postingan bang enigma yang mana itu ada juga kan cuplikan gambar tentang orang jaman dahulu yang menceritakan tentang 'kendaraan terbang'..di Cina kalo nggak salah..

oh iya bang Enigma, berani mbahas holocaust nggak? saya udah coba bikin tentang hoax holocaust(http://ikhsanpermadi.blogspot.com/2010/07/kepalsuan-holocaust-propaganda-zionis.html)tapi kurang linknya...cuma berita tentang orang-orang yang dihukum gara-gara nggak percaya..menurut bang enigma itu hoax bukan?

makasih mister enigma..
btw aku suka banget blognya..hehe..udah semua saya baca..xp

a.waHyu.s said...

Tu kn artfak'a dtmukn lbh dr 1..
Brati emank model'a bgtu..
Jd teori Dr.Messiha tntng tailplane yg ilng/rsak dah pzty slah donk..
Msa dr sgtu bnyg artfk yg ilang/rsak'a dtmpt yg sma..
Gk mwu ngalah tu Dr. Messiha..
Hehe..

a.waHyu.s

Anonymous said...

gimana dengan golden jet yg ini Mr.E?
http://forgetomori.com/2008/skepticism/ancient-jets-the-amazing-flying-beings/
betulkah itu tiruan ikan??
lagipula nampaknya benda ini memiliki tailplane..ikan kan ga punya,,,,

Ms. Terry

Anonymous said...

Mr. E: kalau suku yg menggunakan burung untuk terbang mungkin dari kisah ramayana ya... kan ada tu...nama tunggangannya jatayu n sempati kalo ga salah..


Ms. Terry

Anonymous said...

41...sangat buruk.tp te2p mo baca dl ah..wkwkwk..fidirose hadir pak en !!

enigma said...

@ms terry: ada bnyk suku di dunia yg bercerita ttg kendaraan terbang. Cina dan jepang tmsk diantaranya. Mengenai gold jet inca, awalnya memang pengen sy gabung dgn tulisan ini, tp krn jd panjang, maka saya putuskan utk diposting di tulisan lain. Kalo ditanya apakah itu ikan terbang, maka sy krng yakin krn kemungkinan suku inca blm pernah melihat ikan terbang.

enigma said...

@ixan: soal definisi holocaust sendiri msh diperdebatkan. Tp kalau kt cm berbicara soal pembunuhan nazi thd kau yahudi, mk saya yakin itu terjadi krn kt pnya dokumentasinya. Bhkan ada bukti yg cukup kuat kalau nazi jg membunuhi ras lain tmsk kaum homoseksual. Tp soal angka 6 jt korban yahudi yg tewas, itu memang bs diperdebatkan.

Anonymous said...

Buat yg nanya sepinter apa orang jaman duldul.... Pada jamannya,jelas mereka lebih pinter dari qt. Trbukti dari bnyak peninggalan yg ampe skrng gag ada yg bisa niru. Dan krn skrng adlah jaman qt,maka qt lah yg pinter saat ini. Hehe..... Ribuan taon yg akan datang,yoyo (sjenis maenan anak), akan dibilang piring terbang dari abad 21. Jyakakakakak

ndrientheu said...

Mengingatkan saya dengan mainan sewaktu kecil.. mainan dari sterofoam tipis yg bisa bongkar pasang. Ada yg berbentuk burung atau pesawat.

Btw, Menurut saya yang namanya Peneliti, sesuai dengan asal katanya yaitu "Teliti" Kenapa peneliti-peneliti itu tidak teliti..?? Dari uraian & gambar2 diatas, udah jelas kalo itu replika burung, karena ada ukiran berbentuk mata di depan..

~Salam~

Anonymous said...

antony :
Dr.Messiha... orang pinter yg keblinger...

deew said...

Om Enigma...
ak pnya usul gmn klo Om jg menulis ttg kbenaran sejarah yg akirnya jdi legenda.
nelusurin aj apkah itu bnar atau ga..
contohnya ni kisah Manneken Pis.
ak pnah dngar bny kisah ttg itu. ada yg bilang itu ptung anak kcil diabadikan krn pnah pipisin sumber api jdi tdk terjadi kbakaran.
ada yg blg klo itu ptung anak kcil yg pipisin sumbu meriam wkt jmn perang jdi mncegah satu kota rusak krn meriam itu ^ ^. jdi mna dunk yg bner??
kyanya bkal lbih seru coz pnelusurannya mbutuhkan sumber yg lbih bny..y kan??
seneng bgt klo pmintaan ni bsa dkabulkan..hehe
salam

ixan said...

nah lha itu mister, yang saya permasalahkan memamg 6 jutanya..waduh, OOT nih malahan..hehe...
kembali ke topik juga..

akhirnya ketemu..postingannya master mister enigma yang sebelumnya.."ini adalah lukisan dari sebuah buku berjudul 'survei dengan ilustrasi dari negara-negara aneh' ditulis pada tahun 1400 SM. Tulisan yang menyertai gambar ini adalah 'Tanah Ji Gung, penduduknya mampu membuat kereta terbang apabila arah angin tepat..dst..'"
wah seru juga tuh...hehe...

Anonymous said...

Okay Mr. E...kutunggu soal gold jet nya. soalnya hal itu adalah hal yg pertamakali "menjatuhkan" saya ke dalam dunia misteri sewaktu saya smu. heheheheh... :) Doumo Arigatou Gozaimasu Mr.E

Ms. Terry

Anonymous said...

Laler_ijo said......

Burung=>Pesawat=>Pesawat berbentuk Burung/Burung dgn system tubuh menyerupai pesawat

G heran menemukan system yg serupa karena pd dasarnya mereka memang berasal dr model aerodinamika yg sama....
Jd saya sangat setuju dgn Mr.E bhwa artefak itu tdk lbh dr sekadar model yg terinspirasi dari burung,,bukan pesawat...

Kalau tidak dicermati maka Qta akan mudah terjebak pd logika yg berputar2....

Good job Mr.E
^_^

Anonymous said...

KiRei.

sLmt pagi,siang,malam bung e ^^

dr masa lampau,keinginan manusia unt terbang trnyta sdh sangat tinggi.
pmikir mmg sngat luar biasa, siapa sngka skrg qt sdh bnr2 mngarungi dilangit..
bhkan siapa sngka pula qt dpt mngarungi lautan..thanks for pnemuan mreka..

ah ya bcra soal laut, sy prnh mndengar ada suatu kapal mewah yang besarnya sebanding dengan titanic brnama WARATAH
katanya kpal tsb tenggelam ataw lebih tepatnya "hilang" bbrp tahun sbLm titanic.prmasaLhanny hilangny kapal itu masi mrupakan misteri selama hampir 1 abad smpai skrg ini.
apakh bung e prnh mndengarnya ?

@_h0n_X said...

Tolong komentarnya tentang 3 video yang saya tanyakan pada postingan kemaren, coz saya masih sanksi akan kebenarannya meskipun itu sebuah video.. Tolong analisa tajam bang enigma ya.. Ni aku kasih linknya lagi..

==> Ikan muka manusia
==> Singa mengaum Allah
==> Mata misterius

Ketiga video itu aku upload di youtube, dan aku sediakan link downloadnya juga.. Trims..

enigma said...

@kirei: ya. Hilangnya waratah memang salah satu misteri yang blm terpecahkan. Tp ukurannya kalah jauh dr titanic.

Anonymous said...

bung enigma, ternyata di indonesia ada bangkai criptid yang ditemukan loh, bahkan beberapa kali. yaitu sejenis Gajah Mina, menurut mitologi lokal.

tolong dicek yah, masa criptid luar aja yang diperhatikan.

Oya saya ada pertanyaan, kenapa bung enigma gga pernah membahas crop circle lagi?
walau saya bertanya itu, tapi sebenarnya saya TIDAK TERLAU TERTARIK masalah crop circle. saya hanya penasaran saja, kebanyakan blog2 lain membahas CC terus menerus, tapi mr. Enigma ga. jangan2 sedang mempersiapkan sesuatu?

Saint G.

Anonymous said...

kayaknya kurang lengkap neh..
ditunggu kelanjutannya

Anonymous said...

KiRei

hmm,bnrkh ukurannya kalah jauh drpd titanic? brrti yg brkata sebanding bhkan lebih mewah dan hny mnggkut bngsawan saja itu hnya mlebih2kanny sj.

tp kesan misteri itu mmbuat hidung sy trtarik ^^

bukanbegitu said...

ekornya burung kok aneh...
Malah mirip anjing laut di bawah papan selancar... hehehe...

enigma said...

@kirei: malah penumpangnya cuma 220an orang. Titanic 2200an orang. Jadi seleisihnya pun jauh sekali.

@Saint G: Gajah Mina itu bukan Cryptid, tapi Walrus. Soal Crop circle..Hmm, tunggu saja. Ntar juga saya bahas lagi.

Anonymous said...

Bang Enigma, gajah Mina di Harits itu sebesar 22 meter dan di temukan di Indonesia jadi mustahil Walrus. Menurut saya kalau dilihat dari Fosil Lebih condong ke Paus Bowhead atau paus Greenland.

???????

Bagaimana....

Andika yang sekarang ikut-ikutan TYrips

enigma said...

@tyrips: setahu saya nama "gajah mina" itu adl bhsa melayu dari gajah laut alias walrus. Jika melihat fotonya, maka jelas ukurannya bukan 22 meter. Kalau sy tdk salah, kerangka gajah mina yg ada sekarang tersimpan di museum melayu lingga pun diakui sbg milik walrus. Tp krn tyrips yg nanya, saya janji deh akan baca2 lagi.

Ryu said...

ujungnya kurang menarik,,,

hha,,,

*konspirasinya dah terungkap,,,
ckckckck,,

Anonymous said...

PERTAMAAAAX...PREMIUUUUM...SOLAAAAR...MINYAK TANAAAH...ASPAAAAL...
hehehehe,,kiddding brother..
oiya,,akhir2 ini artikelnya mengenai OOParts semua ya...
Kapan ni posting artikel tentang cryptozoologi ato (yang paling saya sukai) artikel konspirasi???
Ditunggu ya postingannya brother...
Salam kenal..

penghuni60 said...

emang sih, liat dari bagian blakang aja jg udh cukup kok, itu bkn pesawat....

toh, emg sbnarnya para perancang pesawat sndiri kan melihat apa yg dilakukan oleh burung.
alias burunglah yg menjadi inspirasi utamanya dibentuk sbuah pesawat.

p kbr bang? lama gak mampir nih....
:)

Andika said...

BANG ENIGMAAAAA

Itu yang nanya ANDIKA T-T, bukan TYrips huhuhuhu

Emangnya kalau saya yang nanya gak dibaca lagi ya huhuhuhuhuhuhuuuuuuuuuuuu

enigma said...

Haha, maaf andika, tadi saya bukanya dari HP, jadi cuma keliatan kata terakhirnya Tyrips. Makanya saya kira Tyrips yang komen. Tapi, kalau kamu yang nanya, saya juga baca lagi kok soal gajah Mina. :D

Metalmorph said...

lebih meniru burung ketimbang pesawat terbang...
hasil seni mainan buatan org mesir.......

keep top markotop.. :D

Anonymous said...

hmm..
burung falcon menggambarkan dewa/dewi ??

apa pantas replika dewa/dewi di jadikan mainan anak2 ??

ebotak said...

faktanya adalah... ilmuan jaman dulu ternyata tidak sebodoh ilmuan sekarang. udh jelas2 burung kok dibilang ayam!

Memories said...

bagus bang E
q dah lama baca post dsini
tp g prnah komen :D

kpan2 mampir k blog q
gak baru se
t postingan yg lama q hapus smw, jd mulai dr nol lgy

thanx bwt artikel.a

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Uwaaah...telat! T_T'
Huhu..udah 70 komen..waaw..ooparts lg yach??

Kalo aq s7 sm Om Enig,, karya yg bgus,,namax jg seni..kalo gk da kakix yach gk pa2 jg..yg pntg objex menggambrkan burung,,abstarak gtuh..hehe ^^

Kalo itu dblg pesawat, lebay dech..kalo zman Mesir kuna tknologi udh scnggih itu,,mgkn skrg qt dah mnikmati teknologi warp,,atau space-manipulation,,
Trus jg gak ada tuch,, ctatan/dokumentasi ttg pesawat itu,, pdhal khan itu hal yg luar biasa bgtz,,

Trus, yg ttg burung falcon,, kalo nurut aq,,dlm gmbr2 mesir kuno, kepala dewa/i Mesir digmbrkan dgn kepala burung falcon...so, mgkn bgsa Mesir menganggap burung (falcon) sbg hewan suci,,n mgkn masuk kdlm bgn upacara keagamaan mesir kuno,,^^
N mgkn itu alasan bwt patung burung,,sbg pnghormatan kpd dewa/i mereka...

Nice posting om Enig ^0^

jacobian said...

itu cuma seekor burung kok.cuma mungkin agak kasar pas pembuatannya makanya kelihatan seperti pesawat.haha...

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

hikzzzz akhirnya saya kembali setelah sekian lamaaa... real life is tough (eh... kayak pernah denger)

Selamat sore semuanya ( Myheart, Anakkucing, bro enigma, master nakashima, tuan chris, de el el)

owww Ooparts ya.... memang Mesir sangat menarik dengan sejuta misteri yang terdapat di dalamnya...

Oiya... kalo menurut saya sih... saya menurut aja sama brother Enig... mungkin itu cuma mainan ato model burung yang dibuat orang mesir pd zaman dulu...

ohya... orang2 pd bilang : kalo itu pesawat.. mana roda dan tailplane nya?.kalo itu burung mana kakinya???

jadi menurut saya itu adalah.... Ikan Terbang!!!
oya.... di mesirkan tdk ada ikan terbang... hahaha just kidding brother...

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

Kalo dibilang pesawat saya rasa memang sedikit mirip , tetapi ada suatu yang mengganjal . , tetapi kalo di bilang burung juga memang mirip , tetapi biasanya burungkan mempunyai cakar/kaki ?

Anonymous said...

Dr. Messiha..
Oalah kecian bgt deh loo
emgnya lo kuliah dmn cih lo koq bsa dpt Dr.?
pstnya dosen lo jg sebego lo dech
msa ptgan pensil dibilang peluru..
huh cape dech..

Anonymous said...

Ada satu hal yang membuat saya sedikit merasa terganggu dengan analisa bung enigma.. begini.. artefak itu terlalu aneh untuk sebuah burung dan juga terlalu aneh untuk sebuah pesawat.. Kenapa sayap pada artefak itu dibuat lurus layaknya sebuah pesawat terbang, tidakkah terlihat aneh? Padahal mata dan paruhnya dibuat dengan detil, mengapa sayapnya polos? Tidakkah aneh?
Kecuali jika memang artefak itu ditujukan agar bisa terbang! saya rasa seekor burung akan sulit terbang tanpa kaki dan mungkinkah pembuat artefak sedang memikirkan penggantinya? sampai akhirnya dia tidak menemukannya?
Jika kita belum pernah melihat pesawat terbang, akankah kita berpikir butuh roda untuk menerbangkannya? Saya rasa artefak itu adalah buatan seseorang yang bermimpi untuk terbang seperti burung dan berusaha membuatnya meskipun dia belum berhasil.. Jika kalian mengatakan itu bukanlah model sebuah pesawat, saya tidak yakin.. Bukankah pesawat juga terinspirasi dari seekor burung? Kenapa tidak berpikir bahwa artefak itu juga model pesawat yang terinspirasi dari seekor burung? Hahaha

Lica Lawliet said...

@anonymous no.77 : hmm.. Sy rasa malah pd zaman yg hny menggunakan peralatan yg seadanya sprt bnd2 tajam dr batu itu sdh termasuk hebat mrk bs memahat hingga trbentuk sperti itu.. Dgn alat2 yg seadanya, tdk heran jk bntuknya tdk semirip aslinya.. Tdk sprti zaman skrg yg bs menciptakan sesuatu semirip mungkin dgn bntuk aslinya.. Dan, sepertinya itu memang diciptakan untk dijadikan mainan olh anak2 elit pd zaman itu.. Jd, mungkin bs digunakan untk terbang, maupun untk hiasan di rumah mereka.. Jd bntuknya sprti itu agr lbh mudah untk trbang.. -n,n-

sorry disingkat, soalnya pk hp jd cape ngetik bnyk2.. Wkwkwk! -n,n-v

Linus Tua said...

setidaknya ini merupakan bukti awal [tertua?] mengenai obsesi manusia untuk bisa terbang.
bukankah segala sesuatu pada awalnya sering mengalami kegagalan? :)
bukankah kegagalan adalah proses menuju penyempurnaan?
contohnya:
[Pengguna Internet Explorer sering gagal memberikan komentar. Sebaiknya gunakan Mozilla Firefox. Satu lagi, jika kalian menemukan ada gambar yang tidak muncul pada postingan di atas, tolong beritahu saya. Thanks.]
ini kan salah satu upaya, yang penting bisa komen.

juga proses untuk bisa terbang, seaneh apapun bentuknya, yang penting ada usaha untuk terbang.
mungkin si pembuat artefak ini berharap suatu saat burung mainannya bisa terbang.
yang jelas bentuk ini sudah [mendekati] bentuk dasar pesawat yang dikenal saat ini.
mirip-mirip CN-235, hahahahahahahahhaaaa....

salam Linus.

to: Bro.Enigma
namanya kok kayak mesin pemecah kode PD II ?
tolong dong posting ttg cara kerja mesin enigma.
tengkyuuuhh...

Lica Lawliet said...

@andika : sy jd asisten mr.e? Haha. Mimpi nih..
rasanya, km yg lbh ccok deh dika.. -n,n-v

NoNumberCorp-s said...

Post Title: "Kenapa The Noock Dihentikan?"

"Di luar sana, di tengah-tengah brankas dokumen para negara-negara pengendali dunia, terdapat sesuatu yang benar-benar disembunyikan dari dunia luar. Sesuatu yang tidak akan anda pahami dengan penjelasan teori manapun.. Sesuatu yang sanggup mengguncang peradaban dunia ketika diangkat ke publik"

the noock emoh ngpost maneh..bos enigma aja yang lanjutin napa?

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

He? Kmenx msh dbwh 100? Tumben,,byasax udh lbh 100..kok akhir2 ini trasa sepi yach?? Something missing? Anakkucing,,kmana yach...Chris,,Naka...T_T,,
Chip99, Fulcanelli,...dkk..

@Anonymous 77:

''Kenapa sayap pada artefak itu dibuat lurus layaknya sebuah pesawat terbang, tidakkah terlihat aneh?''

Mgkn krn kterbatasan tknikx..kykx lbh mdah bikin yg lurus2 ajah,,krn lbh sdrhana,,drpd bkin yg mlengkung yg ada ukiran bulu2 sayapx...Mgkn krn sypx yg lurus itu yg bkin org mngatakan MIRIP pesawat,,pdhal bkan..Kykx jwbnx jg sm dgn 'knapa gak ada kakix?'

''...saya rasa seekor burung akan sulit terbang tanpa kaki..''

Bner kalau itu burung, n mnurutq bkan kalo itu 'artefak yg dmaxudkan bwt bs trbg',kyk yg km blg, n mlh gk bs trbg q rasa artefakx kalo pnya kaki,,..^.^

''dan mungkinkah pembuat artefak sedang memikirkan penggantinya? sampai akhirnya dia tidak menemukannya?''

'Penggantinya', kata '-nya'x itu refer kmana yach?? Q rasa bkan pngganti burung khan?
Trus 'nya' yg kdua refer to what ?_?

''Saya rasa artefak itu adalah buatan seseorang yang bermimpi untuk terbang seperti burung dan berusaha membuatnya meskipun dia belum berhasil..''

Wait,, maxudx artefak itu UNTUK trbg spt burung? Sbg alat utk trbg? Umm..kykx jelas bkan dech..ukuranx,,disainx..kykx gk mgkn bgtz..

''Jika kalian mengatakan itu bukanlah model sebuah pesawat, saya tidak yakin.. ''

Umm..jd maxudx km lbh ykin kalo itu model psawat? Knapa? Bkankah gk da cttn ttg hal yg LUAR BIASA ini? N emg lbh mirip burung,,n jg gk bs trbg...

''Bukankah pesawat juga terinspirasi dari seekor burung?''

Bner bgtz ^_^,,

''Kenapa tidak berpikir bahwa artefak itu juga model pesawat yang terinspirasi dari seekor burung? Hahaha''

Krn dia lbh mirip burung,,drpd model psawat...alasanx udh dblg sm Om enig,,^_^
N kalo itu model burung,,sdh ada jg pnjelasanx: mainan anak2 atw properti dlm upacara keagamaan,,atw sbg lmbg pnghormatan kpd dewa/i...^_^

Anonymous said...

Bro enigma....lama gak ada artikel konspirasi nih,aq kangen ma artikel konspirasi bro enigma.kalo boleh saran kenapa gak coba meneliti konspirasi yang ada di indonesia saja?padahal jika diperhatikan banyak sekali hal-hal di indonesia yang berkaitan dengan kospirasi,freemasonry,atau juga ancient technology,mumpung mau 17 agustus bro sekali2 ngangkat tema misteri yang ada di indonesia contohnya mengapa lambang garuda pancasila mirip dengan lambang freemasonry?atau konspirasi didalam pemerintahan indonesia yang penuh kejanggalan agar masyarakat dapat menyadari adanya ketidakberesan dalam pemerintah dan menuntut agar sistem tersebut diperbaiki mengingat indonesia adalah negara demokrasi.salam dari swidya usman di semarang

Linus Tua said...

saatnya ujian tengah semester...
hihihihi....
kalau dah ujian pada balik ke sini lagi, yah !

maylatun sari said...

hohoho absen aja deh.. itu emg kya mainan menurut sy klo dari sekilas pandang XD

Anonymous said...

kayanya orang2 zaman dahulu emang senang membuat kita yang tinggal dizaman canggih ini jadi bingung..wkwkwk

ryan said...

itu pernah gw liat di buku donal bebek jaman dulu..ada satu suku dia pake itu burung2an buat terbang dari tebing ke tebing pake tenaga angin yang mengalir ke atas

Anonymous said...

dilempar?
mengapa tidak ditaruh aja kembang api di kedua sayapnya. kembang api kan juga mainan.
nah, setelah dilekatkan kedua kembang api itu. buatkan rel dengan posisi miring untuk atefak ini. trus bakar sumbunya.
namanya juga mainan hahaha...

Reza Winandar said...

Wow, menurut saya memang itu adalah replika burung Falcon yang mungkin dipakai untuk menarik perhatian burung Falcon jantan untuk kemudian dilatih sebagai pengantar surat.

Rivai said...

Belakangan ini banyak ilmuwan yang terlalu larut dalam imajinasi. Mereka lebih cocok jadi penulis novel sains-fiksi daripada jadi ilmuwan.

Linus Tua said...

Ribuan tahun yang lalu pada saat sore hari di daerah pinggiran Saqarra, Mesir. Dua orang pemuda nampak bercakap-cakap dengan akrab. “Ya Handasah, kemana burung kayu yang bisa terbang itu? Sudah tiga kali matahari terbenam kau nampak bermain-main dengan burung kayu itu di gurun.”
“Sudah kuhancurkan”, kata Handasah dengan santai.
“Mengapa kau hancurkan, Ya Handasah. Yang kau pegang sekarang ini jelas-jelas tidak bisa terbang!”, sahut teman pemuda tadi.
“Kalau ketahuan bisa terbang, nanti dikira Dewa. Gak enak ah sama Firaun”, katanya sembari memberi kurma kepada temannya tadi.

Anonymous said...

kalo tidak salah ada mesin terbang jaman dulu yang namanya Vimana dan katanya teks rancangannya juga ada. apa ada hubungannya saqqara bird dengan vimana tersebut? tolong dong kasi penjelasan yang lebih detail tentang vimana tu.
dan tolong bro enigma cek di hindu wisdom.info terus kasi tanggapan donk. thx. surya.

Nakashima said...

Itu artefak patung burung. Udah jelas, ada paruh dan matanya.
Mengenai alasan lbh lanjut sy nebeng sama Sweety deh :)

Anonymous said...

itu kan cuman patung kecil yang berujud burung, kenapa persepsinya hingga patung tersebut menggambarkan sebagai sebuah pesawat? apa ga berlebihan tuh?

arie said...

jesawat dengan paruh burung dan sepasang mata ... wah terlalu berlebihan tuh untuk gelar Doktor ...

Anonymous said...

badrun :

percaya ga bang E... saya ada tanaman didepan rumah, lalau saya masukan paku yg saya ukir nama saya.. dulu sih kecil.. sekarang dah makin besar pohonya,, dan waktu gigi saya putus, saya kubur ditanah,,

mungkin ga suatu saat.. PAKU DAN GIGI saya itu jadi artefak bersejarah T_T .. guyon tp serius ini T_T

Anonymous said...

bagaimana kalo kita berpikir itu burung yg dibentuk hybrid mirip peasawat... ekornya aneh sih untuk sebuah burung... namanya juga mainan pasti imajinasi anak kecil melebihi pemikiran ilmuwan... wah telat prh ni komennya... --

Anonymous said...

pertama tidak semua pesawat memiliki tail plane, bisa dblg semakin canggih,
kedua menurut saya artefak itu tidak lebih sebuah cenderamata atau sebuah pajangan, tapi saya tidak menutup kemungkinan jika itu burung atau plane,
ketiga, pergi lah keseluruh dunia 90 persen cenderamata pesawat tidak menampilkan roda pesawatnya.
Kesimpulan yang tolol dan percaya diri

A2Z said...

Kalau itu replika burung, kenapa sayapnya flat? Kenapa tanpa kaki? Kenapa ekornya juga flat? Bisa aja kan itu pesawat yg dibuat mirip burung? Yg bikin pesawat mereka, jadi terserah mereka mau bikin kaya gimana!
Semua hal dari masa lampau dianggap penting. Padahal kita ga tau cerita didalamnya. Sekarang kalo gw iseng bikin patung alien yg lagi pacaran ama manusia, terus beberapa abad kemudian patung buatan saya ditemukan oleh para arkeolog, apa yg akan mereka pikirkan?? Pasti mereka ber fikir kalo kita dimasa sekarang sudah berbaur ama alien..., dan patung buatan saya buktinya. Padahal faktanya...?? Tet tottttt.....

Anonymous said...

Saya rasa itu adalah iklan terbang (Exocoetidae) sayap horisontal dan ekor vertikal.

incu aki said...

ijinkan saya tuk berkata WOw.
Hehehe..
Bnr2 nyata ea gan.?
Trnyta smua pnemuan it harus d teliti dgn berbgai aspek n pndngan agar yg awam sprti saya bisa memhami mkna n gunananya.
Dgn dmikian say ucpkn trimksih untuk info2 nya yg sngt mmbntu bngt..
Salam hormat n sjhtera sllu.
Sukses sllu buat gan enigma.
Thnks.
Mf lw comennya kepanjngan.
Hehe.

Post a Comment