Monday, September 13, 2010

Memahami fenomena Kepribadian Ganda

Mungkin tidak ada orang yang benar-benar bisa memahami masalah kepribadian ganda. Sebelum abad ke-20, gejala psikologi ini selalu dikaitkan dengan kerasukan setan. Namun, para psikolog abad ke-20 yang menolak kaitan itu menyebut fenomena ini dengan sebutan Multiple Personality Disorder (MPD). Berikutnya, ketika nama itu dirasa tidak lagi sesuai, gejala ini diberi nama baru, Dissociative Identity Disorder (DID).


DID atau kepribadian ganda dapat didefinisikan sebagai kelainan mental dimana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian (alter) yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda.

Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda.

Walaupun penyebabnya tidak bisa dipastikan, namun rata-rata para psikolog sepakat kalau penyebab kelainan ini pada umumnya adalah karena trauma masa kecil.

Untuk memahami bagaimana banyak identitas bisa terbentuk di dalam diri seseorang, maka terlebih dahulu kita harus memahami arti dari Dissociative (disosiasi).

Disosiasi
Pernahkah kalian mendapatkan pengalaman seperti ini: Ketika sedang bertanya mengenai sesuatu hal kepada sahabat kalian, kalian malah mendapatkan jawaban yang tidak berhubungan sama sekali.

Jika pernah, maka saya yakin, ketika mendapatkan jawaban itu, kalian akan berkata "Nggak nyambung!".

Disosiasi secara sederhana dapat diartikan sebagai terputusnya hubungan antara pikiran, perasaan, tindakan dan rasa seseorang dengan kesadaran atau situasi yang sedang berlangsung.

Dalam kasus DID, juga terjadi disosiasi, namun jauh lebih rumit dibanding sekedar "nggak nyambung".

Proses terbentuknya kepribadian ganda
Ketika kita dewasa, kita memiliki karakter dan kepribadian yang cukup kuat dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan. Namun, pada anak yang masih berusia di bawah tujuh tahun, kekuatan itu belum muncul sehingga mereka akan mencari cara lain untuk bertahan terhadap sebuah pengalaman traumatis, yaitu dengan Disosiasi.

Dengan menggunakan cara ini, seorang anak dapat membuat pikiran sadarnya terlepas dari pengalaman mengerikan yang menimpanya.

Menurut Colin Ross yang menulis buku The Osiris Complex (1995), proses disosiasi pada anak yang mengarah kepada kelainan DID terdiri dari dua proses psikologis. Kita akan mengambil contoh pelecehan seksual yang dialami oleh seorang anak perempuan.

Proses Pertama: anak perempuan yang berulang-ulang mengalami penganiayaan seksual akan berusaha menyangkal pengalaman ini di dalam pikirannya supaya bisa terbebas dari rasa sakit yang luar biasa. Ia bisa mengalami "out of body experience" yang membuat ia "terlepas" dari tubuhnya dan dari pengalaman traumatis yang sedang berlangsung. Ia mungkin bisa merasakan rohnya melayang hingga ke langit-langit dan membayangkan dirinya sedang melihat kepada anak perempuan lain yang sedang mengalami pelecehan seksual. Dengan kata lain, identitas baru yang berbeda telah muncul.

Proses Kedua, sebuah penghalang memori kemudian dibangun antara anak perempuan itu dengan identitas baru yang telah diciptakan.

Sekarang, sebuah kesadaran baru telah terbentuk. Pelecehan seksual tersebut tidak pernah terjadi padanya dan ia tidak bisa mengingat apapun mengenainya.

Apabila pelecehan seksual terus berlanjut, maka proses ini akan terus berulang sehingga ia akan kembali menciptakan banyak identitas baru untuk mengatasinya. Ketika kebiasaan disosiasi ini telah mendarah daging, sang anak juga akan menciptakan identitas baru untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pengalaman traumatis seperti pergi ke sekolah atau bermain bersama teman.

Salah satu kasus kepribadian ganda yang ternama, yaitu Sybil, disebut memiliki 16 identitas yang berbeda.

Menurut psikolog, jumlah identitas berbeda ini bisa lebih banyak pada beberapa kasus, bahkan hingga mencapai 100. Masing-masing identitas itu memiliki nama, umur, jenis kelamin, ras, gaya, cara berbicara dan karakter yang berbeda.

Setiap karakter ini bisa mengambil alih pikiran sang penderita hanya dalam tempo beberapa detik. Proses pengambilalihan ini disebut switching dan biasanya dipicu oleh kondisi stres.

Ciri-ciri pengidap kepribadian ganda
Ketika membaca paragraf-paragraf di atas, mungkin kalian segera teringat dengan salah seorang teman sekolah kalian yang suka mengubah-ubah penampilannya. Bagi kalian, sepertinya ia memiliki identitas yang berbeda.

Atau mungkin kalian teringat dengan salah seorang teman kalian yang biasa tersenyum, namun secara tiba-tiba bisa dikuasai oleh emosi. Ketika amarahnya meledak, kalian bisa melihat wajahnya tiba-tiba berubah menjadi seperti "serigala". Bagi kalian, sepertinya identitas baru yang penuh amarah telah menguasainya.

Apakah mereka pengidap DID?

Bagaimana cara kita mengetahuinya?

Jawabannya adalah pada identitas yang menyertai perubahan penampilan atau emosi tersebut.

Misalkan teman kalian yang suka mengubah penampilan atau sering mengalami perubahan emosi tersebut bernama Edward. Jika ia mengubah penampilan atau mengalami perubahan emosi dan masih menganggap dirinya sebagai Edward, maka ia bukan penderita DID.


Untuk mengerti lebih dalam bagaimana cara membedakannya, lihat empat ciri di bawah ini. Jika di dalam diri seseorang terdapat empat ciri ini, maka bisa dipastikan kalau ia mengidap DID atau kepribadian ganda.

Ciri-ciri tersebut adalah:
  1. Harus ada dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda di dalam diri orang tersebut.
  2. Kepribadian-kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut (Switching).
  3. Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa.
  4. Gangguan-gangguan yang terjadi ini tidak terjadi karena efek psikologis dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis seperti demam.
Dari empat poin ini, poin nomor 3 memegang peranan sangat penting.

98 persen mereka yang mengidap DID mengalami amnesia ketika sebuah identitas muncul (switching). Ketika kepribadian utama berhasil mengambil alih kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi ketika identitas sebelumnya berkuasa.

Walaupun sebagian besar psikolog telah mengakui adanya kelainan kepribadian ganda ini, namun sebagian lainnya menolak mengakui keberadaannya.

Mereka mengajukan argumennya berdasarkan pada kasus Sybill yang ternama.

Kasus Sybil Isabel Dorsett
Salah satu kasus paling terkenal dalam hal kepribadian ganda adalah kasus yang dialami oleh Shirley Ardell Mason. Untuk menyembunyikan identitasnya, Cornelia Wilbur, sang psikolog yang menanganinya dan menulis buku mengenainya, menggunakan nama samaran Sybil Isabel Dorsett untuk menyebut Shirley.

Dalam sesi terapi yang dilakukan oleh Cornelia, terungkap kalau Sybil memiliki 16 kepribadian yang berbeda, diantaranya adalah Clara, Helen, Marcia, Vanessa, Ruthi, Mike (Pria), Sid (Pria) dan lain-lain. Menurut Cornelia, 16 identitas yang muncul pada diri Sybil berasal dari trauma masa kecil akibat sering mengalami penyiksaan oleh ibunya.

Kisah Sybil menjadi terkenal karena pada masa itu kelainan ini masih belum dipahami sepenuhnya. Bukunya menjadi best seller pada tahun 1973 dan sebuah film dibuat mengenainya.

Namun, pada tahun-tahun berikutnya, keabsahan kelainan yang dialami Sybil mulai dipertanyakan oleh para psikolog.

Menurut Dr.Herbert Spiegel yang juga menangani Sybil, 16 identitas yang berbeda tersebut sebenarnya muncul karena teknik hipnotis yang digunakan oleh Cornelia untuk mengobatinya. Bukan hanya itu, Cornelia bahkan menggunakan Sodium Pentothal (serum kejujuran) dalam terapinya.

Dr.Spiegel percaya kalau 16 identitas tersebut diciptakan oleh Cornelia dengan menggunakan hipnotis. Ini sangat mungkin terjadi karena Sybil ternyata seorang yang sangat sugestif dan gampang dipengaruhi. Apalagi ditambah dengan obat-obatan yang jelas dapat membawa pengaruh kepada syarafnya.

Kasus ini mirip dengan penciptaan false memory dalam pengalaman alien abduction yang pernah saya posting sebelumnya.

Pendapat Dr.Spiegel dikonfrimasi oleh beberapa psikolog dan peneliti lainnya.

Peter Swales
, seorang penulis yang pertama kali berhasil mengetahui kalau Sybil adalah Shirley juga setuju dengan pendapat ini. Dari hasil penyelidikan intensif yang dilakukannya, ia percaya kalau penyiksaan yang dipercaya dialami oleh Sybil sesungguhnya tidak pernah terjadi. Kemungkinan, semua ingatan mengenai penyiksaan itu (yang muncul karena sesi hipnotis) sebenarnya hanyalah ingatan yang ditanamkan oleh sang terapis, Cornelia Wilbur.

Jadi, bagi sebagian psikolog, DID tidak lain hanyalah sebuah false memory yang tercipta akibat pengaruh terapi hipnotis yang dilakukan oleh seorang psikolog. Tidak ada bukti kalau pengalaman traumatis bisa menciptakan banyak identitas baru di dalam diri seseorang.

Menurut Dr.Philip M Coons:
"Hubungan antara penyiksaan atau trauma masa kecil dengan Multiple Personality Disorder sesungguhnya tidak pernah dipercaya sebelum kasus Sybil"
Pengetahuan mengenai kepribadian ganda banyak disusun berdasarkan kasus Sybil. Jika kasus itu ternyata hanya sebuah false memory, maka runtuhlah seluruh teori dissosiasi dalam hubungannya dengan kelainan kepribadian ganda. Ini juga berarti kalau kelainan kepribadian ganda sesungguhnya tidak pernah ada.

Perdebatan ini masih terus berlanjut hingga saat ini dan saya percaya kedua pihak memiliki alasan yang sama kuat. Jika memang DID benar-benar ada dan hanya merupakan gejala psikologi biasa, mengapa masih ada hal-hal yang masih belum bisa dijelaskan oleh para psikolog?

Misteri Dalam DID
Misalnya, ketika sebuah identitas muncul, perubahan biologis juga muncul di dalam tubuh sang pengidap. Kecepatan detak jantungnya bisa berubah, demikian juga suhu tubuhnya, tekanan darah dan bahkan kemampuan melihat.

Lalu, identitas yang berbeda bisa memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan. Kadang, pengidap yang sehat bisa memiliki identitas yang alergi. Ketika identitas itu menguasainya, ia benar-benar akan menjadi alergi terhadap substansi tertentu.

Lalu, misteri lainnya adalah yang menyangkut kasus Billy Milligan yang dianggap sebagai kasus DID yang paling menarik. Kisah hidupnya pernah dituangkan ke dalam sebuah buku berjudul "24 wajah Billy".

Billy adalah seorang mahasiswa yang dihukum karena memperkosa beberapa wanita. Dalam sesi pemeriksaan kejiwaan, ditemukan 24 identitas berbeda dalam dirinya.

Identitas yang mengaku bertanggung jawab atas tindakan pemerkosaan itu adalah seorang wanita. Identitas lain bernama Arthur yang merupakan orang Inggris dan memiliki pengetahuan luas.

Dalam interogasi, Arthur ternyata bisa mengungkapkan keahliannya dalam hal medis, padahal Billy tidak pernah mempelajari soal-soal medis. Menariknya, Arthur ternyata lancar berbahasa Arab. Bahasa ini juga tidak pernah dipelajari oleh Billy. Identitas lain bernama Ragen bisa berbicara dalam bahasa Serbia Kroasia. Billy juga tidak pernah mempelajari bahasa ini.

Bagaimana Billy bisa berbicara dalam semua bahasa itu jika ia tidak pernah mempelajarinya?

Misteri ini belum terpecahkan hingga hari ini.

Kecuali tentu saja kalau kita menganggap Billy hanya mengalami kasus kerasukan setan dan tidak menderita DID.

(wikipedia, medicinenet.com, minddisorders.com, skepdic.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

236 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 236   Newer›   Newest»
mas ahmad said...

Apakah para pengidap itu rata2 jadi pembunuh? di Hawkson katanya Ryan Jombang juga kepribadian ganda?

Anonymous said...

waduh bang e, susah dipahami tulisannya. saya baca ulang deh.

Anonymous said...

menarik bang.E
artikelnya
tentang kepribadian ganda sih, kayaknya ga ada temanku atau dilingkunganku yang mengidap DID

.pufu.

eka's moment said...

good article n very interesting. I hope you dont mind if i share this article in my blog. Thank you

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Ahk!!
20 besarkah? Hahaha
baca duyu ahh...

Anonymous said...

a.waHyu.s said...

Yeee.. Akhr'a Mr.E posting jg..
Hha.. (lebay ahh)

Brati klw msal'a sprti brdskusi dlm diri sndiri tu bkn gjala kpribdian gnda yha.?
Cz saya sering brtnya dlm hati sndiri tpi saya sndri yg jwb..
Dan kdng saya jg bsa brpqir 2 hal skalgus.. Sprti pnh lgy ulngn MTK tpi saya bsa jg smbl mqrn jwbn PR fisika..
Hehe. . .


truz brkrya Mr.E

a.waHyu.s

Anonymous said...

kak enigma.. ada contoh penderita DID di indonesia ?

Anonymous said...

apa contoh nya DID itu seperti film jim carey dalam me, myself and irene bro E??

hawkson said...

Sulit untuk memahami tentang Multiple Disorder ini..
Fakta yg sangat mungkin bisa dijelaskan dengan kata lain adlah 'sang penderita mengalami gangguan mental'..
Tapi hal itu tidak bisa dijadikan suatu alasan yg melatarbelakangi fenomena kepribadian ganda ini..
Tetapi, bukankah trauma masa kecil bisa menjadi faktor pendukung munculnya MD..?

Anonymous said...

dari Tresna Asti

waaahh.. Belum bisa dipecahkan.. Di oprah jg pernah dibahas Kak.. Tp sy tdk menontonny sampe tuntas.. Jadi kurang jelas..
~,~
kak Enigma..
Bagaimana cara kerja Sodium Pentothal sbg serum kejujuran??? Tumben dg nih saya..

Anonymous said...

Gimana dengan cerita "HULK", apakah bisa di katakan kepribadian Ganda?

Anonymous said...

agggghhhhhh....kirain om ga bakalan sekarang postingnya,ketinggalan dech.....mudik dulu yah...hahahaha

Anonymous said...

werlington
pendek kata "orang yang plin plan"...terkadang seseorang dapat berubah kepribadian banyak di pengaruhi lingkungan sekitar dan orang lain.contohnya seseorang yang telah mengalami rehabilitasi (entah itu narkoba atau masuk pesantren) bila dia telah berhasil menjalaninya kebanyakan kepribadiannya akan berubah (entah itu jadi lebih baik atau ngga)TETAPI kepribadian yang sebelumnya tidak akan hilang melainkan bisa meredam kepribadian yang dulu untuk muncul kembali.ketika sifat kepribadian yang baru tidak bisa meredam sifat kepribadian yang dulu maka orang itu dinyatakan belum sembuh'''
maaf om koq jadi ngawur gini...pokonya yang aku tangkap dari tulisan di atas semua orang mungkin punya DID,tetapi ga semuanya bisa keluar dikarenakan sifat yang tampil sekarang lebih kuat di banding sifat yang lain yang ada dalam diri seseorang....sory om kalau aku kejauhan ngawurnya...

Naruto fanzzzz said...

Huh, stelah skian lma mnunggu akhirx kak ENIGMA ngepozt jg
Quwh biasax jg ktawa ndiri ( bkan DID ato GILA slx kl abis bca ato liat komedi keinget tyuz ) tp hbat bner ya si BILLY bisa mcem2* bhasa hbat!! ( ' 0 ' )v
Ngomong2u coal jebal barez quwh dah xobain gamex seru sih klo ktemu ma collosusx tp xari'x yg susahe puooll : ) and smuax da 16 collosus
And sperti byaza "LAV PIS AND GAUL" d( =' 3 '= )b V

enigma said...

@sitra tresna: saya jg tdk tau bagaimana sebuah obat bs membuat seseorang berkata jujur.

enigma said...

Kalo hulk mungkin bukan krn ia msh ingat kalo ia adl bruce banner. Kalo jim carrey di film me, myself and irene itu sama sekali bkn penggambaran yg tepat mengenai kepribadian ganda.

enigma said...

@x zone: metode normal menyembuhkannya adl terapi utk menyatukan semua identitas yg ada. Soal efetifitasnya, tdk ada yg tahu.

Anonymous said...

werlington
ohhh iyahhh....
REINKARNASI !!!!!!!
masuk ga om..??????

Anonymous said...

hm..sy jd inget novel dr jekyll and mr hyde ttg kepribadian ganda jg tuh, tp gr2 obat. truz jd inget kasus schizophrenia. sy jd ngerri sndiri..mas enigma, sy jg sering mengalami disosiasi alias nggak nyambung apakah sy ada kemungkinan mengidap kepribadian ganda??

kanz..

krisma said...

wah keingat dulu jaman waktu mondok maen-maen ama setan,

temen gw kesurupan jin arab, ngomongnya jadi persis pake bahasa arab (padahal orangnya jawa tulen)
terus "diambilin" kuntilanak di pohon bringin ngomongnya jadi cewek, persis cewek, ampe raut mukanya segala kyk cewek (ga kayak banci lho).

ama binatang juga, kyk harimau, ular, srigala, dkk

itu wa juga masih penasaran, koq bisa suaranya berubah gitu?
ampe tingkah lakunya segala,
kalo udah selese itu kesurupannya, temen gw tadi langsung lemes, ga inget apa-apa.....

ini juga kayak yang punya 26 kepribadian diatas

thecampuraduk said...

agak susah memahaminya @_@
lalu apakah tiap kepribadian bisa mengenal kepribadian yang lain?
kasusnya billy morgan kok malah mirip reinkarnasi yak?

GeLZa said...

Kurang penjelasan mengenai Billy Milligan
biasa enigma detail bgt... tumben...

Anonymous said...

wah,,,lama bner ni om enigma br posting lg,,,gara2 libur lebaran y om???ngomong2 keren ni artikelnya,,,
_tomat_acem_

Anonymous said...

Jadi inget film "Belahan Jiwa"........ Dian Sastro-nya pengidap DID

Andry Cancereza said...

mungkin org Indonesia paling banyak yg mengidap DID ini, karena di negeri kita ini banyak fenomena yg dikenal sebagai kerasukan massal dan selain itu banyak dari kalangan petinggi2 negara yg tdk mengaku telah mencuri uang negara.

gantika said...

yes.. post ni aku pertamax... he..he..

Sudah baca Novel Billy sejak 3 tahun lalu kalau tidak salah...( menurut novel berdasarkan kisah hidupnya )

Billy memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhdap ilmu tapi ketidakstabilan jiwa karena perjalanan hidupnya mengalami penderitaan sejak kecil dimulai dari Ayahnya... CMIIW

menurut saya untuk billy karena ada penderitaan yang membekas saat kecil...

Anonymous said...

sip bgt ni..
utk kasus billy milligan mnurut bang E apa tu?

oya bang, kpan mo bahas tntang si borischa yg ngku dri mars itu?
uda penasaran ni..

hige

Anonymous said...

banyak juga terroris2 yg mempunyai kepribadian ganda.

MJ said...

Bisa gak ya kita buat kepribadian kedua(ganda), ketiga dst?
Misal, kita buat kepribadian yg lain dari diri kita yg jago bela diri dan sewaktu2 bisa kita switch jika kita butuhkan dan bisa dgn mudah kita bisa kembali ke kepribadian kita yg asli jika sudah tidak dibutuhkan kepribadian kedua tsb.

jacobian said...

wow...sangat menarik ya.keren jg neh bisa punya banyak kepribadian.haha... :-)

Anonymous said...

dari Tresna Asti

hmm... nyam.. nyam.. jadi makin penasaran.. mau cari tahu dulu ahh..
kak Enigma kepleset tuh nama saya.. hohoho
>_<v

eMmA said...

Haduuuuh.. Saya daritadi mau kasih komentar susah bgd.. :(

nice post ka ^^

hmm.. Ada beberapa pertanyaan ka:
- apakah orang yg mengalami kepribadian ganda ini hanya merasakan atau melakukan apa yg dirasakan ?? Mis: billy adalah seorang pria, dan kemudian menjdi wanita, apakah dia sampai berpakaian dan berbicara layaknya seorang wanita ??
- apakah keadaan fisik mereka berubah seperti pikiran mereka ??

Mohon tanggapannya..

Thx sblumnya.. ^^

Anonymous said...

darkspace.
mr enigma, apa ada diantara pembaca yg mengidap d.i.d ini?


anonim no. 36:
kalau saya kok merasa kalo mr enigma itu non-muslim ya? saya merasa dia beragama Kristen. apa ada teman2 yg merasa hal yg sama gak?

enigma said...

Emma: mereka tdk berubah fisik dlm artian jd cewek, lalu memakai rok. Namun, identitas tersebut diketahui wanita atau pria dr nama/karakternya sj.

rippners said...

baca dulu deh..
bang enigma..liat2 blog newbie saya dong..
http://rippners.blogspot.com/

florence said...

wow...sekarang ada ya obat kejujuran,kpn2 klo tmen q bo'ong,kasih obat itu ja,hehehe....omong2 belinya di mna ya bang E??^^

eMmA said...

Oh.. Jadi dia tetap sebagai laki2 (fisik) tapi nama mereka yg berubah.. !!
Tapi ka, kalo mereka berubah menjadi orang yg berbeda ke orang yg berbeda lainnya, ada kemungkinan ga kalo dia bakal kembali lagi ke orang yg sebelumnya ??

Anonymous said...

Ky d film kartun yugi-oh..
Ma d film heroes..
Hahaha. . .

Anonymous said...

buat yg suka baca..novel shidney sheldon
"tell me your dreams" brkisah ttg kepribadian ganda...
sheldon ga skedar mengandalkan imajinasi dlm membuat novel tp dia slalu melakukan riset mendalam dan melakukan wawancara,misalx dgn mereka yg ahli di bidangx terkait dgn isi novel...di jamin suka deh....

@bina@

aw3ng said...

...lgs brkelebat dr jekyl - mr hyde, gemini-nya st seiya, sm film beautiful mind...
ada survey bro, apa penderita ini cenderung brbuat kriminal (dr salah satu identitasnya) ?

the mental realm said...

Bung Enigma, apakah fenomena ini bisa dikaitkan dengan fenomena reinkarnasi?

mungkin saja kepribadian selain dirinya yg asli itu adalah dirinya di masa lalu.
Maaf kalau pendapat saya salah. Hehe. .

Ariehime said...

Sama nggak dengan istilah "alter ego"?
Saya nemuin kasus DID ini di novelnya Sidney Sheldon. Judulnya... lupa lagi, pokoknya soal 3 cewek yang melakukan tiga tindakan kriminal di 3 negara yang berbeda. Dan setelah selidik sana selidik sini, baru ketahuan kalo 3 cewek itu ternyata orang yang sama namun dengan identitas / nama, umur, dan karakter yang berbeda. Di beberapa scene ketiganya sering "berbincang-bincang". Jadi pembaca nggak kepikiran kalo mereka itu satu tubuh.

@anonim 49: Iya, saya juga sependapat, saya rasa bang En itu non-muslim. Tapi lebaran kan hari libur Nasional dan ada cuti bersama. Jadi liburnya dinikmati semua orang ^^.

ree said...

bs ga DID terjadi bkn krna trauma pd ms kecil?
mksdnya orng yg sdh dewasa tb2 mengalami DID tnpa adanya trauma d ms kecilnya?
thx..

^^v

Anonymous said...

salam kenal mr. enigma . . .
blog yang sangat menarik . . .
saya ingin bertanya,bagaimana pendapat anda tentang buku urantia dan legenda manusia berwarna biru.
krn walaupun hanya skadar mitos tetapi dalam berbagai sejarah bangsa2 di dunia ini banyak sekali terdapat gambaran manusia berkulit biru tsb,seperti contoh krishna di india .

Anonymous said...

Aku sudah pernah baca bukunya Keyes yg 24 Wajah Billy,bagus.Alter ego billy secara bergiliran mengambil alih badan billy dengan 'menidurkan' billy yg sbenarnya krn dia selalu mencoba melakukn bunuh diri jika menguasai badanya sndiri...billy sering d tuntut d pngadilan utk tindakan kriminal yg dia sendiri tdak mngingatnya dan berulang kali masuk penjara n ruma sakit jiwa
dokter yg mnanganinya mngatkn pnyebab did pd billy adlh trauma masa kecil dmn dia sering mengalami pelecehan sexual oleh ayahnya

Anonymous said...

Wahh,, saya yakin kasus billy mulligan itu akibat kesurupan !! hehe

Tapi kok yg merasa bertanggungjawab kok karakter ceweknya ya??
Masa cewek memperkosa cewek???

junglemount

thepatriot said...

2 pertanyaan bro E:

1. Menurut anda 4 ciri DID tersebut apakah bisa dijadikan dasar pegangan yang valid? (udah diakui universal)

2. Sama nggak hubungan antara schyzophrenia, alter ego dan DID?

Thanx berat atas informasinya.

salam,

Ragil SP

Anonymous said...

Studies:

apa DID bisa dikatakan gangguan jiwa?

bagaimana cara menyembuhkan DID?

Tolong di jawab ya om enigma!

enigma said...

Saya tdk bs menyebut did sbg gangguan jiwa. Itu cm definisi. Utk mengobatinya adl dgn terapi, berusaha menyatukan identitas yg berbeda2 itu.

DeeLaBeLLe said...

sodium pentothal jd inget veritaserum :P
sepertiny saya kenal org dgn DID (bukan bgitu bro En? Hehe)
kl pemain sinetron indonesia yg sinetronny ratusan episode ad kmungkinan kena DID ga y? :D

Avicena said...

mr.enigma,boleh tukar link disini gak?saya juga punya blog misteri,ditunggu konfirmasinya

http://avicenahumam.blogspot.com/

Anonymous said...

ohhh..kyaknya sya pnh baca buku ttg billy milligan itu..
Polisi/dtektifnya itu awal2 pngen ga pcya kasus kep ganda billy,bis lyt lngsung akhrnya pcya juga,mlh mikir jngn2 kerasukan setan..

Anonymous said...

wah bang enigma..saya sekedar sharing nih,

saya dulu punya mantan pacar..yg menurut saya mirip2 seperti kepribadian ganda..tapi belum ke tingkatan extreme seperti diatas..dan sering sekali saya merasa dia bukan seperti orang yg saya kenal, bahkan sampai di titik saya merasa tidak mengenalnya sama sekali..saya merasakan hal ini disaat 6 bulan berpacaran...parahnya saya berpacaran hampir 2 tahun dengannya :p..hehehe..

Dan biasanya perubahan pribadi dia selalu datang secara tiba2, pribadi dia yg satu lagi sangat keras kepala dan sangat bertentangan dengan pribadi yg saya kenal..pokoknya kasar dan tidak bisa dikontrol.( pribadi yg saya kenal : perhatian, ceria, easy going,/ kepribadian yang satu lagi : cuek, pemurung, keras kepala, dan selalu mencari2 masalah untuk diributkan)

Pada saat inilah biasanya kami akan bertengkar hebat..sampai pernah pada suatu waktu saya berbicara kepadanya mengenai kepribadiannya yg berubah ubah ini..lalu saya berbicara seperti ini padanya.. "jujur aku ga mengenal pribadi kamu sekarang ini..dan aku merasa ga kenal kamu sama sekali..kamu bukan seperti orang yg aku kenal, kamu seperti orang lain yang aku tidak kenal saat ini..
lalu tiba2 dia terdiam dan menangis...dia bilang saya bukan orang yg pertama kali yg berbicara seperti ini padanya..dulu teman SMA nya juga pernah bicara seperti itu padanya..disaat itulah dia menangis dan bertanya apa aku gila?!..jujur saya diposisi yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya..

saat itu saya hanya berusaha menenangkannya
dan meyakinkan bahwa tidak ada yg salah dengannya..sejak saat itu saya mencoba makin mendekatkan diri ke dirinya...mencari tahu latar belakang apa yg menyebabkan dirinya menjadi seperti sekarang ini.

saya selalu korek2 mengenai masa lalunya, dan keluarganya (walaupun saya tidak perlu langsung bertanya,karena biasanya dia akan curhat sendiri apabila dia sedang down, karena memang di jkt dia tidak punya banyak teman ataupun keluarga dekat..dia dari kecil sampai sma tinggal sumatera baru ketika kuliah pindah ke jkt.)

setelah saya pelajari tentang dirinya ternyata..dari kecil dia tinggal dengan neneknya..ketika kecil ayah dan ibunya bercerai..dari ceritanya dia memang pribadi yang kesepian..karena satu2nya kasih sayang yg dia dapatkan hanya dari neneknya..dan saya sangat yakin itu sangat kurang untuknya..

dia sangat membenci ayah ibunya..karena dia merasa ditelantarkan..walaupun dari segi finansial masih tetap diberikan oleh ayahnya dan tidak kekurangan..tapi pastilah untuk seorang anak..bukan hanya itu yg dia ingin kan..mereka juga butuh kasih sayang langsung dan perhatian..

dari hasil pengamatan saya trauma masa kecil inilah (perpisahan orang tua)yg menyebabkan dirinya menjadi pribadi yg berubah2..dan tak stabil..karena dia selalu menyimpan masalhnya sendiri tanpa ada tempat untuk berbagi keluh kesah..

apakah hal ini juga termasuk Dissociative Identity Disorder (DID)??

-zky-

enigma said...

@Werlington: saya yakin DID tidak sama dengan reinkarnasi. Jauh sekali perbedaannya.

@Kanz: kalau kamu tidak memiliki 4 ciri diatas, kamu tidak memiliki DID.

@Thecampuraduk: Umumnya kepribadian itu tidak saling mengenal. Kasus Billy, jauh berbeda dengan reinkarnasi.

Anpnymous no.34: OCD juga jauh berbeda dengan DID karena penderita OCD tidak memiliki banyak identitas.

@Hige: untuk kasus Billy, saya tidak bisa berkomentar karena saya belum baca bukunya.

@MJ: Kalau ada orang yang membuat berbagai kepribadian dengan sadar, itu tidak bisa disebut DID. Itu hanya seseorang dengan alter ego ciptaan. Seperti Superman dan Clark Kent.

@Tresna asti: maaf, saya memang kepeleset nyebut nama kamu.

@Darkspace: Saya tidak tahu apakah ada penderita DID di antara pembaca enigma. Tapi, kalau pembaca yang menciptakan berbagai alter ego, jelas ada.

@Florence: Saya tidak tahu dimana bisa beli sodium pentothal.

@Emma no.53: Dia bisa kembali lagi ke orang sebelumnya.

@aw3ng: saya tidak tahu apakah ada survey seperti itu. Tapi, saya kira stigma penderita DID sebagai pelaku kriminal mungkin tercipta akibat film2 holywood.

@Thementalrealm: saya rasa fenomena ini tidak bisa dikaitkian dengan reinkarnasi.

@arihime: alter ego itu artinya personality/kepribadian. DID itu seseorang dengan banyak alter ego. Jadi dua kata itu berbeda maksudnya.

@Ree: tentu saja. cuma kebanyakan penderita konon disebabkan karena trauma mas kecil.

@Anonymous no.61: Soal urantia, buku itu memang ada. Tapi apakah isinya mengandung kebenaran? I dont think so. Soal manusia berwarna biru, saya yakin ada karena pernah terjadi di dunia nyata pada masa modern ini.

@thepatriot: 4 ciri penderita DID itu adalah formulasi dari para psikolog dan sudah diterima sebagai pegangan universal.
Schyzoprenia adalah kasus yang berbeda dengan DID. penderita Schyzoprenia tidak memiliki banyak kepribadian. Sedangkan istilah alter ego itu artinya adalah :personality. Jadi istilah itu tidak sama dengan arti istilah DID. DID adalah kelainan mental dimana sesorang memiliki banyak ALTER EGO.

@Deelabelle: Hahaha.

@rifa: Ya, buku 24 wajah Billy memang menceritakan tentang Billy Milligan.

@Zii: Schyzoprenia beda dengan DID karena penderita Schyzoprenia tidak memiliki banyak kepribadian.

@Zky: Menarik sekali, tapi seperti yang saya ceritakan di tulisan atas, kalau ketika ia berubah sikap secara tiba-tiba, tapi masih mengetahui namanya dengan benar, maka ia bukan penderita DID. Saya rasa, pacar kamu memang mengalami tekanan psikologi, tapi tidak bisa dianggap sebagai DID.

Anonymous said...

seru,
nice post,
bang enigma kq postingannya lma bnget

Anonymous said...

Hore masuk 100 Besar wew... Diriku sebagai fansnya blog ini jarang banget loh posting komentar... biasanya seh hanya nyimak... terus mengagumi... terus nunggu postingan selanjutnya deh hehehe...

tapi karena ini masalahnya sangat menarik (emang rata2 bro enigma posting yang menarik aja).. yang salut seh yang kasus terakhir... bisa mempunyai ilmu walaupun belum dipelajari... mantabh tuh kalo bisa.. n tanpa amnesia tentunya hehehehe..

Giseventh

myeyes0125 said...

Waaahhh.. lega.. bisa kembali menikmati blog Enigma. Bgm kabarnya bro enig, sehat? Menyenangkan liburannya?

Hmm.. Jadi bagaimana membandingkan orang yang DID dengan kerasukan ya? Saya pernah melihat sendiri orang yang sedang kerasukan, tp kalau DID.. sepertinya belum pernah melihat sampai setua ini.
Ok dah.. Nice post bro... (tumben menanggapi komen sepanjang itu.. ck..ck..ck... salut bro )

Hendri Pratama said...

saya sudah baca buku tentang billy milligan terbitan Qanita. Itu Fenomena asli, si Billy Bebas dari segala Tuduhan.
Judul Bukunya 24 Wajah Billy sama Pertempuran Jiwa Billy.

Tentang Georg Anton Poch gimana tuh penjelasannya? ditunggu....

hidden said...

mantap postinganx bang enigma.. sy baru buat blog misteri mungkin bisa saingan ama bang enigma.. mampir donk ke blog ku. http://xnote-hidden.blogspot.com..

thanks so much..

Anonymous said...

kereeeeeeeeeenn
sering2 posting yang kayk gini ya bang enig

khamil said...

di indonesia sudah ada film ttg kepribadian ganda judulnya soulmate..
mgkn bung E pnh nonton... spti itu kah yg dmksd DID?

Anonymous said...

keren bro...
gw ada temen yg menurut gw itu masuk kepribadian ganda..
suatu saat dia bisa bisa berpikir rasional, tenang.. tapi entah bbrp detik kemudian dia bisa menjadi tidak rasional dan meledak2 emosinya, dan wajah nya seolah2 menunjukkan sifat marah yang tidak bisa di ajak komprom tapi dia tetap dalam kondisi masih sadar..

arc_angel080 said...

"Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda"

salah satu ciri-ciri DID:
"Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa."

saya merasa dua statement diatas berlawanan. ditambah lagi dengan paragraf
"98 persen mereka yang mengidap DID mengalami amnesia ketika sebuah identitas muncul (switching). Ketika kepribadian utama berhasil mengambil alih kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi ketika identitas sebelumnya berkuasa."

bagaimana seorang penderita DID akan merasa ia memiliki banyak identitas kalo saat diambil alih kepribadiannya ia tidak bisa mengingatnya?
mav klo terlalu panjang hehe

Anonymous said...

saya juga beranggapan sebagai tekanan psikologi pada awalnya..karena memang ketika berubah kepribadian dari normal ke tidak normal (*dari pribadi biasa ke pribadi lain) dia masih menjadi dirinya bukan menjadi orang lain..tapi yg agak membingungkan perubahan pribadi yg tiba2 itu..

oiya..terkadang dalam perubahan pribadi ada trigger yg memicu perubahan pada dirinya...contohnya ketika terjadi hujan dia langsung berubah 120 derajat menjadi orang yg berbeda, murung,dan sensitive...padahal sebelum hujan dia tertawa lepas dan biasa2 saja..dan BANG! ketika hujan berubah!..itu salah satu pemicu terjadinya perubahan pada dirinya...
setelah saya paksa menanyakan kenapa dia langsung berubah sikap ketika hujan, akhirnya dia mengaku dia benci hujan..dan dia merasa tertekan ketika terjadi hujan ( saya rasa ada faktor traumatis masa kecil disini..mungkin dia mengalami tekanan hebat sewaktu kecil dan saat itu sedang terjadi hujan, dan sejak saat itu di jadi membenci hujan..

yah saya rasa tekanan psikologis semata..thx utk replynya bro E

-zky-

enigma said...

@arc_angel80: tdk jg. Poin no.3 itu artinya adl ketidakmampuan utk mengingat hal2 spt apa yg sdh di katakannya atau apa yg sdh terjadi. Tdk berarti dia tdk tau "adanya" identitas lain. "Merasa" itu tdk berarti hrs ingat semua hal. Misal, kalimat: "rasanya saya pernah lihat org itu. Tp dimana ya?" artinya dia tdk ingat. Lagipula 98 persen itu tdk sama dgn 100 persen.

arc_angel080 said...

ow iya buat abank zky, klo saya melihat kasus itu (haduh lagaknya kaya orang pinter aja hehe) itu seperti bipolar disorder. tapi karena psikologi dia seperti itu mungkin disordernya bisa dikatakan parah.
jadi bipolar disorder itu seperti "sangat mudah sekali berganti mood". banyak orang yang mengira kepribadian ganda tapi sebenarnya itu hanya bipolar disorder. saya ga bisa ngasi tahu secara lengkap karena memang saya tidak berkompeten dibidang itu. hanya sebatas sesama penderita (mungkin hehe)

arc_angel080 said...

hmmm berarti ada kemungkinan kalau penderita DID itu tahu bahwa ia menderita DID beserta karakter lain didalam pikirannya itu ya?
menarik sekali....
makasih atas jawabannya, btw cepet banget balesnya hehe

Anonymous said...

@arc_angel080 :
hmmm..menarik...mungkin bisa jadi bro..karena saya tidak mengetahui banyak istilah psikologi..dulu pernaha sih saya berniat menagajak dia ke psikolog..supaya saya tahu apa penyebab pastinya tapi sayangnya blom sempet.. :( (saking penasarannya)btw thx buat inputnya...

-zky-

Anonymous said...

Bang , kalo ga salah John.f kennedy itu mengidap kepribadian ganda ya ? Coba deh bang liat di google ..

Anonymous said...

wow.. kok gw bngt yah :(
mengalami penyiksaan masa kecil, pelecehan seksual masa kecil sampe berkali-kali, kemiskinan parah yg bikin minder gak kira"
dampaknya dr mulai abg sampe tahun kemaren kejadiannya kek yg di artikel inilah.
lakukan sesuatu yg nyakitin org lain tp ga inget, suka lupa nama" org bahkan yg baru aja disebut
sering merasa bukan diri sendiri saat melakukan sesuatu yg bakal berdampak buruk tp gak kuasa buat cegah
aq perlu ke psikolog gak yah?
sekarang" sih udah ngga aneh" lg

Anonymous said...

mysoul3412 berkata ;
bung enigma, maap kalau gak nyambung, tapi dengar2 sekarang zodiak ada 13 ya?
Kalau gak salah katanya ada ditemukan zodiak ke-13 yg dikasi nama 'Ophiuchus'... Bener gx sih???

Andra Febriant said...

Wah.....MANTABZ Pokok.e!!!!!
Tapi aku masih bingung,
Aku punya teman nih...
Singkat cerita, Temanku lagi duduk2 sambil tersenyum. Nah, pas waktu aku tanya "mengapa kamu tersenyum?" Dia langsung Menampar aku dan Dia seperti orang yang kerasukan. Tetapi kejadian itu tak berlangsung lama, hanya beberapa menit.
Nah,Apakah dia Seseorang yang mempunyai kepribadian ganda?
thanks......

enigma said...

@andra: benar2 pengalaman yg hebat. Kalau teman kamu tdk memiliki 4 ciri did diatas, mk ia tdk memiliki kepribadian ganda.

Anonymous said...

Tulisan yang menarik, hanya saja membahas permukaan saja. Karena DID merupakan salah satu jenis gangguan jiwa, dan masuk dalam ICD 10 F44.8. Salah satu diagnosa penyakit jiwa yang digunakan oleh Psikiater. Selain itu DID juga bisa merupakan symptom (gejala) dari schizophrenia.
Dan di RS Jiwa DID merupakan gejala yang lazim muncul pada pasien dengan Schizophrenia. Hampir 90% pasien yang dirawat di RSJ menderita Schizophrenia.

Anggita said...

keren bgt postingannya,,ternyata gitu yah kepribadian ganda..dulu saya pernah nonton film judulnya 'identity'..saya kira film pembunuhan biasa,,ternyata film tentang kepribadian ganda..buat yg blum ngerti,,mungkin bisa nnton film ini

enigma said...

@anonymous no.97: sebenarnya, bnyk yg menolak anggapan kalau DID bs jadi merupakan gejala schizophrenia. Yg lbh tepat adalah DID dan schizophrenia memiliki banyak kesamaan dalam gejala.

indra said...

bahasan yang menarik.
saya punya teori, gimana klo tnyata orang itu mempunyai beberapa jiwa di satu badan?
ibaratnya gini, ada pabrik manusia, tiap satu badan diisi satu jiwa. badan cowo diisi jiwa cowo, vice versa. jiwa yang diisi ini bisa jiwa recycle (yang udah diapus memorinya), ato jiwa baru.
suatu saat for some reason (God knows why), ada badan yang diisi oleh beberapa jiwa, ato tuker cowo-cewe (badan cewe diisi badan cowo), ato badan yang diisi jiwa yg memorinya ga diapus sempurna.
dari situ munculnya multiple personality, dejavu, teori reinkarnasi (dengan prememori ato clear memory), bencong (halah), dll.
yah ini teori dari gw aja yg lagi ngelamun bebas. huehe. :)

Anonymous said...

Wah maaf mas baru sempat komen, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak karena mas telah meluangkan waktu untuk membuat artikel kepribadian ganda yang saya minta tolong bahas, dan selanjutnya saya ingin bertanya mas:

1. Setelah saya baca artikelnya, dapat saya tarik sebuah kesimpulan, bahwa penderita kepribadian ganda 'resmi' disebut kepribadian ganda ketika ia 'berubah' menjadi kepribadiannya yang lain dan ia tidak sadar ketika dia sudah 'berubah' atau disebut dengan 'switching' kan mas?

2. Lalu perbedaan antara penderita psikopat dan kepribadian ganda apa ya mas? Apakah ada persamaannya juga?

3. Bagaimana cara membedakan bahwa seseorang benar-benar mengidap kepribadian ganda dan yang hanya merupakan sugesti belaka mas?

Sekian pertanyaan dan komentar dari saya, terima kasih sebelumnya mas.

Mercy,
140910

KraKen said...

waah kalo Noordin M Top bisa masuk kategori DID?
Kalo versi komik tapi protagonis si Clark Kent dan Superman,Peter Parker dan Spiderman..hehehhehe :)

yanzhie said...

Ya Tuhan..
apakah saya termasuk pengidap DID..
ini link berisi curhatan saya..
http://yanzhie.wordpress.com/2010/08/26/whos-me-jika-aku-bukanlah-aku/

Anonymous said...

"tolong aku monster dalam diriku sudah bertambah besar,bunuhlah aku sebelum monster dalam diriku yg akan membunuhmu"

Anonymous said...

nice post deh bang e..

moga makin pinter dah..

biar bisa ngasih pengetahuan buat kita..

-SyapanamakU-

Unyil Kucing said...

Minal aidin untuk semuanya....

as always.. tulisannya selalu menarik!!

Anonymous said...

Novan said

Saya sering banget lupa akan suatu kejadian, kawan2 saya bilang saya pikun, loh umur saya kan baru 18 masa udah pikun?, kadang2 saya juga suka kepikiran hal2 yg sbnernya gak saya duga untuk saya pikirkan sama sekali,saya juga sering berdebat dengan pikiran sendiri, bahkan kdang2 saya suka mengeluarkan perkataan bijak yang sbnernya saya sendiri terkadang gak tau maknanya,, saya ngerasa punya 2, gak 3 pikiran. .

apakah itu termasuk kepribadian ganda atau hanya perasaan saya aja??

nway, thx atas artikelnya mr.Enigma

Fulcaneli said...

perkenalkan angel, prince, aurora, rose, wiseman, david dan saya sendiri sodom kami semua ada di tubuh yang sama

Anonymous said...

werlington :
bos saya mau request nih...
tolong bahas dong foto ular besar yang sedang berenang di sungai yang disebut-sebut difoto dari heli diatas pulau kalimantan,foto itu banyak beredar di internet.
kalau pun tidk bisa di bahas,yahh apa aja lah yang penting berhubungan dengan ular besar atau raksasa.
soalnya saya liat tulisan bos gak ada yang ngebahas tentang ular besar,padahal tema ular besar banyak beredar di internet lohh bukan hanya buaya besar ajah...
atau mungkin bos ga suka ama ular,takut atau jijik.....hehehehe
please yah bosss saya yakin bukan hanya saya aja yang setuju kalo tema tersebut di bahas...
thank yah boss atas

Anonymous said...

bala said
bagaimana pendapat bang E tentang trit ini
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5282891

enigma said...

@Khamil: saya belum nonton filmnya. jadi tidak bisa memberi komentar.

@mysoul3412: memang ada zodiak ke-13. Namanya memang Ophiuchus. Namun, belum diterima secara universal oleh para astrologer.

@Mercy:
"penderita kepribadian ganda 'resmi' disebut kepribadian ganda ketika ia 'berubah' menjadi kepribadiannya yang lain dan ia tidak sadar ketika dia sudah 'berubah' atau disebut dengan 'switching'kan mas?"

Boleh dibilang seperti itu.

Soal psikopat, banyak jenisnya. Arti harfiah psikopat adalah sakit jiwa. Jadi DID hanya salah satu jenisnya (kalau kamu menganggap penderita DID sebagai sakit jiwa).

Untuk membedakan seseorang benar2 mengidap DID adalah dengan mencocokkannya dengan 4 ciri diatas.

@Novan: cocokkan dengan 4 ciri diatas.

@Werlington: saya sudah pernah bahas itu disini:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/rekayasa-foto-ular-raksasa-borneo.html

@Anonymous no.114: itu hanya kerangka Ikan Paus, bukan naga.

Anonymous said...

Cupazz : urutan ke 200 juga gak papa yang penting bisa commnet,,
Ka Enigma, low bencong/waria itu bisa di bilang kepribadian ganda gak...heee

Anonymous said...

waduuh....
yg ngerequest malah komen yg ke antah berantah....
makasi buanyak sebuanyak-banyaknya buat senpai enigma....
lop yu pul....
wkwkwkwwkwkwkwkwk......
maf tapi saya anak medan....
bkan anak sma 3 mna tuh yg blg (?????????)






by Oryza Sativa aka Lala (bukan nama asli)

Anonymous said...

btw....
met lebaran yoooooo.......
senpai ngerayain gak????


Oryza

dewi shinta said...

wah, gara - gara pulkam, enggak sempet buka enigma. baru telat 2 hari ( baru???) udah telat banyak nie...
eh, buat kak enigma dan para pembaca setianya, shinta mau ngucapin selamat lebaran. mohon maaf lahir batin...

Anonymous said...

waktu kecil dulu temen saya ada yg kayak gitu namanya hendri katanya sih tiap hari dipukuli sama ayahnya karena ga ngerjain tugas rumah dgn betul (ibunya sudah meninggal) pas saya ajak main petak umpet, dia ngerti lah pas tengah2 permainan tiba2 dia ninggalin saya trus saya tanya "mau kemana kamu?" dia malah ngajak kenalan katanya "saya dani kamu siapa? kita mancing dikolam itu yuk yuk!". karena masih kecil saya pikir dia bercanda, saya ikut mancing aja tapi kok kliatannya beda bgt ya? gaya bicaranya aja jadi kayak orang bali padahal dia asli jawa perilakunya juga berubah biasanya dia pendiem jadi ngoceh terus kayak orang baru kenalan. lah pas tengah asik2nya mancing dia lalu ngomong lho kok kita mancing? bukannya tadi kita petak umpet? spontan saya bingung, lalu saya ajak dia pulang untuk istirahat. apa itu termasuk did om ening?

Anonymous said...

Bang engima.. kok gak pernah bahas tentang makhluk2 kriptid lagi sih? kangen nih pengen ngebaca ttg makhluk2 kriptid.. :D

wita said...

saya pernah membaca buku, judulnya "menyingkap karen, wanita dg 17 kepribadian" di situ dijelaskan bahwa, psikolog yang merawatnya, mencoba dg cara hipnotis , sehingga satu persatu kepribadiannya muncul. dan setelah bertahun2 akhirnya karen menjalani hidup normal kembali. jadi menurut saya, DID atau MPD, bukan di sebabkan oleh hipnotis. karena, di buku yang saya baca, metode penyembuhannya malah dengan cara tsb. ini cuma anggapan saya, hehe

Anonymous said...

Mas enigma,,,tmn2 gua pada taruhan tuh,,,spa yang bisa dapetin ftonya mas enigma dia yang mnang,,,,total hadiah satu juta!!

Anonymous said...

Darkspace.
mr.enigma:
kalau alter ego, jelas ada?
siapa?
tolong jangan blg 'kamu
lebih tau!'
apakah mbah ware?
kraken? myheart? my(xxx)
? atau fulcanelli?
sepertinya mr.enigma sngt
mengetahui, katanya
''jelas ada''.
mr.enigma jg tertarik
tentg tuhan ya? ada yg
bilang tuhan itu adalah
energi, apa pendapat
mr.enigma?
ngomong2 ttg did/mpd/
alter ego mgkn emang
ada dan jangan dipandang
sebagai
''disorder'' (penyakit).

foolish curly camel said...

mas, tolong cari tahu tentang Spontaneous Human Invisibility atau yang kadang disebut Spontaneous Human Involuntary Invisibility dong. setahu saya Fenomena yang membuat seseorang tidak terlihat dalam beberapa waktu. thanks

Anonymous said...

yah yang pasti ada yg mendapat keuntungan dari penjualan novel tentang DID, dan beberapa orang (termasuk kawan saya), merasa terhibur. ynag penting sama2 enak

Anonymous said...

saya tertarik dengan psikologi, menurut saya terkadang hal tsb "cuma mendefinisikan" masalah saja, bukan "mengatasi" masalah, tapi ngga tau juga yaa, saya juga bukan ahlinya sih...

hinata_17 said...

Wah telatnya diriku..... ^T^

ya bang, aq juga pernah baca tentang DID ini dulu, tapi dlu aq langsung percaya aja sama kisahnya Sybill itu.

tapi bang, menurut aq pribadi nieh, sebenernya DID itu gag ada, yang ada ya kerasukan jin ituh...
kan masuk akal tuh kalo orang kerasukan jin itu mengalami hal2 yang gag masuk akal....

masuk akal gag.....???

yang pasti selalu ada sisi lain...

Anonymous said...

ok terima kasih banyak atas penjelasannya mas.

Mercy
170910

Rifa said...

ohh terus kalo menurut enigma sendiri sebenarnya hal yg trjadi pada orang" trsebut knpa ya? soal'y saya membaca 24 wajah billy dan merasa mereka itu benar" berbeda. seperti yg mas enigma bilang mereka memiliki pengetahuan yg ga prnah di pelajari. mnurut saya itu msih impossible mas. hehe

Nurmi82 said...

wah, sayang masnya blum baca buku 24 Wajah Billy, pdhal aku pengen banget tahu apa pndapat mas E...

Anonymous said...

KiRei

naaah blog ny bang E lebih nikmat nihh..
ga berat dibrowser oleh komen2 panjang ^^


Ummm.. kepribadian ganda yaa ?
saya pingin punya kepribadian ganda
pasti asyik, kalau berantem sama dosen bisa dimaklumi, bilang saja "itukan kepribadian saya yang lain pak, saya bnr2 ga tau apa2 pak"
asyiiikkk hope bnr2 pny kepribadian ganda ><

Anonymous said...

dz ka said...

apa keluarga/teman dr penderita DID berbeda? sesuai karakternya ??

tlg di tanggapi^^
makasih

_dz ka_

Anonymous said...

Muke_Gile said...

Hmmm...jd tertarik jg nih bt comment,,
Terutama tentang kasus penderita DID yg mmiliki BEBERAPA MACAM karakter dgn perbedaan EXTREME (baik secara kemampuan verbal,linguistik,skill,dll)...
Yg jd pertanyaan saya adlh,proses lahirnya sebuah karakter manusia kn melalui rentang wktu yg panjang (bisa jd seumur hidup),,sehingga mnjadi aneh dan Gak logic manakala seseorang bisa benar2 memunculkan berbagai karakter yg TOTALY DIFFERENT....
Kalau sekedar PERBEDAAN SIFAT mungkin msh bisa diterima akal sehat,tp kalau sudah menyangkut skill,linguistik,dan faktor2 lain yg membutuhkan wktu panjang untuk pembentukannya saya jd ragu......
Ada kemungkinan G,kalau contoh2 kasus yg terlalu HEBAT itu merupakan hoax/keterangan palsu/kasus yg direkayasa sedemikian rapinya ??
(Mungkin orang2 sprti Billy milligan memang nyata,tp pemberitaan tentang dirinyalah yg terlalu di blow-up)...
gmna pendapat Masbro E ???

^_^

enigma said...

@dzka: Saya tidak mengerti maksud pertanyaan kamu.

@muke gile: Kalau keterangan kesaksian itu palsu, saya tidak yakin. Tapi bisa saja semua karakter yang muncul pada penderita DID adalah false memory hasil hipnotis.

Anonymous said...

kasus 24 wajah billy itu beneran ada om? kok kliatannya kayak hoax gitu

Anonymous said...

kasper: mungkin maksud dzka, apa dalam ingatan penderita DID itu memiliki ingatan tentang keluarga dan teman2 yang berbeda, dimana ingatan yang muncul itu ,ingatan yang dia tanam sendiri.
hehehe
:p

Anonymous said...

Muke_Gile said....

@ Mr.E : Hmmmm....Bisa jg sih klo merekayasa/sugesti sifat & watak seseorang dgn metode false memory/hipnotis,,tp apakah metode itu jg bs memunculkan linguis,skill & kemampuan teknis yg sebelumnya sama sekali tdk pernah dipelajari oleh subjek tersebut ya ??
(Mungkin saya bs dibuat merasa seolah2 saya adlh seorang dokter,tp bgaimana untuk membuat saya mempraktekkan skill seorang dokter yg sesungguhnya ??)
hmmm....sepertinya msh ada ruang yg perlu di explore dlm kasus ini,,,
atau mungkin komentator2 lain punya sudut pandang baru ???
Where 'r u guys ????

Anonymous said...

dz ka said....

makasih atas tanggapannya bg enigma^0^

maksud saya..si penderitakan memiliki keluarga, jadi apa dya mengigat keluarganya/teman pada karakter yang lain ?


saya hanya berfikir apa keluarganya tidak merasa sedih ??
hehehehehe -^^-

Anonymous said...

dz ka said....

@kasper: kurang lebih itu yang saya maksud...^^
trims...^0^/

si feel said...

Saya pernah melihat berita di TV ,,
seorang wanita ,, pada umur 17-an bentuk fisik serta hasrat seksualnya berubah menjadi seorang pria....ap bisa di sebut DID?
kasus yg sungguh aneh sekali...

MJ said...

Bang enigma, maksud saya bukan seperti pada kasus superman. Tapi, kepribadian yg dibuat benar2 berbeda dari kepribadian asli dan kepribadian asli tersebut punya kemampuan untuk 'swich'. Bukankah penderita kepribadian ganda tidak 100% kehilangan ingatannya? Setidaknya dia tahu punya kepribadian lain dalam dirinya. Dan pada kasus yg saya tanyakan juga seperti itu, hanya saja kepribadian lainnya itu di buat dan dapat dikendalikan kemunculannya oleh kepribadian asli karena kepribadian asli tidak benar2 kehilangan ingatannya saat berubah.

Anonymous said...

Bravo,,, blog enigma udah tambah sponsor lagi..
Good job brotha.. berarti bisa menjadi support dalam menulis ya brother... dan harap tetap bersabar menghadapi para reader yang egois.. OK Brother Enigma... Mantab!

Anonymous said...

sekedar informasi, kisah Billy Milligan bisa dibaca di buku 24 Wajah Billy. Seru banget bukunya, sampe merinding baca. Kalau film kepribadian ganda yang bagus menurut saya Hide and Seek

bumimanusiawi said...

Bro E...., postingan Anda mengingatkan saya pada sosok seorang guru rohani saya ketika masih remaja. Beliau itu dalam hal memberikan pokok-pokok ajaran sungguh sangat berkharisma. Penggemar buku-bukunya bahkan lintas benua. Namun, uniknya di kehidupan kesehariannya beliau bahkan melanggar sendiri ajaran-ajarannya tersebut. Membaca postingan Anda ini, saya dicerahkan bahwa mungkin saja beliau itu mengidap kepribadian ganda seperti yang Anda publishkan di sini..... Bravo Bro E...., keep posting.

oya, aq baru saja membuat blog.
Bila berkenan, mohon kunjungi saya Bro ya. Mohon maaf juga karena tanpa seizin Anda, aq tautkan blog terhormat milik Anda ini di tautan yg saya ikuti. Makasih banyak Bro..... God be with thee.

enigma said...

@anonymous 140: memang terlihat seperti hoax. Tapi bisa saja terjadi.

@Kasper dan DZKA: Hmm, saya tidak tahu mengenai itu. Mungkin yang sdh membaca 24 wajah Billy bisa menjawab soal itu.

@Muke_Gile: saya kira hipnotis tidak bisa membuat seseorang menjadi ahli bahasa asing.

@Si feel: Saya kira itu bukan kasus DID.

@MJ: Saya kira kita tidak bisa secara SADAR membuat kita menderita DID (bisa switch sana switch sini). Kalau membuat alter ego secara sadar, yang ada paling hanya kayak superman itu.

@Bumimanusiawi: Banyak lho yang seperti guru rohani kamu. Tapi namanya juga manusia, banyak kelemahannya. Namun, mereka yang mau mengambil tanggung jawab sebagai guru rohani harus berani membayar harga untuk hidup benar. Kalau tidak mau bayar harga, ia boleh mengundurkan diri.

Orang bilang: "Kita harus hidup sesuai dengan apa yang kita khotbahkan"

Tetapi, pernyataan ini tidak tepat.

Yang tepat adalah: "KITA HANYA BOLEH MENGKHOTBAHKAN KEHIDUPAN YANG KITA JALANI."

Anyway bro, ternyata blog kamu hanya untuk "invited". saya tidak bisa mengaksesnya.

Viorenda Caroline said...

Kalau kepribadian ditanamkan oleh psikolog atau dampak dari serum kejujuran, tentu tidak akan membuat hal yang begitu luar biasa seperti berbahasa yang belum pernah dipelajari, dsb. Seberapa banyak manusia yang pernah mengalami pengalaman menyakitkan seperti yang diilustrasikan bro enigma? Saya yakin tidak sedikit. Kepribadian ganda yang tertulis karena dampak dari pengalaman pahit masa lalu sepertinya tidak terlalu kuat dalam menyakinkan adanya penyakit yang disebut DID. Saya lebih cenderung mempercayai pengidap kepribadian ganda adalah suatu medium yang digunakan roh-roh dari seluruh dunia, sehingga terjadilah dapat berbahasa yang belum pernah dipelajari orang yang tubuhnya menjadi medium, orang yang bisa mengetahui suatu hal dengan baik dan ternyata belum pernah dipelajari si medium. Juga dengan kepribadian yang terdapat wanita dan pria menunjukkan sulitnya penyebab DID yang disampaikan diterima. Bagaimana mungkin seorang pribadi dapat mengerti dengan baik mengenai pribadi orang lain secara baik dan benar, hingga dalam pengaturan detak jantung dan segala pengaturan fungsi organ tubuh yang seharusnya dapat bekerja tanpa diperintah dan tak dapat diperintah? Contoh mudahnya, Jantung. Apa bisa kita percepat detaknya secara sengaja?? Tentu tidak. Terkecuali keadaan yang mengatur, misalnya sedang panik. Temperatur tubuh juga. Tidakkah kesimpulan dari artikel ini cukup janggal?

Bahkan, mengenal pribadi seorang manusia tidaklah gampang, apalagi mengenal hingga 16 pribadi. Coba saja kenali salah satu teman bro engima, kenali pribadi, isi kepalanya, hingga hal-hal yang berhubungan dengan fisiknya dan gayanya bicara, berjalan, dsb. Mampu kah? Saya yakin jawabanny tidak. Hingga saya tidak setuju dg kesimpulan yang ada, dikarenakan terbaca janggal.

Namun, saya sendiri masih belum mendapat jawaban logis yang dapat saya kemukakan mengenai penyebab kepribadian ganda. Jawaban mengenai kerasukan setan mungkin dapt diterima, walau tidak sepenuhnya dapat dibenarkan karena tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Ok, sy rasa cukup ini pendapat saya. Artikel ini sungguh bagus dan menarik untuk dibaca.

Anonymous said...

Bang Enigma, kalo orang yg biasa mengidap DID setelah switch apa ada perubahan juga kepenyakit orang tersebut? Misalnya dia lumpuh, ato mengalami kebutaan.

bumimanusiawi said...

Thank Bro E..., atas replynya....
Hmmm, sebuah pencerahan baru justru aq dapatkan pula dr tanggapan Anda. Selama ini saya terkubur dalam kubangan konsep: laksanakan sendiri dulu apa yang kamu khotbahkan. Padahal, hal-hal yang kita khotbahkan kebanyakan adalah ideal-ideal dari berbagai fenomen. JAdi, sangat mungkin terjadi bahwa apa yang kita khotbahkan malah tak bisa kita lakukan sendiri. But, this is the human thing. Karena itu, perkataan Anda:

"Yang tepat adalah: "KITA HANYA BOLEH MENGKHOTBAHKAN KEHIDUPAN YANG KITA JALANI.""

adalah yang tepat. Bravo Bro E...Anda membuat saya makin salut.

anyway, tentang blogku, iya benar saya memang baru saja menyempurnakannya. Kemarin itu belum begitu complete rancangannya. Semoga yang sekarang sudah bisa Anda nikmati. Namun, terdahulunya mohon maaf jika blog itu baru berisi postingan kerohanian. Ke depannya saya upayakan agar postinganx benar2 sesuai dengan tema yang diusung yakni MENCOBA MENYIMAK SISI TERDALAM DARI BERBAGAI FENOMENA DENGAN MELIBATKAN AKAL YANG DIPADUKAN DALAM KESATUAN DENGAN IMAN.

oya, patut juga kiranya aq ucapkan terima kasih di kesempatan ini atas add Anda terhadap FBku kemarin.

Keep posting Bro ya....agar kita-kita yang haus akan info-info akurat benar2 terus tercerahkan selalu berkat Anda. God be with thee, Bro E...

MJ said...

Bagaimana jika penderita DID yg "alami" bisa mengendalikan swich-nya? Apa ada atau bisa kah itu?

Anonymous said...

bang E , si billy itu kerasukan setan tha .. ?
tapi kok masuk kategori DID . .?
truz saya mo cba bwt blog yg jarang di bahas klo bisa kirim PM ke
yubianasfar@yahoo.com

Meg Lee said...

weh bang mantap.. baru jg w lg pnasaran sm multiple personlty disorder n br jg w beli buku 24 wajah billy eh udah nongol ajah tulisannya disisni..
tapi w rada susah ngerti ttg bukunya, kudu bulak balik k halaman awal lg ato halamn sblumnya..
hipotesis wal w ttg MPD ne c mank ne bkn penyakit v mereka (sang penderita) sendiri yang ngbentuk kepribadian2 itu.. entahlah, saia masi harus nyak belajar..

Nakashima said...

Bro E,

''Pengetahuan mengenai
kepribadian ganda banyak disusun berdasarkan kasus Sybil. Jika kasus itu ternyata hanya sebuah false memory, maka runtuhlah seluruh teori dissosiasi dalam hubungannya dengan kelainan kepribadian ganda. Ini juga berarti kalau kelainan kepribadian ganda sesungguhnya tidak pernah ada.''

1-Jd sbenarnya DID hanya sekedar TEORI ya bro? Rapuh sekali, jika smuanya hanya false memory, runtuhlah teori DID.

2-Apakah teori DID jg disusun utk menjelaskan kasus Billy atau yg lainnya? Karna bro E menulis:
''Pengetahuan mengenai
kepribadian ganda banyak disusun berdasarkan kasus Sybil''

3-Kemudian, gimana cara Billy menjalani pemeriksaan?
''Dalam sesi pemeriksaan kejiwaan, ditemukan 24 identitas berbeda dalam dirinya.''
Apakah dgn HIPNOTIS JUGA? Kan krg mungkin kalo diwawancarai, karena 98% DID amnesia dgn karakter yg lain. Atau apakah si Billy termasuk yg 2% itu?

4-Oya bro, kalau memang keanehan2 yg terjadi pd Billy spt keahliannya dlm hal medis, bisa bahasa Arab dan Serbia Kroasia, apakah tidak digolongkan sbg kasus DID yg special? Atau barangkali BUKAN DID? Sesuatu yg lain? Karena kasus Billy gak sama kayak kasus Sybil.

5. Mengenai hal2 medis yg berbeda terjadi pd identitas yg berbeda, kayak alergi pd sesuatu, tekanan darah dan kemampuan melihat, berarti subjek yg DIDUGA mengalami DID jg telah mengalami PEMERIKSAAN MEDIS kan?
A-Apakah info itu memang valid bro? Apa ada penjelasan dokter trhadap kondisi itu diluar DID?
B-Pada siapa pemeriksaan medis itu dilakukan? Pd Sybil-kah atau pd Billy? Atau ada yg lainnya lagi?

6. Jadi teori DID ternyata belum benar2 ''established'' di dunia sains. Gimana pndapat bro E?

Anonymous said...

My Brain atau my mind berkata :

hi teman2 yg gak bs aku sebutin satu persatu...sptnya ak jg gak mau ketinggalan nih ingin menyumbangkn sdkt pndpt...walopun mngkn blm spnuhnya dpt mnjwb misteri ini....
tp yg pasti ak kok gak yakin ya kl DID dalam kasus Billy Milligan ini sebabkan krn krskn setan, cb deh bayangin apa mungkin ada 24 setan / roh yg secara tertib bergantian masuk ke tubuh billy dalam sesi wawancara. tanpa mereka berusaha saling berebutan utk mengisi tubuh billy. Padahal kita tau sendiri kan setan itu sifatnya kaya apa? hehe...soalnya dari sepengetahuanku org yang kerasukan setan biasanya tingkahnya malah aneh dan gak normal itu pun biasanya baru dirasuki 1 setan aja. bukanya malah keliatan pinter kaya kasus billy.
jadi kesimpulanku utk yang kasus billy itu sbnrnya dia diam2 adalah seorg jenius yang saking jeniusnya dia mampu menguasai bahasa asing dalam waktu yang relatif singkat...tp dalam hal ini dia ingin menghindar dari tuntutan akibat perbuatanya dg menampilkan dirinya sebagai org yang terkena DID.

Bro Naka...kl ingin my heart nongol km nyamar jd chris aja...ntar kan dia nonggol...percaya deh...:P haha..

Holy008 said...

Saya pernah gan mengalami proses disosiasi yang pertama.
Dulu waktu saya SMP pernah maen game timezone. Waktu itu game seperti time crisis. Ketika bermain, saya merasakan seperti mundur beberapa langkah dari tubuh saya. Dan saya bisa melihat diri saya sendiri bermain game itu. Ketika saya sadar saya jadi bingung, mana mungkin saya melihat diri saya sendiri bermain?
Sebagai note, saya melihat diri saya sendiri dalam beberapa detik sampai saya sadar bahwa yang bermain game itu adalah tubuh saya. Tapi yang tidak bisa saya jelaskan bagaimana tubuh saya tetap bisa bermain dengan baik ketika saya "merasa" diluar tubuh itu.

Mungkin admin bisa menjelaskan. Apakah saya masuk dalam kepribadian ganda.

enigma said...

Holy008: itu bukan berarti kamu memiliki kepribadian ganda atau mengalami disosiasi. Itu artinya kamu mengalami "out of body experience". penyebabnya saya tidak tahu. Tapi seharusnya tidak masalah.

Anonymous said...

dr buku 24 wajah billy saya yakin klu kasus billy milligan bukan hoax, dlm buku tsb disebutkan bhw billy bkn seorg mahasiswa (bahkan dia tidak tamat sma) tetapi dia ditangkap krn kasus pemerkosaan 3 mahasiswi. buku yg bagus bgt & pantas u/dibaca MR.E
yn

@hilmancrot said...

kasusnya si Billy sepertinya menarik tuh untuk diulas lebih lanjut.
apakah cukup dengan membaca bukunya saja?
atau enigma ada sumber masukan info yang lainnya?

thx, enigma

Anonymous said...

sudah beberapa bulan ini blog enigma tidak dapat saya buka dgn hp, lebih tepatnya lg, ketika klik read more lalu smua jadi menghilang tak berbekas dan hp jadi hank. mengapa bisa terjadi demikian? mohon petunjuk. terima kasih.

enigma said...

Apakah kamu menggunakan opera mini versi 5? opera mini versi 5 memang bermasalah untuk membuka file besar (walau kadang tergantung HP juga). sebaiknya menggunakan opera mini versi 4, maka masalahnya akan beres.

Anonymous said...

Hi all...
Ada 1 lg yg aneh
gw udh bca 24 Wajah Billy, diantara ke-24 kpribadiannya ada yg nmanya "Sang Guru", dan mnurut pngakuannya ialah yg mmbuat kpribadian yg laen.
What d' hell...!!

Salam Henshin...!!
"corrXent"

Anonymous said...

hai,,setelah baca artikel ini dan baca komen2-nya,,tanganku jd gatel pengen komen,,hehe
kalo menurut yg saya pelajari, gangguan mental itu terjadi krn si 'individu' tidak berhasil melakukan penyesuaian atau adaptasi dengan lingkungannya, sehingga menimbulkan gangguan atau sakit mental.
aku sudah baca novel-nya 'sybil',cerita yg bagus, tapi sayang hanya dipandang dari sudut pandang si penulis cerita yg bukan penderita, bisa saja kan ada spekulasi2 dalam cerita tersebut..hehe
kalo schizophrenia sepanjang yg aku baca dan pelajari dikit2 adalah orang yg kehilangan kontak dengan dunia diluar dirinya, dan ada bermacam-macam tipe skizofrenia.
kalo DID,,di textbook2 yg selama ini aku baca, belum ada yg membahas tentang DID, baik itu ciri2 penderitanya, cara2 penanganannya, obat2nya,dsb-nya.

but,,most of all,,nice post bro!!!
Trissia

Anonymous said...

oh yah,,,ada satu lagi,,aku punya saran untuk para 'commenters' blog Enigma,,kalo nanya2 tentang gangguan atau sakit mental/jiwa,,lebih baik dikonsultasikan dengan tenaga profesional atau dengan ahlinya,,jgn dengan bung Enigma,,karena bung Enigma hanya menulis artikel tentang salah satu dari fenomena psikologi,,bukan orang yg tepat untuk ditanyai atau dikonsultasikan tentang macam2 gejala gangguan mental,,hehehe,,takutnya nanti bung Enigma salah jawab atau salah kasih solusi kepada penanya2 tsb,bukan tdk mungkin para penanya tersebut akan mengikuti saran dari bung Enigma,,hehehe..tapi, untungnya bung Enigma bijaksana dalam menjawab.


keep posting bro
Salam
Trissia

Anonymous said...

kalo orng yg suka tidak ingat dg kjadian masa lalu atau yg pernah terlewatig bisa dblg teridap DID? dia jg pernah mngalami masa kecil yg kurng baik..krna yg saya baca td point nomer 3 adlh penting

Anonymous said...

@anonymous 174
untuk mengetahui apakah inividu tsb mengalami DID, tdk bisa dgn hanya mengamati gejala2nya saja, si individu tsb harus melewati serangkaian tes yg sudah terstandar yg diberikan oleh tenaga profesional(psikiater/psikolog).
kalo ttng masa lalu yg terlupakan, saya rasa bukanlah patokan untuk menilai apakah individu tsb mengidap DID, karena menurut buku2 yg saya baca, memory (ingatan) itu ada yg bersifat jangka panjang (long term memory) dan ada yg bersifat jangka pendek (short term memory), atau bisa juga kita kaitkan dgn teori Sigmund Freud, dimana manusia punya 'self defense mechanism', yang salah satunya adalah 'represi' dimana si individu menekan ke alam bawah sadarnya kejadian2 yg menurut si individu mengancam 'ego' nya, seperti kejadian2 buruk yg dialami teman anda.

Trissia

Anonymous said...

anggy :: mz blum baca novelna billy kh ?
bgus banget, ,
yg bkin ak heran, ,fisik dy bisa berubah menyesuaikan kepribadian yg lgi aktif.
spt waktu jd Ragen, badan dy bisa jadi berotot n jadi kuat gt, ,
how come. .
bahas lagi dunk msalah ky gni lg mz, ,
ur explanation just amazing. .

Anonymous said...

shelter film ttd ginian.cuman tnyata kerasukan arwah gtu.sama identity'

PFJ b.2 said...

Saya jadi punya pemikiran kalau saya ini mungkin punya multi-personality Mas En

sundaygirl said...

kalau dalam kasus sybil saya masih bisa meyakinkan diri saya bahwa mungkin memang benar adanya bahwa dia memiliki 16 kepribadian yang berbeda karena faktor traumatik ataupun dampak therapis dari psikiternya.

namun pada kasus Billy Milligan, saya sedikit heran dan bertanya-tanya apakah dia mengalami kepribadian ganda?? karena dia bisa menjelsakan sesuatu yang tidak pernah ia pelajari, dan ia bisa berbahasa, bahasa yang tidak pernah di pelajarinya, apa mungkin ia kerasukan atau apakah ia masih terperangkap pada fenomena reinkarnasi dimana, kepribadiannya yang sering berganti adalah orang-orang yang pernah ber reinkarnasi pada tubuhnya..

Stephen Kohar said...

"namun pada kasus Billy Milligan, saya sedikit heran dan bertanya-tanya apakah dia mengalami kepribadian ganda?? karena dia bisa menjelsakan sesuatu yang tidak pernah ia pelajari, dan ia bisa berbahasa, bahasa yang tidak pernah di pelajarinya, apa mungkin ia kerasukan atau apakah ia masih terperangkap pada fenomena reinkarnasi dimana, kepribadiannya yang sering berganti adalah orang-orang yang pernah ber reinkarnasi pada tubuhnya.."
-------------------------------
untuk kasus ini coba aja cari tau,saya lupa istilah ilmiahnya "kemampuan menggunakan bahasa yg belum pernah dipelajari" dan "past life regression"

jadinya ini ada hubungannya dengan reinkarnasi
biasanya ini digunakan untuk hypnotherapy

M. Gen said...

Cuma mau ngasih tau aja. Aku udah baca buku 24 Wajah Billy, dan menurutku Billy Milligan (William Stanley Milligan) memang berkepribadian ganda.

Anonymous said...

banyak orang seperti itu
kurasa...


http://serbakulit.weebly.com/hubungi.html

Anonymous said...

aq rasa, aq mengalami gejala ini.
banyak hal yg aq tidak tahu, tapi teman"ku bersumpah aq pernah melakukannya.

satu pertanyaanku: apa yg harus aku lakukan?

Anonymous said...

saya mengalaminya,ketika saya bertemu dengan teman sd perilaku saya seperti saat saya sd dulu, jika bertemu teman smp perilaku saya seperti saat saya smp dulu dan seterusnya. ada yang bisa menjawab

Anonymous said...

om.E,kalo si penderita DID cewe(ex:sibyl)dy kan pnya kepribadian cowo(namanya mike).apa pas dy switching jadi mike dy juga jadi naksir sama cewe??
mengenai kelamin ganda,apa berhubungan sama DID??
-HeruE

Edo said...

Sumpah bang Enigma, saya bergetar membacanya. Sepertinya hal yang saya baca terjadi pada diri saya sendiri. Saya selalu menyesal dan kecewa bahkan terkadang sangat benci terhadap setiap hal yang telah saya lakukan, padahal sebelumnya saya sangat menginginkan sekali untuk melakukan, dan saya tahu resikonyaa. Terkadang saya menjadi sangat penakut dengan hal-hal berbahaya, tapi terkadang saya bisa menjadi orang yang nekad. Terkadang saya sangat suka membuat lelucon, tapi saya tiba-tiba menjadi sangat dingin. Saya juga memiliki keanehan seperti tiba-tiba tubuh saya bergetar, jantung berdetak kencang, mata saya menjadi perih, sesak nafas, secara tiba-tiba tanpa penyebab pasti. Tapi semua itu baru saya sadari setelah beberapa saat hal tersebut terjadi, dan barulah saya mulai sangat-sangat menyesal melakukan hal yang baru saya lakukan. Dan ketika bang Enigma bilang "Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa.", jantung saya menjadi berdetak kencang, karena saya memang seorang pelupa, saya sangat tidak bisa mengingat hal yang baru saya lakukan, tapi saya masih bisa mengingat hal yang sudah puluhan tahun terjadi untuk saya sesali. Saya juga sering takut sama diri saya sendiri, ntah kenapa bisa begitu, saya merasa ada sesuatu yang mengikuti saya.

Anonymous said...

baca artikel ini jadi inget ama novelnya shidney sheldon : tell me ur dreams

Magen said...

koreksi: "Identitas lain bernama Regan ..."
harusnya: "Identitas lain bernama Ragen ..."

Anonymous said...

DID, apakah saya mengalaminya? sepertinya ini secara sadar..... ^_^

Neofree

Anonymous said...

Di Behavioral Analysis Unit memang FBI sudah mengidentifikasikan mengenai DID. disana disebutkan terjadi karena adanya trauma masa lalu yg mengakibatkan sebagian dari dirinya berusaha untuk melindungi sebagian diri yg lain (dalam case ini sebagian adalah perempuan dan sebagian laki2). bahkan alternya sanggup untuk membunuh untuk revenge alter yg lain. tp dengan terapi lebih lanjut DID ini bisa di minimalisir supaya bisa lebih controlable.

cacao said...

wow! cool man! gile, ada ya kepribadian ganda sebanyak itu? saya kira cuma ada 2 kepribadian(jika memang org itu mengalami DID), itu yg paling banyak yg saya tahu, oh iya, OOBE itu out of body experience kan? saya pernah baca tentang itu, btw, org yang punya kpribadian ganda ini bisa hal2 macam itu?

mela said...

ada lagi yg namanya Billy.
Punya 24 kepribadian. Ada cewek, cowok, anak kecil, orang tua.
Pas uda mo sembuh, situasi malah gak mendukung dan akhirnya dia ga bisa sembuh total.
Kasian loh :(
Kalo jadi org normal, pasti bnyk yg suka. Si billy pinter, cakep lagi

Anonymous said...

Bro Enigma,.....

wahhh aku baru dapet nih blogna bro E. dan postingannya bagus-bagus semua diulas tuntas dan terperinci dan ada rujukannya juga.

saya pernah nonton Film (judulnya lupa and pemerannya juga lupa hehehe) yang mengisahkan seorang pengacara yang membela kliennya yang mempunyai kepribadian ganda, kalau si klien dalam keadaan terdesak atau dicecar pertanyaan yang menyudutkan dia, identitas lain muncul dan ia menjadi orang yang pemarah, bengis dan jahat. dia ditangkap dan disidang karena menjadi tersangka pembunuh orang dan ketika disidang orang ini dinyatakan gila dan tidak bisa disidangkan namun di akhir cerita ternyata si pengacara ini dikibuli oleh kliennya. aku juga pernah lihat(mengalami) orang dengan ciri2 seperti yang disebutkan diatas. pada saat tertentu orang ini tiba2 berubah perangainya menjadi histeris dan pemarah, orang yang disekelilingnya dia anggap musuh yang membenci dia, tapi ini bukan kerasukan karena pada saat dia mengalami hal tersebut dan ditanya identitasnya dia jawab dengan benar nah pada puncaknya dia udah gak tahan dengan pikiran-pikirannya itu dia langsung tertidur kecapean. begitu dia sadar, dan ditanya apa yang barusan dia perbuat, dia sama sekali tidak mengetahui apa yang dia perbuat beberapa menit lalu. apa ini juga termasuk DID yah?

Keep posting yah bro....ditunggu postingan2 laennya.

salam

Agus

KIRA RYUZAKI said...

Yang menarik adalh kasusnya "Billy Milligan", sangat misterius.......

Anonymous said...

hmmm..........aq terkadang bingung...

aku juga punya banyak karakter, pola bersikap, pola perasaan, pola bicara dan banyak hal lain yg bisa berganti" sesuai keinginan hati yg kadang membuat aku sendiri lupa akan hal" yg pernah aku jalani sebelumnya..
bahkan aq bisa mengilhami untuk hidup dengan nama dan kehidupan baru atas dasar empati yg berlebih pada orang lain...jadi kadang aku bisa merasakan posisi orang lain walaupun aku tidak banyak tahu tentang orang itu.....terlebih hal aneh banyak terjadi padaku..sampai aku merasa hidupku lebih lama dan dewasa dari pada umurku saat ini padahal aku masih SMA...aku juga pernah di dorong seorang teman dari lantai3 karna dianggap sok tau hingga aku mengalami gagar orak yg untungnya tdk parah....

siapapun tolong aku...aku ingin bisa hidup normal....(e-mai)l elord_leish_t@yahoo.co.id (CP) 082135767473...aku mohon siapapun yg mau berbaik hati tolong aku..

cold4hands said...

waw, keren bro,. yang ane si Billy tadi,. mungkin memang benar kerasukan, atau saudaranya di kiri kanan,,

Anonymous said...

Woah , ni artikel keren bgt ... saya sudah membacanya berulang-ulang kali dan nyatanya saya tidak pernah bosan membacanya ,,
begini mas enigma , mau koreksi dikit .. dikiiit saja .. pada kasus Sybil Isabel Dorsett , di paragraf terakhir di baris yang ke dua : "pihak memiliki alsan yang sama kuat" , mungkin maksud mas enigma adalah alasan , ketinggalan satu huruf saja mas .. hehe
sekian dari saya , maaf kalo komentar saya agak sedikit nggak penting .. hehe :)
Sukses selalu mas .. nice blog ! :)

-wulan-

Post a Comment