Sunday, August 29, 2010

Telekinesis - benarkah manusia mampu menggerakkan benda dengan pikirannya?

"Those who believe in Telekinesis, Raise My Hand"

--Kurt Vonnegut. Jr--


Dari antara banyak kemampuan unik manusia, Telekinesis adalah salah satu yang paling kontroversial. Berbeda dengan telepati yang lebih bisa diterima di kalangan sains, telekinesis masih dianggap sebagai salah satu fenomena yang tidak bisa dibuktikan secara sains, walaupun keberadaannya cukup diterima oleh banyak ilmuwan lainnya.

Banyak orang percaya kalau kemampuan telekinesis tidak lebih dari sebuah kekuatan supranatural yang berkaitan dengan aktifitas iblis. Sebagian lagi menolak anggapan itu dan percaya kalau manusia sesungguhnya diciptakan dengan menyimpan potensi kekuatan paranormal yang menunggu untuk dibangkitkan.

Sekarang, kita akan melihat bagaimana telekinesis mewarnai dunia sains dan bagaimana kontroversi yang ditimbulkannya.

Psychokinesis/Telekinesis
Istilah Telekinesis pertama kali digunakan pada tahun 1890 oleh seorang peneliti paranormal Rusia bernama Alexander N. Aksakof. Pada tahun 1914, istilah Psychokinesis digunakan oleh penulis Amerika bernama Henry Holt yang kemudian diadopsi oleh sahabatnya, paranormal Amerika bernama J.B. Rhine pada tahun 1934, untuk merujuk kepada kemampuan mengubah hasil lemparan dadu.

Sejak itu, dua sebutan ini sama-sama digunakan untuk menyebut kemampuan yang sama, yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pergerakan sebuah benda dari jarak jauh. Ini bisa meliputi mengangkat, menggetarkan, membengkokkan, mematahkan atau menggerakkan benda hingga mengangkat diri sendiri melayang di udara (levitation).

Para peneliti dari komunitas parapsikologi lebih suka menggunakan istilah Psychokinesis, sementara budaya populer seperti film dan buku lebih suka menggunakan istilah telekinesis.

Konsep Psychokinesis (PK)

Konsep yang ada di balik Psychokinesis/Telekinesis adalah argumen kalau semua benda memiliki energi. Ini membuat kita dapat menggerakkan benda tersebut dengan cara menghubungkan energi mental kita dengan energi benda tersebut.

Dengan latihan konsentrasi yang cukup rumit, seseorang disebut mampu membangkitkan kekuatan itu, mulai dari menggerakkan hal-hal yang kecil seperti atom (Mikro PK) hingga hal-hal yang lebih besar seperti sendok (Makro PK).

Salah satu eksperimen yang berkaitan dengan mikro PK pernah dilakukan di ruang bawah tanah Varian Physics Building di Stanford University. Pada waktu itu, subjek eksperimen adalah seorang paranormal ternama bernama Ingo Swann. Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah Ingo dapat mempengaruhi medan magnet yang diciptakan di dalam sebuah ruangan tertutup di bawah lantai gedung.

Ketika Ingo mulai memfokuskan pikirannya pada medan magnet tersebut, frekuensi osilasi pada magnetometer menjadi berlipat ganda selama sekitar 30 detik. Walaupun Ingo gagal mematikan medan magnet tersebut, namun eksperimen ini dianggap berhasil membuktikan adanya kemampuan Psychokinesis Mikro pada manusia.

Ingo Swann kemudian menjadi salah seorang yang memegang peranan penting dalam proyek Stargate militer Amerika. Kalian bisa membaca mengenainya disini.

Lalu, bagaimana dengan Psychokinesis Makro?

Para Saksi Psychokinesis Makro
Michael Crichton, seorang penulis berkebangsaan Amerika yang menulis novel laris Jurrasic Park mengklaim kalau ia pernah berhasil membengkokkan sendok dengan pikirannya ketika ia sedang mengunjungi sebuah "Pesta membengkokkan sendok". Ia mendeskripsikan pengalamannya ini dalam bukunya yang berjudul Travels yang terbit tahun 1988:
"Saya melihat ke bawah. sendok itu mulai membengkok. Saya bahkan tidak menyadarinya sebelumnya. Logam itu menjadi lembut seperti sebuah plastik yang lunak. Sendok itu tidak memanas sama sekali, hanya sedikit menghangat. Lalu, saya bisa membengkokkan mulut sendok itu hanya dengan menggunakan ujung jari saya. Ini tidak membutuhkan tenaga sama sekali. Saya menyingkirkan sendok itu, lalu mencobanya lagi dengan sebuah garpu. Setelah menggosok beberapa lama, garpu itu membengkok seperti pretzel. Sangat mudah. Saya melihat ke sekeliling ruangan dan melihat anak-anak kecil berusia delapan atau sembilan tahun membengkokkan logam-logam besar. Ini bukan rekayasa karena mereka tidak bermaksud untuk menipu siapa-siapa."
Namun, Crichton mengakui kalau ia juga tidak mengetahui mengapa sendok itu bisa membengkok.

Peneliti senior di Institute of Noetic Sciences bernama Dean Radin juga mengklaim kalau ia berhasil membengkokkan sebuah sendok dengan kekuatan pikiran ketika sedang mengadakan eksperimen bersama rekan-rekan lainnya.

Institute of Noetic Sciences sendiri adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh astronot Edgar Mitchell dan investor bernama Paul N. Temple yang bertujuan untuk meneliti potensi tersembunyi manusia. Subjek penelitian mereka termasuk diantaranya meditasi, kemampuan paranormal, penyembuhan alternatif dan lainnya. Insititute ini menjadi populer ketika Dan Brown mengangkatnya dalam novelnya The Lost Symbol.

Mengenai Psychokinesis, Radin mengatakan:
"Mungkin dalam 50 tahun ke depan, kita akan menggunakan psychokinesis untuk membuka pintu garasi kita atau mengubah saluran televisi kita."
Selain Crichton dan Radin, seorang profesor dari Boston University bernama Robert M. Scoch juga percaya dengan keberadaan kemampuan ini. Ia bercerita kalau ia pernah melihat sebuah buku meloncat dari raknya ketika ia sedang berada di sebuah ruangan yang di dalamnya juga ada seorang ahli telekinesis wanita.

Uri Geller dan Nina Kulagina
Jika kita berbicara mengenai Psychokinesis, maka kita harus menyinggung nama Uri Geller, yang mungkin adalah ahli telekinetik yang paling ternama di dunia.

Geller lahir pada tanggal 20 Desember 1946 di Tel Aviv, Israel, dan saat ini menetap di Inggris. Ia mengklaim memiliki kemampuan psychokinesis. Atraksinya yang paling terkenal adalah membengkokkan sendok.

Selama beberapa dekade, Geller membangun karirnya yang gemerlap berdasarkan kemampuannya ini. Ia muncul di berbagai televisi dan majalah di dunia dan berteman dengan banyak selebritis dunia seperti Michael Jackson.

Luar biasanya, Geller mengklaim kalau kekuatan yang dimilikinya berasal dari makhluk ekstra terestrial. Pada tahun 1975, dua ilmuwan bernama Russel Targ dan Harold Puthoff dari Stanford Research Institute yang meneliti Geller yakin kalau kemampuan paranormal yang dimilikinya asli.

Tidak bisa disangkal, keberadaan Uri Geller turut membuat para peneliti lebih tertarik menyelidiki fenomena telekinesis.

Selain Geller, tokoh lain yang cukup ternama dalam hubungannya dengan telekinesis adalah seorang paranormal dari Sovyet bernama Nina Kulagina (1926-1990). Pada tahun 1960an, sebuah film hitam putih yang menunjukkan Nina menggerakan sebuah objek tanpa menyentuhnya dipertontonkan ke publik dan segera menimbulkan gairah baru dalam dunia parapsikologi.


Dalam eksperimen lain, Nina mampu memisahkan putih dan kuning telur hanya dengan melihatnya. Lalu ia juga berhasil menghentikan detak jantung seekor kodok dari jarak jauh. Nina mengaku kalau ia memperoleh kemampuan itu dari ibunya dan mulai menyadarinya ketika ia melihat benda-benda di sekitarnya bergerak ketika ia marah.

Namun, para peneliti membutuhkan bukti yang lebih solid dibanding sekedar sebuah film.

Bukti Ilmiah dan kejatuhan Uri Geller

Pada masa kini, ketika sulap menjadi tontonan sehari-hari, atraksi membengkokkan sendok menjadi sesuatu yang umum bagi kita. Tetapi, dalam atraksi semacam ini, properti yang digunakan adalah properti sang pesulap. Jika kita memberikan properti yang lain, bisakah mereka melakukan atraksi yang sama?

Pertanyaan inilah yang kemudian digunakan oleh para skeptik untuk membuktikan klaim mereka yang mengaku memiliki kekuatan Psychokinesis. Karena kehidupan Nina Kulagina sebagian besar dihabiskan di Sovyet, para skeptik mengalihkan sasaran mereka kepada sang selebritis psychokinesis, yaitu Uri Geller.

Jika dari awal Geller hanya mengklaim sebagai pesulap, mungkin para skeptis tidak akan terlalu memusingkan dirinya. Namun, karena ia mengklaim memiliki kemampuan supranatural atau Psychokinesis yang didapat dari ekstra terestrial, ceritanya menjadi lain.

Karena itu, para skeptik berusaha mati-matian untuk menemukan jawaban atas sebuah pertanyaan: Apakah Uri Geller benar-benar memiliki kemampuan Psychokinesis ataukah ia hanya menggunakan trik sulap belaka?

Salah satu skeptik yang berusaha membongkar rahasia Geller adalah James randi.

Pada tahun 1973, Geller diundang ke acara talk show bernama "Tonight Show" yang dibawakan oleh Johny Carson. Carson sendiri pernah menjadi pesulap amatir. Tanpa diketahui oleh Geller, Carson meminta bantuan James Randi, yang juga seorang pesulap, untuk mencari cara agar Geller tidak bisa melakukan trik-trik sulap dalam melakukan aksinya.

Randi menjelaskan:
"Saya diminta untuk mencegah usaha rekayasa. Jadi saya meminta mereka untuk menyediakan properti mereka sendiri dan tidak membiarkan Geller atau anggota timnya untuk mendekati atau menyentuh properti itu."
Ketika acara dimulai, sejumlah gelas disusun di atas meja. Salah satunya berisi air. kemudian Geller diminta untuk menebak gelas mana yang berisi air. Atraksi ini disebut Hand Dowsing.

Geller gagal melakukan aksinya. Lihat videonya disini.

Acara tahun 1973 itu dianggap sebagai awal kejatuhannya.

Pada tahun 1996, Geller sedang berada di sebuah acara bernama Noel's House Party. Tanpa diketahui Geller, sebuah kamera tersembunyi ditempatkan di ruangan itu. Lalu, ketika saatnya Geller diminta melakukan aksi membengkokkan sendok, ia tertangkap kamera itu sedang membengkokkan sendok dengan kedua tangannya sambil berdiri, lalu menunjukkan kalau seakan-akan ia telah membengkokkannya dengan pikiran.

Terungkapnya berbagai trik ini membuat seorang pengusaha bernama Gerald Fleming menawarkan hadiah 250.000 poundsterling jika Geller dapat membengkokkan sendok dalam kondisi yang diatur oleh orang lain. Hadiah ini masih belum diklaim oleh Geller hingga saat ini.

James Randi bahkan bertindak lebih jauh. Ia menawarkan hadiah 1.000.000 dolar Amerika jika ada orang yang bisa melakukan psychokinesis atau kemampuan paranormal lainnya dalam kondisi yang telah disepakati bersama. Hadiah ini pun belum berhasil diklaim oleh siapapun hingga saat ini.

Ketiadaan bukti ini juga dikonfirmasi oleh United States National Academy of Sciences yang menyelidiki fenomena Psychokinesis atas permintaan Institut penelitian militer Amerika. Pada tahun 1986, mereka menyimpulkan kalau tidak ditemukan adanya bukti ilmiah mengenai keberadaan kemampuan psychokinesis pada manusia.

Bisakah kita membuktikannya?
Secara pribadi, saya percaya dengan keberadaan kemampuan ini. Namun, pertanyaannya adalah: bisakah kita membuktikannya secara ilmiah?

Dapatkah kita mengklaim kalau telekinesis adalah kemampuan alami manusia yang tersembunyi?

Jika dapat, maka pertanyaan selanjutnya adalah: Bisakah kita melakukannya dalam kondisi yang telah diatur oleh pihak lain?

Ataukah kemampuan telekinesis memang berhubungan dengan kemampuan supranatural yang berhubungan dengan aktifitas roh? Bukankah roh bisa menggerakkan benda seperti yang terlihat di fenomena poltergeist? Jika ini kasusnya, maka saya rasa, wajar jika kita tidak bisa membuktikannya secara ilmiah.

Hadiah 1.000.000 dolar yang dijanjikan James Randy Foundation masih berlaku hingga saat ini. Jika kalian merasa memiliki kemampuan paranormal atau Psychokinesis yang sejati, kalian bisa menghubungi James Randi untuk menunjukkan kemampuan kalian. Mungkin kalian bisa memenangkan hadiah tersebut dan menjadi milyarder yang baru.

(wikipedia, psychicsmart.com, wired.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

217 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 217   Newer›   Newest»
Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Ijinkan saya berteriak, seperti teriakan khas yang biasanya dilakukan para pecinta Blog Enigma: Oooooohhh Yeaaahhh SEPULUH BESAAARRRR!!!! Cup cup cup waw waw waw waaaw!!!

Mari kita baca dengan seksama...

499 said...

Bisa kayak di star wars dunkz? pengen bisa telekinesis juga deh, jadi kalo mw ngambil barang gak usah jalan

Anonymous said...

a.waHyu.s said..

Wah apa 20 besar nich..
Hhe..

Telekinesis yha..
Hhm.. Tu cara nglatih'a lwt prnpasn bkn yha..?
Dulu pnh nemu artkel tntng cra nglath telekinesis...
Yha wlwpn gk twu bnr pa gk..
Krna pnsaran saya cba tiap hr..
Trnyta gk brhsl wlwpn tiap hr da pningktn sprti tngn yg trasa sprti da arus lstrik dan trasa pnaz..
(atw tu mlh pnykit yha)
Hehe..

a.waHyu.s

Anonymous said...

gila ja bru hitungan dtik...pertamax gagl lagi,tunggu aj blsan ku...baca dlu gan!!

riadigi said...

i like this, bang coba bahas tentang firestarter juga ya.. istilahnya pyrokinesis <-- kalo ga salah hehe.

Linus Tua said...

Hadiah 1.000.000 dolar yang dijanjikan James Randy Foundation masih berlaku hingga saat ini. Jika kalian merasa memiliki kemampuan paranormal atau Psychokinesis yang sejati, kalian bisa menghubungi James Randi untuk menunjukkan kemampuan kalian. Mungkin kalian bisa memenangkan hadiah tersebut dan menjadi milyarder yang baru. [Enigma]
Kalaupun Linus memiliki kemampuan Psychokinesis dan dapat membuktikannya, Linus akan membuktikannya di depan Broer Enigma. Hadiah James Randy Foundation tidak berarti apa2 dibandingkan ketemu sama Broer Enigma. Tapi kalau ada konspirasi antara Linus dan Broer Enigma supaya hadiah itu diklaim, biarlah Linus ambil 1/10-nya saja. Selebihnya buat Boer Enigma, supaya selalu posting. (untuk memenuhi permintaan pembaca yang benar2 egois). XD

enigma said...

@Linus Tua: Enigma benar-benar merasa terhormat setelah membaca komentar Linus.

Andika said...

Mantap tadi Hawkson ttg Hipnotis sekarang enigma tentang telekinesis


Seeep baca dulu ahhhh

ixan said...

lumayan, nampang di atas..
btw kalo yang terbang katanya bisa dijelaskan secara fisika lho bung enigma..tapi cuma berapa centi gitu..bukan sulap kalo yang ini..atau bung.E pernah mbaca artikel tentang itu?

Andika said...

Bang enigma jahat, postingnya waktu saya lagi terawih huhuhuuhu, peringkat saya turun lagi :(

Oh ya kalau Santet bisa dapet gak hadiah 1000000 dollar itu hehehe

oh ya request nih, ungkapin dong satu aja trik dari Omar Pasha

Anonymous said...

Mantaaaaaaap......!!!
Qigong sama Neikung kapan,ya..?

-Sangat ingin-

enigma said...

@Ixan: yang saya tahu paling dekat hubungannya antara melayang dengan sains adalah accoustic levitation. Soal yang beberapa senti saya belum pernah baca.

@Andika: lha, saya postingnya sama dengan waktu kamu email saya. Masa kamu email saya waktu lagi tarawih? hehe.

Vahn'S said...

Hmm..bahas pyrokinesis ah, hehehe
Apakah bro Enigma punya salah satu kemampuan itu? jika punya, saya mau berguru bro, hehe

Andika said...

Oh pasti saya kirim E-mailnya langsung pergi ke masjid gak main tengok kanan-kiri dulu hehehehe.

Gimana tuh masalah Omar Pasha.........

Anonymous said...

Salam misteri, kak enigma,
waaaah Kalau emang bisa.. Enak dong!
Mengambil barang gak perlu jalan lagi, tapi tindak kriminal pasti meningkat kalau semua orang bisa melakukannya.
Haha
by.redjan

enigma said...

@andika: soal omar pasha, karena dia tidak mengklaim memiliki kekuatan supranatural, maka tidak perlu diteliti. Lagipula, Omar pasha penghibur yang hebat. I like him.

Anonymous said...

Dari dulu ampe skrg enigma tu emang paling kerrrreeennnn........ Keep posting bro..

nocturno said...

keren banget nih blog, btw keren nih artikel bang, bang percaya santet gak?...aku pernah nih yah pas main di musium santet surabaya, banyak bukti yang ilmiah dipambpang disana, bukti ronsen sampai alat alat santet...apakah ada hubungannya yah telekinesis sama santet ini? tapi bila memang benar orang jawa, kalimantan hebat banget yah? heheheh


sorry bang hanya intermeso saja :)

regard

haf2 said...

wah ada Noetic Science :D Bahas lebih lanjut ttg ituu donk XD

Yg menghentikan detak jantung, kayak di film "The Man Who Stare at Goat" tp di film ntu jantungnya kambing, bukan kodok... hehe

Adi Pratama said...

saya pernah menonton film yang dapat menggerakan benda. mengkisahkan seorang gadis kecil yang rajin belajar dan tanpa sengaja mengetahui tentang kekuatannya. sayangnya saya lupa nama film tsb >.<

Anonymous said...

brur enigma, berarti kemampuan dedi corbuzer yg membengkokkan sendok itu hanya trik sulap saja ya? bukan hsl dr kekuatan pikirian spt yg sll dia omong2kan?
hoax brarti itu ya brur?
sandy nayoan

enigma said...

@Sad in doubt:Kabar baik :D

@Nocturno: Hah? ada museum santet? Luar biasa. Tapi soal santet, saya percaya ada. Itu berhubungan dengan roh jahat.

@haf2: film the man who stare at goat itu memang terinspirasi atas tokoh nyata kok.

@Sandy Nayoan: kalau soal dedy corbuzier, no comment.

MJ said...

Kejar hadiahnya, ah!!

Sepengetahuan saya, org2 yg punya kemampuan "istimewa" tidak pernah ingin pamer/sombong. Dan ketika kemampuan itu di gunakan (dgn ada saksi yg melihat), itu bukan karena ingin pamer, tapi karena kemampuan itu mereka butuhkan.

Aku pernah diceritain oleh bapakku dan beliau dpt ceritanya dri familiku.
Ceritanya, sodaraku tu tanpa sengaja melihat seorg nelayan Dayak berjalan (lebih tepatnya berlari) di atas air mengejar perahunya yg hanyut terbawa arus (mungkin karena tali penambatnya kurang kencang). Dan dari cerita itu aku simpulkan nelayan Dayak itu menggunakan kemampuannya karena memang membutuhkannya.

Aku percaya akan cerita itu. Bagaimana dgn mu bung E?

enigma said...

@MJ: Tentu saja saya percaya. Itu bukan hal yang aneh bagi saya.

Anonymous said...

Kayaknya kalau d indonesia, benda2 yang dapat bergerak sendiri seperti ini pasti langsung diasosiasikan dengan makhluk halus deh....

junglemount

Anonymous said...

apa telekinesis hanya terbatas menggerakkan dan merubah bentuk benda?
apakah silat tenaga dalam juga termasuk dalam pengertian telekinesis. kalau tidak, apakah telekinesis ini dapat dipelajari ataukah cenderung pada suatu "X" pada X-man?
kalau bisa dipelajari, ya sukurlah... berarti ga perlu makan keong racun.

-cornhead-

Sad'in Doubt said...

Bagus dech kalau gitu..

ko, boleh jelasin soal ini >>> http://www.youtube.com/watch?v=Fyu0HOGFTQg

jacobian said...

telekinesis sepertinya menarik.sama seperti di film Heroes ya. :-)

MJ said...

"Itu bukan hal yang aneh bagi saya." [Enigma]

berarti bung E sudah biasa mendengar cerita tentang org2 dulu (setidakny generasi kakek buyut kita) yg punya kemampuan "istimewa" seperti menghilang atau berpindah tempat dlm sekejab mata dan sbgny?

Dan aku mw tny lagi, kenapa produktivitas bung E semakin menurun drastis?

enigma said...

@MJ: Produktifitas? soal postingan? Kalau itu cuma karena belum ada misteri2 yang keren (menurut saya) utk ditulis lagi. haha

cihut said...

tumben sepi.
oh iya kenapa yah waktu itu tiba2 blog enigma keblokir im2? tiba2 waktu aku coba buka blog enigma, jd "access restricted by netsafe.im2" . untung sekarang bisa lagi. huuuh

enigma said...

@Cihut: saya tidak mengerti kenapa bisa keblokir. saya juga baru tahu dari kamu.

maria said...

seru juga ya ngobrolin macem2 yang padat menarik....
ini pengakuan penyerang jarak jauh yang akhirnya berguru ,dan ilmu gaibnya hilang lenyap.
tapi yang berguru hanya pengin ilmunya aja bukan perubahan laku suci.bisa ketahuan.
ya dengan perilaku bersih dan benar ,kesaktian akan ikut dengan sendirinya. saya kira yang seperti ini asli. (kalau tong kosong pasti berbunyi nyaring) nuwun sequ maaf kalau ada salah ucap.

teknik SEO blogspot said...

waahahh... seperti rahasia sulap mungkin ya bung enigma... nice post..
:)

Sony said...

"Konsentrasiiiiii.. Tatap mata sayaaaa.. Bergerak.. Bergeraaaaaakkk.. Bergeeeraaaaaaaaaakkk.."

{@_@'}

thecampuraduk said...

horee...pertamax :p
klw aku lebih tertarik psiball, coba klw misalnya ini hari wirosableng masih hidup, pasti duit dari JR Foundation bisa disabet ;p

Anonymous said...

dari Tresna Asti

pikiran manusia itu pny sisi lain yg ga bisa ditebak.. Saya percaya ada orang yg benar" pny kemampuan telekinesis.. Walau ga tw siapa n pjelasan sainsny apa.. (mungkin saya jg pny kekuatan itu.. Hahaha, ngarep)
^o^v
krn saya percaya, segala kemungkinan itu ada, namun belum bs dbuktikan kbenaranny utk saat ne..
Hahahahahaha, ngawurny dirikkuuu..

Keren Kak Enigma.. Kakakny keren, artikelny jg keren..
>,<b

myeyes0125 said...

@enigma
Kurt Vonnegut, Jr. itu siapa bung?
Kalimat pembukanya menurut saya agak aneh, "dari antara", adakah pelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang saya lewatkan?

Ohya, jadi ingat. Ada kemampuan melakukan sesuatu bukan dengan pikiran tapi dengan hati. Contohnya: ketika ada pengendara sepeda motor lewat lalu dalam hati mengatakan "jatuhlah!". Dan pengendara itu benar-benar jatuh. Apa bung enigma pernah dengar atau tahu?

Saya suka dengan pembahasan semacam ini, ada banyak potensi dalam diri manusia yang masih perlu digali dan dipelajari.

samra@home said...

"Tidak ada yang tidak bisa dilakukan di dunia ini"
everything is possible

anakb said...

kalo sulapnya bang limbad, pake jurus apaan tu??
Tiang dikepret bengkok???

DeeLaBeLLe said...

Enigma: Tentu saja saya percaya. Itu bukan hal yang aneh bagi saya.
^^^ ap bro En kturunan dayak (minimal pernah tggl d skitar org2 dayak)?

Nina kan menghentikan jantung kodok, kl saya bs telekinesis saya akan mempercepat jantung org yg saya sukai biar dia pikir ada 'sesuatu' pada diri saya hahaha

myeyes0125 said...

@deelabelle
Hahaha... That's good idea..
Saya juga mau, seandainya saya masih seusia kamu..

Anonymous said...

apa ada hubungannya dgn mekanisme bawah sadar?

wise new

anakkucing said...

hmm..
soal bengkok membengkokkan sendok, well, trust me, it's a magic trick..
termasuk yg master deddy corbuzier lakukan..
bahkan, jaman sekarang, sudah bisa kok membengkokkan sendok orang lain.. ga mesti properti si pesulap.. karena triknya bukan di sendok..

Anonymous said...

ralat bos.. Ingo Swann bukan paranormal. Teknik Remote Viewing yang dikembangkan oleh beliau sangat dapat dijelaskan secara ilmiah. Sudah sejak lama teknik RV ini dipergunakan olh lembaga2 intelejen selain Indonesia

DeeLaBeLLe said...

@myeyes0125: emang usia km brp? ak jg bukan ABG lho :P

enigma said...

@anonymous no.70: istilah paranormal itu sbnrnya merujuk kpd hal2 yg blm bs dikategorikan ke dlm sains yg mapan. Remote viewing msh dianggap sbg slh satu fenomena paranormal.

Anonymous said...

Ka Enigma,, keren ni ceritanya.. low masih berlaku sekarang kenapa deddy corbuzer tidak mencoba yaa..
padahal kan dalam pengakuannya di adalah seorang mentalis..(kan lumanyan to $1M dollar bisa buat tabungan 7 turunan)kwwkwk..
Ka Enigma ditunggu lagi berita terbarunya...

<>>

Anonymous said...

Menurut saya, telekinesis itu istilah yang diberikan oleh dunia barat.
di indonesia banyak fenomena spt itu walau kebanyakan melibatkan makluk gaib (jin) contohnya santet.
selain dgn cara jin, ada cara lain yaitu menggunakan alam bawah sadar yang dimiliki semua manusia.
level awalnya adalah "Sugesti" diri sendiri, contoh: sebelum tidur katakan pada diri sendiri dengan yakin bahwa anda akan bangun esok jam 6 pagi dengan bugar, ulangi perkataan itu, maka esok liat yg terjadi. itu teknik dasar hipnotis (menggunakan alam bawah sadar).
Kalau hipnotis itu bermain dengan makluk hidup, apabila tekun berlatih dapat pula diterpakan untuk benda mati karena semua benda itu energi (ingat: energy follows mind).
Coba tanya praktisi Reiki, Kundalini, Self Healing, Hypnoterapi.
Intinya telekinesis itu ada (baik dengan jin atau otak). Itu menurut saya lho.
Maaf kepanjangan, segini juga masih kurang.

BlackBurn.

Ahmad Xpanza Ayen said...

saya paling senang dg blog ini palingb bny komennya, ookokokokoko :)

anakkucing said...

@bro enigma, bro, knp mr. buchanan ngga masuk ke dalam artikel di atas? di stargate bukankah beliau adalah ahli telekinetis?

bayu said...

bro E,pyrokinesis-nya ga digali sekalian nih?
katanya kan tu jg bisa dilatih...
btw,bner tu,pertanyaan MJ (komen 44),bro E blg dah biasa,brarti sering liat yang gituan yah?
seberapa deket sama dunia itu?menurut bro E bisa dipelajari secara sains ga tuh? tanpa campur tangan klenik dan sebangsanya??

(btw,klo emg bner bisa,brarti bentar lagi ada X-Men di dunia nyata yak?? hehehe....)

enigma said...

@anakkucing: di luar topik stargate. Buchanan tdk pernah disinggung di sumber mengenai telekinesis. Lgpula, kalau disinggung, bs kepanjangan tulisannya.

anakkucing said...

@bro enigma, ngerti siy bro, takut kepanjangan ya, hehehe.. gpp, ntar saya googling aja soal mr. buchanan.. ^^

@blackburn, telekinetis sangat berbeda dengan dunia klenik lho.. memang hasilnya akan kelihatan sama.. tp pada prosesnya, sangat berbeda jauh..
telekinetis menggerakan benda dari jarah jauh dengan menggunakan pikiran..
nah, kl menggerakkan benda dari jarak jauh dengan menggunakan bantuan jin/ setan dan lain2, itu dinamakan aktivitas sihir..

CMIIW ^^

Anonymous said...

berteleteleteleteleteleteleteleteleteletekinesisss..................................................

Anonymous said...

hayalan tingkat tinggi on.....
kalau aku jadi vampir kayak di twilight saga, aq pengen punya kemampuan otak dengan penggunaan di atas 10% biar aq bisa punya kekuatan pyrokinesis,telekinetis n kemampuan melihat masa lalu orang lain dengan hanya menyentuh orang tersebut....
tapi aq g perlu teleportasi karena aq udah bisa lari dengan kecepatan cahaya....
bisa g yah....
oya senpai enigma....
titip salam sama mas chris n nakashima ya...
aq penngemar ke3 senpai(mr.e jg)....
lo myheart2105 jg cow,nmbah jdi 4 deh...
sory jrg2 koment....
tkt g dlulusin alna smalam sring koment tpi g dimunculin sm senpai enigma......kejam.....
req kepribadian ganda n wanita salju dunk....
kan ke2 hal itu misteri tapi tetep ada banyak sumber yg bisa ditanyain......
otre....
salam dari




Oryza Sativa aka Lala
Fans baru

Andika said...

@Oryza Sativa aka Lala, Saya tahu orang ini saya yakin sekali dia anak SMA N 3 Prabumulih.

Anonymous said...

@anakkucing: benar sekali apa yg kamu katakan, maksud saya juga gitu tapi mungkin tulisannya ga kebaca, maklum tulisan saya jelek.

BlackBurn

Silver_surfer said...

@Adi Pratama (comment 32)
oh itu, judul filmnya Matilda, diangkat dari novel anak2 karya Roald Dahl. Filmnya memang menceritakan seorang gadis kecil yang bisa mengembangkan kemapuan Telekinesisnya (meskipun hal ini sama sekali tidak disebut-sebut dalam film) karena sering membaca/berkonsentrasi.

Kalau mengenai Telekinesis sendiri saya percaya tidak percaya. Saya percaya manusia mempunyai kemampuan pikiran yang masih tersembunyi,hanya tidak percaya kalu ada orang yang tiba-tiba bisa melakukannya. Saya percaya bahwa pikiran lebih berkuasa daripada tubuh, karena saya pernah mengalami sendiri. Ketika itu saya sedang sakit, cukup parah juga, sampai harus dipulangkan dari sekolah. Padahal besok ada seminar penting yang harus saya hadiri. Orang tua dan teman2 sudah melarang pergi, tapi saya yakin besuk saya sembuh (bukan hanya "akan"), dan kenyataannya memang terjadi, padahal saya tidak minum obat apapun, apalagi periksa ke dokter. Dan masih banyak lagi contoh seperti ini yang pernah saya alami.

Sekalian, saya mau tanya ke Brother Enigma....
1. Saya sering mengalami firasat yang ternyata 85-90% benar. Contohnya, saat akan presentasi di depan kelas, sebelum guru memanggil saya (secara acak), setelah giliran sebelum saya selesai, saya sudah merasa (kalau tidak bisa disebut tahu) bahwa saya yang berikutnya maju, dan ternyata benar. Menurut Brother Enigma ini termasuk apa?? Bisakah dijelaskan secara sains??
2. Saya juga sering dapat semacam pertanda. Misal, pernah saya merasa bahwa besuk teman saya akan mengalami sesuatu, tapi tidak tahu apa, sering pertandanya dengan bau darah yang terus-terusan tercium, meskipun teman2 di sekitar saya tidak bisa merasakan. Malamnya saya berpesan pada dia besuk untuk berhati-hati, ternyata besuknya dia kecelakaan. Menurut Brother ini termasuk apa?? apakah sama dengan kasus diatas?? bisakah ini dijelaskan secara sains??
(Note: seiring dengan meningkatnya intensitas saya mengalami hal2 seperti itu, intensitas deja vu saya juga meningkat... saya BUKAN paranormal, dan TIDAK PERNAH berharap/ingin menjadi paranormal. Saya hanya ingin menjadi orang yang normal dan menjalani hidup yang normal....)
Makasih kalau Brother E mau menjawab (dicantumin saja sudah terima kasih(^_^)) dan maaf kalau kepanjangan....

Kind Regrads,
Silver_surfer

Jabrik said...

salam.. nice posting..!! ditunggu postingan ttg harta karunnya mr Enigma.. Saya mmpunyai buku ttg "Perburuan Harta Karun" dari Edisi khusus majalah HAI 3/VII/1983 dan mulai tertarik lagi sejak kenal Enigma ini.. di lanjut.. Bravo Enigma !!!

CzVr_425 said...

Bang, tukeran link donk..
linknya dah saia pasang di blog saya..
http://guesspuzzles.blogspot.com/

kura_kura said...

Saya tidak punya Telekinesis..,
tapi kalo Telephone.., Saya punya !!
xixiixixi..........

Anonymous said...

nandar,

saya percaya kok telekinesis, dulu saya pernah belajar tenaga dalam. tenaga dalam juga bisa menggerakan benda2 mati, cuman agak beda metode ny. dan itu murni pernafasan, ga di "isi", ga ad elmu2 ato jin.

klo pun ada yg penasaran mo nyoba bs aja belajar, tp belajar ny mayan lama n ga terikat berdasarkan agama juga ^^ sapa pun agama apa pun bs kok.

bambang jonathan said...

kok komenx aneh seeh, cuma bbrapa yg brmutu, padahal tulisanx brmutu.

Anonymous said...

bang,kl pakai mobile view.koq gambarny g keliatan..

pradipta25 said...

kalo kasus ttg kekuatn pikirn, saya rasa ada, kaya pikiran optimis membentuk kristal2 air yang sangat indah...
kn kita baru mengoptimalisasi 100juta sel otak kita, itu jg blom mksimal... coba j kl smua d mksmalkn...

Anonymous said...

Gw juga pernah kayak Silver_surfer. Bahkan saat gw mengabaikan firasat itu, benar2 terjadi dan seburuk dugaan saya.

Selain itu gw juga pernah memecahkan kaca lemari piring ukuran 30cmx10cm saat sedang mengingat seseorang yang sangat saya benci. Anehnya, kaca itu pecah berkeping saat saya melihat dan terbayang wajah orang itu di kaca tersebut tanpa menyentuhnya sama sekali. Apakah ini termasuk Telekinesis bung enigma?

Aoem said...

Kalo di indonesia mah banyak yg bisa cm utk bengkokin sendok ky geller tp asli bkn rekayasa sulap. rata2 perguruan ( gaibiah,supranatural,tenaga dalam atau hikmah )bisa melakukan ini, apalagi pada pesantren salafiah klasik, santri nya biasa bermain spt itu bahkan bs lebih extreme.. sodara2 ane bnyk yg bisa, tp dlm hal ini menggunakan bantuan jin. temen2 ane dari bali mah biasa bengkokin golok yg gede saat upacara adat.kt sodara ane..tdk ada manusia yg memiliki kekuatan super hebat kecuali berkolaburasi dg (khodam )jin secara sadar atau tdk sadar ( dan ini tdk bs di terima secara ilmiah oleh org yg berdisiplin ilmu alamiah).

anakkucing said...

@aoem, "tdk ada manusia yg memiliki kekuatan super hebat kecuali berkolaburasi dg (khodam )jin"

wah, saya kurang setuju.. tentu saja ada..
knp tidak?
analoginya, ketika kamu dikejar anjing dan sangat ketakutan, parit selebar 6 meter bisa kamu lompati atau pohon setinggi 20 meter bisa kamu panjat tanpa kesulitan..
hebat bukan?
apakah kamu menggunakan jin pada saat itu?
tidak, itu disebut potential power yg ada di dlm diri manusia, dan dalam disiplin ilmu psikologi, ini diakui kok..

mengenai telekinetis ini, saya yakin terkait dengan penggunaan kapasitas otak..

CMIIW

zoom said...

mau ngajak tukern link sesama blog misteri,
http://zoom-mycasebook.blogspot.com/

link anda sudh saya pasang, terima kasih.

saya selalu mengikuti setiap tulisan anda, sngat mendalam.

dwiero said...

telekinesis, pengendali benda,. klo magneto kan pengendali benda2 besi. klo di avatar kan ada pengendali air (water bender),air bender (pengendali udara) atau pengendali api (fire bender) apakah sama dengan pyro kinesis? kan harus ada apinya dulu baru bisa di kendalikan atau di gerakkan. salam buat enigma family

PFJb2 said...

@aoem
Masih ada pencak silat mas
Gak semuanya pake jin kok
Ada juga yang memaksimalkan kemampuan dengan membangkitkan kekuatan bawah sadar sperti yang disebut mas anakkucing

penghuni60 said...

"TAK ADA YG TDK MGKIN DIDUNIA INI"
Hanya saja pertanyaannya:
"jika ada seseorg yg bnr2 memiliki kemampuan sperti layaknya Magneto di crita film, apakah tdk menutup kemungkinan, kalau kemampuan trsbut digunakan utk kejahatan?"

tdk smua org yg hidup di Bumi ini adalh org yg baik. Sedikit saja ia "diberi", ia akan meminta "lebih"

nice post bang... saya suka yg ini...

fangky said...

klo memang telekinesis ini adalah 'ulah" dari tubuh manusia
maka pertanyaannya

ORGAN TUBUH mana yang bertanggung jawab atas kegiatan ini???
otak??
bagian mana di otak???
atau di mata???

trus disebutkan
"Konsep yang ada di balik Psychokinesis/Telekinesis adalah argumen kalau semua benda memiliki energi. Ini membuat kita dapat menggerakkan benda tersebut dengan cara menghubungkan energi mental kita dengan energi benda tersebut."

energi apa yang dimaksud.
gravitasi??listrik, magnet??ato energi lain???

ada yang bisa jelaskan???

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

Telekinesis?????
Hmmmmm memang benar... dalam tubuh manusia masih sangat banyak yang perlu di pelajari lagi untuk mengetahui kekuatan dan potensi dalam diri manusia...

@Myheart 2105: Sodara.... kenapa baru muncul sekarang????

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

bro enigma, cerita soal perahu nabi nuh yang ketemu tu bener g???

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Myheaaad...^0^
Trnyata da yg nanya aq jg..huhu..^.^

Sbnrx wktu kmren2 dah smpt kmen di pstingan alien abduction,, tp notifikasi approval yg wrna kuningx gk ada,, n the world goes...q sibuk..sibuk..
Eh, trnyata kmenq yg itu gk masuk. Yawdah, q kmen dsini ajah...xixixi^.^

Anonymous said...

Laler_Ijo said :

@ Enigma : Kebetulan mas bro menyinggung tentang "Institute of Noetic Sciences",,Organisasi yg bertujuan khusus membedah fenomena2 supernatural yg dimiliki manusia tp melalui pendekatan kacamata sains,,Organisasi itu mempunyai landasan yg meyakini bhwa supernatural/spiritual trnyta bisa dijelaskan dgn teori2 fisika kuantum masa kini...
Seandainya tujuan organisasi ini brhasil maka akan didapat mata rantai yg hilang antara sains dan spiritual yg selama ini diperdebatkan oleh kubu ilmuan vs tokoh agama
dan saya rasa ini merupakan kemajuan paling revolusioner klo memang bisa tercapai,karena bisa menjelaskan secara ilmiah apa2 yg selama ini hnya bisa dipahami oleh iman...
Nah,,bisakah MAS BRO ENIGMA mengupas tentang sejauh mana kemajuan yg dicapai oleh penelitian "Institute of Noetic Sciences" itu ???
(Nanti saya traktir nasi padang deh)
^_^
@ Myheart : yaahh..telat....di thread sebelah udah pada bunuh2an eh baru keluar sekarang....
:p

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Huhu,,smpai klupaan ngomen postinganx,, (dasar! :p )

Telekinesis,, kmampuan mnggerakkan, mnggetarkn, membngkokkan bnda jarak jauh..tnpa dipegang..qereen ^.^
Tp blm jelas knapa bs bgtu,,
Kalo q dtanya apkh telekinesis ada?
Umm,,q prcaya ada..
Tp kalo pnybabx itu yg blm psti..
Kalo aq lbh s7 mnybutx ''telekinesis'' drpd ''psychokinesis'', soalx telekinesis maknax lbh umum drpd psychokinesis yg blg kalo kmampuan unik itu krn pikiran.

Kalo kmgkinanx,, yach bs jd ada 2, atw mgkn lbh:
1. Kekuatan pikiran.
Bs jd cara krjax spt yg dtulis om E: pikiran mrupakan energi,,yg bs 'memanipulasi' energi (pd bnda2) dsekitarx. Bhasax emg bgus n trkesan cnggih bgtz gtuh,, tp kbnaranx kykx blm establish dlm dunia sains.
Atw, bs jd cara krjax bkan kyk gtu sama sekali, brbeda...

2. Ktrlibatan unsur2 gaib, baik disadari maupun enggak.
Mgkn ada yg dbntu olh mkhluk gaib, ada pula yg gak.

Pertanyaanq:

1. Kalo telekinesis emg bner mrpkn potensi trsmbunyi mnusia, knapa gk bnyk org yg brhasil mengaksesx?
Pnduduk dunia udh 6 milyar, rasax pastilah ada yg berhasil mengaksesx...maxudq yg murni kekuatan pikiran (psychokinesis), bkan yg pke sihir2/bntuan makhluk gaib.
Mnimal akan ada kehebohan ttg ini dr seseorg yg brhasil mengaksesx khan? N sains ttg ini bs brkmbang...kaidah2 saintifik kmgknan bsar bs dterapkan utk menganalisx...krn tdk ada kbhongan yg ditutup2i..atw rekayasa...
Nah, knapa hal ini belum ada juga? (Atw aq yg gk prnah dngar yach?)

2. Sm kyk prtnyaan Fangky, organ apa sih yg brperan dlm telekinesis itu? Otak? Melalui apa? Brainwave?
Swktu Ingo brhasil mempengaruhi medan magnet, apa yach pnybabx? Knapa cuma micro telekinesis?
Knapa gk bs makro telekinesis?
Apa brainwave seorang Ingo tdk brhasil memanipulasi mdan mgnet dskitarx? Atw apa seorang Ingo gagal mengakses potensi telekinesisx??

3. Huhu,, bner, knapa yach Dedy Corbuzier gk prnah BERANI mengklaim hadiah itu? Apa jgn2 dia emg bukan seorang mentalis? Apa dia sbnrx gk pnya kemampuan telekinesis yg sbnarx??

Sgtu dulu dech... Q tnggu tnggapan tman2 smua...^0^

dragon blog said...

bro klo blh kasih saran untuk komentarnya dibuatkan scroll ja... dari pada seperti ini, lebih panjang bagian komentarnya daripada postingnya...

Anonymous said...

Mungkin manusia engga bisa ngejelasin karena memang pikiran ato ilmu kita engga sampe, soalnya ilmu yg Tuhan miliki lebih tinggi dari manusia dan banyak ilmu yang dimiliki Tuhan tidak akan bisa diterima ma manusia, Wallohualam bishowab.

Btw, sy lg nyoba bikin psiball tp susah bgt. ada yg bisa bantu? makasih, klo mo sharing email sy di zaku_sanosuke_shuzaku. hhe maap sy jadi promosi kk Enigma.

-zaku-

fangky said...

oi....Mr ENIGMA bahas tentang MERPATI PUTIH duonk...

iseng2 nyari2 di google ketemu topik
MERPATI PUTIH HOAX

disebutkan klo skill merpati putih (blindfold ) itu ternyata tipuan semata
dan yang melakukan penelitian adalah orang luar tuh...

tolong itu dibahas secara mendetail

karena disebut2 sebagai HOAX TERBESAR DI INDONESIA...

tolong ya...

irzi.... said...

gw pernah baca di buku (qw lupa judulnya)

katanya telekinensis itu tidak stabil ....
pk itu tidak bisa dlakukan setiap waktu
pk hilang dan bisa muncul dengan sendirinya tanpa kita sadari ......
mungkin itu yang menyebabkan uri geller tidak bisa menunjukan pk nya .....

dalam buku yang gw baca ..... orang biasa pun punya potensi untuk melakukan pk tsb ...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Green_Fly:
Iya telaaat...*.*
Waduh,, koq 'bunuh2an' seyh??
*gak s7! >.<
(Smbil ngangkat bndera putih world peace)*
Kalo aq bc2 pndapat2x qeren2,, smberx yach emg dr perspektif msg2..mnurutq, harusx hati2 bhs yg kyk gtuh..soalx sngt sngt brhubungan dgn kemanusiaan dan nilai2 ketuhanan yg qta anut...
*gak sabar, pngen tau kmentarx Chris gmana? Pa msh da ruang yg blum diexplore dlm diskusi pnas di pstingan alien abduction? Atw mgkn ada prspktif baru??
(waiting...tik tak tik tak...)

N.b:
@Naka: ayo kmen dunks...
@Chris: kalo km bc ini, tlg kmen dunks ttg alien abduction...^_^ pliiis m(-_-)m...
Oyach, katax km khan browsing pke hp...kalo pke opmin 5 kmen2 yg trakhir2 udh gk bs keliatan...gk tau jg mslhx apa mgkn kmen2x yg pnjang2..oyach,,kmenx ja dsini,,nanti mnta om E yg baik hati mindahin k pstingan alien abduction...ok? Ya..ya..ya?? ^.^
(Msh percaya pd janjimu...always ^_^)

KraKen said...

telekinesis,..waah harus nyari di Tim Fantastic 4 atau Tim X-Men nih kalau mau ketemu sama yang punya kemampuan yang beginian...

Anonymous said...

Aspartham said :

Mr.enigma ..tolong bahas alat hieronymus machine ..yg konon mampu memanupulasi pikiran seseorang walau hanya dari poto, rambut atau darah yg berhubungan dgn org yg dituju....dgn keakuratan keberhasilan 80%..dan telah di patentkan alat tsb dgn nomor patent 2482773

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha

@Myheart 2105 : haha... ternyata saudara ku ini sangat sibuk rupanya

@MASTER : Oi master... kemana sih???? ud d cariin juga....

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

wow menggerakan benda :matabelo:

kayak kekuatan the force di film star wars yah :D

Anonymous said...

wooooow...ada yang baru sama comment box nya :) good job Mr. E

Ms. Terry

Linus Tua said...

tadi Linus kira ada "something happens" sama program, ternyata...
iya.. ya ada yang baru.. ternyata bisa di-scroll !!!! tambah enak kalau mau baca ulang postingan, atau mau nulis komen tanpa harus meninggalkan komentar yang lagi dibaca.
sebentar,, Linus coba Opera Mini [Loading....]
Kejutan! komentar masih bisa dibaca sseperti biasa! tadi Linus takut, coz kalau di OperaMini fasilitas scroll tidak berfungsi!!
:) [gembira|krn selalu ada yang baru di Blog-nya Broer Enigma] nice job by nice person.
Terimakasih, Broer !!!

Anonymous said...

ANGULUS LUDOVICI:
-Bagian Pertama-
Setelah membaca sekian banyak komentar teman-teman, saya lihat banyak yang menghubungkan kemampuan telekinetik dan perihal alien dengan “JIN”.
Ada yang menyebutkan kemampuan menggerakan benda dengan telekinetic itu sebenarnya dibantu jin, pada postingan Alien Abduction ada pula yang beranggapan bahwa alien itu adalah jin.
Well, saya punya satu pertanyaan:
Mana yang lebih masuk akal dan mudah terlaksana bagi anda pribadi, bercita-cita melancong ke Hawai atau bercita-cita melancong ke Galaksi Andromeda?
Melancong ke Hawai bagi sebagian orang adalah hal yang mahal, namun tidak mustahil untuk terlaksana. Anda punya banyak pilihan transportasi untuk sampai kesana, bisa pilih pesawat atau mungkin kapal pesiar. Lalu bagaimana dengan cita-cita melancong ke Galaksi Andromeda, mustahilkah untuk terlaksana? Tidak, samasekali tidak mustahil, mungkin di masa depan manusia sudah dapat menemukan jenis transportasi untuk sampai kesana. Tapi ditahun 2010 ini, melancong ke Galaksi Andromeda sangat mustahil untuk dilakukan.

Dalam dunia ini terbagi dua jenis ilmu pengetahuan: Ilmu Gaib atau Ilmu Sains. Ilmu Sains selalu bersumber pada hipotesa, hipotesa kemudian diuji, dan dibuktikan hasilnya benar atau salah. ‘Hipotesa’, ‘Pengujian’ dan ‘Pembuktian’ sama dengan ‘Alat Transportasi’ pada kasus lancong-melancong tadi. Lalu bagaimana dengan Ilmu Gaib? Entah kalau saya salah, tapi sepertinya Ilmu Gaib belum pernah ada yang masuk Jurnal Science.

Saya SANGAT PERCAYA yang namanya Gaib betul-betul ada, bahkan hal-hal yang Gaib cakupannya lebih luas daripada hal yang kasat mata, tapi sayang pembuktiannya sangat sulit. Usaha membuktikannya secara SAINTIFIK adalah bagai membuat alat transportasi ke Galaksi Andromeda. Saya pribadi lebih suka membicarakan hal-hal yang masih terjangkau untuk dibuktikan. Kenapa? Kalau anda ingin melompati selokan, tentunya anda pilih yang jaraknya tidak terlalu lebar bukan, karena bila terlalu lebar, alih-alih sampai disisi seberang, anda malah jatuh kecebur kedalam selokan. :p
Jadi mari, kita buktikan kasus-kasus Bro Enigma dengan apa yang masih terjangkau untuk dibuktikan!

Anonymous said...

ANGULUS LUDOVICI:
-Bagian Kedua-
Tentang Telekinetik, pertanyaannya mustahilkah dilakukan?
Saya jadi kepikiran tentang EEG (Electro Enchepalo Graphy). EEG adalah alat yang dipakai untuk merekam aktivitas listrik otak manusia. Bentuknya berupa elektroda-elektroda yang ditempelkan pada kepala dan dihubungkan ke suatu pencatat. EEG dapat mendeteksi kelainan aktivitas listrik otak manusia, misalnya pada penderita Epilepsi. Jadi kesimpulannya, otak manusia menghasilkan gelombang listrik!
And then?

Ingat definisi telekinetik: adalah kemampuan menggerakan benda dari jarak jauh tanpa menyentuh benda tersebut samasekali. Saya jadi ingat sewaktu kecil main mobil kontrol. Pada remote kontrolnya terdapat Transmitter (pembuat gelombang) dan pada mobilnya terdapat Receiver (penerima gelombang).

Pada kasus telekinetik, mungkinkah otak manusia berfungsi sebagai Transmitter dan bendanya sebagai Receiver?
Jawabannya mungkin saja. Kalau saya pikir-pikir, ada empat hal yang krusial disini:
1. Cara menghasilkan jenis gelombang otak, besar gelombang yang dihasilkan dan jenis gelombangnya. Seperti yang teman-teman sebutkan, para pelajar di Pesantren, para pelaku meditasi Buddha, petapa Hindu, pelaku Yoga, para Biarawan dan para orang suci lainnya sering diceritakan dapat melakukan hal-hal diluar kewajaran seperti telekinetik. Tapi kemampuan telekinetik yang mereka dapatkan sebenarnya merupakan efek sampingan yang secara tidak langsung mereka dapatkan ketika mencapai tahap kesucian batin tertentu.
Tujuan mereka bukanlah telekinetik, tapi mencapai tahap kesucian, sehingga walaupun mempunyai kemampuan demikian, mereka tidak akan memperlihatkannya dimuka umum, apalagi dipublikasikan.

2. Jenis benda yang akan digerakkan, penghantar elektron yang baik (konduktor) atau penghantar elektron yang buruk (isolator). Pada kasus Ingo Swann, dia berhasil mempengaruhi medan magnet di bawah lantai gedung. Saya rasa penggunaan medan magnet oleh pihak Stanford University ini bukan tanpa alasan. Bila otak dapat menghasilkan gelombang listrik, tentu benda yang bersifat sebagai konduktor lebih mudah terpengaruh.
Namun ada sedikit hal yang aneh disini, medan magnet tersebut diletakan di bawah lantai gedung!
Pertanyaannya, bila medan magnet yang jauh di bawah lantai gedung itu saja terpengaruh oleh gelombang otaknya Ingo Swann, lalu bagaimana dengan komputer-komputer atau trafo di gedung tersebut? Atau jangan jauh-jauh... bagaimana dengan aktivitas listrik jantungnya Ingo Swann? Ingat, jantung mempunyai aktivitas listrik tersendiri yang dapat pula direkam menggunakan ECG (Electro Cardio Graphy). Otak Ingo Swann yang menghasilkan gelombang listrik demikian besar tentu bukan hal yang sehat bagi jantungnya bukan?

3. Medium perantara. Medium perantara disini udara. Lebih baik lagi bila gelombang otak tersebut dapat dimanipulasi sehingga menghasilkan gelombang elektromagnetik yang tidak memerlukan medium untuk merambat.

4. Penguat transmitter atau penguat gelombang otak.
Gelombang otak yang dihasilkan manusia sangat kecil, berkisar antara 3-40 Hz saja. Diperlukan alat tertentu yang berfungsi sebagai penguat gelombang. Baru-baru ini ada sebuah game yang dinamakan Mindflex keluaran Mattle yang menggunakan gelombang otak untuk menggerakan bola, walaupun beberapa sumber menuduh perusahaan tersebut menghasilkan produk gagal (fake telekinetik) (http://www.mindcontrolgadgets.com/).

Anonymous said...

ANGULUS LUDOVICI:
-Bagian Ketiga-
Sungguh, uang 1.000.000 dollar yang dijanjikan James Randy sangat menggiurkan.
Bila 1 US dollar = Rp 9000, nilainya setara dengan 9 milyar rupiah. Andai Bro Engima memenangkan 9 milyar itu lalu dibelikan 2 buah franchise Kentucky Fried Chicken, saya yakin kalau tidak terlalu boros, Bro Enigma bisa pensiun dini. Tapi tentu dilain pihak pecinta Blog ini dan saya pribadi kecewa berat kalo Bro Enigma pensiun... hahahaha...

Sekarang, bagaimana caranya memenangkan uang 1.000.000 dollar tadi?
Andai Mr.James Randy tidak mensyaratkan apa-apa dan hanya mensyaratkan “pokoknya propertinya dari gue dan propertinya bisa bergerak tanpa disentuh” mungkin kita bisa mencobanya. Walaupun kayaknya gak masuk akal, tapi demi 9 milyar rupiah boo... sapaa nahaan...
Pertama,
beli alat EEG. Gelombang otak dapat berubah-ubah tergantung aktivitas otak. Contoh pada kasus Epilepsi, karena terdapat lesi pada otak, gelombangnya berbentuk “spike” yang besar. Demi 9 milyar rupiah, saya yakin Anak_kucing, Myhead, Myheart, Fangky, Linus Tua dkk bersedia melatih otaknya masing-masing untuk dapat menghasilkan gelombang tertentu yang dapat terorganisir dan terkontrol serta dapat dibangkitkan melalui konsentrasi tertentu.

Kedua,
Buatlah tiga alat ini: Penguat Gelombang, Transducer dan Transmitter. Bentuk yang masuk akal mungkin mirip sebuah helm dengan beberapa antena diatasnya. Setelah melatih gelombang otak, lalu diperkuat, gelombang tersebut harus diubah menjadi gelombang listrik kemudian disalurkan melalui sejenis transmitter. Jangan lupa baju atau kotak pelindung bagi tubuh anda, sehingga hanya antena diatas helm-nya saja yang nongol. Ini penting... kenapa? Baca nomer tiga...

Ketiga,
James Randy tentu tidak mau gegabah menjanjikan 1.000.000 dollar. Saya perkirakan, pasti properti yang dia gunakan berbahan dasar isolator, seperti karet, sehingga tidak mudah dipengaruhi medan magnetik. Tidak mengapa, alat yang kita buat ini akan menghasilkan sejenis halilintar berkekuatan besar, sehingga sekali ditembakan, benda apapun yang ada didepannya akan... “bergerak” !

DUUAARRRRR !!!!!!
Termasuk James Randy sendiri yang hadir disana.

Dan United States National Academy of Science pun berdecak kagum akan kehebatan kita!

Mery Louis said...

@bro E : interesting post Bro Enigma, rasanya biarpun memang ada yg punya kemampuan seperti itu, mereka pasti gak akan menggunakan di depan umum. Mengenai kalimat tidak membiarkan Geller menyentuh properti saat sebelum show, maksudnya gimana? alat2nya bukan dari Geller yg bawa? atau alat2nya dari Geller tapi sudah di check terlebih dahulu, setelah itu di amankan sampai show?

@komen 80 : terlalu bertele-tele loh kamu.. hahahaha peace

@komen 90 : menurut ente komen yg bermutu itu kaya gimana? paparkan dong beri contoh buat kita2 ^^

Anonymous said...

bala said...
1. telekinesis, santet, orang dayak jalan di atas air. bang E bilang kalau bang E percaya sama semua itu. apakah bang E pernah mengalami salah satu dari yang di atas, ceritakan lah pada kita
2. saya juga tertarik dengan Omar Pasha, kalau dia bilang itu bukan kekuatan supernatural melainkan hanyalah sebuah trik(menurut saya itu trik yang sangat hebat), coba dong bang E menjelaskan beberapa dari trik om Omar Pasha ?
TERIMA KASIH

enigma said...

@merry louis: maksudnya propertinya harus milik studio dan bukan milik geller. Tp properti studio itu jg jgn sampe dipegang sm tim nya geller krn bs2 di manipulasi/tukar sm mrk lg. Namanya jg pesulap.

The Strider said...

mudah saja....
Psychokinesis adalah sebuah kemampuan tersembunyi yg dimiliki oleh beberapa org di dunia ini,saking tersembunyinya kemampuam tersebut tidak ingin diketahui oleh org lain selain sang pemilik (bearer).
Strider out..

Anonymous said...

@ANGULUS LUDOVICI:
DUUAARRRRR !!!!!!

e.. copot... e.. copot...

Anonymous said...

Sobat Enigma, saya senang sekali dengan blog anda begitu pula interaksi di dalam blog anda... boleh kah saya merequest tentang daratan misterius Limoliya. trims.

fangky said...

@angulus ludovici

asik...asikk..asikk..
ada yang berkhayal...
tambahin ah..biar ngaco sekalian...
wkwkwkwk...

#1
masalah gaib2 an
setuju bro...
klo masalah gaib sulit dibuktikan dan diuji kebenarannya

bahkan rasulullah saw pernah bilang
"kalau kamu ingin mengetahui hal gaib secara pasti maka MATIlah kamu!!""

karena sesudah kematianlah Alloh swt akan menunjukkan alam gaib kepada kita, mulai dari jin, kiamat, siksa kubur dsb

wkwkwkwk..masa kita musti mati dulu sih
gimana bisa komen di blog enigma???

#2
masalah otak seperti transmitter dan receiver
kira2 otak bisa memotong gelombang (intercept) juga gak ya

jadi gini pada kasus si ULI gagal mungkin ga, ada orang lain yang iseng mengacaukan/atau menyerap gelombang otak si uli makanya dia gagal???

#3
"Medium perantara. Medium perantara disini udara. "(angulus)
wah klo bener ada medium perantaranya bisa di"kerja"in duong...
wkwkwkwk...

coba bayangin ada orang mau ngangkat kardus misalnya (pake PK) trus kita manipulasi medium penghantarnya sehingga gelombang belok.
bukannya ngangkat kardus malah nganggkat rok cewek wah pasti seru sekali itu..
wkwkwkwkwk...
modus kejahatan baru...
tanpa sidik jari sama sekali.
ha..ha...

#4
trus masalah EEG dengan menggunakan penguat gelombang

ah daripada pake penguat gelombang yang kita gak tahu bahayanya (meledak gak ya??)

mendingan buat alat untuk menggabungkan gelombang
dengan prinsip bersatu kita teguh bercerai kawin lagi
kita ajak seluruh penghuni blog ini pake eeg bersama2, lalu saling menyatukan kekuatan
dijamin gelombang otaknya bakalan kebih dahsyat...

tapi entar hadiahnya dibagi2 juga sih...
tapi gak papa deh..
katkanlah ada 100 orang yang ikut dengan asumsi hadiahnya setara dengan 9milyar rp maka satu orang dapet 90 juta rp..
lumayan...

yuk bro ANGULUS..
kita kumpulkan sukarelawan....

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Kyaaaa ^0^
Bln september udh tiba...^0^
Met pagi smua enigma family...^0^
Gmana kbrx smua??
Uwaaah.,,udh rame yach..

@Angulus Ludovici:
Waah,,kmenx qereen euy ^^
Dirimu mngingatkanq akn seseorang...^_^

Umm,, q anggap kmen km mnjwb prtnyaanq yg no 2. Jd otak yach,, umm..brainwave....
Oyach,, q kpikiran jg, wktu Ingo Swann dsuruh mengeluarkn kmampuan telekinesisx dgn brkonsentrasi tngkt tinggi (dfinisi knsntrasi tngkt tnggi mgkn jg blm jelas,,), para pneliti itu sbnarx mau mmbuktikn apa seyh?
Umm,,kykx ada missing link of thinking dsana,,umm,,maxudq, para pneliti itu hnya mencatat/concern ttg efek osilasi yg trjdi mdan mgnetik pd saat si Ingo dsuruh fokus/knsntrasi, prtnyaanq: apa bner efek itu PASTI terjadi krn konsntrasi si Ingo? Bs sj brkmgkinan ''gak'' khan? Bs sj itu cm kbetulan, yg mnybabkanx adlh hal yg lain (hal fisika lainx yg bs m'pengaruhi mdan mgnet,,kykx km lbh tau ^.^v) ,, jd seolah2 itu krn efek knsntrasix Ingo.
Missing linkx dmana?
Itu tuch..gak ada KONFIRMASI SAINTIFIK bhwa efek osilasi itu emg bner2 dsebabkn krn knsntrasix si Ingo. Knapa gak dicari tau skalian apa yg trjadi pd si Ingo? Msalx dgn menganalisis BRAINWAVEx?? Atw mgkn aura-x?
Jd, kalo mnurutq prcobaan itu blm bs m'buktikan bhwa knsentrasi/pikiran manusia dpt memanipulasi bnda, krn tdk ada konfirmasi saintifikx thdp si Ingo..

Trus yg kdua,, knapa mesti dgn glmbg magnet yg tak ksat mata?? Knapa tdk lgsg sj dgn bnda nyata? Msalnya gelas gtuh??
Suruh si Ingo brknstrasi tngkt tnggi,, trus lhat efekx pd gelas..bkankah bgtu telekinesis yg dbygkan slma ini? Apkh gelas itu mlayang? Atw pcah? Trus jgn lupa aktifitas otakx (ex: brainwave-x) drekam, trus dianalisis. Itu kalo mau m'buktikanx scr ilmiah, silakan dkaitkan dgn brainwave, kalo emg otak yg jd ORGAN pd tbuh mnusia yg mnybabkn kmampuan telekinesis. Minimal itu adlh 1 lgkh brarti dari 1000 lgkh brikutx...^.^

Trus, q jg kpikiran, kalo emg bner para santri, biksu, pndeta ada yg memiliki kmampuan telekinesis,, knapa tdk mminta mreka scr trbuka atas nama sains utk mndmonstrasikanx d hadapan para pneliti yg profesional yach?? Pnelitianx drahasiakan sj, jika para agamawan itu brkeberatan diexpose ke publik,,

Oyach..q jg mau kmen km ttg:

''Well, saya punya satu
pertanyaan:
Mana yang lebih masuk akal dan mudah terlaksana bagi anda pribadi, bercita-cita melancong ke Hawai atau bercita-cita melancong ke Galaksi Andromeda?''

Knapa harus MEMILIH?? Bkankah kduax pd akhirx sma2 mgkn? ^_^
Sains trbtas pd yg dpt dicerna olh akal qt, pd informasi yg msuk dari pnca indra qt...hal2 yg tak terindra hakikatx olh qt, spt Tuhan, Malaikat, (n mgkn telekinesis, who knows?), bkan brarti GAK EXIST khan??
We're just human, not God that Knows everything,,..
Who knows what we called ''telekinesis'' is something beyond our sciences??
Part of supernatural phenomena that works with totally different mechanism, that does not obey the laws of our 'universe'?
Did we go to the wrong approach with those supernatural things??

And who knows that such thing so-called telekinesis, TERNYATA adlh ANUGERAH TUHAN semata kpd org2 tertentu? Itu jd kelebihan skaligus UJIAN bg mreka..so, normalx mnusia emg gk pnya kmampuan unik itu, skali lg...who knows...?

Sgtu dulu dech...^_^

Sis Anakkucing, Dee, Dea, Tresna Asti, Ms.terry kmana yach?
Ayo kmen dunks,,..
Slm bwt saudara2q se-My ^0^
And of course bwt om E..^_^
N jg bwt Naka,kmen jg dunks..yuhuu where are u? ^0^/~
N bwt smua-smuax yg gk ksebut 1 per 1,, kalian smua hbaaat! ^0^

Anonymous said...

@ Mas Funky : Iya mas,,saya jg tertarik membahas mslh "Dugaan" HOAX di Merpati Putih,,,
Saya mndapat beberapa foto atraksi konvoi merpati putih,,dmna sebagan pesertanya konvoi nyetir motor dgn mata tertutup di jalanan ibukota,,penutup mata yg digunakan bervariasi (kantong kepala eksekusi terpidana mati,,penutup mata untuk tidur,slayer,bahkan solatip item tebal)
Saya penasaran bagaimana melatih "radar mode" sprti itu (digunakan dlm jarak tempuh yg lmyn jauh pula tanpa nabrak)...
Lebih penasaran lg setelah perwakilan Merpati Putih "katanya" diundang ke Utah untuk mengikuti sayembara senilai USD 1 juta,,dan terbukti gagal stlh menggunakan penutup mata dari panitia (walopun sblmnya sukses dgn penutup mata milik sndiri)
hmmmm....bnr2 hal yg kontradiktif & membingungkan....
Gmn tanggapan Mr E & teman2 yg lain ya ???
^_^

myeyes0125 said...

@angulus n fangky
Seperti sis myheart bilang, kalian berdua identik dengan orang di sini.. Hmm..
Komennya, ok banget.. Ck.. Ck.. Ck..

Anonymous said...

Laler_Ijo said....

Oia,,satu lagi,,,
@ My heart : Saya paham mksud anda tentang kemungkinan orang2 yg mndapat "Gift" dari Tuhan,,tp memang kurang relevan untuk Qta bahas disini (berkaca dr pengalaman saya di thread "alien abduction")T.T
Jd agar tdk rancu menurut saya fenomena ini harus di klasifikasikan trlebih dahulu kemungkinan pelakunya :
1.Orang yg dapat kemampuan khusus dr Tuhan (Undebatable but trully exist)
2.Para "praktisi" Penipu
Check this out :
http://metafisis.wordpress.com/2010/07/11/kumpulan-para-master-tenaga-dalam-yang-dipermalukan/
Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa kategori penipu ini bs menjalankan aksinya hanya "Dengan syarat dan ketentuan berlaku",,dgn kondisi yg sdkit diubah oleh pihak luar saya berani bertaruh mrka hnya akan berteriak "gagal maning....gagal maning..."
wkwkwk.....
Note : Maaf comment-nya G pake bahasa ilmiah tingkat tinggi sprti teman2 diatas,karena jauh dr disiplin ilmu saya....(takut salah kaprah demi dibilang keren)...hehehe....
of course CMIIW,,,
comment saya boleh didebat,disanggah,atopun dilempar balik ke muka saya,,cz saya jg msh belajar....
hahahaha....
^_^

fangky said...

@anonim no132
ho..oh

Mr enigma bahas dong tuhmerpati putihnya
dijamin pasti bakalan ada bunuh2 an
antara anak merpati putih dan bukan merpati putih
wkwkwkwkwk...

sekali2kan ngomongin hoax dari indonesia
jangan hoax dari negara lain melulu..
sekali2 cita rasa lokal..
:p

fangky said...

@my heart @angulo
memang bener antara sains dan ilmu gaib itu merujuk ke hal yang sama karena diciptakan oleh Illah yang sama SANG MAHA TUNGGAL

tapi pertanyaanya bagaimana cara kita "mencapainya"

my heart n angulo bisa bayangkan sebuah kejadian sbb
my heart sedang berada di sebuah daratan "kebodohan"
di tengah daratan kebodohan tsb ada danau yang ditengahnya terdapat pulau "pengetahuan".

pulau tersebut dikelilingi air danau yang selayaknya danau ada yang dangkal dan ada yang dalam
ada yang dasarnya penuh batu2 kerikil atau pasir2 lembut

nah yang ingin saya sampaikan adalah untuk mencapai pulau tsb kita gak harus berjalan "lurus" terus ke depan.
karena ada danau disitu yang kita gak tau kedalamannya

akan lebih baik klo kita "memutar" mencari jalan lain (bro enigma menulisnya dengan kalimat "selalu ada sisi lain")
yang lebih mudah ditempuh
jalan yang dengan air yang dangkal, dengan pasir yang lembut

orang lain seperti my heart mungkin akan lebih memilih menyeberang lewat jalan yang lurus saja meskipun harus menyeberang lewat dasar danau yang dalam

bagus klo my heart punya perahu yang kuat dan kokoh
klo ternyata perahu my heart itu rapuh dan bolong2 gimana??
bisa tenggelam nanti

dalam memahami "fenomena aneh" juga diperlukan analogi sperti cerita di atas.

untuk beberapa orang (spt myheart)
"fenomena" itu bisa dijelaskan dengan kalimat "itu urusan gaib"
tp bagaimana dengan orang lain??
orang lain belum tentu punya "perahu" keimanan yang sama terhadap tuhannya
bisa2 mereka malah terjebak dalam syirik, murtad, aliran sesat, bahkan ajakan lucifer alias "tenggelam" dalam dasar danau tsb

nah untuk beberapa orang yang tidak mau mengambil resiko "tenggelam" spt itu (spt saya) mereka memilih jalan "memutar"
yaitu dari penjelasan logika

dari sinilah mereka "meraba2" dasar danau manakah yang dangkal, yang lebih mudah dilalui???
tujuannya??
sama!!!
sama2 hendak mencari pengetahuan.

jangan kita sedikit2 "menyeberang" danau dengan gegabah.
kasian yang gak punya "perahu"

toh pada dasarnya kita semua berjalan menuju 1 pulau yang sama
pulau "pengetahuan hakiki" yang diciptakan oleh Illah yang sama YANG MAHA TAHU


@myheart
kemudian pernyataanmu
Sains trbtas pd yg dpt dicerna olh akal"
akal siapa??
akal albert einstein??atau akal my heart??
akal orang2 sumeria??atau akal orang2 new york??

akal selalu mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya ilmu pengetahuan manusia

jadi sesuatu yang "tidak masuk akal" pada hari ini bisa jadi akan dianggap hal biasa pada masa depan

bahkan bisa jadi dimasa yang akan datang kita akan mengadakan perjanjian dagang dengan mahluk alam gaib ato mungkin pertukaran pelajar, dsb

intinya adalah antara gaib dan sains memang sejalan tapi klo kita bisa menelaahnya dari sisi sains kenapa tidak???
gak semua orang terpuaskan hanya dengan kalimat "itu urusan tuhan"

Anonymous said...

Laler_ijo said....

Lagi2 saya...cape deeeeehhhh....
Nih saya kasih slh satu link yg membongkar kedok beberapa "modus" telekinetik,,sprti memecahkan botol/lampu jarak jauh,menjatuhkan bata,sampai mendorong baskom berisi air;
Check this out guys :
http://metafisis.wordpress.com/2009/12/23/jawaban-penjelasan-kehebatan-energi-metafisik-benarkah-itu-nyata/
Note : Jgn dilihat background web diatas,
tp lihat proof ilmiah yg disajikan di dlmnya...
Beberapa penjelasan diatas hnya sdkt penjabaran,,saya yakin untuk kategori telekinetik yg lain pun hnylh "Something Tricky".
Makanya sesuai comment saya sblmnya :
"Mereka hanya bs melakukan jika dgn syarat dan ketentuan berlaku"
Of course,,,CMIIW........
^_^

anakkucing said...

@myheart2105, kita perna diskusi sedikit soal ini di posting stargate, dan diskusi kita masih ngegantung di situ.. hehehehe..
bukannya ndak mau komen, tp bole ga ya kl komen saya yg di stargate saya copas ajah? cape soalnya.. ^^;
dan saya masih berpendapat sama..

oh ya, "Pnelitianx drahasiakan sj, jika para agamawan itu brkeberatan diexpose ke publik"
kl dirahasiakan, gimana publik bisa tau bahwa memang ada praktikan telekinetis yg murni kekuatan pikiran?
hmm..
"setelah universitas A melakukan penelitian thd 100 biarawan, maka didapatlah bahwa telekinetis memang ada/ tidak ada"
para skeptis bisa saja berspekulasi bahwa tidak dilakukan penelitian, atau data tidak valid.. dan banyak spekulasi lainnya..
lagipula, utk beberapa org yg sudah tidak terpengaruh dengan duniawi, selain alasan terkait dengan agama, mereka biasanya tidak akan mau berurusan dengan duniawi lagi, sekalipun untuk sains..
tp yaahh, siapa tau juga mereka mau..

"And who knows that such thing so-called telekinesis, TERNYATA adlh ANUGERAH TUHAN semata kpd org2 tertentu? Itu jd kelebihan skaligus UJIAN bg mreka..so, normalx mnusia emg gk pnya kmampuan unik itu, skali lg...who knows...?"
ini.. kurang-lebih sama dengan pendapat saya di stargate..
ternyata kamu juga berpendapat begitu.. ^^

fangky said...

@laler ijo
omong2 soal penipuan
gua jadi inget pengalaman gua nih
(kok dari tadi gak inget ya???)
gak ada bukti otentik sih..
la wong cuman pengalamanku e...
yg jelas no hoax lah (puasa gak boleh boong)..

dulu pas saya masih kelas 2 smp ada serombongan kyai pake jubah, surban dsb mengadakan "pertunjukan" di lapangan di kampungku

si ustadz memasukan salah seorang (saya lupa entah anak buahnya entah penonton) ke dalam kotak. korban dikarungin ke dalam kain hitam, dimasukkan ke kotak dikunci dan dirantai dari luar,lalu kotak tsb (kotaknya berwarna merah) ditutup kotak lagi yang lebih besar yang terbuat dari kain
kotak kain ini bewarna hitam dan bolong dibawahnya
jadi kotak kain hitamnya menutupi (persis spt tudung saji makanan) thdp kotak merah
sampe disini jelas gak penjelasan saya??

si ustadz pimpinan rombongan ini mengaku punya karomah dari Alloh Swt, dia bilang bisa gerakin benda dari jarak jauh gitu dech
itu dibuktikannya dengan menggerakkan mobil,

gua waktu itu kagum2 aja , padahal klo sekarang dipikir paling2 pake remote kontrol

pembuktian kedua telekinesisnya adalah dengan menggerakkan kotak kain hitam tadi (yang didalamnya ada kotak merah dan di dalam kotak merah ada orangnya)

berhasil!!
kotak hitamnya terangkat sekian puluh centi dan berputar2 di atas kotak merah

nah percobaan ketiga telekinesisnya adalah dengan meletakkan gelas di atas kotak merah trus ditutup kotak kain hitam dan "katanya" gelas2 yang disusun di atas kotak merah akan pecah sendiri karena kekuatan sang ustadz

saya lupa ada berapa gelas yg disusun
pas gelas pertama pecah penonton pada bertepuk tangan
nah pas gelas kedua ada temen gua yang jail yang penasaran kok bisa gelasnya pecah
jadi dia (sebut aja jon namanya ) ngajakin saya buat buka kotak kain itemnya

kawan saya beneran nekat, dijungkirnya kotak kain itu
nah pas dibuka TERNYATA dalem kotak kain hitam itu ada ORANGnya yaitu orang yang diket dan dimasukin ke kotak merah tadi.
orang itu bawa MARTIL kecil dan mecahin gelas tadi (jangan tanya saya ya dia keluar dari kotak merahnya gimana saya juga gak tau)

kontan aja seluruh penonton yang liat langsung teriak hu...
malah pada ngelemparin botol minyak yang dibelinya(oh iya kelupaan..di sela2 sulap ada barang yang dijualin berupa minyak yang katanya bisa menyembuhkan aneka penyakit)

wkwkwkwkwk...
klo inget itu jadi ngakak saya
bayangin ekspresi si mas nya yang bawa martil menatap PASRAH ke saya (posisi saya dkk paling dekat ke kotak)
NELONGSO TENAN....
hua..ha..ha...ha...99x

enigma said...

@fanky: saya memang lebih hati-hati kalau ngomongin/posting soal misteri2 indonesia karena saya biasanya banyak mendapat kritikan dari mereka yang (merasa) lebih tahu.
Tapi soal merpati putih, saya yakin bukan hoax. yang dianggap hoax oleh randy adalah vibravision, atau melihat dengan getaran.
Saya tidak tahu mengapa praktek vibravision bisa gagal dilakukan oleh MP ketika diganti tutup matanya. sebabnya bisa banyak. dan saya tidak ingin mengomentari soal itu.

Tapi, mengenai tenaga dalam dll, saya percaya ada, namun sepengetahuan saya, memang hanya bisa dipraktekkan dalam kondisi tertentu. Misal, soal mementalkan org dari jarak jauh, Pada beberapa (mungkin tidak semua) perguruan TD di indonesia, ini bisa terjadi dengan syarat penyerangnya EMOSI yang menyebabkan gelombang otaknya terpengaruh oleh TD. Tapi, jika penyerangnya tidak emosi, maka ia tdk akan terpental.

Dalam pikiran para skpetis semacam Randy, syarat ini dianggap sebagai kegagalan.

Contoh lain, mematahkan besi pompa. Dalam pikiran para skeptis, kalau bisa matahin besi, harusnya juga bisa hancurin meja. Kalau tidak bisa, ini berarti kegagalan.

Jadi, kesimpulannya, saya percaya tenaga dalam itu ada. Namun, MUNGKIN memang bisa dipraktekkan hanya dalam kondisi tertentu. Wajar saja menurut saya. Tapi, saya tidak akan heran kalau ternyata ada TD yang bisa dipraktekkan tanpa kondisi tertentu. CMIIW :P

fangky said...

@MR enigma
salam kenal sebelumnya

btw loh kenapa takut Mr
minimal bahasanya aja yang diperhalus
jadi bukan sebagai kritikan tapi sebagai ajakan
misal "ayo merpati putih, buktikan kamu bisa"
jadi orang MP gak akan merasa di"tuduh"
malah pasti mereka sharing dan menunjukkan bukti2 tandingannya
(btw ada orang MP gak ya di sini??? jangan2 maniak inet semua, gak ada yg doyan beladiri :p )

nanti pasti akan seru
lagipula saya juga penasaran ama vibravision nya MP

tapi terserah Mr E lah,yang punya "negeri" ini situ kok
saya menghormati semua keputusan Mr E
:)

eh..masih terkait ama anggota tubuh manusia nih
klo gak mau bahas MP bahas AKTIVASI OTAK TENGAH aja gimana??

banyak yang bilang itu bohong aka HOAX
bahkan hanya penipuan semata
tapi banyak juga yang mendukung

he..he..klo emang HOAX bayangkan berapa banyak anak2 kecil dan orangtua yg terselamtkan dari SCAM ini
mas enigma bakalan masuk sorga loh :p

klo ternyata emang bukan hoax
cepet2 mas enigma klaim ke agen2 aktivasi otak tengah
bilang "eh kamu tak iklanin loh di blog aku...kasih persenan ya.."
he..he..he...

gimana???tertarik???

Anonymous said...

Laler_Ijo said....

@ Funky : Yuppp !!! Emang bgtulah kenyataannya,,bnyk fenomena2 orang berkemampuan "ajaib" yg sblmnya tdk dpt terjelaskan tp trnyata ada unsur trik didalamnya....
Walopun bnyknya oknum yg demikian itu tdk dpt menafikan kenyataan bhwa diluar sana benar2 ada orang2 yg punya skill sejati seperti itu.
Akan tetapi saya pribadi meyakini bhwa orang2 yg punya kemampuan sejati sprti itu tdk akn mau dipublkasikan,,existensi mereka biasanya hnya diketahui sebatas lingkungan yg exclusive saja (misal Stargate),sdngkan sisanya (misal orang dayak yg bs lari diatas air td) memilih meyembunyikan diri demi menjaga kemungkinan buruk drpd dikira mutan (mlh berakhir di meja lab),ato lbh tragis lg dikira dukun santet (endingnya cm dibikin BBQ oleh massa)....
ah kapok saya bahas2 yg nyerempet gaib lg,,cz sampe debat berdarah2pun G akn ada endingnya,cz bukan berarti gaib itu G ada,,tp jelasinnya yg susah,karena salah kata dikit bkl jauh dr mksud penyampaian....
:p

Myheart2105 said...

Myheart2105 berkata...

Umm,,bnyk tnggapan..trims y tman2 ^0^

@Green_Fly:
Iya bner Green_Fly ^_^
Klu ''special gift'' dr Tuhan jg dhitung sbg kmgkinan,, so, jdix udh ada 3 kmgknan dr telekinesis..2 sblmx udh aq sbutin,,..^.^
Kalo 'trick', gmana mnurutmu pa bs djadikan kmgknan ke-4? Soalx khan gak bneran bs memanipulasi bnda, yg 'dmanipulasi' adlh pnontonx...^.^
Oyach,, yg km maxud ''syarat n ktentuan brlaku'' itu yg ''tricky''-kah, atw yg ada hubunganx dgn ''(bntuan) gaib'' gtuh, atw kduax?
Nice comment Green_Fly,,keep sharing ^0^

@Fangky:
Thx udh mnanggapi kmentarq,,^0^.
Q gk prnah lho lgsg memastikan telekinesis itu adalh psti fnomena gaib, spt yg Fangky blg:
''untuk beberapa orang (spt myheart) "fenomena" itu bisa dijelaskan dengan kalimat "itu urusan gaib" tp bagaimana dengan orang lain??''

Spt yg Fangky lht q pd awalx mngajukan 2 kmgknan telekinesis (bkan memastikan yach..^^) yg trnyata brtmbh 1 lg dlm kmntrq brikutx (jd udh ada 3 ^^).
Bner yg gaib dan nyata itu ilmux Tuhan. Q sngt mndukung sekali kalo ada yg ingin mngungkap ''fnomena aneh'' dr sdut pndang sains. Syaratx cm 1, jgn smpai ''kcebur'', ''syirik/mnduakan Tuhan'', atw parahx smpai mnganggap Tuhan itu gk ada...Nah, kalo udh ada indikasi ke arah sana,, ini yg sbaikx diingatkn olh saudara2 yg lain..
Kalo istilahx mnurut q, yg kyk gni ini neyh:
''mereka memilih
jalan "memutar" yaitu dari penjelasan logika dari sinilah mereka "meraba2" dasar danau manakah yang dangkal, yang lebih mudah dilalui???''
Maxudx MERABA2 dgn LOGIKA yach?? Umm..kalo mnurutq justru itu yg brbahaya Fangky, brspekulasi ttg hal yg ''gaib'',, msti ada rmbu2x: keimanan qt jgn smpai rusak...

Brsmbung...^0^

Myheart2105 said...

Smbungan...^0^

Trus kalo ada msalx yg brpndapat bhwa telekinesis itu adlh hal yg brhubungan dgn perihal gaib, ya sah2 aja,, dan itu tdk mnybabkn dia ''kcebur'' khan? Brarti telekinesis yg kyk gtuh harusx dihindari...

Sains emg trbts pd yg trcerna olh akal, makax bersifat trbtas, akal siapa? akal qt manusia, akal siapa sj, yg plg jenius skalipun,, krna sains lahir dr pngindraan qt trhdap alam smesta khan? Informasi yg msuk diolah olh otak, dikaji, dibuat hipotesis, diuji n dbuat teori/dalilx, smuax bs dirombak lg kalo dtemukan teori yg lbh baik...so, msalx skrg org2 brspekulasi bhwa pikiran itu adlh energi, who knows trnyata di masa dpan, pndapat ini ditolak mntah2..
Nah, dsaat sains sdg dlm tahap pncarian, sbaikx qt jgn m'buat pncarian sndiri yg GAK ILMIAH, yg gk bs dprtggungjwbkan (di hadapan Tuhan), (yg ini gk dtujukan kpd org trtentu, tp berupa himbaun kpd semuax ^^) yaitu ''meraba2 dlm gelap'', ''oh sbnarx telekinesis itu kyk gini, kyk gtu lho..'', takutx salah2 spekulasi kyk gtu bs ''kcebur'', larix kmana2,, yg plg fatal smpai pd thp pngingkaran eksistensi/kuasa Tuhan..

Dan oyach, 1 lg..
Darimanax dr kmenq yg mnybabkn km blg:
''gak semua orang
terpuaskan hanya dengan kalimat "itu urusan tuhan"..''?
Apkh mnurutmu q mnekankan kalo dlm telekinesis murni hal gaib/atw hal yg tdk trjgkau akal pikiran scr mutlak?? Rasax q ndk ada blg kyk gtu dech Fangky ^_^

''intinya adalah antara gaib dan sains memang sejalan tapi klo kita bisa
menelaahnya dari sisi sains kenapa tidak???''
Bs ja bgtu, bs ja tdk, tp kalo emg bgtu, jgn smpai sains mlh slh kaprah, dan efekx 'mngenaskan' spt teori evolusi..
Makax seorg ilmuwan itu sbaikx adlh org yg cakap dlm bdangx, skaligus brtaqwa pd Tuhan YME...^_^v

@Anakkucing:
Haaaai ^0^
Aq respond yach...
Maxudq yg drahasiakan khan pnelitianx,, tp hasilx enggak. Tujuanx, agar saat pnelitian, prosesx brlgsg lncar, meminimalisir intrvensi dr pihak2 yg mnentang..dan jg bwt mrahasiakn subjek pnelitian,, dan jg agar si agamawan yg djadikan subjek pnelitian mrasa nyaman, krna tdk repot dgn expose media massa, tdk drepotkn dgn popularitas, atw tuduhan miring...

Iya, qt spndpt yach..^_^,, yg itu jd kmgknan ke-3, who knows?

Anonymous said...

Salam kenal Bung Enigma :) Blog-nya mantep, hehe :thumbs up:

Saya pribadi sih percaya aja sama telekinesis itu. Kekuatan pikiran manusia itu menakjubkan, bahkan seringkali tdk bisa diteliti pakai sains atau dicerna akal sehat...

Tadi saya sempat baca dikit komen2 di atas, sepertinya agak banyak juga yang mengatakan kalau mereka punya 'kekuatan' (firasat & semacamnya), saya kira hampir setiap orang punya, saya sendiri juga pernah. Tapi sekarang, misalnya kita balik logikanya, maka bukankah jadinya -alih2 firasat- maka yang muncul 'apa yang kita percayai, itulah yang terjadi'? Guru biologi saya dulu sering bilang, "hati2 dengan apa yg kamu pikirkan, karena itulah yang mungkin akan terjadi."

Bukannya maksud saya ngeremehin/ gak percaya sama komen2 ybs, ini cuma pemikiran mendadak yang timbul. Krna saya sendiri lumayan percaya sama kekuatan pikiran. Tapi well, rasanya 'kekuatan' macam ini bisa muncul hanya dalam skala2 kecil yang... nggak terlalu signifikan dlm kehidupan sehari2. Jadi maksudnya, kekuatan pikiran itu memang ada, tapi ada banyak hal yang mempengaruhi... (kok jadi mbulet sendiri yah)

Hanya sekedar menyampaikan pendapat. Banyak yang belum masuk di sini sih, ntar kepanjangan, hehe. Thanks.

random_kid

Lica Lawliet said...

waw.. saya tertarik dgn 1.000.000 dollar.. hahahaha
langsung buru2 belajar telekinesis.. :P

Anonymous said...

Zigma E '10 said
Sebenarnya saya hanya ganti nickname di blog ini yang harusnya "Ariel 10" menjadi Zigma E '10.Wah.. telekinesis ya,saya percaya mungkin beberapa orang mempunyai telekinesis.Lagipula mungkin ,masa depan banyak orang akan menggunakan telekinesis.Karna pernah masuk dikoran alat untuk mengontrol TV ,Radio atau yang lain ,dengan satu \ dua kedipan mata.Kalau tidak salah alatnya seperti topi lalu dibawahnya ada chipnya.

anakkucing said...

@laler_ijo, hehehe..
dari link kamu berikan, seolah kamu tidak setuju..
tadi saya mau memberikan pandangan saya, tp melihat komen kamu no. 143, ternyata kamu beranggapan bahwa memang ada org yg mempunyai telekinetis murni kekuatan pikiran? CMIIW yah..

saya setuju dengan kamu, bahwa kasus ini harus diklasifikasikan..
kl menurut saya, menggerakkan benda dari jarak jauh dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

1. sihir. dengan cara meminta bantuan setan atau jin/ hantu/ dedemit/ lelembut.. apapun aktivitas yg meminta bantuan mahkluk dunia lain, dianggap sihir.. termasuk teluh, tenung, santet, pelet, dll..
tentu ini bukan murni telekinetis..

2. sulap. dari link yang bro laler_ijo berikan, beberapa orang yg mengaku praktikan telekinetis ternyata berbohong.. tidak ada telekinetis, yg ada hanyalah trik sulap untuk menggerakkan, mengangkat, menghancurkan benda dari jarak jauh.. jadi BUKAN telekinetis juga..

3. remote control. well.. err.. kita sama2 taulah ya.. hehehehe..
yg ini sudah pasti bukan telekinetis.. hehehe..

4. telekinetis. nah, kl menurut saya, ini murni kekuatan pikiran.. jadi tanpa bantuan jin, sulap, atau remote control.. hanya dengan memikirkannya saja kita bisa mengendalikan benda dari jarak jauh..
itulah yg disebut dengan telekinetis..

soal "anugerah" yg myheart2105 katakan, sepertinya relevan-relevan saja dengan artikel ini..
well, bakat yg diberikan oleh Yang Maha Kuasa bukan kekuatan gaib kan? contoh "gift" ini bisa berupa macam2, misal bakat melukis..
atau bakat seorang anak kecil yg bisa 10 bahasa dengan sangat lancar padahal baru berusia 5 tahun..
is it a "gift", isnt it?
relevan saja dengan topik telekinetis ini..
dan saya percaya, selain telekinetis adalah "gift", tp bisa juga dipelajari dengan ketekunan..
tp kl "miracle atau mukjizat" baru deh tidak relevan..

@myheart2105, saya bikin jadi 4 deh, hehehe..

@bro enigma, hmm.. ada benarnya sih bro.. tp kl memang tenaga dalamnya itu memang real, seharusnya sudah terlatih untuk digunakan berbagai kondisi..
seperti para fakir, kl bisa tidur di atas paku, logikanya juga bisa berjalan di atas pisau atau kaca atau benda tajam lainnya kapanpun dan dimanapun..
karena konseptual yg dipelajari bukan? teknik pernafasan, pengaturan potential power, pemahaman material yg jadi objek, dll..
anu, mahap ya bro, pdhl apa sih saya ini, kok berani2nya ngomentarin bro enigma.. ^^;

CMIIW

Myheart2105 said...

Mmm,,kykx hr ini blm datang...(*hhhh*),,mgkn bsok (tik..tak..tik..tak..T_T)

@Naka:
Nakaaa,,ayo main ksini dunks..T_T,, q jnji gk bkalan mggil km naka(l)shima lg....T_T,,

Nakashima said...

Sy benci bikin laporan dan hari hujan!!
Tp inilah skrg yg harus dgn tegar (wkwkwk) sy hadapi.
Ehm, apa kabar semua warga enigma?
Tengok komentarnya, alamak! Baru sebentar ditinggal sdh bejibun, ck ck, ruaarrr biasa!
Bang E, abis ini sekalian dibahas tentang pyrokinesis. Kalo bs sekalian jg hydrokinesis, geokinesis, haha, rahasianya si Avatar bs trbongkar nih.
Kalo lg bokek, sy usul, duitkinesis wkwkwk XD

Gak afdol rasax kalo gk menyapa Sweety :)
Ehm,, apa kabar Sweetheart? :D :D
Lama tak bersua dgn saya, miss me? (hak hak..pd-nya sy :D )

Oh, sy tau apa maksud ''tik tak tik tak'' itu.
Tenang aja Sweetheart, kamu pasti gak bakalan kecele, eh kecewa. Sy sj percaya (hahay..XD)

Next buat Myhead, gmana kbrmu bro??, sekalian buat saudara se-my-nya Sweety, slm hangat dr sy. Sis Anakkucing, Dee, dan eh ada Lica, Dea, Tresna Asti..selanjutnya buat seluruh warga enigma tnpa kecuali. (Capek nyebutin 1-1)
Dan terakhir yg mesti disapa, housemaster: brader E yg bijaksana! Hail Enigma!!


Sekarang ''telekinesis'' dpt kehormatan buat dibahas.
Karena menghayal gak dilarang disini, sy mau menyumbangkan hayalan saya.
Sepertinya bro E menitikberatkan pd penjelasan ilmiah (setidaknya begitu, walaupun Sweetheart punya alasan meragukannya), yaitu menghubungkan pikiran dan telekinesis.

Ehm, dlm pola pikir ini, ''mind'' dan ''telekinesis'' bs dikaitkan, jika dipakai teori ''energi'' spt yg bro E tulis. Dikatakan bahwa pikiran itu adlh energi, kemudian energi pikiran itu disalurkan/diproyeksikan kpd objek baik scr sadar ataupun tidak, sehingga mempengaruhi energi objek itu dgn cara yg unik (haha, sy bilang unik, krn sy tidak tau mekanismenya, ada yg tau? XD), akhirnya objek itu mengalami reaksi: melayang, bergetar, pecah, bengkok, dsb.
Haha, sy kira msh banyak mata rantai penjelasan yg hilang dr penjelasan itu.

Daripada berfokus pada ''pikiran=energi'' yg bikin mandeg, krn setau sy pikiran itu tidak berwujud, non-materi, hal yg abstrak, sehingga gak berhubungan dgn materi berupa foton (paket2 energi). Dimana pikiran itu? Di otak-kah? Jika ya, apakah foton2 terpancar melalui otak?
Kalo ya, seharusnya sudah diukur, ya setuju, gelombang otak maybe?? Sudahkah ada penelitian serius ke arah sana? Karena gelombang otak yg katanya (hanya) beberapa puluh hertz itu, jika benar, ternyata bs menggerakkan benda2! Fantastis!
Stlh sy cari2 di Google sayangnya sy belum bersua hubungan antara ms. brainwave dan mr. Telekinesis. wkwkwk...XD

*Yg ini pasti bersambung wkwkwk XD*

Nakashima said...

Part 2


Ya sudah, ini hayalan saya:
Tubuh kita tak diragukan lagi mempunyai energi. Sebenarnya energi ini dapat bersifat biologis, misalnya senyawa2 ATP, yg digunakan sbgai pembangkit energi dlm skala sel, diseluruh tubuh. Tapi manusia jg punya energi laten yang berhubungan langsung dengan tubuh non-fisiknya. Energi ini adlh 'energi kehidupan' yang tak tergantung pd sumber energi berupa makanan-minuman, tapi energi yang sudah diberikan oleh Tuhan sejak ia diberi kehidupan. Energi metafisik ini pada dasarnya stabil pada ''kontainer''nya, tapi dapat terpengaruh/bergemuruh oleh aktifitas mental yg kuat. Misalnya berpikir mendalam, merenung, marah yg amat sangat, sedih yg mendalam, atau dalam ketenangan yang luar biasa. Tapi bukan selalu dapat diakses dalam setiap keadaan marah yg amat sangat, atau sedih yg mendalam, dst, karena hal ini tergantung pada terbukanya jalur akses dari ''kontainer''nya oleh karena Divine intervention, spiritual being intervention, atau memang diberi keleluasaan oleh Tuhan utk mengaksesnya sewaktu2.
Pada dasarnya energi kehidupan ini tidak dapat memberi efek pada objek yg dituju, tetapi energi yang dilepaskan ini memanipulasi terlebih dulu ''energi bebas'' disekitarnya diantara dia dan objek. Energi bebas ini terdapat diseluruh alam semesta dan bersifat laten. Energi bebas yg termanipulasi oleh energi kehidupan seseorang dpt mengacaukan keseimbangan2 fisika yg mengatur materi pd objek. Trgantung pada aspek pd energi bebas itu (apakah kualitas, kuantitas, atau cara kontaknya dgn objek), menghasilkan efek yg bermacam2: meniadakan gravitasi dalam suatu ruang (space) tertentu, mengacaukan 4 gaya fundamental pd level atom dgn pola yg sama sekali berbeda, atau menciptakan getaran pada level atomik, shg ikatan antar atom tdk stabil, dll.
Nah, kondisi pikiran disini adalah salah satu pentrigger 'bergemuruhnya'' energi kehidupan itu.
Pada dasarnya pyrokinesis, jg bisa terjadi dgn mekanisme yg sama, tapi bedanya, energi bebas yg termanipulasi oleh energi kehidupan itu, berubah menjadi api...ada gas, dan ada kalor.

Tapi perlu diingat, bahwa semua itu terjadi tidak terlepas dari God's Will selaku Pemilik Energi dan Penguasa Alam Raya.

Mengapa Nabi tidak pernah terdengar memakai telekinesis?
Karena energi kehidupan pada dasarnya memang bukan untuk telekinesis, tapi untuk hidup.
Lagipula untuk membuka akses terhadap energi itu, salah satu caranya adlh dgn bntuan spiritual being (yg ini disengaja/disadari siempunya). Makanya tidak pernah dicontohkan, berbahaya.

Haha.. segitu dulu hayalan sy..silakan dikritik sejadi2nya, monggo dihajar habis2an coy.
Haha XD

Anonymous said...

yg masi aneh kenapa hal2 spt ini muncul tanpa ada bukti nyata ya

determity said...

saya tidak percaya dg kemampuan telekinesis, mungkin kalo ada campur tangan teknologi jadi lain ceritanya.

anakkucing said...

@nakashima, hmm.. kamu kurang percaya hubungan antara pikiran dengan telekinetis yah? lebih kepada teori "energi kehidupan"..
tp trigger energi kehidupan itu kamu bilang pikiran.. ~,~"
maaf ya bro, tp menurut saya, dua pendapat tsb sedikit bertentangan, soalny yg satu mengatakan pikiran tidak bisa merangsang telekinetis, yg satu lagi bilang secara tidak langsung, pikiran memang yg menjadi dasar telekinetis..

soal nabi, sbnrnya saya enggan berkomentar, tp menurut agama saya, salah satu mukjizat nabi besar sulaiman AS adalah mengendalikan angin.. dan itu bagian dari telekinetis kan..

CMIIW

alasan knp saya lebih percaya otak yg punya andil dalam kegiatan telekinetis ini, adalah karena pusat seluruh perintah untuk apapun kegiatan manusia ada di otak..

Anonymous said...

Laler_ijo said....

@ anak kucing : Thx 4 correct me.... ^_^
saya mau meluruskan saja,statement yg saya tujukan untuk MYHEART bhwa hal itu kurang "relevan" untuk dbhs disini adlh bukan tentang "special gift-nya",,tp pada aspek supernatural yg otomatis melekat dlm "gift" ini,saya hnya tkut klo kemudian ada yg mengasumsikan dgn gaib,,sdngkan Qta tau bhwa pembahasan tentang gaib akan sulit menemukan penjelasan yg memuaskan,mk dari itu cukup saya sebut "undebatable but trully exist"...
Kemudian alasan saya menyederhanakan "klasifikasi" saya semata2 hny agar mudah dipahami teman2 yg lain saja,cz kita tahu blog ini memiliki scope pembaca yg bervariatif (dr awam sampai expert),,selain itu jg brdasarkan prosentase mayoritas kenyataatn di lapangan yg paling sering trjadi,cz setahu saya yg terjadi & bisa dibuktikan di sekitar Qta adlh "Telekinetik Palsu",,dan saya jg yakin bhwa teman2 yg lain pun amat sangat jarang menyaksikan fenomena "Telekinetik asli" yg anda sebut diatas td....
selebihnya saya setuju dgn anda....
:D

Anonymous said...

@anak kucing,, ttg pernyataan kamu "salah satu mukjizat nabi besar sulaiman AS adalah mengendalikan angin dan itu bagian dari telekinetis kan.." saya kurang setuju, kalo telekinesis itu kan dari pkiran dan atas kehendak sendiri, sedangkan angin yang dikendalikan Nabi Sulaiman Alaihissalam tentunya bukan atas kehendak Nabi Sulaiman Alaihissalam, tetapi atas perintah ALLAH (maaf saya membawa ttg agama). sama kasus nya dengan ketika Nabi Musa Alahissalam membelah laut dengan memukul tongkatny, Nabi Musa Alahissalam melakukan itu karena perintah ALLAH, bukan atas kehendak Nabi Musa Alahissalam. silahkan anda merujuk ke kitab-kitab hadist atau tafsir mengenai mukzizat tsb. maaf jd ceramah ^^

Ryu said...

wah,,,
masalahnya udahh terpecahkan bro,,,
yg 1 klo stiap bnda mmliki energi nd' qt bsa mngendalikannya dgn kekuatan konsentrasi qt(mski hnya org trtentu yg bsa),,,,
nd' jga inget deh film matrix, klo smwa bnda ini terdiri dr ion2 energi yg bsa qt rubah dgn khendak qt nd' ada bentuknya krena otak qt menganggapnya bgtu, cba klo qt pkirkan bnda i2 bsa bengkok pzti bsa bengkok dgn kekuatan konsentrasi pikiran,,!!

Kyak rommy rafael, Kekuatan Pikiran,!!

anakkucing said...

@anonymous, ah thx for the discussion, saya enggan berbicara masalah agama karena pengetahuan agama saya memang masih minim.. ^^
tp setau saya, mukjizat nabi Sulaiman AS tsb adalah anugerah dari Allah SWT ketika beliau sangat menyesal lalai mengerjakan perintahNya karena keasikan bekerja (menurut sejarah, menggembalakan ternak).. karena saking menyesalnya, nabi Sulaiman AS terus beribadah tanpa melakukan hal lain demi memohon ampunanNya.. sehingga Allah SWT memberikan beliau mukjizat dapat mengendarai/ mengendalikan angin..
sedikit berbeda dengan mukjizat nabi Musa AS yg kamu contohkan itu..
kl perihal karena ijin Allah SWT, sesuai dengan kepercayaan saya, semua hal yg terjadi di dunia ini atas ijin Allah SWT, baik mukjizat nabi maupun hal2 biasa.. :)

well, tp sekali lagi, saya mungkin khilaf menafsirkan sejarah para nabi besar.. saya bersedia diskusi masalah ini lebih lanjut, tp jangan di sini..
kl berkenan, silakan ke email saya saja: terlanjur_cantik@gmail.com
agar topik ini tidak OOT dan tidak mengandung SARA..

@bro enigma, maaf ya bro.. jadi OOT karena salah satu komen saya..

anakkucing said...

@anonymous 158, oh ya, masalah kehendak sendiri atau bukan, kl Allah tidak mengijinkan, tetap tidak akan terjadi.. hehehe.. CMIIW.. :)

Alter Diaz said...

dulu banget, masih kelas 2 - 3 SD
q bisa membengkokkan kertas,
tp skrg ndak bisa sama sekali
awalnya iseng2 liat kertas dgn keadaan fokus
gitu trus tiap hari, tau2 bisa gerak sendiri
intinya sering2 latihan pikiran buat nggerakin sesuatu yg ringan dulu

Anonymous said...

Myheart2105 berkata.....

@Naka:
yes, I believe....T_T
Eh pa itu bner2 khayalan km???
hebat dunks...^^
Berusaha mnggabgkn sains n relegius...umm,, mnarik bgtz,, biarpun q gk familiar, tp membacax asyiikk..^^

@anakkucing:
umm...kalo mngendalikan angin..kykx gk msuk pnertian telekinesis dr om Enig dunks...
n yg dblg Naka itu kykx pikiran gk bs menimblkan telekinesis scr langsung, tp pakai perantara...n pakai syrat trtentu gtu...Divine intervntion, atw spiritual being, atw gift from God...(kira2 gtu dech aq memahamix..^^)
umm..kalo yg nabi Sulaiman itu,,mgkn msuk Gift from God???
soalx pnertian mukjizat itu klu gk slh karunia Tuhan yg dbeikan kpd nabi/rasul yg diluar kewajaran (aneh tp nyata, luar biasa) tp gk bs diulangi sekehendak hati nabi/rasul itu,,so emg bner2 keajaiban dr Tuhan,,,msalx Nabi Musa membelah lautan, tu krna diperintahkan sm Tuhan terlebih dahulu...CMIIW^^

Anonymous said...

wah, baru kmrn2 saya liat video dari james randy :D
memang dia orang yang bagus dalam mengungkapkan trik2 sulap :D tetapi yang saya sesalkan dari sosok james randy yang skeptis adalah tidak percaya ada nya Tuhan :D
dia berfikir secara logis, semua bisa dijelaskan secara logis, tapi klo kekuatan Tuhan bisa dijelaskan secara logis, brati Tuhan sama dunk dengan manusia :D

kanz said...

Banyak banget yang komen jd bingung mau ngomen apaan..Hehehe XD..
Salam, mas enigma...udah lamaa banget saya gag komen tp untungnya saya tetep update dengan postingan terbaru...
Saya jadi teringat soal pyrokinesis...
Kpn dibahas mas??

Trims.. Oya salam buat enigma lovers se-indonesia

Nakashima said...

@Sis Anakkucing:
Haha, serius, km menanggapi komen sy? Tapi thx ya.
Begini cutie (boleh kan? :D). Sy memang tdk berpendapat bahwa pikiran itu berhubungan secara LANGSUNG dgn telekinesis, misalnya dgn menganggap pikiran itu adlh energi. Bagi sy, pikiran adlh hal yg abstrak, aktifitas mental dan termasuk non-materi.
So, sy berpendapat KONDISI pikiran itu cm salah 1 pentrigger untuk men-unstable-kan energi kehidupan. Cuma sampai sana, mengenai sampai pd telekinesis ada beberapa step lg. Yaitu: pembukaan akses thd 'kontainer' energi kehidupan (yang syarat2nya telah sy tuliskan), kemudian keberhasilan manipulasi energi bebas, dan keberhasilan kontak dan manipulasi energi bebas terhadap objek.
Jd apakah pikiran mempengaruhi telekinesis? Ya, scr TIDAK LANGSUNG, dan bersyarat.
Begitu hayalan sy Cutie XD

@Sweety:
Ini hayalan yg terinspirasi. Haha, sy tersanjung Sweety XD XD
Kayaknya hari ini bakalan cerah sampai malam..wkwkwk :D

paradox boyz said...

syarat - syarat untuk melakukan telekinesis:

- percaya diri/mental yg kuat
- fokus & konsentrasi tingkat tinggi
- cakra yg cukup/ punya medan energy yg cukup (dapat dimiliki dgn cara yoga/meditasi dan latihan fisik)
- pikiran jernih
- relax

dan mungkin ketika Uri Geller gagal melakukan telekinesis ia tidak memenuhi syarat - syarat di atas. Mungkin ketika ia melakukan telekinesis ia sedikit gugup sehingga tidak relax dan kondisi otak pada fase gamma wave sehingga mindwavenya tidak tersalurkan pada partikel - partikel benda tersebut. tentu saja jika ia tidak relax/nervous, ia tidak memenuhi syarat di atas.

Anonymous said...

KiRei

selamat sore. .
keren . . =D
bisakah telekenesis ini qt pelajari dan latih ?
bagaimana caranya ?

Anonymous said...

Soal kemampuan itu saya sangat percaya... ada 3 orang teman saya yg bisa melakukan hal tersebut. bahkan yang 1 orang mampu meleleh kan logam besi dan emas. benar2 tidak ada rekayasa.. sy sendiri awalnya tidak percaya...
saya mulai percaya karena semua materi benda yg di bengkokan atau di lelehkan itu dr saya

Anonymous said...

--ARNOLD--
(mas enigma, saya mles log in pake google account =p)
katanya kalo orang bisa mengatur otak tengahnya
(dan udah tentu otak kanan) orang bisa menggunakan telekinesis

soalnya itu sama aja kaya power of will,
kemauan, konsentrasi, dan pasti IMAJINASI
bukan SUPERNATURAL

kemaren di Sekolah saya (SMA) ad seminar

di prakteknya, kita harus memotong sebuah baja
tebalnya aj 5-7 cm
pake koran!

dan kita bisa
kita g punya kekuatan supernatural
cuma IMAJINASI, KONSENTRASI, n KEMAUAN yg kuat

kalo otak kanan bekerja dengan baik
(kita bisa mengatur sesuka hati)

telekinesis mah gampang :)

paradox boyz said...

hmm bro enigma boleh gak klo bisa tolong post kan artikel penjelasan bagaimana kinerja dan proses telekinesis lebih detail.

hmm... saya yakin sebab pada dasarnya telekinesis di pengaruhi aktivitas otak pada fase dan frekuensi tertentu yg menyalurkan gelombang pada media udara sehingga partikel - partikel proton,newtron,electron di udara maupun di objek atau benda termanipulasi oleh gelombang otak ketika berkonsentrasi dan relax.

saya sudah sejak lama mempelajari telekinesis dan sedikit - sedikit menunjukan hasil walau kurang memuaskan.. jadi tolong agar saya punya lebih banyak ilmupengetahuan dan sumber referensi.

Anonymous said...

saya pernah baca bukunya mas dedi c. "the book o' magic"
katany anakny d bwh 5 tahun masuk rekor pesulap termuda dengan trik membengkokkan sendok...
apakah dia tau kesepakatan ini?atau....

Seno Gakure said...

Buat E-san, saya dulu pernah baca kalau telekinesis bisa dipelajari. cara latihannya adalah dengan kertas 4x4 senti yang ditekuk horizontal dan vertikal ke dalam, dan diagonal ke luar, lalu diseimbangkan diatas sebuah tusuk gigi/paku pada titik temu lipatan tadi, dan ditutup toples atau gelas. (untuk catatan, nama alat latihan telekinesis ini disebut "PINWHEEL")

nah, sekarang kita yang ada diluar tinggal berusaha menggerakkan kertas itu dari luar.

Cukup nambahinnya, deh. :)

Anonymous said...

bang enigma....kenapa mentalist gak ikutan ambil hadiah US$ 1jt itu ya? kan mereka bisa juga bengkokan sendok...

Anonymous said...

jadi bisa kah dedy corbuzier membuktikan kemampuannya kepada james randy??
patut ditunggu keberaniannya..

Munandar said...

nice post bro E, baru beberapa hari nemu nih blog, jadi pelanggan setia, hehe kerenn

oh ya, bro E tau gak mengenai "melatih otak tengah" yg manfaat nya bisa "melihat" tanpa mata, jadi bisa membedakan warna, membaca, dgn mata tertutup, bahkan dimanfaatkan untuk melatih orang buta agar bisa beraktifitas secara mandiri. tolong di ulas dong bang, sebagai tambahan informasi, setahu saya perguruan pencak silat merpati putih juga ada metode pelatihan ini, mungkin dgn nama yg berbeda.

salam kenal

n4ndar60

no name said...

artikelnya sungguh menarik..kl saya beranggapan telekinesis emang menggunakan kekuatan pikiran dgn konsentrasi yg kuat..dan konsentrasi ini bs dilatih dan mungkin jd ada intervensi roh halus di dlmnya tnp kita sadari,kl deddy cobuzer menururt sy trik camera atau kecepatan tangan yg ujung2nya bisnis lah

rama said...

apa gunanya 1000000 $ jika kita memiliki kmampuan Psychokinesis,,,,jika ktauan publik mah bisa brbahaya,,,bakal jadi inceran negara2 adikuasa dunk,,,

mnding diem2 aja,,trus nabung buat ke las vegas,,,byangin aja deh tu klau kita bsa menggerakan dadu,,,bsa kaya 13 turunan tuh maen judi dsana

Gilang Gumilang said...

nice article..

om enigma, saya minta tolong dong..
tolong post tentang informasi konspirasi Lady GaGa sebagai illuminati ato tidak..
thx bgt

Anonymous said...

keren...artikel bagus...top bgt...,

tapi kalo dihubungkan dengan pencak silat, ataupun pergerakan benda dengan tenaga dalam walapun konsepnya bukan dari Psychokinesis, tetapi dari kekuatan bathin...gimana yah...

ga bisa dibuktikan dengan ilmiah juga...karena semua orang juga bisa melihatnya..bahwa itu bukan trick permainan

Conjure^Almer said...

ANALISI CONJURE
saya percaya dengan telekinesis,saya selalu menganggap telekinesis itu kemampuan rahasia dari manusia...apakah kalian tahu bahwa manusia hanya menggunakan 1% dari kemampuan otaknya,itupun jika kita bisa mengingat 13 deret angka sekaligus,lalu kemana 99 persennya?!!!!einstein aja pake otaknya gak lebih dari 10%lho....jadi menurut pendapat saaya 99%lagi itu kemampuan tersembunyi/tertutup milik manusia yang hampir mustahil untuk diaktifkan,jadi apa aja bisa terjadi di bagian 99%itu
SEKIAN DARI SAYA

Anonymous said...

SPMD
Hi en, Saya mau curhat nih.... soalnya tadi siang saya khan klik blog temen enigma... itu tuh yang UNTHINKABLE LIGHT ........trus pas mau komen di postingan PARAPSYCOLOGY...eeh ada pesan "sebelum komen pikir dulu, komen yg "membahayakan" nggak akan dipublish"

Trus Ane Komen gini

SPMD

Karena udah di peringatkan sebelum komentar so saya komentar dikit aja soalnya kalo komentar panjang isinya pasti pengalaman emosi saya dan aktifitas pikiran saya yg telah mengguncangkan indonesia dan bahkan dunia
Gue tadinya mau curhat soalnya tertarik ama postingan ini, Tapi ya udah ane simpen lagi, tapi tetep aja bisa juga menimbulkan bahaya, karena perasaan yg terpendam nggak bisa curhat....jadi bingung nih, mau curhat jadi bahaya.....nggak curhat juga bahaya....Jangan-jangan Indonesia dan dunia sekarang dalam kondisi bingung....Mungkin Bingung adalah Kata Kuncinya....Pasti Ada berita tentang kebingungan...

Apa komen saya ini membahayakan,....Soalnya Sampai sekarang Komen tadi nggak Dipublish ama UL, Jadinya kesel ane....agak gusar gitu...
akibatnya barusan tadi pkl 17:21 terjadi gempa 6,3 SR di Kaimana untungnya nggak berpotensi Tsunami krn skala kecil..soalnya ane agak gusar gitu...coba lihat disini http://www.bmkg.go.id/60gempa.bmkg


Masih ingat kan EN apa yang akan terjadi kalo saya lagi terusik emosinya di postingan Precognitive dream

yng kaya gini nih ane copas lagi

" trus terang...terangtrus hihihi..

baca artikel ini bikin perasanan dan emosi saya meluap-luap antara seneng dan sedikit jengkel dan geram knapa baru sekarang ya nemuin artikel kaya gini...sedikit puas juga sih....
soalnya...precognition itukah namanya ya..kalo seseorang bisa ngeliat masa depan...lha kalo orang yg bisa menentukan masa depan itu apa ya namanya...
soalnya saya sering mengalami ini, dan berkaitan dengan kondisi perasaan saya...
contoh :

- kalo pas lagi marah atau jengkel....pasti beberapa detik kemudian ada berita gempa dari skala kecil sampai besar contoh gempa jogya dan ....itu terjadi ketika saya sedang dalam kondisi amat sangat marah sekali dengan keadaan saya..dan beberapa gempa yg sering terjadi sampai sekarang...ato karena aktifitas pikiran saya waktu SMP karena pelajaran geografi mengatakan bahwa indonesia berada di pertemuan dua lempeng benua...dan kemudian saya berpikir wah ini pasti suatu saat terjadi pergeseran dan Indonesia berada dalam keadaan rawan gempa sehingga akhirnya terjadilah sekarang. "

enigma said...

@SPMD:Haha. saya rasa komen kamu tidak berbahaya. Hanya mungkin dikira spam oleh blogger. Haha.

Anonymous said...

SPMD

En...Apa moderasi komentar lumayan lama ya....Soalnya...saya pikir komentar saya yg di atas nggak ente publish jadinya keki juga khan saya...akibatnya..2 gempa skala kecil terjadi lagi dilubuk sikaping ama bengkulu...kemarin ama tadi

Kalo pake Jin sih iya...warna biru...udah belel lagi...trus jarang ane cuci...
Yang lebih sering malah saya di ganggu jin dan saya nggak suka ,...ujung-ujungnya saya marah...mereka khan sukanya ngganggu...

Anonymous said...

telekinesis, lebih ke bantuan jin atau pikiran?
dalam agama islam diperbolehkan atau tidak?
mohon pencerahannya para sesepuh(bow)

Anonymous said...

coba tawarin Deddy Corbuzier,,, sapa tau dia tertarik...!!

Mutia Irnawati Kartodirdjo said...

masyarakat hanya memiliki pikiran sempit mengenai pengertian PESULAP,
Pesulap bukan Paranormal atau memiliki magic
Pesulap itu memakai trik-trik sehingga terlihat seperti Magic

apakah Deddy Corbuzier mengatakan bahwa dia memiliki supranatural dan magic??

kalau memang Deddy Corbuzier mengatakan kalau dia memilikinya, kita bisa mengklaim bahwa Deddy Corbuzier PENIPU

TAPI bila Deddy Corbuzier tidak pernah mengatakan bahwa dia memilikinya, jelas dia hanyalah PESULAP bukan paranormal ataupun nenek sihir

cacao said...

ih mau tuh 1 jt dolar! lumayan buat makan(lha?). wah, saya cari2 artikel tentang hal kyk ginian dri beberapa bulan yg lalu, tpi g ketemu, lupa mulu, hehe, eh, ternyata ada disini,, yasudah,, langsung deh

Post a Comment