Monday, September 13, 2010

Memahami fenomena Kepribadian Ganda

Mungkin tidak ada orang yang benar-benar bisa memahami masalah kepribadian ganda. Sebelum abad ke-20, gejala psikologi ini selalu dikaitkan dengan kerasukan setan. Namun, para psikolog abad ke-20 yang menolak kaitan itu menyebut fenomena ini dengan sebutan Multiple Personality Disorder (MPD). Berikutnya, ketika nama itu dirasa tidak lagi sesuai, gejala ini diberi nama baru, Dissociative Identity Disorder (DID).


DID atau kepribadian ganda dapat didefinisikan sebagai kelainan mental dimana seseorang yang mengidapnya akan menunjukkan adanya dua atau lebih kepribadian (alter) yang masing-masing memiliki nama dan karakter yang berbeda.

Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, namun si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki cara berpikir, temperamen, tata bahasa, ingatan dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda.

Walaupun penyebabnya tidak bisa dipastikan, namun rata-rata para psikolog sepakat kalau penyebab kelainan ini pada umumnya adalah karena trauma masa kecil.

Untuk memahami bagaimana banyak identitas bisa terbentuk di dalam diri seseorang, maka terlebih dahulu kita harus memahami arti dari Dissociative (disosiasi).

Disosiasi
Pernahkah kalian mendapatkan pengalaman seperti ini: Ketika sedang bertanya mengenai sesuatu hal kepada sahabat kalian, kalian malah mendapatkan jawaban yang tidak berhubungan sama sekali.

Jika pernah, maka saya yakin, ketika mendapatkan jawaban itu, kalian akan berkata "Nggak nyambung!".

Disosiasi secara sederhana dapat diartikan sebagai terputusnya hubungan antara pikiran, perasaan, tindakan dan rasa seseorang dengan kesadaran atau situasi yang sedang berlangsung.

Dalam kasus DID, juga terjadi disosiasi, namun jauh lebih rumit dibanding sekedar "nggak nyambung".

Proses terbentuknya kepribadian ganda
Ketika kita dewasa, kita memiliki karakter dan kepribadian yang cukup kuat dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan. Namun, pada anak yang masih berusia di bawah tujuh tahun, kekuatan itu belum muncul sehingga mereka akan mencari cara lain untuk bertahan terhadap sebuah pengalaman traumatis, yaitu dengan Disosiasi.

Dengan menggunakan cara ini, seorang anak dapat membuat pikiran sadarnya terlepas dari pengalaman mengerikan yang menimpanya.

Menurut Colin Ross yang menulis buku The Osiris Complex (1995), proses disosiasi pada anak yang mengarah kepada kelainan DID terdiri dari dua proses psikologis. Kita akan mengambil contoh pelecehan seksual yang dialami oleh seorang anak perempuan.

Proses Pertama: anak perempuan yang berulang-ulang mengalami penganiayaan seksual akan berusaha menyangkal pengalaman ini di dalam pikirannya supaya bisa terbebas dari rasa sakit yang luar biasa. Ia bisa mengalami "out of body experience" yang membuat ia "terlepas" dari tubuhnya dan dari pengalaman traumatis yang sedang berlangsung. Ia mungkin bisa merasakan rohnya melayang hingga ke langit-langit dan membayangkan dirinya sedang melihat kepada anak perempuan lain yang sedang mengalami pelecehan seksual. Dengan kata lain, identitas baru yang berbeda telah muncul.

Proses Kedua, sebuah penghalang memori kemudian dibangun antara anak perempuan itu dengan identitas baru yang telah diciptakan.

Sekarang, sebuah kesadaran baru telah terbentuk. Pelecehan seksual tersebut tidak pernah terjadi padanya dan ia tidak bisa mengingat apapun mengenainya.

Apabila pelecehan seksual terus berlanjut, maka proses ini akan terus berulang sehingga ia akan kembali menciptakan banyak identitas baru untuk mengatasinya. Ketika kebiasaan disosiasi ini telah mendarah daging, sang anak juga akan menciptakan identitas baru untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pengalaman traumatis seperti pergi ke sekolah atau bermain bersama teman.

Salah satu kasus kepribadian ganda yang ternama, yaitu Sybil, disebut memiliki 16 identitas yang berbeda.

Menurut psikolog, jumlah identitas berbeda ini bisa lebih banyak pada beberapa kasus, bahkan hingga mencapai 100. Masing-masing identitas itu memiliki nama, umur, jenis kelamin, ras, gaya, cara berbicara dan karakter yang berbeda.

Setiap karakter ini bisa mengambil alih pikiran sang penderita hanya dalam tempo beberapa detik. Proses pengambilalihan ini disebut switching dan biasanya dipicu oleh kondisi stres.

Ciri-ciri pengidap kepribadian ganda
Ketika membaca paragraf-paragraf di atas, mungkin kalian segera teringat dengan salah seorang teman sekolah kalian yang suka mengubah-ubah penampilannya. Bagi kalian, sepertinya ia memiliki identitas yang berbeda.

Atau mungkin kalian teringat dengan salah seorang teman kalian yang biasa tersenyum, namun secara tiba-tiba bisa dikuasai oleh emosi. Ketika amarahnya meledak, kalian bisa melihat wajahnya tiba-tiba berubah menjadi seperti "serigala". Bagi kalian, sepertinya identitas baru yang penuh amarah telah menguasainya.

Apakah mereka pengidap DID?

Bagaimana cara kita mengetahuinya?

Jawabannya adalah pada identitas yang menyertai perubahan penampilan atau emosi tersebut.

Misalkan teman kalian yang suka mengubah penampilan atau sering mengalami perubahan emosi tersebut bernama Edward. Jika ia mengubah penampilan atau mengalami perubahan emosi dan masih menganggap dirinya sebagai Edward, maka ia bukan penderita DID.


Untuk mengerti lebih dalam bagaimana cara membedakannya, lihat empat ciri di bawah ini. Jika di dalam diri seseorang terdapat empat ciri ini, maka bisa dipastikan kalau ia mengidap DID atau kepribadian ganda.

Ciri-ciri tersebut adalah:
  1. Harus ada dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda di dalam diri orang tersebut.
  2. Kepribadian-kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut (Switching).
  3. Ada ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap hanya sebagai lupa biasa.
  4. Gangguan-gangguan yang terjadi ini tidak terjadi karena efek psikologis dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis seperti demam.
Dari empat poin ini, poin nomor 3 memegang peranan sangat penting.

98 persen mereka yang mengidap DID mengalami amnesia ketika sebuah identitas muncul (switching). Ketika kepribadian utama berhasil mengambil alih kembali, ia tidak bisa mengingat apa yang telah terjadi ketika identitas sebelumnya berkuasa.

Walaupun sebagian besar psikolog telah mengakui adanya kelainan kepribadian ganda ini, namun sebagian lainnya menolak mengakui keberadaannya.

Mereka mengajukan argumennya berdasarkan pada kasus Sybill yang ternama.

Kasus Sybil Isabel Dorsett
Salah satu kasus paling terkenal dalam hal kepribadian ganda adalah kasus yang dialami oleh Shirley Ardell Mason. Untuk menyembunyikan identitasnya, Cornelia Wilbur, sang psikolog yang menanganinya dan menulis buku mengenainya, menggunakan nama samaran Sybil Isabel Dorsett untuk menyebut Shirley.

Dalam sesi terapi yang dilakukan oleh Cornelia, terungkap kalau Sybil memiliki 16 kepribadian yang berbeda, diantaranya adalah Clara, Helen, Marcia, Vanessa, Ruthi, Mike (Pria), Sid (Pria) dan lain-lain. Menurut Cornelia, 16 identitas yang muncul pada diri Sybil berasal dari trauma masa kecil akibat sering mengalami penyiksaan oleh ibunya.

Kisah Sybil menjadi terkenal karena pada masa itu kelainan ini masih belum dipahami sepenuhnya. Bukunya menjadi best seller pada tahun 1973 dan sebuah film dibuat mengenainya.

Namun, pada tahun-tahun berikutnya, keabsahan kelainan yang dialami Sybil mulai dipertanyakan oleh para psikolog.

Menurut Dr.Herbert Spiegel yang juga menangani Sybil, 16 identitas yang berbeda tersebut sebenarnya muncul karena teknik hipnotis yang digunakan oleh Cornelia untuk mengobatinya. Bukan hanya itu, Cornelia bahkan menggunakan Sodium Pentothal (serum kejujuran) dalam terapinya.

Dr.Spiegel percaya kalau 16 identitas tersebut diciptakan oleh Cornelia dengan menggunakan hipnotis. Ini sangat mungkin terjadi karena Sybil ternyata seorang yang sangat sugestif dan gampang dipengaruhi. Apalagi ditambah dengan obat-obatan yang jelas dapat membawa pengaruh kepada syarafnya.

Kasus ini mirip dengan penciptaan false memory dalam pengalaman alien abduction yang pernah saya posting sebelumnya.

Pendapat Dr.Spiegel dikonfrimasi oleh beberapa psikolog dan peneliti lainnya.

Peter Swales
, seorang penulis yang pertama kali berhasil mengetahui kalau Sybil adalah Shirley juga setuju dengan pendapat ini. Dari hasil penyelidikan intensif yang dilakukannya, ia percaya kalau penyiksaan yang dipercaya dialami oleh Sybil sesungguhnya tidak pernah terjadi. Kemungkinan, semua ingatan mengenai penyiksaan itu (yang muncul karena sesi hipnotis) sebenarnya hanyalah ingatan yang ditanamkan oleh sang terapis, Cornelia Wilbur.

Jadi, bagi sebagian psikolog, DID tidak lain hanyalah sebuah false memory yang tercipta akibat pengaruh terapi hipnotis yang dilakukan oleh seorang psikolog. Tidak ada bukti kalau pengalaman traumatis bisa menciptakan banyak identitas baru di dalam diri seseorang.

Menurut Dr.Philip M Coons:
"Hubungan antara penyiksaan atau trauma masa kecil dengan Multiple Personality Disorder sesungguhnya tidak pernah dipercaya sebelum kasus Sybil"
Pengetahuan mengenai kepribadian ganda banyak disusun berdasarkan kasus Sybil. Jika kasus itu ternyata hanya sebuah false memory, maka runtuhlah seluruh teori dissosiasi dalam hubungannya dengan kelainan kepribadian ganda. Ini juga berarti kalau kelainan kepribadian ganda sesungguhnya tidak pernah ada.

Perdebatan ini masih terus berlanjut hingga saat ini dan saya percaya kedua pihak memiliki alasan yang sama kuat. Jika memang DID benar-benar ada dan hanya merupakan gejala psikologi biasa, mengapa masih ada hal-hal yang masih belum bisa dijelaskan oleh para psikolog?

Misteri Dalam DID
Misalnya, ketika sebuah identitas muncul, perubahan biologis juga muncul di dalam tubuh sang pengidap. Kecepatan detak jantungnya bisa berubah, demikian juga suhu tubuhnya, tekanan darah dan bahkan kemampuan melihat.

Lalu, identitas yang berbeda bisa memiliki reaksi yang berbeda terhadap pengobatan. Kadang, pengidap yang sehat bisa memiliki identitas yang alergi. Ketika identitas itu menguasainya, ia benar-benar akan menjadi alergi terhadap substansi tertentu.

Lalu, misteri lainnya adalah yang menyangkut kasus Billy Milligan yang dianggap sebagai kasus DID yang paling menarik. Kisah hidupnya pernah dituangkan ke dalam sebuah buku berjudul "24 wajah Billy".

Billy adalah seorang mahasiswa yang dihukum karena memperkosa beberapa wanita. Dalam sesi pemeriksaan kejiwaan, ditemukan 24 identitas berbeda dalam dirinya.

Identitas yang mengaku bertanggung jawab atas tindakan pemerkosaan itu adalah seorang wanita. Identitas lain bernama Arthur yang merupakan orang Inggris dan memiliki pengetahuan luas.

Dalam interogasi, Arthur ternyata bisa mengungkapkan keahliannya dalam hal medis, padahal Billy tidak pernah mempelajari soal-soal medis. Menariknya, Arthur ternyata lancar berbahasa Arab. Bahasa ini juga tidak pernah dipelajari oleh Billy. Identitas lain bernama Ragen bisa berbicara dalam bahasa Serbia Kroasia. Billy juga tidak pernah mempelajari bahasa ini.

Bagaimana Billy bisa berbicara dalam semua bahasa itu jika ia tidak pernah mempelajarinya?

Misteri ini belum terpecahkan hingga hari ini.

Kecuali tentu saja kalau kita menganggap Billy hanya mengalami kasus kerasukan setan dan tidak menderita DID.

(wikipedia, medicinenet.com, minddisorders.com, skepdic.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

259 comments:

  1. @wulan: terima kasih atas koreksinya. Sudah saya perbaiki. Bagi saya komentarnya penting lho. :)

    ReplyDelete
  2. Iya ,, sama2 mas enigma :) Bukankah seperti yang mas enigma katakan bahwa tema blog ini adalah : "Persatuan adalah yang utama."
    betul ?
    hehe :)

    -wulan-

    ReplyDelete
  3. klo bisa ilmu kedokteran & bhs arab&kroasia padahal ga pernah mempelajari itu,kayanya alasan yg mungkin adalah kerasukan setan deh..

    ReplyDelete
  4. Apakah bipolar termasuk DID? atau hanya masalah mental seseorang saja?

    tulisan mengenai kepribadian ganda ini sangat menarik...diupdate terus ya Enigma

    ReplyDelete
  5. wah, komen ini saya ketik satu bulan kemudian dari komen terakhir di atas. mudah2an empunya blog ini membaca komentar saya.
    Saya punya kasus serupa, dan ini dialami oleh anak dari temen ayah saya. sekarang dia sudah duduk di bangku SD (saya g tahu kelas berapa). Kisah anehnya terjadi waktu dia masih jadi murid TK. Waktu TK, dia pernah memperkenalkan dirinya sebagai seorang anak yang berasal dari Jepang dengan nama blablabla (ayah saya tidak ingat waktu cerita kepada saya). Waktu dia menyatakan dirinya seorang anak dari Jepang ini, dia bercerita bahwa dia memiliki ibu seorang dokter dan ayah seorang pedagang yang memiliki toko kecil di rumah (padahal temen ayah saya seorang PNS). Dia cerita bahwa ayah dan ibunya (ayah dan ibu dari identitasnya yang orang jepang ini) tewas dalam sebuah perampokan. Dia berkata dia bisa selamat karena dia bersembunyi di suatu tempat. dan hal terakhir yang dia ingat adalah dia seddang mencari sebuah kunci.

    Nah, cerita itu terus dia ulang-ulang kepada kedua orang tuanya (yang asli), hingga orang tuanya (temen ayah saya ini) ketakutan dan membawanya ke psikiater. psikiater tidak menemukan keanehan. Akhirnya anak ini dibawa ke orang pintar untuk menjalani rukiyah. dan tidak terjadi apa-apa.

    Yang membuat saya mengatakan kisah ini serupa dengan kisah di atas adalah, anak temen ayah saya ini fasih berbahasa Jepang, padahal dia tidak pernah belajar bahasa Jepang. Dan, perlu diingat lagi, anak ini masih TK waktu itu. Jadi tidak mungkin dia berbohong, kan?
    yang saya tanyakan, apakah ini termasuk salah satu dari fenomena kepribadian ganda? atau anak ini hanya kesurupan seperti pendapat rekan2 ayah saya?

    ReplyDelete
  6. wuih.. keren amat si billy... cool gan.. nice info

    ReplyDelete
  7. , tetangga saya punya buku kisah ttng 24 wajah Billy . apa di buku itu jgug di terangkan msing" keahlian khusus dri 24 nama itu ,

    tlng post dong , soalnya aq pnsran ma inti dri buku itu

    ReplyDelete
  8. Saya bingung dengan kasus Billy Millygan diatas...Hebatnya kemampuan dia untuk menguasai berbagai bahasa yang sebenarnya dia tidak bisa...walah...

    Bonus Facebook, coba klik disini
    http://klik1x.com/feefacebook

    ReplyDelete
  9. Setahu saya Sodium Penthotal itu adalah serum/terapi untuk menyatukan semua kepribadian yang terpecah banyak itu menjadi satu dengan kepribadian utama/asli. Biasa disebut dengan nama serum untuk difusi (penyatuan) kepribadian.

    ReplyDelete
  10. wah-wah, temenku itu

    ReplyDelete
  11. artikel yang sangat menarik..

    mungkin saya mengalaminya dengan sadar, mungkin seperti clark - superman.

    saya seorang guru sekolah dasar, tapi saya tidak memiliki karakter seorang guru. saya pendiam, saya pasive, saya penakut, saya pemalu dan banyak hal lainnya yang saya tidak bisa dan punya yang seharusnya ada pada seorang guru.
    tapi ketika saya masuk kelas saya menjadi orang yang berbeda. dan menjadi "saya" kembali ketika keluar kelas.
    saya sering berkata pada teman2 saya, kalau saya merasa seperti bukan saya saat berada didalam kelas.

    menuruk saya, ini adalah alter ego yang (tanpa sadar) saya bangun sendiri karena tuntutan profesi. *karena saya juga tidak mau dibilang memiliki kelainan*
    :D

    - rose -

    ReplyDelete
  12. kepribadian ganda itu emang ada ya??

    ReplyDelete
  13. saya punya teman dan saya sering merasa apa yang dikatakan diluar logika saya,jujur saya semakin penasaran dan saya butuh bantuan anda untuk sharing. Saya ingin bertanya lebih banyak lagi apa anda punya email yang dapat saya hubungi?

    ReplyDelete
  14. saya punya teman sekolah yang sering membicarakan hal-hal yang sepertinya aneh dan tidak benar menurut saya. Dan kadang saya melihat sesuatu yang beda dari pandangan matanya. Saya sangat penasaran sekali saya butuh bantuan anda untuk sharing. Banyak yang ingin saya tanyakan. Apa ada email yang dapat saya hubungi?


    tolong jangan dipublish terimakasih ini blog saya anhaque13.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. info yang sangat bagus sekali sob, ...

    ReplyDelete
  16. sy ingin brtanya .
    ada seorng wanita, yng pnya sifat karakter dan kepribadian yg sama dgn saya, bahkan perjalan hdupnya, hmpir smuax mirip dgn saya, bahkan tahi lalat yg ada di wajahnya juga sama dgn yg ada pada saya,...saya merasa sngguh aneh, mulai dari hobi, mkanan ksukaan, pokokx smuax sama dech...sungguh aneh mnurut saya.....yg ingin saya tnyakan" apa arti dari semua itu???..wassalam..trma ksih sblmx...mohon diberi pencerahan....

    ReplyDelete
  17. apa yang menyebabkan kepribadian ganda terjadi pada seseorang..???

    ReplyDelete
  18. mnrt ku DID itu bkn gk mgkn..
    wajar aja klo misal penyakit ini bnr" ada..
    tapi yg aq bingung, knpa bs bnr" random pilihan alter nya?
    kyk si Billy..
    gmn bs alter ny itu ada yg msh anak", ada yg udh dewasa, ada yg perempuan, ada yg laki"..
    knp bs beragam gitu?
    apa emang udh nongol dgn sndr nya?
    gk ada penjelasan nya?

    btw, ada yg punya email ato alamat si penulis 24 wajah Billy?
    aku pengen tanya sm pengarang ny langsug..
    thanks..

    Nora

    ReplyDelete
  19. bro enigma kok sudah lama ngga nulis lagi? posting terakhir tertanggal 20 Juli 2011 tentang Cadborosaurus. berati sudah 20 bulan bro enigma tidak menulis. saya tunggu bro postingan anda yang selalu menggugah rasa penasaran

    ReplyDelete
  20. nama aku johari umur 19. aku seorang pengidap Dissociative Identity Disorder (DID) :( aku baru sadar keadaan aku di tahun ni dan aku mempunyai kepribadian
    kidwi yason bin hallim 18tahun
    febri dwi putra 25tahun
    sulit bagiku terima karna salah satu kepribadian aku, telah meyakiti seorang wanita yg kucinta!! aku sangat berharap untuk menjadi normal!! ada kah obat untuk peyakit ini??

    ReplyDelete
  21. That means that anyone can use their books for just about any online venture.
    Even though I use Public Best Web Hosting books
    are a gold mine if done correctly. We're getting no credit for that in our stock value is far less than face value using resources advanced by the venture fund. In order to have full access to the evaluation software. So it seems the federal courts have obtained the ability to generate tax revenue and adequately fund public schools. Most best web hostings, if not publicly.

    ReplyDelete
  22. aku suka banget kisah2 mengenai DID, karena selalu penasaran, apakah benar-benar bisa terjadi dan apa penyebabnya!

    ReplyDelete
  23. jika ada kasus:kepribadian ganda terjadi pada seorang pribadi asli yang dulunya bakat olahraganya sangat kecil,lalu ia menciptakan beberapa kepribadian yang salah satunya (pribadi X) sangat berbakat dalam hal olahraga.

    darimanakah munculnya bakat olahraga dari pribadi X jika otak yang dimiliki pribadi asli dan pribadi X sama??

    karena setahu saya bakat yang kita miliki berasal dari otak kita.

    ReplyDelete
  24. Ane punya Novel Sybil tuh, warisan temen..
    Ceritanya menarik, tapi karena saduran dari Bahasa Inggris, rada bingung bacanya..:)
    Thanks share nya :)

    ReplyDelete
  25. Kadang2 Teori ini bisa dipakai jadi Modus utk mengelabui Polisi dlm interogasi kejahatan, apalagi klo polisi nya ga ngerti mslh kejiwaan :)
    Serem juga donk yah...

    ReplyDelete
  26. Manusia itu emang tempatnya segala hal unik ada didalamnya :)
    Sungguh tidak bisa diterima logika "bagaimana Billy bisa berbicara dalam semua bahasa itu jika ia tidak pernah mempelajarinya?!"
    Bahkan org yg mempelajari bahasa tertentu, selalu butuh waktu utk bener2 fasih..
    Wallahualam.

    ReplyDelete
  27. Novel Sybil emng keren deh..
    Tp apa Penulis punya referensi kira2 Org Indonesia dgn gejala kepribadian ganda yg mirip2 Sybil sm Billy ?!
    Thanks.

    ReplyDelete
  28. berarti mirip di film anime air gear si "agito & akito"

    ReplyDelete
  29. Sya kan punya temen, dia sih juga sering gampang bgt ganti kpribadian tapi dia masih ingat dirinya sndiri. Klo itu bukan DID, jadi apa donk?

    ReplyDelete
  30. Kk E, kalo orang dewasa bisa mengidap DID tapi ga punya pengalaman trauma, trus penyebabnya apa dong???
    aku penasaran tolong jawabannya ya

    ReplyDelete
  31. Ada kah ahli dokter yg bisa menanganinya...?

    ReplyDelete
  32. mungkinkah billy seorg indigo >.\\\\...?

    ReplyDelete
  33. Hmm, jadi begitu gan. Menarik banget infonya. Dan kelainan pada psikologi manusia itu ternyata macem-nacem gan. Nice info ^^

    ReplyDelete
  34. Hanya 98% yg hilang ingatan saat kepribadian lain berkuasa.
    Adakah kemungkinan bahwa penderita 2% penderita DID mengingat hal yg terjadi ketika kepribadian yg lain mengambil alih?

    Bukan saat switching si kepribadian utama tau atau bukan si kepribadian utama tersebut yg mengendalikan switching tersebut. Tapi, pada saat kepribadian yg lain mengambil alih tubuh, kepribadian asli org tersebut mengingat apa yg terjadi dan apa yg dilakukan oleh si kepribadian yg lainnya.

    Intinya, org tersebut mengingat hal yg terjadi atau mengetahui ketika kepribadian yg lainnya mengambil alih.
    Tidak seperti Clark kent dan superman yg bisa switching sesuka hati.

    Mohon dijawab. Terimakasih.

    ReplyDelete
  35. Terus pada kasus hulk. Hulk msh menganggap bahwa dirinya adalah bruce. Maka itu bukan contoh DID.

    Tp. Bagaimana jika seperti ini.
    Jika bruce menjadi hulk. Hulk menganggap bahwa, bruce adalh dirinya. Bruce berasal dari dirinya. Bruce adalah hulk.

    Hal sama jg terjadi ketika hulk berubah kembali menjadi bruce. Bruce beranggapan bahwa. Ia adalah hulk. Hulk berasal dari dirinya.

    Dalam artian. Ketika 2 kepribadian mengambil alih tubuh asli. Kedua kepribadian tersebut saling beranggapan bahwa mereka lah kepribadian utama atau inti atau, mereka lah pemilik asli tubuh tersebut.

    Apakah itu jg DID?

    ReplyDelete

  36. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Jurnal Serupa yang bisa anda kunjungi
    di http://ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  37. Saya ada ketemu dengan orang seperti ini, dia mengaku roh lain yang sudah meninggal masuk ke dalam tubuhnya yang baru.

    ReplyDelete
  38. saya sedang membaca novel milligan. sangat menarik tentang misteri terpecahnya jiwa ini. yang paling menjadi pertanyaan adl, kenpa jiwa yang terpecah itu menjadi diri dan jiwa yang utuh? lalu, bagaimana proses "fusi" akhirnya bisa mengembalikan kesemua yang terpecah itu? lalu, mengapa yang terpecah tadi, menjadi "orang," bukan bagian dari si jiwa inti.

    ReplyDelete
  39. saya pnya teman dia seperti memiliki gejala did, sperti kdng brubah sifatnya tpi dia hanya brubah ke saya saja ke teman yang lain dia bersikap seperti biasa, namun saat dia brubah sikap terhdp saya dia tidak mengingatnya. Apakah teman saya berpribadian ganda? Tolong bantuannya

    ReplyDelete
  40. Enigma, aku memiliki masalah dengan mentalku, aku tertawa saat orang lain diam dg perhatian guru, aku sering mendapat tekanan mental berat dengan berbagai masalah tapi aku selalu lari ke perpustakaan atau koperasi siswa, tanpa disadari aku terkadang merendah ke orang lain agar masalah selesai tanpa solusi diselesaikan. Tiap mengobrol dengan teman mereka bilang suka ga nyambung, aku berubah sejak kelas 12 ditinggal orang tua di beda kota. Di rumah selalu murung dan sedih di sekolah bahagia terpaksa, terkadang saat orang lain tertawa aku malah sedih dan diam, semua menjauhi diriku, aku stress bagaimana cara berteman kembali, belajar pun tak fokus, apakah ada tanda tanda yg menjurus DID / Bipolar ? Mohon bimbinganya

    ReplyDelete
  41. kisahnya akasi saijuro dari generasi keajaiban juga yaa hehe

    ReplyDelete
  42. menarik juga ya, dalam kasus billy, apa mungkin jika misalnya dia sudah mengidap did sejak lama dan kepribadian lainnya itu mempelajari bahasa dan kemampuan yg tidak dimiliki billy sejak lama sebelum dia divonis did, karena dia kan tidak ingat apa", dan kemungingkinan besar kepribadian itu muncul pada saat dia masih kecil, apa teori itu tidak masuk akal dan tidak bisa di reconsider?

    ReplyDelete
  43. Apa ada hub. Kepribadian ganda dg indigo? Saya minta penjelasannya..bagamana jika ada org yg mengira klo dia berkepribadian ganda sebenarnya dia indigo?

    ReplyDelete
  44. Wow. Aku malah jatuh cinta sama org yg mengaku menderita DID. he.nampaknya aku lebih parah daripada si penderita sekarang.

    ReplyDelete
  45. Mau nanya teman sy mengaku memiliki kepribadian ganda dan ia selalu ingat namanya sendiri tetapi dia selalu berganti-ganti emosi di mana suatu ketika dia berkelahi dan saat berkelahi saya melihat kalau dia itu sangat marah tetapi seketika dia sadar dan langsung meminta maaf

    Jadi yg mau saya tanyakan apa hal tersebut termasuk DID ??

    ReplyDelete
  46. makasih infonya sangat membantu dalam pembuatan novel saya^^

    ReplyDelete
  47. bisakah penyakit did disembuhkan? jika ya, tolong beritau saya, kumohon....

    ReplyDelete
  48. Aurellia said:
    Bang nanya dunk
    kira2 ini kepribadian ganda bisa ke trigger gg ?
    misalkan,
    seperti temen saya, yg mungkin pengidap kasus ini
    pernah saya bisikin nama salah satu kepribadiannya
    trus thu2 dia dah jd kepribadian itu . . . apa benar ini bisa ke trigger gara2 cman d bsikin other name nya, ato cuma pura2
    ---Thanks

    ReplyDelete
  49. Hidupku indah karena kamu Mein Helfer. Maafkan jesus ke dalam hidupku sebagai cahaya lilin dalam kegelapan. Anda menunjukkan kepada saya arti iman dengan kata-kata Anda. Saya tahu bahkan ketika saya menangis seharian memikirkan bagaimana sembuh, Anda tidak sedang tidur karena Anda sayang untuk saya. Saya menghubungi pusat herbal Dr Itua yang tinggal di Afrika barat. Seorang teman saya di Hamburg dia juga berasal dari Afrika, Dia bercerita tentang ramuan herbal di Afrika tapi saya sangat gugup. Saya sangat takut saat datang ke Afrika karena saya mendengar banyak hal jahat tentang mereka karena kekristenan saya, saya berdoa untuk Tuhan untuk arahan, saya mengambil langkah berani dan menghubungi dia di email lalu pindah ke whatsapp dia bertanya apakah saya bisa datang untuk perawatan atau ingin melahirkan, saya bilang saya ingin menemuinya saya membeli tiket 2ways ke Afrika untuk bertemu dengan Dr Itua, saya pergi ke sana dan saya terdiam. Dari orang-orang yang saya lihat di sana. Orang-orang yang sakit dan sakit. De Itua adalah tuhan yang dikirim ke dunia ini, saya memberi tahu Pendeta saya tentang apa yang ada, Pastor Bill Scheer Kami mengadakan Pertempuran Nyata dengan Semangat Dan Flesh.worship pada malam yang sama, Dia berdoa untuk saya dan meminta saya untuk memimpin, Saya menghabiskan waktu 2 minggu dan 2 hari di Afrika di Rumah Sakit Dr Itua, Setelah perawatan Dia meminta saya untuk menemui perawatnya untuk tes hiv ketika saya melakukannya negatif , Saya quitely meminta teman saya untuk membawa saya ke rumah sakit terdekat lainnya ketika aku sampai di sana itu adalah negatif.Aku adalah luar biasa M dengan hasilnya, Tapi bahagia di dalam diriku. Kami pergi ke Dr Itua, saya berterima kasih padanya tapi saya jelaskan kepadanya bahwa saya tidak memiliki cukup untuk menunjukkan aprecaition saya dia mengerti situasi saya tapi berjanji untuk memberi kesaksian tentang karya bagusnya. Terima kasih Tuhan untuk sahabatku, Emma aku tahu dia mungkin sedang membaca ini sekarang, aku ingin mengucapkan terima kasih. Dan terima kasih banyak kepada Dr. Itua Herbal Center. Dia memberi saya kalender yang saya tempatkan di dinding saya di rumah saya. Dr Itua Bisa Menyembuhkan Penyakit Berikut ... Kanker, Hiv, Herpes, Hepatitis B, Peradangan Hati, Diabetis, Anda dapat menghubungi dia di email atau apa, @ .. drituaherbalcenter @ gmail.com, nomor telepon .. + 2348149277967 .. Dia Dok yang bagus, Bicaralah padanya dengan baik. Saya yakin dia akan mendengarkan Anda juga.

    ReplyDelete
  50. Terima kasih blog yang ditulis, sangat berguna ilmu ini dan mohon dikongsi

    ReplyDelete
  51. thanks informasinya gan,,, baca juga penyebab sakit jiwa buat tambahan pengetahuan kita semua :)

    ReplyDelete