Wednesday, September 1, 2010

Q & A: Apa identitas objek yang terlihat seperti bintang dan bergerak di langit malam?

Email berikut ini datang dari Abdurrahman Naufal. Isinya mengenai objek seperti bintang yang bergerak di langit malam.


Salam,

Langsung saja nih, kemarin, saya, ayah saya, dan dua adik saya melihat cahaya kayak bintang di langit. Saya kira itu bintang biasa, eh, ternyata bintangnya jalan. Tetapi bintang itu nggak berekor, jadi bukan komet. Kalau itu pesawat, kayaknya pesawat itu terbangnya ketinggian deh, soalnya cahayanya agak redup. Sayangnya kami nggak kepikiran utk mengambil foto objek tersebut. kira-kira itu apa ya?

Terima kasih

Dalam email keduanya, Naufal menambahkan:

Ada sedikit tambahan nih, "bintang" itu bergerak ke timur. Kecepatannya jika dilihat kira-kira sama seperti kecepatan pesawat yang ketinggian terbangnya normal (rumah saya agak dekat bandara, jadi sering melihat pesawat). Mungkin bisa memperjelas. Thanks.

Selain dari Naufal, saya menerima banyak pertanyaan serupa dari pembaca enigma lainnya. Bahkan mungkin kalian juga pernah melihat objek yang bergerak seperti itu.

Karena itu, Objek seperti ini kemungkinan besar memang ada dan sering terlihat dari bumi.

Lalu, objek apakah itu?

Kemungkinannya banyak. Bisa saja pesawat, baik itu pesawat komersil, pesawat tanpa awak ataupun pesawat antariksa (Space Shuttle). Bisa juga objek itu sebuah bintang yang terlihat bergerak karena ilusi optik. Ilusi ini umum terjadi apabila sebuah bintang terlihat bercahaya terang dengan background yang kosong dan gelap.

Namun kali ini saya ingin memberikan sebuah kemungkinan yang lain.

Di dalam meneliti sebuah laporan penampakan, bukti berupa foto atau rekaman video adalah bukti yang utama. Deskripsi saksi adalah bukti sekunder. Tetapi karena kali ini Naufal tidak memiliki bukti berupa foto atau rekaman, maka kita akan menilai penampakan ini berdasarkan deskripsi yang diberikannya.

Dari keterangan Naufal, kita bisa menyimpulkan kalau objek itu:

1. Terlihat seperti bintang yang bercahaya (walau agak redup)
2. Bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat.

Dari dua fakta ini, saya bisa memberikan sebuah kemungkinan mengenai identitas objek tersebut. Ini bukan jawaban yang pasti, namun cukup meyakinkan.

Ada kemungkinan kalau objek yang dilihat oleh Naufal dan keluarganya adalah sebuah satelit artifisial.

Satelit artifisial sendiri adalah sebuah objek buatan manusia yang ditempatkan dalam orbit bumi.

Jadi, bisa berbagai jenis. Bisa Teleskop Hubble, satelit mata-mata, sampah antariksa ataupun stasiun antariksa. Di akhir postingan ini, saya akan menyertakan sebuah video sebagai bahan perbandingan.

Saat ini ada sekitar 35.000 satelit artifisial dalam berbagai ukuran yang sedang mengorbit mengitari bumi. Kebanyakan dari satelit-satelit itu sebenarnya hanyalah sampah angkasa. Ada yang berukuran 10 meter dan ada yang hanya seukuran bola baseball. Pergerakan satelit-satelit dan sampah antariksa ini secara rutin dipantau oleh The Joint Space Operations Center (JSpOC) di markas angkatan udara Vandenberg, California.

Puluhan ribu objek tersebut merefleksikan cahaya matahari dan mengorbit bumi dengan ketinggian yang bervarasi antara 100 hingga 400 mil dari permukaan bumi. Ini menyebabkan beberapa ratus diantaranya bisa dilihat dengan mata telanjang. Bahkan, jika situasi mendukung, setiap 15 menit, kita bisa melihat satu satelit yang melintasi langit malam.

Dari semuanya itu, International Space Station (ISS) adalah objek buatan manusia yang paling besar dan paling terang yang mengorbit bumi. Panjangnya sekitar 109 meter dengan panel surya seluas 4.000 meter persegi yang membuatnya bisa terlihat lebih terang dibandingkan Venus.

International Space Station

Saat ini ISS mengitari bumi dari ketinggian 348 kilometer dengan kecepatan sekitar 27.743 kilometer/jam. Dengan kecepatan ini ia akan menyelesaikan 15,7 orbit perhari dan dari bumi dapat terlihat bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat jet. Kadang hanya butuh waktu empat menit baginya untuk melintasi angkasa di depan mata kita.

Namun, karena perbedaan musim, kita hanya bisa melihat ISS dengan jelas pada bulan-bulan tertentu. Kalau kita beruntung, kita bisa melihat ISS melintasi langit malam beberapa kali dalam semalam.

Tentu saja ISS hanyalah satu kemungkinan. Masih banyak satelit artifisial lainnya yang melintasi langit setiap harinya.

Di bawah ini adalah contoh foto dan rekaman ISS yang melintasi langit malam.

ISS - Glocester, Massachusets 24 Desember 2006


ISS - Texas 19 November 2008

Di bawah ini rekaman videonya.


Nah, suatu hari, jika kalian melihat objek serupa, paling tidak kalian punya dugaan mengenai identitas objek itu yang sebenarnya.

Jika kalian tertarik untuk melihat salah satu objek tersebut melintasi langit di daerah kalian, kunjungi website heavens-above.com untuk melihat jadwal penampakan satelit.

Atau kunjungi spaceflight.nasa.gov, pilih wilayah kediaman kalian, dan kalian akan bisa melihat jadwal waktu terbaik untuk mengamati objek-objek angkasa tersebut.

Selamat mengamati!

(space.com, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

153 comments:

  1. yeyy... lama ga komen nih mr.e.. hehe

    ReplyDelete
  2. elva said : huuuu..lolaaaaa ga dpt pertamax deh

    ReplyDelete
  3. angkasa sana uda bnyk tercemar sampah jg ya..:p

    ReplyDelete
  4. Berarti postingan sebelumnya soal objek mirip yang di surabaya bisa jadi juga satelit dong?

    ReplyDelete
  5. bung enigma yg caem,hehehe baru sejali niee comment padahal tiap menit nengok ke blog ini trus berharap ada post baru lagi..tentang bintang aku sering liat angkasa kalo malam sambil bengong2 sendiri,kalo diperhatikan hampir tiap malam ada satu bintang yg terang banget cahaya,mungkin itu yang dimaksud

    -seseorang yang mengagumi tulisan bung enigma-

    ReplyDelete
  6. Kalau yang kamu lihat "bintang"nya tdk bergerak, diam di sebelah bulan, maka itu bukan satelit, tetapi kemungkinannya adalah Venus.

    ReplyDelete
  7. Baca dulu om yaa :)

    -lanny-

    ReplyDelete
  8. baru close bentar, bro enig sudah ngepost baru lagi..

    ReplyDelete
  9. _pyraz_
    masuk 10 besar!
    Pertama koment, salam kenal bro enigma! Saya fans baru! :)
    Baca dlu gan...

    ReplyDelete
  10. sy pernah melihat spt yg anda bahas kali ini, tapi ini sedikit berbeda,kita sebut saja benda tersebut dengan objek 1. Objek 1 yg sy lihat ini berjalan melintasi angkasa, namun setelah itu objek tsb menabrak benda lain yang mirip dengannya, kita sebut saja objek 2.Saat terjadi tabrakan tersebut,objek 1 ternyata berhenti di tempat objek 2,dan selanjutnya akibat tabrakan tersebut objek 2 berjalan melintasi langit. Bisa dijelaskan peristiwa apa yang saya lihat tsb bung Enigma ? terima kasih

    ReplyDelete
  11. @Andry: Menarik sekali. Sewaktu saya mencari info soal postingan ini, saya ketemu video yg memperlihatkan dua objek yang sama-sama satelit bertemu, tapi tidak bertabrakan. nah, kalau bertabrakan, itu saya belum pernah dengar dan belum pernah tahu ada kejadian seperti itu.

    Tapi, rencananya saya mau posting lagi kapan2 soal penampakan yang bintangnya bergerak tidak beraturan, bukan lurus seperti pesawat terbang.

    ReplyDelete
  12. Lumayan 20 besar hehehehe
    udh seminggu ga blogwalking ke blog bang e,
    berarti objek tersebut yg sering banyak di liat orng adlh satelit...padahal ngarep UFO heheheh

    ReplyDelete
  13. Menarik juga bro, ternyata benda-benda langit aneh bercahaya yang bergerak tersebut ternyata hanya sebuah satelit..

    ReplyDelete
  14. Om enigma, mau nanya dong sampah antariksa itu apa sih??! *ngebayanginSampahPlastikBekasMakanCakue*

    ReplyDelete
  15. kemungkinan selain satelit, yg cukup mapan untuk dugaan obyek tersebut apa bro? bagaimana dengan pewasat pengintai atau pesawat tanpa awak?

    ReplyDelete
  16. @reremifasollasido : sampah antariksa itu contohnya satelit yang sdh tidak berfungsi atau bagian2 dari proses peluncuran roket. atau pecahan2 benda angkasa buatan manusia yang ditabrak sama objek lain.

    @Anonymous 17: Bisa saja. tapi pesawat pengintai pasti tidak akan punya cahaya seterang itu karena sifatnya yang rahasia.

    ReplyDelete
  17. waktu kecil saya juga sering mendapati hal ini.
    pada waktu berkemah saya bertanya pada kakak saya, 'memangnya bintang bisa berjalan ya' ?
    kakak saya menjawab : 'bodoh!!itu cuma satelit..!!krn jaraknya jauh dari bumi, maka kelihatan seperti bintang yg bergerak'..

    jujur, saat membaca postingan ini, saya jadi teringat kakak saya.. :(

    sudah lama tidak bertemu/berkumpul kembali seperti dulu, krn mereka telah berkeluarga..

    (wah, jadi curhat nih... maap..maap)

    ReplyDelete
  18. mau tanya
    sudah sekitar sebulan ini saya ngeliat bintang tempatnya di situ-situ aja
    gak pindah-pindah
    itu kira-kira apa ya?

    ReplyDelete
  19. Pejwan aja ah
    atas yg tanya sampah antariksa@sampah antariksa itu satelit yg udah gak kepake

    btw lica pertamax trz koneksi dewa bgt dah internet lica

    -aprian

    ReplyDelete
  20. @Light: yang kamu lihat itu kemungkinan venus.

    ReplyDelete
  21. bang Enig, mau ralat dikit boleh g???
    definisi satelit yg saya tau waktu pljrn IPA dulu tdk sprti yg bang Enig sbutkn... dan stlh sya cek d wikipedia jg sma dgn ap yg sya tau, namun brbeda dri yg bang Enig sbutkn.
    "Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan." id.wikipedia.org
    padahal bang Enig mencantumkan sumber wikipedia, namun kenapa ada perbedaan definisi? tumben bang Enig salah. hehe...
    satelit kn bukan cuma buatan manusia saja. Bulan juga Satelit, sama kaya Phobos, satelitnya Mars.
    Trma Ksh...

    ReplyDelete
  22. ooh kirain ada alien yg buang sampah sembarangan di antariksa hhi :D

    ReplyDelete
  23. @pradipta25: ehem, sepertinya saya tidak salah deh. Soalnya saya menggunakan wikipedia bahasa Inggris. Ini linknya:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Satellite

    dan ini definisinya:

    In the context of spaceflight, a satellite is an object which has been placed into orbit by human endeavor.

    Sebenarnya tidak ada yang salah dengan definisi saya atau kamu. Misal, apa itu kucing? menurut kamu kucing adalah binatang berkaki empat. Tapi menurut saya kucing adalah binatang yang mengeong. Siapa yang salah? jawabannya: tidak ada.

    Tapi, paling tidak, saya setia sama sumber saya kan? :D

    ReplyDelete
  24. bintang itu dari saya kecil sudah terlihat, saya pertama melihat umur 8 tahun, bintang itu bisa berhenti tiba-tiba dan cahanya bisa membesar dan mengecil sampai akhirnya hilang...bisa satu dan bisa beriringan...dan waktu adam air hilang saya melihat sampai 25 buah, yang jelas dalam satu hari jumlahnya lebih dari satu.
    ITU TERLIHAT TIAP HARI ASAL TIDAK MENDUNG PASTI TERLIHAT DAN WAKTUNYA TETAP....DILUAR WAKTU ITU SAMPAI LEHER KITA KEMENG YA NGGAK AKAN KELIHATAN, ternyata di kitab suci Al Qur'an sudah disebutkan........untuk mengetahui waktunya silahkan email saya di jatipanji@yahoo.co.id....akan saya jelaskan lebih lanjut

    ReplyDelete
  25. halo bang Enigma, tanya yah :)
    tadi pas nunggu adzan isya' di halaman masjid sekolah saya ngeliat bintang lebih terang dari yang lain di langit bagian timur dan tidak bergerak, saya kira itu jupiter karena akhir2 ini jupiter sering nampak di langit barat bersama bulan. tapi ketika saya cek dengan peta bintang digital saya tidak ada apa apa di langit timur. dan anehnya lagi 'bintang' itu hilang selama 5 menit dan muncul lagi selama 5 menit berikutnya kemudian hilang dan muncul lagi. pertanyaan saya :
    1. Itu bintang, planet atau satelit?
    2. Kalau bintang mira yang hobi kedip2 apakah intervalnya selama itu?
    thanks before.. =D

    ReplyDelete
  26. iy bang Enig. tp dri dlu ak diajarin kl satelit g hanya buatan saja, tp ad yang aami jga.
    krna masih penasaran mknya sya nyari lagi dan mengambil link yang sama dengan yang bang Enig berikan, memang ada tulisan itu di definisi, namun di bagian atas sendiri ada tulisan ini "This article is about artificial satellites. For natural satellites, also known as moons, see Natural satellite." jadi artikel yang bang Enig kasih hanya berlaku untuk satelit buatan, bukan satelit secara umum kan?
    Terus saya cari definisi buat satelit alami dapet ini, "A natural satellite or moon is a celestial body that orbits a planet or smaller body, which is called the primary. Technically, the term natural satellite could refer to a planet orbiting a star, or a dwarf galaxy orbiting a major galaxy, but it is normally synonymous with moon and used to identify non-artificial satellites of planets, dwarf planets, and minor planets."
    jadi kata satelit bisa buat bulan juga kan?
    maaf nih banyak tanya2 banyak, soalnya penasaran, masa beda...

    ReplyDelete
  27. @Jatipanji: Menarik sekali. Saya tidak bisa memastikan soal itu. Tapi akan saya coba cari informasinya.

    @Lia: Kemungkinan itu venus karena venus sering terlihat sebagai bintang yang sangat terang setelah matahari terbenam. kalau menghilang itu mungkin karena ketutup awan sejenak. Tetapi itu cuma dugaan lho.

    ReplyDelete
  28. @pradipta25: memang betul. satelit itu ada yang alami dan artificial. dalam konteks tulisan ini, yang saya maksud adalah satelit artificial. Nah, supaya kamu tidak salah paham lagi, saya koreksi tulisan di atas dan saya tambahkan jadi "satelit artificial". Thanks atas koreksinya ya. :D

    ReplyDelete
  29. nah ini dia yang saya liat pas malam nyepi..
    Makasi buat pembahasannya ya bro E..
    Nice post..

    ReplyDelete
  30. yah mungkin venus kali ya, mungin peta digital saya lagi eror karena di sana venus terlihat bersama saturnus dan mars di langit barat.

    lol saya sempat mengira itu UFO,
    thanks =D

    ReplyDelete
  31. dari Tresna Asti

    malam Nyepi kemaren jg sy liat penomena aneh di langit..
    3 buah cahaya mirip bintang bergerak konstan dg kcptn sedang (dr tmpt sy liat) dari barat ke timur.. Brgerak beriringan tp tdk sejajar.. Malem itu berkali" saya liat cahaya to.. Penasaran jg jdny..
    >,<
    Tp bapak sy siy blg it pesawat pengintai.. Kira" beneran pesawat pengintai ga y???
    =,=a

    hallo Kak Enigma..
    ^o^v

    ReplyDelete
  32. Di tempat saya banyak kejadian seperti itu bro, namun dengan pergerakan yang lebih lambat dan berwarna biru atau merah, kadang - kadang penasaran juga sih objek apa itu, hehe

    ReplyDelete
  33. Halo brother E, lama ga nimbrung nih.
    Menarik juga video youtube di atas, pengetahuan baru tentang ISS :)

    Dulu saya juga pernah mengalaminya di daerah Surabaya sini, sekitar 1-2 tahun yang lalu, malem antara pk.21.00-23.00 , lupa tepatnya.
    Namun obyek yang saya lihat cukup aneh, ada 3 objek persis bintang (kadar sinarnya serta diameternya sama) membentuk segitiga sama sisi.

    Awalnya sedikit heran sebab 3 bintang ini bersinar sama terang dan seakan membentuk rasi bintang yang lum pernah saya lihat sebelumnya.
    Setelah beberapa detik saya lihat, eh tiba-tiba 3 bintang ini bergerak bersamaan, lajunya cukup cepat, dan bergerak zig-zag (tidak melengkung atau berputar2).

    Semakin kagum melihatnya, sampai saya tidak mempedulikan pembicaraan teman di dekat saya waktu itu. Sayang saat itu saya tidak bawa perekam, dan 3 bintang tadi hilang seketika dalam waktu sekitar 5-10 detik.

    Sebelum saya melihat fenomena ini dengan mata kepala sendiri, sebenernya udah pernah ada kejadian yang sama, namun di internet. Orang Indonesia juga koq, dan dia beruntung berhasil memotret 3 obyek itu. Awalnya ga percaya, tapi setelah melihat dengan mata kepala sendiri, saya cuma bisa terkagum-kagum :)
    Sayang saya lupa liat di situs mana gitu...

    Sebagai catatan, saya melihat dengan keadaan sadar dan tanpa paksaan, jadi saya pasti tau kalo itu pesawat melintas atau bukan (daerah saya cukup dekat dengan bandara Juanda). Lagian cara gerak dan kecepatannya itu loh yang bener-bener aneh.
    Boleh percaya boleh tidaklah, hehe.

    Makasih udah sharing info bro E,
    btw rindu ama crop circle nih :)

    -Ragil SP-

    ReplyDelete
  34. Pengen share aja, saya pernah merekam satelit ini...

    http://www.youtube.com/watch?v=Fb46AK1lKqA

    Makasih om Enigma... ^^

    ReplyDelete
  35. Wow, sepertinya smkn bnyk kesaksian penampakan lain yg tdk sesuai dgn karakter satelit. Menarik. Saya janji akn menelitinya lagi ya.

    ReplyDelete
  36. @tresna asti: berarti sdh ada dua pembaca enigma yg liat objek aneh di langit di malam nyepi lalu.

    ReplyDelete
  37. Kalo yang bergerak zig zag, mungkinkah UFO?

    Mau share lagi, pernah liat yang ga begitu zig zag, namun saya rasa bukan pesawat (ato mungkin pengetahuan saya yang kurang luas).

    Coba dicek disini om enigma (saya bikin animasinya)

    http://www.youtube.com/watch?v=31pP9r57Z1Q

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga pernah lihat dimalam hari, yg bergerak tidak berarah bnr seperti kesamping dan naik turun dan itu cepat , lalu dia ada cahaya hijau awalnya sy pikir pesawat tp tdk mngkin karna ketinggian nya pun seperti gedung bertingkat 50 dan ada dua yg saya lihat ttp yg 1 lebih tinggi lagi sedang bergerak juga, masih blm tw itu apa ya??

      Delete
  38. well, ada banyak kisah dan saksi ya bung. :)

    "kecepatan sekitar 27.743 kilometer/jam."
    wow! kok bs secepat itu ya bung? logikanya gimana ya? hmmm...

    ReplyDelete
  39. I LIKE IT.. I LIKE IT.. I LIKE IT..

    ReplyDelete
  40. Nah itu baru masuk akal..jadi nggak harus UFO (piring terbang) saja yang disalahkan..kasihan ding..hehe

    ReplyDelete
  41. Om enigma.....saya sgt suka lihat postingan bung enigma yg sangat mendidik dan menberi penjelasan yg terperinci.

    Om saya mau tny apa pernah dengar semburan pasir di arab pada tahun 2008. Apa penyebab semburan pasir itu? Tolong di cari penyebabnya

    ReplyDelete
  42. bagaimana dengan meteor pak?
    waktu kota tangerang belum padat seperti sekarang pembangunannya, ane sering liat "bintang jalan" di langit

    ReplyDelete
  43. mungkin bisa jg satelit palapa buatan indonesia ya. :-)

    ReplyDelete
  44. Ya 50 besarpun membanggakan..
    :3
    Hm..trnyta ISS to,kirain UPO..

    ReplyDelete
  45. dari Tresna Asti

    iya Kak.. Soalny malam Nyepi kan semua cahaya di Bali dipadamkan, jadi bisa lebih jelas liat langit.. Aplg yg punya mata burem kyk sy, malam Nyepi to malam plg seru buat ngliatin bintang.. Hee
    ^,^b
    2 jam sy nongkrong di atap rumah mjd seorg Pengamat Langit, hahaha, ada sekitar 15x sy liat benda to dr barat ke timur terbangnya.. Rentang waktu 19.30 - 21.30 Wita.. Seterusny sy masuk kdalem rumah.. Jd ga tau cahaya itu masih tetep parade ato ga.. Hehee
    >,<v

    ReplyDelete
  46. @reactivator: tentu saja hrs dibuat secepat itu. Kalau tdk, satelit itu akan jatuh ke bumi krn gravitasi.

    @anonymous no.45: sy pernah dengar sekilas. Nanti saya cr infonya lg ya.

    @Anonymous no.47: Kalau meteor, gerakannya lebih cepat. tidak terlihat lambat seperti pesawat.

    @Tresna asti: betul sekali, kalau kita mengamati langit dengan cukup lama, kemungkinan kita bisa melihat objek-objek langit seperti itu.

    @Bondanph: saya sudah cek video youtube yang kamu rekam itu. Deskripsinya cocok dengan satelit. Soal video yang animasi, itu sepertinya bukan satelit. Tapi, nanti akan saya posting soal itu di lain kesempatan.

    ReplyDelete
  47. om saya diberitahu teman saya kalau benda itu mars

    ReplyDelete
  48. kalo objeknya kelap kelip gimana tuh??apa satelit juga?

    ReplyDelete
  49. Penjelasannya bagus bro E! Lengkap dgn gambar dan video. Thanks udah sharing, ilmu sy bertambah.

    Mengenai objek aneh bercahaya di langit malam, sy jd ingat dgn pengalaman pernah melihat cahaya aneh warna-warni, di bulan Mei kemarin. Sebenarnya sudah pernah sy tulis dlm komentar sy di postingan 'Inbox: Cahaya Misterius di Langit Malam Surabaya'.
    *Menurut bro E itu kira2 apa? *

    ''Saya pernah melihat cahaya
    aneh di senja hari, tapi warnanya warna-warni, dan sy yakin sekali itu pasti bukan lampu pesawat, karena saya rasa tidak setinggi ketinggian pesawat, tidak bersuara, dan
    daerahnya sama sekali bukan
    jalur lintas pesawat. Selain itu, cahayanya berkelap-kelip warna-warni, warnanya bertukar dari biru, merah, kuning dari 1 titik cahaya itu
    saja setiap krg lbh tiap detik...
    June 20, 2010 5:51 PM ''

    Tambahan: itu langit senja cerah, ada awannya. Di awan ada kilat, bukan petir (gak ada suara gemuruhnya). Stlh beberapa lama mengamati pemandangan yg menakjubkan itu, sy terkejut, tiba2 ada titik cahaya warna-warni seperti yg sy ceritakan di atas. Terbang lumayan cepat, dan ketinggiannya sy rasa lbh rendah dari ketinggian pesawat lazimnya. Gak ada suara sedikitpun, padahal senja itu cukup sunyi. Cahaya itu terbang cepat menuju sebuah bukit yg ada BTS (tower operator), dan sy rasa berhenti disana tidak bergerak untuk beberapa saat. Kemudian cahaya itu terbang lagi, menjauh, sampai gak kelihatan lg...
    Kejadiannya kira2 selama 1-2 menit.

    ReplyDelete
  50. postingan anda selalu menarik dan saya sangat menggemari anda....karena postingan anda itu rasional dn bisa di terima akal sehat..pokoknya maju terus lah buat blogger enigma

    ReplyDelete
  51. @dana: benda apa?

    @Avicena: kalau berkelap-kelip dan bergerak pelan. kemungkinan besar adalah pesawat terbang biasa.

    @Nakashima: saya tidak bisa memastikannya. Namun, bisa jadi memang pesawat. berkali-kali saya melihat pesawat dengan lampu kelap-kelip lewat dan sekalipun saya tidak pernah mendengar suaranya.

    ReplyDelete
  52. wah, 20 besar kah, oh aku pernah liat itu, tapi bintangnya cuma muter-muter, terus udah nggak kuperhatiin terus ilang

    ReplyDelete
  53. klo kelap kelip jalan memang mungkin pesawat tuh
    ah sialnya aku sering melihat langit malam tapi ngga pernah liat yg aneh2 gitu ya
    klo awan aneh sih sering
    hiks hiks

    btw buat bro enig, keep posting trus
    ditunggu yg berikutnya

    ReplyDelete
  54. Tks Mr. E... nice answer....

    ReplyDelete
  55. cara memastikan dan mengetahui kalo itu bintang, sstelit atau sampah angkasa gmn y?
    wah kalo kebanyakan sampah angkasa ntar kalo pada jatuh ke bumi gmn y?
    bs jadi senjata pemusnah masal dong....

    ReplyDelete
  56. cah ndeso said...
    wkwkwkwkwk... asli ngakak gw baca pertanyaannya pradipta25... cupu banget sih.

    ReplyDelete
  57. Weits, Maaciy infonya Enigma
    Saya dan Anak saya pernah melihat cahaya ini juga .. Si kecil bertanya sama saya bintang kok jalan ya.. waktu itu saya juga heran.. keik bintang tapi jalan.. kalo pesawat tauk banget dweh keik apa kalo malam .. :)
    Ternyata itu satelite yay.
    Thx banget infonya, jadi punya jawaban bagus buat si kecil

    ReplyDelete
  58. hmm nice posting
    setelah baca komentar2 nya, ada yg bilang gerak nya zigzag ya, menurut saya sih gk mungkin karena itu tidak mematuhi hukum newton 1 dimana benda akan diam atau bergerak secara konstan dan bergerak nya lurus.
    klo bergerak nya zigzag yang pasti bukan satelit karena satelit juga orbit nya lurus mengitari bumi, klo belok2 ya jatuh ke tarik gravitasi bumi..

    untuk determity, kaya nya gk deh klo jatuh ke bumi jga akan terbakar dulu di mesosfer, kemungkinan nya kecil, klo ada juga pasti ukurannya besar,,

    ReplyDelete
  59. bung E, bisa bikin artikel tentang mariana mordegart glesgorv?

    ReplyDelete
  60. Laler_Ijo said.....

    @ Mr E : Saya mau tanya tentang "satelit artifisial",,dalam uraian diatas saya menangkap bhwa orbit satelit artifisial ini sedemikian leluasanya shngga memungkinkannya berada kapan saja dan dmna saja,,,pertanyaannya adlh : Dalam berbagai bukti autentic (foto/video),penampakan satelite itu trlihat sedemikian rendahnya dlm batas ketinggian terbang,,nah apakah negara2 yg dilalui satelit2 itu G complain tuh mas ??
    Bukankah aturan batas wilayah udara hrs dipatuhi ? apa negara2 itu G takut bhwa satelit2 itu punya misi spionase dn dibiarkan berkeliaran dlm batas wilayah udara mereka ???
    Kira2 gmna tuh mas penjelasannya ??
    Maaf ya klo merepotkan....

    ^_^

    ReplyDelete
  61. hahha,,,
    bkankah chaya d'lngit sperti bntang nd' bergerak i2 biasa,,???

    ReplyDelete
  62. @laler ijo: satelit itu terbang di ruang hampa udara, jauh di atas batas wilayah udara negara. Karena itu wilayah ini adalah wilayah bebas terbang. Jd tdk mslh.

    ReplyDelete
  63. Laler_Ijo....

    @ Mr E : Oooo....begitu,,,soalnya saya jg prnah melihat fenomena yg mirip sprti itu (sayang G ada bukti) tp pd ketinggian batas wilayah udara (kira2 ketinggian pesawat lah),maka dari itu saya heran koq badan pertahanan negara G complain klo emang itu satelit artifisial dr negara lain,,,tp mungkin itu "sesuatu" yg lain aja kali ya....
    (mirip bebek,suaranya jg kaya bebek,tp itu belum tentu bebek),,,hehehe...
    anyway Thx for explain...
    Cari2 info dulu ah......

    ReplyDelete
  64. Myheart2105 berkata...

    uwaaahhh....^o^ nice posting om Enig...^_^v
    berarti yg di Surabaya wktu itu kmgkinan plg bsarx adlh satellite dunks...
    Oyach Om,, emg bner kecepatn satellite tuch lbh dr 27 rbu km/jam yach?? koq bsa yach?? brarti ikutan ngorbit mthari jg dunks...

    @Naka: huhu...bkin laporan kkn yach...^_^
    slmt bkin laporan yach....xixixix,,^_^v

    ReplyDelete
  65. klo saya pernah liat waktu dulu ke semarang, pas lg dirumah sodara, saat malam mo keluar jalan2 pas iseng2 liat langit (keadaan cerah hanya ada beberapa awan yg agak besar) saya liat ada cahaya (tanpa suara) seperti bintang keluar dari salah satu awan dan bergerak agak lambat, tdnya saya dan sodara pikir itu satelit... eh ga berapa lama dari awan itu muncul lagi cahaya seperti itu dan menyusul ke cahaya yg satu lagi, dan makin anehnya cahaya yg satunya seperti nungguin yg baru keluar itu, dan setelah cahaya itu berdekatan, dengan kecepatan yg agak lumayan cahaya itu kembali jalan dan terkadang berputar2 dan kadang zig zag seperti bercanda satu sama lain, setelah sekitar lima menit 2 cahaya itu bermain2 lalu kedua 2 cahaya itu bergerak dengan kecepatan tinggi lalu kemudian menghilang dari pandangan, dan selanjutnya saya dan sodara saya saling berpandangan keheranan, klo menurut bro enigma itu apa? apakah orb? coz klo satelit pasti ada orbitnya, dan anehnya 2 cahaya itu seperti hidup dan berinteraksi satu sama lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy juga pernah lihat cahaya gitu bro,, malah berkejaran dan zigzag..ada 3 kemungkinan asal cahaya tersebut,, UFO,, malaikat atau jin..Nabi muhammad SAW pernah ditanya sahabat tentang cahaya yg seperti berkejaran tsb,, beliau bilang itu malaikat yg sedang menghajar jin yang mencuri dengar rahasia langit,,yg akan dibocorkan kepada ahli nujum;“Sesungguhnya Aku telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang, dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap syaitan yang sangat durhaka,syaitan syaitan itu tidak dapat mendengar-dengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru. Untuk mengusir mereka dan bagi mereka siksaan yang kekal, Akan tetapi barangsiapa (di antara mereka) yang mencuri-curi (pembicaraan); maka ia dikejar oleh suluh api yang terang.” (QS. As-Shaffat: 6 – 10).

      -Firman Allah, yang menjelaskan kebiasaan jin mencuri berita dari langit

      Delete
  66. om enigma, bisa bahas tentang malikat turun ke kakbah gak???temn2 ku lagi pada bahas itu...artikelnya saya tunggu.

    ReplyDelete
  67. Maaf bro, tapi saya tidak membahas hal2 yang berhubungan dengan keagamaan. Terlalu sensitif. :D

    ReplyDelete
  68. bung Enigma yang lugas, maaf melenceng dari topik. Saya mau bertanya tentang foto2 dan berita fosil makhluk ultra raksasa dari Jebal Barez Iran( bisa di search di google/yahoo) apakah foto dan berita tersebut hoax belaka? mohon ulasannya. trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Bang enig , aku juga mau share nih , REAL DENGAN MATA KEPALA AKU SENDIRI .
    Kejadian ini aku alami sekitar sebulan lalu tepat pukul 21:00 . Waktu itu aku sama pacar aku lagi diem di genteng rumah aku , nah .. Kebetulan di langit ada banyak bintang .. Yang bikin aku heran , aku ngeliat ada 2 objek di sebut pesawat mungkin , di sebut bintang juga mungkin .. , tapi aneh nya aku ngeliat 2 objek misterius itu berpapasan .. Nah ga lama kemudian 2 objek itu berpapasan lagi , kurang lebih 3x .. Itu ngebuat aku masih penasaran .. Tolong bantu ya bang E .

    ReplyDelete
  70. hahaha.. ternyata bnyk jg yg liat ya..
    N sbnr'a sya dah pnsrn..

    waktu itu tgl 13 agustus sqtr jam 3-4, saya menengok k langit smbil berburu meteor perseid(krn pda saat itu terjadi fenomena hujan meteor perseid) tp tiba2 ada titik chya kecil brgrak dr arah timur, pda saat itu pula sbuah meteor terang bergerak cepat dr blkng'a.. saat itu saya sng krn mlht sbuah meteor, namun saya jg bingung, chaya apakah itu..???

    kesokan hri'a sya jg melihat'a lg, namun sqtr pukul 18.30 WIB. dr arah timur laut.
    cahaya itu bergerak lurus dgn kcptan yg agak lambat.
    ktika sya brtnya kpd tetangga sya yg pda saat itu mlht jg trnyta dya jg tdk tau. mungkinkah satelit..??

    ReplyDelete
  71. maksudku, satelitnya bs bergerak secepat itu gmn caranya bro? pake alat pendorong?

    apa gara2 di luar angkasa enggak ada udara, jadi minim gesekan, satelit jadi bs bergerak secepat itu? gmn bro?

    mohon pencerahannya. thx. :)

    ReplyDelete
  72. Bintang yg bersinar paling terang di langit malam, setiap malam, sepanjang tahun ---> Sirius A (sekedar info+referensi tambahan)

    bang E, bagaimana jika objeknya lebih dari satu yg terlihat bersamaan dan arahnya berbeda2? misal objek 1 dari timur ke barat, objek kedua dari utara ke selatan dan ada yg serong juga. Apakah itu?

    ReplyDelete
  73. @reactivator: Satelit tidak menggunakan pendorong. Satelit itu ditempatkan di titik dimana terjadi keseimbangan antara orbital velocity dengan inertia pergerakan satelit. Pada titik yang tepat, satelit akan terus bergerak dengan kecepatan sekitar 27.000 km/jam pada ketinggian 240 km. Jadi, mekanisme alam. Kalau salah taruh, satelit bisa jatuh atau menghilang ke angkasa.

    @MJ dan anonymous: Soal cahaya yang lebih dari satu, bergerak zig zag dll, akan saya posting di lain kesempatan. sabar ya.

    ReplyDelete
  74. Wah..sering ne liat mlem2 objek ky gtu d langit..
    Kbetulan suka plg mlem2 dr tempat krja..Hahaha
    Klo lg lampu merah sk isenk liat2 langit..

    Pernah saya 2x mliat smacam objek gtu d langit..warnany merah k'unguan skitar sore2 mnjelang maghrib gtu..pnampakan itw tjadi kira2 3-5 mnit..kelap2 kelip ckup terang jg sperti bintang..then ilank sketika ga ad bekasny..

    Yang menarikny,objek itw ga brgerak tp diam d tempat..kjadian ini saya liat waktu d daerah Bekasi n 1 lg d daerah Meruya..Tadiny saya pikir itw lampu dr Menara.tp stelah dperhatikan d sekitar situ ga ad menara sm sx..klo psawat terbang,kyny jg bukan,karena objek brcahaya itw diam dtempat z..

    Mnurut Om Enigma,Objek itw ap y??smpai skr saya ms pnasaran alna..~==a

    Tq Om Enigma..

    ReplyDelete
  75. om ungkap dong yang john titor .....kupas tuntas !!!! saya masih bingung kebenarannya........

    ReplyDelete
  76. @ Enigma
    Oke, Ditunggu! Jangan lama2!

    ReplyDelete
  77. oh i see... thanks bung! :)

    ReplyDelete
  78. waah.. udah jelas emang satelit kayaknya mas..
    Tp emang satelit bisa nyasar ke indonesia yah??
    Maksud saya satelit milik asing...

    ReplyDelete
  79. @brader E: Kemungkinan pesawat memang ada, tapi ya itu, sy jg pernah melihat kelap-kelip lampu pesawat gmana, dari bbrp tmpat di badan pesawat.
    Tapi yg ini bener2 dari 1 titik cahaya yg brganti2 warnanya tiap 1 detik, keluar dr balik awan yg sdg ada kilatnya. Saya memperhatikan awannya ckp lama. Tdk ada titik cahaya yg menuju awan itu sblmnya. Titik cahaya itu keluar dari (balik) awan yg penuh kilat itu tiba2. Saya benar2 penasaran.


    @Sweety: loh? Kok tau? Km memang amazing deh Sweety. Thx udh perhatian ya. Haha XD

    ReplyDelete
  80. @Estrada
    Akhirnya rasa penasaran q tentang benda seperti bintang yang berjalan udah terpuasakan..."dan ternyata cuma satelite"... Puas puas hatiku jadi gak penasaran lagi.. Thanks ya Om enigma..hee
    Om kalo tentang batu-batu berjalan di Death Valley california itu ada penjelasan lain lagi gak... penasaran banget saya soal yang atu itu,,kok bisa.. Thanks ya Om Enigma..

    ReplyDelete
  81. waahh ini bikin saya agak yakin nih. soalnya emang sering kayak gitu keliatan di langit. kalo kata guru saya itu cuma pengaruh psikologis capek yang mempengaruhi fokus optik. tapi reason bang enig lebih enak dibaca deh hahahaha.

    ReplyDelete
  82. wah... telat koment nih... 15 besar deh....

    ReplyDelete
  83. Bro enigma,mo tny ne.. Ud bbrp mlm dlm 1bln ini,saya melihat ada satu bintang (ntah itu benar bintang ato bkn),bintang itu rsny semakin dekat n terang. Ddaerah saya bintang msh terlihat jelas. Saya ingin tny aja,itu bintang,satelit,planet ato yg sdg diributkan yaitu nibiru? Soalny lama kelamaan bintang tiu semakin terang n dekat. Trima kasih ats penjelasanny...

    ReplyDelete
  84. akhirnya kotak komentarnya di beri scroll juga,, gini kan enak, gak capek-capek turun ke bawah,,, dan loadingnya juga cepat.. :D

    ReplyDelete
  85. @Anonymous no 88: kemungkinan itu venus. bukan nibiru.

    @Moh Aris Taufik: layang-layang tidak bergerak seperti pesawat.

    ReplyDelete
  86. wah,,saya jga pernah ngeliat kaya gitu,,tepatnya kemaren..pertama saya liat cahaya bintangnya rada orange,,trus pas saya liatin trus,,lama lama bintangnya terbang ke atas langit,,trus tiba tiba ngilang...sayang sya gk sempet foto..

    ReplyDelete
  87. Tidak ada orang yang bermain layang pada waktu malam dan mengeluarkan cahaya terang , anda memang pintar bergurau :D

    ReplyDelete
  88. q jg prnh liat bintang gerak ky gt. tp 2 bintang 1 d dpn 1 d blakang arah n dr utara k selatan ky kejar kejaran gt.

    ReplyDelete
  89. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5016573
    http://archive.kaskus.us/thread/4154375
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4816132

    ReplyDelete
  90. wah wah, kirain dikit yg liat fenomena yg seperti saya lihat, ternyata banyak juga yg lihat fenomena seperti itu (cahaya yg bergerak zig zag atau berinteraksi satu sama lain seperti hidup), ayo bung enigma, ga sabar nih lihat ulasannya tentang cahaya2 aneh itu

    ReplyDelete
  91. makasih om E udah posting ttg pertanyaan saya.

    Naufal

    ReplyDelete
  92. keren bro E.., cuma perngen jd yg ke seratus hehe.. met puasa ya.. ati2 buat yg mudik

    ReplyDelete
  93. bang E. emgnya satelitnya bisa kelihatan ya?
    kok bz ya?
    padahal diluar bumi.

    ReplyDelete
  94. waduh brother enigma lagi sibuk nih keknya blom muncul"

    ReplyDelete
  95. Oh iya bang E . Gimana kalo asteroid ?

    ReplyDelete
  96. bang enig, tukeran link yuk,, saya pemula blogger nih. kirakiran akang berkenan kah?.

    email saya ya kang kalo berkenan.. Garudamujahid@yahoo.com

    atau jajal dulu kunjungi laman saya.
    islamic-quest.blogspot.com

    monggo semoga bukan dianggap Spam.

    ReplyDelete
  97. Zigma'E 10
    Lumayan menarik untuk di jadikan misteri... ^_*,mungkin kata om Enigma benar yaitu adalah satelit

    ReplyDelete
  98. buat bro 'kira putra yamato':
    kayanya ga perlu dihubungkan ama teori Newton I deh, kan obyeknya unidentified (bukan satelit yang saya maksud), semua kemungkinan bisa terjadi.
    Yang saya liat bener2 objek melaju dengan gerakan yang tidak lazim, seperti zigzag, dan kemudian menghilang..

    sayang tidak ada bukti dokumentasi sih :(

    salam,

    Ragil SP

    ReplyDelete
  99. 30 tahun yang lalu saya pernah tinggal di Papua. Pada masa itu tidak banyak sumber cahaya serta polusi sehingga pada malam hari kita bisa dengan mudah melihat penampakan satelit yang dimaksud dalam tulisan ini. Saya jadi teringat ayah saya yang pertama kali memberitahukan saya tentang hal ini. Sekarang sejak tinggal di Jakarta sudah tidak pernah lagi saya melihat satelit padahal ingin sekali saya menunjukkannya pada anak saya

    ReplyDelete
  100. buat the patriot,

    saya juga pernah melihat objek melaju dengan gerakan zigzag, menurut saya itu juga sebuah satelit. Mengapa terlihat zigzag karena ada lampu pada kedua ujung satelit yang menyala secara bergantian sehingga jalannya terlihat zigzag. cmiiw

    ReplyDelete
  101. wah, kesimpulannya kok bisa sama ya? sebelum baca kesimpulannya bung enigma, saya juga udah menyimpulkan bahwa itu adalah satelit yg sedang mengorbit, dari kecil saya sudah sering melihat kejadian ini, lumayan menarik utk diamati dimalam hari

    ReplyDelete
  102. Ijin nyimak...newbie masalah yang ginian :D

    ReplyDelete
  103. saya pernah liat iss shubuh2 dia kelihatan lebih kecil dari bintang dan bergerak

    ReplyDelete
  104. dz ka said....

    salam kenal semua ..^^
    newbie ni....

    bg enigma, saya juga pernah lihat hal yang sama...^^

    boleh nanya g??

    ::planet apa aja yang bisa dilihat mata telanjang yang dekat dengan bumi???

    :: apa satelit yang berada dkt dari permukaan bumi masih berfungsi??

    sebelumnya trimakasih...^^

    ReplyDelete
  105. dalam kondisi tertentu kamu bisa melihat venus, jupiter dan mars. Soal satelit, ada yang masih berfungsi dan tidak.

    ReplyDelete
  106. ezio.

    mas sy mau brtanya,, tlong dibntu y...
    sy pernah lihat benda melayang/berputar2 dimalam hari, tetapi mlayangnya itu gk kemana2 & bendanya itu terlihat jelas skali/bercahaya..
    "klo menurut sy sih itu layangan nyangkut"
    (tapi)apa mungkin layangan nyangkut dimalam hari bisa melayang dan berputar2/bercahaya pula.

    menurut mas itu benda apa?
    tolong pencerahannya y mas thx.. be4 :*

    ReplyDelete
  107. wah....kbetulan sekali bro enigma...
    ane jg sering liat tuh yg kyk gitu...(kbtulan jg suka ngeliat langit malam,..apalgi disaat lg cerah berbintang)

    spt bintang yg kcil bgt...spt pesawat yg terbangnya sangat tinggi...namun klo dilihat dari kecepatannya jg sama kyk ngeliat pesawat yg terbang rendah..(bisa dikatakan sangat kencang jika dibandingkan dengan ketinggiannya)

    oya...ane sering liat objek itu selalu terbangnya ke arah selatan....gak tw kenapa....
    ato bro enigma bisa memberi pnjelasan tambahan....XD

    oya...satu lagi...yg ane blom ngerti..

    "Saat ini ISS mengitari bumi dari ketinggian 348 kilometer dengan kecepatan sekitar 27.743 kilometer/jam. Dengan kecepatan ini ia akan menyelesaikan 15,7 orbit perhari dan dari bumi dapat terlihat bergerak dengan kecepatan seperti sebuah pesawat jet. Kadang hanya butuh waktu empat menit baginya untuk melintasi angkasa di depan mata kita."

    bisa beri pnjelasan yg lbh detil knp di depan mata kita trlihat sangat kencang..?
    arti dari 15,7 orbit perhari mksdnya? pdahal kecepatannya sebenarnya cuman 27.743 kilometer/jam..?


    thx bfore..:D senang brkunjung dimari..

    ReplyDelete
  108. ooohh... satelit toh. pantesan sy udh 3x lihat di 3 tmp dan kota berbeda.
    Katanya kalau ufo jalannya gak beraturan ya?

    ReplyDelete
  109. serupa dengan apa yang saya lihat dulu waktu kecil hehe

    saya melihat 1 objek bercahaya seperti bintang bergerak lambat dilangit malam sekitar jam 7 malam

    objeknya bergerak lurus dan terlihat seperti akan menabrak objek bercahaya lainnya (asumsikan aja bintang / benda serupa lainnya)

    akan tetapi, pada jarak yang cukup dekat, objek bergerak tersebut dapat menghindar (kayak motor nyalip motor yg lagi diem) lalu kembali ke jalurnya lagi

    dan makin lama objek tsb makin redup dan hilang

    >.<

    UFO?

    Satelit?

    atau salah lihat? hehehe (tapi saya yakin 100% tidak salah lihat, ampe 1 RT berkerumun gara2 saya teriak2 "ada UFO!!!"

    :D

    ReplyDelete
  110. pengalaman pribadi yang tidak terlupakan seumur hidup :
    saya masih ingat dengan jelas saat masih kelas 5 SD, saya sedang liburan di probolinggo, sekitar jam 12.30 (setelah adzan), saya bersepeda keluar dari rumah... lalu saya iseng-iseng lihat ke langit (waktu itu terik sekali tidak ada awan). saya melihat seperti bola api berekor berwarna kuning bergerak secara horisontal di langit. ketinggian dan kecepatannya kira-kira sama seperti pesawat terbang normalnya. saya langsung berpikir itu roket antariksa (pada waktu itu) karena karakteristik bola apinya sama seperti api yang keluar dari pesawat antariksa waktu terbang, bedanya yang ini tidak ada pesawatnya cuma apinya.

    sayangnya waktu itu kondisi jalan sepi tidak ada orang. saya pulang ke rumah lalu cerita ke sepupu tapi tidak ada yang percaya.

    ReplyDelete
  111. saya juga pernah mengamatinya, beberava bulan lalu saya selalu melihatnya setiap malam, dan kemunculannya juga lebih awal, yaitu sekitar jam 5-6 sore saya sudah dpt melihatnya dilangit sebelah timur ketika saya pergi ke tempat kursus dan ketika saya pulang sekitar jam 8-9 malam saya sudah melihatnya di langit sebelah barat, saya masih dapat membedakannya dengan bintang yang lain karena cahayanya yang jauh lebih terang dibanding benda langit yang lainnya. Saya elihatnya setiap hari kecuali ketika cuaca sedang mendung, tapi saya tidak mengambil fotonya. Tapi berbeda dengan vidio itu, kalau di video itu terlihat bulat biasa seperti hanya memantulkan cahaya. Tapi yang saya lihat bentuknya seakan-akan memancarkan cahaya seperti bintang lainnya. kalau mr.e punya penjelasannya tolong kirim ke e-mail saya ya, goliath.temperer31@gail.com

    ReplyDelete
  112. Thanks atas infonya gan..
    ketika saya di berada di kampung, saya sering melihat objek tersebut. bahkan hampir tiap malam. dalam 1 jam saja saya bisa menemukan sampai 5-6 bintang berjalan. beberapa hari yang lalu saya dan teman saya sempat membahas tentang bintang berjalan. tapi hanya sekedar ngobrol-ngobrol santai. dan sekarang dah makin jelas deh tentang apa yang telah saya lihat (bintang berjalan).
    Tapi kalo boleh nanya nie,
    pernah 3 kali saya melihat, bintang berjalan tersebut mengeluarkan cahaya yang lebih cerah dari biasanya. bahkan sampai menyilaukan mata, seolah-olah bintang tersebut meledak, kemudian cahayanya meredup kembali dan terus berjalan seperti biasa dengan cahaya yang kecil. mohon penjelasannya gan, karena fenomena tersebut jarang sekali saya alami dan saya anggap luar biasa.

    ReplyDelete
  113. Hahay, saya tertipu. Waktu mlm takbiran tahun lalu saya melihat bintang berjalan (UFO) berwarna merah yg seolah" melintasi bintang ternyata SPACE STATION, Wakakaka T_T. IDEM deh

    ReplyDelete
  114. salam kenal bang enig !, neh juga mau posting, mengenahi benda mirip bintang bergerak, sudah sejak lama saya mengamati pemandangan seperti itu, yang jelas sama dengan kesaksian yang lain, jalannya zigzag, atau berhenti-jalan-berhenti jalan begitu seterusnya, arahnyapun gak sama, kadang keutara atau sebaliknya, kadang ketimur atau sebaliknya, pokoknya kemana- mana ja deh,pernah suatu hari ada satu benda mirip bintang bergerak sangat lambat setelah beberapa saat terlihat cahaya besar seperti ledakan roket dengan cahaya yang agak besar dan terang , bersamaan itu laju kecepatannya menjadi sangt cepat tapi bukan ke selatan sesuai arah jalan sebelumnya, yang menurut ku ke arah atas, soalnya cahaya yang terang tadi semakin kecil dan terus menghilang, benda apakah itu ? bang enig juga temen temen yang mau menyaksikan, standby aja waktunya selepas magrib sampai sekitar jam 7.30 an, karena selepas itu gak ada lagi atau menjelang subuh. trima kasih !

    ReplyDelete
  115. @anonymous 121
    mungkin aja itu UFO!

    ReplyDelete
  116. wah cukup memuaskan jawabannya,karena selama ini saya sering melihat obyek sprti bintang dg kcpatan tinggi,dulu wktu kecil guru SD saya malah bilang klw itu bintang yg berpindah tmpat(aneh ya).klw pswt gk mgkn krena dg ktinggian spt itu gk mgkn bisa secepat itu,tp saya msh penasaran,mgkn suatu saat nti ada pnjelasan yg lbh rinci,Mucho Gracias

    ReplyDelete
  117. sampai sekarang saya juga penasaran om,, saya sering sekali melihat objek seperti saudara naufal alami,, dulu setelah subuh biasanya saya melihat lihat bintang,, dan saya melihat objek terbang tersebut tidak hanya sekali,, kalo pesawat sepertinya bukan deh,, soalnya benar2 seperti bintang2 yang lain hanya saja yang satu ini berjalan (bukan jatuh) dan bila diperhatikan akan hilang di ujung pandangan,, misal dari ujung timur akan hilang di sebelah barat.

    ReplyDelete
  118. saya juga pernah melihat benda langit yang sperti itu,bahkan saya sering mengamatinya.
    anehnya saya melihat benda itu dalam semalam ada 4 terbanyak.
    ni email saya saryono_e@yahoo.co.id jika ingin berbincang masalah ini.
    saya masih belum yakin dgn alasan yg di berikan.

    ReplyDelete
  119. eko saryono said : saya pernah selama 3 hari berturut-turut melihat bintang pada pukul 4 sore dan bahkan pada senja nya saya masih memperhatikan benda itu.
    sebernarnya bintang apakah itu ???
    thanks atas informasinya.

    ReplyDelete
  120. oh d.kirain ufo mas e, cz tmen" udh kegirangan wktu itu, d.tengah malem d.atas gunung bsa ngeliat ufo,, hehe... Nice post.,

    ReplyDelete
  121. Pada bulan RAMADHAN yang lalu saya juga melihat hal yang sama, BINTANG itu bergerak dengan kecepatan tinggi membelah angkasa dan pernah juga terjadi di langit pantai BIRA pada waktu saya liburan

    Saya sangat kecewa video bintang bergerak yang pernah di tampilkan di ON THE SPOT di katakan palsu oleh ahli telematika.

    ReplyDelete
  122. bang, dulu pas sore-sore aku ngeliat benda terbang aneh. tu benda kalo diliat kayak siluet caping, trus terbangnya kayak belok-belok gitu.

    apa itu ufo?

    ReplyDelete
  123. Bang enigma .. Ini pertama kali aku komen niihh
    Mau tanyaa . Dulu waktu aku lagi bengong di blakang rumah ada bendaa yang nyalanya meraaahh aga tinggii tapi ngga setinggi bintang kira kira dari jika tangan kita di lurusin ke atas terlihaat satu jengkal tangan .. Merah nyalah
    Tapi waktu aku ikutii sampi blakang pohon hilang .. Menurut anda itu apa yaa ? :o

    ReplyDelete
  124. Bang enigma .. Ini pertama kali aku komen niihh
    Mau tanyaa . Dulu waktu aku lagi bengong di blakang rumah ada bendaa yang nyalanya meraaahh aga tinggii tapi ngga setinggi bintang kira kira dari jika tangan kita di lurusin ke atas terlihaat satu jengkal tangan .. Merah nyalah
    Tapi waktu aku ikutii sampi blakang pohon hilang .. Menurut anda itu apa yaa ? :o

    ReplyDelete
  125. As. Slm knl semuanya... Bang E sy mau nanya.
    Dulu sy dan tmn2 sy prnh melihat langit di daerah sy tiba2 mnjd separo merah, waktu itu mngkn sktr jam 10 mlman, dan kmudian tmn sy blng kalau itu di krnkan chya dr pmbakaran sisa2 orng yg sudah panen tebu, tp yg mmbt sy sdkt masih penasaran adalah letak bagian gelap dan merah itu pas di atas sy. Sdngkan tmpt dimana orng biasa bakar sisa2 tebu itu jaraknya agak jauh, Dan ada 2 tmpt rmh sy di tngah2nya, lgian wkt itu sy jg tdk ykn klo ada orng bkr sisa2 tebu soalnya gak ada asap di udara mas.
    Mhn d bls mas, trmaksih... Sy suka skli blog bang E

    ReplyDelete
  126. malam ini tgl 30 Maret 2013 sehabis isa kami se RT juga melihat dua cahaya di angkasa bergerak sama seperti ISS diatas. Tapi kami tidak dapat memotret, sudah satu jam kami bosan deh .. dan kami masuk rumah. Cahaya tidak mengeluarkan suara

    ReplyDelete
  127. wktu itu sekitar bulan febuari tahun 2013 saya juga pernah melihat benda langit seperti bintang bergerak, benda itu awalnya berada disebelah kanan bulan namun kemudian bergerak pindah kesebalah kiri bulan. cahaya nya terang jadi bisa terlihat sangat jelas. kira2 itu benda apa ya?

    ReplyDelete
  128. Telat bngat Ne ngomen nya, tapi tak apa lah. Jadi gini bang E, saya kan tinggal di daerah perdesaan dan setiap malam saya bisa melihat bintang dengan sangat jelas (bahkan sabuk asteroid), kalau menurut penjelasan bang E itu kan sebuah satelit (sampah) yang saya tanyakan gi mana kalau cahaya seperti bintang itu arahnya ke segala arah?? Saya pernah melihat nya ada 3 bintang yang dergerak, tapi ada yang ke timur, ke barat dst, bahkan ada yang berselisihhan. Apa kalau satelit itu jalurnya tidak beraturan ya??? Tolong di jwb bang E... :)

    ReplyDelete
  129. saya juga sering melihat object seperti bintang bergerak ini, terkadang pada saat jam 5 subuh, banyaknya object pun bisa 2-3 object dan bisa dilihat setiap hari kalo beruntung :D

    ReplyDelete
  130. Baru saja saya mengalami kejadian tersebut skitar 10 menit yg lalu saya melihat bulatan kecil seperti bintang bewarna kuning namun bulatan tersebut berjalan dari timur ke barat kecapatan 2x lebih cepat dari pesawat durasi hanya 1 menit kurang lebih, saya mencoba mengabadikan moment tersebut tapi sayang camera tidak memadai waktu itu, tapi saya yakin itu satelit seperti yang di jelaskan enigma.malang:)

    ReplyDelete
  131. bung E, ada yang saya bingungkan..
    ???
    itukan satelitnya bergerak dengan kecepatan 27.743 kilometer/jam..
    trus yang saya tau ada dibilang kecepatan suara sekitar +1000 kilometer/jam
    berarti satelitnya bergerak dengan kecepatan sekitar 25 kali kecepatan suara..
    padahal teknologi pesawat terbaru yang saya dengar baru mencapai 6 kali kecepatan suara itupun dengan desain yang kokoh dan serba lancip..
    yang bikin saya bingung ada satelit yang bergerak dengan kecepatan 25 kali kecepatan suara dan dengan desain seperti gambar yang bung E tampilkan diatas, tetapi kenapa tidak hancur yah dengan kecepatan segitu??

    mohon penjelasannya bung E.. :)

    ReplyDelete
  132. tgl 10 september 2016 kira kira jam 20:30 sampai 21:00 kami ada sekitar 10 org kaget bukan main melihat benda dilangit seperti bintang kemungkinan ada ribuan banyaknya ... berjalan teratur membentuk seperti garis yang panjang seperti ular dengan kecepatan seperti pesawat jet
    kami semua merasa takut atas apa yang barusan kami lihat tetapi kami terus melihat sampai benda tersebut lenyap
    kalau boleh ...tolong dijelasin benda apakah yang kami lihat itu

    ReplyDelete
  133. Baru saja sore hari ini saya juga melihat hal serupa dan googling apakah benda itu, sepulang kerja tgl 25-04-2017 pukul 18.11 setelah memarkirkan kndraan terlihat seperti bintang tidak berkedip meluncur ke arah timur, kecepatan tidak seperti pesawat karna lebih cepat dan karena di barat mendung gelap benda itupun hilang didalam awan setelah saya melihat skitar 3-4 menit saja..

    ReplyDelete
  134. Saya pernah melihat malam hari sek pukul 1:30 malam, sy melihat dri jendela apartmen lntai 23gt. Lalu ada yang terbang dilangit awalnya saya pikir it pesawat tp tdk mungkin karna dya ada diketinggian seperti gedung berlantai sek 57lalu dia ada cahaya hijau dan saat bergerak itu cepat dan bergerak ke samping lalu ke atas arah nya tidak menentu ternyata saat saya lihat lg terdapat 1 lg yang sama seperti itu tp dya lebih tinggi, sy bingung it apa sya cba melihat trs lama2 mereka bergerak bersamaan ttp tidak menyatu ya seperti pindah sudah tidak di tempat tadi. Masih penasaran sih itu apa ya?? Awal nya saya mw foto & ambil hp tp wktu kmbali sudah tidak ada

    ReplyDelete
  135. gan saya pernah liat baru kemarin. waktu saya di balkon waktu itu saya ngelamun lihat bintang yg cukup banyak. tiba tiba saya lihat seperti bintang yang bergerak tapi cukup cepat saya sampe melongo gitu. beberapa detik aja palingan 3 detikan. seperti bintang tapi warna kuning ada ekornya,ekornya warna kuning juga tp bentuknya kaya asap pesawat jet cuma warnanya kuning redup. yang liat cuma saya saja sodara disebelah ngga percaya sm saya soalnya dia pas main hp gitu gan. sumpah deh demi allah saya liat,boleh nanya nih yang saya liat itu apaan ya? kok kaya di sinetron2 bintang jatuh gitu wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama ya yg kya saya liat bintangnya banyak yang gerak tapi ga ada ekornya temen saya katanya ga liat itu. Anehnya yg saya liat bulannya juga ikut gerak.

      Delete
  136. gan saya pernah lihat suatu objek seperti bintang tapi memiliki cahaya yang redup dan berkedip-kedip sambil bergerak...kira2 itu apa ya...

    ReplyDelete
  137. Mau nanya apa jumlah satelit alami itu bisa banyak. Soalnya sata pernah liat cahaya kayak bintang yang jumlahnya sangat banyak di langit bergerak dengan kecepatan sedang anehnya saya juga liat bulannya juga bergerak kaya gitu.
    Mohon penjelasannya klo ada yg tau

    ReplyDelete
  138. Bang...?
    Hari ini , Tepatnya Sekitar Jam 20:40
    Saya Ngeliat Ada Benda Langit Yg Lewat
    Bergeraknya lambat Kayak Satelite di video, tapi cahayanya Sebentar Ada Sebentar Hilang, Kira kira cuma 2 Detik cahayanya Terus ngilang Sekitar 10-15 Detik , Terus Muncul lagi

    ReplyDelete
  139. Saya juga melihat kejadian tersebut jam 05.25 WIB 25/3/18

    ReplyDelete
  140. Barusan saya keluar lihat2 bintang ternyata ada 7-8 satelit tsb .ada yg bergerak ke barat dan ada yg ke utara. Dan dominan bergerak ke barat

    ReplyDelete