Saturday, June 5, 2010

Rekaman UFO Kendari - Penjelasan alternatif

Sebuah objek misterius terekam oleh kamera ponsel seorang pelajar SMP di Kendari. Objek itu persis berada di tengah matahari yang bersinar dengan terang. Apakah objek itu sebuah piring terbang yang tertangkap kamera? ataukah ada penjelasan lain yang lebih masuk akal?


Dibawah ini kutipan dari berita news.id.msn.com tanggal 04 Juni 2010:

KENDARI - Penampakan benda aneh menyerupai piring dikelilingi sinar berwarna pelangi yang terekam kamera ponsel milik salah satu siswa SMP Negeri 9 Kendari, hanya berlangsung sekira 20 detik. Setelah itu, benda asing tersebut lenyap begitu saja.

"Itu nggak sengaja terekam kamera ponsel. Munculnya tiba-tiba selama 20 detik lalu hilang begitu saja," ungkap Wahlidar Adi Putra, salah satu siswa SMP Negeri 9 Kendari kepada okezone, Jumat (4/6/2010).

Menurut dia, penampakan tersebut terekam ponsel milik temannya bernama Ari, secara tidak sengaja. "Saat itu kami berlima iseng merekam pemandangan dekat sekolah. Tapi pas lihat hasil rekamannya muncul benda seperti piring yang dikelilingi cahaya berwarna pelangi," jelas Wahlidar.

Sebelum merekam, kata dia, tidak melihat ada benda tersebut di langit yang kondisinya cerah. "Karena sinar mataharinya yang bikin silau, jadi tak melihat apa-apa. Tapi pas liat rekaman di HP, muncul benda seperti UFO," imbuhnya.

Menurut Wahlidar, kejadian terekamnya benda yang diduga UFO ini pada Rabu lalu sekira pukul 12.00 WIB. "Jadi bikin heboh setelah tayang di televisi," terangnya yang mengaku percaya dan tidak percaya soal UFO karena baru pertama kali mengalami peristiwa itu.

Msn news melampirkan foto objek hitam tersebut. Bentuknya persis seperti piring terbang. Jadi wajar saja kalau masyarakat dibuat heboh olehnya.


Setelah berita ini mulai heboh ditayangkan, betaufo menerima rekaman tersebut dan menguploadnya ke youtube.



(Notes: Di msn news, dikatakan kalau Ari mengatakan mereka ingin merekam pemandangan sekitar sekolah. Namun, di liputan6.com atau di tempointeraktif.com disebutkan kalau mereka berniat merekam matahari yang terlihat memiliki cincin saat itu. Ini menjelaskan mengapa dalam rekaman tersebut hanya terlihat pemandangan matahari. Ketika mereka melihat "ufo" itu di kamera HP, sang anak segera men-zoomnya. Jadi, Saya tidak menganggap dua pemberitaan ini bertentangan karena bisa saja wartawan masing-masing media tidak mengutip seluruh perkataan mereka dengan lengkap. Bukti yang paling penting adalah hasil rekaman itu sendiri)

Sekarang, sekali lagi, pertanyaannya, apakah identitas objek hitam misterius itu?

Terus terang, saya tidak bisa memastikannya. Tapi, saya punya teori dan saya rasa tidak ada salahnya menceritakan teori itu kepada kalian.

Pertama, saya ingin menegaskan kalau saya percaya rekaman tersebut adalah asli dan bukan hasil rekayasa seorang anak SMP. Jadi, yang harus saya lakukan hanyalah mengidentifikasi objek hitam misterius tersebut.

Mari kita lihat karakteristik objek tersebut.

Objek itu terekam dengan sebuah kamera ponsel pada siang hari sekitar jam 12.00 siang dimana matahari bersinar dengan sangat terik. Lalu, Objek itu berwarna hitam dan terlihat menggantung di udara, persis di tengah-tengah matahari. Beberapa komentar pembaca yang saya baca di beberapa media menyebutkan kalau objek itu bergerak. Tetapi, saya tidak melihat adanya pergerakan pada objek itu.

Lalu, petunjuk lain yang menjadi kunci penting adalah, objek itu tidak terlihat dengan mata telanjang dan hanya terlihat ketika mereka melihat ponselnya. Saya kutip kembali Msn news:

Sebelum merekam, kata dia, tidak melihat ada benda tersebut di langit yang kondisinya cerah. "Karena sinar mataharinya yang bikin silau, jadi tak melihat apa-apa. Tapi pas liat rekaman di HP, muncul benda seperti UFO," imbuhnya.

Nah, sekarang, saya akan membeberkan teori saya.

Menurut saya, Objek hitam itu adalah "noda" yang ditimbulkan akibat ketidaksempurnaan exposure kamera.


Saya akan jelaskan maksudnya.

Kamera video ataupun kamera foto memiliki sensor elektronik di dalamnya yang mengubah cahaya menjadi sinyal elektronik. Jika objek yang terekam atau terpotret sangat terang, maka sensor itu akan kewalahan menerimanya, karena itu secara otomatis, pixel yang menerima cahaya berlebihan itu menjadi tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya terbentuklah titik hitam di objek itu.

Ini menjelaskan mengapa anak itu tidak bisa melihat objek hitam itu dengan mata telanjang. Mereka hanya bisa melihat objek itu lewat kamera ponsel. Jika objek hitam itu adalah sebuah objek besar yang sedang terbang di udara, maka saya yakin mereka akan bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Justru karena objek itu hanya terlihat lewat ponsel, maka kita bisa menyimpukan kalau objek itu adalah sesuatu yang berasal dari ponsel itu sendiri. Bukankah begitu?

Kemudian, Titik hitam pada kamera itu akan terbentuk di wilayah yang paling terang dari sebuah objek, dalam hal ini adalah di TENGAH matahari.

Ini juga menjelaskan mengapa objek hitam itu selalu terlihat berada di tengah matahari, bahkan ketika kamera bergeser-geser.


Jika objek tersebut adalah sebuah pesawat yang sedang terbang di udara, maka saya rasa posisinya tidak akan selalu persis berada di tengah matahari.

Fenomena ini bisa terjadi pada saat matahari bersinar dengan terik, yaitu pada siang hari. Ini juga konsisten dengan waktu pengambilan rekaman, yaitu siang hari sepulang sekolah, sekitar jam 12.00 siang dimana matahari berada posisi paling terik.

Pada posisi matahari terbenam dan tenggelam, anomali ini biasanya tidak terjadi karena intensitas cahaya yang dihasilkan tidak cukup kuat (kecuali untuk beberapa jenis kamera). Analoginya sama seperti kaca pembesar. Kita bisa membakar kertas dengan cahaya matahari menggunakan kaca pembesar hanya ketika siang hari ketika matahari bersinar sangat terik.

Fenomena ini pada umumnya telah dikenal dengan baik oleh mereka yang biasa menggunakan kamera. Saya pun menemukan informasi ini lewat forum-forum fotografi.

Ini contoh lainnya dari fenomena ini:


Nah, sekarang, kalian mungkin akan bertanya kepada saya: "Tetapi Brother enigma, anda melupakan sesuatu yang penting, yaitu bentuk objek tersebut yang terlihat seperti piring terbang, bagaimana brother menjelaskannya?"

Saya tidak melupakannya. Memang ini adalah karakteristik yang membuat banyak orang berspekulasi kalau objek tersebut adalah sebuah piring terbang.

Mengenai bentuknya yang unik, ini jawaban saya:

Menurut saya, objek itu terlihat berbentuk seperti piring terbang karena refleksi cahaya matahari, jadi sejenis tipuan mata.

Saya akan tunjukkan alasannya.

Lihat kembali rekaman di atas. Perhatikan bentuk objek itu pada detik ke-0 hingga detik ke-7, kalian bisa melihat kalau objek itu berubah-ubah bentuk dari piring terbang menjadi bulat ketika pemegang kamera menggeser posisinya sedikit.


Lihat, Di bawah ini adalah screenshot pada detik ke-6. "Cincin saturnus" pada objek tersebut terlihat menghilang begitu saja persis seperti refleksi cahaya.


Jika objek hitam tersebut adalah sebuah pesawat atau benda lain, maka saya rasa bentuknya tidak akan berubah drastis hanya karena sedikit menggeser posisi kamera. Jadi, bentuk piring terbang tersebut hanyalah sebuah faktor kebetulan yang diakibatkan oleh refleksi cahaya matahari yang masuk ke kamera.

Demikianlah teori dari saya.

Saya tidak menganggapnya sebagai kesimpulan yang pasti benar, karena itu, saya pun menunggu pendapat para ahli.

(askville.amazon.com, dvxuser.com, appliedcolorscience.com)


Komentar Pilihan



m.agn said...


M. Agn,

Sekedar perkenalan bung enigma. profesi saya dosen videografi.. penjelasan diatas secara teknis proses kerja kamera karena over exposure, saya setuju..


Kejanggalan lain yang bung enigma jelaskan mengenai penjelasan mereka untuk mengambil gambar sekitar sekolah sama sekali tidak sinkron dengan gambar yang diambil. Yang nyata jelas interest mereka ada pada titik pada matahari!!! tidak menyadari blackspot tapi terus merekamnya!!!! anehhhh...


Yang lebih aneh media tidak menganalisa terlebih dahulu sebelum memberitakan....

seperti masalah buaya raksasa... mereka justru seringkali melahirkan opini bukan fakta... gawat!!!

Mungkin suatu hari bung enigma bisa jadi guest di sebuah program acara tv untuk meluruskan kesalahan2 semacam ini..jadi artis dong!! mantap bung enigma..


June 6, 2010 12:31 AM




Afrianto Akhadi RJ said...


Yups setuju, blank spot!! that's it... CCD lama atau CCD murah utk HP selalu meninggalkan blank spot apabila terjadi OE (over exposure, cahaya berlebih yang mengenai sensor), karena mereka/CCD murah tersebut hanya mengandalkan jendela rana (blade) saja yang terkadang tidak bisa mengunci secara penuh apabila diterpa cahaya / OE, tanpa filter Infra Red pula, jadi pasti blank spot akan terjadi, apalagi sekarang banyak HP yang murah dengan sensor kamera murah apa adanya, great job Bung Enigma.... salam


June 6, 2010 3:35 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.

170 comments:

  1. Yeah. that is a good explanation.

    ReplyDelete
  2. Pertamaxxx!!!
    Tumben bro E update jam 2 pagi..

    ReplyDelete
  3. Haha, tanggung. Soalnya sabtu ini saya nggak mau megang komputer.

    ReplyDelete
  4. Gokil nich. .
    Ada2 z haha

    ReplyDelete
  5. mantap..mantap..kok brother pinter si,.. :P

    ReplyDelete
  6. penjelasan yang bagus seperti biasa.
    Setuju banget sama bro enigma.
    Yah,walaupun gw brharap bener2 ada penampakan ufo,tp gw juga realistis.
    Gw belum liat rekaman ufo sebenernya kaya gimana slaen piramida terbang yg ditampilin bro enigma.
    Keep posting bro,thx

    ReplyDelete
  7. pejwan gan,, btw disekitar objek yang ada di video itu kelihatan ada bintik-bintik yang kelap kelip apa itu juga efek exposure yang tidak sempurna juga.. bang,,

    -Andre-

    ReplyDelete
  8. analisanya hebaaaattt...
    bahkan beritanya belum sempet jadi klimaks di media2 massa tapi bro E udah bisa narik benang merahnya..

    dan sepertinya cahaya pelangi yg disekelilingnya akibat dari efek "halo" cahaya matahari itu sendiri..

    aku sendiri kalo naik motor malem2 jam 10an gitu suka ngeliat efek "halo" dari lampu motor lain yg ngarah langsung ke mata, dan biasanya karena dibantu adanya kabut jadi terciptalah efek "halo" dengan lingkaran pelangi disekitarnya ini..
    [e.Y]

    ReplyDelete
  9. Penjelasan yg masuk akal enigma. Atau mgk bg tmn2 yg msh penasaran bisa praktek sendiri deh entar jam 12 siang pakai hp masing2. Siapa tau beruntung dan dpt moment yg serupa dg pelajar asal kendari tsb.
    Aku jg setuju dg enigma, lebih lanjutnya kita tunggu jg penjelasan para ahli.
    Wah enigma posting hampir jam 3 pagi berarti ditempatku hampir jam 4 pagi.
    Salut utk enigma dan begadangnya.

    Mungkin sabtu memang saat yg tepat utk jauh dr komputer ya...


    Happy nice weekend enigma..

    ReplyDelete
  10. ketigax kah?
    Good analysis!

    ReplyDelete
  11. wah-wah...
    Satu kasus lagi telah terpecahkan..
    Meskipun hanya pendapat dan penjelasan pribadi, tetapi sudah cukup untuk mengungkap jawaban yang muncul dari fenomena ini..

    Awalnya saya juga menduga kalau objek yang muncul, terjadi karena efek yang ditimbulkan oleh kamera..tetapi karena kekurangan data serta informasi, maka saya melewatkan teori 'exposure kamera' yang satu ini...

    Hebat...!! Gud job bro...!!

    Saya yakin saat ini anda pasti sedang tersenyum dan berkata : 'akhirnya saya bisa weekend dengan pikiran yang tenang'...haha

    salut'....!

    ReplyDelete
  12. Wah pdhal q dah ngira tuw bneran ufo lho..wkwkwkwkwk
    Btw..tenkqyu niy bang bwt pnjelazan'a..mantep bener dah..

    ReplyDelete
  13. Jah,pdhl aku brharap itu bnran ufo..
    T3T
    Nice explaination bang..

    ReplyDelete
  14. waahh..setuju ma bang Enigma..(n_n)b..Terus soal sinar2 pelangi yang mengelilingi tuh benda Aq liatnya kayak image loading yang sering di game-game ato di web2 , benar ga? hehe..Kutipan dari atas "Jika objek yang terekam atau terpotret sangat terang, maka sensor itu akan kewalahan menerimanya, karena itu secara otomatis, pixel yang menerima cahaya berlebihan itu menjadi tidak berfungsi dengan baik." Jadi sinar pelangi itu terjadi akibat si kamera yang sedang menyesuaikan dengan pixel dan kemampuan si kamera. Gi mana menurut sang ahli dan bang enigma?

    ReplyDelete
  15. Myheart2105 berkata...

    Quereeenn! ^O^
    S7 s7! Masuk akal...salut dech bwt om enig..

    Om bleh koreksi dkit?? Itupun kalo bner..

    ''Pada posisi matahari terbenam dan tenggelam, anomali ini biasanya tidak
    terjadi karena PANAS yang dihasilkan tidak cukup kuat (kecuali untuk beberapa jenis
    kamera).

    Panas?
    Mgkn maxud om intensitas cahaya?? Salah ketik mgkn..

    ReplyDelete
  16. PERTAMAXX (dari hongkong)

    ReplyDelete
  17. barusan liat berita itu di tv, langsung nebak persis kyk bang enigma..
    Dulu pernah jga ngalamin kyk gini, (pake hape jadul) gak pagi gak siang atw sore sy coba tetep sama, hehe,
    good job!

    ReplyDelete
  18. @Kaega agachi: saya setuju dengan kamu soal warna pelangi itu.

    @Myheart2105: kamu memang super teliti. saya memang salah. Sudah saya ganti kata "panas" dengan "intensitas cahaya".

    ReplyDelete
  19. haha....

    iya, sepertinya yang dimaksud brother enigma adalah intensitas cahaya.. (maklum bro, semalaman suntuk berjuang u/ memecahkan kasus ini tidak mudah loh..)

    brother enigma, sekali lagi saya salut pada anda.. meskipun baru berupa teori dan penjelasan pribadi dari anda, itu sudah cukup meyakinkan dan memberi titik terang terhadap penjelasan anomali yang 'tertangkap' kamera ini.

    awalnya saya sudah merasa bahwa ada yang janggal dengan penampakan ufo ini, seperti yang telah saya disquss-kan dengan brother tadi malam. karena kekurangan info dan data-data, saya melewatkan teori 'exposure kamera'

    pertama: kenapa objek hanya terlihat jika menggunakan kamera, sedangkan dengan mata telanjang tidak..?
    kedua: objek hitam tersebut seolah-olah diam dan tidak bergerak meskipun kamera digerak-gerakkan (seolah-olah fokus pada objek hitam tersebut)


    yah sekarang semua telah terjawab.. penjelasan yang diberikan brother enigma sangat masuk akal..

    akhirnya brother pun bisa ber'weekend dengan tenang...

    gud job brother...

    ReplyDelete
  20. Thanks Hawkson. Tadi malam sudah tanggung soalnya, jadi bablas saja. haha.

    ReplyDelete
  21. Hebat bang..Penjelasanx lgkap n bisa sampe k mslh black spot gt..Jd pgn hunting fto ufo..Tp bukan untk djelaskan..Tp untk dpercya

    happy weekend bang

    ufobeliever

    ReplyDelete
  22. haha...
    sama-sama brother..
    tapi saya jadi penasaran bagaimana pendapat-pendapat para ahli telematika dan ahli lainnya mengenai fenomena ini..(soalnya heboh diberitakan di media seperti liputan 6 dll. loh)

    ReplyDelete
  23. Saya juga tertarik mendengarnya Hawkson.

    ReplyDelete
  24. iya, kita tunggu saja perkembangan terbaru mengenai berita ini...

    ReplyDelete
  25. Kalo yng titik2 kelap kelip dsekitarnya tu jga karena kamera??? Siapa tau tu tipe ufo yg bsa berubah bentuk.. (ngarep mode: on)

    ReplyDelete
  26. ga usah nunggu jawaban ahli koq bro.... ini kan sudah terjawab. hehe

    nice

    ReplyDelete
  27. Analisa hebat, saya selalu salut sama teori dan analisa dari bung enigma..

    ReplyDelete
  28. menurut mbahware penjelasan brothernya saja sudah cukup....tidak usah menggubris pandangan lain yang cenderung"menyesatkan dan terlalu heboh akibat pengen nampang di tv" wakakakaka...karena saya juga pernah mencoba hal seperti ini....bahkan saya ingat ketika saya mecoba bertebak gambar brother E tahun lalu...dan dia tahu persis kalau saya mengujinya dengan permainan eksposure...wakakakakakaka....

    ReplyDelete
  29. wahh.... menarik!!!

    bahan bikin heboh sekolah nih
    huheuheuheuhuehue........

    ReplyDelete
  30. Astaga.! Baru jg td pg saya liat britany.. Eh uda dibAhas disini.. Wkwkwk
    *telat bgd gue*
    hidup para pemikir!

    by: Tresna Asti

    ReplyDelete
  31. saya menerima penjelasannya

    ReplyDelete
  32. mantap bro!saya baru lihat di yahoo beritanya.eh uda nongol disini.thank u uda di bahas.

    ReplyDelete
  33. Beginilah Para pencari bahan berita d televisi (kebanyakan).
    Sensasi lebih utama, pertanggungjawaban kpd publik urusan belakang.
    Haha...
    bair tambah yakin, kita coba aja ngerekam video matahari jam 12:00. (dg cuaca yg sama &menggunakan alat yg sebanding dg alat yg d gunakan d berita tsb)..

    Have a nice weekend mister...

    ReplyDelete
  34. bro eNigma keren Bgt...
    seMua penjelasanNya brdasarkan aNaLisis yg tEpaT...
    KEREN...^_^

    ReplyDelete
  35. Askum, Kak Enigma.
    Tolong ulas tentang manusia biru dong. Apa itu yg menginspirasi film Avatar?
    Kedua, tolong ulas tentang bahasa sansekerta t dari Jawa ato India? Ma segala hal yg berhubungan ma sejarah Hindu terutama Krishna. Please!
    Maaf ya kebanyakan. He...
    Enigma terpecaya sih buat yg kayak gn. Misteri gt. He...
    Maaf, dan Makasih.

    ReplyDelete
  36. ohh .. rupanya begitu ya .. hmmm .. thanks brother atas penjelasannya ...
    keep posting .. ^^

    ReplyDelete
  37. Cepet banget bang udah dibahas wkwkwkwk,
    Jadi ahli telematika aja nih. :D

    ReplyDelete
  38. aku juga kemaren pas fot d skolah dapet foto kaya gitu y q bilang aja point blank hhe.. ^^

    ReplyDelete
  39. se7 bro enigma.
    cahaya masuk ke lensa kemudian terfokus,
    jadi itu bukan UFO tapi image Dari Titik api
    atau fokus, bisa merusak kameranya mungkin.

    ReplyDelete
  40. LOWONGAN KERJA!!!
    Dicari seorang Detektif yang berpenglaman telah memecahkan beberapa kasus besar dunia!!! Untuk wilayah California.
    Bang En, ada lowongan kerja tuh,wkwkwkw..

    ReplyDelete
  41. penjelasan yg masuk akal.berarti hoax dunkz.yawda lanjut dengan misteri lainnya. :-)

    ReplyDelete
  42. setuju bgt bang, 101% saya sgt setuju dgn analisa bang enigma.
    dari pernyataan pertama aja udh jls kok, klo itu objek terbang, knp tdk trlihat oleh mata? apalagi rekamannya lumayan ckp lama. trs ngapain tuh objek diem aja ditempat. ato jgn2 lg parkir kali ya?
    hehehe... masa UFO gak punya tempat parkir yg ideal sih....

    ReplyDelete
  43. RA ..
    keren analisanya bang hehe .. btw, abang kok bs tau posting apapun dengan sedetil itu nyari bahan darimana bang..?? hehe

    request tetntang hell's gate donk yg di turki klo g salah ato di amerika latin saya lupa.. itu sejenis lubang besar yg menyerupai kawah dgn api didalamnya ..

    ReplyDelete
  44. Om enigma jenius dah
    Berniat menggantikan posisi roy suryo sbg pakar telematika?? Hahaha just kidding

    ReplyDelete
  45. Bang En, mau tanya, lubang raksasa yang terbentuk di Guatemala baru2 ini tu beneran ya Bang, kalo beneran bisa minta donk penjelasannya, kok bisa seperti itu, thanks banget Bang En.

    ReplyDelete
  46. Yay, bro En is back! Kangen sm analisa2 anda, krn akhir2 ini bro En sprt 'tenggelam' oleh komentator2 yg beranalisis panjang lebar. Good job! ^.^

    ReplyDelete
  47. oi paman enigma saya mau tanya apakah ciri2 kau yang diberitahu mbahwere itu benar aq hanya ingin tahu ciri2 mu saja paman

    ReplyDelete
  48. asli mantab gan.......kalau ada berita ttg ufo terbaru gue langsung teringat blog enigma buat cari tau penjelasan sebenarnya dan bukti-2 terkait lainnya.thx bung.BRAVO "ENIGMA"

    ReplyDelete
  49. kalau aku itu sih bukan hoax tapi kurang informasi dimasyarakat ttg fenomena tsb.

    ReplyDelete
  50. Mantab brother,, saia sependapat dengan brother Enigma,,

    ReplyDelete
  51. _kA^zHa

    sorry brother enigma,aku nubie yg mau kasi sedikit ocehan..

    disitu dikatakan,"Saat itu kami berlima iseng merekam pemandangan dekat sekolah. Tapi pas lihat hasil rekamannya muncul benda seperti piring yang dikelilingi cahaya berwarna pelangi,"

    saya pengen share aja nih beberapa ocehan saya..

    1. kenapa pemandangan sekitar sekolahnya gak ada,video itu terfokus cuma pada matahari doank..
    2. ini yg paling bikin pertanyaan aku bang, kalo disitu bilang pas ngrekam gak liat apa apa,kok ADA ZOOM waktu ngrekam?
    padahal disitu dikatakan "Tapi pas lihat HASIL rekamannya muncul benda seperti piring yang dikelilingi cahaya berwarna pelangi,"
    HASIL disitu menurut persepsi saya ya video setelah merekam,tapi kok kenapa ada zoom saat merekam??
    TAPI saya juga sebetulnya sanksi,coz cerita di masing" blog berbeda,ada yang bilang "Ketika ketiganya sedang asyik merekam matahari", trus di blog bang enigma dbilang yang merekam 5 siswa,tapi blog lain bilang 3 ..
    untuk komen saya yang ini,ditujukan untuk postingan bang enigma yg bersumber news.id.msn.com..

    trims..
    maff kalo ada kata yang menyinggung..
    -z-

    ReplyDelete
  52. @-z-: Pertama, sumber di beberapa media memang berbeda. Ada yang bilang 3 org, ada yang bilang 5. Menurut saya itu tidak penting karena yang pasti HP nya cuma satu. Artinya, Hp yang digunakan untuk merekam berasal dari 1 orang. Soal jumlah 5 atau 3, itu tergantung persepsi saja dan bukan merupakan bukti kalau rekaman itu hoax.

    Lalu, mengapa tidak ada pemandangan sekolah?
    Di beberapa media dikatakan kalau mereka memang berniat merekam halo pada matahari. Jadi bisa saja seperti ini: awalnya mereka berniat merekam pemandangan sekolah, lalu mereka menyadari kalau matahari memiliki halo sehingga mereka memutuskan untuk merekam matahari. jadi kesaksian di msn news tidak bisa dibilang bertentangan dengan media lain.

    Lalu, kalau mereka tidak melihat ada objek itu, mengapa ada zoom?

    Menurut saya, jawabannya adalah karena mereka melihat objek itu ada di kamera HP ketika SEDANG merekam, bukan SETELAH rekaman selesai.

    Memang beberapa media memberikan kesaksian yang sedikit berbeda2. Tapi, menurut saya, yang paling penting adalah hasil rekaman itu sendiri.

    ReplyDelete
  53. @Bang tio: wah, sudah punya blog sekarang.

    @Anonymous yang panggil sy paman: kalau soal itu tanya mbah ware.

    ReplyDelete
  54. maaf nih pertanyaan agak nyerong. tapi aku pernah liat di beberapa blog.. kalo ternyata neil amstrong tu bukan orang yg pertama ke bulaan. tapi melainkan tempat diafrikaa. waktu itu memang amerika lagi senang-senangnya MEMBUAT FILM.
    tolong, dijelaskan makasih kak:)

    ReplyDelete
  55. mas enigma, boleh tanya ga? sebenarnya udah pernah ada orang yang mengaku dari masa depan (time traveller) di indonesia atau belum? kalau ada minta di bahas mas. Trimakasih

    ReplyDelete
  56. bang, vid luna sama ariel asli bukan bang hehe, ulas dong...

    thx
    boim

    ReplyDelete
  57. Wah, ktny sabtu ini ga mo pegang komputer bro En, itu kok bls komen?hihihi ^.^v

    ReplyDelete
  58. fenomena yang tetap layak dikaji..

    ReplyDelete
  59. @dee: memang akhirnya megang komputer juga. tapi kalau balas komen, biasa pake hp kok.

    ReplyDelete
  60. Brother enigma, ,
    bahas tentang hantu atau bayangan2 yg g jelas gtu. .soalnya salah satu stasiun tv kan lge eksisnya dgn hal2 kyak gtu. .
    trus program yg ad uka2ny lge. .
    mau nanya brother, ,d program uka2 itu, sebelum adany pnampakan, ,psti ad sesuatu yg dsebut "orbs", ,truz jka orbs itu sudah mndapatkan cukup energi atau apalah itu, ,orbs itu ktanya bsa brubah menjadi "sesuatu" atau setanlah sy jg gak ngrti. .
    Apa bner itu brother?. .

    ReplyDelete
  61. TOLOÑG BAHAS TENTANG MAN IN THE IRON MASK DONK BANG

    ReplyDelete
  62. nandar:

    saya dulu waktu kecil,jika siang hari maen layangan,pas masuk rumah tiba2 pandangan suka gelap. mungkin kamera juga seperi itu.
    gelap pas titik terang cahaya. ic ic..

    ReplyDelete
  63. q juga pernah ngalami kamera digitalq seperti itu

    ReplyDelete
  64. wah udah banyak yang koment
    siip makasih broter atas penjelasannya

    ReplyDelete
  65. menarik buangeet.. aku terkejut melihatnya

    ReplyDelete
  66. patut di coba..bikin ufo...ufo an.. ...heheh :-)

    ReplyDelete
  67. M. Agn

    Sekedar perkenalan bung enigma. profesi saya dosen videografi.. penjalasan diatas secara teknis proses kerja kamera karena over exposure saya setuju..

    Kejanggalan lain yang bung enigma jelaskan mengenai penjelasan mereka untuk mengambil gambar sekitar sekolah sama sekali tidak singkron dgn gambar yang diambil. Yang nyata jelas interest mereka ada pada titik pada matahari!!! tidak menyadari blackspot tapi terus merekamnya!!!! anehhhh...

    yang lebih aneh media tidak menganalisa terlebih dahulu sebelum memberitakan....
    seperti masalah buaya raksasa... mereka justru seringkali melahirkan opini bukan fakta... gawat!!!

    mungkin suatu hari bung enigma bisa jadi guest di sebuah program acara tv untuk meluruskan kesalahan2 semacam ini..jadi artis dong!! mantap bung enigma..

    ReplyDelete
  68. Senang sekali bs mendapatkan konfirmasi dari dosen videografi. Terima kasih bnyk pak. Saya sangat menghargainya.

    ReplyDelete
  69. iya nih kalo ada rekaman dikit aja,
    di media tlvisi, pasti pmberitaannya berlebihan
    shingga menjadi bias asal usulnya,,
    ehh paman.. bisa request analisa
    Vidionya Luna maya sama Ariel itu asli apa nggak
    (pasti sudah nonton kan ;)

    ReplyDelete
  70. oo gitu,mantap analisnya

    ReplyDelete
  71. keren om !

    coba nih blog dibukukan ,
    bakal jadi bestseller dah yakin ,.
    haha
    keren2

    fala -

    ReplyDelete
  72. Senang akhirnya bisa menikmati 'the smell of freedom'...

    Dan ya, saya sudah melewatkan banyak momen-momen berharga di blog ini..saya harap saya masih bisa naik kereta yang lain...

    Anda btw, saya harus mengucapkan:

    ''CONGRATZ Mr. E! Miss this beautiful moment and the warmth flowing from satisfaction reading your break-the-riddle analysis! What an analysis! You DESERVE an appreciation ^_^''

    @Myheart2105: sepertinya kamu telah kembali ke dirimu yang dulu, analitis! Saya mengagumi kamu apa adanya, tapi saya lebih suka Myheart2105 ''CRITIS MODE: ON''...Saya telah membaca komentar-komentarmu sebelum ini, dan saya senang ^_^
    Dan ohya, mengenai komentar-komentar saya seminggu yang lalu, saya rasa kelenyapannya memang karena kesalahan teknis dari blogger, dan jangan khawatir, saya akan segera me-repost-nya segera setelah Mr. E mengizinkan...

    @Mr. E: saya mohon izin me-repost komentar-komentar saya yang hilang sebelumnya. Saya akan me-repost semua bagiannya..

    ReplyDelete
  73. Kalau menurut saya itu bukan ufo, saya pernah ambil foto pakai kamera CCD (model lama). Waktu itu saya hobi aeromodeling jadi suka foto langit. Sesudah ambil gambar matahari ternyata bintik itu muncul di camera kemanapun arah saya ambil pada gambar selalu muncul.
    Jd saya setuju dgn bung enigma.(gbr tidak bisa saya sertakan karena sdh didelete- krn gbr nya cacat )

    ReplyDelete
  74. keren bro enigma, sejak baca2 postingan di blog ini beberapa bulan yg lalu sungguh membuka fikiran saya mengenai sisi yang lain..kereeenn..!!

    ReplyDelete
  75. ckckckck....

    untuk membuktikannya gampang saja...gak sah banyak teori, coba di reka ulang aja dengan merk & tipe HP yg sama, pada waktu yang sama, pada posisi yang sama...
    kalok setelah reka ulang objek hitam itu gk ada, berarti yg di rekam ama tu bocah emang bener2 UFO, kalok setelah di reka ulang objek hitam itu ADA, nah berarti teori ente bener bro...

    catatan : saya tinggal di kendari, udh coba reka ulang, dengan HP waktu tempat yg sama, dan hasilnya matahari terlihat bersih polos, gk ada objek hitamnya.

    jadi kesimpulan saya, itu bener2 UFO ^^ masuk akal gk bro?

    ReplyDelete
  76. wellcome home chris...(anggap spt rumah sendiri hehe)

    ReplyDelete
  77. Afrianto Akhadi RJJune 6, 2010 at 3:35 PM

    Yups setuju, blank spot!! that's it... CCD lama atau CCD murah utk HP selalu meninggalkan blank spot apabila terjadi OE (over exposure, cahaya berliebih mengenai sensor), karena mereka/CCD murah tsb hanya mengandalkan jendela rana (blade) saja yg terkadang tidak bisa mengunci secara penuh apabila diterpa cahaya / OE, tanpa filter Infra Red pula, jadi pasti blank spot akan terjadi, apalagi skr byk HP yg murah dgn sensor kamera murah apa adanya, great job Bung Enigma.... salam

    ReplyDelete
  78. saya merasa janggal klo mau rekam pemandangan knp hanya matahari trus yg direkam????
    ap mereka mmang sengaja???

    dugaan saya sama seperti bang enigma..,
    cb liat foto dan video(sblum dimulai)
    yg foto memeng terlihat seperti ufo tp di video (sblum mulai) hanya gambar titik hitam

    ReplyDelete
  79. Jujur saya sebenarnya kurang sependapat dengan bang enigma meski ini hanya kurang sependapat 30%(persen)..
    haha.. karena setelah memperhatikan rekaman itu, saya melihat ada jari tangan yg menunjuk keatas. apakah anak" tersebut melihat benda atau sesuatu diatas hingga menunjuk.?? tapi maap kalo saya salah melihat, saya hanya berspekulasi.. wkwk

    dan kalo di sisi luar matahari seperti ada bayangan lain, itu memang kalo setiap di kamera matahari akan terlihat seperti ada aura di luar dari mataharinya yah??

    ReplyDelete
  80. Saya pun penasaran dengan ulasan anda tentang Black Sun Effect. Saya coba dengan kamera ponsel murah yaitu IMO L-818. Ternyata tidak ada efek Black Sun. Lantas apa penjelasan anda tentang lingkaran kecil yang mengorbit benda UFO itu? Apakah itu semacam loading animation yang sering ada di aplikasi berbasis Microsoft Windows ? Dan tolong jelaskan mengapa mereka (tiga siswa SMP) itu tak bisa melihat benda UFO via kamera ponsel ketika ingin mengambil gambar kedua? Padahal matahari masih terik dan menyilaukan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  81. @Hendrik: mereka memang melihat objek itu, tapi lewat kamera HP ketika SEDANG merekam. Bukan SETELAH selesai merekam.

    ReplyDelete
  82. Bro Enigma, saya mungkin cuma salah satu dari sekian banyak orang yang request minta dibahas masalah UFO dari kendari ini, dan setelah dibahas maka saya mengucapkan terima kasih kepada Bro enigma, karen telah menanggapi pertanyaan saya berkaitan tentang masalah ini..
    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  83. @Dwi Santoso: Saya bukan ahli soal-soal kamera, tapi menurut saya, beranggapan kalau kamera ponsel murah pasti bisa menimbulkan black sun sepertinya tidak tepat.

    efek black sun ini sama seperti efek mata merah di kamera foto. Tidak selalu terjadi, tetapi ketika muncul, kita tahu sebabnya.

    Soal lingkaran kecil warna-warni, saya percaya itu cuma refleksi cahaya matahari ke lensa saja. Pixel kamera menyebabkan timbul efek warna-warni.

    Soal ufo yang hilang di rekaman kedua, ini yang menarik.

    Saya sudah menonton wawancara ketiga anak yang merekam tersebut. adanya Rekaman kedua itu ternyata inisiatif sang wartawan yang bertanya: "setelah merekam kedua kali gimana?"

    Jadi, bukan anak itu yg menceritakannya pertama kali.Saya tidak mau bilang kalau anak kecil itu berbohong, Tapi kadang seorang anak bisa menjawab apa saja kalau ditanya. sebagai catatan, hanya media MNC dan grupnya (okezone) yang memberitakan soal adanya "rekam ulang" ini.

    Tapi, baiklah, kita anggap saja kalau anak-anak itu benar-benar merekam ulang. Nah, menjawab pertanyaan wartawan itu, anak itu menjawab: "Hilang", tapi ia melanjutkannya dengan kata "hilang..berbentuk kecil, lalu hilang."

    Anak itu tidak bilang kalau UFO itu Hilang secara ajaib.

    Nah, jika kamu melihat ulang rekaman di atas, kamu akan menemukan kalau pada detik ke-7 hingga ke-9, Ufo itu benar-benar sempat berubah menjadi kecil dan hilang. Tetapi itu terjadi karena posisi kamera digerakkan. Terlihat sekali hilangnya objek itu karena perubahan posisi kamera.

    Karena kita tidak mendapatkan fakta soal dimana dan bagaimana mereka merekam untuk yang kedua kalinya, maka saya rasa akan sulit untuk mengambil kesimpulan berdasarkan wawancara itu.

    LAGIPULA, JIKA ADA REKAMAN KEDUA YANG MEMPERLIHATKAN UFO YANG MENGHILANG SECARA PERLAHAN (SEPERTI KATA ANAK ITU), MENGAPA REKAMAN ITU TIDAK MUNCUL KE PUBLIK? BUKANKAH ITU BISA JADI BUKTI LAIN YANG MEYAKINKAN?

    ReplyDelete
  84. Pagi brother enigma.saya mau mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.terlebih uda mw tukeran link.hoho senang deh.tq.

    ReplyDelete
  85. Kalo gak salah di Banjar masin juga ada penampakan UFO di sekitar matahari yang dilihat oleh anak SD deh, tapi dengan mata telanjang, tanpa kamera dan dilihat banyak orang..

    ReplyDelete
  86. "Menurut saya, Objek hitam itu adalah "noda" yang ditimbulkan akibat ketidaksempurnaan exposure kamera."
    Jika menurut anda karena ketidaksempurnaan "Exposure Kamera" apa mungkin dalam waktu 20 detik benda tersebut hilang begitu saja ? bukannya seharusnya tetap ada ? Jika dikarenakan kekurangan pada perangkatnya seharusnya setiap perangkat tersebut digunakan akan menampilkan hasil yang sama.

    ReplyDelete
  87. Mungkin suatu hari bung enigma bisa jadi guest di sebuah program acara tv untuk meluruskan kesalahan2 semacam ini..jadi artis dong!! mantap bung enigma.. <=== Hahahaha... saya suka komen ini....

    Tks infonya mas...

    ReplyDelete
  88. @anonymous: soal pernyataan kalau stlh 20 detik benda tsb hilang, saya percaya kalau itu adl kesalahan pemberitaan msn news. Tempo interaktif menyebutkan kalau rekaman itu berdurasi 38 detik. Nah, alasan sy menyebutnya sbg kesalahan pemberitaan adl: apkh km melihat objek itu menghilang di rekaman di atas?

    ReplyDelete
  89. Myheart2105 berkata...

    ::blushing:: ::blushing::
    Wawawawa...^O^hahaha...kyk ni hr bkalan indah dech..mataq berbinar2... à_à

    Chriii~ss q bner2 mlayang k lngit bc kmen km! ^O^

    Iya, soalx da yg blg kalo aq jd brubh smnjk k'hadirinmu...
    N q kan bktikan bhwa q jg bs...Myheart2105 is BACK! ^O^ pke ''Critis mode: On'' xixixixi...

    ReplyDelete
  90. bang, duh makin asyik aja ni blognya. saya sependapat dengan bang en, coba lihat rekaman lagi!! sewaktu dilakukan penge-zooman agak sedikit berada keluar dari tengah matahari, benda tersebut juga mengikutinya seperti berada di pinggir matahari. benda tersebut juga sempet berubah pada saat pengezooman.

    kesimpulan saya benda tersebut juga mengikuti pergeseran kamera. saya juga agak sedikit kecewa dengan media-media yang menayangkan tanpa menganalisanya dulu. Karena saking senengnya dapet info mengenai ini, tanpa pikir panjang media langsung menayangkannya sebelum dilakukan analisa.

    Bang diblog lain juga banyak juga yang memberikan jawaban yang sama seperti bang en. tapi, saya hanya mau mendengar kesimpulan dari bang enigma saja.

    it'S veRY gOOOOOOOOOOOd arTIcle,,,,,,,,,, thAnks
    broW lam kenal,, saya juga punya blog tapi membahas tentang pelajaran sekolah khususnya TIK

    ReplyDelete
  91. oke,...mau 20 detik atau 38 detik atau 1 jam sekalipun, maksudku kalau perangkat tsb. digunakan kembali untuk hal yang sama seharusnya akan menampilkan gambar yang sama pula karena dalam hal ini kekurangan ada pada perangkat bukan pada mataharinya,...tul gak ?[Mang Ohle]

    ReplyDelete
  92. Betul mang, harusnya gt. Tapi, utk yg satu ini, saya tdk bisa memastikannya. Soalnya efek mata merah pada sebuah foto tdk bisa selalu tercipta walaupun lewat kamera yang sama. Saya tdk tau apkah perilaku black sun effect sama dgn red eye effect.

    ReplyDelete
  93. terlepas dari percaya atau tidaknya UFO di Kendari, ada sebuah ayat dalam Al-Quran (maaf buat non Islam) (Asy Syuura ayat 29 : Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya)yang membuat saya penasaran akan adanya makhluk hidup di luar Planet Bumi entah itu berada di galaksi Bima Sakti atau di galaksi lainnya yang memang alam semesta ini luasnya tidak terhingga. Thank's ya, forum ini memang sangat bagus. Salam Kenal [Mang Ohle]

    ReplyDelete
  94. Mang ohle, saya juga berterima kasih utk komentarnya.

    ReplyDelete
  95. Myheart2105 berkata...

    Bner tuh, kykx efek noda pd mthri tu gk bs jg dpastikan bs direka-ulang, soalx wlwpun kmerax sm,, n pnya dfek pd snsorx, q rasa yg bkn dia gk bs djamin bs direka-ulg lg adlh intnsitas chaya mthri, kmirngan sdut pngmbilan gmbr, keadaan cuaca (brawan, mndung, cerah), n kmampuan prosesor ato RAM hp yg jd otak bwt ngolah data dr snsor. Mgkn aja khan, pas wktu ngerekam lngt/mthari, memori RAM/prosesor hpx lg gk maximal, krn mgkn udh dpake bwt main game, ngenet, mutar musik, ato buka aplikasi lbh dr 1,, n ini mnybbkan memori RAM bwt memproses data dr sensor krg maximal jg,,n hslx mncl dech noda titik htm itu,,yg ini ni pnjlsan tmbhan, knapa efek yg kyk gn gk bs slalu terulang..soalx kalo hp dah direstart,, khan RAM/prosesorx fresh kmbali..nah kalo RAMx dah fresh, ato kapasitasx GAK SAMA kyk saat ngerekam,, so, jika direka-ulg lg kmgknan bsar jg gk bs trjdi...n ini nrmal2 aja, n SAMA SEKALI GAK meng-INVALIDkan teori om Enig...p.e.a.c.e^.^v

    Sgitu dulu dech..

    ReplyDelete
  96. @myheart2105: kamu pinter ya bisa kepikiran sampe kesitu. Hehe.

    ReplyDelete
  97. Myheart2105 berkata...

    ::blushing:: ::blushing::

    Kyaaaa TO^...

    Ni adlh slh 1 hr trbaik dlm hdupq...hikz T_^..

    ReplyDelete
  98. LOL!! :thumbs up: setelah berita ini diturunkan di beberapa stasiun tivi, saya bolak-balik browse ke blog ini untuk penjelasan yang masuk akal. Dan.. BRAVO!!! cepat sekali langsung update :) Sedikit yang bikin agak bingung (maklum, namanya juga orang penasaran) di beberapa detik akhir rekaman, terlihat bahwa titik hitam itu bergerak ke arah awan, dan tidak stay di tengah matahari.. atau memang itu tipuan mata saya?

    ReplyDelete
  99. bang..ada berita baru john titor ?
    msh penasaran sama org itu
    hoax pa gak

    ReplyDelete
  100. bentuk efeknya kayak foto ufo yang biasa dimuat dimedia masa, jangan2 beberapa foto ufo yg beredar dimasyarakat ntu karena efek itu, bisa jadi kan?

    ReplyDelete
  101. yap, kalo bisa videonya luna-ariel dianalisa juga bang...
    he..he.. :D

    ReplyDelete
  102. bung enigma, aku ali (salam kenal yahh) aku liat berita dikutip dari yahoo.co.id tentang

    "NASA temukan bukti adanya alien di Saturnus"

    ini nama situsnya

    http://tempointeraktif.com/hg/iptek/2010/06/07/brk,20100607-253125,id.html
    terimakasih bung. artikel anda bagus-bagus

    ReplyDelete
  103. @anonymus yg tanya video luna-ariel : hehehehe...aduh ketawa beneran saya

    ufobeliever

    ReplyDelete
  104. AHA!!! antara percaya dan ga percaya bang.

    ReplyDelete
  105. bang..ada berita baru john titor ?
    msh penasaran sama org itu
    hoax pa gak

    jawab dong bank
    -roni-

    ReplyDelete
  106. bro enigma,, bisa jg ga neliti video ariel-luna maya hoax apa tidak :)

    ReplyDelete
  107. wkwkwkw.. banyak yang tanya video luna maya dan ariel...

    disini bukan tempatnya hal seperti itu..
    disini adalah tempatnya misteri yang belum terpecahkan yang ada di dunia ini..

    kalau seandainya didalam video luna maya dan ariel itu terlihat sesosok ufo atau alien, pasti akan dibahas sama bung enigma,, bener gak bung..

    wkwkw.. ada-ada saja..

    ReplyDelete
  108. bang enig, video mesum "ariel" dkk tu hoax bukan ya?

    ReplyDelete
  109. video itu kan masih misteri...perlu dibahas tuh

    ReplyDelete
  110. Myheart2105 berkata...

    @yg ngrequest video ariel-luna:
    Cape deh...!! >.<''

    ReplyDelete
  111. Myheart2105 berkata...

    Waduh,, u-tell, Lica, DellaBelle, Dea, mana neyh??

    Jd rindu...main ksini dunks...^^

    @all visitor: halo...lam knal yach...di blog enigma Indonesian pd ngumpul! ^O^

    ReplyDelete
  112. Dea .
    Oheey ada yg rindu , hehe alo kaa MyHeart2105 !! Dea jg kngen nii udh lma ga bka blog.nya ka Enigma ! Hehehe trus bingung jg mw comment apa , hehehe . .

    Ka Enigma : ka ayo dong postingan barunya ditunggu nih , pengen komen , hehehe ;D

    ReplyDelete
  113. I'm here! Lg sibuk nyari video2ny ariel hahaha. Kl lica kyny lg fall in love jd krng ad wkt buat mampir (peace lica :P)

    ReplyDelete
  114. Myheart2105 berkata...

    pcuk dicinta ulam pun tiba..^^

    @Dea n DellaBelle: Welcome back sisters...^0^
    @DellaBelle: he?? Pnasaran jg yach?? Relatif seyh,, tp kalo mnurutq ttp gk brmanfaat...

    ReplyDelete
  115. waaaw.. Sy dicariin.. Hehe -n,n-
    ga bs komen gr2 lg belajar buat ujian. Hehe

    @dee : cintaku mah ga jauh2.. Ni, blog ini pun cintaku.. Haha! -n,n-

    @myheart2105 : i'm here! Apa kbr? Hehe

    ReplyDelete
  116. belum ada postingan baru nih bang ?
    udah 3 hari

    ReplyDelete
  117. posting baru belum keluar2 nampaknya..
    sepertinya bung enigma sedang mempersiapkan postingan yang luar biasa...

    kita tunggu saja,, :)

    ReplyDelete
  118. @DeeLaBeLLe said...

    I'm here! Lg sibuk nyari video2ny ariel hahaha. Kl lica kyny lg fall in love jd krng ad wkt buat mampir (peace lica :P)

    udah ketemu link nya? bagi dong...

    ReplyDelete
  119. mantap bro enigma,
    request penjelasan video ariel luna & ariel cut tari, apakah itu BENAR mereka???

    ReplyDelete
  120. Mbak Enigma paling oke !!!!!

    ReplyDelete
  121. @anonymous yg minta link: ga nemu, i was just kidding bout searching the video haha

    ReplyDelete
  122. Baru gitu aja udah heboh, gw udah biasa liat UFO ABAL2 itu. Caranya gampang ko', cukup dengan menggunakan kamera hp, trus foto aja ke arah matahari. BLAST! thats it! UFO ABAL2 was maked. Hitam, dan agak2 transparan di sisi luarnya. Itulah akibat belum adanya pengalaman menggunakan kamera di hp.

    ReplyDelete
  123. Congrats buat yang udah lulus PMBP-ITB 2010 ..sekali lagi Congrats!!

    KraKen

    ReplyDelete
  124. Zetta's opinion

    Byk bnget commentx
    Agree with bang Enigma!
    Emang bkn ufo appearance

    Request: hoax 911,n yg b'hubungan ama ntu smw

    ReplyDelete
  125. wew,,,

    kita hidup mang g sendirian...
    kl kata Liverpool-ers ne "We'll never walk alone"

    Nice info, share lagi berita yang aneh" y..
    hmm, i love it...

    ReplyDelete
  126. hampir satu minggu bang...
    postingan baru mana nih.,

    by Pembaca Setia

    ReplyDelete
  127. sibuk,bro..
    xixixixi....!

    ReplyDelete
  128. bro-nya lagi ikut ujian.

    ReplyDelete
  129. ujian di PMBP-ITB 2010 kah?

    ReplyDelete
  130. penjelasan diatas lebih masuk akal. Tp saya punya pengalaman kira2 seminggu yg lalu sabtu malam minggu jam 19.05. saya posisi di Bandung, saya mau tanya neh apa ada bintang yg cahaya kerlap-kerlipnya berwarna-warni bergantian, kurang lebih merah biru kuning hijau ungu jingga ? kalo ada, bintang apa ya...ato mungkin satelit/buatan manusia?. bintang/cahaya itu nampak sekitar 10-15 menit lebih besar dari semua bintang yg saat itu ada lalu menghilang sedikit2 tnp muncul lg, cuaca saat itu cerah. saya merekamnya dgn kamera hp tp percuma saja karena tetap gelap hanya kerlap-kerlip cahaya putih saja yg nampak di hp 2mgpixel (saya jg lupa copy ke CPU karena hp sudah dijual). istri saya jg melihatnya tp dia yakin kalo itu bintang n pernah mendengar cahaya bintang yg berwarna-warni. saya butuh penjelasan yg lebih masuk akal, yg seperti ini saya alami kira2 sudah 5/6kali dan semuanya di bandung. saya bener2 tdk tahu benda apa itu...

    ReplyDelete
  131. Om enigma coba deh cek ini
    http://dunia.vivanews.com/news/read/155731-terkuak__pernah_ada_kehidupan_alien_di_titan
    bisa ditelusuri gak?

    ReplyDelete
  132. Kesalahan fatal pada kamera HP, mungkin karena buat HP jadinya kameranya kurang bagus dan menimbulkan blackspot.

    ReplyDelete
  133. frans:
    yep,n g musti jm12 yg pnting cahaya mataharinya cukup terang,btw dulu wktu kpantai aq sempat foto matahari siang,n hasilnya emang ada blackspot dmatahari,msh kesimpan tuh fotonya

    ReplyDelete
  134. Sebelumnya maaf saya berkomentar di sini,
    blog anda bagus bung enigma, saya malah jadi selalu membaca postingan2 anda yang terbaru saat pertama kali membuka internet, tapi akhir2 ini setelah membaca tulisan anda "fakta sebenarnya mengenai status populasi beruang kutub dan Es Antartika-Arktik" Januari, 27, 2010, saya malah menjadi tidak tertarik lagi dengan blog anda,
    Kalau boleh saya menyarankan, ketika anda membahas sebuah fakta, berbicara sebuah fakta, seperti postingan anda yang saya sebutkan di atas, tolong lengkapi dengan landasan yang kuat, seperti landasan sains yang kuat, saya seorang saintis yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kimia ketika mendengar pembahasan anda terasa geli. Saya setuju dengan pendapat Ferdy_Hoshigaki. Blog anda memang membahas dan membedakan fakata dan hoax, tetapi ketika kita berbicara fakta bukan hanya argumen yang kita sodorkan tetapi landasan yang kuat. Untuk Bung Enigma banyak-banyaklah belajar soal sains, bukannya hanya mengandalkan data dari internet, terimalah saran dan kritikan dengan lapang dada.

    ReplyDelete
  135. ralat "You'll never walk alone"

    ReplyDelete
  136. @anonymous June 12, 2010 4:46 PM, ntah kamu baca atau tidak tanggapan saya ttg komentar kamu ini, tp saya mau tanya dunks.. berhubung saya tidak ahli soal kimia dan sains, dan saya hanyalah manusia dengan kapasitas memori terbatas dan dengan pengetahuan yg terbatas pula..
    ada beberapa komentar kamu yg saya kurang paham.. mohon penjelasannya ya.. ^^
    1. contoh landasan yg kuat itu menurut kamu yg seperti apa? apakah penelitian dengan terjun langsung ke kutub utara dan laporan penelitiannya adalah landasan yg kuat?
    2. apakah hubungan antara kimia dengan populasi beruang kutub dan artikel mengenai itu yg ada di blog enigma ini?
    3. kamu mengatakan, "banyak belajar soal sains dan bukannya hanya mengandalkan data dari internet", apakah menurut kamu data dari internet bukan suatu landasan? dan landasan sains yg seperti apakah yg menurut kamu kredibel?

    mohon pencerahannya.. akan menyenangkan berdiskusi dengan ahli sains seperti kamu..

    regards,
    anakkucing

    (@enigma, maaf, komentar saya kali ini tidak pada tempatnya..)

    ReplyDelete
  137. Izin copas ke kaskus ya

    ReplyDelete
  138. weleh2... itu cuma fenomena bintik matahari (badai matahari)

    ReplyDelete
  139. gak tau mau berkata apa??? habisnya artikel ini bikin aku penasaran berulang-ulang kali aku baca

    ReplyDelete
  140. mengapa setiap ada gambar pesawat ufo itu dalam keadaan yang jauh..apa tidak ada gambar yang lebih dekat lagi..dan pastinya tanpa rekayasa..

    ReplyDelete
  141. tadi pada pembahasannya, Bung Enigma hanya melihat dari sudut pandang fotografi, bagaimana dengan astronomi?. Mungkin saja benda hitam tersebut adalah sebuah benda langit seperti, komet,meteor,atau planet, yang menghalang sedikit cahaya matahari sehingga terjadi gerhana kecil. Mungkin anak" tersebut tidak melihat benda tersebut dengan mata telanjang karena silaunya Matahari, jadi mereka tidak mau memfokuskan pandangan matanya agar matanya tidak rusak. Dan, menurut saya anak tersebut sudah melihat adanya benda tersebut, coba dengar percakapan pada detik" terakhirnya, mereka seperti mengatakan"hilang", berbarengan juga dengan hilangnya benda tersebut. Pada waktu ke 1:05 sepertinya saya mendengar percakapan, bahwa mereka ingin mencoba melihat dengan mata telanjang tapi silau. Kalau mengenai dia bilang itu tidak nampak sebelumnya, mungkin dia hanya ingin mencari sensasi dengan menghebohkan rekaman tersebut, namanya juga anak"

    ReplyDelete
  142. mohon maaf... sebelumnya saya akui itu memang benar efek over exposure...

    tapi saya juga pernah melihat kejadian serupa, saya foto dengan kamera, lalu saya juga menggunakan foto negatif untuk melihatnya secara langsung... dan titik masih ada...

    apa mata juga bisa over exposure?

    ReplyDelete
  143. saya gak percaya, itu pasti editan, soalnya bentuk UFO sangat biasa saja, n tidak melakukan pergerakan yang segnifikan

    ReplyDelete
  144. ada satu video yg saya lihat postingannya di
    http://dunia-panas.blogspot.com/2010/06/penampakan-ufo-di-suramadu-plus-video.html

    mungkin dapat di telaah.. thanks

    ReplyDelete
  145. dari Tresna Asti

    HuuuwahH..!!! Akhrny ketemu juga komen Chris yg saya cari..
    Hhiiihhihi..
    (*ketawa setan*)
    sepertinya saya mulai mengerti sesuatu..
    Kak Enigma emang TOP SANGAT!! Makin lama, makin seneng sama misteri.. Nyummie..
    d( >___<)b

    ReplyDelete
  146. salut buat yang satu ni.....
    penjelasannnya masuk akal dan bukan pembodohan.

    makasi2 enigma.

    ReplyDelete
  147. positifthinking!

    maaf, kali ini saya lebih percaya kepolosan dan kehebohan anak, (detik 46 dan menit 1.09......munculnya objek dr pinggir frame hp setelah gerakan2 hp dan nuansa objek yg mengambang) dan titik2 warna disekitar objek yg luput d jelaskan menandakan anda sulit menerima fenomena ini....dgn keterbatasan kecerdasan anda !don't b a liar enigma !

    ReplyDelete
  148. Berbohong itu artinya mengetahui kebenaran, tp mengatakan yg sebaliknya. Soal ufo kendari, saya tdk mengetahui kebenaran apapun sehingga yg sy lakukan cm memberikan pendapat. Soal ucapan anak kecil itu, saya akan percaya kalau ada rekaman kedua seperti kata mereka. Kalau tdk ada, saya tdk percaya. Saya mengenal cukup bnyk anak sd yg membuat saya tahu kalau mereka bs membumbui sebuah cerita. Sori bro, krn itu sy jg blg menunggu analisa para ahli, dan Betaufo pun mengambil kesimpulan yang sama dgn saya.

    ReplyDelete
  149. Bro Enigma,
    Mantabs Bro analisisnya, setidaknya ini penjelasan yang masuk akal, thanks bro ...

    Salam,
    Ronald de Jure

    ReplyDelete
  150. Waah saya mungkin tidak memiliki teori sedetail bung enigma karena saya masih awam dengan yang begonoan :) tapi menurut saya pribadi UFO yang terekam kamera ponsel itu asli objek benda terbang (entah UFO atau burung besi lagi terbang mudik wkwkkwk)

    oce Bung Enigma tararengkyu atas bedah tuntas UFO Kendari...

    mohon maaf kalo ada kalimat yang kurang berkenan...

    salam dari blogger bekasi...

    ReplyDelete
  151. suruh di ulangi lg saja pke kamera yg sama dan waktu yg sama, klo fenomena yg sama jg terjadi, yg malu jg orgnya(media yg membeesar-besar kan nya). heehhehehe,

    ReplyDelete
  152. gokil..
    salut bwt detectif jenius sperti anda!!!


    oy,, tlg d kaji tuh fenomena isi otak koruptor!!
    kpingin tau isi otak'y kya ap y.. he2!!

    ReplyDelete
  153. bner tu kata m.agn
    om.E masuk tv aja,jadi narasumber gitu.
    tapi klo bneran jadi,blognya ttep jalan ya om..hhe..
    -HeruE

    ReplyDelete
  154. HEBAT...!!!! 2 THUMBS UP BUAT ANDA ENIGMA. ANALISA YG BAGUS.

    ReplyDelete
  155. maap sebelumnya, saya terlambat baca artikel ini . .
    tapi sekedar kasih usul . . .
    klo memang tu over exposure, kenapa ga dicoba lagi buat videonya pake kamera tu siswa..???
    pada jam yg sama dan cuaca serta suasana yg sama (disaat ada cincin mataharinya) . .
    trus klo black spot itu ada, kemungkinan mmg over eksposure, nah gimana klo black spot itu ga ada..???
    apakah ada penjelasan lain . .??

    ReplyDelete
  156. Weeeh telad sangad, maklum pembaca baru.. Sy s7 sm penjelasan dan analisa bro E yg panjang lebar itu, soale kl itu ufo atw objek asing lain na harus na ada refleksi atw bayangan, contoh na di gambar yg view na di laut itu. Tp trnyata titik hitam itu tdk memiliki bayangan di laut. Btw bro E ko gambar na mirip ariel yak @_@ __kamuflase__

    ReplyDelete
  157. penjelasan anda kurang tepat ^^

    ReplyDelete
  158. Bukan salahnya anak itu yg potret 'fenomena alam' itu(yg pastinya gak ada dibuku sekolah Indonesia).ehm Kadang me'makan" berita dari TV swasta Indonesia atau media massa lain bikin bingung orang aja...wartawan gak mau cari orang yg ahli utk menganalisa fenomena spt itu,eh... tetap disiarkan/didramatisir pula. Bikin masyarakat menarik kesimpulan sembarangan tanpa analisa dahulu. Bisa dipastikan cuman utk cari duit iklan sebanyak2nya...

    ReplyDelete
  159. apa2 dikaitkan dengan UFO.... dengan penjelasan enigma sekarang saya lebih faham...thank ya penjelasannya sangat logis dan masuk akal...pinter banget sih:)

    ReplyDelete
  160. benar-benar mantaf dan berkualitas blognya, 100 % original 4 jempol untuk anda.
    Ijin copas biar yang lain bisa mendapatkan info yang luar biasa ini.

    ReplyDelete
  161. blognya keren bro..im so apreciate about this

    ReplyDelete
  162. ini addalah efek penbalikan cahaya oleh lensa kamera karena cahya mata hari sangat tajam..
    Hp nokia e63 juga bisa di buat rekaman yang demikian...

    PertamaXX gan

    ReplyDelete