Saturday, April 30, 2011

Misteri pendaratan UFO dan alien di sekolah Ariel di Ruwa, Zimbabwe

Pada tanggal 14 September 1994, sebuah UFO terlihat membelah langit Afrika. Dua hari kemudian, sesuatu mendarat di halaman sebuah sekolah di Ruwa, Zimbabwe. Dari dalam benda misterius tersebut, keluar sesosok makhluk aneh yang belum pernah terlihat sebelumnya. Penampakan ini disaksikan oleh 62 pelajar yang saat itu sedang bermain di lapangan sekolah.

Hari itu tanggal 16 September 1994.

Sekitar 20 kilometer dari kota Harare, tepatnya di kota Ruwa, sekumpulan pelajar sekolah yang sedang bermain akan segera mengalami sesuatu yang luar biasa.

Saat itu pukul 10:15 pagi. Para guru di sekolah dasar Ariel sedang mengikuti rapat. Jadi, para murid dibiarkan bermain tanpa pengawasan. Satu-satunya orang dewasa yang ada di sekolah itu adalah seorang ibu yang sedang berjualan di kantin sekolah.

Sekolah Ariel, Ruwa, Zimbabwe

Jadi, sebagian murid pergi ke lapangan dan bermain bola kaki. Sekolah Ariel sendiri memiliki murid dari berbagai etnis dan latar belakang.

Setelah bermain selama beberapa lama, tiba-tiba beberapa diantara mereka menunjuk ke atas dengan ekspresi kaget. Anak-anak lainnya segera menoleh ke langit.

Terlihatlah tiga buah objek bulat aneh berwarna perak terbang melintasi sekolah. Beberapa detik kemudian, diiringi cahaya yang terang benderang, tiga objek itu menghilang untuk kemudian muncul di tempat lain. Proses ini terjadi beberapa kali hingga gerakannya mulai melambat.

Lalu, salah satu diantaranya mulai menurunkan ketinggian dan mendarat di bagian tanah yang penuh dengan pohon dan semak sekitar 100 meter dari lapangan tempat anak-anak bermain.

Saat itu ada 62 pelajar berusia antara 6 -12 tahun yang menyaksikan pemandangan ini secara langsung.

Tidak lama kemudian, sesosok pria kecil dengan tinggi sekitar 1 meter, muncul di bagian atas objek tersebut. Lalu, ia turun dan berjalan dengan cara yang aneh.

Menurut kesaksian yang diceritakan oleh anak-anak itu, pria kecil itu memakai pakaian berwarna hitam ketat yang terlihat bersinar. Wajahnya pucat dan rambutnya berwarna hitam panjang hingga sebahu (Kesaksian lain menyebutkan kalau makhluk ini tidak berambut). Pria kecil itu juga memiliki leher yang agak panjang dengan mata yang besar dan bulat.

Menyaksikan pemandangan yang luar biasa itu, anak-anak yang lebih kecil segera menangis ketakutan. Mereka mengira iblis telah datang untuk memakan mereka. Di kebudayaan Zimbabwe memang ada legenda mengenai Tokoloshis, iblis yang suka memakan anak kecil.

Salah seorang anak kemudian berlari ke kantin sekolah sambil berteriak minta tolong. Namun, ibu penjaga menolak untuk meninggalkan kantinnya karena kuatir barang jualannya akan dicuri oleh anak-anak lainnya.

Ketika menyaksikan sekumpulan pelajar yang terbengong-bengong itu, pria kecil itu sepertinya mulai ragu-ragu, lalu berjalan menjauh dan menghilang. Kemudian, sesosok pria kecil lainnya, entahkah pria yang sama atau yang berbeda, muncul di bagian belakang objek tersebut.

Beberapa saat kemudian, pria kecil itu tidak terlihat lagi dan objek itu segera terbang dan menghilang di langit.

Peristiwa penampakan ini berlangsung sekitar 15 menit dan membuat anak-anak sekolah itu mengalami shock.

Berita mengenai adanya pendaratan UFO dan makhluk alien di dekat sekolah Ariel segera membuat para peneliti UFO berdatangan ke lokasi tersebut. Mereka mewawancarai anak-anak tersebut dan meminta mereka untuk mengingat kembali peristiwa misterius tersebut.

"Awalnya, aku mengira kalau ia adalah tukang kebun," Kata salah seorang anak kelas empat. "Lalu aku menyadari kalau makhluk itu adalah alien."

Anak itu juga mengatakan kalau makhluk itu memiliki mata yang sangat besar, seukuran bola rugby. Mengenai cara berjalannya, ia mengatakan kalau makhluk itu "Memantul seperti sedang berada di bulan, walaupun tidak sama persis."

Walaupun diliputi ketakutan, beberapa anak terlihat sangat tertarik dengan sosok misterius tersebut.

Isabella, 10 tahun, berkata: "Ia hanya menatap kami. Ia terlihat menakutkan. kami berusaha untuk tidak menatapnya. Namun mata dan hatiku seperti terbawa olehnya."

Menariknya, Isabella dan anak-anak lain percaya kalau makhluk itu telah melakukan komunikasi lewat pandangan matanya dan berkata kepada anak-anak itu bagaimana manusia telah melakukan perbuatan-perbuatan buruk yang merusak planet bumi.

Elsa (Bukan nama asli), juga menegaskan hal ini. Ketika melihat makhluk itu, pikirannya hanyut oleh kekuatiran mengenai kondisi bumi yang kian parah. Ia yakin kalau makhluk ini hendak mengatakan sesuatu mengenai masa depan bumi.

"Dunia ini akan berakhir, mungkin karena kita tidak menjaga planet ini atau udaranya. Seperti kondisi dimana pohon-pohon akan bertumbangan, udara semakin habis dan orang-orang menjadi sekarat. Pikiran-pikiran itu sepertinya masuk ke kepalaku dari mata pria kecil itu."

Elsa berkata kalau ia diliputi oleh kekuatiran itu hingga ia pulang ke rumah.

Cynthia Hind, salah seorang peneliti UFO Afrika, yang ikut menyelidiki kasus ini keesokan harinya, meminta murid-murid untuk menggambar apa yang disaksikan oleh mereka. Cynthia mendapatkan 35 gambar sketsa yang menunjukkan objek-objek yang serupa.

Salah seorang anak perempuan yang memberikan gambarnya bahkan berkata: "Aku bersumpah demi seluruh rambut di kepalaku dan demi Alkitab kalau aku mengatakan hal yang sebenarnya."

Apa yang sebenarnya telah terjadi di Ruwa?

Apakah anak-anak ini telah sepakat untuk memberitakan kabar bohong?

Peristiwa penampakan yang terjadi di sekolah Ariel ini dianggap sebagai salah satu misteri UFO paling penting di masa modern ini. Banyak orang telah berusaha menjelaskan peristiwa ini, namun tidak ada satupun yang bisa memberikan jawaban yang cukup memuaskan.

Salah satu tayangan televisi Afrika pernah mengemukakan teori kalau anak-anak tersebut mungkin telah salah mengidentifikasi gas rawa. Tentu saja teori ini cukup mengada-ngada. Bagaimana mungkin gas rawa bisa terlihat seperti pria kecil bermata besar?

Jika bukan itu, lalu apa kemungkinan lainnya?

Mari kita lihat satu persatu.

Kemungkinan pertama adalah, anak-anak ini telah ditipu oleh sekelompok orang iseng. Kelompok orang iseng ini mungkin telah membuat UFO buatan dan meminta seorang anak kecil untuk menyamar menjadi alien. Mereka menjadikan anak-anak ini sebagai target karena di dunia ini masih banyak orang yang percaya kalau anak kecil tidak pernah berbohong.

Tujuannya mungkin untuk sekedar gurauan, kampanye lingkungan hidup atau untuk menciptakan propaganda mengenai keberadaan alien.

Jika iya, bagaimana cara mereka membuatnya?

Bagaimana mereka menjelaskan pesan telepati yang diterima beberapa anak?

Kemungkinan kedua adalah, anak-anak itu sedang menyaksikan eksperimen rahasia pemerintah. Mungkin pemerintah Zimbabwe sedang mengujicobakan pesawat tempur baru mereka yang bernilai 40 quintillion dolar Zimbabwe (FYI - Kembali ke tahun 2009, harga sebutir telur di sana adalah 35 miliar dolar). Pesawat itu mendarat di dekat sekolah dan para pilotnya yang secara khusus direkrut keluar sebentar dari pesawat untuk mencari udara segar. Sedangkan telepati tersebut hanyalah khayalan dari sebagian anak.

Percayakah kalian dengan teori ini?

Kemungkinan ketiga adalah histeria massa. Dengan sebab yang tidak diketahui, mungkin 62 anak-anak sekolah ini mengalami histeria massa sehingga mereka mengalami halusinasi. Ini bisa menjelaskan terjadinya penampakan dan telepati tersebut. Pada masa lampau, histeria massa umumnya terjadi karena sebab seperti penampakan yang tidak terjelaskan, spora beracun atau propaganda yang berlebihan.

Namun dalam kasus ini, apa penyebabnya? Mereka yang mempercayai teori ini memang gagal mengidentifikasi penyebabnya.

Menurut Dr.John Mack, sesungguhnya memang tidak ada penyebab karena ia percaya kalau anak-anak ini tidak mengalami histeria massa. Dr.Mack adalah seorang profesor dari Harvard Medical School. Ia khusus mendatangi sekolah itu dan mewawancarai 12 pelajar yang turut menyaksikan peristiwa itu.

Menurutnya, anak-anak itu telah memberikan kesaksian yang konsisten sehingga membuat ia percaya kalau mereka tidak sedang mengalami histeria massa.

Kalau bukan histeria massa, lalu apa?

Kemungkinan keempat adalah, 62 anak ini telah bersekongkol untuk menipu masyarakat dunia. Mungkin beberapa minggu sebelumnya mereka telah mengadakan rapat rahasia dan menunjuk salah seorang pelajar paling cemerlang untuk menyusun sebuah skenario. Setelah itu mereka mulai menyamakan ide dan menunjuk seorang supervisor untuk mengawasi jalannya rekayasa ini. Sebelum rapat diakhiri, sang pemimpin rapat berhasil membuat semua anak ini bersumpah untuk tidak menceritakan rencana mereka kepada orang lain.

Ketika waktunya cukup tepat (saat guru-guru sedang rapat), mereka menjalankan aksinya dan akhirnya kita mendapatkan salah satu cerita perjumpaan paling menarik dalam dunia Ufologi. (Percaya atau tidak, cukup banyak orang-orang yang menganggap anak-anak ini memang berbohong)

Well, tentu saja sebagian besar dari kita akan menolak teori ini. Soalnya, apa sih yang bisa dilakukan oleh anak-anak?

Tetapi, setelah menonton film Home Alone, mungkin sebagian dari kalian mulai akan mempercayai teori ini.

Kemungkinan kelima, anak-anak ini menjumpai siluman hutan. Tokoloshis, sang iblis pemakan anak, memutuskan untuk muncul dan mencari makan siang. Namun, karena melihat jumlah anak-anak yang cukup banyak. Ia memutuskan untuk pulang ke guanya dan menyusun rencana kunjungan yang berikutnya.

Jika ini yang terjadi, betapa teknologi telah mengubah dunia (termasuk dunia roh). Ribuan tahun yang lalu, mungkin mereka hanya menggunakan karpet terbang untuk bepergian. Sekarang mereka menggunakan piring terbang bercahaya keperakan.

(Di Indonesia, roh tidak suka memakan anak-anak sekolah. Mereka lebih suka merasukinya beramai-ramai).

Kemungkinan keenam yang juga kemungkinan terakhir, anak-anak ini benar-benar telah menjumpai alien dari planet lain yang karena suatu sebab lebih peduli dengan keadaan bumi dibanding umat manusia.

Alien-alien ini memutuskan untuk mengunjungi bumi dan memperingati manusia akan potensi kehancuran yang akan datang. Mereka terbang ke Zimbabwe dan tiba-tiba mendapatkan ide kalau 62 anak ini bisa menjadi megaphone untuk memperingati dunia akan masa depan bumi yang suram (Walaupun saya akan lebih menyarankan mereka untuk mengunjungi para pembalak liar ketimbang anak-anak ini).

Tentu saja kemungkinan ini pun bisa menjelaskan penampakan dan telepati yang dialami.

Weird!

Jelas kasus ini adalah salah satu misteri yang paling menarik pada abad ini.

Satu-satunya bukti yang dimiliki hanyalah kesaksian anak-anak ini. Seorang peneliti pernah datang ke lokasi dan berusaha mencari sisa-sisa pendaratan atau radiasi, namun gagal. Boleh dibilang, tempat itu bersih seperti tidak pernah terjadi peristiwa apapun.

Dalam salah satu wawancaranya, Dr.Mack berkata: "Saya mungkin tidak akan menerima bulat-bulat apa yang dikatakan oleh anak-anak ini. Namun saya menganggapnya serius. Saya tidak akan pernah mengatakan kalau ada alien di luar sana yang kerjaannya menculik orang-orang. Namun saya akan mengatakan kalau ada fenomena-fenomena menarik yang tidak bisa saya jelaskan sehingga membutuhkan penelitian yang lebih mendalam."

Pada tahun 2004, Dr.Mack tewas akibat ditabrak oleh pengendara mabuk dan hingga saat ini mungkin tidak ada peneliti lain yang menaruh perhatian atas kasus Ruwa sebesar Dr.Mack. (Cynthia Hind juga sudah meninggal pada tahun 2000).

Dengan demikian kasus Ruwa mungkin akan segera terlupakan dan masuk ke dalam arsip kasus-kasus tidak terpecahkan lainnya.

Jika kalian memiliki koneksi internet yang cepat, kalian bisa menyaksikan video wawancara Dr.Mack di bawah ini:



(americanmonster.com, johnmackinstitue.org)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

199 comments:

Anonymous said...

Mantab, tak terpecahkan ya, mhmm saya rasa sih, yg anak2 itu lht bnr2 alien... Coz apakah thun '94 d zimbabwe sdh mengenal UFO pa lg ni anak2, aq ja mengenal UFO pas SMP stlh nt0n x-files. Sblmny mana tau ..
Ndy

THE X-FILE said...

semoga pertama xxx
"Aku bersumpah demi seluruh rambut di kepalaku dan demi Alkitab kalau aku mengatakan hal yang sebenarnya."
Sangat merinding aku mendengar sumpah anak tsb, apakah itu sudah cukup meyakinkan dr.jon mack untuk mempercayai anak tsb.
bro enigma link aku www.raffa-thexfile.blogspot.com semoga udah di pasang ya.

Anonymous said...

Luar biasa..... Love it, keep posting bro

*run now*

Anonymous said...

pertamax kah? :D
bang enigma, tau acara tv x-file yg di trans tv kah? saya rasa itu mengambil ide dan meniru blog ini

Ady Inbox said...

Waw, misterius!
Saya mau beli seporsi nasi goreng+telur mata sapi di Zimbabwe, harganya berapa miliar dollar ya? :p

enigma said...

@The X File: sudah bro.

@Anonymous no.8: mengambil ide siapa saja tidak masalah bro. Yang penting bisa memberikan tayangan yang baik kepada penontonya.

@Ady Inbox: perkiraan saya sekitar 240 milyar dolar zimbabwe bro. :)

Aryan said...

hmm.. menarik sob, tp coba waktu itu anak-anak yg menyaksikan langsung di tes dengan alat yg membuktikan bahwa cerita itu benar. case closed pasti nya [kalo tidak di tutup-2-i sama pemerintah nya tapi?]

Ady Inbox said...

Hhaha... Baru buat makan aja udah kaya anggaran negara... xD

Back to the topic, saya rasa ada keterangan yang terlalu kontradiktif.

Ada kalimat: "Wajahnya pucat DAN RAMBUTNYA BERWARNA HITAM PANJANG HINGGA SEBAHU (KESAKSIAN LAIN MENYEBUTKAN KALAU MAKHLUK INI TIDAK BERAMBUT)"

Bagaimana bisa salah mendeskripsikan mana yang "BOTAK" dan mana yang "GONDRONG"??

princess said...

Wow, amazing. tapi memang menurut saya yang paling "mengganggu" adalah deskripsi rambut atau botak. itu kayaknya cukup fatal deh. ^^

theforgottenman said...

gan ane mau tanya apa nama enigma terinspirasi dari edward nygma ato the riddler musuhnya batman?heheheh oot dikit lah oke lanjut ke toplk kenapa yah alien itu selalu kaya gitu tampanya apa mereka itu satu ras semua hahahahaha

enigma said...

@theforgottenman: tidak terinspirasi siapa-siapa bro. enigma itu kan kata bahasa inggris biasa. coba deh cek di kamus. :)

theforgottenman said...

saya kira terinspirasi dari situ karena anda suka memcahkan masalah dan sepertinya suka teka teki dan enigma artinya teka teki kan kekekekekekeke

Anonymous said...

mungkin itu sebuah kampanye bung...seperti go green, dimaksudkan agar kita menjaga dan merawat bumi kita
- crosscorner-

Anonymous said...

i believe they were come.
i have no other argument.
-melao

Anonymous said...

hehehe..saya senang sekali setelah baca tulisan di atas, terutama kemungkinan kelima dan keenam, bang enigma menuliskan kemungkinan kelima juga, saya kira hal itu tidak masuk dalam analisa abang, btw kalau si alien mendatangi pembalak liar secara langsung, pasti nanti jadi seperti film "predators" :D cuma ada berantem.

kerasa puas banget, hehehe thanks bang enigma, keep post !!

ufo believer

Divine Conspiracy said...

Menurut saya bang enigma bikin artikel ini untuk memperingati Hari Bumi, karena sepertinya ada pesan2 alien melalui telepati pikiran kepada Elsa yaitu:
"Dunia ini akan berakhir, mungkin karena kita tidak menjaga planet ini atau udaranya. Seperti kondisi dimana pohon-pohon akan bertumbangan, udara semakin habis dan orang-orang menjadi sekarat. Pikiran-pikiran itu sepertinya masuk ke kepalaku dari mata pria kecil itu."
Yang disampaikan untuk penduduk dunia dan kemudian pada hari ini ditransfer lg ke bang enigma maka jadi deh Artikel ini, hehe

fadlih said...

Wow..bisa bisax alien datang & pergi? Nic posting bang E.
_silentisme_

dunia kecil indi said...

kalau ini viral marketing, ini untuk iklan apa ya? "go green"? jenius sekali kalau melibatkan anak2 yg polos ini :p
aku sendiri percaya gak percaya baca cerita ini. aku percaya karena ada yg berani bersumpah demi Alkitab, aku rasa itu "gak mungkin" bohong. tapi aku juga gak percaya, kenapa ada beberapa anak yg bilang berambut dan ada juga yg bilang gak? belum lg dari sketsa mata si "alien" terlihat beda2.
hmm, aku sih 70 % percaya dan 30% gak percaya :p
btw, i love your blog.

Johnny Wirjosandjojo said...

Peristiwanya tanggal 14 atau 16 September 1994 mas?

Yang menarik menurut saya bagian ini:
"Awalnya, aku mengira kalau ia adalah tukang kebun," Kata salah seorang anak kelas empat. "Lalu aku menyadari kalau makhluk itu adalah alien."

Tukang kebun?? Ada benda misterius turun dari langit lalu dari dalam benda tersebut keluar makhluk setinggi 1 meter....bisa-bisanya anak itu mengatakan bahwa itu tukang kebun..

Weird seperti yang mas bilang

Bagian ini juga menarik...
"Dunia ini akan berakhir, mungkin karena kita tidak menjaga planet ini atau udaranya. Seperti kondisi dimana pohon-pohon akan bertumbangan, udara semakin habis dan orang-orang menjadi sekarat. Pikiran-pikiran itu sepertinya masuk ke kepalaku dari mata pria kecil itu."

Itu mungkin bukan telepati, tapi semacam kekhawatiran saja...
Pertama, -pohon-pohon akan bertumbangan-... Itu karena si anak melihat obyek bulat itu mendarat di bagian tanah yang penuh dengan pohon dan semak. Dia akan berpikir tentu pohon2 akan banyak sekali yang tumbang jika ada banyak obyek bulat yang mendarat di tanah yang banyak pohonnya.
Kedua, -udara semakin habis-... anak kecil ini ketakutan. Setahu saya jika kita mengalamai takut yang amat sangat maka ada kemungkinan akan mengalami sesak nafas yang selanjutnya berarti timbul perasaan bahwa udara semakin habis.
Ketiga, -orang-orang menjadi sekarat-... Ini karena si anak kecil melihat semacam manusia yang tingginya hanya 1 meter, dan mungkin dengan bentuk yang memilukan, sehingga dia berpikir bahwa makluk ini sekarat...

agak maksa sih pendapat saya... :)

Anonymous said...

bro enig..
sekedar saran...
maunya dibahas juga tentang konspirasi-konspirasi di indonesia juga lah...
saya melihat banyakan konspirasi-konspirasi luar negeri sana..
padahal di indo bnyak yang bisa di bahas..
sekedar menyempurnakan blog yang sudah sempurna ini...

neymar009

Anonymous said...

"Aku bersumpah demi seluruh rambut di kepalaku dan demi Alkitab kalau aku mengatakan hal yang sebenarnya."

OMG .... ini kek nya beneran ni anak omongannya @.@

arc_angel080 said...

saya rasa gambar anak-anak itu bukannya berbeda tetapi memang mirip. pelukis aja butuh model buat menggambar obyek supaya mirip apalagi anak-anak yang melihat dengan tekanan mental dan dalam waktu cukup sekilas.

PHENOMENA said...

"Jika kalian memiliki koneksi internet yang cepat, kalian bisa menyaksikan video wawancara Dr.Mack di bawah ini" by Enigma.

"Jika kalian punya uang, kalian bisa beli modem yang koneksi internetnya cepat." by Phenomena.

Just kidding...hehe...nice post...Alien bertubuh kecil dan bermata besar. Always like that...Satu pihak mengatakan berambut panjang, satu pihak mengatakan takj berambut. Rambut panjang dan tak berambut adalah perbedaan yang sangat besar. Hmmm...dasar anak-anak..

ito said...

Wierd :D

Teori teori itu anda ambil berdasarakan sumber apa berdasarakan ide anda sediri mas enigma ?

Anonymous said...

Om Enigma... abis postingan ini request postingan tentang Flora Fauna dong Om... thx

_Uwais_

Anonymous said...

Gokil sumpahnya
"aku bersumpah demi sekujur rambutku dan demi alkitab bahwa aku berkata jujur" klo org indonesia"su er" "sumpah mati"

yulfan said...

tidak mungkin kalau anak sekolah seperti mereka mempunyai ide seperti itu untuk mengerjai dunia..

enigma said...

@Johny Wirjosandjojo: Penampakannya tanggal 16 September. Namun UFO mulai terlihat pada tanggal 14 September. Menurut saya kamu pendapat yang menarik bro.

@Ito: cuma selingan dari saya saja bro.

Anonymous said...

muJACK

Wah tampaknya udah nyerempet konspirasi nih, liat aja frame pertama videonya. Anak itu gambar bintang yahudi. ALIEN IS HOAX...

Anonymous said...

bos, sama dengan kejadian di voronezh rusia tahun 1989 kan ? tolong ditindak lanjuti, thx

rma

Anonymous said...

Pertama, mustahil kalau kisah ini sebuah viral marketing. kalau viral marketing, pasti sudah akan ketahuan beberapa bulan atau 1 tahun setelah kisah ini muncul ke permukaan. lagipula, kalau viral, pastilah sudah terdeteksi oleh enigma. Kemudian, Ufolog tidak pernah membuat viral marketing. viral hanya dilakukan oleh para marketer.
Menurut saya, mereka memang melihat sesuatu.

-prof krauss-

mangcilox said...

kenapa Alien ga pernah menampakkan dirinya dengan jantan terhadap manusia? beraninya sama anak kecil.. request: bahas crystal skull dung Bang E

Anonymous said...

"Ketika menyaksikan sekumpulan pelajar yang terbengong- bengong itu, pria kecil itu sepertinya mulai ragu-ragu, lalu berjalan menjauh dan menghilang . Kemudian , sesosok pria kecil lainnya , entahkah pria yang sama atau yang berbeda , muncul di bagian belakang objek tersebut"

menurut aku itu cukup menjelaskan mengenai argumen alien itu berambut atau botak.
mungkin aja memang ada 2 alien yang berbeda...

bukankah manusia juga sangat beragam....

Jeprie said...

Kalau mau memperingatkan kenapa tidak langsung mendatangi pemimpin bumi. Skenarionya sama seperti film Keanu Reeves, The Day the Earth Stood Still. Kenapa ke anak-anak yang lugu dan betul tentu mengerti pesannya?

Jika takut dengan pemimpin bumi, kenapa tidak ke media (TV, surat kabar besar). Katanya teknologi alien sudah tinggi, pintar-pintar, tapi masa untuk masalah Public Relation salah terus.

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Tulisan yang benar-benar menarik Bro! Bravo!
Ijinkan saya mengulas kejadian tersebut dari tulisan Bro Enigma:
1. Adanya 62 pelajar usia 6-12 tahun (masih usia kanak-kanak) ini merupakan sesuatu yang sulit dibantah bahwa hal itu adalah 'kebohongan masal'. Dan kalaupun kebohongan masal, maka menurut saya, anak yang usianya lebih tua lah (dan berbadan besar sehingga biasanya dihormati anak yang lain) yang patut dicurigai membuat skenario utk diikuti anak yang lebih muda.

2. Mata UFO yang sebesar bola rugby. Suatu organ akan berevolusi sesuai dengan kepentingan fungsi organ itu terhadap lingkungan sekitarnya. Contohnya mata lalat yang demikian besar sehingga hampir menutupi seluruh bagian kepalanya ditambah dengan jutaan lensa didalamnya, alhasil adalah manuver terbang lalat yang luarbisa dan sulit utk ditangkap.
Mata alien yang luar biasa besar? Saya jadi mengkhayal kalau di planet tempat alien tsb hidup, terdapat proses memangsa dan dimangsa yang unik, dimana si Alien selama jutaan tahun bukanlah rantai tertinggi dari rantai makanan... karena itu mereka membutuhkan mata yang besar supaya dapat melihat lebih jelas terhadap makhluk lain yang akan memangsa mereka. Atau... justru rantai tertingginya adlh mereka sendiri...? Andai mereka adalah pemangsa jahanam, Lalu siapa yang bisa lolos dari penglihatan mata sebesar bola rugby! Mengerikan!

3. Untunglah kita mendapat petunjuk kalau Alien2 tsb juga mempunyai "perikemanusiaan" seperti kita yang ditunjukan oleh pesan mereka spy manusia menjaga bumi. Menjaga bumi? Tunggu, apa kepentingannya buat mereka? Apakah mereka semacam polisi penjaga galaksi dengan tingkat kepedulian begitu tinggi? Mirip kita yang berusaha melestarikan penyu-penyu Irian misalnya... . Dan mengapa mereka menyampaikan dipelosok Zimbabwe sana? Kalau saja mereka mendarat dihalaman Gedung Putih, pasti pesan mereka lebih didengar.

Atau justru lebih dari yang kita kira, bahwa si Alien datang dari masa depan. Di masa depan, mereka melihat bahwa anak-anak multiras ini menjadi orang-orang penting dan berkedudukan sehingga perbuatan mereka kebanyakan didengar oleh khayalak banyak.

4. Bentuk pesawat Alien yang digambar anak-anak tsb mempunyai perbedaan yang signifikan ya Bro? Agak aneh juga kalau si Alien lebih senang mendaratkan pesawatnya dibalik pepohonan dibanding di lapangan luas.

5. Tujuhbelas tahun telah lewat, dan tidak ada satupun petunjuk bahwa peristiwa tersebut adalah hasil skenario kan Bung? Saat ini, anak terkecil sudah berumur 23 tahun, dan yang terbesar 29 tahun. Bila memang penelitian mau dilakukan secara serius, mungkin ada baiknya kehidupan ke 62 saksi tersebut ditelusuri, barangkali ada yang hilang diculik Alien... atau mungkin kita bisa melakukan hipnotis investigasi secara mendadak...

Kasus yang betul-betul menarik! :)

Anonymous said...

'@Anonymous no.8: mengambil ide siapa saja tidak masalah bro. Yang penting bisa memberikan tayangan yang baik kepada penontonya.' AWWWW BUNG E, Y U SO KIND??? muah muah

Anonymous said...

bang enigma, adakah kabar atau cerita terbaru dari anak-anak itu setelah 17 tahun berlalu? Apakah mereka tetap teguh dengan cerita tersebut? Apa ada yang mengkoreksi, ragu-ragu, atau mengakui ini hanya kebohongan?

-dina-

enigma said...

@Angulus dan Dina: Nah, memang belum ada yang mewawancarai ulang anak-anak itu. Mungkin karena kasus ini kurang menarik bagi peneliti lain.

@Anonymous 49: Apa yang saya katakan itu bukan manifestasi kebaikan lho. Mengambil ide atau terinsiprasi dari suatu sumber itu wajar saja. Berbeda dengan mencontek atau copy paste. :)

Anonymous said...

hmmm.menurut ku yah.
kalau mereka berbohong mengapa mereka mengajak seorang penjaga kantin untuk melihat nya.
kalau menurut ku.masalah tentang gambar UFO nya. kebanyakan hambar nya hampir sama.dalam artian. sudut pandang nya sama.dan memiliki kesamaan dengan diskripsi sebelum dan sesudah mendarat.

Anonymous said...

Ulasan bro Angulus masuk akal juga. Mungkin saja bumi adalah cagar alam dan kita adalah mahluk yang dilestarikan (atau diciptakan?) oleh mereka. Waktu manusia masih primitif mereka mengajari kita berburu, bercocok tanam, membangun rumah, membangun peradaban, dsb. Setelah manusia "agak" modern, mereka lantas menyingkir sementara sambil mengawasi dari jauh. Kadang2 mereka turun ke bumi untuk melakukan penculikan sebagai bahan eksperimen. Yang pasti mereka tidak bisa menampakan batang hidung di depan umum sekarang agar tidak terjadi kehebohan yang bisa merusak rencana awal mereka. Hmm.. kelihatan seperti film tapi tidak menutup kemungkinan, kan?

Kembali pada postingan diatas, saya pikir tidak mungkin kalau anak2 tersebut melakukan kebohongan masal. Menutup mulut 5 orang saja susahnya minta ampun, apalagi sampai 62 orang!!

andi said...

waw...amazing
keep posting gan

http://www.imdb.com/name/nm0189471/

Ronald said...

Wah menarik sekali... Ngakak baca kemungkinan kelima, LOL..
Bang e, adakah kemungkinan kalo Dr Mack "dilenyapkan" oleh FBI yg menyimpan rapat2 rahasia mengenai alien,, atau bisa jadi dia dibunuh ama pembalak liar?

Johnny Wirjosandjojo said...

:) Maafkan saya Bung, saya tidak jeli membaca bagian awal artikel.

Oya Bung. Saya penasaran dengan foto ini. Foto ini tidak ada hubungannya dengan peristiwa di Ruwa.

http://www.ufoevidence.org/photographs/section/topphotos/photo328.htm

Saya takjub waktu pertama melihat foto ini.
Cukup berharga untuk dibahas gak, Bung?

belanja online said...

Menurut saya mereka memang bertemu dengan alien. Mereka konsisten dalam memberikan kesaksian kan? Biasanya kalau anak2 berbohong pasti ceritanya ganti2.

hermanto yamada said...

saya stuju dngan kemungkinan yg ke 4.bahwa anak" it sedang bersekongkol untuk mngbohongi masyarakat di dunia..
mreka mngkin sudah spakat untk mngarangi cerita tntang alien in dngn sama".
tetapi stlah saya amati gambar" yg merka lukis it aq mnjadi smakin curiga..
coba bro enigma amati gambar yg ke 3.pesawat piring terbang yg dilukis it sngt berbeda dgn yg laen..di atas pesawat it ad sbatang antena,sdangkan gmbar yg laen gk ad..kalau memank mereka mnyaksikan peristiwa it secara bersamaan,arusny merka bisa mngambarkan lukisan yg sama..
saya rsa gambar yg mreka lukis it cma mengopy dri film..dan soal penampakan tntang alien it hanyalah HOAX.......

Anonymous said...

bung enigma bahas tentang OSAMA BIN LADEN donk, itu kan juga misteri, osama itu ada atau enggak juga belum tentu, trus kabar2 akhir ini yang di siarin kan bs hoax juga, menurut ane itu misteri, dmn tempat persembunyiannya, kok bisa ngilang2, bisa kabur2, thx klo bung enigma mw bahas.

Penghuni 60 said...

sekali lg UFO msh tetap misteri.
sampai kpn sbenarnya misteri UFO ini akan berakhir?
ataw mungkin sampai Bumi ini bnr2 kiamat di tahun 2012 nanti...

Anonymous said...

@Hermanto: Jangan lupa bahwa anak2 yang ketakutan bisa saja tidak begitu memperhatikan detil. Bahkan orang dewasa spt bro juga bakal jantungan kalau lagi didatangi "makhluk tak dikenal". :)

Anonymous said...

Kalu dilihat ada yang agak sedikit mencurigakan seperti kematian para peneliti. apakah mungkin peristiwa ini sengaja ditutupi agar publik tidak mengetahui kejadian yang sebenarnya?

Dewabrata said...

Terlepas dari sketsa alien di atas.
mata sebesar bola rugby, kbayang gedena kepala sebesar apa tu. Kira2 aja kepalanya berdiameter 40 - 50 cm.
Udah gt tinggi hanya sekitar 1 meter.
Bentuk tubuh yang aneh,tidak proposional. Dan mungkin kepalanya terlalu berat untuk disangga.
Suatu deskripsi yg sangat mencurigakan.

Btw bro enigma, yg tentang zeitgeist itu sudah saya posting di blog saya.
Sekalian saja tukeran link bro. Sebelumnya terimakasih.

Anonymous said...

menurut saya ini ulah iseng oran tertentu saja. atau beberapa penerbang yang sedang ingin menghilangkan stres kemudian berulah. rambut panjang dan botak menurut saya itu wajar, sebab tidak hanya satu 'makhluk" saja yang muncul bisa saja ada yang botak dan ada yang berambut panjang anak-anak itu terlalu takut untuk memastikan. juga mengenai sumpahnya, bisa saja mereka benar-benar melihat UFO/ET tersebut namun mereka tidak pernah tahu kenyataan apa yang ada dibalik itu semua.

desta bluedyst

Anonymous said...

curiga juga ,, saat darurat si Penjaga Kantin pun ga mau tinggalin kantinnya .. Cukup aneh .. hahahahahahaha ...

Anonymous said...

astaga...enigma koq malah kyak blognya harits ya??
ada lucu2nya....xixixixixi

Teddoth

Andry said...

mungkin ada penggembala liar dianggap alien..kan sama2 item

Anonymous said...

"(Walaupun saya akan lebih menyarankan mereka untuk mengunjungi para pembalak liar ketimbang anak-anak ini)"

hahaha...kalo nyamperin pembalak liar bisa-bisa si alien nya di cincang pake gergaji rantai..kan aliennya kontet..

Anonymous said...

saya curiga ada konspirasi kebohongan besar kaum masonik, iluminati & luciferian yg mendoktrin masyarakat luas untuk mempercayai adanya ufo, alien dan lain sebagainnya, yg akan memusnahkan bumi karena manusia tdk dpt menjaga bumi dgn baik.

hal ini memiliki tujuan untuk mengaburkan pandangan kita tentang agama dan ketuhanan.

Anonymous said...

werlington
saatnya saya bilang...SEMPURNA....
mantaf nih tread....thank boz...

hermanto yamada said...

anonymous 63..
anda bnar..saya bakal ktakutan dan kaget ketika ad makhluk sperti ALIEN dtng mnghampiri..tpi ketika pada saat jumlah kita bnyak,kita gk akn terpikir ktakutan lgi..apalagi jumlah anak" it ad 62 orng..it sudah cukup ramai.dan mrka pasti akan mngamatiny scara bersama" dgn detil..
menurut ku..mreka mngkn sudah mnyusun cerita tntang pnampakan ALIEN dgn baik..
tetapi pada saat para plajar it diminta untuk mngambarkan sketsany.pikiran mrka sudah kosong.shngga mrka mnggmbarkan sketsa tersendiri dngan apa yg ad dipikiran mrka.:)

FrozenSoul said...

Menurut saya, Keanehan ini tak satupun yang dilihat orang dewasa.Hanya anak-anak yang melihatnya.bagaimana bisa Di tengah kehebohan seperti itu tak satupun guru yang mendengar.padahal mereka masih satu sekolah. tak mungkin satu sekolah jarak antara lapangan dengan gedung sekolah lebih dari 100 meter.Jadi kemungkinan yang lain yaitu:

Guru-uru sebenarnya tidak rapat tetapi menyiapkan ufo dan mereka menggunakan sejenis hipnosis untuk menciptakan doktrin agar peduli dengan keadaan bumi.

Anonymous said...

A2T : setelah alien turun dari pesawatnya dan bertemu dengan anak2 itu,mereka lalu pergi menjauh dan menghilang,maksudnya menghilang ini apakah menghilang dengan arti sesungguhnya atau kembali ke pesawatnya atau apa?btw,kok aku ngerasa bro E ini orangnya skeptis,bener gak perasaan aku ini?

Anonymous said...

Viral marketing? Single terbaru Katy Perry yang berjudul ET mungkin

Anonymous said...

menurut ane, setelah ter"provokasi" bukunya Muh Isa Daud, kayaknya penampakan UFO tsb adalah jin!!!
btw, Bro Enigma tu Yahudi bukan c???
kog profilnya nampilin satu mata. Dimana, "mata satu" itu digambarkan sebagai simbol "all seeing eye" milik gerakan freemasonry..
jangan-jangan...Bro Enigma adalah salah satu dari anggota Organisasi tersebut...
i'm sorry, that's just my opinion.
jika salah, ya mohon dimaafkan.
jika benar..............
:)

Anonymous said...

@anonymous 78: ih.. ada reader yang kalo ngomong seenaknya sendiri. >,<
masa anggota freemason malah nyebarin berita freemason.. =="
LEBAY AH..
Ga semua mata satu tuh identik dengan freemason..

tofaninoff said...

kalau Anda pernah baca bukunya Christopher Chabris dan Daniel Simons, yg judulnya Gorilla Tak Kasatmata, mungkin Anda akan menyimpulkan kalau anak-anak ini mengalami ilusi ingatan.

jadi, ingatan mereka terdistorsi. sebab, ingatan manusia tidak bekerja layaknya video tape. melainkan seperti melodi dalam lagu yg bisa diimprovisasi.

nah, di sini mgkn si anak habis diceritakan ttg alien oleh guru/temannya. kemudian, saat istirahat, mereka melihat sesuatu yg tdk lazim. mereka ketakutan.

setelah itu, krn habis mendengar cerita tentang UFO, mereka menginterpretasikan apa yg mereka lihat sbg UFO. pdhl cuma tukang kebun, misalnya.

anakkucing said...

@prof. krauss, menurut professor, mereka melihat apa?

@anonymous 46, memang, tp kl begitu seharusnya kesaksian mereka menjadi begini: satu berambut panjang dan satu lagi botak.. bukan "kesaksian lain"..

@johnny wirjosandjojo, kalau menurut saya tidak aneh.. anak itu mengira tukang kebun, karena ada sesosok berbentuk manusia keluar dari semak2.. wajar kl mereka awalnya mengira manusia (tukang kebun), karena dilihat dari jarak jauh..

@angulus ludovici,
teori kamu yg no. 2, saya tidak melihat adanya hubungan dengan mata ufo kamu dengan cerita di atas.. maaf, karena saya tidak secerdas kamu, bisa dijelaskan lagi? hehe.. maaf ya, ngerepotin..
apakah maksud kamu, mereka merupakan monster pemangsa bermata besar yg seharusnya menyantap anak2 itu? dan anak2 itu seharus tidak mungkin bisa selamat dan menceritakan peristiwa itu.. begitukah? maaf, kl saya salah mengartikan kalimat terakhir teori no.2 kamu..

poin no. 3: knp tidak muncul di gedung putih..
well, mereka sengaja memilih anak kecil karena anak kecil tidak memiliki pikiran yg bercabang2..
soal kenapa tidak mendarat di gedung putih atau di depan media, atau di depan pemimpin negara lain, saya sudah pernah menjelaskan di artikel aliens abduction..
ini saya copas:
well.. hingga saat ini, dikatakan ada beberapa orang yg sudah bertatap muka dengan mereka.. hanya saja, manusia tidak terdiri dari hitam dan putih.. pemikiran negatif dan positif..
ada area abu-abu..
reaksi yg muncul juga bermacam2 bro.. ada yg percaya, ada yg skeptis, ada yg paranoid, ada yg antusias, ada yang ambisius, ada yg percaya tp masih bingung, ada yg takut2 mau percaya, ada yg bersikap egp, dll..
petinggi2 dunia juga ngga semuanya baik lho.. hehehehehe..
mungkin saja alien memang sudah melakukan kontak ke salah sepuluh petinggi dunia, tp si petinggi dunianya justru mengadakan negosiasi dengan mereka.. meminta mereka sembunyi2 atau yg lainnya.. sayangnya kita bukan salah satu petinggi dunia yg dikontak sama si alien.. hehehehe..

poin no. 5, mgkn karena tidak ada lagi yg tertarik dengan kasus ini, krn peneliti yg tertarik telah meninggal..

@hermanto yamada, saya merasa kok memang berniat membohongi masyarakat dunia terlalu ekstrim yah? mgkn scope-nya bukan dunia.. soal gambar, menurut saya tidak terlalu jauh perbedaannya walaupun yg satu ada antena yg satu tidak..

anakkucing said...

ada sambungannya.. ^^;

yap, spt yg adi inbox blg, terlalu kontradiksi kl saksi yg satu blg berambut panjang sementara saksi yg lain mengatkan tidak berambut..
hey, mereka melihat objek yg sama dan bukan merupakan paraedolia (bener ga sih istilahnya?)
tapi bisa jadi anak2 itu memiliki pandangan yg sama tapi persepsi yg berbeda..
mksd saya disini, mereka memang melihat objek yg sama, tapi interpretasi mereka akan objek itu berbeda.. hal ini wajar, mengingat, mereka melihatnya dari kejauhan, yakni 100 meter..
histeria massa mungkin saja.. bisa jadi sehari sebelumnya ada propaganda, iklan film, atau cerita mengenai alien or something, sehingga memacu anak2 ini berkhayal..


menurut saya pribadi, kemungkinan memang tidak ada pendaratan disitu.. beberapa alasan ngawur saya:
1. krn tidak ada jejak pendaratannya, yaitu radiasi, jejak pada tanah bekas pesawat mendarat, ranting patah (mungkin) karena mendarat di antara pepohonan, rumput terbakar/ berasap bekas pembuangan asap pembakaran mesin pesawat (apalagi kl bukan ufo asli, dan buatan manusia, bukankah seharusnya ada?)
2. kesaksian yang berbeda dari anak2 tersebut, terlalu kontras..
3. jarak pendaratan yang lumayan jauh dengan anak2 tersebut (100 meter).. menurut saya, anak2 tsb bisa dikatakan memiliki penglihatan super, karena dapat melihat ciri2 mereka dengan mendetail: matanya yg sebesar bola rugby, ukuran badannya yang hanya 1 meter, dan berwajah pucat..
tapi kalau saya diminta untuk menyebutkan ciri2 seseorang dari jarak 100m, atau 50m saja, saya tidak akan bisa mengatakan seseorang itu pucat atau tidak serta berapa tinggi badannya..
sayangnya tidak disebutkan berapa jarak pria tsb setelah berjalan ke arah anak2 itu..
4. sedikit aneh, betapa baiknya alien dari planet lain mau memperingatkan makhluk bumi tentang bumi yg akan hancur..
kecuali kehancuran bumi berdampak signifikan pada kehidupan di planet mereka..
ataukah, kehancuran bumi akan membuat mereka kehilangan tempat tinggal kedua?
tp kl seperti yg anonymous 54 blg, bahwa kita adalah mahkluk yg dilestarikan, err.. maaf, saya tidak bisa terima pendapat ini.. :)
5. dikatakan bahwa pd tgl 14 september 1994, sebuah ufo melintas di langit afrika, tapi sayangnya sulit sekali mencari informasi tentang itu.. yg diekspos besar2an adalah peristiwa ini, yg isinya kebanyakan copas..
sedikit aneh bukan? peristiwa ufo, biasanya akan dibesar2kan walaupun hanya melintas, walaupun mungkin memang beritanya kalah menakjubkan dgn peristiwa pendaratan ini, tp kalau memang ada pesawat tidak dikenal melintas, seharusnya dianggap peristiwa besar jg.. bisa jadi berita pesawat ufo yg melintas itu hanya sebagai pelengkap bumbu cerita peristiwa pendaratan ini..

imho and cmiiw..

Anonymous said...

@anakkucing: Wkwkw. bro anakkucing memang kritis. Kamu mengatakan: "mksd saya disini, mereka memang melihat objek yg sama, tapi interpretasi mereka akan objek itu berbeda.. "

Kayaknya kamu juga belum menyebutkan apa yang mereka lihat ya?
Dari seluruh kemungkinan, entah kenapa saya lebih percaya kalau anak-anak ini telah dikerjai. Saya ingat ada acara tv yang kerjaannya mengerjai orang. suatu hari, salah seorang dari mereka mengenakan pakaian gorila dan masuk ke bar. mengambil minuman lalu pergi. Nah, para pengunjung terbengong-bengong. Ketika gorila itu sudah pergi, ia ditanya, "kenapa bengong?"
Katanya: "Tadi saya lihat gorila masuk ke bar."
Apakah dia salah lihat?
Apakah dia berbohong?
Tentu saja tidak.
Tetapi saya akui kalau saya tidak bisa menjelaskan soal telepatinya (atau sesuatu yang terdengar seperti telepati). Hehehe.

-prof.krauss-

patihsa said...

membaca analisis kemungkinan nomor 4 dan nomor 5 benar2 membuat saya terpingkal-pingkal..
wkwkwkwkwk...

Anonymous said...

maaf kk kalo tak nyambung
tapi bisakah anda meneliti ini apakah HOAX ato tidak
ini linknya:http://www.klikunic.com/2011/05/karlmayer-suara-yang-dapat-mempengaruhi.html

Maxie sanjaya said...

Bro enigma posting tentang area 51 ,area paling misterius di dunia ya bro

anakkucing said...

@prof. krauss, benar.. saya belum menyimpulkan apa yg mereka lihat.. sulit sekali rasanya..
mksd saya, sulit sekali rasanya mempercayai bahwa memang ada pendaratan di situ, hehehe..
hmm.. bisa jadi juga ada kemungkinan spt itu prof, bahwa mereka memang dikerjain..
hanya saja, kl memang benar ulah manusia, kenapa tidak ada jejak pendaratannya? apalagi teknologi manusia.. pasti ada jejak pembakarannya, bekas asap pembuangannya..
analoginya, kl kita menghidupkan mesin motor atau mobil, dari knalpot akan keluar asap pembuangan pembakaran mesin..
spt itulah yg saya maksud, seharusnya di rumput ada bekas terbakar atau bekas asap..

MJ said...

jika cerita itu hanya hoax, aku setuju jika hoax itu tujuannya utk kampanye lingkungan hidup.

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Fungsi suatu organ tubuh akan berkembang menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Contohnya beruang kutub dengan lemak tubuh dan bulu yang tebal guna menyesuaikan diri dengan kondisi suhu dingin. Begitu pula dengan mata alien yang besar. Pasti ada "cerita" dibalik itu semua.

Teman2 juga banyak menyinggung soal radiasi... lantas mengapa bila tidak ada radiasi? Apakah harus selalu ada radiasi?
Kalau Alien adalah makhluk hidup dengan organ biologis mirip seperti kita, alangkah bodohnya mereka bila menciptakan pesawat dengan radiasi bocor kemana-mana bukan?

Anonymous said...

bahas tentang Mel's hole gan.

yg ini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6872220

ane penasaran

MauTauAja said...

gw curiga ama ini kasus
mngpa gg ada orng luar yg dtng dan melihat
bkannya itu pesawat sngat mencolok
pastinya nmpk kan
dan guru di sana pda idiot ya
msa murid nya pada riuh gag ada yg dtng liat murid nya
bagaimna menurut om enigma?

hard for life said...

tapi kenapa kalo berniat untuk berbohong dalam postingan di atas mereka masih sempat berusaha untuk membujuk ibu kantin (satu-satunya orang dewasa yang ada pada sat itu) untuk ikut bersama mereka menyaksikan hal yang terjadi, yang seakan-akan mereka juga hendak memberitahu orang lain untuk menyaksikan hal tersebut...

gimana gan??

Anonymous said...

@anakkucing: sepertinya penjelasan bro enig ada yang kurang. Nih, saya ketemu linknya:

http://naturalplane.blogspot.com/2011/04/ariel-school-ufo-encounter-ruwa.html

Di salah satu baris dikatakan:

"This happened three times and then they started to move down towards the school with one of them landing (or hovering) over a section of rough ground made up of trees"

Jadi, kesaksian anak-anak itupun berbeda. ada yang bilang kalau ufo itu mendarat, ada yang bilang melayang. Jadi, kalau melayang, kita tidak bisa ketemu jejaknya. iya kan. hehe.
Kalaupun manusia yang membuat, mereka bisa saja membuat wahana yang serupa ufo saja, tidak usah canggih, yang penting bisa menipu anak-anak. Bisa berupa wahana seperti balon udara atau layang-layang.

-prof.krauss-

Anonymous said...

mas post tentang lubang neraka donk, kayaknya menarik banget, yang kayak di guatemala itu

Anonymous said...

kayaknya hoax deh ini, liat anak2 itu wkt cerita liat bola matanya ngerollingnya ke arah kanan itu biasa artinya sedang mengarang cerita..kl mengingat bola mata akan refleks bergerak ke arah kiri..

tukang copas said...

hoax?

Ane kira ada benernya. Lagian hebat juga tuh 60-an anak kecil mengadakan konspirasi hehe.

-misteri terus berlanjut-

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Prof Krauss: Saya kira meskipun anak-anak, mereka pasti dapat membedakan mana balon udara bohong-bohongan dan mana yang bukan. Saya pernah menulis bahwa adanya bukti bahwa pesawat tersebut adalah pesawat canggih (bukan pesawat-pesawatan atau balon udara) salah satunya adalah adanya MANUVER di udara. Balon udara bagaimanapun tidak dapat melakukan manuver di udara dengan berpindah sangat cepat. Bila kita membaca cerita2 pengalaman saksi mata jaman dahulu, beberapa dari mereka mengatakan tentang pesawat yang hovering dengan manuver yang luarbiasa.

Kiranya, sangat sulit membuat pesawat dengan kemampuan hovering sekaligus kemampuan bermanuver berpindah posisi di udara dengan cepat. Karena itu, seharusnya yang ditanyakan kepada anak2 tersebut bukanlah bentuk maupun bagaimana rupa alien, bukan juga radiasi, tapi MANUVER pesawat tersebut. Siapapun bisa membuat jubah perak mirip baju alien, siapapun bisa menyebarkan radiasi (kalau mau), tapi manuver?
Itu butuh teknologi lebih canggih bung!

Anonymous said...

@Angulus Ludovici: saya kira kita punya banyak pengalaman soal kesaksian orang mengenai "ufo yang bermanuver" di udara. Padahal bisa saja mereka sedang melihat sebuah fenomena alam. Saya tidak mengatakan kalau mereka melihat balon udara. Bisa saja mereka membuat objek apapun dengan menambahkan efek. Banyak lho layang-layang diberi lampu disangka ufo.
Menurut saya, anak-anak tersebut memang harus diwawancarai kembali. Mungkin ada sesuatu yang terlewat pada waktu itu.

-prof krauss-

Lemot said...

Jika peristiwa ini begitu pentingnya dalam sejarah per-UFO-an, lantas mengapa tidak menelitinya kembali? Kalaupun tdk ada saintis apalah gitu yg berminat, kenapa tidak ufolog saja? Kenapa tdk bekerja sama dgn pihak2 tertentu yg terkait?

Masalahnya apakah anak2 itu berbohong? Mungkin ada alat yg dapat mendeteksi kebohongan dgn scan otak? Jika tdk trdapat pd saat itu, bukankah lebih baik mewawancarai anak2 itu sekarang yg sdh dewasa?

Harusnya ini momen penting yg gak boleh dibuang bgtu saja oleh ufo-lover.

Lemot said...

@Bagi yg ngerasa itu pesawat alien:

Cb jelaskan pd sy yg lemot ini, alasan anda menganggap itu adlh pesawat alien bserta aliennya!

joko pakusumo said...

wow tdk kusangka baru kutinggal beberapa hari sudah ketinggalan 2 postingan

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot: Ehm... apakah anda juga punya alasan kuat bahwa itu adalah bukan pesawat alien beserta aliennya? :p

@Prof Krauss: Layang-layang, balon udara, terjun payung, pecahan satelit, meteor, semuanya bergerak tidak bermanuver (cenderung bergerak pada satu arah). Hanya pesawat jet militer yang bermanuver. Benda angkasa apa lagi yang dapat bermanuver sedemikian ekstrim?

Yup, saya setuju wawancara ulang. Tapi dengan cara yang dadakan. Aneh juga ya, kenapa NASA tidak menaruh perhatian lebih terhadap fenomena luar angkasa seperti itu ya... jangan-jangan... NASA sudah... Tapi tidak mungkin, kalau NASA sudah bisa berhubungan dengan makhluk lebih cerdas dari kita, roket pembawa Discovery tidak akan lagi berbentuk primitif semacam itu bukan?

Lemot said...

@angulus:
Pertanyaan kok djwb dgn pertanyaan. Aneh.
Kamu percaya itu pswt alien ya. Nah, alasannya apa? Biar yg gak ngerti, jd paham. Mana tau pendapat kamu emg bener. Jgn sensi gitu ah. Hihihi

Anonymous said...

Bagus nih blognya saya rajin berkunjung untuk liat artiket baru.
Mohon request dong tentang NAZI BELL yang kontroversi :)

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot: Gak lah.. saya gak punya bukti bahwa itu beneran pesawat UFO tentunya. 1000x membaca, bagaimanapun lebih baik 1x melihat. Mangkanya kalo saya lagi nyetir mobil, lagi sendirian di loteng rumah, atau lagi bengong, saya usahakan selalu mendongakan kepala ke arah langit... siapa tau ada UFO lewat. Melihat sendiri itu lebih penting. :)

Oh ya, udah pada tau belum kalo UFO Sleman itu dibahas di Universitas Diponegoro, lalu dijadikan buku?

Bro Enigma sekali-sekali bedah buku dong... gimana Bro? :)

Lemot said...

@angulus:
Kamu dosen yah? Masih muda atau udah kepala 3? Hihi, kalo brani jwb dong..

Apakah kamu percaya alien yg katanya peradabannya lbh maju drpd manusia itu ada? Kenapa?

hizkia said...

Ijinkan saya comment tentang kemungkinan keenam; alasan alien memilih anak-anak sekolah berumur sekitar 6 sampai 12 tahun untuk memperingati penduduk dunia pada tahun 1994.
Mungkin karena para mahluk luar angkasa itu berpikir, anak-anak itulah yang akan menjadi generasi penerus dunia ini.
So, para pembaca sekalian yg lahir antara tahun 1982-1988, sudahkah kalian peduli terhadap bumi ini? Demi kelangsungan hidup anak cucu kita heheheh ... Go Green !

Lemot said...

Kontradiksi dlm cerita anak2 itu sngt mencolok.
Detail yg lebay, jg patut dipertmbgkan. Siapa blg anak kecil gak bs bohong? Justru krn kekecilan mrkalah, mrka dianggap lugu, polos, dan gk mgkn bohong. Setiap org bs brbohong.
Lagian ngapain alien mngontak anak2 itu? Pesannya jg gk jelas lg. Harusnya datang tuh ke gedung putih, atau gedung 'p*nt*t' endonesia. Kwekwekwek..

Anonymous said...

curiga....!! liat gambar dan bentuk alien dan ufo nya... sama seperti dalam film pada umum nya...

bÔñtié™ @ spektrumdunia said...

hmmm...kasus yg menarik sob!..menurut sobat mungkin ga sekumpulan anak melakukan teori "konspirasi" untuk membohongi dunia?Sungguh "misi" yang terlalu besar untuk sekumpulan anak-anak tsb bukan??Dan fakta yang paling menarik adalah Dr.Mack, mungkinkah seorang dokter dapat dikelabui oleh sekelompok anak-anak sehingga Dr.Mack pun berujar :"Saya mungkin tidak akan menerima bulat-bulat apa yang dikatakan oleh anak-anak ini. Namun saya menganggapnya serius. Saya tidak akan pernah mengatakan kalau ada alien di luar sana yang kerjaannya menculik orang-orang. Namun saya akan mengatakan kalau ada fenomena-fenomena menarik yang tidak bisa saya jelaskan sehingga membutuhkan penelitian yang lebih mendalam." (ini dokter lho!). Kalo saya boleh berpikir sedikit keluar dari logika, sepertinya memang kejadian yang menimpa di zimbabwe ini boleh terbilang langka namun benar adanya..Ini bukan kali pertama. Kejadian serupa pun pernah terjadi di berbagai wilayah.Semesta ini luas dan sangat besar kemungkinan bahwa "kita memang tidak sendirian di planet ini sob". Tadinya saya berpikir ini adalah bagian dari "agenda besar" kaum iluminati/freemansonry (secara simbolik merujuk pada benda-benda yang membawa kesan "the present of iluminati") namun pesan "positif" yang disampaikan membuat saya meragukan hal ini..Menurut islam, ufo dan objek misterius dihubungkan dengan keberadaan jin, dan mungkin benar adanya (statement saya sebelumnya bahwa "kita memang tidak sendirian")..thanks sob atas postingannya..lam kenal..

btw ijin bookmark sob :)

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot: Pernah nonton film 'Contact'?

X: Are there other people out there in the universe?

Y: That's a good questions. What do you think then?

X: I dunno ..

Y: That's a good answer .. skeptic huh?
well .. the most important thing is that you all keep searching for your own answers. So i told you one thing about the universe though. The universe, is a pretty big place. Bigger than anything that anyone has ever dreamed of before. So if it's just us, seems like an awful waste of space, right?


(X: dr. Eleanor Ann 'sparks' Arroway - from 'CONTACT', 1997)

Lemot said...

@angulus:
Oh, terinspirasi dr film yah. Kayaknya kamu emg percaya alien itu ada ya. Soalna alam smesta ini luas banget, masak cuma kt aja yg hidup n pinter sndiri, what a waste of space. Hihi.

Kalo ditanya hard evidence. Nah baru deh jwbanna kemana2. Tapi gak papa, setiap org berhak percaya apa yg dia sukai. Tul gak? :-)

A said...

Apakah setelah pendaratan UFO selalu ada kejanggalan radiasi pada maassa-massa disekitarnya?
Apa pernah ada percobaan untuk membuktikan bahwa pesawat ruang angkasa yang didaratkan dibumi menciptakan efek radiasi yang berbeda?
Berapa persen peluang bahwa misteri ini dibuat oleh guru, dan rencana tsb tanpa diketahui oleh para pelajar?
14,3%?
"Para guru di sekolah dasar Ariel sedang mengikuti rapat. Jadi, para murid dibiarkan bermain tanpa pengawasan. Satu-satunya orang dewasa yang ada di sekolah itu adalah seorang ibu yang sedang berjualan di kantin sekolah."
Apakah guru di sekolah tersebut tidak melaksanakan rapat di sekolah?
Apakah yang dilakukan guru-guru sekolah tersebut?
Berapa jumlah guru sekolah tersebut saat misteri ini terbuat?
http://www.facebook.com/profile.php?id=1467540811
Apakah pemilik profil facebook ini salah satu saksi dari misteri ini?
Sejak kapan mereka mengenal keberadaan UFO dan alien?
Apakah sebelum misteri ini terbuat mereka tidak mengenal alien?
Bagaimana mereka bisa mengenal istilah UFO dan alien?

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot: Mangkanya saya tanya balik sama kamu: bukti sahih apa yang kamu punya yang dapat membuktikan bahwa alien itu benar-benar TIDAK ada? Jangan-jangan jawaban kamu juga "kemana-mana." :)

Walaupun kehidupan diluar bumi kemungkinannya tampak kecil, namun bila memang kemungkinannya nol samasekali, tidak mungkin negara-negara maju macam Amerika mau menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk menemukan 'super-earth' atau semacamnya. Lagipula, kemungkinan adanya kehidupan di luar bumi berdasarkan persamaan Drake (Green Bank) mungkin harus dikaji ulang setelah NASA dapat membuktikan bahwa beberapa makhluk ternyata dapat hidup pada kondisi ekstrim.

Ada juga yang berkesimpulan bahwa tidak adanya 'Alien' dapat dibukikan dari tidak adanya gelombang radio yang kita terima dari angkasa luar, dari Tesla Coil thn 1896 sampai proyek SETI thn 1960an hasilnya nihil (terkecuali sinyal WOW!). Apa benar demikian? Galaksi Andromeda yang terdekat dengan galaksi kita berjarak 2 juta tahun cahaya. Berarti suatu informasi elektromagnetik butuh 2 juta tahun cahaya untuk sampai ke bumi bukan?

Tahun 1974, manusia juga pernah berusaha mengirimkan sinyal ke gugus bintang M13. Berapa jarak gugus bintang tersebut dengan bumi kita? Sekitar 25.000 tahun cahaya. Jadi bila kita mengirimkan pesan "How are you Mr.Alien?" di tahun 1974, maka kita akan menerima balasan "I'm fine thank you" sekitar 50.000 tahun lagi. :)

Jadi..., dalam hal "ALIEN", bila anda tidak pernah menemukannya, jangan buru-buru berkata "TIDAK AKAN PERNAH ADA".

Ingat percakapan dari film Contact: "Bigger than anything that anyone has ever dreamed of before."

Anonymous said...

@Lemot: saya kira masing-masing pendapat punya kekurangan. Mereka yang percaya keberadaan alien tidak bisa membuktikannya. dan mereka yang tidak mempercayainya pun tidak bisa membuktikannya. Jadi, menurut saya posisi setiap orang sama. XD

-prof.krauss-

Lemot said...

@angulus:
Alien bner2 gak ada krna dia gak muncul dgn terang2an scr tak trbntahkan. Semua pnampakan2 ufo yg aneh2 kmgknan besar adlh salah tafsir sj. Emg ufo, tp bukan alien. Kadang cm fnomena alam biasa aja yg jarang trjadi atau blm diketahui. Mgkn jg hoax.

Sinyal WOW? tidak bisakah itu dsebut kbetulan biasa diantara sinyal2 acak yg kt tafsirkan sbg bermakna? Lgian kalau itu emg sinyal dr peradaban alien, kok cm sekali itu aja? Harusnya bnyak kali ditemukan. Kalau cm sekali yg kmgknan bsar ya cm kbetulan aja.

Prnah gk mikir kalau alien yg katanya lbh maju drpd prdbn manusia itu, bs mngatasi masalah jarak yg berjuta2 thn chya itu? Mgkn bg alien brkmnikasi pake glmbg elektromagnetik udah dianggap primitif. So, ngapain jg msh mengharapkan sinyal2 wow luar angkasa? Yg jelas2 cm buang2 waktu aja utk cm blg '' i'm fine ''. Mendingan dtg lgsg ke bumi, prkenalkan diri baik2, brkontak dgn pemimpin2 di bumi dan membagi kmajuan yg mereka capai, sembari memberikan 'shock buffer' thdp akibat yg mgkn tmbul di kalangan manusia dari kehadiran mereka. Tp kan nggak, yg ini malah main petak umpet. Kwekwekwekwek


Prof. krauss:
Apakah kmu emg bner2 profesor?
Wkwkwkwkw

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot:
Kenapa Alien main petak umpet? Kenapa mereka tidak terang-terangan menghadirkan diri mereka ditengah-tengah kita?

Saya pikir, tabiat ini mirip dengan seorang kameramen National Geographic yang sedang mengabadikan kehidupan gorila-gorila di pedalaman Afrika sana. Kameramen tersebut memilih untuk bersembunyi dibalik pepohonan. Kameramen sadar, bahwa kehadiran dirinya tentu akan merusak adegan momen-momen indah dari kehidupan alami si gorila-gorila tadi.

Dalam hal Alien, kehadiran mereka secara terang-terangan ditengah kita akan membuat benturan peradaban yang sangat dahsyat. Tatanan dasar manusia, dari sosial, agama dan tentunya teknologi akan berubah total. Peradaban manusia akan terguncang hebat lebih dari apa yang dibayangkan. Tentunya, bila Alien mempunyai peradaban jauh lebih tua dari kita, mereka sungguh sadar akan hal ini.

Lagipula, belajar dari sejarah dunia, bila terjadi benturan dua peradaban, biasanya peradaban yang lebih primitif lah yang akan dirugikan (baca ulasan Stephen Hawking tentang UFO).

Jadi, muncul secara terang-terangan, justru akan membuat gorila-gorila di Afrika tersebut lari tunggang langgang bukan? :)

Anonymous said...

kuberikan sebuah kebenaran kepada kalian, Dr.Mack bukan tewas akibat ditabrak oleh pengendara mabuk, melainkan ia sengaja dibunuh "oleh pengendara mabuk" ssssttt don't tell anyone, oke... ^^

Anonymous said...

Nebukadnezar said...

@ Anak kucing,Angulus,prof-krauss,& lemot :

Bagaimana jika dlm sebagian besar kasus janggal penampakan alien dan ufo msh menyisakan satu kemungkinan terakhir ini ; Bagaimana jika sebagian besar informasi yg sampai kepada Qta selama ini hanyalah rekayasa media semata ??
seperti Qta ketahui bhwa peran media sangatlah VITAL dlm menentukan suatu fenomena sebagai fakta ataupun hoax...
Karena Qta tidak memiliki kapasitas untk melakukan investigasi yg independent,seringkali Qta dihadapkan pada kondisi "terpaksa" dlm menerima informasi2 yg sudah siap saji trsebut...
Itulah sebabnya para peneliti mempunyai semacam "parameter investigasi" untuk menganalisa hal2 smcm itu,,for ex : Ada bukti pendaratan yg jelas (G hrs radiasi,jejak dirumputpun jadi),saksi yg kredibel,laporan penglihatan para saksi yg identik (dgn nilai toleransi kesalahan yg kecil),,tanpa itu semua para peneliti yg kompeten biasanya langsung mengkategorikan sebagai case closed,,karena tdk ditemukan fakta yg valid...
Jd untuk kasus ini saya jg tdk prcaya karena fakta yg ada terlalu lemah untuk dibuktikan..

-SAINS IS PROOFING,,NOT BELIEVING-

^_^

Lemot said...

@angulus:
Hehe, kamu cuma nanggepin soal alien yg main petak umpet yah. Hehe.

Kyknya gmanaa gtu, kalo diskusi malah menanggapi khayalan org lain. Hehe. Tau dr mana kamu perandaiannya bgtu? Kalau bgtu alien dalam hayalan km cuma mau mengamati sj? Kenapa? Melihat hasil ciptaannya kah? kwekwekwek
Kok khayalan km gak kreatif bngt yah. Mana alien yg jahatna, yg mau menginvasi bumi demi sumber alamnya atau apalah gtuh. Alien yg hostile gtuh. Masak dlm hayalan kamu, alien cm 1 macam aja. Harusnya banyak mcm dong. Harusnya udah dari dulu kale bumi diinvasi alien. Tul gak?

So, kalau menghayal cobalah berhayal yg maximal, jgn nanggung2. Hehe. Tul gak?

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

@Lemot: Yup, saya sangat suka mengkhayal dan berimajinasi. Imagination is more important than knowledge (- Albert Einstein!).

Lemot, andai anda kameramen National Geographic, akankah anda berbuat jahat dengan menginvasi gorila-gorila tadi dan merebut semua pisang-pisang mereka? Ah, tentu saja tidak bukan? Anda punya ayam Kentucky Fried Chicken yang lebih enak tentunya. Menurut saya, Alien tidak menginvasi bumi, karena mereka sudah pada tahap peradaban yang sangat maju, dimana mereka telah dapat menggunakan sumber energi dari bintang (tidak primitif seperti kita, yang masih "menggali-gali tanah" untuk menemukan sumber energi).

Mengenai pertanyaan kamu tentang apakah Alien bisa mengatasi perbedaan jarak yang berjuta-juta tahun itu, saya kira sulit, karena diskusi ini nantinya pasti berujung pada problema lubang hitam dan singularitas. Fenomena singularitas adalah sebuah kenihilan, karena tidak ada satupun rumus fisika yang dapat berlaku pada keadaan singularitas, sehingga membicarakannya menjadi tidak relevan.

Jadi apakah Alien menggunakan lubang hitam tadi untuk sampai ke bumi? Tidak logis. Coba bayangkan, mereka capai2 membuat wahana demikian canggih yang dapat menembus lubang hitam, hanya untuk menyampaikan pesan "tidak penting2 amat" pada sekelompok anak di Zimbabwe.

Ini mirip kameramen National Geographic tadi yang menggunakan pesawat stealth F117A untuk sampai ke padang rumput Afrika. Pemborosan.

Lalu, andai yang terjadi di Zimbabwe itu benar-benar suatu Alien, apa alasan mereka? Apa motif mereka?

Untuk hal satu ini, ijinkan saya mengkhayal dulu ya...

Lemot said...

@angulus:
Indah ya petikan dari Einstein itu ya :-)

Sadar gak km bedanya? Hehe

Sini aku bilangin.



Kalau einstein menghasilkan sesuatu yg gemilang dr hayalannya, yg membawa manfaat lah bg dunia fisika. Nah kalo kamu??????

Hee, kameramen mengamati gorilla? Alien main petak umpet?? #?@()?#* ???

Boleh ya aku ktawa guling2...

Kyknya mgkn sekian dulu mnanggapi hayalan kamu. Slmt brhayal ya, smg ktemu motif alien dtg ke sd di zimbabwe. Slmt berhayal ttg alien (oh iya, apakah kepalana gde, matanya gede, mulutnya kecil? Jgn bilang kalo warnanya ijo ya..hehe, krn itu hayalan sy waktu TK) :-)

Oya, kayaknya pesan nebukadnezar di atas cocok bwt kamu:
Science is proofing, not believing. Tambahan: not speculating.

Kwekwekwekwek

Lemot said...

@angulus:
Indah ya petikan dari einstein ya?

Kamu sadar gak bedanya apa?

Sini aku bilangin.

Kalo einstein hayalanna membuahkan hasil yg gemilang, yg kt sama2 tau. Nah kalo kamu???
Alien=kameramen, manusia=gorilla ('=' , 'dianalogikan') Alien main petak umpet?? #*?!@()#??

Boleh ya aku ktawa guling2

Kwekwekwek

Kykna psan si nebukadnezar pas bwt kamu:
science is proofing, not believing.

Tambahan: not speculating

Kwekwekwek :p

Anonymous said...

Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkk......................
Ijinkan aku ketawa guling-guling juga!

Kikikikik....
ngga bs ksh jawaban tapi kok bisa ngakak ya?

Gak seru kamu ah Lemot! gak punya isi jawaban kamu...!

Anonymous said...

GDP Zimbabwe cuma $400(2010)..bagaimana pemerintah Zimbabwe buat kendaraan "keren" macam itu... GDP Power Pariti tahun 2010 hanya $4.395 billion...jika itu militer mngkin Zimbabwe menjadi negara kelas atas mengalahkan Pyongyang...

Anonymous said...

[[Unlimited theory]]

@Lemot:
Science is proofing, not believing???

Yang beneeerrr...??? :p

So, mana bukti kamu bahwa yang muncul di lapangan itu BUKAN UFO dan bahwa ALIEN MEMANG TIDAK PERNAH ADA???

Kamu cuma bilang Alien tidak ada karena tidak pernah mengunjungi dan menginvasi bumi... hahahahay... kalo tetangga kamu nggak pernah ke rumah kamu, trus tetangga kamu dibilang gak pernah ada ya? Hahay!

Gue bilangin elo ye, alam semesta nich luas cuy.
Gue setuju sama salah satu komen di atas, lebih luas dari apa yang kepikiran sama kamu... Apa mungkin pikiran kamu belum sampe kesana ya cuy?

Guling-ling-guling ketawa dulu aahhh...

Anonymous said...

Entah untuk kepentingan apa,
bahwa kepercayaan tertentu justru mengindoktrinisasi pengikutnya
bahwa alien itu omong kosong,
bahwa kehidupan di luar bumi itu tidak ada,
bahwa kaum evolusi itu pendosa, atheis, terkutuk
bahwa teori evolusi = atheisme,
bahwa penciptaan tidak butuh bukti (pasti benar).

Anehnya,
mereka tetap menyukai membuka halaman demi halaman blog ini... :)

Lemot said...

@unlimited theory:

Alien gak ada karena ketiadaan hard evidence yg mendukungnya ada. Logis kan? Kalau gk terbukti ada? Ya gak ada dong. Aneh yak kamu.

Kwekwekwek. (Tertawa sopan :-) )

''Kamu cuma bilang Alien tidak ada karena tidak pernah mengunjungi dan menginvasi bumi... hahahahay... kalo tetangga kamu nggak pernah ke rumah kamu, trus tetangga kamu dibilang gak pernah ada ya? Hahay!''

Ini nih yg dsebut kesombongan yg tdk pd tempatna

Kwekwekwek

Kamu slh paham, dlm hal ini, aku mengacu pd istilah yg lumrah dipahami dr kata 'alien'. Yaitu makhluk extraterrestrial yg berperadaban lbh maju drpd manusia. Jd, kalau mreka yg sdh semaju itu blm prnah jalan2 kbumi, maka krg wajar rasana. Slain itu kmgknan kbradaan alien yg brmacam-ragam tabiatna harus dpikirkan pula, msalna yg bersahabat dan yg hostile. Stdknya kalau yg hostile ada, bumi udh dibwh ancaman sejak lama. Adakah ancaman dr alien dlm bntuk apapun yg kita tau? Setau aku gak ada.

''kalo tetangga kamu nggak pernah ke rumah kamu, trus tetangga kamu dibilang gak pernah ada ya? Hahay!''

Analogina berantakan cuy kwekwekwek :-)

Walaupun dia gk pernah brkunjung ke rumahku, kan keliatan tiap hari kalo dia mau ke kantor, kan bs liat di fesbuk, kan bs dnger gosip2 dari tetangga, atau bs tanya2 pak RT :-)
Mantap kan?? :-)
Kwekwek. . .

Kalau alien gmana yah?

Mgkn kt bs ngontak persatuan galaxi bimasakti dulu kali yak, biar tau ada tetangga alien kt di gugusan proxima centaury. . . :-)

Oh, atau gmana kt liat tanda2 peradabanna, msal, sinyal2 cerdas gtuh? Oh sinyal WOW yah? Tp sygnya itu sngt mgkn kalau cuma sinyal2 acak yg nampak brmakna bg kita, soalna sinyalna cm skali ajah.

Atau ooh. . . jgn2 alien yg bikin cropcircle dgn foto narsis, wajahna, di ladang jagung. Pesanna: ''nih bukti gw exist coy!''

Izinkan jg aku ktwa guling2, tetapi dgn cara yg exotis dan lbh estetis :-)

Kwekwekwekwek

Anonymous said...

[[Unlimited Theory]]

Ah lemot,
sanggahan kamu sangat mudah dipatahkan...

Lemot menulis begini:
"Kamu slh paham, dlm hal ini, aku mengacu pd istilah yg lumrah dipahami dr kata 'alien'. Yaitu makhluk extraterrestrial yg berperadaban lbh maju drpd manusia."

Hahay! Menurut Lemot, Alien = makhluk extraterrestrial yang berperadaban LEBIH MAJU daripada manusia!

Gimana kalau ternyata Alien tidak lebih maju daripada manusia? Berarti mereka tidak punya wahana untuk mengunjungi bumi! So tidak adanya kunjungan ke bumi bukan berarti mereka tidak ada cuy!

Jadi HARD EVIDENCE (bukti kuat) yang Lemot kemukakan mengenai KETIDAKADAAN Alien adalah tidak adanya kunjungan mereka ke bumi. Jelas Lemot SALAH TOTAL, karena tidak memperkirakan bagaimana jika peradaban Alien lebih rendah daripada manusia dan tidak punya wahana untuk sampai ke bumi!

Gimana Lemot? Mo ngaku kalah gak sama gue? Wekwekwekwekwek...

Anonymous said...

Aq lihat koment sdr Lemot kog gak nyambung ya?
Kan makhluk ET bisa aja gak sepinter manusia, klo makhluk ET berupa binatang melata dan bodoh, kan gak bisa ke bumi..

Lgian, klo aq sih mikirna, jarak antar galaksi kan jauuh bgt tu, kan ga mgkn binatang melata itu dtg ke bumi.. klo aq sih yakin 10000000% namana alien pasti ada...

bravo pendukung alien!

Lemot said...

Nah, izinkan aku ketawa guling2 yg exotis dan estetis yah.

Kamu udah lari2 kmana2 yak rupanya. Jaka sembung naik ojek rupanya.

Kwekwekwek

Yg kita diskusikan dsini kan awalna dr postingan bro enigma ini. Itu loh, alien dgn piring trbangna mengunjungi sd, gk tnggung2, yg dikunjungi adlh zimbabwe.

Kamu mau ngeles gmana lg? Alien yg dbicarakan dsini kan kayak yg dlm postingan enigma. Kwekwekwek, piKuN yak??

Punya piring trbg. Canggih yak? Mnusia aja blm pnya.

So, pndpt aku sesuai konteks.

Yg jd mslh kan sbnrna adlh sprti anggapan kebanyakan, gmana seandaina ada alien yg peradabanna lbh maju drpd manusia n mngunjungi bumi? Apakah umat manusia shock?? Keyakinan agamana trguncang??

Yg kta diskusikan dr awal kan alien yg kayak gn, ada apa enggak? piKuN yah?? Atau pura2 piKuN??

kwekwekwek

Mslh ada apa gak alien yg prdbnna dbwh manusia, yah kt gak tau. Krn kbrdaanna kan berasal dr spekulasi. Yg jelas yg katana muncul2 di bumi yg katana pake piring trbg, pasti bukan mereka. So, gak jd masalah. Ada atw enggakna mreka gak jd soal, krn gak ngaruh apa2 ke kita.

Nah, kalo bgtu skrg mgkn aku akan menganugerahkan namaku yg indah kepadamu :-)

Kwekwekwek (guling2) :-)

Anonymous said...

Weeeeekkk..... LEMOT NGELESSS.
Aku perhatiin bener LEMOT nulis. Naaahh liat deh komen2 LEMOT sebelumnyaa, dia pernah nulis ini nich:"Alien bner2 gak ada krna dia gak muncul dgn terang2an scr tak trbntahkan. Semua pnampakan2 ufo yg aneh2 kmgknan besar adlh salah tafsir sj. Emg ufo, tp bukan alien. Kadang cm fnomena alam biasa aja yg jarang trjadi atau blm diketahui. Mgkn jg hoax." Wekwekwekwekkkk.... Dan skrg dia mengakui kalo Alien yg peradabannya tidak semaju manusia mgkn aja bisa ada. INKONSISTEN! JAKA SEMBUNG! Hahahaha....

Aneh yak, yakin Alien gak ada kog buka2 blog Enigma.... Haalaaahh...

Lemot said...

Kwekwekkwek hak perlu mencret gitu lah

kewekwekwek. . .

ternyata kamu lebih hebat dari aku yah? :)

Lbih hebat lemotna. . . kwekwekwekwek. . . :p


Padahal udah dijelasin, masak sih gak nangkap2 juga? Parah nih. . .

kalau orang nyebut kata "alien" jujur apa yg terlintas pertama kali dibenakmu? bakteri luar angkasa kah? kwekwekwek. . .

Kebanyakan org akan berpikir tentang makhluk luar angkasa yg lbh cerdas dan berperadaban lebih maju drpd manusia, shg bisa mengunjungi bumi dgn piring terbangna. Nah ini nih yg jadi mindset org2 kalau mikirin alien.

Posting enigma kali ini juga tentang alien dlm pengertian spt ini. Bukan yg alien yg kurang maju peradabanna drpd manusia. Yg aku bantah tentu saja "alien yg punya piring terbang" spt dlm komentarku sblmna.

Mengenai alien yg BUKAN seperti pengertian kebanyakan, kayak bakteri luar angkasa mmang gak ada bukti keberadaannya. ada atau gak ada alien kayak gini gak jai masalah krn gak ngaruh apa2 pd kehidupan kita. Keberadaan mereka lebih tepatna berada dlm imajinasi kita ajah. Dia bisa ada, bisa gak ada. Belum ada cara kita mengetahui pasti keberadaanna "alien primitif" ini.

So, kalau mau percaya ya silakan ajah. Tapi ku lbh memilih fgak percaya, krn blm ada bukti kbradaan alien primitif ini.

Jelas gak nih wahai si tanpa nama yg lemotna melebihi diriku?????

kwekwekwek. . . :)

Lemot said...

"Aneh yak, yakin Alien gak ada kog buka2 blog Enigma.... Haalaaahh..."
^
^
^
^
kwekwekwek, ini contoh bagus komentar yg kepepet :p

terserah aku donk. . . :p

kwekwekwek. . .

Lemot said...

Q: gmana perasaanmu setelah terbukti ternyata satu per satu penampakan2 yg diaggap alien dinyatakan hoax, salah tafsir, pareidolia atau lelucon konyol???

A: biasa ajaaaaa! (wajah berkerut)

Q: gmana persaan kamu saat foto2 mayat alien di Roswell ternyata hanyalah properti museum??

A: ah, biasaaa ajjaaaa kaleee (kerutan wajahna semakin kentara, ekspresi kesal mulai tampak, kakinya menendang2 batu2 kerikil)

Q: oh iya, gmana perasaan kamu saat penemuan mayat alien di Siberia ternyata sebuah hoax ????

http://xfile-enigma.blogspot.com/2011/04/penemuan-mayat-alien-di-siberia.html ????

A: udah gw bilang, biasa ajjaaaa!!!! (intonasi suara meninggi, wajahna memerah, berkeringat. . .tanganna mulai mengepal)

Q: Kalau gitu alien itu cuma hayalan aja kan? Hoax??? kwekwekwek. . .

A: ahh, siapa bilang?? alien itu ada kok !!!!. cuma karena bayak org2 tolol yg bikin alien sbg lelucon, makanya org jadi skeptik!! (berusaha menarik napas dalam, menenangkan diri...)

Q: ooooh, bgtu yah? kamu pernah ketemu sama alien yak?? yg jujur loh... :)

A: gak pernah. (cuek, tapi wajahna udah 17 kerutan)

Q: kalau bgtu kok bisa percaya? maksudna "belum pernah" kaleee??

A: iya belum pernah!!! (senyum dipaksain)

Q: Nah loh, belum pernah ketemu, gak ada bukti, atu2 penampakan alien-na berguguran sbg hoax, kok msh percaya???? aneh?? kalau dalam ilmu jiwa itu disebut waham...kwekwekwek

A: uuuuughhhhh....resek!!!! (wajahna udah memerah, tanganna mengepal)

Q: Eh, eh, eh, tau gak? tapi jgn bilang2 yah. ssst... sebenarnya kemarin aku ngeliat benda bulat pipih ngambang di kebun belakang rumahku. warnanya silver, ada cahaya warna-warni, kayak sandi morse gitu deh. Cuma ngmbang diem aja kira2 seratus meter dr tanah.

A: -_-" (diam ajah)

Q: serius loh, suwer, makana aku nanya2 kamu...

A: serius?? (wajahna yg berkerut jadi gak berkerut lagi, matana nampak berbinar-binar)

Q: hmmm...

A: trus, trus gmana??

Q: terus aku mendekat, tak lupa membawa teropong dan kamera, mengendap2, berjalan perlahan... krek, eh aku nginjek ranting kayu, hehe. Trus sekitar udah berjarak 20 meter, aku sembunyi di balik pohon, smbil meneropong pesawat alien itu. Siap2 aku membidik dgn kamera, mau direkam maksudna...(lumayan kan bisa terkenal trus jala2 ke hollywood :D ).
trus saat aku akan menekan tombol record, tiba2 sinar ungu secepat kilat keluar dari arah pesawat alien itu dn tepat menuju aku. Alamakk!!
Dalam detik2 terakhir sebelum sinar ungu itu nengenai dirikyu, mndadak pandanganku gelap.....

gelap...

sunyi...

apakah aku sudah mati? pikirku



......Tapi kok basah yak??

Ternyata....

ternyata.....





.....


ketika aku membuka mata tanteku yg galak berkacak pinggang di depanku, dgn ember merah jambu ditangannya y masih meneteskan air bersuhu -12 derajat celcius (kwekwekweK...)


A: @!!!!!*^%#$$#)8(!!!!!! buk! buk! aw (pergi berlalu dengan wajah merah seperti banteng, kayakna kepalana berasap deh...)

Q: alamakk.... apa salahku????????????


PESAN MORAL:
jangan sekali2 "ngemeng2" dgn orang seperti si A, karena anda tidak akan mau berakhir seperti si Q


kwekwekwek. . . .

Anonymous said...

Keren om ceritanya , Jadi msteri yang gak terpecahkan lagi ni . Banyak perdebatan tentang mahluk ini , Ada yang Pro kontra tentang kehadiran mahluk yang misterius ini "alien" , pendapat saya tentang mahluk ini sepertinya dia emang ada . kenapa demikian? soalnya sudah banyak saksi yang melihat dan peniliti yang meneliti keberadaan mahluk ini , kalo alien hanya mahluk HOAX kenapa banyak saksi yang berlimpah menyatakan kehadiran mahluk ini ? apa semuanya karena hysteria massa ? dan kenapa banyak peneliti yang tertarik meneliti mahluk ini . kalo mahluk ini cuman sebuah hoax . menurut saya begitu . jadi mahluk ini ada benernya "ada" . dan sbnrnya ALLAHUALAM .hanya Tuhan yang tahu ;-)

Anonymous said...

orang yang nicknamenya "Lemot" tuh keliatannya udah kepepet ya? Nda isa njawab jadi komentarna panjang..

klo menrtku alien itu ada. peradabanna bisa lebih maju bisa juga nda. klo lemot bilang nda ada, lha kog di komentar-komentar akhir bilangna lain...

tp aku juga nda isa setuju gitu aja dgn evolusi, wlpun menrtku evolusi mmang satu-satuna teori yang lbh masuk akal daripada teori lain.

buat lemot, klo ksh jawaban, yg bermutu dong... ksh clue bukti-buktina. kyk dinosaurus, galapagos, manusia prasejarah, itu kan masuk akal, daripd cuman comon sense.

=Duckive=

Lemot said...

"orang yang nicknamenya "Lemot" tuh keliatannya udah kepepet ya? Nda isa njawab jadi komentarna panjang..

kwekwekwek, izinkan aku ketawa guling2 yang eksotiz yak. . . :)

sebenarna komentarku menyesuikan, kalau buat orang yang gak lemot, mungkin beberapa kalimat aja cukup. Tapi buat lemot sejati TERPAKSA dikasih penjelasan yg panjang, soalna memprosesnya rada lambat dikit :)

Kamu boleh deh berkoar apa aja, Tapi para pembaca sangat terhibur atas kenyinyiran kamu, slow processing :)

jangan nangis yak, ku cuma meresume realitas aja :)

Salam Lemot! :)

Anonymous said...

Wah kenapa jadi pada berantem nich...
Buat Lemot, rasanya terlalu arogan ya kalo menyebut Duckive dengan slow processing.

Justru yang saya lebih setuju dengan Duckive karena memang diawal-awal diskusi, Lemot seolah-olah bersikap kalo Alien itu tidak ada. Tapi belakangan jadi lain, Lemot beranggapan kalau yang dia maksudkan dengan Alien adalah Alien yang peradabannya maju sehingga bisa mengunjungi manusia dengan piring terbang seperti yang datang ke Zimbabwe, sedang Alien yang peradabannya tidak maju bisa saja ada.

Bisa gak kalo Alien peradabannya maju tapi karena satu dan lain hal mereka TIDAK mengunjungi manusia?

Ini yang tidak terpikirkan oleh Lemot, karena Lemot sudah mematok kalo Alien ini musti hostile, musti jahat, musti ingin menduduki bumi. Padahal tidak seperti itu. Peradaban yang maju tidak dapat diartikan sebagai "jahat". Bisa saja peradaban yang maju justru ingin melestarikan dan melindungi peradaban lain. Angulus Ludovici saya lihat sudah tepat dengan memberi perumpamaan kameramen National Geographic yang mengamati Gorila, meski kemudian komentar yang diberikan oleh Lemot terkesan merendahkan Angulus.

Sebagai tambahan, saya kira merujuk pada pemikiran Stephen Hawking itu sudah tepat. Tidak ada salahnya kok kita menggunakan pemikiran orang lain, karena selama ini kita juga menggunakan penemuan-penemuan hasil pemikiran orang lain. Bahkan bila kita membuat suatu literatur, maka kita juga seringkali merujuk pada literatur sahih yang lebih dahulu ada. Jadi dalam hal ini, bila maha fisikawan besar seperti Stephen Hawking sampai mengeluarkan statement bahwa Alien itu ada, maka mestinya kita merujuk pada pemikiran beliau.

Kalo Lemot ingin berpikir menggunakan otaknya sendiri, apa yang akan jadi bahan observasi Lemot??? Hipotesa macam apa yang akan dibangun oleh Lemot dengan ketiadaan bahan observasi???

Hipotesa tidak dapat dibangun dengan merenungi sendiri Holy Script di dalam kamar, tapi harus dilakukan dengan observasi yang benar, dengan pertimbangan objektif, bukan subjektif. Holy Script sebagai rujukan jelas subjektif dan tidak dapat diterima dalam ilmu pengetahuan.

Semoga debat kali ini lebih bermanfaat...


(Voltron)

Lemot said...

@voltron:

Slow processing? Ku gak ada mslh dgn itu. Stlh berkali2 dijelaskan tp msh blm mngerti jg, maka istilah 'slow processing' bgaikan tmparan halus bg sbuah ketidakmengertian yg pura2. Nenek ku aja gk gtu kok :)
Eh, eh, trnyata enigma selaku tuan rumah, fine2 aja :)

''Justru yang saya lebih setuju dengan Duckive karena memang diawal-awal diskusi, Lemot seolah-olah bersikap kalo Alien itu tidak ada. Tapi belakangan jadi lain, Lemot beranggapan kalau yang dia maksudkan dengan Alien adalah Alien yang peradabannya maju sehingga bisa mengunjungi manusia dengan piring terbang seperti yang datang ke Zimbabwe, sedang Alien yang peradabannya tidak maju bisa saja ada.''

Kwekwek, cara mikir km mirip bnget yak dgn si anu tsb :)
Kwekwek, pantesan nick namena voltron :)

Jwbn aku: ahay, siapa sngka si anu mnganut dfinisi alien yg 'versi saintis', bkan alien yg kbnyakan kt pahami. Jwbna udh aku jelasin atu2.
Lagian, mnurut kamu, jika alien yg primitif itu kmgknan ada, apa hubunganna dgn postingan enigma yg ini? Bsakah itu mengubah kmgkinan terkuat bhwa peristiwa di sd zimbabwe itu hoax?
So, gak nyambung aja mnurutku. :)

''Bisa gak kalo Alien peradabannya maju tapi karena satu dan lain hal mereka TIDAK mengunjungi manusia? ''

Bisa dijelaskan 'krn suatu hal' itu yg gmana ya? Apakah mreka yg katana maju itu gk kenal kt? Gak pnya clue sdikitpun ttg kbradaan kt, yg bhkan gelombang sinyal TV kita merambat dgn kcptn cahaya diluar angkasa melalui satelit stiap saat?

''Ini yang tidak terpikirkan oleh Lemot,..''

hebat yak, bs tau pasti kalau aku gk kesampaian mikir ksana, mama lauren aja kalah :p
Prtanyaanku2 diatas thdp kata2 kamu 'krn suatu hal', cukup mnandakan bhwa otakku yg lemot ini telah memikirkanna sblmna. Aku jg pnganut teori 'bacot dulu, mikir blakangan' kwekwekwek :p

''karena Lemot sudah mematok kalo Alien ini musti hostile, musti jahat, musti ingin menduduki bumi''.

Bolehkan aku blg kalau kamu sok tau? Krn aku gk ''mematok kalo Alien ini musti hostile, musti jahat, musti ingin menduduki bumi''. Yg aku tanyakan kmgknan ini alien yg hostile, kmana pergina dr hayalan angulus?
Seharusna aku yg nanya:
''kenapa mematok kalo alien itu ada, sbg pengamat aja? Kayak pengandaian angulus, bgaikan kameramen? Tau dari mana?''

''Bisa saja peradaban yang maju justru ingin melestarikan dan melindungi peradaban lain,..''

Itulah kata kuncina: BISA SAJA. Don't you see, BISA SAJA sebaliknya?
Kalau mau menghayal, hayalkanlah segala kmgkinan :)

''Tidak ada salahnya kok kita menggunakan pemikiran orang lain, karena selama ini kita juga menggunakan penemuan-penemuan hasil pemikiran orang lain.''

Gak salah kok, yg salah itu mengutip pndapat org, tp gak nyantumin isi pendapatnya dan alasan knapa pndapat bgtu, biar org yg mndngar pndapat kutipan ngerti jalan mikirna gmana.
Jgn smpai kayak gini yak:

A: anda salah! 1+1 itu tidak selalu 2 tapi juga bisa sama dgn 4!

B: why?

A: krna om stephen hawking yg blg bgtu!

B: why?

A: SECARA GITULOH yg ngomong stephen hawking gituloh!

A: oh ya? Are you sure?

B: absolutely!

C, D, E, F, G sampai Z: stupid as*!!

Lemot said...

@voltron:

''Kalo Lemot ingin berpikir menggunakan otaknya sendiri, apa yang akan jadi bahan observasi Lemot??? Hipotesa macam apa yang akan dibangun oleh Lemot dengan ketiadaan bahan observasi???''

Simpel: orang pintar minum tolak angin, eh, pakai pengamatan fisik, real (yg bahkan katana sendiri ketiadaan bhn observasi, = alien gak pernah ada? Penampakanna hoax?, sebuah pengakuan?), org lemot macam aku, dlm hal ini, pakai reasoning brdasarkan informasi yg ada, mengeksperimenkanna dlm hayalan aku, mengexplore sgala kmgkinan, dan self-questioning.
Kwekwekwek :p

''Hipotesa tidak dapat dibangun dengan merenungi sendiri Holy Script di dalam kamar, tapi harus dilakukan dengan observasi yang benar,..''

Kwekwekwek, ini adlh contoh bgus OBSERVASI yg BRILLIANT!
Tepuk tangan, plok plok plok :p
Kapan yak sy nyinggung2 holy script dlm diskusi ini?
Sini aku lanjutin kata2 kamu:
''observasi yg baik tdk boleh bersumber dari asumsi sendiri, apalagi halusinasi'' :D

''Semoga debat kali ini lebih bermanfaat... ''

Iya, semoga bermanfaat bg semua yg membaca dan JUGA bagi org yg ngomonginna :D
Kwekwekwek. . .

Anonymous said...

Kalo teori penciptaan itu berarti cerita Adam dan Hawa khan? Kalo cerita Adam dan Hawa dianggap benar2x nyata, lalu apa alasannya cerita Malinkundang anda anggap mitos?

Urbanlog

Anonymous said...

Nebukadnezar said...

@ Saudaraku Lemot : Hahahaha.....sungguh malang sekali nasibmu,,pdhl anda sdh menganalogikan sampai tingkat terendah (tingkatan anak SD),tp rupanya teman2 diskusi yg lain te2p aja G nangkep apa mksud penjelasan anda (mlh menilai anda tdk konsisten bhkn ada yg menantang anda mengukur usia alam semesta -_-"),,rupanya mereka lebih memilih MENGIMANI daripada MEMPELAJARI....
Saran saya sih mnding G ush dilanjut,,cz mau dikasih penjabaran sampai botak-pun kaga bkl ada artinya...

Anonymous said...

Wah...
Bawa-bawa anak SD rupanya...
Ngomong-ngomong soal anak SD, keponakan saya yang masih SD sudah belajar tuch dari buku-buku bergambar yang dibeli di Gramedia tentang jaman-jaman Dinosaurus dan manusia prasejarah. :)

Di situ disebutkan kapan kira-kira usia bumi, kapan Dinosaurus mulai ada di bumi dan kapan... homo sapiens mulai ada. Aneh bin ajaib, gak ada yang menyebut-nyebut soal penciptaan Adam dan Hawa di buku-buku itu. Jadi, kalau kamu MENGIMANI Adam dan Hawa, ya berhati-hatilah dengan buku-buku Prasejarah di toko buku setempat. Isinya 100 persen berlainan bo!

Saya sih menyimpulkan kalau keponakan saya BELAJAR dengan baik. Dia belajar pakai otak. Bukan pakai IMAN.

Sdr.Nebukadnezar langganan tivi kabel gak? Kalo langganan, untuk membuka wawasan, coba setel Animal Planet. Di situ Nebukadnezar mungkin akan tersadar, bahwa binatang itu BERUBAH. Makhluk hidup BERUBAH dan BEREVOLUSI.

Itu hasil penyelidikan para kandidat doktor dan profesor dari luar negeri sih..., entah kalau hasil penyelidikan lemot dan kamu... :)

Number13 said...

Kasian anonimus di atas yg mengandalkan scientific belief-nya berdasarkan buku2 bergambar keponakannya yg msh sd, dan dari langganan tv kabel.

Sepertinya kekritisannya langsung mati tak berdaya di hadapan tv kabel dan buku2 gramedia

ck ck ck ck

LOL :d

Anonymous said...

@Urbanlog:
"Kalo cerita Adam dan Hawa dianggap benar2x nyata, lalu apa alasannya cerita Malinkundang anda anggap mitos?"

Pernyataan Bung Urbanlog koq mengena sekali yaa... mang bener sich, klo cerita Adam-Hawa dianggap beneran, koq cerita Tangkuban Perahu dianggap mitoz? :)

Klo kmu mau menerima bhw makhluk hidup punya pita DNA-RNA, lalu apa alasannya kmu tidak bisa menerima bhw makhluk hidup itu berevolusi?

Pilah-memilah pengetahuan ya? Aku kira itu bukan hal yang bijaksana, kmu memilah pengetahuan yang COCOK sama iman kmu, itu sudah ndak objektif lagi...

"Neysa (*.*")

Lemot said...

Pertanyaan neysa jenius sekali yaaa :)

Nih aku tambahin:

Kalau kamu menerima bumi itu bulat, apa alasannya kamu tidak menerima bumi sbg pusat tata surya?

Kalau kamu percaya kamu punya otak, kenapa kamu tidak percaya cacing punya otak?

Kalau kamu bisa menerima SBY sebagai presiden, kenapa kamu gak bisa menerima saya sbg presiden?

Kalau kamu menerima Albert Einstein jenius, kenapa kamu gak bisa menerima Lemot sbg jenius jg?

Kalau kamu bisa menerima ayam sebagai aves, kenapa kamu tidak bisa menerima platipus sbg aves?

Kalau kamu bisa menerima US dollar sbg mata uang internasional, kenapa kamu gak bs nerima dollar zimbabwe sbg mata uang internasional jg?

Kalau kamu pintar, trus kenapa kamu gak menerima kalau aku pintar jg?

Ada yg bisa kasih pertanyaan JENIUS lainnya?
Nesy mungkin? Atau Urbanlog, atau Memey mgkn?, atau angulus mgkn? Atau Mimi mgkn? Atau lucy mgkn? Atau cute_girl mgkn?

Kwekwekwekwek :p

Ratna said...

Duh, sedih deh denger ada yang bandingin malin kundang sama penciptaan Adam dan Hawa. @Urbanlog menulis: "Kalo teori penciptaan itu berarti cerita Adam dan Hawa khan? Kalo cerita Adam dan Hawa dianggap benar2x nyata, lalu apa alasannya cerita Malinkundang anda anggap mitos?"
Kalau menggunakan logika urbanlog, maka saya bisa bertanya sama urbanlog dan Neysa:
"Kalau cerita manusia dari bakteri itu benar-benar nyata, mengapa cerita manusia dari tanah liat anda anggap mitos?"

Anonymous said...

Urbanlog:

Maaf, tapi dimana salahnya membandingkan cerita Malin kundang dengan penciptaan Adam dan Hawa?
Apa kamu menganggap Malin Kundang benar2 nyata seperti kamu menganggap cerita Adam dan Hawa??

Wah...
klo gitu... saya deh yg sedihh... di tahun 2011 ini masih aja ada orang yang percaya bahwa adam dan hawa bukan mitos, tapi beneran terjadi.... wahh................................

Aurora Australis said...

"Wah...
klo gitu... saya deh yg sedihh... di tahun 2011 ini masih aja ada orang yang percaya bahwa adam dan hawa bukan mitos, tapi beneran terjadi.... wahh................................"

Kisah adam dan hawa itu tercatat dalam al-qur'an cuy... itu kalo lu beragama islam,, tapi kalo lu beragama laen,, ato agnostik,, ato atheis,, ato islam ktp,, ya terserah deh...

Number13 said...

Warning: for BRAIN only!

''Maaf, tapi dimana salahnya membandingkan cerita Malin kundang dengan penciptaan Adam dan Hawa? ''

Penciptaan Adam dan Hawa adlh slh satu bentuk 'teori' penciptaan. Penciptaan disupport oleh logika dan bukti ilmiah penciptaan dlm tubuh makhluk hidup itu sendiri.
Sedangkan malin kundang jadi batu, apakah disupport oleh bukti ilmiah yg dpt diobservasi dan logika?

Again, for brain only.

Lemot said...

Permisi. . .

''Maaf, tapi dimana salahnya membandingkan cerita Malin kundang dengan penciptaan Adam dan Hawa? ''


Nanya jg donk,

''Maaf, tapi dimana salahnya membandingkan bumi itu bulat dgn bumi sbg pusat tatasurya?''

Tlg jelaskan pd aku yg lemot ini yak. . .

kwekwekwek :D

Anonymous said...

@Lemot: sorry, kamu gak nyambung. Pertanyaan kamu dilewat dulu ya... :)

Saya mau jawab si "Brain Only".
Teori Penciptaan menceritakan penciptaan Adam dan Hawa di Taman Eden. Tidak ada bukti ilmiah satupun tentang kapan Adam dan Hawa diciptakan, dan tidak ada bukti di mana daerah Taman Eden sebenarnya. Bukti arkeologi justru menemukan bahwa bentuk-bentuk kehidupan awal adalah hewan bersel sederhana (bersel tunggal) yang kemudian berkembang menjadi bentuk kehidupan yang lebih kompleks, sampai pada jaman dinosaurus yang terkenal itu.

Ini pula yang akhirnya menjelaskan nenek moyang manusia (homo sapiens), merupakan perkembangan dari manusia-kera semisal homo-wajakertensis, soloensis, pithecanthropus, dsb.

Berkali-kali saya tanya balik sama kamu, di mana letak masa kehidupan Adam dan Hawa dalam rentang waktu prasejarah tersebut? Hidup di tengah-tengah Dinosaurus kah? Hidup berdampingan dengan meganthropus palaeojavanicus kah? Hidup berdampingan dengan sel tunggal kah?

Tentang Teori Abiogenesis, itu BUKAN teori evolusi tapi merupakan teori asal-mula kehidupan (origin of life, bukan origin of species!). Teori asal-mula kehidupan sangat banyak, dari panspermia, sop purba, meteor, dsb, dan memang belum terbuktikan. Tapi yang pasti, asal-mula kehidupan tersebut tidak akan sesimple Tuhan menciptakan "keceprot-jreng!" Adam dan Hawa di Taman Eden!

Pertanyaan yang tidak akan terjawab, kalau Adam dan Hawa melahirkan anak, lalu bagaimana mungkin ada keturunan yang banyak ini? Apakah mereka saling berkawin-kawinan diantara saudara kandung?

)))Masterkey(((

Lemot said...

Nanggung, sblm bobok mau reply yg ini duluh:

''@Lemot: sorry, kamu gak nyambung. Pertanyaan kamu dilewat dulu ya... :)

Kwekwekwek. . . Pertanyaanku yg mana nih yg gk nyambung? Yg di atas? Kalau itu, kayakna kamu yg gak nyambung deh, itu kan reply buat urbanlog, bkan kamu, lol :p
Emangna kamu urbanlog? Kwekwekwek. . .
Pertanyaanku bener kok, ku cuma bikin pertanyaan yg senada ajah dgn prtanyaanna urbanlog
Kwekwekwek. . .

''Teori Penciptaan menceritakan penciptaan Adam dan Hawa di Taman Eden. Tidak ada bukti ilmiah satupun tentang kapan Adam dan Hawa diciptakan, dan tidak ada bukti di mana daerah Taman Eden sebenarnya.''

Numpang nanggepin yak.
Apakah tentang KAPAN adam hawa diciptakan jd bukti ilmiah dsini? Is it possible to know that? And is it RELEVANT?
Apa signifikansi-na mnanyakan 'when'? Atau lbh gila lg, ''ada yg ngeliat lgsg gak penciptaan adam hawa''?
Kwekwek, kecuali kamu bukan manusia, mgkn batu atau malaikat, kmgkinan besar kamu akan melihatna, kwekwekwek. . .

Seharusna pertanyaan ilmiah bukan menanyakan sesuatu yg impossible diamati, tetapi lbh pd prtnyaan yg realistik. Seperti:

''Kalau penciptaan itu benar adanya, apa buktinya?''

Kmgknan jwbn bs kayak gn:
1. Logika: sesuatu yg rumit dan cerdas ada pasti ada yg mengadakanna, ada yg membuatna, gak mgkn muncul tiba2 aja, kepecrot jreng!

2. Buktina ada dlm tubuh makhluk hdup itu sendiri. Didalamna terdapat sistem sempurna yg kompleks dan cerdas yg memungkin utk brtahan hdup yg menyiratkan adanya kecerdasan dalam perancanganna. Kecerdasan itu tentu berasal dr sesuatu yg sadar dan cerdas jg. Apakah itu/dia??
Alien kali yak.
Kwekwekwek. . .

Nah, nasehat buat jurukunci, lain kali kalo mau nanya dipikir dulu yg matang, jgn cuma nafsu aja yg digedein. Jgn suka ''kepecrot-jreng!''
Kwekwekwek. . .


Oh yak, mngenai incest2, pntg yak bwt dijwb? Mang relevansina apa ma penciptaan? Trus kalo SEANDAIna emg incest, mnurut kamu apa bikin penciptaan salah/gak beneran ada?

Jualan euy:
Ada yg mau lg? Kali ini aku menawarkan milkshake rasa ilmiah? Anyone?


Kwekwekwek. . . :D

Anonymous said...

hahahaha, ngakak guling gw baca komen kreatifnya bung Lemot. Setuju 1000%!!!

Gue, gue! Pesen milkshake rasa ilmiah 2, gak pake lama hahaha

A said...

@Angulus Ludovici :

"Galaksi Andromeda yang terdekat dengan galaksi kita berjarak 2 juta tahun cahaya. Berarti suatu informasi elektromagnetik butuh 2 juta tahun cahaya untuk sampai ke bumi bukan?"

kamu salah Angulus Ludovici. galaksi terdekat dengan Bima Sakti adalah CMa Dwarf, sebuah galaksi kecil pada arah canis major. jaraknya 42,000 tahun cahaya dari pusat galaksi.

@Lemot : jika ada pernyataan alien ada di Alam Semesta ini, maka keberadaan alien tdk harus pernah berada di Bumi.

"Prnah gk mikir kalau alien yg katanya lbh maju drpd prdbn manusia itu, bs mngatasi masalah jarak yg berjuta2 thn chya itu? Mgkn bg alien brkmnikasi pake glmbg elektromagnetik udah dianggap primitif. So, ngapain jg msh mengharapkan sinyal2 wow luar angkasa? Yg jelas2 cm buang2 waktu aja utk cm blg '' i'm fine ''. Mendingan dtg lgsg ke bumi, prkenalkan diri baik2, brkontak dgn pemimpin2 di bumi dan membagi kmajuan yg mereka capai, sembari memberikan 'shock buffer' thdp akibat yg mgkn tmbul di kalangan manusia dari kehadiran mereka. Tp kan nggak, yg ini malah main petak umpet. Kwekwekwekwek"

Saya pernah berpikir kalau alien tsb juga sedang dalam mengembangkan teknologi mereka, dan mereka sudah bisa menjelajahi antar tata surya yang lebih cepat dari kecepatan pesawat ruang angkasa tercepat di bumi saat ini(tapi belum tentu berkecepatan cahaya). DAn saya masih berpikir bahwa kecerdasan teknologi mereka lebih maju dari manusia di bumi, walaupun masih belum merealisasikan imajinasi saya, bahwa mereka bisa menjelajahi antar galaksi dengan cepat. Bagaimana dengan peluang yg saya pikirkan ini? Apakah menurutmu peluangnya 0%?

"Kok khayalan km gak kreatif bngt yah. Mana alien yg jahatna, yg mau menginvasi bumi demi sumber alamnya atau apalah gtuh. Alien yg hostile gtuh. Masak dlm hayalan kamu, alien cm 1 macam aja. Harusnya banyak mcm dong. Harusnya udah dari dulu kale bumi diinvasi alien. Tul gak?"

Belum tentu dari dulu bumi diinvasi alien, karena keberadaan alien saja perlu suatu pembentukan galaksi, tata surya dan planet yg stabil, dan hal itu memang butuh waktu yg lama, jika d mulai setelah big bang terjadi. itu baru lokasinya untuk hidup, belum perhitungan evolusi.

"Kalau kamu menerima bumi itu bulat, apa alasannya kamu tidak menerima bumi sbg pusat tata surya?"

Bumi tidak berbentuk bulat, tapi berbentuk oblade ellipsoid.

CMIIW ^.^

Anonymous said...

Angulus Ludovici:

Mengamati perdebatan para evolusionis dan kreasionis seru juga ya. Saya terkesan dengan tulisan Bung Lemot bahwa "Sesuatu yang cerdas dan rumit pasti ada yang mengadakannya, tidak mungkin muncul tiba-tiba saja". Kalau boleh saya perjelas, maksud dari Bung Lemot adalah makhluk hidup di bumi ini, yang begitu kompleks pastilah ada penciptanya, yaitu Tuhan.

Tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda, Bung Lemot. Namun, bila seseorang percaya bahwa sesuatu yang kompleks pasti ada penciptanya, ini tidak berarti bahwa mereka harus menentang teori evolusi. Teori evolusi samasekali tidak bertentangan dengan ada atau tiadanya Tuhan. Teori ini hanya bertentangan dengan apa yang ditulis dalam kitab kejadian anda (genesis).

Berkenaan dengan alam semesta yang kompleks dan rumit tadi, saya jadi teringat dengan wawancara Stephen Hawking baru-baru ini. Hawking mengatakan bahwa alam semesta bekerja begitu saja dan tidak memerlukan adanya sosok sang pencipta. Bagi sebagian besar orang, pernyataan Hawking sudah pasti masuk ke tong sampah, lalu dilabeli sebagai pernyataan atheis dan orang yang tidak tahu berterimakasih kepada Tuhan.

Bagi saya, ini justru sesuatu hal yang menarik. Hawking pasti sadar dirinya adalah mahafisikawan yang kata-katanya disorot dunia. Apapun yang dia katakan, menjadi rujukan terbaru dalam dunia fisika. Dan bila Hawking berani mengatakan hal sensitif tersebut dalam wawancaranya, pasti hal itu sudah ia pikirkan masak-masak. Yang menjadi pertanyaan, apa yang dipikirkan Hawking sampai ia dapat berkesimpulan demikian?

Mungkin Bung Lemot tidak akan membuka-buka website Hawking, atau mungkin membuka-buka pemikiran mahafisikawan tersebut dengan 'ketawa guling-guling yang eksotiz', terserahlah. Bagi saya, objektivitas dalam menilai sesuatu itu sangat penting.

Kebanyakan dari kita dalam menilai sesuatu dipengaruhi oleh doktrin-doktrin tertentu. Entah kenapa saya percaya, kadar doktrin dalam diri Bung Lemot cukup tinggi :).

Dengan indoktrinisasi dan dogmatisme, ilmu pengetahuan tidak akan berkembang. Benar-salah akan bersublimasi menjadi dosa-pahala.

Lemot said...

@A:
Oh kamu mikirna alienna sdg dlm proses mencapai kemampuan jelajah antar galaksi yak? Atau mampu mencapai kcepatan cahaya yak?
Ku nanya jg deh, bisakah kita tau hal ini pasti benar atau pasti salah? Gak, itu cm kmgkinan aja, dan lbh tepatna exist dlm benak yg menghayalkanna. Intinya kita tdk tau. Ada buktinya? Gak ada.
Trus, pernahkah km brpikir kalo dgn tknologi jelajah sekecepatan cahaya pun, itu akan memakan waktu juga yg sangat mungkin tdk efektif, yg membuat kontak/perjalanan ke bumi tdk pernah sampai?
Alam semesta luas bnget2 kan? Anggaplah ada alien cerdas yg lbh maju drpd kita, yg brjarak 1 juta tahun cahaya dr bumi. Kalau hanya mengandalkan tknologi jelajah sekecepatan cahaya, maka mereka br sampai ke bumi 1 juta tahun kemudian. Sangat2 mungkin kedua peradaban sudah musnah sama sekali. Nah, maka nampak kan kalo cuma ngandelin tknologi jelajah sekecepatan cahaya jg blm cukup, kepentok jarak dan waktu kan? Makana agar lbh besar lg kmgkinannya, peradaban alien yg mngunjungi bumi tsb sdah menguasai tknologi yg lbh tinggi lg yaitu manipulasi ruang-waktu. Nah, dgn menggunakan persamaan Drake (jgn blg gak tau, kalau gak tau gugel ajah), maka dari bgtu BANYAKna peradaban alien cerdas, maka akan ada terbuka kmgkinan minimal salah satu dari peradaban alien cerdas ini tlh mencapai tahap tknologi ruang-waktu. Dgn dmikian, masalah jarak dan wktu tempuh ke bumi tak lg jd masalah. Mereka dpt dtg ke bumi kapan saja. Tapi sampai sekarang TIDAK ADA hard evidence yg memperkuat benarnya kedatangan alien yg sngt maju ini ke bumi. Tidak ada satupun? Why? Bukankah prsamaan Drake menunjukkan berserakanna intelligent life form di universe? Kenapa sampai skrg tidak ada hard evidenna? Adakah yg salah dgn persamaan Drake itu? Atau apakah memang mereka tdk ada sebenarnya?

Mari kita tinjau dr sudut pndg lain. Meminjam pemikiran theist ttg kbrdaan Tuhan.
Tuhan itu ada, krn melalui logika thdp pengamatan peristiwa sehari2, keberadaan nya dpt diterima. Mengenai bukti, maka buktinya bukan dgn melihat tuhan dgn mata kepala sendiri, melainkan melalui kecerdasan rancangan dlm tubuh makhluk hdup. Dimana mustahil rancangan cerdas itu timbul scr tiba2, atau muncul dr keadaan acak, tak beraturan.
Nah, utk kasus alien mari pula kt terapkan yg sama. Apakah scr logika ia ada? Bukan pertanyaan spekulatif kyak gni: ''alam semesta kan luas, masak cm kita aja yg cerdas?''. Tp harusnya lbh pd pola pikir konsep kbradaan tuhan: Kue aja gak bs ada tiba2, mesti dibikin dulu, apakah lg alam semesta. Pasti ada pula yg membuatnya.
Nah logika semodel gni yg gak bakalan ada pd pelogikaan alien. Kurang 1 poin.
Trus mengenai bukti konkret alien tsb jg gak ada.
Intina: gak ada logika pendukung kbradaanna + gak ada bukti konkret yg dpt dijadikan argumen---> kmgkinan adanya alien mendekati nol persen. Karena kita tdk pernah bisa membuktikannya.

Lemot said...

@angulus:
Sadarkah kamu, km br saja merumuskan konsep penciptaan oleh tuhan, pdhal aku gk pernah menyebut2na. Gak papalah.

"Sesuatu yang cerdas dan rumit pasti ada yang mengadakannya, tidak mungkin muncul tiba-tiba saja"

Aku mau nanya, mnurut kamu apakah pernyataan itu SALAH? Jika ya, cb jelaskan knpa :D

''Tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda, Bung Lemot.''

Tentu, tp apakah dgn demikian setiap pndapat yg berbeda itu benar semua?

Oke, aku nangkap poin pembicaraan km.
Kamu menyangkal pernyataan ini:
''Sesuatu yang cerdas dan rumit pasti ada yang mengadakannya, tidak mungkin muncul tiba-tiba saja''.
Bagi kamu ia dapat ada bgtu saja dr kejadian2 acak, tak beraturan, atau istilah lainnya 'kebetulan'. Aku malah meragukan apa memang ada 'kebetulan' yg seperti itu.
Kwekwekwek, coba dulu deh kamu jelasin kenapa kamu menyangkal pernyataan tsb sblm kamu meloncat2 ke (lagi2) pemikiran Stephen Hawking. Pinter bgt yak, kalau udah kepepet ngandelin nama ilmuwan, kwekwekwek. . .
Apalagi tanpa nyantumin isi dan relevansina apa dgn topik diskusi. Enak bgt yak main2 comot, comot aja nama ilmuwan brpengaruh. Pinter bget. . .

Kwekwekwek. . .

Sebenerna, oh sebenerna, dsini topikna alien, bukan evolusi.
Lupa yak?

Kwekwekwek. . .

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Persamaan Drake tidak dipakai sebagai referensi ilmiah, Bung Lemot. Bila anda membaca ulasan persamaan Drake, maka persamaan tersebut mungkin perlu diubah kembali setelah NASA menemukan organisme yang dapat hidup pada ekosistem ekstrim (persamaan ft dan fi).

Bila anda sebut keberadaan Alien adalah "MENDEKATI NOL PERSEN", saya yakin para ilmuwan adiluhung di NASA tidak berpikir sama seperti anda. Bidang astronomi kini memburu Earth-Like-Planet melalui teleskop Hubble-nya, COROT mission dan Terrestrial Planet Finder. Bahkan berencana meluncurkan satelit (Keppler Spacecraft) untuk meneliti 100.000 bintang mirip matahari guna mencari Earth-Like-Planet ini. Dana yang digelontorkan NASA untuk mencari Alien diluar sana puluhan kali lebih besar dari APBN Indonesia tercinta ini... Melihat nafsu NASA yang demikian besar, saya yakin Origin of Life yang dipegang NASA tidak berdasar pada Creation Theory of Adam and Eve semata.

Oh ya, anda juga berkata bahwa bila persamaan Drake benar, maka ada banyak Alien cerdas, dan mereka datang ke bumi bukan mengandalkan teknologi kecepatan cahaya (karena akan memakan waktu jutaan tahun), tapi dengan memanipulasi RUANG-WAKTU. Bisa tunjukan pada saya artikel mengenai "MANIPULASI RUANG-WAKTU" ?

Saya sangat ingin tahu, dimana anda membaca artikel tentang "MANIPULASI RUANG-WAKTU", karena menurut anda, teknologi jelajah dengan kecepatan cahaya masih kalah dengan "MANIPULASI RUANG-WAKTU". Maaf, tapi saya mungkin tidak sepintar anda untuk membayangkan sebuah benda dapat "bergerak" dengan memanipulasi ruang waktu pada kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Agak ngeri membayangkan Einstein terbelalak bangun dari kuburnya setelah mendengar postulat luarbiasa ini Bung.

Anda juga menulis bahwa keadaan acak tidak mungkin dapat menghasilkan suatu rancangan yang cerdas. Mengenai hal ini, coba anda baca dulu artikel ttg Big Bang dan keadaan chaotic pada saat usia alam semesta baru beberapa mili detik.
Saya tidak akan mengulasnya, karena saya yakin bila anda sudah lewat kelas 3 SMA jurusan IPA, hal itu pasti dibahas :)

OK?

A said...

"Dgn dmikian, masalah jarak dan wktu tempuh ke bumi tak lg jd masalah. Mereka dpt dtg ke bumi kapan saja. Tapi sampai sekarang TIDAK ADA hard evidence yg memperkuat benarnya kedatangan alien yg sngt maju ini ke bumi. Tidak ada satupun? Why? Bukankah prsamaan Drake menunjukkan berserakanna intelligent life form di universe? Kenapa sampai skrg tidak ada hard evidenna? Adakah yg salah dgn persamaan Drake itu? Atau apakah memang mereka tdk ada sebenarnya?"

Mengetahui keberadaan bumi itulah yang sulit jika diasumsikan alien tsb menggunakan teknologi teleskop dan perhitungan fisika yang sama dengan di bumi saat ini. Walaupun mereka lebih maju dan cerdas pun, tapi teknologi mereka pun belum tentu jauh sekali selisihnya dengan teknologi manusia d bumi.

Lemot said...

@angulus:
"Persamaan Drake tidak dipakai sebagai referensi ilmiah, Bung Lemot. Bila anda membaca ulasan persamaan Drake, maka persamaan tersebut mungkin perlu diubah kembali setelah NASA menemukan organisme yang dapat hidup pada ekosistem ekstrim (persamaan ft dan fi)."

kwekwekwek, lantas apa donk?
Sebenarna aku kepikiran juga apakah exobiology adalah pseudo-science? terkesan useless...
Tapi ku jg hairan knapa kalau tidak ilmiah Drake equation dipajang di situs SETI?

http://www.seti.org/drakeequation

drake equation merupakan perkalian kemungkinan dgn kemungkinan. Yg hasilnya tentu saja lagi2 kemungkinan, bukan kepastian.

"..Bila anda membaca ulasan persamaan Drake, maka persamaan tersebut mungkin perlu diubah kembali setelah NASA menemukan organisme yang dapat hidup pada ekosistem ekstrim (persamaan ft dan fi)."

Hidup pada ekosistem ekstrim? Kalau bgtu kemungkinannya tambah besar lg donk? Mgkn aja planet yg membeku bisa dihuni alien cerdas kan? Semakin tinggi kemungkinan alien life form, semakin tinggi pula kemungkinan adanya alien yg cerdas di luar sana. Kwekwek, itu artina semakin tinggi pula kemungkinan alien cerdas mencapai manipulasi-ruang waktu. Kwekwekwkk, but where are they??????????
Kwekwekwek

"Bila anda sebut keberadaan Alien adalah "MENDEKATI NOL PERSEN", saya yakin para ilmuwan adiluhung di NASA tidak berpikir sama seperti anda.

Relevankah KEPERCAYAAN kamu disini????
Coba lengkapi dgn alur berpikir NASA kenapa "Bahkan berencana meluncurkan satelit (Keppler Spacecraft) untuk meneliti 100.000 bintang mirip matahari guna mencari Earth-Like-Planet ini."????????????????
Why????

Lemot said...

"Melihat nafsu NASA yang demikian besar, saya yakin Origin of Life yang dipegang NASA tidak berdasar pada Creation Theory of Adam and Eve semata."

Tentu saja, kan kata kamu Creation Theory of Adam and Eve gak ilmiah. Skrg mereka bernafsu mencari yg ilmiah itu dengan dana yg WOW "Dana yang digelontorkan NASA untuk mencari Alien diluar sana puluhan kali lebih besar dari APBN Indonesia tercinta ini.". kwekwkwek

Dan tentu saja karena NASA mungkin PERCAYA bahwa "tinta yg tumpah di atas kertas, dapat membentuk puisi yg indah, yg lebih indah daripada puisi "Tomat"-ku sewktu di kelas 2 SD"
Kwekwekwekwek. . .

"Saya sangat ingin tahu, dimana anda membaca artikel tentang "MANIPULASI RUANG-WAKTU"

Dimana yak? Lupa aku. Disini kali yak:

http://stason.org/TULARC/education-books/startrek-relativity-FTL/9-4-Space-Time-Manipulation-Without-Special-Provisions.html

kwekwekwekwek. . .



"karena menurut anda, teknologi jelajah dengan kecepatan cahaya masih kalah dengan "MANIPULASI RUANG-WAKTU".

Setau aku yg lemot, gak ada yg lebih cepet dari cahaya. Entah kalo kamu. Kwekwekwek.
Kalo cuma mampu menjelajah dgn kecepatan cahaya, maka ya kepentok dgn masalah cahaya juga: ruang dan waktu. Alien kita berangkat ke bumi (anggaplah demkian, walaupun mgkn ketemu bumi di tengah jalan, kwekwekwek), rumahnya berjarak 1 juta tahun CAHAYA dari bumi. Kapan dia sampai ke bumi? Gimana kalo pd jarak 1000 tahun cahaya aja, pesawat si alien keburu rusak, atau bahkan yg extremenya, peradaban aslinya musnah. Begitu pula dgn bumi, siapa jamin 1 juta taun lagi manusia bakalan msh exist????
Got my point? Kendala batasan ruang dan waktu menjadikan perjalanan si alien itu GAK EFEKTIF sama sekali. Mesti ada cara yg lebih efektif dgn melenyapkan batasan ruang dan waktu. Space-time manipulation kedengeranna "cukup keren". kwekwekwekwek. . .

"Maaf, tapi saya mungkin tidak sepintar anda untuk membayangkan sebuah benda dapat "bergerak" dengan memanipulasi ruang waktu pada kecepatan melebihi kecepatan cahaya"

APOLOGY accepted :D
Kwekwekwek
Terimakasih atas pujianmu :D LOL
kwekwekwek....

"...untuk membayangkan sebuah benda dapat "bergerak" dengan memanipulasi ruang waktu pada kecepatan melebihi kecepatan cahaya"

Dapet kesimpulan darimana nih? Adakah aku mengatakan kayak gitu?? Sehinggan om Einstein gak perlu "terbelalak bangun dari kuburnya setelah mendengar postulat luarbiasa ini".
Justru harusna terbelalak dan plus senyum lebar terbangun dari kuburna. Dia bener bahwa waktu dan ruang itu relatif. CMIIW. Kwekwekwek. . .

Yg aku pikirin sbg manipulasi ruang dan waktu SEHARUSNA membuat girang dan terbelalak tipikal org macam kamu :p
Bagaimana kalau alien berhasil mengatasi jauhnya jarak jutaan cahaya dengan SHORTCUT?????
Seharusna orang tipikal kamu familiar dengan "balck hole" atau "warp" mungkin????
Atau. . .
kwkewekwekwek, kamu gak yakin sama sekali, skeptis dgn hal tsb???
Kwekwekwekwek. . .


"Anda juga menulis bahwa keadaan acak tidak mungkin dapat menghasilkan suatu rancangan yang cerdas. Mengenai hal ini, coba anda baca dulu artikel ttg Big Bang dan keadaan chaotic pada saat usia alam semesta baru beberapa mili detik."

Tipikal banget yak kamu. Suruh orang baca ini itu dulu, kwekwekwekwek.
Aku udah baca bahkan ketika aku yg lemot ini msh di SMP, eh.. SD. Gak percaya???

Pertanyaanku: "so what???"
Bisakah kamu ngejelasin apa hubunganna "keadaan acak tidak mungkin dapat menghasilkan suatu rancangan yang cerdas" dgn big bang??
Tolong jelasin ke aku yg lemot ini yak, kwekwekwek. . .


"Saya tidak akan mengulasnya, karena saya yakin bila anda sudah lewat kelas 3 SMA jurusan IPA, hal itu pasti dibahas :) "
Yup, gak perlu banget. karena kalo gak salah inget, aku dah membacana waktu SMP, eh SD :D
Kwekwekwek :D

Lemot said...

@A:

"Mengetahui keberadaan bumi itulah yang sulit jika diasumsikan alien tsb menggunakan teknologi teleskop dan perhitungan fisika yang sama dengan di bumi saat ini. Walaupun mereka lebih maju dan cerdas pun, tapi teknologi mereka pun belum tentu jauh sekali selisihnya dengan teknologi manusia d bumi."

Kwekwekwek....

"jika diasumsikan alien tsb menggunakan teknologi teleskop dan perhitungan fisika yang sama dengan di bumi saat ini"

Jadi menurut ASUMSI kamu, apakah alien cerdas yg katana ada di luar sana, tingkat perdaban teknologina SERAGAM????????? How? Why?

Kenapa ASUMSI kamu AGAK diperluas DIKIT, bahwa tingkat peradaban alien yang KONON ada di luar sana tidak seragam? Ada yg masih dlm kubangan sup purba, ada yg baru jadi kecebong, ada yg baru pandai manjat2 pohon kelapa alien, bahkan ada yg sudah bisa travel dgn kecepatan cahaya. Atau gak tanggung2 memiliki tingkat teknologi yg sudah mampu memanipulasi ruang-waktu. Bukankah Drake Equation mengatakan kemungkinan intelligent alien life form buanyaaak???

Tapi pertanyaannya, where are they???????

Kwekwekwekwek. . . .

Anonymous said...

Bolotz:

Salam kenal Lemots,,, aku bolotz...,,,
Kekekekekerererek...

Aku mau komens sama Lemots, tolong klo njawab mbok ya logis sedikit donk...,,,.. masakan orang ndak boleh memakai pemikirannya Einstein, Hawking dsb gitu... secara mereka kan lebih pintar toh dari kamu..,, piye iki... :p

Lemotz, aku Bolotz, lebih bolotssss dari kamu, tapi yakin 1000% yakin alien pasti ada..,,,,, mau bukti? Ta tanya kamu coba, ada ndak bakteri di kulit kamu? Bisa ndak kamu liat? Ndak toh? Nah, gitu juga alien... ada disana tapi kamu ndak liat...,,, Kekekekekrererere... Lemots, bolot kamu ya...

Anonymous said...

"Where are they?"
"Where are the aliens?"

Yeah!
Memberi penjelasan pada Lemot mirip dengan memberi penjelasan kepada seseorang di tahun 1800-an bahwa penyebab penyakit Demam Berdarah adalah Virus Dengue!

Sebelum ditemukannya mikroskop elektron, maka virus-virus itu memang tidak diketahui keberadaannya. Belum pernah terlihat. Tapi bukan berarti tidak ada!

Where are they?
Hehehehe... gampang!
Nih kemungkinannya:
Alien itu guanazzz tapi teknologinya belum mumpuni untuk melakukan penjelajahan luar angkasa.
Alien itu guanaazzz tapi karena kondisi alam mereka tidak mencukupi untuk membuat wahana luar angkasa.
Alien itu guanazzz tapi negeri mereka selalu mendapat bencana alam, sehingga penelitian ke arah penjelajahan luar angkasa tidak terpikirkan.
Alien itu guanazzz tapi bodoh.
Alien itu guanaazz, pintar, dapat menjelajah luar angkasa, tapi nyampe ke kita 100 tahun lagi (Lemot udah gak ada).
Alien itu guanaazz, pintar, dapat menjelajah luar angkasa, sudah pernah ke bumi, dan sedang dalam perjalanan balik ke planetnya untuk bilang sama kaisar di sana bahwa bumi merupakan sasaran empuk. Sang kaisar merencanakan menjajah bumi di tahun 2013.

Gampang khan? Mana imajinasimu Lemot?

Mau es krim rasa dogma?

Lemot said...

Salam kenal juga bolotz aka jurujunci :D

Familiar with this???

"Dari bukti arkeologi, Adam dan Hawa tidak pernah ada dan tidak pernah dapat dimasukan dalam rentang sejarah manapun. Yang ada adalah perkembangan evolusi manusia, dari manusia kera menjadi manusia modern selama ratusan ribu tahun. Dan kalau kamu beranggapan kalau binatang yang kamu lihat selama ini tidak berubah, YA MBOK dipikir dulu lah, emang kamu udah mengamatinya selama 1 juta tahun???"

Nih respon-na ku cpas ajah:

"Gak salah kok, yg salah itu mengutip pndapat org, tp gak nyantumin isi pendapatnya dan alasan knapa pndapat bgtu, biar org yg mndngar pndapat kutipan ngerti jalan mikirna gmana.
Jgn smpai kayak gini yak:

A: anda salah! 1+1 itu tidak selalu 2 tapi juga bisa sama dgn 4!

B: why?

A: krna om stephen hawking yg blg bgtu!

B: why?

A: SECARA GITULOH yg ngomong stephen hawking gituloh!

B: oh ya? Are you sure?

A: absolutely!

C, D, E, F, G sampai Z: stupid as*!!

kwekwekwek, kenapa gak pake nick IDIOTas* aja, kan lebih KEREN. . .

kwekwekwek :D

Lemot said...

"Lemotz, aku Bolotz, lebih bolotssss dari kamu, tapi yakin 1000% yakin alien pasti ada..,,,,, mau bukti? Ta tanya kamu coba, ada ndak bakteri di kulit kamu? Bisa ndak kamu liat? Ndak toh? Nah, gitu juga alien... ada disana tapi kamu ndak liat...,,, Kekekekekrererere... Lemots, bolot kamu ya..."

Kwekwekwek, emangna ada yg bisa liat yak pake mata telanjang? tambah aneh ajah nih jurukunci. kalo pake mikroskop baru bisa,. Nah kalo alien baru keliatan kalo pake TELESKOP kaleee yak????

Kwekwekwek, mbok ya kalo ngemeng jangan asal KEPECROT JRENGG ajah. . kwekwekwekwek...

Lemot said...

"Alien itu guanaazz, pintar, dapat menjelajah luar angkasa, sudah pernah ke bumi, dan sedang dalam perjalanan balik ke planetnya untuk bilang sama kaisar di sana bahwa bumi merupakan sasaran empuk. Sang kaisar merencanakan menjajah bumi di tahun 2013.

Gampang khan? Mana imajinasimu Lemot?"

Kwekwekwek, ngakak guling2.
Coba perhatiin deh baik2, trus pikir pake dengkul, eh otak. Bandingin post nomor 167,168, 169 dengan 177. Yg satu logika, yg satuna lg dongeng sebelum bobok. kwekwekwekkwek. . .

"Mau es krim rasa dogma?"

Gak kreatif nih, statement kamu hasil copas kwekwekwek, yg kreatif donk napa?
Rasa dogma? Kalau cuma dogma kok pertanyaan2ku yg kamu bilang dogma itu gak kejawab2 jawab yak? kwkewekwekwek, dogma kononnya, kwekwekwek, ilmiah konon, guling2. . .

Anonymous said...

Yeah sangat teramat gampang memang meng-gol-kan Teori Penciptaan. Hehehe...
Kalau ditanya:
KAPAN Adam dan Hawa diciptakan? Jawabnya: Ada yang ngeliat langsung penciptaan Adam dan Hawa?

DIMANA Adam dan Hawa ditempatkan, pada jaman apa, Jurrasic kah? Jawabnya: Tidak ada yang tahu, karena tidak ada bukti.

Lebih absurd lagi bila kita mencoba bertanya pada Lemot, bagaimana dengan incest?
Kita tahu bahwa anak Adam dan Hawa adalah Kain dan Habel (dan Set). Lalu, Kain, Habel dan Set menikah dengan siapa lagi sehingga menghasilkan keturunan? Apakah mereka sang anak-anak menikahi ibu nya? Coba tolong anda jawab, Lemot!

Kita tunggu jawaban lengkap, lugas dan logis dari seorang Lemots... (jangan muter-muter yak jawabnya!)

Anonymous said...

Teori Penciptaan yang diusung kaum kreasionis seperti Lemot tidak mempunyai jawaban kapan manusia pertama diciptakan. Namun pada umumnya, kaum kreasionis percaya bahwa bumi diciptakan dalam 6 hari dan umur bumi adalah 6000 tahun. Yup, betul, 6000 tahun. Bukan 6 milyar tahun seperti kata buku IPA kita waktu SD. Apa dasarnya? Dasar ilmiahnya TIDAK ADA. Yang ada hanya dasar kepercayaan dari holy script. Kaum yang percaya bahwa umur bumi adalah 6000 tahun seringkali merendahkan penemuan2x oleh ilmuwan. Mereka berkata bahwa yang namanya penelitian itu baru hipotesa, belum pasti. Memang terdengar sangat aneh. Yang diteliti dengan bukti pendukung ribuan dibilang "baru hipotesa" dan "belum pasti", sedangkan yang tidak punya bukti samasekali seperti penciptaan Adam dan Hawa disebut sebagai kebenaran.

Mereka juga sering menertawai kata "jutaan tahun". Penelitian tentang fosil (kamu sekalian boleh baca di Science Daily, National Geographic, Nature, BBC News, dsb) itu diukur menurut waktu peluruhan Karbon-14. Bila kaum kreasionis mengolok-olok pengukuran Karbon-14 dan berkata bahwa angka "jutaan tahun" itu salah (yang benar menurut mereka "ribuan tahun"), maka tolong tunjukan instrumen pengukuran apa yang mereka pakai!

Tidak ada satupun pengukuran fosil yang menunjukan bahwa usia bumi baru 6000 tahun! TIDAK ADA SATUPUN. Semua pengukuran di seantero pelosok dunia dimana fosil ditemukan, hasilnya adalah jutaan tahun. Dan bentuk fosil tersebut memang mengikuti pohon kehidupan dan pola genetis dari pohon evolusi Darwinian.

Bila manusia kera berevolusi menjadi manusia modern, apa buktinya? Banyak buktinya, dari evolusi tulang coccygeus yang mereduksi, rambut dikulit yang tidak tumbuh lagi, bagian frontal dari enchepalon yang lebih ke depan, tulang maxilla dan mandibula sampai tendon di kaki yang mereduksi. Kamu sekalian tinggal buka internet dan saksikan sendiri.

Siapa yang suka disebut keturunan "monyet"? Walaupun sebenarnya manusia-kera prasejarah bukanlah "monyet" seperti yang kita lihat di Ragunan. Kita tidak pernah mendengar toh kalo Pithecanthropus disebut "MONKEY"?

Kebenaran tetap kebenaran. Suka tidak suka, apa yang menjadi fakta kebenaran memang harus diungkapkan, apapun alasannya!

Lemot said...

@someone yg bersembunyi dibalik anonimity na di atas:

Kwekwekwek. . .
Apakah kapan dan dimana adam hawa diciptakan relevan dgn benar/tidakna penciptaan? Menurut aku gk relevan. Dasar berpikirna gimana kalo kamu yak?

''Lebih absurd lagi bila kita mencoba bertanya pada Lemot, bagaimana dengan incest? ''

Kwekwekwek. . .kamu yg absurd tuh. Apa coba hubungan incest dgn penciptaan adam hawa? Jd kalo ANGGAPLAH emang incest, jd membuat penciptaan gak bener?
Aduuh, ini logika mikirna gmana yak. Amburadul gini. :D

''Kita tunggu jawaban lengkap, lugas dan logis dari seorang Lemots... (jangan muter-muter yak jawabnya!) ''

Kwekwekwek..
Gak salah neh? Bukanna yg muter2 itu kamu. Nanya-dijawab-nanya yg sama-dijwb lg- nanya yg sama lg. Kalau bukan muter2, mungkin putar2 kali yak.
Kwekwekwek. . .

''Teori Penciptaan yang diusung kaum kreasionis seperti Lemot tidak mempunyai jawaban kapan manusia pertama diciptakan.''

We just don't know for sure. Dan 'kapan' dan 'dimana' tidak terjawab pun (krn kterbatasan), tidak akan menjadikanna salah. Karena dasar berpikir adanya penciptaan bukan 'when' atau 'where', tetapi 'why' dan 'how do you know', 'what is the evidence'.

'' Namun pada umumnya, kaum kreasionis percaya bahwa bumi diciptakan dalam 6 hari dan umur bumi adalah 6000 tahun. Yup, betul, 6000 tahun.''

Pinteer, kata kuncina ''PADA UMUMNYA''. So, what's the problem?

''Kaum yang percaya bahwa umur bumi adalah 6000 tahun seringkali merendahkan penemuan2x oleh ilmuwan.''

Ini KLAIM yg tdk proporsional dan terkesan maksa yak. Prtama, aku gk percaya umur bumi 6000 thn. Kdua, aku sngt appreciate dgn penelitian para ilmuwan. Newton, James Watt, Einstein, Keppler, dll. Aku gak menilai rendah pndpt para ahli, aku cuma mikir dan mengkritisi karya ilmuwan tertentu saja. Dunia tanpa sains, gak maju2. Kesulitan dimana2.

''Mereka juga sering menertawai kata "jutaan tahun". Penelitian tentang fosil (kamu sekalian boleh baca di Science Daily, National Geographic, Nature, BBC News, dsb) itu diukur menurut waktu peluruhan Karbon-14. ''

Wah lg2 ngemengin ''mereka'', emangna kamu dgn santaina menggeneralisir bhwa ''mereka'' sama dgn ''saya''??
Kwekwekwek,tlg mikirna agak DIPERLUAS dikit yak.

''Bila manusia kera berevolusi menjadi manusia modern, apa buktinya? Banyak buktinya, dari evolusi tulang coccygeus yang mereduksi, rambut dikulit yang tidak tumbuh lagi, bagian frontal dari enchepalon yang lebih ke depan, tulang maxilla dan mandibula sampai tendon di kaki yang mereduksi. Kamu sekalian tinggal buka internet dan saksikan sendiri.''

Kwekwekwek, kenapa gak sekalian bilang appendix/umbai cacing sekalian?? Kan katana useless tuh, sisa evolusi konon. Apa yg kamu lakukan adlh menyebutkan klaim. Yg kurang adlh ''how'' atau ''proses''na.

''Kita tidak pernah mendengar toh kalo Pithecanthropus disebut "MONKEY"? ''

Ya iyalah, kalo disebut monkey, ya gak evolusi lg donk namana, justru harus dtekankan pd kata 'manusia-kera'na.
Aneh2 ajah. Itu hal yg lumrah kok.

''Kebenaran tetap kebenaran. Suka tidak suka, apa yang menjadi fakta kebenaran memang harus diungkapkan, apapun alasannya!''

Setuju ajah. Emg harusna bgtu. Tapi apa yg kamu bilang ''kebenaran'' disini, itulah yg DIPERTANYAKAN.

Kwekwek. . .

Dan taukah kamu? Kamu sdg LARI dr topik awalna. Inget ttg ALIEN kita??

Kwekwekwek. . .

Anonymous said...

Jadi, Lemot tidak setuju dengan penemuan manusia prasejarah mirip monyet dari Sangiran, Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Wajakertensis, Pithecanthropus Palaeojavanicus, Homo Soloensis, manusia Neanderthal, dan ribuan tulang-tulang manusia prasejarah lainnya yang mirip monyet.

Lemot tidak dapat menarik BENANG MERAH diantara ribuan penemuan-penemuan itu. Sedangkan Darwin dapat menarik benang merah, hanya dari perbedaan moncong patuk burung di Galapagos :)

Itu bedanya... :)

shogun said...

@anonymous 178: Psst,nih, saya kasih tahu kamu soal phitecantrepus erectus. Waktu Dubois menemukannya, ia hanya menemukan bagian atas tengkorak, tulang paha dan gigi. Lalu, karena imajinasinya sangat luar biasa (seperti kamu), ia percaya kalau ia telah menemukan manusia kera.
Tapi, tahu tidak, penemuannya sudah ditolak oleh kalangan evolusionis sendiri dan pada masa akhir hidupnya, Dubois mengakui kalau tulang yang ditemukannya sebenarnya adalah milik Gibbon!!! Ini juga berlaku untuk manusia wajak!
wkwkw. jadi kalau dubois sendiri sudah menolak phitecantrepus erectus, masa kamu mau memakainya untuk membela evolusi?
Sayang sekali bro baracuda, pengetahuan kamu hanya sebatas buku pelajaran sekolah. yang bikin buku pelajaran sekolah itu saya rasa juga malas meneliti lebih lanjut kayak kamu.

Anonymous said...

Mmmm...
Jadi kamu lebih percaya kalo manusia diciptakan "KECEPROT-JRENG!" abrakadabra blass langsung ada ya?

Penemuan-penemuan manusia kera ada diseantero dunia. Coba berlangganan National Geographic, jangan malas, ayo berlangganan, dan kamu akan menemukan banyak sekali manusia-manusia kera diseantero dunia.

Banyak orang menolak mentah-mentah bahwa manusia keturunan kera. Mereka merasa derajat kita "lebih" daripada binatang. Tapi tahukah kamu kalau didalam badan ini masih tersisa jejak-jejak evolusi?

Saya tantang semua orang disini untuk membuktikan dimana tulang-belulang Adam-Hawa, Kain, Habel dan Seth! Tapi tidak ada satupun... tidak ada satupun yang dapat menunjukannya!

Saya juga menantang untuk membuktikan bagaimana Kain-Habel-Seth itu mempunyai keturunan... apakah mereka melakukan INCEST? Atau anda akan menjawab seperti Creation Museum menjawab, bahwa holy script hanya menyebutkan tokoh-tokoh yang penting saja, sedangkan yang lain tidak, sehingga ada kemungkinan Kain-Habel-Seth menikahi perempuan (yang notabene saudari kandungnya sendiri!) yang tidak disebutkan dalam holy script?

Saya hanya menginginkan kebenaran. Dan kebenaran yang sebenar-benarnya bukanlah mitos. Ada yang pernah bertanya disini, bila anda anggap Adam dan Hawa suatu kebenaran, mengapa anda tidak menganggap peristiwa Malin Kundang atau Tangkuban Perahu juga kebenaran? :)

Sudah berkali-kali saya bertanya mau dimana Adam dan Hawa itu diletakan dalam masa prasejarah? Ditengah2 Dinosaurus kah? :p

frans said...

Haduh, darwinian pertanyaannya diulang2 terus ya? Padahal sudah dijawab. Mungkin kalo diulang2 lama2 jadi bener kali ya. Hehehe.

Anonymous said...

Cara ngeles ala Kreasionis:
+ Apakah Adam dan Hawa benar-benar ada?
- SO PASTI!

+ Buktinya dari mana?
- HOLY SCRIP!

+ Yakin?
- SO PASTI!

+ Bsgaimana dengan bukti lain, seperti genetika,
literatur, penelitian taman eden atau bukti
apapun?
- YA NGGAK ADA.

+ Loh kog bisa, bukti-buktinya tidak ada satupun
tapi bersikeras klo Adam dan Hawa pernah ada?
- YA BISA AZA. TOH TULANG CICIT BUYUT MU AJA BLUM
TENTU BISA DITEMUKAN!

+ Jadi, darimana anda tahu Adam dan Hawa pernah
ada?
- HOLY SCRIPT! SO PASTI BENAR!

+ Meski Holy Script religi lain tidak berkata
demikian?
- PEDULI AMAT.

+ Trus dimana Adam dan Hawa mau ditempatkan, pada
jaman dinosaurus kah?
- SAYA JUGA TIDAK YAKIN DINOSAURUS ITU BENAR
BENAR ADA KOG.

+ Hah? Tidak yakin? Kan ada tulang-tulangnya!
Bagaimana mungkin anda tidak yakin sesuatu yang
dgn mata kepala sendiri jelas ada (tulang2),
sedangkan yakin 100% pada sesuatu yang bahkan
buktinya pun tidak dapat ditemukan?
- DINOSAURUS ITU KAN CUMAN KREASI PARA ILMUWAN.
MEREKA MEMBUAT 3D DARI TULANG2 BERSERAKAN.
EMANG BISA YA? ILMIAH. KONON!

+ Bagaimana dengan penelitian para ilmuwan di
seantero dunia yang menyimpulkan bahwa ternyata
manusia modern adalah keturunan manusia kera?
- KWEKWEKWEKWEKWEK... COBA GOOGLING, GAMBAR
CAPUNG DARI 1 JUTA TAHUN LALU KAN TIDAK BERBEDA
DENGAN CAPUNG MASA KINI!

+ Pernah meneliti capung yang anda sebutkan, atau
cuma melihat dari Google aja?
- GOOGLING AJA. APA SUSAHNYA? KWEKWEKWEKWEK..

+ Lalu bagaimana dengan Natural Selection dan
Pohon Kehidupan?
- POKOKE MAKHLUK HIDUP TIDAK BERUBAH. TITIK!
KALO BERUBAH ITU KAN ARTINYA BERMUTASI.
KALO MUTASI NUMPUK-NUMPUK, APA MANUSIA MASIH
BISA EKSIS SAMPAI SEKARANG?

+ Pernah baca tentang mutasi genetika?
- POKOKNYA MUTASI ITU JUELEK!

+ :p Yakin?
- >.< YAKIN!

+ Trus gimana dengan jurnal-jurnal ilmiah ttg
penemuan manusia kera?
- JURNAL ILMIAH. ILMIAH KONON!

Semoga dunia terbebas dari dogma. Semoga dunia terbebas dari jaman kegelapan macam abad pertengahan di Eropa dulu...

Hail to Copernicus!!!

Anonymous said...

"Agama masa depan akan merupakan suatu agama kosmis. Ia melampaui suatu "Tuhan yang berpribadi" dan menghindari dogma-dogma dan
teologi."

-Albert Einstein-

Setuju dengan comment no.182. Bebaskan masa depan dari dogma-dogma!

+Terrs'+

The Lame said...

Answering the lame in the world :-)

''Cara ngeles ala Kreasionis: + Apakah Adam dan Hawa benar-benar ada?
- SO PASTI!''

Penarikan kesimpulan kepastiannya dtg dari penilaian OBJEKTIF thdp heart of evolution: mutasi. Genetika menunjukkan mutasi positif hampir tdk pernah terjadi. Dan secara mengejutkan genom ternyata tenang dan stabil. Informasi di dlm genom tdk bertambah. Justru ketika ada mutasi, informasi pd genom dapat berkurang.


''+ Buktinya dari mana? - HOLY SCRIP!''

Untuk berdiskusi dgn evolusionis yg merendahkan kitab suci, maka jwbn holy script jd tdk relevan dgn mereka. Jwbn yg baik adlh, bukti dari fenomena genetika di tingkat sel itu sendiri yg benar2 OBJEKTIF dan tdk mengandung ruang utk SUBJEKTIFITAS/ASUMSI sbgmana penarikan asumsi2 dari fosil2.


''+ Yakin?
- SO PASTI!''

Keyakinan datang dari pemahaman dan pembuktian yg benar. Pemikiran yg objektif yg tiada hasrat kesombongan di dalamnya.Answering the lame in the world :-)

''Cara ngeles ala Kreasionis: + Apakah Adam dan Hawa benar-benar ada?
- SO PASTI!''

Penarikan kesimpulan kepastiannya dtg dari penilaian OBJEKTIF thdp heart of evolution: mutasi. Genetika menunjukkan mutasi positif hampir tdk pernah terjadi. Dan secara mengejutkan genom ternyata tenang dan stabil. Informasi di dlm genom tdk bertambah. Justru ketika ada mutasi, informasi pd genom dapat berkurang.


''+ Buktinya dari mana? - HOLY SCRIP!''

''+ Yakin?
- SO PASTI!''

Keyakinan datang dari pemahaman dan pembuktian yg benar. Pemikiran yg objektif yg tiada hasrat kesombongan di dalamnya.

The Lame said...

''+ Bsgaimana dengan bukti lain, seperti genetika, literatur, penelitian taman eden atau bukti apapun?
- YA NGGAK ADA.''

Bukannya tdk ada, tetapi cara pandang dan propaganda yg salah membuahkan hasil yg salah. Ambil contoh genetika. Genetika adlh murni sains yg muncul dari eksperimen sangat teliti oleh Mendels dan dibuktikan lgsg. Genetika adlh sains, krn eksperimen2nya dpt dieksperimenkan ulang oleh orang lain utk diuji kestabilan kebenaran ilmiahnya. Ia pun dapat dipersalahkan (FALSIFIABLE) tanpa beban apapun jika ada kesalahan yg ditemukan. Ini adlh sains sejati. Jika kebalikan dari ini, maka ia bukan sains, tetapi FILOSOFI. Evolusi adlh filosofi. Sains itu netral, genetika itu netral. Bukan milik sekelompok orang yg berwaham mereka berada di atas sains :-)

''+ Loh kog bisa, bukti-buktinya tidak ada satupun tapi bersikeras klo Adam dan Hawa pernah ada?
- YA BISA AZA. TOH TULANG CICIT BUYUT MU AJA BLUM TENTU BISA DITEMUKAN!''

Bukannya tidak ada bukti, tetapi keberadaan Adam Hawa memang sangat sulit terbukti jika ngotot menginginkan ditunjukkan tulang belulangnya. Berpikir seperti ini boleh dibilang cara berpikir anak2, yg baru paham hanya jika ada KONKRETISASI, tapi jika diajak berpikir ABSTRAK dgn logika dan fakta2 yg ada, maka dia tidak mampu memahami atau menolak memikirkannya. Manusia yg berpikiran lbh cerdas dan maju mampu berpikir abstrak, dan berpikir abstrak bukan menghayal :-)

''+ Jadi, darimana anda tahu Adam dan Hawa pernah ada?
- HOLY SCRIPT! SO PASTI BENAR!''

Adam dan Hawa adlh manusia. Jika ini adlh benar, maka dasar berpikirnya adlh scr genetika mutasi2 tdk dpt menciptakan spesies baru. Jd nenek moyang manusia adlh manusia, nenek moyang kera adlh kera. Walaupun ada kemiripin scr morfologi, bukan berarti manusia dan kera dulunya berasal dari nenek moyang yg sama.ika, literatur, penelitian taman eden atau bukti apapun?

The Lame said...

''+ Meski Holy Script religi lain tidak berkata demikian?
- PEDULI AMAT.''

Setiap org boleh percaya apa saja. Tp kepercayaan tanpa didasari dukungan fakta dan logika hanyalah kepercayaan semata. Jgn salah, inti beragama adlh memiliki pedoman hidup melalui kepercayaan kpd Tuhan. Umat beragama tdk seharusnya saling meributkan hal2 cabang di wilayah iman, karena pd dasarnya mereka sama2 percaya Tuhan. Sedikit pengecualian pd agama Buddha yg mendasarkan ajarannya tidak berteraskan kepercayaan thdp Tuhan YME. Tp walaupun demikian, konsep adanya makhluk misalnya penciptaan manusia, bukanlah teori evolusi samasekali. Tapi ide yg lain lg:-)


''+ Trus dimana Adam dan Hawa mau ditempatkan, pada jaman dinosaurus kah?
- SAYA JUGA TIDAK YAKIN DINOSAURUS ITU BENAR BENAR ADA KOG.''

Asal usul manusia yg berasal dari manusia juga tdk berkorelasi dgn ada/tidaknya dinosaurus. Karena anggaplah jika dinosaurus itu ada, maka manusia tentu tdk sezaman dgn mereka, krn bs menyebabkan kepunahan manusia akibat dimangsa dinosaurus.


''+ Hah? Tidak yakin? Kan ada tulang-tulangnya! Bagaimana mungkin anda tidak yakin sesuatu yang dgn mata kepala sendiri jelas ada (tulang2), sedangkan yakin 100% pada sesuatu yang bahkan buktinya pun tidak dapat ditemukan? - DINOSAURUS ITU KAN CUMAN KREASI PARA ILMUWAN. MEREKA MEMBUAT 3D DARI TULANG2 BERSERAKAN. EMANG BISA YA? ILMIAH. KONON!

Bisa saja dinosaurus itu ada, bisa saja tidak seperti yg ilmuwan bayangkan dari hasil penyusunan tulang belulang 'tak dikenal' dan proyeksi bentuknya scr 3D. Tetap ada kemungkinan dinosaurus merupakan yg spt dibayangkan skrg tdk exist pd kenyataannya. Atau bs jadi mereka memang ada, sengaja diciptakan, bukan evolusi.


''+ Bagaimana dengan penelitian para ilmuwan di seantero dunia yang menyimpulkan bahwa ternyata manusia modern adalah keturunan manusia kera?
-KWEKWEKWEKWEKWEK... COBA GOOGLING, GAMBAR CAPUNG DARI 1 JUTA TAHUN LALU KAN TIDAK BERBEDA DENGAN CAPUNG MASA KINI! ''

Terkadang justru munculnya pergeloakan ide yg menentang ide yg telah establish berawal dr hal remeh-temeh. Mengapa capung jutaan tahun yg lalu sama dgn capung zaman skrg? Apakah mereka tdk berevolusi? Kenapa? Apa yg menyebabkan mereka berhenti berevolusi? Pertanyaan tsb tdk boleh diremehkan.

The Lame said...

''+ Pernah baca tentang mutasi genetika?
- POKOKNYA MUTASI ITU JUELEK! ''

Pernah. Mutasi ada beberapa jenis: duplikasi, amplifikasi, delesi, transposisi, dimana keempat2nya tdk menambahkan informasi apapun pd genom. Tidak ada mutasi positif. Sdgkn yg terakhir berupa mutasi titik, adlh kesalahan pd penempatan slh satu nukleotida yg sangat sangat jarang terjadi. Biasanya sering tdk bermakna dan seketika dpt direpair oleh sel itu sendiri.


''+ :p Yakin?
- >.< YAKIN!''

Yakin! Keyakinan muncul dari pemahaman.


''+ Trus gimana dengan jurnal- jurnal ilmiah ttg penemuan manusia kera?
- JURNAL ILMIAH. ILMIAH KONON! ''

Apakah setiap jurnal2 ilmiah tidak bisa dikenakan FALSIFIABILITAS? Bagaimana jika jurnal2 tsb berasal dari org2 yg mengemban ide yg sama dan memiliki pendekatan yg salah scr ilmiah krn mengandung subjektifas? Apakah karena KUANTITASnya yg banyak menjadikannya benar?


Semoga dunia terbebas dari dogma. Semoga dunia terbebas dari jaman kegelapan macam abad pertengahan di Eropa dulu... Hail to Copernicus!!!

Amin. Semoga dunia juga terbebas dari kegelapan gaya baru, filosofi yg bertopeng sains. Hail to Copernicus!

The Lame said...

Setuju dengan comment no.182. Bebaskan masa depan dari dogma-dogma! +Terrs'+

Tampaknya anda adalah seorang atheist reaktif. Seseorang yg kecewa atas kejadian2 krn perbedaan agama2.
Setuju dengan comment no.182. Bebaskan masa depan dari dogma-dogma! +Terrs'+

Tampaknya anda adalah seorang atheist reaktif. Seseorang yg kecewa atas kejadian2 krn perbedaan agama2.

Anonymous said...

menurut saya mereka memilih anak2 dibanding penebang liar adalah karena anak2 inilah yg akan jadi penebang dimasa depan...
hahahhahhahaha

Anonymous said...

aku tidak peduli apakah ini benar, aku lebih memilih untuk tidak dibodohi anak SD
HAHA

Anonymous said...

alien benar-benar ada--- banyak buktinya dan banyak para saksi mata di seluruh dunia ini mengatakan alien itu mem punyai ciri-cirinya seperti tubuhnya kecil,bermata besar,dan berkepala botak.......

Anonymous said...

anak-anak SD berkata jujur dan tidak bohong
buktinya?
alien itu ada dan banyak buktinya saksi mata diseluruh dunia banyak yang mengatakan alien itu mempunyai ciri-cirinya bertubuh kecil,bermata besar,dan tidak berambut sampai mayat alien yang ditemukan juga berbentuk bermata besar,bertubuh kecil,dan tidak berambut
pendaratan UFO dan alien di sekolah Ariel di Ruwa, Zimbabwe kasus ini benar-benar ada dan sudah dipecahkan misterinya

Jhon Ripper said...

kl menurut aku sih, aku sepenuhnya percaya kl alien memang ada, emang buktinya apa??? aku dengar ceramah ustad mengatakan kl Allah SWT pada hari kiamat nanti akan meluluh lantahkan langit dan bumi dan menjadikannya menjadi sebuah hamparan. kl dipikir2 langit dan bumi kan luas banget tuh. kl yg akan dihisab cuma manusia dan jin mungkin masih terlalu sedikit kali ya.... mungkin ada yg lain selain 2 yg disebutkan dlm al-quran..... tp hanya Allah SWT yg tahu kita cuma bisa berserah diri kepadaNya

virgia said...

mungkin anak2 itu memang benar,mungkin alien itu prihatin melihat keadaan bumi sekarang,dan alien itu turun kebumi dgn tujuan menyampaikan apa yang terjadi diindonesia

endlessly said...

Masa sih ada anak kecil segitu banyak ngebohong? Pake sumpah segala pula..
Dimana-mana anak kecil tu polos ga akan anak kecil yg bakal ngebohong kalo jumlahnya sgitu banyak..
Yah itu sih cuma Yang Maha Kuasa yg tau semuanya..

Anonymous said...

Ada gambaran ekspresi anak2nya g gan?siapa tahu ane bisa bantu

ranex said...

kalo gue lebih condong ma kemungkinan ke4 gan...tau sendiri lah gimana anak2 jaman sekarang...lebih pinter akting daripada kita

Anonymous said...

Pendapat Sinis:
it's all FAKE
-pendapat anak2 itu beragam dan meragukan
-anak2 itu polos maka semakin mudah dimanipulasi
-Kenapa zimbabwe? kenapa nggak amerika
-anak-anak?!?! alien seharusnya berpikir bahwa orang dewasa gak semudah itu percaya anak kecil
-alasan penjaga kantin itu gak masuk akal takut dicuri?
meninggalkan kesempatan melihat alien demi makanan!?
-alien itu pasti sibuk datang cuma sekali gak ngoment dan gak ngasih apa apa
-waktunya dan tempatnya pas sekali; guru rapat, anak-anak diluar, gak ada org dewasa, di tengah hutan,
Zimbabwe style
-Pesan Moral!?!? bangga rasanya ada alien bermoral
-Pointnya adalah There is No ALIEN

Kemungkinan:
-itu ulah Manusia
-Itu halusinasi
-itu kebohongan
-itu adalah tipu daya

pengencang payudara said...

thanks banget nih gan, postingannya sangat membantu sekali. saya bakalan sering nih berkunjung kemari... mantap

Post a Comment