Saturday, July 2, 2011

Munculnya "kota siluman" di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media

Pada tanggal 26 Juni 2011, media-media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan, Cina. Disebutkan kalau sebuah "kota siluman" muncul di atas sungai Xin'an setelah hujan lebat. Namun, media-media tersebut juga melaporkan kalau peristiwa ini terjadi akibat Mirage/Fatamorgana. Benarkah demikian?


Bagi kalian yang belum mengetahui kisah ini, berikut cuplikan berita berjudul 'Kota Misterius' Muncul di atas sungai China' dari Vivanews.com:
VIVAnews - Pemandangan menakjubkan muncul di China pada awal bulan ini. Sebuah kota misterius muncul di atas Sungai Xin'an.

Kota misterius itu muncul di langit Cina Timur setelah hujan deras. Saat itu, kondisi lembab menutupi Sungai Xin'an.


Kota misterius itu terlihat seperti pemandangan kota lainnya. Tampak gedung pencakar langit, beberapa gunung dan sedikit pohon-pohon.


Pemandangan itu terlihat oleh warga di Kota Huanshan. Muncul beragam spekulasi dari mereka, diantaranya menganggap tempat itu merupakan 'pusara' dari 'peradaban yang hilang'.


"Ini benar-benar luar biasa, terlihat seperti sebuah adegan di film, di negeri dongeng," kata seorang warga kepada saluran berita Inggris, ITN sebagaimana dimuat laman foxnews.com, 27 Juni 2011.


Namun, semua itu ternyata tak nyata alias fatamorgana. Para ilmuwan telah membatalkan teori 'pusara' dan 'peradaban yang hilang'.


Para ahli percaya pemandangan itu mungkin hanya sebuah fatamorgana yang disebabkan ketika kelembaban di udara yang menjadi lebih hangat dari suhu air di bawahnya.


Ketika sinar matahari melewati udara dingin ke udara hangat, cahaya itu dibiaskan atau belokan. Sehingga menciptakan sebuah bayangan di udara yang terlihat mirip dengan sebuah bayangan di air.


Refleksi itu merupakan pemandangan umum bagi banyak wisatawan yang berkunjung di daerah basah. (umi)
Dan ini adalah videonya:



Sebelum Vivanews, media-media besar lain di dunia seperti dailymail, foxnews dan yahoo news juga memberitakannya sehingga video ini dengan segera menjadi sensasi di dunia maya. Sebagian orang yang menolak teori Mirage mulai mengajukan berbagai pendapat yang bervariasi. Ada yang menyebutnya sebagai Vortex. Ada yang menyebutnya hasil dari proyek Blue Beam dan ada yang menyebutnya sebagai kota hantu.

Lalu, yang mana yang benar?

Apakah video itu hoax?

Jika tidak, apakah fenomena yang terlihat di video adalah hasil dari Mirage?

Saya sendiri percaya kalau video itu bukan hoax. Tetapi saya juga percaya kalau fenomena yang terlihat bukan hasil dari Mirage.

Menurut saya, kasus yang kita hadapi ini sesungguhnya memiliki jawaban yang sangat sederhana, yaitu salah persepsi oleh media.

Media Cina yang pertama kali memposting berita ini tidak pernah mengatakan kalau sebuah kota misterius/siluman muncul di atas sungai Xin'an. Namun, media-media lain yang mengutipnya memiliki persepsi kalau sebuah kota memang muncul di atas sungai itu.

Mari kita lihat bersama-sama:

Video ini pertama kali diposting oleh media Cina newscontent.cctv.com pada tanggal 16 Juni 2011.

Pada deskripsi video tertulis seperti ini:
"Amazing mirage appeared on Thursday at dusk at the Tunxi section of the Xin'an River in Huangshan City, east China's Anhui Province, when continuous pouring rain had just stopped."
In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river.

The phenomenon began at about 17:00 p.m. local time, attracting a large number of people, who paused to watch the ethereal scene.

"It’s really amazing. It looks like a scene in the movie, in a fairyland," a local said.

Similar sights are often seen lately, only they were not as special as this one, local residents say.
Kalimat yang digunakan pada deskripsi di atas adalah:
"In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river."
Jika saya menerjemahkannya, maka bunyinya seperti ini:
"Di tengah-tengah kabut tipis di atas sungai ada citra gunung-gunung, gedung-gedung dan pepohonan yang terlihat seperti melayang di atas sungai."
Tidak pernah ada sebutan mengenai kota siluman yang muncul di atas sungai!

Berita ini kemudian diambil oleh ITN, sebuah media Inggris yang menambahkan narasi pada video tersebut. Narasi inilah yang kemudian menjadi sumber salah persepsi karena kebanyakan media menggunakan video dari ITN.

Dalam narasinya, pada detik ke-25, reporter ITN mengatakan:
"The Spectacular images of mountains, buildings and trees appear in the thin mist above the Xin'an River."
Kata "appear" bisa berarti "terlihat" atau "muncul". Jadi, ITN mungkin tidak salah menggunakan kata itu. Namun, salah persepsi tidak bisa dihindari pada hari-hari berikutnya.

Dailymail.co.uk kemudian memberitakannya dengan judul: "Ghostly apparition of entire city appears over Chinese river... but is it just a mirage?"

Foxnews.com memberitakannya dengan judul: 'Lost Civilization' Appears Above Chinese River.

Vivanews menggunakan judul yang lebih moderat: 'Kota Misterius' Muncul di atas sungai China'.

Kenyataannya, tidak ada kota misterius yang tiba-tiba muncul di atas sungai.

Kalau memang tidak ada kota yang muncul di atas sungai Xin'an, apa yang terlihat di video itu?

Video itu menceritakan kalau hujan lebat turun pada hari kamis di kota Huang Shan. Ketika hujan itu berhenti pada pukul lima sore, kabut mulai menyelimuti sungai dan terlihatlah pemandangan kota yang spektakuler, seakan-akan kota itu melayang di atas awan.

Apa yang dimaksud oleh video itu sesungguhnya adalah menceritakan betapa mengagumkannya pemandangan kota itu ketika kabut menyelimuti sungai Xin'an. Bukan menceritakan mengenai kota gaib yang muncul di atas sungai.

Kita bisa menemukan bukti lain yang menegaskan salah persepsi ini dari bangunan-bangunan yang disebut sebagai bagian dari kota siluman pada video tersebut. Bangunan-bangunan tersebut ternyata memang benar-benar ada dan merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Seperti terlihat dari video, rekaman ini diambil dari atas jembatan Guang Yu di atas sungai Xin'an. Kita bisa mengenalinya dari lengkungan-lengkungan di sisi jembatan.

Ketika sang kameramen mengarahkan kamera ke sisi jembatan, kita bisa melihat tiga lanskap yang disebut media sebagai "kota siluman".

Tetapi, dari penelitian lebih lanjut, kita bisa menemukan kalau lanskap tersebut bukanlah kota siluman ataupun efek dari mirage.

Jika kita menggunakan google earth dan memasukkan kata kunci "Tunxi", kita akan segera dibawa ke sungai Xin'an dan jembatan Guang Yu. Tiga lanskap yang muncul di video pun ikut terlihat.

Selain itu, kalian juga bisa melihat kalau sisi sungai itu penuh dengan gedung-gedung.

Mari kita lihat lebih dekat.

Ini screen shot jarak dekat lingkaran yang di tengah (pulau). Perhatikan bangunan di tengahnya.

Jika kita mengklik foto panoramio pada pulau tersebut di google earth, kita akan mendapatkan fotonya. Jelas, bangunan ini bukan bagian dari kota siluman.

Perhatikan bangunan yang paling kanan.

Ternyata hanya bangunan biasa.

Lalu, dengan melihat kepada foto-foto lain pulau tersebut, kita juga bisa menemukan banyak gedung-gedung tinggi di sisi pulau seperti yang terlihat pada rekaman.

(image source)

Kesimpulannya, bangunan-bangunan yang ada pada video tersebut bukanlah kota siluman atau hasil dari fenomena mirage. Melainkan memang bangunan-bangunan yang merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Jika melihat definisi dari mirage, maka fenomena yang terlihat pada video pun sepertinya tidak bisa disebut akibat dari mirage. Menurut saya, fenomena ini hanyalah sebuah fenomena kabut biasa yang juga sering terjadi di banyak bagian dunia, seperti yang terlihat di San Fransisco di bawah ini.

Ide mengenai kota gaib atau vortex memang menyenangkan karena bisa membawa fantasi kita terbang tinggi. Tetapi untuk kasus ini, sepertinya kita harus menahan imajinasi kita untuk sementara.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

138 comments:

enigma said...

@seran: saya sudah cek,normal kok. mungkin koneksi kamu lagi lambat.

Anonymous said...

mantep bro,,
postingannya keren n ulasannya bagus..

Anonymous said...

Akhirnya terpecahkan jg oleh Bang Enigma.Tapi kenapa ya,kok media-media disana (China) tdk segera meralat berita/peristiwa tsb,kalau 'kota misterius' itu adalah bagian dari bangunan-bangunan kota Huang Shan itu sendiri?

lowbet09 said...

haha, mantap om enigma, pelajaran bagi media2 terkenal termasuk viva news agar menganalisa terlebih dahulu berita2nya jgn asal langsung comot aja, malu sama om enigma..

planet orange said...

Akhirnya bs komeng jg diblog ini...slama ini cm baca doang..salam kenal bro

Goliath said...

Bang aku mau request fenomena mati suri. . .segera ya bang,matur nuwun.Bang aku mau request fenomena mati suri. . .segera ya bang,matur nuwun.

Anonymous said...

Analisis bang enigma emg mantabz,lanjut teruz bang dg misteri2 yg laen,ane slalu baca tiap ada postingan,

Anonymous said...

as usual,, selalu tajam seperti SILETT Bang E,, huahuahua
Nice posting lah...
Btw tumben Bang E ngasih link di kata "saya" diatas gambar mirage San Fransisco, biasanya kan ga pernah di kasih link,, huahuahua lagi ,p

Keep posting Bang E.
junglemount

Anonymous said...

maaf nih bang E, saya tadi abis liat2 postingan yg udah lama, saya liat di komment nya itu kok kayak nya bang E aktif sama semua komment di situ, nah yg saya pertanyakan kenapa bang E sekarang kayak nya jarang untung mengomentari komentar para komentator, dan 1 lagi kok kao posting jaraknya jauuh banget ya wakktu nya.
maaf kalo pertanyaan saya kurang berkenan

A[ss]A[ss]IN's

Anonymous said...

ternyata salah mengartikan media..

bro E...boleh gak copy gambarnya?

ade tsubatsa said...

wiehhhhhhhh makin manatap aja tuh postingannya...
baguslah i like it......
untuk penomena mati suri tuh kata yang komen dia atas bagus juga bang E buat di bahas...


>tsubatsa<

Anonymous said...

bang E klo di lihat dari google earth kan ad permainan kincir anginnya kenapa dilihat dari dari foto yg dibilang kota siluman itu g ad kincir anginnya ??? baru sadar ('. ^)

postingnya cool abizz

Anonymous said...

Om,,, bahas makhluk makhluk cryptid lagi dong!! (kangen ane)

X Zone said...

waaah ternyata hanya media saja yg selalu membesar-besarkan...

Anonymous said...

/sad/sad/sad

roman kota diatas awan gx jadi deh T_T
thanks telah menyadarkan khayalan sy enigma....

mati suri bagus jg tuh enigma

btw,great posting... hihihihihihi

yoanna

pecidasase said...

ini yg saya suka dari blog ini.. tidak sekadar memberikan opini semata.. namun fakta yg berimbang.... informasi yg disampaikan adil.... dan benar2 dapat di terima lho...penjelasan nya lugas...

Dewabrata said...

Bro Enigma tolong direview blog saya. Sudah termasuk blog misteri atau belum. Terima kasih.Bro Enigma tolong direview blog saya. Sudah termasuk blog misteri atau belum. Terima kasih.

Unknown said...

Bang saya salah satu penggemarmu.dan sll menanti posting2nmu.maaf sering nyuri baca tp jarang koment.maklum cm pk opmin n enpon jadul jd kdng rada susah.Enigma gue banget.trimz bang

Belitung Land said...

ULAH KABUT setelah hujan terkadang menyajikan pemandangan "yang berbeda dari sebelumnya" .... dan untuk media2, penambahaan bumbu kata-kata juga akan memunculkan penafsiran yang melenceng jauh dari kenyataan normalnya sehingga melahirkan "kebenaran yang berkabut" juga.

Anonymous said...

Bang E, drpd sekadar blog misteri, knp g jd blog investigasi untuk berita2 salah persepsi dan hoax aja, kliatannya Bang E kemampuan analisis nya bagus....

Anonymous said...

Bukan salah persepsi kali bang enigma tapi tuh situs pengen mencari sensasi =="

Anonymous said...

Gw tinggal di Bandung (sekarang lagi merantau), di daerah yang lebih tinggi dari kota itu, di pagi hari kota ini terkadang tertutup kabut berat yang tebal sehingga bangunan-bangunan di bawah tidak kelihatan, tapi jauh di ujung pinggiran kota sana, gunung-gunung tampak seperti melayang di atas awan :)

Kabur berat maksud gw begini, Bandung kan dikelilingi gunung, bentuknya seperti cekungan atau lembah yang besar. Pada saat-saat tertentu, entah karena tekanan udara, arus angin, perbedaan suhu udara, dan kondisi-kondisi tertentu lainnya, pada pagi hari kabut seperti terhimpun merata di sehamparan kota itu, sementara daerah yang lebih tinggi malah terang benderang.

Penjelasan bro enigma di sini cukup brilian karena kondisi alam seperti ini tampaknya bukan sesuatu yang langka terjadi.

kingofjail said...

lagi2 analisa yang mengagumkan dari sodara enigma...crop circle di tunggu nih...kapan muncul lagi ya...hehe,.,lama bgt ga koment nih ane jadi silent reader trs..hehe...ga berani berasumsi klo maslaah gini'an,.wehehe,...

M.Arief.S said...

Menurut saya, persepsi itu bisa terjadi karena suasana setelah hujan dan keadaan langit yang sedang berwarna oranye kemerahan. Dan juga beerita ini bisa menjadi salah karena efek dari judul dan isinya berita itu sendiri. Maksudnya sama seperti kita main bisik-berbisik, makin lama informasi yang kita dapat meleset atau salah. Pada awal kemunculan berita pemandangan itu terjadi karena mirage, namun lama-kelamaan malah menjadi peradaban hilang, kota hantu, hingga kota misterius. Masalahnya jika ini peradaban hilang harusnya berada di daratan atau di dasar sungai, tidak menentang hukum gravitsi dan massa jenis. Yaitu kota apung.

Vikernes said...

Memang benar, menurut saya medialah yg tolol, maen asal ngomong !

Anonymous said...

G_NoeL said...

owww.. trnyta cma kabut... pdahal seru bgt klo ada bneran... hahahah :D

Bang E mw request nech... ttg orang paling misteius d Indonesia.. Supriyadi...
yg ngilang ntah kmna,, tolong diulas ya..
thx ^_^V
your blog is the best blog i've ever seen..

Anonymous said...

KK enigma bisa minta FB nya....
otak2 cerdas kaya kk aku juga pengen gitu

Anonymous said...

ternyata kabut doang ya jadi keliatan melayang kotanya hehehe

joko pakusumo said...

wow just wow, harusnya bang enigma mendapat julukan "the Mysteries Solver" tapi setelah melihat postingan bang E saya akhirnya menyimpulkan bahwa media" itu 85% kalau memberitakan itu lebay dan ditambahi bumbu" misteri.

sekian bro dan trims, sepertinya ini jadi comment terakhir saya di blog ini maupun di internet soalnya saya ada tugas ke pedalaman.Thx bro

Anonymous said...

gooj job seran... kamu lah 1 1 nya orng yg ga nyebut pertamaxx... masa sih ya penduduk setempat ga ngenalin??? coba bneran kota hantu, asik tuh pasti... bro E, mo nanya neh... dolo pernah baca ad comet bentuk nya X... di sini ada ga????? pngen liad asli...

THx bro E

-FAYZ-

Anonymous said...

KELIMA PULUH LIMAX !!!!

MANTAP POSTINGANNYA BRO ENIGMA ,
KEEP POSTING .

-AZUREL-

Anonymous said...

media suka terburu2 mengambil kesimpulan ,, akhirnya slh persepsi ,, mungkin kejar tayang hahaha

ToPu said...

Halllo bang,,,,....., link situsQ koq belom di pasang ya??? Padahal punyanya bang enigma dah Q pasang dari dolo.... Tolong konfirmasinya bang... n artikel dari bang enigma mantap2 dah... Thanks....

zalsz said...

like this! analitik n logis..like this! analitik n logis..

Penghuni 60 said...

begitulah kalo kita lbh mengandalkan mata. terkadang apa yg kita lihat itu blm tentu sama dgn kenyataan.
bukankah terdapat lbh dari satu sudut pandang? jadi, alangkah baiknya pandanglah sesuatu dari berbagai sudut.
seperti yg menjadi semboyan Blog Enigma:
"Selalu ada sisi yang lain"

nah, kalo kita cm memandang dari satu sisi, sperti di atas lah kejadiannya.

Pa kabar Bang? kok jd jarang update?

Anonymous said...

Mantap Bang, lama ga comment n buka enigma ternyata pemikiran, ketelitian sm hasil observasinya makin bagus aja.

Ps : beberapa materi yg prnh saya kirim itu blom ketemu juga penyebabnya ya bang?

By : Koe-Chink

Ilmu Pengetahuan said...

mantap niee info nya maju terus x-file enigma
mampir juga ya ke blog saya
http://bombersains.blogspot.com/

Dewabrata said...

bro, tanggal di last update di atas akses lewat hape salah ya kayaknya. Tahunnya 2001, bukanya seharusnya 30 juni 2011.
Maaf klo sok tw,hahai :D

lowbet09 said...

mas bro E kemaren lihat arikel yang sama di lintas berita yg kirim beritanya blog lain, untungnya sumber artikelnya dicantumkan.. kalo gak udah kita protes tu blog rame2,hehe.. ngomong2 update terbarunya koq lama ya mas bro E, kami nungguin.. btw sukses buat mas bro E n gambar profil mata sebelahnya mudah2an bkn simbol all seing eye..trims

Malik said...

bang enigma emng kren bgt deh :D
diatas ditulis kalo "Para ahli percaya pemandangan itu mungkin hanya sebuah fatamorgana yang disebabkan ketika kelembaban di udara yang menjadi lebih hangat dari suhu air di bawahnya."
klo jwaban bang enigma lbih jlas n udh 100% dpastikan bner krna udh ada bukti yg jlas . nah jwaban para ahli ja klah sma jwaban bang enigma yg cuma sndiri . sbener nya yg ahli tu siapa ?? hahaha . mnding situs online klo mau msukin brita tnya dlu pndapat yg bner ahli (bang enigma) .
enigma = KEREN !!

ade tsubatsa said...

bang E ko nda update2 c?????
kangen nie pengen baca yang baru.......

Atax Blog said...

kalau sudah ada penjelasan ilmiahnya mantab deh, biar gak jadi berita hoax terus menerus yg pada nantinya akan muncul beragam tanggapan.

priagoenks said...

kayaknya hanya sebuah imajinasi nih. tapi komplit ada pembahasannya

Anonymous said...

ayolah bro..
udah waktunya update postingan nih...

Anonymous said...

Ditunggu Tulisan2 selanjutnya dari Bro Enigma ^^
Saya sangat suka sejarah dan mister.
Terima Kasih ^o^

Anonymous said...

mantap bung enigma, penjelasan'y padat dan bermutu...
jadi detektif aja bung ehehe...
emang keren banget sih pemandangan'y...
saya tunggu analisis anda selanjutnya...

Anonymous said...

UPDATE YG TERBARU'NYA LAMA BENERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!!
CEPET KELUARIN LAGI DONGGGG ...

Anonymous said...

mana enigma tulisan barunya?
sudah ga sabar nih

yoanna

Anonymous said...

B4K50 T1KU5

dear enigma yg paling cakep sejagat..

..neh berita dari kompas ...

" katak pelangi muncul lagi di kalimantan "

hoax pa bukan ...........

Anonymous said...

B4K50 T1KU5

Fenomena "Api Terjun" Setinggi 600 Meter

ini 1 lg gw copas dari kompas

tolong diteliti ya hoax pa gak....

Anonymous said...

media bukan salah persepsi namun disengaja salah membuat persepsi untuk menarik perhatian pembaca dan ternyata memang telah menyita banyak perhatian pemirsa :)

Republican Wasp said...

Ketika salah menuliskan ulang makna dalam pemberitaan media bisa menimbulkan salah kaprah massal...

Anonymous said...

bro enigma u'r awesome...
di saat banyak orang di negeri ini yang percaya klenik tanpa mencari kebenarannya...

Qyubi said...

hahahaha...ternyata begitu ceritanya.
emang begitulah media, suka heboh... :p

ewi said...

nice review.. saya suka banged baca blog ini.. nambah wawasan en biar ga gampang percaya sm yg hoax.. :D keep going yah bro..

Anonymous said...

kalo baca postingan misteri selain di blog enigma ini rasanya belum afdol.

Anonymous said...

Aduh kangen sama Enigma,.. udah lama ga kesini, aku pembaca lama tapi baru pertama komen,.. Kota siluman? hem mungkin itu muncul gara-gara kabutnya, kan di setiap foto tampak kabut, jadi kaya fatamorgana gara" kabut gtu, heheh, cuma pendapat, salam kenal Kak Enigma

_Chinen_

vespafirza said...

kerenn!!!kerenn!!!
salute..

izin pajang link nya "mbah" d blog saya ya??

PSPUBLOG said...

luar biasa mas, pengamatan mas benar2 tajam, jadi mau belajar untuk membuka mata lebih luas nih untuk membuktikan sebuah kasus

genji_takiya said...

keren mas bro...


thumbup dah buat ente,,ijin ctrl+D mas bro

Harga HP Terbaru said...

Untungnya kota siluman hanya ada di film saja, klo memang bener bener terlihat serem banget...

Bryant hanif wijaya said...

ckckckckckc........media media...
melebih2kan ....
thx enigma...ilmu nui

Anonymous said...

,, setelah b'brapa x m'baca isi dri blog ini .. saya m'jdi sangat t'tarik .. t'lebih krEna saya sangat suka m'hbis kan wktu dgan m'baca hal2 baru,,, karna saya s'lalu berpikir ..... " di saat kita hanya bisa mengetahui satu hal saja ,, di luar sana mzh bnyak hal2 amazing lainnya yang menunggu untuk kita ketahui" ,,,, AMAZING BLOG KAK ENIGMA

budi said...

blog ini keren bro, serius.
artikelnya dibuat ga ala kadarnya.
sip.

gg said...

kok gak update lagi blognya ?







http://www.j-fleece.com/fleecious/gerrygahara

Alpazl Raqqasyi said...

Numpang Promosi

http://iufohunters.cc.cc/2011/12/freemason-dan-as-part1.html

Anonymous said...

test pr-nya lumayan cuy... http://swissluggage.ebakul.com

cindelaras said...

kenapa kau belum nongol2 juga, bung E??
semua menanti postinganmu yang baru...
apa kau sudah punya blog yang lain??

Anonymous said...

uwais : bro, kok video nya di block ya? aku buka dari firefox ini? ada link youtube nya kah

nexian101 said...

ini kurang begitu misterius yah bang di banding nibiru dan maya dan ananuki, sy tonton di youtube ancient alien yg durasinya kurang lebih sejam, tupanya summeria itu bangsa yg dulu letaknya di negara yg sekarang irak. Begitu banyak bukti dr seluruh dunia di mana kepala manusia di buat panjang seperti alien sebelum ada agama. Dan bahwa alien adalah tuhan masa mereka, beings who came from the sky. Ananuki itu real gak sebenarnya? sorry post di topic yg beda :) Kalo melihat semua bukti yg lebih dari jamann 5000 tahun lalu agama atau kepercayaan pertama di cina yg bukan menyembah berhala yaitu jalan kebenaran tao arinya agama dimulai sejak saat itu dan kalo Gods beneran 3 seperti di seluruh dunia dr dogon, mali, ancient egypt, greek zeus, sampe ke maya aztec inca ancient china, ancient irak dll, kayaknya gak mungkin semua itu kebetulan krn terjadi di seluruh dunia. Sedang nancy lieber mungkin banyak omong kosong tp ananuki juga di sebut dlm video berdurasi kurang lebih sejak itu, sedang nibiru sebagai battle station, pencampuran gen alien menjadi homosapiens buat jadi budak alien, tp kalo salah kenapa nenek moyang kita sebelum ada agama percaya? di seluruh dunia. Ini sangat mengerikan sekaligua menarik, saya gak bisa bilang benar atau gak karena agak sulit menolak teori yang jadi praktek yg nyata ditemukan. Tapi kalo itu semua benar, fondasi agama di dunia akan jatuh, sangat mengerika, Bakan dalam agama kristen disebutkan Gods, bukan God, let us make man in our image and likeness, the holy trinity itu mirip amma dan semua kepercayaan alien, terjamahan alkitab ke bahasa indo juga sama, mari kita mena=jadikan manusia sesuai image kita, dan quram juga menyebutkan beberapa Gods, tapi herannya agama akan menggantung orang yg berani mengajar teori evolusi padahal evolusi itu nyata dan sampai sekarang masih berlanjut. Rasanya kita masih perlu belaja banyak jangan maen percaya tapi buka pikiran, kalo ananuki itu benar apa mereka bisa menguasai pikiran manusia, kalau benar mereka yang memulai proses evolusi pikiran dengan gen mereka.

nexian101 said...

(2) Mungkin tidak. Tapi sangat menarik. Dengan teori time travel, blackhole, atlatis, legenda bermuda triangle di mana mirip blackhole yaitu kita ditemukannya kapal2 yang jaman dulu tenggelam tp dalam konsdisi kebalikan dr kapal yang baru tenggelam di sana, nibiru yang bukan akan menabrak tetapi pengaru orbitnya yang mendatangksn bencana. Si abang objektif, sy suka itu, sy ketemu blog ini dr goodle pas nonton nibitu versi inggris, krn ada link dr ancient alien. Mereka juga mengatakan hal yang sama, org2 diseluru dunia. Pas sy baca blog abang, sy jadi yakin kesalahan kalender maya, yang bukan kiamat tp penanggalan baru dimulai pada 21 12 2012, keturunan suku maya 7 juta orang di central amerika juga bilang itu cuma rekayasa barat, dan cape dengan pertanyaan kiamat. Itu kesalahan besar nancy lieber dan pengikutnya. kontilasi orion mali dan dog on dalam bentuk topeng dan busur yang sama persis dengan tata surya sirius yg baru bisa dilihat tahun 19 an dengan hubble tp tombak bangsa itu sama persis dengan sirius, mulai dr red dward dan planet dan bulan yang mengelilinginya. Bisa gak teman2 kasih tau sy lebih jauh tentang plato dan nostradamus? kapan mereka hidup, krn kalo gak salah bermuda dan atlantis dan joan of arc dll itu ramalan salah satu dari mereka, ke email sy : ihendera@yahoo.com, apa jadinya saat manusia kehilangan kepercyaan dan agama jatuh berkeping2? kitab kejadian agama kristen awal mula kehidupan agak aneh. Tuhan menciptkan dunia dalam 7 hari? Bukankan Tuhan semua agama adalah maha kuasa dan dengan jentikajari semua terjadi. Sy percaya kalo ada tuhan itu dalam hati dan pikiran kita dan sy gak berani menyangkal krn Jesus benaran turun. Dan Tuhan agama apapun welas asim jadi istilah Tuhan marah itu buatan manusia, karena emosi hanya ada di makhluk hidup mamalia termasuk manusia, kalo kita mengatakan begitu sama aja dengan mengatakan Tuhan sama dengan kita yang arinya pembenaran teori alien. Agak bingung bukan? he he he. Saya enjoy aja belajar secara objektif, blog abang menjelaskan semua yang saya tahu, sy baru ketemu blog abang beberapa hari lalu, cuma nibiru yang masih baru bagi saya. Siapa sih yang bego banget percaya kiamat? Mungkin maksudnya kiamat kayak dinosaurus? jadi teori nancy lieber omong kosong besar tentang kiamat, tp tentang planet x dll terlalu banyak bukti yang masih perlu di kaji. Sebentar lagi tahun 2012 berakhir, kita lihat aja. Kiamat walau niburu bukan menabrak tp mengorbit dan gaya gravitasinya menarik semua sehingga menimbulkan bencana mega tsunami gempa dll masih mungkin, tp perlu dibuktikan. Rupanya agama benar, iptek gak bisa sejalan dengan agama, tetapi kenapa agama berusaha meredam iptek, contoh agama kristen, bahkan Islam, semua tentang iptek di anggap sesat, di cina komunis timteng jaman hitler buku2 dan bukti2 iptek di hancurkan krn dianggap sesat. Hmmm sy hanya bisa belajar objektif tanpa asal krn sembarang omong bikin kita kena batunya sendiri. Menurut sy blog abang sangat edukatif. Dr dulu sy tertarik dengan discovery channel natgeo dan animap planat, waktu jaman natgeo masih majalahh dan ketertarikan ke science sejak sy bisa mikir he he he, kalo mau sharing silahkan selama jangan asal komen, itu email sy juga facebook dan twitter log in, makasih bang, btw bisa gak post tentang atlantis plato bermuda triangle dll supaya lebih jelas? dan dinosaurus air itu beneran gak sih, sy pernah liat cover natgeo tp gak beli krn bokek he he he, peace

MD Yudhie said...

Videonya gak bisa diputer gan... harap perbaikannya... ane pengen liat..!!

Antisetan said...

Wah itu kota ane wktu kecil tuchh.....

http://purapuragaktau.blogspot.com

Obat Herbal Untuk Kista said...

kunjungan pagi perdana nih gan..
oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee
Semoga bermanfaat untuk para bloger..amin

Anonymous said...

Saya pernah mengalami yang justru berbeda..

Saat itu saya masih tinggal di Semarang Barat, 30menit setelah hujan, di sebelah Timur Laut terlihat pemandangan pegunungan (seharusnya laut).. saat itu saya menduga adalah image Semarang Atas (pegunungan) yang dipantulkan kabut??

mungkinkah bang???

Anonymous said...

tapi bang brow kota siluman memang ada dan aktifitasnya sama sepeti kehidupan pada umunya, dan kalau mas brow emang mata batin bisa melihat sekita kita yang gaib pasti ngerti deh,,, boleh tanya sama orang2 yang punya kelebihan melihat hal gaib,,, tapi jgn tanya joko bodo atau paranormal yg suka nongol di tv,,, mereka itu lebay,,,,hehehehe

Anonymous said...

Kalimat ujung nya nyakitin banget ya buat pecinta misteri : "Ide mengenai kota gaib atau vortex memang menyenangkan karena bisa membawa fantasi kita terbang tinggi. Tetapi untuk kasus ini, sepertinya kita harus menahan imajinasi kita untuk sementara"

Gw tarik nafas panjang pas selesai baca. ada kecewa yg dalam. hahaha.. tapi sumpah ini analisinya keren bngt. kredible, masuk, akal.

Gue pasti beli bukunya untuk enigma2

Post a Comment