Sunday, May 26, 2013

Rekaman CCTV Teleportasi Super Hero di Cina adalah Viral Marketing

Hampir setiap hari saya mendapatkan pertanyaan soal rekaman CCTV teleportasi super hero di Cina. Bahkan walaupun sudah saya jawab berkali-kali, pertanyaan yang sama selalu diajukan kembali. Jadi supaya saya tidak terus memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, saya posting sekarang supaya jelas.

Rekaman CCTV di Cina yang menunjukkan seorang super hero berkecepatan tinggi menyelamatkan seorang pengendara sepeda ini sudah muncul sejak September 2012 dan saya tahu banyak dari kalian sudah mengetahui penjelasannya.
Ini videonya:

Dan ini screen shotnya:

 
Pada saat pengendara sepeda tersebut hampir tertabrak, seseorang dengan gerakan secepat kilat (Flash level) dari arah kanan video datang menyelamatkannya. Rekaman ini "Too good to be true". Dan tentu saja, rekaman ini adalah rekaman rekayasa. 

Satu hal yang harus diingat adalah, walaupun sebuah rekaman terlihat seperti diambil oleh sebuah kamera CCTV, tidak berarti rekaman tersebut bukan rekayasa.

Tidak perlu analisis mendalam untuk mengetahui jawabannya. Video ini sesungguhnya hanyalah sebuah viral marketing yang dibuat sebuah perusahaan bernama Perfect World untuk mempromosikan game Zhu Xian II (Di Amerika game ini dikenal dengan nama Jade Dinasty). Tokoh yang muncul dalam video CCTV itu direpresentasikan oleh Dragon Totem Girl.
Berikut adalah website yang mempromosikan tokoh tersebut: http://x.wanmei.com.

Dalam website tersebut kita bisa menemukan Dragon Totem Girl dan rekaman CCTV tersebut. That's it. Paling tidak para pembaca yang belum sempat mampir ke blog yang membahas soal ini bisa mengatahuinya sekarang.

UPDATE 29 Mei 2013

Saya mengira para pembaca akan cukup puas dengan jawaban yang saya berikan. Namun ternyata masih ada pembaca yang berkata,"Bagaimana jika pembuat game Zhu Xian hanya memanfaatkan rekaman tersebut untuk kepopuleran mereka?"

Dengan kata lain, masih ada pembaca yang percaya kalau rekaman tersebut menunjukkan proses teleportasi asli.

Tentu saja kita tidak akan pernah bisa selesai berdebat jika kita memasukkan teori konspirasi ke dalam rekaman ini dan saya memang tidak berniat untuk mendebatkannya dengan para penganut teori konspirasi. Namun saya memutuskan untuk sedikit menambah bukti bahwa video ini adalah sebuah viral marketing. Jadi saya melacak asal-usul rekaman tersebut dan menemukan bukti sebagai berikut:

Sumber pertama yang menjadi rujukan berita ini adalah website berita Jepang yukawanet.com yang mempostingnya tanggal 15 September 2012. Berikut adalah screenshotnya.

Di videonya jelas terdapat sebuah akun twitter @TheUFOReporter. Jika kita melihat kepada blog misteri lain yang memberitakan video ini, dalam hal ini thetruthbehindthescenes.org, maka akun yang sama akan disebut kembali sebagai sumbernya.

Jadi, kita perlu meneliti akun twitter tersebut. Jika kita masuk ke akun twitter tersebut, kita akan menemukan kalau akun itu pertama kali dibuat pada tanggal 14 September 2012.
Kita bisa melihat kalau twit pertamanya diposting tanggal 14 September 2012. Kalian yang memiliki akun twitter seperti ubersocial juga bisa melihat dengan jelas kapan akun tersebut dibuat. Tanggal 15 September akun itu memposting twit yang berisi link ke video youtube teleportasi tersebut. Dan setelah tanggal itu, rekaman tersebut menjadi viral. Namun sama seperti ciri viral marketing lainnya, video yang diupload tersebut sudah lenyap dari youtube. Bukan hanya itu, bahkan akun youtube TheUFOReporter juga ikut dihapus. 

Namun rekaman yang diuploadnya terlanjur didownload oleh banyak orang dan diupload kembali ke youtube.

Jadi, jelas sekali kalau rekaman ini adalah pola viral marketing. Sebuah akun twitter sengaja dibuat pada tanggal 14 September 2012. Lalu mengupload rekaman tersebut ke youtube. Dalam beberapa hari rekaman tersebut diduplikasi oleh banyak orang dan diberitakan oleh media-media, sedangkan akun yang pertama kali menyebarkannya dihapus.

Pola yang sama juga bisa kalian temukan di postingan saya mengenai fosil raksasa Jebal Barez.

Namun, jika ada di antara kalian yang masih percaya kalau rekaman tersebut asli, saya tidak akan memaksa anda.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

106 comments:

Anonymous said...

PRESENT OETOMOE

malam Bang E aku punya usul gimana kalo setiap postingan yang mengulas para readers???
Bang E tinggal kasih tema apa saja misal,
a.segitiga bermuda
b.crop circle
c.atlantis
Ulasan terbaik yang menurut Bang E menarik akan dipostingkan?
Ini sekedar usul bang E hehehe,,,bukan berarti semua ulasan akan diposting tapi cuma pada tema" tertentu saja.
Saya yakin dengan begini blog ini akan menjadi blog terbaik dengan kemasan menarik :-)

Life: Is Just Awesome said...

apa ane kedua?
wah video misterius ini, sebelumnya saya sempat ketipu. Pake Adobe After Effects dia, ane yakin.

Rifqi Ogi said...

kalo semua viral marketing selalu dikira kisah nyata repot juga ya -_-

ancaacna said...

ternyata..
adekku kira itu beneran bang E..
ternyata viral marketing.. hahaha..

Anonymous said...

Pertamax bung E, kalo penemuan piramida di segitiga bermuda apa benar bung E

henda setyawan said...

kalo g salah ini permintaan pembaca kan?
yap, emang kyknya videonya terlalu berlebihan karena penampakanya terlalu jelas(jaket nya seperti sumber kekuataan cewek itu)

ngomong2 kenapa setelah comeback enigma selalu update diatas jam 10 malam?????

teori saya, Enigma sekrg (atw minmal selama 2 thn ini)sudah jadi pegawai kantoran (sebelumnya mungkin mahasiswa)
sehingga siang hari dipakai kerja di kantor

Anonymous said...

padahal sempat mengira itu Namikaze Minato versi dunia nyata,ternyata cuma Viral Marketing!?

henda setyawan said...

btw jarang update ttg illuminati lagi bang.
ini tentang illuminati yg sdh merambah ke asia

http://notmisterjeckyll.wordpress.com/2011/02/11/heavy-rotation-dan-simbolisme-mind-control-programming-di-dalam-musik-akb48

deni said...

Wkt pertama melihat video ini,saya sangat terpana,karena bila dia benar-benar bisa bergerak secepat itu bearti saya pun harusny bisa!ha.tp setelah dipikir-pikir,ada yang janggal,kenapa tidak ada pemberitaany di tv,berita yang lebih detail tentang kejadian itu.tentunya tidak sulit melacak supir dan calon korban untuk diwawancarai.
Rupany bener,cuma viral marketing,he.nice bung

Anonymous said...

lawie said :
" Bang E-sam, untuk artikel ini kami cukup dapat menduga jawabannya hanya dengan membaca judulnya,
hampir sama dengan artikel ini, bisa bung E-sam cek di youtube dengan judul 'Chinese Man East Man On Subway Bus' apakah ini Viral Marketing juga???"

GR39O said...

sebenernya saya juga mau tanya soal video ini ke bung E. tapi setelah cari2 infonya dulu, ternyata memang rekayasa. namun, ulasan bung E lebih detil, yaitu untuk viral marketing.

Galang Putratama said...

Thanks, Bang!
Request saya di posting juga....

#ge-er

pkoknya saya pernah request deh, Thanks ya bang.....

bigot said...

salam bro,,saya juga pernah lihat video ini di acara On The Sp*t kalo ga salah judulnya 7 kejadian misterius ato entah apa itu saya lupa. nah yang saya herankan kok bisa video ini disebut sebagai sebuah kejadian nyata tanpa ada ulasan mengenai keasliannya. Makin hari makin ga jelas aja acara TV di Indonesia ini yang hanya bermodal video downloadan dari youtube.

firza said...

om e coba liat di videonya di jalany sesudah truk yang menabrak montor lewat dan swbelum lewat cari perbedaan nya

Anonymous said...

Apa kbar nya gerakan Freemason ya mas? Di negara kita ini tepat nya!

enigma said...

@Present Oetomo: Saya pernah memposting tulisan kiriman pembaca kok. Ini linknya. http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/inbox-misteri-garis-garis-nazca.html.
Semua pembaca boleh mengirim tulisannya. Kalau memang bagus dan menarik, pasti akan saya posting :)

@deni: benar sekali


@Lawie: itu bukan viral marketing. Namun judul videonya berlebihan. Yang lebih tepatnya bukan "memakan" tapi "menggigit". Perkelahian itu memang nyata dan yang "digigit" tidak luka parah kok.

@Bigot: TV itu butuh rating. On the spot itu kurang jujur sebenarnya. Saya yakin mereka tahu kalau video itu cuma viral marketing,

@firza: Untuk sebuah video yang sudah jelas hoax, kita tidak perlu lagi menganalisanya.

Anonymous said...

Mas sekitar 15 taon yg lalu wktu saya msih sd.sya pernah liat mkhluk ato apa gtu bentuk nya mrip burung tpi besar melintas di atas kepala sya agak tinggian si tpi sya bisa jelas meliat nya terbang menuju arah sungai. Kejadian nya sekitar menjelang mlam jdi keadaan nya mulai agak gelap. Dan smpe skrang sya gk tau itu mkhluk apaan. Jin? Hantu? Ato mkhluk purba? Dan sperti nya gk ada orang2 yg meliat slain sya wktu itu. Mhon pnjelasan nya mas!

Mr. Andry said...

wah ternyata viral marketing bisa membohongi kita ya..






Salam Blogger Gagal

Anonymous said...

Dilihat dari screenshot di foto kedua,kok bayangan yg dihasilkan orang yg bersepeda motor lebih panjang daripada bayangan orang yg lagi jalan? Coba deh dibandingin secara seksama. Apa iya tuh lampu truk terang sebelah? Wkwkwkwk :D

~ RAIN ~

Lifiya Aurryn said...

Bang... ulas yang ini donkk...!!!


saya mau thu... gimana triknya

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=gs69uilzYHg

piyupiyut said...

Mgkn lebih mantap rasanya kl bang E yg posting rekaman teleportasi ini.....jd nanti ga bakalan ada yg nanyain lagi deh hehehe

Anonymous said...

Bahas dong mas tentang simbol2 freemason di sekitar kita! Klo bundaran HI tu gmana mas? Juga tentang pesan rahasia di bungkus rokok Malrboro, itu bnar gk si mas!

Ary D. ZirñekLis said...

yaaelahhh...
saya kira bener tu.
Viral makreting toh..
uhhh.

Tengkyu Lae E...

Anonymous said...

Bung E
bahas dong mahluk aneh dari thailand yg kayak sapi itu ?
pleasee

Anonymous said...

seperti yang biasa bung enigma n penganut teroi konspirasi lainnya yang percaya ada jawaban lainnya,
sesuatu yang terjadi pasti ada hubungan sebab akibat. jadi mana yang menjadi sebab dan mana yang jadi akibat, video itu dibuat untuk mempromosikan game tersebut atau game tersebutlah yang memenggunakan video yang sedang rame dibicarakan untuk meningkatkan daya jual gamenya.
ya semacam mendompleng ketenaran seseorang untuk meningkatkan ketenarannya sendiri.
jadi kalo ada seseorang yang mengaku membuat video tersebut dan menjelaskan bagaimana video tersebut dibuat, baru misteri ini terpecahkan.

i don't think this is the real Enigma.
but i proud you want to make enigma blogspot still update.

enigma said...

@Anonymous 42: Komentar kamu >> ".....jadi kalo ada seseorang yang mengaku membuat video tersebut dan menjelaskan bagaimana video tersebut dibuat, baru misteri ini terpecahkan."

Tidak. Jika ada yang mengaku membuat video tersebut, maka kamu tidak akan menganggap misteri ini terpecahkan. Mungkin kamu akan berkomentar di blog enigma seperti ini:

"Menurut saya, orang itu mengaku sebagai pembuat video hanya untuk mendompleng ketenaran video tersebut.."

atau

"Orang tersebut sebenarnya agen iluminati yang direkrut pemerintah untuk menutupi keberadaan manusia super yang merupakan agen pemerintah."

norman said...

wkwkwk. saya yakin sebenarnya bro anonymous 42 ini utusan iluminati. Iluminati berusaha meyakinkan dunia akan keberadaan superhero ini. Nanti kalo dunia sdh yakin, mrk akan memunculkan superhero yang diciptakan mrk. nanti semua org akan memuja superhero ini dan iluminati akan menguasai dunia. Ngaku saja bro anon 42. anda marah krn bro e merusak rencana iluminati.

Anonymous said...

Makasih infonya bro E, saya tunggu next updatenya ;)

Sign : Ryuzaki

henda setyawan said...

bang-e req ttg illuminati di artis2 asia (jpop, kpop, indonesia, india, dll)

Afrianto Akhadi said...

Viral marketing di Indonesia juga banyak kog, contoh bbrp bulan sebelum Film Ainun -Habibie dirilis, ikutin deh perjalanan kisah habibie yg tau2 mengunjungi IPTN, napak tilas, trus bikin konpres ttg kehebatan pesawat indonesia, sampe di socmed ada foto habibie nangis2 segala saat napak tilas tersebut, saya kira itu jg bagian dari viral marketing, bukan begitu bung E ? :)

adit maulana said...

Bung E, tolong dong posting tentang penemuan bangkai ikan aneh di sumatera utara yg kmarin beritanya ada di metro tv..
Makasih sebelumnya.

Anonymous said...

Wah gak nyangka,....padahal game kesukaan saya tuh :v

Silva said...

That's why I don't like conspiracy theory. It ruins your brain. Just look at anonymous 42.

Silva said...

satu lagi. Untuk anonymous 42, anggaplah yang nulis ini bukan enigma yang dulu. Menurut kamu apakah enigma yang dulu akan bilang kalau video teleportasi ini benar-benar nyata dan ada superhero berkecepatan flash? LOL. menurut saya kamu bukan penggemar enigma karena kamu tidak paham pola pemikiran enigma. tidak perlu sok jadi detektif sih.

shera aryo said...

Wah,..wah,.. 2 hari gak OL, tau-tau udg ada 2 postingan baru.
Baca dulu ach,..

Anonymous said...

yaelah udah jelas-jelas viral marketing pake tanya, jadi kurang berbobot ini blog, lain kali kalau yang tanya orang dungu jangan di tanggapi bang....

enigma said...

Disini tidak ada urusan dengan dungu atau pintar. Yang ada adalah "siapa yang tahu duluan atau belakangan." Yang tahu duluan perlu memberitahukan kepada mereka yang belum tahu supaya sama-sama tahu. Orang cerdas seharusnya mengerti soal ini :))

SkyWatcher said...

Nice bro... Kayaknya saya familiar nih sama Publisher game satu ini hehe..

Masih inget saya? Jaman dulu ketika main riddle quiz.. Tp saya salah terus jwbnya Haha.. Trus saya jg prnh nanya ttg "pendaratan di bulan" lwt facebook, bro E menanggapinya and sempet komen2an hehe.. Seru jaman dulu.. :)

request dong bro..
baru2 ini ditemukan jasad (fosil) humanoid yg mirip Alien berukuran mini (seukuran Jenglot) dan di filmkan dlm film dokumenter SIRIUS (baru release April kmrn) oleh Dr. Steven Greer yg sdh malang melintang didunia perUFOan hehe..
atau bahas ttg peristiwa 911 msh byk perdebatan dlm peristiwa ini smp sekarang..

Salam buat :
Mbah Ware sang pengamat crop circle yg skrg kayaknya sibuk jd aktifis lingkungan :D
Lica Lawliet sang pakar logika dan matematika (klo Kira Lawliet itu siapanya Lica ya? :D)
Hawkson K, Vahn S, dan tentunya bro Enigma.. kalian smua org2 hebat yg menginspirasi saya.. Kangen komen2 kalian di blog ini sperti dulu..

Lanjutkan.. Bro Sam.. :)

Anonymous said...

saya suka sekali dengan tulisan-tulisan dalam blog ini, sangat menarik dan cerdas.
bang E baru-baru ini saya membaca artikel tentang buku Urantia yang katanya ditulis bukan oleh manusia, saya penasaran dengan misteri tersebut.
saya mau request untuk bang E mengulas tentang misteri buku urantia tersebut pleasee..

enigma said...

@SkyWatcher: Tentu saja saya masih ingat dengan kamu. Kamu pernah memberikan link video rekaman pendaratan bulan di FB.

Saya kira sesuatu yang menakjubkan kamu komen dengan ID skywatcher mengingat itu adalah judul postingan saya sesaat sebelum saya mengapprove komen kamu. Haha. Misterius.

Soal humanoid Acatama tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Tapi mungkin sesudah ini akan saya posting :))

SkyWatcher said...

Haha.. Kok bisa tepat ya timingnya.. Saya jd merinding lho beneran bro pas bangeet.. ID ini saya pake dr dulu bro jaman riddle yg pertama kali.. Msh ada itu buktinya haha

Bro E sdh nonton filmnya juga?
Saya benar2 penasaran dgn isi film SIRIUS ini.. Jika memang bukan rekayasa, ini sebuah penemuan yg luar biasa menakjubkan, mengingat reputasi Dr. Greer yg bukan org sembarangan..
Di tunggu postingannya :D

RAIN said...

Memang orang2 kayak Bro E,Lica Lawliet(si ahli kode),Bro Hawkson 'K' adalah orang2 kredibel yg bisa jadi inspirator bagi pecinta misteri lainnya.

But who's Kira Lawliet? Well,terkadang 1=2 dan 2=1 memang sering terjadi.
But who knows? :D

Obat Lupus Alami said...

eumm.. jadi gitu yah kenyataanya.. heboh banget nih video...sekarang sudah tau kalau itu adalah promo game

Anonymous said...

saya menontonnya di sebuah acara di TV swasta. yang saya heran televisi swasta sangat tidak cerdas dalam menayangkan berita semacam ini. Mereka menayangkan dan mengomentari seolah olah ini beneran.

Anonymous said...

Kalo kasusnya begini gimana:

Rekaman tersebut beredar dan terus pihak marketing game tersebut memanfaatkan video itu mengambil serta dengan menyamakan kemampuan dalam video tersebut dengan tokoh dalam game nya.

RAIN said...

Anonymous 66 : Kalo si video itu sendiri udah terbukti hoax,maka kasus apapun yg dikemukakan pasti cuma akan berlabel "case closed" deh kayaknya. ;))

Anonymous said...

klo videonya betulan..nyang ngehandle bukan lagi enigma udah kelas BBC ma Nat geo lah..haha

yoka jatnika said...

tambahan dari saya bung E, dari bekas jejak rem mobilnya yg membekas di aspal juga berbentuk lambang game tersbut, yaitu kepala naga dgan kdua tanduknya, dan game tsbt mempunyai beberapa video serupa untk promosi, di setiap videonya selalu terdapat lamabang tsb.

RAIN said...

Well,sebenernya tanpa update pun aku kira this case has been closed,dgn penjelasan yg cukup dari bro E. Tidak perlu mengkaitkan teori konspirasi atau menambahkan kasus2 kemungkinan lainnya untuk sebuah video yg jelas2 HOAX!! Sebagai mistery lovers apakah tidak sebaiknya kita berusaha memecahkan misteri yg bener2 belum terpecahkan? Dan bukan malah meributkan video yg jelas2 hoax?
Kalo setelah adanya update yg bertujuan memperjelas ini masih ada yg menganggap teleportasi tsb asli,maka sepertinya bro E dan beberapa komentator yg kredibel di blog ini ga tau harus menjelaskan seperti apa lagi.

Anonymous said...

hahaha emang kurang kerjaan nie viral bikin heboh ajee..Good Job Bung E'

norman said...

Lho, anon 42 jadi anon 43 sekarang. Kok nggak muncul ya untuk nanggapin??

Anonymous said...

sebenarny itu gw yg ada d videony
gw adl superhero inter galaxy
bisa smua bahasa termasuk bahasa alien,mahluk bumi,hewan sampe kecoak

tolong rahasiakan

Anonymous said...

tata bahasa anda memang luar biasa, orang cerdas keliatan dari cara bicaranya :)

Anonymous said...

Akhrirnya Bang Enigma mendengarkan kata hati Saya. Meskipun Saya telah tahu bahwa ini hanya Viral Marketing (karena sebelumnya Bang Enigma telah memberikan alamat websitnya ketika membalas komentar Saya)tapi setelah Bang Enigma menjelaskannya rasa penasaran Saya telah hilang. Thanks ya...
Do you remember???

Alfyori Sketsa Karikatur said...

Sudahlah Bung E biarkan saja buat yg masih percaya kalo itu asli.. kl bneran lg apes aja tuh jagoan kena rekam cctv hehehe... Bravo Bung E!

Anonymous said...

Maaf Bang E, kayanya yukawanet.com itu dari Jepang, bukan China deh. :)

Dhinie si RaDheeA said...

Awalna liat ni video dari acara o*th#sp^t
Pertama liat aq, ayah n ibu langsung terkesima... "Kok bisa gitu yak?" Pertanyaan pada waktu itu..
Akhirnya jadi penasaran, trus jadilah keinget sama blog enigma yang punya penjelasan hal2 misteri2 gitu...
Langsung search deeh diblog nya bung E (selama ini aq cuma silent Reader sih) dan pada waktu itu masih belum ada postingan ini...
Selang waktu udah gak kepikiran, pas kmren malam buka blog ini eh ada postingan ttg si teleporter dr china dan ternyataa the truth is viral marketing...
Seperti yang saya duga kalau video ini ternyata "fiktif" hehehe... ;p

halilintar8 said...

Bro enigma tolong ulas video penampakan mermaid di youtube dong, yang videonya diambil dari atas tebing dekat pantai... bener nggak itu ya? kayanya bener :) .

Anonymous said...

Makasih om enigma udah di bahas saya jd mengerti sekarang. Sebelumnya saya yg menanyakan video ini pada postingan anda sebelumnya.. Arigatou

Vian said...

Welcoming again...artikel ini yang paling saya tunggu....abis penasaran banget sih

Afzal Mardiansyah said...

Ini adlah salah satu blog trbaik yg prnah sya Baca.. Keep going on...

manos said...

Good video, but still has a flaw. The person who did the teleportation thing vanished from the camera the same as we seen in an edited video. Sorry bro bro. Fake.

Penghuni 60 said...

meskipun cikal bakal teleportasi memang sudah mulai ditemukan oleh para ilmuwan, tp utk menteleportasi manusia, itu msh belum terjadi.

Anonymous said...

Nice job bro E. Never have doubts in you. Kau benar-benar seharusnya menjadi detektif. Lebih untung. Tapi bukan berarti bro E harus ninggalin blog ini, janganlah nanti ndak seru lagi kalau ndak ada bro E. Kalau gitu ndak usah jadi detektif aja, biar blognya tetap lanjut dan bro E lebih santai hehehe...

Anonymous said...

saat menyelamatkan orang bersepeda itu ada bekas lambang banteng

Anonymous said...

Mr. E...

Hampir 2 tahun ga baca postingan Mr. E. Tapi kekhawatiran dan "kangen" nya aku ke blog ini terobati setelah baca buku nya Mr. E :)

Oya... Aku agak2 kaget pas baca bagian SLI.

Believe it or not.. Aku ngalamin itu bulan januari lalu di koridor terbuka rumah sakit di malam hari.
Yang lewat koridor itu malam itu hanya aku sendiri.
Kurang lebih 5 atau enam lampu padam waktu aku jalan tepat d bawahnya dan kembali normal waktu aku menjauh. Padamnya pun berurutan! Padahal lampu taman yg agak jauh nyalanya oke aja tuh...

Jadi aku percaya kesimpulan bahwa SLI dipengaruhi medan listrik otak dan kondisi mental/emosi kita. Krn saat itu aku lg dalan keadaan mental dan emosi kurang stabil n banyak pikiran krn salahsatu orangtua yg dirawat disana.

Dan... Finally I saw UFO with my own eyes.
Iya. Dirumah sakit yang sama, waktu yg berbeda.
Benda bulat pepat putih keperakan terbang di langit dengan meninggalkan riak seperti air di atas sana. Terbang dengan sangat cepat kearah matahari di jam 4 sore. Baru kali itu aku tau, ternyata udara juga bisa beriak. Seperti kita melihat riakan air speedboat dr bawah permukaan laut. Oya.. Waktu itu aku berdua bapak.

Mr. E percaya pengalamanku?

Oya, aku memutuskan untuk pakai nickname baru krn satu dan lain hal :)

Anonymous said...

Oya kutunggu janji Mr.E.. Tapi ternyata buku di gramedia yang memberi tahu aku supaya ngecek blog ini lagi :)


Ga ikut2an skywatcher sih.. Tapi Mr. E pasti tau. :)

I try to hide my track from the other "me". :) ada ide nickname baru? Ahahahaha
Sorry OOT :)

enigma said...

@Anonymous 90: Ada banyak pembaca enigma yang punya alter ego yang beragam. Dan banyak yang menggunakan alter ego yang berbeda-beda tersebut untuk memberikan komentar.

Anonymous said...

Okay... I'll take "anonymous90" as my new nickname. :)

Yup.. Banyak sekali yang memberi komen. Tapi cuma aku deh kayanya yg mimpiin ketemu Mr. E dalam sebuah acara gathering bareng keluarga besar pecinta blog ini :)

Tapi syukurlah Mr. E, anda baik2 saja dan kembali menulis. :) Khawatir deh :) hehehehe

anonymous90

enigma said...

@anonymous90: saya minta maaf karena tidak memberitahu kalau saya mau posting. My fault. I am very-very sorry.

Anonymous said...

:) not a big prob. Toh aku juga akhirnya dikasih tau sama bukunya :)

Baca komen2 di postingan selanjutnya serem juga... Heheh.

Kayanya harus langganan blog ini lagi di desktop. Glad to "see" you again. :)


anonymous90

Hananta Adhi said...

tapi apa teleportasi beneran bisa bang?kalo liat sih,ini diedit dengan After Effect :D *mungkin :D

Tutwuri Handayani said...

Bro E, komen2 yg masuk kan di moderasi, so kalo bisa komen2 spt pertamax atau yg semacam itu tidak usah ditampilkan. Selain gak ada gunanya juga sangat mengganggu. Menuh2in lagi. Terimakasih sebelumnya.

Anonymous said...

Met malam brother Enigma, senang sekali atas kemunculannnya kembali. Mengenai reakayasa camera yang satu ini, sebetulnya brother E kagak perlu repot2 cari sumbernya. Ini sih jelas banget rekayasanya my brother! Saya aja cukup 2x mengulang2 cuplikannya, langsung deh ketauan rekayasanya bro! liat aja di pojok kanan "film" ini, masa sih sepersekian detik abis kecelakaan (perhatiin aja timernya! pada 00.03.34) liat gambar apa yang muncul lokasinya tepat di bawah timernya!) kok tiba2 muncul 2 orang di pojok kanan dengan sebuah peti atau apalah namanya (pedagang asongan kali yaa,heheee..)Padahal sebelum accident sama sekali ndak ada tuh orang, turun dr pesawat UFO kali ya??? Beda banget deh sebelum en sesudah accident, tul gak bro! sukses buat brother E (salam, adrian trp)

MSCM said...

Ternyata superhero toh. Ane kira asli, udah ane publis di blog ane lagi.

qarrobin said...

mas enigma, coba ulas sanggahan berikut tentang teleportation girl https://www.youtube.com/watch?v=mBr_AXAX4n8

Anonymous said...

wah... game favorit ane muncul, Jade Dinasty @_@

btw, thx infonya :)

JEMBAS said...

tolong jelasin dong brother enigma tentang video teleportasi china 2 yang kejadiannya di supermarket..

Anonymous said...

Sekarang Gw liat Para Ilmuan apalah :v ada Videonya Dia Melakukan Teleportasi , dan itu Di liatkan Secara LANGSUNG , dan Di Coba oleh Orang lain .. Jadi Teleport sih Gw masih percaya ngga percaya hehehe

ryan rukmana said...

gan coba dong sedikit ulas tentang "Jumper", ane masih bingung sama cerita yg katanya. naik pesawat dari tahun berapa gitu samapai tahun berapa, maaf saya sedikit lupa soalnya kisah ini sudah ada lama dan tidak pernah di publikasikan ke halayak luas. katanya orang-orang yg naik di pesawat ini sama seperti orang yg pertama naik pesawat itu. tapi yg membedakan hanya umur mereka sangat tua. dan saya ingat sedikit kenapa pesawat itu hilang begitu saja katanya ada ruang dimana kita bisa berpindah seperti Time Traveler. cuman bedanya di teknologi. yg bikin saya semakin nafsu ingin mencari kisah ini adalah dukungan dari kisah nabi Khiidir AS yg terdapat di Al-Qur'an yg sampai detik ini nabi yg masih hidup. dikisah ini nabi Khidir AS masuk ke ruangan yg gelap, dan samapai ke suatu tempat. Dimana beliau tidak mengetahui dimana iya berada.

Maaf gan kalo cerita ane kurang jelas… :)

Sebelumnya makasih tolong di jelasih ya mass... hehehe

Post a Comment