Monday, June 17, 2013

Objek apakah yang telah menabrak pesawat Boeing 757 Air China? Beberapa kemungkinan

Pada tanggal 4 Juni 2013, sebuah pesawat Boeing 757-200 dari Air China baru mengudara sekitar 20 menit (sumber lain mengatakan 10 menit) dari bandara Chengdu dengan tujuan Guangzhou. Pada ketinggian 8.000 meter (28.000 kaki), tiba-tiba terdengar suara keras. Sang pilot yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi segera menghubungi menara pengawas udara untuk meminta ijin kembali ke bandara Chengdu. Ketika sampai di darat barulah terlihat jika hidung pesawat raksasa tersebut telah penyok ke dalam. Apakah UFO terlibat dalam insiden ini?

Berikut adalah kondisi kerusakan yang dialami pesawat tersebut.

Sudah hampir dua minggu peristiwa ini terjadi dan sepertinya sukar bagi dunia maya untuk menganggapnya sebagai hal yang biasa. Terima kasih untuk kreativitas dan imajinasi para blogger dan awak media, peristiwa ini menjadi subjek dari diskusi yang berkepanjangan, termasuk oleh kalian, para pembaca blog enigma.

Ketika peristiwa ini terjadi, saya melihat sebuah fenomena lain, yaitu ketergantungan media, termasuk media di Indonesia, terhadap berita yang dihembuskan oleh media tertentu. Bahkan headline beritanya pun tidak dimodifikasi. Tidak bisa disalahkan, jika ada lonjakan traffic terhadap sebuah subjek, celakalah media yang tidak ikut terjun ke dalam arus tersebut.

Hidung sebuah pesawat penyok dan hampir seluruh media mengkambinghitamkan UFO. Dan mungkin yang paling bertanggungjawab dalam pemberitaan ini adalah thesun.co.uk yang memuat berita ini dengan judul: Did Chinese plane have mid-air crash with UFO?

Jika kita membaca judul ini, kita pasti akan mengharapkan sebuah isi berita seperti: 

"Sang pilot pesawat menyaksikan sebuah sinar terang menyilaukan yang diiringi oleh munculnya sebuah objek berbentuk piringan yang kemudian menyerempet hidung pesawat. Sesaat setelah itu, objek tersebut tidak terlihat lagi dan cahaya menyilaukan tersebut lenyap"

Jika beritanya seperti itu, wajar jika kata "UFO" dimunculkan dalam headline. Namun kita tidak bisa menemukan isi berita semacam itu. Dari udara hampa, thesun melakukan deduksi yang luar biasa aneh.

Sebenarnya penggunaan kata UFO tidak bisa dibilang salah. Setiap benda terbang yang tidak teridentifikasi bisa dikatakan sebagai UFO. Namun, arah pemberitaan thesun.co.uk jelas. Ini terlihat dari ilustrasi yang ditampilkan dan narasumber yang dihubungi.

Untuk kreativitas, thesun menduduki urutan pertama.

Selain memberikan ilustrasi sebuah piring terbang yang komikal, mereka juga menghubungi NIck Pope, seorang pengamat UFO yang dengan yakin segera berkata "Kasus-kasus seperti ini menunjukkan bahwa, tanpa memandang apakah seseorang mempercayai keberadaan UFO atau tidak, ada masalah keselamatan udara yang serius disini. File lembaga penerbangan dan kementerian pertahanan menunjukkan adanya banyak kasus tabrakan udara yang hampir terjadi antara UFO dan pesawat komersil"

Dengan kata lain, bagi Pope, jelas piring terbang dari planet lain bertanggung jawab atas insiden ini.

Tapi, jika mau jujur, seharusnya media menyadari bahwa peristiwa semacam ini bukan sesuatu yang asing dalam dunia penerbangan.

Dibanding mengambil lompatan deduksi yang luar biasa aneh dengan menuduh sebuah piring terbang, sebaiknya saya memberikan kepada kalian beberapa kemungkinan alternatif atas apa yang terjadi pada pesawat Air China 757-200.

Lalu bagaimana dengan piring terbangnya?

Kalian bisa melupakan itu.

Jika sebuah piring terbang logam berukuran besar dan berkecepatan tinggi menabrak hidung pesawat seperti itu, apakah kita mengira pesawat 757 tersebut masih bisa kembali dengan selamat dan hanya mengalami penyok?

Jadi, sebagai alternatif, saya akan memberikan tiga kemungkinan dan referensi. Saya tidak bisa memastikan apa yang menabrak pesawat tersebut, namun saya tahu pasti kalau peristiwa tersebut bukan sesuatu yang aneh.

Kemungkinan pertama - Hantaman bongkahan es
Peristiwa semacam ini pernah terjadi, walaupun cukup jarang. Saat terjadinya badai, bongkahan-bongkahan es bisa menghantam pesawat yang melewatinya. Bongkahan-bongkahan es yang keras dengan mudah merusak permukaan pesawat.
Namun, bongkahan es ini biasanya muncul dalam jumlah banyak sehingga kerusakan yang ditimbulkannya akan lebih parah dan luas, tidak terbatas pada ujung hidung. Permukaan es yang keras akan membuat cacat permukaan pesawat dan membuat catnya terkelupas, seperti yang terlihat pada pesawat berikut ini.
Pada sebagian kasus, hantaman es ini juga membuat kaca kokpit retak.
Jadi, apa yang menimpa pesawat Air China kemungkinan bukan diakibatkan oleh bongkahan es.

Kalian bisa melihat contoh kecelakaan akibat bongkahan es pada link berita BBC berikut ini: Huge hailstones cause flight mayhem.

Kemungkinan kedua - Kerusakan struktur internal pesawat 
Hidung pesawat atau yang disebut radome (Radar Dome) memiliki struktur internal yang unik. Ia tidak padat seperti bagian tubuh pesawat lainnya karena fungsinya terutama untuk melindungi radar pesawat. Rongga yang dimilikinya memungkinkannya untuk penyok ke dalam seperti yang dialami oleh pesawat Air China tersebut.

Jika terdapat cacat pada Radome ini, maka tekanan udara yang kuat bisa membuatnya penyok. Cacat yang terjadi bisa diakibatkan oleh sambaran petir atau tabrakan burung pada hari-hari sebelumnya. Seorang pilot pernah bersaksi bahwa hidung pesawatnya penyok hanya karena sepotong paruh burung yang tertinggal di dalam radome pada tabrakan yang terjadi hari sebelumnya.

Salah satu kasus kerusakan internal yang menyebabkan penyok seperti China Air adalah kasus yang dialami oleh Northwest Airlines pada tanggal 7 Juli 2008.

Awalnya, kerusakan ini dicurigai sebagai tabrakan dengan burung. Namun setelah otoritas keselamatan penerbangan Amerika, FAA, menyelidikinya, mereka menemukan penyebabnya karena kerusakan internal.

Jadi, bisa saja itu yang dialami oleh pesawat Air China. Namun masalahnya, jika kita melihat pada hidung pesawat tersebut, terlihat adanya cacat bekas tabrakan di kiri bawah.

Kita memang tidak tahu kapan bekas hitam itu muncul. Bisa saja beberapa hari sebelumnya dan pesawat tersebut belum dicat ulang. Jika demikian kondisinya, maka penyok akibat tekanan udara menjadi penyebab yang mungkin sekali.

Tapi, jika cacat tersebut muncul saat terjadinya penyok, maka penjelasan ini menjadi mentah.
Kemungkinan ketiga - Tabrakan dengan burung
Pihak Air China sendiri memberikan jawaban ini sebagai penjelasan resmi. Namun, beberapa pihak meragukannya karena tiga faktor, yaitu ketinggian pesawat saat terjadi tabrakan (8.000 meter) yang terlalu tinggi untuk seekor burung. Lalu kondisi permukaan hidung pesawat yang bersih dari darah dan terakhir adalah besarnya penyok.
Menurut saya pribadi, jawaban ini adalah jawaban standar yang sangat mungkin. 
Akan saya berikan alasannya.
Keberatan Pertama, apakah ada burung yang bisa terbang pada ketinggian 8.000 meter atau 28.000 kaki?

Jawabannya ada. 

Gambar di bawah ini diambil dari jeb.biologists.org.
Ada beberapa jenis burung yang bisa terbang melebihi 8.000 meter. Burung Bar-headed goose yang bisa terbang hingga ketinggian 9.000 meter adalah burung yang berasal dari Asia dan ia bisa terbang sampai ke puncak Himalaya dalam tempo 8 jam.
Sebuah pesawat Jet yang terbang pada ketinggian 8.000 meter atau 30.000 kaki akan dengan mudah menjumpai burung ini di udara.
Saya tidak bisa memastikan bahwa burung ini yang menabrak pesawat Boeing 757 Air China, namun jelas ini adalah salah satu kemungkinan.
Jadi, keberatan sebagian orang atas tabrakan burung yang berhubungan dengan ketinggian dapat dijawab dengan mudah.
Sekarang keberatan kedua.
Jika tabrakan burung, dimanakah darahnya?
Benar, jika seekor atau sekelompok burung menabrak pesawat, kemungkinan besar memang akan meninggalkan bekas darah, bahkan seringkali pemandangan yang terlihat sangat brutal, seperti yang terlihat di bawah ini.
Tabrakan burung dengan pesawat United Airlines.
Atau tabrakan burung dengan pesawat Delta Airlines berikut ini.
Jelas sekali terlihat adanya bercak darah.
Namun, kondisi hidung pesawat yang diakibatkan oleh tabrakan burung tidak selalu seperti itu. Misalnya tabrakan antara pesawat Garuda Boeing 737-800 Jakarta-Palangkaraya dengan seekor burung elang berikut ini. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 21 April 2012.
Pesawat tersebut menabrak seekor burung elang seberat satu kilogram dan menimbulkan penyok yang hampir sama persis dengan pesawat Air China 757 dan hanya berbeda ukuran (Perhatikan bekas penyoknya yang rapi walaupun ditabrak oleh seekor burung).
Sudut benturan mungkin menjadi faktor ada atau tidaknya darah. Sama seperti pada sebuah kecelakaan lalu lintas. Pada sebagian kasus, darah bisa terlihat pada kendaraan, sebagian lagi tidak. 
Dalam kasus Air China, bekas tabrakan mengindikasikan kalau tabrakan tersebut tidak terjadi secara frontal. Melainkan hanya menyerempet di kanan bawah hidung pesawat (Soal ini, ilustrasi piring terbang thesun cukup akurat).
Karena struktur hidung atau radome yang berongga, maka terjadilah penyok ke arah dalam seperti yang kita lihat dari fotonya.
Kemungkinan lain adalah, dalam perjalanan turun, pesawat melewati hujan sehingga bekas darah bisa terhapus.
Lalu, keberatan terakhir. 

Jika tabrakan itu diakibatkan oleh seekor burung, maka burung apakah yang bisa menyebabkan penyok sebesar itu?
Tidak dibutuhkan seekor burung sebesar kerbau untuk membuat penyok sebesar itu.
Jika saya melempar sepotong agar-agar ke kepala anda, maka anda tidak akan terbunuh. Namun jika saya melemparnya dengan kecepatan 900 km/jam, agar-agar itu akan membuat anda tewas seketika.

Kecepatan gerak objek yang menabrak akan menentukan tingkat kerusakan yang ditimbulkannya.

Pesawat Boeing 757-200 memiliki kecepatan 0,8 Mach atau sekitar 900 km/jam. Pada saat terbang dengan kecepatan tersebut, seekor burung yang memiliki ukuran seperti Bar Headed Goose bisa menyebabkan penyok sebesar itu. Namun karena tabrakan tidak terjadi secara frontal, maka pesawat tersebut tidak mengalami robek.

Jika tabrakan terjadi secara frontal, maka kemungkinan kita akan menemukan kerusakan yang sangat parah seperti contoh di bawah ini.
Pesawat ini adalah Iberia A340 yang terbang dari Madrid ke San Juan pada tanggal 13 Mei 2012. Seekor burung Nasar menghantam hidung pesawat dan masuk ke dalamnya (Bekas tabrakan relatif bersih dari darah).
Atau menyisakan sisa tabrakan yang bersimbah darah seperti contoh di bawah ini. 

Kesimpulan
Seperti yang saya katakan di awal, saya tidak bisa menyimpulkan apa yang menabrak pesawat Boeing 757 Air China. Namun saya menemukan bahwa kemungkinan tabrakan dengan burung atau kerusakan internal jauh lebih besar dibanding tabrakan dengan sebuah piring terbang.

Pesawat Air China mengalami penyok, menyisakan bekas tabrakan kecil berupa bekas guratan hitam. Ini mengindikasikan bahwa apapun yang menabrak pesawat tersebut  pastilah sebuah benda kecil dan lunak yang tidak menabraknya secara frontal.

Jadi, tabrakan dengan burung merupakan sebuah jawaban yang sangat masuk akal. Namun, jika guratan pada hidung pesawat sudah ada sebelum tabrakan, maka kerusakan internal menjadi penyebab yang paling mungkin.

Pada masa lalu, pernah terjadi peristiwa kerusakan internal atau tabrakan dengan burung yang meninggalkan bekas kerusakan yang mirip sehingga tidak mustahil hal yang sama terjadi pada Air China.

Berapa banyak kerusakan akibat tabrakan dengan piring terbang di masa lalu yang bisa kita bandingkan?  
Jadi, darimana kesimpulan piring terbang atau UFO muncul? Itu yang tidak saya mengerti.

Referensi
Chinadaily.com.cn

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

294 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 294   Newer›   Newest»
yudhi said...

bro enigma beberapa gambar ga muncul?
gw udah refresh tapi kondisi masih sama?

RAIN Skywalkers said...

Kesimpulan menabrak UFO,muncul karena ada orang2 yang sedikit malas untuk berfikir tentang adanya kemungkinan lain yg lebih masuk akal.
Dan adanya orang yg dgn mudah terpengaruh informasi tanpa pertimbangan.

Silva said...

Saya baru tahu kalau pesawat garuda pernah ngalamin kayak itu bro. thesun tahu sendirilah. biang kehebohan. kayaknya saya belum liat dibahas sama on the spot atau infotainment nih.

Benedictus said...

Asik pertamax kah, Cuma kalo nabrak burung buat saya gak masuk deh bro, kenapa? karena gak ada jejak2/bercak darah di hidung pesawat, yg paling mungkin yg ke 1 dan kedua bro, pendapat saya si.

soalnya di gambar ketiga jelas ada jejak merah/darah bila menabrak burung

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

Darimana pendapat karena tabrakan UfO ya?

-mungkin tidak banyak yang tau ada burung terbang sampai puluhan ribu kaki di udara
-melebih-lebihkan berita(ini sepertinya sudah lazim)
-bentuknya yang aneh(rapi dan lonjong) jadi orang yang pertama kali melihatnya akan langsung terpikir ke UFO.

Menurut saya memang benar kata anda karena burung. Mungkin sudut tabarakannya tidak benar-benar lurus sejajar tapi sedikit menyerempet dan arah burungnya agak kesamping kanan dilihat dari gambarnya. Jadi tabrakannya tidak brutal dan menjadi rapi. Anda luar biasa.

Silva said...

Oiya, mungkin hidung pesawat itu kayak bola. kalau bola kita tekan, biasanya penyoknya juga rapi.jadi kalau seperti itu, burung memang masuk akal.

Wahyu Agung said...

menurut pandangan, sumua ini terjadi akibat media itu lebay, jika tertulis penyebab kerusakan seperti pendapat bang enigma, beritanya hambar ga bisa dijual, makanya dibuat seolah2 ditabrak UFO biar pada heboh dan laris beritanya.

CMIIW (correct me if i wrong)

enigma said...

@Thinkerboy: Misteri ini tidak akan bisa dipecahkan dengan gugling. Namun kita perlu melihat penjelasan yang lebih ilmiah dulu ketimbang masuk ke spekulasi yang tidak ada dasarnya. Saya sendiri tidak punya jawaban yang pasti.

RAIN Skywalkers said...

@benedictus : ada bercak hitam di sudut kiri bawah. Like bro E said,kalo pesawat itu sempat terkena hujan,pasti bekas darahnya akan hilang.

Thinkerboy said...

Thinkerboy

Saya tidak pernah mencari jawaban misteri dari googling. Tidak pasti. Berspekulasi pun sama. Satu-satunya mungkin tes DNA yang pernah anda katakan. Lebih simPATI(spekulasi ilmiah tepat dan pasti). mulai kambuh rasa penasarannya jadi aneh deh....

Anonymous said...

Analisa yang bagus mas. :D

kadang-kadang komunitas PENCINTA UFO/ALIEN memang begitu Lebay :v

enigma said...

@Thinkerboy: Kalau saya hanya mengandalkan google bro. makanya saya tidak punya jawaban pasti soal ini. haha. Tapi, tes DNA memang perlu dilakukan.

Anonymous said...

Nice posting, memang yg paling masuk akal burung karena kita tdk tahu setelah mendarat pesawatnya diapakan

Bung E. tolong bahas misteri slenderman dong, saya udah googling tapi belum ada yg bisa menjelaskan secara lengkap mahkluk apa slenderman itu

Mungkin kalau Bung E. yg posting akan terungkap mahkluk apa slenderman itu

Benedictus said...

@Bro rain : Kalo begitu kita harus lebih melihat dari bukti cuaca saat itu juga. apakah memang hujan?

Kalo dari saya lihat bentuknya, yg lbh memungkinkan itu tertabrak es, kalo di liat dari iklim. Karena Negara cina berada di daerah sub tropis dan tropis, jadi lebih memungkinkan bila menabrak es.

Anonymous said...

Keberatan Pertama, a pakah ada burung yang bisa terbang pada ketinggian 8.000 meter atau 28.000 kaki?
Jawabannya ada.
"a pakah" nya tidak dipisah...

Anonymous said...

Mr.G(uardian) said

Mr.E, link yang kemarin saya kirim sudah di identifikasi atau belum?
saya hanya penasaran dengan objek hitam di foto yang saya ambil...
maaf out of topic... ^^

skywalker said...

biasa bro, media pemberitaan cuman buat sensasi,
nice info bro , as always

Thinkerboy said...

Thinkerboy said
@enigma
Saya sih lebih suka referensi di buku. Entah kenapa. Ada di dekat rumah saya yang menjual buku misteri dunia. Tapi sumpah bukunya paling murah Rp500,000. Wah,harus nabung dulu banyak-banyak :)). Mengenai UFO., burung tidak dikenal apa bisa dikatakan UFO atau maksimal makhluk hidup terbang?

Anonymous said...

Ini yg gue suka dari enigma,lain dng blog lain.....

Wiwib said...

30 besarkah? Baca dulu.
Peristiwa ini pernah ditayangkan di liputan berita di salah satu TV swasta dengan judul "Pesawat Terbang di China ditabrak UFO". Memang seperti terburu-buru ya?

Anonymous said...

kasusnya belum ditutup dan ini cuma beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya. masih ada kesempatan buat nyari jawaban pastinya sodara sodari :) tengkiyu bang e

"jp"

Molotoft said...

dilempar agar-agar dengan kecepatan 900km/jam.
gw jadi kepengen liat tu om. hahaha.....

Loutfie na said...

kalo menabrak UFO pasti cacat yang ditimbulkan parah, tidak cekung melainkan robek linear.

kalo menabrak burung, mungkin yang ditabrak burung pterodactyl, hahaha.

Anonymous said...

selalu kagum sama hasil analisa Mr.Enigma :)
tidak "dangkal" seperti kebanyakan orang dalam memikirkan suatu kasus, maju terus Mr.Enigma ! :D

charles said...

kayaknya memang paling mungkin adalah nomor 3
Tetapi karena pihak China suka menghebohkan makanya dibilang kena UFO biar jadi sensasi.

Jadi penasaran klo beneran kena burung, burungnya mental kmn yak:D

Anonymous said...

Klo Orang Manado blng itu krna Burung Bajingan :)

Anonymous said...

Tidak ada misteri pada kasus ini.
Kasus ditutup!

TS SKUBE

Sutera Gordyn said...

jawaban mungkin tidak dapat di temui dalam waktu dekat ini,tp 1hal yg pasti kalau itu pesawat dgn kecepatan 900km/jam menabrak 1kg besi sudah bisa di pastikan pesawat tersebut NYUNGSEP.. hal seperti ini sudah pernah di bahas di discovery channel soal pesawat antariksa yg kembali dari peredarannya tiba2 meledag.. setelah di teliti pas peluncuran pesawat tersebut menyentuh sebuah busa sebesar sabun batangan dgn berat tidak sebih dari 10gram..

Ridho b. s said...

Wah, keren penjelasannya bung e.. Masuk di akal :D

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

@slamet fadli: kurang lengkap brother. Maksud anda mungkin unidentified "flying" object. Salam kenal

Anonymous said...

Klo udah di jelaskan ama mas E kyaknya kita udah gk perlu bnyak tanya deh!

Tetsukichi takizawa said...

'Jadi, darimana kesimpulan piring terbang atau UFO muncul? Itu yang tidak saya mengerti'

jawabannya: ILLUMINATI bung E...

Anonymous said...

Bravo as always. Sudah lama ngak baca blog ini. Saya benar - benar kagum akan Bang Enigma. Saya selalu salut atas pekerjaanmu sebagai pengungkap misteri - misteri di dunia. Sudah hampir 1 tahun ndak baca blog ini, terakhir sampai cadborosaurus. Eh tahu-tahunya udah nyampe sini. WKWKWK...

myeyes0125 said...

Nice!!
Uraian yang masuk akal, ilmiah. Like it!!!
Kasian si UFO, sering di kambing hitamkan. Hehe...

Anonymous said...

Bro "E" minta dikupas lagi dong hal2 tentang misteri pembunuhan yang ga terpecahkan.. heheheh kayaknya uda lama deh ga baca yang bagian itu lagi

Leon Vicious said...

@Lica Lawliet : tadi aku liat foto profil blogger kamu manis n cantik. :) Apalagi adik kamu yang kecil kalo udah gede pasti manisnya melebihi kamu :)

Anonymous said...

Bung enigma udah pernah ngulas tentang hantu kereta api jepang yg sempet heboh kmaren2 belum....real atau viral marketing kah?terlalu rapih rekaman nya...cekidot di youtube penampakan hantu yang menjadi headline di jepang...

Donny A Rovoly said...

Hihihi..ane sempet nanya kasus ini ke bung E,di jawab sih,tp dikit bgt,eeeh...skarang di bahas. NICE!!! ane harus belajar nih dari cara bung E menyelesaikan persoalan. dan sekarang ane jd, "cari kebenaranya sebelum memutuskan"

Persephone said...

Enigma berkata :

Kalau saya melemparkan agar agar padamu dengan kecepatan 900km/jam, kau pasti langsung tewas. -_-

Apa om Enigma pernah mencobanya? Coba lemparkan padaku sini @_@

Anonymous said...

Untuk kasus kali ini, saya setuju, kesimpulan bahwa pesawat tertabrak UFO dari luar angkasa betul2 mencerminkan suatu kemalasan berpikir. Tapi secara umum, perlu diingat bahwa istilah UFO itu tidak harus selalu berasal dari luar angkasa (sama halnya dengan kata penggunaan kata 'alien').

Agla said...

Dear Bung-E, sy berharap Bung-E bisa menerbitkan buku Enigma ke-2, ke-3,dst agar semua yang ada di-Blog ini bisa dimuat.... BTW untuk teka-teki di buku Enigma jika Bung-E tidak mau memberi jawaban, tolong beri saya clue-nya, karna saya sangat penasaran.Tks..

Haryadi Be said...

wkwkwkwkwk

"burung sebesar kerbau.." kalo kesenggol modyar apalagi nabrak..hahhahhaahaaa

Anonymous said...

masa sih bang sepotong agar-agar kalau dilempar ke kepala dengan kecepatan 900 km/jam, agar-agar itu akan membuat orang tewas seketika? menurutku paling cuma bikin kepala senut-senut, agar-agar kan sangat lunak sekali, sekuat dan secepat apapun orang melemparkannya ke kepala kayaknya ngga bakal bikin orang terluka apa lagi sampai tewas :)

Budi said...

saya selalu terkagum kagum dengan analisa bang Enigma......(y)

afrianto RJ said...

mantap bung E, analisa yg bagus, jangankan 900 km/jam , kerikil sebesar kelereng yg terlontar dari bak truk dgn kecepatan 100 km/jam pun sanggup memecahkan kaca depan mobil Toyota Lancer temen gw (gw saksi mata krn berada di belakang sopir), paruh burung dan tulang burung setau saya keras banget deh, wajar kerusakan yg ditimbulkan efeknya spt itu, pun body peswat didesign utk kekuatan benturan, tetapi didesign berongga pada beberapa bagian utk lebih ringan tetapi kuat menahan terpaan angin (just my opinion)

UK said...

hahhaah.. gw demen nih sama komen Bro E yg ini:

"Namun jika saya melemparnya dengan kecepatan 900 km/jam, agar-agar itu akan membuat anda tewas seketika."

mau test ah hahaha.. masalahnya.. kendaraan apa yg bisa secepat itu di jalanan :)))

good job Bro E....

Hantu-Nasionalis said...

Jadi inget pernah baca artikel tentang kereta api dan lalat :D

kereta api bisa mundur sejenak ketika bertabrakan dengan lalat

Apalagi agar2 yang ditimpuk dengan kecepatan 900km/jam yak??

enigma said...

@anonymous 9:17 AM: kalau menggunakan rumus energi kinetik, sepotong agar-agar dengan berat 2 ons yang bergerak dengan kecepatan itu akan menghasilkan energi kinetic 6.250 joule. Lebih tinggi dari energi kinetik sebuah peluru yang ditembakkan, yang hanya sekitar 5.000 joule.

dhanoe penggemar misteri said...

bro E dan penggemar semua coba masuk dehh ke link ini www.kavie-design.blogspot.com/2010/11/misteri-ogopogo-yang-tinggal-di-danau.html?m=1

ini penampakan nya jelas banget gan.
coba dehh bro E di update lagi donkk tentang ogopogo nya.

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

@enigma: pintar fisika juga ya?
Berat bukannya beda sama massa?

Anonymous said...

Gw jadi inget dulu blog enigma. Pendek,trus gak ada analisa,trus yang komen dikit banget. Hehehe. Ada salah satu postingan enigma cuma 3 orang yang komen. Gw heran wktu itu. Sekarang berubah menjadi blog yang panjang, rumit, penuh analisa yang mengagumkan. Pantesan banyak yg bilang ini orang bukan E yg dulu. But you always in my heart

enigma said...

@anonymous 12:12 PM: sebaliknya, sebagian beranggapan bahwa "akhir-akhir" ini saya tidak membuat postingan yang "cukup rumit" sehingga kemungkinan saya bukan orang yang "dulu" lagi.

Anonymous said...

@enigma: iya, berarti pembaca itu fokusnya pada postingan anda mulai 2010 yang buaya itu. Cukup rumit. Nah, beda sama yang tahun 2009 dulu. Postingan bung E terlihat nanggung. Sedikit, terlalu simple.

enigma said...

@anonymous 12:40PM: Jadi, kesimpulannya ada 3 orang berbeda yang menulis blog ini :))
Tidak semua postingan harus panjang, rumit dan penuh analisa. Untuk apa menganalisa sesuatu yang tidak perlu dianalisa? Dan untuk apa membuat rumit sesuatu yang tidak rumit? Haha.

Lica Lawliet said...

Halo, makasih haha. itu foto saya sm temen saya yg sblh kanan.. :D

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

Bukannya bagus ya kalau blog ini berkembang. Malah sangat bagus. Pertama sdr. E menulis blog sangat sedikit tentang balon yang dikira penyihir lalu berkembang pesat menjadi blog yang mengestimasikan sesuatu. Mulai berpikir logic,panjang, rumit dan menggunakan sumber lebih banyak. Itulah menurut saya blog yang ideal. Cuma, sejak sdr. E menghilang orang berpikir ada yang meneruskan blog ini. Waktu dibilang meninggal semua penggemar shock. Tidak pakai akal sehat deh untuk membuat heboh. Kalau ingin blog yang sempurna buat saja sendiri memangnya pemilik blog ini pelayan 24 jam yang harus membuat blog dari request pembaca. Ah...sudahlah kok saya yang cengcingcong disini. Peace :)).

djap2 said...

aku jadi teringat acara di national geography, yg membahas keanehan/fenomena yg terjadi disuatu daerah

saat itu acaranya mengenai "pesawat jet yg menabrak rusa santa claus"

saat mengudara,pilot merasa bagian salah satu sayap pesawat jet
nya membentur sesuatu,setelah landing didapati bercak darah di ujung sayap pesawat sblh kiri, semula semua mengira hal itu lumrah,dan mengira seekor burung telah tertabrak oleh jet tsb,namun utk membuktikan alibi tsb,sampel darah dibawa ke lab,dan tebak XDD ,itu darah rusa 100% tanpa ada objek lain yg tertinggal di sayap jet tsb.para peneliti kaget,"apakah jet tsb telah menabrak rusa terbang santa claus"

sampai sebulan lamanya tidak ada petunjuk lain,dan terpaksa utk sementara rusa menjadi pelakunya.semula saya jg berpikir begitu saat menonton acara tsb,sampai pada akhir acara,para peneliti mendapat titik terang,diantara sampel darah itu terdapat sehelai bulu super halus,ukuran mikron,dan diketahui bulu itu merunjuk pada burung hering/burung bangkai.

setelah itu semuanya menjadi masuk akal,krn area yg dilintasi jet itu berupa hutan dan perbukitan di amerika sana,dan burung hering tsb kemungkinan telah memakan daging rusa(bangkai rusa) dan masih tersimpan dalam temboloknya,bangian itulah yg tertabrak oleh jet,karena kemungkinan karena kecepatan jet tsb,bulu2 dan kulit burung heringnya terlepas dan tersisa hanya darah rusa nya.

utk kasus diatas saya salut lah sama bang enigma,bongkahan es,burung,dan tekanan udara semua masuk akal,kecuali UFO x.x beghh...

bar headed goose,sekiranya paling masuk akal,kelihatan seperti bebek/angsa yg bisa terbang migrasi dengan jarak yg luar biasa.jenis unggas ini tekstur dagingnya cenderung keras,jd jika tertabrak ada kemungkinan tubuh nya tdk lgsg robek/hancur,sehingga darahnya tidak sempat tertinggal di muncung pesawat.walau kecepatan pesawat 900km/jam (hanya dugaan saya)

perbedaan tekanan juga masuk akal sih,antara tekanan dalam pesawat dengan tekanan udara diluar,apalagi percepatan pesawat yg begitu tinggi,dan bahan pesawat yg campuran aluminium,seperti minuman kaleng soda,masalahnya ada pada goresan hitam di bawah cekungan pesawat.

demikian komen saya,ty ya. maju terus bro enigma
(request UFO pasca tordano di amerika ty)

Anonymous said...

Ya', itu yang ku maksud. Pembaca yang bilang pembuat blog ini beda adalah orang yang alay dan lebay.

enigma said...

@thinkerboy: Dari dulu saya selalu menghimbau untuk Jangan mudah percaya dengan sebuah berita yang tidak jelas. Ada satu orang yang bilang enigma sudah meninggal dan mewariskan tulisan mengenai "SPONGE BOB" dan banyak yang percaya. Agak aneh bagi saya. haha.

@djap2: Saya suka cerita kamu djap. Itu menunjukkan bahwa bahwa penelitian yang seksama bisa mencegah kita mengambil kesimpulan yang mengada-ada.

Anonymous said...

@ enigma
TuaDijalan
Pertamax tu apa sih?
Emangnya bang Enigma jualan bensin?
Ko kyanya gk penting banget ya?

Anonymous said...

bisa jadi surveillance drone nya amerika serikat yg sedang memata-matai china
ya tapi kemungkinan besar adalah burung seperti yg bang e bilang

enigma said...

@tua di jalan: itu artinya "pertama". Itu budaya kaskus. Jadi saya maklumin saja.

afrianto RJ said...

saya cuman kasian ama burung yang nabrak pesawat itu, apes banget dari segitu luas nya space, kog bisa nabrak pesawat yg cuman secuil di angkasa raya :(

mtsnpamulihan said...

ditabrak burung aja udah penyok kaya Iberia A340, apalagi dengan piring terbang yang terbuat dari besi, dengan piring makan aja gimana hasilnya?

Stalk the Stalker said...

Enigma bahas lagi dong kasus - kasus dengan tipe kasus seperti face of belmez...

pengen tahu apakah ilmu pengetahuan benar - benar bisa mengalahkan teori - teori mistis...

Prista Rhiendy Erfrinova said...

dari awal pemberitaan, aku udah mikir pasti gara2 tabrakan sama burung.. pas tau yg di kambing hitamkan itu si UFO.. sempet syock juga ya..
ini orang2 pada mikir apa coba sampe UFO di bawa2.. hehe

-pre-

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

Brother Enigma lagi bimbang sekarang. Bahas apa ya?. Hahaha. Ada yang bilang bahas cryptid, ada yang bilang konspirasi, ada yang bilang perbanyak kasus UFO, ada yang bilang bahas soal penampakan, ada yang bilang perbanyak tentang monster. Saudara Enigma sabar ya. Memang begitu resikonya. Haha. :smile:

Anonymous said...

Lalu kenapa Enigma tidak menulis ulasan yang rumit saja. Supaya blog enigma bisa mendapakan jati dirinya kembali?
-tulisan yang panjang, penuh dengan analisa, dan tidak membuat pembaca bosan-

troy said...

broo.... kenapa mobil bisa mati mendadak wkt menerobos palang pintu ....rel kereta,...??

enigma said...

@troy: sebenarnya tidak ada hubungannya. Mungkin karena ketika menerobos, pengemudi jadi lebih panik sehingga ia gugup. Tapi memang disarankan untuk tidak memindahkan gigi sewaktu lewat di atas rel kereta api.

Manos said...

This is manos speaking..
Membaca soal burung, melempar & kerusakan membuat manos ingat satu hal.. Angry bird. Logis sih,, burung diketapel bisa hancurin batu.
Bro enigma, please, kabulkan satu keinginan manos. Tolong posting soal episode sponge bob red mist yg katanya misterius. Hihi.
Yah, mudah2an dipertimbangkan.
Manos out.

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

To enigma: bro, episode spongebob itu kenapa heboh sekali ya? Padahal sudah lama tapi masih jadi perdebatan. Katanya Squidward(benar tidak tulisannya?) dibuat matanya mengeluarkan darah dengan audio yang menganggu pendengaran. Efeknya seperti cuci otak jika ditonton berkali-kali. Entahlah. Benar kata Manos. Tolong bahas. Sekali saja kabulkan dong post tentang episode Red Mist- nya. Ini pertama kali request dan semoga menjadi pertimbangan dan segera di posting. Please.

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

To Enigma: iya benar. Saya penasaran dengan episode Red Mist Spongebob Squarepants. Katanya mata Squidward dibuat mengeluarkan darah dengan audio yang menggangu pendengaran. Dan katanya lagi, jika menonton videonya dan suaranya sangat lama, akan berefek sama seperti kita mendegar lagu Karl Meyer-reverse. Dan jika anda bertanya dimana misterinya, saya mungkin bisa menjawab misterinya ada di pembuatannya. Untuk apa? Kenapa kartun anak-anak dibuat seseram itu?. Kenapa bisa tersebar padahal sudah dilarang. Dan lagi, videonya ada dimana-mana. Ini kan sangat berbahaya. Tolong kabulkan request saya dan manos. Please,please,and please

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

Lho kok komen yang rusak ditampilin. Haha. Rugi ngirim komen lagi. Sorry brother.

Donny A Rovoly said...

@all : jangan kan agar2, air saja yg memiliki tingkat kepadatan yg jauh lebih rendah dari pada agar2 kalau kita tabrak dengan kecepatan 900km/jam sama aja kita nabrak tembok beton, bukan begitu bung E??. Kalo gak percaya coba cari penjelasan kasus hancurnya pesawat air france yg hancur lebur saat menghantam lautan (ini lupa tepatnya, tapi kira2 begitulah)

enigma said...

@anonynmous 5:41 PM: Jati diri enigma bukan tulisan yang panjang dan rumit.

@Manos dan Thinkerboy: Haha. nanti saya cek bro.

Donny A Rovoly: Benar sekali bro. Pesawat jatuh ke air pasti hancur berantakan.

hanan hans said...

Mantap bang E..
media sekarang emang jualan semua..

Good to have you back, by the way..

Ridho b. s said...

900 Km/jam, sama seperti kecepatan pesawat jet, Me 262 punya nazi jerman.. Ga kebayang kalau agar2 dilempar dengan kecepatan segitu.. :D

Persephone said...

Oh Spongebob episode Red Mist ya?

Saya sarankan untuk om Enigma, JANGAN TONTON VIDEO ITU

Tau gak? Saya semalaman gak bisa tidur gara gara episode mengerikan itu.

Buset dah, Squidward matanya ngeluarin darah, bunuh diri pake pistol lagi -_-

Episode itu sesungguh-nya tidak di produksi oleh Nickelodeon, namun buatan seorang pembunuh dari Skotlandia.

Soal di sebar luaskan, memang sih sudah pernah di upload ke youtube dan mungkin sudah di upload ulang ke situs situs lainnya. Namun jujur saja pihak Nickelodeon tidak pernah mempublikasikan episode itu. Jadi itulah sebab-nya kenapa episode itu tidak tayang di TV karena membawa pengaruh buruh buat anak anak.

Eh om Enigma, pliss ya jangan bahas soal itu. Kalian tidak mau kan om Enigma kita ini sampai kenapa kenapa? Makanya sebaiknya anda melupakan saja soal Red Mist itu :(

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

@persephone and Enigma: saya pernah menontonnya. Tapi benar-benar saya lupakan. Walaupun begitu, saya masih ingat sedikit ceritanya. Mudah-mudahan benar.

Pertama, squidward latihan klarinet dan diganggu oleh spongebob dengan suara tawanya.
Tak lama kemudian, ada pria(ikan) pakaian kotak-kotak(seperti pakaian skotlandia) datang dan matanya merah darah sambil mengatakan "red-mist is coming".
Sampai di resital klarinet, squidward bermain mengecewakan dan semua penoton matanya berwarna merah.
Squidward pulang dengan wajah murung.(Adegan ini dibolak-balik) katanya mulai saat inilah mimpi buruk dimulai.
Layar mulai bergoyang dengan audio seperti tv rusak.
Lalu,ada tirai terbuka menampilkan wajah squidward yang menangis mengeluarkan darah dengan suara jeritalalu squidward mengambil pistol dan menodongkan pistol kekeplanya. Dan iapun bunuh diri.entah masih ada yang kurang kayanya. Brother sebaiknya kalau mau menonton jangan menggunakan suara. Begitu sebaliknya.

Erlhank pegasus said...

ah episode spongbop redmist itu cuman episode yg sering tayang di TV cuman bedanya yg redmist itu di edite sedemikian rupa . . .gak percaya liat aja . . !! Udah nonton beberapakali,gak ada apa"nya itu episode. . . .

Anonymous said...

Video Red Mist sepertinya tidak ada bedanya dengan video Moreana Mordegard Glesgorv, hanyalah video hasil karya orang iseng, video itu editan daripada berbagai macam episode spongebob, saya mempercayai bahwasanya video itu hasil editan karya salah satu member creepypasta dan bukan seorang pembunuh skotlandia, karena dari berbagai sumber yang saya baca saya tidak menemukan siapa sebenarya nama pembunuh itu, dan video itu juga tidak menunjukan korban pembunuhan, ada yang mengatakan ada photo anak kecil yang di mutilasi tetapi saya tidak melihatny, ada juga sumber yang mengatakan video itu itu bukan video red mist yg asli, yg asli videonya berkualitas tinggi tetapi video berkualitas itu di internet mungkin itu sumber itu berbohong

Anonymous said...

@enigma: comment ku error mulu... Cape ngetik harus 2 kali baru kekirim... Trus yang error malah muncul duluan... Sebel ahh...
This is Thinkerboy's comment.

Anonymous said...

Thinkerboy said

@erlanhk: anda menoton yang versi palsu. Yang asli lebih mulus gambarnya. Suara lebih aneh daripada yang tersebar sekarang.

enigma said...

@thinkerboy: Blogger memang bermasalah. Bukan hanya masalah kirim komentar.

Anonymous said...

bung e, request donk buat analisa tentang penampakan sejumlah ufo saat terjadinya tornado di oklahoma.. Trims bung e..

Firman Santosa said...

Analisis yang akurat,,coba bro Enigma berikan analisis anda ini ke pihak "Air China" barangkali bermanfaat bagi mereka.

Kami tunggu ulasan-ulasan selanjutnya. hehee.
Bravo Bro Enigma.

Anonymous said...

Bung E.

Burung yg anda maksud itu habitatnya dimana ya...?

Apa mereka hidup berkelompok atau menyendiri...?

Trus jika burung itu bertabrakan dgn psawat knp tdk ada bercak darah atau potongan daging.ya...?

Mohon dijawab ya bung E.
.
Oh ya bung E. saya mau request misteri slenderman

Dari hasil googling saya, slenderman digambarkan sbgai pria jas hitam, tangn n kaki yg lentur, muka rata, dan yg lebih serem orang yg brtemu slenderman akan mati dgn tubuh ter.potong" di dekat pohon

Saya tunggu.ya bung E. misteri slendermannya

Anonymous said...

anda semua salah, sebenarnya pesawat tersebut penyok karena kena bola hasil tendangan si madun

Persephone said...

Enigma, kok malah berkata "Membuat jadi tambah penasaran" sih? -_-

Pliss om Enigma, jangan tonton! T_T

Aku gak mau om Enigma sampai mengalami hal yang sama sepertiku. Entar nyesel lho kalau udah lihat :(

Haruslah orang yang kuat mental-nya yang boleh menontonnya :)

enigma said...

@persephone: saya adalah orang yang bermental kuat :)) jadi seharusnya tidak akan ada masalah.

Thinkerboy said...

Thinkerboy said

@persephone: saya baca dimedia asing episode itu tidak diperuntukkan bagi orang yang sedang galau,strees,patah hati,murung,dst. Dalam keadaan tersebut orang lebih mudah terhipnotis.

Episode spongebob red mist tidak berbahaya bagi orang dewasa(ya, kecuali yang saya sebutkan di atas). So, tidak apa jika brother enigma hendak menonton episode tersebut. Jangan suka galau. Saya yakin seyakin-yakin keyakinan saya, brother enigma bermental kuat. Jadi mungkin kamu ketakutan gara-gara sebelum menonton kamu sudah berpikiran yang tidak-tidak tentang episode tersebut.(Saya tidak bilang lho ya mental kamu lemah dan tidak pernah berpikiran begitu). Saya menontonnya tidak sengaja di youtube(sebelum heboh sudah nonton duluan). Saya kaget.... Aneh,berisik,dan seram. Itu yang masih saya ingat tentang episode red mist. Dan saya mohon setulus-tulusnya, pikirkan yang baik dulu, enigma kita tidak akan apa-apa.

Ok brother?

Anonymous said...

ah paling cuma karena struktur moncong pesawat yang lemah, karena tekanan angin dan suhu yang dingin jadi penyok begitu. tabrakan cuma dalih untuk kambing hitam atas lemahnya quality control. biasalah motif bisnis

Persephone said...

Baiklah, terserah om Enigma saja

Karena dia bilang bermental kuat, ya aku tidak akan melarang :)

Good Luck ya ^_^

Anonymous said...

Saya setuju dengan teori 'tabrakan dengan burung Bar Headed Goose' bung. Bukti kuatnya kalo itu tabrakan bukan karena tekanan angin :

1. Bekas cacat pada kiri bawah pesawat terlihat seperti bekas tabrakan dari arah berlawanan, bukan searah atau menyimpang. Bekas cacat terlalu besar (misal : dilempar batu) untuk dibuat saat pesawat dalam keadaan diam tetapi terlalu tinggi dan ringan untuk dibuat oleh objek besar, terlalu rapi untuk lupasan cat secara alami aplagi tdk ada bekas lupasan cat selain di tempat yang penyok. Jadi kesimpulannya itu bekas tabrakan dan belum lama terjadi.

2. Mengingat Bar Headed Goose berkembang baik di Asia Tengah dan tidak menutup kemungkinan adanya tabrakan di udara. Dari yang saya dapat, adanya penyok pada paruh pesawat lebih sering terjadi karena tabrakan burung dibanding tekanan angin.

Baru itu clue yang bisa saya temukan, semoga bisa cepat terselesaikan kasusnya karena pastinya bukan UFO yang menabraknya, kecuali UFO itu berukuran sekitar 71-76 cm, seberat 1,8 - 3,2 kg, tidak terbuat dari besi dan terbang dengan sangat lambat sehingga tidak menghasilkan kerusakan yang parah pada pesawat, Hahahaha.

Mr.Y

Anonymous said...

bang E, saya dah beli bukunya.terus bagian yg gak ada di blog tuh yg mana?

Wal Aspal said...

Sebelumnya masih belum begitu percaya beberapa hidung pesawat penyok separah itu karna burung. Setelah analogi agar-agar, menurut saya memang masuk akal.

Yulfan said...

episode red mist bahkan tidak pernah di tayangkan di n*cklodeon?,lagi pula kalau di lihat lagi,efek pada episode red mist hanya menakuti kalangan anak",makanya banyak yang bilang tidak terpengaruh pada orang dewasa,tapi saya tidak bilang episode tersebut hanya berpengaruh pada anak",kalau benar ada sisi hipnotis pada episode tersebut saya dapat dari blog lain bahwa "fakta warna merah memiliki pengaruh untuk manusia secara mental dan fisik, ini beberapa pengaruhnya :
1.Meningkatkan semangat
2.Merangsang energi
3.Mendorong tindakan dan keyakinan
4.Rasa perlindungan dari ketakutan dan kecemasan "
jika warna merah berlebihan?,kemungkinan bisa menjadi efek samping?bukankah begitu bang enigma?

dhanoe penggemar misteri said...

bro request yg soal kasus GADIS DENGAN PENGELIHATAN TEMBUS PANDANG donk.

itu hoax apa bukan ya ????

masa 2013 masih aja ada byakugan di dunia nyata.

Kirinka said...

Itu IRON MAN lg uji coba, tak sengaja nyenggol pesawat.
"Jarvis, the system failure. I'm gonna crash".

(^_^)V

Leadership Developmant Training said...

ijin nyimak ya gan :)
salam kenal dari kami outbond di malang :)
jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

Hyde Matsumoto said...

kalo tabrakan dng ufo mungkin pesawat itu sudah hancur berkeping2

Anonymous said...

@enigma: red mist nya udah ditonton? Gimana pendapatnya?.
Oh ya. Search dengan kunci squidward suicide.
Lebih gampang ketemunya. Kadang kalau hanya"red mist" squidward yang bunuh diri gak diliatin.
Yang asli udah dihapus. Sekarang cuma ada editan yang aneh dan GJ

mandraaka said...

brooo enigma...aq pingin tahu pendapat anda mengenai penghuni bumi sebelum manusia ada, baik dari sisi ilmu pengetahuan, agama maupun budaya...mohon dikomen and di ulas ya...thanks banget...

Anonymous said...

bung enigma ini bung salah satu postingan
yang perlu di ulas lagi
http://astronesia.blogspot.com/2012/10/benarkah-ada-kapal-induk-alien-di-bulan.html

Lica Lawliet said...

bro e ingat tuh, klo lg galau jgn ditonton red mistnya.. mending nntn bareng do'inya aja hahahaha

Anonymous said...

Pada ngomongin Red Mist ya? Bukannya udah pernah dibahas ya cara ngehipnotisnya?

1. Mata merah dan layar yang serba merah itu sesuai dengan penjelasan @yulfan (128) tapi unsur yang lebih ditekankan disini itu ketakutan karena warna merahnya itu merah darah

2. Suara berisik itu untuk ngeguncang siapapun yang bermental lemah. Jadi pikiran udah kacau dikasih latar serba merah tambah suara jadi makin kacau

3. Gambar / adegan yang diulang-ulang itu proses hipnotisnya. Mental udah tergoncsng krn warna dan suara dikasih gambar yang diulang-ulang kayak proses cuci otak gitu loh.

4. Gambar kabur / kayak TV rusak masih belom tau. Tapi kayaknya sama deh, masih di proses cuci otak

5. Squidward bunuh diri itu sugesti terakhir. Udah Mentalnya diaduk-aduk, proses cuci otak selesai tinggal kasih sugesti dan blarr!! Meledak semuanya.

Kalo ada yang kurang mohon maaf, cuma sedikit ngasih info. Udah lama juga nontonnya sih, itupun bareng temen-temen haha.

Mr. Y

Persephone said...

Om Enigma, kayaknya om perlu mengulas ini deh :)

http://forum.viva.co.id/iptek/755572-kisah-penampakan-ufo-di-papua-nugini.html

Entah hoax atau tidak. Tapi aku yakin ini akan membuat om Enigma tertarik untuk menyelidikinya ^_^

RAIN Skywalkers said...

@persephone : saya iseng-iseng membuka link yg kamu kasih tentang UFO encounter yg kamu tanyakan ke bro E itu dan ada beberapa keanehan :

1.Dari ke 25 saksi (yg berarti banyak saksi) kenapa tidak ada satupun yg mengabadikan momen 'langka' tsb? Sungguh aneh jika misionaris dari australia tidak ada satupun yg membawa kamera. Dan,ilustrasi itu bisa dibuat dengan mudah kan? :)

2.Romo Gill,sang misionaris awalnya skeptis dan berubah menjadi believer ketika dia melihat UFO dan Alien. The question is apakah Romo Gill tidak mau merubah pandangan skeptis2 lain dgn cara mengemukakan bukti (ex : foto) untuk bisa dianalisa? Well,dia telah melewatkan kesempatan untuk jadi Profesor pertama penemu UFO dan Alien.

3.Di akhir tulisan itu,dia menyertakan asal berita yg berasal dari sebuah blog. Anehnya di blog tsb tidak disebutkan catatan kaki,referensi maupun sumber seperti yg dilakukan bro E di setiap akhir tulisan. Apa iya si penulis hidup dari tahun 50an? Well,I think no. Jgn mudah percaya terhadap suatu pemberitaan.

ary said...

Tks Bang Enigma,..atas pencerahannya,oh ya apakah abang bisa bantu membahas mengenai Kemunculan pesawat di bandara brasil setelah menghilang selama 35 th,..

Persephone said...

@Rain Skywalkers : Hmm, bisa jadi itu cuma hoax ya -_-

deni verdianto said...

wah analisis yang menarik bung enigma,saya selalu suka dengan gaya anda menganalisis suatu masalah.

RAIN Skywalkers said...

@persephone : kemungkinan besar seperti itu. Tidak ada artinya sebuah kesaksian tanpa bukti2 nyata yg bisa dipelajari atau dianalisis. :)

Anonymous said...

Benar, bisa dicoba dgn rumus Ek=1/2 mv^2 (v dikuadratkan)

Anonymous said...

Nоw І am going away to do my breakfast, after having my
bгeakfaѕt сoming уet аgaіn to read
adԁitional news.

Visit my wеbsite ... resistor Color Code calculator

The Banger said...

@rain skywalkers: wow... Bahasanya mirip In*s*i. Hebat-hebat ada penerusnya. Keren.

Manos said...

This is manos speaking..
Manos terharu.. banyak yang mendukung usul manos.. hik..hik
for all yang mendukung, kalian semua manos anggap saudara.
Ayo Mr enigma this is wasy challenge to u.
Manos out

Anonymous said...

I loved as much as you'll receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.

Review my web site; Sac A Main Louis Vuitton

Anonymous said...

@manos: cuma satu orang yang dukung kamu kok terharu?
Hahaha...

afrianto RJ said...

sekedar info aja untuk masalah UFO di PNG : tahun 1950 australia bukan pengirim Misionaris, jika mengacu pada kata "ROMO" bisa jadi adalah dari katholik Roma, saya tdk mempermasalahkan siapa yg dikirim atau dr golongan apa, hanya saja agak janggal sebuah negara jajahan inggris (katholik ortodox) mengirim misionaris ke PNG, pada masa itu thn 50an misionaris banyak dari Belanda, Jerman, Portugis, Spanyol, Belgia, dan negara2 Eropa lainnya, apabila memang itu dari msionaris katholik maka dengan mudah sekali melacak keberadaan Romo Gill, karena katholik dgn Kongregasinya untuk urusan dokumentasi sangat2 rapi, maaf , hanya opini pribadi saya, terima kasih, salam kenal semua :)

Anonymous said...

Ketahuan msih bung E yg lama --" cuman cara nulis dah beda -"" (just my opinion)

-someone-

Anonymous said...

Loh saya baru malah kalau bang e juga mengikuti perkenbangan kasus spongebob itu wkwkwkw


-someone-

Anonymous said...

Maaf oot tpi blog mba lica gk pernah di update lagi ya? ( jadi penasaran siapa do'i nya bang E he he he)


-someone-

RAIN Skywalkers said...

@the banger : haha,terlalu jauh bro membandingkan saya dgn bro In*s*i. Dia salah satu orang hebat dgn analisa yg tajam dan smart. Sedangkan saya baru anak 'kemarin sore' disini.

Anonymous said...

Nara said:
Penulis yang paling baik adalah penulis yang mendengarkan saran orang lain...
...Saya setuju bahas tentang spongebob aja...

dhanoe penggemar misteri said...

bro pupil mata saya setelah latihan cara merubah warna bola mata dari biokinesis , mata saya dari hitam sekarang jadi coklat kemerah2an dibagian pupilnya.

apakah hal tersebut karena pengaruh energi biokinesis ataukah bukan ????

soalnya saya mau pake softlens biar mata saya kaya mata sharingan , tapi saya nemu cara biokinesis , dan setelah 2 hari mata saya dari yg awalnya berwarna hitam sekarang berubah menjadi coklat kemerah2an.

mohon penjelasan nya bro E ???? 3:)

Thinkerboy said...

@RAIN Skywalkers: benar yang dikatakan The Banger. Semoga kamu bisa menggantikan bro In*s*i. Kamu memang hebat. Salut deh buat kamu. Salam kenal. O:)

Anonymous said...

Karom said.
Bung E mending nggak usah posting tentang spongebob red-mist, karna saya udah nonton video berkali-kali dan tidak terjadi apa-apa biasa aja, itu memang video editing dari beberapa episode spongebob

Herman Her said...

bro .. enigma bisa di ceritakan kira-kira seberapa besar es yang menabrak pesawat tersebut. Apakah radar "cuaca" nya tidak berfungsi? terima kasih

RAIN Skywalkers said...

@thinkerboy : satu kehormatan. Terima kasih bro thinkerboy. Saya tau anda tidak sebentar jadi readers enigma. Tapi saya masih harus banyak belajar untuk bisa seperti bro in*s*i :)

@karom : ya,spongebob red mist hanya episode 'editan' oleh seorang 'psikopat' yg menyukai tayangan spongebob dari scotland yg nyatanya berhasil membuat salah satu/beberapa crew nickelodeon bunuh diri/stres. Mungkin bagi kita itu tidak masalah. Tapi bagi anak kecil mungkin episode itu bisa menimbulkan kesan kesedihan/trauma. Kurang lebih sepengetahuan saya seperti itu. :)

Nan said...

*lihat ilustrasi thesun

*geleng-geleng kepala

As expected of Mr. E. Garis besar tentang tabrakan dengan burung pernah dibahas di IMFO, tapi memang selalu lebih mantap kalau sudah diulas di blog enigma. Kalau disuguhi bukti dan penjelasan pendukung seperti itu, yang keukeuh dengan teori piring terbang pasti tak berkutik.

Saya sendiri yakin, siapapun yang cukup beradab untuk bikin piring terbang dan melancong ke bumi nggak akan sebegitu careless-nya sampai nyenggol-nyenggol hidung pesawat segala.

-NaN

Anonymous said...

Penasaran... Tapi takut juga. Ada yang mau nonton bareng? Manos mungkin...? Ada yg lain? Hehehe


anonymous90

Anonymous said...

@RAIN
@Thinkerboy
Menurut saya RAIN sampai kapan pun tidak akan bisa menyamai bro in*s*i ...
Tapi kalau menjadi lebih dari bro in*s*i mungkin RAIN bisa. :)
By Nara

slope monitoring said...

jadi menambah rasa penasaran saya ini tentang kejadian seperti ini jadinya.

Anonymous said...

Ehh,,,,,,, sayamg bngt tuh blog ny,,, bagus,,,, kalau sy yg ngirim cerita boleh gk :D heheheh

-someone-

oke komputer said...

apakah anda bisa menjelaskan kenapa pesawat alien berbentuk seperti piring

Anonymous said...

coba mas bro bahas misteri ini deh, kira-kira ini hoax atau tidak? http://www.youtube.com/watch?v=cvsXiryu8jA

Anonymous said...

bro, gimana dengan misteri yang ini http://www.youtube.com/watch?v=1tFq3QVJ7Mk kira-kira ini real atau hoax bro? ini link video yang lebih jelasnya http://www.youtube.com/watch?v=1tFq3QVJ7Mk

salam fans setia mu.......

Nama said...

bro enigma.....saya baru tau blog ini beberapa minggu terakhir, saya langsung tertarik dan membaca banyak post2 yg lama, bisa request:
"SHADOW PEOPLE"
ini saya tau dari nonton filmnya, udah agak lama sih....tapi katanya berdasarkan kejadian nyata, filmnya jg dibuat setengah dokumenter gitu

Anonymous said...

Bung E ko gk update sih? Udah seminggu nih.
Terlalu lama bro. Kaya dulu dong semangat tiap hari update.
Hik...hiks.. Sedih sama bro E yang sekarang...
Update dong *maksa banget*

Art Energic said...

Menurut saya lebih condong ke tabrakan burung ya, kalau ufo tak mungkin karena terlalu besar dan mencolok mata, mungkin hanya itu bro E.

Anonymous said...

Sepertinya banyak pembaca lebay yang terlalu berlebihan menanggapi soal episode spongebob red mist, saya sendiri sudah pernah menontonnya dan menurutku biasa saja. :)

EVIL said...

Anonymous 3:28 PM ngajak ribut tuh. Masa orang request di bilang lebay. Org mintanya baik-baik. Apanya sich yang lebay.?? Mereka kan cuma pengen tau kenapa episode tersebut dibuat!!! Bukan efek yang timbul karena menonton episode tersebut.!!! Dasar lu!!!

Anonymous said...

Nara said...
@anonymous 174/ 3.28 pm
Disini kami tidak ingin mendengar pendapat kamu soal episode spongebob itu, tapi kami disini hanya memberi saran kepada bro enigma untuk membahas misteri episode spongebob terlarang...
Lagi pula kalau kamu tidak mau bro enigma membahas dan menulis tentang episode spongebob itu, kamu tidak usah mengunjungi blog ini. Gitu aja kok repot...

Anonymous said...

Nara said...
@anonymous 174/ 3.28 pm
Disini kami tidak ingin mendengar pendapat kamu soal episode spongebob itu, tapi kami disini hanya memberi saran kepada bro enigma untuk membahas misteri episode spongebob terlarang...
Lagi pula kalau kamu tidak mau bro enigma membahas dan menulis tentang episode spongebob itu, kamu tidak usah mengunjungi blog ini. Gitu aja kok repot...

Nama said...

@Anonymous 1:07
menurutku itu kayaknya rekayasa deh menurutku
1. waktu si putriduyung lompat ke air itu cipratan airnya kayaknya efek deh...masa lompat kayak gitu cipratan airnya kecil banget, langsung ilang lagi(meski ombaknya memang besar)
2. dari reaksi orang yg ngrekam, dia ngeluarin kamera gak langsung ke arah puriduyungnya, biasany kan orang kalau liat yg aneh gitu langsung ngrekam ke arah sananya, dan reaksiny kayak liat buaya 15meter, harusnya lebih kayak liat dinosaurus idup(sori kalo perumpamaannya membingungkan)

tapi itu pribadi menurutku sih...kita tgg aja sama2 pendapat bro enigma yg lbh ahli hehehe

Request saya bro E: SHADOW PEOPLE
sori kalo agak ngotot, penasaran soalnya heheeh

Anonymous said...

sepertinya balon cuaca bro...
menarik bila menabrak ufo pasti sudah terdeteksi radar dalam pesawat..

Thinkerboy said...

@Nara: horay... Thanks nara. Terimakasih kamu telah membela orang yang tidak bersalah.

@anonymous 174:
Bukan cuma kamu kok yang tidak merasakan efeknya. Apa hanya karena tidak ada efeknya jadi tidak bisa dibahas?
"Jika" nessie tidak ada apa tidak boleh dibahas?.Kamu punya jawaban pasti tidak kenapa episode tersebut dibuat?. Kalau cuma "nonton" dan tidak merasakan efeknya apa kamu buat kesimpulan kalau tidak ada misteri di episode tersebut?.kami hanya ingin menyarankan, kalau tidak dibahas tidak apa. Kalau dibahas dan kamu tidak suka ya jangan dibaca.

Phom Pha Ben Shyn said...

Dasar! emang tu anonymous 174. Siapa sih loe? Sok banget jadi orang. Kasian tau dia mintanya sopan sopan dibilang lebay. Sabar aja yang dibilang lebay. Dia kan org GJ. Dia cuma detectif abal-abal yang membuat kesimpulan tidak jelas. Semangat terus yang request episode squidward suicide!!! Secara aku juga pengen bung enigma bahas itu. Hehe...

afrianto RJ said...

Soal Mermaid di Kiryat Yam,Israel terlepas soal itu hoax atau bukan saya hanya komen soal sisi psikologis pembuat video: saat terjadi hal yg aneh dan yg sangat jarang terjadi, hal yg biasa dilakukan :

1. Video tidak akan dialihkan sedikitpun dari object tsb.
2. berusaha mengambil dokumentasi object sebanyak banyaknya (ntah itu foto video dll)
3. Berusaha untuk mendekati objek dan berhati2 agar object tsb bisa diabadikan dengan baik dan jelas.
(NB : saya juga belajar dari bung Enigma soal ini, saat beliau menganalisa video UFO di BBC)

Unsur2 tsb tidak ada dalam video tsb, yg ada adalah kehebohan dgn berteriak2, dan yg paling konyol komentar2 penontonnya malahan di shoot mukanya, kentara banget si pembuat video pengen kelihatan tenar hehehe ....
Salam kenal semua
(Just My Opinion)

Phom Pha Ben Shyn said...

Pas mermaidnya lompat ko kayanya gak ada cipratan air? Dia kaya langsung hlang.
Hebohnya luar biasa tapi kamera dialihkan ke temennya.
Rasanya aneh sekali, aq yakin 65% itu hoax. *alah*
Temennya yang ganteng malah di shoot *???* :))).
Mermaidnya sotoshop tuh.... Tau ah gelap. *so confuse*

Sang Pangeran said...

Nice article.

Maaf bung E, saya memiliki opini yg berbeda dengan analisis Anda, setidaknya dalam urutan kemungkinan.

Saya juga tidak percaya itu piring terbang alien.

Saya tidak sependapat, karena:

Jika itu kerusakan internal yg berujung pd tekanan udara yg menyebabkan penyok pd hidung pesawat, maka saya ada 2 pertanyaan;
1. Kerusakan apa yg dimaksud?
2. Bagaimana hubungannya dengan tekanan udara?

Setahu saya, tekanan udara semakin turun jika semakin tinggi dari permukaan laut, ini ada pelajaran geografi di sekolah dulu.
Jika belum ingat, berikut saya cantumkan link yg berisi diagram dan tabel hubungan antara ketinggian dan tekanan udara, silakan dicermati dengan seksama:

http://www.engineeringtoolbox.com/air-altitude-pressure-d_462.html

Di tabel dapat dilihat tekanan udara di permukaan laut adalah 760 mmHg, sedangkan di ketinggian 25.000 kaki saja adalah 282 mmHg, itu artinya tekanan udaranya kurang dari setengah kali tekanan di darat/permukaan laut, yaitu tekanan udara yg kita rasakan sehari-hari.
Anggap saja saya tak mempersoalkan penjelasan teori kerusakan internal, maka, jika sudah ada kerusakan pada awalnya, bukankah secara logika, hidung pesawat itu sudah penyok duluan saat di darat? Karena tekanan udara di darat LEBIH TINGGI daripada di ketinggian 26.000 kaki.
Dan pada kenyataannya, tekanan udara di permukaan laut (atau di darat yg sama tinggi dgn permukan laut) tak akan bisa meremukkan bodi pesawat, karena itu adalah tekanan udara normal sehari-hari. Jika ingin membuatnya remuk, maka Anda harus menyelam ke dalam laut. Karena di bawah permukaan laut tekanannya semakin meningkat. Coba perhatikan tabel pada link di atas.

Jadi, menurut saya, teori kerusakan internal tertolak.

Tinggal 2 teori/kemungkinan.

Tapi lagi-lagi, saya berbeda pendapat dengan bung E.
Saya akan coba memakai occam razor, dengan memilih teori yg lebih simpel dan lebih sedikit asumsi atau persyaratannya.

Saya mulai dengan teori tabrakan oleh burung.
Bung E sudah menjelaskan burung apa saja yg mungkin, good job :)
Tapi bro E sendiri membuat asumsi untuk menjelaskan tidak adanya darah burung yg ditemukan, yaitu dengan asumsi HUJAN. Hujanlah yg menyapu bersih darah burung tsb. Well, I must say, that is a big IF.
Bagaimana jika seseorang memutuskan bertanya pada pihak terkait soal adanya hujan atau tidak setelah tabrakan tsb?
Bagaimana jika jawabannya adalah: tidak ada hujan?
Hmmm...
Well, mungkin masih bisa berkelit dgn alasan/asumsi lainnya, bahwa tidak semua tabrakan dgn burung ada darahnya. Ya, benar. Tapi sudah ada 2 asumsi sejauh ini.
Toh, jika ingin benar-benar yakin 100% bahwa ada tabrakan dgn burung, bagian yg ditabrak harus diperiksa sedetil mungkin utk mencari penanda biologis, apakah itu bulu burung halus/mikro yg terselip, darah samar, atau mungkin cairan tubuh burung, yg tentu saja tidak harus berwarna merah. Bisa diteliti lebih lanjut di Lab.
Lagipula, mana yg lebih mudah dimengerti, tertabrak burung dengan ada bekas darah atau tidak ada bekas darah?
Well, saya tak punya data untuk itu, silakan direnungkan sendiri.

Saya pribadi lebih cenderung pada teori/kemungkinan bongkahan es.
Bro E menitikberatkan penjelasannya pada bongkahan-bongkahan es yg menabrak hidung pesawat, lalu menampilkan gambarnya, yaitu terdapat lecet/kelupasan cat di sana-sini.
Well, di sinilah bedanya.
Saya tidak berpikir penyebabnya bongkahan-bongkahan es di udara (banyak), tapi hanya SATU bongkahan es saja, lalu.... Dhuaaaarrr!
Hidung pesawat malang itu pun berubah pesek seketika, tanpa banyak kelupasan cat di sana-sini.

Hmm, oleh karena itu, pada kasus ini, saya cenderung pada teori/kemungkinan tabrakan dengan bongkahan es tunggal di udara, karena lebih simpel.

And by the way, 8.000 meter itu bukan 28.000 kaki atau 30.000 kaki seperti yg tercantum di artikel, tapi lebih tepatnya 26.246,719 kaki.

:)

enigma said...

@sang pangeran: penyok akibat tekanan udara itu terjadi bukan karena adanya perbedaan antara tekanan udara di ketinggian 28.000 kaki dengan tekanan udara di darat bro. Tetapi terjadi karena adanya perbedaan antara tekanan udara di luar pesawat dengan tekanan udara di dalam pesawat :))

Anonymous said...

bung E? mana lagi postingan barunya.. udah 1 minggu nie ane tunggu, tpi ga ada yang baru. mohon bung E segera ya...makasih

Sang Pangeran said...

@Enigma:

"@sang pangeran: penyok akibat tekanan udara itu terjadi bukan karena adanya perbedaan antara tekanan udara di ketinggian 28.000 kaki dengan tekanan udara di darat bro. Tetapi terjadi karena adanya perbedaan antara tekanan udara di luar pesawat dengan tekanan udara di dalam pesawat :))"

Benar sekali bro. Intinya penyok tersebut: "terjadi karena adanya perbedaan antara tekanan udara di luar pesawat dengan tekanan udara di dalam pesawat."

Yang saya bandingkan adalah tekanan udara di luar pesawat, yaitu pada ketinggian 8.000 meter, tekanannya jauh lebih rendah daripada yang di darat. :)

Ditambah dengan pernyataan bro E:

"Jika terdapat cacat pada Radome ini, maka tekanan udara yang kuat bisa membuatnya penyok."

Nah, tekanan udara mana yang KUAT tersebut?
Tekanan udara di dalam atau di luar pesawat?
Mohon diperjelas.

Karena, melihat dari arah penyok tersebut, mencekung ke dalam, berarti tekanan yang kuat berasal dari luar, yang artinya tekanan udara di luar pesawat yang sangat kuat. Hal ini mustahil terjadi, karena tekanan udara di luar pesawat di ketinggian 8.000 meter hanyalah 282 mmHg, sedangkan normalnya saat kita di darat, 760 mmHg.
Jika tekanan udara dalam pesawat (Radome) yang meningkat, tentunya penyok tersebut bukan ke arah dalam, tetapi ke arah luar, dan lucunya itu bukan lagi disebut penyok. :)

Nah, kemungkinan yg tersisa adalah, tekanan udara di dalam Radome menurun sangat drastis, sehingga jauh lebih kecil dari tekanan udara luar (282 mmHg), tapi bagaimana bisa?
Terus terang saya tidak menemukan ada penjelasan seperti itu. Mungkin bro E tahu?


Satu lagi, teori ini memakai asumsi atau persyaratan untuk terjadinya penyok tersebut, yaitu dengan syarat terjadi kerusakan internal di struktur pesawat. Yang notabene bisa dicek pada pihak terkait atas asumsi ini. Jika tidak terdapat kerusakan internal dari pemeriksaan, maka teori kerusakan internal ini tertolak dengan sendirinya.

DuiTech said...

Mengapa berita seperti itu bisa muncul ke mainstream ?. Mengapa media masa mainstream serentak mengutip berita itu tanpa kritisisme ?.

Disini misterinya bro E.
Saya menyarankan refreshing simak novelnya Dan Brown Angel & Demon. Kira-kira masuk akal gak tuh dongeng.

DuiTech said...

Bagaimana jika saya katakan bahwa Viva group dan MNC group harus diwaspadai sebagai biang rusaknya standar tinggi jurnalisme di Indonesia bahkan Dunia selain beberapa lagi.

DuiTech said...

Kalo Bang E mau mengamati, akan banyak berita-berita semacam itu akan bermunculan di media mainsteam. Ini baru awal dari akhir kata mereka yang menggerakan kebobrokan tersebut.

DuiTech said...

Bung E, Mari kita lihat misteri politik. Sekarang politik dan entertainment udah kawin (bung E gimana, udah belum?). Liat tuh calon-calon presiden kita kenceng-kencengan pasang iklan, lagi jual diri.

DuiTech said...

Bung E, Td saya baca blog hawkson, kayaknya diakali ente buat ngungkapin identitas dengan kasih contoh email, biar gak kentara amat di tipex dikit. kata-katanya sih manis kayak dukung situ, tapi ya itulah musuh orang cerdas.

Bung E katanya perokok berat and kopi. kalo benar sebaiknya belajar untuk stop, saya juga lagi terapi sekarang. Karena ini biang kerok insomnia tapi katanya hawkson anemia.

Jangan pernah tingglkan shalat bung E, sebagai orang yang kritis (cerdas) bakal diganggu setan, bisa-bisa gila lho, saya mengalaminya. saya juga lagi mau belajar gak tinggalin shalat.

Saya baca ketertarikan bung E di profile. Saya punya ketertarikan yang sama. Cuma bedanya saya pengangguran, takut di NLP (diganggu) di tempat kerja. ini lagi nyoba cari duit online, tapi ternyata nulis itu susah.

Nice Post, Salut saya buat bang E, melihat tulisan bung E saya jadi malu copas.

DuiTech said...

Saran untuk bung E, Tulisan terbaru disidebar itu tidak perlu, ganti aja home dengan "New updates" kan sama aja.

ikon barnya diganti bung E, gampang kok buatnya. Jadi ketika di bookmark tanpa baca udah ketahuan kalo itu blog enigma. Bayangin kalo di bookmark logo blogger semua, kan dikit susah.

Bagaimana kalo side barnya kiri-kanan?

Wide standar 1280, ini resolusi yang hampir didukung oleh perangkat sekarang yang rata-rata 1367 x 768 pixel. Bahkan ada HP Full HD lg. Buat hp kan ada sendiri.

Itu aja dulu bung E, gak didengerin juga gpp kok.

enigma said...

@Sang pangeran: Bisa saja seperti yang kamu katakan. Saya tidak paham apakah radome juga dipressurize seperti kabin. Tapi kalau bukan karena itu, mungkin karena tekanan angin saja. Rilis pers mengenai kerusakan struktur internal biasanya tidak diberi penjelasan lebih lanjut. Namun karena ada guratan hitam, mungkin bukan karena sebab itu.

enigma said...

Oiya, soal video mermaid, itu cuma fiksi dari Mockumentary Animal Planet.

Phom Pha Ben Shyn said...

Yeah... Saya benar itu cuma hoax walaupun 65%.
Haha.

Sang Pangeran said...

@ Enigma:

"@Sang pangeran: Bisa saja seperti yang kamu katakan. Saya tidak paham apakah radome juga dipressurize seperti kabin. Tapi kalau bukan karena itu, mungkin karena tekanan angin saja. Rilis pers mengenai kerusakan struktur internal biasanya tidak diberi penjelasan lebih lanjut. Namun karena ada guratan hitam, mungkin bukan karena sebab itu."

".. Tapi kalau bukan karena itu, mungkin karena tekanan angin saja."

Angin kan udara juga bro, udara yang bergerak.
Jadi saya rasa bro mengacu pada tekanan udara di luar pesawat (yang berdasarkan tabel yang saya tautkan memiliki tekanan kurang dari setengah tekanan udara di permukaan laut). So, I still don't think so.

" Rilis pers mengenai kerusakan struktur internal biasanya tidak diberi penjelasan lebih lanjut."

Saya tidak tahu pasti. Tapi saya rasa, mungkin untuk masalah teknis tidak akan
diungkap ke publik dalam siaran pers. Tapi saya yakin detil teknisnya dengan segala pemeriksaannya ada dalam laporan yang diperuntukkan bagi pihak terkait. Jadi mungkin sebenarnya bisa dikonfirmasi ke pihak terkait jika mau, entahlah.

"Namun karena ada guratan hitam, mungkin bukan karena sebab itu."

Hmm, guratan hitam itu karena cat yang terkelupas. Saya rasa bisa terjadi karena benturan bongkahan es, baik banyak maupun tunggal.

Post a Comment