Saturday, November 14, 2009

Ikan berkepala buaya - Makhluk jadi-jadian ?

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penemuan ikan berkepala buaya oleh seorang nelayan di Surabaya. Segera sebagian orang mengkaitkan penemuan ini dengan peristiwa-peristiwa mistik. Benarkah ikan ini makhluk jadi-jadian ?


Walaupun sudah diklarifikasi oleh beberapa media seperti kompas, namun berita ini masih beredar luas tanpa klarifikasi. Jadi saya memutuskan untuk memposting berita ini.

Pertama, sebenarnya dalam 3 bulan ini ada dua ikan berkepala buaya yang ditemukan di Indonesia. Yang pertama adalah di Sumatera Utara pada bulan September 2009. Ini fotonya :


Ikan ini diisukan memiliki kekebalan tubuh dan beberapa paranormal menganggap ikan ini sebagai ikan gaib.

Ikan yang kedua adalah yang ditemukan di Surabaya pada bulan November ini. Ini fotonya :


Sama seperti ikan yang ditemukan di Sumatera Utara. Ikan ini juga dianggap sebagai ikan jadi-jadian.

Kompas.com sebenarnya sudah mengklarifikasinya dengan mengidentifikasi ikan ini sebagai Lepisus peus, seekor ikan yang berasal dari Meksiko. Ini kutipannya :
SURABAYA, KOMPAS.com — Ikan kepala buaya tersangkut di jala saat warga mencari ikan di sungai kawasan Jagir, Surabaya, Jumat (13/11). Ikan yang membuat geger warga ini adalah jenis Lepisus peus yang dinyatakan sebagai spesies asing dari Meksiko yang bisa berinvasi ke ekosistem lokal.
Namun anehnya, saya tidak bisa menemukan informasi mengenai Lepisus Peus di google atau Yahoo. Apabila kita mengetik kata Lepisus Peus, maka kita hanya akan menemukan entry yang keluar adalah entry yang berasal dari media/blog Indonesia. Apakah Kompas salah kutip ?

Saya tidak bisa memastikannya karena saya bukan ahli ikan.
Tapi mungkin yang dimaksud oleh Kompas adalah Lepisosteus, bukan Lepisus Peus.

Ikan ini jelas bukan ikan jadi-jadian. Mereka berasal dari Family Lepisoteidae yang terdiri dari 7 spesies yang terbagi dalam dua genus. Genus yang pertama adalah Atractosteus dan yang kedua adalah Lepisosteus.

Ikan jenis ini biasa disebut "Gar", dan yang bermoncong buaya biasa disebut "Alligator Bar".

Ikan ini adalah ikan air tawar yang hidup di perairan Amerika hingga Mexico. Ia bisa mencapai panjang hingga 3 meter dan berat hingga 100 kg. Dengan melihat giginya, tentu saja kita mengetahui bahwa ikan ini adalah seekor karnivora. Ikan ini sebenarnya bukan ikan yang asing bagi para penduduk Amerika. Mungkin bagi Indonesia, ikan ini memang terlihat aneh sehingga dianggap jadi-jadian.

Ini foto-foto dari genus Atractosteus (3 spesies).

Ini dari spesies Atractosteus Tristoechus :


Dibawah ini ikan dari species Atractosteus Spatula yang mirip dengan yang ditemukan di Sumatera Utara (ujung moncong atas agak membulat) :


Di bawah ini adalah species bernama Atractosteus Tropicus yang mirip sekali dengan yang ditemukan di Surabaya :


Sedangkan ini salah satu contoh dari Genus Lepisosteus (4 spesies), yaitu Lepisosteus Osseus :


Bahkan kadang kedua spesies dari genus Atractosteus dan Lepisosteus bisa dikawinkan dan menghasilkan jenis yang baru. Ini contohnya perkawinan antara Lepisosteus platostomus dengan Atractosteus spatula.


Lalu pertanyaannya bagaimana ikan ini bisa sampai ditemukan di Indonesia ?

Jawabannya adalah sama seperti bagaimana seekor Alligator bisa ditemukan di selokan, yaitu karena seseorang menaruhnya disitu. Kejadian ini umum terjadi dimana-mana. Ketika seekor hewan bertambah besar dan merepotkan, pemiliknya yang tidak tega membunuhnya akan membuangnya.

Jadi kesimpulannya, entahkah Lepisus Peus ataukah Lepisosteus, paling tidak misteri ikan "jadi-jadian" ini sudah terpecahkan bukan ?

(Anyway, saya berpendapat ikan yang ditemukan di Sumatera Utara dan Surabaya adalah dari genus Atractosteus, bukan Lepisosteus )

Mungkin anda juga ingin membaca mengenai ikan lain yang juga pernah dianggap sebagai ikan jadi-jadian : Pacu - Ikan yang memiliki gigi seperti manusia.

(national geographic, wikipedia)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

65 comments:

Anonymous said...

Cihuuuuyyyy........
saya jadi merasa kalo bang enigma ini seperti detektif conan, yang mampu memecahkan kasus-kasus misteri....

Anonymous said...

hohohoh ..... TERPECAHKAN! tp kok bs nyampe Indonesia yah? kenceng banget berenangnya?

Anonymous said...

Indonesia, Indonesia, kapan nih majunya ?
bentar2 bilang barang jadi2 an
Cabe deh.....

Flicker's Owner said...

sudah kuduga enigma pasti akan posting ini wakakaka aku baru baca dari yahoo...tinggal tunggu posting mas. Hidup enigma!

Anonymous said...

hahahaha...memang.. kita harus belajar menggunakan logika..

selalu memakai segi mistik membuat kita jadi sempit..
pdhal kalau kita menggunakan sedikit logika kita bisa maju..

Seravina.

Sari said...

Mantep banget memang artikel2 di sini, akhirnya misteri terpecahkan.. repot dech, kalo apa2 di Indonesia selalu dikaitkan dgn mistik, kapan majunya nich ..

Rensen said...

wah kalah cepet posting ini sama mas enigma, jd ga jd deh.. ckckck

Btw, koq ga dijelasin gmn carany ikan itu bs ke Indonesia mas??

Anonymous said...

Kalo di tukang ikan sering lihat ikan, namanya ikan aligator..
Sama kaga sie?
Dibuku2 peternakan hewan juga sering lihat..
Biasanya kecilnya ukuran segede jempol..
Bisa jadinya gede banget gt..
Bnr ga bang enigma?

Anonymous said...

Iyah sie Bang Enigma, di Tukang ikan banyak.
Tempat sy di Bandung, waktu itu saya beli di Pasar Ulekan Bandung, di tegalega juga ada. Saya pelihara di barengin sama ikan naga (ikan palmas)Sama2 ikan panjang dan bisa jadi besar.. Kalo ke sana tanya ikan aligator kebanyakan tau...
Cuma saya engga kuat kasih makannya..
Masa segede jempol gitu dikasih cacing beku, 2 blok langsung abis. Bangkrut.. JAdi dikasikan..
Kalo yg gedenya kalo saya tdk salah di Gedung Pos Dan Giro di Riau bagian lobi, dia pelihara di aquarium udah lumayan gede..

enigma said...

haha. di pasar ikan banyak, masih juga banyak yang belum tahu. hehe. ini klarifikasi yang ok banget. Ini juga menjawab pertanyaan bagaimana ikan ini bisa sampe ke indonesia. Ya karena dibawa masuk sama penjual ikan. haha

Anonymous said...

Mas Enigma, kalo yg beken sie, bukunya ini:
http://xavierbook.wordpress.com/2009/03/02/budi-daya-ikan-aligator/
Punya saya sama kaya itu, katanya bisa sampai 3-4 meter.
Mungkin sama2 ikan aligator cuma jenisnya Beda yah..
Tapi kalo dilihat sama banget..

enigma said...

ya, seperti yang saya tulis di atas. ikan jenis ini ada 7 jenis spesies. jadi memang masih satu keluarga walaupun ada perbedaan-perbedaan bentuk, moncong atau warna kulit. Yang pasti sama-sama ikan bermulut buaya.

Anonymous said...

Hebat!! Dua jempol buat enigma. Padahal gwe bro mw usul bt posting berita ikan trsebut. Eh bru msuk kok udh nongol d enigma. Mantap lah!

cichlid mania said...

Dari Sentra ikan hias Cengkareng sampai kios ikan hias kecil di dekat rumah saya,
tuh ikan banyak yang jual dalam ukuran kecil s/d sedang. Mungkin karena ia dpt tmbh besar & makannya boros, maka pemilik mungkin membuangnya ke sungai dan menjadi ikan alien di perairan Indonesia.

Daftar hewan air yg akan dianggap jadi2an oleh orang awam jka menemukannya di Sungai. versi saya =)he he he

- Chelus fimbriatus (kura2 yg bentuknya paling berantakan)
- Macrochelys temminckii
- Axototl
- Polypterus palmas (seperti ikan gabus yg punya tangan)
- Arapaima gigas (dewasa)
- dll (masih banyak mahluk yg bentuknya aneh dan lebih aneh dari yang dapat kita bayangkan di bumi ini)

- Phractocephalus hemioliopterus(pernah masuk berita TV, ditemukan warga sewaktu banjir, di situ di beritakan sebagai ikan aneh perpaduan ikan lele dgn ikan mas)

Semoga menambah wawasan.

Anonymous said...

Daripada ta da yg diributin.
mending ribut biar tambah rame.

AXBR Science Of Today said...

Keren keren..
menarik
makasih atas infonya
saya baru tau famili ikan trsebut

Anonymous said...

@cichlid mania :
kalo axolotl kayaknya nggak, soalnya udah banyak yang meliharanya

Anonymous said...

Melihat dari moncongnya yang membulat, mungkin saja spesies ini memang habitatnya di indonesia. Akan tetapi belum ter inventarisir dengan baik. Karena contohnya beberapa ekspedisi saja sering menemukan puluhan spesies hewan baru yang sebelumnya tidak tercatat. Jadi, aneh atau tidak aneh bentuknya, seharusnya penemuan seperti ini nggak langsung dikaitkan dengan hal-hal goib. Satu-satunya hal goib adalah berkata Subhanallah... Betapa beragam ciptaan-Nya.

Anonymous said...

Pasti da orang awam yg bilang, kalo ikan itu adalah siluman suroboyo?! Hahaha! Enigma mantab! Tiap hari q buka blog ini, tapi cuman baru2 ini brni kasih komen. :)

senadibrata said...

sereem juga neh ikan!!!! mungkin juga tuh evolusi dari aligator purba yg punya insang krena ekosistem di air tawar.....

keren keren....

teguh said...

sebenernya di indonesia juga ada tapi kecil-kecil & giginya kurang terlihat, hidup juga di air tawar, terutama di daerah persawahan.... dan mereka bukanlah karnivora kaya ikan di atas... biasanya saya sebut ikan julung-julung...hehehehe

Dudi Jaya said...

Ikan kepala buaya, semangka berdaun sirih, aku begini engkau begitu, apa lagi nanti ya? jeruk makan jeruk???

codearm2 said...

orang indonesia emang doyan ngehubungin yang sains ama mistik
www.flou-rish.blogspot.com

rahasia yang terabaikan said...

barusan aq lihat di tipi bang.....ada ikan mirip bgt ma yang di atas..tapi dia punya sirip mirip kaki di bagian ekornya...apa mungkin mereka sejenis?

rahasia yang terabaikan said...

wah....sudah saatnya aq minta tolong ma kawan q yang pinter nyari artikel misteri ini deh....eh bang....tolong dong posting tentang kemungkinan atlantis dulunya berada di indonesia....aq dah dpt banyak...tp kok kayae masih kurang gmn gt....cuma cuplikan2 tok........gmn bang?

fisha said...

dari dulu saya ngga pernah percaya klo ada heboh2 ditemukan ikan jadi2an berkepala buaya, coz d rumah saya jg punya yg terkenal di kalangan penggemar ikan 'aligator spatula'. saya jg punya arapaima, yg sblm pembantu saya tau dikiranya ikan gabus. nah jika yg benar2 tdk tau ikan arapaima tsb bisa berjudul 'putri....yg di kutuk menjadi ikan gabus...' ahahaahaha. thx mr. Enigma.

Sony said...

"Dibuang sama pemiliknya bukan karena sayang, tapi karena ikannya emang gak bisa dimakan.. Kwokwokwokwokwok.."

Revort's said...

Kalo ditukang ikan biasa disebut Aligator Fish kalo gak salah....
Artikelnya bagus2 mas....

Anonymous said...

cuman di enigma semua penjelasan logikanya bisa se detail dan se akurat ini,bahkan ikan jadi2an pun yang tadinya serem berbau mistis karna orang indonesia sendiri mlah jadi ikan cupang di bikin enigma.untung aja ga ada ikan berkepala gajah.huahuahaua...

Anonymous said...

ya itulah Indonesia, nggak mau susah-susah mikir, jawabannya cukup "mistik" "ulah setan" "dari alam gaib", jawaban instan. Pantes Indonesia susah maju

Anonymous said...

kalau yg koment org goblok langsung hapus aja brot.

Anonymous said...

Ikan spatula saya namanya Ahmed, peliara dr 20cm pesen taun 2005 di barito.. Taun lalu mati ketiban jembatan kolam.. Pdhl udh mo 1 m.. Emang boros makan nya tp sminggu skali koq bli ikan mas idup , seru liat makan nya apalagi klo kasi kodok.. Makasi mas enigma lengkap bgt info ttg Ahmed Nya..:)

Anonymous said...

wduh,, tu ikan ad d pasar ngasem jogja.. aneh2 aj tu.. hehehehe

cio said...

yaelah ikan kayak gt aja dihebohkan,dirmh aq jg pelihara ikan gituan kok.sehari - hari aq kasi dia mkn ikan dencis or selar.asik aja liat dia melahap makanannya
klo mau lht dateng aja kermh ku
ni alamatnya jln.sei batugingging psr 10 73
lumayan gede ikan nya skrng

juju said...

ikan ini punya nama beken yaitu "Arapaima Gigas", kalo agan dulu pernah ke SeaWorld Ancol pasti pernah lihat ikan satu ini (ga tau skrg msh ada apa gak ya), ukuran tubuhnya bisa sangat besar dan merupakan ikan air tawar terbesar di dunia

Anonymous said...

Wah,aku juga punya di aquarium tapi masi kecil katanya ini ikan hias yg di import nama lainya arapaiman ya gak mas enigma?

Anonymous said...

aligator sama arapaima beda mas, cuma masih satu famili

Widji Widajat said...

aku juga punya di rumah,namanya ikan Spatula,dipelihara di dalam aquarium,dulu waktu beli panjangnya 20cm,sekarang udah >60cm.Pertumbuhannya menyesuaikan dengan habitatnya,jika di aquarium tidak akan melebihi panjang ruang aquarium,tetapi jika di alam bebas bisa mencapai panjang 3 meter.Makanannya memang agak boros,sekali makan bisa menghabiskan 10 ekor ikan mas kecil.Ada yg berminat mau membeli...?

Anonymous said...

Baru beli nih ikan XD XD XD XD Kadang2, akal nalar orang2 Indo yang di pedalaman atau yang kurang dapat pengajaran (Baik dari Sekolah maupun Internet) itu sangat humoris XD

Bayu Aji said...

wah..
temen ane punya ikan kaya gitu bro,

dapet di sungai di daerah pegunungan...
gedenya baru sebesar telapak tangan balita,

yang satu lagi udah mati trus diawetin...

Anonymous said...

aku jg mo buang ikan yg aneh2 di sungai ah....biar cepet gede trus ketangkap org trus biar dibilang ikan gaib atau ikan mistik atau apa aja dech...yg penting bikin heboh heheh...buat teman2 yg lain biar ikut buang ikan yg bentuknya aneh di sungai...ok

nimbu malu said...

for the people of indonesia lepaskan kepercayaan kalian dari mistik perdalam sains nanti kalo ada ikan berkepala manusia nanti di sebut akibat pesugihan sama siluman ikan air tawar,nanti di angkat dah jadi ftv di salah satu stasiun televisi sangat tipikal penduduk indonesia.

Anonymous said...

gambarnya udah ilang kang.. baru mau baca lagi.. repost gambarnya dong..

Post a Comment