Monday, March 29, 2010

Memahami fenomena Sleep Paralysis

Kamu membuka mata. Baru saja kamu tidur selama beberapa jam. Kamu bisa merasakan pikiranmu melayang-layang antara sadar dan tidak. Sambil berusaha mengumpulkan kesadaranmu, kamu mencoba untuk bangun. Tetapi, ada sesuatu yang tidak beres. Tubuhmu tidak bisa bergerak, nafasmu sesak, seakan-akan ada makhluk tidak terlihat yang menginjak dadamu. Kamu membuka mulutmu dan hendak berteriak, tidak ada suara yang keluar. Seseorang sedang mencekik leherku, pikirmu. Ada sesuatu yang tidak beres.


Ya, kalian mengerti maksud saya. Kita semua pernah mengalaminya. Sebagian menyebut fenomena ini dengan sebutan tindih hantu atau irep-irep. Entah apa kata resmi bahasa Indonesianya. Dulu, saya sempat mengira kalau kata fenomena ini disebut Lucid Dream. Namun, ternyata saya salah. Fenomena ini sebenarnya bernama Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur) atau The Old Hag Syndrome.

Mereka yang mengalami fenomena ini kadang merasa ketakutan karena mengira sedang diserang oleh setan. Tidak bisa disalahkan. Zaman dulu, ada kepercayaan kalau fenomena ini diakibatkan oleh "Old Hag" atau "Penyihir" yang sedang menduduki dada korban. Dari situlah ia mendapatkan nama The Old Hag Syndrome.


Ketika ilmu pengetahuan mulai berkembang, nama The Old Hag Syndrome mulai ditinggalkan. Para peneliti lebih suka menyebutnya Sleep Paralysis (SP).

Lalu, pertanyaannya adalah: Apa yang menyebabkannya?

Menurut survey Gallup tahun 1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep Paralysis, paling tidak dua tahun sekali. Jadi fenomena ini bukan sesuatu yang asing bagi manusia. Usaha untuk menelitinya telah berlangsung sejak tahun 1950an, namun baru benar-benar bisa dipahami ketika para peneliti mulai mengerti hubungan antara kondisi REM (Rapid eye movement) dengan mimpi.

Ketika kita tidur, kita akan memasuki beberapa tahapan tertentu. Memang ada banyak, namun kita hanya akan melihat dua tahapan besarnya, yaitu Non REM dan REM.

Ketika kita tidur, 80 menit pertama, kita memasuki kondisi Non Rem, lalu diikuti 10 menit REM. Siklus 90 menit ini berulang sekitar 3 sampai 6 kali semalam. Selama Non REM, tubuh kita menghasilkan beberapa gerakan minor dan mata kita bergerak-gerak kecil.

Ketika kita masuk ke kondisi REM, detak jantung bertambah cepat, hembusan nafas menjadi cepat dan pendek dan mata kita bergerak dengan cepat (Rapid eye movement - REM). Dalam kondisi inilah mimpi kita tercipta dengan jelas dan kita bisa melihat objek-objek di dalam mimpi.

Dr.Max Hirshkowitz, direktur Sleep Disorders Center di Veterans Administration Medical Center di Houston mengatakan kalau Sleep Paralysis muncul ketika otak kita mengalami kondisi transisi antara tidur mimpi yang dalam (REM dreaming Sleep) dan kondisi sadar.

Selama REM dreaming sleep, otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak. Dengan kata lain, kita lumpuh sementara. Fenomena ini disebut REM Atonia.

"Kadang, otak kita tidak mengakhiri mimpi atau lumpuh kita dengan sempurna ketika terbangun. Ini bisa menjelaskan mengapa tubuh kita menjadi kaku."

Menurut hasil penelitiannya, Dr.Hirshkowitz menyimpulkan kalau efek ini hanya berlangsung selama beberapa detik hingga paling lama satu menit. Namun, bagi korban, sepertinya pengalaman ini berlangsung sangat lama.

Lalu, bagaimana dengan perasaan adanya makhluk gaib yang muncul di kamar kita?


Florence Cardinal
, seorang peneliti lain mengatakan kalau halusinasi biasanya memang menyertai Sleep Paralysis. Kadang ada perasaan kalau ada orang lain di dalam ruangan atau bahkan kita bisa merasakan adanya makhluk yang sedang melayang di atas kita.

Lalu, kita bisa merasakan adanya tekanan di dada seperti sedang diinjak atau diduduki. Malah, ada beberapa korban yang melaporkan mendengar suara langkah kaki, pintu terbuka dan suara-suara aneh. Ini cukup menakutkan, tapi normal. Bahkan banyak peneliti yang percaya kalau fenomena "penculikan oleh alien" atau "diserang roh jahat" kebanyakan hanyalah halusinasi yang terkait dengan Sleep Paralysis.

Lalu, dalam kondisi apakah Sleep Paralysis biasa muncul?

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kondisi tertentu dimana kemungkinan mengalami Sleep Paralysis akan menjadi lebih tinggi bagi seseorang. Mereka yang mengalaminya, biasanya adalah ketika yang bersangkutan tidur telentang.

Lalu, fenomena ini lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan yang berlebihan atau mereka yang jadwal tidur normalnya terganggu.

Dan luar biasanya, mereka yang biasa minum obat penenang akan menjadi lebih sering mengalaminya (Ironis bukan?).

Bagaimana kita menghindari Sleep Paralysis?

Ini ada beberapa tips yang dihasilkan dari penelitian klinis, yaitu:

1. Tidurlah yang cukup dan teratur
2. Kurangi Stress
3. Berolahragalah secara teratur

Dengan kata lain, gaya hidup sehat!

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah, Jika kalian terlanjur mengalami ini, tidak perlu takut, karena fenomena ini hanya berlangsung sesaat dan akan segera berlalu.

(serendip.brynmawr.edu, about.com)


Komentar Pilihan

Komentar di bawah ini berasal dari EVA di postingan lain di blog ini dan diposting sebelum saya menulis soal Sleep Paralysis.

Anonymous said..

Om Enigma..........pernah denger istilah 'di rep-rep' ga? itu loh mitos masyarakat yang kalo kita tidur seperti ada yg cekik atau nahan badan kita (mitos yg berkembang itu disebabkan oleh mahluk halus)tapi keadaan kita setengah (bahkan sama sekali) sadar.............nah, beberapa waktu yg lalu aku baca tulisan (tapi lupa di majalah apa) tentang penjelasan ilmiahnya.


Nah, mau share aja sih (skalian kalo tertarik dicariin lengkapnya hehehe).....jadi sepemahaman aku dari tulisan itu, kejadian kaya gitu tuh terjadi pada saat kita sebenernya terbangun tiba2 dari tidur saking cepetnya proses itu maka kerja otak ga sinkron sama impuls yg dikirim ke anggota2 tubuh yang disuruh gerak. Alhasil otak kita udah nyuruh gerak tapi anggota badan kita belum siap (belum menerima impuls tersebut, jadi deh kaya kecekik lah, di tahan lah, di pegangin lah (yang katanya oleh mahluk halus).


Begitu juga seperti kejadian kalo kita lg tidur mimpi jatuh sampe kebangun karena berasa nyata banget,nah kalo yang ini , majalah itu bilang, pada saat tidur hampir sebagian besar tubuh kita kan beristirahat tuh, bahkan kerja jantung aja melambat (aku ga bilang brenti loh ya heheh), nah makin lama katanya kerja jantung tuh makin lambat jadi agar supaya itu jantung ga terlena trus brenti ternyata ada salah satu bagian dari otak kita yg pada titik kerja jantung tertentu akan refleks mengirim semacam muatan listrik yg lebih besar dari biasanya (gunanya untuk mengagetkan supaya jantung tidak terbuai dan ikutan tidur). Itu yang sering bikin kita ngerasa jatuh beneran pas lagi tidur (mimpi).


Tuhan memang menciptakan manusia sedemikian sempurnanya ya.........


Gitu deh Om.....
Makasih,
Salam

Eva


March 29, 2010 4:50 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

279 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 279   Newer›   Newest»
Anonymous said...

lala said,,
pertamaxx ga???
aq jg sering tuh ngalamin ky gitu,, buat gerakin badan aja susah bgt!!!

Anonymous said...

bang enigma bahas tentang angel statue yang ada di bulan dong

enigma said...

Angel statue yang katanya ditemukan di bulan adalah sebuah hoax.

ANIS said...

CROP CIRCLE...nya doooooooooong...!!! ( sambil tereaaaaaak...)
hehehe...sori ngejunk bang...

enigma said...

Jika memang ada crop circle, pasti akan saya posting. percaya deh.

inoshi said...

kalo di jawa namanya tindihan (cmiiw)

yang saya heran kenapa otak melumpuhkan fisik kita sehingga kita tidak bisa bergerak di luar konteks mimpi...berarti logikanya kan kita hanya bisa bergerak menurut gambaran mimpi kita. Apakah itu yang menyebabkan adanya gejala somnambulism (sleepwalking) namun somnambulisme bekerja ketika ada pada fase nrem (nonrapid eye movement). sedangkan keterangan diatas, order otak untuk melumpuhkan gerak kita ada pada fase rem.

mengapa otak kita tidak mengakhiri kelumpuhan kita secara sempurna? apakah karena faktor eksternal yang menyebabkan kita terkejut?

namun banyak hal yang terjadi, kita bangun dengan tiba-tiba karena disiram airlah (kesiangan kalee...) or karena jam beker yang ga pake ancang-ancang, toh kita bisa mengendalikan diri, meski kadang yang bergerak adalah reflek kita, malah otaknya yang kalah...

bila seluruh fungsi tubuh kita diatur otak, bahkan ketika sedang tidur dan bermimpi. lalu siapa yang mengatur otak? mekanisme apa yang mampu memberi order kepada otak? kapan otak tidur dan kapan otak bangun? apakah ada penjelasan ilmiahnya?

abzalom said...

betul om...saya hampir sering mengalaminya, biasanya hal itu saya alami pada hari2 kerja saja (biasanya kalo ada lembur di kantor). tapi saya anggap hal itu biasa karna kecapean. memang sih saya juga menyangkut pautkan dengan hal berbau mitos, karna itu sdh turun-temurun...heheh, tapi setelah saya baca artikel tentang fenomenah ini, saya jadi ngerti dan kayaknya jam istirahat saya harus di tambah nie (supaya uang saku juga naik hehehe ^_^)

oh ya..kalo di tempat kami sering di sebut dengan ketindisan atau AMBRAP (AMBRAP bahasa daerahnya) !

PEACE!!!! buat om enigma.

Anonymous said...

Ajan said
Kira" berapa lama kita baru bisa bangun (terlepas) dari fenomena sleep paralysis ini. Apa berlangsung lama?

Anonymous said...

kalo org jawa si bilang itu "tindihen" ato tindihan..ak sering ngalamin kejadian kyak gt..cm mu nambahin, biasanya kejadian kyk gt di barengin ma bagian tubuh kita yang kesemutan dikarenakan salah posisi tidur ato ketindih bagian tubuh yang lain, sehingga pas kita tidur n gk nyaman dgn kesemutan tersebut, kita kebangun n tentunya susah buat gerakin anggota badan yg kesemutan tadi..
brader enigma, posting tentang kemampuan baca pikiran orang dunk..terus apa hal tsb bisa dipelajari?
tq...
kayoon_ozpisio

Anonymous said...

bang enigma thanks atas p'njelasan'a ..
gwe udh nyoba s'ndiri ngatasin ini soal'a srng bngt smpe" gwe bsa langsung melek pas lgi tdr gara" srng bngt ngalami ini ..
hehehe ..


oh iy bang, maw nanya nih. Klo misal'a kita mimpi jatuh dari tempat tinggi. pas udh jatuh, rasa'a jiwa kita jga jatuh dari tempat tinggi smpe k bdn kita.

nah itu nama'a ap bang? soal'a gwe jga srng ngalamin ini ..

Anonymous said...

oomm...enigma saya syarif lagi nech.menurut aku mungkin otak kita mempunyai memory yang secara reflek merekam setiap gerak kita ..mungkin otak kita secara reflek jadi memerintahkan ke syaraf organ kita ..karena saat tidur manusia tidak dapat secara total mengatur gerak motorik kita.hehehe is that true?please balasannya

abzalom said...

REQUEST: om pernah dengar tidak tetang misteri GEOMETRI? katanya sih GEOMETRI memiliki unsur yang berkaitan dengan penciptaan alam semesta, betu tidak om?

di jawab ya om (mode paksa: "on") ! ^_^

PEACE!!!!!!!

enigma said...

@inoshi: soal mengapa otak kita bisa berperilaku aneh dgn tdk sempurna menyadarkan kita, memang diakui blm sepenuhnya dipahami. Tp sebagian percaya kalo kelelahan, krg tidur dll bisa membuat otak bekerja spt itu.

enigma said...

@syarif: bisa saja spt itu. @abzalom: saya blm pernah membaca soal itu hingga tuntas.

Anonymous said...

ini baru berkualitas...
sudah banyak baca tentang fenomena ketindihan, tapi tulisan di atas paling mantap...

-by accank-

Anonymous said...

pas banget ni. sy dl sering banget ngalamin "ketindihan" gt. wkt itu sy yakin penyebabnya adlh "supranatural". masalahnya sy yakin mata sy terbuka d tengah mlm n melihat bayangan hitam persis d atas sy. biasanya gejala itu dtandai dgn terlihatnya seekor laba2 besar yg hilang tiba2 kl kt mengalihkan pandangan darinya(laba2nya nyata,bukan mimpi) sblm sy masuk kmr. Kadang2 stlh "ketindihan" itu,sy merasa ada benda2 spt bola2 kcl yg berjatuhan k atas badan. kadang2 ada kekuatan yg mencoba memutar kepala atau badan sy k posisi tdr yg lain. dan kadang ada energi kuat yg menindih sampai nafas sesak n telinga sy pekak(spt wkt kt naik pesawat trbang) Tp stlh bc artikel ini sy jd lega. trnyata sy normal n yg sy alami itu wajar. Nice post Mr. Enigma. Luv this blog ^^

Anonymous said...

ka, posting tempat misterius di australia duunk...
katanya sih ada taman misterius di tengah benua itu.
thanx ya, ka..

Anonymous said...

Oo sering bnget tuh ngalamin sleep paraleleses [whatever Lah,]


tp yg jeLas, sblum tidur brdoa dLu,,

iy brother E, reQuest sma kyk yg d atas, tntang membaca bhkan mngontrol pikiran orang laen, spt yg dpLajari para Mentalist kyk Corbuzier dkk dunk,,

bejo

Anonymous said...

Oo sering bnget tuh ngalamin sleep paraleleses [whatever Lah,]


tp yg jeLas, sblum tidur brdoa dLu,,

iy brother E, reQuest sma kyk yg d atas, tntang membaca bhkan mngontrol pikiran orang laen, spt yg dpLajari para Mentalist kyk Corbuzier dkk dunk,,

bejo

Anonymous said...

ka, genographic project itu gunanya buat apaan sih. katanya proyek rahasia buat menciptakan manusia unggul / super ya ka ?
hiiii....

enigma said...

Bukan, genographic project itu cuma proyek untuk memetakan sejarah migrasi manusia. Tidak ada hubungan dengan rekayasa genetika.

—[Adnane]— said...

Bang, saya pernah ngalamin yang seperti itu. namun jauh lebih parah, waktu itu, begitu bangun, bukan hanya badan yang tidak bisa di gerakan, namun dada juga seperti tak bisa di gerakan, saya sama sekali tidak bisa bernafas. Kejadiannya tidak begitu lama, hanya sekitar 20 detik, hingga bisa bangun total. tapi selama 20 detik itu, saya panik sekali, sudah mencoba menarik nafas, tapi tidak tidak ada udara yang terhisap. Itu kira-kira bisa di jelaskan?

enigma said...

Adnane, itu jelas Sleep Paralysis. Penjelasannya sudah di atas.

Anonymous said...

Iya, saya sering ngalami juga. terutama kalau tidur siang. Disini istilahnya "Eureup-eureup". Katanya kita ditindihin "Hantu Kayu kamar" :) Entahlah... Saya malah kadang lebih dari 1 menit baru bisa "full self controll"-mode ON. Menderita banget rasanya T_T.

enigma said...

@anonymous said:

"oh iy bang, maw nanya nih. Klo misal'a kita mimpi jatuh dari tempat tinggi. pas udh jatuh, rasa'a jiwa kita jga jatuh dari tempat tinggi smpe k bdn kita."

Saya tidak bisa memastikannya. tapi kedengarannya seperti mimpi biasa.

haryadi said...

waah,.bener2 tepat materi ulasannya,...termasuk komentar pilihan dari artikel lain...yah bener! gakda mahluk halus yg duduk didada saat tidur...anda benar gan

robstenfreak said...

pas bgt topik nya
keerenn deh

tdi pagi mma aku crta, katanya dia tdur tnpa sadar mengganti bajunya sndiri bg..
dy sdar saat udah makai tuh baju dan dduk d atas tempat tdur

dan mnurut pnjelasan yg bg enigma tau itu trmasuk apa??

Chris said...

Saya cukup puas membaca tulisan ini. Akhirnya fenomena 'tindihan' atau 'irep-irep' dapat dijelaskan :)

Saya izin ingin menanggapi beberapa komentar.

@bro Inoshi:
''yang saya heran kenapa otak melumpuhkan fisik kita
sehingga kita tidak bisa
bergerak..''
Saya rasa yang dimaksud dengan 'melumpuhkan' oleh Mr.Enigma, adalah seperti ini:
''Selama REM dreaming sleep, otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak. Dengan kata lain, kita lumpuh sementara.
Fenomena ini disebut REM Atonia.''

Lumpuh yang dimaksud adalah: ''otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak.''
Ini bersifat sementara.
Semua otot di tubuh tidak 'dimatikan'. Yang 'dimatikan' fungsinya adalah otot-otot tubuh yang volunter (sadar), yaitu otot-otot rangka. Sedangkan otot-otot involunter (tidak sadar) tidak 'dimatikan', seperti otot-otot jantung, otot-otot pernapasan dan otot-otot saluran pencernaan.
''Mengapa demikian ??''
Itulah tanda-tanda kekuasaan-Nya, rancangan Maha Cerdas-Nya dalam diri kita :) Saya yakin ini berhubungan dengan prinsip keseimbangan dan efisiensi.
Selama kita tidur, kita tidak melakukan aktivitas fisik, kita relax. Ini disebabkan sistem saraf parasimpatis menjadi dominan, berfungsi dalam keadaan 'housekeeping', dalam keadaan tenang dan santai.
Kontraksi otot rangka diminimalkan, denyut jantung diturunkan, irama pernapasan diturunkan. Semua itu dilakukan karena kita sedang tidak memerlukannya, karena kit sedang tidak beraktivitas fisik. Hal ini dapat menghemat energi dalam tubuh kita. Kemudian aktivitas pencernaan meningkat saat kita tidur karena berada di bawah dominasi sistem saraf parasimpatis. Ini bertujuan mengisi ulang (recharge) energi, sehingga pada saat kita bangun kita dapat beraktivitas.
Disebut keseimbangan karena pada malam hari kita tidur, relax, parasimpatis mengambil alih. Setelah pada siang harinya tubuh kita beraktivitas fisik di bawah dominasi sistem saraf simpatis. Selain itu juga karena adanya pemakaian energi pada siang hari dan recharge energi pada malam hari saat tidur.


''mengapa otak kita tidak mengakhiri kelumpuhan kita secara sempurna? apakah karena faktor eksternal yang menyebabkan kita terkejut?''
Ya, saya rasa begitu. Untuk mengakhiri REM atonia, otak harus melalui fase-fase tertentu untuk kembali ke kondisi sadar. Jika tiba-tiba ada gangguan dari luar pada fase REM dreaming sleep, sehingga kita terjaga, saya rasa ini bisa menimbulkan sleep paralysis.

Pertanyaan yang muncul: ''kalau begitu, mengapa para ahli mengatakan sleep paralysis hanya terjadi sekali 2 tahun? Itu kan sangat jarang terjadi? Tetapi kita tiba-tiba terbangun atau dibangunkan kan lumayan sering?''

Jawaban (menurut) saya:
1. Kita tidak terbangun/dibangunkan pada fase 'REM dreaming sleep' yang menimbulkan REM atonia, tapi pada fase-fase tidur yang lain.
2. Ada kemampuan otak untuk mengkompensasi REM atonia, jika kita memang benar-benar terbangun/dibangunkan pada fase REM dreaming sleep, sehingga paralysis dapat ditekan hingga hitungan detik (1 atau 2 detik) atau bahkan milidetik. Saya rasa otak mengirimkan impuls (yang kecepatannya bisa mencapai 13 m/detik) secara serentak melalui berbagai jalur saraf motorik, sehingga jika ada bagian otak (di area motorik) yang belum 'aktif' untuk menggerakkan suatu organ target, hal itu dapat dikompensasi oleh jalur saraf motorik lain yang tetap mengalirkan impuls. Hasilnya, kita tidak menyadari paralysis, walaupun sempat terjadi selama beberapa detik atau milidetik :)

Chris said...

(Sambungan...)


''Bila seluruh fungsi tubuh kita diatur otak, bahkan ketika sedang tidur dan bermimpi. lalu siapa yang mengatur
otak? mekanisme apa yang mampu memberi order kepada otak? kapan otak tidur dan kapan otak bangun?
apakah ada penjelasan ilmiahnya?

Saya pikir otak diatur oleh dirinya sendiri, atau bisa disebut 'self-regulated'. Ini adalah kemampuan menakjubkan yang dianugerahkan Tuhan. Saya pikir otak tidak beristirahat. Pada saat kesadaran kita hilang, atau tertidur, otak masih bekerja, yaitu mengendalikan semua proses 'house-keeping', seperti pernapasan, sirkulasi darah dan irama jantung, pencernaan, pengaturan-penyimpanan memori dan sebagainya.
Saya pikir ada bagian tertentu dari otak yang bertanggung jawab atas kesadaran dengan mekanisme yang rumit. Kalau tidak salah, bagian itu disebut 'formatio reticularis' yang terletak di batang otak (medulla oblongata). Pada saat kita tidak sadar, tertidur, itu berarti aktivitas bagian ini sedang di-non-akftifkan. Otak dapat me-non-aktifkan bagian ini secara disengaja, misalnya pada saat terjadi nyeri/rasa sakit atau stress emosional yang luar biasa. Ini ditujukan sebagai fungsi proteksi bagi tubuh. Misalnya, kita bisa pingsan, jika menanggung rasa sakit/nyeri yang tidak tertahankan.

Chris said...

Sister Eva mengatakan:
''pada saat tidur hampir
sebagian besar tubuh kita kan beristirahat tuh, bahkan kerja jantung aja melambat (aku ga bilang brenti loh ya heheh), nah makin lama katanya kerja jantung tuh makin lambat jadi agar supaya itu jantung ga terlena trus brenti ternyata ada salah satu bagian dari otak kita yg pada titik kerja jantung tertentu akan refleks mengirim semacam muatan listrik yg lebih besar dari biasanya (gunanya untuk mengagetkan supaya jantung tidak terbuai dan ikutan tidur). terbuai dan ikutan tidur). Itu yang sering bikin kita ngerasa jatuh beneran pas lagi tidur (mimpi)''

Setuju. Normalnya, pada saat tidur, denyut jantung memang melambat hingga mencapai batas normal minimum yaitu 60 kali permenit. Semuanya itu diatur oleh pusat kardiovaskuler di batang otak. Untuk menaikkan denyut jantung, otak akan mengirim impuls simpatis ke nodus pacu jantung, yaitu SA node, diteruskan ke AV (Atrium-Ventricel) node, ke bundle Hiss yang melingkari jantung dan terakhir ke serabut-serabut Purkinje di otot-otot ventrikel jantung. Semakin banyak impuls yang dikirimkan, semakin sering jantung berdenyut. Denyut jantung maximum (normalnya 100 x/menit) akan dicapai jika kita beraktivitas fisik berat, misalnya berlari kencang, dsb.
Nah mungkin yang dikatakan Eva itu adalah proses bagaimana otak menjaga denyut jantung tidak turun di bawah normal (bradikardia).
Tapi, saya baru tahu kalau inisiasi impuls yang lebih intens ke SA node berhubungan dengan peristiwa jatuh di dalam mimpi. Nice info :)


Next.
Dalam tulisan di atas disebutkan bahwa ada orang yang mengalami sleep paralysis yang menurutnya dia merasakan kehadiran 'sesuatu' yang lain, mendengar suara-suara aneh dan sebagainya. Dan dikatakan (Florence Cardinal) halusinasi biasanya menyertai sleep paralysis.

Menurut saya pribadi, halusinasi dan sleep paralysis adalah 2 hal yang berbeda, tapi bisa jadi muncul berurutan.
Dari gejala-gejala halusinasi yang dirasakan di antaranya yaitu mendengar suara-suara aneh, merasa ada keberadaan yang lain di dekatnya. Saya rasa ini dikarenakan delirium. Yaitu kondisi penyimpangan kognitif sementara dikarenakan hipoksia (rendah oksigen di darah) atau hipoglikemia (rendah kadar gula/glukosa di darah). Oksigen dan glukosa merupakan 2 substrat pokok yang harus disupply dengan stabil ke otak. Gangguan ini bisa menimbulkan delirium, yang salah satunya ditandai juga dengan kondisi bingung (confusional state).

Nah, pada sleep paralysis (saya rasa) tidak menimbulkan hipoksia ataupun hipoglikemia. Sleep paralysis tidak mempengaruhi otot-otot pernapasan dan jantung. Sehingga oksigenasi normal, dan hipoksia tidak terjadi. Sleep paralysis juga tidak berhubungan dengan hipoglikemia. Hipoglikemia lebih dikarenakan sebab-sebab lain, misalnya kelaparan (tidak makan berjam-jam sebelum tidur), karena mengkonsumsi obat-obatan hipoglikemik atau memang karena ada penyakit yang mendasarinya.
Jadi, jika pun orang yang mengalami sleep paralysis berhalusinasi, itu dikarenakan faktor predisposisi yang menyertainya, bukan karena sleep paralysis itu sendiri.


@ Abzalom:
''REQUEST: om pernah dengar tidak tetang misteri GEOMETRI? katanya sih GEOMETRI memiliki unsur yang berkaitan dengan penciptaan alam semesta, betul tidak om?''

Maksudnya yang tentang 'golden ratio' bukan? Yang berasal dari nilai 'phi' pada lingkaran, 22/7 ? Itu juga ditemukan pada rasio proporsi tubuh manusia, dan lain-lain. Dulu pernah baca, tapi lupa di mana..hehehe..

enigma said...

Saya mau Koreksi satu hal. Saya tdk pernah menulis kalau para ahli mengatakan sleep paralysis hanya muncul 2 thn sekali. Itu adl hasil survey gallup thdp org dewasa. Mereka mengaku PALING TIDAK mengalaminya 2 thn sekali.

Chris said...

''Menurut survey Gallup tahun
1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep
Paralysis, paling tidak dua tahun sekali. Jadi fenomena ini
bukan sesuatu yang asing bagi manusia.''

Ups, my bad. Thanks Mr.Enigma :)

Yah, paling tidak semuanya saya rasa setuju, sleep paralysis jarang terjadi..

Anonymous said...

mantabs bro enigma.. like this :)

@chris, analisis mu sistematis bgt ya.. itu cari sumber nya dulu ato langsung dari pengalaman membaca mu?? saya salut sama bro chris atas pengetahuannya :) well done

Anonymous said...

bang, aku sering banget kena sleep Paralysis, tapi dalam satu malam sering terjadi berulang, ketika terjadi q coba cepet2 sadar trus tidur lagi, pas tidur belum satu menit udah kena lagi, itu kenapa ya?

Anonymous said...

om, tolong bahas tentang boneka di amerika yang bicara "Islam is the Light" dan juga game Nintendo DS yang berkata dengan kata yang sama.

anehnya pemilih pabrik yang memproduksi boneka itu tidak mengakui kalau bonekanya itu mengeluarkan suara "Islam is the Light",,
tapi ada yang aneh lagi, ada boneka lain (tapi dari jenis boneka yang sama) juga mengeluarkan suara "Satan is King"..

saya sudah berputar-putar di google, tapi semuanya memakai bahasa inggris, saya tidak bisa bahasa inggris,, tolong bantuannya ya om..

saya tidak bermaksud mempromosikan islam, tapi saya hanya ingin mengetahui kebenaran dari peristiwa ini.. dan satu-satunya Blog yang saya percaya hanya Blog ini saja.. om enigma juga type orang yang tekun, saya yakin om enigma pasti bisa mencari kebenaran dari boneka ini.

juragan said...

Good Posting!...
Ketindisan, terakhir kali ngalamin waktu kuliah.. mmm kira-kira 10 tahun lalu lah.
Tips untuk mengatasinya, jangan dilawan, pejamkan mata, usahakan bernafas dengan pelan (rileks) dan teratur. Biar nggak stress aja gitu... Masa baru bangun badan gak bisa gerak, kan bikin stress.. :D


Ngomong-ngomong soal otak, ada nggak yang kepikiran, kenapa Otak yang "hanya" terdiri dari kumpulan-kumpulan sel yang terbentuk dari atom-atom yang "MATI" bisa seolah-olah menjadi "mesin hidup" yang sangat powerful?

APa sebenarnya yang "menghidupi" otak? Mungkin ada yang menjawab, darah dan oksigen, tanpa keduanya otak tak bisa berfungsi dengan baik.

Baiklah, kalau begitu, kita coba ambil otak dari "mayat" yang baru meninggal beberapa jam, kemudian kita aliri dengan darah dan oksigen, dan mungkin sedikit aliran listrik seperlunya.

Pertanyaannya adalah : apakah otak itu menjadi "hidup"?

:)

Chris said...

@anonymous: saya langsung tulis, karena saya pernah baca dan dengar infonya.. :)

inoshi said...

buat chris:

kamu cerdas, saya memang berniat menggiring sebuah konklusi menuju causa prima. Saya senang kalau ternyata kamu tidak mengabaikan faktor tuhan

Anonymous said...

om,, katanya di bulan pernah ditemukan sebuah arca atau mirip sebuah patung,, tolong ditulis dong. kata Dr. Charles seorang ilmuwan dari NASA pada suatu waktu atmosfer di bulan sangat mendukung kehidupan.

tolong di posting ya om.

by Aries Takarai

Chris said...

@bung juragan:

''APa sebenarnya yang "menghidupi" otak? Mungkin
ada yang menjawab, darah dan oksigen, tanpa keduanya
otak tak bisa berfungsi
dengan baik.
Baiklah, kalau begitu, kita
coba ambil otak dari "mayat" yang baru meninggal beberapa jam, kemudian kita
aliri dengan darah dan
oksigen, dan mungkin sedikit aliran listrik seperlunya.
Pertanyaannya adalah : apakah otak itu menjadi "hidup"? ''

Saya percaya sepenuh hati, bahwa kita hidup bukan karena reaksi-reaksi biokimia dan sekian mekanisme rumit lainnya, tapi karena ruh yang diberikan Tuhan :)

Anonymous said...

Nirvana said :

Bro Enigma, saya termasuk hobi nonton bola pada jam2 dini hari tp khusus tim favort aja. Nah, biasanya, sebelum saya tidur menjelang bola tersebut, selalu saya tanamkan bahwa saya akan bangun di jam2 tersebut, yah meskipun kadang terbangun sudah 1/2 babak kedua atau 1/2 jam sebelum kickoff. Saya biasa tidur dl jam 10 mlm. Nah, sebenarnya apa sih penjelasannya, seperti ada jam weker aja di benak. Tx

enigma said...

Itu memang bisa terjadi. Pikiran kamu berkuasa atas syaraf2 di tubuh.

enigma said...

@aries: saya sdh jawab di komentar atas. Penemuan patung malaikat di bulan adl hoax. Soal kondisi bulan yang mendukung kehidupan, bs diperdebatkan. Kehidupan manusia atau bakteri?

Anonymous said...

akhirnya..., jadi beda sleep paralys ama lucid dream apa dong??
saya sering bgt nglaminya waktu zaman SMA, dalam seminggu 2-3 x, cape...k bgt...smpe kadang takut tidur...bangunnya juga lama bgt...perasaann mpe 10 menit baru tersadar...(perasaan sih),
trus baca salah satu komen diatas yg bilang jangan dilawan, biarin aja, sy kurang stuju, krena pernah nih karena capek ngelawan saya biarin ...malah tambah parah...diiringi suara dengung2an yg menyakitkan...dan ada 'sesuatu' yang lompat2 disekitar saya...perasaan kdang ky mau lewat aja.
Saya sempat mengira yg saya alami berhubungan dengan mahluk halus karena 80% saat saya mengalaminya terjadi pada malam jumat...^_^ tapi terus pernah dengar kalau kejadian ini berhubungan ma kondisi jantung...
trus saya ingat zaman SMA jantung saya memang sedikit ada gangguan..., (nyokap saya juga yg punya sakit jantung sering ngalamin sleep paralys)sekarang2 ini ketika pola hidup sy semkin sehat...saya hampir nggak pernah ngalamin, kecuali kalau sedang kelelhan berat atau stress ,(n ditambah artikel yg bro enigma tulis, makin ykin deh, nggak ada hubungannya ma hantu2an, jin2an..^_^. )

dan menurut pengalaman sya yg buat kita cepat sadar kalau kita bersentuhan dengan org lain atau dipegang org lain kita pasti langsung sadar, kalau tidurnya nggak sendirian pasti ada kemungkinan cepat sadar kalau kena sleep paralys ,ky zaman sy masih tidur bareng sama kakak
n kalau nggak mau mengalami... ya seperti kata bro enigma di 3 point diatas n sebelum tidur jangan lupa doa ya....^_^ capek banget n sakit soalnya....
>Achel<

juragan said...

@bung Chris,.

That's it.. :D
Saya juga yakin itu.. :D
Batu juga kalu dikasih "ruh" bisa jadi hidup bukan?
Hehehehe..

Sepengetahuan kami (lupa pernah baca di mana), kalau mau disederhanakan, Otak itu cuma tool yang super canggih yang bisa bekerja baik otomatis maupun manual. Sementara yang mengendalikan adalah "ruh". Selain "cerdas" ruh itu juga yang mengontrol proses emosional manusia. Ah.. rumit lah pokoknya.. terutama yang menyangkut masalah mental, batin, dan sejenisnya.. itu bukan hanya perkara otak bukan?

Kasus Autisme misalnya, apakah itu memang murni gangguan pada otak? Atau ada faktor X lainnya (di luar otak tentu saja)?

enigma said...

Lucid dream itu mimpi dimana sang pemimpi tahu kalau dia lagi mimpi.

Anonymous said...

om,
q pernah denger katax lok kita ngerasa seperti di duduki setan lok qt g cepet@ bgun isa mati. menurut om bener hal itu?

freidens said...

Penjelasan yang sungguh luar biasa, baru sekarang saya tahu klo direp-rep/tidihin itu terjadi karna sistem kerja otak, dan punya nama kren pula...
bukan hanya setiap articlenya aja yang menarik untuk dibaca commentnya pun demikian.
pokoknya salut deh buat bung enigma

enigma said...

@anonymous: kalo kamu benar2 diduduki oleh setan. Mungkin kamu memang bisa mati. Tapi sleep paralysis tdk ada hubungannya dgn setan.

jatuh cinta dengan [C.R.O.P C.I.R.C.L.E]® said...

WOW......
aneeeee sih seringnya kesemuten pas lagi tidur
sampe gk terasa tangan sendiri......

nice post....

Anonymous said...

.....wow, karena dipengaruhi oleh otak sendiri kita menjadi takut akan hal2 yg kita lihat

Dumber said...

Pernah saya rasakan sekali, waktu msh SMA. Emang kaya ada yg nahan kita.

drdjebrut said...

bung enigma,boleh saya post ulang di blog saya?di www.drdjebrut.wordpress.com.

saya sertakan juga nanti sumbernya.

thx

Anonymous said...

aku juga sering kayak gitu tapi aku masih 17an...berarti tak tertutup kpada para younger untuk mengalaminya......dan baru tahu aku kalau ini dsebut sleep paralysis....selama ini aku maisih nyangka kalau ini mimpi...tapi kenyataan rupanya...thx bang enigma

077 said...

Mantep Mas Enigma . . .
Lanjutkan,,
:D

@Mas Chris : Anda tau banyak tntang tubuh manusia,, Belajar di mana . ?
Hehe

aprian said...

Nice post bang enigma akhirnya tau juga penjelasan ilmiahnya

soal angel statue dibahas ya bang pgn tau ane

Anonymous said...

@enigma : saya belum tahu manusia atau bakteri, karena yang saya baca itu, hanya suatu waktu atmosfer di bulan sangat mendukung kehidupan.
makanya saya bertanya kepada om enigma.

oiya, untuk Sleep Paralysis ini, kenapa aku gak pernah mengalaminya ya.. aku pernah punya teman yang pernah mengalami Sleep Paralysis, katanya rasanya memang seperti ditindihi orang..

uniknya lagi, saat saya bermimpi, saya tahu kalau saya sedang bermimpi, jadi saya dapat bangun dari mimpi itu kapan saja, saya tinggal memejamkan mata lalu membuka mata lagi setelah itu saya pasti terbangun dari mimpi itu. mungkin ini yang membuat saya tidak pernah mengalami Sleep Paralysis..

by
Aries Takarai

Anonymous said...

OM ENIGMA SAYA TDI HABIS BACA TENTANG MANUSIA BERKEKUATAN 30000 MANUSIA DAN TENAGA 260 KUDA,ORANGNY DARI MESIR.
APA BENAR MANUSIA BERKEKUATAN SUPER SELAIN SAMSON MASIH ADA?TOLONG DI BALAS.THX^^

enigma said...

kekuatan 30.000 manusia? apakah ia membuktikannya? dengan mencabut sebuah pohon kelapa misalnya?

Anonymous said...

DIA CUMA MATAHIN KOIN PAKE JARI DAN KELOPAK MATA,KATANYA DIA BISA NGANGKAT TRUK,TAPI KEKUATANNYA BAKAL JADI TIDAK TERKENDALI(saya sendiri juga tidak percaya).TAPI APAKAH OM ENIGMA PERNAH DENGAR TENTANG MANUSIA2 YG SEPERTI ITU?

enigma said...

Belum pernah denger. Kalu cuma mematahkan koin dengan tangan atau kelopak mata, saya pernah lihat orang melakukannya. Tapi mereka tidak mengaku memiliki kekuatan 30.000 manusia. Coba bayangkan, jika ia bilang kekuatannya bisa tidak terkendali, itu berarti, ia tidak mau mempraktekkannya kan? Jadi, darimana kita bisa tahu kebenarannya?

Anonymous said...

oh ya OM ENIGMA, Saya pernah baca kalau sleep paralysis itu tanda-tanda mau meraga sukma? beneran ga?
buat artikel tentang meraga sukma dong OM

ngomong2 NICE POST OM :D

Anonymous said...

AKU MAU TEORI KONSPIRASI TINGKAT TINGGI...............hehehehe...kapan bang...ayolah bang posting donk...

by...N.O

Anonymous said...

Saya juga sering tuh "ketindihan" sewaktu tidur,,duluuu bgt saya percaya kalo saya di tindih oleh hantu. Tapi karena sekarang2 ini saya sering bgt nonton National Geographic,BBC Knowledge,dll. Saya jadi tau bahwa hal2 seperti ketindihan itu ada penjelasan ilmiahnya. Btw..I Looove this Blog. Good job Mr.Enigma!

Anonymous said...

Begitu juga seperti kejadian kalo kita lg tidur mimpi jatuh sampe kebangun karena berasa nyata banget,nah kalo yang ini , majalah itu bilang, pada saat tidur hampir sebagian besar tubuh kita kan beristirahat tuh, bahkan kerja jantung aja melambat (aku ga bilang brenti loh ya heheh), nah makin lama katanya kerja jantung tuh makin lambat jadi agar supaya itu jantung ga terlena trus brenti ternyata ada salah satu bagian dari otak kita yg pada titik kerja jantung tertentu akan refleks mengirim semacam muatan listrik yg lebih besar dari biasanya (gunanya untuk mengagetkan supaya jantung tidak terbuai dan ikutan tidur). Itu yang sering bikin kita ngerasa jatuh beneran pas lagi tidur (mimpi).

Tuhan memang menciptakan manusia sedemikian sempurnanya ya.........

maksih ya Eva, that's incredible
masih jg bwt enigma

Tokrem said...

Sblm ada tulusan ini sy msh mnganggap tindihan krn ulah mhkluk halus....tp stlh bc tulisan ini br ada pncerahan...nice post..

Sy lbh suka jk bro Enig mmbahas fenomena2 aneh yg tdk asing bg kita (spt postingan ini)...sangat menarik...
ngkin Bro Enig bs mmbahas yg lain, msal ttg sugesti,krn sbuah kpercayaan bs mnjd knyataan krn adanya sugesti.atau ttg fnomena alam,mngapa angkasa yg "gelap" bs brwrna biru pd siang hari, atau apa yg mnyebabkan laut brwarna biru.dll

Ttg Sleep Paralysis sy pikir pnjlasan sdh ckp lngkap dtmbah dg ulasan Chris...cm pnjlasan ttg fnomema SP dg prasaan khdiran mhkluk gaib apkah bnr hnya karena halusinasi atau mgkn ada pnjlasan lainnya, ayau mmg bnr2 ada mhkluk halus (hiii)?

Soalnya (berdasar pngalaman) SP yg sy alami jg dsrtai dg nyeri fisik....apkah hlusinasi bs mnyebabkan skit pd tbuh?
sy mrasakan ada tngan yg mncekik leher saya, dsertai dg tkanan(tusukan) jr pd lher bwh (atas tlg dada) dg kuat...sy mlawan smpai ckikan terlepas dan mata sy terbuka...tdk ada siapa2 dsmping sy....sy lari kluar kmar...cm anehnya nyeri akibat ckikan (tusukan jari) msh trasa lama stelah trbangun....

Anand said...

Bung enigma, bagaimana dg hipnotis yg mnyebabkan ssorang tidur,tp masih bs d tanya-tanya/dsuruh melakukan gerakan2. Seperti yg dlakukan uya kuya & tomy rafael.
Kalo bung enigma tau kronologisnya,tolong d jelaskan

bean said...

klo aku dah sering deh ngalamin ginian, terutama pada saat dalam keadaan ketakutan/khawatir pasti terserang SP (biasanya habis nonton film horor/cerita2 hantu) bahkan bukan pada saat terlelap, malahan pada saat mau memejamkan mata.

klo dah kena SP kan susah bernafas tuh, lebih baik diem aja tenang, tahan napas, pasti langsung hilang :]

farry said...

Woow! gag nyangka apa yg sering q alami trnyta ada pnjlsan ilmiahnya.
Dlm kondisi sleep paralysis aq brusha teriak tp gag bisa! brusha brontak jg gag bisa! kalo ttp tenang jiwa rasanya mau lepas dr raga! saking seringnya aq alami yg sprti ini, q jd bisa tau saat mimpiq akn brubh mjdi sleep paralysis. Biasanya terjdi saat bru mau tidur jd msh smpt maksa bangun tp dgn nafas ngos2an or kalo udh gag smpt aq jg sadar kalo lg dlm kondisi mimpi sprti ini (lucid dream?!)
dlm kondisi sleep paralysis siapa sih yg gag takut tiba2 lumpuh sprti pasrah diserang? pengalaman aq.. kalo rasa takut bisa dlawan, kelumpuhannya jg bis dilawan! aq prcya! ada org yg mati krn sleep paralysis! krna kelelahan or darah gag lancar (itu kata nenek moyang)
'pijit seluruh tubuh khususnya jari2 kaki agak ditarik smpe mengeluarkn bunyi' Itu hnya kata2 nenek moyang tp sejauh ini.. aq tidur telentang, tengkurap, terbuai skalipn gag ada lg yg namanya Ketindihan.
10 jempol buat enigma :))

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Q kmrn blm smpt main ksini,..lg sibuk,,hehe..
uwooww,, irep2! bgtu toch,, q kr dulu mang ada hubngnx dgn mkhlk halus,, hehe...

Q dl jg prnh nglamin bbrp x. brmcm2 mlh. Q prnh trbgn subuh2 tp gak bs gerakin anggota bdn,, q gk bs brgerak,, tp gak da mlht yg aneh2 tuch,, cm gak bs gerak aja.

trus prnh juga bbrp bln ssudhx, wktu tu q capek bnggtz plg skolah sore,, trus mndi, n gak smpt mkn mlm saking capekx,, pdhal siangx cm mkn roti doank,, mlm2x q bngn sktr jm 3, q gak bs grak,, trus dgnr ada bunyi ombak en ada bnyi brdenging..pdhl mtaku dah kbuka,, q panik bnggtz,, q mo pnggl kakak, tp suaraq gak bs kluar,, itu kr2 da 1 menitan,, kykx mgkn mmg bnr yg diblg chris klu aq brhalusinasi ndengr ombak tu mgkn da hubngx sm aq gak mkn malm yach,, alias klaperan,,hehe..

@om Enig: yg itu tuch SP kan?
tp q jg prnh nglamin sblm tdr, pjam mata bntr, lgsg rasax gak bs brgrak,,pdhal q sadar,, tp tu cm sbntr ja. itu knapa ya om?? apa itu SP juga??

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@chris: ayo ngaku,, dr komen km, aku nebak km mhs kdokteran kan?? jwb dunk..pliis..

Anonymous said...

Mmmmm... ada kesimpulan tambahan nih, berarti selain punya tubuh dan otak, manusia juga mempunyai roh... Nice artikel... (Cgit)

Anonymous said...

bung enigma, tolong dong dibahas patung bunda maria yang bisa menangis darah (?)...

Anonymous said...

mantap coy...

(ask)
apa fenomena crop circle pernah terjadi di indonesia???
di sawah misalnya gitu???

[ucing garong]

enigma said...

Mungkin pernah. Tapi yang jelas tdk pernah didokumentasikan.

amanda said...

Aq sering bgt ngalamin irep2 itu, terutama pas lg cape bgt.. Tapi ngrasainnya baru beberapa menit mau mejamin mata, udah muncul irep2 trus aq paksain bangun dengan susah payah coz kalo ngga serasa sesak dan dengungannya itu aq ngga kuat... pas mau mejamin mata lagi muncul lagi, so jadinya ngga berani tidur..
Buat ngakalinnya aq wudhu trus aq gebyur kepalaku pake air, ngga banyak sih pokoknya di ubun2 aja.. abiz tu alhamdulillah ngga kena irep2 lagi. Walaupun ada penjelasan ilmiahnya aq masih percaya ada hubungannya dgn makhluk lain di sekitar kita.

Syarif said...

Wah, klo saya koq lebih percaya klo ini peristiwa yg ada hubungannya dengan mahluk halus ya..aura dan atmosfir sebelum "tindihan" biasanya dingin disebagian tubuh, kayak ada yang menjalar gitu..sebulan paling sedikit 2 kali saya sering mengalami itu..dan biasanya disertai mimpi yang ga jelas, tp kita merasakan atmosfir ketakutan gitu..

Rei__ said...

uwaahh bnarkah klumpuhan sprti itu?
bukan jin atw makhluk halus..
tp tmen saia kekeuh blg itu mkhluk halus..
pas bdan ga bs gerak dy mlihat mmg sdg diduduki
haha
ntahlah...
pnjelasan ilmiah mnurut saia lebih masuk akal...
hmm.. dsni prnh dibahas ttg illuminati or freemason ga??

Anonymous said...

Satu pertanyaan buat enigma... Gimana keadaan orang yang koma? 1/2 Hidup 1/2 Mati? Otak dan tubuh hidup, tapi mati? Gimana tuh? Otak kan ga konek ke badan yah klo gitu?? Mirip2 ama eureup2 donk??? Apa rohnya melayang meninggalkan tubuh??? (Cgit)

enigma said...

Sebenarnya coma itu dari kata yunani yg artinya deep sleep. Jadi mungkin kamu bisa anggap org yang koma itu Seperti sdg tidur dalam seperti kondisi REM.

Anonymous said...

gw dulu pernah ngalamin nih. gw ykn ni psti ada pnjlsn ilmiahnya. gw gak percaya ni krn makhkuk halus. good posting bro.. tp gw mo kritik, kok adminnya kurang ramah? bnyk komen n prtanyaan pngunjung tdk djwb. btw, chris lu dokter?? slm gw, mr jack,

Loveade said...

Wahhh nice article! TFS. Saya termasuk orang yang sering mengalami sleep paralysis / irep irep, bahkan tadi malam saya mengalaminya. Yang paling menakutkan pada saat terkena irep irep, seluruh badan tidak bisa bergerak, tapi mata bisa terbuka, namun setiap saya membuka mata, saya selalu melihat sosok2 yang menakutkan, apakah itu halusinasi? dikarenakan pengalaman2 sebelumnya, sekarang saya tidak berani membuka mata lagi kalo terkena irep2, saya hanya bisa berdoa

enigma said...

Astral projection atau rogoh sukma artinya roh seseorang bisa ada di tempat yg berbeda dgn tubuhnya.

Anonymous said...

wah ternyata gtu ya?? alamak jang.. ane ampir tiap malem ngerasa kek gtu, tp ane lawan aja dengan gerakin tangan, skr klo tidur selalu pegang remote, jd klo kyk gtu byasa nyalahin tv, biar kaget, tp skr ga usah lg, dah ada penjelasan ilmiahnya, jadi pengen atur mimpi nie.. hwahahahah

virya said...

ka, sponsornya tambah banyak.. :)
selamat yaaa, ka!
[senangnyaaaaa...]

Andre Leadsticker said...

Narkolepsi dalam bahasa awam, bisa dikatakan sebagai serangan tidur, dimana penderitanya amat sulit mempertahankan keadaan sadar. Hampir sepanjang waktu ia mengantuk. Rasa kantuk biasanya hilang setelah tidur selama 15 menit, tetapi dalam waktu singkat kantuk sudah menyerang kembali. Sebaliknya di malam hari, banyak penderita narkolepsi yang mengeluh tidak dapat tidur.

Gangguan terjadi pada mekanisme pengaturan tidur. Tidur, berdasarkan gelombang otak, terbagi dalam tahapan-tahapan mulai dari tahap 1, 2, 3, 4 dan Rapid Eye Movement (REM.) Tidur REM adalah tahapan dimana kita bermimpi. Pada penderita narkolepsi gelombang REM seolah menyusup ke gelombang sadar. Akibatnya kantuk terus menyerang, dan otak seolah bermimpi dalam keadaan sadar.

Untuk mengenali penderita narkolepsi, terdapat 4 gejala klasik (classic tetrad):

1. Rasa kantuk berlebihan (EDS)
2. Katapleksi (cataplexy)
3. Sleep paralysis
4. Hypnagogic/hypnopompic hallucination.

Katapleksi merupakan gejala khas narkolepsi yang ditandai dengan melemasnya otot secara mendadak. Otot yang melemas bisa beberapa otot saja sehingga kepala terjatuh, mulut membuka, menjatuhkan barang-barang, atau bisa juga keseluruhan otot tubuh. Keadaan ini dipicu oleh lonjakan emosi, baik itu rasa sedih maupun gembira. Biasanya emosi positif lebih memicu katapleksi dibanding emosi negatif. Pada sebuah penelitian penderita narkolepsi diajak menonton film komedi, dan saat ia terpingkal-pingkal tiba-tiba ia terjatuh lemas seolah tak ada tulang yang menyangga tubuhnya.

Kondisi mimpi yang menyusup ke alam sadar bermanifestasi sebagai halusinasi. Penderita narkolepsi biasanya berhalusinasi seolah melihat orang lain di dalam ruangan. Orang lain tersebut bisa orang yang dikenal, teman, keluarga, sekedar bayangan, hantu atau bahkan makhluk asing, tergantung pada latar belakang budaya penderita.

Dengan gejala-gejala yang tidak biasa ini, tidak jarang keluarga menganggap penderita narkolepsi mengidap gangguan jiwa.


Sumber kutipan blog ku...

Anonymous said...

mantaabbbbbbbbbbbbbb semua pasti butuh ni info tengkyu bang.GBU

Anonymous said...

wiuh.. thx bgt bang,
saya kira di kamar saya ada setannya...! ^^

Anonymous said...

~cHii said...
heemh heemh...
saya juga perna ngalamin...
tapi ga perna ada yang duduk di badan...cuma kek ada yang duduk di samping pke baju merah...saya masi inget...takut banget...ada suara suara juga...
tapi anehnya om...
disitu saya,ya di kejadian itu...saya bisa teriak!!!
sekenceng mungkin...tapi emang ga da yang denger...
disitu saya bingung banget...
jadi itu mimpi ato sleep paralysis?
tapi kalo emang mimpi kok saya bisa sesadar itu,trus kalo emang SP kok saya bisa tereak,trus dilanjutin ke mimpi ampe akhirnya bangun...
sesek napas,kepala tu panas banget rasanya,detak jantung kek abis lari lari dikejar kantib...
T___T

hemh...anyway!
om...tolong banget nich...saya uda sok sok an mo bikin artikel tentang pembunuh tersadis di dunia kek Erzsebet Bathory, Andry Romanovic Chikatilo, Edward Gein, Harold Frederic Shipman...
DAN TERNYATA!
puyeng banget om...susah nemu cerita yang gampang diserap...banyaknya orang orang ngebahas hal yang sama...copy paste!
menyedihkan...
jadi...

you know what i mean...
helep helep om...T___T
i need your hand...

tolong banget ya om...

T___Tv

terima kasih ya om...

enigma said...

Kalau artikel bahasa indonesia sedikit, kamu harus mencari dari media asing berbahasa inggris. coba saja googling, pasti kamu akan menemukan banyak, apakah bathory atau yang lainnya.

Anonymous said...

makasi om enigma, saya pernah sekali ngalamin sleep paralaysis, saya kira kenapa ni kok gw sadar cuma ga bisa gerak, ternyata eh ternyata gitu too.. emang bener si tidur saya ga teratru dan waktu itu lagi lelah bener.. sekarang dah ngerti dah kenapa bisa gitu

Anonymous said...

~cHii said...
hemh...brarti saya arus ngetrenslet lg ya...
trus di atur atur sendiri...
huwalaaah...

hemh!
baiklah1
aq coba dech...

tapi emangnya om ga minat nulis tentang pembunuh pembunuh ternyeremin di dunia ya...@_@

Anonymous said...

neny said
sy sering bngt ngalami...,,tp sy ga setuju dgn komen diatas yg bilang jngn di lawan,kayaknya memang harus di lawan spy slamet,kalo diem aja..sptnya bisa lewat...

Anonymous said...

om enigma, kalau misalnya matanya ga bisa terbuka juga karena otak melumpuhkan sebagian otot tubuh kita y? Terus, apa gejala-gejala itu bisa dialami sama anak kecil? Habisnya, saya pernah ngalamin pas masih kecil...

Thx ya, om...
(dikira bnr2 ada setanny sih..^^)

enigma said...

saya yakin anak kecil juga bisa mengalaminya. saya juga pernah mengalaminya waktu kecil.

Mihael Keehl said...

ini menurut pengalaman nyata ku..

jadi waktu itu aku lagi demen2nya nnton film anime jepang namanya Yakitate Japan.. jadi tiap jam 7 malem udah kaya apaan aja harus duduk di depan TV kaya autis..

pas udah sekitar 14 kali episode diputar tiap malam (2 minggu) badanku mulai aneh...
tiap malem aku sleep walking (gak tiap sih kira 1 minggu ada 3 kali) ke depan TV setiap jam 12-2 subuh, dan pas aku duduk di sofa, aku sadar, tapi gak bisa gerak, otakku nge blank, rasanya aku udh sadar tp gak sadar.. (lho?)
mau gerak rasanya susssaaaahhh banget..
pernah aku ditemukan ketiduran di toilet (UNTUNG BAK NYA GAK ADA AIR!!) dalam keadaan duduk kaya pas nnton Yakitate..
pernah masuk ke kamar ibuku, marah2 sama ibuku jam 2 pagi tentang film itu.. (gara2 ibuku ngmg nama tokohnya , salah, terus ngebantah aku, malemnya masih terngiang2) abis marah2 aku duduk di sofa, terus ngalamin lagi..
SEREM TUH FILM!!

enigma said...

Sleep walking?
wah, kamu harus berhenti nonton film itu kayaknya. hehe

Anonymous said...

mas enigma, saya penggemar situs ini. tapi baru komen sekarang. salam kenal...
saya beberapa kali ngalamin ketindihan atau irep2 seperti yang diceritain dalam artikel ini...
tapi saya juga kadang ngalamin merasa diri saya melayang-layang namun di saat bersamaan saya bisa melihat tubuh saya ada di atas kasur...
kalo yang itu namanya apa mas?
makasih ya..
-dina-

enigma said...

Mungkin kamu mengalami out of body experience, tapi bisa juga kamu bermimpi melihat badan kamu sendiri.

Mihael Keehl said...

kayanya sih gabungan sama fenomena yg dibahas disii.. karena aku merasa menumpulkan kesadaran juga..
(anyway aku udh berhenti nnton, sekarang baca komiknya *digaplok*)

enigma said...

Kalau kamu baca komiknya, berarti nanti kamu bisa ditemukan di toilet dengan gaya lagi baca buku. hehe

Mihael Keehl said...

HAHAHAHHAH!! Bener Juga ya!! *untungnya gak*
fewh..
anyway kalo obat yg buat mematikan rasa sakit pasca operasi juga bisa bikin sleep paralysis?
soalnya setelah ibuku operasi angkat rahim, sesekali dia gini..

enigma said...

Bisa jadi. fenomena ini biasa terjadi pada mereka yang minum obat penenang. mungkin obat untuk mematikan rasa sakit juga punya efek sama. tapi cuma dugaan. saya doain ibu kamu cepat pulih.

Anonymous said...

mau dong dibahas lain kali tentang out of body experience itu..
siapa tau bukan aku aja yang ngalamin,,
selain itu kan biar bisa dibahas sama temen2 mengenai penyebab dan akibatnya apaan buat yang ngalamin...
-dina- :)

Alta said...

@MihaelKeehl : untung cuman meragain pose nontonx doang....
Gmn klo sampe meragain reaksi2 yg da d ntu film macam kuroyan, pierrot, dll....


Ohio,, mo nambahin yg video... Saya jg pernah baca bang(dr komik pula),, tp lagu, bkn video...
Yaa walopun dr komik, pastinya pengarangx pun g sembarang nyerita gt dong... Apalagi ceritanya ttg misteri sains gt...

Intinya sih apa ada musik yg bs mempengaruhi mental pendengar ampe depresi berat bahkan kehilangan semangat hidup...?

Anonymous said...

OM Enigma Aqu Sering Bgt Klo Lagi Sakit Ky Begini!!!
Berat Smua tubuh ku!!

Anonymous said...

om enigma saya juga pernah mengalami sleep walkingw aktu kecil,waktu itu saya tidur didepan tv sampai ketiduran, lalu ortu saya munyuruh saya untuk pindah bukan nya malah ke tempat tidur alih2 malah ke kamar mandi untung ada orang tua saya yang menuntun saya ke tempat tidur ,saya tau karena orang tua saya yang menceritakan aneh nya lagi kejadian tu gk sekali dua kali terjadi malah berkali2.OM ENIGMA BAHAS TENTANG BONEKA YANG BICARA ISLAM IS THE LIGHT PLEASEEEEEEEEEE

VectoR woRLd said...

wah aQ seneng banget kalo dapet sleep paralysis...konsentrasi bentar...masuk deh ke lucid dream...sungguh sangat menyenangkan :D

haniviva said...

Kayaknya sleep paralysis ntar mirip seperti Astral (rogoh sukmo)...dimana nanti seseorang yang mengalaminya jika terbiasa..(terlatih) akan bisa digunakan untuk mendeteksi sesuai keinginannya...
coba baca buku Lobsang rampa tentang 'Astral'..*"meski tubuh fisiknya terkungkung di sebuah lembah di Lhasa Tibet;namun tubuh astralnya bisa berkeliling dunia.."

(*dan saya yakin pernyataan diatas memang benar karena saya juga pernah mengalaminya..)

Astral travelling dulunya pernah dicobakan CIA ketika era perang dingin sebagai sarana spionase disamping "remote viewing" dengan teknik Astral-projection. Hingga tingkat dimana si traveler bisa melihat dengan jelas buku yang dibaca serdadu rusia di dalam kapal selamnya yang berada di laut dalam.

hebatnya mereka juga waktu itu mengembangkan teknik untuk memutus hablun (jawa: tali perak) antara badan astral dengan badan kasar sehingga orang yang diputuskan hablunnya akan mati.

nggak tahu deh apakah mereka masih riset seperti itu. tapi kalau KGB memang pernah melakukan riset memanfaatkan jasa hantu sebagai mata2 (saya pernah beli DVDnya judulnya "The KGB Files" dengan host Roger Moore (aktor james bond) )

coba googling "Major Ed Dames", dia dapat medali dari pemerintah USA di bidang mata2 dengan menggunakan "remote viewing"

DVD tutorial dari dia.. http://www.LearnRV.com/

mungkin mas enigma bisa bahas tentang astral lebih lanjut..thanks

Anonymous said...

wah ngeri nih.. padahal udah sering denger2 dari temene2.. aku sendiri belum pernah ngalami..

Anonymous said...

Secara ilmiah memang bisa dijelaskan seperti itu. dan saya percaya itu.
Tapi ada juga beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Saya contohkan satu kasus yang terjadi dikantor saya.

Ada satu ruangan di pabrik tempat saya bekerja (ruangan boss sebenarnya), karena boss jarang datang ke pabrik maka ruang itu pun sering kosong. Dan sering dipakai tempat istirahat siang oleh para staff. Dan saya sering juga tiduran disofa ruangan itu. Yang unik adalah setiap yang tidur disitu apabila pria tidak pernah terjadi hal2 yang aneh atau lainnya.
Tapi kalau wanita pasti terjadi irep-irep, dan semua staff wanita yang pernah tidur diruangan itu pernah mengalaminya (baik karyawan lama ataupun baru). Dan yang uniknya lagi, itu tidak terjadi apabila tidur berdua atau lebih (tidak sendirian).
Sebagai catatan juga, karyawan baru tidak pernah dikasih tahu tentang ini, tapi mereka memceritakan sendiri setelah mengalaminya, paling karyawan lama cuma kasih tau itu sudah biasa kalo cewek tidur sendirian diruangan itu.

Aneh memang, dan kami karyawan cowok pun masih bingung karena belum ada yang pernah mengalamin irep-irep diruangan itu.

phama said...

aq mau nanya nich mas...di daerahku katanya ngebangunin org yg lagi kena Sleep Paralysis ga boleh di sentuh di bagian jidatnya....katanya sih nnt bakal mati orgnya....kira2 apa pengaruhnya ya mas???

enigma said...

Kalau soal itu, saya benar2 tidak tau. Mungkin kepercayaannya mmg gt.

Anonymous said...

hmmm....... sleep paralysis sama seperti astral projection, kalau ingin melakukan astral projection, kita harus berada dalam kondisi relaksasi yang dalam,kemudian bernafas secara pelan dan dalam, kalau ini berhasil kita akan merasakan tubuh kita sangat berat dan tidak bisa mengerakkan anggota tubuh seperti sleep paralysis,jika sudah seperti ini, dengan membayangkan benda-benda ringan tubuh kita akan terasa ringan dan melayang, mata kita seperti sedang meram, tetapi kita bisa melihat semuanya, pada saat kita melihat kebawah, kita melihat tubuh kita sedang teridur lelap dan kita bisa berkeliaran bebas, inilah astral projection

haniviva said...

setuju seperti.. @anynomous atas gue..katanya "melihat tubuh kita sedang teridur lelap dan kita bisa berkeliaran bebas, inilah astral projection"

swear kita tidak akan pernah tahu kalo gak pernah mencoba...

asyik kok :)
(banyak buku tutorialnya..atau googling aja)

katanya tingkatan yang lebih tinggi dari astral adalah metode control mimpi.....dimana saat tertidur kita dapat mengatur mimpi kita (jadi kayak sutradara Film)

hagni said...

kira-kira kalo kita lagi di dalam pengaruh sleep paralysis, bagaimana caranya supaya bisa langsung bangun ya?

Anonymous said...

@hagni: caranya berusahalah sebisa mungkin untuk menggerakkan anggota tubuh anda seperti tangan dan pukulkan sekuat tenaga ke kasur anda (biasanya itu akan memulihkan kesadaran kita)

pada awalnya memang mungkin kita akan kaget..tapi biasanya saat kita merasa mengalami sleep paralysis / astral awalnya pertama-tama biasanya tubuh kita menolak hal tersebut meskipun kita sebelumnya memang mencoba/mengijinkan tubuh kita untuk merasakannya...mengapa..??

karena anda pasti akan kaget Fenomena yang pasti itu biasanya

1.anda akan merasakan sesak didada , ada suara/ gemuruh..angin.

2.anda berusaha bangun dan sebenarnya merasakan kalo anda terjaga tapi tidak bisa bergerak

3.anda akan melihat diri anda menjadi dua (pasti disini kita akan merasa kita telah Mati dan ruh kita keluar..inilah yang sering membuat takut)

sebenarnya kalo kita sudah terbiasa dan sering melatihnya.. itu menjadi mengasyikkan walaupun katanya berbahaya (walaupun memang nanti akan ada fenomena2 mistis yang pasti anda/kita lewati jika melakukannya.. bahkan konon katanya bisa mati .. hi ngeri )

:)
just share.. saya juga masih perlu belajar banyak lewat blog ini

haniviva said...

bang enigma.. tolong bahas tentang teleportasi ala Startek..

di film aktor/pemain star trek memasuki ruangan khusus yang dipenuhi pulsa cahaya dan aneka efek suara, kemudian sang bintang/pemain lenyap dan muncul kembali di permukaan planet yang jauh. Ini adalah impian teleportasi suatu kemampuan untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa melalui lintasan panjang

laboratorium fisika Australian National University (ANU) baru-baru ini sukses memindahkan sinar dari satu tempat ke tempat lain sejauh sekitar 1 m dalam sekedipan mata saja.

Menurut pimpinan proyek Lam Ping Koy, ada kedekatan antara apa yang dicapai timnya dengan berpindahnya orang dalam film fiksi-ilmiah Star Trek.

menurut abang Enigma kira2 kedepan bisa gak ya berpindahnya orang seperti dalam film fiksi-ilmiah Star Trek.
???

Anonymous said...

Bang,temen sy pnh crita klo sdrx ada yg mnggal krna 'tindien' sy tak tw apa yg dy mksd SP scr ilmiah seprti yg abang jlskan diatas,tp tmen sy blg sdrx tindien dlm keadaan sadar (bukan tidur),apa benar yg di alami oleh alm. sdra tman sya itu adalah SP,klo bkan llu bgaimana bs ia 'tindien' ktk sadar hingga dy meninggal?..
Terima kasih
[LC]

Lica Lawliet said...

saya, klo ngalamin hal ini pasti ngga berani buka mata sama sekali. sampe keringat dingin lagi. saking takut ada apa2nya. hehehehe :P

Velver78 said...

terima kasih Master Enigma sekarang saya sudah ngerti tentang tindihan ini. Alhamdulillah......

Saya juga sering mengalami Lucid Dream. Menurut saya hal itu menyenangkan. saya berusaha menyadari bahwa saya sedang bermimpi, kita jadi bisa berbuat sesuka hati di alam mimpi. mau terbang kek, makan di restoran, membajak pesawat terbang, pergi ke ruangannya obama, merampok bank, dll. mimpi ketemu setan jadi gak takut, toh cuma mimpi. paling asyik kalau mimpi ketemu cewe cakep. biasanya langsung diajak kencan saja ha ha.....lha wong cuma mimpi. Gerakan yang berlebihan di alam mimpi kadang menyebabkan kita terbangun ketika sedang mimpi indah. kalau sudah begitu saya berusaha keras utk menyambung mimpi. walau jarang berhasil tapi saya pernah melakukannya.

Nate River said...

@mihael keehl: saya suka yakitate Japan jugaaaaa~~~XD

@lica lawliet: saya setujuu~!!klo misalnya bnran hantu yg dudukin trus hantunya ngeliatin kita kan serem....

Anonymous said...

Hmmm, saya pernah mengalami hal seperti ini... tapi bedanya waktu itu saya ga lagi tidur

apakah sleep paralysis bisa terjadi ketika orgnya bahkan tidak tidur?

Mia Rose Marshall said...

melihat penjelasan dari komentar pilihan di atas tentang mimpi jatuh yang sampe bangun tu, katanya kan biar jantungnya ga ikutan tidur(alisan mati ya?), jadi pas itu, kita hampir mati ya? dan bakalan mati kalo aja ga mimpi jatuh yang seperti nyata trus kita kebangun. wow

Anonymous said...

helo...
aq mo crita
pertama kali aq 'ketindihan' waktu aq umur -/+ 8th.kejadiannya persis kyk foto pertama and aq denger makhluk itu tertawa keras sampai telingaku sakit.keadaan kamar waktu itu gelap and aq tidur dengan saudaraq.sampai sekarang aq masih sering 'ketindihan'(hampir tiap minggu). mkanya aq ga pernah tidur dalam kamar yg gelap.
ada juga yg bilang 'ketindihan' terjadi karena ada makhluk halus.

setahuan yg lalu aq masih tinggal d asrama yg katanya banyak makhluk halusnya dan disana aq paling sering 'ketindihan', SEHARI BISA BERKALI-KALI.
pernah kejadian aq tidur sendiri d kamar(siang hari),karena ga mau d ganggu aq konci pintu kamar.teman biasa main masuk aja k kamar makanya aq juga konci pintu balkon.lagi bersiap tidur tiba2 aku dengar suara ada yg buka pintu and masuk, aku terus pura2 tidur maksudnya biar dia pergi.agak lama dia bolak balik and sempat berusaha bangunin aq dengan menggoncang2 badanq.karena malas aq cuma menggerutu and menyuruhnya pergi.akhirnya dia pergi and aq melanjutkan tidur.setelah terbangun aq baru sadar kl ternyata aq d dalam kamar yg terkonci.setelah tanya ke teman2 ternyata mereka ga ada d asrama selama aq tidur...hhmmm sedikit kaget karena ternyata aq mengalaminya lagi!!!

sekarang aq selalu tidur dg:
-berdoa (jelas kan!!!)
-tidak miring k kanan (karena aq sering ketindiahan kl dlm posisi ini), kl ga salah ada hubungannya dengan jantung
-tidur d kamar yg terang (biar ga membayangkan yg tidak2)
-tidur sesuai jadwal (tidur setelah jam 1 mlm pasti bikin aq ketindiahan)

sory ya critanya kepanjangan...
senang ternyata ada yg membahas tentang ini...
jd ga ngerasa aneh sering mengalaminya :)

fitri-jogja
25th

Anonymous said...

Saya sampai saat ini sering mengalami hal tersebut, dulu saya saat masih kecil saya ketakutan setengah mati, zaman itu emak ku bilang "ketindihan" namun setelah besar dan tua saya ngga takut lagi, hal ini biasanya terjadi jika saya siangnya banyak minum-minuman yang mengandung caffein (entah itu kopi ataupun minuman suplemen, entah apa hubungannya).

Tony said...

Inot - 20 th, Jember.

mgkn sedikit OOT/ out of topic, tapi aku cm mo bilang gambar yang pertama itu jauh dari bahasan Enigma kali ini...
hhahaha, gambar pertama adalah lukisan terkenal di Vatikan yang bertajuk Ecstasy of Santa Teresa...pokoknya intinya menggambarkan sebuah kenikmatan wanita saat dia ditiduri oleh dewa api atau (lupa namanya!)...
jadi itu bukan orang lagi didudukin setan...
selain patungnya yang mengundang kontroversi selama berabad-abad, lukisannya juga...
:)

enigma said...

@Tony: maaf, tapi, sebenarnya kamu telah salah mengenali. Lukisan di atas bukan lukisan Ecstasy of St Teresa, melainkan lukisan The Nightmare karya John Henry Fuseli. Lukisan ini dianggap sebagai interpretasi dari sleep paralyses (ingat, judulnya The Nightmare).

chezm0th said...

sleep paralysis itu enak ..
ane malah ketagihan ,soalnya bisa Lucid Dream :)

klo mau tau caranya
tinggal tau aja kapan tepatnya kita tidur
biasanya kita klo mau tidur,langsung bablas,n ga sadar dah pagi ..
nah,kita tinggal tetep rileks aja pas mau tidur..
yah... gini deh
otak kita musti mikir,or musti ngebayangin sesuatu secara visual,terus .. badan jgn ada yang gerak sedikitpun..
well,pasti sleep paralysis heheh

Anonymous said...

blog keren banget ini sumpah...
salut deh ma om enigma..

btw, saya perna ngalamin SP ini, n keknya susa bgt buat bangun,, tapi klo di paksain, akhirnya bisa juga,,
n biasany abis bangun kok rasanya pegel banget,,
kek abis lari2 muter lapangan gitu..
ap emg ini efek dari SP itu ndiri ato,,,??

rep ya thx be'4..
ur fans..
->Felikz

frozen said...

Oooh... ini sih saya sudah sejak dulu ngalamin. Sering malah. So, dinikmati saja ;P

http://esensi.wordpress.com/2008/09/07/saya-dan-syndrom-paralysis/

Anonymous said...

Saya juga sering mengalami Astral tanpa disengaja, beberapa kali saat mengalami SP. . . Setiap saya melayang ke atas saya slalu pejamkan mata (dlm keadaan tkut bgt), jdi g smpet liat fisik saya yg lagi tidur. . .rsanya kyk lg di hempas angin kncng.

Tpi saya g bs kendaliin gerak astral saya,. . . . . ga tau gimana caranya biar bisa pindah2 melayang ke suatu tempat(melayang g JELAS).... kdang jg tkut klo roh ny bs bablas g balik lg. . . hiiy,serem.
saat astral q jd traveling k tmpat2 aneh, tp asik jg sih.

Anonymous said...

astaghfirullah.....kalo saya malah seringnya klo tidur tengkurep bro,seringnya klo waktu masih belum tidur bener (tidur tapi masih setengah sadar) trus mendadak bangun/kaget tubuh ga bisa ngapa2in bro,rasanya kek terbang tapi kepala seperti ditekan dan tubuh kaku,ngeri bgt deh..........

Anonymous said...

Prihadi said:
Gitu ya, mmm. . .kok kurang setuju ya kalo dikatakan jarang terjadi. Bukan mau menolak pendapat para ahli, tapi kejadian ini sering terjadi kepada saya. Bahkan semalam, saya mendapati SP ini sampai 3 kali. dalam waktu kurang lebih 30 menit. Bisa dibilang sering terjadi. Beberapa bulan lalu hampir tiap malam saya mengalaminya. Bahkan pernah sampai 10 kali dalam semalam. Sampai kelelahan dan kehilangan "nafsu" untuk tidur. Saya butuh penjelasan mengenai penyebab SP. di atas dijelaskan ada beberapa dan salah satunya adalah tidur terlentang. Nah, yang ingin saya tanyakan tentang tidur terlentang. Saya pernah membaca di majalah dan artikel2 tentang tidur terlentang. kesimpulannya bagus untuk peredaran darah. apakah kesimpulan tersebut salah? Saya suka sekali tidur terlentang, bukan karena saya baca artikel2 tersebut. Tapi karena nyaman. Bagi temen2 yang mengalami SP, coba deh cara yang satu ini. Karena saya terbiasa sampai2 dalam pikiran saya (pada saat mengalami SP), "halah kena lagi/ tindien lagi". Caranya adalah, fokuskan untuk menggerakkan salah satu jempol kaki. Saya tidak tahu tentang penjelasan ilmiahnya, but, it works. Mungkin kalau kita fokuskan ke salah satu bagian tubuh yang lain juga bisa, tapi belum saya coba. Saran yang lain dari saya, jangan takut ketika mengalami SP. Kalau kita takut, kita akan tidak tenang dan tidak bisa berpikir harus melakukan apa. jangan lupa berdo'a sebelum tidur. . .Makasih. . .

steward said...

hi... bro enigma. saya baru tau ni ada blog semenarik ini hehehe.. gud job bro..
em.. mengenai sleep paralysis saya sendiri sering mengalaminya dan terlebih lg pada saat kurang tidur atau kecapean. dan hal ini terjadi sesaat setelah saya menutup mata, atau berusaha untuk tidur. pengalaman ini ckp membuat resah karna terkadang saya bahkan merasakan sesak napas dan kadang bahkan rasanya tidak bisa bernafas..untungnya ampe sekarang saya masih hidup hehehe... cman mo share pengalaman z si. thx

Anonymous said...

saya juga ingin sharing tentang SP.saya juga pernah merasakan ketika sedang tidur mata seakan melihat keadaan sekeliling tapi badan terasa berat dan saya sempat melihat ada 2 sosok makhluk yg memegang badan saya yg pertama tubuh nya tinggi besar dah yang ke dua bertubuh kecil.saya sempat berontak dan berhasil menjenggut rambut mahkluk tersebut dan berhubung susah sekali bergerak saya akhirnya cuma bisa berdoa.dan setelah berdoa saya kembali sadar bangun dr tidur.tetapi yang ingin saya tanyakan kenapa bisa demikian dan terasa sangat nyata buat saya.bagaimana cara mengatasinya.terima kasih

echizen said...

E_kun....

tlong bhas tentang reinkarnasi dunk...
thanks yah.... ^^

Viorenda Caroline said...

Selama ini, saya terus mencoba mencari jawaban tentang hal yang sering terjadi pada masa kecil saya. Sewaktu saya kecil, saya sering tidur siang dan juga sering mengalami mimpi jatuh dari tangga (terpeleset, lebih tepatnya) dan mimpi yang sama pada setting yang sama pula, pada anak tangga terakhir yang bersatu dengan lantai. Terasa seperti nyata dan saya merasa badan saya seperti terkejut dan ditarik dari kaki. Pada saat saya bermimpi itu, posisi tidur yang sama juga yaitu bujur(terlentang). Saya bertanya dan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Mami saya bilang kalau itu cuma mimpi. Papi saya juga berkata demikian. Mereka tak mengerti arti mimpi saya ini. Guru les mandarin saya yang sudah berumur 70 th juga pernah menjawab pertanyaan saya ini. Dia mengatakan bahwa roh saya pada saat mencoba keluar untuk memasuki alam mimpi, gagal dalam proses menuju alam mimpi tersebut dan akhirnya roh tersebut masuk kembali ke tubuh saya dengan cara terjatuh. Dia juga mengatakan bahwa roh saya tidak kuat dan tubuh saya lemah.
Herannya, sekarang ini saya semakin jarang mengalami hal ini. Namun, tubuh saya tetap lemah. Mengapa saya menulis demikian? Tentu karena saya ini termasuk orang yang gampang sakit. Debu saja sudah seperti bom atom bagi saya karena saya alergi debu, hehe

"...refleks mengirim semacam muatan listrik yg lebih besar dari biasanya (gunanya untuk mengagetkan supaya jantung tidak terbuai dan ikutan tidur). Itu yang sering bikin kita ngerasa jatuh beneran pas lagi tidur (mimpi)..." pernyataan komentator terpilih ini, mungkin telah menjawab pertanyaan saya.

Jika saya kaitkan penjelasan guru les saya dengan komentar tersebut, mungkin saya simpulkan bahwa karena roh yang melayang, tali ikatan dengan tubuh hampir putus (yaitu sewaktu jantung hampir berhenti), maka terjadi mimpi terpeleset dari anak tangga dan pada saat bersamaan, roh langsung ditarik dengan kejutan dari titik otak yang mengatur jantung yang berfungsi agar jantung tidak berhenti. Kemudian, saat roh jatuh, tubuh kita secara tiba-tiba wajib menyesuaikan roh dengan tubuh sehingga mengalami gerakan bergetar seperti tertarik dari kaki dan proses ini kita rasakan dengan sadar. Setelah roh bersatu dengan tubuh, maka kita terbangun dan kejadian terbangun itu lah di mana roh telah benar-benar tersambung dengan tubuh.
Semua peristiwa ini berlangsung sekilas.

Mungkin pemikiran saya agak berlebihan, tapi dunia ini memang penuh misteri. Bahkan saya masih meragukan adanya dunia mimpi yang sering-sering disebut sangat dalam pada setiap individu. Bagaimana cara menjelaskan deja vu?? Nah, dari semua fenomena ini, saya lebih percaya bahwa roh melayang saat bermimpi(karena saya dapat memahaminya dengan pemikiran logis), namun sayangnya mimpi tak dapat diingat dalam jangka waktu yang lama karena roh tak membawa otak saat melayang, melainkan hanya pengelihatan dan kemungkinan memori mimpi disimpan pada 'lemari terdalam'.
Pada deja vu, fenomena ini memperkuat pemikiran saya karena mungkin saja kita mengenali sesuatu namun belum pernah mengenalinya itu lah di mana kita mengingat kejadian sewaktu roh mengalami hal yang serupa pada mimpi sebelum fisik kita mengalaminya.

Viorenda Caroline said...

Oia, saya mw tanya. Apa yang semestinya kita lakukan saat mengalami Sleep Paralysis? Hanya terdiam??

enigma said...

Menurut yang pernah saya baca, kamu harus berusaha bangun. Tapi, sepertinya berbeda2 setiap pendapat orang, karena ada juga yang mengatakan kalau kamu justru harus pasrah. Kalau kamu bertanya kepada saya, maka menurut saya, kamu hanya perlu berusaha untuk bangun. Nanti semuanya hilang dan normal kembali.

mraiw said...

2 artikel dirasa cukup @@~

saya dulu waktu smp
dibuka mata batinnya
nah setelah kejadian dibuka mata batinnya itu
frekuensi saya sleep paralysis menjadi tinggi

bukan 2 kali 1 tahun
tapi 2 kali 1 bulan
dan biasanya saat sleep paralysis
saya mengigau bahwa ad makhluk halus ad disekitar saia

tidak bisa memanggil/mengeluarkan suara mengakibatkan saya smakin panik
tetapi entah kenapa tiba2 saya tertidur lagi haha

ok thx bang e nygma buat artikelnya

Anonymous said...

ass...saya prnah mngalaminya tpi sy mngalaminy sgt lama....sekitar 3 jam...adakh pnjlasan untuk i2...???

Anonymous said...

akhirnya!!ketemu juga artikel penjelasan tentang hal ini..soalY saya cukup sering ngalamin hal ini (semalam bisa sampe 3-4 kali..)..thanks bang Enigma, maju terus blogY..

Anonymous said...

Ass..., saia mw tanya..

Saya pernah denger dari sobat saya, kalau kakaknya sering banget ngalami namanya sleep paralysis (kadang2 sampe 2 hari sekali). Dan itu selalu terjadi di bawah...(saya lupa namanya, di bawah pusatnya atap, atap kan bentuknya limas atau kerucut, nah tuh, yang tepat di titik tengahnya).

Apa itu juga termasuk sleep paralysis?

Anonymous said...

maaf om,,

ini biasanya dialami orang dewasa kan.. tapi saya 12 mau ke 13 kok udah kena beginian ya..
saya mengalami ini sekitar 2 bulan sekali

apa ada dampak buruknya bagi mental kita..??

terima kasih sebelumnya..

Anonymous said...

Kalau tidur posisi anggota tubuh ada yg tertindih pasti 50%lebih ngalamin arep2 ini.
Posisi tidur seperti tangan tertindih dng badan atau kaki menyilang mengakibatkan aliran darah berjalan tersendat.

Anonymous said...

Hehehe....
Saya sekarang malah jadi seneng kalo lg dapat Sleep Paralize. Kenapa, karena lewat itulah saya bisa melakukan Lucid Dream atau bahkan Astral projection :D

Azhar said...

Kalau yang gini mah, gw ngalaminnya hampir tiap malam, gw malah prnah ngerasa, nyata banget, kalau ada orang yang gelitikin gw, kebayang nggak rasanya? Nggak bisa brgerak terus digelitikin,,,

Anonymous said...

Untuk mengetahui siapa manusia sebenarnya..........baca http://id.shvoong.com/books/mythology-ancient-literature/2031809-serat-jatimurti/

nearmello said...

wah postinganya bagus
saya pernah mengalami seperti ini dengan kejadian yg berbeda

yang pertama ngga sesuai dengan artikel diatas karena sekarang saya masih umur 17 tahun dan kejadianya umur 15 tahun dan tidur saya dalam keadaan tengkurap, tiba2 terasa ada yg menduduki punggung saya, walaupun waktu itu saya ngga takut, walaupun memang keliatan ada sesuatu yg seperti menduduki peunggung saya ketika saya berusaha menoleh, namun stelah dengar cerita tentang diduduki setan/hantu, saya jadi agak takut (hehehe)

lalu yg kedua yg seperti artikel diatas, tidur telentang. waktu itu saya coba menggerakkan tangan, tangan saya terasa bergerak bebas, tp nyatanya tangan saya tetap terkulai di kasur. waktu itu saya pikir mungkin saya udah mati sampai saya nangis dan merasakan hangatnya air mata saya, tiba2 bisa gerak
wakakakakak

oh ya tanya nih, saya memang tidurnya ga normal, kayak insomnia gitu, mungkin dalam sehari cuman tidur 3-4 jam, yang sering saya alami mungkin 1 minggu sekali, kaki saya kram saking sakitnya sampe njerit2 keras, apa termasuk sleep paralysis ya???

marina said...

salam kenal bro enigma,
saya fans baru kira2 1 bulan.
saya pernah alami hal spt ini sampai bbrp kali n slalu ketemu makhluk halus
tapi setelah baca postingan bro en saya jadi gak merasa diri saya aneh lg krn ternyata cm krn kecapean
hahahah.. tq

nearmello said...

oh ya bro enig tanya nih
tiap kali abis nonton film horror, biasanya kan saya mimpi seram dan keseringan saya tahu sedang mimpi, klo terlalu seram dan ngga bs dikendalikan, biasanya saya memaksa utk bangun, entah gmn caranya tp hampir selalu berhasil, tetapi efeknya ketika bangun, badan saya jadi sakit smua, seperti habis lari2 selama berjam-jam. apakah ini efek paralysis atau efek tegang karena abis mimpi serem???

enigma said...

@nearmello: kalau kram kaki mungkin bukan termasuk sleep paralysis. hehe. kalau yang kamu alami setelah nonton film horor, itu bukan sleep paralysis. hehe. itu mungkin cuma tegang karena habis nonton film horor.

Anonymous said...

Mw nanya donk...tapi kok sy sering ngalamin yang kayak gitu dalam 2 minggu trjadi 9x, minggu ni udah 3x, dalam posisi apapun...pernah waktu tidur, pernah juga waktu hanya tidur2an (masih keadaan sadar)dan lama kelamaan sy tau kalo tanda2 sy mw kjadian ky gitu yaitu telinga kiri sy sakit, sperti ada yg mmaksa masuk..
Itu gimana?

wijaya mudi p mumonster@yahoo.com said...

betul dalam dunia sains cocok bgt nih disebut sleep paralysis.
saya coba kasih sudut pandang lain tp gak bertentangan jg dgn dunia sainsnya.
manusia itu terdiri dari 3 komponen raga,jiwa/nyawa , roh/sukma nya. kalo jiwa dicabut ya koit matilah.. kalo roh kita emang bisa sliweran kemana2 baik itu disengaja atau tidak.

nah singkatnya sleep paralysis pas kita bobok si roh kita ini klayapan pas kita bangun si rohnya lom masuk balik ke raga kita, ini yg tidak di sengaja , yg disengaja ya kayak orang meditasi atau "ajian ngrogoh sukma" atau apalah namanya.. hehe, makanya dalam agama dikatakan kalo roh kita ini jg perlu di "take care lah" kalo kita gak care ya dia berusaha cari ketenangan pas kita bobok.
yg keren lagi kalo bro/sis perhatikan pas kita di sleep paralysis ini maka serasa teori kuantum emang berlaku yaitu : 1 benda berada di 2/lebih tempat yg sama dalam 1 waktu yg sama.

thanks

gerry said...

wow...
aku ngalamin yang ditindah 4hari berturut-turut,itu bener sleep paralysis ga om enigma....

Imagination of Mine said...

oooh begitu toh ceritanya ... aku baru tauu .... OOOOOOOO .... mantab om .

regulus said...

om enigma tolong bahas tentang ufo piramid di rusia dong

enigma said...

Ini soal ufo rusia. sudah pernah saya tulis:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/12/ufo-berbentuk-piramida-terlihat-di-atas.html

Fany Ervansyah said...

bahasa Jawanya sleep paralysis itu "kelindien", om...... cuz, mamaku pernah ngalaminnya dan emank persis seperti yang di share om Enigma!! oh ya, teruss, kenapa pas kita teriak, itu kok malah nggak keluar suara ya...? hehe...saya penasaran nich, om!

Anonymous said...

Ammir Ars

ngerti dah aq, klo sp trjdi sma qta cra ngadepix ya psti g'ush bngung atau takut smbil dnikmati ae, yg qta sdari toh g'bkal lma jga kan pling" 1 menit ntr hlang sendri, ...xixixi

thanks ya om enigma

Kepala Kardus said...

Apa kalau kita gak berusaha bangun gak papa? jadi dibiarin ajah gitu pas tindihan mas? soalnya sering banget aku tindihan T___T, ada yang bilang kalau diterusin bisa mati...ada temenku bilang aku biarin ajah, eh bangun2 udah pagi...

enigma said...

@Kepala kardus: saya yakin, kamu tidak akan mati kalau dibiarkan tertindih. haha. sebenarnya ada yang menyarankan berontak, ada yang menyarankan pasrah. Jadi tidak ada metode yang benar. yang penting kamu tidak perlu kuatir kalau mengalami ini.

Anonymous said...

hahaha thanks gan

selama ini gua sering banget
bahkan sejak kecil

kalo boleh nanya ni gan (om enigma ato apalah terserah)
bisa ga ya kalo pada waktu kita bermimpi kita itu sadar pengen ngelakuin apaan

contoh : pas dikejar setan, secara sadar walaupun dalam mimpi gua bisa aja tuh "gebugin" tuh hantu ampe babak belur

apa itu normal gan
ato mungkin cuman gua aja yang bisa (bingung)

kalo ada jawaban please pm me ade_alucard@yahoo.com

Anonymous said...

saya prnah mengalaminya waktu bulan puasa kemaren..sempat bingung juga..waktu itu saya habis sholat subuh,,malah sblum mau tidur sempaet baca doa dulu..saya kira bneran "ditindih"..padahal kata orang bulan ramadhan setan di kurung..hehehe..
oh y mas enigma saya skalian mw request..saya pernah ngeliat ada sejenis topan atau pusaran angin mgkin diatas rumah saya,,sampai sekarang saya blm tau itu apaan..semua tetangga2 saya juga menyaksikan..bhkan rmah yg jarak kira 100m jg menyaksikan..sejenis pusaran dilangit tepat diatas rumah saya di kota palembang..saya lupa kejadiannya kapan klo gak salah saat saya kelas 2 SD(8tahun) atau 14tahun yang lalu..
klo sempat dicari ulasannya y mas soalnya saya msih penasaran bgt dg tu pusaran sampe saya gak bisa tidur semalaman takut pusaran itu turun kena rumah saya..
ato kalo sbnernya fenomena tsb sdh prnah dibahas saya minta Link ny,,
sebelumnya trima kasih mas..

Anonymous said...

i like it...thx ya...saya jd tahu pa yag sebenarnya terjadi padasaat orang dalam bahasa jawanya "di rep-repi"

Miss. Indi said...

Aku sering banget ngalamin. Sejak aku usia 13. Mulanya sih cuma susah bergerak aja, tapi lama2 semakin parah. Malah sempat aku berusaha bergerak, waktu akhirnya bangun aku malah lihat "aku" sendiri masih tidur. Aku coba pegang selimut tapi malah nggak bisa (tembus). Ada yg bilang ini gejala stroke (di tempat fisioterapi aku pernah baca juga). Wah, agak takut juga karena aku ngalaminnya satu minggu bisa sampai 6 kali!

Anonymous said...

ini bahaya ga sih?tiap kejadian kek gt gw ngelak bangun terus..tp mata gw maksa untuk merem..gw tkut klo ud merem malah ga bisa bangun lg gw..

Anonymous said...

bang enigma, dlu waktu saya umur 7 taun, saya sering waktu tidur, tiba2 kebangun terus kaya' denger suara ngedengung yang besar sekali,saya sampai lari ke kamar mandi lalu teriak2..
klw itu namanya apa?

Siswanto said...

Sleep Paralysis sebenarnya bukan hal yang perlu ditakuti. SP(gue singkat yah) hanya proses normal otak mematikan saraf motorik agar kalo kita lagi tidur terur mimpi, anggota badan kita gak ikut bergerak.

Nah kalo lagi ngalami SP, yang penting tenang, rileks, pikiran positive. Kalo bisa rileks bisa tidur lagi bahkan bisa Lucid Dream.

Oh ya, bang Enigma, bisa bahas tentang Lucid Dream gak..??

Anonymous said...

lho 2 thn sekali ya ? tp ane ngalamin sering gan, biasanya sih klo tidur siang & malamnya kurang tidur
atw klo malem2 dah cape bgt

rachmi said...

yang tahu mohon dijawab!
materi diatas mungkin benar,tapi kenapa waktu aku liat bola sama temenku dirumahku,aku ngalami sleep paralyze,tapi anehnya temenku bilang dia juga liat bayangan item gede mendekat ke arahku
kalau bener itu mimpiku kenapa temenku juga bisa ngilat,aku tahu kalau dia tahu,soalnya waktu kutanyain apa yang dia ucapkan bener semua!
hi aku takut,itu SP atau apa sih
yang tau tolong dijawab!!!

enigma said...

@Rachmi: Ketika kita mengalami sleep paralysis, sebenarnya kita juga mengalami halusinasi. Tapi, bisa jadi yang kamu alami bukan SP. :)

kolu said...

bahas astral projection ..kk!
astral projection apakah kk enigma pernah mencoba astral projection???

Anonymous said...

"Ya, kalian mengerti maksud saya. Kita semua pernah mengalaminya"

maaf bro sy cm mw share aja . kata semua tu krg cocok, krna sy berusia 22 th, n ga prnh mengalaminya, mskpun rata2 tmn saya prnah mengalaminya.

-debby

Anonymous said...

waahh akhirnya penasaranq yg slma ini tak terjawab, terjawab jg... aq srg ngerasa sadar/tau kl lg mimpi (lucid dream). tp aq jg bs mengendalikan mimpi itu, apa yg akan aq lakukan dll. tp hal yg plg susah aq lakukan saat mengalami lucud dream yaitu membaca. misal baca buku, ato sms di hp.

apa bro enigma pny pnjelasan mengenai itu??
makasih...:)

-debby

kolu said...

kk ap itu astral projection...??
saya yakin itu bykan ROH yang keluar tapi KEKUATAN INGATAN OTAK KITA!!!!! bener g enigma???

Anonymous said...

aku juga sering kya gitu, cman terjadi nya cuman tidur siang aja, kalo malam ng tuh.....aku sempat takut, klo beneran di ganggau....

Poetri said...

halo mas enigma, saya penggemar baru blog anda :)
Terima kasih atas penjelasan sleep paralysisnya. Sungguh, ini mematahkan anggapan orang kebanyakan yang mengartikan fenomena ini sebagai fenomena gaib. Nice post :)

Post a Comment