Wednesday, March 31, 2010

Rahasia Area 51 terungkap? Para veteran berbicara

Area 51 adalah sebuah pangkalan militer Amerika Serikat yang terletak di Nevada yang tujuan utamanya adalah untuk mendukung pengembangan pesawat tempur dan persenjataan eksperimental. Namun, ada isu yang menyebutkan kalau di tempat itu, pemerintah Amerika menyimpan jasad beberapa alien beserta pesawat ruang angkasanya.


Geografi dan Karakteristik
Area 51 yang dikendalikan oleh Pentagon ini memiliki Luas kompleks sekitar 390 kilometer persegi dan terletak 121 kilometer di barat laut Las Vegas. Tempat itu dulunya adalah sebuah danau yang kemudian mengering menjadi gurun.


Nama "Area 51" merujuk kepada nomor "grid" pada peta Nevada lama. Selain nama Area 51, lokasi ini kadang disebut dengan nama lain seperti Dreamland, Paradise Ranch, Home Base, Watertown Strip, Groom Lake dan Homey Airport.

Sejak awal, tidak ada yang pernah tahu dengan pasti tujuan sebenarnya dari fasilitas itu. Bayang-bayang kerahasiaan kemudian menjadi lebih kuat ketika pada tahun 1958, Angkatan Udara Amerika membeli hingga 155 km persegi tanah di sekitar markas itu untuk mencegah masyarakat sipil mendekat.

Lalu dilanjutkan lagi dengan membeli 360 kilometer persegi pada tahun 1984.

Bukan hanya dilarang mendekat, pesawat sipil pun dilarang terbang di atas wilayah itu.

Para pegawainya berasal dari kalangan sipil yang dipilih secara khusus untuk mengerjakan proyek-proyek rahasia. Mereka akan dijemput dari rumahnya pada senin pagi dan baru dibawa pulang kembali pada jumat malam berikutnya.

Sebuah Boeing 737 tidak bertanda akan mengantar mereka ke Area 51, dimana mereka akan menghabiskan waktu selama 5 hari dalam seminggu.

Total pegawainya sekitar 1.850 orang dan mendapatkan gaji yang sangat memadai. menurut Scripps Howard News Service yang menganalisa catatan gaji pemerintah Amerika, Area 51 adalah "Salah satu markas rahasia terakhir yang ada di Amerika Serikat".

Di dalam kompleks itu terdapat jalur penerbangan sepanjang hingga 3.800 meter. Ini bahkan lebih panjang dibanding jalur penerbangan komersial terpanjang di dunia.

Selain itu, di kompleks itu juga terdapat asrama karyawan, gudang amunisi dan empat hangar pesawat. Penganut teori konspirasi percaya kalau di salah satu hangar ini, yang diberi kode "hangar 18", tersimpan mayat alien dan pesawatnya yang berasal dari insiden Roswell.

Di markas ini pula, para insinyur terbaik dari Amerika dipercaya melakukan proses reverse engineering (penelitian teknologi) terhadap pesawat alien tersebut.

Kepercayaan ini begitu populer sehingga bahkan Interstate Highway 375, jalan tol yang menuju ke wilayah itu diubah namanya menjadi "Extraterrestrial Highway".

Selain kepercayaan adanya alien di tempat itu, beberapa orang juga percaya kalau di bawah Area 51, terdapat lorong-lorong bawah tanah dan kereta api menuju fasilitas rahasia di seluruh Amerika.

Dengan demikian, Area 51 telah menjadi salah satu objek pengamatan banyak orang di dunia. Sering ditemui sekelompok orang sedang mengamati markas itu dari kejauhan. Sebagian dari mereka mengaku pernah melihat sebuah pesawat terbang melesat dari markas itu dengan kecepatan 10.000 mil per jam, lalu tiba-tiba berhenti di udara.

Selama puluhan tahun, pemerintah Amerika Serikat menolak untuk mengkonfirmasi keberadaan fasilitas ini, sampai suatu hari di tahun 1998, satelit mata-mata Rusia mendapatkan foto yang menegaskan keberadaannya.

Markas rahasia itu ternyata memang ada.

Belakangan, diketahui kalau markas ini telah beroperasi sejak tahun 1955 dan digunakan untuk menguji pesawat mata-mata U-2 buatan Lockheed Martin yang kemudian diikuti dengan teknologi pesawat tempur lainnya. Teknologi Stealth lahir disini. Pesawat mata-mata Jenis Oxcart (Seperti SR-71 Blackbird) hingga F-117 juga diciptakan dan diujicobakan di tempat ini.

Dengan kata lain, fasilitas ini memproduksi senjata masa depan.

Lalu, pertanyaannya, apakah ada alien di area 51?

Pertanyaan ini mungkin adalah pertanyaan yang tidak akan pernah terjawab.

Setiap karyawan yang bekerja di Area 51 telah menandatangani perjanjian kerahasiaan yang mencegah mereka untuk menceritakan apa yang sedang mereka kerjakan. Namun, pada tahun 2007, CIA memutuskan untuk membuka informasi mengenai pesawat mata-mata OXCART yang telah berusia 50 tahun sehingga para veteran mantan karyawan Area 51 yang terlibat dalam proyek itu mulai bebas menceritakan kisahnya.

Para veteran ini tergabung dalam Roadrunners Internationale, sebuah organisasi beranggotakan 325 orang yang anggotanya merupakan mantan pekerja Area 51, CIA, angkatan udara, Lockheed, Honeywell dan perusahaan kontraktor pertahanan lainnya.

Menurut para veteran ini, Area 51 memang dipenuhi kerahasiaan, namun tidak ada alien.

Mungkin banyak orang yang tidak percaya dengan apa yang mereka katakan. Tapi paling tidak, kesaksian ini bisa memberikan kepada kita perspektif baru mengenai Area 51.

Thornton Barnes
"Tidak ada seorangpun yang tahu kalau kami ada." Kata Thornton Barnes, 73 tahun. Ia adalah mantan insinyur proyek khusus di Area 51.

"Bahkan istri kami tidak tahu kemana kami pergi pada senin pagi dan dari mana kami kembali pada jumat malam."

Barnes adalah seorang spesialis bidang radar dan ahli mengenai pesawat tempur MIG Sovyet. Ia juga pernah bekerja di NASA dan turut mengembangkan roket Amerika pertama, X-15.

Ia diajak CIA untuk bergabung dengan sejumlah pakar lainnya untuk menangani proyek militer di Area 51 dimana ia membantu mengembangkan A-12 OXCART, sebuah pesawat mata-mata super rahasia yang dibuat Lockheed.

Menurut Barnes, ia dan rekan-rekannya melakukan uji coba penerbangan pesawat tersebut hingga 2.850 kali. Pesawat itu mampu terbang dengan kecepatan 2.200 mil/jam (3 kali kecepatan suara) pada ketinggian 90.000 kaki.

Bentuknya juga cukup unik, yaitu lebar dan pipih karena memang didesain untuk mengangkut bahan bakar dalam jumlah besar. Tubuh pesawat ini terbuat dari Titanium sehingga akan sangat mudah merefleksikan cahaya matahari. Jika pesawat ini terbang dengan kecepatan tinggi, orang-orang di bumi hanya akan melihat kilatan cahaya.


Menurut Barnes, mungkin penampakan cahaya itulah yang memulai rumor mengenai adanya UFO di Area 51.

"Dalam suatu cara, rumor UFO malah mempermudah kami untuk menutupi pekerjaan kami yang sesungguhnya. Kami menganggapnya sebagai bonus. Jika ada UFO, maka kamilah yang menciptakan UFO tersebut"

Dengan kata lain, tidak ada alien, tidak ada pesawat dari planet nan jauh. "Ya, kami memang melakukan reverse engineering, tapi bukan terhadap pesawat alien, melainkan terhadap pesawat asing seperti MIG Rusia."

Mengenai lorong-lorong bawah tanah, Barnes mengakui kalau memang ada lorong bawah tanah di bawah tempat uji coba nuklir di Jackass Flat. Tapi tidak ada lorong bawah tanah yang berhubungan dengan fasilitas di tempat lain.

Sekarang, program Oxcart sudah tidak dikategorikan rahasia lagi, karena itu, Barnes dan rekan-rekannya mulai bekerja dengan universitas-universitas dan agensi pemerintahan untuk membagikan pengetahuannya.

Kenneth Collins
Kenneth Collins, 81 tahun, adalah salah seorang pilot yang menerbangkan pesawat OXCART. Ia punya cerita sendiri.


Pada tanggal 24 Mei 1963, Collins terbang dengan pesawat OXCART keluar wilayah Area 51. Ia sedang terbang di atas Utah ketika pesawat itu jatuh. Untungnya Collins sempat melontarkan diri dengan kursinya dan ia selamat.

Tiga orang penduduk yang melihat Collins dan pesawatnya segera mendekat hendak menolong. Hingga saat itu, tidak ada warga sipil yang pernah melihat pesawat rahasia itu.

"Saya menyuruh mereka untuk tidak mendekati pesawat. Saya mengatakan kepada mereka kalau di dalamnya ada bom nuklir." Kata Collins

Ketakutan, tiga pria itu segera mengantar Collins ke petugas jalan tol. CIA bekerja cepat. mereka segera menyamarkan insiden itu dengan mengatakan kalau pesawat yang mengalami kecelakaan adalah pesawat F-105 milik angkatan udara.

Ketiga pria yang menolong Collins lalu dilacak oleh agen-agen CIA dan diminta untuk menandatangani surat pernyataan kerahasiaan. Tidak sampai disitu saja, CIA bahkan meminta Collins untuk menerima suntikan serum kejujuran.

"Mereka ingin tahu apakah ada yang sesuatu yang terlupa oleh saya mengenai peristiwa yang menyebabkan kecelakaan itu."

Jadi, Collins pun menerima Sodium Pentothal yang disodorkan.

Sekarang, kita bisa membayangkan kerahasiaan seperti apa yang disimpan oleh Area 51.

Harry Martin
Harry A Martin, 78 tahun, yang mengawasi sistem bahan bakar pesawat mata-mata itu selama empat tahun juga punya kisahnya sendiri.

Menurutnya, Area 51 adalah salah satu tempat kerja yang akan selalu diingatnya.

"Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai." Katanya. "Sebelumnya, saya belum pernah bekerja dengan kelompok orang yang lebih hebat dari mereka."

Mengenai Alien dan UFO, Ia berkata: "Orang-orang memiliki imajinasinya sendiri. Kami menertawakannya."

Hugh Slater
Kolonel Hugh Slater, 88 Tahun, adalah komandan Area 51 pada tahun 1960an.


Menurutnya, dalam rentang waktu 2.850 kali percobaan terbang OXCART, masyarakat mulai melaporkan banyaknya penampakan UFO. Bahkan pilot komersial yang melihatnya juga meneruskannya ke otoritas penerbangan FAA.

"Penampakan-penampakan ini menimbulkan kehebohan di Nevada dan sekitarnya. Kemudian muncul desakan masyarakat untuk menyelidiki kasus-kasus ini. Project Blue Book pun lahir."

Karena proyek pesawat ini begitu rahasia, hanya segelintir orang yang mengetahuinya, bahkan di dalam pihak angkatan udara sendiri. Karena itu beberapa Jenderal yang tidak mengetahui kejadian yang sebenarnya malah mengira Rusia sedang mengirim pesawat mata-matanya.

Area 51 dan teori konspirasi
Laporan para veteran ini cukup masuk akal. Jika pihak Amerika sedang mengembangkan senjata rahasia, tentu saja mereka akan merahasiakannya.

Tapi, tidak demikian menurut Stanton Friedman, seorang ahli fisika nuklir dan peneliti UFO. Mr.Friedman adalah salah seorang peneliti UFO yang pertama-tama mempopulerkan kisah Insiden Roswell di tahun 1970an.

"Orang-orang ini bisa jadi mengatakan yang sebenarnya. Namun, bisa saja karena mereka tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam Area 51."

Jadi, masih ada kemungkinan adanya mayat alien dan pesawat UFO di fasilitas itu.

Inilah yang saya suka dari teori konspirasi. Dalam dunia konspirasi, tidak ada yang namanya pernyataan bohong atau jujur. Yang ada hanyalah "cover up". Setiap pernyataan akan dianggap sebagai bagian dari konspirasi.

Itulah sebabnya saya percaya kalau kisah Area 51 dan alien tidak akan pernah lenyap dan akan terus mendapat tempat di hati banyak orang.

(wikipedia, latimes.com, abcnews.go.com, seattletimes.nwsource.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

104 comments:

Anonymous said...

~chii said...
gyaaaa...kelimaaaa..
ahahahha...
baca dulu ach...

Anonymous said...

~chii said...
oiya om...
jngan lupa ngebales komen saya yang sebelum sebelumnya ya...@_@

Mohammad Reza said...

Well, saya tidak memihak yang mayat alien atau pangkalan super rahasia. Yang harus diketahui, jika ada pernyataan yang jujur, bisa saja itu pernyataan yang paling ampuh untuk menutupi sesuatu.

Yudh said...

kenapa g d masukkan ke konspirasi atau Situs dan Tempat Misterius mas?

Anonymous said...

mending dikomen dulu daripada petamax, keduax, ketigax, petromax,
aneh...!

enigma said...

@chii: sudah saya balas.

@Yudh: Area 51 lebih terasosiasi dengan ufo

Anonymous said...

bang, tolong donk posting ttg the flying dutchman.

Mohammad Reza said...

Rasanya janggal juga..kita tahu bahwa CIA itu agent Amerika, sebuah negara yang selalu menjaga eksitensinya..Jadi, kl mereka menyuruh veteran2 itu berkomentar, apakah yg dikatan mereka juga benar? Lha wong katanya pangkalan super rahasia, kok diblak-blakin..jangan2 veteran2 tu cuma tameng aja..meskipun katanya CIA membuka informasi, tapi lucu juga ada CIA yang membuka informasi...

Mr.Dumb said...

wah lagi ngintip2 di blognya bang enigma, ternyata ada postingan baru lagi nih! mo di baca dulu ah...

Anonymous said...

lhaa gimana yang lain mau ngomong, ka..
Mr.Collins aja udah jatuh (kesian kan,ka?), dikasih Sodium Pentothal pula.
trus "kepala suku" area 51 bilang.. "..hayooo, ngomooongg.. tak suntiiiikk.."
(maaf, ka.. nyusup ke comment orang2 serius)
btw, ini blog yg bs mencerdaskan, ka.

Vahn Saryu said...

Amerika memang penuh rahasia dan konspirasi,mengingat para pendirinya adalah para mason,cmiiw.Sepertinya,mereka punya rencana sendiri untuk dunia.Oiy bang,apakah SETI(Search for ExtraTerestrial Intelligence) adalah milik AS jg?

Moh. Aris said...

ini memang sebuah konspirasi dan sebuah konspirasi pasti tidak akan menemukan ujungnya jika tidak dibuktikan secara langsung (dalam hal ini membuat Area 51 menjadi area umum yang dapat dilihat oleh semua orang)...

saya suka dengan kata Stanton Friedman,
"Orang-orang ini bisa saja maju ke publik dan mengatakan yang sebenarnya. Namun mereka tidak melakukannya, ini bisa saja karena mereka tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam Area 51."

tapi bisa jadi Stanton tidak terima jika tidak ada Alien disana jadi dia mengatakan hal seperti itu. Memang jika dipikir terus, kita yang akan capek memikirkannya.

Seperti kata Sherlock Holmes,
"Jika kita ingin menyelesaikan sebuah kasus atau masalah, kita tidak boleh duduk diam dan mencari petunjuk-petunjuk yang kebenarannya tidak pasti. Tapi kita harus membuat petunjuk kita sendiri, yaitu dengan cara datang langsung ke tempat kejadian perkara. Dan kita tidak boleh percaya kepada orang lain. Kita harus percaya pada apa yang kita lihat dan sentuh secara langsung. Pilihlah yang kemungkinan mungkin, tapi jika semua kemungkinan itu salah. Maka yang tersisa adalah kebenaran."

Mohammad Reza said...

@Moh. Aris:
Wah anda suka sherlock? saya juga. . . Saya masih ingat dengan kata-kata Holmes kepada Watson.
"Tenang saja Watson, kita sudah terbiasa melihat manusia memandang rendah apa yang tidak mereka tahu."

Anonymous said...

@moh.aris :
kaka, kalau ga mungkin ke TKP, mending kaka suntik aja satu-persatu para veteran ini dengan Sodium Pentothal...
biar saya yang pegangin,ka.
biar kakek Sherlock Holmes senyum-senyum liat kelakuan kita.
kaka mohammad reza ikut juga??

Penakluk_Hujan said...

kalo boleh numpang nanya nih bang enigma, saya pernah menemukan video yang sangat aneh, video itu hanya memperlihatkan pemandangan alam dan suara orang tertawa, tetapi itu berdampak aneh bagi saya, saya mulai mengalami demam dan kurang tidur dan lebih sering bengong. dan saya baca2 ada artikel yang menyebutkan bahwa lagu itu memang sengaja dibuat untuk membuat orang menjadi 'mental collapse'

URL videonya:http://www.youtube.com/watch?v=TzEGqqZM4OY

enigma said...

@anonymous said:
"kaka, kalau ga mungkin ke TKP, mending kaka suntik aja satu-persatu para veteran ini dengan Sodium Pentothal..."

Ya, ini usul yang sangat bagus sekali. tapi susah juga kalo para veteran ini sudah dinetralisir dengan alat penghilang ingatan seperti di Film MIB

Anonymous said...

~cHii said...

@penakluk ujan...
hemh! iya iya! saya juga perna ngalamin hal kek gitu...tapi bukan karna ngeliat pidio...
melainkan satu lagu yang judul nya...
aduh saya lupa...gloomy sunday kalo ga salah...

om...gimana tu menurut om?

Mohammad Reza said...

@anonymous: Wah lebih baik saya minta Raja Emperor saja untuk membantu saya mencari kebenaran. Saya takut suntik. Tapi lebih takut lagi sama kamu.

Anonymous said...

kakaaaaaaaa, jangan tonton videonya, pliiiizzz....
@ kaka penakluk_hujan & kaka ~cHii : tar kalo kaka enig kena 'mental collapse', gimana? bisa ga posting berminggu-minggu.
hiiiiii, mental collapse, hiii takuuut..

bang tio said...

ada rahasia dibalik rahasia kayaknya nih. Enak amat ngomongin rahasia super blak-blakan. Jadi mungkin ada yang rahasia disembunyiin amerika. Para pekerja maupun atasannya (kecuali kepala area 51) ga diberitau.

Sori, tapi ane ga terlalu tertarik sama area 51. Ga tau bosen ato apa.

enigma said...

@bang tio: Di amerika ada undang-undang keterbukaan informasi yang mewajibkan untuk mendisclosure semua dokumen yang telah berusia tertentu. Termasuk dokumen rahasia. itulah sebabnya kita bisa membaca mengenai peran CIA di dalam penggulingan sukarno dll. Jadi CIA juga tidak punya pilihan lain.

bang tio said...

oh ya bang enig, wish you ok watch that video.
Serem aja nanti ayam tetangga pada mati, gara2 bengong (mitos)

Anonymous said...

jd gimana ni sbnrnya?? menutupi kebnaran dgn kebohongan demi kebohongan lain kah?? jd Inget pepatah dr Jepang : "kebohongan itu spt bola salju yg menggelinding. smakin lama akan smankin besar dan akan menimpamu"

Anonymous said...

Bos Enigma, kok diartikel ini gak ada kutipatan tenyang Rosswel, tempat itukan ada kaitannya dengan area 51, sekalian penjelasan dikit.

enigma said...

Roswell adalah peristiwa yang berbeda. saya akan menulisnya lain kali.

Lincoln said...

pesawat A-12 OXCART mirip sama pesawat di film X-MEN itu ya hehehe
yah memang begitulah Amerika, speechless juga si -__-
ya benar kata bang tio "ada rahasia di balik rahasia..."

(kali ini tidak bisa berkomentar hahaha)

kritikus said...

Bisa saja orang - orang di atas, telah mendatangani surat perjanjian, bahwa "JANGAN DI KASIH TAHU TENTANG ADANYA UFO dan Alien... BILANG SAJA PADA PUBLIK BAHWA UFO HANYA ULAH DARI PESAWAT OXCART... "

Chris said...

''Tidak sampai disitu saja, CIA
bahkan meminta Collins untuk
menerima suntikan serum kejujuran.''

@Bang Enigma: apakah 'serum kejujuran' yang dimaksud adalah Sodium Pentothal?
Tapi sepertinya obat ini juga belum disepakati efektifitasnya sebagai 'truth drug' (en.m.wikipedia.org/wiki/Truth_drug?wasRedirected=true)
Ataukah memang 'veritas serum' di Harry Potter itu benar-benar ada?

Saya penasaran juga dengan serum kejujuran itu..hehe..mungkin kapan-kapan bang Enig tertarik mengulasnya?

Saya setuju, walaupun apa yang para veteran katakan itu benar, kemungkinan keberadaan alien di area 51 tetap saja ada. Karena area 51 bisa jadi menerapkan 'kerahasiaan berjenjang'.

Oya, bang Enig, apakah Project Blue Book itu dilakukan atas ketidaktahuan terhadap apa yang terjadi sebenarnya di area 51, atau hanya sebagai 'penggembira' euphoria publik tentang UFO saja?

Area 51 tidak pernah benar-benar membuat saya penasaran, saya rasa itu cuma pusat penelitian teknologi milik militer yang mujurnya menikmati pengalihan opini publik: publik meyakini ada alien atau piring terbang di sana, sedangkan mereka kebanyakan tidak menyadari kenyataan yang sebenarnya. Mereka terlalu terlena dengan alien atau ufo atau piring terbang.
Tapi saya tidak tahu apa 'kenyataan yang sebenarnya' itu.
Thanks buat Mr.Enigma untuk infonya :)

enigma said...

Ya Chris, di sumber yang saya gunakan sebagai referensi memang sodium pentothal. Project Blue Book katanya memang dibuat karena ketidak tahuan. Tapi menurut saya bisa saja dibuat cuma untuk memuaskan keinginan publik yang mendesak diadakan penyelidikan. Buktinya Blue Book tidak pernah menghasilkan kesimpulan yang menunjukkan adanya alien kan?

Soal area 51, saya setuju dengan kamu.

dicky said...

kalo boleh numpang nanya nih bang enigma,,video otopsi alien roswell beneran gak sih?

Chris said...

@kritikus:
''Bisa saja orang - orang di atas, telah mendatangani surat perjanjian, bahwa "JANGAN DI KASIH TAHU
TENTANG ADANYA UFO dan Alien... BILANG SAJA PADA PUBLIK BAHWA UFO HANYA ULAH DARI PESAWAT
OXCART... "

Ya, menurut saya bisa saja seperti itu, dengan syarat supremasi hukum harus bagus.
Tapi, yang saya herankan, seperti yang diinformasikan Mr.Enigma, jika alien memang ada di area 51, bukankah seharusnya sudah diungkap ke publik karena ada UU keterbukaan informasi?

Bisa saja dijawab: itu karena pemerintah belum mau mengungkapnya.
Ya bisa saja demikian.

Hmm.. jika alien memang ada di area 51, saya rasa 'penghapusan memori' para saksi adalah kemungkinan pilihan yang lebih aman.
Tapi, walaupun bagaimana pun juga, saya rasa jika ada alien di sana, semakin banyak yang mengetahuinya, semakin besar kemungkinannya untuk 'bocor' ke publik. Ya, kita bicara mengenai sifat dan kecenderungan manusia di sini :)

Lagi pula banyak foto atau rekaman video tentang alien atau otopsi alien yang diklaim berasal dari area 51 adalah hoax. Saya sudah baca artikel tentang ke-hoax-an foto-foto dan video itu di sebuah website berbahasa Portugis. Jika anda tertarik membacanya, anda bisa mengatakannya :) hehehe...nanti saya muat alamatnya :)

enigma said...

@dicky: video otopsi alien adl hoax yang dibuat oleh pria bernama ray santilli. Kamu bisa lihat foto2 roswell hoax lain di postingan saya yang berjudul galery mayat2 alien palsu. Cek sj di kategori hoax.

Anonymous said...

kakaaaa, terimakasih group FB-nya..
[senangnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa]

enigma said...

Iya. Memang saya posting soal itu karena kamu minta. Haha. Mudah2an enjoy, virya.

aprian said...

Area 51 eamng masih penuh misteri

@bang enigma pernah baca/tau g soal lele raksasa di sungai mekong yang kabarnya bisa memakan orang

enigma said...

Soal lele raksasa mekong, saya pernah dengar. Soal dia makan org, itu cuma teori penduduk desa kalau lele itu jadi besar karena makan abu mayat yg disebar ke sungai.

aprian said...

owh gitu baru tau saya hehe

@bang enigma tanya lagi soal Desas desus mengenai bumi yang berlubang pada salah satu porosnya yang dianggap pintu menuju ke dalam inti bumi itu hoax ga bang?

Anonymous said...

Gaji karyawannya berapa kok tidak di tulis?karena dari situ kita bisa tahu seperti apa resiko kerja di sana karena semakin besar gajinya semakin besar resikonya,jam segini mr.Enigma kok belum tidur nunggu bola ya?

Anonymous said...

bang enigma... tolong bahas link video oleh penakluk hujan tersebut... dijelaskan secara ilmiah

http://www.youtube.com/watch?v=TzEGqqZM4OY

Anonymous said...

andiy said....

aq udah nnton video yg dmksd oleh panahluk ujan,gda apa apa.cma suara2 yg mlengking2 ja.tp mnding dbhas jga siii.tlg ya bung enigma...thx u

Anonymous said...

lala said,,
no comment ah brother,, ga terlalu suka UFO ma alien2 sih,, hehe.. Oh ya brother,, ada tulisan tentang black hole ga sih???
aq dah gabung lho di group enigmania di facebook,, kenapa sih brother ga mau bikin facebook???
tx b4 :)..

enigma said...

@Lala: saya tdk pake facebook karena saya tdk suka nulis2 di dinding. Hehe

Anonymous said...

Kalau berbicara soal alien, disana memang tidak ada alien. Area 51 hanya tempat singgah extraterrestral pada project serpo atau operation crystal knight. Kalau mau melihat bangkai alien dan pemukiman mereka lengkap dengan garasi pesawat mereka, semuanya berada di Papoose lake (S-4)

Jarak Papoose lake (S-4) dan A51 tidak jauh. Mereka bersebelahan

enigma said...

Ya. Itu kesaksian dari bob lazar. Sayangnya bob lazar gagal dalam hal kredibilitas sehingga org bnyk menolak mempercayainya.

Ryu said...

wah, brarti Area 51 itu tmpat para ilmuwan mmbwat sesuatu yg baru bagi dunia d'msa depan dunkz,,,

trlebih lagi para karyawannya bukanlah org bysa, nd' jga d'tmpat itu smwa fasilitas tuk mmbwat sebuah imajinasi ttg sebuah alat d'masa dpan mnjadi kenyataan,,,

bnar" dweh "The Truth Is Out Here,,!!"

Anonymous said...

Bang, Enigma, Area 51 kan proyek rahasia kok bisa bocor obyeknya, kayaknya itu cuma bualan para konspirasi.

enigma said...

Seperti yang saya katakan di komentar atas, di amerika ada undang2 freedom of information act yg mewajibkan dokumen rahasia yg telah berusia tertentu(50thn) utk dibuka ke publik.

Anonymous said...

Om enigma, postingannya diperbanyak dan dipercepat dong penasaran

http://budakpalembang.blogspot.com said...

ini baru mantappppp..............!!!
menurut saya ga ada salah nya bilang ufo di area51 karna ,,ya nama nya juga ufo ( unidentified flying object ) ya karan orang2 yang ngelihat emang ga kenal ato ga tahu tu pesawat apaan,karna bentuk nya aneh/unik lah.kira2 begitu nah klo alien saya juga masi bertanya2 ada ga ya di area51 ?...tapi saya yakin ada kehidupan laen di bumi,luar bumi,dan luar galaksi selain manusia.

keep posting trus . req bang karna bang enigma saya yakin kridibilatas nya maka saya tantang bang enigma utk mecahin kasus dibalik runtuh nya wtc

alvi said...

saya lebih mengarahkan perkiraan bahwa area 51 merupakan fasilitas pengembangan senjata Nuklir dan sejenisnya

Kritikus said...

Jadi kesimpulannya bahwa Area 51 itu tempat yang misteri... bahkan menurut saya misterinya melebihi penjara Guantanamo... Dan bahkan saya yakin bahwa di adakannya "pangkalan militer" di Area 51 hanya untuk menyelidiki Alien yang jatuh di daerah tersebut... Lalu apa maunya Amerika menutupi ada atau tidak nya Alien???

Anonymous said...

berarti untuk membuktikan Tuhan, kita harus ketemu secara langsung dulu donk?

Anonymous said...

area 51??? baru dengar,,

kurang tertarik membacanya karena memang belum pernah dengar,,,

-accank-

Anonymous said...

apakah setelah 50 thn Mr.enigma juga akan membongkar rahasia identitasnya ke public.

virya said...

@Anonymous : apakah setelah 50 thn Mr.enigma juga akan membongkar rahasia identitasnya ke public.

------- iya kaka, tar ketemu di panti jompo dah kita. :)

Anonymous said...

ngomong2 mental collapse

bang enigma bisa ga ksh artikel detailnya

enigma said...

mental collapse, saya rasa lebih berhubungan dengan blog kedokteran kali ya.. tapi kalo video itu, mungkin menarik.

Anonymous said...

(sambungan) aduh bang enigma....

saya merasa ga nyaman aja begitu ngeliat tuh video

serem ah....hiiiiiiii ....takut.......

oya kira2 siapa ya yg membuat video macam bgt?

salut dah buat enigma keep posting yah!!! ^_^

Nana_Chan said...

artikelnya baguss... two thum... eh, ten thumbs up deh.. (jarinya jempol semua hahaha XD)
top dehh...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

woow! area 51 revealed! hehehe..
q dah lama nunggu postingan ini,, akhirx...

oya, tp kn bs aja mayat alien da dsana,, krn para vteran tu gak tau soal itu,,
btw, om Enig bhs dunks tntg kjadian di roswell,,ya?

Anonymous said...

OM Enigma, tapi kayaknya ada kejanggalan, masa tahun 1958, ada teknologi sampe bisa buat area 51 yang berteknologi multimutakhir, sedangkan komputer dan internet belum ditemuin,.... terus sampe ada kata bawah tanah segala...

jacobian said...

artikel yg sangat menarik.area 51 merupakan kontroversi yg ga akan pernah habis.

haryadi said...

Truthfinders-Enigma

bagi yang mau join di FB,...gak perlu nunggu 50tahun untuk kenal pemilik blog yang rendah diri ini...Sdr.Timothy Siregar....Horasss!!!

Anonymous said...

He??
Beneran nih, bung Enigma nama aslinya Timothy Siregar??
Lho, bukannya bung Enig chinese?? Kok jd batak? Dan katanya gak punya fb??
Bung Enig, klarifikasi donk.

enigma said...

Haha...saya rasa maksud bang haryadi dgn timothy itu bukan nama saya. Tp nama pendiri grup truthfinders di facebook. Tp memang sptnya bang haryadi hrs lbh menjelaskan maksudnya.

Anonymous said...

lala said,,,
brother,,, facebook kan bukan cuma nulis2 di dinding hhe :)
trs klarifikasi dari bang Haryadi gimana tuh??
bener apa hoax??

Anonymous said...

makasih bang udah post tentang area 51

dari anak mks

Tezla said...

wah ternyata...
area 51 tempat uji coba yg amat sangat super rahasia

by someone from tzlgroups.blogspot.com

Anonymous said...

by aji banjarmasin

http://inilah.com/news/read/politik/2010/01/22/299281/siswa-sd-banjarmasin-heboh-lihat-ufo/

http://surgaku.com/iptek/misteri-ribuan-ufo-mendekati-matahari.html

mas enigma, penampakan ufo dibnjarmasin pada 22 januari 2010 sepertinya berhubungan dgn penampakan benda asing di matahari pd 18 januari 2010 yg diambil dr pesawat ruang angkasa tiga-dimensi NASA

Anonymous said...

Quote:

'Area 51 dan alien tidak akan pernah lenyap dan akan terus mendapat tempat di hati banyak orang'

best quote of the day.

bahkan testimoni mantan pekerja area 51 pun dianggap sebagai cover up atas hal2 yg sebenernya terjadi. itulah konspirasi

mumut78 said...

Salut sama abang ... you got the news is very goog . . . salam
Mumut

valentiGHOST said...

@mr enigma: apakah insiden roswell itu juga salah satu tipuan para staff yg menyembunyikan fakta mengenai area 51? heheheheh tny gt cos rasanya kayak psawat jatuh trs ditu2pn kjadianx!

Anonymous said...

saya rasa USA emang punya 'rencana' alias konspirasi yang bersarang salah satunya di area 51, tapi yang pasti juga bukan alien..

Anonymous said...

mantep dah emang kagak ada yg namanya alien yg percaya sama alien udah kena cuci otak tuh oleh mason hahahaha

Anonymous said...

wah,..kelupaan klarifikasi:

Bener,..seperti yang dikatakan Juragan Enig Ma tuh,.ntu maksudnya..cuma nulisnya yang salah..hehheee..

coz,Powered by Enigma..gtuloh

Haryadi

Anonymous said...

Apa yg akan dilakukan pihak area 51 bila seluruh negara didunia ya maksud ane di bumi tentarenya datang ke area 51 hanya untuk ngungkap rahasianya ??? Hahaha gimana jadinya? Tapi amerika itu licik hanya perang ke negara yg militernya teknologinya ga secanggih amerika. Dan menurut saya amerika sepertinya punya rencana yg seluruh dunia tidak akan di ketahui sampe kapanpun. Ya hanya allah yg tahu apa rencana mereka dan semoga allah memberikan hidayah pada mereka. Btw. Ane marah ke amerika kenapa mereka nyerang negara lemah yg mayoritas islam dan mau damaikan israel dan palestina tapi mereka ya rumor ini membantu persenjataan israel untuk ngelawan palestina yg ga punya senjata banyak kaya mereka . Kesel .....

Anonymous said...

Saya rasa tujuan proyek ini lebih penting daripada pengembangan teknologi pertahanan ataupun penelitian thdp mahluk asing. Yang pasti saya yakin ini positif :-)

Dhiyu said...

bung enigma bagaimana dengan pengakuan baru-baru ini dari mantan agen CIA bernama Chase Brandon yang mengungkapkan bahwa dalam lemari besi CIA di Langley ada bukti-bukti tentang kejadian roswell dan bahwa objek terbang yang ditemukan bukan berasal dari bumi?

Anonymous said...

I was told with my teacher about this.. hahaha surprisingly it's all make sense.. there's (maybe) no such thing as alien.. xDD

Post a Comment