Monday, May 31, 2010

Misteri Chase Vault - peti mati berpindah Barbados

Di Barbados, ada sebuah makam yang bernama Chase Vault. Makam ini tidak seperti makam biasa yang kita kenal. Bangunannya besar dan bisa memuat banyak peti mati di dalamnya. Namun, misterinya bukan disitu. Ada peristiwa aneh yang terjadi pada makam ini. Sepertinya, peti-peti mati yang ditaruh di dalamnya bisa berpindah dengan sendirinya.


Misteri ini dikenal dengan nama peti mati berpindah Barbados dan sudah menjadi subyek tulisan beberapa peneliti.

Kisahnya dimulai pada tahun 1724.

Pada tahun itu, seorang pria bernama James Elliot membangun sebuah makam bawah tanah yang besar. Pintu makam itu terbuat dari sebuah marmer besar yang berat dan dirancang dengan cara yang khusus. Saking beratnya batu itu, dibutuhkan sekitar 6-7 orang untuk menggesernya.

Chase Vault

Ketika makam itu ditutup, celah pada marmer besar itu akan disemen sehingga tidak gampang untuk dibuka. Jika suatu hari pintu makam itu hendak dibuka kembali untuk menguburkan seseorang, maka semen tersebut harus dikikis kembali. Setelah proses pemakaman selesai, marmer itu digeser dan harus disemen kembali.

Demikianlah makam itu dirancang sedemikian rupa.

Bagian Dalam Chase Vault

Walaupun telah bersusah payah membangunnya, Elliot tidak pernah dimakamkan di tempat itu. Tempat itu dibiarkan kosong hingga tanggal 31 Juli 1807 ketika Mrs.Thomasina Goddard dimakamkan di tempat itu. Jenazah Mrs.Goddard diletakkan di dalam sebuah peti mati kayu.

Pada tahun 1808, makam itu dibeli oleh keluarga Chase, salah satu keluarga yang kaya raya dan disegani di Barbados. Karena perubahan kepemilikan itu, makam itu itu kemudian diberi nama Chase Vault yang artinya Makam keluarga Chase.

Thomas Chase, pemimpin keluarga Chase, adalah salah seorang yang paling dibenci di Barbados. Menurut salah satu catatan di people's almanac:

"Kepala keluarga itu adalah seseorang yang memiliki tabiat yang jahat, ia begitu kejam terhadap budak-budaknya sehingga mereka sering mengancam akan membunuhnya."

Pada tanggal 22 Februari 1808, anak bungsu Thomas yang bernama Mary Ann Chase yang baru berusia 2 tahun meninggal dunia dan jenazahnya dibawa ke Chase Vault untuk dimakamkan.

Pintu makam itu dibuka, Peti mati Mary Ann yang terbuat dari timah yang berat kemudian dibawa masuk ke dalamnya dan ditaruh disamping peti mati Mrs.Goddard.

Pintu Chase Vault pun ditutup kembali dengan marmer besar itu dan disemen.

Setelah kematian Mary Ann, perlahan-lahan, Chase Vault mulai diisi oleh jenazah anggota keluarga Chase lainnya.

Pada tanggal 6 Juli 1812, hanya 5 tahun setelah kematian Mary Ann, Anak Thomas lainnya yang bernama Dorcas Chase, juga meninggal. Beberapa orang mengatakan kalau Dorcas telah bunuh diri dengan cara mogok makan karena depresi dengan ayahnya.

Mayat Dorcas dibawa ke Chase Vault dan peti matinya yang juga terbuat dari timah yang berat diletakkan di tempat itu bersama peti mati Mrs.Goddard dan Mary Ann.

Hanya beberapa minggu setelah penguburan Dorcas, Mr.Thomas Chase, sang kepala keluarga, meninggal dunia karena bunuh diri. Mayatnya ditaruh ke dalam peti timah seberat 108 kilogram dan dibawa ke Chase Vault.

Inilah awal dari misteri yang membingungkan.

Ketika pintu makam itu dibuka, para pengurus pemakaman kaget karena menemukan peti-peti mati yang sudah ada di dalamnya berada pada posisi yang tidak semestinya. Peti mati Mary Ann Chase telah bergeser ke sudut lainnya.

Anggota keluarga Chase yang melihat itu menjadi sangat marah dan mengira ada penjarah makam yang telah mengacaukan peti-peti mati itu. Namun, mereka tidak menemukan benda apapun yang hilang dari makam itu.

Peti mati Mary Ann kemudian dikembalikan ke posisi semula dan pintu Chase Vault kembali ditutup.

Tetapi, misteri itu tidak berakhir disini.

Pada tanggal 25 September 1816, empat tahun setelah pemakaman Thomas Chase, makam itu kembali dibuka. Kali ini untuk menampung jenazah Charles Brewster Ames yang berusia 11 tahun.

Sekali lagi, mereka menemukan semua peti mati telah berpindah tempat, termasuk peti mati Thomas Chase yang sangat berat. Satu-satunya peti mati yang tidak berubah posisi hanyalah peti mati kayu milik Mrs.Goddard.

Petugas pemakaman kemudian memerintahkan agar peti-peti mati itu dikembalikan ke posisinya yang semula. Saking beratnya peti mati Thomas Chase, dibutuhkan delapan pria untuk memperbaiki posisinya.

Pintu masuk Chase Vault kembali ditutup rapat.

52 hari kemudian, tepatnya tanggal 17 November 1816, pintu Chase Vault kembali dibuka. Kali ini untuk menerima jenazah Samuel Brewster Ames.

Sekali lagi, para pengurus pemakaman menemukan peti-peti mati di dalamnya telah berubah posisi. Dan sama seperti sebelumnya, peti mati kayu Mrs.Goddard adalah satu-satunya peti mati yang tidak berpindah tempat.

Jadi, untuk ketiga kalinya mereka mengembalikan semua peti mati itu kembali ke posisinya yang semula.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 17 Juli 1819, makam itu kembali dibuka untuk menerima jenazah Thomasina Clark. Berbeda dengan peti mati sebelumnya, jenazah Clark ditaruh di dalam peti mati kayu.

Ketika pintu makam dibuka, mereka kembali menemukan peti-peti mati di dalamnya berada dalam posisi yang berantakan.

Empat kejadian misterius ini kemudian menarik perhatian gubernur Barbados, Lord Combermere, yang disebut-sebut turut menghadiri pemakaman Clark.

Sang Gubernur kemudian memerintahkan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap makam itu. Namun tidak ditemukan satupun tanda-tanda perusakan ataupun jalan rahasia menuju makam itu.

Jadi, peti-peti mati itu kembali disusun seperti semula.

Peti mati Mr.Goddard yang terbuat dari kayu telah mengalami lapuk yang luar biasa sehingga orang-orang mengikat peti itu dengan tali untuk mencegahnya lepas berantakan dan kemudian menaruhnya di sudut bersentuhan dengan dinding.

Setelah itu, pasir ditaburi ke lantai makam untuk mendeteksi adanya jejak kaki.

Lalu, pintu Chase Vault kembali ditutup. kali ini bukan hanya ditutup, Lord Combermere bahkan menyegel pintu makam itu dengan segel gubernur.

Tanggal 18 April 1820, delapan bulan setelah penguburan Thomasina Clark, Chase Vault kembali dibuka, bukan untuk menerima jenazah baru, melainkan untuk memenuhi permintaan Lord Combermere yang ingin tahu kondisi di dalam makam.

Ketika pintu makam dibuka, Sekali lagi, semua peti mati di dalamnya telah berpindah posisi. Dan sama seperti sebelum-sebelumnya, peti mati kayu Mrs.Goddard adalah satu-satunya yang tidak berpindah.

Posisi sebelum

Posisi setelah diperiksa

Tidak terlihat adanya jejak kaki di pasir di lantai makam.

Bagaimana peti-peti mati itu bisa berpindah?

Mereka yang memeriksanya tidak menemukan tanda-tanda kalau ini adalah ulah tangan manusia. mereka juga tidak menemukan adanya sisa-sisa genangan air atau banjir yang mungkin bisa menggeser peti-peti mati itu. Beberapa orang mengajukan kemungkinan gempa bumi, tetapi dalam rentang waktu itu, tidak terjadi gempa bumi di Barbados.

Karena penyelidikan yang dilakukan tidak membawa hasil apapun, keluarga Chase memutuskan untuk tidak menggunakan makam itu lagi. Chase Vault kemudian diabaikan begitu saja dan peti-peti mati yang ada di dalamnya dipindahkan dan dikuburkan di tempat lain.

Makam itu masih ada hingga sekarang dan dibiarkan kosong.

Kisah mengenai peti mati berpindah Barbados ini pertama kali dipublikasikan oleh Sir JE Alexander dalam bukunya yang berjudul "Transatlantic Sketches" yang terbit tahun 1833. Setelah itu, masih ada beberapa tulisan lagi yang menceritakan kisah mengenai misteri ini.

Pada Desember 1907, Andrew Lang, seorang peneliti kisah-kisah rakyat dari Inggris mencoba untuk meneliti kebenaran kisah ini. Ia menyusuri sejumlah dokumen yang berasal dari Barbados, termasuk catatan pemakaman dan surat kabar setempat.

Lang tidak bisa menemukan adanya berita mengenai fenomena ini di surat kabar ataupun catatan pemakaman pada waktu peristiwa ini disebut terjadi. Namun, ia menemukan ada satu catatan yang tidak dipublikasikan yang berasal dari Nathan Lucas yang mengaku menjadi saksi saat Chase Vault dibuka untuk terakhir kalinya pada tahun 1820.

Lang, tidak bisa memberikan kesimpulan pasti.

Usaha penelitian yang berikutnya datang dari penulis modern bernama Joe Nickell lewat bukunya "Barbados restless coffins laid to rest" yang terbit tahun 1982.

Nickell percaya kalau peristiwa peti mati berpindah itu sama sekali tidak pernah terjadi. Menurutnya, kisah ini hanyalah sebuah Masonic Hoax.

Maksudnya adalah, kisah ini hanya sebuah alegori yang berisi kisah mengenai ruang rahasia yang menurut teks Masonic merupakan misteri purba, simbol kematian dimana kebenaran Ilahi bisa ditemukan.

Nickell menghubungkan kisah peti mati berpindah dengan misteri harta karun pulau Oak yang juga dipercaya sebagai Masonic Hoax lainnya.

Sama seperti Alegori Masonic lainnya, kisah ini dipercaya hanya dibuat oleh para Mason sebagai sebuah kisah simbolis yang tidak pernah terjadi di dunia nyata dan hanya ditujukan sebagai pengajaran bagi para anggota Freemason lainnya.

Nickell juga mengutip bukti yang berasal dari perkataan Lucas:

"Aku sudah memeriksa seluruh dindingnya, lengkungannya dan setiap bagian dari Chase Vault dan menemukan kalau setiap bagian telah berusia tua dan mirip; dan seorang Tukang batu (Mason) di dekatku memukul setiap bagian bawah makam itu dengan palunya, dan ternyata semuanya padat."

Salah satu kutipan mengenai suara palu ini bisa ditemukan di Macoy's Illustrated History and Encyclopedia of Freemasonry dimana dikatakan kalau para Mason menghormati dentuman suara palu sang Master yang melambangkan otoritas.

Masih menurut Nickell, Penggunaan kata "Mason" untuk menyebut tukang batu oleh Lucas cukup menarik. Nickell menduga kalau Lucas sendiri adalah seorang Mason yang berpartisipasi dalam pembuatan alegori itu.

Nickell juga percaya kalau para Mason ternama lainnya ikut berpartisipasi dalam kisah alegori ini dan membantu menutup-nutupinya, seperti Sir Arthur Conan Doyle yang pernah membahas soal Chase Vault pada artikel tahun 1919 di surat kabar "The Strand". Dalam artikel itu, Doyle menggunakan kata "Effluvia" yang berarti kuburan.

Kata itu, umumnya hanya dimengerti oleh para Mason.

Teori Nickell dianggap sebagai penjelasan yang paling masuk akal mengenai misteri ini.

Namun, luar biasanya, walaupun kisah ini dianggap sebagai hoax, misteri serupa disebut pernah terjadi di makam di Stanton, Suffolk, dan di pemakaman Lutherian di pulau kecil Oesel di laut Baltik. Kedua misteri tersebut sama-sama terjadi pada abad ke-19 dan sama-sama belum terpecahkan.

(wikipedia, carribbeantravelforums.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

139 comments:

Lica Lawliet said...

pertamaaaxxxx~~~

gegegegege (jd inget film kartun gegege kitaro)

Anonymous said...

kiky sii john titor said: ketigaxxx..
hahaha..
baca dulu ah..

Anonymous said...

s2x says :
mantraratap gaan.........
postingan ente selalu berkualitas.....
salut bangsa ini punya orang seperti ente gan....!!!!!!!!!

wolfboy said...

wah bang enig,,,
apa abng pnya penjelasan ilmiah mengenai ini?

enigma said...

@Wolfboy: saya nggak punya penjelasan ilmiah soal ini. Tapi, bisa jadi dilakukan oleh org yang benci sama keluarga Chase, tapi pertanyaannya bagaimana caranya?

Anonymous said...

RA ..

bingung jg mw komen ato nanya dr sisi mana hehe ..

d sby pernah ad kejadian yg mirip tp tak sama bang.. klo jenazah org indonesia kn biasanya dihadapkan kearah barat .. klo yg d sby itu setiap di hadapkan ke barat lalu beberapa minggu dibongkar lg menghadap ke timur lalu dihadapkan lg k barat dan lagi2 setelah dibongkar slalu menghadap ke timur, itu terjadi berulang2 .. menurut orang sekitar daerah itu katanya jenazah itu gak diterima bumi atau tanah ..
korelasinya dengan vault chase mungkin karena miss goddard jg tidak menerima kehadiran dr peti mati yg laen sehingga peti mati yg laen dibuat sedemikian rupa hehe ..

bingung bg mw komen ap cz dr sisi sains blum ad jawaban hehe ..

pertanyaan bg, apa hubunganx vault chase dgn mason..? banyak cerita mason yg diambil dr sejarah pelaku yg berasal dr mason.. apakah salah satu dr keluarga chase ad yg mason..??

harits indi pradana said...

Aargh,lica prtamax mlu..
Mngkn g klo itu cm rkyasa buat mmpromosiin kota?klo g slh ad yg blg gt..
(='3'=)

enigma said...

@RA: saya tidak punya informasi apakah keluarga Chase itu Mason.

Anonymous said...

ketigax yy, ,
tu cerita kyakny emang hoax deeh. .
coz segel yg dpasang ma gubernur barbados ga ad kbarny tuch. .andaikan cctv ud dcptakan taon tuu, ,psti g rpot jdny. .hehe. .
nice post

Anonymous said...

Apa smw peti yg pindah trbuat dri logam?Hnya peti kayu saja yg tetap pd posisix.Mgkn ad hbungnx dgn hal2 yg brhbungn dgn magnet.Lgpula dgn ruangn yg smpit gt (dliat dri gmbr posi2 peti) kykx kuat bgt tuh yg bisa ngehambur peti2 itu..

ufobeliever

Anonymous said...

Pengaruh medan magnet bukan y? Kn yg brubah posisi cuma peti yg trbuat dari timah?
~BigmaN~

bang tio said...

nama saya biru juga (bukan misteri sih)

Kayaknya emang magnet, eh tapi pas petinya (yang besi) dibetulin arahnya kok tetep berat? Medan magnet emang bisa nyala mati gitu?

Ini masih sebuah misteeeriiiii.....

ADy "Editor" Inbox said...

Setuju ama pendapat Bigman...Soalnya yang petinya terbuat dari kayu sama sekali gag berubah posisi...
Tapi yang jadi kelemahan teori ini adalah, bagaimana mungkin peti timah seberat 108 kilogram bisa terangkat/tergeser2 oleh medan magnet/gaya gravitasi tanpa meninggalkan bekas tergeser sedikitpun...??

It's a mystery.... =)

Anonymous said...

Dea .
@ufobeliever : hmm kalo menurut dea , bukan karena medan magnet deh , peti matinya Clark kan juga dari kayu sama dgn Mrs.Goddard tp pti mati Clark juga ikut pindah , trus bner kta Bang Tio , emang medan magnet bisa mati nyala hehehe . .

Hmm , kalo itu perbuatan org yg ga suka sama kluarga Chase kyak.a bkan jg deh , soal.nya buat apa cuma mindahin , knp ga sekalian ngerusak peti matinya aja , trus itu kan di bawah tanah n tertutup rapat , apa mungkin 8 orang bisa ada di situ dlm waktu yg lmayan lama buat mindahin peti2 itu ,kan oksigennya dikit bgt , kalo pake alat , alat apa , pastinya alat gede , gmna masukinnya , kan susah , nah tp trus kalo itu bner , knapa cuma dipindahin , ga dirusak ato di curi aja sekalian , hehe tp emang sih dicuri jg bwat apa . . Umm kan bwat bales dendam (wah udh ngawur nih dea )
Hehehehe
maaf kalo komennya ga brmutu , hehehe . . .
@kkak2 analis (such us kak Chris,MyHeart2105 , u-tell , anakkucing, dll) : cpet komen ya , pngen tau gmna analisis kka . . =)
@ka Lica :Congratz ya kak , pertamax terus . . . :D

Lica Lawliet said...

@harits, dea : hohohoho.... ya begitulah.... saya beruntung.... -u,u-v

Anonymous said...

@Dea : Saya penasaran sama pagar besi dgambar bagian dalamx.Seandaix gara2 medan magnet.Psti ikut berantakan jg.Dliat dri posisix kyk abis kena gempa bumi.Hehehe..Kasian bgt mayatx..Btw peti clark kan ad dbagian atas ya..Wjar jg klw ikut berantkn kan..Pertnyan utamax : hal apa yg bisa buat berantakan peti2 itu? (klw menjwb spiritual ya no komen)

ufobeliver

aw3ng said...

@Lica: selamat...selamat...
@bro En: ada catatan ttg dasar peti g? (wlopun kynya kurg krjaan yah, ngangkat aja berat, aplg ngliat dasarnya...heheheee....)
tp ane pnasaran bro...
@BigmaN + Ary Editor: yep, bakalan susah nyari magnet yg "on-off" kcuali elektro atw gr2 kinetik (yg ini ane g tau nama pastinya ; maap...yg jlas ky kita ngegosok plastik ke rambut dah...)
tapi klo SEMISAL beneran magnet...beuh, butuh sbrapa gede yak...???
(^_^m)

Vee Cree said...

Apakah mungkin peti2 itu bergeser karena GEMPA ???

enigma said...

@aw3ng: saya yakin dasar peti itu normal saja dan tdk ada roda atau per. Hehe. Kalau ada roda, tentu saja mereka tdk perlu mengetahui dr awal.

Anonymous said...

vandzz. said: jawaban dari peti timah memiliki medan magnet yaitu: suatu benda jika di panaskan bisa menghasilkan radiasi. dalam peristiwa ini katalisator panasnya yaitu bentuk dan bahan dari makamnya sendiri, dari batu, batu sendiri bisa menghasilkan suatu radiasi, sehingga mempengaruhi kutub dari timah, dan membuat peti jadi bermagnet. ya semuanya tergantung cuacanya jika cuacanya cerah, medan magnetnya makin kuat, jika tidak terlalu cerah maka radiasinya berkurang. dari yang saya baca kenapa peti mrs. goddart gk bergerak?
1.ya karena di tempatkan di paling pojok,
2.petinya terbuat dari kayu.

tapi ada 2 pertanyaan nih yang masih buat bingung..

1 saya lihat dari gambar, posisi peti samuel brewster yang tadinya berada di bawah peti kayu menjadi berpindah ke atas, memang bisa, seandainya bisa juga pasti membutuhkan medan magnet yang sangat kuat?(mustahil)

2. jika memiliki medan magnet, apa benda elektronik+aksesoris di sekitar makam tidak terpengaruh(jam saku, arloji, kalung, dsb)?

3. dari penjelasan di atas seadainya berpindah posisi juga, walaupun sedikit pasti akan menimbulkan suara(karena menggema) apa penduduk di sekitar makam tidak ada yang sadar?


spekulasi saya sih dari situ, tapi mohon maaf kalo ada yang salah(correct me if i'm wrong)? dan masih ada juga yang masih saya bingungin.. tapi ya gimana lagi, namanya juga misteri, kalo di dunia ini nggak ada misteri, pasti gk bakalan seru....

vandzz...

Anonymous said...

to anonymous at may 31,2010 11:15 pm

kalo timah nggak bisa di pengaruhi magnet, mungkin bagian terkecil peti tersebut belum tentu timah(kunci peti, gagang peti, baut,dll)

tapi apa benda sekecil itu bisa ngangkat peti yang harus di pikul 8 orang pria?(who knows?)

vandzz...

~YosAn~ said...

Kemungkin pertama, bisa aja gara2 sesuatu seperti "magnet" yang membuat kacau peti2 itu, sooalnya klo diliat tuh arah kepala petinya kebawah semua, seperti mengarah pada satu arah tertentu gitu..
Mungkin asal "magnet"nya bisa aja suatu mekanisme kyk gravitasi bumi ato semacam itulah yang di daerah makam sangat kuat, dibantu dengan "magnet" bulan (karena setau aku kan bulan punya gravitasi yang menarik air laut jadi pasang..)
Makanya gk mungkin pas dibenerin lsng geser sendiri kan siang2, mungkin mlm2 baru geser, dan karena itu terjadi gk dalam satu hari aj jd gesernya dikit2, hahaha..

Kemungkinan kedua, mungkin pas buka segel semennya pake palu ato mesin yang getarannya keras dan membuat satu ruangan makam geter dan menggeser peti2 itu. Karena yang berat adalah peti timah, maka lebih kuat geterannya dibandingkan peti kayu..

nb: semua yg diatas hanya suatu pemikiran yang gk tau bener ato salah, hehehe.. ^^V

Yuliasty said...

James elliot kedengaranya gak asing ditelinga. Tp aku lupa siapa dia.

Keluarga chase kok meninggal mult.padahal masih kecil2.

Sepertinya beneran hoax deh ceritanya

Anonymous said...

Mungkin lantai makam itu sedikit licin, sehingga peti2 itu bsa bergeser akibat getaran dri proses pembukaan tutup marmer / pengikisan semen ?

d'Darkspades

Anonymous said...

bang enigma,,

mana request saya tentang kematian elizabeth short ????
penasaran banget bang . .
pengen bang enigma yang bahas tentang "the black dahlia" itu . . .

aku selalu menunggu bang. . .

keep posting !!

~wahyenx666~

The Strider said...

saya kira penyebabnya adalah gempa....hmm
tapi mungkin penyebabnya memang gempa hanya saja gempa tersebut hanya terjadi di areal pemakaman itu, jadi warga sekitar tidak menyadarinya....tapi yang jadi pertanyaan adalah, emang ada gempa yg pilih kasih kaya gitu?!
hahahaaa XD

Rizal Aditya said...

Pasrahkan pada yang Illahi... hal hal Goib sapa tw bisa terjadi.... hanya saja kemampuan manusia yang tidak akan sanggup mengetahui hal goib.


"Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya. Maka sembahlah Dia, dan bertawakallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan." (Hud : 123)

Dan firman Allah dalam surat Al-Jin :

"(Dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib. Maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu." (Al-Jin : 26)

499 said...

kayakny untuk memutar posisi peti mati yang besar bagitu harus diangkat deh ndak bisa digeser aja, berarti dapat kita ketahui bahwa perpindahan peti-peti mati tersebut tidak dilakukan oleh alam.
Tapi (bwat yg penggemar misteri) mungkin saja para arwah keluarga Chase yang mencoba mengeluarkan jenasah-jenasah mereka dari Chase vault, who knows?

Anonymous said...

Luasnya berapa?? Waktu geser g nabrak petinya mrs.godard ya??

Request devil's footprint..

Anonymous said...

om enig izin kopas yang tamam shud y
soalnya mau diskusi sma temen d FB.......
^_^

I want to know said...

om enig emang lantai makamnya terbuat dari apa?

Anonymous said...

Wah dah ngantri. Urutan keberapa nih sayah..
mm.. Mr.sains bilang misterinya ada pd peti kayu yg telah lebih dulu ada.
dan mr.penyair pun mendukung teori tersebut.ia mengatakan bahwa peti kayu itulah yg menyaksikan dan tahu betul apa yang sebenarnya terjadi.sayang.. dia (peti kayu) tak bisa bicara.

Anonymous said...

Salam kenal, saya sudah lebih dari stengah tahun jadi pembaca setia blog ini, cuma baru komen sekarang.

@vandzz: Maaf sblumnya.. emang radiasi bisa bikin medan magnet? Trus bukannya klo magnet dipanaskan bukannya malah hilang kemagnetannya??

Panas membuat partikel benda bergerak semakin bebas, jadi domain-domain magnetik menjadi semakin sulit untuk disearahkan

CMIIW

cd

Zone@999 said...

aneh...ya.. ko bisa ampe gerak gt,mungkin angta keluarga yang lain peti matinya bergeser karena saking bencinya ma ayahnya....

I want to know said...

soal lantai tadi saya kira alasnya bukan berasal dari tanah y..cz sang gubernur menaburkan pasir agar jejak kaki seseorang yang memasuki makam itu keliatan.kalo misalkan
alasnya terbuat dari tanah sang gubernur tidak akan melakukan itu. kalo lantainya terbuat dari sesuatu yng licin kan. ada kemungkinan peti itu gerak karena faktor lantainya.

trus sebelum

Trus soal gempa. Menurut saya juga ada kemungkinan karena itu. cz misalkan gempa yg terjadi adalah gempa yg kedalammannya jauh di bawah permukaan bumi. sehingga efeknya hanya terasa pada sesuatu yg berada di bawah tanah.
tapi ada pertanyaan :
1. knp peti mati mrs. thomassina tdk terpengaruh?
2. knp peti yg berat bisa bergeser hanya karena beberapa getaran yg bahkan tdk terasa ke permukaan?

sya punya pendapat soal pertanyaan ini :
1.krna peti mati mrs.thomassina terbuat dari kayu.
Sya pernah denger rumah yg terbuat dari kayu lebih tahan gempa di banding dengan rumah yg terbuat dari batu bata. sya tdk tahu knp rumah yg terbuat dari kayu lebih tahan. ada yg tahu?
2.mungkin karena lantainya terbuat dari sesuatu yang licin. ini juga bisa menjadi jawaban soal kenapa tdk ada jejak peti mati bergeser. ketika gempa terjadi lantai yg licin menambah kemungkinan gerak pada peti mati (mungkin pada pasir juga begitu y?)

Tapi jika benar karena gempa. Apa ada gempa yg terjadi sampai beberapa hari?

om enig saya mau tanyaan lgi :
apa didalam makam itu ada sumber cahaya atau mungkin ada bagian dimana sinar matahari dapat masuk? soalnya dari postingan diatas kan dijelaskan "Tidak terlihat adanya jejak kaki di pasir di lantai makam."
mungkin mereka memeriksanya menggunakan lilin y. Tapi kalo menggunakan lilin sumber cahayanya kan kecil. jadi mereka harus mendekati TKP untuk mengawasi jejak kaki itu. trus bagaimana cara mereka membedakan jejak yg mereka buat dengan jejak sang tersangka makam? ( kalo emang bener ada seseorang yg "usil")
atau ada penerangan yg lebih terang lagi y?


trus soal makam itu sepertinya ribet sekali y..
pake ditutup batu besar segala trs di semen lagi. untuk apa y?
mungkin untuk melindungi makam kekasihnya yg akan dimakamkan disitu. tpi yg ada malah peti mati yg terbuat dari kayu (pati mati Mrs.Thomasina Goddard). jika memng dia melindungi makam mrs. T.G itu seharusnya peti matinya terbuat dari bahan yg lebih bagus dan seharusnya dia (sang pembuat makam) juga dimakamkan disitu dan makam itu tdk akan dijualnya. Karena saya kira:

"SESEORANG AKAN MELINDUNGI SESUATU YANG PANTAS DILINDUNGINYA"

SkyWatcher™ said...

misterius, keren dan aneh,, heuheuheu,,

SkyWatcher™ likes this!

Anonymous said...

mungkin dengan kekuatan antigravitasi..
tp gtw juga.
hahaha

Anonymous said...

Ariel 10 said...
Saya sudah pernah mendengar kisah ini tetapi tidak lengkap dengan teori pemecahan misteri.O..iya Om ngomongx2 tentang UFO saya kemarin lihat UFO yang kedua kalinya,tapi kelihatanya UFO ini cukup istimewa :kira kira pukul 5 sore ,tiba x2 hujan deras & langit berubah menjadi kuning saya penasaran kenapa langit nya kuning oleh karna itu saya melihat dari dalam rumah ,tiba x2 ada benda oval berwarna orange kemerah- merahan tapi anehnya UFO ini tidak bergerak,UFO ini seperti menunggu sesuatu, saya hanya melihatnya sebentar kira - kira (15 detik ) lalu hilang entah kemana, hah... lagi x2 maaf ya om saya tidak sempat mengambil gambar.Dan satu lagi saya melihat nya seperti melewati sebuah pusaran. "AMAZING UFO"

Neo of Thunder said...

"Nickell percaya kalau peristiwa peti mati berpindah itu sama sekali tidak pernah terjadi. Menurutnya, kisah ini hanyalah sebuah Masonic Hoax.

Maksudnya adalah, kisah ini hanya sebuah alegori yang berisi kisah mengenai ruang rahasia yang menurut teks Masonic merupakan misteri purba, simbol kematian dimana kebenaran Ilahi bisa ditemukan."
(maav copas)

saya rasa itulah satu-satunya penjelasan yang cukup masuk akal, "kebenaran Ilahi bisa ditemukan."

mengapa peti yang terbuat dari timah (yang butuh banyak tenaga untuk dipindah) berubah posisi ?
sedangkan peti yang terbuat dari kayu (yang relatif mudah dipindah) tidak berubah posisi ?

Tuhan sedang menunjukkan kuasanya, mungkin ?!
Tapi semua tergantung persepsi anda masing-masing.

(maav kalau komentarnya terlalu melebih-lebihkan)

Anonymous said...

ah itu krna magnet bumi, bner g tu bang enigma?

hige,,

Anonymous said...

seeett daah!!

NC gw,..ne metafisik atw metalica gw gk yakin bisa ikutan mikir....masa' tuh peti Mrs Goddard yg nendangin peti2 yg laen supaya nyingkir???

KraKen

Anonymous said...

hmmm aneh"...
Keren bang enigma..
keep posting.. hehe ane penasaran ama wajahny bang enigma

Obax said...

pasti ada hantunya, atau beritanya terlalu dibesar2kan.......

Anonymous said...

penjelasan yang paling logis....
kisah ini sepertinya memang sebuah HOAX

Anonymous said...

ad p'njelasan yg mungkin bsa msk d akal.
1. cuma peti mati mrs. goddard yg gg pindah tempat krn t'rbuat dri kayu sementara lain'a dri timah. org" pasti ngira cuma peti mati timah yg d incer, tpi pas jenazah clark d masukkin t'rnyata ikut b'rantakan jdi k'simpulan'a ngincer siapapun yg b'rhubungan sama chase bkn bahan kayu ataw timah.

2. berat peti chase sendiri 108 kg, gg mungkin 1 org yg ngangkat kecuali : roh halus, alam, alat, magnet. tpi kita smua taw klo peti clark dri kayu jdi magnet gugur tinggal 3 sisa'a.

3. masalah alam kyk gempa gg mungkin krn gg ad gempa d barbados selama kejadian itu b'rlangsung jdi alam juga gugur.

kesimpulan'a yg mungkin terjadi cuma 3. yaitu, roh halus, magic n HOAX !!

By : Koe-Chink

4. alat, makin gg mungkin. tmpt'a ajh kecil alat ap yg maw d masukkin.

Anonymous said...

@I want to know : that's it!
Tpi kcil kemungkinan kalau perubahan posisi peti2 itu krna gmpa bumi ataupun magnet... Menurut ak sih ini akibat dri getaran yg dhasilkan dlam proses pengikisan semen n penggeseran marmer,..
Bisa jga krna gtaran yg brasal dri jalan raya atau suatu proyek pembangunan yg biasanya menggunakan alat2 brat...
@bung Enig : apa ada bkas tertentu d lantai makam yg bsa memperlihatkan tanda2 bgaimana peti2 itu brgerak?
Bkannya udh dtaburi pasir, pasti keliatan dong...

d'Darkspades

Anonymous said...

tambah lgi;
klau lantainya trbuat dri bhan yg licin, besar kemungkinan peti2 itu brgerak karena getaran dri luar..
Misteri mengapa hanya peti Mrs. Goddart tidak brgerak pun terjawab karena GAYA GESEK YG DIHASILKAN OLEH PERMUKAAN BENDA YG TERBUAT DRI KAYU JAUH LEBIH BSAR DRI YG DIHASILKAN OBYEK LOGAM... Walaupun brat, tpi logam memiliki permukaan yg licin, jdi bsar kemungkinanya untuk bergeser karena getaran ataupun lantai makam-yg-bisa-saja-sedikit-'miring'...

d'Darkspades

enigma said...

@darkspades: soal jejak lantai, jg tdk ada informasi soal itu.

bisma said...

Bisa saja ini konspirasi..
kan katanya masyarakat pak chase tu org yg paling di benci di balbados, mungkin aja tu ulah masyarakat sekitar dan juga gurbernurnya pun turut bersekongkol....
dan mereka mengarang cerita sperti itu pada media supaya konspirasi mereka tertutupi.... (-_-)

tonz said...

orang2 sekarang suka pertamax ya daripada bensin.. minyak tanah mungkin udah ga laku lagi

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON'' ^_^

(Ni bukanx mo niru2 gayax si chris, tp hehe..q jg mo mnganalisis kcil2an..xixixi..btw,, kmaren2 lg sibuk bggtz..n mrasa da yg krg kalo gk k sini...)

1. Apkah crita ini bnar2 trjadi??
Kalo gk prnh dpublikasi blm tntu tdk prnh trjadi khan?? Mgkn crita ini mang sngaja dirahasiain...
Lgian kalo gk prnh trjadi, trus drmana crita ni brasal?? N kalo mang cm dongeng, bkankah qt hrs mikirin kmungkinan variasi cerita..krn yach namax khan dongeng..gk da smber yg pasti...
Mgkn ksaksian Nathan Lucas bs jd benar...
N knapa si pneliti gk konfirmasi aja pd pnduduk stempat?? Kjadianx khan gk trjdi beratus2 thn sblm dia??
Kalo critax jd krg myakinkan krn q rasa zmn itu blm ada kamera..so mmg gk da bukti...tp bkanx psti gk trjadi khan??
Mnurutq tu bkan hoax, krn ada skema peti2 yg brpndah sgala...n critax lumayan detil.
Jg d tmpat lain crita yg mirip2 jg ada khan? Wlwpun mgkn pnjlasanx brbeda..

2. Kira2 tu knapa yach??

1. Gempa bumi?
Rasax gk dech,, krna:
1. Kalo gmpa bumi pnduduk skitar blg gak ada.
2. Peti yg letakx brantakan cm yg punya kluarga Chase..
2. Gempa lokal d Chase Vault aja??
Mangx ada gtu gmpa lokal?? Q gk s7 ma yg blg kalo psatx dalam, trus bs gmpa lokal di Chase Vault aja, krn kalo gak slh JUSTRU kalo gmpax makin dlm n kuat,, gtaranx nyebar kmana2..bukan 'gmpa lokal' aja..

2. Peti2 itu berpindah krn adax mdan mgnet misterius..
Petix dari timah, n timah gak ditarin ma magnet, alias paramagnetik..so kayakx gk mgkn dech..
Trus seandaix kalo petix dr besi skalipun,, rasax jg gk cocok kalo magnet,, sumbrnya drmana?? Batu2 di dnding Chase Vault? Wow,,brarti daya mgnetx super kuat dunks,,shrsx ada laporan ttg besi2 yg nmpel k tanah di atas Chase Vault itu...n q br tau ada batu yg kyk gtu..taux cm yg di Yunani, magnetia, n itupun mngandung senyawa besi, ferit ato magnetit apaa gtuh..
N oya, mngenai radiasi n suhu ruangan, kykx gk da hubx dgn magnet dech..justru kalo bnda2 yg trtarik kuat dgn magnet (ferromagnetik) jd khilangan daya ferromgnetikx kalo dipanasin smpai suhu trtentu, ni namax efek Curie Temperatur..
en.wikipedia.org/wiki/Curie_temperature
(Q pake soalx)

3. Lantaix licin??
Wlwpun laintaix lcin,,brair, luas prmukaan peti yg brgesekan ma lantai khan luas,,jd kalo pke istilah fisika.. (hmm..loading..) di kls 1 SMA, artix koefisien gesekanx alias 'niu' jd lbh besar (CMIIW) n dtambh lg kykx kalo ruang nyimpan peti jnazah, pastilah lumayan datar, so rasax peti2 itu gk kan bs posisix brantakan kyk gtu..lagian utk mnggerakkanx khan prlu tenaga pndorong. Apa yg bikin peti2x brgerak kao bgtu?
Lain critax kalo itu emg sngaja didorong/dipindhkan oleh orang.

4. Aktivitas paranormal..
Kesanx sich bgitu..n bisa aja..tp kalo ada pnjlasan yg lbh bgus, mndingan pilih itu, krn yg ini msuk area 'abu-abu' xixixi...

5. Kerjaan orang yg gk suka ma keluarga Chase.

Kykx ni yg plg msuk akal. Tn Chase trkenal gak baik, katax.. Trus pelaku mau mngesankan kalo kelurga Chase itu 'terkutuk', krn wlwpun dah mninggal, seolah2 jnazah/peti mati mreka 'ditolak bumi'.
Trus gmana dia/mreka (org2 yg gk suka ma Tn Chase) melakukanx??
Kmungkinanx mnurut aq:
1. Ada jalan tmbus rahasia k makam bwh tnah itu, trus mreka braksi dech,,ngacak2 posisi peti2 mati itu..

Bersambung...^^v

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...


Smbungan ^^v


2. Peti2 itu berpindah krn adax mdan mgnet misterius..
Petix dari timah, n timah gak ditarin ma magnet, alias paramagnetik..so kayakx gk mgkn dech..
Trus seandaix kalo petix dr besi skalipun,, rasax jg gk cocok kalo magnet,, sumbrnya drmana?? Batu2 di dnding Chase Vault? Wow,,brarti daya mgnetx super kuat dunks,,shrsx ada laporan ttg besi2 yg nmpel k tanah di atas Chase Vault itu...n q br tau ada batu yg kyk gtu..taux cm yg di Yunani, magnetia, n itupun mngandung senyawa besi, ferit ato magnetit apaa gtuh..
N oya, mngenai radiasi n suhu ruangan, kykx gk da hubx dgn magnet dech..justru kalo bnda2 yg trtarik kuat dgn magnet (ferromagnetik) jd khilangan daya ferromgnetikx kalo dipanasin smpai suhu trtentu, ni namax efek Curie Temperatur..
en.wikipedia.org/wiki/Curie_temperature
(Q pake soalx)

3. Lantaix licin??
Wlwpun laintaix lcin,,brair, luas prmukaan peti yg brgesekan ma lantai khan luas,,jd kalo pke istilah fisika.. (hmm..loading..) di kls 1 SMA, artix koefisien gesekanx alias 'niu' jd lbh besar (CMIIW) n dtambh lg kykx kalo ruang nyimpan peti jnazah, pastilah lumayan datar, so rasax peti2 itu gk kan bs posisix brantakan kyk gtu..lagian utk mnggerakkanx khan prlu tenaga pndorong. Apa yg bikin peti2x brgerak kao bgtu?
Lain critax kalo itu emg sngaja didorong/dipindhkan oleh orang.

4. Aktivitas paranormal..
Kesanx sich bgitu..n bisa aja..tp kalo ada pnjlasan yg lbh bgus, mndingan pilih itu, krn yg ini msuk area 'abu-abu' xixixi...

5. Kerjaan orang yg gk suka ma keluarga Chase.

Kykx ni yg plg msuk akal. Tn Chase trkenal gak baik, katax.. Trus pelaku mau mngesankan kalo kelurga Chase itu 'terkutuk', krn wlwpun dah mninggal, seolah2 jnazah/peti mati mreka 'ditolak bumi'.
Trus gmana dia/mreka (org2 yg gk suka ma Tn Chase) melakukanx??
Kmungkinanx mnurut aq:
1. Ada jalan tmbus rahasia k makam bwh tnah itu, trus mreka braksi dech,,ngacak2 posisi peti2 mati itu..

2. Atau, mreka msuk sprti biasa lwt pintu msuk marmar,,beraksi, trus ditutup lg pake semen...dulu khan gk da kmera..so, bs aja ada yg bda ma semenx,,tp pngurus makam gak ingat,,krn mirip2 aja..ni kalo makamx (Chase Vault) jauh dari prumahan,, ato gk da yg jagain..

3. Di segel pke Segel Gubernur n dtaburin pasir d lantai, tapi fnomena itu ttp ada..
Hmm..brarti bisa aja khan, sgelx dibobol dulu, trus beraksi, pasirx dirapiin lagi atau ditaburin lg...trus segelx dibikin lg (dipalsukan). Segel Gubernur khan bs aja diamati dimana2, n pelakux dah nyiapin cara bwat memalsukan segelx jauh2 hari sblm beraksi...

Hmm..baidewei buswei, om Enig, kykx da yg kurang tpat dech, jarak kmatin Mary Ann Chase (22 feb 1808) dgn Dorcas Chase (6 juli 1812) bukan 5 tahun dech,, tapi tepatx 4 tahun lebih hmpir 4 bulan..n sprtix kalo gk salah brikutx jg msh ada ksalahan dlm pnyebutan jarak waktu antr wktu kmatian klrga Chase..

Baidewei, nice post Om Enig ^O^v


@chris: where are u?? Q skrg udh gk 'lebay' lg, trlalu pnasaran ma km..xixixi..skrg lg dlm 'CRITIS MODE: ON'..

jemon said...

Hmm....
Setelah d tutup dg semen ruangan jd Kedap udara. Gravitasi berkurang.
Apa lagi Kalau tidak ada celah sedikit pun udara utk masuk. masuk akal ngga?

Kemungkinan ke-dua Karena tukang bakso lewat.
Mungkin keluarga Chase semasa hidupnya doyan bakso. ketika terdengar samar-samar suara tukang bakso lewat jasad mereka berebut mendekati asal suara itu.
Mengenai peti Mrs. Goddard yg lebih kalem, mungkin karena almarhumah semasa hidupnya tidak doyan bakso.
Who know..

Anonymous said...

ouw gitu yaa..!!!

Bung Enigma aku mau tanya!
Bedanya Illuminati dan Freemasonry itu apa?
Bingung aku!
Tolong reply.
I see you man..

enigma said...

Keduanya organisasi yg berbeda pada awalnya. Di masa sekarang, organisasi iluminati sdh tdk ada lagi. Tapi freemasonry msh ada.

anakkucing said...

waa.. suda lama tida komen di sindang..

anu, sebelumnya saya mau tanya dunks, dan mohon maaf kl pertanyaan saya aneh yaa.. hehehehe.. ^^;
apakah ada yg tau peti mati mrs. goddard ada dimana? soalnya ngga ada di dalam ilustrasi..
menurut saya sedikit janggal apabila peti mati mrs. goddard yg dianggap krusial pada cerita tp tidak dimasukkan ke dalam ilustrasi..
ataukah saya yg kurang jeli melihatnya?
CMIIW..

Anonymous said...

lala said,,,
acungan 4 jempol deh bwt bang enigma..
penasaran juga deh sama cerita ini..
btw.. Mrs. T.G itu siapa y??
aq yakin pasti ada penjelasan ilmiah mengenai peristiwa diatas..
terlebih ada dua hal yang sangat jelas yaitu peti2 yg terbuat dari timah selalu berpindah tempat sedangkan peti yang terbuat dari kayu selalu menempati posisinya.
tapi aq g punya alibi neeh buat jelasin hhe..
qu tunggu y kalo ada kabar terbaru..
keep posting deh!!!

I want to know said...

mrs. T.G itu = Mrs.Thomasina Goddar
he..he..he... maaf y soalnya males ngetik jadi w singkat

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@lala: kalo yg km maxud pnjlsn ilmiah yg brhubngan dgn magnet kykx gak dech...soalx khan timah gk dtarik ma magnet...

Si chris blm mncul jga?? Hmm...

chikitanindya said...

bang enigmaaaaaa :D
lama gak berkunjung ke sini =.=
ak taruh linknya bang enigma di blogku yaa? boleh?
diliat aja...

Anonymous said...

lala said,,

@Myheart2105 : aq kan g bilang penjelasan ilmiahnya berhubungan dengan magnet,, lagian udah banyak yang meng-klaim hhe..
tapi yang jelas pasti ada penjelasan alam yang bisa mengungkap misteri ini yang belum dapat dicerna oleh kemampuan manusia..

@I want to know : ya aq tau Mrs. T.G itu Mrs.Thomasina Goddar, maksudqu dia itu siapa??

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Lala: so, km gak menganggap kalo kmungkinan ini adlh sabotase org2 yg gk suka ma Tn Chase sbg pnjelasan ilmiah? Ato km cuma MEYAKINI pnjelasn ilmiah non-magnet ??
Ada ide, kira2 apa gtu?? ^_^

Anonymous said...

Seandaix itu krjaan org..Ebat bgt orgx..Ruangan sempit..Petix byk + berat..Klw pke bola besi kykx jg susah krn ktrbatasn ruang

ufobeliever

aw3ng said...

e eh...teman2 sudah datang...^_^
@anakkucing, lala, Myheart: haloo...
@Myheart atw siapapun: otreh, td diliat dari "dalam ruangan"...skr kynya ane jd pny prtanyaan, tp dari "luar ruangan"...kira2 yg paling diuntungkan dr publkasi ini siapa yah...
btw...be more like chris, and be less like you, Ur self...heheheee...pissss... (^_^m)

princeoflogical said...

princeoflogic
saya baru d sini ...mencoba mensharingkan pendapat dsini..
mengenai lantai dari chase na, itu sharusna terbuat dari marmer. karna di bilang chase itu terbuat dari marmer, menurut saya pintu masuk dari marmer...tangga ke bawah masi tanah dan bagian dalam di marmerin jg. hal ini saya yakin d dukung dgn penaburan pasir d lantai. kalo lantai na dari tanah, saya kurang yakin dapat melacak jejak karna susahna pengamatan pergeseran pasir d tanah.

princeoflogical said...

melanjutkan pembahasan..maap soal na saya harus cek beberapa kemungkinan yg d ajukan d atas..
yg pertama soal gaya gesek dan lantai licin serta gempa..sperti kita ketahui dari jaman SMP bahwa gaya gesek = hasil perkalian dari koefisien gesek dengan gaya normal benda. untuk timah saya asumsikan gaya gesek 0,7 ( walau ga yakin tapi kira kira aja ) dan gaya normal peti tomas chase 1080 Newton. maka gaya dorong yg di perlukan untuk mendorong peti tomas chase adalah 756 Newton. jadi kesimpulan na
1. ga mungkin lantai licin,karna tanah maupun marmer mempunyai koefisien gesek.lain crita kalo sbelum pintu na d tutup ada yg rajin ngolesin sabun ke 1 ruangan trus lupa d bilas..
2. gempa menggerakan peti, saya rasa bisa di lewatin dlu..soal na kalo bener terjadi gempa yg menggeser" peti seberat itu saya ga bisa bayangkan dengan kondisi lingkungan d atas gua.pasti hancur brantakan.

next soal jalan tembus ke dalam chase,salah 1 alasan org membuat jalan tembus adalah
1. sebagai jalur pelarian dari mansion menuju luar jika terjadi serangan ke dalam mansion. tapi kalo lari ke chase saya bingung mereka mo kluar gmana cara toh pintu na ga bisa d geser dari dalam.
2. sebagai tempat persembunyian saat terjadi kondisi alam yg merugikan ( badai, gempa etc ). tapi di lihat dari alasan awal ga mungkin jg tempat persembunyian jauh dari rumah utama.
3. nah ini yg paling ga masuk akal ada jalan tembus. MASA jALAN TEMBUS MENUJU KUBURAN ?..kalo ke gudang anggur or whatever lah yg lebih gede dan berisi benda berharga masi masuk akal...but " kuburan " ??..masalah na yang bangun itu org luar dan tidak ada hubungan na dengan keluarga chase bahkan tidak merencanakan menjual kepada keluarga chase.jadi npasti awal na tidak ada niat buruk dalam pembuatan.

btw saya termasuk penggemar berat om enig. keep your spirit om!!..^_^ V

princeoflogical said...

penelitian lebih lanjut saya mendapat data dari org yg pernah k sana mengatakan

"I found I was in a small arched room approximately 12 ft by 6-1/2 ft.The height of the vault at the top of the arch was at least 6-1/2 ft., Family Crest on Chase Vaultif not somewhat higher. The back wall was constructed of rock and mortar; the side walls from the floor across thearched ceiling wereofbrick and mortar. The floor appeared to be the same type of stone as the outside of the vault. Inside was only someleaves and a few roots growing down the back wall. "

dari data di atas dapat di ketahui lantai terbuat dari batu.
vault tersebut jg hanya 2kaki jarak na dari permukaan tanah.
dugaan yg dapat saya berikan adalah karna ada banjir yang masuk.dugaan ini di perkuat beberapa hal:
1.ukuran ruangan yang kecil tidak memungkinkan peti untuk org dewasa berputar 180derajat secara horizontal.kemungkinannya adalah dia berputar secara vertikal.hal ini jg menjelaskan kenapa peti peti bisa menghadap arah yang lain dan knapa peti bisa saling tumpang tindih.
2.kelapukan luar biasa pada peti mrs.Goddard.dalam rentang waktu 1807 - 819 kayu dalam ruang terbuka d mana haya terdapat sedikit bakteri maupun mikroba pengurai dapat lapuk luar biasa. penyebab kelapukan adalah basah karna air.
3. jika di sebabkan oleh air yang masuk maka kondisi pasir tidak akan berubah sama skali

beberapa fakta untuk mmperjelas :
1. kalo karna banjir atas air memenuhi vault maka peti timah akan berputar karna titik berat peti tidak di sentral tapi condong ke salah satu sisi, hal ini yg dapat membuat peti berputar putar.
2. untuk kasus pertama dimana hanya peti mrs.Goddard di dalam vault. peti tidak berputar karna walau titik berat peti tidak seimbang tapi bahan peti( kayu ) akan mengambang dalam air sehingga tidak akan berubah posisi, mungkin bergeser dikit tapi tidak berbalik.masalah na jika peti bergeser bahkan 20 cm apa ada yg sadar ? saya rasa walau bergeser dikit atau pun berputar dikit tidak ada yg akan sadar. hal ini jg menjawab pertanyaan knapa peti mrs goddar pas kasus terakhir tidak berubah.karna dia mepet tembok!.tidak ada ruang untuk berputar secara horizontal.
3.knapa peti kayu pada kejadian terakhir bisa d bawah. mnurut saya analogi ceritana adalah ketika air sudah masuk sebagian peti samuel brewster menimpa peti kayu sehingga peti kayu terendam k bawah.ini adalah faktor kebetulan.

jika asumsi saya benar maka beberapa pertanyaan lanjutan bwat Mr.i kita..^_^ :
1.darimana datang na air? apa dari atas ? atau dari bawah?
air datang dari atas mungkin di karna kan jarak vault tersebut 2 kaki sehingga air pasti masuk jika hujan. tapi kmana kluar na air ?..smua lantai dari batu..
jika air dari bawah apakah ada saluran air bawah tanah yang mengalir d bawah vault?

tolong bantuan na ya om smuga dengan hal ini kita bisa selesaikan 1 misteri kita
TQ.

sansan said...

bang..,
tolong jg dibahas kejadian yg sama di dua tempat berbeda it
ap ada kesamaan perpindahan posisi peti mayat
mungkin bs kita dapatkan penjelasan jika semua dibahas

asumsi saya skg ini adalah hoax...,

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON'' ^_^

@aw3ng: haloo jg ^O^

''btw...be more like chris, and be less like you, Ur self...heheheee...pissss...
(^_^m)''

xixixi, b'coz I'm in ''CRITIS MODE: ON'',, b'coz I believe I have ability too that need to be explored, n b'coz chris likes me much better in 'Critis mode: on'..that's why..

Mngenai yg ttg 'diluar' Chase Vault, syapa yg diuntgkan??
Hmm..mstikah pke kata 'mnguntgkan' ? Kecwali kalo km nganggep 'revenge' adlh bntk keuntgan non-uang,,so yes, aq s7 ajah..tujuanx adlh bls dndam kpd Tn Chase n kluargax...

Atau?! do u think like I'm thinking now??
Itu SENGAJA dlakukan utk menakuti2 keluarga yg anggotax dmakamkan dsana, agr sgra MENYINGKIR dr sana, krna...dsana ada HARTA KARUN!! Who knows? So, yg ini bnar2 'mnguntungkan'!! Atau bs jg dblg, 'smbil mnyelam mnum air' ^_^

What do u think??

@princeoflogic: haloo,, welcome yach ^_^
Wow, analitis! Q suka ^_^
1. Km nganggep lantaix dr marmar jg..n b'argumen kalo peti2, khususx yg plg berat, peti Tn Chase, gk bs dgerakin dgn mudah,, n ini kykx ngbntah kmgkinan gmpa bumi yg jd pnyebabx.

Q jg s7 kalo gmpa bumi BUKAN pnyebbx,, tp q pnya pndpt pndpt beda mngenai lantaix..tp pd akhirx gk trlalu masalh seyh,, mnurutq lntaix bkan marmar, tp tanah kering yg dipadatin, dr gmbr kykx terlihat,,
Prtnyaanx adlh,, kalo lntaix tanah, so naburin pasir jd sia2 dunks, khan wrnax sama, so gk kliatan/gk ngaruh dech!!
Jwbnx, NGARUH, kalo pasir yg ditaburin adlh pasir PUTIH...q bc dari site smberx wikipedia, ini:
www.dexterdyne.org/402.HTM

Nah, logikax, kalo lntaix yg lumayn lcin kyk marmar aja, udh sulit mnggerakkn peti2 itu, pa lg yg lantaix tanah biasa, pasti lbh sulit lg..krna koefisien gsekanx pasti lbh bsar, n gaya yg diprlun pasti lbh besar..so, gk mgkn bnggtz deh biang kladix gmpa bumi...

2. Soal jalan tmbus, tu adlh slh 1 kmgkinan aja,, n spertix emg bkan, soalx ada laporan yg blg kalo batu2 d dndg dah diketok2 (dperiksa) ma tkang batu (mason?,,xixi..q hpl bnggtz gayax chris :D ),, n ksimpulanx gk da jalan tmbus,,ups..tnggu dulu,...
KECUALI...laporan tu salah ato palsu, so kmgkinan jalan tmbus msh ada. Nurut aq, shrsx lgsg dikonfirmasi ajah sm yg ngebuat Vault itu, si James Elliot n rekan2x..pa bner tujuanx cm bkin mkam 'exotic' ajah, ato ada tujuan lain gtu?? Tp kalo da rhsia d dlmx mana mau dia ngaku? So, prlu dslidiki jg keluarga or rekanx yg lain...

Q curiga, jangan2 si James Elliot jg anggota Mason, yg nyimpan rhsia Mason dlm vault kreasix,, khan dia jg bs dblg tkang batu??
N syapa yg blg ni hoax? Sprtix yg prtma kali yg blg ni hoax (Joe Nickell) jg anggota mason, n gk mau rhasia mreka trungkp, so diblg hoax...

Brsambung...^_^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON''

Smbungan...^_^v


3. Msih soal jalan tmbus, q rasa, qt gk bleh BURU2 blg kyk gini:

''nah ini yg paling ga masuk akal ada jalan tembus. MASA jALAN TEMBUS MENUJU KUBURAN ?..kalo ke gudang anggur or whatever lah yg lebih gede dan berisi benda berharga masi masuk akal...but " kuburan " ??..masalah na yang bangun itu org luar dan tidak ada hubungan na dengan keluarga chase bahkan tidak merencanakan menjual kepada keluarga chase.''

Blajar dr tulisan2x Om Enig n kmen2x Chris, q ngmbil plajaran bhwa qt hrs memandg msterix dr SEGALA SISI..selalu ada sisi yg lain...

Taukah km? Km sdg melewatkan sswatu yg pntg krn brpkir dr 1 sisi ajah??

''MASA jALAN TEMBUS MENUJU KUBURAN ?..kalo ke gudang anggur or whatever lah yg lebih gede dan berisi benda berharga masi masuk akal...but " kuburan " ??..''

Dari sisi yg lain:

1. Qt gk bs memastikan bgtu sj kalo dsana GAK ADA bnda brharga, hnya krn itu adlh kuburan bwh tnah. Mgkin2 aja khan kalo dsana mmg dsmpan sswatu yg BERHARGA?? Olh syapa? Olh yg bikinx q rasa, James Elliot, dkk.

2. Justru kburan jd tmpt plg bgus bwt nyembunyiin 'harta karun', soalx kbnyakan org akan mikir kyk km..

N yg ini:

''masalah na yang bangun itu org luar dan tidak ada hubungan na dengan keluarga chase bahkan tidak merencanakan menjual kepada keluarga chase.''

Bner bnggtz,,n trnyata jasad si pmbuat Vault ini gk dkuburin dsini khan? Hmm..jd bwt siapa? Khan klrga Chase gk mesan khusus, dibeli blakangan hari..
Mnrtq ini myiratkan kalo vault itu emg sngaja dbngun tp TUJUAN AWALX bkan utk makam,, namax aja 'VAULT' artix khan 'KUBAH' ato sjenisx, knapa gk pke kata 'TOMB' aja yg jelas2 artix 'kuburan'..

N knapa dijual kpd klrga Chase??
Krna:
1. Klrga James Elliot or org2 yg brknspirasi dgnx, GAK PUNYA PILIHAN lain. Krna kalo gk djual, justru TERKESAN ANEH bg org2 khan? nanti org brtanya2 : kok gk mau dijual? Knpa seyh? Emgx kuburan tu isix apa seyh?? N org2 bs curiga..

2. Klrga Chase adlh klrga yg kaya, so kalo djualpun gk kan rugi..

3. Tn Chase trkenal kejam n dibenci org2..so, ni bs jd alasan plg rasional bwt mngesankan bls dndam org2 yg bnci pd Tn Chase..pdhal sbnarx 'smbl mnyelam minum air'.

Tujuan akhirx adlh dgn menakut2i dgn fnomena peti2 jnazah brpindah2 ini, adlh peti2 itu hengkang dr Vault itu,, so Vaultx kosong lg...'Harta karun' yg mgkn prlu wktu lama mngmbilx dr Vault itu, bs sgra diambil krn pnya bnyk wktu...

xixixi...ni cm teori aja koq,..membuka smua kmgkinan...

Mngenai gmana org2 ngacak2 posisi petix,, mgkn dlakukan bbrapa org dgn mggunakan alat, dgn prinsip tuas or bnda miring..yg pntg yg bs memudahkn, n itu bkanx gk ada khan??

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON'' ^_^

@princeoflogic: so, km mngajukan teori bnjir yach?? Erm,,tp msh 'trbntur' ma apa yg m'nybabkn bnjir...q suka cr km pnjelasan km..mirip2 gayax si Chris ^_^, ato,, OMG! Kamu chris?? Djwb yach..^_^

Ok, wlwpun bgtu, q gk spndpat ma km..
Selain blm ada pnybb bnjirx knapa, jg krna ini:

1. Kalo nurut aq seyh,, kykx James Elliot dag mkirin matang2 gmana carax agr vault bikinanx gk kmasukan air..

2. Pintu marmerx dah disemen, kykx kcil bggtz kmgknan air bwt masuk dr celahx...

3. Kalopun ada air hjan yg mrmbes dr prmukaan k dlm vault, kykx kmgkinanx jg kcil, tanahx q rasa psti dah dplih yg bgus n pdat n tdk ngermbesin air..lgian kalo ngrmbes jg, gk mgkn rasax bs mggenangi makam n mngangkat peti2 yg lmayan berat2..plg cm bcek ajah...

4. Kalo pun dianggp krn bnjir, minimal ada becek d lntai, tnda2 bkas air mnggenang, n d peti kykx akan ktemu lumpur ato mnimal ktoran2 yg nempel...n ini psti udah trdteksi ma org2 yg mnyaksikan pmakaman...nyatax gak da ksaksian ttg ini khan??
Trutama, siapa tuch, yg jarak antar pmakamanx cm krg lbh sebulan? Ohya antara pmakaman Dorcas Chase dgn Tn Chase sndiri,, kalo emg krn bnjir,, brarti tnda2 bnjirx msh jelas bnggtz khan??
Ato ada crita yg bs dprtggungjwbkan kalo sblm pmakaman Tn Chase ada bnjir besar ato hujan lbat brhari2 d areal pmakaman itu..
Nyatax gak da khan??

5. N ini pamungkas..

(Sory q pke hp neyh, jd link wikipdiax ada 'm'x)

en.wikipedia.org/wiki/Christ_Church_Parish_Church

Chase Vault brada di areal pmakaman Christ Church Parish, n sejak pmbuatan Vault smpai dkosongin GAK PERNAH ADA BANJIR, bnjirx cm ada skali, thn 1669, jauh sblm Vaultx dbngun (1724)...
Ni kutipanx:

''The original Parish church structure was built in 1629 and was located near Dover Beach. In 1669 the church was destroyed by a flood, which scattered coffins and bones from the church cemetery across the beach.''

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Waduh, Chris blm mncul jg??
Lg sbuk bnggtz yach??
Mhs kdoktran, 22 thn, akhir2 nie sibuk, erm,, ko-ass??

Chris km lg ko-ass yach?? Reply dunkz...

ko-ass yg plg sbuk mnta ampun: kalo bkan ko-ass intrne, ato anak ato anstesi ato obgin,, (xixixi..ni kt tmanq loch yach...^.^v)

Yawda dech,, kalo km bc ini tlg dibales yach,,^_^

Anonymous said...

kapan ya Bro Enigma posting monster danau lg atau perkembangan penyelidikan mokele mbembe?
ditunggu bgt!!

Gie said...

Sayangnya dulu blum ada CCTV....
Padahal, coba saja di Jaman sekarang utk mengubur orang di situh, dan pasang CCTV....

ACEBF100 said...

kalo karena medan magnet bumi mungkin nggak ya soalnya yg nggak pernah geser itu peti matinya MS.Goddard yg terbuat dari kayu dan yg lainnya terbuat dari timah

anakkucing said...

oh sou.. *baru membuka2 sumber berita*

wah, sudah banyak teori yg dikemukakan..

tp menurut saya, ada yg sedikit hal dilupakan disini, yaitu peti mati timah pertama atas nama Mary Ann Maria Chase yg dimasukkan TIDAK TERJADI APA2..
keanehan baru terjadi setelah masuknya jenasah keluarga chase yg kedua, yaitu Dorcas Chase (yg katanya meninggal karena bunuh diri, mungkin ini untuk menguatkan teori paranormal activity)..

oh ya, peti mati tersebut tidak hanya sekedar bergeser dari posisinya..
pada saat pemakaman thomas chase,
"According to reports, Mary Chase's casket was thrown from the north-east corner of the vault to the opposite corner such that it was standing on end, head downward"
di situ dilaporkan bahwa peti jenazah Mary Chase bukan hanya sekedar bergeser, tapi terlempar ke seberang dan dengan posisi yg tidak wajar, yaitu berdiri dengan kepala menghadap ke bawah..

wow, saya rasa, peti jenazah dari timah, walaupun kecil, pasti tetep berat tuh..
dan suatu kondisi yg mustahil dilakukan apabila hanya sekedar lantai licin karena terbuat dari marmer atau permukaan lantai yg miring..
lagipula, hal ini tidak menjelaskan knp peti mati mary chase pada saat dimakamkan pertama sekali tidak terjadi apa2..
dan peti mati mary chase yg tidak bergeming ketika dimasukkan pertama sekali juga menutup kemungkinan adanya medan magnet..

soal gempa, setuju dengan princeoflogical, dengan kekuatan gempa yg bukan sekedar menggeser, tp membolak-balikkan peti mati seberat itu, seharusnya keadaan sekitar sudah hancur brantakan.. gempa bumi lokal? hanya di sekitar makam? hmm????
bagi saya, kemungkinan ini dicoret..

soal banjir, menurut saya, bisa dicoret juga..
kl disebabkan banjir, pertanyaan saya adalah banjir apakah yg mampu membolak-balikkan peti mati seberat 100 kg? kl gelombang tsunami atau banjir bandang sih saya percaya..
tp, banjir bandang atau tsunami tsb apakah hanya terjadi di dalam makam dan berkali2? hmm, kurang logis sepertinya..

CMIIW dan bersambung.. ^^

anakkucing said...

..sambungan..

@myheart2105, "N knapa si pneliti gk konfirmasi aja pd pnduduk stempat?? Kjadianx khan gk trjdi beratus2 thn sblm dia??"

kejadiannya terjadi beratus tahun yg lalu kok..
mr. nickell meneliti tahun 1982, sedangkan kejadiannya terjadi tahun 1807 - 1820..
dan sudah mencoba mencari lewat sumber yg lebih kredibel yaitu koran..
eniwei, i love the way you think like this: "1. Ada jalan tmbus rahasia k makam bwh tnah itu, trus mreka braksi dech,,ngacak2 posisi peti2 mati itu.."
so out of the box and full of imagination! kereeeeen..
dan saya setuju, jalan rahasia dari makam bukannya tidak mungkin dilakukan.. bisa saja dan sah2 saja.. yg namanya jalan rahasia, ya harus berbeda dari jalan rahasia kebanyakan dunks, yg kalo bisa tidak ada seorang pun yg berpikir jalan rahasia itu ada disitu..
apalagi kl alasan jalan rahasia itu adalah harta karun, wow..

tapi perlu dilihat tujuan didirikannya jalan rahasia itu..
kalau jalan rahasia itu adalah jalan menuju harta karun, maka sudah jelas pelakunya adalah pembuat makam tersebut, yaitu james elliot..
tp menurut saya, bukankah sangat aneh kl dia membuat makam sebagai t4 menuju harta karun tersembunyi dan kemudian menjualnya kepada orang lain? lalu makam tsb diacak2 supaya ngga ada yg berani mendekat dan harta karunnya bisa dia miliki sendiri..
hmm, istilahnya bukan sambil menyelam minum air, tp sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui.. karena selain dapet uang dari penjualan makam, dapet juga harta karunnya..
hmm, imajinasi yg ekstrim..terlalu ekstrim saya bilang..
karena terlalu beresiko bukan?
1. jarak penjualan dengan kejadian terlalu jauh.. puluhan tahun.. bahkan james elliot sudah meninggal kala itu..
2. kenapa dilakukan tidak sejak dimasukkan jenasah pertama, kenapa mesti jenasah ketiga? apakah supaya lebih dramatis?
dan pada tahun segitu, adalah hal yg ngga aneh kl ada kuburan yg ngga mau dijual.. knp? ya namanya juga kuburan, bukan peti emas..
kuburan itu kan sakral, apalagi kalau konsepnya kuburan keluarga seperti itu..wajar kl kuburan yg uda dibangun dengan indah ngga mo dijual..

tp kalau jalan rahasia untuk melarikan diri dan bukan merupakan jalan masuk ke mansion, oke..

tp untuk yg ini:
"2. Atau, mreka msuk sprti biasa lwt pintu msuk marmar,,beraksi, trus ditutup lg pake semen...dulu khan gk da kmera..so, bs aja ada yg bda ma semenx,,tp pngurus makam gak ingat,,krn mirip2 aja..ni kalo makamx (Chase Vault) jauh dari prumahan,, ato gk da yg jagain.."
saya kurang setuju..
yah, kl merusak segel dan semen, memang gampang.. tp menyegel kembali dengan semen, itu yg sulit dilakukan dengan rapi dalam waktu singkat tanpa ketahuan orang lain karena pengerjaannya yg ribet..

CMIIW dan bersambung lagi.. ^^;

anakkucing said...

...sambungan...

tp ntah kenapa, bagi saya teori nickell yg mengatakan kisah tersebut hoax terasa lebih masuk akal..
its a kind of urban legend..
informasinya hanya berasal dari satu orang saksi..
foto2 juga tidak ada, hanya ada beberapa ilustrasi yg juga menurut saya kurang meyakinkan..
memang banyak literatur yg menceritakan hal tsb, tp yah karena tidak bisa dipastikan juga sumbernya dari mana, menurut saya meragukan..
dan yg membingungkan, kalau memang sampai peristiwa ini menarik perhatian org nomor satu di daerah itu, yaitu sang gubernur, kenapa tidak ada satu surat kabarpun yg memuat cerita ttg itu? apalagi pembongkaran segel makam pada tahun 1820 adalah atas perintah gubernur..
seharusnya jadi santapan empuk media massa..
memang ceritanya detil, lengkap dengan ilustrasi, tp seperti pertanyaan saya sebelumnya, kenapa di dalam ilustrasi manapun tidak digambarkan posisi peti mati mrs. goddard?
bukankah itu termasuk krusial?
mungkin yg lain tidak merasa terganggu karena toh peti jenazah mrs. goddard tidak bergerak sama sekali.. tp bagi saya itu cukup janggal, karena termasuk penting untuk bumbu cerita.. seharusnya digambarkan untuk melihat dengan jelas posisi dimana peti mati mrs. goddard tsb..

atau, kalaupun bukan hoax, teori yg mungkin adalah poltergeist atau paranormal activity..
(*huahauhua, ini teori kl saya lagi males mikir.. :p)

@aw3ng, halo juga.. ^^
dan yg paling diuntungkan dari publikasi ini adalah penguasa daerah tsbt.. karena t4nya jadi objek wisata, tentu saja menambah devisa..
karena itu saya pikir ini hanya sekedar urban legend..

CMIIW dan tanpa sambungan.. hehehehe..

princeoflogical said...

hahah..saya bukan crist..nama saya sammy..salam kenal everyone

menlanjuti pendapat myheart, saya sendiri pun agak berat mengangap banjir datang dari atas. saya sendiri cenderung menganggap air masuk dari bawah.ataupun samping.ada 2 hal yg saya khawatirkan :
1 air tanah pada suatu moment tertentu dan karna sebab tertentu naik sampai memenuhi vault. hal ini mungkin di sebabkan ada na sejumlah besar volume air dengan debit yg kencang mengalir melewati vault. soal bekas kotoran and de el el na saya rasa kalo berasal dari tanah ku rasa bersih karna air tanah emang paling bersih kan?.jadi mst d confrim dlu d bawah vault atau sekitar vault ada ga jalur air tanah.
2.teorema banjir kedua saya agak lemah.tapi saya bilang jg de.air datang di sebabkan proses pasang surut air laut!!!..hahah..saya jg ktawa sih nulisna..tapi bukan berarti gada kemungkinan.vault terisi air bersamaan dengan proses pasang surut air laut.2x shari.salah satu bukti yg saya teguhkan knapa sih milih banjir jadi faktor utama adalah kondisi peti kayu yg lapuk luar biasa.hal ini di sebabkan oleh kadar kelembaban yg tinggi.

soal harta karun ia?..itu mungkin..tidak tertutup kemungkinan ada na harta terpendam dalam vault itu. masalah na adalah keberadaan peti tersebut,
1. d dalam peti mati : pencarian di dalam peti mungkin sebab ada kemungkinan mayat d taro dalam peti dgn sjumlah besar harta emas dan logam laen na..tapi dari story kita dapat cerita bahwa " tidak ada barang yang hilang stelah d periksa kluarga chase"..jadi ga mungkin dalam peti
2. dalam tembok dan bangunan vault tersebut : ini paling mungkin.tapi knapa tidak ada bekas perusakan dalam bangunan?pasti org" akan sadar jika ada batu atau lubang besar dalam vault.pencarian harta dalam tanah mst membongkar bongkar tanah dan batu.jadi masi mungkinkah?

soal ada na jalan tembus..memang ak miss tentang hal itu dan terlalu memaksakan teori banjir.soal dari sejak baca crita awal da kpikiran na banjir trus ^_^
tapi bole lah ku bahas dikit.kalo emang ada jalan tembus ke dalam vault maka kemungkinan terbesar pintu 1 na lagi berada di dekat sang pencipta vault.mungkin perlu d cek lagi latar belakang james elliot kita yg hebat.
mendengar nama elliot agak de javu aku,sperti berhubungan dengan seseorang laen tapi ak lupa sapa yg pake nama eliot lagi.
kalo memang ada pintu masuk k dalam vault maka posisi na akan jadi masalah.tolong kasi argumen ia.
lagi pula jika memang seseorang masuk dan memindahkan peti dengan alat ada 2 hal yg kpikiran sama aku :
1. apa mungkin kira kira 8 org masuk vault dengan pintu utama tertutup.bagaimana dengan kadar oksigen dalam vault?cukup untuk bernapas?apa lagi untuk bekerja..membutuhkan banyak oksigen.
2.jika org bekerja maka suara na masa ga kdengeran.apa lagi dalam ruangan batu.stidak na ada gosip gosip hantu lah d situ yang berkembang.ap lagi d kerjakan dalam tanah.waktu smp kan kita tau penhantar bunyi terbaik adalah benda padat.
soal ini merupakan urban legend..saya masi fifty fifty ia tapi trus mencari penjelasan yg logic..heheeh...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Waaa...gk bs tduuur!! Tgas2 mnumpuk! Pusiing... >.<
Tp ttp trglitik bwt ngelirik blog ini, n akhirx gk nahan postng kmen..xixixi :D
''CRITIS MODE: ON''
Waah,, mkin seru yach...^^v

@anakkucing:

''keanehan baru terjadi setelah masuknya jenasah keluarga chase yg kedua, yaitu Dorcas Chase (yg katanya meninggal karena bunuh diri, mungkin ini untuk menguatkan teori
paranormal activity)..''

Kalo skilas emg kliatanx bgtu, tp kalo pke teori 'revenge', emg itu yg dihrpkn olh plakux,, biar ksanx 'kutukan' gtu...

''kejadiannya terjadi beratus tahun yg lalu kok..mr. nickell meneliti tahun 1982, sedangkan kejadiannya terjadi tahun 1807 - 1820..dan sudah mencoba mencari lewat sumber yg lebih kredibel yaitu koran..''

Yups bner bnggtz, yg aq maxud dgn 'bratus2 thn' adlh emg bner2 beratus2 thun, kyk 400,500 thn, maxudq jarakx jauuh bggtz dgn pneliti...Shgga tdk memungknkan bwt pneliti mlakukan wawancara lgsg dgn saksi mta, ato org2 yg mnyimpan cttn mngenai kjadian itu..(n baidewei, mulaix misteri ini bkan thn 1807 loch.., tp 1812 saat Tn Chase mau dmakamkan)
N 'pneliti' yg q maxud awalx emg bkan mr.nickell,, tp Sir J.E Alexander yg mnulis bukux msh SEZAMAN dgn kjadian itu (1933) n jg Andrew Lang (1907), sharusx mreka MENGEKSPLOR LBIH LANJUT bkti2 yg mnegaskan kjadian itu, spt wawancara dgn saksi2 mta,,mndokumentsikan pngakuan mreka, mnctat idntitas mreka, shgga dpt dilacak kmdian hari..
Sngt dsayangkn Lang mncari bkti2 pristiwa itu mlalui surat kbr,,pdhal kalo nurut aq neyh, dia harusx lbh aktif TERJUN KE LAPANGAN, ngumpulin fkta2/bukti2 lgsg dr smbrx,, org2 Barbados, kalo bs yg ngaku jd saksix...ato kluarga dr saksi, ato jg mndkmentsikan cttn2 sksi mgneai pristiwa itu...



Brsambung...^.^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Smbungan yg bgn 2..

''CRITIS MODE: ON''



Slain usaha mreka (J.E Alexander n Andrew Lang) yg GAK EFEKTIF,,prtnyaan yg mncul bgqu adlh...
1) apkh krn Lang TDK brhsil mnemukan britax d koran, lntas qt prcya bgtu sj kalo kjadianx GAK PERNAH TRJADI?? Gak khan, soalx kmgkinan Lang melewatkan britax msh ADA.
2) kalopun seandaix Lang ckup tliti, n gk mlewatkan britax sdktpun, artix emg gk da britax d koran,, q rasa msh sah2 aja,, krn pd zman itu Barbados msh dlm bntuk koloni Inggris,, yg mgkn pers n prcetakanx blm smaju Inggris. Maxudq koranx gk trbit tiap hari, kmgkinan bsar trbit mgguan ato dwimingguan,,n itupun kykx cm bbrp hlmn, n lmayan tipis jk dbndgkn koran skrg..n tntu dgn kpasitas sgtu, brita yg dmuat DIPILIH mana yg bner2 LAYAK MUAT (Worthed) bwt dbaca, kyk brita politik, ekonomi, agnda kgiatan, iklan, dsb. So kykx msteri2an kyk Chase Vault krg worthed bwt dmuat,,krn gk da manfaatx..kira2 gt..
Oya, q bc2 d intrnet kalo d Amrik zman kolonial abad 18-19 koranx emg trbit dwimgguan, n hlmanx gk bnyk..tp lp bc dmana..>.<, kykx Barbados jg gk jauh bda lah...
Ni contoh surat kbar Brbados yg abad 18:
www.candoo.com/projects/page1.gif
www.candoo.com/projects/page4.gif


Trus ttg pndapt yg blg ni HOAX, oya si Joe Nickell, cb bc tlsan om Enig ttg itu:

''Nickell percaya kalau
peristiwa peti mati berpindah itu sama sekali tidak pernah terjadi. Menurutnya, kisah ini hanyalah sebuah Masonic Hoax.
Maksudnya adalah, kisah ini hanya sebuah alegori yang berisi kisah mengenai ruang rahasia yang menurut teks Masonic merupakan misteri purba, simbol kematian dimana kebenaran Ilahi bisa ditemukan.
Nickell menghubungkan kisah peti mati berpindah dengan misteri harta karun pulau Oak yang juga dipercaya sebagai Masonic Hoax lainnya.''

Knapa qt harus prcaya dgn pndptx??
Pndptx yg mgtakan ini hoax, jg TIDAK BERDASAR sm skali, maxudq GAK ADA BUKTI2 yg kokoh, kalo ini hoax...
Kata kuncix: ''PERCAYA'' dlm klmat ini:
''Nickell PERCAYA kalau
peristiwa peti mati berpindah itu sama sekali tidak pernah terjadi.''
So, dia jg mnerka2,, sm skali GAK MNYUGUHKAN fkta2 yg tdk trbntahkan kalo itu hoax..tptx itu CUMA PNDAPAT dia aja...
N brhubung dia org yg SKEPTIK thdp pristiwa2 paranrmal (en.wikipedia.org/wiki/Joe_Nickell), wajar2 aja kalo dia blg pristiwa Vault Chase adlh hoax..

Yg anehx mnurutq slain gk mmberikan bkti2 yg myakinkan bwt teori hoax-x, dia JUSTRU mngutip prktaan Nathan Lucas yg mrupakan (pngakuan/kata2) SAKSI pmbukaan Chase Vault yg trakhir kalix (1820) ats printah Gubrnur Brbados!

Kalo dia (Joe Nickell) jg mndsrkan teori hoax-x dr 'tidk dtemukanx brita ttg 'moving coffin' di Chase Vault' itu d koran2' Brbados saat itu, ato bnar2 PRCAYA AJA ma hsl pnelusuran Andrew Lang,, so aq blg: SAYANG SEKALI!! Alasanx? Udh aq jelaskn di ats..

Next,, mngenai syapa yg diuntgkan dlm pristwa ini, q rasa GAK brhbungan sm skali dgn pariwsata wlyah itu,, krn kalo ya, brarti sm aja blg Gubrnur Brbados turut brskongkol ats konspirasi hoax ini,, ato plg tdk MNCEMARKAN nama baik Gubrnur atas hal yg tdk dlakukanx..
Lgpula, saat itu Brbados msh dlm bntuk koloni Inggris, msak iya seyh, org2 zman itu udh mkirin pariwsata sgala..mrdeka aja blm tau kpan..xixixi..so, kykx mnrtq pribadi alasanx gak bnggtz dech,, tu knsekuensi kalo nganggep ni adlh hoax...

Brsambung...ke bgn 3^.^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Smbngan...bgn 3^.^

@anakkucing:
''hmm, imajinasi yg
ekstrim..terlalu ekstrim saya bilang..
karena terlalu beresiko
bukan?
1. jarak penjualan dengan kejadian terlalu jauh.. puluhan tahun.. bahkan james elliot sudah meninggal kala itu..''

Hmm..ekstrim gk msalah...q cm mau mngmbgkan sgala kmgknan yg ada SJAUH MGKIN...think out of the box..selalu ada sisi yg lain ^.^v

Jarak pnjualan dgn kjadian gk mslh, krn sptx rahasia yg dkubur dsana mmg prlu tmpat yg aman, n BELUM SAATX dibuka..
James Elliot mninggal pun jg gk mslh,, krn msh ada rkan2x ato kluargax yg msh mnjga rahasia itu...

''2. kenapa dilakukan tidak sejak dimasukkan jenasah pertama, kenapa mesti jenasah ketiga? apakah supaya lebih dramatis?''

Bukan. Itu spaya cocok ajah, spaya ksan 'revenge' or 'kutukan'x muncul...n itu mnyembunyikan tujuan yg sbnarx...keep the secret safe..n mgkn stlh bbrpa thn mreka (mason, knsipirator) mmutuskn utk prlu mngmbil/m'bongkr 'rahasia'x dr dlm Chase Vault,, trus mreka bkin taktik bwt 'ngusir' peti2 mati2 dr sana...krna akn mgganggu pkerjaan mreka kalo peti2 itu ttp ada dsana...

''dan pada tahun segitu, adalah hal yg ngga aneh kl ada kuburan yg ngga mau dijual.. knp? ya namanya juga kuburan, bukan peti emas..
kuburan itu kan sakral,
apalagi kalau konsepnya
kuburan keluarga seperti
itu..wajar kl kuburan yg uda dibangun dengan indah ngga mo dijual..''

Kburan keluarga? Maxud km James Elliot bkin Vault itu utk kburan kluargax?? Om Enig gk da ngejelasin yg itu loch..lgian, James Elliot or anggota kluargax aja GAK ADA yg dmakamkan dsana khan?? So, mnurutq emg tujuan awal pmbuatanx BUKAN utk djadikan makam...

N bkanx vaultx akhirx DIJUAL jg ke kluarga Chase?? Ksimpulan GAK MAU djual dtg drmana??
Dbngun dgn indah?? Kalo nurut aq seyh, aq nganggepx gk indah, but it's OK,, prsepsi org bda2..^^v

Next: (gayax chris bggtz neyh.. :D)

''kl merusak segel dan
semen, memang gampang.. tp
menyegel kembali dengan semen, itu yg sulit dilakukan dengan rapi dalam waktu singkat tanpa ketahuan orang lain karena pengerjaannya yg ribet..''

Aq rasa org yg 'nekat' mlakukan 'knspirasi bsar' ini bkan org smbrangan, tp mnguasai ilmu tknik. Kalo emg niat, q rasa mreka dah mkirin tknik yg dpakai smpai sdetil2x..so, kalo rncana/prsiapan dah mantap, n tknikx bnar, sptix bisa2 aja tuch...n gk pke ribet..^^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON''


@princeoflogic:
1. Yg q maxud dgn 'ktoran2' ya sjnis tanah/dbu/lmpur yg nempel k peti mti..

2. Kalo dblg airx dr pasang surut, prtnyaanx: knapa lantaix kliatan kering pas lg dbuka? Gk ada bcek sm skali? And kalo emg krn air laut yg psg surut,,psti ada dunks ktemu kyk mata air gtu d lantaix...n khan hrusx trjd tiap hari khan?? So, kalo lg pasang becek dunks??

3. 'Hrta karun' yg q maxud bkan yg d peti mti,, q jg gk bs memstikanx..bs brupa bnda pntg yg dsmpan d suatu tmpt d dlm Vault, ato brsft non-bnda,, kyk ptnjuk/smbol/konfigurasi gt,, yg hnya dmengerti olh anggotax...

4. Yg q maxud, mreka bkanx mau 'mnggali hrta karun' dr dnding saat peti2 jnazah MASIH ada dsitu,, ttpi yg mreka mau agar vault itu (sgera) dkosongkan..krna mreka brkepntngan kalo vaultx dah ksong..

5. ''mungkin perlu
d cek lagi latar belakang
james elliot kita yg hebat.
mendengar nama elliot agak de javu aku,sperti
berhubungan dengan
seseorang laen tapi ak lupa sapa yg pake nama eliot lagi.''

Yups, s7. Wjar aja kalo km dejavu, Elliot khan nama kluarga yg umum d western..
erm..missy elliot mgkn?? xixixi...bcnda^^v

7. ''1. apa mungkin kira kira 8 org masuk vault dengan pintu utama tertutup.bagaimana
dengan kadar oksigen dalam vault?cukup untuk bernapas? apa lagi untuk bekerja..membutuhkan
banyak oksigen.''

Hmm..knapa hrs 8 org kalo 4 org ckup?? Plus alat2 yg mmudahkn tujuanx 'ngacak2' pti mati..prinsip tuas, bdang mring, kykx bs dpake..
Oksigen? Kalo msukx lwat pntu stlhx smenx dbuka (ntr dtutup lg), n pntux TETAP dbuka,, gk kan kkurangan oksigen khan??

8. ''jika org bekerja maka suara na masa ga kdengeran.apa
lagi dalam ruangan
batu.stidak na ada gosip gosip hantu lah d situ yang berkembang.ap lagi d kerjakan dalam tanah.waktu smp kan kita tau penhantar bunyi terbaik adalah benda padat.''

1. Kalo bkerjax dbikin gk berisik (brisikx sminimal mgkn) bs aja khan gk kdngeran,, lgian q rasa tknik 'ngacak2' posisi peti mtix gk pke acara 'memukul2' sgala..

2. Bnda pdt (tanah) emg pnghntr bunyi yg bgus,,KALAU bunyix/getaranx brsntuhan LANGSG dgn dnding makam..tp q rasa tknik 'ngacak2' posisi peti mati gk da yg pke mukul2 dnding sgala..maxudq kalopun ada brisikx,, itu khan lwat udara dulu n br glombang bunyix mmbntur dndg,,so GAK LANGSG k dnding, n makax gk khan kdengeran dr luar (skitarx)...

3. Pmungkas: kalo liat areal pmakamanx, q rasa emg gk da perumahan d skitar sana, ni gmbr areal pmakaman Christ Church Parish Church, Oistin sekarang:
upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/46/Christchurchparishchurch.jpg/800px-Christchurchparishchurch.jpg

Q ykin dulux (thn 1800-an) bngunan putih yg dsblh kiri tu blm ada, n bnyk phon2x...so, sepi snyap gtu..namax jg kuburan...xixixi... :D

Tokrem said...

Saya pikir cerita diatas murni HOAX.....hnya tuk cari sensasi n publikasi.
kl pngen membuktikan kjadian sbnarnya....(makamnya skrg msh ada khan?)....taruh aja peti mati timah sprti kjadian dulu trs pasang CCTV.kita lht apa yg terjadi....Btw da ada blm pneliti modern yg cb meneliti/mmbuktikan fenomena tsb (pake kamera tntunya)?

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''CRITIS MODE: ON''

@tokrem: halo..
Kalo tu hoax,, prtnyaanx sensasi n publikasi apa yg mo dicari??

N kalo msalx d dlm mkm di ltakkan peti mti n dpsang CCTV, apa bner tu bs ngbuktikn crita ini cm hoax??
Kok rasax gk yach..ya kalo gk trjdi apa2 ma posisi petix,, apa ni ngbuktiin tu hoax?? Kalo krn pristiwa alam mgkn bs disngkirkan..tp kalo hoax..? Kalo sbotase org?

Nikon S210 said...

Hm...anggota Freemasonry ternyata penuh misteri ya? Akankah itu terkuak?

Siapalah Aku Tanpa Dirimu said...

kk enigna setelah saya baca, ada sesuatu yang cukup menarik yaitu pada jenazah yang terakhir yang terbuat dari kayu, saya kira itu juga jadi kunci, mungkin saja karena adanya perbedaan dengan yang lainnya makanya peti itu tidak pindah tempat,

menurut saya yang notabene sangat sangat dan sangat awam mengenai jenis-jenis atau sifat-sifat suatu benda saya yakin peristiwa itu terjadi akibat adanya semacam gaya "magnet" diantara peti-peti itu, toh yang ga berubah posisinya kan cuman yang terbuat dari kayu...
hehehe..makasi..walaopun jarang komentar tapi aku tu penggemar setia ENIGMA...

Chris said...

Hmm..sebenarnya saya ingin mengatakan kalau ini hanya hoax saja...
Tapi komentar-komentar kritis Myheart membuat saya berpikir ulang...
Saya menyadari kalau Joe Nickell sebenarnya BUKAN membuktikan kalau itu hoax, tapi lebih kepada mengajukan teori kalau itu hoax.

Saya salut bagaimana Myheart mempertahankan opininya. Hmm..memang benar, saya rasa tidak ada imajinasi yang 'ekstrim' kalau sudah berhubungan dengan misteri, anything can happen right??

Jadi kemungkinannya menurut saya:

1. Banjir?
Saya rasa tidak

2. Magnet?
Saya rasa juga tidak, magnet apa dan (dari mana sumbernya) yang begitu kuat menggeser peti mati? Lagi pula timah adalah paramagnetik (tidak ditarik magnet), itu jika 'lead' (dalam artikel bahasa Inggris) diterjemahkan sebagai 'timah'.

3. Gempa bumi
Saya rasa tidak

4. Misinterpretasi
Jika cerita ini benar, sepertinya juga tidak. Melihat dari ilustrasi berpindahnya peti, saya rasa mustahil jika orang-orang salah tafsir.

5. Hoax
Mudah untuk mengatakan ini hoax, tapi sulit untuk membuktikannya. Saya bisa mengerti jika peristiwa ini tidak ditemukan dalam koran setempat. Hmm..saya salut atas usaha Myheart menampilkan sampel koran Barbados masa itu.
Sedikit koreksi Myheart, yang ini:
www.candoo.com/projects/page1.gif
Itu adalah halaman salah satu koran Barbados bertanggal 3 Februari 1840, dan itu bukan abad 18, tetapi abad 19.
Sepertinya memang benar, kalau koran kolonial Inggris hanya memuat hal-hal yang 'worthed' saja..hal-hal yang bermanfaat secara real bagi koloni.
Dan soal kemungkinan motifnya itu karena cari sensasi atau tourism, saya sepakat dengan kamu Myheart.

6. Sabotase oleh orang

Hmm..bisa saja. Minimal motifnya balas dendam. Dan maksimal karena...wow..Myheart, saya rasa kamu terinspirasi oleh teori Joe Nickell dan mengembangkan kemungkinan motifnya menjadi: James Elliot adalah anggota Mason dan menyimpan rahasia di Chase Vault, dan setelah dia meninggal mason yang lain memutuskan 'rahasia' itu perlu 'diangkat' (?), dan perlu usaha mengosongkan makam itu untuk waktu yang lama, sehingga mereka memutuskan untuk melakukan 'keisengan' terhadap peti-peti mati di Chase Vault.
Hmm..kreatif...

yulfan said...

mungkin ajj ad seseorang membongkarnya...
dan cara menghilangkan jejaknya dgn kipas...
klo dia memakai benda lain untk menghilangkan jejak seperti sapu,pasti dia berfikir masih ad bekas garis"an yg ad d tanah..
klo dgn kipas atau dkipas maka jejak akan hilang dgn mudah..
klo tdk percaya cba kak..
saya pernah mencobanya...
dan hasilnya memungkinkan...:-D
tp dengar..
banyak orang" yg cerdas menghilangkan jejak dgn cara seperti itu..
ya tp tak apa" klo kak enigma bilang saya aneh atau whatever...
saya fine ajj koq....

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Nyanyi lagu ungu lg ah...

Q melayang... bagaikan... terbang k awaan...

Chriiiss...tararenkyu yach...q gk nygka km bkalan blg 'hmm..kreatif''

HAHAHAHA...^O^(lebay aq...^O^)

Happy..happy..^O^

mrv said...

Bikin merinding nih bacanya....

Kalo di sini sih udah masuk majalah Hidayah.

Anonymous said...

ga perlu tau siapa gw. :)

mm.. lante di dalem makam itu ada jejak bekas peti nya kegeser ga? kalo ada, kemungkinan dari medan magnet ato gempa dll itu bisa aja bener. tapi kalo ga ada jejak sama sekali ya ga mungkin tu peti kegeser. pasti keangkat ato apalah gitu yg pas mindahin ga nyentuh lantai.kalo dia emang ngilangin jejaknya, (kalo dia manusia) pasti ada sidik jari pas dia mindahin itu. kan susah kalo mindahin timah segede n seberat itu pake sarung tangan.
ya itu aja sihh. :D

hendro said...

mistis sekali...
so creepy...

kayaknya se mayatnya belum mati..
hheheee

anakkucing said...

@princeoflogical.. salam kenal kembali sammy..
sebelum saya kasi tanggapan, saya mau tanya dunks..
ada hubungan dengan bro enigma dan mba lica lawliet ngga? hehehehehe.. :p
(@bro enigma dan mba lica, ada hubungan dengan "sammy" yg itu ngga yah kira2? :p)

oh ya, maaf sebelumnya, saya mau menanggapi walau saya bukan myheart2105..gpp ya bro.. ^^
mengenai kelembaban yg tinggi, saya rasa ngga mesti dateng dari banjir.. kl mengingat usia peti mati tersebut, saya pikir sudah cukup wajar hancur karena lembab, apalagi disimpan di ruang tertutup spt itu.. jadi kl lembab sah2 aja..
dan sebersih2nya air tanah, tp vault kan pasti berdebu.. jadi saya rasa kl memang pernah vault tsb kebanjiran, tentu ada bekas air pada dinding vault..
oh ya, teori banjir ini masi belum menjawab pertanyaan saya bro..

@myheart2105, wah, makasih suda cape2 nyari contoh korannya..
ttg masalah berita yg dimuat di koran worth or not worth enough, saya rasa kasus ini cukup worthed untuk di muat di koran.. kenapa? karena berita ini sampai menarik perhatian penguasa pada saat itu.. berita seheboh ini saya rasa cukup pantas untuk masuk ke koran pada saat itu..

@yulfan, menghilangkan jejak dengan kipas? saya rasa tidak mungkin, karena tidak ditemukan adanya pasir di atas peti mati.. kl pake kipas maka pasir akan terangkat ke atas dan menempel di bagian atas peti..

@ga perlu tau siapa gw, hehehehe, memang pasti ada sidik jarinya kl memang manusia yg mindahin.. tp pada jaman itu, apa sudah ada sistem yg mencari pelaku via sidik jari? dan apa sudah ada database sidik jari di kepolisian atau di pendataan penduduk? dan apakah pada jaman itu komputer yg digunakan sudah secanggih itu? karena setau saya, pada masa itu komputer hanyalah berupa alat untuk menghitung.. bukan database serta belum cukup canggih untuk men-"true or false" kan sidik jari seseorang..
dan menurut logika saya, kl memang sudah ada pemikiran bahwa yg memindahkan peti2 tersebut adalah manusia, maka pasti sudah dilakukan penyelidikan terhadap sidik2 jari yg terdapat di peti2 mati tersebut.. tp berita ttg itu saya tidak bisa temukan..
CMIIW..

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@anakkucing: gk capek koq, cm isenk2 ajah, eh kbetulan dpet..xixi ^^

1. Mengenai worthed or not, yg jelas, qt sm2 gt tau pastix gmana org/prctkan yg nerbitin koran zman itu m'mndang mslh ini gmana, qt cm brteori, n asumsi emg bda2 seyh..n aq brteori seswai ma bkti2 yg q tmukan sndiri..who knows,, kalo trnyata yg pnya prcetakan adlh lgsg dbwh kndali Inggris (bkan pnya koloni) n mncetak apa2 aja yg SESUAI ma 'PEMERINTAH PUSAT'...n who knows, kalo biaya prcetakan zman itu MAHAL, n knsekuensix jd SUPER ketat thd efisiensi pmakain space n krtas...n who knows kalo trnyata kejadian ini DIPUTUSKAN sbg UNWORTHED enough to be SOLD or PROPAGATED..krn mgkn mreka ckp yakin ato m'nganggap kalo pnybabx adlh org2 isenk saja..^^
Kykx (nurut aq seyh) kalo koran koloni itu bkan CUMA alat bwt nyebarin news,, tp jg alat bwt PROPAGANDA, dlm hal ini, propaganda pemerinth pusat dr koloni, yaitu Inggris itu sndiri...^^ n TNTU SAJA mreka GAK kan mengkategorikan 'misteri Chase Vault', sbg hal yg MENGUNTUNGKAN...

Kykx kmgknan apa saja bs dkmbgkan..so just leave it..and move on..^^

2. ''dan menurut logika saya, kl memang sudah ada pemikiran bahwa yg memindahkan peti2 tersebut adalah manusia, maka pasti sudah dilakukan penyelidikan terhadap sidik2 jari yg terdapat di peti2 mati tersebut.. tp berita ttg itu saya tidak bisa temukan..
CMIIW..''

Ermm,, kykx gak deh..bkanx sis anakkucing sndiri yg blg ini:

''tp pada jaman itu, apa sudah ada sistem yg mencari pelaku via sidik jari? dan apa sudah ada database sidik jari di kepolisian atau di pendataan penduduk? dan apakah pada jaman itu komputer yg
digunakan sudah secanggih itu? karena setau saya, pada masa itu komputer hanyalah berupa alat untuk menghitung.. bukan database serta belum cukup canggih untuk men-"true or false" kan sidik jari seseorang..''

Anakkucing sndiri khan yg meragukan ato mnolak kalo zman itu udh ada tknik pngenalan sidik jari,, so kalo itu trnyata BENAR, maka prnyataan yg ini:

''maka pasti sudah dilakukan penyelidikan terhadap sidik2 jari yg terdapat di peti2 mati tersebut.. ''

menjadi GAK BENAR.. so, pastix org2 zman2 itu GAK kan kepikiran mnyelidiki sdik jari org2 yg mindahin peti2 itu, krn EMANG mreka BELUM knal dgn tknik sidik jari kyk yg km blg...

And kmungkinan kalo itu emg kerjaan isenk orang tetap bisa2 aja..


And yg 2 poin di ats adlh bgian dr prmintaan 'CMIIW' km ^.^v

anakkucing said...

@myheart2105, hehe, untuk poin yg no 1, sepertinya kita memang berbeda pendapat, tp saya hargai pendapat kamu, karena memang kamu ada benarnya juga soal media yg dipakai untuk propaganda dan hal yg profitable..
tp kl menurut saya, itu cukup worth untuk masuk ke koran lokal karena menarik perhatian gubernur..

no. 2, hehe, kalimat saya tidak mengandung kontradiksi kok..
saya ulangi yah, ''dan menurut logika saya, KALAU memang sudah ada pemikiran bahwa yg memindahkan peti2 tersebut adalah manusia, maka pasti sudah dilakukan penyelidikan terhadap sidik2 jari yg terdapat di peti2 mati tersebut.. tp berita ttg itu saya tidak bisa temukan..
CMIIW..''

hehe, di situ saya menyebutkan kata "kalau" yg bermakna pengandaian.. jadi, JIKALAU APABILA DIMISALKAN SEANDAINYA memang sudah ada, maka pasti penyelidikan thd sidik jari sudah dilakukan.. tp PADA KENYATAANNYA tidak ada berita ttg itu, jadi memang pada saat itu komputer belum mengenal database sidik jari, maka permintaan "ga perlu tau siapa gw" tidak bisa dilakukan..

soal ini: "And kmungkinan kalo itu emg kerjaan isenk orang tetap bisa2 aja.."
ya memang tetap bisa saja ada kemungkinan itu..

walaupun kemungkinan bahwa berita ini hoax juga tetap bisa ada kan? hehehehehe.. ^^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''dan menurut logika saya, KALAU memang sudah ada pemikiran bahwa yg memindahkan peti2 tersebut
adalah manusia, maka PASTI
sudah dilakukan penyelidikan terhadap sidik2 jari yg terdapat di peti2 mati
tersebut.. tp berita ttg itu
saya tidak bisa temukan..
CMIIW..''
(Yg trnyata mnurut sis anakkucing sndiri GAK ADA tknik pmriksaan sidik jari zman itu...so what's the point?? Apa yg mau dperiksa, kalo TERNYATA tkniknya aja blm dikenal...)
Seharusx gk perlu ada kata 'kalau' lg, krn brdsrkan pendapat sis anakkucing SBLUMX,, pd zman itu MEMANG GAK ada tknik sidik jari...

And yg m'buatq aneh, bkan kata 'kalau'x, tp kata 'pasti'x...yg mnurutq perandaianx jd meaningless aja, krn syarat dr kata 'kalau' emg gak ada (zman tu gk ada sidik jari, mnurut sis),,tu yg q nilai kntradiktif/inkonsisten,,yg awalx blg GAK ada, diperandaian blg ada, yg artix: ya jelas mmg GAK PERLU/GAK KEPIKIRAN/GAK KAN ADA PMRIKSAAN SIDIK jari,, krn pd zman tu emg BELUM ada tknik pmeriksaanx'...^^

But, baidewei buswei,, kykx qt emg pnya different thinking process...yawda dech..gk pa2..nice 2 chat with u^^
And please never hesitate 2 discuss with me...^^v

anakkucing said...

@myheart2105, hehehe, saya hanya menanggapi komen "ga perlu tau siapa gw" yg dari komennya berkesimpulan seharusnya pelaku bisa ditelisik dengan menggunakan sidik jari apabila memang pelakunya adalah manusia..
hanya itu kok.. ^^

arieff said...

mayatnya pegel kalee, makanya sering rubah posisi..wkwkwk *ups*,hihi...

Zoroster_Zee said...

menurut saya, tidak mungkin magnet, karena bila magnet, pasti tergeser secara teratur menuju satu titik/arah tertentu. misalnya bergeser ke utara, dsb.

justru yang aneh menurut saya, dari gambar letak tersebut adalah menjadi terbalik.
seandainya tidak terbalik, saya berfikir kemungkinan adanya gerakan akibat getaran yang dihasilkan kendaraan yang lalu-lalang di dekat makam tersebut.

karena saya pernah memperhatikan, bahwa kendaraan yang lalu-lalang memiliki sekian gaya, yang bisa mengakibatkan getaran lembut, yang bisa berakibat besar, semisal meretakkan tembok, dll. karena dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

kenapa bisa berantakan??
mungkin dengan adanya getaran lembut tersebut, mengakibatkan peti di atas jatuh, dan menyebabkan bergesernya peti2 yang lain dll.

maaf klo ngasal..

Zoroster_Zee said...

tetapi yang masih tidak saya pahami, karena dari hasil foto posisi sebelum dan sesudah, peti tersebut menjadi terbalik, yang sebelumnya pintu dekat dengan kaki, tetapi menjadi pintu dekat dengan kepala.

masih pusing karena itu...

Lia said...

om enigma, saya sudah lama ngefans ma blog ini lho ~
:D
saya mau nanya, kan saya di rumah punya buku yang judulnya, Misteri Hantu Sedunia..
Nah, bang enigma udah beberapa kali membuat artikel yang sudah diceritakan di buku itu.misalny, kapal hantu orang medan, mary celeste dan artikel ini, yang ingin saya ketahui, apakah ini berarti buku saya tersebut bukan buku fiksi ato karangan penulisnya semata ? soalnya, buku ini lumayan serem lho, umurnya juga sudah tua.
mohon dijawab..
makasih ~:D

enigma said...

@lia: saya tidak bisa memastikannya sblm melihat buku itu. Tp sepertinya memang bukan fiksi. Mungkin penulisnya mengumpulkan kisah2 misteri dr seluruh dunia.

Anonymous said...

bung enigma plizz donk kasih misteri tentang UFO di malam kemarin TGL 21-06-2010,karena pas aku ma semua keluargaku ngeliat cahaya aneh di angkasa pada malam hari.nama aku Aliyah

AkaneD'SiLa said...

ah jadi inget pilm sherlock holmes yang musuhnya di kubur di tempat persis seperti itu. dan musuhnya berhasil keluar dari peti matinya..

Anonymous said...

klo d lyt dr posisi gmbrnya... semua peti itu selalu ingin mengarah pada suatu arah mata angin????

Post a Comment