Sunday, July 18, 2010

Legenda Jersey Devil - monster terbang berkepala kuda dari Pine Barrens

Berkepala seperti kuda dengan sepasang sayap yang besar, Jersey Devil telah membawa teror dan ketakutan selama lebih dari 250 tahun. Walapun identitasnya masih misterius, ada banyak aspek dari legenda monster ini yang membuat para skeptis pun terpaksa harus mengakui adanya unsur kebenaran di dalamnya, seperti penampakan makhluk ini yang dilaporkan oleh lebih dari 1.000 orang di 30 kota pada tahun 1909.


Jersey Devil yang kadang juga disebut Leeds Devil adalah makhluk cryptid legendaris yang mendiami wilayah Pine Barrens di New Jersey Selatan. Makhluk ini memliki kepala seperti kuda bertanduk dan memiliki sepasang sayap yang memampukannya untuk terbang.


Asal mula legenda Jersey Devil
Legenda Jersey Devil bermula dari kisah rakyat Amerika Serikat yang diceritakan dari mulut ke mulut. Walaupun kisah mengenainya sangat beragam, namun kisah yang paling umum menyebutkan kalau Jersey Devil berasal dari sebuah keluarga bermarga Leeds.

Nyonya Leeds memiliki banyak anak. Ketika ia mengandung anak ke-12, ia merasa sangat lelah sehingga ia bersumpah jika ia mengandung anak lagi, maka biarlah anak itu menjadi iblis.

Pada tahun 1735, Nyonya Leeds mengandung anak ke-13.

Pada suatu malam, ketika badai dan hujan lebat mengguyur bumi, Nyonya Leeds mengalami sakit bersalin dan bersiap untuk melahirkan. Teman-teman dan kerabatnya berkumpul mengelilinginya.

Legenda mengatakan, ketika bayi itu lahir, awalnya semua terlihat normal. Namun kemudian bayi itu segera berubah bentuk menjadi makhluk aneh dengan kepala berbentuk kuda bertanduk dengan dua sayap seperti kelelawar dan ekor panjang yang ujungnya seperti garpu.

Segera setelah ia berubah bentuk, makhluk itu menggeram dan menjerit tidak karuan. Lalu ia membunuh bidan yang membantu kelahirannya dan terbang keluar lewat cerobong asap. Ia terbang mengelilingi desa untuk beberapa saat sebelum menghilang di area Pine Barrens.


Deborah Leeds dan Jersey Devil
Walaupun kisah Jersey Devil kedengaran seperti sebuah dongeng, namun Nyonya Leeds yang menjadi tokoh sentral dalam legenda ini ternyata benar-benar ada. Namanya adalah Deborah Leeds dan suaminya bernama Japhet Leeds.

Hal ini didukung dengan fakta historis kalau Japhet Leeds menulis nama 12 orang anaknya di dalam surat wasiatnya pada tahun 1736 yang artinya sesuai dengan legenda Jersey Devil. Mereka juga tinggal di New Jersey, wilayah tempat kediaman Jersey Devil.

Tetapi, peristiwa berubahnya anak ke-13 mereka menjadi Jersey Devil tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Penampakan Jersey Devil
Sejak menghilang pada malam kelahirannya, Jersey Devil tidak terlihat lagi selama beberapa puluh tahun. Lalu, pada tahun 1778, ia muncul kembali. Saat itu komodor Stephen Decatur sedang mengunjungi Pine Barens untuk menguji jarak jangkau tembakan meriam kanon.

Tidak disangka-sangka, ia menyaksikan seekor makhluk pucat sedang terbang di atas kepalanya.

Dengan menggunakan tembakan meriam, Decatur berhasil menembak lapisan membran sayap makhluk itu. Namun makhluk itu terus terbang seperti tidak terganggu oleh akibat dari tembakan itu.

Joseph Bonaparte, mantan raja Spanyol yang juga kakak dari Napoleon Bonaparte disebut juga pernah melihat Jersey Devil ketika ia sedang berburu di Bordentown, New Jersey, sekitar tahun 1820.

Tahun 1840, hewan-hewan ternak ditemukan mati secara misterius di New Jersey dan Jersey Devil dianggap sebagai pelaku pembunuhan tersebut. Para peternak melaporkan mendengar suara jeritan aneh pada malam pembunuhan. Laporan pembunuhan ternak serupa juga dilaporkan pada tahun 1841.

Pada abad ke-19, Jersey Devil hanya terlihat sesekali dan belum mendapatkan perhatian yang cukup besar. Namun memasuki abad ke-20, tepatnya pada tahun 1909, Jersey Devil menjadi headline dan memenuhi halaman-halaman utama media-media lokal di Amerika ketika lebih dari 1.000 orang di 30 kota melaporkan penampakan makhluk itu yang terjadi selama periode 16-23 Januari 1909.

Penampakan-penampakan ini membuat nama Jersey Devil mulai dikenal di seluruh Amerika Serikat.

Ilustrasi Jersey Devil yang pertama dibuat

Permulaan penampakan di minggu itu terjadi pada tanggal 16 Januari 1909 ketika Jersey Devil terlihat terbang di Woodbury. Keesokan harinya, beberapa orang menyaksikannya di Bristol, Pennsylvania. Penampakan itu diikuti oleh penemuan jejak-jejak aneh di atas salju di kota Burlington pada keesokan harinya.

Tanggal 19 Januari, Nelson Evans dan istrinya yang tinggal di Gloucester menyaksikan makhluk itu dari jendela rumah mereka. Nelson mendeskripsikan makhluk itu sebagai berikut :
"Tingginya sekitar 1 meter dengan kepala seperti seekor anjing Collie dan wajahnya menyerupai kuda. Lehernya panjang dan rentang sayapnya memiliki panjang sekitar 60 centimeter. Kaki belakangnya menyerupai kaki bangau dan makhluk itu juga memiliki surai seperti kuda. Ia berjalan dengan dua kaki belakangnya. Selain itu ia juga memiliki dua kaki depan yang pendek dengan cakar. Aku dan istriku begitu ketakutan. Tetapi kami akhirnya dengan berani membuka jendela dan berteriak 'Huss, huss'. Makhluk itu berbalik arah, menyalak dan terbang."
Tanggal 20 Januari, Para penduduk menyaksikan Jersey Devil terbang di atas kota Moorestown.

Tanggal 21 Januari, Makhluk itu menyerang sebuah mobil di Haddon Heights, Clayton. Lalu beberapa saksi lainnya melihat makhluk itu menabrak kereta api, namun tidak mati.

Laporan penampakan terus terjadi dari Philadelphia, Pennsylvania hingga West Collingswood.

Di West Collingswood, dua orang pejalan kaki melaporkan melihat Jersey Devil bertengger di atap sebuah rumah. Lalu, petugas pemadam kebakaran yang dipanggil segera menyerangnya dengan menyemprotkan air. Makhluk itu kemudian menghindar dengan terbang dan mendarat di jalan raya. Petugas pemadam kebakaran terus menyemprotkan air hingga makhluk itu terbang dan menghilang di kegelapan malam.

Di Bristol, seorang petugas polisi bernama James Sackville melihat monster itu ketika sedang berpatroli pada malam hari. James sedang berjalan di sebuah lorong yang lumayan gelap ketika makhluk itu melompat ke jalan dan mengeluarkan suara teriakan yang aneh. Kemudian, Ia menembakkan revolvernya ke arah makhluk itu. Namun, sepertinya peluru itu tidak mengenainya karena makhluk itu segera mengembangkan sayapnya dan terbang.

Pada minggu yang sama juga, Mrs. Mary Sorbinski mendengar gonggongan anjing peliharaannya dari arah halaman depan rumahnya di Camden. Lalu, ia bergegas keluar dan melihat Jersey Devil sedang mencengkeram anjing itu di tangannya.

Melihat itu, Mrs.Sorbinski berusaha menyelamatkan anjing itu dengan berteriak dan memukul makhluk itu dengan sapu. Usahanya berhasil, anjingnya dilepaskan dan makhluk itu terbang. Mrs.Sorbinski membawa masuk anjingnya yang terluka parah dan segera menelepon polisi.

Sekitar 100 orang lebih yang mendengar teriakan Mrs.Sorbinski segera datang dan berkerumun di depan rumahnya. Lalu, tiba-tiba mereka mendengar sebuah teriakan aneh dari arah Kaigan Hill. Saat itu, polisi sudah tiba. Ketika mereka bersama-sama menuju ke bukit itu, mereka menyaksikan makhluk itu terbang menjauh.

Pada tanggal 22 Januari, Jersey Devil telah berhasil menciptakan teror terbesar di New Jersey dengan membuat para penduduknya dicengkeram ketakutan. Sekolah-sekolah, perkantoran, pabrik-pabrik dan pusat-pusat kegiatan lainnya diliburkan karena orang-orang tidak berani keluar rumah.

Karena peristiwa minggu penampakan yang luar biasa ini, bahkan para skeptis sekalipun terpaksa harus mengakui kalau memang ada sesuatu di luar sana yang telah membuat seluruh negara bagian ketakutan. Lagipula, penampakan makhluk itu bukan hanya dilaporkan oleh masyarakat biasa, melainkan juga oleh para pejabat, anggota polisi dan warga terhormat lainnya.

Selama periode ini, kebun binatang Philadelphia bahkan menawarkan hadiah 10.000 dolar bagi siapa saja yang dapat menangkap makhluk ini.

Setelah teror tahun 1909, Jersey Devil menghilang entah kemana.

Lalu, ia kembali muncul pada tahun 1927. Saat itu, seorang pengemudi taksi yang sedang dalam perjalanannya menuju Salem mengalami pecah ban. Ia berhenti untuk mengganti bannya. Sementara ia mengganti ban, ia dikejutkan dengan suara kepakan sayap dan ia melihat makhluk aneh yang berdiri tegak dan berbulu lebat mendarat di atas atap taksinya. Makhluk itu menggoyang-goyangkan mobilnya dengan kencang dan kemudian terbang kembali. Supir Taksi itu percaya kalau ia telah melihat Jersey Devil.

Pada tahun 1951, seorang bocah berusia 10 tahun di Gibbstown, New Jersey, mengaku melihat seekor monster aneh serupa Jersey Devil yang menjerit di dekat DuPont Clubhouse. Monster ini membuat bocah tersebut pingsan karena ketakutan.

Laporan penampakan yang paling baru terjadi pada pertengah Desember 1993. Saat itu, seorang polisi hutan bernama John Irwin sedang menyetir di sepanjang sungai Mullica di New Jersey ketika ia dikejutkan dengan seekor makhluk berkaki dua dan berbulu yang melompat ke depan mobilnya. Kepalanya menyerupai rusa dengan tanduk dan matanya berwarna merah menyala. Makhluk itu memandang Irwin untuk beberapa saat dan kemudian berlari ke dalam hutan.

Peristiwa mirip juga terjadi pada tahun 1995 ketika Sue Dupre yang sedang menyetir di dekat sebuah danau di New Jersey dikejutkan dengan seekor hewan yang melompat menyeberangi jalan. Hewan itu disebutnya memiliki kepala seperti Armadillo.

Walaupun ada kemungkinan kalau Irwin dan Dupre melihat seekor rusa, namun keduanya percaya kalau mereka telah mengalami perjumpaan dengan Jersey Devil.

Makhluk apakah Jersey Devil ini sebenarnya? Benarkah makhluk seperti ini benar-benar ada?

Makhluk apakah itu?
Beberapa skeptis percaya kalau Jersey Devil sebenarnya hanyalah karangan dari para imigran Inggris. Sejak dulu, Pine Barrens merupakan wilayah yang terisolasi. Karena itu, tempat itu menjadi tempat favorit bagi mereka yang mencari perlindungan, termasuk para pemberontak keagamaan, buronan hingga para desertir militer. Kelompok orang-orang yang bersembunyi tersebut kemudian membentuk kelompok yang disebut Pineys.

Karena adanya kelompok ini, Pine Barrens dianggap sebagai lokasi yang rawan dan berbahaya. Kombinasi antara persepsi dan imajinasi para penduduk sekitar mungkin telah membantu terciptanya legenda Jersey Devil karena lebih gampang membayangkan adanya seekor makhluk mengerikan datang dari tempat yang rawan seperti itu.

Misalnya, ketika mereka menjumpai seekor makhluk biasa seperti rusa, mungkin mereka akan segera menganggapnya sebagai makhluk setengah setan yang kemudian melahirkan legenda Jersey Devil. Dengan kata lain, menurut para skeptis ini, Jersey Devil hanyalah sebuah hoax yang disusul oleh misidentifikasi terhadap hewan-hewan biasa.

Seorang pengarang bernama Tom Brown Jr juga percaya hal ini. Ia pernah menghabiskan beberapa waktu di hutan Pine Barrens dan dalam beberapa kesempatan, para pendaki mengira ia adalah Jersey Devil setelah ia menyelimuti tubuhnya dengan lumpur untuk mengusir nyamuk.

Namun teori hoax ini sepertinya tidak bisa menjelaskan penampakan massal yang terjadi pada tahun 1909 yang dilaporkan oleh lebih dari 1.000 orang di 30 kota. Apakah mungkin ribuan orang tersebut berbohong atau salah identifikasi?

Lain lagi pendapat arkeolog Paula Perrault. Paula percaya kalau Jersey Devil kemungkinan memang benar adanya. Namun, ia hanyalah seekor hewan yang mengalami kelainan genetika. Fenomena kelainan genetika ini biasa ditemukan di wilayah Pine Barrens. Kadang para peneliti bisa menemukan hewan dengan warna yang aneh atau hewan yang berkepala dua di tempat ini. Dari perspektif arkeologi, Perrault berspekulasi kalau kemungkinan ada satu jenis deposit mineral di area tersebut yang telah menyebabkan mutasi genetika ini.

Namun, Paula tidak bisa menentukan jenis hewan apa yang mengalami kelainan genetika sehingga membuatnya menjadi makhluk berkepala kuda dengan sayap yang memampukannya terbang.

Beberapa peneliti lain, terutama para Cryptozoologist percaya kalau Jersey Devil benar-benar ada dan merupakan makhluk Cryptid, dengan kata lain, makhluk yang belum dikenal oleh sains modern.

Beberapa elemen yang mendukung teori ini antara lain penampilan makhluk tersebut yang menampilkan beberapa ciri hewan purba, seperti kepala berbentuk kuda, sayap dan ekor panjang. Jika makhluk ini berkembang biak, maka wajar bila penampakan Jersey Devil terus muncul selama berabad-abad.

Selain makhluk yang mungkin belum terklasifikasi oleh sains, beberapa Cryptozologyst lain, termasuk salah seorang ahli dari Smithsonian percaya kalau Jersey Devil mungkin adalah makhluk purba yang masih bertahan hidup. Salah satu dugaan mereka adalah Dimorphodon, sejenis Pterosaurus yang sudah lama dianggap punah.


Profesor Barhopf yang percaya dengan teori ini berkata kalau makhluk purba ini mungkin telah berhasil bertahan hidup dengan cara tinggal di gua-gua bawah tanah.

Para ilmuwan dari berbagai bidang mungkin telah mencoba untuk melihat legenda ini dari perspektif masing-masing, namun bagi sebagian besar masyarakat Pine Barrens, Jersey Devil adalah makhluk yang nyata dan mereka percaya kalau makhluk itu benar-benar penjelmaan setan sesuai dengan namanya.

Pada tahun 1730, Bernjamin Franklin pernah menulis mengenai sebuah pengadilan terhadap seorang penyihir yang dilakukan di dekat Mt.Holly, New Jersey. Salah satu legenda yang berkaitan menyebutkan kalau Nyonya Leeds, Ibu dari Jersey Devil, adalah penyihir yang diadili itu. Wajar kalau anaknya yang ke-13 kemudian menjadi makhluk setan seperti Jersey Devil.

"Mungkin Jersey Devil tidak pernah ada,"Kata Angus Gillespie, seorang profesor sejarah Amerika di Rutgers University, New Jersey. "Namun, dari sudut pandang kisah-kisah rakyat, adalah sebuah fakta kalau kisah itu nyata karena telah diceritakan di Jersey Selatan sejak tahun 1735. Ini membuat Jersey Devil menjadi monster paling tua dalam sejarah Amerika."

Tulang belulang Jersey Devil memang tidak pernah ditemukan dan kita tidak memliki bukti kuat mengenai keberadaannya selain kesaksian dari mulut ke mulut. Namun, yang pasti ada sesuatu yang membuat lebih dari 1.000 penduduk di 30 kota ketakutan pada tahun 1909.

Jadi, mungkin Jersey Devil memang benar-benar ada, walaupun kita mungkin tidak akan pernah tahu identitasnya yang sebenarnya.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

147 comments:

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Ayeeey..!!!
Saya jadi yang keberapa nii???
Yang keduaX??
Seeek aseeek..!!!
Akhirnya ada postingan baru..
^^
Bace dulu..
>___<b

Niya1427 said...

akhirnya ngoment jg setelah mengikuti blog ini selama setahun...he :)

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Wiiiy,,Lica selamat yach,,dpt pertamax lg,..^0^
Bc dulu ah...^0^

Ryo said...

20 Besar . . . .
ga penting.
walah itu makhluknya kok kayak yang disinetron2 gag mutu itu yah ??
siluman kuda ..siluman bla bla bla bla ...
:-D

Anonymous said...

akhirnya ada post jersey devil jg..:D msk 10besar g ya?

Anonymous said...

E,, bang enigma
gw ingat nie pernah baca tentang jersey devil
di harits cyrpto lovers
katanya di temuin ad link videony
tp gw buka ga bs
ni linkny
http://media.abovetopsecret.com/media/5913/Jersey_Devil/

enigma said...

@Ryo: setuju, bentuknya sama sekali nggak keren. hahaha.

@Anonymous: memang ada beberapa video atau gambar yang disebut menggambarkan jersey devil. Tapi saya meragukan keasliannya.

Anonymous said...

dari Tresna Asti

hallo Lica.. PertamaX mulu deh ihh.. Iri saya..
^^v

ini seperti kebalikanny unicorn y.. Unicorn versi buruk rupa dan jahat..!
>___<

tentang legenda anak nyonya leeds yg jadi Jersey Devil, saya siy percaya itu cuma legenda.. Habisnya, kok pas gitu ya, anaknya yang ke-13 yang jadi makhluk begitu.. Tiga belas itu kan masuk angka yang horor, keramat.. Wkwkwk
tapi saya tetap percaya kalo makhluk" aneh seperti itu pasti ada! Mungkin saja dia (si Jersey Devil) muncul dari dimensi lain.. Dan waktu itu dia lagi nyasar ke dimensi kita.. Hee, jadi inget upin-ipin episode hantu durian..
=D

oh ya Kak Enigma.. Maav, itu ada kata yang salah ketik ato saya yg memang kekurangan pembendaharaan kata.. Dideskripsinya Nelson Evans, "...memiliki surai seperti kuda...."
surai? Apa surai itu Kak??

Btw, saya baru kali ini tahu ada legenda ini..
^^
Kak Enigma emang TOP!!

enigma said...

@Tresna asti: surai itu adalah rambut yang ada di atas kepala dan leher kuda itu lho. Atau rambut di kepala singa. itu sebutannya juga surai.

Anonymous said...

curiga nìh sm Lica,kaeknya sm om enigma pny hubungan khusus nih,bgitu posting lgs kasi tau Lica,jdnya pertamaxx trus deh ;D

sweet_ghost said...

@anonymous di atas
Iya neh, di blognya lica bro en jg sering dpt pertamaxxx.. Ade ape neh?? :P
Gosip baru.. Mumpung chris ma naka lg ke pelosok. Kita gosip ini aja..

PHENOMENA said...

Jadi ingat di Indonesia-terkadang masyarakat yang menemukan ular besar, memberinya sesaji bunga. Oh c'mon, Ular kan bukan vegetarian...

Saya kutip tulisannya Bung Enigma :
"Para ilmuwan dari berbagai bidang mungkin telah mencoba untuk melihat legenda ini dari perspektif masing-masing, namun bagi sebagian besar masyarakat Pine Barrens, Jersey Devil adalah makhluk yang nyata dan mereka percaya kalau makhluk itu benar-benar penjelmaan setan sesuai dengan namanya."

Saya setuju dengan pendapat itu. Jika dia makhluk, maka dia pasti akan mengalami penuaan, tapi sepertinya makhluk itu tahes-tahes saja alias sehat..kecuali, jika makhluk tersebut adalah setan betulan..hehehe..Tapi manusia itu lucu ya, kadang mereka berkata: "hari gini percaya setan?"

Padahal, mau tak mau, makhluk tersebut memang ada..hehe...

Anonymous said...

jd vidiony ad banyak toh
ttd.. fedy(td lupa nulis nama)

Anonymous said...

cepty*

licaa!! pertamax mulu! sebel!

mingkinkah, kalo makhluk ini benar-benar cryptid. bukannya penjelmaan setan gitu. cryptid itu hidup antara 1900 an sampe 1950, dimana penampakannya dari dekat. dan saksi mata sangat banyak. "ia dikejutkan dengan suara kepakan sayap dan ia melihat makhluk aneh yang berdiri tegak dan berbulu lebat mendarat di atas atap taksinya. Makhluk itu menggoyang-goyangkan mobilnya dengan kencang dan kemudian terbang kembali." atau "melihat Jersey Devil bertengger di atap sebuah rumah. Lalu, petugas pemadam kebakaran yang dipanggil segera menyerangnya dengan menyemprotkan air. Makhluk itu kemudian menghindar dengan terbang dan mendarat di jalan raya." sangat nyata.

sebelumnya itu, Joseph Bonaparte,dan Stephen Decatur melihat dari jauh. jadi makhluk itu bisa apa aja.

setelahnya itu, menurut aku sih cuma salah perseppsi aja. karena deskripsi mengenai makhluk itu beda banget. " Kepalanya menyerupai rusa dengan tanduk dan matanya berwarna merah menyala." dan "Hewan itu disebutnya memiliki kepala seperti Armadillo." beda banget dengan deskripsi kuda bersayap kan?

mungkin aja setelah laporan 1951 makhluk itu sudah mati. CMIIW..

dragon blog said...

Jadi ingat mahlik purba yang bernama Moropus.... Tapi Moropus ga bersayap....

Chess Piece said...

Sejak baca blog ini gw malah lebih takut sama "Mahluk-mahluk aneh" daripada hantu.. Hehe..

Ini juga pertama kali post comment pake Google Account..

juaquin said...

Saya yakin itu adalah makhluk purba yang bisa bertahan hidup..
wajar saja kalau warga ketakutan karena wujud yang tidak biasa seperti binatang lainnya.

aw3ng said...

...mndadak inget Jeeper-Creeper...heheheee...
btw, maap bkn merendahkan legenda...
knp gak di ilustrasiin dgn hewan yg lebih "fantastis" yah? ular, serigala or manusia skalian kynya lebih "fantastis" deh...heheheee...
sekaligus sempet terkaget jg bacanya...judulnya kan berkepala kuda, tp kok dr testimoni Nelson Evan...
...Makhluk itu berbalik arah, menyalak dan terbang."
nah lo...bnr2 misteri...

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Ooo.. Jadi itu surai namany.. Hahaha.. Tumben denger.. Wahai kata 'surai' meresaplah kedalam memory otak saya..
Ohoho
perlu lebih banyak baca niiih..
>___<

Makasi y Kak..
^^

enigma said...

@Aw3ng: Nah, pernyataan kamu menarik. Mungkin tidak digambarkan dengan makhluk yang fantastis karena mereka hanya menggambar apa yang mereka lihat apa adanya. hehe. Terus, mengenai kepala kuda, bisa saja. Yang namanya menyalak, itu tidak selalu berarti anjing. Menyalak itu bisa berarti mengeluarkan suara keras saja. Seperti kadang kita membaca mengenai "pistol yang menyalak" dll.

Anonymous said...

nangkring di mobil? kyaknya bukan jenis hewan, biasanya klo hewan asli, kalau merasa trganggu 1.akan kabur
2.berkamuflase
3.menyerang,
dan klo menyerang, gak tanggung2, eh, yg ini malah cm nangkring di atas mobil, guncang2 n pergi bgt saja, genit ah..
hexachlor

enigma said...

@hexachlor: hahaha, baru sekali saya denger makhluk cryptid mengerikan yang meneror 30 kota dibilang genit.

loet said...

berharap ky unicorn..
eh.. t'nyata elek pisan..

@lica: minta no hpnya bro E donk..

enigma said...

@Loet: tadi dibilang genit, sekarang dibilang jelek. Kasihan sekali nasib jersey Devil nya. Tapi mungkin itulah bedanya antara makhluk cryptid dengan makhluk mitologi. Mitologi akan dibuat segagah mungkin. Cryptid, apa adanya.

Soal No.HP, Rahasia.

dea_avion said...

Dea .
Bingung mw comment apa bwt jersey devil.nya , but thanks ka enigma bwt postingan.nya yg keren , dea baru prtama kli tau dr sni , hehehe

eh ka , mw nnya nih , emg ka Loet ama kak hexaclor itu 1 org ya ? Oia kka bilang soal no hp itu rahasia , brarti ka lica tau no hp kka dong ? Trus apa bner ad konspirasi ama ka lica ? Hehehehe , maaf kbanyakan , abis pnasaran , hehe . . :D

Anonymous said...

Bang E, kulihat ada kalimat'... makhluk Cryptid yg belum dikenal oleh sains modern', mmgnya ada makhluk cryptid yg udah dikenal oleh sains modern bang E? Hehehe, tolong dijwb ya, penasaran ni...

enigma said...

@Dea: Bukan, Hexachlor dan Loet itu beda orang. Hmm, soal no.Hp ada beberapa pembaca yang tahu kok no.HP saya.

@Anonymous: Betul sekali. Memang yang namanya makhluk cryptid itu pasti tidak dikenal oleh sains modern. Kalimatnya sudah saya ubah jadi:

"Beberapa peneliti lain, terutama para Cryptozoologist percaya kalau Jersey Devil benar-benar ada dan merupakan makhluk Cryptid, dengan kata lain, makhluk yang belum dikenal oleh sains modern."

Thanks untuk koreksinya.

dea_avion said...

Dea .
Oia lupa , congratz ya ka Lica !! Hmm lama2 iri juga nih , hehehehe . . tp urutan comment ga penting ah , yg pnting kualitas comment.nya , hahaha , ,

dea_avion said...

Oh gitu , tp td kka ngmong gini @Loet: tadi dibilang genit,sekarang dibilang jelek.Kasihan sekali nasib jersey Devil nya. , yg bilang genit kan kak hexaclor ka ? Ato cma d hbung2in aja ya ? Hehe

Anonymous said...

.eh, kug bs nyimpulin bgt si? (aq n kak loet org yg sm)
.nitip komen ke kak lica y (soalnya mw komen d blogny kak lica sulit bgt)
cerita2ny bgs, tp biar ga trkesan trlalu trgesa2, ada baiknya jika mnceritakan suasana dsekitar pelaku, hehe, tp aku ga bsa nulis cerita, cma bsa k0men.. :Dv.
.kak enig: :Dv
hexachlor

Anonymous said...

Myeyes0125

@anonin, sweet_ghost, dhehek (dea)
Wah, otak ku jadi ikut terkontaminasi dg pernyataan kalian. Dari siang tadi buka-buka blog lica soalnya.
Ehem.. Beneran bro Enig ada konspirasi nih? :P
Seperti artikel-artikel lica??

dea_avion said...

Dea .
@kak hexaclor : Eh iya maaf ka , soal.nya td ka enigma kan bilang "@Loet: tadi dibilang genit,sekarang dibilang jelek." nah yg bilang genit kan kka , jd dikira dea ka enigma tau kalo kka ama ka loet itu 1 , tp trnyta ka enigma cuma nyambung2in aja , maaf ya ka , , ^_^

Anonymous said...

Myeyes0125

Ohya, jadi ingat bro en..
Setiap kali comment, kenapa harus diulang klik "post comment" sampai 2x? Saya pikir cuma blog ini, ternyata tadi di blog lica pun sama saja. Di mana salahnya ya? Blog apa browser saya?

KraKen said...

Waduuh, saya gak bisa kasi komen (lagian siapa yang nunggu..wkwkwkwkwk), saya gak ahli dibidang Crypto, maklum belum ada ahli sains yang nulis tentang mahluk mahluk ini...

Yang jelas gak segagah Mahluk Mitologi...ngeri kalo ketemu dijalan nih, hati hati buat yang sering keluar masuk hutan....hiii

enigma said...

@myeyes0125: memang bs masalahnya dr browser. Biasanya mlh bisa gagal memberikan komen. Tp kalo direfresh, biasanya jd normal lg.

Anonymous said...

jadi inget Tazmania Devil niihh, mungkn gak ya didaerah jersey ada binatang khas seperti yang dideskripsikan diatas, kan bisa jadi, cuma penelitinya sulit untuk meneliti binatang itu karena binatang itu munculnya jarang2 dan belum ada usaha buat menangkap binatang itu (soalya pada takut duluan),
trus tulang2nya blm ketemu sampe sekarang, mungkin karena habitatnya sangat tersembunyi (dibilang tadi di dalam gua)
maybe....!!! kita kan gak tau apa yang ada di luar sana.

(D-dheque)

jacobian said...

cerita yg menarik.ini seperti kisah di harry potter ya?hehe...

Falseter said...

habis googlin Pine Barrens,bujug hutannya lebat banget ya pantesan muncul legenda kek gt.

Btw bro mengenai Decatour yg menembak dgn meriam apa bisa? Setau ane jaman segitu meriam masih gedhe dan berat, pasti sulit membidik obyek terbang. Apa jaman itu udah ada meriam panggul, wuih bisa jadi teori konspirasi baru nih

ikilobo said...

mungkin makhluk ini campuran antara grifin sama pegasus, hehehe..

Lica Lawliet said...

@hexachlor : 'nitip komen ke kak lica y
(soalnya mw komen d blogny
kak lica sulit bgt)' sulit gimana ni? Loadingkah? 0.oa

'cerita2ny bgs, tp biar ga
trkesan trlalu trgesa2, ada
baiknya jika mnceritakan
suasana dsekitar pelaku' iya, tp sy jg ga pandai menjelaskan.. Jd, seadanya gt deh.. Hehe -n,n-a
tp, sy bkal berusaha buat cerita yg bgus koq.. Hehe

@Myeyes0125 : 'Seperti artikel-artikel lica??' maksudnya? Seperti artikel2 sy? @.@'a

btw, makasih ya buat hexa dan myeyes udh nyempetin diri buat ngunjungin blog sy.. Terharu.. Hehe -n,n-v

Anonymous said...

itu anak pegasus kena busung lapar!kekurangan gizi..coba dikasih makanan bergizi empat sehat lima sempurna.,pasti tampangnya jd gagah dan berotot

Anonymous said...

antony said :
absen dulu ah.. setiap postingan bang enigma wajib and harus sy baca....

Anonymous said...

eh, btw, bangkai beruang aj jarang/ sulit ditemukan (kak enigma) apa lg bangkai ginian..
.kak lica, hehe, ni cm lwat hp, lemot klo bwt buka blogny kakak, tp klo buka blogny kak enigma engga lemot, knp y?
hexachlor

vhanz said...

kayaknya bukan Dimorphodon,, kan disebutkan bahwa jersey devil mempunyai kaki belakang mirip kaki bangau, terlihat di ilustrasi Dimorphodon kakinya menekuk kedepan,, sedangkan di ilustrasi jersey dan kaki bangau menekuk ke belakang

Anonymous said...

Dear E,

Membaca kisah ini, mungkin saja kalo waktu itu media lebih aktif seperti media gosip indonesia sekarang, pasti lebih banyak bukti tertulis yang bisa di temukan.

Keberadaan atau ketidak ada-an suatu hal, tidak bisa dijadikan bukti tentang eksistensi yang sebenarnya.

setuju ?

DeeLaBeLLe said...

Setuju sm aw3ng, jd inget sm jeepers creepers :D
lagian kok ada seorang ibu yg nyumpahin anakny jadi iblis -_-, kl ga mau punya anak banyak ya ga usah bikin lah ^_^v

Anonymous said...

agus edogawa

q prnah lihat brita d TVRI pd thn 1999,d tmukan kelalawar raksasa dgn lbr syp sktr 5m d dlm gua d tgh htn.q lp d derah mn. .tp yg pst d indonsia. .mgkn yg mreka mksd jersey devil mkhluk sjenit itu. . .

Zetta said...

Zetta's opinion
Ohayou gozaimasu
Wah'', sdah bnyk komenx, dri kmren sush komen

Btw, ternyata jersey devil ada ceritax, tdk hanya isu2 saja
Anothers, kog jd ingat kuda misteriusx d har pot yg biasa narik kereta tp kagak ada yg bsa liat kcuali org yg p'nah liat kmatian.

Lica Lawliet said...

@hexachlor : oww.. Hmm.. Kenapa ya? Duhh.. Gaptek sy soal beginian.. @.@a
mr.e, yg lain, ada yg tau? --'a

@ryo : ohya, iya.. Makasih ya.. Sy jd terharu.. Ga nyangka blog sy bkal ada penggemarnya.. Hehe >,<v

Anonymous said...

Contex said :

Muantaaap ka Enigma.. ternyata masih banyak yang makhluk yang aneh2 kayak gini.. syangnya gak ada yang sempat merekam makhluk tersebut... jadi penasaran dech pengen liat yang asli..

X-Zone said...

Waah bingung mau komen apaan ya...:)bis udh pada ditanyaiin hehehehe

aw3ng said...

@lica: maap, klupaan...heheheee.... Selamat, jd juragan pertamax yah...heheheee....

@DeeLaBeLLe : terimakasih atas persetujuannya...heheheee....klo bgtu yg kebangetan brarti bukan JDnya, tp ibunya...

@bro En : emmmm....maksud ane bgini bro, teruhlah dia berkepala kuda ; foto 1 dan 3 kayanya mendukung ; dari kepala smp leher mirip kuda...bayangan ane, otomatis kerongkongn jg mirip kuda dong (maksa)...masa menyalak, bukannya meringkik...??? msh penasaran ajah...hehehee...piss...
btw, foto 3 kynya lbih mirip kepala unta deh

Anonymous said...

hmm ada misteri apa antara om en,lica ama pertamax

Anonymous said...

yeeeee 100 besar
ditunggu postingan barunya yaaaa

dea_avion said...

Dea .
@ka Zetta : itu nama.a Thestral , yg di HP 5 kan ? Iya emg mirip , tp kaki dpn thestral sama dgn blkang.a trus sdkt bulunya(kalo ga slh) , trus ga ad tanduk , tapi sama2 nyeremin . . .

Anonymous said...

keren lah... wa paling suka sama yg nama nya makhluk2 aneh kya gtu... keep ur good work bro... enigma cool deh

Anonymous said...

kerennnnnnn postingnya.Bung..kalo" jengglot "bisa dikupasin ngga???itu jg fenomenal diindonesia.maturnuwun

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Iiih...makhlukx jelek yach,,gak kyk unicorn ato pegasus,,><...
Q br tau kalo di Amrik jg ada legenda 'konyol' kyk gtu...hehe,,tipikal cerita legenda Timur. Anak ke-13 jd makhluk aneh kyk kuda brsayap, tp bertanduk,,..
Kok kdengeranx dongeng bgtz yach...
Kykx ini cuma mitos stempat ajah...
1. Ceritax terlalu 'waah',,dongeng bgtz..
2. Wlwpun tokoh yg dsbut ada kyk keluarga Leeds, namun informasi pnting ttg kberadaan jersey devil kabur/gak jelas, gak bs dkonfirmasi...knapa gk bs dkonfirmasi y: apa bner anak ke-13 jd jersey devil??
3. Gak ada foto satupun yg bs dijadikan bukti kuat. Masak gak da satupun? Bhkn udah pake pngumuman sgala dkasih 10 rb dolar yach..xixixi,,bkanx
Pnduduk sharusx udh giat berburu jersey devil? Kalo prlu hutanx dijelajahi sama2..
4. Kykx deskripsi jersey devil beda2...kok bs? Apa didalam pelaporan pnampakanx brcmpur dgn imajinasi msing2 dr objek yg samar2?
5. Kykx bentuk fisik jersey devil gak fungsional. Badanx kuda,,yg pasti udah pasti berat. Utk bs trbg kykx perlu daya angkat yg besar bgtz dech..sdgkn pake sayap kyk burung aja blm tentu bs trbg, prlu sayap yg gede bgtz juga, biar ada daya angkatx...
Nah ini, sayapx mirip kelelawar lg yg pake membran,,kykx gak bkalan bs trbg dech..
Trus, karena tubuh kuda gk dirncang bwt terbg, aerodinamisx, tulang kuda beda ma tlg burung yg ringan,,kuda gak pnya pundi2 udara bwt membantu brnapas,, trus yg lucux lg,, ada yg blg kakix kyk kaki bngau,,xixi...bdanx segede kuda, kok kakix malah ringkih gtuh?? xixixi...patah dunks,,brjalan aja mgkn gak kan bisa..
Kalo nurut aq, tubuh jersey devil 'ngarang' bngetz dech..gk seimbang gtuh..intix Tuhan udh menciptakan makhluk hdup serinci mgkn, sbaik mgkn, dalam keadaan yg seimbang n proporsional yg tentux fungsional dunks,,...
6. Yg anehx lg, ada yg blg kalo jersey devil bs ada korbanx, kyk dmangsa gtuh...carax gmana yach? Dmakan? Khan kepalax kuda? Herbivora khan?
Atau jgn2 dtanduk yach..xixi...
7. Mngenai pnampakan thn 1909 sampai seterus2x..,,mgkn yach emg salah idntifikasi ajah, ato misinterpretasi yg dcampur sdkt imajinasi yg udh 'di-brainwashing' olh legenda jersey devil..
Knapa slh idntifikasi? Soalx deskripsi saksi2 yg 'katanya' melihat scr lgsung beda2...
8. Kalo lgendax udh ada sjak thn 1775, trus knapa br thn 1909 keliatan?? Ngumpet yach? Katax sih emg prnh mncul thn 1778,,tp khan 'katanya'...
9. Kykx kalo emg makhluk itu emg ada, knapa gk prnah kdengaran bberapa pnampakan skaligus d bbrapa tmpat yg brbeda..yg menandakan makhluk itu jmlx lbh dr 1, soalx kalo dia makhluk hdup bneran, harus brkmbg biak dunks? Gk mgkn dia sndiri ajah...

brsambung...^^

Anonymous said...

Smbungan...^^


10. Kalo dblg makhluk ini hsil mutasi, kok bs bersayap, n bs trbg lg..biasax kalo mutasix berat khan bs mati??
Lgpula kalo itu krn mutasi, smber pemutasix dr apa? Kalo radiasi, pasti udh bnyk bngtz makhluk2 yg aneh2 lg d skitar hutan ato daerah sana,, ato plg tdk ada pnduduk skitar sana yg jg ikut cacat..
Trus kalo krn mutasi,,apakah bs bkin spesies baru? Soalx utk brtahan ratusan tahun smpai thn 1909 kan yg plg msuk akal adlh krn makhluk itu brkembg biak. Jd pas awalx,,mutasi yg kbetulan itu brhasil bikin makhluk baru jersey devil, lgsg 2 jenis kelamin dunks, jntan n btina...xixixi..kbetulan yg luar biasa bgtz..udh kyk teori evolusi aja...
11. Kalo dblg itu adlh mata rantai evolusi yg hlg atau pndapat yg sjenis itulah, yawdah q gk menganggapx sbg jwbn, soalx q gk prcaya evolusi...krn dsamping bntukx yg gk fungsional, jg gk ngejelasin knapa jersey devil gak muncul skali bnyak, ato brkelompok, ato brsamaan d bbrap tmpat..soalx kalo bgtu dia khan makhluk hdup yg brkmbg biak jg..jmlhx mestix bnyak dunks...

Kmgkinan lain: makhluk gaib? Tp tmben koq d Amrik yach? Ato praktek sihir? Tp kok apa thn 1909 msyrkt Amrik msh kntal dgn magic? Kykx enggak dech...

@Om Enig:

''Karena adanya kelompok ini, Pine Barrens dianggap sebagai lokasi yang rawan dan berbahaya. Kombinasi antara persepsi dan imajinasi para penduduk sekitar mungkin telah membantu terciptanya legenda Jersey Devil.''

Aduh,,maav yach Om Enig,,apa aq aja yg lg eror..hehe..soalx dr kalimat diatas, seolah2 idex meloncat, gk konek gtuh..ato aq yg lg gk konek yach..?_?
Bs djelasin maxudx gmana ?_?

Ywdah dech..sgtu dulu ajah...soalx br itu yg kpikiran..^0^

Chriis...Naka,, main ksini dunks...T_T

Anonymous said...

buat bang enigma,bole minta tolong di posting peristiwa hilangnya anak-anak kecil yang mengikuti suara seruling hamilton?itu lho cerita rakyat inggris dimana hamilton berhasil ngusir tikus pake seruling.tp krn sang walikota tidak menepati janji utk membayarnya,akhirnya dia meniup seruling lagi dan diikuti para anak-anak kecil dan akhirnya mereka menghilang di kegelapan hutan.
siapa sih hamilton sebenarnya?ada rumor yg bilang kalo anak-anak tersebut diculik alien!!
ato mungkin memang cuma cerita rakyat biasa.
makasih

Anonymous said...

kayaknya dah lama engga posting..
ane tunggu2 neh..

Anonymous said...

@dee labelle:
kalo ga mau punya banyak anak
jangan bikin. hahaha saya baca
comment km jd ketawa geli.
niat hati sih inginnya ga punya
banyak anak namun apa daya
jaman dulu kan ga ada hiburan
tv/radio/film dll kayak sekarang.
satu2nya hiburan ya cuma BIKIN
ANAK hahaha
-bunda arkan-

X-Zone said...

Jadi JD ini intinya mahkluk apa dong?klo memang kelainan genetika yang disebabkan oleh radiasi kenapa bentuknya bisa melenceng begitu jauh dari kepala ampe leher kaya kuda,punya sayap n bisa terbang?bingung
atau hanya cerita yang dibuat-buat oleh penduduk sekitar saja?kayanya saya lebih percaya yang ini dech,dikarenakan dari kebanyakan saksi mata menyebutkan bahwa JD ada yang seperti inilah itulah,ga ada bukti otentiknya...

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

cough...cough.... cough...

@Brother E :bidan yang dibunuh si JD itu siapa namanya???

haha

Myhead 5012

Kinantihany said...

Wait a minute..
Ini bukannya kayak legenda Pegasus? :| Jadi awal legenda Pegasus dai Jersey Devil ya ?

499 said...

gak kayak kirin y? knpa dari sekian banyaknya orang melihat, tidak ada bukti foto sama sekali?

ilyas said...

bukannya makhluk itu juga diabadikan di Denver International Airport.?. hmmm.,.

Norman said...

Tidak ada bukti bukan brarti tidak ada keberadaannya. Emang harus bawa kamera kmana2? Bwt prsiapan siapa tau ktmu mahluk aneh....jyakakakakak. Namanya juga legenda. Bisa bener bisa kaga. Kalo semua harus ada bukti, bisa masuk penjara twuh mahluk....wkwk. Baru koment skarang. Sbelumnya baca semua postingan dulu.
Blog mantav suratav.....

anakkucing said...

wow.. myheart2105, nice argument sis..
"hehe,,tipikal cerita legenda Timur. Anak ke-13 jd makhluk aneh kyk kuda brsayap, tp bertanduk,,.."
tp saya kurang paham maksud yg ini.. ada yah legenda timur ttg anak ke-13 jadi makhluk aneh ky kuda bersayap tp bertanduk? hehehehe..
maklum, referensi dongeng saya kurang banyak sis.. >.<;

oh ya, sedikit nanggapin bole ya sis.. hehehe..
2. bukankah sudah dikonfirmasi? kata mereka, anaknya benar adalah jersey devil: "bayi itu segera berubah bentuk menjadi makhluk aneh dengan kepala berbentuk kuda bertanduk dengan dua sayap seperti kelelawar dan ekor panjang yang ujungnya seperti garpu"
6. saya lebih percaya chupacabra adalah pelaku penyerangan terhadap ternak tahun 1840 atau 1841 itu, hehehehe..
8. bukan baru muncul pada tahun 1909, tapi kemunculannya pada tahun 1909 lah yg paling menghebohkan..
sebelum2nya perna muncul juga kan, selain tahun 1778, juga perna muncul di tahun 1820.. dan kl emg benar jersey devil adalah penyerang ternak2 tsb, maka muncul juga di tahun 1840 dan 1841..
9. menurut saya, ndak bisa berkembang biak.. karena memang asal-usul terjadinya adalah karena kutukan.. kalo lebih dari satu, berarti ada anak2 lain yg juga dikutuk menjadi iblis..
jadi bukan hewan, kalo katanya dikutuk menjadi iblis dan memang menjadi iblis, yaa gitu deh.. alone en la vida.. :p
10. hehehehe, menurut saya tidak bisa dibilang hasil mutasi.. selain dari asal-usul terjadinya jersey devil ini, saya setuju dengan semua penjabaran kamu sis..

selebihnya saya sangat setuju dengan kamu.. ^^

oh ya, soal ini: ''Karena adanya kelompok ini, Pine Barrens dianggap sebagai lokasi yang rawan dan berbahaya. Kombinasi antara persepsi dan imajinasi para penduduk sekitar mungkin telah membantu terciptanya legenda Jersey Devil.''
mungkin analoginya sama seperti legenda kraken..
desas-desus jersey devil dimunculkan sedemikian heboh agar tidak ada yg mendekati pine barrens..
CMIIW

@Kinantihany, bukan.. legenda pegasus itu adalah mitologi yunani.. ndak ada hubungannya dengan ini..
klpun ada, kemungkinan besar, jersey devil lah terinspirasi dari situ.. ^^

@ilyas, ~,~" bukan.. yg di DIA itu ndak ada sayapnya..

anakkucing said...

@499, karena pada saat itu, kamera masih blum secanggih sekarang..sukur2 kl uda ada, hehehehe..
dan mereka melihatnya tidak pada saat yg direncanakan, jadi ngga sedang pegang kamera.. lagipula, sepertinya ngga ada yg memang berniat mencari jersey devil ini, sehingga tidak ada bukti otentik berupa foto.. paling banter adalah ilustrasi/ sketsanya saja..

enigma said...

@Falseter: memang susah menembak benda terbang dengan kanon. Saya juga tidak jelas bagaimana cara mereka menembaknya.

@Anonymous yang berkata:
"Keberadaan atau ketidak ada-an suatu hal, tidak bisa dijadikan bukti tentang eksistensi yang sebenarnya."

Saya setuju, tapi saya juga setuju sebaliknya, yaitu keberadaan atau ketidak ada-an suatu hal tidak bisa dijadikan bukti tentang ketidakeksistensi yang sebenarnya. :P

enigma said...

@Myheart2105: saya rasa soal foto, kita bisa memaklumi karena pada tahun 1909 kamera mini belum ada. Lalu pada tahun 1909, Amerika dan Eropa masih terdapat banyak tukang sihir. Dan Amerika Serikat pada tahun2 itu masyarakatnya cukup religius sehingga percaya dengan hal-hal gaib seperti itu adalah hal yang biasa.
Soal bentuk, saya setuju, bisa saja deskripsi Jersey Devil bercampur dengan persepsi para saksi sehingga jadi berbeda-beda.
Soal yang nggak konek, kalimatnya sdh saya perbaiki sedikit. Mudah2an jadi konek.

enigma said...

@Myhead 5012: saya tidak tahu nama bidan yang dibunuh Jersey Devil.

@Anakkucing: Hehehe. Benar-benar jeli.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Hurray ^0^ dtanggapi sm anakkucing n om Enig ^.^

@anakkucing:

1. ''tp saya kurang paham maksud yg ini.. ada yah legenda timur ttg anak ke-13 jadi makhluk aneh ky kuda bersayap tp bertanduk? hehehehe.. ''
--Maxudx cerita ttg manusia yg brubah jd makhluk aneh atw kena kutukan gituh atw yg ceritax waaah gtuh..huhu..gmana y bilangx..^^
kyk si ular putih, maling kundang,,lutung kasarung, danau toba, bla..bla.,aduh,,maav y kalo salah..tp ngerti khan?..hehe :p

2. ''2. bukankah sudah dikonfirmasi? kata mereka, anaknya benar adalah jersey devil: "bayi itu segera berubah bentuk menjadi makhluk aneh dengan kepala berbentuk kuda bertanduk dengan dua sayap seperti kelelawar dan ekor panjang yang ujungnya seperti garpu"

--maxudx yg konfirmasi itu bkan ''KATA MEREKA anaknya benar adalah...'', tp maxudx sumber yg lain yg mnegaskan kbenaran cerita itu,,so bs di-cross check gtuh..bkan hnya dr 1 smber sj: ''kata mereka...''

3. ''6. saya lebih percaya chupacabra adalah pelaku penyerangan terhadap ternak tahun 1840 atau 1841 itu, hehehehe.. ''

--yuppy^^ q s7 ajah..^^ mgkn emg org2 itu yg trlalu lebay,,mngait2kanx dgn JD..tp mgkn tetep aja ada kmungkinan krn hwan buas lainx yg slh idntifikasi ato misintrpretasi, n dicocok2in sm JD..^^

4. ''8. bukan baru muncul pada tahun 1909, tapi kemunculannya pada tahun 1909 lah yg paling menghebohkan.. ''

--eh, maxudx gtuh..yg plg mnghebohkan..td q mikirx mgkn aja yg thn 1820 atw 1778 itu cm dikarang2 aja atw asal klaim aja: si anu mlht itu bgni-bgtu, si ani mlht itu bgni-bgtu...so, gk bs dkonfirmasi kbenaranx..kalo yg thn 1909 itu kykx emg bneran,,kalo mau dtelusuri balik, saksi2x bnyak..itu makax aq nulisx pnampakan yg dklaim JD itu mncul thn 1909...huhu..aneh bin ribet yach..? xixixi..maav :p

5. Nah yg ini bs dkategorikan kmgkinan yg lain, lgkp dech..^.^ :

''9. menurut saya, ndak bisa berkembang biak.. karena memang asal-usul terjadinya adalah karena kutukan.. kalo lebih dari satu, berarti ada anak2 lain yg juga dikutuk menjadi iblis.. ''

--Tp konsekuensix dgn kutukan itu dia brumur pnjg skitar 250 thn. N perubhan fisikx fungsional..yg gk q s7, dgn bntuk fsik kyk gtuh..sharusx dia gk bs trbang atau mgkn gk bs brjalan...kecuali kalo ada magic2 yg trlibat..^^

6. ''10. hehehehe, menurut saya tidak bisa dibilang hasil mutasi.. ''

--yuppy,,q jg brpndapat yg sama ^0^ udh q jelasin knapa...
S7 ma om Enig,, anakkucing jeli yach^_^

@Om Enig:
Oh iya yach om E,,kykx thn sgtu blm ada kmera yg bs dtenteng2 gtu yach..
Kalo yg relegius jd prcya akan hal2 gaib, mgkn maxudx pnjelmaan setan gtuh yach ato mgkn jg kutukan? Ato kalo dianggap sihir2 msh ada, brarti mgkn itu brhubungn ma praktek sihir dunks..tp kykx para ahli lbh suka pnjelasan yg non-religius, wlwpun diantarax kykx ada yg agak dpaksakan..xixi..^.^
Oh tulisanx udh diedit yach...waah q jd mrepotkan..hehe ^^
Tp om Enig,, kmgknan yg dblg anakkucing kykx jg bs,,mgkn legenda itu emg SENGAJA dibuat dgn TUJUAN mlindungi Pine Barrens, soalx:

''tempat itu menjadi tempat favorit bagi mereka yang mencari perlindungan, termasuk para pemberontak keagamaan, buronan hingga para desertir militer.''

Nice post om E^0^

aw3ng said...

@anakkucing: emm...jd skr numerasi g harus urut yah...???
....
2.
6.
8.
9.
10.
...or edit bro En...??? heheheee...

enigma said...

Aw3ng, numerasi yg tdk berurutan itu adl rujukan dr poin2 myheart2105. Jd bkn dilompati oleh anakkucing atau sy edit.

Anonymous said...

Bisa aj bidanny meninggal gr2 penyakit jantungny kumat gr2 kaget liat anakny yg keluar jd monster.
Hahahahaha

DeeLaBeLLe said...

@bunda arkan: hehehe... iya ya, jaman dulu ga da hiburan, hiburanny cm istri doang, makany org dulu anakny banyak2 (termasuk kakek nenek saya) hihihi

Anonymous said...

Krisna:
hai semua ^^
buat bung E: ada yang mengganjal di pikiran saya "Legenda mengatakan, ketika bayi itu lahir, awalnya semua terlihat normal. Namun kemudian bayi itu segera berubah bentuk menjadi makhluk aneh dengan kepala berbentuk kuda bertanduk dengan dua sayap seperti kelelawar dan ekor panjang yang ujungnya seperti garpu"
Meskipun hanya legenda, tapi apa bisa bayi yang awalny lahir biasa, berubah jadi mahluk Jersey Devil? ada kemungkinan kan, anaknya yang asli begitu lahir ketuker (atau dituker ) by somebody sama mahluk ini?
thks sebelumnya ya, Blog ini bagus banget, slain menambah wawasan, saya suka gaya bung enigma dalam menyampaikan isi dari blog ini. You are kind of wise man, one in a million ^^
*Penggemar baru *

enigma said...

@krisna: kalau legenda sepertinya tdk ada istilah mungkin atau tdk. Transfigurasi pun adl hal biasa dari sebuah kisah legenda. Misalnya malin kundang yg berubah jadi batu, atau manusia yg bisa berubah jadi harimau atau hewan lain. Tp memang selalu ada kemungkinan kalau sebuah kisah legenda telah mendapatkan tambahan bumbu cerita disana sini.

Anonymous said...

by:agus
makhluknya memang menyeramkan,
tapi anehnya dia tidak menyerang manusia,

ketemu sama sopir taksi,
dia tidak meyerang tapi hanya menyapa saja,
ingin menyampaikan sesuatu kali
mungkin saja dia adalah manusia yg bermutasi.
atau penyihir,
jadinya hanya menyerang hewan saja.

bila dia adalah hewan,
dengan diskripsi mendekati hewan buas,
dengan instingnya pasti akan menyerang manusia yg sendirian, karena secara fisik ukuran tubuhnya sama atau lebih besar dari manusia,

Ular yg termasuk hewan buas akan berani menyerang manusia apabila menurut ular tersebut dia akan mampu memakannya, atau dia diganggu.

Anonymous said...

horee pertamax
yesh.. yesh.. yesh.. yesh..

wiro sableng 212

Anonymous said...

menurut gue sih ini akal-akalan pemerintah amrik dalam program kb, jadi mereka membuat mitos macam bgini... kalo ada mitos bgini kan jadi orang2 takut punya anak banyak... hahahaa....

Anonymous said...

KiRei

wah artikel baru bung.E
sy blum prnh dngr cerita ttg makhluk yg namanya jersey devil.
sya stuju, itu mkhluk yg mengalami perubhan genetika.
atau klw me dikaitkan dgn mistis, mgkn dukun atau ilmu hitam.. heu heu sptnya org dulu bnyk yg ska mnganut ilmu hitam, spt suku voodo.

bung E prnh tdk mmbhas ttg kota yg hilang ?
sptny sy trtarik dgn pnjelajahan atw artefak ^^

anyway, reader dsni ramah2.
slm knal dsni smw yaaaaa^^

Vahn Saryu said...

bung enigma sekarang kok jarang posting crop circle? kenapa bro?

maylatunsari said...

menarik sekali dan memang kalo ada monster seperti itu,klo emg krn sihir, mungkin kya leak di bali ya,ktanya kan krn ilmu klenik,hehehe

nice post ^^

LIGHT said...

mr. enigma, bisa liat blog saya gak? klo bisa di komen, di kasih kritik n saran

baru bikin soalnya
hehehe

Anonymous said...

Mr.Ryu.Z said...

Lagi2 kisah ibu yg mengutuk anaknya.... Whew, drpd dikutuk gtu, mending dikasihin ke orang laen, bwt diadopsi... Salah sndiri seh, klo g mw pnya anak lagi, ya KB dunk, ato gmn kek caranya, "puasa" dunk... Hwehewhew... Tul gak? Klo maen kutuk aja, malah bikin susah orang..
Btw, nice article bro Enig...

Anonymous said...

Chris Alim Mindfreak said...

Anak kena kutuk dari sang bunda...
Bukan salah bunda mengandung...
Bukan salah tuhan berkehendak...
Tiap anak dilahirkan di dunia dlm keadaan suci tanpa dosa, tp sudah di ubah oleh kutukan bunda hingga mjd mahluk dr neraka...
Kelak dia akan menyeret bunda yg mengutuknya tuk menemaninya di panasnya api neraka...
Smoga tuhan mengampuni keduanya...

acheron said...

kalau menurut saya, jersey devil itu... mungkin hasil eksperimen. karena, bang enigma bilang tadi daerah tadi itu terisolasi, jadi mungkin saja hasil eksperimen... umm... hybrid, karena jersey devil itu menurut saya seperti bangau, hanya saja mukanya seperti operasi plastik, dan mengenai kenapa bisa terjadi bertahun tahun, mungkin jersey devil itu spesies baru atau mutasi massal yang hidup lama

CMIIW

enigma said...

@Vahn: Lagi nunggu yang mantep. haha.

@Lisght: ok, saya pasti mampir.

namelessorder said...

Apa Jersey Devil cuma muncul di New Jersey? Atau jangan-jangan dia tau batas wilayah? Punya GPS mungkin? Atau mungkin cuma penduduk New Jersey aja yang memegang teguh mitos ini.

Ryo said...

Namanya aja Jersey devil.
pasti nongkrongnya di new jersey.
kalau namanya jakarta devil.
ya nongkrongnya di jakarta.
tazmanian devil.
tongkrongannya juga di tazmania.
klo jogja devil.
pasti nongkrongnya juga di jogja.
entah itu malioboro,alun2 ataupun Sarkem.
wakakakakaka
pisssss ..
otak saya lagi konslet.
sakit gigi gag sembuh2.

^_^

Anonymous said...

lAND lORD lAWIE

BOSS,

SUDAH CEK YANG INI

http://bit.ly/kemang

Ryu said...

saya setuju bahwa mungkin saja makhluk Jersey Devil itu adalah pterosaurus,,,,

Anonymous said...

Artikel yg bgus bro, tp bnarkah yg mlahrkan jd ito pnyhir ya, kyakny ga mgkn deh msh ada lgenda2 pnyihr kyk gto pd wktu itu??!!
Once m0re Bro enigma, gmana sich cranya bwt artikel plg populer kyk di sidebar blog enigma ini???

enigma said...

Sebenarnya bro, sampai skrg, amerika msh tercatat sbg negara barat dgn jml penyihir terbanyak lho. Apalagi abad 18. Soal artikel terpopuler, itu buatnya manual. Kalo mau widgetnya, km bs search di google dgn mengetik kt kunci "most populer widget".

Anonymous said...

Kalo bwt manual, bro enigma bertolak dr mana utk memilih artkel yg bnar2 pop, apkh dr jmlh bnyk komen ato menarikny isi tulisan?

enigma said...

Betul sekali. Kalau menggunakan widget, dia pun akan otomatis menyusunnya berdasarlan jml komentar terbanyak. Saya menggunakan sistem manual cuma untuk mengurangi penggunaan javascript.

Anonymous said...

Dea .
Ka enigma , diatas kan kka bilang ''Sebenarnya bro, sampai skrg, amerika msh tercatat sbg negara barat dgn jml penyihir terbanyak lho ...''
brarti di amerika masih ada penyihir gtu ? Oia , kka sndri percya ga adanya penyihir ? Thx kaaa =)

enigma said...

@Dea: Di amerika serikat, diperkirakan ada sekitar 130ribu orang. Angkanya berbeda2 tergantung sumber, namun yang pasti, aktifitas sihir cukup marak di Amerika. dan tentu saja saya percaya kalau yang namanya sihir atau penyihir itu masih ada.

Anonymous said...

STR said .........

Bro. E , penyihir yang bro sebut diatas itu seperti dukun di Indonesia, ya? Atau orang-orang yang melakukan ritual-ritual setan? Atau jangan-jangan seperti dalam film Harry Potter ! Hahahaha yang terakhir gak mungkin kali ya....

enigma said...

@str: justru yg di amerika itu yg kyk di film harry potter. Haha. Mereka adl penganut wicca yg sering dikaitkan dgn penyihir modern. Ritualnya dijalani, tp soal apkh mrk punya kemampuan spt harry potter, saya tdk tahu.

Anonymous said...

Ariel 10 said...
hah mahluk yang terlihat kejam. *_*

Anonymous said...

Dea .
Waw ! Keren dea bner2 kget ma angkanya ka ! Wuiih . .
Ka kalo gtu dea request ttg penyihir ato sihir dong kaa , tmbah pnasaran nih , ,
hehehe

Anonymous said...

Kalo Leeds Devil, baru dengar tuh. kalo RED Devil, Itu Rooney Cs, mungkin Leeds Devil = gabungan Leeds United ma MU kali

Kaega Agachi said...

Hemmm..kayaknya dari yang saya baca di atas ga ada tentang laporan si Jersey Devil menyerang manusia ya? tapi manusia yang menyerang si Jersey Devil. Ga da laporan klo si Jersey Devil balik membalas, tapi langsung kabur setelah diteriaki ato dipukul. Apa saya yang melewati bagian Jersey yang menyerang manusia dari artikel di atas ya, Bang Enigma? klo benar2 ga ada kasian banget si Jersey. Berrt ga ada sisi Devilnya dong..(n_n)..

KraKen said...

Meskipun saya gak bisa menganalisa disini, tapi ternyata 26 pembaca telah landing di blog saya melalui halaman ini,...terima kasih semuanya, terima kasih.

Reza Winandar said...

Kalo sampe ribuan orang diteror, kemungkinan besar memang benar adanya. Terkadang, hal-hal seperti ini memang benar-benar eksis.

perjalan mencari kebenaran said...

Ketinggalan neeh update postingan :D... solanya lagi ada yang bikin sibuk sangat.

baru berani komentar juga... heheh
tapi masih bisa kekejar.. hehehe

Neeh blog saya New bie...

mosting masalah kebohongan2 juga.. tapi khusus masalah dalam Islam..

Nakashima said...

Jadi ada 2 kemungkinan?
Pertamax, ini cuma mitos ajah, agree with Sweety, you're girl of the match. Lengkap analisis sana sini haha XD
Keduax, JD adlh wujud praktek sihir. Wicca contohnya. Kalau gak salah Wicca jg adlh agama/kepercayaan yg ada di AS, yg kental berhubungan dgn sihir. Tapi kenapa tdk ada Wiccan yg terbuka thdp hal ini? Aneh juga...menurut sy, ditengah kecaman sesat oleh ajaran Kristen di AS, Wicca tetap gak gentar dan exist..tp koq tentang JD mereka gak ada yg mengaku?
Haha itu kalau emang Wiccan pelakunya...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Naka:
Eh, bs jg wicca yach...umm,,masa sih? Soalx lgendax gk mnyinggung wicca sm skali...
Trus, kalo dgn kmampuan sihirx brubah jd burung atw kelelawar kykx sih bisa2 aja, n gk diraguin lg kalo bs trbang,, tp kalo JD? Scr bntuk ajah udh mstahil bs trbg...
Tp, mgkn ada yg blg..kalo pke sihir,,bntuk apapun mgkn gk mslh..xixi..kalo gtuh,,yach q gk tau jg..^.^

Hay'iia Alvinoszta said...

ech...nie.blognya.reva.tha....???postingnya.bguz"...i like it...lontong dki jga ...ma Mr.b1m4p di copaz"...!!hhahahahaha *Pemberitahuan*

debby said...

selalu, aja gw lambat baca nya,,,;(
tp emang bnr2 aneh ya.. mnurut gw si hal2 aneh ky gni bisa aja emg bnr3 tjadi.. krna ga smua hal bisa kita temui secara langsung

Anonymous said...

keren bro...

jadi pengen cerita sedikit pengalaman pribadi tentang makhluk misterius nih gw.

jadi waktu sekitar tahun 1994 pas gw smp, ada temen yang ngajak buat maen kerumahnya. Dia bilang kalo bapaknya pas subuh nangkep makhluk aneh. Jadi gw sama beberapa temen akhirnya maen kerumahnya. Dan akhirnya kita pas dirumahnya itu dibawain toples permen yg bulet yg diisi air (dibilangnya c air buat ngawetin) dan ada makhluk aneh gitu disitu....

Walau airnya ngga jernih bgt tapi kita semua masih bisa liat dgn jelas makhluk didalemnya bahkan sempet gw puter2 tuh toples biar bisa liat lebih jelas struktur tuh makhluk....

Bentuknya tuh bener2 aneh, hampir mirip dgn ilustrasi jersey devil yg pertama kali dibuat...makhluk itu mungkin ukuran tingginya kurang lebih 20-30 cm, kulitnya putih bersih kaya kulit bayi, bahkan sampe bisa kliatan jelas urat2nya, kepalanya mirip sama anjing dengan sedikit dua tonjolan di dahinya (yah semacam tanduk kecil gitu), tangannya keliatan dgn beberapa jari dgn kuku yg agak runcing, dan kakinya tuh seperti kaki kuda ato kambing gitu....

sayangnya waktu itu belum jamannya HP ada kamera, jadi ngga sempet foto2....hehehe. Sampe sekarang gw masih bingung sama itu makhluk dan belum nemuin makhluk dgn ciri2 seperti itu...

Anonymous said...

gambar ke-2 kaya'nya lagi busung lapar nich....~!!!

X said...

Jadi pengen bikin cerita fiksi tentang si Jersey Devil nihh, maklum, komikus amatir...

Post a Comment