Saturday, June 19, 2010

Legenda Mermaid dan Merman dari masa ke masa

Salah satu misteri terbesar di dalam dunia Cryptozoology adalah makhluk setengah manusia setengah ikan yang disebut Mermaid atau putri duyung. Karena karakternya yang aneh, makhluk ini kemudian lebih sering dikaitkan dengan hal mistis ketimbang sains.


Mermaid adalah sebuah istilah yang diberikan kepada makhluk air yang memiliki tubuh dari pinggang ke atas seperti perempuan sedangkan pinggang ke bawah seperti seekor ikan. Walaupun kita hanya pernah mendengar makhluk ini dari sekumpulan dongeng, keberadaan makhluk ini bisa dilacak di dalam literatur hingga 2.000 tahun yang lalu.

Kata Mermaid berasal dari kata Mere yang berarti Laut (dalam bahasa Inggris kuno) dan kata Maid yang berarti perempuan. Jadi, makhluk yang disebut sebagai Mermaid adalah makhluk setengah manusia setengah ikan yang berjenis kelamin perempuan, sedangkan yang berjenis kelamin pria disebut Merman.

Dalam dongeng, makhluk ini disebut suka duduk di atas batu di dekat pantai, bernyanyi, memegangi cermin sambil mengagumi kecantikannya sendiri. Nyanyiannya disebut mengandung kekuatan mistis sehingga manusia yang mendengarnya akan terpesona hingga tewas karena tenggelam.

Di Cornwall, Inggris, ada sebuah batu yang disebut sebagai batu Mermaid karena seekor Mermaid disebut pernah duduk di atas batu itu dan bernyanyi hingga menyebabkan seorang nelayan lokal bernama Matthew Trawella tewas karenanya.

Mermaid dalam kebudayaan bangsa-bangsa
Kisah pertama mengenai makhluk ini bisa dilacak hingga tahun 1.000 SM di mitologi Assyria. Dewi Atargatis, ibu dari ratu Semiramis, disebut jatuh cinta kepada seorang gembala dari kalangan manusia yang fana. Suatu hari, tanpa sengaja, sang dewi membunuh gembala itu.

Karena sedih, Atargatis mencoba bunuh diri dengan terjun ke danau untuk mengambil rupa seekor ikan. Tetapi, sang danau menolak untuk menyembunyikan kecantikan yang dimiliki sang dewi. Jadi ia hanya mengubahnya menjadi ikan dari pinggang ke bawah.

Kisah dari Assyria ini mungkin menjadi dasar munculnya legenda mengenai mermaid di seluruh dunia.

Dalam bukunya yang berjudul Curious Myths of the Middle Ages yang terbit tahun 1884, ahli kisah rakyat bernama S. Baring Gould percaya kalau kisah mermaid dan merman bermula dari kisah dewa atau dewi setengah ikan di agama-agama purba.

Dewa Oannes dari Khaldea dan Dewa Dagon dari Filistin memiliki rupa seperti Mermaid. Dewa Coxcox dan Teocipactli dari Mexico juga memiliki rupa setengah ikan. Legenda Indian Amerika bahkan menyebutkan kalau mereka dibawa keluar dari Asia oleh manusia ikan. Dari semuanya, mungkin yang paling terkenal adalah dewa Triton dan Dewi Siren dalam legenda Yunani kuno yang juga memiliki tubuh setengah ikan.

Selain Eropa dan Timur tengah, kisah mengenai makhluk ini juga bisa dijumpai di mitologi di berbagai negara di Afrika dan Asia.

Di Afrika, makhluk serupa Mermaid disebut Mami Wata yang dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit dan membawa keberuntungan bagi mereka yang mengikutinya.

Dugong dan Manatee
Kebanyakan peneliti tentu saja menganggap keberadaan makhluk-makhluk seperti Mermaid sebagai hoax. Sebagian lain menganggapnya sebagai salah identifikasi. Tersangkanya yang paling utama adalah hewan yang masuk ke dalam golongan Sirenian, makhluk air herbivora yang berdiam di sungai dan laut.

Dua makhluk yang tergolong ke dalam Sirenian diantaranya adalah Dugong dan Manatee. Kedua makhluk ini memiliki adaptasi yang luar biasa di dalam laut. Walaupun terlihat gemuk, namun dalam beberapa pose, makhluk ini bisa dikira sebagai Mermaid. Misalnya, ketika mereka menyusui bayi, mereka akan menggendongnya di dada sehingga bisa dikira sebagai dada seorang wanita oleh para saksi yang menyaksikannya dari kejauhan.

Dugong


Manatee

Walaupun sepertinya banyak yang sepakat dengan identitas Manatee atau Dugong sebagai Mermaid, namun, ketika kita meneliti catatan sejarah, kita bisa menemukan berbagai kesaksian yang sepertinya mengkonfirmasi perjumpaan dengan makhluk yang benar-benar serupa mermaid atau merman (bukan Dugong atau Manatee).

Penampakan Mermaid dalam sejarah
Pada tahun 558 Masehi, Disebutkan kalau seekor Mermaid berhasil ditangkap oleh seorang nelayan di Irlandia. Mermaid itu kemudian dibawa ke desa dan dibaptis oleh para penduduk. Tidak lama kemudian, makhluk itu mati.

Lalu, seorang biarawan bernama Ralph Coggeshall pernah menceritakan kalau seekor Merman pernah ditangkap oleh para nelayan di Suffolk pada tahun 1187. Makhluk itu tidak dapat berbicara dan segera dibawa ke desa untuk diperiksa. Bahkan setelah disiksa, makhluk itu masih tidak menunjukkan tanda-tanda kalau ia bisa berbicara. Merman tersebut kemudian dipenjara untuk beberapa lama di kastil Orford. Namun ketika penduduk desa hendak memandikannya di laut, ia berhasil melarikan diri.

Masih pada abad ke-12, Speculum Regale dari Islandia mencatat adanya penemuan seekor mermaid di dekat Greenland.
"Makhluk ini terlihat seperti seorang wanita dari pinggang ke kepala. Dadanya juga terlihat persis seperti seorang wanita. Lengannya panjang dan rambutnya halus. Leher dan kepalanya juga menyerupai manusia. Dari pinggang ke bawah, makhluk ini memiliki ekor seperti ikan dengan sisik dan sirip. Makhluk aneh ini terlihat setelah badai besar melanda."
Menurut legenda Islandia, merman juga pernah ditangkap pada tahun 1305 dan 1329.

Perjumpaan dengan mermaid bukan hanya dialami oleh para nelayan lokal atau penduduk awam.

Christopher Colombus disebut juga pernah berjumpa dengan makhluk ini pada tahun 1493.

Colombus sedang berada di lepas pantai Haiti ketika ia melihat ada tiga ekor mermaid yang muncul dari dalam laut ke permukaan. Menurutnya, ketiga makhluk itu tidak secantik seperti yang sering digambarkan, bahkan menurutnya, wajah ketiga makhluk itu terlihat seperti pria.

Kemungkinan Columbus melihat tiga Merman, bukan mermaid. Namun banyak orang yang percaya kalau Columbus hanya menyaksikan tiga ikan Duyung (manatee), makhluk air yang memang sering terlihat di Karibia.

Penjelajah terkenal lainnya, Henry Hudson juga pernah mencatat perjumpaannya dengan Mermaid pada tahun 1608.
"Pagi ini, salah seorang rekan kami melihat seekor Mermaid dan ia segera memanggil rekan-rekan lainnya untuk turut menyaksikannya. Dari pinggang ke atas, punggung dan dadanya seperti seorang wanita. Tubuhnya sama besar seperti salah seorang dari kami. Ketika makhluk itu menyelam ke dalam air, mereka bisa melihat ekornya yang terlihat seperti ekor lumba-lumba yang memiliki pola seperti ikan mackarel. Rekan kami yang menyaksikannya bernama Thomas Hilles dan Robert Rayner."
Pada tahun 1614, penjelajah terkenal lainnya bernama John Smith (yang kita kenal lewat film Pocahontas) juga mengaku melihat Mermaid. Ia menyebutkan kalau makhluk itu memiliki wajah cantik, mata yang bulat, hidung mancung dan rambut hijau yang panjang. Ia menyebut mahluk itu "Sangat cantik".

Nah, ini membuat kita bertanya-tanya. Lihat, foto Manatee di bawah ini sekali lagi.


Jika kalian melihat makhluk seperti ini di lautan, Apakah kalian akan mengidentifikasinya sebagai seorang perempuan cantik?

Apakah John Smith berbohong? Ataukah ia harus segera membuat janji dengan dokter mata?

Pada tahun 1531, seekor merman disebut ditangkap di Laut Baltik dan segera dikirim ke Sigismund, Raja Polandia, dan makhluk ini kemudian dipamerkan ke seluruh pejabat istana. Makhluk ini hanya sanggup bertahan hidup selama 3 hari.

Pada tahun 1560, seorang nelayan dari pulau Mandar di Ceylon disebut berhasil menangkap 7 ekor Merman dan Mermaid. Peristiwa ini disaksikan oleh biarawan Jesuit bernama M.Bosquez, seorang dokter yang bekerja untuk penguasa setempat.

Bosquez kemudian melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada 7 makhluk itu, membedahnya lalu menemukan kalau makhluk itu memiliki struktur internal dan eksternal yang menyerupai manusia.

Pada tahun 1755, Erik Pontoppidan, uskup Bergen yang juga seorang naturalis, menerbitkan sebuah buku berjudul New natural History of Norway yang di dalamnya menceritakan mengenai peristiwa penampakan merman yang disaksikan oleh 3 pelaut dari atas kapal di pantai Denmark, dekat Landscrona. Para pelaut itu berani bersumpah kalau mereka tidak berbohong.

Pada tahun 1785, William Munro, bahkan melaporkan penampakan Mermaid yang sangat mirip dengan dongeng yang sering kita tonton. Mungkin kisah Munro telah menginspirasi karakter mermaid yang sering kita tonton di Film-film.
"Perhatianku tertuju pada sosok yang menyerupai seorang wanita telanjang yang sedang duduk di atas batu sambil menatap lautan lepas. Sepertinya ia sedang menyisir rambutnya yang panjang dan tebal. Ia masih berada di batu itu 3 atau 4 menit lamanya."
Pada tahun 1830, seekor mermaid disebut ditemukan di pantai Benbecula di Outer Hebrides, Skotlandia.
"Bagian atas tubuhnya menyerupai tubuh seorang anak kecil berumur 3 atau 4 tahun. Namun dadanya besar seperti dada wanita dewasa. Rambutnya panjang dan mengkilap sementara kulitnya putih dan halus. Tubuh bagian bawahnya menyerupai ikan salmon, namun tidak memiliki sisik."
Menurut catatan Carmina Gadelica, makhluk itu sebenarnya masih hidup ketika pertama kali ditemukan, namun penduduk desa berusaha menangkapnya dengan cara melemparinya dengan batu sehingga ia tewas karenanya. Sesepuh desa bernama Duncan Shaw kemudian membuat sebuah peti mati kecil untuknya dan memberikan upacara penguburan cara kristen untuk makhluk itu.

Sepertinya sulit membayangkan kalau penduduk desa memberikan upacara penguburan seperti itu untuk seekor manatee atau dugong.

Pada tanggal 4 Juni 1857, dua nelayan dari Skotlandia juga mengaku melihat Mermaid. Mereka menulis di Shipping Gazzette:
"Pada hari kamis tanggal 4 Juni 1857, kami sedang bersiap untuk pergi menangkap ikan. Ketika kami berada 4 mil dari Port Charlotte, saat itu sekitar pukul 6 sore, kami melihat sebuah objek aneh di jarak 6 yard. Objek itu memiliki bentuk seperti seorang wanita dengan dada yang besar. Wajahnya elok dan rambutnya panjang melewati bahunya. Makhluk itu muncul di air dan menatap kami sambil menggoyangkan kepalanya. Kami menyaksikannya sekitar 3 atau 4 menit lamanya."
Penampakan Mermaid lainnya yang cukup ternama terjadi pada tahun 1917.

Pada tahun itu, sebuah kapal bernama Leonidas berlayar dari New York menuju Le Havre di Perancis. Dalam perjalanannya, para kru kapal menyaksikan makhluk serupa mermaid sedang berenang di samping kapal itu selama enam jam. Sesekali makhluk itu menampakkan kepalanya ke atas permukaan air, setiap kali selama kira-kira 15 menit sehingga para kru kapal bisa melihat rupanya dengan jelas. Makhluk itu disebut memiliki rambut panjang berwarna hitam dengan tubuh setengah manusia dan setengah ikan. Semua kru setuju kalau makhluk itu adalah mermaid.

Tentu saja akan sangat susah jika mengatakan kalau sejumlah kru kapal yang terbiasa di laut tidak bisa membedakan antara Manatee dan Mermaid.

Mumi Mermaid
Apa buktinya kalau makhluk yang bernama Mermaid benar-benar ada?

PT Barnum, salah seorang entertainer ternama, pernah mengklaim memiliki bangkai Mermaid yang kemudian dipamerkannya untuk mendapatkan uang. Bangkai-bangkai milik Barnum dikenal dengan nama Feejee Mermaid. Belakangan, mumi-mumi miliknya diketahui sebagai hasil kreasi dengan menggabungkan anggota tubuh beberapa hewan.

Sejak itu, banyak mumi Mermaid yang disimpan di seluruh dunia dicurigai sebagai hasil kreasi para seniman. Beberapa telah terbukti sebagai Hoax, beberapa lainnya belum terbukti walaupun juga diduga sebagai hasil kreasi para seniman.

Ini beberapa contoh feejee mermaid hasil kreasi yang cukup ternama.


Selain mumi yang telah terbukti sebagai hoax, ada lagi mumi yang tidak bisa dipastikan sebagai hoax. Misalnya, mumi Mermaid di bawah ini.

Mumi ini disebut ditemukan di Philipina pada tahun 2003. Lalu, pada tahun 2004, foto makhluk ini kembali beredar dan disebut ditemukan di pantai setelah terjadi tsunami besar Asia pada Desember 2004. Makhluk di dalam foto ini dicurigai sebagai hoax karena bangkai yang sebenarnya tidak pernah ditemukan.


Walaupun legenda Mermaid lebih populer di Eropa, namun di Jepang, kisah mengenai mermaid juga bukan hal yang asing. Di beberapa kuil di sana, tersimpan beberapa mumi Mermaid yang dipercaya oleh pemiliknya sebagai otentik. Walaupun begitu, tentu saja banyak yang percaya kalau mumi-mumi ini juga hasil kreasi sama seperti mumi milik PT Barnum. Namun sayangnya, tidak ada satupun mumi-mumi ini yang pernah diteliti secara serius.


Mumi Mermaid ini tersimpan di kuil Zuiryuji di Osaka dan diterima oleh kuil tersebut pada tahun 1682 dari seorang pedagang.


Mumi Mermaid ini tersimpan di kuil Myouchi di Niigata. Panjangnya sekitar 30 cm


Mumi Mermaid ini tersimpan di markas besar agama Shinto di Fujinomiya di kaki gunung Fuji. Tingginya 170 cm dan disebut telah berusia 1.400 tahun. Legenda menyebutkan kalau Mermaid ini melewati pangeran Shotoku di danau Biwa sekitar 1.400 tahun yang lalu. Mermaid tersebut menceritakan kepada pangeran kalau ia dulunya adalah seorang nelayan yang kemudian dikutuk menjadi mermaid. Sebelum meninggal, ia meminta kepada sang pangeran untuk membuat sebuah kuil dan menyimpan mayatnya di kuil. Jika mumi ini memang hasil kreasi, Apakah kreasi manusia membuat mumi mermaid telah berlangsung sejak 1.400 tahun yang lalu?


Mumi ini adalah mumi Mermaid yang tersimpan di kuil Karukayado di Hashimoto. Panjangnya sekitar 50 cm.


Karena belum pernah diteliti, maka sepertinya kita hanya bisa menebak otentisitas mumi-mumi tersebut.

Antara Hoax dan Cryptid
Para ilmuwan ataupun ahli Crytozoology sejak lama berusaha mengidentifikasi identitas Mermaid yang sesungguhnya. Jika makhluk ini hanyalah sebuah hoax, mengapa catatan mengenai makhluk seperti ini tersebar di berbagai belahan dunia dan bahkan telah bermula sejak ribuan tahun yang lalu?

Apakah kesaksian para pelaut ataupun penduduk desa yang terjadi dalam rentang ribuan tahun bisa disimpulkan sebagai hoax?

Kalau bukan hoax, makhluk apakah mermaid ini sebenarnya?

Walaupun sebagian besar peneliti sepakat dengan teori manatee atau dugong, namun sebagian Cryptozoolog sepakat kalau mermaid mungkin adalah sejenis makhluk laut yang telah punah, walaupun mereka juga belum bisa menentukan identitas makhluk yang dimaksud.

Sementara sebagian peneliti belum mencapai bukti yang konklusif, sebagian masyarakat lebih percaya kalau Mermaid adalah makhluk mistis. Ini mungkin bisa menjelaskan mengapa makhluk seperti ini lebih populer di agama-agama purba. Di Afrika, seorang penyihir yang telah bertobat dari aktifitas sihirnya pernah bersaksi kalau seekor mermaid telah menyusuinya sewaktu ia kecil. Dengan kata lain, mermaid yang dimaksudkannya adalah makhluk mistis gaib yang jelas tidak termasuk ke dalam wilayah Cryptozoology.


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

215 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 215   Newer›   Newest»
rafly nugroho said...

aduhhhhh keduaxxx deh... si lica cepet amat...


bang E baru gw mw nulis ini eh udah dicolong bang enig... T_T

enigma said...

@Rafly: ayo nulis juga. tidak masalah toh. kan cara menulis dan sudut pandangnya bisa berbeda.

Anonymous said...

keduaxxx!! aha! walaupun gak dapet pertamax gapapa deh diatas juga komennya!!!!

Anonymous said...

Yah...
Gagal Pertamax....
Zzzzzzz................
Baca Dulu Ah...................

Anonymous said...

"Jika kalian melihat makhluk seperti ini di lautan, Apakah kalian akan melihatnya seperti seorang perempuan yang cantik?

Apakah John Smith berbohong? Ataukah ia harus segera membuat janji dengan dokter mata?"

wkwkwkwk!! John Smith harus ke dokter mata!!

reactivator said...

ga nyangka, ternyata kalo cerita kuil2 di jepang suka nyimpen yg aneh2 itu ternyata beneran ya.
termasuk yg satu ini.

Ryu said...

menurut saya seh itu mermaid nd' mermaidman mang da (brdsarkan postingan d'atas), cz bukti2'a sangat kuat dan mndukung bro(pdahal gk tw bner or slah tuh bukti),,,
nd' mngkin aj mermaid mang dh punah namun liat asalnya mere yg artinya laut,,
hmmm,,
mngkin aj mermaid hdup d'laut dasar,,???
tp yg jlaz mitos gk akn terbuat klo gk da kbenaran,,
but the truth is still out of here,,!!

huahuhuhuhuuuu,,,,

Lica Lawliet said...

di paragraf terakhir penyihirnya dulu pernah minum ASM (Air Susu Mermaid).... hmmm.... rasanya gimana yah??? amis2 kah??? hahahaha! >.<v

Anonymous said...

by:agus
penghuni dasar laut dan danau dalam,
penghuni atlantis.

Anonymous said...

pertama kali saya mengenal blog ini sekitar akhir tahun 2009, pada waktu itu saya skeptis dengan isi blog ini. bahkan saya pernah comment yang kontra dengan salah satu postingan.
but seiring waktu dan bertambahnya postingan, saya akui bro enigma mempunyai kemampuan menulis yang briliant hasil dari analisa yang smart.
so saya ingin mengatakan this is an excellent blog...

Anonymous said...

kalo mermaidman dan barnacleboy itu masuk apa ya??? :D

Anonymous said...

kaki muminya koq melengkung semua. pasti hoax tuh.

Angel's Bl09 said...

cepat amat uda banyak yang komen.padahal baru ketinggalan 3jam(baru??). haha..kalau saya mungkin percaya dia itu makhluk mistis.

Moh. Aris Taufik said...

@Lica
wkwwwkwkwk,, yang pasti semua susu itu rasanya seperti susu manusia, kan bagian atasnya manusia bukan ikan,,

Anonymous said...

hahhh... akhirnya posting juga setelah sekian lama menunggu (halah, lebay!)

kereeen... tapi kok kesaksiannya beda - beda ya, paling inget ma yang ttg rambut. ada yang dicet kali ya, soalnya ada yang ijo, ada yang item...

bang, udah pernah bahas ttg freemansory blon?

Richard Rondonuwu said...

Wow, Putri Duyung!!!
hohohoho

Btw, di pinktentacle juga pada zaman edo di jepang ada atraksi mirip2 'sirkus' yang salah satu atraksinya menampilkan mermaid ya, bro!!
berarti..,

TYrips juga mau dengar dong, Dan menurut Bro Enigma Mermaid adalah..?

Anonymous said...

Hm, kalo begitu, kisah ini juga mirip seperti Musa dengan air bah yg menenggelamkan dunia dan literaturnya tersebar ke berbagai penjuru dunia,

Bisakah dibahas mas Enihma :d

Thanx

enigma said...

@anonymous:maksudnya nabi Nuh, bukan musa. Memang, legenda mengenai air bah bs ditemukan di bnyk bngsa.

enigma said...

@tyrips: soal makhluk yang satu ini, saya jg tdk mengerti. Bagaimana dgn tyrips?

ms.manage said...

bukannya legenda mermaid itu ada yang serem ya? katanya mermaid memang cantik dan suka menggoda para pelaut menuju perairan yang dangkal supaya kapalnya karam kemudian memakan semua pelaut yang ada di kapal itu. kalo di Harry Potter nyanyian mermaid bisa bikin gendang telinga pecah en hanya bisa di dengar di bawah air..hahahaha.ada2 aja...

DeeLaBeLLe said...

What... Ternyata majalah shipping gazzette ud ad thn 1857?ckckck..br tau, tua jg trnyt tu mjlh (majalah wajibny forwarder hehehe)

bro En, dugong yg lg menyusui ad fotony ga? :D
kok,kyny dr tlsnny bro En brusaha meyakinkan qt kl mermaid bnr2 ad deh, hmmm...

Anonymous said...

wah" . . .
Postingan na pnjng bgt. . .
Bca dlu ach...

Anonymous said...

"Jika kalian melihat makhluk(dugong) seperti ini di lautan, Apakah kalian akan melihatnya seperti seorang perempuan yang cantik?

Apakah John Smith berbohong? Ataukah ia harus segera membuat janji dengan dokter mata?"

hahaha, kocak :D

@Lica > hy Lica, haha :D, klo mermaid nya ud masuk taxon pisces/amfibi pasti susu nya berbau amis :D

by Enigma & Lica Lover

Anonymous said...

Zetta's opinion
Good afternoon 4 all
Akhirx setelah sekian lama ada jga article ini, memang misteri yg satu ini memang tetap jadi misteri, andaikan mereka adalah manusia setengah hewan air n klo udah punah apakah mraka salah satu species manusia yg laenx yg blum kta ketahui cause mraka bsa hdup didalam laut? Tpi jka bkn berarti yg t'jadi selama ini hanyalah salah persepsi akan sesuatu yg disebut "mermaid".
Bravo bung Enigma!

Anonymous said...

Semakin panjang ulasannya, semakin enak dibaca. . . Go enigma!!

Anonymous said...

lica selalu dapat pertamax! sebel!

adakah konspirasi antara bro enigma dan lica sehingga lica selalu mendapatkan pertamax? Wajib di pertanyakan nih!

Anonymous said...

memang sih soal rambut
para saksi ini melihatnya
brbeda ada yg ijo ada yg
hitam. tp satu yg pasti
mereka smua spakati adalah
mermaid brdada besar!!!
ada apa sih dgn pria n big boops?

-bunda arkan-

Indi said...

Kok gak ada yg dari legenda Indonesia? gimana soal dayang-dayangnya Nyi Roro Kidul?

Anonymous said...

bang enigma , dulu waktu wa kelas 6/5 sd ada tuh video orang yang dikutuk jadai ikan ,di video na wa liat tu ikan mirip banget ama manusia,tapi wa gak luiat tuh ikan ada tangannya

Anonymous said...

Abirama Vindra . Jogja .
mayat mermaid kecilnya ditemuin nggak ??

Anonymous said...

gan enigma , boleh minta id kaskus ny ??
mw buad add friend

byk yg post isi di sini ga pk credit enigma ni

Yoza said...

mau nambahin info ya :D

Kalo setahu gw itu, Mermaid yang dilihat Colombus itu ada di samping kapalnya juga. Tapi diduga keras dia melihat lumba-lumba karena saat itu dia ada dalam keadaan mabuk setelah minum minuman berakohol.

Sm satu info tambahan lagi :
Kalo berdasarkan legenda ataupun cerita yang bukan fantasi (dongeng) putri duyung itu adalah makhluk yang jauh berbeda dari rupa seorang gadis yang cantik jelita dan badannya bagus. Putri Duyung dalam legenda Mythical Creatures yang gw baca itu menunjukan bahwa Putri Duyung yang asli berupa buruk (agak mirip hewan dan makhluk crypt) terus tubuh meraj gaj selangsing dan semolek yang diceritakan. Tetapi tubuhnya itu juga punya insang di leher dan sekitar ketiaknya. Putri Duyung yg ini juga dikenal sebagai pemakan daging, jadi mereka menggunakan nyanyaian mereka untuk menarik hati agar kapal para pembajak laut itu tenggelam. Jadi mereka dapat mecari mangsa. nyanyian poutri duyung juga bisa membuat sesorang terhipnotis, makanya kapal bisa tenggelem. kalo dilihat dari hal in bukannya agak lebih masuk akal ? Kalau sekedar mennyayi ditenga laut tanpa ada maksud yang jelas sepertinya kurang meyakinkan. Di jepang juga dikatakan Putri Duyung adalah makhluk yang buas dan jahat.

Richard Rondonuwu said...

Hahahaha..,
Gak mengerti, tapi ditulis juga!!?
Emang Bro Enigma udah berubah (kayak udah kenal lama aja!!)hehehe

Ayo dong bro, nulis apa yang bro suka!!
Seperti pada tulisan2 bro Enigma yang udah lama..,
Terutama soal teori konspirasinya, kayaknya bro Enigma lebih kredibel membawakan hal itu daripada yang lain (termasuk TYrips).

Btw, tanggapan TYrips masalah legenda ini, TYrips percaya. gak tahu alasannya apa, TYrips juga gak begitu ngerti dengan Cryptozoology.

Vahn Saryu said...

Kalau saya melihat manatee sbagai hewan yang cantik,he..he..he..syang bnyak yg membru hwan ini hnya karna air matanya diprcya sbgai obat T_T ( animal lover )
Btw, Jepang kalah nih, AAArrrgghh.....

enigma said...

@anonymous: saya tdk punya id kaskus. Setau saya, mereka yang posting di kaskus memang jarang mencantumkan sumber.

enigma said...

@deelabelle: nanti coba saya cek fotonya. Sbnrnya sy tdk berusaha meyakinkan, cuma mempertanyakan saja.

enigma said...

@tyrips rr: ah, kalau soal konspirasi, tyrips lebih kredibel. Kalau saya nulis soal konspirasi, biasanya kena damprat terus. Haha.

Lica Lawliet said...

@m.a taufik : haha! Sp tau rasa susunya campur2.. *koq jd aneh??*

@enigma & lica lover : haha! Amphibi bs menyusui kah? 0.0a
btw, sy penasaran banget loh km ini sp.. Hehe

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Postingan baruu..^^ senangx..^0^
Qereen,,tumben kali ini postingax pnjg om Enig?^^ ..komplit dech..^^

Kmentarq akan berupa analisis, n ini diperuntukkan special bwt Chris...(hikz..miss U T_T)
Q tau seyh,,kalo kmentar analisisq gak kan sbagus analisis Chris n om Enig...

Q bikin poin2 aja dech..

1. Kykx Om Enig brusaha mnampilkan bukti2 mngenai kbradaan mermaid/merman,,lgkp bnggtz..n ini kykx mnimbulkan kesan kalo Om Enig myakini kalo mermaid/man bnar2 ada...yach..wajar seyh..mudah blg kalo itu hoax ato cm dongeng,,tp sulit utk brsikap objektif,,utk m'nyeimbgkan kcendrungan anggapan org2 kalo mermaid/man cm hoax,,maka dpt dpahami kalo om Enig brupaya mngimbangix dgn data2 yg mndkung kbradaan mermaid/man...good job Om Enig! ^0^

2. Kalo dpikir2, kisah ttg mermaid/man ini udh ada sjak zman dulu kala, n terus brmunculan smpai abad 20,,trlepas apkah itu cm dongeng apa betulan,, kisahx trsebar d sluruh dunia, bkan di daerah trtentu aja..yg mnyaksikanx pun jg bnyak (saksi matax bnyak), n di antara mreka kykx bnyk yg trgolong kredibel brdsarkan status/profesix..kyk uskup/bishop, dokter, atopun raja..kykx org2 ini yg berasal dr thn yg brbeda2 gak mgkn berbohong atas ksaksianx atas kisah mermaid/man ini..
Lagipula bnyak org2 awam atopun nelayan yg scr tiba2 mlihat mermaid/man ini,,
Kalo nurut aq seyh..smua ini lbh dari skedar dongeng..terlalu kebetulan kalo mreka semua berniat berbohong ato nyebarin hoax...kykx mreka gak punya MOTIF buat brbohong ataupun mengada2kan kisah fiktif..so, mnurutq mermaid/man bisa jadi REAL...
Kalo dibilang mermaid/man adlh dugong ato manatee yg salah identifikasi, kykx GAK dech..soalx deskripsi org2 yg mengaku mlihatx, GAK COCOK sm sekali dgn bntuk dugong/manatee (apakah dugong/manatee cantik?? xixixi ^^), maksa bngetz kalo mermaid/man dblg dugong/manatee yg salah identifikasi...

3. Prtanyaanx: jd, apakah sebnarx mermaid/man itu??

Prtnyaanx mnarik, tp jwbx susah...

Kalo aq mikirx gini:

1. Mermaid/man berwujud stngh manusia bgn atasx..bgn bawahx ikan..so, kalo bgtu dia adlh MAMALIA dunks, soalx organ2 tbuh bgn atasx adlh manusia..
Nah kalo mamalia (manusia) brarti brnapas dgn paru2 dunks?

Nih aku bndingin dgn 'perwakilan' mamalia laut, anjing laut (seal):

www.exploris.org.uk/tour_of_exploris/nie_seal_sanctuary/seal_information/

Anjg laut brnapas dgn paru2, bkan insang..mereka perlu scr rutin k permukaan laut utk menghirup udara bnyak2 (brnapas), ketika mnyelam mreka menahan napas yg bs smpai 20-30 menit..

Nah, kalo mermaid/man adlh mamalia kyk anjg laut, harusx khan mereka jg RUTIN/SERING MUNCUL KE PRMUKAAN LAUT bwt brnapas..n itu artix ksempatan mreka terlihat sm org2 HARUSX LBH SERING...mgkn hmpir tiap hari...tp NYATAX, org2 boleh dblg JARANG melihat mreka..
Ini hal yg aneh khan?

2. Dugaanq kalo mermaid/man itu sharusx adlh mamalia dprkuat sm pnjelasan Om Enig:

''Bosquez kemudian melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada 7 makhluk itu, membedahnya lalu
menemukan kalau makhluk itu memiliki struktur internal dan eksternal yang MENYERUPAI manusia.''

Q jg krg jelas apa yg dmaxud dgn 'menyerupai' disini...tp kykx hal itu menegaskan GAK ADA prbedaan berarti dgn struktur tbuh manusia bgn atas..hmm..itu artix mermaid/man jg punya PARU2! N itu artix mamalia..
Tp keanehanx ya itu..kalo emg mamalia sharusx SERING tmpak dipermukaan laut bwt brnapas...

Brsambung...^^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Smbungan...part 2^^

3. Mengenai MUMI2 mermaid, erm..tmpakx meyakinkan bngetz..drpd DICAP SBG HOAX,, KNAPA GAK DIBUKTIKAN AJA KEASLIANX??
Carax???
Pake TES DNA!

HOAX: terdapat PERBEDAAN DNA antar bgn anggota tubuh! Yg artix itu DIRAKIT, dibuat-buat dari gabungan elemen yg brbeda..ex: potongan tubuh hwan yg brbeda digabung jd 1.

ASLI: DNAx akan seragam di sluruh bgn tubuh...

N aq ykin ada di antara mumi2 itu yg ASLI..

Tp tunggu dulu! Koq kebnyakan MUMIx gak kyk dskripsi mermaid/man? Lbh kyk monster!
Hmm..dsinilah kuncix yg pnting mnurutq..

Mari qt kumpulkan kepingan2 analisis qt:

1. (Anggaplah) mreka exist..n q ykin bgtu..apa/siapa mreka?
Cryptid? Manusia kena kutukan? Makhluk gaib?

Cryptid
Kalo msalx cryptid, brarti dgn struktur tubuh bgtu..seharusx mreka SERING terlihat, mnimal oleh pelaut..n kalo bntuk tubuhx stgh manusia-stgh ikan, kykx GAK cocok bwt hdup di laut, soalx gk memiliki kelengkapan kyk sirip ato tngan yg mrip sirip bwt brgerak lincah dlm air. Jg gk pnya lapisan lemak yg tbal yg sngt diperlukan sbg insulator panas tubuh..jg gak pnya mekanisme mnutup lubang hdung otomatis saat mnyelam..spt yg anjing laut..dll, (silakan bc di link ttg anjg laut di atas)
So, cryptid kykx jg krg mungkin..

Manusia yg kena kutuk
Kok bnyak amat?? Apa dikutukx skampung? Dikutuk krn apa? Carax?
Kykx kalo yg ini jg bukan dech..

Makhluk gaib
Kykx COCOK:
1. Munculx gak sering..kalo bneran cryptid ato mamalia harusx SERING terlihat, krn mreka perlu brnapas k permukaan

2. Kalo emg makhluk gaib, maka hal2 yg membuatx mustahil sbg cryptid, kyk bntukx yg gak dinamis brgerak dlm air, gk pnya lemak tebal bwt insulator, dll..jd gak msalah lg..khan dia makhluk gaib, so, dia GAK KAN TERIKAT SAMA HUKUM2 ALAM/FISIKA (Q inget bngetz ni dr kmentarx Chris...^.^)..

3. Yg ketiga, mumix ditemukan beda bngetz sm tampilan 'sempurna'x dia..mgkn aja dia mempunyai kmampuan berubah wujud...n pd suatu waktu tmpilanx gak sempurna krn sebab tertentu..jdx kyk monster dech...

4. TAPI,,kalo emg benar makhluk gaib, knapa bs ditangkap? Ato bs mati dilempar ato dibunuh??
(Mm..loading..)
Itu karena makhluk gaib itu MEMILIH MENYUSUP KE ALAM/DIMENSI MANUSIA DGN RUPA MERMAID/MERMAN..yg membuatx menjadi MEMILIKI TUBUH FISIK..tp qt gak tau kalo mreka udah mnyelam..sptx mereka akan brubah k bntuk gaib mreka kembali, krn kalo GAK, TUBUH FISIK mreka akan TUNDUK DIBAWAH HUKUM ALAM/FISIKA: tdk bs brgerak lincah, kehilangan panas tubuh krna gk punya lemak tebal, trus air laut bs msuk paru2 kalo lubang hdung gak ditutup..ujung2x bs MATI! krn dgn tbuh fisik spt itu MEMANG GAK COCOK buat hidup di laut...

Well, kykx teoriq mgkn bnyak yg ngetawain..(capek de..xixixi^^)

Tp ingat lho..kalo qt gk sndirian aja..Tuhan jg mnciptakan makhluk gaib jg...

Sgtu dulu dech..^^
And always see another side...^^

DeeLaBeLLe said...

@bunda arkan:iya,kyny ssuatu yg seragam soal pnampakan mermaid itu soal boobsny :P tak adakah saksi wanita yg prnh mlihat pnampakan mermaid?siapa tau dia akan blg kl boobsny biasa aj (krn ad pbanding hahaha).
Btw,nick anda mengingatkanku pd seorang tmn yg pny anak bnama arkan jg ^.^

Anonymous said...

Zetta's opinion:
Secara umum mermaid muncul di tengah laut tapi mengapa tidak muncul ke pantai, klo munculx dpantai pastix deskripsix jauh lebih jelas tp klo dlaut ada probability pendeskripsianx kurang pas

For Myheart 2105, the probability for who mermaid is agak banyak, apakah masih ada kmungkinan 'makhluk lain' yg dianggap sbg mermaid ini?

Anonymous said...

....... Menunggu analisa bro enigma ....... Tapi batin q mngatakan klo mas enigma prcya klo mermaid bner2 ada.. :D

By jafan

KraKen said...

waah, udah rame nih aku ada Video Fosil Mermaid yang unik:

http://tinyurl.com/24rj23r

Seperti halnya Jenglot ( freak creature ) maka Mermaid mungkin saja suatu mahluk hidup yang pernah ada..

Juga Hewan laut bernama Kraken( Sea Monster )

enigma said...

@kraken: saya bisa pastikan kalau mumi mermaid di video itu adlah hoax.

KraKen said...

bener,itu hoax...apakah mungkin jaman sekarang yang melihat mermaid2 ini???sepertinya belum ada....apalagi sampai direkam segala.

atau :"ada" tapi dirahasiakan ya?

KraKen said...

kebetulan adikku di Fuji Jepang,.yamanashi ken tepatnya,dikaki gunung fuji..nanti saya akan memastikan salah satu fosil mermaid diatas,..apakah benar kuil itu ada menyimpan mermaid dan historisnya...

KraKen said...

melihat video ini,jadi ragu kalau ini beneran:

http://tinyurl.com/2cm2jxr

menyeramkan!
hampir semua foto2 diatas ada di video ini gan.

bang tio said...

jadi inget spongebob

Untuk berjaga-jaga, mermaidman terlatih tidur dengan mata berbuka

Huehuehue ga nyambung saya :D

Anonymous said...

Scott Sennheiser says...

klo ndak salah di indonesia jg banyak mumi mermaid di musium2,, salah satunya jg saya lupa tepatnya dimana,,hehe

tapi klo emang bener ada, waw, betapa indahnya (klo doi emang bener2 cakep haha) duniaku...pengen liatttt

Anonymous said...

Hi br0 E. ,
sya bru tw crita ni. . ,
mw nax. ,bdax dugong ma manetee ap sie?
Thx. ,

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Zetta:

''For Myheart 2105, the probability for who mermaid is agak banyak, apakah masih
ada kmungkinan 'makhluk lain' yg dianggap sbg mermaid ini?''

Thanks for your response ^^
I assume you have ANOTHER explanations, since you said 'the probability...agak banyak'

Bagi dunks probability-x apa aja? ^^

Makhluk lain?
Kalo makhluk real dunia nyata kyk cryptid gtuh, aq meragukanx,,alasanx udh aq jelaskan...

Misidentification??
Terlalu kbetulan aq kira, krn pnampakanx hmpr mirip smua di sluruh dunia,,n dlm rntg wktu yg brbeda2... stgh manusia stgh ikan...
N aq ykin kalo org yg matax normal bs ngebedain mana 'cantik' n mana 'yg gak cantik',,mana yg 'berambut' n mana yg 'botak'..ex: ngebandingin mermaid dgn dugong...xixixi^^
Pnjelasan lnjutanx udh aq tuliskan diatas^^

Anonymous said...

bro enig,foto2 mumi yg di shrine Jepang di atas mirip semua posenya ya? Pose tangan dan kepalanya,atau cuma perasaan saya? Saya gak blg muminya hoax,cuma mgkn fotonya yg hoax.
Oia,cantik...sexy...woow...tapi makan orang,wkwkwkwkwk
analisa myheart bagus tuh(biarpun kesannya awam tapi pas dan realistis),mungkin wujud cantik mermaid muncul dgn tujuan tertentu,terus wujud asli keluar pas lagi makan orang! (qo mirip cerita2 setan lokal ya? Cuma kalo versi setan lokal biasanya menjurus ke sex,Wkwkwkwk)

Anonymous said...

dari Tresna Asti

awalny saya yakin kalo mermaid itu ada, makhluk nyata.. Doi emang makhluk laut.. Lautan kan dalem tuh, luas lagi, mungkin ada bagian tertentu dari laut yg belom/tdk bisa diexplore oleh manusia and disitulah mermaid/man itu tinggal.. Tp alasan mereka muncul" pluz numpang nampang kpermukaan it yg q gtw.. Wkwkwk

lalu imajinasiku berkata, kali aja mereka itu mantan manusia atlantis yang beradaptasi dg lingkungan n bs tetep hdp.. Dg ekor ikan alami krn adaptasi ato ekor buatan krn mrka uda lbh cerdas dr qt.. Huks

trz pas bC pnjelasan mbak myheart, sgd masuk akal, dan saya jadi percaya jg.. Wkwkwk, plinplan bgd seh!

Tp ini buad mermaid/man yg cakep" aja.. Bwt yg ada photony yg kyk mOnster itu, mungkin emang ad makhluk kyk gt jaman dulu.. Hahaha.. Sapa tau aja..
>___<v
keren Kak EniGma!!

Anonymous said...

om enigma ^,^
request tntang Cryptozoology lg donk. Trus cerita tentang tmpt2 kyk atlantis y

Anonymous said...

Gyrick mejin said :
Mungkin yg liat tu mermaid tlalu sibuk staring at her boobs jd ngelewatin detail2 yg lain xixixi..

Serasa bc buku b'judul ingo :-*

Anonymous said...

kyk.a klo Mr.E n MyHeart2105 kerjasama hasil analisis.a bakal lebih bagus deh...

GOOD JOB MR.E N MYHEART!!

I LIKE YOUR OPINIONS!

~eL_Bee~

Anonymous said...

Lica@ > atasan nya kan manusia, ad (maaf) payudaranya :)
dengan catatan kalo merman/mermaid masuk klarifikasi makhluk berdarah dingin ky ikan/amfibi

saya hanya satu dari sekian banyak pengagum tulisan Enigma yg luar biasa dan tulisan Lica yg menyentuh :)

By Enigma and Lica Lover

Anonymous said...

Hummm... Setelah baca artikel ini, saya bermimpi bertemu mermaid yang sangat cantik, menikah dengannya, hidup bersama di bawah laut, dan punya banyak anak... Mimpi yg aneh....

a2l zombie said...

om enigma.. bahas astral projektion donk... sebenarnya saya udah lma jdi penggemar enigma cuman bru pertama kali komentar ne....

Anonymous said...

Sore semua..
Mr. E aku mo kasih tau aja, kok aku dikasih liat pic mumi ikannya aja sih, yang lain gak tampak total pic yang keliatan cuma 6 semua pic mumi, padahal aku pake Mozilla nih....
Thank you

(D-dheque)

Anonymous said...

di indonesia pernah ada jg ga bang cerita penampakan mermaid?bagus bang postingnya selalu lengkap n jelas keep posting bang

Anonymous said...

@Enigma: tolong dimuat...

Nakashima:

Salam kenal semuanya, saya Nakashima, newbie. Blog yg bagus Enigma..
Saya merasa ada yang special di blog ini, ketika baca2 beberapa postingan terakhir, yg membuat blog ini unique:
Postingan yang cerdas, pembaca yang luar biasa, kritis. Suasana disini begitu hangat dan akrab. Saya suka.

Salam buat semua pencinta blog Enigma ini.
Khususnya: Lica, Myheart2105, anakkucing, DellaBeLle, Dea, Kraken, u-tell, Chris.

Dari postingan yg sudah2 yg saya baca selain tulisannya yg seru, komentatorpun tak kalah serunya: analitis, sopan dan kooperatif! Saya salut buat blog ini.
Dan sepertinya ada hal2 yg personal yg menghiasi blog ini.
Yg unik, saya menangkap ada yg special antara Myheart2105 dan Chris.

@Enigma: selamat! Anda mempunyai blog yg berkualitas.

@Myheart2105: I like your style, the way you talk, and I like your analysis too.
Myheart, saya coba mengetahui tentang kamu dr komentar2mu, menurut saya kamu org yg cerdas dan ceria, cute, manja dan juga cantik :)
Sepertinya kamu punya relationship khusus dgn Chris? Ini jelas terlihat saat kamu bilang analisis yg kamu buat special buat Chris.
Saya sudah baca2 hampir semua komentar2 kamu dan Chris. Saya tau Chris org yg hebat, analisisnya brilian..yg dirimu tertarik kpdnya, saya rasa kata 'tertarik' cocok digunakan dsini, dan kamu mengatakan kalau kamu menyukainya hanya sebatas fans saja..sebagaimana kamu menyukai Enigma jg dgn cara yg sama...
Btw, sepertinya saya jg menyukai kamu, (tp (apakah) sebaiknya sebatas fans saja..:)
Saya meluangkan waktu me-research blog ini beberapa waktu sampai saya memutuskan menuliskan komentar perdana sy.
Sepertinya Chris sdh lama tdk kesini, dan kamu merindukannya?

Myheart2105, dirimu bgitu misterius..but I like you as what you are (saya jg bc, kalau kamu sempat badmood krn masalah 'jugdging people by the cover', and I like the way you react, the way you express your feeling :) )

I don't bother wether you like Chris very much or what..but IS THERE any space in your heart for me??
I mean, I surely can't replace Chris, but I promise you that I'm not less than him. This is just what I feel, and have to talk it.
I'm Nakashima, male, 22 y.o, and don't have FB or such a thing..I use my lovely SE phone to browse the web..rest, I'm part of mystery too.. :)

Ok Myheart, that's all my introduction. Next, I will cooperate to solve the mysteries...

@all: tlg jangan anggap ini sbg suatu 'ke-lebay-an' ya, I just want to express my feeling.
Mohon kerjasamanya ya...

Anonymous said...

Nakashima:

Pada mulanya saya gak pernah menganggap serius tentang mermaid. Tapi stlh membaca tulisan Enigma, sepertinya saya harus serius.

Awalnya saya menganggap laporan2 penampakan mermaid cuma bagian dari dongeng, atau salah tafsir saja.
Tapi, mengingat banyaknya catatan mengenai mermaid, saya menjadi tergugah. Saya kira hanya tradisi oral saja.
Tapi catatan perjalanan pelaut seperti Henri Hudson dan mungkin jg John Smith ataupun Colombus, sepertinya membuat kisah ini lbh serius dan meyakinkan. Kalau hanya hoax, apa untungnya mereka mengarang2 cerita fiktif?
Saya setuju dgn Myheart ttg ini.
Kemudian tahun 1917, ada penampakan mermaid oleh para kru kapal Leonidas. Apakah mereka mabuk? Saya rasa tidak mungkin, karena jika para kru mabuk, berbahaya bg keselamatan seluruh penghuni kapal.
Atau salah identifikasi?
Saya rasa jg tidak. Tidak mungkin rasanya para kru kapal salah identifikasi, karena mereka mengatakan mereka melihat rupa mermaid dgn jelas, berambut panjang, seperti wanita cantik.
Ataukah mereka cuma mengarang?
Kalau begitu, apa untungnya bagi mereka?
Jika cerita ini dilacak sampai pada para kru kapal, saya rasa itu ide bagus. Jika cerita itu bohong, setidaknya pasti ada diantara mereka yg mengakuinya, sebab mereka sama sekali gak punya motif utk mempertahankan cerita itu, kalau emang fiktif.

Untuk yg selanjutnya sy setuju dgn Myheart :)

@Myheart2105: kamu emg pinter ya.. Saya stuju dgn analisis kamu..

Mau menambahkan sedikit. 1 poin lagi yg membuat mermaid adlh makhluk cryptid krg mungkin, yaitu: mereka gak punya alat kelamin!
Jika bagian atas tubuhnya manusia, tentu di bgian bawahnya jg manusia. Mermaid mempunyai (maaf) boobs, tentu itu artinya dia adalah mamalia. Dan mamalia bereproduksi dgn vivipar (beranak/melahirkan), bukan bertelur seperti ikan. Jadi pastilah mereka harus punya organ reproduksi yg seperti dimiliki manusia!
Dan tentu saja mereka gak pakai celana! haha..Sehingga..bla..bla..(you know what I mean)

Jadi, sy sngt stuju sekali dgn analisis Myheart, bahwa, dgn BENTUK tubuh seperti itu sama sekali GAK fungsional, buat hidup di laut, ataupun buat bereproduksi, melestarikan jenisnya...

Mengenai makhluk halus, saya jg stuju dgn kamu Myheart. Tapi yg menarik adalah pernyataan kamu yg bilang makhluk halus gak terikat dgn hukum2 fisika di dunia kita..saya baru tau itu, dan yah sepertinya benar, itu menjelaskan kenapa mereka bisa melakukan hal2 yg rasanya gak mungkin dilakukan terbang, menghilang, transformasi, de el el.

jemon said...

pertamax. (pede aja lagi).

Entah kenapa sy berkeyakinan misteri yg satu ini akan tetap menjadi misteri.

Anonymous said...

Ryan Said,,,

ah, gile,,,~~~

sbenarnya seh kmngkinan mermaid i2 hoax 1:100,,,

tp yg jadi pertanyaan slanjutnya adalah bagaimana stiap org yg ng'liat mermaid i2 mmiliki penglihatan yg sama,,
Setengah manusia setengah ikan, nyanyiannya bisa mmbunuh manusia,,
dan biasanya mermaid klo duduk d'tepi pantai 'biasanya bernyanyi' kn brdasarkan post d'atas,,??

loh, ko' mreka yg mndengar gk ikutan mati seh,,??

trus msalah yg mermaid jtuh cnta sma mnusia smpe dy mmbnuh mnusianya itu ceritanya krena mnusia mndengar nyanyian sang mermaid kah, jd'a dy mati,,???

trus klo mnusia trsebut mati, lalu crita i2 gmn bsa trbentuk,,?? apz hanya krangan seorang yg mmpercayai mermaid i2 ada,nd' memakai korban mati yg da d'tepi pantai i2 sbg bukti u/ myakinkan orang2,??

namun d'sisi lain, kberadaan mermaid i2 sngat mngena dlm legenda2 kuno,shingga mmbwat keberadaan mermaid sngat d'yakini olh pra pcinta misteri nd' d'jadikan topik yg hebat,,,

memang misteri akn tetap mnjadi misteri, namun 'Sang Waktu' lah yg mnjadi saksi bisu stiap misteri2 yg lumpz terpecahkan bhkan blm d'tmukan,,

The Truth Is Out Here,,!!

Anonymous said...

bkn cm artikel2nya yg luar biasa.. para pengunjung tetapnya jg tak kalah ebatnyaaa.. ^^ what an endless interesting for me :D
btw,Myheart 2105 pny blog sdri ga??

Anonymous said...

Dea .
@Kak Nakashima : Halo kak , salam balik :)

eh iya , jujur tadinya Dea sempet ngerasa kalo Kak MyHeart2105 ama kak Chris itu orang yang sama , tapi jelas bukann . .
hehehehe

@Kak Chris : kaa cepet comment dong , abis dari mana aja ?? ga muncul2 lg , udah pada kangen lho ama comment kka , ,

adhe said...

waaah... Wah... Makin banyak aja fansnya myheart2105. Itu bukti kalo kamu ga lebay sis.

About mermaid, wis diborong myheart tuh analisa2nya. Agree with you deh.
Btw, bang e. Aq baru 2 mggan gabung, hbs explore ternyata artikel2 bang e diawal just "menginfokan" dg "sedikit" analisa. REWRITE dong bang!! Dg tambahan analisa2 brilliant khas bang Enigma, Ok bang? ;)

agcit said...

setuju tuh ama kraken.. mermaid sama jenglot tuh satu guru satu ilmu...

DeeLaBeLLe said...

Salam jg buat nakashima, wah ak dkhususin jg pdhl... (terharu, ga sanggup bkata2 ->yg ini br lebay hehe)
wuih..nakashima lgsg 'mlamar' myheart.. Senangnya! *mata bbinar2* :P

Anonymous said...

I believe they r exist!
keren...
Jd ky baca novel judulnya "Ingo" by Helen Dunmore ceritanya tentang mermaid and ada cerita bout Matthew Trawella di Cornwall Inggris.. ^^v

I <3 u Enigma... G udah baca tulisan di blog2 lain bout mermaid but so far data n analisa disini paling ok!! Thank you Enigma <3 <3 <3

By : _fancyfairy_

Ojir said...

kenapa kalo mermaid selalu digambarkan dengan penampilan fisik yang cantik ya... apa gak ada laporan yang pernah ketemu mermaid yang udah tua jelek ompong keriput berambut putih ?
ato mermaid gak bisa tua... *maksudnya waktu muda udah pada mati* ?
trus cerita mermaid digambarkan selalu cantik berkulit bagus... menurutku kurang realistis... secara anak pantai aja kulitnya gelap :D

Anonymous said...

Aduh... Lama2 ntar blog misteri enigma jd ajang biro jodoh bwt mengutarakan kata hati kpd seseorang neh... Semangat bwt nakashima, myheart, chris, n especially don enigma... Wkwkwkwkwk....

Lica Lawliet said...

@enigma & lica lover : hehehe... cerita2 saya dibilang menyentuh.. saya sangat tersanjung... makasih ya... -n,n-

@nakashima : hai nakashima. nice to meet u. -n,n-
waw, langsung 'nembak' myheart.. haha!

btw, hp kita sama, SE! hoho -^0^-/

enigma said...

Haha. Iya. Apa yang membuat saya heran adalah, semua orang sepertinya percaya kalau myheart2105 adalah seorang perempuan.

riadi muhammad said...

hmmm... gimana dengan kemungkinan itu penyihir yang berubah wujud kaya di artikel bang enigma sebelumnya ? yang berubah jadi kucing tu lho bang :DD

499 said...

1 hal yang masih membuat saa bingung....., mermaid dikatakan memiliki rupa seperti manusia, namun bagaimana caranya mereka hidup di laut?
1. bagaimana mereka bernafas?
*seperti lumba2 mungkin
2. kalau begitu kenapa mereka tidak terlihat di laut sekarang?
*waktu malam hari

meskipun begitu saya lebih suka mengelompokannya kedalam mitologi dibanding mahluk purba

Be Long Life Learner said...

kyanya bung enig bikin postingannya krn keseringan nonton sinetron about putri duyung yg diperanin ma dini aminarti dech....
tp keren bgt......
nice post...!

my city_van said...

"Haha. Iya. Apa yang membuat saya heran adalah, semua orang sepertinya percaya kalau myheart2105 adalah seorang perempuan"....
ya iya dong bang E..secara bhsnya myheart tuh..so woman..gitchu..plus penggemar gelapnya chris yang adalah laki2...kalo myheart bukan wanita malah aneh jadinya..hehe...**@ myheart: cewe kan? , cewe kan? cewe kan? : nanya mode on..^^

adhe said...

@bang E
epertinya tahu banget id myheart2105, :P

gayanya emang girly kok bang

Angel's Bl09 said...

brother enigma.saya hnya mw kasih tw link "just my hobby" telah pindah alamat di artikelangel.blogspot.com.tlg diganti ya brother dikarenakan discontinued.brother tw apa sebabnya?thanks

Hiranya Rengganis said...

wowow aku dejaaaavu waktu baca
Lica@ > atasan nya kan manusia, ad (maaf) payudaranya :)
dengan catatan kalo merman/mermaid masuk klarifikasi makhluk berdarah dingin ky ikan/amfibi
ohohoho, kok sekarang nggak setiap hari kayak dulu sih ngepostnya? --''

Anonymous said...

welcome, senyuman yg manis :)

By Enigma & Lica Lover

enigma said...

@angel: saya sdh ganti linknya. Saya baru tahu ada blog bisa discontinued, jd saya juga tdk tahu sebabnya.

muchpedia said...

wah... bung enigma gambarnya gak mirip mumi tapi mirip jengklot....

Koez Keoz said...

kenapa para pelaut sering mengindentifikasi dugong atau manatee sebagai wanita?

1. mungkin mereka melihat dari siluet laut yg gelap. yah mata manusia punya kelemahan dalam melihat objek gelap /siluet (ini juga alasan utama kenapa manusia takut kegelapan dan objek yg muncul disana). sehingga mereka mengira 2 hewan itu sebagai mermaid.

2. jika saksi menceritakan lewat lisan, maka sangat mungkin ada modifikasi dari pendegar ke pendengar. sangat mungkin pendengar ke 100 akan mendapat cerita yang sudah lumayan melenceng. pendengar ke 500? mungkin sangat berbeda

jika saksi menceritakannya lewat tulisan, lihat no 1

3. belum pernah ada interaksi langsung saksi dan objeknya. jadi masih simpang siur antara HOAX ato asli.

4. Laut di bumi belum dijelajah secara fisik, lewat sonar untuk mengukur kedalaman iya. Jadi mungkin saja di dalam palung laut terdalam ada jenis makhluk yg tidak terindentifikasi. mungkin nessi, mungkin megalodon, ato mungkin juga mermaid.(bayangkan, serangga aja ada ribuan jenis)

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Kyaaaa >0<...

Q kaget bgtz...fiuh..~.~/(I need to breath..)

@Nakashima:
O My God... o.o
You're kind of one who straight to the point aren't u? ^^
I'm not sure how to handle this...
Ok..ok..(breath...)

Firstly, thanks for your compliment...wanna fly to the sky..^^
Secondly, my heart is always open for people^^
My heart is as vast as universe, so don't worry for the space you request..^^
Thanks for liking me...You remind me to Chris. I think you're smart and gentle too...^^
You,..seems look like Chris with another version...as old as him,..smart, polite, but an aggressive one..^^
I receive friendship with people, and that's what we should do, right?
Joy the world with love and affection...
I'm sure Chris will be ok with this...
So, welcome to the brother-sisterhood of Enigma Lovers ^0^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''Aduh... Lama2 ntar blog misteri enigma jd ajang biro jodoh bwt mengutarakan kata hati kpd seseorang neh...
Semangat bwt nakashima, myheart, chris, n especially don enigma...
Wkwkwkwkwk....''

Hihi iya..^^
Tp kalo nurut aq,, justru itulah unikx blog ini..
Kalo aq seyh fine2 ajah kalo ada yg m'ngungkapkan isi hatix...bgus dunks,,n patut dsyukuri..^^
Apalagi yg mnjalin prsahabatan..^^
Justru dgn terus terang kyk gtu rasax gmanaa gtuh..brave and gentle..à_à

Blog ini aq cintai,,trmasuk org2x..^^
Blog ini begitu brwarna yg tak jarang m'ngajarkn bnyak hal yg tak tercupkan dgn kata..mndewasakan...
Hikz,, sbnerx q mau stay cool aja,..tp kadang perasaan mnghanyutkanq...

harits indi pradana said...

yuhuuuuu..HAAW uda dimulai lho, sebagai nominasi, ayo bang enigma promosiin blognya, jangan lupa pasang link ke blogku yang crypto yah
with love, harits

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@my van_city:
xixixi...kalo seandaix aq blg aq cowo gmana?? ^^

Oh WHAT??!... o.O

xixixi...kidding sis ^^v

Sbgian org mempercayai diriq dgn cara yg brbeda...^^
But I don't feel bothered, cause people free to believe what they want...
And the moral should be: ''don't let gender affect friendships...^^''

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@anonym yg nanya apkh aq pnya blog? :
Halo anonim,,^^ Q gk pnya blog n fb...but I'm here, I'm exist..^^
(Sori,,^^ br bls, soalx td blm kbaca..)

Anonymous said...

sore semua...

Thank ya Mr. E. pic nya dah muncul semua...
blog yang friendly... semua yang komen juga friendly... how a nice blog... gak ada hujat2an, gak ada kata2 yg gak patut... keep posting ya bro...
salam kenal buat semua (Chris, Myheart, Lica, Vahn, Dee, Hawkson, etc.)

adhe said...

@myheart
Gemeeess... Ga ngaku jg, girly banget gaya dikau tuh.. "kidding..."
It's ok, it doesn't matter, i like u M or F.
Ehmm.. Kraken jg ok.. Hehe, halo bro..
Dea, childies (bener kagak sih tulisannya?) but smart, i like u to.

But, aq lbh suka bro enigma, hehe.. Sorry guys..
*lebay

Lica Lawliet said...

@anonymous : salam kenal jg... hehe -n,n-

(wah, banyak yg udh kenal saya nih... jd malu.... heheheh) >.<v

Anonymous said...

Nakashima:

@Myheart: Thanks for your words Myheart! I feel great, haha...

I don't mind who you're, just like you as what you are!

Hail Myheart!

@Lica & DeeLaBelle: halo girls, how is the day? :)

@Dea: Salam baik, Dea.. Hmm..Dea mau masuk SMA ya?
Wah adik sy yg satu ini pasti pinter..


@adhe:
Halo, slm kenal ya..
Sy rasa ejaannya bukan 'childies', tapi 'childish'..
Tapi sy rasa Dea tdk 'childish' kok...tp memang smart

ucupcup said...

haha
blog keren, baca komen gak kalah seru ama artikelnya..

btw. udh lama nih nuggu artikel yg model bgini..
mermaid ? hmm...
suka ama imajinasi tresna yg blg kalo ini org2 atlantis yg adaptasi, haha kbayang dah

sya si lbih cndrung kalo mermaid itu salah identifikasi ama mahkliuk sbangsa seal tw singa laut..
yg sya tau, singa laut kan emg sering rebahan di batu, pnya mata hitam nan imut, kalo dilihat dri dpan pun anatomi wajah ny sar ser aja am wjah manusia..
-tubuh ny halus gk make sisik, pnya sirip dpan sprti tangan yg kalo dlhat ksluruhan dgn ekor ny, memang sperti makhluk stengah ikan..
-bisa brenang dgan hnya memunculkn kpala atw stngah bdan sja, bsa jga brnang dgan tubuh mnghdap ke atas..

kalo secara, misal para saksi udh lama dilaut, n kgak balik2 ke darat, mreka mngkin kangen am org2 rumah, bisa aja ngalamin kerinduan yg mengakibatkan halusinasi sperti itu,, (pkk ny gtu lah)

ya mamap aj kalo komen ny agk ngawur, pangen ngungkapin yg kpikiran ajah..
salam

adhe said...

@nakashima
Salam kenal jg..

Hmm.. Byk yg pinter bhs inggris deh.. Lumayan buat refresh inggrisku yg mmg kacau dr dl, hehe..

Nice blog n nice enigma lovers too :-)

Banyakomonk said...

Aneh aneh aneh aneh.
Bukan ulasanya tapi yang komen blakangan pasti pada ngelantur...
Tapi justru itu yang bikin pertemanan makin asik aja...
Bro adain kopdar (kopi darat) blog enigma di nganjuk dong!!! :d
biar q gak jauh jauh...
Yang laen Pada setuju gak????
Wkwkwkwkwkwk...

DeeLaBeLLe said...

@Nakashima: hey, my day's kinda sucks but now I smile reading the greeting from u (dari brondong bo! hahaha kidding)

@banyakomonk: jauh aje kopdarnye! bro En kan domisiliny d Jakarte, btw Slamet ulang taon Jakarte tercinte ^_^

Anonymous said...

Ad rasa hangat keluarga d blog ini skrg..Please dont go anywhere to anyone until all cases revealed one by one..

ufobeliever

Anonymous said...

he he he
selain FB, YM, etc. ternyata blog juga bisa buat ajang cari temen, lebih seru malah karena pada nebak2 n analisis he he he

@ lica : tebak saya laki or perempuan? thank ya

(D-dheque)

Anonymous said...

Dea .
@ ka Adhe & ka Nakashima : hehehe asyik di bilang smart , makasih kka-kka.ku , , hehehe
@ ka Nakashima : iya ka mw msk SMA . . Hehe ko tau ka ? :)

Anonymous said...

Bang enigma,,bikin acara kumpul bareng donk.Jadi para fans2 ni bsa ktmu ma abang juga ma comentator2 spti myheart,christ dll (khusus bwat haritz wajib dateng).Hehehe..Yang laen setuju ga??
*sweetvodka*

Anonymous said...

Dea .
Setuju sama ka D-dheque , kayak punya keluarga baru disini , hehehe . .
Blh ikutan nebak ga kak ? Kayak.nya kka cwok deh , kayaknyaa . .

Lica Lawliet said...

@D-dheque : cwe or cwo?? Hmm.. Kayanya cwo, dan namamu dicky.. *ngasal* Hehe
well? Bener ga nih D? -n,n-

Anonymous said...

mermaid ada, hny bkn dlm bntuk manusia..
haha, mgkn makhluk cryptid yg tag prnh dliht manusia

eckilsax said...

mermaid ada dicerita di jaman lampau
kemungkinan besar memang berbau mistis

Anonymous said...

Zetta's opinion
Wah dah bnyk komen"x hbsx msih konsen ama ujian",
@Myheart2105, kemungkinan" lainx sprtix dah sebagian kmu ungkapkan n dgn memp'hatikan sjumlah fakta" yg ada. N krena mysteri ini kta susah menemukanx scra lgsung d zaman sperti, ya clue" n informasi yg up2dt-accurate yg dpt kita gunakan.
@all, how do you do..., great comments n responds
@Enigma, we're waiting for others mystery which more mysterious

Anonymous said...

dari Tresna Asti

huwweee.. Namaq di sebuT.. Namaq disebuT.! Hohoho
>___<

@ucupcup: makasiy uda suka ma imajinasiku y..
=DD

@kak Enigma: kalo mw kopdar jangan di Nganjuk.. Di Bali aja.. Hehehe, peaCe..

makin lama makin sayang ma blog ini dan semua yg turut serta..
^___^
serasa nemu keluarga kdua..
Love u all..
Met ultah kota jakarta..
Met ultah lee min ho..
=D

Anonymous said...

wahh...ke sratus tiga puluh tujuh nih..
sponge bob??

Anonymous said...

Ariel 10 said...
Yang menjadi pertanyaan adalah:
mengapa banyak yang melihat mermaid / merman . Saksinya pun mungkin tidak cukup sedikit. Sekarang kalimat saya cukup sederhana
"Meman/maid benarx2 ada / Hanya dongeng sebelum tidur yang di bacakan oleh semua anakx2 yang hidup berabad-abad lalu" He He hE !_!

KraKen said...

Sebuah Video yang direkam ketika sedang melakukan exspedisi bawah laut di Reef Barrel East Australia di kedalaman 7 meter, Gugusan karang ini sangat terkenal dengan air laut yang jernih dan keindahan biota lautnya,..tidak jauh dari lokasi yang sama Mary Celeste II ditemukan.Merekam seekor(?) Mermaid berbentuk separuh manusia sedang melintas dengan gerakan yang alami ( ..ops I think.. ), ada dua video dengan penjelasan dari si perekam disini,..kejadian di tahun 2009.

http://tinyurl.com/yeoyncj

Its a myth or reality? u decide it...but on my opinion,...hhhmm they are damn so lucky.

dhimasyuki said...

maaf bang enig ini emang mermaid yang hoax tapi gambarnya oke punya bisa di cek di
http://www.thefeejeemermaid.com/gallery1a.htm

adhe said...

@ kraken
hhmmm.. keliatannya sih memang alami gerakanya but ekornya lebar amat yaahh..
Yupe, its a reality they are damn so lucky

*sedekat itu napa ga ditangkap aja ya or just say hello :D

Anonymous said...

Jakarte ulang taon! Smoga lebih baik lagi!

Numpang manyun ma ketiwi wkwkwkwkwk...

ni yg bkin gw suka ma ni blog!
Artikelnya mangstab abiz man!
Yg komen jg gokilz. ni blog udh campur2, analisis keren2, kisah cinta, ampe yg pake acara 'nembak' sgala,
haha..cinta segitiga Chris-Myheart-Nakashima! gile bener, mangstab dah.

Myheart dikerubutin 2 brondong wkwkwkwk...mantap mantap!

Chris vs Nakashima

Ayo Chris, tunjukin diri loe!
Makin seru aja nih blog,ck ck ck..
Salam dr gw

-The Watcher aka anonymous-

Anonymous said...

fr: anonymous yg nanya soal blog myheart
Bro en.. gw jg yakinnya myheart ne cewe.. biz ngomongnya maniez amatt. haha. tp emang sii, komen2ny soal artikel beda sm cara komen cewe, kecerdasannya lbh khas cowo. hehe ^^

Anonymous said...

@ lica : ha ha ha eeehhhmm apa yaaaa... biar tetep misterius deh, oke.. biar kayak Mr. E. ya gak?

Anonymous said...

adhe:

pertanyaan kamu udah dijawab di video itu,narasi pada menit 01:26, coba didengar kembali.

KraKen

Anonymous said...

mermaid mungkin ada pada jaman dulu, ketika foto, video belum ditemukan, sehingga bukti fisik dokumentasi dari mermaid tidak dpt diabadikan. tp setelah viedo dan foto di temukan. mermaid sudah punah, sehingga bukti foto dan viedo yg asli bukan hoax belum ada.
.. to anonymous diatas : emang yg cerdasnya khas cowo doang hehe, oiya. kopdar is good idea. anyway gw mau jujur nih boleh ga?.. komen yg bikin my heart sedih ,it my homen . and saya sampaikan maaf yang sedalam2 nya buat my heart.

salam buat smua enigma lover, thx for not delete my komen again mr. E
dwiero

Anonymous said...

kesaksian mermaid oleh orang banyak tidak terbantahkan, tp terjadi pada masa lalu saat kamera foto dan video belum di temukan, sehingga tidak didapat bukti yg terdokumentasi. ketika kamera video dan foto sudah ditemukan , mermaid sudah punah.

Anonymous said...

Nakashima:

Makin rame aja nih blog..haha
Wah, ada yg ngomporin2 sy & Chris nih...

@Dea: taunya dari komen Dea di postingan Ummo:

...'':) waduh kalo plajaran kls 1 sma dea ga tau euy , baru mw
msk , hehehe :D
June 10, 2010 10:32 PM

Myheart: where r u?

Anonymous said...

Nakashima:

@Anonymous:

''fr: anonymous yg nanya soal
blog myheart
Bro en.. gw jg yakinnya myheart ne cewe.. biz ngomongnya maniez amatt.
haha. tp emang sii, komen2ny
soal artikel beda sm cara komen cewe, kecerdasannya
lbh khas cowo. hehe ^^

Sy br tau kalo kcerdasan itu pakai 'khas'2 jg. Haha...apa Myheart komentarnya spt sy?

Kata org sih pria lbh dominan ke rasio/nalar, wanita lbh dominan perasaan

Tp kalau kecerdasan sy rasa gk ada beda antara cowo ataupun cewe

Anonymous said...

Nakashima:

Jadi 'gatal' mau komen lg..hehe

@dwiero: komen apa bro? Tp sptnya Myheart udh melupakannya, dan sptnya dia akan memaafkan

DeeLaBeLLe said...

@dwiero: seandainy smua org mau mengakui kesalahanny ky km, ga da lg deh crita yg diulang2 terus tiap hari di tipi ^.^. Tapi km hebat lo berbahasa alay, belajar dr mn? hehehe

Anonymous said...

Nakashima:

@Dwiero: jd km yg ngarang bhs alay ats nm Myheart?
Tp sy salut sm km, krn dgn berani jujur..

@DeeLaBeLLe: sptnya kalau bkin text alay tdk sulit, perkenalkan:
Alaytext generator:

atxalaygenerator.co.cc/atx.html

Lica Lawliet said...

@D-dheque : walah.. Padahal km suruh sy nebak km cwe or cwo.. Tp malah blg rahasia.. Aneh deh.. Haha!

Anonymous said...

khusus thread ini ky nostalgia keluarga besar yg ud lama g ketemu, like this :)

Lica@ lica kpn update nya.? sy tungguin lho ;)

by Enigma & Lica Lover

Anonymous said...

Nakashima:

D-dheque: kamu cewe?
Profil fb:
www.facebook.com/people/Yellyar-D-dheque-Beity/100000221933147

Yg lain2:
Nama asli: Yellyar Beity? 30 thn, female ?

www.fanpop.com/fans/D-dheque

topazo said...

Boss Enigma, ada berita menarik tentang penampakan UFO di bandung tanggal 22 kemaren..

silakan disimak...
http://www.forumbebas.com/thread-128875.html

Lica Lawliet said...

@enigma and lica lover (malu sy ngetik nickname ini) : sy barusan posting 2 crita.. Km udh bc?

@nakashima : wow.. Lengkapnya.. 0.0a

Anonymous said...

@ Lica : gak ikut2 kalian aja pake rahasia2 gitu tapi dah ada yang nebak betul he he he still wanna be my friend...?
@ Nakashima : he he he padahal cuma iseng2 aja tapi ada yang nanggepin serius, btw thanks ya dah meluangkan waktu buat googling... yup kamu betul hadiahnya apa yaaa

(D-dheque)

KraKen said...

ops,...ada yang menyapa saya dikomen atas,...

thx adhe,..halloo kembali....:-)

lica: besok kalau aku mampir,..pls bikinin kopi asin ya...:-D

Anonymous said...

Nakashima:

@D-dheque: hmm..apa ya?? Bilang sy ganteng dan baik hati! Hahaha...

Lica Lawliet said...

@D-dheque : oalah.. Jauh lebih dewasa dr sy.. Harus sopan ni.. Hehe
iya dong, tetap mau berteman! -n,n-v

@kraken : haha! Khusus buat anda, kopi asam aja ya?? Pake cuka.. (itu bikin penyakit apa?) Huahaha! :P

Anonymous said...

gni ajh deh .. kok orang tw mermaid ? pasti ada titik Poros klw mermaid prnh di liad ... mungkin pra pelaut itu benar bahwa mermaid atau merman ada mungkin karna ditimpuk batu jadi gk mw keluar ..
kwakkwawka ....
tapi saya usul kyknya mermaida da cman kurang jlz .. mungkin suatu saat nnti akan ada bukti ..

boleh2 :D

adhe said...

@kraken
Hehe.. Muaap ya, aq kira anda tu cowok lho.. Gaya bicara yg smart bikin aq tertipu. Sorry sis..
But' i'm still like u

Anonymous said...

Dea .
@ka Nakashima : wehehe , iyaa , hahaha
@ ka Enigma : ka postingan baru.nya ditunggu yaa , , ^_^

Anonymous said...

Nakashima:

@Lica, DeeLaBeLLe, Dea: Chris itu seperti apa orgnya menurut sisters?
Mengapa Myheart kagum padanya?

Just a thought..

Anonymous said...

sptnya ada 3 generasi komentator di blog engima, generasi pertama cenderung serius dengan analisis dan tidal melibatkan urusan2 emosi, ug masuk generasi ini adalah : mbah ware, van sharu, ufo believer, noock, haritz, kmudian muncul generasi kedua dgn analisis yg lebih tajam dan mengesankan sekelas sherlock holmes contohnya : u-tell, anakkucing, my heart, chris, della bellee, lica lawliet, Ms.Terry. gnerasi kedua ini sudah mulai terlibat emosi dan mrasa bgitu dekat spt keluarga. lalu ..muncul generasi ketiga, ketika chris jarang muncul.. muncul nakashima yg aga bingung dgn yg bicarakan karena blm tau. siapa chris, atau komen apa yg membuat my heart sedih. Uppss sorry komen aku waktu itu bukan komen alay tetapi menolak alay, dan mohon maaf bgtkarena mencantumkan nama my heart secara random sbg salah satu pelaku alay. deeply sorry to my heart, saya sendiri tidak koment dgn bahasa alay karena saya tdk bisa. (and that's not me bro).. thx all.. smoga kita mnjadi kluarga besar yaa (dwiero)

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Dwiero: hikz,, q jd terharu sm pngakuan n prmintaan tulusmu...
Gak pa2 koq dwiero, q dah m'maafkanmu,,n q jg gk sedih lg koq...^^

Everyone can make mistakes, but forgiveness always be there, even without an apology..that's what we should do^^

Anonymous said...

@ nakashima : yup you're handsome and very kind... look i've done.. do u happy now?

(d-dheque)

Anonymous said...

Nakashima:

@sis D-dheque: hmm..never better than this :)

ontak said...

bisa jadi kalo masalah rangka itu palsu,, saya masih ga yakin kalo putri duyung itu ada

DeeLaBeLLe said...

@Nakashima: ak br tau kl ada alay generator :P Menurutku yg bikin myheart kesengsem sm Chris tuh krn chris misterius & smart, dia beranalisa scara mendetil dan megang banget materiny.

Yay, ternyata ada yg lebih 'dewasa' drpd ak hihihi, salam kenal mba D-dheque ^.^

@dwiero: ak kira km yg nulis pk bahasa alay itu

ndrew said...

kalo mermaid ada, berarti spongebob juga ada donk beserta penghuni bikin bottom lainnya...
heheheee...

Anonymous said...

wah ga rela bgt kalo mermaid disamain ama dugong..masa segitu parahnya salah ngeliatnya?
seandainya saya adlh orang yang liat mermaid itu..lantas saya melihat tanda2 wanita (terutama bagian yg saya paling sukai :D ) saya bakal fokus ke mermaid itu ga peduli itu lagi badai atau apa..itu kalo saya ya..jadi kyknya saksi2 itu ga salah liat..
btw setuju ama myheart2105 yang bilang ini ada hubungannya ama yg mistik2..semacem siluman gitu lah..toh urband legend di indonesia banyak yang menyangkut makhluk setengah hewan..mungkin ini salah satunya..

ufobeliever

KraKen said...

Salam buat semua:

Sekedar tambahan,..

Informasi tentang ketiga mummi di Osaka,Nigata,dan Fujinomiya memang benar...dua mummi masih bisa dilihat dan satu mummi telah ditutup untuk umum yaitu mummi di Fujinomiya.

Saya meminta bantuan adik saya yang berada di Yamanshi ken,Fuji Jepang untuk mencari tahu kebenarannya..dan itu memang benar.

Speechless...

Valenti Queen of Zeptish,,city of elfs said...

mas.....kalo video yg di pearl harbor (klo ga salah) di yutub ada kecpakan ekor duyung gt pas recording tourism activities...hoax kagaa????.....(mudah2an ga hoax..pasti ada istana poseidon di laut sono)

Anonymous said...

中島 said...

Yah, kotak komennya udah ditutup...

Postingan barunya ditunggu bro E

Nikon S210 said...

Mungkin mereka memang sejenis manusia yang berevolusi atau bergabung dengan suatu jenis ikan dan menghasilkan keturunan layaknya mermaid dan merman.

Anonymous said...

ko...jd kayk jenglot ya gambar2 dibawah tuh?
hehe...[org indonesia banget]

chai said...

wah hebat mermaid ternyata punya sejarah seperti itu.. penjelasannya keren banget mas.. 2 jempol dah

Anonymous said...

kalo kata-nya paras putri duyung cantik.., tapi kenapa fosil-nya terlihat gak bagus ya..? :O

ngurah agung said...

sy pernah baca asal muasal ikan paus yg katanya dari binatang berkaki empat lalu terdesak kepinggir laut, lalu smakin ketengah laut, dan krn evolusi makanya jd ikan paus, maaf klo saya ngaco

loeq said...

itu mungkin parawak columbus kebnykan liat laut, jadi berhalusinasi klo g di liatnya sebuah mermaid yang cantik hahah

Anonymous said...

dijakarta bahkan ditemukan tempat tinggalnya, putri duyung cottage diancol,,hihiihi

Kliuna-ai said...

wew... enggak pernah nyangka bakal baca habis semua komen. (thanks bgt buat Fi, yang ngasih tahu aku blog ini)

Kalau aku, aku berani bilang para saksi mata itu salah lihat, atau enggak sedang mabuk seperti yang ditulis di kasus Colombus itu. Setahuku, selama ini bukti-bukti berupa foto dan video terbukti hoax. Dan yang soal mumi... entahlah. Trus, deskripsi yang berbeda antara para saksi mata bikin aku penasaran.

Henry Hudson: "Tubuhnya sama besar seperti salah seorang dari kami."

"Bagian atas tubuhnya menyerupai tubuh seorang anak kecil berumur 3 atau 4 tahun."

Tapi setuju dengan yang komen diatas, satu2nya persamaan diantara ciri2 yg disebutkan para saksi mata ya dadanya itu.

Ai (pembaca kesiangan)

Anonymous said...

"John Smith menyebut mahluk itu "Sangat cantik".

dari pernyataan diatas bisa disimpulkan 2 kemungkinan, cantik dalam arti bagus, atau cantik dalam arti sifat manusia.

Anonymous said...

klw saiia taw nya mermaidman dan barnecle boy yg ad di tv wkwkwkwwkkkwkwkwkw.......

Anonymous said...

saya sih pernah liat mermaid beneran (mumified), kira2 panjangnya 30-40 cm..

tidak cantik & molek (serem malah).. termasuk golongan spiritual (macam: jenglot, bk, dll)..

selain itu ada juga yang tubuh ular, atasnya perempuan (blorong)...

thx,

Mutia Irnawati Kartodirdjo said...

anggap aja ini cerita rakyat, percaya ga percaya kita harus tau cerita ini dan mungkin saja benar terjadi

Post a Comment