Thursday, January 20, 2011

Video gadis cilik melayang di hutan Russia

Ada video menarik yang akhir-akhir ini cukup ramai diberitakan, yaitu rekaman mengenai seorang gadis cilik yang tanpa sengaja terekam kamera sedang melayang di udara di sebuah hutan di Rusia. Bagi kalian yang belum pernah melihatnya, berikut sekilas mengenai rekaman itu.


Sampai saat ini saya tidak menemukan bukti konklusif yang menunjukkan kalau rekaman ini adalah hoax walaupun secara pribadi saya percaya kalau rekaman ini adalah sebuah produk rekayasa.

Berikut rekaman yang menghebohkan tersebut:


(link yotube)

Rekaman ini pertama kali diupload oleh seorang pengguna Youtube yang memiliki nickname Jevgenij2000 pada tanggal 2 Maret 2009. Video ini tersembunyi diantara jutaan video di Youtube dan baru mulai menjadi heboh pada awal Januari 2011 ini ketika beberapa media di Cina dan Amerika memberitakannya.

Dalam keterangannya, Jevgenij2000 mengatakan kalau ia dan anjingnya sedang berjalan-jalan di sebuah hutan dan tidak menyangka akan menemukan seseorang di situ. Ia sangat terkejut ketika melihat adegan di depannya dan tidak memiliki penjelasan mengenainya.

Jevgenij2000 tidak menjelaskan kapan dan dimana persisnya ia merekam video ini.

Bagi kalian yang tidak bisa menyaksikan rekaman di atas, saya berikan screenshotnya beserta sedikit penjelasan.

Pertama, rekaman ini dimulai dengan wajah seekor anjing. Lalu anjing ini mulai berlari menjauh dari sang pemegang kamera yang secara logis bisa kita simpulkan sebagai Jevgenij2000.

Jevgenij lalu berteriak: "Tarzan,ко мне!"

Teriakan itu dalam bahasa Rusia yang artinya: "Tarzan, kemari!"

Dari sini kita mengetahui kalau anjing itu bernama Tarzan.

Jevgenij2000 maju sedikit ke depan. Di sebelah kanannya ada pohon yang rimbun. Ketika ia mengarahkan kamera ke sebelah kanan, di kejauhan terlihat seorang perempuan sedang berdiri dengan seorang anak perempuan yang sedang melayang di udara!


Ia mendekat sambil terus merekam.


Anak perempuan itu terus melayang selama beberapa saat.


Tiba-tiba, Tarzan menggonggong. Sepertinya gonggongan itu membuat Jevgenij2000 terkejut karena kamera yang dipegangnya ikut goyang sehingga mengarah ke tanah.


Dua detik kemudian, ia kembali mengarahkan kamera ke arah mereka. Namun anak perempuan itu sudah tidak melayang lagi, mungkin terkejut karena gonggongan Tarzan. Lalu mereka berdua pergi dan menghilang di balik pepohonan.


Rekaman itupun berakhir.

Benarkah anak perempuan itu sedang melayang di udara?

Apakah ada sekelompok manusia mutan super power yang sedang berlatih di hutan Rusia?

Beberapa orang yang tidak percaya kalau manusia bisa melayang di udara akan segera menolaknya dan menganggapnya sebagai hoax. Namun, saya lebih suka melihat kepada bukti yang ada, bukan dengan persepsi. Karena itu mari kita melihat kembali rekaman itu dengan teliti.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak bisa menemukan bukti konklusif kalau rekaman ini adalah hasil rekayasa. Namun, ada beberapa catatan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kita untuk menilai apakah adegan tersebut hanya rekayasa atau benar-benar terjadi.

Catatan positif untuk rekaman ini adalah begitu cepatnya anak perempuan itu berada di tanah. Ketika kamera bergoyang, hanya dalam tempo dua detik, ia sudah terlihat menginjakkan kakinya di bumi. Ini tentu saja sangat sulit dilakukan. Jika anak perempuan itu digantung dengan kabel tipis, maka pastilah ia akan diturunkan dengan pelan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Karena itu dua detik yang misterius itu saya anggap sebagai unsur yang cukup menarik dari rekaman itu.

Di sisi lain, ada beberapa catatan yang sepertinya menunjukkan kalau rekaman ini adalah sebuah rekayasa, walaupun tidak bisa dijadikan bukti yang konklusif.

Pertama, Jika kita memperhatikan rekaman itu pada detik ke 20, kita bisa melihat Jevgenij2000 hanya perlu sedikit maju dan menemukan dua perempuan itu di sebelah kirinya. Artinya posisinya tidak terlalu jauh atau tersembunyi dari mereka. Ketika ia berteriak meminta Tarzan untuk datang kepadanya, maka suara teriakan itu seharusnya bisa terdengar oleh kedua perempuan itu. Apalagi mengingat kondisi hutan yang sunyi.

Kedua, ketika Tarzan berlari menjauhi Jevgenij2000, sesungguhnya ia sedang berlari ke arah dua perempuan itu (walaupun tidak sampai menghampiri mereka). Ini bisa terlihat dari rekaman pada detik ke-28.

Pada detik ke-28, Tarzan terlihat sedang berlari menjauhi dua perempuan itu. Menurut saya, kedua perempuan itu seharusnya menyadari kehadiran anjing itu di dekat mereka. Apakah hanya sekedar melihat dari sudut mata atau mendengar suara derap kakinya.

Ketiga, awalnya Jevgenij2000 sedang merekam Tarzan. Ketika Tarzan berlari menjauh dan menghilang dari pandangannya, reaksi yang normal adalah menurunkan kamera dan mencari Tarzan dengan mata telanjang. Namun dalam rekaman tersebut, ia sepertinya terus mencari Tarzan lewat kamera. Menurut saya ini cukup ganjil, walaupun saya tidak menyangkal ada beberapa orang yang bisa bereaksi seperti itu.

Keempat, pada umumnya, rekaman hoax selalu mengandung unsur "menutup-nutupi". Nah, rekaman ini jelas mengandung unsur tersebut. Momen yang sangat penting, yaitu ketika anak perempuan itu turun ke tanah justru tidak terekam kamera karena "terkejut oleh gonggongan Tarzan". Benar-benar mencurigakan.

Kelima, walaupun saya tidak bisa menemukan kawat untuk menggantung anak perempuan itu, namun ada tonjolan yang cukup mencurigakan di baju hangat anak itu.

Bentuknya tidak terlihat seperti kerutan biasa sehingga ada kemungkinan kalau tonjolan itu adalah ikat pinggang yang digunakan untuk menggantungnya dengan kawat tipis. Jika kalian melihatnya dengan teliti, di bawah tonjolan melingkar itu, baju anak itu terlihat lebih gembung dibanding bagian atas. Mungkin ia memang menggunakan sesuatu yang digunakan untuk menggantungnya di udara.

Perlu saya ingatkan kembali kalau saya tidak menganggap lima catatan ini sebagai bukti konklusif untuk menyatakannya sebagai hoax. Karena itu saya tidak memasukkan postingan ini ke kategori hoax.

Jadi saya serahkan kepada kalian masing-masing untuk menilai rekaman ini.

Walaupun begitu, saya pribadi lebih condong kalau rekaman ini merupakan hasil rekayasa dan dikerjakan oleh seorang profesional. Mungkin untuk tujuan viral marketing atau hanya sekedar iseng.


Jika di kemudian hari rekaman ini tidak juga terbukti sebagai rekayasa, mungkin di sebuah tempat terpencil di hutan Rusia, memang ada satu keluarga super yang diam-diam sedang menggembleng anak-anak mereka untuk menjadi penyelamat dunia. Hmm..Saya suka dengan ide ini.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

264 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 264   Newer›   Newest»
yudhi said...

bentar bentar...setelah baca ini kayaknya viral marketing.buat promosi film,tapi lupa linknya yang mana.
moga moga nanti kalo dapet dishare disini.

Anonymous said...

Keliatan seperti digantung pake kawat. Kayaknya memang boongan.

Anonymous said...

Semoga Manusia SUPERRRR PERTAMAXXXX!!!!!!!!!!
HEHEHEEHE......

Anonymous said...

kelimaxxxxx...
smoga mereka superhero...hahhahahaah...ngimpi

ikamaya said...

saya cb nonton "play-pause"turunnya keliatan kok,, sblm injek tanah,,perempuan itu nangkep anak kecilnya pke tangannya,,cm tetep aja klo rekayasa profesional bgt bikinnya,,ga keliatan pake tali,,dan jatuhnya natural,, hhmmmm!!!

emon_shares_some_stories said...

Россия сверхчеловеческие-Russian superhuman.Apa salahnya sekali-kali membiarkan imajinasi liar merasuki otak Anda :D

Anonymous said...

hhmmm...
bener2 mncurigakan y bang enigma,
tp mnrut sya mang ga mngkin ada orang yg bsa mlayang

ha1212y said...

waw pasti ini macem kek mo dilatih jadi Evelyn Salt gtu kali ya?? hahaha

Anonymous said...

ak bukan yg pertama,...T_T
rekaman ini sgt menarik,mngingatknku pd film heroes...viral marketing?mungkin.
apa kenyataan?jg mungkin.
kn dunia luas apa yg "ga" di dunia ini...
bung e pernah dgr ttg suku dayak pedalaman yg bisa terbang?
cb di ulas bung,..menarik itu kl melihat rekaman itu.dan ak sndri saksi hidup melihat org terbang di kalimantan. Indonesia penuh dg peristiwa menarik,ak sgt tertarik dg negara ini.

Anonymous said...

to : anonymous 15
anda pernah melihat orang terbang di kalimantan?
wah, sungguh menarik...
bole saya liat videonya? apakah ada? (sangat berharap ada...^^ )

Anonymous said...

ardana in bali said

hmmmm.... X-men masih probation kali master!!!

piece (just kidding)

Anonymous said...

Ketika kamera bergoyang, hanya dalam tempo dua detik, ia sudah terlihat menginjakkan kakinya di bumi. Ini tentu saja sangat sulit dilakukan.
__
menurut aq anak perermpuan itu memang tidak bisa menginjakkan kakinya dlm tempo sesingkat itu..,tp seorang video editor yg profesional mgkn bisa mewujudkan hal tersebut..karna teknologi abad 21 sudah cukup canggih

menurut bang enigma gmn

NO~NamE

Anonymous said...

johan nama saya,(anonymous15) hmm,..blh jg tuh nama.
sayangnya videonya ga ada,sayang yah?
saudara 17 bisa ke dayak pedalaman aja,buktikan sendiri,direkam klo perlu :)

fauzieuy said...

mau analisa ni video telat :( ...
kata bang E pada jaket si gadis itu ada tonjolannhya, mungkin tonjolan itu sejenis pakaian tambahan buat memperhangat tubuh CMIIW..
mmpp apakah si gadis cilik trsebut sedang berlatih LEVITASI (LEVITATION) ..

ai said...

Mgkn kedua wanita itu sdg latihan teleportasi atw telepati.
Atw sihir.

Anonymous said...

Bung Enigma...
Menurut saya ada seseorang lagi mungkin lebih yang membantu anak itu terbang.
Buktinya coba perhatikan arah tatapan muka wanita dewasa itu.
Sepertinya, arah tatapan muka nya(perempuan dewasa) bukan mengarah pada anak yang melayang itu, melainkan memperhatikan sesuatu atau mungkin seseorang yang membantu anak itu terbang.
Dalam keadaan siang hari memang sulit memperhatikan ada terdapat tali atau kawat yang menggantung pada gadis itu. Apalagi kualitas kamera yang digunakan tidak terlalu jelas.
Mungkin seseorang yang membantu anak itu memberi aba2 kepada wanita dewasa untuk menjatuhkan gadis itu sehingga wanita dewasa tersebut siap menangkap anak kecil itu.

Atau mungkin anak itu adalah artis/aktor yang sedang membuat film atau iklan.

Janker said...

klo dibilang dia melayang pake kawat, kyknya susah dipercaya. Karena setelah si anak kecil ini mendarat, dia berlari menjauh. Harusnya ini susah donk mengingat dia terikat kawat (misalnya). Tp dari yg saya liat saat adegan mereka berdua kabur, tak ada yg ganjil dgn gerakan mereka saat berlari. Padahal seharusnya ada yg ganjil klo emang si anak kecil itu terikat kawat untuk nggantung dia.

Anonymous said...

menurut gua asli kalo ada tali di ats gmn cara gantunganya?

by.. sule

Anonymous said...

duleh :
akhirnya ada postingan baru... :D
nnyimak dlu gan

Anonymous said...

Hahahahahaaaa,.
jelas bngat tu kliatan Hoax na,.
tp pngen juga ya bisa terbang,.
ada yang bisa ngajarin ga??? (o.O)

-Liaeow-

Anonymous said...

20 besar.....

itu kyk nya pake semacam tali yg d pasang d blakang punggung.....
but keren.... kyk trbang asli....


salam
Oswald

Anonymous said...

Jangan-jangan ini anaknya Hancock yaa ?? XD XD

junglemount

Anonymous said...

klo menurut saya itu sepertinya trik, klo seandainya anak kecil itu benar2 bisa terbang dia akan terbang pada posisi berdiri bukan setengah tiarap (posisi digantung),klo memang dia benar2 bisa terbang dengan posisi seperti itu seenggaknya dia terbang maju mundur tapi di video ini si anak cuma diam aja dengan posisi lengan menjulur seolah2 ada yg mengganjal di sekitar ketiak si anak

Anonymous said...

om enigma, tapi saya ngeliat anak kecil itu turun dgn tangan seorang yang satunya brada disisi tubuh anak itu. sempet keambil sedikit gambar saat anak itu turun.

enigma said...

Maksud saya yang tidak terlihat adalah keseluruhan proses turunnya.

Anonymous said...

waahhh, pengen ikut latian..biar bisa terbang ha ha ha..up up and awayy...

Anonymous said...

hahaha... om lucu amat penutupan nya...

"...mungkin di sebuah tempat terpencil di hutan Rusia, memang ada satu keluarga super yang diam-diam sedang menggembleng anak-anak mereka untuk menjadi penyelamat dunia. Hmm..Saya suka dengan ide ini."

mungkin tujuannya adalah mempromosikan si anak agar bisa masuk akademi mutan Prof. X. karena ternyata untuk memasuki akademi itu agak sulit untuk saat ini, harus lulus ujian UN (Ujian Nasional) dulu, dengan rata2 nilai 5,5. haha

-Uwais-

Anonymous said...

saya setuju dengan hasil penalaran bung E....
point point tersebut memang menjadikan video ni hoax...
bisa saja video ni sengaja di buat untuk iklan atau film...


Banyu mukti

Anonymous said...

saya suka dengan statement terakhir Anda Bung Enigma
hehehehehehe.......

Anonymous said...

yang gw bingung...knp gk d kejar ya pas tu anak ma ce satunya kabur..secara manusiawi kan tu orang pasti ngejar..jarang2 liat pemandangan kyk gitu..kyknya hoax deh..

boy77

Pinkmew said...

hem...
saya akan lebih tertarik kalau video ini benar dan bukan rekayasa. bukankah menaik mengetahui bahwa ada manusia yang bisa melayang?

Anonymous said...

"...mungkin di sebuah tempat terpencil di hutan Rusia, memang ada satu keluarga super yang diam-diam sedang menggembleng anak-anak mereka untuk menjadi penyelamat dunia. Hmm..Saya suka dengan ide ini."

hmm... sy juga suka dg ide ini..! ^_^

ricky joe said...

klo yg video kubah terbang ini bisa di jelaskan mas enigma?
http://www.youtube.com/watch?v=pehVznMu7zI

terus yg hantu mirip smeagol yg dulu saya tanya lum ada penjelasaan nya yah =D, ga sabar n masih penasaran Om..

http://www.youtube.com/watch?v=_mn8AE_R5os

thanks yah kalo sempet di kupas habis disini.

Anonymous said...

gak aneh lah fenomena manusia terbang. di daerahku ada ilmu yg bisa buat orang terbang (dalam bola api ato g pke bola api). tp dah menjurus ke sihir n penyembahan setan.

Anonymous said...

mr. E bagus postnya! :D
mungkin kedua perempuan itu kaget ngedengerin si tarzan yang ngegonggong keras, jadi langsung kabur.
mr. E kayaknya cocok jadi detektif deh, soalnya sering mendeteksi keberadaan kebenaran dibalik hoax :D
keep posting ya mr. E!

Anonymous said...

klo viral marketing kok baru heboh skarang? padahal uda diupload th 2009

Anonymous said...

mr. E
tolong di perhatikan lagi posisi tubuh dia pas lagi terbang. kalo memang pake kawat ,kakinya ga bakal kuat lama posisi kayak gitu. kecuali dipasang juga kawat di perut ke kakinya, buat nahan beban .berapa lama sih dia terbang? saya belum liat videonya. satu lagi mr.E
alat penahan badan buat nahan tali kawatnya namanya apa ya? kan biasanya pake tali lagi buat nahan badan? kalo misalkan anak itu diiket tali, posisi gitu kuat lama ga ya? CMIIW

enigma said...

@anonymous no.53: saya setuju dgn kamu. Awalnya saya juga berpikir seperti itu. Tapi, setelah saya pikir ulang, jika ia menggunakan dua kawat yang dipasang di kiri dan kanan tubuhnya, maka ia bisa melakukan posisi itu dgn tidak terlalu susah. Rekaman itu hanya 44 detik.

enigma said...

Anonymous no.53: Satu lagi, tonjolan di baju itu tdk berarti tempat memasang kawatnya. saya pernah melihat alat penahan badan yg biasa digunakan para ilusionis, dan alat itu cukup besar hingga ke perut dan punggung pemakai. Oya, saya tidak tahu nama alat penahan beban itu.

Bangkewok said...

mantap deh artikelnya,mas!!,,kita tunggu kelanjutan cerita mengenai video misterius ini,
hmppp

Mr. D said...

akhirnya nih video di post juga makasih ya om E..menurut saya tuh bocah kebanyakan minum vodka kali tuh bocah heheh. in Soviet Russia gravitation escape YOU!!!

Ray said...

Bung Enigma, sebetulnya keganjilan yang dapat dilihat secara kasat mata adalah posisi anak berjaket merah yang sedang tersebut. Ketika seseorang menggunakan gaya tertentu, analoginya adalah seperti berenang atau terjun payung, tubuhnya tidak akan condong ke depan secara terpaksa seperti yang ada dalam video tersebut, tetapi memang digerakkan oleh sang pemilik anggota tubuh untuk keseimbangannya. Menurut saya, ini adalah video yang cukup rapi, tetapi tidak dapat menyembunyikan efek gravitasi alami.

Anonymous said...

werlington
nilainya AAAAA+++ boz enigma
postingan yang sangat sangat sangat kereeeeennnn...
ini yang membuat enigma beda ama yang lain
empat jempol buat enigma....
thanx boz

Anonymous said...

thx videonya..
semakin hari kejadian di bumi semakin aneh aja..

Anonymous said...

detik ke 30-33 gadis terbang itu terlihat miring ke kiri dan ke kanan, kakinya juga sedikit terangkat kemudian turun lagi, kalau kawat cuma dipasang dipunggung (seperti tanda tonjolan dipunggungnya) saya yakin, posisi kaki seperti itu susah bang, berat :D

kembali ke detik 30-33, saya penasaran apa kalo pake alat penggantung bisa gerak miring2 gitu?

ufo believer

Hizkia said...

soal detik ke 30 dan detik ke 33 menurut saya ada yang aneh nih bos . pada detik ke 30 sang anak terlihat menengok ke arah kiri bawah , lalu pada detik ke 33 sang anak menengok ke arah atas . kalo menurut saya itu adalah reaksi alami sang anak yang pada saat "tergantung" diselimuti rasa takut jatuh . sang anak ingin memastikan "sesuatu" yang terpasang di badannya dan "sesuatu" yang berada di atasnya bekerja dengan baik .

Anonymous said...

A2T : david coperfield pernah juga terbang seperti itu malah bukan hanya melayang tetapi terbang melaju,apakah david coperfield juga menggunakan alat penahan beban mr.E?

anak baru said...

Ketika kita nonoton film superman. Kita juga tidak dapat melihat tali yg mengikat superman itu. sama saja kan dgn video diatas.
TKP-nya yg membuat video ini seperti asli. Kalo TKP-nya di kota atau tempat keramaian, pasti ga bakal heboh seperti ini, dan langsung dibilang HOAK.

abzalom said...

Rekaman ini pernah saya lihat sebelumnya waktu saya sedang mencari rekaman tentang flying humanoid.

mantapz om peace!! :D

enigma said...

@A2T: tentu saja. David copperfield menggunakan kawat khusus yg kalau saya tidak salah diproduksi di jerman. Ia memasangnya di pinggang kiri dan kanan.

Anonymous said...

Bung Enigma, OOT nih, kalo kuntilanak merah yg pernah masuk RCTI itu gimana ya, apa rekayasa?

enigma said...

@anonymous no.70: soal rekaman kuntilanak merah, saya yakin itu hoax.

joko pakusumo said...

menurut saya video itu hanya mencari sensasi, kenapa saya bilang seperti itu ? karena yg pertama ya itu sudah disebutkan bang enig nah yg kedua inilah yg membuat saya berspekulasi kalo ini adalah HOAX semata-mata untuk cari sensasi yaitu waktu si gadis kecil itu turun ibunya itu seperti mengajaknya kabur dan itu persis seperti superhero yg di film, kalaupun dia memiliki kekuatan super dia pasti sudah terbang bersama ibunya atau mungkin ibunya yg terbang dan dia hanya bisa berlari karena belum terlalu kuat.maaf jika komen saya ini cukup membingungkan

phantasia said...

Jika anda bingung bagaimana proses jatuhnya dalam dua detik, bukannya itu seperti jatuh ya? Jatuh dalam 2 detik kan cukup waktunya :)
Hanya hipotesis sih..

Anonymous said...

versi cerita (saya sendiri) :

sebenarnya kedua perempuan itu mendengar (lebih ke si ibu ) gonggongan anjing itu, namun yang terjadi demikian :

Ibu : cepat, ada yang datang, nanti mereka melihat kita (tanpa menyadari bahwa mereka sudah terekam)

si anak : sebentar ibu, lagi asyik nih (naluri seorang anak kecil yang baru bisa mempelajari sesuatu, selalu tidak mau disuruh berhenti)

Kemudian si anak mau turun setelah mendengar gonggongan anjing dan melihatnya (saat anjing itu berbalik). Kemudian si ibu menangkapnya dan berlari.

Terlalu mengkhayal mungkin,

by Freed

enigma said...

@phantasia: saya setuju. Satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah anak itu dijatuhkan.

Anonymous said...

sejak kapan proffesor x membentuk Xavier School for Gift Child di Rusia, kayaknya bisa jd hoax deh ni video klo memang ada penyangga di punggungnya untuk turun gak perlu waktu lama deh klo tinggi terbangnya cuma segitu, tpi yg gak bikin hoax ceweknya lari sambil narik2 penyangga nya dan ibunya masih melatih wonder girl terbang rendah

Rakha said...

Analisa Hizkia cukup make sense juga bagi saya. Tambahan, coba lihat juga penutup kepala yang merupakan bagian dari jaketnya namun tidak dipakai karena menggunakan topi terpisah, posisinya dibelakang kepala, terlihat seperti ketarik menurut saya.

enigma said...

@Rakha: kamu benar, bagian itu memang terlihat seperti tertarik. Hehe. mata kamu tajam juga bro.

Anonymous said...

mr. E saya liat sesuatu yang ganjil? kalo video ini d perbesar, trus kalo mr. e bisa liat, pas mau diturunin tuh anak, ada kayak orang/manusia/sesuatu gerak dari kiri ke kanan, kalo tangkai kayu kayaknya ga mungkin, atau mungkin saya yang rabun, maklum silinder 4 ,haha

anony 53, please call me 52

Anonymous said...

kyknya hoax deh secara...klo emang asli si orang yg rekam kan bakal penasaran n ngejar...trus juga bakal balik lagi ke tempat itu buat nyeledikin....

Anonymous said...

saya salah lihat mr. e,, itu memang bukan orang, cuma tangkai pohon, mr.e menurut mr dia diikat kawat, terus porosnya dimana? apa pohon2 disana ada yang deket sama posisi si anak? maaf mr, sy udah bilang sedikit rabun, haha

saya setuju analisa hizkia,dia takut karena dia melayang, bukan terbang menurut saya, soalnya tubuhnya (terutama kakinya ga gerak2) kaku atau memang ada kawat yang nahan,

si anak waktu d jatuhin langsung lari kan? terus yang video sengaja ngeakhirin videonya, ga divideo terus sejauh mana si anak lari, soalnya kan kawatnya musti dilepas, ga bisa lari jauh pake kawat,haha

52

enigma said...

@52: titik tumpu bisa diantara pinggang hingga tempat tonjolan di bajunya. Kalau soal pohon, kt memang tidak bisa melihat batangnya. Tetapi dahannya bisa saja ada di atas mereka.

Anonymous said...

yang jelas pohon itu ga boleh terlalu jauh kan ya kang? (saya ijin panggil akang aja ya mr,)

kang udah pernah post anak dari mars kang? menurut pandangan akang gmana itu?
52

Agoenk208 said...

kalo asli = menarik sekali....
kalo hoax = lebih menarikkk sekaliiii..!!!!
Soalnya gimana bikinnya hoax sebagus itu ya.. pengennn....

Anonymous said...

om e liat di detik ke-35 ada adegan si cewek dewasa meluk (nangkap) si anak kecil , menurut saya si anak itu tidak langsung turun ke tanah, tapi melalui tangkapan si cewek dewasa dulu.



Sorrow

Anonymous said...

keknya asli deh...
abis turun dia lgsg lari...
bung E bagi nocan gadis itu dong

Holooi said...

wah, kagum deh sama om enigma..
penjelasan yang masuk akal dan ga bertele-tele
iya aku setuju sama bagian terakhir dari artikel ini. aku harap ini bukan hoax dan bener kalo di hutan rusia itu ada keluarga yang menggembleng anaknya jadi penyelamat dunia
dan satu lagi. ibu dan seorang gadis itu secara tiba-tiba menghilang?? mohon penjelasan-nya om enigma
terima kasih :D

Anonymous said...

ketika dia lari kelihatan ada kabel kawat!
by:Dafa Alferro

Semut hijau said...

Biasa aja, cari sensasi tuh.

"aku harap ini bukan hoax dan bener kalo di hutan rusia itu ada keluarga yang menggembleng anaknya jadi penyelamat dunia..."

Aku lebih tertarik komenin yg di atas (biarlah dibilang OOT or whatever), kalau menurut aku sih pernyataan di atas terlalu lebay. "Jadi penyelemat dunia" ?? Emang dia utusan Tuhan? Bagiku lebih masuk akal kalau keselamatan dunia itu adalah hasil usaha dari setiap orang, masing2 orang mengusahakannya, bukan karena kehebatan seorang pahlawan super atau apalah namanya.........

maliq achmad said...

maaf saya mau bertanya, tapi menyimpang dari bahasan di atas.
apakah selama ini brother enigma memang percaya dengan adanya UFO?apa bukti dan penjelasan singkatnya dari brother??
mohon comment saya dibalas..
trims brother...

Anonymous said...

Mr E,tp bener ga si kalo di india tu ada beberapa orang yg bisa melayang?
katanya yoga bisa buat melayang
CMIIW^^
salam

Reza

Anonymous said...

ohhh. ternyata dijatuhkan..bro. terus ibunya buru2 nangkep anak itu sebelum nyentuh tanah. kayak kita nangkep mangga..

Anonymous said...

Bro, tolong donk angkat cerita ttg Pohon yang dapat bangkit lg..

Tokrem said...

postingan yang menarik...
kalo mmg bs melayang,kenapa kaburnya tidak terbang aja, lebih cepat,kan posisi lg di atas, tinggal wuuss.....beres deh. bisa menambah aspek kemisteriusannya......hmmm aneh sekali...jd yakin kalo rekayasa.
Mr mau tanya nih...
menurut Mr. E penyihir itu beneran ada ga, soalnya dalam sejarah (khususnya Eropa) banyak bahasan tentang penyihir, yang bahkan dianggap membawa malapetaka dan dihukum mati. bahkan banyak film yang mengangkat tema ttg penyihir. jika dulunya mmg prnah ada, knapa skrg tidak ada lg? (atau jgn2 mereka sedang bersembunyi hehe).
Tolong dibahas yah...........ok.

Crypto said...

waaaaaa ada superhero...beneran ga yach?Bang E boleh tukeran link ga ini link punya saya http://cryptozoology.blogspot.com makasih bang

enigma said...

@52: klaim itu tidak bisa dibuktikan.

@sorrow: tentu saja. anak itu memang ditangkap oleh wanita itu.

@Holooi: tidak tiba-tiba menghilang. Mereka "menghilang" di balik pohon kok.

@maliq achmad: tergantung definisi kamu soal UFO.

@Reza: Bisa saja. Tetapi saya belum pernah melihatnya.

@tokrem: Penyihir memang ada kok. Percaya deh.

Anonymous said...

bang E...
knp yg barat trus postingannya??
skali'' ug indon dinhk...
yg kunti merah kaleee??

Roxxane

Anonymous said...

itu mah teknik murahan,, di indonesia jg bnyag kyk gtu cm klo disini video pnampakan pocong,, jadi sblum pcongnya muncul kameranya mngarah entah kebawah ataw keatas,, baru diarahkan lagi ke objek.. biar kliatan alami.. drpada dipotong kan kliatan bgt boongnya ,, mnurut saya sih sperti itu,, hehehe

arashita apsari said...

woooowww...
nice post, setuju ama bro en,, penyihir itu memang ada b^^d

Anonymous said...

iya kang,
kalo ada info update lagi masalah ni ya kang,

oh ya kalo akang ga keberatan tolong pos soal anak mars itu ya kang.

wah kang E bilang penyihir ada. maka saya percaya xD
52

Big Love said...

hihih... setelah lihat videonya saya yakin itu ada talinya.. coba perhatikan bagian anakya udah hampr ditangkep sama mama nya itu... hohohohoh

dekur said...

saya sih pernah liat org china kakek2 yang juga pernah diliput ma ripley believe it or not! dia bisa ngeringanin tubuhnya, buktinya dia jalan diatas kertas tipis tapi ga jatoh!eh pas pembawa acaranya yang nyoba dia langsung tembus gt! trus dia juga bisa ningkatin suhu di telapak tangannya ampe 100 derajat celcius lebih!kata dia sih itu yang namanya energi chi! tp saya lupa nama kakek2 itu siapa!

moemBOELL said...

nice post bung "Enigma"

hebat,tali n modus rekayasa ga bs ane tumuin. syg bgt kl sampe video ini hoax belaka,yg seharusnya seh nyata.

kl ternyata hoax,sutradaranya lalai satu hal: bung "E" bnr,jarak Jevgenij2000 ame objek ga jauh,deket malah. si-ibu harusnya tau ada sesuatu di dkt mrk dan reaksi sepantasnya adl menoleh ke Jevgenij2000 ato Tarzan (walau cuma pengen liat Jevgenij2000 ganteng apa ga'),tp mrk cuex bebex aja tuh.

kl ternyata asli,no comment...

Anonymous said...

Bagi saya video ini nyata ...
Tapi sebagian orang mempengaruhi pikiran saya ,jadi saya mengubah pikiran saya bahwa ini adalah hoax.
Orang yang percaya video ini hoax adalah orang-orang yang logstik.. (mungkin,haha)

Biarkan pikiran liar kita percaya,bahwa flying human itu ada .
Hati Puas,Pikiran Senang ... haha

-Sony-

Anonymous said...

sekedar info aja.. buat yg mau baca xfile enigma dari hp
tambahin /?m=1 di belakang address
contoh
xfile-enigma.blogspot.com/?m=1

bisa koment kya biasa juga..

-yuki

Anonymous said...

kemungkinan emang rekayasa, si Tarzan berlari ke arah dua perempuan itu karena ia mengenal mereka. berhubung kehadiran Tarzan tidak dikehendaki untuk ikut terekam, Jevgenij2000 memanggil Tarzan agar menjauh..

_Nunung_

BelzeRocheford said...

WOW!
Kelihatannya Di Rusia Ada Keluarga The Incredible...

marindajaya said...

iya benar juga ya?awalnya terlihat sungguahan,tapi setelah di cermati emang seperti rekayasa,tapi ok juga nih infonya mantap,bikin orang jadi berpikir,he..he..

Anonymous said...

saya tertipu....., saya lihat postingan ini kemarin malam...dari judulnya saya pikir rada2 horor gitu, kata "melayang di hutan" sukses buat saya ogah membaca malam hari...eh tahunya begitu dibuka siangnya...isinya.... ck...ck...ck.. :-(

paradox boyz said...

WOW....LEVITATION.....Klo misalkan dia di gantung pake tali emank talinya di sambungin ke mana ya...di hutan kaya gitu emang bisa disetting kayak di panggung ?

Anonymous said...

waahhh......kyknya beneran tuh.....soalx klo digantung pke kwat ngaak mungkin bisa melepas kait kawatnnya dalam waktu 2 detik...........aneh kan trus....mereka jga langsung lari deh gtu mendengar TARZAN...........

Tokrem said...

Mr E, kalo mmg penyihir ada spt kata anda.....itu dulu atau sampai skrang masih ada?
(penasaran mode : on)
sihir = magic, jadi magician/pesulap adalah penyihir, betulkah?
atau mgkn krna pikiran kita banyak dpengaruhi oleh film2 barat, shg arti penyihir dlm pikiran kita berbeda dlm artian sebenarnya.
mohon penjelsannya.....
trims

Tokrem said...

magician tentunya berbeda dg wizard, betulkan...
magician tentu pake trik, naaa kalo wizard????

Anonymous said...

kyknya hoax.........kalo bener biasanya reaksi orang waktu anjing ngegonggong 2 orang itu liat kebelakang........tapi disitu langsung kabur, terus kalo asli pasti orang yg ngevideo itu bakal kaget......mungkin dia bisa ngomong sesuatu karena takjub.....terakhir, itu kan sesuatu yg extraordinary,, kenapa 2 orang itu gk dikejar aja? pendapat saya sih gitu aja

coretan21 said...

menurut saya waktu kamera menghadap kebawah trus gadis itu tiba-tiba nda melayang lagi kok sangat ganjil gitu ya bung....

Anonymous said...

Wingardium Leviosa!

I love it. Cleverly made. Tetapi, saya sepakat dengan bro.enig. This is a hoax.

-prof.krauss-

Twk adalah Emir said...

kalau kita lihat dari sisi rasional..,saya sepakat dengan bro enigma... masih belum ada bukti2 yang konklusif untuk memutuskan apakah ini hoax atau bukan....

namun..., kalo kita melihat dari sisi spritual (maaf saya bukan mengajak untuk percaya dengan hal yang mistik..) hal ini bisa saja terjadi (maksud saya kemapuan melayang di udara dengan ketinggian tertentu untuk beberapa saat), namun tentu saja dengan serangkaian latihan dan ketekunan terus memerus dalm wktu yang cukup lama (tahuna s/d belasan tahun)... namun itu biasanya dilakukan oleh orang dewasa, nah yang menariknya ini dilakukan oleh anak-anak... hmmm.... ini sedikit membinggungkan...

btw... "selalu ada sisi yang lain"

salam

Emir

enigma said...

@Tokrem: Sampai sekarang masih ada. Yang saya maksud dengan penyihir itu bukan magician, tapi witch atau wizard. Penyihir itu sudah ada sejak masa babylonia dan mesir kuno. sampai sekarang masih ada dan dipraktekkan di berbagai seluruh dunia. Yang paling terkenal adalah di Afrika. Sedangkan versi yang lebih "Harry Potter" ada di Eropa dan dipraktekkan oleh penganut Wicca.

Anonymous said...

sekedar menginfokan..
mungkin jg repost..
barangkali bisa dilanjutkan..

http://www.detiknews.com/read/2011/01/23/204831/1552692/10/lambang-misterius-ufo-muncul-di-sleman-usai-angin-kencang

gak usah dipublish deh oom enigma..
thx..
:)

Anonymous said...

MR E!!!!!!! CROP CIRCLE DI YOGYA!!!!!! http://sains.kompas.com/read/2011/01/23/21503886/Ada.Jejak.UFO.di.Jogja

BENER GA!?!?!?! *ANTUSIAS MENYALA2!!!!!


MS. Terry

rina said...

bang, post tentang crop circle yang di sleman itu dong. orang indonesia banyak yg pada telat update nih pada baru tau crop circle

Anonymous said...

@ Roxxane: HEY jangan sebut negara kita INDON ya.. :( dengan bangga aku bilang, nama negara kita adalah INDONESIA..... sebab INDON ADALAH NAMA YG DIGUNAKAN NEGARA TETANGGA UNTUK MENGHINA KITA. ingat..ya..nama negara tercinta yg susah payah berdiri ini INDONESIA. sebutlah dengan bangga :D

@ Mr. E: maaf kalo OOT bisa diremove atau ga usah d approve jg gpp... krn itu mengganggu aku bgt (kata2 INDON, bukan pd Roxxane nya kok).


Ms. Terry

Anonymous said...

maaf om enig agak menyimpang dr pembahasan video ini hehe.. saya baca2 di indonesia ditemukan crop circle di dareah sleman.. masuk dalam berita kompas online.. persawahan disana membentuk geometri yang rapih.. hmm apakah ini yg pertama di indonesia?

berikut linkya di kompas
http://sains.kompas.com/read/2011/01/23/21503886/Ada.Jejak.UFO.di.Yogya

Anonymous said...

yang di sleman itu beneran Crop Circle ya.....??????

Anonymous said...

Bung E,

Mohon diulas mengenai berita crop circle di Sleman belum lama ini. Apakah sudah ada foto yang menunjukkan keseluruhan pola yang terbentuk secara vertikal dari atas? Soalnya saya gugling mau lihat gambarnya, yang ada selalu dari posisi menyudut (agak miring).

Sepertinya saat ini Jawa Tengah sedang dilanda berita penampakan UFO, crop circle... apakah ada hubungannya? Apakah kejadian tsb sudah menarik perhatian para ahli crop circle lokal maupun mancanegara? Hmmm... Saya sungguh penasaran.

Terimakasih sebelumnya, keep on investigating Bro. E

Nadeem

Anonymous said...

tolong bahas crop circle jogja bro....
(gaksabarmode:on)
hehehe....

iccank

Anonymous said...

"Jika di kemudian hari rekaman ini tidak juga terbukti sebagai rekayasa, mungkin di sebuah tempat terpencil di hutan Rusia, memang ada satu keluarga super yang diam-diam sedang menggembleng anak-anak mereka untuk menjadi penyelamat dunia. Hmm..Saya suka dengan ide ini."
aq juga suka ide ini hehe,,, ^_^

mas bahas crop circle sleman donk,,,
pasti hoak kan???

AzharDirly Gitchu Lho...!!!! said...

hahaha,,
jdi ingat film push, ttg skelompok remaja yg nenek2nya jdi bhan prcobaan nazi, trus kekuatannya nurun ke mereka :D
btw numpang iklan om, sya pnggemar abadi d blog ini, tpi pemula d dunia blogging, klu ada yg brminat, slahkan knjungi www.azharusman.blogspot.com

Alfyori said...

Bro Enigma, mohon diulas soal crop circle di daerah persawahan di Sleman donk... katanya LAPAN itu ulah iseng tapi saya lebih percaya ulasan dari bro enigma...Thanks

Anonymous said...

He he, saya yakin bro enigma lg ngumpulin bahan buat nulis crop circle sleman. Mungkin agak susah dapetin foto tampak dr atas cos perlu heli or sejenisnya. Sipppppp deh bung!!

Anonymous said...

broo ... Sorry nih OOT ... Hohoho
saya dengar di radio ... Katanya ada crop circle di Sleman .... Benarkah?

anungcamui said...

baru nih, crop circle di indonesia

http://www.detiknews.com/read/2011/01/24/092605/1552849/10/pemilik-sawah-yakin-lingkaran-ufo-bukan-akibat-angin

http://www.detiknews.com/read/2011/01/24/085956/1552824/10/lingkaran-ufo-di-sleman-tempati-7-petak-sawah-siap-panen?nd992203605

http://www.detiknews.com/read/2011/01/24/083713/1552805/10/ratusan-warga-menonton-jejak-ufo-di-persawahan-sleman?nd992203605

http://id.news.yahoo.com/kmps/20110124/tid-angin-winasis-yang-mengukir-jejak-uf-376aae3.html

segera diulas bro
thanks

indra nur revolusi said...

...kata-kata kak enigma selalu menarik di akhir postingan

Anonymous said...

sori kalo salah kamar bro E... ada liputan crop circle di trans 7 tuh... d tunggu liputan dari bro E aja dah

Anonymous said...

kang enig

request tentang crop circle yang di sleman dong

Anonymous said...

Bang E,,,,,ada info nih,katanya ada crop circle di sleman jogjakarta di sawah lagi TKP nya....gimana bang???ulas ya
**lare pacitan**

afrianto akhadi said...

bro enigma analisa anda boleh juga, tapi menurut saya, jika yg ditarik oleh kawat tipis(sejenisnya) adalah bagian pinggang / Punggung, gaya berat tubuh dari si gadis cilik seharusnya ke arah bawah, tapi lihat kaki si gadis malah tertarik ke arah belakang, itu aja dari saya, BTW pembuat video ini profesional banget sampai2 hal2 detail tidak terlewatkan olehnya

Anonymous said...

katanya ada crop circle di jogja
beneran ga tuh????

Ihsan Dulu said...

Bang e kenapa ya kalo pake Mozillah gk bisa comment, tp pake IE bisa?

Chu Liu Xiang said...

Saya lbh suka berpendapat kalo ini adalah konspirasi :p

(pertamax neh comment di blog ini setelah bertahun2 hanya menjadi pembaca hehehehe)

-Chu Liu Xiang-

perela said...

Om, ga bahas Crop Circle yang di Jogja itu? Beneran apa engga sih yang di Jogja? Bahas dooong om :D

Anonymous said...

Mas, pengen tau misteri Magnathorax The Monster of Bermuda Triangle donk!!

Anonymous said...

Mas Enigma..

Cropcircle Sleman Dong...~

Bahas ya...

undur2 said...

Keisengan dengan menggunakan kreativitas ber-geometri ria AKHIRNYA melanda Indonesia......

HOREEEEE....AKHIRNYA....bangsaku gak kalah kreatif juga ya...Ayo maju Indonesiaaaaaaa....!!!

Sekarang Sleman, besok Bandung...horeeee....

Anonymous said...

bang aq udah pergi liat cc nya langsung,,,
aq sich yakin tu d buat ma orang tp aq pngn tau donk penjelasan dr bang e ^_^

nnk pw

Anonymous said...

keren om....
om ulas tentang crop circle sleman donk om....terbaru tuh....

thepatriot said...

analisa & imajinasi saya...

a) Bila si gadis kecil emang terbang beneran.

Video ini terekam secara tak sengaja oleh pria yg sedang berjalan-jalan bersama anjingnya. Dia menggunakan handycam (kelas biasa, bukan pro).

Tampak gerak geriknya yg cukup membuat pusing audiens (yah namanya juga handy camera) beserta suara si pria, anjing, dan derap kaki tampak cukup jelas bahwa suara/sound terekam dekat dengan speaker handycamnya.
Kualitas warna, ketajaman, detail & soundnya biasa2 saja.

Satu lagi yang membuat saya yakin bahwa ini diambil oleh alat handycam adalah antara detik 25-29 si pria men-zoom ke arah si gadis kecil dengan cukup cepat dan terkesan buru2.
(media poket kamera digital & ponsel berkamera ga akan secepat dan sehalus itu zooming-nya)

Menurut telinga saya, detik 25-29 tadi si pria menghentikan sejenak langkah kakinya. (dia terkejut dan refleks aja men-zoom kameranya ke si gadis kecil)
Jadi mengenai jarak si pria, anjing, dan 2 gadis ini menurut saya agak jauh. Pria dengan gadis sekitar 40-50 meter, lalu si anjing dengan gadis mungkin 20 meteran. Mata kita tertipu dengan zooming tadi.

Terus mengenai teori kawat, teori dijatuhkan, dll.
Coba perhatikan detik 22-24....tampak alam sekitar yg luas, pepohonan menjulang tinggi tanpa ada dahan-dahan, dan di detik tadi juga udah keliatan si gadis kecil melayang.
Menurut logika saya sangat sulit mengkaitkan kawat pada environment alam seperti itu, apalagi posisi si gadis kecil seakan2 kawat berada di tengah pinggang & leher belakang.
Entah aneh aja rasanya kalo itu memang memakai trik kawat (di bagian tubuh manapun terpasangnya), lalu kembalilah ke detik 22-24 tadi...mungkinkah dilakukan?

* Paling enak melihat video ini menggunakan fasilitas slow motion, di VLC media player bisa koq.

b) Bila si gadis kecil cuma terbang-terbangan

Teknologi Hollywood mana sih yang ga mungkin?
Semua serba mungkin. Hanya saja video ini tidak terlalu fantastis seperti film Superman, dll. Namun saya akui kalo emang terbukti hoax, video ini digarap sangat rapih.
Tujuan video ini bisa saja sebagai ajang show off, sensasi, edukasi, viral marketing, dll.



NB: ....masih penasaran apa yang dikatakan si Pria dari detik 36-42....


Yah sekian dari saya bro E, makin jaya selalu blognya :)


Ragil SP

Anonymous said...

Bang enigma, ini link Crop Circle sleman yg bang enigma tanyain..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6775141
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6774787

tinggal pilih ajh, lgi booming d kaskus jg soal'a..

By : Koe-Chink

Anonymous said...

aq ga bisa ambil langsung tp ada bbrp tmn yg pnya foto2 langsung tanaman nya

nnk pw

Anonymous said...

bang enigma...
ulasan tentang crop circle di Sleman banyak yang nunggu loh..
terutama pendapat dari bang E...

ron_interista

Anonymous said...

Selamat pagi mr enigma.saya pengagum tulisan-tulisan dan gaya berpikir anda.saya juga pembaca semua artikel anda tapi baru kali ini bisa berkomentar.seperti biasa tulisan anda kali ini tetap membuat saya kagum.oia mr enigma,tulisan anda didalam artikel berdasarkan pikiran anda sendiri atau kadang anda diskusikan dulu dengan teman atau kerabat anda?
Terima kasih
-musica-

Anonymous said...

saya chris_topher.
kalau menurut saya sih.mungkin itu uji coba senjata atau alat anti gravitasi.tapi anda meliewat kan sesuatu bang enigma.anak nya tidak langsung jatuh ketanah melain kan jatuh ke pelukan perempuan berbaju kuning.di detik 36

ndrientheu said...

Crop Circle Sleman..
Ditunggu ulasannya..


Salam..

Anonymous said...

iya donk bang E, corp circle sleman. gimana menurut insting detektif bang E? hehhe

weasley

hanan said...

om enigma,ada corps circle di indonesia tuh...gimana pendapat om enigma...

Anonymous said...

cgit to enigma : klo crop circle di indonesia kaga dibahas dalam waktu dekat, berarti blog ini blom ada logo timbul SNI nya...
wkwkwkwkwkw...
:D :D :D :D :D

Anonymous said...

mungkin Crop Circle di sleman itu kl terungkap akn mnjadi jwban misteri ttg crop circle2 yga da di seluruh dunia,...
menarik ga sie bang E???
ga tertarik dan tertantang buat nulis itu di blog ini?
sy tunggu tulisannya :)

Anonymous 15

enigma said...

@Anonymous 15: Crop circle sleman itu sudah diberitakan di seluruh dunia. Saya barusan baca di aolnews mengenai itu. Kalau saya menulis hal yang sama, sepertinya tidak ada gunanya. hehe.
Tetapi, menurut saya pribadi, Crop circle Sleman itu buatan manusia kok.

Holooi said...

oh jadi gitu ya, menghilang di balik pepohonan
tapi sesudah saya melihat video itu, sya berpendapat kalo itu bisa jadi rekayasa..
coba nanti, kedepannya apa ada film atau sejenisnya yang berhubungan sama kejadian ini alias haya untuk kepentingan viral marketing
terima kasih mr.E

nitip lapak
http://www.holooi-article/blogspot.com/

sekali lagi terima kasih

Anonymous said...

saya juga yakin tu manusia tp kok ga sreg aja kl ga d bahas ma bang e hehe,,,,

Anonymous said...

tolong bang e jelaskan kenapa menurut bang e crop circle yang di sleman buatan manusia? kalo pendapat saya pribadi begini:
1. dunia ini sebelum banjir pada zaman nabi Nuh mungkin saja pernah mengalami masa2 keemasan teknologi yang jauh melampaui teknologi sekarang ini, mungkin saja banjir pada waktu itu sudah diprediksi sebelumnya, sehingga ada manusia yang sudah mempersiapkan diri. entah itu terlepas dari hilangnya suku maya atau apapun itu, mungkin ada manusia dari masa lampau dan berregenerasi hingga sekarang dengan teknologi yang canggih hidup disuatu planet lain. makanya UFO yang datang kebumi tidak menyerang manusia, karena dia sendiri adalah manusia, ya mungkin hanya seperti wisata .....gitu.
2. dalam kitab suci saYA Alqur'an hanya ada manusia dan Jin yang wajib beribadah , artinya di alam semesta ini hanya ada 2 umatNya. mungkin saja teknologi jin sudah melampaui manusia dikarenakan umur mereka yang bisa hidup ratusan tahun, dan mereka juga tinggal dibumi sperti kita, hanya beda dimensi.
hehehhe.... saya hanya berandai2 saja
adlon79@gmail.com

Anonymous said...

crop circle di sleman nuansa 'hoax'nya kental sekali ya bro, pasti anda berpikir sejuta kali untuk mengulasnya di blog ini, hehehe...

-ndolet-

ph4ma said...

moga2 aja mereka super hero beneran.....agar nnt dunia ini bisa aman dr segala kejahatan dr org2 ga bertanggung jawab.......jgn lupa mampir ke blog saya ya...hehehehe

sayasukro said...

hehhhe, lucu juga kok doi bisa melayang gitu, kalo ada bukti2 tentang ke-hoax-an video ini tolong di share lagi ya kaakk..
btw tukeran link dunk kakk.. blog enigma uda nongkrong di blog saya.. hehhehe
salam kenal :)

belle said...

Keep Posting om enigma aku suka postingan2 om, bermutu banget dan penjelasannya mudah dimengerti ^^

Oh iya om td aku liat ada postingan om di:
http://realitycentre.blogspot.com/2011/01/menguak-misteri-gadis-terbang-di-rusia.html tanpa ada sumber dr mana, sekedar info aja abis ga enak liatnya om nulis panjang2 tp ada yg ngeklaim ^^

Anonymous said...

may be a hoax but the actions of the dog is quite
interesting.it actually seems surprised by the whole incident

My life on the blog said...

wahhh....
keren nih.mantep.
kalau boleh,tolong bahas crop
circle yg di sleman,yogyakarta dong.
penasaran nih,emang itu dari ufo ya?
kalau saya sih gak percaya.

Anonymous said...

Wah. .kalo manusia trbng aku pcya. .sbAb dalam pRguruan silat ku jga para ptngGi.a jga pd bsa melayang di udara. .jelas trbkti 100% melayang

enigma said...

@Ihsan dulu: itu tergantung koneksi internet.

@Ragil SP: pria itu berkata: "Oh My God" dalam bahasa Rusia.

@Musica: Tidak pernah didiskusikan.

@Adlon79: crop circle ini tidak rapi. Dimaksudkan untuk jadi geometris, tetapi ternyata gagal.

@Anonymous 183: Menurut saya, anjing itu tidak terkejut karena "whole incident" itu.

ixan said...

bung enigma..crop circlenya dekat daerah saya..sekalian mampir kalo mau liat, haha...

#maap OOT..:p

btw postingan ini belum ada fatwa hoax dari bung enigma ya? hehe...

garcyber said...

Setelah aku melihat seperti ada tonjolan itu, aku skrang menganggapnya hasil rekayasa...

Anonymous said...

menurut saya
mungkin saja ni asli
soalnya pass gadis itu turun
terus sebab anjing itu lari
mungin di karenakan keanehan dari anak tersebut
sehingga anjing itu merasa ada yang ganjil
dan mendatangin ke arah kedua anak tersebut
tapi klo soal baju hangatnya gembung aneh
bisa saja karna masuk angin kedalam bajunya
tapi intinya tergantung kita menanggapinya

Anonymous said...

Menurut saya, sepertinya ini asli
kuncinya ada di foto ketika dia sedang melayang
perhatikan kakinya, kakinya lurus ke belakang

kayaknya kalau memang di punggungnya ada tali, tetap aja susah untuk meluruskan kaki ke belakang seperti itu
kecuali kalau talinya agak ke bawah, di bagian pinggang misalnya

tapi kalau tali di pinggang
pasti susah untuk turun dan menjejak tanah dalam jangka waktu 2 detik

Anonymous said...

detik ke 35 si gadis turun tapi kerudung jaket nya
tidak ikut turun nyangkut di kawat kali...

Rensen said...

Lama ga ngepost disini. Masih inget sama saya ga bung?! wktu saya itu bareng mbah ware prnah ngrjain brader enigma haha..

Cuma mau sekedar bagi cerita Om!!

Manusia memang bisa terbang jika dia mencapai tahapan ilmu tertentu. Dan itu sudah dibuktikan oleh NENEK saya. Beliau 'dulunya' punya ilmu serupa, jadi dia bisa menguasai ilmu berbagai pengobatan dan bisa "TERBANG". Tapi semenjak pindah ke Jakarta dan masuk agama (maaf ga nyebut agamanya, takut SARA) beliau harus menghilangkan ilmunya itu, karena itu pantangan dalam masuk agama. Jadinya sekarang beliau sudah ga bisa terbang lg, dan sekarang usianya sudah 91 tahun.

Sebagai bukti nenek saya bisa terbang, sewaktu pulang kampung (didaerah tanah karo, batak) saya bertanya2 pada beberapa kenalan nenek saya yg sudah tua. Dan ternyata memang benar mereka bilang nenek saya bisa "TERBANG".

Jadi Manusia Terbang bukan mustahil (menurut saya). Tapi klo diliat dari video tersebut, cara terbangnya sangat aneh dan kaku, seakan2 dia terbang sambil menahan posisi tubuh biar ga keliatan bergelantungan. Lagipula kenapa kameranya mesti turun?? Klo saya pribadi ngeliat saat2 Fantastis kayak gitu pasti bakal saya rekam n kejar terus, walaupun ada gangguan.

ranggalawe said...

Brother Enigma...ditunggu nih ulasannya tentang circle crop di jogja.

Bagi saya pribadi, suatu kehormatan Indonesia dapat jatah circle crop he he he.....

Anonymous said...

ah..... berarti Mr. E ga kan membahas "chakra muladhara" (the circle's name... karena bentuknya sama katanya) dong? T_T

yah.... gapapa... mudah2an banyak CC yang makin banyak muncul.

tapi walaupun buatan manusia, masih banyak misterinya.... kenapa harus chakra muladhara? mengapa harus dibuat? propaganda politik? pengalihan massa terhadap kasus2 besar? intermezzo :D ? iseng? seni? konspirasi? atau... sekedar pamer pada dunia internasional bahwa indonesia juga BISA membuat CC? *senyum*

Ms. Terry

Anonymous said...

Wah, seru nih beritanya, hehe
Kalo menurut aku bang, manusia memang ada yang bisa terbang tapi paling 1-2 meter dari tanah contohnya, pertapa yang suka yoga kayak di India, saya pernah baca dimana tapi lupa, hehe ^^
tapi kalo yang ini sih, kayaknya agak meragukan, hihi,

Anonymous said...

oya....kalo gitu ganti request dong.... bahas tentang baigong pipes bole?? katanya itu sisa2 tembok pemisah gog n magog, dikategorikan OOPARTS juga deh kayaknya. is it really true? hoax? atau cuma kejadian alam biasa?

yah... dari request yg sudah2, jawaban Mr. E, kemungkinan besar akan seperti: "maaf miss, saya tidak akan membahas itu, karena berkaitan dengan agama tertentu." :D ya?

tapi, wah!! ada misteri menggelinding jatuh dari gundukan pipa tua itu n berhenti tepat depan jempol kaki saya!!! gimana kalo saya kasih bola misteri itu utk Mr. E n mohon dibahas dalam sisi science n misterinya? ehehehe. (wooops... sorry :D pemaksaan ya? maaf... ;p )


Ms. Terry

thepatriot said...

ow...pria itu bilang gitu toh di akhir video...

'Ya Tuhanku...'

mmm...koq makin yakin ya video ini ga dibuat2...dialog si pria dengan anjingnya terlihat tulus....aksi anjingnya pun kayanya bukan hasil suruhan orang....
ah entahlah....

yg jelas video ini jauh lebih menarik daripada crop circle Sleman :P

semoga bukan hoax ya bro E...hihi...

salam,

Ragil SP

Anonymous said...

MANA POSTINGAN TERBARUNYA BUNG ENIGMA....???????
PARA PENGGEMAR ANDA SUDAH MENUNGGU....
THANKS

Post a Comment