Monday, December 13, 2010

Foto makhluk misterius tertangkap kamera pemburu hutan - Viral marketing?

Saya kembali menerima banyak pertanyaan dari pembaca enigma mengenai foto makhluk misterius yang tertangkap kamera oleh seorang pemburu rusa di Amerika Serikat. Postingan ini adalah jawaban saya.


Sebagian orang menyebut makhluk itu Ghoul, sebagian lagi alien. Yang lain menjulukinya monster rawa. Namun, kebanyakan orang menyebutnya monster Louisiana saja.

Foto makhluk misterius ini pertama kali dipopulerkan oleh NBC33tv.com, sebuah media yang cukup berpengaruh di Amerika Serikat, pada tanggal 10 Desember 2010. Dailymail.co.uk dari Inggris kemudian juga memberitakannya pada hari yang sama.

Ini fotonya:


Jika makhluk yang terlihat di foto itu memang benar-benar ada, maka sebaiknya kalian berpikir seribu kali sebelum mengunjungi sebuah hutan pada malam hari.

NBC33 menyebutkan kalau foto ini dikirim oleh seorang Anonymous yang mendapatkannya dari kamera rusa yang dipasangnya di hutan. Ia menolak menyebutkan identitasnya, namun menyebutkan kalau foto itu diambil di Berwick, dekat kota Morgan, Louisiana. Menurutnya, ketika ia hendak memeriksa kameranya, ia menemukannya dalam kondisi hancur, namun SIM Cardnya masih ada di dalamnya. Ketika ia memprosesnya, ia menemukan foto itu.

By the way, kamera rusa adalah sebuah kamera yang biasa dipasang oleh para pemburu di dalam hutan. Kamera ini bekerja berdasarkan sensor gerak. Ketika sensor itu menangkap sebuah gerakan, otomatis kamera itu akan memotret objek tersebut.

Nah, apa yang membuat pemburu itu terkejut adalah, di dalam foto tersebut terekam satu sosok makhluk mengerikan yang tengah berlutut dengan posisi Spiderman. Ketika foto ini diserahkan ke NBC33, tentu saja segera menimbulkan kehebohan yang cukup besar.

Setelah berita ini populer diberitakan di Amerika dan Inggris, media di Indonesia juga turut memberitakannya. Salah satunya adalah Tempointeraktif.com.

Ketika pertama kali melihat foto itu, sebagian dari kalian akan menyadari kalau foto itu terlalu sempurna sehingga kita akan segera menilainya sebagai hoax.

Demikian juga saya, karena itu saya memutuskan untuk tidak mempostingnya sejak awal. Namun, karena banyak pembaca enigma yang menanyakannya kepada saya, maka saya memutuskan untuk menulis sedikit mengenai foto ini.

Sebenarnya, misteri ini sudah terpecahkan hanya dalam tempo kurang dari 24 jam sejak berita ini ditayangkan NBC33.

Salah satu blogger yang menurut saya telah berhasil membongkar misteri ini dengan baik adalah Jov West dari blog Wired Web. Saya akan menceritakan kepada kalian hasil penyelidikan Jov beserta kejanggalan-kejanggalan yang membuat kita bisa menganggapnya sebagai hoax.

Kejanggalan pertama, foto ini dipopulerkan oleh NBC dan Dailymail pada tanggal 10 Desember 2010. Ini adalah foto yang ditampilkan di situs NBC:

Lihat tanggal fotonya. Disitu tercantum tanggal 4 Desember 2010.

Namun, pada foto yang ditayangkan oleh Dailymail, tanggal yang tertera adalah tanggal 30 November 2010.


Ini menunjukkan kalau sang anonymous telah mengedit tanggal tersebut entah untuk tujuan apa.
Jika ia adalah seorang yang jujur, maka ia tidak perlu melakukan editing apapun terhadap foto tersebut.

Namun, alasan mengapa ia mengedit tanggal foto itu masih belum jelas. Yang pasti kita tahu kalau ia melakukan editing pada tanggal foto, ada kemungkinan kalau ia juga telah melakukan editing pada bagian foto yang lain. Dugaan ini tidak salah.

Tidak lama setelah foto itu beredar luas, ketahuanlah kalau foto makhluk ini ternyata pernah muncul di sebuah forum khusus berburu bernama archerytalk.com.

Di forum itu, seorang user bernama
Hillbilly Willi memposting dua foto yang salah satunya serupa dengan yang ditampilkan oleh Dailymail. Ia memposting foto tersebut pada tanggal 2 Desember 2010. Jika kalian mengunjungi situs ini dan ingin melihat foto itu, kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu.


Hillbilly willi menambahkan foto seekor rusa dari kamera yang sama.


Hillbilly Willi mengaku kalau ia adalah pemilik kamera yang menangkap sosok makhluk misterius tersebut.
Ini artinya ia adalah anonymous yang mengirim foto tersebut ke NBC33.

Jika kita membandingkan foto makhluk itu dengan foto rusa tersebut, maka kita bisa melihat kejanggalan lain pada foto yang mengindikasikan adanya bekas editan photoshop.

Lihat foto di bawah ini:

Di sekitar ubun-ubun (kepala) makhluk tersebut, kita bisa melihat sebuah arsiran hitam. Ini menunjukkan indikasi adanya penggunaan tool photoshop untuk menghaluskan tepi kepala makhluk itu. Pada rusa tersebut, kita tidak bisa menemukan arsiran semacam itu.

Menurut saya, arsiran ini cukup untuk membuat saya percaya 100 persen kalau foto ini adalah hasil rekayasa.

Lalu, mungkin kalian bertanya: "Apakah arsiran hitam itu sudah pasti menunjukkan indikasi photoshop? Bukankah arsiran hitam itu bisa berarti bayangan kepalanya?"

Menurut saya tidak.

Coba lihat foto yang telah saya perjelas berikut ini:

Dari foto ini kita bisa melihat kalau pohon yang ada di belakang makhluk itu memiliki jarak yang cukup jauh dari kepalanya. Dengan jarak yang seperti ini, dan posisi kamera yang lebih tinggi dari kepalanya, mustahil bayangan kepalanya bisa tercipta pada batang pohon seperti itu.

Lalu, kalau memang foto itu hasil rekayasa, untuk tujuan apa?

Ada dua kemungkinan. Pertama, tentu saja hanya untuk tujuan iseng. Hillbilly Willi mungkin hanya ingin membuat heboh. Ini sering kita jumpai dimanapun di dunia sehingga foto-foto seperti ini seharusnya tidak lagi membuat kita heran.

Kemungkinan kedua, foto ini disebarkan untuk tujuan viral marketing. Masih ingatkah postingan saya mengenai kerangka raksasa Jabal Barez? Nah, foto ini mungkin telah dibuat untuk tujuan yang sama.

Jika ini memang untuk tujuan viral marketing, maka ada dua dugaan.

Dugaan pertama, foto ini disebarkan untuk promosi film Super 8 yang disutradarai oleh JJ Abram (diproduseri Stephen Spielberg). Film ini berkisah mengenai Area 51 dan alien. Indikasi ini pertama kali dirilis oleh situs movieweb.com yang mengatakan kalau "sumber dari dalam produksi film tesebut" menyebutkan kalau foto tersebut memang disebarkan untuk tujuan viral marketing film super 8. Namun tidak ada bukti kuat yang diberikan untuk mendukung pernyataan "sumber" tersebut.

Dugaan kedua dikemukakan oleh playstationlifestyle.net. Mereka curiga kalau foto ini adalah viral marketing untuk game playstation Resistance 3 (Playstation again?). Kecurigaan ini muncul karena sebuah tweet yang dikeluarkan oleh Insomniac Games (yang membuat game tersebut) pada saat foto tersebut heboh di dunia maya:

Artinya kurang lebih seperti ini: "Ups, sepertinya salah satu berhasil kabur. Jika kalian melihat seekor Grim sedang berkeliaran..mohon untuk membawanya kembali ke Insomniac Games, Burbank, California."

Di game tersebut, ada karakter yang disebut Chimera yang memang memiliki rupa seperti makhluk di dalam foto tersebut.


Yang mana yang benar?

Untuk saat ini, kita tidak punya bukti kuat untuk menyatakan kalau foto ini adalah untuk tujuan viral marketing. Jika memang foto ini disebarkan untuk tujuan viral marketing, maka itu artinya Hillbilly Willi adalah kaki tangan JJ Abram atau Insomniac Games.

Terus terang, saya meragukan teori viral marketing. Saya lebih percaya kalau foto ini disebarkan hanya untuk tujuan iseng. Soalnya Hillbilly adalah anggota lama forum tersebut (bergabung sejak 20 Oktober 2009) yang juga sering memberikan thread mengenai topik-topik berburu lainnya.


Tetapi untuk mengetahuinya dengan pasti, kita tunggu saja. Film super 8 akan dirilis pada bulan Juni 2011 dan Game Resistance 3 pada bulan September 2011.

Biasanya kita akan mengetahuinya dengan pasti setelah film atau game tersebut beredar.

Bagi saya sendiri, motivasi penyebaran foto ini tidak terlalu penting. Yang penting adalah saya tahu kalau foto ini adalah hasil sebuah rekayasa.

Tetapi jika kalian memilih untuk percaya kalau foto itu benar-benar menampakkan makhluk yang nyata, maka saya tidak akan mendebatnya.

Baca juga: Fosil raksasa Jabal Barez - Salah satu hoax terbaik dunia maya.

(semua sumber dan linkback sudah saya cantumkan di dalam tulisan)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

107 comments:

Enigma Fans said...

wah ternyata Hoax ya,,
saya juga udah curiga, koq bisa detail bgt tuh gbr'a..

Thanks Enigma..
BTW, PERTAMAX

Anonymous said...

10 bsr. .
mkhlk mstrius
enigma jg mistrius.
blm ada yg tau identitasx yg sbnrx.

edogawa A.

Anonymous said...

Oke, potonya berhasil bikin saya trkjt...
Baca dulu ya omm (^o^)b

Anonymous said...

wah believe it or'not , bro enig bikin list misteri2 yang paling menghebohkan menurut versi blog enig di tahun 2010 hahaha :P

Anonymous said...

sekali hoax tetap hoax..
nitip link ya om
Http://tutorhack.wordpress.com

Anonymous said...

11 besar..
bung e itu kok fotonya mengerikan sekali sih???
merinding aku liatnya
ada juga ya makhluk kayak gitu??
sekarang bung E bahasnya udah menyagkut supranatural juga ni ceritanya??

Anonymous said...

foto ini yang bikin saya kaget pas masuk cryptomundo..agak shock ketika melihatnya..menurut saya amat menyeramkan..

ufo believer

Anonymous said...

kalo emang cuma satu itu aja fotonya sih.... hoax dah :p

enigma said...

@Aliya: oh iya, benar. saya baru ingat. makhluknya mirip seperti yang di film descent. :)

Anonymous said...

kwwkwk..

saya udah baca sebelumnya ini mas.E di grup facebook,Blog misteri indonesia kalo gak salah,bener gak mas.E

by:Lighto56

Anonymous said...

oia grup INDONESIA MYSTERY FORUM ,
ini linknya http://www.facebook.com/group.php?gid=209786006607

Bang.E juga sering ngewall di situ, ^^

fauzieuy said...

perawakanny mirip kaya "alien" yang nyebrang jalan kerekam ama kamera cctv ya,, tau kan bang.E?
oia bang.E cek email..

Vahn Saryu said...

Mantap bro, apakah bro Enigma juga menyambangi wildgame innovations seperti yang tertera dalam foto itu? Jika benar hanya perbuatan iseng, jadi penasaran dengan gambar asli makhluk itu...

enigma said...

@Vahn: wildgame innovation memposting foto ini di FaceBook mereka tanggal 10 Desember. Foto ini (yang ada watermark WI) sudah hilang sekarang.

Yang tinggal adalah foto versi lain.

http://www.facebook.com/photo.php?pid=31502641&o=all&op=1&view=all&subj=8058819269&id=199800736

Jadi, yang pertama kali memang Hillbilly. Soal watermark wildgame innovations di foto hillbilly, saya hanya bisa menduga kalau Hillbilly ada hubungan dengan wildgame innovations, hanya dia mempostingnya lebih dulu di forum.

Vahn Saryu said...

Oh begitu, pantas saya cari2 di situsnya tidak ketemu bro, di bagian succes stories kalo ndak salah, di situ ada foto2 hasil produk mereka, disitu saya cari terus tapi tidak ktemu, yang ada hanya beberapa foto yang mrip dengan lokasi dalam foto makhluk itu. Kalo ndak salah juga wildgame itu produsen kamera rusa itu kan? mungkin msih ada kaitannya dengan viral marketing, walau ndak semasif kasus Jebal Barez itu.. just my opinion bro..

Tanpa Nama said...

cuma sekedar nambah info dari cryptomundo

http://www.cryptomundo.com/cryptozoo-news/nothoax/

Anonymous said...

A2T: kapan ya bisa ngeliat makhluk cryptoid yang asli,selama ini berita tentang itu hoax melulu...!

nanankazoku said...

knapa slalu gagal pertamaxxx . . . Huweeee T_________T ,oh ya bro enigma. Apa ada penjelasan yg lebih detil ttg crop circle? Saya msh bingung ttg crop circle. Ckckck

Anonymous said...

werlington
setuju boz....pertama ane liat di blog vahn saryu(thanx bang vahn),ane dah nyangka tuh foto creature.soalnya menurut ane kenapa ga di sebut hantu aja?kan lebih mirip hantu daripada monster atau alien (kalo kata ane itu mah bokapnya si casper...hahahahaha)

dragoth said...

wew, syukurlah cma hoax,,
andai mhluk itu bner2 ada, pzti udh g bsa br'andai2 cz kburu mhluk it mengamuk
(^0^)v pisszzt

Anonymous said...

abu said:
bang E.. bahas tentang luar angkasa dunk.
pengen banget berimajinasi tentang dunia luar..
pleaaaassseee...
pleaseee bang E..^^

dragoth said...

oh iya terima kasih banyak bung E prtnyaan saya sudh anda balas,
salam kenal bung E
:D

Anonymous said...

waaaahh... Saya ketinggalan. Minta ijin tuk baca om. Sebelumnya terima kasih banyak. Hhee,, ;)

dk afandi

Anonymous said...

ka enig emng kalo tujuan nya buad iseng emng apa untungnya buad kita ...
malahan ada keganjalan di sini ..
kalau maklhuk itu diedit , so makhluk apa itu sebenarnya

maaf masih amatiran hehe..
kayrul

Anonymous said...

wah iseng2 menyenangkan yg menciptakan hoax bangga bisa menipu banyak orang yg membongkar hoax nya juga senang.....hahhahaha saling timbal balik

Anonymous said...

Bung E, kalo emang itu foto editan, berarti foto si mahluk ditempel di foto hutan, begitukah maksud bung E? Terus bagaimana dgn bagian kaki yg harusnya ada jejak editannya dong? Kalo emang mau bikin heboh, harusnya dia bisa aja bikin mahluk benerannya kan bung, gak harus nempel foto.

enigma said...

@Kayrul: Tidak ada makhluk misterius. Makhluk itu kemungkinan dibuat dengan menempelkan foto makhluk di film, lalu diedit.

@Anonymous no.49: Betul. kemungkinan seperti itu. Sebenarnya kalau kamu perhatikan di bagian kaki yang menjejak ke tanah, kamu bisa menemukan jejak editan berupa blur. Menurut saya dia lebih gampang menempelkan foto dibanding menciptakan sendiri.

Anonymous said...

sudah saya duga dari awal juga...........
ada yang aneh dari latarnya??????????

Frey said...

pada situs darkhorizons.com artikel mengenai first look film super 8 nya jj abram link nya juga mengarah ke "alien" yang om en jelaskan

Anonymous said...

JOrdan KOroPAraKUSUMO

saya bingung sama orang-orang luar nagarai kok sukanya bikin iseng yg bikin heboh sampe indonesia ya ?

Anonymous said...

jika yg itu adalah hoax bagaimana kalau yg ini

http://www.youtube.com/watch?v=1CnSXrbbAEY

adakah yg bisa tahu makhluk mutant apakah itu dan apakah itu jga hoax

Anonymous said...

kalau video ini gimana bg E.
http://www.youtube.com/watch?v=JOcguUc8dXU

Anonymous said...

ihh.... mnjijikan bgetz ea ni mhluk....
mo nmpak ko pke tlanjang segala.....

emg g'da butik pa...?? :-)

nessa..

PRY said...

Wah ..
bener gak ya serem amat tuh mukanya..
Monster kali ^^
http://priyoonlydream.blogspot.com

Anonymous said...

MANNNTTAAABBBBHHHH !!!!!!!!!!!
br tau aku..hahahahaha

Anonymous said...

Profile enigma termasuk hoax gak ya ....
Viral marketing ? Buat org yg suka mikir rumit mungkin bisa ... tapi buat org umum kok sulit menghubungkan berita ini dengan pemasaran film/game ....karena tak menyebutkan langsung ... Kecuali menyebutkan "peristiwa ini akan dibuat game" atau "peristiwa ini akan difilmkan" dsb.

Anonymous said...

bang-E, caranya dapet foto kosong trus diedit pake photoshop gimana?
katanya pake kamera rusa yang pake sensor gerak?

NN

enigma said...

@Anonymous 69: soal bagaimana menghubungkannya dengan promosi, kamu harus membaca tulisan saya mengenai kerangka Jabal barez disini:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/09/fosil-raksasa-jebal-barez-salah-satu.html

@Anonymous 70: dia masih bisa mengambil foto dengan manual.

Anonymous said...

Visser_one said....

REQUEST...REQUEST...REQUEST.....

Masbro E,,bisa minta tolong ulasan tentang Wikileaks Gak ?? tentang Siapa,bagaimana,dan apa kira2 motif utama pembocoran ke ranah publik dokumen2 rahasia & skandal politik negara2 internasional itu..
Siapa tau merupakan sebuah konspirasi diatas konspirasi...
Saya kira itu merupakan topik yg menarik untuk didiskusikan teman2 disini...

Reply please...
^_^

Anonymous said...

Berdasarkan Hasil Analisa Saya Juga Begitu Pak Enigma... Itu Terlihat Dari METADATA Gambar Tersebut... Sayang Anda Lebih Dahulu Memposting Ulasan Ini, Jadinya Saya Gagal Lagi deh Mendapatkan Nama....Tapi Bolehlah Tulisan Anda Ini akan Saya Pakai Sebagai Ulasan Saya, dan Mengubah Nama Anda menjadi Nama Saya....
Salam...

= Roy Suryo =
(Pakar Telematika, Telekinesis dan Metafisika)

AV said...

1 pertanyaan yg mendasar, kalau film/game nya tahun 2011 bulan juni/september kok viral marketingnya sekarang? nggak takut udah "basi" isunya?

Anonymous said...

hai bang enigma.,.
investigasi dong,.

tolong coba di cek nih,.dari vivanews.
ada dokumen rahasia dari pemerintah ingris isinya:::" Besar UFO Inggris Itu 20 Kali Lapangan Bola""...
apa benar selama ini ada ufo sering muncul atau HOAX ????

terima kasih :-)

Anonymous said...

bung lama bgt update postingannya, tidak ada topik ya bung... :)

princess said...

Wow, mengerikan makhluknya. tapi untung cuma hoax. lagipula pixelnya juga beda antara makhluk itu dengan pohon. haha. dasar kreatif.

Cinema big movies said...

Oke, potonya berhasil bikin saya terkejud...
http://cinemabigmovies.blogspot.com/

Donie said...

Lama Saya Tidak Berkunjung Ke Blog Ini..
Keep Posting Miss E..

Hehee...

Ladida said...

analisis yg bagus bro enigma . ,

dgn photoshop , gambar bisa terlihat nyata . ,

tp saya tunggu kabar terakhirnya dari bro enigma . , mgkin kalau ada update . , hehee

Anonymous said...

ahhhh itu bohong saya tidak percaya kata guru agama saya itu fitnah
by: (...nn...)

Anonymous said...

Aha, sepertinya ada provokator muncul di koment nomor 74.

Hebat sekali. Tapi hasil editannya juga hebat. Percaya tidak, aku scroll keatas halamannya balik untuk meyakinkan ini hoax - hanya karena takut.

NaN Camicazi

Anonymous said...

DARI AWAL GAK PERCAYA KALO INI GHOUL ASLI , SOALNYA GAK PUNYA TITIT.....HE...HE...

Theo said...

kak enigma, jikalau itu hanya hoax , mengapa pada video yg tertera di http://byjov.blogspot.com/2010/12/mystery-alienzombie-hunting-pic.html
menunjukan adanya panampakan demon seperti itu?? tolong dijelaskan

Anonymous said...

mengapa saya lebih melihat keanehan terhadap tumbuhan di sisi kiri dengan makhluk tersebut ??

Uchiha Setsuna said...

Jadi,makhluk yg ad di foto ini bukan "makhluk misterius" begitu??....cuma foto editan??

Uchiha Setsuna said...

Jadi makhluk yg ada di foto ini bohongan ya?
Kalo yg benerannya ada gak tuh??

Anonymous said...

saat pertama kali saya melihat gambar ini, kejanggalan yg saya temukan adalah:
-detailnya terlalu terfocus ke sang moster.
-terdapat arsiran di sekitar kepala sang monster.
-perbedaan kualitas gambar latar dgn gambar si monster.

Anonymous said...

http://www.youtube.com/watch?v=AveJSRL8KgQ

rupa makhluk ini serupa
cuba lihat di link ini

Anonymous said...

serem banget dehhhhhhhhhhhhhhhh...........takutttttttttttttttttt..............

Anonymous said...

foto ini bukannya diambil dari video fallen angel y?cb cek di youtube

Anonymous said...

Kalo ada gambar rusa ato kambing,bisa jadi itu El Chupacabra

Anonymous said...

Sory ralat dikit..ini bukan hoax. Makhluk itu benar ada. Karna yg gw liat bukan potonya. Tp video nya..
Dia berjalan merangkak mendekati kamera dan menjatuhkan kameranya. Cb aja cek di youtube. Trust me...

Post a Comment