Friday, July 5, 2013

Misteri Kematian Elisa Lam di Hotel Cecil - Terpecahkan?

Di sebuah hotel yang memiliki sejarah kelam di pusat kota Los Angeles, mayat seorang perempuan ditemukan di dalam tangki air di atap hotel dan akses menuju atap hanya bisa dilakukan lewat tangga darurat dan sebuah pintu yang terkunci rapat.

Ini bukan bagian dari naskah buku detektif Conan. Peristiwa ini benar-benar terjadi dan telah memicu perbincangan hangat di seluruh dunia. Para penggemar misteri hingga pengguna internet untuk seketika lamanya bermain menjadi detektif dunia maya. Semuanya dilakukan dalam usaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam.
Peristiwanya dimulai pada tanggal 19 Februari 2013 ketika para penghuni hotel Cecil di pusat kota Los Angeles mengajukan komplain kepada pengurus hotel mengenai aliran air yang terlalu kecil. Jadi seorang petugas pemeliharaan segera mengambil kunci pintu menuju atap hotel dimana tangki penampungan air berada.
Apa yang ditemukannya segera menimbulkan gelombang kejut ke seluruh penghuni hotel. 
Di dalam salah satu dari empat tangki yang ada di atap itu, ditemukan sesosok mayat yang diidentifikasi sebagai Elisa Lam, salah satu penghuni hotel yang telah dinyatakan hilang selama lebih kurang 19 hari.
Elisa Lam adalah seorang mahasiswi di University of British Columbia, Kanada. Usianya 21 tahun dan pada tanggal 26 Januari 2013 pergi ke Los Angeles seorang diri dan check in ke hotel Cecil. Ia terlihat terakhir kali oleh staf hotel pada tanggal 31 Januari.
Pada tanggal 13 Februari, kepolisian Los Angeles merilis sebuah rekaman CCTV lift hotel untuk meminta bantuan masyarakat yang mungkin melihat Elisa.
Pada tanggal 19 Februari, mayat Elisa Lam ditemukan di dalam tangki air.
Ada dua hal yang menjadi misteri utama dalam kasus ini. Yang pertama adalah apa yang sedang dilakukan Elisa di dalam lift yang terekam oleh CCTV dan yang kedua adalah bagaimana Elisa bisa naik ke atap dan masuk ke dalam tangki.
Dalam rekaman CCTV yang dirilis pihak kepolisian, terlihat kalau Elisa Lam bertingkah cukup aneh. 
Ia masuk ke lift di lantai 14, kemudian menekan beberapa tombol sekaligus sambil mendekatkan kepalanya. 

Lalu ia menunggu pintu lift tertutup.

Pintu Lift tidak kunjung tertutup. Jadi Elisa memeriksa keluar dengan cara yang tidak biasa.

Setelah memastikan tidak ada yang aneh, ia kembali masuk ke lift, berdiri sebentar, lalu merapat ke sudut lift seakan-akan sedang bersembunyi dari seseorang.

Lalu ia keluar lift lagi, melihat ke kiri kanan dan masuk kembali ke dalam lift sambil menekan-nekan ulang tombol lift.

Setelah itu ia kembali keluar. Di sebelah kiri lift, ia menggerak-gerakkan tangan seperti sedang menari atau berenang. Lalu ia pergi dan pintu lift tertutup.
Berikut videonya:
Apa yang sedang terjadi pada Elisa Lam di dalam lift tersebut? Mengapa ia bertindak begitu aneh?
Lalu, bagaimana ia bisa berada di dalam tangki? bagaimana caranya naik ke atap yang terkunci?
Jika Elisa Lam dibunuh, maka lokasi dan kondisi yang menyertai penemuan mayatnya menunjukkan kalau pembunuhan ini adalah sebuah kejahatan yang sempurna.
Menurut pihak kepolisian, mereka memiliki lebih dari 100 jam rekaman CCTV di dalam hotel Cecil, namun memutuskan hanya merilis rekaman di dalam lift tersebut untuk mempermudah warga yang mengenalinya karena Elisa Lam yang terlihat di rekaman tersebut agak berbeda dengan foto-foto di facebooknya.
Pada tanggal 22 Februari 2013, pihak kepolisian menyelesaikan otopsi dan mengumumkan kalau penyebab kematian Elisa belum bisa dipastikan dan pengumuman selanjutnya akan menunggu hasil pemeriksaan toksikologi terlebih dahulu.
Pada tanggal 21 Juni 2013, seluruh pemeriksaan selesai dan pihak kepolisian mengumumkan bahwa kematian Elisa Lam terjadi akibat "Accidental Drowning" atau tenggelam karena kecelakaan. Pemeriksaan ini juga menemukan kalau Elisa menderita Bipolar Disorder (Penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan mood yang drastis) yang yang bisa jadi berkontribusi terhadap kecelakaan ini. Pihak kepolisian tidak mengelaborasi lebih lanjut. 
Jadi tidak ada aksi "kejahatan sempurna" seperti yang diperkirakan banyak orang. 
Pengumuman ini membuat keluarga Elisa cukup kecewa karena tidak ada keterangan bagaimana Elisa bisa sampai ke atap.
Apakah pihak kepolisian benar-benar telah menyelesaikan kasus ini? ataukah ada kemungkinan lain?
Sebelum kita berspekulasi yang aneh-aneh, kita perlu menyadari satu hal. Kasus ini tidak akan bisa dipecahkan hanya dengan melihat beberapa foto dan rekaman serta membaca beberapa cuplikan berita. Bahkan di dalam film-film fiksi, para detektif brilian membutuhkan akses ke berbagai informasi untuk memecahkan suatu kasus pembunuhan.
Dalam kasus Elisa Lam, kita butuh semua rekaman CCTV dari hotel Cecil. Kita juga butuh transkrip wawancara dengan semua karyawan dan tamu hotel. Lalu, hasil pemeriksaan lokasi tangki dan jalur menuju atap, sidik jari yang ditemukan, hasil pemeriksaan kamar tempat Elisa menginap, ponsel Elisa dan masih banyak lagi. 
Tanpa semua itu kita hanya memiliki spekulasi. 
Namun, untuk membuka pikiran kita, saya kira tidak ada salahnya untuk mereview kembali kasus ini. Sama seperti postingan saya sebelumnya mengenai tabrakan pesawat Boeing Air China, tulisan ini hanya untuk melihat beberapa kemungkinan dan tidak bertujuan untuk memastikan apa yang sesungguhnya terjadi terhadap Elisa Lam.
Kemungkinan  Pertama - Pembunuhan oleh Iluminati
Saya tidak sedang mengada-ngada. Teori ini diajukan oleh banyak penganut teori konspirasi di internet. Alasannya adalah nama "Elisa Lam". Tidak berapa lama sebelum kematian Elisa, di wilayah itu terjadi wabah TBC. Salah satu metode untuk mendiagnosa keberadaan penyakit tersebut pada pasien HIV adalah "LAM-ELISA". 
Jika kalian tidak percaya, kalian bisa menggooglingnya dan menemukan keterangan tentang metode ini.
Berdasarkan pada kesamaan ini, para penganut teori konspirasi mengambil kesimpulan bahwa kematian Elisa digunakan oleh Iluminati untuk memperingati warga Los Angeles mengenai serangan senjata biologis yang akan segera datang.
Bingung?
Saya juga. Tapi, tidak bisa disangkal, ada kebetulan yang luar biasa disitu.
Kemungkinan kedua - Pembunuhan oleh Hantu
Para pengguna internet di Asia mulai menghubungkan kematian Elisa dengan hantu. Sebabnya adalah karena rekaman CCTV yang misterius tersebut dan adanya kesamaan antara kondisi kematian Elisa dengan adegan dalam film horor "Dark Water".
Lalu, sejarah kelam hotel Cecil menunjukkan adanya kematian-kematian misterius lainnya. Hotel Cecil berdiri pada tahun 1927. Richard Ramirez dan Jack Unterweger, dua pembunuh berantai termashyur diketahui tinggal di hotel itu sementara melakukan kejahatannya. Tahun 1950an hingga 1960an, hotel ini menjadi sangat terkenal karena beberapa pengunjung bunuh diri dengan melompat dari jendela.
Apakah mungkin roh-roh penasaran dari masa lampau kembali datang dan menghantui Elisa?
Kemungkinan ketiga - Pembunuhan (bukan oleh Iluminati atau hantu)
Beberapa media menyebutkan kalau Elisa ditemukan di dalam tangki dalam keadaan telanjang.

Sebelum mayatnya ditemukan, pihak kepolisian sudah pernah mencari Elisa ke atap hotel dan mereka tidak menemukan pakaian disana. Ini berarti Elisa mengalami kejahatan seksual dan pembunuhnya membawa pakaiannya pergi untuk menghapus jejak, atau minimal untuk menunda penemuan mayat supaya ia punya waktu untuk melarikan diri.

Jika ini yang terjadi, pembunuhnya pastilah seorang pria berbadan besar karena dibutuhkan kekuatan yang cukup besar untuk mengangkat mayatnya lewat tangga ke dalam tangki. 
Atau... bisa juga pembunuhnya tidak berbadan besar. JIka demikian adanya, maka kemungkinan besar Elisa mengenalnya.
Bisa saja ia bertemu dengan seseorang yang dikenalnya di hotel. Lalu pembunuh itu mengirimnya pesan untuk bertemu di lantai 14, mungkin dengan ajakan untuk melihat pemandangan kota Los Angeles di malam hari lewat jendela kecil di lantai itu.  Atau sang pembunuh memang tinggal di lantai tersebut (Elisa tinggal di lantai 4 dan lift yang terlihat di CCTV adalah di lantai 14).

Di lift, Elisa memutuskan untuk bermain-main sebentar. Ia membuka lift, lalu menekan tombol door hold, bersembunyi di sudut lift. Tujuannya untuk mengagetkan sang teman jika ia masuk ke dalam lift. Karena tidak kunjung datang, Elisa memutuskan untuk membatalkan permainannya.

Mengenai gerakan anehnya di dalam lift, mungkin karena Elisa bosan dan sedang ingin sedikit merilekskan pikirannya.

Walaupun ia gagal mengagetkan temannya, namun, acara melihat pemandangan tetap berlanjut.  Elisa keluar lift, bertemu dengannya di lantai 14. 

Sang pembunuh mengusulkan untuk naik ke atap demi mendapatkan pemandangan Los Angeles yang lebih jelas. Setelah Menyadari pintu menuju atap terkunci, mereka naik ke atas lewat tangga darurat. 

Sesampainya di atap, pembunuh itu mengajaknya naik ke "storage room". Lalu disana Elisa dibunuh, mungkin dengan memberinya semacam obat yang membuatnya kehilangan kesadaran. Dari situ, tidak terlalu sulit memasukkan mayat Elisa ke dalam tangki, seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. 

Karena obat yang diberikan hanya dalam dosis ringan, mayat yang sudah membusuk selama belasan hari akan melenyapkan jejak-jejaknya sehingga lolos dari penyelidikan petugas toksikologi.

Kemungkinan terjadinya pembunuhan memang menjadi spekulasi banyak orang. Namun, sebaik apapun teori mengenai cara pembunuhan dilakukan akan menjadi tidak masuk akal. Alasannya sederhana.

Seperti yang saya katakan, pihak kepolisian memiliki akses terhadap seluruh CCTV gedung. Jika pihak hotel memasang CCTV di dalam lift, bisa dipastikan kalau mereka juga memasangnya di lorong hotel. Apabila Elisa memang bersama seseorang pada hari itu, pastilah CCTV akan menangkapnya dan polisi sudah akan memiliki seorang tersangka. Jika Elisa tidak bersama seseorang, pastilah polisi juga sudah memeriksa CCTV untuk melihat siapa saja yang pernah naik ke atap atau turun dari atap.

Namun, tidak ada rilis mengenai semua ini yang berarti kemungkinan memang tidak ada pembunuh.
Kemungkinan keempat - Kecelakaan 

Seperti yang sudah saya katakan di atas, pihak kepolisian mengumumkan kalau kematian Elisa disebabkan oleh "Accidental Drowning".  Jawaban ini tidak memuaskan banyak pihak, termasuk keluarga Elisa sendiri.

Bagaimana mungkin kasus seaneh ini dianggap sebagai kecelakaan? Mungkinkah pihak kepolisian salah dalam mengambil kesimpulan?

Memang ada kemungkinan itu.

Melakukan otopsi terhadap mayat yang diambil dari air bukan sesuatu yang mudah. Untuk menentukan apakah seseorang tewas karena tenggelam, tim forensik umumnya akan melihat air di dalam paru-paru atau keberadaan diatom (sejenis algae mikro) di dalam jaringan tubuh. Bukan hanya itu, tim forensik juga akan melihat apakah ada vegetasi di telapak tangan korban. 

Jika seseorang tenggelam, maka reaksi pertamanya adalah menjangkau benda atau permukaan yang bisa disentuhnya. Karena itu, seringkali korban tenggelam  memiliki sisa-sisa vegetasi air di tangannya (Untuk kasus Elisa, hal itu menjadi tidak mungkin karena ia bukan tenggelam di sungai, melainkan di sebuah tangki penampungan air yang tidak bervegetasi).

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, pihak kepolisian akan meminta bantuan toksikologis untuk memeriksa apakah ada zat-zat kimia atau obat-obatan di dalam mayat. Jika mayat telah mengalami pembusukan, maka toksikologis bisa memeriksa Vitreous Humor (sejenis gel yang berada di antara lensa dan retina mata) atau bahkan bakteri dan belatung yang ditemukan.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pihak toksikologis perlu mendapatkan riwayat kesehatan korban untuk mencocokkan obat-obatan yang ada di dalam sistem tubuhnya. Inilah yang menyebabkan hasil toksikologis Elisa baru bisa keluar empat bulan setelah kematiannya. Pihak kepolisian mengaku mengalami kesulitan mendapatkan riwayat kesehatan itu. 

Intinya, yang ingin saya katakan adalah teknologi masa kini mampu mendeteksi keberadaan zat-zat kimia di dalam mayat, bahkan yang telah membusuk sekalipun.

Jika tidak ditemukan tanda-tanda seperti alkohol, obat-obatan, serangan jantung atau pukulan benda tumpul, maka mereka mengambil kesimpulan kalau korban tewas karena tenggelam. Jadi, memang pihak kepolisian bisa salah karena mereka hanya mengeliminasi beberapa kemungkinan untuk sampai kepada kesimpulan tenggelam. Tapi kemungkinan kesalahan itu sangat kecil.

Dalam kasus Elisa, pihak forensik tidak menemukan tanda-tanda kekerasan atau adanya obat-obatan di dalam tubuhnya sehingga kesimpulan kecelakaan pun diambil.
Jika mereka mengambil kesimpulan seperti itu, pastilah dengan alasan yang kuat. Jika mereka tidak mengelaborasi lebih lanjut, kemungkinan karena memang tidak ditemukan unsur kriminal sehingga penyelidikan dihentikan. Wajar saja. 

Namun, kesimpulan ini punya lubang. Jika memang kematiannya diakibatkan karena kecelakaan, bagaimana mayat itu bisa berada di dalam tangki? Apakah Elisa naik ke atap untuk melihat pemandangan malam dan kemudian terpeleset ke dalam tangki? Bukankah tangki airnya tertutup? 

Karena itu, ada kemungkinan terakhir yang mungkin lebih masuk akal dibanding karena kecelakaan. 
Kemungkinan kelima - Bunuh Diri
Sampai sejauh ini kita bisa mengetahui kalau pihak kepolisian memiliki informasi sebagai berikut:

1. Tidak ada tanda-tanda pembunuhan pada mayat.
2. Tidak ada tanda-tanda overdosis obat atau racun pada mayat.
3. Tidak ada tanda-tanda kalau Elisa bertemu dengan seseorang di hotel.
4. Elisa Lam memiliki riwayat Bipolar Disorder.

Dari keempat informasi ini, jelas kalau kemungkinan pembunuhan bisa dieliminasi sehingga hanya tinggal dua yang paling mungkin, yaitu karena kecelakaan dan karena bunuh diri. Diantara keduanya, saya lebih condong ke bunuh diri. Jika kesimpulan bunuh diri diambil, maka banyak pertanyaan yang bisa terjawab dengan mudah. Misalnya beberapa pertanyaan sebagai berikut:

1. Mengapa Elisa Lam bepergian sendiri ke Los Angeles?
Memang tidak ada yang bisa memberikan jawaban yang pasti soal ini. Namun kemungkinannya adalah karena ia ingin menyepi. 

Menurut Michaelshouse.com, salah satu organisasi yang berhubungan dengan kecanduan alkohol, obat-obatan dan masalah mental, gejala-gejala yang bisa dijumpai pada penderita Bipolar Disdorder adalah:  

"The symptoms of bipolar disorder and drug addiction are often similar, including: depression, mood swings, hopeless feelings, social withdrawal, anxiety and other behaviors." 

Saya tidak akan heran jika Elisa pergi ke Los Angeles sendirian karena memang sedang ingin menyendiri. 
2. Mengapa Elisa Lam bertingkah aneh di dalam lift? 
Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, ada yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Rekaman CCTV tersebut bisa saja menjadi kunci pemecahan misteri ini atau tidak sama sekali. Soalnya kita tidak tahu pasti tanggal berapa rekaman itu diambil. 

Namun karena Elisa check in ke hotel pada tanggal 26 Januari dan terakhir terlihat pada tanggal 31 Januari, maka kita bisa menyimpulkan kalau rekaman itu kemungkinan diambil pada tanggal 31 Januari.

Kita tahu Elisa ditemukan pada tanggal 19 Februari, namun forensik tidak bisa memastikan kapan Elisa tewas. Udara dingin dan tidak adanya serangga di dalam tangki bisa memperlambat proses pembusukan sehingga mempersulit identifikasi waktu tewasnya.
Jadi, bisa saja ada selang beberapa hari antara terjadinya peristiwa lift dengan tewasnya Elisa sehingga rekaman tersebut tidak berarti bisa memberikan kepada kita sebuah petunjuk. 
Namun bagaimanapun juga perilaku yang ditunjukkan di dalam lift tetap menarik karena sangat tidak umum. Yang bisa saya berikan adalah beberapa kemungkinan lagi.

a. Elisa sedang mabuk obat atau alkohol.
 
Teori ini akan kembali kepada Bipolar Disorder yang diidapnya. Sebelum hasil toksikologi Elisa keluar, rekaman CCTV di lift tersebut diperlihatkan kepada Trinka Porrata, seseorang yang ahli dalam masalah obat bius. Walaupun ia tidak bisa memastikannya, namun Trinka menduga bahwa Elisa berada di bawah pengaruh obat-obatan. 

Ketika hasil toksikologisnya keluar, kita bisa mengetahui bahwa ternyata obat-obatan bukan faktor yang menyebabkan Elisa bertingkah seperti itu. Kalau begitu apa? 

Kemungkinannya adalah Elisa sedang mabuk alkohol. Jawaban ini sangat sederhana dan terkesan menunjukkan kemalasan berpikir. Tapi saya punya dasar untuk mendukungnya.

Menurut statistik, sekitar 60% dari penderita Bipolar Disorder mengalami kecanduan obat-obatan atau alkohol. Ini disebabkan karena mereka biasa lari ke alkohol untuk mengurangi depresi.

Lalu mengapa laporan toksikologis tidak menyinggung apa-apa soal alkohol?
Jika peristiwa lift memiliki selang waktu beberapa hari dengan kematian Elisa, maka jejak-jejak alkohol bisa tidak ditemukan di tubuhnya.

Jika kita meminum alkohol, maka jejak-jejak alkohol tersebut akan lenyap lewat nafas, keringat, urin dan metabolisme. Jejak-jejak tersebut bisa segera hilang dari tubuh kita dalam tempo 10 jam hingga beberapa hari (Tergantung berapa banyak kita meminumnya).

Persoalan dengan teori ini adalah Elisa tidak atau kurang terlihat seperti orang mabuk. Cara ia berjalan tidak seperti seseorang yang sempoyongan. Satu-satunya tindakan yang membuatnya terlihat seperti orang mabuk adalah gerakan tangannya.

b. Tindakan Elisa hanya iseng.

Berapa banyak dari antara kalian yang sering melakukan gerakan aneh atau lucu jika sedang sendirian? Berapa banyak di antara kalian yang suka membuat ekspresi lucu ketika sedang bercermin? Saya yakin cukup banyak. 

Perilaku aneh Elisa bisa jadi hanya karena ia seorang yang cukup "animated". Mungkin terpengaruh oleh Bipolar Disorder yang diidapnya.

c. Bipolar Disordernya kambuh karena tidak meminum obat.

Ini adalah kemungkinan yang paling kuat. Penderita Bipolar Disorder seringkali memiliki gejala yang mirip dengan pengguna Obat bius dan penderita ADHD sehingga tindakan aneh Elisa di dalam lift bukan lagi menjadi sebuah misteri.

Itu adalah tiga kemungkinan untuk menjawab perilaku aneh Elisa di dalam lift.

3. Kalau memang ia bunuh diri, mengapa aktivitasnya sebelum kematian tidak menunjukkan tanda-tanda ingin bunuh diri? 
Benar. Sebelum kematiannya, Elisa mampir ke sebuah toko buku di sekitar hotel yang ironisnya bernama "The Last Book Store" dan membeli beberapa buku dan piringan. Ia mengatakan kepada penjaga toko bahwa buku dan piringan tersebut akan diberikan kepada orang tuanya sebagai oleh-oleh. 

Orang yang berniat bunuh diri tidak akan membeli oleh-oleh. 
Namun ada kemungkinan lain. 

Keinginan untuk bunuh diri itu bisa muncul tiba-tiba jika ia mendapatkan kabar yang membuatnya depresi atau jika Bipolar Disordernya kambuh. 

Menurut statistik, di kalangan penderita Bipolar Disorder, tingkat bunuh diri tahunannya 20 kali lebih besar dibanding populasi pada umumnya. Sedangkan 25%-50% penderita Bipolar Disorder pernah mencoba untuk bunuh diri, dan keinginan untuk bunuh diri tersebut bisa muncul secara tiba-tiba.
4. Lalu bagaimana Elisa bisa sampai ke atap? Bukankah pintu menuju atap selalu terkunci dengan alarm? 
Banyak orang mempermasalahkan akses ke atap gedung yang sepertinya tidak mungkin. Tapi, seringkali kita lupa bahwa akses menuju atap tidak hanya bisa dilakukan lewat pintu atap. Akses itu juga bisa dilakukan lewat tangga darurat. Dan percaya atau tidak, pintu menuju atap gedung sebenarnya tidak selalu terkunci. Jadi, menurut saya ini bukan masalah. 

Di youtube, ada sebuah video dari seorang citizen journalist yang merekam pemandangan tangki air yang diambil dari atap hotel Cecil. Saya tidak tahu apakah ia memiliki ijin untuk naik ke atas. Namun jika tidak, ini menunjukkan bahwa akses menuju atap tidaklah begitu sulit.


Berikut videonya:
Ada satu hal lagi yang menarik dari video ini. Jika kalian memperhatikan baik-baik rekaman ini, kalian bisa menemukan banyak coretan-coretan di atap hotel dan di tangki air. Coretan-coretan tersebut terlihat seperti dibuat oleh orang-orang iseng.

Jika demikian, bukankah itu menunjukkan bahwa akses menuju atap bisa ditembus dengan mudah?
5. Jika Elisa memang bunuh diri, mengapa ia melakukannya dalam keadaan telanjang?

Jika kita melihat kembali pada kasus-kasus bunuh diri di masa lampau, kita bisa menemukan kasus-kasus unik dimana bunuh diri dilakukan dalam keadaan telanjang. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Naked suicide. Jadi, bukan sesuatu yang aneh. Fenomena ini memang belum bisa dipahami sepenuhnya sehingga membuat para psikolog secara khusus mempelajarinya. 
Selain itu, ada lagi kemungkinan lain. Yaitu tubuhnya tidak ditemukan dalam keadaan telanjang. Ini memang agak simpang siur dan media pun menjadi sedikit kebingungan. Contohnya berita dari examiner.com berikut ini.
Dari url yang saya lingkari, terlihat kalau examiner.com awalnya memberitakan bahwa mayat Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang. Namun sepertinya mereka telah mengkoreksinya dan menghilangkan kata "Naked" dari headlinenya walaupun kemudian mengutip CBS Los Angeles yang memberitakan bahwa Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang (nude). Namun jika kita masuk ke website CBS Los Angeles dan memutar video yang ada disitu, kita tidak akan menemukan kata nude disebutkan.Hanya media yang mengutip penyiar radio Claudia Peschiutta yang menyebutnya telanjang. Media-media lain tidak menyebutkan kondisi tersebut.

Maksud saya adalah, ada kemungkinan kalau media salah memberitakan kondisi penemuan mayat karena memang tidak ada rilis resmi dari pihak kepolisian yang menyebutkan soal itu. Namun kalaupun benar Elisa ditemukan dalam keadaan telanjang, maka jauh lebih masuk akal mengatakan ia tewas karena bunuh diri dibanding karena kecelakaan.

6. Jika Elisa bunuh diri, mengapa tangki air tertutup ketika ditemukan? Bukankah mustahil bisa menutup tangki air dari dalam?

Masalah tutup tangki memang menjadi sangat penting. Jika tutup tangki ditemukan dalam kondisi tertutup, maka kemungkinan terjadinya pembunuhan menjadi sangat besar. Namun seperti yang sudah saya katakan di atas, saya berasumsi bahwa polisi sudah melakukan tugasnya meneliti semua rekaman CCTV di dalam hotel dan tidak menemukan unsur pembunuhan dari sana. Dengan demikian kemungkinan keduanya adalah bunuh diri.

Kebanyakan orang akan berpendapat bahwa mustahil menutup tangki dari dalam. Namun sebenarnya tidak demikian. Ketika mayat Elisa ditemukan, tangki memang ditemukan dalam keadaan tertutup (dikonfirmasi oleh wawancara dengan pihak kepolisian). Namun jangan melupakan satu hal, yaitu faktor air.

Ketika mayat ditemukan, air tangki penuh sekitar 75%. Dengan kondisi ini, sangat mungkin pada saat Elisa masuk ke dalam tangki, airnya masih penuh.

Jika kita melihat desain tutup tangki, kita bisa melihat ada dua tonjolan di salah satu sisinya. Kemungkinan dua tonjolan ini adalah engsel. Artinya pintu tersebut seperti sebuah jendela yang terkait di salah satu sisinya. Jika Elisa masuk ke dalam tangki yang penuh dengan air, ia bisa mengambang dan menarik tutup tersebut. Sama sekali tidak mustahil.
7. Kalau memang Elisa bunuh diri, mengapa ia menenggelamkan diri ke dalam tangki dan bukan melompat saja dari atap gedung? 
Sebelum menjawab ini, saya akan berikan satu lagi alasan mengapa saya menganggap kematian karena bunuh diri lebih mungkin karena kecelakaan.
Ini karena di masa lampau, kasus penemuan mayat di dalam tangki umumnya terjadi karena bunuh diri. Luar biasanya, salah satu yang mirip dengan kasus Elisa Lam adalah kasus yang menimpa pekerja wanita, warga negara Indonesia, di Singapura.
Bulan mei 2011, mayat Ruliyati ditemukan di dalam tangki air blok 686B, apartemen Woodland, Singapura. Ketika ditemukan, pertanyaan yang muncul sama dengan kasus Elisa. 

Deja Vu?

Awalnya, kasus ini dianggap sebagai pembunuhan. Namun belakangan terungkaplah masalahnya yang sebenarnya. Ruliyati memiliki seorang kekasih bernama Repon Mustafa. Majikannya yang tidak suka melihatnya berhubungan kemudian meminta Ruliyati untuk memutuskan hubungan dengan pria tersebut. Ruliyati yang depresi kemudian berencana bunuh diri bersama Repon dan keduanya sepakat untuk melakukannya di tangki air. Pada detik terakhir, Repon berubah pikiran sedangkan Ruliyati menyelesaikan niatnya dengan menenggelamkan dirinya sendiri. (baca disini)

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, "Mengapa Ruliyati (ataupun Elisa) memutuskan untuk bunuh diri di dalam tangki? mengapa tidak terjun saja dari atap apartemen? Bukankah lebih mudah?" 

Well, pertanyaan seperti itu tidak akan pernah bisa dijawab. Ada yang memilih bunuh diri dengan racun, ada yang dengan membakar diri, ada yang menembak kepalanya, ada yang gantung diri dan ada yang terjun dari ketinggian. Semuanya tergantung pilihan masing-masing dan kita yang tidak memahaminya memang akan terus mempertanyakannya. Tapi itulah kenyataannya.

Kesimpulan
Karena pihak kepolisian sudah menyebutnya sebagai kasus kecelakaan, maka saya rasa kita tidak akan bisa berharap adanya penyelidikan lebih lanjut sehingga satu-satunya cara agar kasus ini bisa menjadi lebih jelas adalah: Pihak keluarga perlu menyewa detektif swasta. 

Ia bisa memeriksa kembali petunjuk-petunjuk yang dimiliki oleh pihak kepolisian dan mengambil kesimpulannya sendiri.
Namun jika kalian menanyakan pendapat saya, maka saya lebih condong ke kasus bunuh diri dibanding kecelakaan. Tapi kesimpulan dari pihak kepolisian pun tidak akan saya permasalahkan. 

UPDATE 8 Juli 2012

Update dilakukan pada sub judul "Kemungkinan kelima - Bunuh Diri".Perubahan dilakukan pada pertanyaan ke 4. Saya menambahkan pertanyaan 5 dan 6 sehingga total menjadi 7 pertanyaan.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

352 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 352   Newer›   Newest»
PHENOMENA said...

Bagus sekali ulasannya, Mr. Mystery :) Melihat ulasan seperti ini, mungkin perlu menerbitkan bukumu dalam seri ke-2 :D

Anonymous said...

Ente selalu mantap bro
coba detektif indo kaya ente
lama lama indo terkenal deh

enigma emang top markotop

Pringadi Abdi Surya said...

aku masih sulit menerima dia bunuh diri bro....

http://reinvandiritto.blogspot.com/

Anonymous said...

Nara said...
Kirain bro enigma gak akan update lagi...
Nah ini baru enigma, bacanya langsung merinding... :)

Rain Skywalkers said...

@ Bro E : Jadi misteri yg sebelumnya pernah kita diskusikan ini bisa dibilang kemungkinannya tinggal 2 ya bro E. Kalo tidak kecelakaan ya bunuh diri begitu? Untuk pembunuhan dan viral marketing bisa dibilang terlalu jauh ya?

enigma said...

@Rain: Kalau Viral Marketing, mustahil. Kalau pembunuhan, agak terlalu jauh karena saya tidak bisa membayangkan kepolisian LA bekerja ceroboh. Membunuh tanpa ketahuan di dalam sebuah gedung yang penuh dengan CCTV itu tidak mudah.

antonnymous said...

Ini yang membuat saya kagum setiap membaca ulasan Bung Enigma, setiap pembahasan dibahas dengan amat detail, jelas dan melihat setiap kemungkinan dgn pemahaman yang mendalam (seperti dalam topik ini, membahas kematian karena tenggelam, menurut saya Bung Enigma akan mempelajari berbagai hal seputar kematian karena tenggelam seperti cara otopsi mayat tenggelam) sehingga topik yg dibawa menjadi tidak rancu dan bukan artikel asal copas dgn pemahaman sekadarnya.
Good Job Bung Enigma!

Thinkerboy said...

Error komennya.
Selalu... Saya sering bertingkah aneh kalau aku kesepian(waktu kecil). Nari sendiri. Bicara sendiri. Mungkin dia kesepian. Jadi dia menganggap sedang ada orang yang menemaninya. Saya tau rasanya kalau saya kesepian. Sekarang saja sudah tidak punya teman apalagi sahabat. Mau bunuh diri ke sumur aja ah...(Curhat+nekat)

Lica Lawliet said...

Hmm.. Menurut sy jg bunuh diri.. Dr sejak lihat sikapnya di lift.. Kyk org stress.

Btw, sy ga bs bayangin klo jd org yg lg nginep dsna trus tau air yg sy pk buat mandi, gsok gigi, dll itu bekas mayat... Huu..

A_U said...

Mr. Enigma, tulisannya dikasih label donk. Apaan kek, biar "Artikel Terkait"nya nggak kosongan. Kan jadi rancu gitu, haha.
:P
Posting sebelum ini, dikasih label juga ya.

enigma said...

@A_U: Benar bro. lupa. saya masukkan satu kategori dengan kasus pembunuhan lainnya.

Kira Lawliet said...

mengesankan sekali
kemungkinan bunuh diri memang lebih dominan, terlebih dengan tidak ditemukannya jejak-jejak kriminal pada mayat. kemudian bila ini memang kasus pembunuhan, bukankah akan ada sidik jari dari sang penjahat pada tangki tempat tenggelamnya elisa? tangkinya kan tertutup?!
kecuali bila penjahatnya cukup cerdas dengan menggunakan sarung tangan.
soal rekaman CCTV sepertinya cuma keisengan belaka, bila Elisa saat itu di kejar seseorang, maka orang tersebut bukanlah pembunuhnya, jika ada orang jahat disana iapasti akan terlihat ketakutan alih-alih bertngkah aneh seperti itu.

yang jadi pertanyaan saya, jika beberapa media mengatakan saat ditemukan, mayat elisa berada dalam keadaan telanjang, maka saya kira itu bukan kasus bunuh diri, maksud saya, buat apa ia telanjang saat bunuh diri??

enigma said...

@Kira: Memang bisa jadi media salah melaporkan soal kondisi telanjang mayat. Namun, bisa saja memang demikian adanya.

Lalu pertanyaan "buat apa ia telanjang saat bunuh diri??" itu sama dengan pertanyaan "Mengapa ia tidak melompat dari atap saja?"

Kasus bunuh diri telanjang atau naked suicide itu bukan hal yang aneh walaupun belum dipahami sepenuhnya oleh patra psikolog.

Rezki Bawono said...

Tidak berapa lama sebelum kematian Elisa, di wilayah itu terjadi wabah TBC. Salah satu metode untuk mendiagnosa keberadaan penyakit tersebut pada pasien HIV adalah "LAM-ELISA"

kok agak kontradiksi antara wabah TBC sama pasien HIV..?
apa maksudnya mendeteksi TBC pada penyakit HIV ?

Rezki Bawono said...

oh ya nanya lagi...

tangki penutup air tempat mayat ditemukan tertutup atau terbuka...
kalo tertutup berarti bukan bunuh diri kan

Phom Pha Ben Shyn said...

Nunggu lama tapi kurang seru!!!.....gak bermanfaat, kurang menarik, membosankan....!!!!!!
.......
......
......
.......
.......
......
Just kidding...

Ini baru artikel yang luar biasa... Aq ska bgt yang masih MISTERI... Rada serem, tapi menarik. Oh ya om E, aku liat ko blog nya om E ada rank nya? Apa om ikut Seo? Klo gk salah ranking 137 ribuan di seluruh dunia....DI SELURUH DUNIA....SELURUH DUNIA!!!!!*lebay mode on*

Phom Pha Ben Shyn said...

Mungkin dia gak punya cukup mental untuk lompat... Atau dia punya Phobia takut ketinggian(apa namanya lupa). Walaupun dia dalam keadaan tertekan,kacau balau, tapi mental tidak kuat alias liat kebawah udah sempuyengan tetap aja dia gak akan lompat. Nah , kenapa dia gak menutup mata kalau dia takut?. Silahkan yang takut ketinggian naik ke gedung paling atas diem di tepi dan rasakan sensasinya. Kalaupun tutup mata tapi perasaan dag dig dug jerr tetep ada. Mungkin dia nyari alternatif yg lbih mudah. Ya gitu deh.....,,, metong di dlem tangki air. Tapi itu cuma pendapat gila asal asalan yg seratus persen salah.. Aku lebih suka dia dibunuh makhluk aneh, bner bner maksa yaaa???

Anonymous said...

saya rasa kematian elisa lam masih menjadi sebuah misteri yang belum terkuak
karena kurang nya informasi dan penyelidikan lebih lanjut !
waktu pertama saya liat foto elisa lam lambai tangan itu minta tolong
ekkeekkkeke

Molly said...

belum pernah ga setuju dgn analisa anda bro.. hehe.. keren... keep posting

Karasquarepants said...

Memang susah, cuman bisa berspekulasi. Tapi spekulasi bung e memang ada benarnya juga. Mungkin kalo bung e punya data2nya lebih lengkap. Bisa terpecahkan nih :D

Anonymous said...

Bipolar disorder adalah penyakit dimana seseorang pada suatu waktu dalam keadaan mania (perasaan gembira, ceria, bersemangat) dan pada waktu lainnya -tak ada angin, tak ada hujan- tiba2 berubah jadi depresi yg dalam. Kedua perasaan itu terus berganti2.

Anonymous said...

permisi, mungkin bisa jadi tambahan juga..

kalo yang pernah menonton film serial criminal minds, mungkin inget kutipan dari dr.Reid, kalo cara bunuh diri wanita dan laki-laki itu berbeda. laki-laki lebih sering melakukan bunuh diri yang bisa langsung membuat mereka mati (misal: melompat dari gedung, menembakkan pistol, dll) sementara untuk wanita, mereka lebih elegan (menggunakan racun).

namun jangan disamakan dengan kasus bunuh diri di Indonesia, untuk kasus bunuh diri in negara barat, kecenderungan menggunakan metode ini masih sangat tinggi.

yah, semoga membantu.. terima kasih.. dan ini bisa dicari di wikipedia juga.. terima kasih..

Anonymous said...

Pak Lod said: si elisa tuh cm pgn sesuatu yg berbeda aja, berenang di tangki air.Nah pas lg asyik2nya berenang kena kram deh si elisa lgsg sja tewas sketika haha

Anonymous said...

Maaf bro. E, mau nanya. Apa bisa dipastikan soal 'mayat ditemukan telanjang' adalah kesalahan media? Apa mungkin ada rekaman CCTV yang merekam Elisa dalam keadaan telanjang berjalan ke atap gedung, yang tidak dirilis oleh pihak kepolisian? Jika Elisa menaiki gedung dalam keadaan berpakaian lalu ditemukan telanjang, maka dimana ia menaruh pakaiannya? Mohon analisanya, bro. Terima kasih.

Anonymous said...

Bnuh diri tp knp tangki air tertutup?emg tutup tangki sgede itu bs d tutup dr dlm ya?kcelakaan?ap kbetulan pas jatoh trus tutup tangki ny k ttup!ap ad kmungkinan c korban punya mslh kjiwaan yg lbh prah dr bipolar disoder?mendadak iseng pngen mandi dlm tangki air?ap gda kjelasan dr pihak kluarga atw krabat klo c korban mengalami kegalauan yg badai smpe pngen menyepi?
Teori sy lebih ke isengan yg extrem dan ceroboh dri korban yg mungkin mengalami gangguan kejiwaan yg badai !
@iyoesoep

Anonymous said...

Gaya berenang ketika di lift,tangki air..
Hmm..berenang..tangki air..telanjang? Sengaja buka baju untuk ambil sesuatu dalam tangki air?
Pembunuhan jarak jauh? Seseorang punya sesuatu untuk mengancam Elisa,menyuruh Elisa mencari sesuatu dalam tangki air di atap hotel,meminta Elisa memastikan tidak diikuti/dilihat orang ketika di dalam lift(tidak sadar ada cctv)

hendra jorge said...

Masuk 40 besar,,,hehee.. Baca dulu ahhh,,,.... Bung e,, saya kemarin2 nunggu2 postingan nya,, saya penggemar berat blog bung e,,,sukses selalu buat bung e

Ridho B. S said...

Wah, Analisa yang "greget" dari bung E... :D

BTW, saya suka dengan nama toko bukunya, hahaha =D

Anonymous said...

Mr. Enigma, bahas tentang Hopkinsville Goblins dong...

Anonymous said...

andai bisa memilih, saya lbh suka dgn penjelasan pertama; dibunuh oleh illuminati.hahaha semua org suka konspirasi! Btw, ulasan kamu cakep bro!

Yovi Avianto said...

Kalau menurut saya, kenapa Elisa memilih untuk bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya itu dengan alasan kematiannya tidak ingin disadari oleh banyak orang. Yah, walaupun bunuh diri dengan cara ini lebih menyiksa daripada terjun langsung dari atap.

Soal, kenapa bunuh diri dengan telanjang, itu sudah menjadi hal yang biasa di dunia kriminal, jadi bukan hanya karena pembunuhan saja

Yang terakhir, tentang pintu tangki yang tertutup, sebelum sengaja menenggelamkan diri, Elisa sengaja menutup pintunya, agak aneh ya? Atau ada angin besar yang menutup pintunya?

Kita cuma bisa berspekulasi sampai disini.

Anonymous said...

Kalau bunuh diri, dimana pakaiannya? Apa mungkin dia dari kamar hotel naik ke atap dalam kondisi telanjang?

Anonymous said...

Nara said...
Ketidakpastian dari tanggal dan waktu rekaman CCTV menjadi tidak akurat. Bagaimana jika rekaman itu terjadi pada waktu Elisa beraktifitas sehari-hari di hotel, tidak seperti yang dibayangkan bahwa rekaman itu menunjukan bahwa Elisa akan segera meninggal?
Mungkin tingkah aneh yang dilakukan Elisa, sedang bersembunyi dan menghindar dari seseorang. Misalnya penagih utang, teman lamanya yg ia benci, dsb yg membuat ia tidak ingin bertemu.

Anonymous said...

kemungkinan konyol lainnya.. she was doing a new way of skinny dipping in a water tank....

Anonymous said...

Nara said...
Lanjutan...
Lalu gerakan aneh yg dilakukan tangan Elisa, mungkin itu adalah kebiasaan yg selalu ia lakukan pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya ketika ia sedang ketakutan, gelisah, cemas, atau sedang terburu-buru. Dalam kehidupan sehari-hari saya, biasanya jika saya sedang senang tiba-tiba dengan reflek tangan saya ikut berekspresi, dan jika sedang ketakutan tangan tangan saya juga iku berekspresi.
To be countinued...

Anonymous said...

Nara said...
Lanjutan...
Jadi untuk memastikan mengapa tangannya bertingkah aneh, mungkin yang perlu diperhatikan adalah ekspresi wajah Elisa.

arizWan Mior Mansor said...

Saya punya fikir mgkn ini kasus bunuh diri yg ada kaitan jg dgn kasus paranormal aktiviti.. Maksud Saya, gadis ini mgkn mendengar suara2 ngaib yg menyuruh dia masuk ke dlm tangki air itu untuk brsembunyi, kiranya d dlm lif masih tak selamat apalagi d tempat lain.. Hehee..

Anonymous said...

Nara said...
Satu lagi yg ketinggalan hehe...
Jika kita melihat dari ekspresinya, mungkin akan ketahuan alasan ia menggerakan tangannya dengan aneh. Lalu karena beberapa orang beranggapan bahwa Elisa dibunuh, mungkin saja karena gerakan tubuh Elisa yg aneh itu menandakan adanya orang lain yg tidak terekam oleh kamera. Karena dari screen shot yg saya lihat, memang seperti menandakan bahwa Elisa sedang menghindar dari seseorang tapi...

Anonymous said...

Nara said...
Lanjutan...
Tapi... Bukan berarti saya percaya bahwa Elisa dibunuh oleh pihak yg tidak terekam CCTV, melainkan saya mempertanyakan kapan waktu dan tanggal rekaman CCTV itu? Karena dari kesalahpahaman sederhana itu, bisa membuat orang beranggapan bahwa rekaman itu terjadi ketika Elisa akan segera meninggal di waktu itu pula. Oleh karena itu matapun langsung tertuju pada rekaman itu, dan membuat sebuah alasan Elisa meninggal dari rekaman itu. Padahal belum tentu...

henda setyawan said...

sedikit saya sampaikan ulasan saya ttg video diatas dan beberapa opini

1.tombol untuk menahan pintu lift agar terus terbuka umumnya harus ditekan terus. hal ini tidak terlihat di vidio dimana elisa hanya menekan 5 tombol (terlihat dari warna kuning tanda lampu tombol itu menyala).
sementara pintu lift terbuka dalam waktu yg cukup lama.
prediksi : kemungkinan ada orang lain yg berdiri dekat lift pda posisi yg tidak terjangkau kamera cctv. contoh, tembok kanan dari pintu lift.ia kemungkinan menekan tombol lift (yg ada diluar)yg mengakibatkan pintu lift tidak bisa tertutup. kalo g salah, selama masih ada elisa pintu liftnya selalu terbuka kan?

2. elisa menoleh 2 kali (kanan-kiri)terkesan spt mencari sesuatu, melompat, menyamping ke kiri, terlihat gusar, lalu berapa kali keluar masuk lift. yang aneh adalah apabila dia ingin mengagetkan teman, buat apa ia menoleh 2 kali? analoginya adalah saat kamu bermain petak umpet kamu hanya akan mengintip posisi temanmu 1 kali agar kamu tidak gampang kelihatan. itupun pada 1 arah, bukan 2 arah (kanan-kiri)
prediksi : menurut saya elisa heran mengapa pintu lift tak kunjung menutup. lalu ia mengecek apakah ada orang lain (mungkin dikenalnya atau tidak)tidak menemukan siapapun ia coba meloncat, bergerak2 di dpn pintu lift karena mengira sensor lift rusak.
kalo memang ada orang lain, mengapa elisa tidak menyadarinya sejak awal? simpel aja, setelah membuat pintu lift ttp terbuka, ia bersembunyi
contoh, di kelokan lorong, ruang janitor, pot yg besar, dll.

3. elisa menekan tombol secara acak, sebelumnya ia masuk ke lift dengan raut wajah yg menurut saya seperti kalau orang bilang "mungkin cuman khayalanku"
prediksi : menguatkan prediksiku yg nomer 2.dia merasa mungkin lift tersebut rusak. sama dengan bung e. saya rasa ia baru minum alkohol, dilihat dari matanya yg terkesan sendu/sayup, padahal dari fotonya, kelihatan berwajah segar

4. elisa menari????? menurut saya lebih mirip orang yg sedang berbicara dgn orang lain (karena sepintas bibir elisa terlihat bergerak). saya punya teman yg seperti itu cara bicaranya (walau tidak mabuk). ia terkesan mencondongkan kepalanya ke arah kanan dari pintu lift.
prediksi : orang itu muncul di depan elisa, dan sepertinya elisa mengenalnya. bahkan mungkin menyukai orang ini. kenapa saya bisa berpendapat begitu? gestur tubuh mencondongkan wajah ke arah lawan bicara menandakan interest atau ketertarikan.

5. elisa pergi. kemunkiinan orang tsb menyuruh elisa untuk pergi ke suatu tempat. mungkin atap,tapi bisa juga tmpt lain.


overall menurut saya ini kasus pembunuhan.
bukan hanya karena tingkah aneh elisa di cctv. tapi karena beberapa hal berikut
1. elisa ditemukan telanjang. dan pakaianya hilang
2. pintu tangki tertutup
3. why would you buy a gift if you want to killyourself? hadiah itu untuk orangtua elisa. menurut saya elisa tidak dalam keadaan depresi.

henda setyawan said...

lanjutan komen sebelumnya


kronologi menurut saya
1.elisa check in di hotel tersebut dan bertemu seseorang yg baru/sudah dikenalnya.
2. orang itu bercanda dgn elisa di lift dengan cara membuat pintu lift terbuka terus.
3. orang itu dan elisa bertemu di atap.
4. melakukan sesuatu di atap dan orang tersebut lalu membunuh elisa. menenggelamkanya dan menghilangkan barang bukti.


beberapa pertanyaan yg mungkin terlintas di pikiran pembaca sekalian. dan jawaban saya.

1. mengapa orang tersebut tidak terekam di cctv lorong?
ada 3 kemungkinan:
1. cctv tsb rusak
2. hotel tersebut tidak memiliki cctv di lorongnya (di indonesia juga banyk hotel seperti itu)
3. orang tersebut berdiri pada "blindspot" kamera tsb, sehingga hasilnya orang tersebut tidak terekam walau sama2 berada dilorong bersama elisa. contoh, kamera itu ditempatkan di kanan atas pintu lift, menghadap arah elisa (saat dia keluar). hasilnya, bila ada orang yang berdiri dikanan pintu lift (tempat yg selalu saya sangka sebagai tempat lawan bicara elisa) tidak akan terekam di kamera.

2. bagaimana mereka bisa membuka pintu ke atap?
saya pernah melihat viddeo di youtube yg saya lupa linknya. menjelaskan bahwa pintu tsb sebenarnya mudah untuk dibuka.

3.apa yg mereka lakukan di atap?
ayolah, masak gak paham?
berdua, terpengaruh alkohol, elisa ditemukan tanpa busana belum lagi ada kemungkinan elisa menyukai orang tersebut(bisa laki, bisa perempuan). mereka melakukan ::"if you know what i mean"::

4. bagaimana orang tersebut memasukan elisa ke tangki air?
tidak, elisa melakukanya sendiri. elisa diajak untuk masuk bersama ke dalam tangki air tersebut. kemungkinan setelah itu elisa 'langsung' dibunuh setelah itu (bisa ditenggelamkan maupun pintu tangki tersebut ditutup dan lalu air tangki tersebut dipenuhin. hal ini menjelaskan kenapa tidak ada bekas pemaksaan dan sperma di tubuh korban.

5. siapakah orang itu?
pertanyaan yg tidak saya ketahui jawabanya.
ada beberapa kemungkinan
1. teman elisa, karena sepertinya mereka saling kenal
2. petugas hotel, karena mengetahui seluk-beluk hotel sampai cara membuka pintu ke atap
3.teman elisa yg menjadi petugas hotel,


ndrie said...

Mr.E.. udah liat ke sini ? http://elisalamcase.blogspot.com/2013_03_01_archive.html

Saya sampai liat ulang video yg di post mr.E.. dan memang saat video berakhir (sekitar menit 2:25) seperti ada jari tangan orang lain diluar lift yang mengganjal pintu lift agar terus terbuka..

Anonymous said...

Nara said...
Kesimpulannya adalah, alasan Elisa meninggal entah itu karena bunuh diri, kecelakan atau dibunuh, saya rasa belum ada yg bisa menjelaskannya dengan pasti. Karena saya yakin kematian adalah sebuah misteri besar yg tidak bisa dijelaskan. Untuk kasus Elisa, hanya saja Elisa meninggal dengan cara yang tidak wajar.
-maaf ya komennya dipotong-potong, wajar komen di hp jadi karakternya terbatas and gak muat-

Molly said...

eh tapi tunggu dulu bro, kalo misal bunuh diri, gimana dengan pakaian korban yang tidak ditemukan? kemanakan hilangnya pakaian korban? nggak mungkin korban jalan dari kamar ke atap dengan telanjang kan?

Anonymous said...

Klo menurut saya dia bunuh diri karena nonton Spongebob episode Squidward suicide
ha ha ha

Anonymous said...

Bang, mengapa tidak ada konsumen yang megeluh sebab air dalam tangki yang berisi mayat membusuk pastinya berbau busuk, kenapa perlu 19 hari untuk curiga bahwa ada sesuatu dalam tangki, dan kecurigaan itu pun bukan karena air yang berbau busuk, tetapi karena debit air yang mengecil. Saya rasa 3 hari pun mayat, apalagi dalam air, sudah mengeluarkan bau busuk, aneh rasanya mengapa tidak ada yang mengeluhkan. Kecuali tangki tersebut sengaja tidak difungsikan selama sekian hari, kemudian baru difungsikan pada hari ke 19. Jika benar, mengapa tangki tidak fungsikan? Jika benar tangki tidak difungsikan ada kemungkinan tangki air dalam keadaan kosong, jika demikian kemungkinan Lisa tidak mati karena tenggelam. Atau aliran air keluar dari tangki sengaja ditutup. Siapa yang memiliki akses untuk menutup dan mendisfungsikan tangki?

Anonymous said...

Kalau saya yang pake buat gosok gigi..... PINGSAN SEKETIKA

kevin MJ said...

bnh diri ? menarik, tp clo pendapat saya , lbh cederung ke pembunuhan dalam kasus elisa lam ini

Anonymous said...

nice post gan.....ditunggu postingan selanjutnya

Vanz R said...

1 lagi bung E, tadi di singgung kalo elisa meninggal tak berbusana, dan katanya juga pakaiannya belum di temukan. lalu kemena pakaiannya,

oh ya request mengenai apollo 20 donk, is it real or not?

henda setyawan said...

anonimus yg nanya soal bau busuk.
bau itu sebenarnya berbentuk gas, dan bisa terperangkap dalam air.

contoh analogi, closet.
kotoren manusia sebetulnya sangat bau, tapi karena kita buang ke tempat yg mengandung air, baunya tidak menyebar. walaupun airnya menjadi sedikit bau.

lalu knapa tamu hotel tidak merasakan bau sama sekali? dari foto yg diambil kita tahu bahwa ada 4 tangki air yg besar besar.
karena volume air yg cukup besar, bau tersebut tidak bisa dicium oleh hidung manusia.

analoginya, jika kita menuang sirup ke dalam satu gelas air, aroma sirupnya tercium sangat jelas. tapi jika kita menuangnya ke bak kamar mandi yang terisi penuh, aroma sirupnya tidak akan tercium.

mengapa tidak ada tamu yg mengeluhkan ttg belatung?
hotel diamerika umumnya menggunakan "filter" untuk menyaring air sebelum keluar dari keran pelanggan. filter tsb adalah yg mampu melakukan penyulingan sehingga organisme, bahkan yg sekecil belatung tidak bisa melewatinya.

penumpukan belatung di filter tsb lah yg kemungkinan membuat air menjadi seret

mungkin ada yg mw ditambahkan bang.E?

Anonymous said...

mas E kalo menurut saya agak kali ini prediksi mas E terlalu cepat nyimpulin kematian Elisa Lam, saya baru aja baca-baca di wikipedia tentang pengidap Bipolar Disorder ini linknya http://id.wikipedia.org/wiki/Bipolar_disorder
mas e liat deh di gejala-gejala mania yang nomer 7 dan 13 saya rasa ada hubungannya dengan misteri yang di Lift dan Kematian di tangki air, apa mungkin orang yang bunuh diri melepaskan pakaiannya terlebih dahulu? terus aku mau tanya apa pakaian elisa Lim sudah ditemukan?

by desy

Anonymous said...

Selalu tajam dan dpt diterima akal.Good enigma..

Anonymous said...

khun E,
ulas tntng zombie & Storsjöodjuret dunk??

Anonymous said...

Bung E..
Ksih pendapat..
Tingkah laku elisa di lift..


1.Jika niat bunuh diri.
Dia bertingkah seperti itu karena dia sedang memastikan apakah ada orang disekitarnya apa tidak..karena dia takut jika ada seseorang yg melihatnya bertingkah aneh,,rencananya bisa gagal..jadi dia celingukan kanan kiri memastikan tidak ada satupun orang yg melihatnya.

2.Jika dibunuh.
Di rekaman tersebut dia seperti dikejar-kejar oleh seseorang,,dan berusaha melarikan diri dari orang tersebut..dia merasa terancam sehingga dia celingukan melihat kanan kiri dan hal yg dia lakukan didalam lift bukanlah bermain,,tetapi ketakutan dan terburu""ingin pintu lift tertutup dan meninggalkan area tersebut.
Dia melihat kanan kiri juga ingin memastikan orang yg ingin membunuhnya tidak mengejarnya..
Tapi ada hal yg mematahkan opini saya itu,,yaitu diakhir video tanganya melambai,,hingga sekarang saya tidak tahu maksudnya apa.
Just opini bung E.

Leon Vicious said...

Kalo saya yang make air di tangki itu mending saya hilang ingatan seumur hidup saya :(

hii.. SUPER DUPER MENJIJIKAN... :(

enigma said...

@Rezki: Tidak ada informasi soal itu. Tapi asumsi saya tertutup karena kalau terbuka pasti sudah akan dicurigai saat pertama kali memeriksa atap.

@Anonymous 1:15AM: Saya ada update sedikit soal itu di dalam tulisan. Lihat di sub judul bunuh diri point nomor 5.

@iyoesoep: Jika tangki tertutup, justru lebih masuk akal kalau ia menutupnya sendiri ketika bunuh diri dibanding karena kecelakaan.

@Nara: sebenarnya bukannya tidak pasti. Tanggal rekaman CCTV nya ada di pihak kepolisian.

@henda: Jika ada orang yang berdiri di pintu lift, pasti akan segera ketahuan polisi dari CCTV lorong. Jika CCTV rusak, atau hotel tidak memiliki CCTV lorong, maka polisi tidak akan menyimpulkannya sebagai kecelakaan.Mereka akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Untuk yang mencurigai petugas hotel, saya rasa juga bukan. Bayangkan, kalau ditemukan sesosok mayat di dalam tangki air, siapa yang akan diperiksa polisi terlebih dahulu? Pasti petugas hotel yang punya kunci atap dan petugas yang berhubungan dengan pemeliharaan tangki. Jadi, kalau petugas hotel itu yang melakukan, pasti sudah akan diketahui oleh polisi.

@ndrie: Jika ada orang diluar, pasti akan tertangkap CCTV lorong.

@Molly, Vanz R dan desy: Saya sudah update sedikit soal pakaian korban di postingan. di sub judul bunuh diri point nomor lima.

@Anonymous 11:06AM: Benar seperti yang dijawab oleh Henda Setyawan. Selain itu, di Amerika, tangki penampungan air selalu diberi Chlorine untuk disinfektan. Bahkan setelah mayat elisa ditemukan di dalam tangki, air yang mengalir ke hotel pun masih dianggap aman untuk diminum.

Anonymous said...

bebas berpendapat walau gak tepat...
tp terlalu cepat menyimpulkan bunuh diri...
masih banyak kejanggalan yg udah sempet di tanyakan sama yg di atas... menurut saya kasus ini blum bisa di bilang terpecahkan...

Anonymous said...

wow ...
Seperti biasa selalu menarik dan stunning. Kenapa tidak jadi detektif saja kak? hehe

Anonymous said...

yg jadi misteri itu di video,, pas mau akhir di pojok kiri lift ada sesuatu yg mencurigakan,, sperti ada orang lain disitu,, itulah misterinya,, apa sesuatu yg mencurigakan tersebut,, saya kira korban tidak sendiri disini

Anonymous said...

Bang mau tny, statement EL menderita penyakit itu dikeluarkan oleh siapa y? EK

Anonymous said...

Bang, saya malah jadi curiga. Seandainya Lisa dibunuh maka tangki dengan air ber-chlorine, dan dilengkapi filter, maka tangki itu adalah tempat sempurna untuk menyimpan mayat untuk menghilangkan jejak bau busuk selama beberapa hari, dengan catatan eksekusi dilakukan di lokasi atap tersebut.
Lalu apakah benar tidak ada rekaman cctv dari lorong hotel sebelum lisa masuk ke dalam lift? Jika benar maka kondisi ini terasa janggal, karena lorong hotel biasanya adalah tempat yang paling umum untuk meletakkan cctv. Jika cctv diletakkan disana tetapi tidak ada rekaman tersimpan itu malah makin janggal.
Lalu tentang belatung, benarkah ada belatung? apakah tangki ditemukan dalam keadaan terbuka? sehingga lalat bisa bertelur disana. Jika ya maka polisi perlu mengecek jadwal staf yang melakukan maintenance, sebab awamnya seharusnya ada yang ngeh dengan bau busuk, dari tangki yang sedikit terbuka. Terkait analogi tentang closet, itu bukan karena gas yang larut dalam air yang menyebabkan tidak bau, tetapi karena bentuk paruh bebek dari closet yang menyebabkan air yang tertahan di leher closet mencegah udara busuk dari septitank agar tidak beluar. Kalau kasus elisa malah, tangki air itu seperti septitank sendiri yang mengalir langsung ke kamar kamar, tapi jika benar ada pembusukkan harusnya ada gas yang ditimbulkan dari pembusukkan itu, jika ada desinfektan harusnya pembusukkan tidak terjadi karena bakteri pembusuk akan mati, atau mungkin pembusukkan terjadi dari dalam (dari isi perut). Atau pembusukkan tidak berlangsung seperti dalam kondisi tanpa desinfektan dan di ruang tak terisolasi udara luar, tetapi mengapa bisa ada belatung, sebab ada belatung berarti ada lalat masuk, ada lalat masuk berarti ada bau busuk yang tercium di udara. ah bingung

manos said...

this is manos speaking..
Sepertinya susah mau menarik enigma ke sisi misteri dan konspirasi. Sudah agak lama bro e selalu pro dengan "non misteri". Apakah bro e yakin kalau ia memang bunuh diri? Apakah nggak ada sedikitpun intuisi atau firasat di dalam diri bro e yang tercinta bahwa ini adalah pembunuhan?
manos out

enigma said...

@EK: Oleh pihak kepolisian

@Anonymous 9:58PM: Saya justru beranggapan kalau di hotel itu ada CCTV lorong. Makanya saya menganggap lebih masuk akal bunuh diri dibanding pembunuhan.
Saya tidak bilang ada belatung di mayat Elisa. Saya hanya mengatakan memeriksa belatung adalah prosedur normal dalam pemeriksaan toksikologis.

@manos: Soalnya saya memang melihatnya seperti itu. Pandangan subjektif saya saja :))
Saya tidak pernah mengatakan bahwa saya "yakin" Elisa bunuh diri. Saya hanya mengatakan jika dibandingkan dengan kecelakaan, saya lebih condong ke bunuh diri karena lebih banyak pertanyaan yang bisa terjawab.
Tidak perlu berusaha untuk memecahkan misteri ini karena masalahnya kita bukan hanya berspekulasi terhadap apa yang terjadi pada Elisa, tapi juga berspekulasi mengenai INFORMASI APA YANG DIMILIKI KEPOLISIAN.
Jadi, mustahil bisa memecahkan misterinya.

Anonymous said...

Slamat malam bang, apa bs memastikan seseorng menderita penyakit kejiwaan hny dng memeriksa mayat? Di media, keluarga EL menolak jika dia menderita penyakit itu. Jika hny disimpulkan melalui rekaman CCTV itu, berarti blom tentu y.... EK

enigma said...

@EK: kemungkinan besar dari riwayat medis yang diperoleh pihak kepolisian. Kalau dari otopsi, mungkin kesimpulannya diambil jika ditemukan bahan kimia yang berasal dari obat yang dikonsumsi.

erykind said...

Bung, menurut bung enigma, apakah teknologi pengontrol pikiran dari jarak jauh itu ada ?

Saya terpikir tentang teori pertama.

............."LAM-ELISA".............

erykind said...

TOLONG BAHAS MENGENAI TEKNOLOGI :MIND TELE-CONTROL

Anonymous said...

Kalo tdk salah bbrp saat stlh ditemukan tubuhnya, statement berpenyakit itu sdh dikeluarkan y. Pdhl hasil tes kandungan obat2an keluarnya bbrp bulan stlh nya dan hasilnya nihil y.. Lalu sy sempat membaca keluarga menyangkalnya (penyakit itu). Sy pribadi merasa statement itu keluar karna tingkah lakunya di CCTV... Setiap hari EL selalu berkomunikasi dng keluarganya hingga kontak terakhir 31. Jd Jika Ia memang punya kelainan,, sedikit aneh tdk mengkonsumsi obatnya saat itu mengingat masih terus ada kontak dng keluarga dan diizinkan sendirian (ada care dari keluarga).. (Kecuali orng tuanya memang menganggap anaknya normal.... Huffff info yg bs diperoleh di media terlalu minim y Bang,,, jd hny bisa berspekulasi saja..... EK

Gede Suropati said...

@enigma
-Laporan/keluhan "Para" (lebih dari satu) tamu yg mengeluhkan aliran air di kamar mereka terlalu sedikit
-Seorang "tukang ledeng" pergi untuk memeriksa/menindaklanjuti laporan tersebut diatas kemudian tidak sengaja menemukan sesosok mayat "tanpa busana" didalam tangki penampungan air hotel.

Pertanyaan saya:
-Berapa banyak tamu yg mengeluhkan debet air yg keluar di kamar mereka terlalu sedikit, kalau memang bisa dipastika lebih dari satu saya rasa tidak perlu dibahas, namun, jika hanya seorang saja apa mungkin pelapor tersebut memiliki pipa air yg khusus hanya untuk kamarnya saja?
-Bagaimanakah metode/urutan yg benar untuk memeriksa aliran air yg tersumbat didalam sebuah gedung bertingkat??
-Butuh waktu berapa lama untuk jasad seseorang yg tenggelam mengambang ke permukaan?? Dan berapa lama pula jasad tersebut akan kembali tenggelam ke dasar??
-Apa betul susunan berikut: air masuk kedalam wadah tampung melalui pipa yg terdapat pada bagian atas wadah tampung, kemudian air yang sudah tertampung akan di keluarkan melalui lajur pipa yang terdapat pada bagian bawah/dasar wadah tampung tersebut??
-Berapakah banyaknya Volume Air dalam wadah tersebut saat jasat di temukan??

Demikian bro enigma, maaf jika terlalu banyak pertanyaan.

PS: Saya tidak memberikan penjelasan untuk pertanyaan tersebut, karena saya pikir Bro E lebih pandai dalam memecahkan misteri dari pada saya, jadi saya pikir bro E sudah mengerti kemana arah pertanyaan tersebut (atau mungkin aspek tersebut telah dipikirkan dan nol kemungkinanya jadi untuk mempersingkat artikel tidak di cantumkan). Begitu bro E!
Thq

Gede Suropati said...

@enigma
-Laporan/keluhan "Para" (lebih dari satu) tamu yg mengeluhkan aliran air di kamar mereka terlalu sedikit
-Seorang "tukang ledeng" pergi untuk memeriksa/menindaklanjuti laporan tersebut diatas kemudian tidak sengaja menemukan sesosok mayat "tanpa busana" didalam tangki penampungan air hotel.

Pertanyaan saya:
-Berapa banyak tamu yg mengeluhkan debet air yg keluar di kamar mereka terlalu sedikit, kalau memang bisa dipastika lebih dari satu saya rasa tidak perlu dibahas, namun, jika hanya seorang saja apa mungkin pelapor tersebut memiliki pipa air yg khusus hanya untuk kamarnya saja?
-Bagaimanakah metode/urutan yg benar untuk memeriksa aliran air yg tersumbat didalam sebuah gedung bertingkat??
-Butuh waktu berapa lama untuk jasad seseorang yg tenggelam mengambang ke permukaan?? Dan berapa lama pula jasad tersebut akan kembali tenggelam ke dasar??
-Apa betul susunan berikut: air masuk kedalam wadah tampung melalui pipa yg terdapat pada bagian atas wadah tampung, kemudian air yang sudah tertampung akan di keluarkan melalui lajur pipa yang terdapat pada bagian bawah/dasar wadah tampung tersebut??
-Berapakah banyaknya Volume Air dalam wadah tersebut saat jasat di temukan??

Demikian bro enigma, maaf jika terlalu banyak pertanyaan.

PS: Saya tidak memberikan penjelasan untuk pertanyaan tersebut, karena saya pikir Bro E lebih pandai dalam memecahkan misteri dari pada saya, jadi saya pikir bro E sudah mengerti kemana arah pertanyaan tersebut (atau mungkin aspek tersebut telah dipikirkan dan nol kemungkinanya jadi untuk mempersingkat artikel tidak di cantumkan). Begitu bro E!
Thq

Assassin said...

Kemungkinan terbesar memang bunuh diri, elisa bunuh diri mungkin karena dia kecewa kepada teman/pacarnya tdk jadi datang. Kan di dalam lift elisa kelihatan sedang bersembunyi dari seseorang, kemungkinan seseorang itu temannya yg ingin membuat pesta kejutan utk elisa/pacarnya yg ingin mengajak dia menikah
Ada beberapa kemungkinan penyebab elisa bunuh diri :
1. Jika ia bersembunyi dari temannya dan ingin mendapatkan kejutan dari temannya tapi temannya tidak jadi datang trus dia kecewa dan bunuh diri
2. Atau jika elisa bersembunyi dari pacar atau orang yg naksir pada elisa kemudian orang itu mengajak elisa menikah tapi elisa belum siap utk menikah terus dia bunuh diri
3. Atau elisa naksir seseorang, kemudian elisa pergi ke kamar orang yg di taksirnya tapi elisa melihat orang itu sedang berhubungan intim dgn orang lain lalu elisa frustasi dan bunuh diri. Tidak ingin mayatnya ditemukan elisa lebih memilih bunuh diri di dalam tangki air. Pria yg ditaksir elisa lalu mencari elisa sampai ke atap hotel tapi tidak menemukan elisa. Jika menurut media lain elisa ditemukan dalam keadaan telanjang, mungkin elisa sedang bercinta dgn orang yg ditaksirnya, lalu elisa mengajak si pria menikah tapi si pria menolak hingga elisa memutuskan utk bunuh diri

Assassin said...

Kemungkinan terbesar memang bunuh diri, dia bunuh diri mungkin karena dia kecewa kepada teman/pacarnya tdk jadi datang. Kan di dalam lift elisa kelihatan sedang bersembunyi dari seseorang, kemungkinan seseorang itu temannya yg ingin membuat pesta kejutan utk elisa/mungkin calon pacarnya yg ingin mengajak dia menikah
Ada beberapa kemungkinan penyebab elisa bunuh diri :
1. Jika ia bersembunyi dari temannya dan ingin mendapatkan kejutan dari temannya tapi temannya tidak jadi datang trus dia kecewa dan bunuh diri
2. Atau jika elisa bersembunyi dari pacar atau orang yg naksir pada elisa kemudian orang itu mengajak elisa menikah tapi elisa belum siap utk menikah terus dia bunuh diri
3. Atau elisa naksir seseorang, kemudian elisa pergi ke kamar orang yg di taksirnya tapi elisa melihat orang itu sedang berhubungan intim dgn orang lain lalu elisa frustasi dan bunuh diri. Tidak ingin mayatnya ditemukan elisa lebih memilih bunuh diri di dalam tangki air. Pria yg ditaksir elisa lalu mencari elisa sampai ke atap hotel tapi tidak menemukan elisa. Jika menurut media lain elisa ditemukan dalam keadaan telanjang, mungkin elisa sedang bercinta dgn orang yg ditaksirnya, lalu elisa mengajak si pria menikah tapi si pria menolak hingga elisa memutuskan utk bunuh diri

Anang Fathoni said...

post yg panjang, tapi berisi dan akurat, tidak ada kata-kata yg mubazir

trims bung E, telah membuat kehidupan saya di dunia maya tidak membosankan

Anang Fathoni said...

post yg panjang, tapi berisi dan akurat, tidak ada kata-kata yg mubazir

trims bung E, telah membuat kehidupan saya di dunia maya tidak membosankan

Avers747 said...

Pertanyaan bung :

-Orang tuanya masih hidup?
Kalau bila ternyata orang tuanya sudah meninggal, maka Elisa memang berencana bunuh diri karena membeli oleh2 untuk orang tuanya.

-Tahukan keluarga/rekan Elisa di Kanada tentang kepergiannya ke LA?
Hal ini perlu ditanyakan karena keluarga/rekan yang tahu bisa memberi petunjuk tentang apa RENCANA yang akan dilakukannya disana. Saya rasa pasti ada orang yang tahu.

Apa yang dilakukan Elisa di Lift?
saya rasa Elisa bertingkah begitu bukan karena belum meminum obat, tetapi seperti yang sudah diungkapkan, ia sedang bermain dengan seseorang. Elisa terlihat sedang melakukan gerakan aneh seperti mengajak/bermain, namun akhirnya ia TETAP TIDAK MENGGUNAKAN LIFT. ADAKAH rekaman CCTV tentang apa yang terjadi di luar lift? JIKA ADA kenapa tidak dirilis? Jika memang sedang bermain, dengan siapa Elisa bermain? JIKA DI LUAR LIFT TIDAK ADA CCTV maka berkemungkinan ada pembunuhan oleh orang dalam yang mengerti betul seluk beluk hotel beserta penempatan CCTVnya. Karena pelaku mengerti bahwa di lift ada CCTV, maka ia menolak melalui lift dan mengajak lewat tempat lain, bisa PINTU TERKUNCI ataupun tangga darurat. Bagaimana pendapat bung E?

-Kemungkinan kedua?
bukannya saya mendukung penuh teori ini, tapi hal ini dimungkinkan kalau di luar lift sedang tidak ada seorangpun namun Elisa bertingkah seperti sedang berkomunikasi dengan seseorang. Mungkinkah?

Possible Come True said...

bung E, pendapat saya lebih condong ke pembunuhan oleh staff hotel yang memiliki wewenang, dia bisa saja membuang rekaman cctv saat terjadinya peristiwa tersebut dan beralasan ke polisi bahwa rekaman cctv itu hilang, karena yang memiliki wewenang adalah polisi, teori konspirasi disini bisa terjadi, si staff yang memiliki wewenang tersebut bisa bersekongkol dengan pejabat polisi untuk menutup-nutupi soal rekaman cctv yang hilang tersebut, jadi dengan mudah polisi bisa menyimpulkan bahwa peristiwa tersebut adalah bunuh diri, saya berasumsi demikian karena si elisa terlihat ketakutan saat memasuki lift dan akan menjadi alibi yang sangat sempurna apabila ini benar-benar terjadi.. mohon ditanggapi bang E

Anonymous said...

salam bro E. . .
ini prtma kli'a ane nge-komen artikel bro E

ane stju ma bro henda klo ini pmbnuhan,
yah wktu prtma kli bca ane pkir klo pmbnuh'a tu pegawai hotel'a.....

yah biarpun polisi gk nemuin org yg mncurigakan, kan da bbrpa orng yg bsa ngendaliin ekspresi,emosi,dll
jdi dy gk kliatan ggup atopun mncurigkan. . . .

tpi mnrut ane wktu di lift si EL gk sndirian.....

oiya stu lgi bro E,da video di koridor'a gk?
klo ada mgkin kta bsa tw. . .

-7Lx-

Persephone said...

Menurut saya sih.....

Mungkin gak ya kalau teori bunuh diri dan teori hantu itu digabungkan?

Anda ingat soal rumah amityville itu?

Ronald De Feo menembak mati semua anggotanya karena "seperti diperintah oleh makhluk halus"

Nah apa mungkin Elisa itu bunuh diri karena dibawah pengaruh "bisikan makhluk gaib" ???

Maaf kalau terlalu mengada-ada, hehe :v

henda setyawan said...

sudah liat ini bang
http://www.youtube.com/watch?v=IgUBjxE-oec

itu video isi dari hotel cecil dan lift tempat pembunuhan. coba lihat video tersebut terutama di 6:45 keatas (itu merekam lift elisa)
dari video tersebut, banyak hal yang merubah persepsi saya.

1. hotel cecil bukan hotel berbintang 5 (kemungkinan bintang 1 atau 2) karena kamar mandinya saja dibagi/kamar mandi luar

2. selama ini kita mengira lorong tempat lift tersebut lurus2 saja. sebenarnya tidak. lorong tsb berkelok-kelok. lebih tepanya ada kelokan di kanan dan kiri lift tersebut.

3. ternyata ada 1(mungkin 2) lorong lain yang ternyata menghadap langsung ke lift tersebut. liat aja tempat si pembuat video merekam lift. dengan kata lain lift tersebut berada diantara pertigaan (mungkin perempatan).

apa pentingnya hal diatas? well, hal diatas menguatkan pendapatku.


sebelumnya saya sampaikan beberapa review orang luar yg sudah pernah menginap di cecil. tentunya sudah saya translate

1 "semuanya buruk, lampu kelap-kelip (hampir rusak) di lorong membuat merinding" brian J
www.yelp.com
2 "jangan menginap dalam keadaan apapun" nycwestvillage
www.tripadvisor.com

yang menarik itu pernyataan pertama. fakta bahwa fasilitas di hotel cecil sendiri sudah banyak yang rusak. lalu mengapa polisi tidak mempermasalahkanya.simpel, karena bukan kewajiban pihak hotel untuk menaruh kamera di lorong.
hanya hotel bintang 3/4 keatas yg wajib memasang camera cctv di lorong. hotel cecil sendiri baru bintang 2. cukup wajar bila tidak memiliki cctv di lorong.
loh kok ada cctv di elevator?
kalo cctv di elevator sih wajib di amerika, untuk jaga2 bila elevator tersebut rusak.

dan kalian tau? saya sudah melihat video diatas beberapa kali dan saya TIDAK MENEMUKAN adanya camera cctv di lorong. kalo ada waktu bisa cek sendiri

bagaimana jika ternyata managemen hotel cukup baik dengan memasang kamera cctv di lorong tsb?
dari poin 2&3 diatas, kita tahu banyak kelokan dan ada pertigaan di depan lift, hal ini menyebabkan banyak "blind spot" kamera jikapun dipasang. jika kalian pernah bermain game james bond ps2, saya rasa kalian akan mengerti.hal ini juga bisa jadi menjadi pertimbangan polisi juga untuk tidak menampilkan video dilorong (jika memand ada)

banyaknya kelokan bisa jadi menjadi tempat sembunyi si pelaku sehingga elisa tidak menyadari keberadaanya pertama kali. soal bagimana pintu lift terbuka terus, lihat saja komen saya yg sebelumnya. senergi dengan komen saya yg sekarang.

apakah sulit menemukan blindspot kamera?
untuk orang yg baru pertama ke hotel tersebut YA.
tapi untuk mereka yg bekerja dihotel tersebut/sering menginap, saya rasa dengan banyaknya kelokan dan posisi lift yg berada di depan pertigaan sebenarnya sangat mudah.
saya sendiri dulu sering menghindari kamera pengawas sekolah saat datang telat. cukup mudah kok

dan lagi, ada kemungkinan orang tersebut tidak terekam secara tidak sengaja. bentuk lorong yg berkelok2 dan merupakan persimpangan itu bisa jadi membatasi area pengawasan kamera

mungkinkah liftnya rusak? tidak liftnya bergerak setelahnya. video diatas memang tidak menunjukan hal itu. silahkan anda cari di youtube video lengkapnya (kira2 4menitan) disitu dapat dilihat tembok di depan lift tersebut berganti warna. menandakan lift tsb sudah pindah lantai


dan saya rasa ini kasus pembunuhan
alasanya sudah saya sampaikan sebelumnya

dan kemungkinan pelaku adalah pegawai hotel cukup besar.
kemungkinan kecil karena takut dicurigai ???
ayolah, bukankah pembunuhan umumnya dilakukan oleh orang terdekat. bahkan kalau kita liat serial2 detective (conan, kindaici, CSI, dll) pembunuhan orangnya pasti dekat2 TKP

sori bang, untuk kali ini saya gak setuju kalo ini bunuh diri.
kagak marah kan?



sedikit tambahan info.
elizabeth short / the black dahlia murder yang pernah diposkan di blog ini "rumornya" sebelum kematianya menginap di hotel ini. bahkan ada yg percaya dibunuh di hotel ini.

benar atau salahnya saya gak tau. namanya juga rumor


henda setyawan said...

coba cek "examiner" lagi bang.
memang gak ada kata "naked". tapi ada kata "nude"

berikut ini sepenggal artikelnya:
"According to 'CBS' Los Angeles, KNX 1070's Claudia Peschiutta reported guests were disturbed to learn Lam's 'nude' body was found inside one of the four large water tanks."

secara harafiah nude dan naked sama-sama 'telanjang'.
lebih tepatnya nude itu telanjang bulat sementara naked gak harus sampai bulat. contoh: cuman telanjang dada.

trus kenapa polisi cuman bilang "found Lam's body".
gak salah jugkan. "menemukan tubuh lam". tanpa ngasih tau keadaan si tubuh tsb. telanjang atau tidak.
kenapa tidak dijelaskan?
simpel, etika dan sopan santun.
polisi tersebut merasa sungkan jika menjelaskan keadaan tsb.

jadi buat yg masih penasaran.
ya, elisa was found naked/nude.

according to CBS

henda setyawan said...

buat agan anonimus dan bang e.
terima kasih sudah menambahkan
dan memang paruh bebek dan clorin mempengaruhi penyebaran bau.

kalo soal gas yg terperangkap itu memang benar adanya dan diterapkan dalam pembuatan kloset dan juga tangki air (kalo tangki air sih gak umum)
meskipun ada paruh bebek tapi gak ada airnya, baunya tetap menyebar.

dalam kasus elisa, jumlah air (yg sudah dicampur klorin) yang sangat besar dan juga tangki yg selalu diisi air barulah yang jadi penyebab mengapa bau busuk tidak tercium oleh para tamu (tapi ada juga yg bilang airnya terasa aneh).

enigma said...

@EK: Tidak. Statement itu keluar setelah hasil toksikologi diumumkan.

@Gede: Tidak disebutkan berapa tamu yang komplain. Saya juga tidak bisa menjawab semua pertanyaan kamu karena memang tidak ada informasi soal semua itu. Saya tahu maksud kamu bro. Kalau semua kemungkinan kita bicarakan, bisa jadi satu buku nantinya. haha

@Avers747: Orang tuanya masih hidup.

@possible come true: Memang yang pertama harus diperiksa petugas hotel. Hanya saja, saya berasumsi jika staf hoyel tersebut mengatakan bahwa CCTV nya rusak, pasti polisi sudah akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap dirinya karena patut dicurigai kalau ia terlibat. Jadi, asumsi saya CCTVnya baik-baik saja dan tidak terekam adanya orang lain yang mencurigakan di dalamnya.

@Henda: Nah, itu yang saya katakan. Kita hanya bisa berspekulasi karena kita tidak memiliki data yang lengkap. Soal CCTV, dalam interview dengan wartawan, polisi mengatakan mereka memiliki rekaman CCTV yang jika ditotal memiliki durasi lebih dari 100 jam. jadi kemungkinannya memang ada CCTV di lorong.
Soal Black Dahlia, itu hanya rumor dan tidak bisa dibuktikan.
Soal examiner, kamu benar. Namun jika dicek balik ke link CBS news yang dikutipnya dan memutar videonya, tidak ada kata "nude". Tidak berarti salah. Saya hanya memberikan kemungkinan.

Anonymous said...

mungkin anda bisa menjadi detektif swastanya???

Dwiki Yansuryo said...

Waaw, mantap beet ini ~~~ saya baru tau tentang Mas E dan lain-lain. baca blog ini bikin otak saya muter.saya penggemar conan btw, jd suka yang begini2.
anyway, nice job mas !

Anonymous said...

Tunggu bentar aku manggil conan edogawa dulu. Kebetulan aku tetanggaan.

Anonymous said...

Masih hangat tapi kok saya ga pernah tau berita ini ya? Kalo dari cerita diatas yang mungkin bisa saya simpulin :

1. Kelakuan Elisa di dalam lift itu saya yakin 70% ulah isengnya karena banyak org yg secara alami 'berlaku seperti orang gila' saat sedang sendirian entah di dalam mobil, di kamar, termasuk di lift seperti itu. Untuk 30%nya seperti yang bung E bilang dia ingin mengagetkan 'siapapun' yang dia kenal baik luar dalam di hotel tsb, karena kalau sekedar teman biasa atau bahkan pacar dia tidak mungkin melakukan hal gila tsb khawatir teman/pacarnya akan 'ilfeel' melihatnya. Karena itu saya anggap kenal luar-dalam dimana dia bebas berekspresi tanpa takut ketahuan kenalannya berikut, walaupun dugaan ini hanya 30%.

2. Alasan elisa pergi ke L.A. sendirian kemungkinan besar melakukan sesuatu untuk mengagetkan teman-temannya. Disana kita tau Alisa Check In di hotel cecil tanggal 26 january 2013, tapi tanggal berapa dia mulai berada di LA siapa yang tau. Berdasarkan mbah google ada banyak event yang dilaksanakan di Los Angeles, tapi saya ambil sekitar 5 hari sebelum muncul di hotel cecil sampai dengan 5 hari setelah hilang, berarti 21 januari 2013 - 5 februari 2013. Menurut data dari Songkick.com ada beberapa konser yang dilaksanakan berdekatan dgn Downtown, L.A. (wilayah hotel cecil) yaitu :
A. Lady Gaga tanggal 21 Januari 2013 di Staples center, downtown, L.A.
B. Them Howling Bones tanggal 21 Januari 2013 di Grand Star Jazz Club, L.A.
C. Kim Ann Foxman tanggal 26 Januari 2013 di The Standard Hotel, downtown, L.A.
D. Muse tanggal 26 januari 2013 di Staples Center, downtown, L.A.
E. The Who tanggal 30 januari 2013 di staples Center, downtown, L.A.
F. Tegan and Sara tanggal 1 februari 2013 di Club Nokia, downtown, L.A.
Jika ingin melihat sendiri, bisa membuka situs songkick.com untuk jadwalnya dan membuka google map untuk perbandingan jarak antara tempat yang saya sebutkan dengan tempat hotel cecil di L.A.

3. Untuk alasan kematiannya masih simpang siur.
- Menurut Wikipedia, Bipolar disorder itu ada 4 jenis, yaitu Manic (Terlalu positif), Hypomanic (hampir normal), Depression (terlalu negatif) dan Campuran (antara manic dan depression). Bunuh diri dalam bipolar disorder hanya terjadi jika penderita kena yang Depression atau campuran. Sayangnya kita ngga tau jenis Bipolar Disorder apa yang diderita elisa. Jadi seandainya elisa mengalami manic atau hypomanic bunuh diri akan terpatahkan.
- Jika dibunuh oleh temannya atau orang yg sangat dia kenal maka akan banyak data yg tidak valid termasuk pernyataan saya di nomor 1.
- Jika dibunuh oleh org yg tidak dia kenal maka ini bisa menjadi pembunuhan paling rapih yang dilakukan oleh penjahat sekaligus pemerkosa (jika benar mayat elisa dalam keadaan telanjang) kecuali dia memang 'pembunuh profesional' atau orang yg sering nonton film 'bagaimana menjadi pembunuh yang baik'.
- Jika oleh Iluminaty atau organisasi rahasia lainnya, kenapa harus elisa? Jika benar untuk memperingati warga tentang adanya senjata biologis, kenapa mayatnya harus disembunyikan serapih itu?
Mungkin penyebab yang paling masuk akal elisa tewas dalam keadaan tidak sadar. Antara elisa dalam keadaan mabuk pergi ke atap hotel, membuka tangki air lalu tercebur sendiri dan tewas, tetapi kalau hal ini terjadi pasti tidak perlu waktu 19 hari karena tangki dalam keadaan terbuka dan elisa bisa ditemukan dengan mudah. Kemungkinan kedua di buat mabuk atau fly dengan alkohol atau narkoba, lalu disuruh melakukan hal bodoh seperti masuk dalam tangki air dan ditinggal disana oleh pembunuhnya, tetapi sekali lagi cara ini mungkin jika benar elisa punya kenalan akrab di hotel tersebut.

Anyway ini kisah yang menarik, apapun yang terjadi dia mampu membuat kasus misterius di abad maju seperti sekarang ini.

Mr.Y

henda setyawan said...

wah thank bang. saya gak liat cbsnya juga sih.
gak tau link nya

kalo lebih dari 100 jam.
elisa hilang 19 hari.1hari 24 jam
24 X 19 = 456. hanya dari 1 kamera (yg pastinya cuman dari camera lift)
kalo mereka bilang diatas 100 jam bukan 1000 jam, bukanya artinya cuman kamera di lift yg dianalisa?

tapi sayang sekali kita hanya bisa berasumsi ya bang. bukti2 yang dibeberkan terlalu kurang sih.

buat yg nanya orang tuanya masih hidup.
YA. mereka masih hidup, mereka yg membuat laporan kehilangan elisa.
mereka curiga karena elisa yg setiap hari menelpon mereka tiba2 hilang kontak.sekitar 14 hari sebelum penemuan tubuh elisa.
orang tuanya tinggal di kanada kalo gak salah

henda setyawan said...

tapi saya tetep curiga ini kasus pembunuhan. hehehehe.

anyway seperti biasa, nice post bang. saya hampir minta dibahas ini. eh udah dibahas.
good luck.

henda setyawan said...

ada 1 hal yang mengganjal. saya baru menyadarinya dan saya menjadi merasa bodoh, kenapa tidak menyadarinya sejak awal

dimana video yang menunjukan dia keluar/masuk kamar?????
video yang ada di lorong yang ada kamar elisa

itu video yg sangat penting dalam penyilidikan kasus seperti ini. karena beberapa alasan berikut:
1. video itu dapat menjelasakan kapan elisa terakhir kali terlihat. bisa mempermudah proses otopsi tentunya
2. siapa saja yang keluar/masuk ke kamar elisa. bahkan apakah elisa masuk ke kamar orang lain.
3. awalnya ini kasus orang hilang. video tersebut tentu menjelaskan apa warna/tipe baju, celana, sepatu yang elisa gunakan. itu hal yang penting lho dalam mencari orang.

karena penasaran akan kasus ini saya jadi melihat beberapa video ttg kasus yg lain. dan bagian paling penting memang adalah video yang menjelaskan kapan korban keluar kamar (baik kasus pembunuhan dan orang hilang)

apa logikanya?
simpel, tidak ada cctv di lorong elisa.
dan oleh karena itu tidak ada cctv di lorong lainya.
sudah liat link youtube diatas?
saya sudah lihat beberapa kali dan saya tidak menemukan cctv di lorong hotel tsb

bagaimana jika cctv itu rusak?
hehehehe, dengan asumsi yang sama, cctv lorong dekat lift juga bisa rusak dong


ada beberapa asumsi kenapa kepolisian terkesan terburu-buru mengambil kesimpulan kasus ini.

1. salah,
polisi juga manusia kan? berdasarkan fakta yang ada dimana tidak terdapat tindak kriminal ditubuh korban mereka salah mengambil kesimpulan.
tentu saja saya juga bisa salah. hehehehe

2. tekanan media,
kasus ini terjadi dari bulan februari. sudah cukup lama. tekanan media yang menginginkan cepat terungkapnya masalah ini membuat pihak kepolisian mengambil kesimpulan sesegera mungkin.

bisa jadi ini cuman kesimpulan sementara untuk menghindari tekanan media, lalu kepolisian masih melanjutkan penyelidikan lebih lanjut.
ini paling mungkin, karena di video yang saya kasih linknya di atas, lift elisa masih ditutup.
mungkin masih ada penyelidikan polisi.

3. tentu saja apalagi kalo bukan KONSPIRASI
konspirasi iluminati?
konspirasi pihak hotel-kepolisian?
konspirasi rasisme? (elisa adalah seorang chinese-kanada)

atau gabungan ketiganya?
Konspirasi pihak hotel dan kepolisian yang merupakan anggota iluminati dan punya sikap rasis terhadap orang asia ??????
(yang ini saya cuman bercanda ^^)

kalo soal konspirasi saya gak mau bahas.
otak saya mungkin yang belum kuat.
saya serahkan saja pada yang lebih ahli. hehhehehehhe



mengutip kata2 detektif conan
menurut saya ini adalah kasus pembunuhan ruang tertutup yang sempurna

henda setyawan said...

sori juga kalo saya terlalu banyak komen nya.
saya memang tertarik dengan kasus2 seperti ini (efek D. conan)

Nama said...

bro E....emang tanki begituan bisa ditutup dari dalem ya??

O iya saya ada
Request: SHADOW PEOPLE

Thanks Bro E

Anonymous said...

wah bang E bener" menakjubkan analisisnya gw sampe puas ngeliat jawaban dari bang e...
tapi bang ada yg gw tanyakan apakah korban ini mempunyai memiliki penyakit kelainan Walking Corpse Syndrome? sehingga dia tidak sadar dan berpikir bahwa dia mati..??

Anonymous said...

met malam bung enigma dan kawan2 penggemar misteri sekalian..,menurut saya semua analisis ada kemungkinan benarnya di kasus yg sangat aneh ini,bahkan analisis murder by ghost ada kemungkinan persentasenya.,tiap2 pembaca sekalian pasti punya anlisis bermacam ragam ..begitu juga saya..hehe
izinkanlah saya mencoba membagi anlisis dikasus yg sngat menarik ini,saya akan mencoba analisis saya dalam persentase karena semua analisis ada kemungkinan benarnya..who know?.,hanya Tuhan yang tahu...,oke ,inilah analisa saya menurut logika saya sendiri..hehehe
1.pembunuhan 75%..,menurut sya pembunuhan adalah analisa yg plng masuk logika saya,karena korban ditemukan di dalam tank dalam kondisi tank tertutup,secara logika korban yg sudah jatuh kedlm tank tidak mungkin bisa menutup pintu tank lg,mengapa sya katakan pintu tank dlm keadaan tertutup padahal tidak ada berita yg mengatakannya,karena dlm berita dikatakan setelah korban diberitakan hilang,bebrapa hari sebelum ditemukan,polisi sudah memeriksa semua bagian hotel termasuk atap hotel tempat korban ditemukan,kalu tank dlm keadaan terbuka seharusnya polisi sudah menemukan lebih cepat,menurut saya pelaku adalah orang dalam,kenapa?..karena dlm cctv sepertinya korban berbicara dngn seseorang dan spertinya korban berusaha menghindar secepatnya dngn memencet tombol lift beberapa kali..dan sepertinya lift tidak bisa menutup karena ditahan dr luar oleh orang lain,sang pelaku sepertinya menghindar dari tangkapan cctv,itu artinya kemungkinan orng yg berkerja dihotel itu yg mengerti selukbeluk hotel dan kamera cctv,lalu apa alasan sng pelaku membunuh korban,ada 2 kemungkinan di sini:1.korban secara tidak sengaja melihat sesuatu rahasia jahat dari sang pelaku yg akhirnya memaksa sang pelaku melakukan pembunuhan berencana terhadapnya..,alasan ke 2.pelaku kenalan korban yg kerja dibagian hotel itu,ini juga memberikan alsan kedatangan korban ke hotel itu,kemungkinan ada suatu hubungan rahasia dan percecokan yg mengakibatkan pembunuhan berencana ...
2.murder by ghost 50%,ini analisa yg paling seram..hiii..,dari analisa cctv sepertinya korban berbicara kepada orang yg tidak terlihat,dan ketika lift belum tertutup dan seperti ditahan,korban sepertinya secara spontan berusaha melihat siapa yg menahan liftnya ,namun tidak ada orang..hiii seram..
demikianlah anlisis saya bung enigma
dan sialnya semakin saya menulis analisis saya malam begini semakin bulu kuduk saya berdiri membayangkannya..hii seram..wkwkwkwkw

Muhammad Iqbal said...

kebenaran hanya satu, tak peduli sesulit apapun untuk diterima. pada akhirnya kebenaranlah yg menyisihkan bermacam spekulasi yg beredar.
salute buat bro enigma, Sherlock Holmes abad 21 (y)

doddy irawan said...

terlalu banyak yang aneh pada kasus elisa lam
Saya sependapat dengan Henda bahwa polisi kali ini salah dalam mengambil keputusan karna banyak nya tekanan media
Kita disini hanya bisa berharap ada seseorang seperti Holmes disana yang mampu membongkar kebenaran apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam
Terbatasnya informasi membuat kita hanya bisa berspekulasi
Seandainya ada orang yang punya akses masuk kepolisian untuk mendapat info jelas tersebut maka mungkin ada titik terang
Seperti kita tahu polisi tidak lah bisa diandalkan mereka bekerja terlalu taat pada peraturan yang mengikat mereka
Kita butuh seseorang yang independen tanpa takut melanggar aturan

Asumsi saya kebenaran dibalik kasus ini bisa jadi lebih pahit dan kelam

Wind flow

delly said...

Kasus ini pernah ada di CSI New York nih, season berapa aku lupa. Tapi waktu kasus di CSI pun ternyata korbannya bunuh diri. Karena di pikir-pikir tidak mungkin ada orang yang bisa membawa mayat ke atas lewat tangga darurat, sekalipun orang tersebut besar sekali, pasti akan terlihat dari sebrang hotel.
Mengenai soal alarm itu memang masih jadi misteri bagaimana alarm bisa tidak berbunyi ketika ada pintu darurat yang terbuka. Tapi kita tidak tahu soal penyelidikan dari si penjaga pintu hotel. Ada kemungkinan dia berbohong lupa mengunci pintu. Hanya spekulasi aja.
Tapi memang lebih mengena bila kasus ini ditutup karena korban memang bunuh diri.
Tapi who's know ??


enigma said...

@Mr. Y: Bagus sekali sampai kamu memeriksa jadwal konser. Itu sebuah perkiraan yang masuk akal.

@Henda: Rekaman yang lebih dari 100 jam itu adalah rekaman yang dianggap berkaitan. Jadi tidak bisa dihitung seperti itu. Memang, yang membuat saya lebih condong ke bunuh diri dibanding pembunuhan itu hanya karena masalah CCTV. Soal CCTV masuk dan keluar, asumsi saya pihak kepolisian sudah memeriksanya dan tidak menemukan tersangka pembunuhan. Karena itu mereka menyatakannya sebagai kecelakaan. Asumsi..asumsi. Memang polisi juga manusia, hanya pembunuhan sempurna itu biasanya hanya kita temukan di film dan komik. Dalam dunia nyata, sangat jarang.

@Nama: Cek sub judul soal bunuh diri di pertanyaan nomor 6. Sudah saya tambahkan kemungkinan cara menutup tangki dari dalam.

@Anonymous 12:06PM: Sepertinya tidak.

Rain Skywalkers said...

@Anonymous 12.31 : Murder by ghost adalah sesuatu yg sangat sulit sekali untuk dijelaskan. Jika diajukan satu saja pertanyaan seperti : "Bagaimana hantu bisa berkomunikasi dgn Elisa lalu bagaimana cara hantu membunuh?" pasti kita akan kebingungan untuk menjawabnya. Dengan sedikit mengesampingkan adanya paranormal activity,perlu di ingat bahwa Elisa Lam adalah penderita Bipolar Disorder. Menurut pendapat saya hal itu lah yg menyebabkan perilaku aneh Elisa. Mudahnya,untuk sekedar bunuh diri mengapa Elisa harus mencari tempat yg 'sulit digapai',padahal dgn terjun dari lantai 14 saja dia bisa melakukan bunuh diri tsb? Ya.. Itulah contoh bawaan Bipolar Disorder.

Anonymous said...

wah sama kaya yg di film honogurai mizu no soko kara kalau yg teori ke dua

Anonymous said...

Di dunia ini gak ada namanya hantu yang ada tu jin dan setan... Titik.

Anonymous said...

you wrong about the water tank,, the water is obviously wont get higher from 75%,,it's simple because water tank use pressure system. every water tank use this system.

Ichsan said...

ada yg ganjil kayaknya dari penjelasan enigma di atas. terlalu cepat untuk menyimpulkan itu bunuh diri.
saya akan bahas salah satu saja yg terdengar ganjil mnurut saya, terlepas itu dia telanjang atau gak.
sebelumnya saya akan menanyakan satu hal,
"bisakah manusia bunuh diri dengan cara menahan nafas?"

kalo penjelasannya mati krn bunuh diri di air berarti positif matinya krn tenggelam.

tp Ketika mayat ditemukan, air tangki penuh sekitar 75%, dan msh sempat menutup tangki air tersebut menurut penjelasan enigma.

berarti dari kondisi itu dia msh bisa bernafas, krn tidak mungkin orang yg sudah tenggelam dengan hidung dan mulut terisi air msh sempat mikir untuk menutup pintu tangki.

tp bisa jadi volume air pada waktu pertama kali si korban masuk itu 100%, krn sdh 19 hari menurut berita, dan itupun pasti sudah beberapa volume air telah terpakai oleh orang yg menginap dihotel itu. mangkanya pas ditemukan volume air sdh 75%.

okelah kalopun pada waktu si korban meregang nyawa msh sempat memikirkan menutup tangki, tp bagaimana dia bisa menahan nafasnya didalam air sampai dia mati tenggelam? krn Seseorang yang berusaha menahan napas akan otomatis menarik napas jika kadar karbon dioksida dalam darahnya telah menumpuk sampai jumlah tertentu.

dan pada waktu dia sadar akan tenggelam tidak mungkin dia tidak akan mencari udara agar bisa bernafas, y paling tidak dia keluar dari tangki tersebut. krn insting manusia untuk hidup. kecuali memang dia tidak bisa keluar, ataupun si korban telah mati terlebih dahulu sebelum ditenggelamkan.

enigma said...

@anonymous 2:42PM: jika saya berbicara soal "penuh", tentu saja saya tidak sedang berbicara soal penuh sampai meluap. Saya hanya beranggapan bahwa ada kemungkinan posisi air lebih tinggi dari saat Elisa ditemukan yang cukup bisa membantunya menutup pintu. Dan tidak semua tangki air menggunakan sistem pressure walaupun kemungkinan besar hotel cecil memang menggunakannya.

Anonymous said...

ada beberapa hal yang masih bikin gw bingung soal Vdeo di lift (disamping hand gesture di akhir2 video):

1. Time Stamp, Kenapa di video yang dirilis polisi Time stampnya di blur? dan menurut video disini : http://www.youtube.com/watch?v=1YO4QbaNDjI kenapa Videonya diperlambat?(lalu ada bagian yang diedit).

2. Kenapa si Elisa waktu mengintip dia cuma mengintip ke kanan bukan ke dua arah? (Apakah dia melihat/mendengar sesuatu dari arah kanan atau dia menunggu sesuatu datang dari arah sana? atau apakah dia yakin nggak ada apa-apa di sebelah kiri?)

3. Apa yang membuat Elisa menekan banyak tombol sekaligus saat pertama masuk lift? (kalo cuma mau nahan lift supaya nggak ketutup(teori mau ngerjai teman) kenapa harus menekan (kira2) 6 tombol? Apa itu memang "cheat codenya" supaya Lift kebuka lama (^_^)?

Bisa dijelasin Bro E?

Numerologi? LAPD ngerelease Video tanggal 20 Februari 2013 (13-02-2013 niatnya mau kaya' 20-13-2013) Terlalu maksain ya? Lupakan Aja dah....

DMW

henda setyawan said...

terima kasih bang untuk videonya yg tentang bentuk close up dari water tank nya.

meyakinkan saya bahwa ini kasus pembunuhan.


perhatikan detik2 berikut pada video diatas
[0:48] ada pipa melintang "diatas" tangki
[0:59] ada sejenis benda bulat di dekat water tank. itu adalah "pressure gauge" alat berbentuk seperti jam berfungsi untuk mengukur tekanan.
[1:08] ada suatu instalasi listrik yang cukup rumit dan terhubung dengan pressure gauge diatas.

lalu?

"pipa", umumnya berada di bawah tangki air, kecuali tangki tersebut menggunakan sistem tekanan. memang bisa jadi pipa itu adalah jalan masuknya air ke tangki, oleh karena itu mari kita lanjutkan pengamatan kita.

"pressure gauge", alat untuk mengukur tekanan. tekanan apa? tentu saja tekanan air

"instalasi listrik", suatu kesalahan besar memasang suatu instalasi listrik di bawah tangki air. airnya bisa tumpah dan mungkin menyebabkan konslet.

kecuali 1 hal. satu2nya alasan mengapa instalasi itu ditempatkan di dekat tangki air (dan terhubung dengan water gauge) adalah instalasi tersebut adalah instalasi PRESSURE SYSTEM

dari video diatas, kita bisa yakin (min 99%) kalo spekulasi anonimus dan ichsan bahwa hotel cecil memiliki tangki air dengan "system water pressure" benar adanya.

lagi pula sudah umum jika di amerika menggunakan sistem pressure.
aneh malah kalo gak ada.

Anonymous said...

Ad yg aneh gan, bkan kah sulit bagi org yg bisa berenang untuk mnengglamkan diri ny sndri.. lagian emng ny setiap hari tangki ny tdk brisi penuh y??? Dari mana org2 pada tw kalau tangki ny hanya brisi 75% saat kejadian.. bkankah mayat ny dtmukan 19 hari kmudian??

henda setyawan said...

trus maksud saya tentang video itu, bukan begitu

awalnya kasus ini adalah kasus orang hilang. bukan kasus pembunuhan

jika polisi memang ingin akan elisa ditemukan, maka mereka akan merilis video yang mencerminkan bagaimana keadaan "fisik" elisa saat terakhir keluar kamar agar masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasinya.

bukan keadaan "mental" elisa. siapa juga yg mw ketemu orang yg kesanya gila (walaupun saya rasa dia lebih mirip mabuk)

jawaban yg paling logis ya video itu memang gak ada. adanya cuman video ini.
jadi terpaksa dipakai untuk mencari elisa yang saat itu belum ditemukan.

video yg menghadap ke pintu kamar elisa (yg biasanya ada di lorong) tidak ada.
dengan analogi yg sama, besar kemungkinan video di lorong di lift pun tidak ada.


banyak sekali misteri kematian yg masih belum dapat dipecahkan oleh polisi.

kasus seperti black dahlia, JTR, hoffa belum terungkap.
bahkan kematian presiden JFK pun belum terungkap.

tak perlu jauh2, misteri kematian munir, marsinah, bahkan tito key pun masih menyimpan banyak pertanyaan.


mungkinkah kasus elisa lam salah satunya?
mungkin saja. bahkan kemungkinan besar

Anonymous said...

Ntahlah saya lebih cndng ke pembunuhan. Kali ini terlalu byk hal yg ganjil, sprti baju dan pintu tank yg trtutup. Tp serius,kmisteriusan kasus ini bkin meriding. Dtmbah komen2ny heuhh

henda setyawan said...

buat anonimus yg nanya soal noleh.

awalnya dia noleh 2 kali (kanan-kiri)
setelahnya baru selalu menoleh ke kanan, bahkan ada bagian dimana dia terlihat seperti berkomunikasi yang juga menghadap kanan.

kenapa bisa begitu?
simpel, ada orang dikanan elevator

Assassin said...

Saya punya beberapa kemungkinan penyebab kematian elisa :
1. Dibunuh pihak hotel.
Elisa mungkin bisa saja dibunuh pihak hotel karena elisa mengetahui rahasia hotel. Setelah elisa mengetahui rahasia hotel, elisa segera menelpon polisi. Pihak hotel sudah pasti mengetahui tindakan pertama elisa adalah menelpon polisi, maka dari itu pihak hotel segera memutus semua sinyal komunikasi utk hp dan telepon. Tidak dapat menelpon polisi segera elisa menuju lift dan ingin naik ke atap hotel untuk mendapatkan sinyal, maka pihak hotel segera menghentikan kinerja lift (entah dgn cara apa saya tdk tahu). Anda tahu sendiri kan tingkah laku elisa saat di dalam lift, menyadari lift tidak berfungsi elisa segera lewat jalan alternatif entah itu tangga biasa/tangga darurat. Sesampai di atap elisa segera menelpon polisi, namun salah satu pegawai hotel segera membius elisa, pegawai hotel itu segera membawa ponsel korban tapi dia sadar bahwa ia harus menyembunyikan tubuh korban. Awalnya pegawai hotel itu ingin membuat sandiwara bunuh diri dgn menerjunkan korban dari atap gedung, namun ia sadar bahwa itu malah akan membuat orang" naik ke atap gedung utk mencari tahu penyebab korban terjun dari gedung. Maka dari itu ia mencari jalan alternatif yaitu menyembunyikan mayatnya di galon air(entah bagaimana ia bisa menyembunyikan mayat korban didalam galon air). Kalaupun di sekitar galon tidak ditemukan sidik jari mungkin karena terhapus hujan/pelaku menggunakan baju korban supaya sidik jarinya tidak menempel disekitar galon.

Avers747 said...

-Mungkinkah menutup pintu tangki dari dalam?
-Untuk apa Elisa membeli oleh2 jika memang berencana untuk bunuh diri?

-Jika memang benar Elisa bunuh diri saya rasa ia tidak merencanakannya sejak awal dan penyebab bunuh dirinya ada di LA.

Gimana menurut bung E?

henda setyawan said...

oh iya, elisa kemungkinan bertemu seseorang di hotel tersebut.

hotel tersebut memiliki 15 lantai
dalam video elisa berada pada lantai 14 (elevator tersebut berhenti pada lantai 14)

kenapa saya katakan ada kemungkinan elisa bertemu dengan orang lain?

elisa menginap di lantai 4. sepuluh lantai dibawah video tersebut.

dari video tersebut, elisa terlihat memasuki elevator dari suatu tempat di lantai 14.
bukan menggunakan elevator menuju lantai 14.

kemungkinan ia hendak pulang ke lantai 4

apa yg dia lakukan di lantai yg begitu jauh dari kamarnya?
saya rasa anda dapat menjawabnya sendiri.

Ichsan said...

oh ya, ada yg menurut saya lucu dari penjelasan enigma di atas.

pada bagian 7.

"salah satu yang mirip dengan kasus Elisa Lam adalah kasus yang menimpa pekerja wanita, warga negara Indonesia, di Singapura..."
"Awalnya, kasus ini dianggap sebagai pembunuhan. Namun belakangan terungkaplah masalahnya yang sebenarnya. Ruliyati memiliki seorang kekasih bernama Repon Mustafa. Majikannya yang tidak suka melihatnya berhubungan kemudian meminta Ruliyati untuk memutuskan hubungan dengan pria tersebut. Ruliyati yang depresi kemudian berencana bunuh diri bersama Repon dan keduanya sepakat untuk melakukannya di tangki air. Pada detik terakhir, Repon berubah pikiran sedangkan Ruliyati menyelesaikan niatnya dengan menenggelamkan dirinya sendiri."

ini persis kisah romeo & juliet.hehe...
mau mati bareng, tp yg cowok berubah fikiran, trus yg cewek tetap terjun ke tangki.

pertanyaanya, tu cowok yg berubah fikiran knp gak nolong tu cewek kalo ceweknya udah terjun?
diliatin aja gitu sm si cowok sampe mati?

bagian lucunya adalah enigma pake cerita ini buat memperkuat alasan nya di bagian 7 yg menjelaskan si korban knp bunuh diri di tangki air bukan terjun dari gedung.

bagaimana kalo ceritanya dibalik, katakanlah misalnya si korban emang mati nya terjun dari gedung, trus kenapa gak mati di dalem tangki aer aja.

hehe...

Ichsan said...

gini aja deh bung enigma, kalo polisi disana yg bener2 kerja, nanyain saksi, cari barang bukti dan menyelidiki ini kasus aja bilang kecelakaan, berarti polisi juga mikir gak mungkin si korban bunuh diri.
kalopun polisi memang ditekan sm media, bukankah lebih gampang bilang ke media ini bnuh diri ketimbang kecelakaan yg malah membuat smua orang penasaran bagaimana kecelakaan bisa sampe segitunya.
dan kalopun ini adalah konspirasi atau ada kemungkinan ditutup2i berarti kemungkinan pembunuhan lebih besar ketimbang bunuh diri.

Nama said...

Thanks bro E penjelasannya nutup tangki dari dalam

@henda setyawan
Pembunuhan JFK sudah dibongkar oleh
National Geography
Sudah ada filmnya, mungkin bisa dicari
semua sudah terpecahkan, jumlah selongsong peluru yang beda dgn yg tertembakkan,kesaksian yg berbeda-beda, semua sudah terkuak dan dibahas secara sistematis di filmnya

Anonymous said...

saya anonymous 12.31 ,selamat malam bung enigma dan kawan2 sekalian ..saya akan melanjutkan memperkuat analisa saya yg kemarin..hehe
1.pembunuhan..,mari kita lihat foto tank tmpat korban mati..,ada 4 tank,pertanyaanya kenapa posisi tank korban tewas lebih kesudut dan tersembunyi,ini mungkin dimaksudkan agar jasad korban lebih sulit ditemukan dan lebih mudah di masukkan dari atas basement,kalu mayat di masukkan ke tank dari posisi bawah rasanya sangat sulit sekali.,paling mudah lewat atas gudang yg ada tangganya itu.,pembunuhan ini tidak mungkin melibatkan orang asing dilihat dari betapa sempurnanya..,hanya ada 1 jenis pelaku di sini yaitu orang dalam yang sudah mengerti selekbeluk hotel..
lalu pertanyaannya terbesarnya mengapa polisi begitu ceroboh menutup kasus ini sebagai kecelakaan dan mengapa video cctv sepertinya ada yg dipotong2..,hanya ada 2 penjelasan besar disini ..
1.polisi berusaha melindungi sang pelaku yang merupakan bagian dari hotel.,lalu buat apa polisi melakukannya?,mungkin saja pelaku memegang senjata rahasia seseorang yg mempunyai kedudukan penting dan terkenal dan mempunyai video skandal pejabat penting itu,namanya juga hotel..,bukankah rata2 skandal pejabat itu rtata2 dihotel dan hanya pihak hotel yg tahu skandalnya..hehe,karena ancaman pelaku membeberkan skandal kpd sang pejabat yg mungkin orang yg sngt penting,maka orang penting itu memberikan tekanan kpd polisi agar menghentikan kasus itu..
2.polisi menutup kasus ini sebgai kecelakaan karena menemukan fenomena paranormal di kasus ini dan agar tidak menimbulkan kepanikan,ketakutan masyarakat dan mungkin saja menjadi bahan tertawaan sebagian besar masyarakat yg anti teori paranormal dijaman moderen maka polisi menutupnya sebagai kecelakaan ,mana ada ceritanya polisi menutup sebuah kasus sebagai pembunuhan oleh sesuatu yg tidak kelihatan..hehe

Molotoft said...

sederhana saja

mengapa polisi setempat mengatakan ini kecelakaan? kenapa polisi tidak mengatakan ini kasus bunuh diri?

jawabanya adalah, karna pak polisinya menyelidiki kasus ini langsung di tempat kejadian, mereka mempunyai bukti dan saksi yang akurat.

apakah tidak ada polisi se "lihai" om enigma?
padahal om enigma hanya mencoba mengungkap kasus ini dengan perantara mbah gugel.

saya berani bertaruh bakalan ada update-tan postingan ini selanjutnya. ( selagi om e ga ngilang lagi kaya tahun2 belakangan hehe..) karna menurut saya nantinya kasus ini akan di jelaskan lagi oleh polisi lebih lanjut.

jadi, tungguin aja.

dewi shinta said...

good, Sherlock!
tapi bukannya mengambil kesimpulan hanya dengandata dari internet itu agak terburu -buru? polisi tentunya tidak mengungkap semua data ke publik kan?

Donny A Rovoly said...

hallo bung E, sangat menarik pembahasannya, kenapa? karna saya teringat akan film "Dark Water", dan bung E sudah menyebutkannya ,kalo di bilang viral marketing bung E juga sudah menyangkal di Comment, tapi...bagai mana mungkin sebuah kejadian yg terjadi 8 tahun kemudian bisa di film kan? saya ambil film dark water yg rilis 8 juli 2005, kejadiannya di film tersebut sangat mirip,di film sorang anak perempuan yg bunuh diri masuk kedalam tanki air, hanya saja kejadian di film ini terjadi di sebuah apartemen sedang kan kasus elisa lam di hotel, dan elisa lam sendirian di los angeles, sedangkan di film dark water seorang anak yg bunuh diri tersebut bunuh diri karna kurangnya kasih sayang dari sang ibu. Apakah mungkin hal ini terjadi sama seperti postingan bung E tentang kebetulan yg sangat tidak mungkin untuk kebetulan, saya lupa judulnya tapi di postingan tersebut berisi seorang penulis novel yg membuat sebuah novel beberapa pelaut terombang-ambing di laut dan mengorbankan seseorang krunya untuk bertahan hidup, kemudian terjadi pada dunia nyata dengan kondisi dan nama kru yg di korbankan sama, apa mungkin?? just ask nih bung E... :))

enigma said...

@dewi shinta: Benar sekali. Seperti yang saya katakan di postingan, saya tidak berusaha menentukan apa yang terjadi pada Elisa. Namun, kemungkinan bunuh diri pun tidak bertabrakan dengan bukti-bukti dan data yang dirilis kepolisian. Lain halnya jika kita mengambil kesimpulan pembunuhan.

@Donny: Kematian di tangki air memang langka, tapi kadang juga terjadi. Jadi, jika ada kesamaan dengan dark water, bisa saja.

BettyPhang said...

Analisa yang bagus Bang E =)
Btw itu pintu lift kok ga ketutup juga ya pas si elisa uda selesai nekan sederetan nomor.. apa ada yg nekan dari luar? :s

Anonymous said...

pintu lift kenapa ga menunjukkan tanda maw menutup?

Agus Mahendra said...

yang paling menakjubkan bagi saya adalah saat Anda menyimpulkan bahwa akses menuju tangki air itu sangat luas hanya dengan melihat coretan-coretan di sekitar tangki.

Sang Pangeran said...

Hmm, topik yang menarik.
Terkesan bung E menyelami pemikiran masing-masing orang yang mengajukan teori yang berbeda. Bahkan teori Iluminati dan dibunuh hantu pun tak luput diselami bung E. Saya senyum-senyum sendiri membacanya.

Sepertinya banyak yang percaya bahwa Elisa dibunuh, walaupun polisi tidak berkata demikian.
Well, with all due respect, saya rasa kita tak perlu meragukan kompetensi polisi, apalagi polisi memiliki semua akses, sumber daya dan waktu yang tidak sebentar untuk mengungkapnya, sekitar 4 bulan sejak mayat Elisa ditemukan.
Saya kira polisi cukup kompeten untuk tidak gegabah menyimpulkan ini bukan pembunuhan, apalagi Elisa adalah warga negara asing, yang sedang berlibur ke AS.
Saya yakin semua kemungkinan soal pembunuhan sudah digali dan dipertimbangkan masak-masak oleh polisi, sehingga saya kita tak perlu berspekulasi atau menambah spekulasi yang ada.

Saya tidak akan mengutak-atik kemungkinan yang berseberangan dengan kesimpulan polisi, karena itu adalah spekulasi. Semakin banyak spekulasi, atau perkataan IF (JIKA), maka saya rasa makin jauh dari kenyataan yang sebenarnya. Jadi, saya akan memakai prinsip occam razor. Yang paling mendekati kebenaran adalah yang paling sedikit spekulasinya.

Teori yang diajukan bung E, soal bunuh diri, sejauh yang dia tulis adalah yang paling sedikit spekulasinya dibanding teori lainnya, dan tampak tidak terlalu bertentangan dengan accidental drowning. Bung E seolah berusaha menjawab alasan kenapa Elisa mati tenggelam, dan dia mengajukan teori bunuh diri.

Tapi, teori bung E masih memiliki SPEKULASI. Yaitu bung E berspekulasi bahwa saat itu Elisa sedang dalam keadaan depresi. Spekulasi kedua:
" Keinginan untuk bunuh diri itu bisa muncul tiba-tiba JIKA ia mendapatkan kabar yang membuatnya depresi atau jika Bipolar Disordernya kambuh."

Well, that is a big IF.
Bagaimana jika ternyata tidak demikian? Well, teori bung E mentah dengan sendirinya.

Oleh karena itu, saya rasa bung E perlu menambahkan teori baru yang lebih sedikit spekulasi atau tak ada sama sekali. Menurut saya, yaitu teori accidental drowning atau kecelakaan tenggelam akibat kondisi MANIA yang dia derita.

Penderita bipolar disorder mengalami 2 episode, yaitu episode manik dan episode depresif.

Hasil pemeriksaan yang memakan waktu 4 bulan itu menyingkirkan kemungkinan pembunuhan dan pemakaian obat (drug abuse seperti cocaine ataupun ekstasi), ataupun tak ditemukan racun maupun alkohol. Dari penyelidikan polisi (yang tentunya melibatkan para ahli) ditemukan bahwa Elisa menderita bipolar disorder.

Lalu polisi merilis rekaman CCTV tersebut. Well, menurut saya, terlepas dari kapan waktu rekaman itu diambil, rekaman tsb menunjukkan perilaku Elisa dalam keadaan mania (ataupun mungkin hipomania). Perilaku mania identik dengan perilaku aneh dan tak menutup kemungkinan Elisa mengalami halusinasi dan delusi. Orang yang mania juga mengalami gangguan judgement, sehingga bisa nekat melakukan hal-hal tak wajar dan mungkin berbahaya.
Dan... tak menutup kemungkinan untuk munculnya ide skinny dipping alias berenang telanjang di tangki air di atap, yg tampaknya kemungkinan besar tak terkunci, lalu menutup tutup tangki dari dalam, atau mungkin tutupnya tak sengaja terjatuh dari tahanannya dan menutup tangki air tersebut.

Saya tak mengatakan teori tenggelam akibat kondisi MANIA ini yang paling benar, tapi saya rasa teori ini tak bertentangan dengan kesimpulan polisi dan lebih sedikit spekulasi.

Baca lebih detil soal bipolar disorder di sini:
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Bipolar_disorder

atau soal mania di sini:
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mania

Nama said...

@henda setyawan
wah saya waktu itu nontonnya di TV
coba cek di gooogle banyak, atau di youtube jg ada
Judulnya
"National Geography JFK The Lost Bullet"

Bro E, bahas SHADOW PEOPLE seru tuh kayaknya hehehe

henda setyawan said...

saya mendapatkan teori baru tentang "TIME LAPSE".

ini adalah video penuh dari rilis polisi sepanjang 4 menit yg pernah saya ceritakan

http://www.youtube.com/watch?v=3TjVBpyTeZM
diunggah oleh dennis romero

coba perhatikan kiri bawah pada bagian video tersebut.
ada bagian timer (yg sayangnya blur). tapi tidak apa2 meskipun blur, tentunya kita dapat mengetahui gerakan timer itu bukan?


format timernya adalah digital yang saya gambarkan sebagai berikut
00:00:00:00
jam : menit : detik : milidetik

dengan melihat cepat-lambatnya gerakan timer tersebut, meskipun blur, kita dapat mengetahui apakah jam,menit,detik tsb telah berganti.

dalam pengamatan kali ini, mengetahui apabila menit berganti saja sudah cukup.


kalau kalian sudah mengerti, dengan cara diatas kita akan lanjutkan ke praktek pengamatan videonya.

1. silahkan amati video pada menit [2:42] (saya sarankan anda mulai dari [2:40])
kita dapatkan timer "menit" telah berganti. menandakan 1 menit telah berlalu

2. silahkan amati video pada menit [2:49]
apa yang terjadi? anehnya timer menit berganti kembali.


silahkan dicek kembali.
memang agak susah dipahami dan butuh ketelitian tinggi.


tapi jika anda memahaminya, maka anda akan menyadari adanya WAKTU YANG HILANG (time lapse) antara menit [2:42]-[2:49].
karena menit berganti hanya dalam 7 detik


Apa artinya?
video itu telah di "EDIT" oleh seorang oknum yg memiliki akses ke cctv hotel jauh sebelum polisi melihat video tersebut.

Apa hubunganya dengan kematian elisa?
hehehe. pintu lift masih terbuka, mungkin terekam sedikit si pembunuh. karena mengetahuinya, orang tersebut lalu mengedit video tersebut.

(pada perekam video dengan pixel rendah seperti cctv, cukup wajar apabila bagian timer yg kecil menjadi blur)





nb : saya tau hal ini agak sulit dipahami. mungkin ada yg bisa bantu saya jelaskan?



henda setyawan said...

bunuh diri memang tidak bersebrangan dengan kesimpulan polisi. tetapi masih sangat banyak meninggalkan "pertanyaan".

1. apa yg dilakukan elisa di lantai 14 yg begitu jauh dari kamarnya di lantai 4???

2. mengapa pintu elevator tidak menutup bukan dalam waktu yg singkat, bahkan sangat lama??? (sudah saya jelaskan di komen saya sebelumnya bahwa elisa bukan yg menjadi penyebabnya)

3. apakah memang ada video di lorong?

4. bagaimana elisa menutup pintu tangki air?
dibutuhkan tangki "penuh" agar elisa dapat menutup pintu dari dalam.
hal ini "tidak mungkin" karena tangki menggunakan sistem presure (kepastianya sudah saya jelaskan sebelumnya) mengakibatkan maksimal, tangki hanya akan terisi sebanyak "75%"

5. kenapa pihak hotel tidak curiga ada tamunya yg tidak checkout?
apakah cleaning service tidak membereskan kamar elisa?
kalau dalam waktu singkat mungkin oke.
tapi tapi elisa menghilang hampir 3 minggu.



terlalu banyak yg mengganjal dalam kasus ini.
mungkin ada yg mw menambahkan?

babaz said...

masalah pintu penampungan yg tertutup kembali??? jd pertanyaan besar buat ane bangE... buat apa orang yg emang niat (or mendadak niat) bunuh diri ngambil keputusan buat nutup tuh pintu kembali? setahu ane, ane ga pernah ngedenger kasus orang bunuh diri sempet2nya bebenah dulu...

klo pribadi ane, ane codndong ke konspirasi pembunuhan!

Muhammad Ridho Swasta said...

Ane tambahin satu lagi spekulasi dari ane gan.
Pertama adalah karena penyakit bipolarnya , mungkin saja karena penyakit tersebut si elisa pertama tujuannya ke atas atap adalah untuk cuman bermain - bermain, lalu ketika dia melihat tuh tangki air , muncul di pikirannya ingin berenang , "Maklum orang bipolar kan emosinya rada gak jelas makanya tiba - tiba bisa berubah drastis"
Jadi dia bisa saja ingin iseng - iseng berenang disono , jadi biar orang - orang gak liat dia nge tutup tuh tutup tangkinya. gak taunya dia gak bisa buka lagi tuh tutup mungkin nyangkut atau gimana , jadi mate karena tenggelam.
Lalu yang menjadi pertanyaan ane adalah

"ketika para penghuni hotel Cecil di pusat kota Los Angeles mengajukan komplain kepada pengurus hotel mengenai aliran air yang terlalu kecil. Jadi seorang petugas pemeliharaan segera mengambil kunci pintu menuju atap hotel dimana tangki penampungan air berada."

Airnya kecil karena sedikit air , atau karena kesumbat ama tubuhnya tuh si elisa?
Karena kalau sedikit air , ane rasa gak mungkin karena pasti tuh petugas hotel ngisi airnya ada jadwal dan tau kapan bakal habis.
Kalau tersumbat , tergantung dari saluran airnya arahnya kesamping atau ke bawah. kalau kebawah ane rasa gak mungkin karena kalau mati di air itu biasanya mengambang.

Banyak lagi pertanyaan yang bakal muncul :P

Anonymous said...

O iya Bro E. Saya senang bgt bro E membahas masalah ini. Tapi ada yg mengaitkan masalah ini sama percobaan yg lg dilakukan militer, percobaannya membuat orang jd ga kelihatan, alias menghilang. Dan si Elisa dibunuh sm org itu. Dan jg si Elisa mencet lift nya kya mau ngasih kode gitu, loncat2 angkanya
.

Thomas Billy said...

Ini dua teori yang saya kutip.


I find the entire thing really sad. I find it hard to watch the video and remember that it's real, it almost looks like a scene from a comedic horror film. Was there really no camera in the hallway where she was when she exited the elevator several times? Seems odd that there wasn't... or was there and they are keeping it from the public?

My first thought was that she was delusional and they perhaps went into the tank to hide from whatever delusions were scaring/tormenting her.

I am troubled by the fact that she was traveling alone in such a horrid part of town... so many unanswered questions. I hope for her families sake that they get the answers they need to one day have closure.





dan...........





Murder.

I don't think it's a coincident that Elisa decided to stay in Cecil. She is a 21 year-old and was traveling abroad alone, she must had conducted some research on the places/hotels she is going to stay before she went on the trip (nowadays you can almost find out everything on the internet.)

Some reports from China disclosed that Elisa was going to LA to meet a friend she met on the internet... and if you have read her tumblr, she wrote how she expressed her feeling for "a boy she just met"... I am guessing the boy is one of the staffs that works at Cecil, Elisa stayed at Cecil for the boy regardless of Cecil's notorious reputation. Elisa was drugged and died by accident... ( I think whoever did it never intent to kill her – as there were no visible injures was found in the autopsy.)

I also remember the long-term hotel resident the 89 yo man who lived one floor below where Elisa stayed mentioned that he heard people were fighting in her room before her disappearance? And the ceiling was leaking water. Some reports say her body was hidden somewhere for 15 days before she was moved to the water tank. When they discover her body, her head was facing down – an indication that her lung was filled with water – which means she was still alive when she contacted the water...Could she be drowned in her room's bathtub and later moved to the water tank?

Anyway, such a young life was lost in a such tragic way. Elisa Lam, R.I.P. It brings me heartache to watch how scare she seems in the elevator video clip.



SUMBER: http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20130225061835AA5YoCK

Thomas Billy said...

Nih bagus juga nih penjelasannya, kalo menurut saya menjadi lebih mengarah ke kasus bunuh diri Ruliyati.

http://www.bodylanguagesuccess.com/2013/02/nonverbal-communication-analysis-2313.html

Anonymous said...

klo ngeliat dari 2 teori yg di kutip sama bro billy, ane msih bgung ma yg ini:

When they discover her body, her head was facing down – an indication that her lung was filled with water – which means she was still alive when she contacted the water...Could she be drowned in her room's bathtub and later moved to the water tank?

tu kan brarti si pmbunuh msti pindahin elisa dri kmar'a yg da dilantai 4 ke tangki yg da di atap,kan agak ribet gitu klo dibawa2 kyk gtu, kcuali klo mayat'a ditaruh dalam sebuah wadah yg bsa dibawa2.....
dri situ ane yakin yg ngebunuh tu pegawai hotel. . ..

afrianto RJ said...

intermeso aja: gw baru inget, kalo kamar mandi di sono bukan kebutuhan khusus, namun cukup dengan wastafel utk gosok gigi dan cuci muka di tiap kamar, tak jarang mereka mandi seminggu 3 kali aja, dikarenakan udara dingin membuat mereka jarang berkeringat..... , back to topic : gw kog cenderung dia dibunuh, ini alasannya:

1. Seolah2 dia tampak gembira, dan ada sesorang yg akan datang di hidupnya, semacam mendapat pacar baru, terlihat dari dia yg membeli barang atau hadiah2, perilaku ini biasanya utk org2 yg sedang jatuh cinta atau sedang bahagia

2. Tampak di lift dia menunggu surprise dari seseorang, tapi perasaan tersebut dipendam / dialihkan dgn perilaku2 aneh yang dia buat, untuk menutupi rasa senang/bahagia

3. Datang ke LA sendirian tanpa ada tujuan jelas adalah hal yg aneh, kecuali ada yg mengajak dia nonton konser seperti yang disebutkan oleh mr Y tsb. gadis seusia dia cenderung berkelompok dan berinteraksi secara sosial.

4. Hadiah2 yang dia beli untuk orang tuanya .... berarti dia mengetahui saatnya dia akan pulang menjenguk orang tuanya, jika saat itu adalah liburan musim dingin, maka ada seseorang yg mengajak dia untuk ke LA terlebih dahulu sebelum dia pulang

Itu saja, Hanya opini pribadi saya :)

Thomas Billy said...

@anonymous 166: hal tersebut bisa terjadi jika tersangka menetap di lantai 14, apalagi pada video tersebut, Elisa Lam berada pada lantai 14. Dimana saya rasa tidak terlalu sulit membawa mayat apalagi bisa dilihat dari video bahwa Elisa Lam tidak memiliki badan yang cukup besar, sehingga tidak terlalu sulit untuk membawanya naik 1 lantai. Sebenarnya dari sini pun bisa disimpulkan pelaku adalah orang yang sering berolahraga dan memiliki tubuh yang cukup besar.

Anonymous said...

Kenapa pintu lift di menit 0.09 seperti mau menutup tapi terbuka lagi, seperti ada orang lain yang menekan tompbol. Jejak sepatu siapakah di menit 2.24-2.26

Anonymous said...

bang E mw nnya dong.
dlu bang E pernah jadi sekedar bang E atau pernah juga jadi team E..
mohon jawabannya ya~

Anonymous said...

@billy: tpi klo mnrut teori yang bro billy kutip:

I also remember the long-term hotel resident the 89 yo man who lived one floor below where Elisa stayed mentioned that he heard people were fighting in her room before her disappearance? And the ceiling was leaking water.

tu kan brarti elisa dibunuh dikamar'a, trus bru dipindahin.....
klo ngeliat video di lift, mgkin elisa mw kabur dari si pelaku, mkanya dia kyk gtu.....
klo misal'a dia mati ditenggelemin di kmar'a, tu kan brarti si pelaku msti pindahin mayat'a........

Thomas Billy said...

@anonymous 174:

Kalau dibunuh di kamarnya gak mungkin bro, pembunuhnya gak mungkin langsung bunuh disitu, kalo langsung dibunuh di kamar ya mudah cari pelakunya, karena kan berarti pembunuhnya ya yang berantem di kamarnya Elisa Lam.

kalo misalnya itu kejadiannya, polisi pasti udah dapet pelakunya.

Art Energic said...

wah pantas saja kok jadi lebih banyak artikelnya, ternyata diupdate ya... kalo menurut saya memang ini kasus bunuh diri ya, kalo pun pembunuhan pasti si elisa ini punya salah sama seseorang kali ya sebelum mengasingkan diri? itu aja sih pendapat saya :)

Persephone said...

Om Enigma, tolong bahas soal video ini dong.

Patungnya bergerak sendiri T_T

http://neomisteri.com/2013/07/video-fenomena-aneh-patung-mesir-kuno/

wise_new said...

menarik sekali
beberapa strategi polisi utk melakukan penyelidikan dan mungkin dilakukan adalah membuat kesimpulan palsu.
hal tsb utk membuat lengah tersangka yg diincar...
Wallahu alam... hanya Tuhan Yg maha Tahu
Polisi di sana aq kira bekerja dgn sangat profesional....

Anonymous said...

Asumsi dasarnya cuma ada dua: polisinya jujur berarti kita harus menerima hasil penyelidikan polisi sbg kesimpulan yg paling valid, karena merekalah yg memegang seluruh akses informasi yg dibutuhkan.
Asumsi dasar kedua: polisinya tidak jujur alias ada sesuatu yg ditutup2i alias konspirasi. Kalau asumsi kedua yg dipakai maka saya pribadi lebih memilih kesimpulan adanya pembunuhan dengan menganalisa video di lift tsb. Sepertinya pembunuhnya tidak mau masuk lift karena tidak ingin terekam cctv. Mereka berdua kemudian naik lewat tangga darurat yg bebas cctv.
Jadi kalau ingin menguak misteri ini harus melewati dulu misteri asumsi dasar tsb, yg justru itulah yg paling susah: adakah konspirasi pihak yg berwajib atau tidak?

afrianto RJ said...

Ikutan nimbrung soal Patung mesir aneh >> http://neomisteri.com/2013/07/video-fenomena-aneh-patung-mesir-kuno/

Dugaan saya itu :

1. viral marketing, karena video di museum (galery penjual barang2 seni?) tersebut diambil dengan system TIMELAPSE bukan pure video/CCTV dgn fps 25-30/sc, jadi kemungkinan ada pergeseran yg tidak tampak di video sangan memungkinkan terjadi.

Metode Timelapse adalah gabungan ratusan foto yg dijadikan sebuah video untuk menghemat space media, tapi hasilnya cenderung sama dgn video (contoh : film animasi sound the sheep)

kenapa saya bilang itu timelapse: pergerakan manusia di toko tsb, sangat cepat tetapi pergerakan patung lambat sekali, btw bisa jadi jeda antara yg tidak terekan oleh kamera adalah saat patung tsb bergerak (ada yg iseng menggerakan diam2)

2. Bagian bawah patung agak membulat, masih sama dengan metode timelapse juga, hanya karena kondisi patung yg tidak simetris, seolah patung bergerak memutar secara sangat pelahan

Salam kenal bro Persephone

btw ini hanya opini pribadi saya saja

Dian Pradana said...

Jika Elisa memang bunuh diri dan memang ditemukan dalam keadaan telanjang. Tentunya terlihat di rekaman CCTV ia berjalan-jalan telanjang sebelum menuju atap. Kalaupun ia membuka bajunya ketika sudah sampai di atap, di mana bajunya?

Atau mungkin ia sebenarnya hanya ingin mandi saja karena kran air di kamar hotelnya mati?
Atau ia sebenarnya ingin memeriksa sendiri mengapa aliran airnya kecil, seperti yang dikeluhkan para tamu hotel. Sampai akhirnya kecelakaan itu terjadi?
Lagipula, bukankah mayat biasanya akan mengambang ketika di ada dalam air, jadi rasanya mustahil jika keberadaan mayat itu menyumbat saluran air?

Dian Pradana said...

Bro Enigma, anlisa rekaman CCTV soal kaki lain yang tampak di luar lift ini juga masuk akal. Coba cek link ini:
http://elisalamcase.blogspot.com/2013_03_01_archive.html

Thomas Billy said...

hold it!!!!!!

Semalem saya nemu wangsit yang ternyata adalah hal kecil yang banyak dilupakan oleh blogger,

jadi begini, jika memang Elisa Lam dibunuh, maka,


1. Pasti ditemukan bekas pemukulan benda tumpul, sebab, dimana sih orang yang ngebunuh gak pake aniaya, paling sedikit yang dilakukan adalah pemukulan, yang dimana tidak dinyatakan bahwa ada bekas pemukulan pada Elisa Lam.

2. Kedua, jika memang korban dibunuh dan dimasukkan kedalam tangki, seharusnya tubuh korban tidak langsung masuk dengan mulus tanpa mengenai pinggiran tangki, sebab jika memang korban dibuang/dimasukkan ke dalam tangki, seharusnya bagian koroner dari pihak kepolisian menemukan DNA dari sisa kulit ari yang tergores pinggiran tangki bagian dalam, seharusnya juga ditemukan luka gores/lecet pada tubuh korban.

Sebab jika memang ada pelaku pembunuhnya, dan pelaku ingin memasukkan tubuh Elisa Lam ke dalam tangki tanpa mengenai pinggiran dalam tangki, pelaku harus memasukkan tubuh Elisa Lam ke dalam tangki dengan sudut 90derajat. dimana itu agak sulit dilakukan.




________________________________________________
Jadi menurut saya, seperti yang dikatakan polisi, kasus ini adalah murni accidental drowning yang disebakan oleh fase manic pada penyakit bipolar disorder.

Hal ini diperkuat dengan cerita mistis dari hotel cecil, yang kemudian masuk ke pikirannya dan menjadi sugesti dan memperkuat delusi akan pikirannya terhadap sesosok makhluk dari pikirannya tersebut, apalagi diketahui bahwa hotel tersebut dulunya adalah tempat tinggal "Richard Ramirez a.k.a. Balanar The Night Stalker".

Kemungkinan Elisa Lam mengalami delusi dan merasa dirinya dikejar sesosok makhluk melarikan diri dan menyembunyikan dirinya dalam tangki air, namun naas dikarenakan dirinya masuk kedalam tangki dan mengalami fase manic, Elisa Lam mengalami Hypotermia yang kemudian melemahkan kemampuan fisiknya dan kemudian menjadi penyebab akhir hidupnya.

ratna Chandra said...

Setuju dgn komen Hendra..ini pembunuhan..
tapi bung E juga keren analisisnya..(^o^)/

Nama said...

@Persephone
kerjaan orang iseng tuh, kan jelas2 ada cctv, tapi hasilnya bkn video muternya patung, malah foto2 aja

Denny blogspot said...

assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini....visit balik ya sob...artikelnya bagus banget, terimakasih sudah di share..

wahyu subekti said...

menurut saya Elisa tu mengalami kejadian supranatural, jadi critanya Elisa lg tidur di kamarnya kemudian badannya dipindahkan oleh makhluk halus trus diceburin deh ke tangki penapungan aer, karena dia kecemplung ke aer, dia lagsung bangun dan sadar kalau dia berada di dalam tangki aer, dia pun triak teriak help..me..!!!,,,heeeeleep...heeeleeep...helep me..!!!!
Tapi sayang tangki penampunganya sudah ditutup oleh makhluk halus tadi, jadi suara teriakannya tdk kedengeran dr luar....pas lagi panik...kebetulan penyakit napasnya kambuh karena udara pengap di dalam tangki... bengek deh tu cewe ampe meninggal...
Masalah mayatnya yg telanjang itu kebetulan dia tidur gak pake baju.,,kepanasan di kamar soalnya ACnya lagi rusak
Jadi Eliasa Lam tu meninggal bukan karena tenggelam , tp karena asma,,wong dia bisa renang kok
Maaf kalo pendapat saya terlalu rumit utk dipahami orang waras..hehehehhe
nice post om Enigma

Anonymous said...

di rekaman cctv elisa seolah2 diikuti oleh seseorang???kenapa dia lari sampai ke LA?? ingin menyendiri kah???atau ketakutan ...

Thomas Billy said...

@henda setyawan:

disana itu bukan hotel mahalan yang kalo kelamaan ngerobek dompet, hotel cecil itu hotel pinggiran, orang yang stay disana banyak yang udah tinggal lama.

Anang Fathoni said...

maaf bang E, apakah anda mempunyai hubungan dengan blog ini?
atau kebetulan namanya sama-sama enigma?

http://misterienigma.wordpress.com/

The_jickers said...

masih ada yang janggal.. Tpi apa y??? Aaaargh.... Fokus... Fokus!!!

Anonymous said...

Bang e, jika vonis penyakit jiwanya didpt dari hasil test toxylogi, artinya di dlm tubuhnya masih mendapati pengaruh obatnya jg, dan berarti juga Ia masih mengkonsumsi obatnya, bisa seperti itu? EK

Steven said...

Salam kenal bro E
Sebetulnya udah lama baca artikel2 anda, tp baru kali ini pengen koment. Artikel2 yg anda bahas menurut saya luar biasa informatif dan berwawasan.
Untuk artikel diatas mohon maaf sy lebih sepakat dg keputusan pihak polisi atau komentator2 yg berteori 'kecelakaan'. Berikut pendapat sy berdasar pd gambar2 yg ditampilkan bro E :
Gambar 1 pd saat EL menekan beberapa tombol, disini tdk ada keanehan, krn ia sedang tdk berkacamata, ia menunduk menekan beberapa tombol krn tidak yakin tombol yg ditekan tepat atau tdk lantainya, krn mungkin tdk jelas melihatnya.
Gambar 2 pd saat EL menunggu pintu lift tdk kunjung tutup, ia mendengar ada suara orang sedang berbincang di luar lift, lalu ia mengeluarkan kepala utk melihat apa yg terjadi diluar sekilas (gambar 3), lalu kembali lg kedalam 'bersembunyi' (gambar 4). Kemungkinan org yg diluar lift tdk mengetahui kalau di dalam lift ada org dan salah satu org tsb sedang menekan tombol diluar, kemungkinan org2 tsb sedang berargumen antara mau masuk lift atau tdk, mungkin masih ada urusan yg blm selesai dilantai tsb, atau mungkin masih ada yg tertinggal atau hal lainnya yg menyebabkan mereka menahan pintu lift. Nah disinilah mulai muncul kekhawatiran pada EL, wajar krn keadaan yg sepi, ia seorang wanita, merasa tdk berdaya dlm pikirannya jika disakiti, maka munculah ketakutan yg luar biasa.
Gambar 5 EL berharap org2 tsb cepat pergi dan tdk masuk ke dalam lift, lalu ia nengok lg keluar melihat apakah org2 tsb ada tanda2 mau pergi. Mungkin kelihatannya mereka masih berargumen, maka ia dg panik menekan lg tombol2 berharap org diluar yg sedang menekan tombol luar terlepas sejenak lalu pintu bisa tutup.
Gambar terakhir EL keluar ke kiri memberanikan diri menegur org2 yg ada di kanan lift, mgkn EL nyerocos trus tdk memberi kesempatan pd mereka utk menjelaskan bahwa mereka tdk tahu kalau di dalam lift ada org. Setelah itu EL pergi begitu saja melewati mereka yg berada di sebelah kanan sambil ngoceh. Melihat kepanikan EL yg aneh org2 tsb merasa perlu utk menenangi EL, lalu mereka pergi meninggalkan lift, mengejar EL yg mana perginya EL menuju ke tangga darurat, lalu mereka melihat EL naik ke atap, dan mereka pun sempat ragu utk mengikuti EL ke atap. Dan disinilah kronologis kecelakaan terjadi...

Anonymous said...

ainul said :
Salam kangen buat bang E, dah kangen ma artikel2nya yg menarik ,,

Oke tanggapan gwa ttg ini, agak aneh sih,, begini,,
Polisi kan klaim punya 100jam cctv ttg kberda.an si EL , anehnya knpa kok susah gtu lacak dia,? Kan tnggal ngkutin trakhr kali dia trlihat dimana,, klo trakhr yg di lift itu , brarti yg dilorong dpan lift gk da cctv.nya donk? Kan klo dia kluar, bsa trliat lbih jelas kemana dia pergi ya di cctv lorong dpan lift itu,,

Lalu cara dia naek ke atap sprti apa ? Lewat tangga ? Pasti dia trlihat di cctv membuka balkon luar menuju tangga donk,, trus pencarian polisi akan intensive disitu ,, trus kok gk bsa nemu.in dia? Pa polisi gk nyangka dia nyemplung ke situ ? Gwa rasa gk mungkin deh ,, klo polisi gk nemu disitu, pasti polisi akn nyari lewat cctv tadi, stlah kesana apakh dia trliat lagy,, gk mungkn polisi ngira dia bsa trbang, n menghilang,, nah, stlah liat udah gk da tanda2 dia turun dr atap, pasti polisi nyari abis2an disitu,, jdi gk mungkn polisi gk nemu.in dia, n bhkan yg nemu.in bukn polisi, tpi pegawai yg gk sngaja mriksa tuh tangki,, its weird,,

Post a Comment