Monday, August 9, 2010

Makhluk misterius bertaring besar ditemukan dan ditembak mati di Argentina

Pada tanggal 23 Juli 2010, dua peternak di Cerro El Creston, sekitar 40 kilometer barat San Jose de Metan, Argentina, berhasil membunuh seekor makhluk aneh seperti manusia, namun dengan gigi taring yang besar dan tajam. Foto kepala makhluk itu bocor ke publik dan cukup menghebohkan masyarakat Argentina.


Menurut penduduk lokal, Makhluk yang ditemukan ini mirip dengan makhluk Ucumar yang dalam kepercayaan lokal disebut sebagai makhluk yang memiliki tubuh seperti manusia dengan rambut hitam lebat menutupi tubuhnya. Kadang makhluk ini juga sering dijuluki sebagai Yeti Argentina.

Keberadaan makhluk ini di wilayah hutan bagian selatan propinsi itu, terutama di Rosario de la Frontera, memang telah menjadi pemberitaan media selama beberapa dekade.

Foto kepala makhluk tersebut yang bocor ke publik diambil oleh seorang pria bernama Martin. Ia memotretnya di properti milik peternak yang membunuh makhluk itu. Foto itu, yang diambil dari sebuah ponsel, jelas memperlihatkan seekor hominid dengan taring panjang dan mata yang menonjol.


Peternak yang membunuh makhluk itu berusia 79 tahun dan memiliki inisial nama JS, sedangkan keponakannya berinisial ES. Keduanya meminta nama asli mereka tidak dibocorkan ke publik.

Martin menceritakan kepada harian El Tribuno mengenai pengalamannya ketika ia mengunjungi peternak tersebut.
"Sabtu itu, saya tiba di peternakan itu dan mereka menceritakan kepada saya mengenai peristiwa yang terjadi pada malam hari sebelumnya. Saya memasuki rumah mereka dan disana tergantung mayat makhluk itu, kedua tangannya terikat dan memanjang hampir menyentuh lantai. Saya menanyakan kepada mereka nama makhluk itu, dan mereka tidak bisa menjawabnya."
Menurut Martin lagi, JS dan ES membunuh makhluk itu pada tanggal 23 Juli kemarin.

Di tengah kegelapan malam, ketika sedang mengumpulkan sapi-sapi, mereka mendengar suara yang memekakkan telinga di dekat ujung bukit yang mengelilingi properti mereka. Ketika menghampirinya dan menyinari tempat itu dengan senter, mereka menemukan adanya sepasang mata hijau bercahaya yang membuat mereka menjadi terpaku.
"Menurut mereka, makhluk itu adalah Goblin, dan untuk menakut-nakutinya, mereka menembakkan senapannya. Peluru itu mengenai makhluk itu di rahang bawah kirinya menembus hingga ke atas alis mata kanan. Karena tembakan itu, makhluk yang dipercaya sebagai Ucumar itu jatuh ke tanah."
Kedua peternak itu kemudian membawa mayatnya ke petenakan. Keesokan harinya, ketika hari terang, mereka mulai yakin kalau mereka telah menembak Ucumar. Kata Martin lagi:
"Makhluk itu memiliki bulu hitam pendek yang lebat di seluruh tubuhnya, kecuali wajahnya. Sangat menakutkan melihat ukuran dari taringnya."
Karena takut dengan tindakan pembalasan, JS meminta Martin dan rekan lainnya untuk memotong kepala makhluk itu dan membuang tubuhnya. Pembalasan yang dimaksud oleh JS adalah karena ia percaya mereka telah membunuh anak dari Ucumar dan kuatir akan adanya tindakan balas dendam.

Namun, tidak jelas apa yang dimaksudnya dengan pembalasan, entahkah pembalasan yang berasal dari sang induk atau dari masyarakat.

Martin menjelaskan: "Kami memotong kepalanya yang kemudian disimpan di peternakan. Lalu, kami membungkus tubuhnya ke dalam beberapa kantong dan membuangnya ke lembah."
JS, sang pemilik Ranch, tinggal sendiri di peternakannya dan hanya mendapatkan kunjungan dari keponakannya sesekali.

Menurut Martin, makhluk itu memiliki tinggi sekitar 60-70 centimer.

Marcelo Choque, seorang dokter hewan dari Environmental Divison of the Service, cukup terkejut melihat foto makhluk itu. Katanya:

"Saya tidak pernah melihat hal yang seperti itu. Jelas itu terlihat seperti figur anthropomorphic, namun saya tidak bisa menyebutkan dari spesies mana. Dan saya juga tidak bisa menjelaskan ukuran taringnya yang luar biasa."

Apakah makhluk itu benar-benar Yeti Argentina?

Ataukah hanya seekor monyet?

Sebagai perbandingan, ini Weeper Capuchin Monkey atau Cebus olivaceus, sejenis monyet yang biasa ditemukan di Amerika Selatan.

Weeper Capuchin monkey


Tengkorak Weeper Capuchin Monkey

Monyet ini juga memiliki ukuran taring yang cukup besar. Miripkah?

Jika makhluk itu seekor monyet, mengapa peternak itu tidak bisa mengenalinya?

Apakah ini semua hanya sebuah hoax? Soalnya, deskripsi Martin mengenai luka tembakan di rahang kiri makhluk itu yang menembus bagian atas alis kanan sepertinya tidak terlihat pada foto. Tetapi, jika mereka sedang membuat sebuah rekayasa, mengapa Martin tidak memberikan deskripsi luka yang lebih masuk akal?

Ataukah sang peternak benar-benar telah membunuh seekor anak Yeti dari Argentina?

(themorningstarr.co.uk, inexplicata.blogspot.com)


UPDATE - 10 Agustus 2010

Setelah berita mengenai tertembaknya makhluk misterius Ucumar di Cerro El Creston tersebar, petugas kepolisian yang dibantu oleh kriminolog, petugas pemadam kebakaran dan penduduk lokal segera melakukan penyelidikan. Tim ini dipimpin oleh Deputi kepala polisi Regino Monteros dan menemukan kalau makhluk di dalam foto tersebut benar-benar ada dan bukan sebuah hoax.


Nama peternak yang membunuh makhluk itu ternyata bernama Joaquin Sarapura, 53 Tahun (Bukan 79 tahun seperti berita sebelumnya). Setelah mendapatkan informasi dari Joaquin, tim tersebut segera menuju lokasi pembuangan mayat yang memakan waktu hingga tujuh jam untuk mencapainya.

Analisis yang dilakukan terhadap bangkai menemukan kalau makhluk itu tidak lebih tinggi dari 70 centimeter.

Menurut Regino Monteros:
"Kami menerima perintah untuk memecahkan misteri ini dan mengambil bangkai yang telah dibuang untuk dipelajari dan untuk menentukan secara sains spesies makhluk tersebut. Selain itu, tindakan kami menyelidikinya juga untuk memulihkan ketenangan penduduk karena akibat pemberitaan ini, ketakutan menyebar di antara penduduk pedesaan dimana legenda makhluk misterius tersebut hidup selama puluhan tahun."
Menurutnya lagi, semua indikasi mengenai makhluk ini menunjukkan kalau ia termasuk ke dalam golongan kera. Namun, tidak pernah ditemukan adanya spesies sejenis ini di daerah tersebut.

Jadi, masih ada misteri yang perlu dipecahkan.

Jika ada perkembangan terbaru dari hasil penyelidikan mereka, saya akan kembali mengupdate berita ini. So keep following this blog.

(Inexplicata.blogspot.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

183 comments:

Anonymous said...

jiah gagal...

susah banget pertamax-nya.. pake solar aja ah..

baca dulu ah om enigma..

-->Brooke

Anonymous said...

Lumayan, dpet 10 besar !!!

cah keboXgatel !!

baca dulu bro !

PHENOMENA said...

Sebagaimana halnya kucing, mata mereka bisa bersinar ketika terkena cahaya..kadang hijau, kuning, maupun merah..

Namun yang paling aneh adalah takut ada tindakan balas dendamnya. kalau semisal takut karena amarah warga, maka sebaiknya makhluk dan jasadnya dibakar atau dibuang atau dipendam..kalau semisal takut karena sang induk, maka lebih baik melakukan tindakan seperti diatas yang telah saya sebutkan..

Jika orang tersebut bisa memotret tubuhnya, kenaoa tidak bisa memotret bagian badannya yang lain..?

Jika ia ditembak di rahang bagian kirinya, maaf saya tidak melihat adanya luka tembak (CMIIW)..mengingat yang digunakan adalah senapan (riffle)

Anonymous said...

Npa mesti potong badanya...

dari dlu kalo mo ngeliat yg namanya Binatang aneh mesti ada tubuh na.... jangan" mereka cuma pembuat mainan lagi neh

Anonymous said...

akhinyaa... masuk 15besar,,, yessss

btw ni makhluk emang mirip ma monyet sih,, tapi menurut saya opini para petani tsb lebih akurat soalnya pada gak kenal ma makhluk tsb

Linus Tua said...

Keberadaan makhluk ini di wilayah hutan bagian selatan propinsi itu, terutama di Rosario de la Frontera, memang telah menjadi pemberitaan media selama beberapa dekade.[enigma] (1)

mungkin mereka terkejut melihat makhluk tadi, sehingga mereka masuk ke dalam keadaan euforia, hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh [enigma](1).
ditambah lagi mereka masih dalam pengaruh alkohol (salah satu kebiasaan untuk menghilangkan rasa dingin pada waktu malam. -budaya- )dan dalam cahaya malam yang samar, sehingga mereka salah mengidentifikasi makhluk tersebut.

mereka menembakkan senapannya. Peluru itu mengenai makhluk itu di dekat rahang bawah kirinya [enigma](2)
--sepertinya tidak ada kerusakan pada rahang kiri.
dan drh.Marcelo Choque, hanya mengidentifikasi melalui foto.

tetapi...
apabila Linus berada pada posisi mereka [JS&ES], Linus tidak akan menggunakan senjata!! Linus akan menggunakan kekuatan Linus sebagai manusia yang mampu untuk berbuat sesuatu tanpa menyakiti makhluk hominid ini, yaitu: Linus akan lari secepat mungkin meninggalkan lokasi. lari,lari,lari... LARI LINUS! LARI!!!

DeeLaBeLLe said...

Hedeuh serem tampangny, amit2 jabang bayi :P
kl mrk jg bpikir itu makhluk aneh knp ga da yg brusaha nyari badanny yg ud dbuang? >.<

Andika said...

Kali ini betul2 kalah HUH!!!!!


Andika yang sekarang ikut2tan TYrips

Anonymous said...

-Fauzan-
apa bner d tembak?
klo bner d tembak saya rasa lukanya terlalu kcil,
apa lagi senjata yg d pakai snapan,
mskipun snapan yg d pakai kaliber 5,56mm(kalber pling kcil snapan)
sharusnya ada beberapa bgian wajah yg rusak

Andika said...

Ahhhh saya yakin itu betul2 primata. Mata menghadap kedepan, kepala bulat, bertaring. Sayang tidak ada gambaran lebih lanjut di foto itu.

pradipta25 said...

Yang saya bingung jika itu merupakan hoax, mengapa mereka minta identitas mereka dirahasiakan? padahal jika kebanyakan tujuan pembuatan hoax adalah popularitas atau juga mendapatkan uang.
yang aneh lagi, apakah petani selalu membawa senapan saat menggiring peliharaan mereka??
Apakah reflek dari makhluk itu lemah?? diatas tertulis bahwa mereka terpana atau terpaku saat melihat makhluk itu. namun sang petani masih sempat meraih senapan dan membidiknya dan menembakannya.. saya rasa itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit kecuali sang petani memang hobi menembak.. namun mengapa makhluk itu tidak lari saat cahaya senter menyorotnya? mengapa dia bisa tertembak bagian di bagian wajah? jika saya analisis, berarti makhluk tersebut diam cukup lama dan tidak terganggu cahaya senter sehingga sempat ditembak...
yah, mungkin itu cerita karangan..
memang banyak misteri di dunia ini, betul tidak bang Enig??

Ady Inbox said...

Makhluk Cryptid lagi...
=]
Request kejadian bersejarah yang mengandung konspirasi donk bang E... =D

evan furniandi said...

he..he..
Lumayan masuk 20 besar ya..

Btw..kenapa kalo ga mo dipublikasikan kenapa dia ceritain ke koran ya..
Kaya nya ada yg aneh..

yovi avianto said...

Yah, gagal pertamax, pulang malem terus ane... Padahal pengen sekali2 pertamax.

Hahaha, nikmati sajalah...:)

X-Zone said...

Kayanya sich Primata Weeper Capuchin Monkey yang ama bro Enigma sebutin diatas,soalnya dari segi tengkorak,bentuk gigi/taring sama persis...Nice Post Bang Enigma

myeyes0125 said...

@ linus tua
Huahahaha... Inilah indonesia.
Aku membayangkan apa yang kau tulis bro, mungkin aku akan melakukan hal yang sama.
Dari apa yang ditulis bro enigma di atas memang ada keanehan-keanehan, seperti yang telah disampaikan rekan-rekan di atas.

Dan jujur saja, aku cenderung percaya ini adalah hoax. Tapi sayangnya aku bukan myheart, naka, chris, kraken, dll yang pandai menerangkan analisanya. ^.^v

CMIIW

Ke mana mereka ya? Para Komentator top kita..

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Kalau dilihat dari taringnya siy mirip (potongan kepala dengan tengkorak).. Yang bikin klop cuma taring gedenya doank.. Tapi kalau dibandingkan potongan kepala mayat itu sama kepala monyet yg utuh itu kok kurang mirip y.. Potongan kepala kalau mau dimirip"n sama monyet itu,, musti dikuliti dulu bagian bibirnya.. Hee
>,<

ga yakin kalau potongan kepala itu Yeti Argentina.. Ragu aja sama alasan pembuangan badannya.. Lagipula orang" bule itu kayakny uda sering buat berita heboh kayak gini.. Dan setau saya, sebagian itu hoax.. Hehehe
*skeptis amat y..
=_=a

hai Kak Enigma..
Maav lama ga mampir...
^,^b

Anonymous said...

mirip sama tengkoraknya... saya yakin juga paling monyet

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Eeh!?, maksud saya kalo potongan kepala yang diduga yeti itu mau dimirip"n sama primata weeper, , , sebaiknya bagian bibir primata weepernya itu musti dikuliti dulu.. Sehingga pas gitu, taring 'gede'nya pada keliatan.. Hheee
=D

Anonymous said...

pake kaliber brp tu nembaknya bro?
pasti dah hancur tu kepala makhluk 70cm dgn proyektil rifle..

loet..

Anonymous said...

wah,,ketinggalan jauh saya,,lewat dari 20 besar,,skr waktunya baca

Verisky said...

Bener tuh cuman monyet. Cuman nyari sensasi doang peternaknya.

Anonymous said...

dari Tresna Asti

@darwan: tapi topeng dari Bali ga ada yang kayak wajah kudisan begitu.. Hahaha

emang sih, mata melotot n taring gedenya hampir sama..
^,~

saya baru sadar.. Uda ada banyak komen begini kok tumben Lica Lawliet, kakak Myheart2105, Kraken, Anak Kucing, MsTerry, Dea, dll belum muncul??
Kak Nakashima ma Kak Chriss masih sama" sibuk y?? Ckckck

hallo myeyes.. Myhead jg blm keliatan.. Kemana kawan" my my yg lainnya? Hee

maav OOT Kak Enigma..

Memories said...

hmm...,
kepalanya kecil ya
ukuran tubuhnya 60-70 cm
klo ukuran tbuh sekian dg kpala kecil yang hanya berukuran segenggaman tangan org dwasa dg beberapa jari masih rapat (terlihat di foto) kira2 ukuran kpalanya 10 cm

bukan.a kpala.a trlalu kecil ya?
mnurut q se

myeyes0125 said...

@ Tresna Asti
hallo juga..
akhir-akhir ini, sepertinya rekan-rekan kita lagi sibuk tidak ada yang absen ke enigma. sepi jadinya..

maaf OOT juga bro Enigma..

TakoBoyzt said...

Om Enigma,Kayany luka tembusanny d Alis sebelah Kiri d..cb perhatiin betul2 alis ny sebelah kiri,pas d lekukan atas antara Mata n alis kiriny terlihat seperti ad bolongan yg menghadap k atas,maka agak tersamar seperti tidak ad luka apapun..tp saya yakin itw luka akibat tembakanny

Klo dliat dr arah luka tembakanny,kmungkinan Hewan itw lg mnghadap k atas,mgkn mw kbur smbil nyari2 tempat yg tinggi bwt kabur..peluru mengenai tepat lurus d rahang kiri n tembus d alis mata kiri jg..bkn d alis kanan mnurut yg saya perhatikan d gambar..^^

Skian dr hasil pengamatan saya..hehehe
Maap ne klo slah Om Enigma..~XP

Salam Smangat..~^^9

Unyil Kucing said...

ahh.. hoax kali ya bro enigma... soalnya sperti yang tertulis:
"Saya memasuki rumah mereka dan disana tergantung mayat makhluk itu, kedua tangannya terikat dan memanjang hampir menyentuh lantai."

... trus dikatakan juga...

"Martin menjelaskan: "Kami memotong kepalanya yang kemudian disimpan di peternakan. Lalu, kami membungkus tubuhnya ke dalam beberapa kantong dan membuangnya ke lembah."

Jadi... spertinya 2 perkataan ini bertolak belakang... bagaimana mgkn dia bisa melihat bentuk mahluk itu yang tangannya panjang sampai ke lantai, kalau si petani itu sudah memotong badannya dan membuangnya ke lembah??

is it right, Bro?

enigma said...

@unyil kucing: kedua kalimat itu tdk bertentangan. Soalnya martin adalah salah seorang yg ikut memotong dan membuang badannya itu.

enigma said...

@takatoboyzt: bisa jadi seperti teori kamu. Tp saya masih sukar melihat bekas lukanya :)

Anonymous said...

antony :
gak urusan mau pertamax, keduax, ketigax...itu gak penting. yg terpenting adalah harus bacaaaa... he he he

ixan said...

wah cepet banget bang enigma postingnya..telat lagi deh...
menurut saya emang mirip, ato malah sama? sama foto monyetnya itu, cuma yang saya bingung kok yang kepalanya doang itu keliatan taringnya, tapi setelah diperhatikan kayaknya emang bagian BIBIRnya semacam dihilangkan jadi terlihat langsung gigi-giginya dan sekaligus jadi mengerikan..karena di sekitar situ tiba-tiba rambutnya menghilang, seolah-olah dikuliti di bagian situ..
cuma hipotesis sih, gimana bang enigma?masuk akal nggak??

Daryl Haviz said...

Sayang sekali hanya karena mitos bukti paling bernilai adalah foto keseluruhan malah dibuang

2012 said...

We regret to inform INEXPLICATA readers that the carcass of the alleged Ucumar Zupai shot in the heights of El Crestón may prove to be an out-of-place ape and not the legendary creature. However, we congratulate Salta law enforcement for taking the matter seriously and for setting out into the wilderness with alacrity.

Source: El Tribuno (Salta, Argentina)
Date: 08.08.10

~ Case Closed ~

enigma said...

@2012: jika km membaca pengumuman di inexplicata itu sampai selesai, kamu akan menemukan kalau kasus itu belum selesai. Bangkainya memang sdg diselidiki dan disimpulkan kalau itu seekor kera. Tetapi mereka blm bs menyimpulkan spesiesnya. Sbnrnya, tanpa perlu melihat bangkai pun kt bs menduga kalau makhluk itu kemungkinan sejenis kera. Tapi spesies apa? Bukankah yeti pun kemungkinan sejenis kera? Nah, itu yg blm dipecahkan. Mungkin dlm bbrp hr ini bs terjawab.

Anonymous said...

Potongan kepala itu kecil sekali ya.. Ga lebih besar dari tangan yang megang.. Kalo saya liat muka serem kayak gitu di malem hari pula,, reaksi saya adalah, , , jrenk jenk.., , , mematung!.. Boro" fokus buat ngebidik target pas nembak, nahan kantung kemih biar sekrupny ga longgar aja uda bikin susah.. Ga bisa bergerak, sob.! Hee

- purplehollic -

Anonymous said...

Itu bukan kera biasa,....gak tau dari spesies kera apa......

Anonymous said...

Haha, taringnya kagak nahaaaannnnnnnn >_<
Kayaknya itu sih monyet buruk rupa... *hakkhh*
Mungkin spesies monyet yang belum teridentifikasi...
Hahahaha

-lanny-

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Kemungkinan mayat seekor monyet ya Bung? Dengan bibir yang sudah disayat dan tampak kehabisan cairan (darah) karena kedua mata tampak sangat cekung dengan conjungtiva bulbi yang "kering". Dari pengakuan Martin bahwa "...kedua tangannya terikat dan memanjang hampir menyentuh lantai." mengindikasikan bahwa makhluk tsb memang berlengan panjang (monyet).

Oh ya, Martin itu siapa ya? Apa kepentingannya datang ke peternakan? Kemungkinan Martin bukan FBI/CIA/Paramedis, karena dia tidak memakai sarung tangan.

Satu lagi ttg luka di rahang tembus ke dahi, biasanya luka yang diakibatkan peluru yang tembus, "luka keluar" lebih besar daripada "luka masuk" (karena sifat peluru yang berputar ketika menembus suatu jaringan). Kalau ini yg tjd maka kita akan melihat "luka keluar" yang cukup besar, apalagi luka tersebut harus menembus tulang dahi.

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Oh ya, satu lagi bung, apakah Yeti mempunyai ekor? Setahu saya tidak. Maka mungkin mereka membuang badan makhluk tersebut untuk mengelabui masyarakat, karena bila badan makhluk tersebut ada dan ternyata memiliki ekor, maka ciri2nya lebih mendekati monyet daripada seekor Yeti.

Lagipula, apabila tujuannya ingin mencari sensasi, memanipulasi sebuah kepala akan lebih mudah daripada harus memanipulasi seluruh badan.

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

"Makhluk misterius bertaring besar ditemukan dan ditembak mati di Argentina"

jadi begitu yaa..... hmmmm baiklah... qta lihat kejanggalan yang terdapat di dalamnya...

1. "untuk menakut-nakutinya, mereka menembakkan senapannya. Peluru itu mengenai makhluk itu di rahang bawah kirinya menembus hingga ke atas alis mata kanan" kalau benar demikian itu berarti makhluk tersebut melihat keatas pd saat di tembak shg bisa tembus dari rahang bawah kiri ke atas alis mata kanan..... sedangkan mereka bilang "Ketika menghampirinya dan menyinari tempat itu dengan senter, mereka menemukan adanya sepasang mata hijau bercahaya yang membuat mereka menjadi terpaku." itu artinya makhluk tsb berhadapan frontal dengan mereka.... Ok Ok qta katakan pelurunya kebetulan mengena... tetap saja untuk dapat luka demikian makhluk tsb harus melihat ke atas... yang terpenting disini adalah kenapa makhluk tsb tdk lari pd saat di tembak... apakah tembakan pertama dari orang tsb lsg mengenai makhluk tsb? padahal mereka berhadapan frontal... koq bisa kena rahang kiri dan tembus ke alis??

2. tidak terlihat bekas luka tembakan tsb... (sudah jelas pada gambar)

3. "Karena takut dengan tindakan pembalasan, JS meminta Martin dan rekan lainnya untuk memotong kepala makhluk itu dan membuang tubuhnya. Pembalasan yang dimaksud oleh JS adalah karena ia percaya mereka telah membunuh anak dari Ucumar dan kuatir akan adanya tindakan balas dendam" kenapa harus memotang kepalanya?? kalau ia memang takut pembalasan seharusnya dia mengambil banyak foto dengan tubuh lengkap dan kemudian membuang mayat makhluk tsb lalu banyak2 berdoa... koq dia malah memotong kepala makhluk tsb lalu membuangnya? ini kan lebih mengundang tindakan pembalasan...

4. "Menurut mereka, makhluk itu adalah Goblin, dan untuk menakut-nakutinya, mereka menembakkan senapannya. Peluru itu mengenai makhluk itu di rahang bawah kirinya menembus hingga ke atas alis mata kanan. Karena tembakan itu, makhluk yang dipercaya sebagai Ucumar itu JATUH KE TANAH"
kata jatuh ke tanah... bermakna ganda (ambigu) maksud mereka "tersungkur" kah?? atau "jatuh dari pohon ke tanah"???
kalau memang "tersungkur" yang dimaksud maka kembali ke masalah no.1 yaitu bbagaimana bisa kena dari rahang bawah tembus ke alis? apa makhluk tsb melihat ke atas??
sedangkan kalo maksudnya "jatuh dari pohon ke tanah"... memang bisa dimengerti... peluru menembus dari rahang bawah ke alis... tapi... kenapa mereka langsung beranggapan kalo itu goblin? bukannya monyet? mereka melihat sepasang mata hijau... itu kan biasa saja kalo mata kena cahaya pada saat gelap... apa mereka melihat taringnya juga pada saat itu?? tapi kalau memang benar demikian kenapa mereka tidak bilang "fall from the tree"???

5. foto yang diambil cuma ada satu....
si Martin kan tidak terburu - buru... kenapa hanya satu foto yang diambilnya??? kenapa dia tidak mengambil foto bekas luka tembaknya(kalau memang benar tertembak)

KESIMPULAN :
Mungkin ini memang hoax yang dibuat oleh mereka.. motifnya apa? kalau supaya terkenal, kelihatannya tidak... mungkin motifnya adalah untuk mengatakan kepada orang sekitar kalo Urcumar itu ada...

jawaban dari pertanyaan bro Enigma :
1. Jika makhluk itu seekor monyet, mengapa peternak itu tidak bisa mengenalinya?
Jwb : yaaah, namanya juga hoax

2. Apakah ini semua hanya sebuah hoax?
Jwb : kemungkinan besar sekali...

3.Tetapi, jika mereka sedang membuat sebuah rekayasa, mengapa Martin tidak memberikan deskripsi luka yang lebih masuk akal?
Jwb : karena yang difoto cuma kepala dan fotonya pun dari depan... jadi kalo dia bilang demikian.... bekas luka tembaknya tidak kelihatan... (namanya juga hoax)

4. Ataukah sang peternak benar-benar telah membunuh seekor anak Yeti dari Argentina?
Jwb : saya rasa tidak....

ini semua adalah menurut saya... dan belum tentu benar...

haha...

Myhead 5012

anakkucing said...

@phenomena, ulasan yg bagus.. tp menurut saya, rasa takut karena adanya balas dendam tsb karena mereka percaya makhluk tsb adalah the legendary ucumar..
kenapa dipotong2? mungkin menurut mitos, itulah caranya agar mereka ngga hidup lagi, ngga balas dendam or something.. sayangnya, setelah saya riset ttg ucumar, tidak disebutkan cara membunuhnya bagaimana.. ^^;
tp bro, saya kurang paham soal yg ini: "Jika orang tersebut bisa memotret tubuhnya, kenaoa tidak bisa memotret bagian badannya yang lain..?"

@pradipta25, "yang aneh lagi, apakah petani selalu membawa senapan saat menggiring peliharaan mereka??"
well, mereka bukan PETANI, tetapi PETERNAK..
saya pikir wajar kok kl peternak membawa senapan ketika menggiring peliharaan mereka..kl kamu liat di film2, mereka memang selalu membawa senapan, dan anjing penjaga..
gunanya adalah untuk menakut2i atau kl bisa sekalian membunuh serigala atau binatang buas lain yg suka mengancam hewan ternak..
ketika kamu memang berniat utk menjaga hewan ternak, dan kamu telah terbiasa untuk itu, serta kamu juga terlatih menggunakan senjata, kamu akan berefleks sama dengan peternak tsb: yaitu menggunakan senjata tsb untuk melindungi diri atau mengusir bahaya yg mengancam..
mereka terpana, tp tidak ketakutan.. maka refleks yg ada bukan lari, melainkan menyerang..
dan saya yakin, kejadiannya juga hanya beberapa detik..
oh ya, si makhluk juga pasti sebenarnya kaget.. dan mereka beruntung, refleks mereka lebih cepat daripada si mahkluk, sehingga terjadi lah kejadian yg di atas..kl reaksi mereka lebih lambat, bisa jadi mereka yg diserang, atau si makhluk keburu lari duluan..

sayangnya, di artikel juga tidak disebutkan, senapan yg digunakan jenis senapan apa dan kalibernya berapa..
siapa tau yg digunakan adalah senapan angin, yg biasa digunakan untuk berburu..
saya rasa, senapan angin yg biasanya berkaliber kecil, tidak menimbulkan bekas luka yang parah..
dan dari fotonya, saya bisa melihat ada yg bolong di atas alis sebelah kiri.. :)
mungkin itu bekas lukanya kali yah..
dan tentu saja, sedikit susah mengidentifikasi apabila jasadnya sudah rusak spt itu.. kondisinya yg sudah berhari2, pasti sudah membusuk, sehingga bentuknya sudah tidak utuh lagi..

oh ya, menurut saya, kalau memang kemungkinan besarnya adalah kera, kenapa tidak dilakukan tes dna untuk lebih meyakinkan?
kl memang kera dengan spesies yg belum pernah ditemukan, dna-nya pasti tidak akan cocok dengan jenis kera yg sudah teridentifikasi, struktur dna-nya hanya akan mirip2 sedikit..

CMIIW

Anonymous said...

KiRei

item serem. . mrip dakocan. .
dilht dr morfologiny sdh klihatan itu kera
mgkn sjenis species lgka yg blm diidentfksi pneliti


oh ya slmt mnunaikn ibdh puasa bgi yg mnjlnkan. .
mhon maaf lahir dn bathin :)

DeeLaBeLLe said...

Buat smua warga enigma, maafin saya ya ^_^
selamat bpuasa bagi yg mjalankan ^_^

@_h0n_X said...

Bro, video ku kapan nih? Aku dapat yang baru lagi nih gan.. Hantu Pocong, tapi aku yakin banget kalo yang ini cuma permainan pause n mixing dikit aja.. Tapi aku paling penasaran ma tiga video ku kemaren.. Plis cepet di bahas ya.. Nih tak kasih linknya lagi, capa tau yang kemaren ilang.. Singa Mengaum Allah, Ikan Muka Manusia, n Myterious Eyes.. Thx b4.. Ditunggu respon terbaiknya..

Anonymous said...

sedikit masukan..untuk yang memberikan komentar dengan kata2 spam (pertamax) sebaiknya tidak perlu di lanjutkan lagi...
blog ini sangat bagus memberikan pengetahuan kepada kita2.

Kalau memang anda tidak bisa berkomentar lebih baik diam, tidak perlu nulis "pertamax" lagi...

myeyes0125 said...

wuaah.. Beneran.. Padahal sudah yakin kalau hoax.
Nice bro enig..

dea_avion said...

Dea .
Wah ternyata ada yg nyariin dea , wehehehehe , malu nih , haloo kak tresna asti !! :) apa kabar kaa ?
dea ga ad comment ah bwt mahluk itu, hehe . .
Bwt semua keluarga blog enigma , dea minta maaf yg sbesar bsarnya bwt smua ksalah dea , kalo dea sering bikin kesel kakak2 , tlg maafin dea yah , makasih ...
Slmat puasa ya bwt yg ngejalanin . .
:)
kak my heart manaaa ?

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Makhluk itu benar ada dan bukan hoax..


Jadi potongan kepala itu benar Ucumar? Yeti Argentina? Ucumar itu apa ya? Hee, sebangsa kera kah? Oh jadi beneran kera?
Lalu cerita yang mengiringinya juga bukan hoax Kak?



Btw, tau siy ya besar telapak masing" orang beda".. Tapi kok ya photo updatetannya beda sama photo yg paling atas? Dari yang segenggaman tangan jadi cuma secomotan..

Ugh! Pertanyaan" ga mutu niy gw.. Hee
mohon bimbingan untuk meluruskan kekusutan..
^-^v

Anonymous said...

kezutan!!! wow, berarti potongan tubuhnya sudah ditemukan?
bisakah menentukan spesiesnya dari tes dna?
kalau kepalanya baik2 aja, ada kemungkinan yang tertembak adalah badannya.
@loet : loet, jenis pelurunya mungkin yang bisa menyebar gitu kalau ditembakkan. mungkin ga, loet? gw nanya loet, cz si loet ini kyknya paham banget soal senjata.
@linus tua; myeyes0125 & purplehollic
ternyata bukan hoax. pantesan si linus tua sama myeyes0125 lari pontang panting ketakutan, trus si purplehollic jadi freezed.

KraKen said...

mahluk sebangsa kera namun saya tidak berhasil menemukan spesies dengan ciri ciri yang disebutkan dimanapun..! waaah benar benar cryptid nih

Anonymous said...

wah, jadi penasaran nih, tak tunggu update selanjutnya

Anonymous said...

dari Tresna Asti

@dea: hallo jg Dea..
\\(^-^ )//

selamat berpuasa ya..

Anonymous said...

Hahaha, ternyata bukan hoax!
Dulunya dikira hoax karena apa ya?? Hee

have a nice day bwt semua!

- purplehollic -

Ibnu Nadzir said...

iya mas enigma, sama kaya yang di atas pertanyaannya.. kok dari seukuran telapak tangan full di foto pertama bisa berubah jadi kecil banget di foto kedua? mohon dijelaskan.. terima kasih..

X-Zone said...

Waaaah ternyata bukan HOAX! berarti ini klo memang sejenis kera,apakah termasuk species baru atau crypto...?

enigma said...

@ibnu nadzir: saya kira kepalanya menjadi terlihat lbh kecil krn rambutnya hilang. Menurut saya lho ya.

anakkucing said...

iya ya, kenapa ukuran kepalanya beda yah antara foto pertama dengan foto kedua? hehehe.. menurut saya, ada beberapa hal.. salah satunya saya setuju dengan bro enigma, karena rambutnya sudah rontok semua..
yg kedua, karena pembusukan.. sehingga dagingnya sudah hampir hilang semua..
kalau diperhatikan, pada foto pertama, bola matanya masih ada dan pada foto kedua sudah tidak ada lagi.. mungkin sudah copot, hehehehe..
foto kedua juga bangkai kepalanya sudah semakin tirus, dan hampir tinggal tulangnya saja, jadi terlihat semakin kecil..
itu siy menurut saya..

CMIIW ^^

Anonymous said...

kepalannya kecil banget! makin mirip sama kera! eh, bedanya kera ma monyet apa to??

hmmm... kak enigma, gimana ttg disney subliminal messages? udah kepikiran mau posting???

_who am I_

Ibnu Nadzir said...

hmm menurut saya sih tidak mungkin sedrastis itu perbedaannya, sebab di foto pertama rangkanya sudah terlihat jadi saya kira perbedaan rambut belum menjelaskan kenapa di foto kedua terlihat sangat kecil.

semoga dapat informasi tambahan lagi y, mungkin nanti bisa lebih jelas. terus menulis mas enigma.

dian said...

ditunggu updatenya... kalau sdh ada kesimpulan baru komentar :)

Anonymous said...

dari Tresna Asti


Kak Enigma..
(T,T )m
..
..
..
Ya sudahlah..
=,="

enigma said...

@who are u: kalau mau bedain monyet dgn kera, plg gampang liat buntut. Kalo ada buntut panjang, itu monyet. Tdk ada buntut, itu kera. Soal disney subliminal message mungkin tdk saya bahas krn terlalu vulgar dan pornografik.

Anonymous said...

Menurut saya, foto bangkai yang ditunjukkan diatas, sama dengan foto tengkorak kepala Weeper Capuchin monkey yang bang enigma tunjukan...
(lihat struktur giginya)
jadi menurut saya foto bangkai tsb adalah Weeper Capuchin monkey yang dikelupas kulit wajahnya..

dani

enigma said...

@tresna asti: maksud update di atas adlh, kalau bangkai makhluk diatas benar2 ada dan bukan hoax. Soal jenisnya, belum ketahuan. Oh ya, selamat berpuasa ya.

Anonymous said...

om enigma, itu makhluk kok mrip sma org2 jman purba ya,

SanSan said...

hey ada yg aneh...,
"Menurut mereka, makhluk itu adalah Goblin, dan untuk menakut-nakutinya, mereka menembakkan senapannya. Peluru itu mengenai makhluk itu di rahang bawah kirinya menembus hingga ke atas alis mata kanan. Karena tembakan itu, makhluk yang dipercaya sebagai Ucumar itu jatuh ke tanah."

makhluk sekecil itu bs ditembak dr rahang bawah hingga alis????
pernyataan yg aneh..,

trus knp badan makhluk it dibuang??
knp tdk disimpan..,
kan bs terkenal seprti shinta dan jojo
wkwkwkwkwkwkwk

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Olala..huhu^-^,, ktinggalan bnyak...mau say hi dulu ^0^
Hi Dea! ^0^ q dicariin,,life is busy out there,,but of course dunk there always a call to home,,happy..happy ^0^,,Dea gmana kbrx? Kmarin2 kykx sdg sbuk dgn skolahx yach...^0^
Hi om E, Hi Anakkucing, Hi Dee, Hi Myhead, Hi Myeyes, Hi Tresna Asti, Hi Lica n Dwiero (blm muncul), Hi semua Enigma visitors! ^0^
Bnyk yg baru, met datang yach...^0^
Lam knal...^0^
Met puasa hr prtama, bg yg menunaikanx,,smoga amalnya diterima oleh Tuhan..Mhn maaf kalo ada kata2 atw sikapq slma ini yg krg brkenan yach...^_^

Umm..skrg ttg makhluk misterius yg kykx seekor kera yach...

1) ''...berhasil membunuh seekor makhluk aneh seperti manusia, namun dengan gigi taring yang besar dan tajam.''
---Umm..diblg ANEH krn ada yg gak wajar, gk kyk biasax, atw mgkn br prtma x melihat. Anggapan bhwa mkhluk itu ANEH, mgkn brasal dr kdua pmbunuhx itu..JS n kponakanx,,tp apa bner mreka gk bs bner2 MENGIDENTIFIKASI itu makhluk apa??
Umm..iya yach..wktu itu khan malam hr,,so mgkn identifikasix jd gk jelas,,dtmbh lg makhlukx bkin suara2 ribut yg mgkn blm familiar bg keduax. Pdhal mgkn aja kalo mkhluk malang itu adlh kera biasa, mgkn kera weeper capuchin yg dblg mr. E. Tp mgkn loch..soalx bulu diskitar wajahx hitam,, kalo digmbr khan putih, diatas kpala br putih, kecuali bulux dicat jd htam, atw jnis kera yg lain, atw ada kera weeper capuchin yg pnya warna bulu yg lain, ex: htam aja. Kalo cm hitam ajah..jd keingat kera yg dsebut SI AMANG...eh, maxudx SIAMANG,, kalo gk slh warnax htam,,n kpalax jg gk bsar2 awat, suka bkin suara gaduh,,''mbok..mbok..mbok,'' gtuh..mgkn tnggix ya skitar sgitu,,70 cm smpai semeter..n jg pnya taring kalo gk slh..soalx katax dia tu omnivora..prnh liat dulu di bonbin,,kata pmandux,, siamang jg kdg aktif di malam hari,,sering jg ribut2 malam hari..n mgkn itu knapa matax bs brwarna HIJAU, mirip mata kucing,, kalo gk salah disebut IRIS yach? Bgn mata yg memberi warna pd mata? (Huhu..Chris help! T.T)..maxudx irisx kyk iris kucing bs memantulkan chaya gtuh,, n mgkn mirip iris kucing krn siamang jg aktif mlm hari,,so perlu pnglihatan yg bguz pd mlm hr...hehe..maav kalo nglantur... :p
Tp mslhx mnurut wikipedia siamang cuma ada di Asia tnggara,,kyk di Sumatra, Malaysia, Thailand..tp siapa tau ada yg membawa siamang2 itu ke luar habitat asli mreka, n sngkat kata smpai di Argentina...atw,, who knows kalo TERNYATA siamang jg ada di argentina? Sm2 tropis khan dgn Indonesia? Hehe...
Tp kalo bner itu adlh kera atw siamang..Huhu..mati krn jd korban slh intrpretasi..kasian..T_T..


(Brsambung...^0^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata..

Smbungan...^0^

2) Kok plin-plan gtuh kesanx yach? sbnerx mreka tu nganggap makhluk itu apa yach? Kok bgtu hebohx brita ini? Pdhal udh membunuh makhluk yg gk brsalah n gak brdosa!
Kykx pas awal, mreka mengira itu goblin, soalx matax hijau (jd pingin ketawa keras2...ntr kalo harimau, kucing jg dblg goblin,, cape de..kalo msalx goblin koq mlh dtembak? Yah kgk mempan dunks..bgusan lari ajah..lgian jg gk ada indikasi bhwa makhluk ini brtindak-tnduk mau mnyerang,,so ini kykx pertahanan diri yg BERLEBIHAN yg lhr dr salah kaprah!).
N pas makhlukx udh mati,, mreka br sadar kalo itu CUMA KERA BIASA...tp ide nyeleneh mau tenar mnyisip k bnak mereka! Bikin ceritax lbh misterius!
Bgaimana kalo blg itu anakx UCUMAR? Carax..?
Gampang..wajahx dikuliti ajah, biar taring gedex lgsg keliatan n terexpose,, (biar mirip yeti yg di film2)..trus biar tmbh misterius lg,, yuk kpalax dipenggal, bdanx dpotong2 alias DIMUTILASI, buang d tmpat yg jauh..n tmbhkan sdkit bumbu2 misteri, blg kalo tndakan itu utk mghindari bls dendam (from who? Gk jelas.. :p ), n blg kalo makhluk itu kena tmbak di rahang tembus ke alis kanan..(yg gk keliatan dr foto..lol). N lgkh terakhir, blg kalo mreka prcaya itu adlh UCUMAR, minimal anakx..huhu.. :p
anak ucumar? Kok bs trpisah dr indukx yach..? Nah loh kok malah dtembak? Ntar indukx ngamuk loch...tu knapa bdanx dimutilasi, soalx kalo utuh jd KETAUAN itu BUKAN UCUMAR..soalx khan Yeti bipedal kyk manusia, dr postur bdanx pasti udh ketahuan. n thats why pake INISIAL2 sgala...tp gk ngaruh lg, soalx nama aslix udh ketauan (atw jgn2 nama alias jg?)...
N ironisx br di usut lbh 15 hr kemudian, ya iyalah bngkaix udh membusuk..n sulit diidentifikasi...bhkan pas foto kpalax msh ada, ANGIN SEGAR bwt JS n kponakanx soalx dr hewan gk bs mengidntifikasix..efekx? Org2 jd tmbh ada alesan bwt prcya kalo itu adlh UCUMAR.

Oyach,,ada yg nanya knapa q blg wjhx dkuliti? (mnurutq loch yach...^^)
Cb prhtikan wajahx! Bsah khan? Bibirx datar, hdungx hilang! Klopak matax jg hilang!

Tp soal ukuran kpala, antara fotox Martin n foto update kykx beda ukuran...walaupun ada yg blg kalo itu bulu n kulit kepalax udh hancur,, kykx gk kan skecil di foto update tengkorakx...
Trus, kalo bgtu, brarti JS mngubur kpala makhluk malang itu, soalx pas d foto, tnggal tngkorak ajah..knapa mesti dkubur? Apa gk bs DIAWETKAN? khan lbh KOOPERATIF btw memecahkan misteri makhluk apkh itu?? Another WRONG STEP lg mnurutq..memperkuat dugaanq kalo ini ada 'apa2x'...humm..sgtu dulu dech...^0^

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Ehehe... Hmm.. Saya jd sedikit mulai mengerti apa yg bagemana dibilang hoax itu.. Hohoho

saya tidak menjalankan ibadah puasa, Kakak.. Tapi, selamat berpuasa untuk kawan" yang menjalankan...
^-^

Anonymous said...

om.. posting tentang JI dunk, kan bs diblg organisasi rahasia jg tuh plus full of conspiration..

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

''...Selain itu, tindakan KAMU menyelidikinya juga untuk memulihkan ketenangan penduduk karena akibat pemberitaan ini..''

Mgkn maxudx bkan ''kamu'', tp ''kami'' om Enig?

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Tresna Asti:
Maaf, Tresna Asti non-muslim yach? Atw emg lg gk puasa? Huhu..maaf yach...^.^v

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Kok saya hampir yakin kalo itu monyet ya?
Tengkorak yang Bro Enigma postingkan mirip sekali dengan makhluk tersebut setelah dikuliti.

Linus Tua said...

Broer Enigma,coba dong di-cropping-kan foto tengkoraknya.supaya ada perbandingan
relatif antara tengkorak dan jari pemegang, serta jarak yang relatif sama antara
lensa kamera dan obyek.
kemungkinan perbedaan besar-kecilnya tengkorak itu bisa terjadi karena:
- pendapat teman2 di atas ditambah dengan
--- [mungkin]
--- telapak tangan yang memegang tengkorak itu lebarnya berbeda.
--- jarak kamera yang berlainan terhadap POI (Point of Interest), yaitu tengkorak.
--- jenis lensa kamera yang berbeda, sehingga memberikan efek hasil yang berbeda pula.

ternyata [peristiwa] ini bukan hoax.

--- Pagi hari sebelum mengadakan konfrensi pers, Deputi kepala polisi Mr.Regino Monteros yang memimpin tim peneliti makhluk misterius Ucumar di Cerro El Creston nampak tergesa-gesa menuju ruangan konfrensi setelah sarapan di ruangannya.
“buenos dias!”, kata beliau menyapa para wartawan dan tim peneliti yang telah hadir. “hari ini kita akan melihat bersama-sama potongan badan makhluk itu”.
Kemudian beliau membuka sebuah kotak, tetapi kemudian terdiam sesaat. “…jadi sarapan barusan tadi apa yang saya makan?” katanya dalam hati.
Dan hasilnya, hanya tengkoraknya saja yang bisa difoto pada konfrensi pers ini.

enigma said...

@Linus Tua: Kepala memang bisa terlihat lebih kecil apabila mengering. Jadi, tinggal kulit dan tengkorak saja. Dagingnya lenyap. Ini juga bisa terjadi pada manusia.
Lalu, coba pegang sebuah objek dengan posisi tangan seperti di foto pertama, lalu pegang objek itu dengan posisi tangan seperti pada foto kedua. Hasilnya tidak jauh berbeda. Artinya kepala itu tidak menyusut drastis.

By the way, saya suka dengan bakat anda membuat guyonan. Mengingatkan saya dengan Gus Dur. :D

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@anakkucing:
Numpang nimbrung yach...
Mgkn yg dmaxud Phenomena dgn ini:
"Jika orang tersebut bisa memotret tubuhnya, kenapa tidak bisa memotret bagian badannya
yang lain..?"

adlh..(mgkn) knapa cm kpalax yg dpotret, (mgkn yg dmaxud 'tubuhx' pd klmat Phenomena, adlh 'kpala'), knapa gk full body ajah? Soalx khan Martin mlihat makhluk itu trgntung..n mnurut om E, dia jg ikut memutilasi tbuh makhluk malang itu...hmm..smakin jnggal khan??

Anonymous said...

dari Tresna Asti

@myheart: hohoho, saya non.. Hee.. Iya marie kita saling memaafkan..
^,^b

dan semoga orang yg menembak makhluk malang yg jadi topik pembicaraan artikel kali ini juga dimaafkan atas dosa"nya.. Hee

a.waHyu.s said...

Waduh saya trtnggl jauh bngt..
Gara2 gk bsa OL nich..
Tpi gpp yg pntng bsa bca jg..
Hhe..

Wah tu mkhluk pnya tring gde gtu mkanan'a paan yha..?
Krnivora pa hrbivora yha..
Kera cybertooth tuch..
Wkwkwk..

a.waHyu.s

Anonymous said...

Malam mas Enigma, Ditunggu janjinya di tulisan Gravity Hill: Mysterious spot

cd99

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

wahhhh bukan hoax yaa...

tapi tunggu dulu... entah kenapa saya masih yakin kalo ini semua adalahh hoax...

alasannya :

-umur JS berubah seenaknya
-kepala makhluk tsb jd kecil (bahkan sangat kecil)
-berita ini belum menyebar di berbagai media (malahan mungkin berita ini cuma ada di Inexplicata.blogspot.com.... mungkin lho)

Kesimpulan :
1. (Hoax) mungkin ada orang yang membuat berita demikian dengan menggunakan foto yang lain agar memperdaya orang kalo urcumar itu ada

2. (semi hoax) kejadiannya memang ada... namun bukannya urcumar.. melainkan monkey aneh yang belum jelas speciesnya

Saya akan tunggu update an dari brother Enigma sambil mencari informasi lagi sebanyak-banyaknya....

haha...

Myhead 5012

Anonymous said...

bang, kok bulu di mukanya rontok seperti abis dikuliti ato disiram air raksa gitu? sampe berdarah2 hehe ..

jadi smakin susah didefinisikan sebagai kera klo mayatnya sudah cacat gitu hehe ..

btw, kalo itu beneran kera apa joaquin sarapura gak ditangkap atas tuduhan pembunuhan thd satwa yg dilindungi..??

-RA-

Anonymous said...

wah....tu makhluk tewasnya pas tgl ultah ku....kirain kepalanya mo dikirimin buat souvenir ultah...tapi ditungguin kok g nyampe2 ya? ;D

Ms. Terry

Bahrul Ulum said...

wah...ngeri juga ya kalau ada di indonesia.. BTW.. boleh tukaran link ndak ya mas Enigma ? Link blog anda sudah saya pasang di blog saya di Internet Marketing trims

beheerder said...

oke gan. sekarang, tepat malem ini, setelah baca ini, ane bener2 percaya adanya bigfoot, yeti dan sebagainya. menurut ane yang pasti mereka itu masuk dalam kingdom animalia cuma keberadaan, habitat dan penongolannya masih suka misterius aja. yes!!

Anonymous said...

udh puluhan x ngobok" blog ni,, tp blm pnh comment.. =,=
ikut gabung ea

emmh.. apkh mungkn ada konspirasi gt antra suspect n polisi ntu.. biar c tsngka trknal gr" jd pnemu mkhluk yg baru..

(menghayal.com)


el_zex

Aqila said...

Makasih ya kk, berhubung Aqila baru lahir, jadi mohon bimbingannya ya...jangan lupa senantiasa kunjungi Aqila kalo ada waktu luang.

Lica Lawliet said...

lama ga komen.. haha
hmm... kaya pernah liat model monyet ini... tp apa ya namanya??? uhhh... >.<a

Anonymous said...

Blog,minta ijin OOT.
saya baru aja baca buku Hitler Mati di Indonesia, memang saya juga telah membaca post2 enigma tentang kematian Hitler, bro juga udah membahas kemungkinan Hitler ke Indonesia kan?
tapi abiz baca buku itu saya jadi berpikir kembali. fakta2nya kayaknya lumayan menjamin, tentang dokter jerman di sumbawa besar yang bernama Dr.Poch, yang diduga Hitler, dilihat dari buku hariannya, kenal dgn orang2 Nazi, kemiripannya(menurutku ga terlalu mirip), ciri2 fisik dan penyakit/kelainan,sikapnya, dan celetuk nya kpd istri(Indo) atau teman2nya.
dia katanya sering ngaku hitler pd istrinya, juga ia bilang kalau tangannya kena parkinson/gemeteran gara2 dulu sering memukul2 meja saat bicara dengan tentaranya di Berlin.
Nah, aneh gga bro..
weleh saya kok menggurui, jgn2 bro enigma malah udah tau..
sori bro saya mau tanya, sukur2 kalau ditebus jadi post Q&A(kan udah lama ngga ada post Q&A)

Apa perkembangan terbaru dari berita kematian Hitler? apa pendapat terakhir dari para pakar bro?
juga menurut bro Enigma tentang teori hitler lari ke Indonesia itu gimana?ada kelemahannya?

Saint Germany

Sari said...

Wah, ternyata misteri makhluk misterius ini masih belum 100% terpecahkan, makasih buat update-nya Enigma..ditunggu tulisan selanjutnya yach.

Ngomong2 saya cari2 artikel ttg batu ICA - Peru, kayaknya belum ada yach ?
Saya sudah pernah nulis di blog saya :
http://widasarisaraswati.blogspot.com/2010/06/misteri-batu-kuno-peru-manusia-hidup.html
dan ini :
http://widasarisaraswati.blogspot.com/2010/06/video2-dan-bukti-lanjutan-batu-misteri.html

tapi rasanya belum mantap kalo belum baca ulasan Enigma, mohon penjelasannya dan tukeran link yuk (saya udah pasang link Enigma di blog saya)..makasih ^_^

Play Group said...

komen pertama , (ehm...)

ka, kepikiran enggak untuk menghilangkan kata - kata "blogspot" dari blog ini? atau mau bikin buku ttg postingan yang udah ditulis?

maap kalo enggak penting...

Anonymous said...

Ni John Doe,
Sepertinya tengkorak monyet biasa. Malah mungkin sejenis dengan monyet pembanding tersebut. Wajah monyet tersebut kan terkena peluru, jadi secara fisik jadi terlihat jauh berbeda. Seperti kasus Monster Mantouk.

enigma said...

@St Germany: saya belum baca bukunya. Mungkin setelah saya sudah baca baru saya komentar ya. :D

@Play Group: Menghilangkan kata Blogspot, tidak/belum kepikiran. Membuat buku, kepikiran.

@Sari: Ica stone memang belum pernah saya tulis. Tapi pasti akan saya tulis kok. O iya, linknya sdh saya pasang. Thanks ya.

Anonymous said...

@ Mr. E: come on.... kita dukung sejuta persen kalo bang enig mau membukukan analisa2 nya!!! :) keep the spirit bang!!! :D siapa tau mimpi saya ketemu bang enig dalam suatu acara bedah buku bisa jadi kenyataan...hehehehe

Ms. Terry

@_h0n_X said...

Bro, kalo bales komentar mending disertain nomer komentarnya.. Biar kami yang ngikutin komentar-komentar gila di atas ga kesulitan.. Pasalnya komentar posting ni dah lebih dari seratus.. Kalo pas ente nyaut komentarnya udah telat 4-5 komentar gimana? Kan jadi bingung kita nyarinya.. Thx

Memories said...

bang E, tukeran link dong
q dah masang link enigma di blog q
masuk blog http://ianfile-memories.blogspot.com/
masih sngat sdrhana :)

ibnu nadzir said...

mas udah bahas noah's ark minat ga? soal risetnya, terus foto yang banyak beredar di internet yang katanya di turki?

bmy1357 said...

singkat saja.
tolong research anda VIDEO MALAIKAT TURUN KE KA'BAH
terima kasih

Anonymous said...

Angulus Ludovici:
Bung Enigma, Alien Interview nya doongg...
Btw ada yang punya bukunya gak ya??

Anonymous said...

@ Mr. E: Yups...mudah2an terlaksana secepatnya... Amiin!!
booking ah... kalo buku Mr. E dah terbit, izinkan aku jadi yg pertama minta tandatangan di sampul depannya ya....? hehehehehehe

Ms. Terry

Anonymous said...

penghuni mars said,
bro enigma, tolong posting tentang boriska boys from mars. bener gak tuh??

Anonymous said...

Aku buka pake hape,gambarnya gk keliatan,item semua.. Mgkn musti tunggu buka lewat pc baru bs keliatan kali yah?

ucupcup said...

bener kan kepala kera..
tp gk tw kpla ny dikuliti atw gk

Reza Winandar said...

Kirain segede Kingkong, taunya cuma segede monyet biasa, palingan itu jenis monyet yang kelainan genetika.

Beruang said...

hllo om e ktmu lgi...
sbnernya komentnya gak nyambung bnget nih saya... :P
tpi tolong dijawab n di benri penjelasan yah...

apa lgi ini bulan puasa pmbhasan ini mungkin akan di gemari pembaca...

tolong buka web ini oom...
http://www.youtube.com/watch?v=jRlP6IgZp0M&feature=player_embedded

vdio nya katanya di ambil thun 2008, bner gak yah ?
tolog di bhas yah oom e...

edo said...

Mungkin aja itu semacam hewan Hybrid, tapi kalo diliat dari legenda mungkin itu semacam hewan khas yang jarang menampakkan diri

dwiero said...

Wah bener2 mahluk yg belum di ketahui sains modern kayaknya,.. oiya salam kembali buat My heart aduh sampe sekarang saya lupa nomor kamu my heart ...angka brp? 105? (oiya tolong bilangin sama Chris dan NAka kapan gitu mau komen jgn KKN atau PTT trus hahaha) salam buat Dea, Ratna asti, anakkkucing, Dea yg suka terbang hehehe...

mentemaravillosa said...

Saya sudah baca berita2 online dari argentina mengenai hal ini. Berita ini hanya muncul di koran2 daerah, tapi tidak di koran2 nasional mereka. Menurut laporan koran harian Propinsi Salta, penyelidikan dokter hewan lokal menyebutkan bhw makhluk tsb secara biologis dikategorikan sbb :
ordo : kera
familia : cebidae
genus : cebus apella (monyet capuchin)
tapi spesiesnya belum jelas.

BTW, Esteban itu anak Joaquin, bukan keponakannya.

kodzan said...

penemuan mahluk baru lagi ya? PR besar neh buat para ilmuan.... kita tunggu aja nanti hasil risetnya......

Nakashima said...

Kalau memang bukan rekayasa, saya setuju kalau itu adlh seekor kera, bukan ucumar.
Myheart Sweety, haha..lucu sampai menirukan suara siamang segala. Tp emg gk mustahil jg kalau itu ternyata adlh siamang. Sy setuju dgn argumen2 km sweety XD

Ehm, sepertinya km belum menyampaikan versi konspirasinya atau hoaxnya Sweety, itu yg km blg dgn 'ada apa2nya' kan? XD
Sini biar sy yg tulis. Haha..area bebab berhayal XD

Versi konspirasi :
Sbenarnya yg dibunuh si Joaquin emang benar adlh siamang. Tapi berhubung siamang gak dikenal di Argentina, pastinya kalau ada bakal dilindungi oleh UU, krn jd hewan eksotis di sana, pembunuhnya akan dijatuhi hukuman.
Joaquin jd takut, tp syg ulahnya udah terendus wartawan yg punya hidung anjing pelacak kasus. (Mgkn terlanjur ditelpon oleh keponakannya, saking bahagianya mereka punya bukti seekor ucumar). Haha..malang bg mereka, si wartawan tau itu makhluk eksotis (siamang) dan mengancam akan membongkar kasus pembunuhan ini ke publik. Sementara si wartawan jg udah terlanjur bikin heboh ke bos dan korannya kalau dia bakal bw pulang bukti otentik foto2 ucumar, yg pastinya akan mendongkarak penjualan korannya, dolar2 sdh terbayang dikepalanya.
Alhasil, terjadilah kongkalingkong diantara mereka. Sama2 cari aman. (Si wartawan ditutup mulutnya pake daun, eh, duit). Mereka 'make-over'lah si amang malang jadi seperti pada gmbar. Wajahnya dikuliti biar keliatan taringnya, matanya melotot..(mulut komat-kamit, matanya melotot...dasar kau keong racun!... Eh, loh? wkwkwk XD), yg disisakan cm kepalanya aja..foto full body sengaja gak diambil, soalnya kalau diambil bs ketauan bohongnya. Tambahkan sedikit alasan gombal tentang kutukan. Hembuskan opini itu adalah ucumar. Wakwakwk..hasilnya hebat! Heboh!
Berita pun tersebar, heboh, sampe blog Enigma! akhirnya yg berwenang menyelidikinya juga..
Dan ternyata...kisahnya bercabang lagi, maaf! Haha..
*Cabang 1:
Mereka dgn polosnya menunjukkan kepala siamang yg sdh di-makeover itu utk diidentifikasi. Tp pihak yg berwenang tidak berhasil mengenalinya. Dan yakin kalo itu adlh kera pada umumnya.

*Cabang 2:
Mereka dgn polosnya menunjukkan kepala siamang yg sdh di-makeover itu utk diidentifikasi. Tp pihak yg berwenang berhasil mengidentifikasi kalo itu adlh siamang. Terkejut, gembira dan marah, mereka (pihak berwenang) memutuskan TETAP MERAHASIAKAN keberadaan siamang di Argentina. Menimbang kalau diexpose ke publik, bs memancing pihak2 tak bertanggungjawab untuk 'mengamankan' siamang2 untuk dijadikan daun, eh duit..(kalau gk ngerti, maksudnya ditangkap utk dijual.. wkwkwk XD).
Utk menutupinya kpd publik, mereka (pihak berwenang) bilang itu adlh kera biasa, dan menunjukkan tengkorak kera capuchin weeper..
Nah yg ini gak rakyat gak pemerintah hobi bener dgn yg terselubung-terselubung..wkwkwk XD

(Eh, ternyata juga bersambung XD)

Nakashima said...

Kalau memang bukan rekayasa, saya setuju kalau itu adlh seekor kera, bukan ucumar.
Myheart Sweety, haha..lucu sampai menirukan suara siamang segala. Tp emg gk mustahil jg kalau itu ternyata adlh siamang. Sy setuju dgn argumen2 km sweety XD

Ehm, sepertinya km belum menyampaikan versi konspirasinya atau hoaxnya Sweety, itu yg km blg dgn 'ada apa2nya' kan? XD
Sini biar sy yg tulis. Haha..area bebab berhayal XD

Versi konspirasi :
Sbenarnya yg dibunuh si Joaquin emang benar adlh siamang. Tapi berhubung siamang gak dikenal di Argentina, pastinya kalau ada bakal dilindungi oleh UU, krn jd hewan eksotis di sana, pembunuhnya akan dijatuhi hukuman.
Joaquin jd takut, tp syg ulahnya udah terendus wartawan yg punya hidung anjing pelacak kasus. (Mgkn terlanjur ditelpon oleh keponakannya, saking bahagianya mereka punya bukti seekor ucumar). Haha..malang bg mereka, si wartawan tau itu makhluk eksotis (siamang) dan mengancam akan membongkar kasus pembunuhan ini ke publik. Sementara si wartawan jg udah terlanjur bikin heboh ke bos dan korannya kalau dia bakal bw pulang bukti otentik foto2 ucumar, yg pastinya akan mendongkarak penjualan korannya, dolar2 sdh terbayang dikepalanya.
Alhasil, terjadilah kongkalingkong diantara mereka. Sama2 cari aman. (Si wartawan ditutup mulutnya pake daun, eh, duit). Mereka 'make-over'lah si amang malang jadi seperti pada gmbar. Wajahnya dikuliti biar keliatan taringnya, matanya melotot..(mulut komat-kamit, matanya melotot...dasar kau keong racun!... Eh, loh? wkwkwk XD), yg disisakan cm kepalanya aja..foto full body sengaja gak diambil, soalnya kalau diambil bs ketauan bohongnya. Tambahkan sedikit alasan gombal tentang kutukan. Hembuskan opini itu adalah ucumar. Wakwakwk..hasilnya hebat! Heboh!
Berita pun tersebar, heboh, sampe blog Enigma! akhirnya yg berwenang menyelidikinya juga..
Dan ternyata...kisahnya bercabang lagi, maaf! Haha..
*Cabang 1:
Mereka dgn polosnya menunjukkan kepala siamang yg sdh di-makeover itu utk diidentifikasi. Tp pihak yg berwenang tidak berhasil mengenalinya. Dan yakin kalo itu adlh kera pada umumnya.

*Cabang 2:
Mereka dgn polosnya menunjukkan kepala siamang yg sdh di-makeover itu utk diidentifikasi. Tp pihak yg berwenang berhasil mengidentifikasi kalo itu adlh siamang. Terkejut, gembira dan marah, mereka (pihak berwenang) memutuskan TETAP MERAHASIAKAN keberadaan siamang di Argentina. Menimbang kalau diexpose ke publik, bs memancing pihak2 tak bertanggungjawab untuk 'mengamankan' siamang2 untuk dijadikan daun, eh duit..(kalau gk ngerti, maksudnya ditangkap utk dijual.. wkwkwk XD).
Utk menutupinya kpd publik, mereka (pihak berwenang) bilang itu adlh kera biasa, dan menunjukkan tengkorak kera capuchin weeper..
Nah yg ini gak rakyat gak pemerintah hobi bener dgn yg terselubung-terselubung..wkwkwk XD

(Eh, ternyata juga bersambung XD)

Nakashima said...

part 2


*Cabang 3:
Mereka dgn liciknya menunjukkan tengkorak kera capuchin weeper yg jg jd korban mereka buat menutupi kebohongan mereka. Trus, mereka pasang tampang pura2 bego. N akhirnya (syukurlah..lho?) pihak yg berwenang percaya. (Jd yg bego siapa yah? wkwkwk). Kmudian digelar keterangan pers bhwa itu cuma kera biasa yg blm teridentifikasi scr pasti.

NB: oya mgkn ada yg bertanya2 siapa yg jd wartawannya dlm cerita (hayalan saya, :p) di atas? Ada yg bs nebak?
Yup! Itu tuh si Martin. Wkwkwkw XD


Versi HOAX:
Sejak dulu Joaqin dan keponakannya (atau anaknya? ada yg blg bgtu), ingin membuktikan kepada dunia (wkwkwk) kalau ucumar itu ada, sayangnya mereka belum jg nemu. Yah, keinginan itupun memuncak dan mengantarkan mareka pd ide 'gila': ''kalau gak ketemu, knapa gak kita bikin aja ndiri?!''
Singkat cerita mereka mengarang cerita begitu rupa, seperti yg kita dengar. Dan merekayasa kepala ucumar mereka..
Bercabang lagi, (gomen nasai) hehe XD :
*Cabang 1:
Itu adlh kepala kera asli, trus di-makeover buat ngibulin dunia..wkwkwk XD
*Cabang 2:
Mereka adlh peternak yg penyayanng hewan. Jadi, Itu cuma manikin (boneka) yg sdh dipersiapkan khusus buat ngibulin dunia..wkwkwk XD

Okeh, sekarang jempol saya udah nyut-nyut ngetik. Silakan dipilih dipilih dipilih!
Haha..

@Myheart:
Sweety, sy setuju 1000 % dgn argumen2 kamu. And thanks for inspiring me to writing those above!
Slm syg dr abang Naka :)

mentemaravillosa said...

Oh ya tambahan info:

Alejandro Brown,seorang ketua Organisasi Ekolog di Propinsi Tucuman (tetangga Propinsi Salta) mengirimkan hipotesanya ke surat kabar El Tribuno (sumber berita yg dikutip inexplicata.blogspot.com).

Menurut Brown, makhluk misterius itu sebenarnya cuma monyet capuchin jantan biasa. Yang membuatnya terlihat seram justru krn di foto itu wajahnya sebagian sudah dikuliti, memberi kesan seolah wajah monster.
Kalaupun ada yang tak biasa dari monyet yg dibunuh Joaquin dan Esteban ini, adalah lokasinya. Monyet jenis ini banyak terdapat di beberapa wilayah lain di Argentina dan Amerika Latin lainnya, tapi tdk di daerah tempat tinggal Joaquin, mungkin itu sebabnya ia tidak mengenalinya. Menurut Brown lagi, hal ini mungkin menunjukkan wilayah sebaran monyet capuchin ini semakin meluas ke selatan.

Hipotesa saya pribadi, mungkin si monyet mengungsi dari habitat asalnya krn sdh terlalu banyak pembalakan liar.

@Nakashima & bung enigma: klarifikasi aja, sumber2 berita dari Argentina menyebut Esteban sebagai hijo (anak) bukan sobrino (keponakan) dari Joaquin.

enigma said...

@mentemaravillosa: Ini informasi yang sangat berharga. Saya memang ingin sekalian mengupdatenya, namun saya menunggu konfirmasi resmi dari otoritas yang menelitinya. Soalnya setelah saya baca, teori capuchin itu masih dalam tahap pendapat pribadi Mr.Brown.
Jadi, nanti akan sekalian saya update kalau ada konfirmasi resminya.
Thanks ya bro.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Naka:
Waah,,qereen ^0^
Pdhal q gk kpikiran loch,,cm ada feeling ajah kalo ada apa2x..hihi,,km bs mnjelaskanx..^.^
Tp, itu bkan khayalan koq, lbh tpat diblg kmgknan..hehe,,
Who knows jk yg trjdi emg kyk slh 1 kmgknan yg tulis?
Qeren euy,,jgn GR yach..^.^

Nakashima said...

Haha...
Kamsiah kamsiah Sweety XD
Jiah, salam syg sy kok gak direspon Sweety?

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

@Naka:
huhu...maux... :p
Yawdah slm balik :p

Anonymous said...

saya juga minta OOT...
coba cek http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4585391 dan update nya sampai halaman 46, dari page 1-46! kayaknya meyakinkan banget tuh! dan penjelasnannya agak masuk akal!

Saya, atau.... sebut saja SmokingWolf

Nakashima said...

Haha, thx Sweety. Salam syg sy km terima, walaupun malu2
Haha..senangnya saya :D

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Aih aih uda mule lg niy.. Pendar pendar cinta.. Uhuy!
Hihihi

Anonymous said...

foto nya beda.
yang bawah juauuuuuuuuuh lebih kecil

Anonymous said...

mas enigma kapan nih mengupas masalah jenglot?padahal benda/makhlut tersebut masih banyak misterinya lho.

nearmello said...

wah mukanya kayak ogre gitu
kayak mogul khan - axe di game warcraft, klo yg suka maen dota harusnya kebayang wajah dia tu

Anonymous said...

itu sebenarnya tidak ada yang misteri, itu hanya penemuan biasa yang sudah ada sejak lama, hanya baru ditemukan di argentina

VITA said...

boleh tukeran link!!!mas!!!back link punya saya ya!!ama ijin copi sebagian

grool said...

grool said..

gni klo nurutQ si,,jika dilihat dari ceritanya ada yg janggal si,,petani yg bawa senapan???
dimana yagh,,pekerjaanya petani urusan ma rumput kan,,ko bwa senapan,,tapi lain lagi kalo petani sapi,trus kalo dilihat dari gigi taring mahluk itu pasti tu mahluk makan daging,na mungkin juga suka makan daging manusia,na teruuus kejadian tu terjadi di malam hari kan,,gimana bisa ketahuan tu mahluk?? bisa2 klo petani kaget dimakan juga sama tu mahluk,,,gtu,,tpi gak tau juga orang namanya juga comment ngemeng apa ja kan boleh..

silvercyber19 said...

Ngg kok sepintas gitu mirip sama Owa Jawa ya??? Owa jawa kan kalo mringis gigi taringnya ampun-ampunan juga syeremnya...
apa mungkin sejenisnya owa jawa trus kalo di sana namanya Yeti argentina gitu???

Anonymous said...

gw baca ini sambil dengeer kucing yg melolong...suereeem makk (tau maksud kucing melolong kan bro? bukan hoax lho, kucing yg nngeluarin suara spt melolong :)

online-muda

Anonymous said...

sama bos, paling pengen tau kalo misteri misteri gini :)

Farid Mukhtar Fatah said...

wah nice info...
BTW, boleh tolong pasang blog saya di sini ga ? Thanks a lot ya...

Anonymous said...

Fenomena manusia aneh juga ada diblog ini .. yaitu mereka yg sibuk PERTAMAX comment di postingan org , entah papa untungnya bagi mereka itu .. ckckck

MUHAMMAD ILHAM ILHAM said...

"Jika ada perkembangan terbaru dari hasil penyelidikan mereka, saya akan kembali mengupdate berita ini. So keep following this blog."
Tapi kenapa postingannya tidak pernah diupdate sejak akhir 2011

IU said...

bro apakah berita ini ada perkembangan lbh lanjut?
thank :)

naLa ionlinerz said...

Mungkin itu kera yang kena kutuk karna durhaka sama emaknya hehehh :P

DANANG said...

MENYERAMKAN JUGA NIH GAN, btw sebagai blogger ane sangat terkesima dengan blog ente salu n mantab lah pokoke

Post a Comment