Thursday, September 23, 2010

Legenda Naga Cina dan penampakannya di dalam sejarah

Naga, makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Seluruh dunia memiliki legendanya masing-masing. Namun tidak bisa disangkal kalau Naga dari legenda Cina adalah yang paling menarik. Mungkinkah makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk dan memiliki cakar itu benar-benar ada?


Di Eropa, naga selalu dilambangkan sebagai makhluk yang jahat. Namun, bagi masyarakat Cina, naga melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Begitu besarnya penghormatan bangsa Cina kepada makhluk ini sehingga kaisar-kaisar yang gagah perkasa dengan bangga mengenakan gambar naga sebagai simbol mereka.

Bagi bangsa Cina, naga adalah salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapat penghormatan tertinggi. Tiga makhluk lainnya adalah Phoenix, Qilin (Kirin) dan Kura-kura. Namun diantara semuanya, naga adalah yang paling perkasa.

Karakteristik Naga dan angka 9
Di dalam mitologi Cina, naga memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka "9". Misalnya, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya.

1. Ia memiliki kepala seperti unta
2. Sisiknya seperti ikan
3. Tanduknya seperti rusa
4. Matanya seperti siluman
5. Telinganya seperti lembu
6. Lehernya seperti ular
7. Perutnya seperti tiram
8. Telapak kakinya seperti harimau
9. Dan Cakarnya seperti rajawali.

Selain 9 karakteristik itu, naga di dalam mitologi Cina disebut memiliki 9 orang anak yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Ia juga memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif).

Pada umumnya, naga Cina memiliki tiga atau empat cakar di masing-masing kaki. Namun kerajaan Cina menggunakan lambang naga dengan lima cakar untuk menunjukkan kalau sang Kaisar bukan naga biasa. Lambang ini kemudian menjadi lambang ekslusif yang hanya boleh digunakan oleh sang kaisar. Siapapun yang berani menggunakan lambang naga dengan 5 cakar akan segera dihukum mati.


Empat Jenis Naga
Dalam literatur Cina, paling tidak ditemukan lebih dari 100 nama naga yang berbeda-beda. Namun, untuk mudahnya, Naga Cina biasanya hanya digolongkan ke dalam empat jenis, yaitu:
  1. Tien Lung atau Naga Langit yang bertugas menjaga istana para dewa.
  2. Shen Lung atau Naga Spiritual yang berkuasa atas angin dan hujan
  3. Ti Lung atau Naga Bumi yang berkuasa atas air di permukaan bumi
  4. Fucang Lung atau Naga dunia bawah bumi yang bertugas menjaga harta karun yang ada di dalamnya.
Empat jenis naga tersebut mungkin berbau spiritual, tetapi seperti yang saya katakan di atas, masih ada sekitar 100 nama naga lainnya.

Dari sekitar 100 nama ini, terlihat kalau Naga Cina sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan makhluk spiritual. Bisa jadi, naga tersebut adalah hewan yang memiliki fisik yang nyata.

Karena itu, kita harus memisahkan antara Naga Spiritual dengan Naga sebagai hewan yang nyata.

Naga Cina dan Cryptozoology
Misalnya, Jiao Lung atau Naga Buaya. Naga jenis ini tidak bertanduk dan disebut sebagai pemimpin dari hewan-hewan air. Berdasarkan namanya, memang ada kemungkinan kalau naga jenis ini adalah seekor buaya. Penyebutan ini paralel dengan sebutan Komodo Dragon yang menggunakan nama naga untuk menyebut makhluk reptil raksasa Komodo. Nama ini jelas menunjukkan kalau Naga Cina tidak selalu berarti makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk, bersungut dan bercakar.

Contoh lainnya adalah Pan Lung atau Naga Spiral. Naga jenis ini berdiam di danau dan belum bisa naik ke langit untuk menjadi makhluk spiritual. Naga jenis ini bisa jadi merujuk kepada makhluk air serupa ular atau belut. Contohnya adalah Oarfish (yang hidup di laut) yang memiliki karakteristik cukup unik sehingga orang sering membandingkannya dengan naga Cina.


Ada kemungkinan kalau penampakan makhluk serupa Oarfish di danau-danau Cina telah dianggap sebagai penampakan naga.

Lalu, ada Fei Lung alias Naga Terbang. Naga ini memiliki sayap dan mengendarai awan dan kabut. Menariknya, nama ini juga digunakan untuk menyebut Pterosaurus dalam bahasa mandarin. Fei Lung mungkin adalah jenis naga yang sama dengan naga Eropa.

Penampakan Naga di dalam sejarah Cina
Jika sebagian Naga Cina bisa dikategorikan ke dalam makhluk Cryptid, pernahkah ada kesaksian mengenai penampakannya?

Jawabannya: Ada!

Sejarah negara Cina telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi. Dalam kurun waktu tersebut, para cendikiawan mendokumentasikan setiap peristiwa dalam catatan-catatan yang rapi, termasuk peristiwa terlihatnya naga di berbagai tempat di Cina.

Namun, peristiwa yang dituangkan ke dalamnya mungkin telah diinterpretasikan berdasarkan pemahaman dan kebudayaan bangsa Cina masa lampau sehingga sebagian kisah itu terdengar cukup mistis. Namun, kisah lainnya memiliki kemiripan dengan kasus perjumpaan dengan makhluk Cryptid.

Salah satu contoh peristiwa penampakan naga tercatat dalam buku Recording for the Jiaxing Regional Government yang menceritakan kalau pada bulan September 1588, seekor naga berwarna putih terlihat terbang di atas permukaan danau Ping di wilayah Pinghu, propinsi Zhejiang. Cahaya yang keluar dari naga putih tersebut begitu terangnya sehingga menerangi sebagian langit dengan warna merah yang terang benderang.

Dalam buku lainnya, Recording for the Songjiang Regional Government, disebutkan kalau 20 tahun setelah penampakan naga putih di danau Ping itu, seekor naga putih serupa juga terlihat terbang di atas sungai Huangpu di Songjiang, Shanghai. Naga itu terlihat pada bulan Juli 1608. Seorang saksi mata mengaku melihat seorang dewa sedang berdiri di kepala naga itu.

Kesaksian mengenai adanya dewa yang mengendarai naga tersebut adalah contoh kesaksian perjumpaan dengan naga sebagai makhluk spiritual. Di samping itu, ada kesaksian-kesaksian lainnya yang sama sekali tidak menyebutkan adanya dewa atau naga yang terbang. Kesaksian-kesaksian ini terdengar sangat mirip dengan kisah-kisah penampakan makhluk cryptid pada umumnya. Di bawah ini beberapa contohnya:

Pada tahun ke-24 masa pemerintahan Kaisar Jian'an dari dinasti Dong Han (219 Masehi), seekor naga berwarna kuning muncul di sungai Chishui di kota Wuyang dan berdiam disitu hingga sembilan hari lamanya sebelum akhirnya pergi. Setelah itu, para penduduk desa membangun sebuah kuil disitu dan sebuah prasasti dibuat sebagai penghormatan kepada naga tersebut.

Pada bulan April tahun 345 Masehi, tahun pertama pemerintahan kaisar Yonghe, dua ekor naga, satu berwarna putih dan yang lainnya berwarna hitam, muncul di gunung Long. Peristiwa munculnya naga ini membuat kaisar Murong dari kerajaan Yan memimpin sejumlah pejabatnya menuju gunung itu untuk melihat naga-naga tersebut. Ketika sampai disana, mereka mengadakan upacara keagamaan pada jarak 200 yard dari kedua naga tersebut.

Ratusan tahun kemudian, di gunung yang sama, seekor naga kembali muncul. Peristiwa ini dicatat dalam buku History of the Yuan Dinasty:
"Pada bulan Juli, tahun ke-27 masa pemerintahan kaisar Zhiyuan (1290 Masehi), seekor naga muncul di dekat gunung Long di wilayah Linxong, propinsi Shandong. Naga itu mampu membuat sebuah batu besar melayang di udara."
Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana cara naga tersebut membuat batu besar itu melayang.

Tahun 1162, seekor naga mati disebut ditemukan di danau Taibai. Naga ini memiliki sungut yang panjang dengan sisik yang besar. Punggungnya berwarna hitam sedangkan perutnya berwarna putih. Di punggungnya ada sebuah sirip, sedangkan di kepalanya ada dua tanduk besar. Karena makhluk itu mengeluarkan bau yang tidak sedap, para penduduk kemudian menutupinya dengan matras. Otoritas setempat pun segera memerintahkan pengadaan upacara sembahyang di lokasi itu. Satu hari setelah penemuan itu, bangkai naga itu hilang entah kemana.

Kesaksian lainnya dicatat oleh buku Recording for the Lin'an Regional Government yang menceritakan kalau pada tahun 1631, tahun ke-4 masa pemerintahan kaisar Chongzhen, seekor naga besar terlihat di sebuah danau di propinsi Yunan. Karena kemunculan ini, danau tersebut kemudian diberi nama Yilong yang berarti danau naga misterius. Nama ini masih digunakan hingga sekarang.

Buku lainnya, Amanded Recording of the Tang Dinasty, mencatat peristiwa penemuan seekor naga mati berwarna hitam di teritori Tongcheng. Peristiwa ini terjadi pada tahun terakhir pemerintahan kaisar Xiantong. Menariknya, buku ini memberikan deskripsi yang cukup detail mengenai naga tersebut. Disebutkan kalau panjang naga itu adalah sekitar 30 meter dimana setengahnya adalah ekornya. Ujung ekor naga tersebut pipih, sisiknya seperti ikan dan di kepalanya tumbuh dua tanduk. Sungut di samping mulutnya memiliki panjang 6 meter. Kakinya yang tumbuh di perutnya memiliki lapisan berwarna merah. Deskripsi ini sangat mirip dengan gambaran naga Cina klasik.

Buku Seven Books and Scriptures tulisan Long Ying juga mencatat peristiwa penemuan naga yang terjadi pada tahun terakhir pemerintahan kaisar Chenghua dari dinasti Ming. Naga itu ditemukan di pantai Xinhui, propinsi Guangdong. Nelayan yang melihatnya memukul makhluk itu hingga mati. Panjang naga tersebut kurang lebih 10 meter dan terlihat mirip dengan naga dalam lukisan-lukisan klasik. Kisah ini cukup aneh karena seorang nelayan yang melihat naga umumnya tidak akan memukulnya sampai mati, mengingat bangsa Cina sangat menghormati makhluk ini. Mungkin makhluk itu mengganggu sang nelayan, namun kita tidak bisa memastikannya.

Buku History for the Yongping Regional Government mencatat kalau pada musim semi tahun ke-19 masa pemerintahan kaisar Daoguang (1839), seekor naga ditemukan di pinggir sungai Luanhe di wilayah Laoting. Bangkai naga itu terlihat dikerubungi oleh lalat dan belatung. Penduduk lokal kemudian membangun sebuah tempat perlindungan untuk melindunginya dari sinar matahari langsung. Mereka juga menyiram air dingin ke tubuhnya. Legenda menyebutkan kalau tiga hari kemudian, Naga itu kembali hidup dan pergi begitu saja.

Peristiwa termodern yang menyangkut penemuan naga adalah yang terjadi pada Agustus 1944. Seekor naga hitam diberitakan jatuh ke tanah di desa Weizi di halaman rumah keluarga Chen, sekitar 9,4 mil barat laut wilayah Zhaoyuan, di sebelah selatan sungai Mudan di propinsi Heilongjiang. Naga hitam itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. Para saksi mata mengatakan bahwa makhluk ini memiliki tanduk di atas kepalanya dan sisik yang menutupi seluruh tubuhnya. Makhluk itu memiliki bau seperti ikan yang menarik lalat untuk mengerumuninya.

Dari semua kesaksian itu, muncul satu pertanyaan yang menarik. Jika Naga yang disebutkan dalam sebagian kesaksian tersebut adalah hewan yang nyata, maka hewan apakah yang memiliki tubuh seperti ular, bertanduk, berkaki dan memiliki sungut di sisi mulutnya?

Itulah misterinya.

(wikipedia, theepochtimes.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

145 comments:

Anonymous said...

pertamax.... horeee..... naga.. mysteri yang tak terduga bagusnya.. kita lihat saja.. kapan lagi kemunculanya.....

By ; valentino 'anu' briliantara

Anonymous said...

Naga? Di indonesia juga ada deh. Tapi kayaknya cuma yang spiritual.

K' said...

hmmm..kayaknya kalo di mythology timur bukan unicorn deh bang e,mungkin yang dimaksud adalah kirin.
K'

enigma said...

@K: Kirin itu bahasa Jepang. Bahasa mandarinnya adalah Qilin. Makhluk itu sering disebut sebagai Chinese Unicorn. Tapi, kamu memang benar, menggunakan kata unicorn bisa membingungkan. Jadi, sudah saya ganti dengan Qilin (Kirin). Thanks atas koreksinya :)

Anonymous said...

Asdasdasd>>>mantra gagal yang penting nampang dipejwan dulu

nyimak dulu om komeng nyusul

by:aprian sevenfoldism
powered:blog mobile

Anonymous said...

a.waHyu.s said...

Waw tngah mlm lgy postng'a..

Naga china hewan lgnda fvort saya nich..
Haha..

Coba naga bnar2 ada dan stiap liat k awan ada naga yg trbang..
Serem jg ngbyangn'a..
Hwan bsar bgtu trbng dsktr qta..
Haha

klw yg nymbur api tu vrsi eropa yha...?
(agk lupa.. Hhe)


posting truz Mr.E

a.waHyu.s

Anonymous said...

selamat malam bang enigma..saya syarif..bang enigma tolong dong bahas tentang BLUE BEAM PROJECT.penasaran aza karena jika benar akan ada kepanikan dan penghancuran MASSAL

Anonymous said...

Oryza sativa ngomong...
Lewat sudah 5 besarq...
Huhft...

james said...

ada yang nemuin naga? mitos yang di besar2in aja biar bukunya laris ..
belum bisa percaya soalnya belum ada bukti yang bisa dilihat mata ! masi sekedar cerita2 ..
nice posting sob :)

Anonymous said...

ke empat belasxxxxx
baca dulu gan lam kenal
by baragajul

Anonymous said...

Mmm...

Penampakan naga pada msalalu emg sering trlihat dr literatur yg ada, tp lbih k makhluk mistis. Dari yg udh mati tiba2 ngilang ato bisa hidup lg
-waluyo-

myeyes0125 said...

hmm.. Antara percaya dan tidak.
Kalau naga cuma makhluk imajinasi orang cina kenapa begitu mendarah daging. Kalau makhluk nyata memang belum ada bukti nyata keberadaannya, foto misalnya.
Saya jadi teringat cerita dari ibu saya. Waktu beliau masih kecil dan bermain-main di pekuburan. Ada sebatang kayu sebesar pohon kelapa, panjang dan licin. Pendek cerita batang itu dibacok oleh teman ibu dan ternyata berdarah. Tak lama batang itu bergerak. Gerakannya mirip ular tapi memiliki kaki. Sayang ibu tidak melihat kepalanya. Mungkinkah itu naga atau cuma ular besar?

Anonymous said...

land lord lawie said :
"di berita baru2 ini ditemukan tulang naga di indonesia - aceh apa dimana ...
hoax kah ??

Anonymous said...

Lalu mnurut bang enigma, bgmana ttg 'pnampkan naga' di tibet bbrp wkt yg lalu i2?
Jd tringat sma Shen Longnya Drgon ball,he..he

Vahn'S

Anonymous said...

Dulu waktu kecil pernah dengar atau baca ya (lupa -_-)suatu kisah seseorang yang kesusahan karena sangat miskin tiba-tiba melihat seekor naga melintas di langit, sejak itu dia mendapatkan keberutungan & kekayaan berlimpah. Setelah baca itu kalau melihat ke langit suka berharap bisa melihat "sang naga" melintas dengan harapan dapat nasib serupa dengan si tokoh di kisah itu (HARAP.COM) hahaha....
Tuadijalan

Anonymous said...

Waahhh...sdah ada postingan baru neeh...

Ijin baca dulu ya om...

X-Zone said...

Bang E apa ga ada dokumentasi sedikitpun tentang naga yang menujukan bahwa bahwa naga itu nyata bukan hanya mitos/atau mahkluk mistis?,dan klo memang itu termasuk mahkluk/hewan purba,apakah pernah ditemukan fosilnya?Nice post bang E

Zetta said...

Ternyata ada juga ada catatan sejarah penampakan naga dan cukup dpt menggambarkan deskripsi naga itu
Tapi, bagaimana dengan keberadaanya di masa ini?
Kalau ada sesekali media massa ngeliputin penampakan makhluk ini

enigma said...

@land Lord Lawie: itu bukan tulang naga, tapi tulang ikan paus.

Anonymous said...

ijin nyimak.....
Misteri yg d indo kk....
Bnyk yg seru tuh

Anonymous said...

Naga memang mistery yang belum bisa dipecahkan,
Tapi, sayangny naga gak ada fosilny, lain dengan dinosaurus yang ada fosil berupa tulang belulang. Sedangkan naga cuma dari cerita dan dekripsi dari masa lalu.
Tapi, kak enigma.. Apa postingan yg dulu foto pnampkan naga dgunung himalaya sudah cukup mbuktikan kalau naga benar-benar ada...

By.Sinz

Anonymous said...

kemungkinan besar legenda naga itu benar adanya, soalnya hampir semua culture di seluruh dunia mempunyai mitos naga atw mahluk mirip naga masing2.
dengan probability seperti itu sy rasa kemungkinan pernah adanya naga atw masih adanya naga sangat besar.

MOH. Aris Taufik said...

bang, di internet sudah menyebar, katanya di Bangka Belitung di temukan tulang seekor naga, tolong di posting ya bang..

enigma said...

@moh aris taufik: sebenarnya kalau kita membaca isi berita penemuan tulang itu, maka disebutkan dgn jelas kalau itu adl tulang ikan paus. Yg membuat org mengira itu naga adalah judul beritanya sj yg memang dibuat utk tujuan mengheboh2kan.

enigma said...

@sinz: soal postingan saya terdahulu mengenai foto naga himalaya, saya kira itu tdk bs jadi bukti. Malah saya rasa foto itu adl hasil photoshop.

Yakin79 said...

Mungkin dlu nya naga mmg benar2 ada ya, krn para arkeolog di china pernah menemukan fosil nya, klo kita disini kan selalu menganggap nya sbg mahluk gaib, nice article bro, thank's ya bro enigma atas link nya

harits indi pradana said...

"Dari semua kesaksian itu, muncul satu pertanyaan yang menarik. Jika Naga yang disebutkan dalam sebagian kesaksian tersebut adalah hewan yang nyata, maka hewan apakah yang memiliki tubuh seperti ular dan memiliki tanduk di kepalanya?"

ada kok bang.. :3

http://www.toptraders-egypt.com/Resources/horned-viper-w.jpg

jeff1989 said...

nah ini yg saya tunggu2... Lanjutkan cari naganya...hehehe

enigma said...

@harits: haha. Tentu saja maksud saya adl tanduk spt rusa dan kaki tentu sj. Tapi, saya akan koreksi kalimatnya spy tdk rancu.

Anonymous said...

setan berkolor said..

Kalo diindonesia jg ada tuh!namanya PE MU LUNG,disebut juga naga penjaga kota,karena dia selalu menjaga kota dari sampah yg mengotori dan merusak lingkungan,habitatnya dikota2 yg padat,ada yg bersungut(sampai kpn saya terus begini..hehe)dan ada jg yg polos(awas ketepu sampeyan!wkwkwk),klo ada yg berminat,ntar saya tangkap satu.peace!

Anonymous said...

emm,, hy all^^
cuma mo ikut unjuk bicara,,
kalo menurut saya sih,, naga mnuruk warga cina, kepercayaan terhadap naga itu dah mendarah daging sama seperti kita percaya dengan Tuhan,, jadi ga bisa di jabarkan menurut logika ato bukti bukti,,
jadi ga bisa d bilang hoax karena mreka(warga cina)percaya dengan naga seperti kita percaya akan Tuhan,, ya itu cuma menurut saya,, maaf kalo ada salah kata kata,,
by "O"

hinata_17 said...

waaaaaahh.....ketinggalan lagi bang....
gara2 hotspot asramaQ sering lemot nieh....


ok, firstly, i'd like to say "good posting bang Enig......."

secondly, aq jadi bingung ni ma orang china, mereka yg terlalu mistis atau aq yg terlalu skeptis.....???? koq naga2 itu cuma muncul di china, n kenapa makhluk yg mirip dg deskripsi mereka gag pernah jatuh di indonesia atau di saudi arabia gitu....????

au ah, pusink mikirnya....

but overall, thanks buat bang enig, aq jadi tambah pengetahuannya.... :)

enigma said...

@hinata_17: kalau misalnya hewan yang memiliki deskripsi seperti naga itu benar-benar hewan nyata dan hanya hidup di Cina, maka wajar saja hanya masyarakat Cina yang pernah melihatnya. Contohnya seperti Panda yang ekslusif hanya ada di Cina atau Komodo yang hanya ada di indonesia.

Kalau misalnya kita menganggap naga Cina murni mitologi, maka jangan heran. Sebenarnya, di seluruh negara di dunia memiliki kesukaannya sendiri akan makhluk mitologi. Kalau di Cina ada naga, maka di Indonesia juga ada Garuda yang juga merupakan makhluk mitologi. Bahkan kita sampai menjadikannya lambang negara.

Anonymous said...

dz ka ..said

bg enigma ...tanya donk^^

yang ditemukan di indonesia itu masih turunan naga ga tu??

makasih^^

_dz ka_

enigma said...

@dzka: sama sekali tdk ada hubungan dgn naga. Itu kerangka ikan paus.

Anonymous said...

Oryza Sativa ngomong...
bagi yg butuh cerita tentang naga dari Indonesia nih aku punya...
dulu waktu aku tinggal di Kaltim tepatnya di Kabupaten Berau (ada di peta kok)ada bandara yg namanya Lungsuran Naga.
Cuman gag dipake. Dinamain kek gitu karena orang2 yg dulu udah lama tinggal disitu pernah ngeliat naga yg lagi berdiri trus tiba2 ngelungsur diair.
N airnya itu berada didepan landasan udara.
Yah kejadiannya itu pastinya sebelum ada bandaranya ya.
Lama setelah kejadian itu, barulah tempat itu dibangun jadi bandara. tapi yah g dipake.
Lokasi pastinya itu di wilayah pabrik PT.Kiani Kertas jadi dijamin asli.
klo masalah fosil katanya ada kok di Aceh.
Gak ada fotonya karena dilarang difoto sama penduduk sekitar.
Maklum orang Indonesia kan suka takut tulah alias takut kenapa2...


Satisfied????

Anonymous said...

bravo enigma, btw bisa bahas tentang ini ga?http://www.thewatcherfiles.com/greys.htm..sepertinya menarik ^__^

Anonymous said...

My Brain atau my mind berkata :
kok bisa ya naga itu terbang pdhl gak ada sayapnya, dan kalopun ada ukuran sayapnya pun juga gak sebanding utk mengangkat berat tubuhnya...jd bs jadi tuh naga di cina sbnrnya cm mitos aja...
trus menurut bang enigma ada gak sumber2 yang pernah menjelaskan soal naga kalo naga itu juga bener2 bisa menyemburkan api dari mulutnya? kira2 sumber apinya dari mana ya bang?

Anonymous said...

Bro E, kok gambar ke-2nya hanya 4 cakar pada kaki naga, pdhl penjelasan di atasnya ttg 5 cakar. knp ga pake gambar Naga 5 cakar aja Bro E.. takut dihukum ya.. (berdasarkan penjelasan di atas).. hehehe....

jemon said...

nais posting.

mas E, ngga tertarik ngebahas tentang spongebob?
Katanya gak bakal tayang lg, krn bikinibotomnya musnah gara2 BP.

Anonymous said...

ada ko' Om, naga di Indonesia, bukan hanya ekslusif di China, yaitu :

- NAGA, vokalisnya Lyla
- NAGAswara, ngumpul2nya artis
- NAGAri, sebutan daerah di Sumatera Barat
- dan yang pastinya NAGA BONAR!!!

hahahaha...

Maap ya Om... hehehe... piss..

nice posting Om Enigma...
Good job...

Anonymous said...

aspartham said :

kalo naga cina yg berbentuk ular itu...bagaimana dia bisa terbang yah??? kan gak ada sayapnyah

Anonymous said...

̿̿̿ ̿' ̿'\̵͇̿̿\з=(•̪●)=ε/̵͇̿̿/'̿'̿ ̿

hinata_17 said...

woooow.....
aq koq baru tau bang, kalo burung garuda itu sebuah mitos, hehehehe.....(malu mode: on)

ya kalo naga itu dimasukkin spesies unik china, ya masuk akal aja kalo cuma orang china yang pernah liat, kayak panda,,,,

tapi panda kan ada foto2nya banyak di google, knp naga gag yah....


kayaknya naga itu makhluk mistis deh,,,,,

Anonymous said...

Di Indonesia ada juga naga--yaitu BAU NAGA....
Brur aku selalu baca artikel brur nih...
bagus dan terpenting kritis terhadap hal2 yang hoax--ane jadi tau mana yang peristiwa misteri yang bener dan yang hoax dari tulisan broer punya..
Keep posting broer....

enigma said...

@hinata_17: sbnrnya panda jg br ditemukan thn 1869. Sebelum ditemukan, Selama ratusan thn, panda dianggap sbg makhluk cryptid. Mungkin suatu hari naga jg bs ditemukan spt panda :)

tukul arwana said...

bagaimana dengan siluman naga yang menghuni segala penjuru laut di cina???
(•̪●)

rawins said...

waktu kecil, sungai citandui airnya hitam legam karena gunung galunggung meletus. orang-orang di kampungku heboh karena banyak buaya naik ke darat. trus ada juga yang disebut "uling" keluar dari sungai ketangkep. sayang aku masih terlalu kecil sehingga ga boleh mendekat sehingga ga pernah tahu wujudnya seperti apa. cuma kalo dengar cerita orang-orang itu seperti belut raksasa tapi bersisik, bersungut dan bertanduk. soal berkaki apa engga aku ga pernah tanya, cuma katanya makhluk itu suka sekali menculik bayi untuk dimakan.
apa itu termasuk naga dari jawa. tapi kalo itu benar nyata, kenapa aku hanya sekali melihat orang-orang heboh menangkapnya..?

mariasunarto said...

kalau kenyataan didaerahku namanya leang leong, tahun baru china keluarnya, asyik juga tulisannya gan

enigma said...

@My Brain atau my mind: soal naga penyembur api kebanyakan memang berasal dari legenda naga dunia barat. Ada satu teori mengenai darimana apinya berasal (kalau naga memang ada), yaitu di tubuhnya ada tempat penyimpanan substansi kimia yang kalau bergabung bisa mengeluarkan api. Namun ini masih teori saja.

@Aspatham: naga yang berupa ular terbang itu sbnrnya condong ke naga spiritual. Jadi bisa saja itu memang bukan hewan yang nyata.

@tukul arwana: Kalau naga penguasa lautan itu namanya Longwang atau raja naga. Naga jenis ini memang ada di legenda cina. Jumlahnya ada empat dan masing-masing berkuasa atas lautan di empat penjuru cina.

Anonymous said...

werlington
sepertinya kalo naga lebih masuk ke mitologi dari pada cryptid karena selain sampai saat ini belum ada bukti riil setelah sekian ratus/ribu tahun dan ular naga hanya ada dalam kebudayaan cina dan sekitarnya.tidak seperti panda yg dulunya di anggap cryptid sampai sekarang di ketahui,atau seperti nessi yang banyak klaim fotonya.dan yang paling aneh adalah "habitat"nya yang gak masuk akal seperti di langit atau di dalam tanah."memang ular naga itu sulit dimasukan kedalam mitologi karena kepercayaan orang cina terlalu kuat terhadap keberadaan ular naga"
good post bozzz...i like this posting
kan selalu ku tunggu postingannya bozzz...

Anonymous said...

dari Tresna Asti

selamat untuk Valentino..
\(^-^ )/

di Indonesia ada ga ya cerita ato mitos ttg naga Kak??

Wah! Saya baru tahu panda dkira makhluk cryptid dolo..
O_o

Reno Fizaldy said...

Saya jadi teringat dengan perkataan nenek buyut saya (waktu itu beliau masih hidup waktu saya masih kecil) dia orang jawa asli dari keraton solo, dia pernah bercerita ke saya kalau naga itu benar2 ada dan nenek buyut saya tersebut katanya sering melihat naga pada setiap malam satu suro pada tengah malam sedang terbang melintas di atas langit... Saya jadi bingung, akhirnya pada suatu malam satu suro saya bela2in gak tidur n ngeliat langit malam waktu itu tapi saya tetap gak ngeliat ada naga terbang tuh...
Apakah itu termasuk naga spiritual ya bung enigma? Soalnya atau konon kan orang2 dulu itu terkenal akan ilmu spiritualnya, apalagi nenek buyut saya, dia dari dulu udah terkenal akan ilmu spiritualnya....

Thank

K 7 said...

Ini pertama kalinya saya komen setelah satu setengah tahun. Apakah ada kemungkinan karena naga ini berbentuk seperti ular, apa mungkin naga ini seperti ular yang bisa "terbang" itu. karena lebih besar, mungkin lompatannya lebih tinggi dan jauh sehingga sering disalah artikan terbang.

dan di sisi lain, mungkin naga ini memang ada. tapi melihat pemerintahan cina yang terpusat, mungkin pemerintah menutupinya (wah, konsporasi dong). yah, ini cuma teori saya.

Anonymous said...

Kok kebanyakan naganya muncul deket air ya??
entah sungai atau gak danau...

Kenapa yah???

Anonymous said...

Muke_Gile said.....

Klo menurut pendapat saya sih Naga2 itu adalah PRODUK SPIRITUAL,,salah satu ciri produk spiritual adlh sulit diabaikan eksistensinya (beratus2 keterangan saksi dr berbagai belahan dunia),namun sulit jg dibuktikan menurut fakta (tdk adanya fosil nyata)...
Dalam mitologi jawa memang ada kategori makhluk multi dimensi seperti itu,,yg walaupun saat berada di dunia nyata fisiknya bisa terlihat,bisa diraba,dan bisa dirasa,tp ada aturan yg mengikat bhwa jasad tdk boleh tersisa & meninggalkan petunjuk di alam dunia,,oleh sebab itu manakala mkhluk itu mati di alam dunia maka tak akan lama jasadnya akan ditarik kmbali ke dlm dimensi asalnya,yg orang jawa menyebutnya "MOKSA",,sehingga dlm wktu tertentu jasadnya PASTI akan hilang dr dunia nyata...
demikian penjelasan singkat dr sudut pandang spiritual,,semoga semakin memperkaya wawasan & bs dijadikan sebagai alternatif jawaban....

of course,,CMIIW....
^_^

Anonymous said...

@tresna ati. Ada koq, salah satunya mitos tentang terbentuknya Rawa Pening di Banyubiru, Salatiga, Jawa Tengah. Dan mitos munculnya Bledug Kuwu yang konon terbentuk karena ulah dari naga Baru Klinthing. Bahkan kalo kmu pernah melihat wayang kulit, klo diperhatikan secara seksama pada Gunungan wayang juga terdapat motif naga. Kalo ga pernah liat wayang, ya kmu cba liat di keping uang perak 100rp edisi tahun 70an. Itu ada gambar gunungan wayang yg bisa dijadikan referensi, walo g tlalu jelas... Btw bang Enigma, masak seh burung Garuda itu mitologi Jawa? Bukannya termasuk sejenis elang jawa yang udah punah?

John said...

klo 2 ekor naga d atas gunung himalaya yg pnah tertangkap kamera pd taun 2004 asli apa hoax???

splatt kotga said...

wahhh bagussssssss!!!!keren2... ceritanya apikk...

enigma said...

@tresna asti: garuda itu berasal dari mitologi hindu, bkn elang jawa.

Lica Lawliet said...

Hmm.. Aneh.. Diatas diceritakan klo naga itu disembah2 di Cina dr jaman dulu.. Tp koq ada 1 org yg ktmu naga malah dipukul smp mati? Bkn warga Cina kah? Haha

MJ said...

@anonymous no 29 (kalo gak salah urutannya):
Dulu, fosil dinosaurus yg ditemukan di Cina dianggap tulang2/sisa2 dari naga dan dipercaya memiliki kasiat tertentu. Oleh tabib, kemudian digerus dan dicampur dgn obat (atau dijadikan obat secara langsung setelah digerus? Aku lupa detailnya!).

@Untuk bang enigma, mungkinkah legenda naga cina terbentuk karena imajinasi setelah melihat fosil dino? dan kemudian melihat ular raksasa sehingga pikiran yg masih terbawa imajinasi menganggapnya naga(ular bertanduk dan berkaki)?

enigma said...

@Lica Lawliet: setuju, kisah itu memang agak aneh. Mungkin nelayannya mengira makhluk itu hendak mengganggunya atau naga itu tidak mirip dengan naga klasik sehingga nelayan itu menganggapnya bukan sebagai naga.

@MJ: Salah satu teorinya seperti itu. Namun kalau itu memang benar, artinya bangsa cina sudah pernah menemukan fosil makhluk purba ribuan tahun yang lalu.

aw3ng said...

@ Tresna Asti:
dari Tresna Asti:
di Indonesia ada ga ya cerita ato mitos ttg naga Kak??

ada...
tuh, Baruklinting...
yg skr jd tombak pusaka di salah satu kraton di Jawa Tengah...heheheee....tp itu mitos, sbgmn jg Nyi Roro Kidul (klo g salah lebar, spanjang pantai selatan pulau jawa knal yg 1 ini...)

@bro En: dr tulisan diatas, brarti naga2 itu tinggal di air dong...

Makhluk itu memiliki bau seperti ikan yang menarik lalat untuk mengerumuninya...

kynya; klo g salah, apapun klo trlalu lama dlm air baunya gt....

enigma said...

@aw3ng: kan ada sktr 100 jenis naga di cina. Tmsk yg tggl di air. Kisah2 penampakan itu kemungkinan menceritakan naga yg tggl di air.

Anonymous said...

Mitos naga di Indonesia ada banyak. di jawa, cerita bledug kuwu salah satu contohnya; di kalimantan suku dayak atau yg spesifik lagi di balikpapan ada mitos jika hujan 3 hari berturut2 pertanda kemunculan naga dan banjir, dan menurut ceritanya akan ada bekasnya di tempat air banjirnya lewat.

Anonymous said...

bang enigma ini syarif..kok comment saya ngga di bales..saya kan penggemar blog ini udah lama..bahas donk tentang BLUE BEAM PROJECT..please balessss.

enigma said...

@Reno: Tentu saja itu naga spiritual.

@Syarif: Saya kira itu bukan pertanyaan, tapi pernyataan, makanya tidak saya jawab. Soal blue beam mungkin tidak saya tulis karena mengandung isu agama.

Anonymous said...

dari Tresna Asti

to anonymous no 68: wahh banyak yang salah tulis nama saya.. hihihi
yang saya tahu burung Jataru (rasanya gini sih namanya), juga dibilang Garuda.. itu loh yg ada di cerita Ramayana..

to aw3ng: ternyata banyak yaa cerita tentang naga di Indonesia... sayaa baru tau..

to Kak Enigma: lapor Kak, yang nanyak soal Garuda itu bukan saya.. hahahaah
^_^v

Mery Louis said...

hmm gimana caranya nelayan memukul mati seekor naga yg panjangnya berapa meter ?... sekali hempas pake ekornya pun da terbang tu nelayannya...

saya pribadi percaya dengan mahluk misterius itu bro Enigma... pengen rasanya melihat langsung..
curious..

Andika Hermawan said...

WhoooppppSssssSSS

Harusnya ada satu pertanyaan kembali,

"Bagaimana Naga bisa terbang tanpa mempunyai sayap?"

Alter Diaz said...

keren,,,
konon katanya Naga emang bener2 ada
hanya tidak mau menampakkan diri ke manusia,
q pernah baca2 literatur dari internet spt tu (lupa sumbernya)

enigma said...

@Andika: kalau yang terbang itu naga spiritual, jadi bukan naga sebagai hewan yang nyata. Karena itu tidak butuh sayap untuk terbang.

Tokrem said...

Mungkin aja naga memang benar2 ada...dan hanya ada di china.....tapi sekarang sudah punah.....mengingat penampakan naga yg dilaporkan trjadi ratusan thn yg lampau.....

Mgkin mncul sbuah pertanyaan, "kl naga sdh punah,mengapa tdk dtemukan tulang2nya?"
jwbannya........mngkn sj bebrapa sdh dtmukan, ttp krn kuatnya kprcyaan bngsa china....tulang2 tsb dikubur sbagai pnghormatan........krn mnrut lporan bnyak naga yg dtemukan dlm keadaan mati...shg tdk smpat didokumentasikan...

atau mngkin jg tulang2 naga tsb (yg tdk ditemukan manusia) rusak, mengingat tulang ular agak rapuh shg tdk bgitu thn lama...

mengenai laporan naga hitam jatuh thn 1944.....itu lebih mengarah pada crita mistis atau salah identifikasi.....mngkn hnya ular bsr yg mati pd mlm hari dsrtai suara kelapa jatuh.....stlah paginya dtemukan....jadilah cerita ular naga jatuh dr langit....mngenai tnduk,sisik dll mngkn crt tsb trll dlbih-lbihkan.

Anonymous said...

" maka hewan apakah yang memiliki tubuh seperti ular, bertanduk, berkaki dan memiliki sungut di sisi mulutnya?"

Jawabannya udah jelas... NAGA! :)

sekarang saya kasih pertanyaan...

hewan apakah yang memiliki surai seperti kuda, kepala seperti unta, kulit seperti macan, ekor seperti singa, leher seperti ular, n tanduk seperti sapi muda??

ada yang bisa jawab??? hehehehehe. Deskripsi kadang2 suka membingungkan... apalagi bagi yg belum liat wujudnya. Qilin dulu masuk cryptid...sekarang ternyata ada kok...sama seperti okapi...qilin itu katanya penjabarannya seperti yg saya tulis d atas... hayoooo hewan apa anak anaaaaak???? :D

Ms. Terry

enigma said...

Ms.Terry: Jawabannya Jerapah. hehe.

Nih, kalau kamu gitu, saya rasa kamu bisa menjawab hewan apa yang saya maksud.

Hewan ini memiliki paruh seperti bebek, memiliki racun seperti ular, kaki dan ekornyanya seperti berang-berang. Ia makhluk semi aquatic. Ia juga digolongkan ke dalam mamalia seperti anjing, tapi ia bertelur seperti burung.

Bisakah kamu menebaknya?

dewi shinta said...

ka, aku perhatiin k' enigma dah berapa kali jawab pertanyaan "itu bukan naga, itu paus". emang gak cape? kenapa enggak jawab "liat aja komen diatas..."

enigma said...

@Dewi: haha. betul, sepertinya banyak pembaca enigma yang tidak pernah baca komen2nya. Tapi, tidak capek kok. soalnya, kalau saya jawab: "saya sudah jawab, coba lihat komen di atas", maka itu artinya saya harus mengetik lebih banyak huruf dibanding saya jawab: "Itu bukan kerangka naga, itu paus".

enigma said...

@Dee: ya, jawabannya memang platypus. hewan campur-campur dari australia. :)

Anonymous said...

@ Mr. E: betul sekali :D qilin= kirin= jerapah... :D dulu cryptid sekarang nyata... kayak okapi jg, aku takjub liat poto selingkuhan kuda sama zebra :D

PLATYPUSSS!!!!! yah keduluan sama Dee.... :) hahaha kalo mengandalkan deskripsi emang suka membingungkan....

Ms. Terry

Jafan said...

mr. enigma menurut saya misteri dan pertanyaannya adalah: apakah semua pernyataan saksi diatas adalah benar? atau hanyalah sebuah legenda masyarakat. atau mungkin dulu di cina memang ada mahluk langka seperti deskripsi di atas dan sekarang sudah punah. dan kalaupun ada kenapa gak ada sisa tulang atau mungkin sisa fosil. menurut saya sih sebenarnya naga cina itu hanya simbol kekuasaan dan simbol spiritual bangsa cina sendiri. maaf ya hanya pendapat.

Anonymous said...

Muke Gile said....

@ Mr E : Baru saja terlintas dr benak saya,kalau Klasifikasi antara Naga spiritual dan non spiritual mungkin kurang tepat ya bro,,
Bagaimana kalau mereka hanya memiliki kesamaan dlm kategori Kingdom dan Genus saja bro ??
Mksud saya yg saat ini Qta kategorikan Naga non spiritual sbnernya TIDAK LAYAK menyandang predikat sebagai NAGA,karena hnya memiliki satu/dua tanda2 saja...
Mungkin yg tepat disebut naga sejati ya hanya Naga spiritual itu.....
cz sampai skrng saya msh teringat kata2 guru saya bhwa dlm biologi ada ungkapan "Sesuatu yg berbentuk bebek,berbunyi bebek,dan berkelakuan bebek,itu blm tentu bebek",,apalagi yg hnya sekedar "mirip naga".....
Karena bagi saya mana mungkin seorang Naga yg punya derajat mulia bisa tampak sbgai hewan yg tak berdaya (dlm beberapa kasus),,mungkin untuk kasus yg demikian hnylah fenomena mkhluk salah identifikasi saja bro (yg hnya mirip naga td)....
Bagaimana pndapat bro E ?? kalau pendapat saya salah mohon pencerahannya ya......

^_^

enigma said...

@Ms Terry: setuju. deskripsi memang suka membingungkan. karena itu orang biasanya harus menggunakan pemahaman masyarakat masa terjadinya penampakan.

@Jafan: Bagi cryptozoolog, kesaksian masyarakat adalah dasar penelitiannya. Jadi, bagaimanapun juga, para cryptozoolog harus beranggapan kalau paling tidak sebagian elemen dari kesaksian adalah akurat. Soal fosil, saya kira wajar saja, contohnya, dalam kondisi populasi yang besar saja, kita hampir tidak pernah menemukan tulang belulang beruang, apalagi naga.
Bisa jadi naga memang cuma simbol, tapi bisa jadi simbol itu berdasarkan pada hewan yang nyata.

@muke gile: Kita hanya berpatokan pada nama yang diberikan oleh bangsa Cina. Kan ada 100 nama naga lebih. Yang naga spiritual, cthnya seperti tien lung. Tapi kan ada juga pan lung dll yang sepertinya mendeskripsikan hewan yang benar2 ada, seperti buaya.

Rensen said...

Naga di Indonesia juga ada. Nenek saya pernah cerita dulu di danau dekat kampung Berastagi muncul Ular terbang raksasa yang berkaki dan bertaring. katany waktu itu nenek saya sekitar 12 tahun (skrg beliau sudah 91 tahun)dan sedang mencuci pakaian.
Menurut beliau naga itu datang 2x, pertama muncul dari langit ke dalam danau, dan kedua dari dalam danau terbang kelangit.

Coba brader engima telusuri deh kisah2 naga di Indonesia. Siapa tau dapet kisah yang lebih kredibel..

Rensen said...

Oiya, setau saya juga Naga itu merupakan binatang spiritual. Jadi menurut Guru ilmunya temennya temen saya (ribet yee :p) Naga itu cuma bisa diliat sama orang2 yang sudah suci/ ilmunya sudah mencapai tahap tertentu. Soalnya naga itu binatang peliharaan para dewa. (klo saya ga salah denger lho)

Anonymous said...

Bang enigma ...aji mumpung ngebahasin hewan misterius...sekali2 bahas dong harimau biru dari jepang...

myeyes0125 said...

makin seru saja bro enig,

Saya seperti sedang bernostalgia dengan masa kecil saya. Dulu saya sering sekali mendengarkan cerita dari orang-orang tua akan adanya binatang-binatang spiritual. Diantaranya ular (naga mungkin termasuk), harimau, kuda. Itu sih yang sering saya dengar. Mereja (hewan-hewan itu) asalnya dari hewan biasa tapi karena bertapa sehingga menjadi hewan spiritual (jangan tanya kenapa bisa begitu, saya sendiri tidak faham). Dan dulu juga sudah menjadi hal lumrah dengan penampakan hewan-hewan yang 'tidak wajar'. Dari semua cerita, kebanyakan yang ada adalah cerita tentang ular/naga. Kepercayaan orang dulu jika ada pelangi dikatakan ada ular sedang terbang (padahal anda semua tahu kan kenapa ada pelangi di langit). Tapi bagaimana dengan pelangi yang ada di tanah? satu cerita pernah ada pelangi di tanah panjang dan bergerak apapun yang dilewatinya akan berbekas selebar satu meter. Orang-orang meyakin hal tersebut adalah ular yang sedang 'pindah tempat'.
Emm.. Kok jadi gak nyambung ya cerita saya. Semua cerita di atas berdasarkan cerita dari neneknya nenek saya.
Pada intinya saya percaya adanya hewan spiritual, ular atau naga. Tentang hewan tersebut nyata atau tidak yang jelas saya percaya dulunya mereka hewan yang nyata.. Hehe..

ok, bro enig.. Tetap berprestasi ya.. Saya mau melanjutkan kerjaan dulu..

myeyes0125 said...

tambahan..
@ransen
Menurut cerita memang hanya orang yang ilmunya mencapai tahap tertentu, tapi orang biasa juga bisa atas keinginan sang ular/naga.

Sekali lagi apa yang saya sampaikan di atas berdasarkan cerita turun temurun di keluarga saya, anda-anda boleh tidak mempercayainya.

Jafan said...

mr. apakah anda pribadi percaya jika mahluk yg tidak memiliki sayap ini ada dan bisa terbang? maaf hehehe

enigma said...

@Jafan: kalau naga yg bentuknya spt ular bertanduk berkaki dan bisa terbang, saya tidak percaya adanya hewan yg seperti itu. Tp kalau makhluk yang bentuknya seperti itu namu hidup di darat atau air, saya percaya.

Anonymous said...

klo menurut g mungkin naga beneran ada,,,

karena pada saat Cap Go Meh di Singkawang,,,,saat naga di bakar ada gumpalan asap menyerupai naga,,,

Linus Tua said...

Broer Enigma,(maaf,mohon pencerahan) Linus ada prtanyaan.apakah 'kepercayaan' pd cryptid (khususnya spesies yg dianggap tlah musnah jt*an th yg lalu - dan trnyata msh hidup d bumi) tdk brtentangn dg teori Darwin,bukankh sharusnya mereka skarng sdh br-evolusi?
apakah diantara 100 Naga td salah1-nya (yg spiritual) dpt dikatakan sbg aurora pd saat badai matahari?
-terimakasih-
/mohon maaf,Broer. tulisannya bnyk singkatan.
pa kbr,Broer Enigma?baik? :)

enigma said...

@linus tua: evolusionis memang tdk percaya kalau cryptid spt plesiosaurus atau pterodactyl msh ada krn bertentangan dgn teori mereka. Perbedaan pandangan ini sdh pernah saya singgung sedikit di postingan saya mengengai bangkai zuiyo maru. Soal naga spiriual, bnyk peneliti percaya kalau yg dimaksud mungkin adalah tornado, bkn aurora. Oya, kabar saya baik. :-)

kodzan said...

Naga masih banyak menyajikan ruang misteri, andaikan memang "pernah" ada, setidaknya akan ditemukan fosil/kerangka atau apalah nama sisa2nya. sebagai perbandingannya, Dinosaurus yang pernah exist di bumi dan udah punah jutaan tahun lalu aja fosil2nya banyak ditemukan. Btw, Nice post bro.

@hilmancrot said...

selama ini penggambaran ciri-ciri fisik naga di eropa dan di asia terlihat berbeda sekali.
di eropa, naga digambarkan berbentuk seperti kadal besar dengan sayap yg lebih terlihat dominan didalam setiap ilustrasinya.
sedangkan di asia, terutama di china, naga berbentuk ular berkaki mirip salamander yang memiliki tanduk dan hormon kumis berlebih.
lalu kok bisa sama2 disebut sebagai naga ya?

mungkin enigma bisa membantu menjelaskan.

terimakasih :)

masari2002 said...

Maaf bagi yg gak percaya dengan adanya naga ini saya kasih bukti fosil yg di temukan di sulawesi kebetulan sempat saya foto walaupun hanya pake HP, fosil ini milik teman saya dapat dari warisan nenknya, silahkan lihat di www.telagasari2002.multiply.com. makasih bro enigma udah mau bahas tentang naga.

Lemahcai said...

nah ini nih postingan yang saya suka dari enigma, yang sejenis makhluk2 aneh ini tapi bukan selalu bigfoot dkk tapi hewan2 legendaris.

Reza Winandar said...

Mungkin memang benar adanya bahwa naga itu ada, kita tidak pernah tahu, dan jangan pernah menganggap bahwa manusia adalah makhluk tercerdas di dunia ini.

Apakah Arti Sebuah Kehidupan said...

Ular yg punya kaki memang jarang ditemukan, tapi saya sendiri pernah lihat ular kecil (sebesar lidi) dengan 4 kaki yang sempurna. Gak tau apa masih dalam kategori ular atau bukan, tapi dilihat dari panjangnya dan geraknya yang seperti ular lebih dekat ke ular daripada kadal. Mungkin saja yg dilihat oleh orang2 china dahulu adalah sisa2 evolusi ular dari sebangsa kadal.

Bagaimanapun ular dahulunya juga berkaki, karena tanpa kaki ternyata lebih mampu bertahan hidup maka semakin lama kaki2 ini mengecil selanjutnya menghilang. Dan mungkin pada suatu waktu mutasi genetik dapat membalikkan proses evolusi ini sedikit dan muncullah ular berkaki yg cukup tidak lazim menurut orang2.

Apakah Arti Sebuah Kehidupan said...

Tambahan dikit, menurut orang tua di daerah saya memang ada sejenis ular dianggap paling beracun yang bisa melompat beberapa meter dari pepohonan dengan bunyi seperti pecut yang keras bunyinya. Bisa saja gerakan melompat ini dianggap orang seperti terbang yg diiringi bunyi petir. Apalagi kalo yg cerita orangnya lebay...

Republican Wasp said...

Kalau soal naga sih dalam kepercayaan Cina dulu juga ada kepercayaan bahwa gerhana muncul karena matahari dimakan naga. Terus beberapa tahun lalu sempet muncul penampakan mirip punggung naga di daerah pegunungan di Tibet

mdArch said...

Empat makhluk spiritual yg terkenal versi Jepang mirip2 tuh..
Ada naga (Seiryuu), phoenix (Suzaku), penyu (Genbu). Tp yg satunya lg bukan Kirin, tp Byakko (macan putih), meski Kirin jg termasuk makhluk spiritual jg (yg ceritanya menguasai petir).

Kalo soal naga, dalam cerita Buddhis di India juga ada naga sih. Jadi mungkin aja naga itu memang benar2 ada pada ribuan tahun yang lalu. Dan kalau ada cerita tentang dewa yg turun ke Bumi, mungkin saja naga itu memang makhluk spiritual yg juga turun ke Bumi.

CMIIW.

Anonymous said...

gan kalo bisa dikasih link donlot tentang artikelnya keformat PDF

Anonymous said...

bagaimana dengan postingan ini bos,..??
http://www.reptilx.com/rxforum/viewtopic.php?f=104&t=23720

penasaran gue

enigma said...

Maaf bro, saya tidak bisa buka link itu karena harus login terlebih dahulu.

Tentang Dia Seorang said...

coba posting ttg astral projection (mraga sukma)
atau mungkin sudah anda buat!?
pelajari dan lakukan..
maka anda akan tahu kalau naga sebenarnya ada, namun bukan di dimensi ini..
saya pernah melakukannya, dan saya melihatnya dengan sangat jelas..

Isna Noor Fitria said...

Siang, Om Enigma!
Hhehe.. Bingung mo manggil apa..
aq suka bca tulisan om E sejak googling tentang 2 saksi mata Titanic yang katax ditemukan karena lorong wktu..
Actually.. aq penasaran banged ma Om E sebenarnya..
Om Enigma ini hanya satu orang atau sekelompok org eaa..
Kok analisisnya rata2 'kena' gitu.. jadi langsung kepikir habis baca...
soo.. Om Enigma ini sebenarnya siapa ea?

Jacob S said...

Halo bro saya salut sekali atas kelengkapan data dari blog anda. Luar biasa sangat ilmiah. salam saya

Prof Dr Jacob Suryoprodjo (Antropolog UGM)

Unknown said...

dri yg aq bca ...

naga memang ad dri dlu,bukan hanya skedar mitos,tpi dia blum pernah mnunjukan tbuhnya,

yg aq taw dri pra sesepuh ...

naga ntuh awalnya dri ular yg bertpa,trus ular itu mndptkan tanduk,kaki,dan sayap.

mendptkannyapun tdk lngsung,melainkan berkala,
misalnya:kaki dlu,bru sayap,dan tanduk...

kalu tempatnya yg aq pernah dngar dri orng trdahulu,,...

klu gag slah adlah bambu ..
naga diemnya d blukar bambu"...

ntuh inform yg aq tahu sptr naga

Anonymous said...

DIMASA DAHULU, sebelum kedatang belanda ke indonesia, Masyarakat Dayak di kampung tambang bale kecamatan menyuke kabupaten landak kalbar pernah membunuh Nabo (ular naga) diameter nabo tersebut melebihi diameter ATOKNG (sebuah anyaman dari bambu atau rotan yang tinggi yang digunakan untuk menempati beras/padi).rata-rata diameter Atokng seukuran diameter ban motor RX king, so anda bisa bayangkan...betapa besarnya ular naga tersebut. Nabo tersebut sudah memiliki SOREG (jengger & kumis / janggut). Naga tersebut bersarang pada sebuah lubang yang memanjang ditepi sungai Banyuke, untuk menangkapnya, mulut lubang ditutup dengan potongan pohon besar dan bongkahan batu raksasa. kemudian permukaan tanah yg terletak di pertengahan panjang lubang tersebut di gali, lewat luang galian tersebutlah orang membunuh naga tersebut, dengan cara dipotong menjadi dua bagian. setelah naganya mati, kemudian orang-orang menggali seluruh bagian lubang tersebut dan mengambil semua badan naganya. lalu dipotong-potong dan dibagikan untuk seluruh kepala keluarga di seluruh kampung yang terlibat, untuk menggali lubang naga tersebut penduduk 7 kampung yang berasal dari kampung-kampung tetangga tambang bale ikut bergotongroyong. sebagian daging naga dimasak untuk lauk makan siang orang-orang yg terlibat menggali lubang naga. sewaktu daging yg dimasak mendidih....gelembung didihannya berukuran besar-besar, orang-orang menjadi curiga, untuk membuktikan kecurigaan tersebut, lalu beberapa potong daging masak di berikan kepada anjing-anjing yang dibawa. setelah dimakan oleh anjing, anjing tersebut mati dengan seketika....jadi Daging naga tersebut beracun....mengetahui hal itu, semua daging-daging yg dibagikan tadi akhirnya dikubur.

JIKA ANDA TIDAK PERCAYA, ANDA BOLEH MENDATANGI KAMPUNG TAMBANG BALE KEC. MENYUKE kABUPATEN LANDAK KALBAR.......UNTUK MENANYAKAN SENDIRI KEPADA WARGA DISANA....TENTANG KEJADIAN YANG HINGGA KINI MASIH SERING DICERITAKAN OLEH ORANG TUA SECARA TURUN-TEMURUN.


DEMI TUHAN.....SAYA TIDAK BERBOHONG......

Anonymous said...

i just googled
find this site:

http://www.forbidden-history.com/marco-polo.html

hope you'll be back soon..

-melao

john lee said...

kalimat diatas
"penampakan dewa berdiri diatas naga"

itu saya percaya banget
krn sepupu saya yg belajar ilmu pengobatan dewa juga didukung dewa jenis ini
dewa ganteng dgn baju yg warna kuning emas n duduk diatas naga
untuk bisa berjodoh dgn dewa ini,ga semua orang,hny orang2 terpilih
dan untuk memuluskan dpt ilmu dari dewa ini
harus Vegetarian 36 hari

yulia riswati said...

Kata temanku.. Di daerah baru ku ini (aku tranmigran) dulu.. Ada seekor binatang mirip naga dan bertanduk.. Terus sebagian orang di daerah ini membunuh dan memakannya.. Mereka berpesta daging hewan itu. Seminggu kemudian terjadi banjir di daerah ini, banyak yang meninggal. Dan anehnya yang meninggal adalah orang2 yang ikut membunuh dan memakan hewan itu saja. Banyak teman ku disini yang tau kisah itu..

silvia nuraini said...

ni cerita kake gua ya bang. gua tinggal di pangan daran. dulu di kampung gua ada mitos tentang ikan sidat. ikan sidat itu sebutan buat ikan yang mirip belut tapi bisa tumbuh lebih gede dari belut. kalo udah beberapa taun bakal tumbuh jadi segede pohon bambu terus muncul bintik2 di sekujur tubuhnya namanya juga berubah jadi ikan lubang (yang ini ane juga pernah liat). tar kalo udah idup ratusan taun katanya tuh ikan lubang bakalan jadi ikan uling. konon katanya bentuk ikan uling itu kaya belut raksasa yang bertanduk dan karena tanduknya yang kegedean ikan ini jarang keluar. dulu pas belum ada kamera jaman2 indonesia baru merdeka tahun 1940an lah pernah banjir jadi ada ikan uling yang keluar terus tanduknya kesangkut akar pohon pas mau masuk lubang. beberapa hari kemudian mati deh tuh ikan di sungai. kalo menurut deskripsi kake ane bentuk tuh uling sih mirip sama naga cina sih.

Anonymous said...

smua itu ciptaan allah
naga itu memang ada seperti unicorn,kirin dan lain2 cuma gk menunjukan ke manusia bkn berarti hewan itu disembah cuma hormati aja nabi muhhamad waktu itu pernah menunggangi makhluk yg disebut buroq kalau gk salah itu membawa nabi muhhmad hijrah sampai tujuan dan ke langit 7 dgn seijin allah mungkin hewan ini spritual atau jarang terlihat cuma kita tdk bisa melihat dengan hal lainnya hewn ini mempunyai keistimewaan yg memang kita jarang terlihat oleh kita jadi makhluk ini ada tapi gk ada oleh kita binggung gk apa gx ngerti masalah dewa berarti hewan itu hwan transportasi seperti nabi muhhamad yang pernah ia tungganginya juga hewan itu memiliki kekuatan yg gk berarti hidup abadi dan ada tugasnya masing bahwa mereka memang sudah punah

Anonymous said...

Bro enigma, saya mau tanya tentang penemuan
fosil naga. Ngak tau asli
apa palsu, mau tentang
penemuanya ataupun
fotonya. Sedikit saya kutip >> "Naga fosil ditemukan di
Guanling County, Anshun City,
pada tahun 1996, dan telah
disimpan dalam kondisi baik.
dengan panjang keseluruhan
7,6 meter. Kepala dengan 76 cm panjangnya dan leher
yang panjangnya 54 cm.
Tubuhnya adalah 2,7 meter
dan panjang 68 cm
merupakan lebar dalamnya,
dan ekor dengan panjang 3,7 meter." ? ? ? ?
saya hanya percaya brother enigma. Mohon pejelasanya brother..!!
Supaya saya tidak meragukan lagi keberadaan naga. Dan ini
link foto tsb:> 1.bp.blogspot.com/_pvy8bJijRGo/SqK2VKF8hdI/AAAAAAAAAIE/sK-rHw8SyAY/s1600-h/CL4285.jpg

thank's, end salam. :)

Post a Comment