Sunday, February 13, 2011

Misteri penunggang kuda siluman pada kerusuhan Mesir - Penjelasan

Ketika rakyat Mesir berbondong-bondong melakukan demonstrasi untuk menuntut Presiden Mubarak mundur, sebuah bayangan yang terlihat seperti penunggang kuda terlihat berada di tengah-tengah kerumunan massa pada tanggal 4 Februari 2011. Mungkin kalian sudah pernah mendengar berita ini sebelumnya. Rekaman itu terlihat pada siaran berita Euronews, Al Jazeera dan MSNBC. Jadi, jelas rekaman itu bukan sebuah hoax. Tetapi rekaman itu juga tidak menunjukkan seorang penunggang kuda siluman, melainkan hanya sebuah refleksi pada kaca. Ini penjelasannya.

Ini rekamannya. Lihat pada menit 1:19.


(youtube link)

Pertama kali melihatnya, saya melihat ada kecocokan pola dengan sebuah refleksi cahaya pada kaca atau lensa kamera. Tetapi saya akui kalau rekaman ini menunjukkan refleksi paling menakjubkan yang pernah saya lihat.

Tentu saja, tidak semua orang serta merta menerima teori penunggang kuda siluman. Para pengunjung di dunia maya memberikan banyak respon yang berbeda.

Ada yang mengatakan kalau citra itu benar-benar menampakkan sosok yang sesungguhnya. Tetapi bukan penunggang kuda, melainkan penunggang unta. Berdasarkan foto-foto kerusuhan yang didapatkan, para pendukung presiden Mubarak memang menggunakan unta untuk ikut berdemonstrasi.

Tetapi teori ini tidak bisa menjelaskan mengapa citra penunggang unta tersebut terlihat berwarna hijau terang, berbeda dengan warna demonstran lainnya. Jadi, penjelasan ini tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

Lalu ada yang beranggapan kalau sang kameraman sebenarnya mengambil rekaman itu dari balik jendela kamar. Di belakang kameraman tersebut, sebuah televisi sedang menayangkan berita mengenai kerusuhan sebelumnya yang menampilkan para penunggang unta tersebut. Layar televisi tersebut kemudian terefleksi pada jendela kaca yang kemudian ikut terekam dalam video tersebut.

Penjelasan ini sangat masuk akal. Namun, kita tidak memiliki buktinya dan saya yakin akan sangat sulit untuk membuktikannya.

Dari sekian banyak tanggapan yang berbeda, mayoritas mereka yang menyaksikan rekaman ini memang percaya kalau citra tersebut adalah refleksi kobaran api pada lensa. Argumen ini didasarkan pada gerakan penunggang kuda yang mengikuti gerakan kamera. Namun, mereka yang berpendapat seperti ini juga cukup heran dan tidak bisa menunjukkan bagaimana api tersebut bisa menghasilkan citra yang luar biasa itu.

Namun, ada satu orang yang bisa memberikan penjelasan dengan sangat memuaskan.

Saya menemukan penjelasan itu di sebuah rekaman video di youtube yang diupload oleh seseorang dengan username punjedi yang sayangnya pada saat tulisan ini dibuat baru disaksikan oleh 2.398 orang. Saya rasa hanya punjedi yang berhasil menjelaskan fenomena ini dengan sangat baik.

Menurut punjedi, rekaman itu bisa jadi diambil dari balik kaca jendela. Bayangan kobaran api yang ada di lokasi demonstrasi telah terefleksi pada kaca jendela. Lensa kamera kemudian membalik refleksi tersebut dan mengubahnya menjadi citra penunggang kuda. Sedangkan warna refleksi yang hijau bisa diakibatkan oleh sumber cahaya lain yang ada di dekat situ.

Sebuah pareidolia yang sangat baik.


Untuk memahami mengapa refleksi bayangan tersebut terbalik dan berubah warna, saya menyertakan sebuah contoh dari rekaman yang lain.

Rekaman di bawah ini diambil dari sebuah arena balap mobil. ketika sebuah mobil mengeluarkan semburan api yang terang, dua refleksi muncul di lensa kamera. Refleksi itu terlihat berwarna merah (berbeda dengan warna api) dan berada pada posisi terbalik (flipped).

Ini screen shotnya.

Dan ini rekamannya:


(youtube link)

Nah, untuk mengerti bagaimana kobaran api bisa menciptakan refleksi tersebut, punjedi menyandingkan rekaman kobaran api dengan rekaman penunggang kuda siluman.

Kemudian ia membalik (flipped) potongan rekaman penunggang kuda siluman tersebut dan memutarnya 180 derajat ke bawah.

Ketika melihat dua citra itu disandingkan, maka akan sangat jelas terlihat kalau kobaran api itu memang bertanggung jawab atas citra penunggang kuda tersebut.

Perhatikan gerakan penunggang kuda dan kobaran api tersebut, keduanya bergerak dengan selaras.

Ini rekamannya:


(youtube link)

Refleksi semacam ini memang biasa terjadi pada sebuah foto atau rekaman yang memiliki sumber cahaya terang dan dalam banyak kasus telah sering disalahartikan sebagai penampakan UFO atau hantu. Contohnya adalah dalam kasus UFO jembatan Suramadu yang sempat menghebohkan pada Juni 2010. Kalian bisa membaca mengenainya disini.

Kembali ke penunggang kuda siluman Mesir, menurut saya, video yang dibuat oleh punjedi telah menjelaskannya dengan baik. Bukankah begitu?


Komentar Pilihan


thepatriot said...

Auch...ada topik menarik, maap baru nimbrung bro E...
Bbuat kawan-kawan yang penasaran kenapa 'pantulan' itu berwarna hijau? teori saya cuma 1... itu adalah hasil refleksi dari COATING lensa kamera.
Coating ini dibuat oleh produsen optik yang gunanya untuk meredam cahaya berlebihan atau cahaya-cahaya yg bisa merusak mata pengguna.

Bendanya sendiri mirip stiker super tipis yg ditempelkan pada sebuah lensa optik, bisa 1 lapis, bahkan bisa sampai 12 lapis (bikinan optik Hoya jepang salah satunya).
Warna dan kualitas coating bermacam-macam...ada yg hijau, ungu, kuning, biru, dll. Kawan-kawan yang pada pake kacamata pasti memahami hal ini :)

Coating ini biasa diaplikasikan pada kacamata, lensa kamera, teleskop, mikroskop, dll
. Jadi pada video di atas, menurut saya cahaya yg dihasilkan kobaran api itu akan merefleksikan coating warna hijau, entah kenapa hanya hijau yg tampak 'nyata' (bukan ungu, biru, kuning, dll). Bro-bro yg ahli fisika pasti lebih mengerti hal ini :)

Kalau masih bingung penjelasan saya, silakan saja googling dgn keyword : coating lens, optical flare, optical ghosting
. Yang jelas nggak ada yg mistis hal-hal di atas, hehe :D

Just my 2 cents bro E

salam,

Ragil SP


March 13, 2011 9:02 PM

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

112 comments:

Wilhelmina Slater said...

I don't believe ghost or such thing can be caught on camera, LOL

Anonymous said...

pertamax om
weh,tentang mesir ya,tentang mubaraknya gak dibikin artikel om?hahaha


wolf

blog doodey said...

kalo boleh tahu darimana asalnya siluman berserta kudanya itu bung? Apakah di mesir masih ada ya kuda (mungkin sebagian kecil saja).

ira said...

saya kira ini beneran.tapi ternyata tidak.
tetapi mas enigma kan tdk bisa membenarkan hal itu.tidak ada kejelasan yg mutlak dari semua penjelasan itu.

Anonymous said...

At least, 10 besar komen,

Ni jawaban yang di tunggu tunggu

enigma said...

@blog doodey: Asal siluman kuda? bukankah sudah saya jelaskan di atas?

@Ira: Memang betul, tidak ada kejelasan yang mutlak dari semua penjelasan itu. Tetapi sepertinya kamu sepakat dengan saya. Terlihat dari kalimat pertama komentar kamu:

"saya kira ini beneran.tapi ternyata tidak." Haha.

Anonymous said...

betul, aku perhatiin...gerakan apinya di video Mr. punjedi sama persis. lagipula "punggung" tempat pelana kuda yg sinaiki oleh jokinya terlihat datar... sapa seperti bagian bawah jalan/trotoar ditempat api itu berkobar. Kali ini salut buat Mr. Punjedi n Mr. E yg udah membagikan infonya :D


Ms. Terry


Ms. Terry

Anonymous said...

apa bisa refleksi kamera jadi seperti itu?
Sedangkan di rekaman terlihat jelas. Penunggang kuda masa hijau menyala, kalaupun itu pantulan gambar tv ke kaca gak mungkin warnanya hijau.

Bisa dijelaskan om?

Btw, nice artikel.
Enigma memang jago selalu update berita terkini. Good job

Anonymous said...

Asjen Detective : Kesimpulan dari artikel ini adalah "kebetulan"

Anonymous said...

apa warna hijau pengaruh dari kaca film yang di jendela?

M.Arief.S said...

Saya dah ngerti tentang kudanya , tp knp bayangan kudanya warna hijau ya ?

Anonymous said...

anonymouse.

se7, memang pantulan,
terlihat ada bayangan,
bom molotov yg dilempar juga, walaupun kecil.

Anonymous said...

mengajarkan tuk mendahulukan logika drpd tahyul......

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Kenapa jadinya warna ijo Kak? Kok ga warna kyk apinya?

Anonymous said...

A2T : saya yakin itu memang hasil refleksi cahaya..thanks buat bro E dan punjedi atas infonya!oh ya,tolong dong bahas tentang penemuan susunan batu ditempat suku aborigin yang katanya itu berfungsi untuk mengenali pergerakan matahari,seperti stonehenge gitu fungsinya!konon katanya jika itu benar maka suku aborigin adalah astronom pertama dibumi!(???)

enigma said...

@anonymous 17, 21, m. Arief dan tresna: warna api yang menjadi kehijauan memang bisa terjadi karena refleksi pada kaca. Itu biasa terjadi kok. Bisa karena karakter kaca atau pengaruh sumber cahaya yang lain.

Anonymous said...

huah, yg tau diem, yg ga tau koar2, yg ingin tau ya cari tau,
ckckck
eh, btw fans2 lama enigma kemana ya?

Anonymous said...

keren penampakannya

kayak pasukan hantu yang ikut perang di lord of the ring, hantu hijau wkwk

nice post bang


ufo believer

Anonymous said...

Sulit d mengerti,tp sy akn bc ulang agr lbih pham. Postingan yg bgs Mr. E.

Anonymous said...

sebenarnya agak aneh juga kalau dibilang itu pantulan cahaya, jika dari sudut mata saya karena saya orang dari bidang visual, saya merasa kenapa bayangan hijau itu memiliki unsur "kiaroskuro" ??
dimana terdapat garis batas antara yang gelap dan terang, sedangkan kobaran api itu terang menyala dan tidak memiliki kepadatan apalagi bervolume dan bertekstur. tapi yang hijau itu terlihat seperti benda yang memiliki volume dan bertekstur kemudian menghilang seperti asap.
Kalau saya melihat itu seperti kain yang berkibar-kibar kemudian berubah jadi asap hingga menghilang.
Dan coba perbandingkan kecepatan "hijau", orang -orang disekeliling yang sedang berdemo dengan kamera yang bergerak kearah kanan, saya menyadari kalau benda itu terlihat lebih cepat dan bergerak sendirian dibanding orang-orang berdemo dengan kamera. karena jika benar, si kameramen hanya menggerakan sekitar sepersekian centimeter dengan saat bersamaan "hijau" bergerak juga lebih banyak sepersekian centimeter (dalam skala kecil yang dilihat dari layar video).

kalau saya bilang punjedi masih belum tepat, iya hanya lebih mendekati logika 50%.
tapi sebenarnya ada cara yang lebih bisa memecahkan masalah ini dengan akurat hingga 100%, lakukan uji coba yang sama dengan keadaan dan cara ambil video ini?atau tepatnya membuat replika yang sama persis, apakah akan tetap muncul cahaya hijau itu?baik dari intensitas cahaya, ketinggian pengambilan gambar, sudut pengambilan gambar, dan lainnya..benar kan? :D

coba kalau judulnya bukan siluman kuda, tapi kain terbang, mungkin orang-orang akan ter-mind-set bahwa hijau itu kain yang terbang, atau penyihir lagi main skateboard yang terbang menghilang kelangit. imajinasi manusia beda-beda kan?tapi, bagaimana jika satu orang yang bilang bahwa itu adalah penunggang siluman kuda dan membuatnya menjadi judul video di youtube?nah, kalau judulnya diganti dengan yang lain? :D

Mandy

Anonymous said...

ternyata di videonya emang mirip penunggang kuda ya. ck ck...

Anonymous said...

Barusan dengar tentang berita ini.. tapi salut buat bang enigma

Anonymous said...

bagaimana bisa kamera tersebut mengrefleksi kan cahaya dari pantulan layar televisi yang sedang menyala dan bisa membuat sosok tersebut berada dalam sebuah kerusuhan

sedangkan dalam penjelasan tidak ada satu hal pun yang di edit menggunakan teknologi

tolong dijelaskan bro...

enigma said...

Siapa yang bilang kamera tersebut merefleksikan citra dari layar televisi?

enigma said...

@Mandy: Kamu memang benar. Bayangan hijau itu memiliki unsur kiaroskuro. Tetapi sebenarnya jawabannya cukup sederhana. Dari pandangan kamera, kobaran api itu terhalangi sebagian oleh sebuah objek (mungkin tembok atau mobil).Penghalang ini telah menyebabkan kobaran api itu "terpotong sebagian". Inilah yang menyebabkan adanya kiaroskuro pada refleksi tersebut.
Soal kecepatan bayangan hijau, bisa saja ia terlihat bergerak lebih cepat dibanding orang-orang yang berdemo jika pemegang kamera hanya memutar kameranya dan bukan menggerakkannya.
Soal reka ulang, saya setuju, memang itu cara terbaik untuk meneliti sebuah fenomena, tetapi saya rasa hanya sedikit orang yang menganggap serius rekaman ini.
Soal judul siluman penunggang kuda, itu karena saya hanya mengikuti judul-judul yang beredar di dunia maya saja. :)

Daniel Meade said...

Wilhelmina kamu pertamax! setidaknya sedikit ekspresi senang akan lebih baik.

@Enigma:
Kenapa bayangan apinya terbalik ? Ada penjelasannya?

Anonymous said...

cool,,^^, bang enig mw nanya,,, bang enig pke modem apa ya, trus kartunya apa, cz punya saya klo bwt mbaca artikle yg ada videonya lemot bgt,, mohon bntuanya ya bang enigma,,thankss

eddo,

Reza Winandar said...

Belom liat sih videonya, tapi tau sendiri media kan seneng mencari sensasi

doctor said...

jika muncul di 3 stasiun televisi berbeda, apakah berasal dari kamera yang sama? jika kamera berbeda dengan sudut yang beda, tentu perlu penjelasan lain.

Anonymous said...

Bro, apakah enigma sudah pernah mengulas cerita tentang kubah terbang di Maluku??
coz gw msh penasaran,,

Wilhelmina Slater said...

@Daniel:
hell to the no to pertamax! That the most SILLY expression on earth when you got totally have no idea what you gonna say in first place, as well as non-reproductive, uncreative, and such a waste of time. No, baby, that just not my taste....

Nice, pareidolia. Saya bahkan tidak melihatnya seperti penunggang kuda siluman. Kelihatan seperti ubur2 cacat bagi saya. Ahaha. Setidaknya jika itu "penunggang kuda siluman", mungkin benar2 siluman karena saya tidak melihat mana kepala kudanya dan kepala penunggangnya. Ahaha.


Daniel Meade: sepertinya pertanyaan kamu tidak direspon Enigma (my condolences ;( .. ).
Mungkin bayangan terbalik karena begitu kan sifat fisika cahaya pada kamera? Nyata, TERBALIK, diperkecil?? Mungkin intensitas cahaya yg tinggi dari kobaran api itu menyebabkan gangguan pada proses penyimpanan/perekaman, sehingga image yg dihasilkan tetap terbalik setelah diproses. Well, saya bukan ahlinya, just wanna share some thoughts.

alenatore said...

blognya keren bang! gw suka tulisan"nya
boleh request topik gak bang?

gyz said...

ada lagi bos, bukan cuma refleksi "kuda" tapi 3 titik cahaya di belakang "kuda" juga bergerak pada koordinat yg sama sesuai dgn pergerakan kamera

enigma said...

@Daniel Meade: Memang jawabannya seperti yang diberikan oleh Wilhelmina. Kamu bisa melihatnya di video dibawah ini (walaupun bahasanya tidak dimengerti, saya yakin kamu bisa memahami tayangannya):

http://www.youtube.com/watch?v=knjbgiRFdjc&feature=player_embedded

@eddo: untuk menyaksikan video youtube tanpa buffering, kamu memang harus menggunakan koneksi internet yang cepat. Kamu bisa menggunakan speedy atau modem EVDO (smartfren atau mobi).

@Michael: tentu saja. email saya saja url blog kamu.

@doctor: Tayangan itu dari satu kamera yang digunakan oleh 3 stasiun tv yang berbeda.

@Anonymous 46: Belum pernah bahas bro.

@Wilhelmina Slater: Sebenarnya bukannya tidak merespon sis. Tetapi saya jarang online di depan komputer. Saya biasa approve komentar lewat HP, tetapi kalau menjawab pertanyaan, saya lebih suka menggunakan komputer.

Anonymous said...

oh iya, tahu tidak bagaimana caranya me-rotate video?gw baru tahu, video bisa di flip..brarti di rotate juga bisa dong?
gw punya video tapi terbalik videonya,gw pikir musahil bisa merotate video..

blog item said...

mas enigma,,sudikah kiranya mas enigma tukeran link dgn saya???

link mas sudah saya pasang,,silahkan di cek,,ini link saya :

http://bangkewok.blogspot.com/

trims mas,atas waktunya

Anonymous said...

saya biasa memotret dengan kamera DSLR dan terkadang memang muncul dot warna hijau yang kemungkinan besar memang dari refleksi cahaya,.,.

Anonymous said...

Bro enigma kenapa artikel ini masuk label hoax? Di bagian mana dari rekaman tersebut yg bisa dikategorikan hoax?

-----

enigma said...

Kamu benar. Memang tidak pas masuk ke kategori hoax. Sudah saya pindahkan ke lain-lain. thanks ya.

Anonymous said...

wow fantastis,...
bravo,..
penjelasan yg mudah dimengerti bro E.
bro E tidak penasaran sama jenglot?
karena bagi saya jenglot itu misterius,.. "dia' beneran hidup apa tidak?
tlg diulas bro,..
anonymous 15

Nan said...

sedikit hiburan, bukan begitu? saya bisa saja membayangkan hal-hal lain selain kuda - kupu-kupu misalnya - kalau bukan karena judul "penunggang kuda siluman" di atas.

nice post ^-^b

>>peace!<<

Erdi said...

menakjubkan postingannya gan....agan menjelaskannya secara sistematis...sayang saya gak bisa nonton videonya....koneksinya payah

joko said...

kita orang indonesia tidak bisa membedakan mistik dan ghaib. kejadian penunggang kuda di mesir itu jelas bukan asli, saya khawatirnya ini propaganda untuk membuat image ISlam sebagai agama mistik.

Anonymous said...

out of topic nih bro, cuman mau berbagi info ttg cc @ cropcircleconnector.com/inter2011/java2011.html
btw, makasih postingannye ya', kalau ngak dibahas disini, kagak tau gue ada kejadian kaya' gini waktu revolusi Mesir kmarenan, hehehe.

Affry said...

wow penjelasan yang sangat masuk akal, bang enig mantep banget dah

Anonymous said...

segala persoalan tentang penampakan gaib selalu dikait2in sama efek kamera. jadinya bikin yang kayak ginian tuh kayak gampang. jadi makin banyak kasus yang kayak gini hahahahahaha ^^v
keep posting mr.E

thekrim said...

Video ini bukan sengaja dibikin, tetapi kebetulan saja menangkap yang kayak gitu. Kadang orang emang menyamakan (bahasa jawanya dipas-paske) sesuatu yang sebenarnya tidak sama. Seperti citra awan yang mirip tangan, malaikat, semar, dll. Sebenarnya orang cuma mencari-cari persamaannya saja, yang nantinya pasti akan menuju ke mistis. Padahal semuanya ini hanya bisa disebut dengan "kebetulan".

thekrim said...

Bang E lagi menata blog ya, kok saya lihat widget Histats nya pindah-pindah ya??? :p

joko pakusumo said...

sebelumnya saya minta maaf bang E karna ini sedikit OOT

saya ingin tahu pendapat bang E tentang jembatan misterius di kali gendol apakah itu hoax atau memang real ?

Anonymous said...

bang e menurut bang e gimana tentang ini
http://beritaaneh.com/2011/01/penampakan-aneh-di-kali-gendol-merapi/ asli apa HOAX
adlon79

Suplemen Nutrisi said...

Saya juga dari awal curiga kalau itu hanya kebetulan. Tapi hebat ya bisa berbentuk objek yang jelas begitu >.<

enigma said...

@anonymous 54: saya belum pernah cari tahu. Tapi saya yakin ada software untuk memlakukannya.

@thekrim: saya tidak pernah utak-atik widget lagi.

@Joko pakusumo: saya belum pernah denger soal itu bro.

@adlon79: Page not found.

Anonymous said...

kalo disini disebutkan sebagai siluman.. bisa jadi malaikat...
Al Fushilat : 30
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu"

Wilhelmina Slaughter said...

okay, this article succesfully bores me to the death

Tokrem said...

bro en misteri ttg ribuan burung yg mati udah terpecahkan lho.....udah baca pa blm?
tp aku yakin bro en ato pembaca yg lain uda tahu......untuk yg blm tahu bs baca disini:

http://www.apakabardunia.com/2011/02/akhirnya-kematian-ribuan-burung.html

Tp sebenrnya kalo bkn bro en yg ulas,kurang puas jg si.....hehe

Anonymous said...

http://berandakawasan.wordpress.com/2011/01/06/jembatan-gaib-di-kali-gendol/
tolong bang e dikasih penjelasan
adlon79

vian said...

Untuk Enigma...saaaluut banget dengan ulasannya...saya sudah mengikuti blog Anda cukup lama...dan menurut saya...baru Anda yang melakukan review atas suatu peristiwa atau isu secara obyektif dan kritis.... bagaimana caranya bisa melakukan hal tersebut?

Luxcu said...

AGan ENigma, TOlong BAhas MEngenai FReeMAson dunk, TRIMS...

Anonymous said...

heheh kalaupun dianggap sebagai hoax anggap saja ini sebagai tanda "teguran"... biar manusia cepat sadar untuk bertobat dan bukan menyepelekan maut.. ^^ karena aneh lho.. warna merah berlawanan dengan warna hijau.. merah jika disatukan dengan warna apapun nda bisa jadi hijau.. tp nda tau lagi kalau pengukuran spektrum ya.. ^^ anggap saja.. sudah dikasih "tanda"..

Anonymous said...

Om, ada tuh ulasannya d transtv skg. . . Hahaha
Katanya malaikat jibril, ada yg blg jg tuh pangeran diponegoro. . . Hahaha

Anonymous said...

mungkin saya punya petunjuk yang bisa dimanfaatkan (soalnya saya kurang bisa menjelaskannya. maaf). Petunjuknya karena perubahan temperatur air sungai akibat pembangunan/pengoperasian dam. Klo ditanya kenapa baru sekarang banyak ikan yang mati? mungkin karena perubahan suhunya terlalu ekstrim. Ada penelitian di Jepang yang membahas tentang hal tersebut. Terima kasih dan sukses selalu.

luxer said...

ya, berbagai cara logika dikerahkan,perkiraan yg tak pastipun ikut mempertajam ulasan.bukti tak pasti seolah pasti agar terlihat kebetulan akibat permainan cahaya sang waktu yg sangat unik dlm kondisi yg tepat.tapi,bukankah kejadian mesir dan penampakan kuda hijau itu tertulis dlm sebuah kitab?
Yes 19:2 Dan Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir lainnya, dan mereka akan berperang, masing-masing melawan saudaranya sendiri, dan masing-masing akan melawan tetangganya; kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan.
Yes 19:3 Dan roh Mesir akan dikosongkan di tengah-tengahnya, dan Aku akan menelan rancangannya. Dan mereka akan mencari petunjuk kepada berhala-berhala, penyihir-penyihir, dukun-dukun, dan kepada peramal-peramal.
Yes 19:4 Dan Aku akan menyerahkan orang-orang Mesir ke tangan tuan-tuan yang kejam, dan seorang raja yang lalim akan memerintah mereka,” firman Tuhan, YAHWEH Tsebaot.

Wah 6:8 Dan aku melihat, dan lihatlah: seekor kuda hijau pucat dan dia yang menunggang di atasnya; namanya Kematian, dan alam maut ikut bersamanya. Dan kepada mereka telah diberikan wewenang untuk membunuh atas seperempat bumi dengan pedang dan dengan kelaparan dan dengan kematian dan oleh binatang-binatang buas di bumi.

cocok gak?

Anonymous said...

maap bukanya menghina,tapi hanya orang awam aja yang gak bisa liat klo itu emang refleksi,terlalu

Mutia Irnawati Kartodirdjo said...

ini jelas HOAX BANGET
liat saja gerakan kudanya dengan gerakan kamera yang merekam kuda

Anonymous said...

semua sudah dinubuatkan... terlepas anda percaya atau tidak...
jadi gak usah repot2 berusaha menganalisa dengan cara apapun...

thepatriot said...

auch...ada topik menarik, maap baru nimbrung bro E...

buat kawan2 yg penasaran kenapa 'pantulan' itu berwarna hijau? teori saya cuma 1... itu adalah hasil refleksi dari COATING lensa kamera.
Coating ini dibuat oleh produsen optik gunanya untuk meredam cahaya berlebihan atau cahaya2 yg bisa merusak mata pengguna.
Bendanya sendiri mirip stiker super tipis yg ditempelkan pada sebuah lensa optik, bisa 1 lapis, bahkan bisa sampai 12 lapis (bikinan optik Hoya jepang salah satunya)
Warna dan kualitas coating bermacam-macam...ada yg hijau, ungu, kuning, biru, dll.
Kawan-kawan yg pada pake kacamata pasti memahami hal ini :)

Coating ini biasa diaplikasikan pada kacamata, lensa kamera, teleskop, mikroskop, dll

Jadi pada video di atas, menurut saya cahaya yg dihasilkan kobaran api itu akan merefleksikan coating warna hijau, entah kenapa hanya hijau yg tampak 'nyata' (bukan ungu, biru, kuning, dll). Bro-bro yg ahli fisika pasti lebih mengerti hal ini :)



kalau masih bingung penjelasan saya, silakan saja googling dgn keyword : coating lens, optical flare, optical ghosting

yang jelas ga ada yg mistis hal2 di atas, hehe :D

just my 2 cents bro E

salam,

Ragil SP

Republican Wasp said...

Gak sia-sia saya selalu menyimak blog ini. Emang selalu ada penjelasan yg logis & berbobot di sini soal hal-hal yg misterius kayak soal penunggang kuda "siluman" ini. Great article!

Anonymous said...

aku masih gak percaya itu tipuan kamera, lihat video aslinya, sorotkan mata anda di kobaran api itu adakah seeorang yg sedang menunggangi kuda, kalau itu refleksi dari cahaya api, knapa tidak warna merah yg dipantulkan oleh kamera . . . itu adalah salah satu kebesaran ALLAh SWT, oya kpada yg punya blog ini aku minta penjelasan tentang burung terbang yg ada diatas KA'BAH . . .apa itu tipuan kamera lagi?

Anonymous said...

saya kurang setuju dengan penjelasan anda sodara enigma . . .sebelum saya kasi alasan, apa saya boleh minta penjelasan tentang ada bayangan seperti burung terbang diatas ka'bah . . .ditunggu ya pak? apa teori manusia dapat mengalahkan kekuasaan ALLAH SWT . . .

enigma said...

Kalau soal warna itu tergantung kondisi bro. Di rekaman terlihat lho ada lampu berwarna biru. Biru ditambah kuning api = hijau.
Atau kemungkinan lain adalah komentar thepatriot no.96.

Soal burung di atas kaabah, saya tidak bisa mempostingnya karena saya tidak menulis topik-topik yang berhubungan dengan agama.

Anonymous said...

bukan maksud berhubungan agama bro enigma, tapi liat dari fenomena yg terjadi aja . . .aku hanya ingin tau penjelasan kompleks kepunyaan bro enigma, apa itu hanya tipuan kamera atau apa lah, sehingga menampilkan objek seperti burung diatas ka'bah . . .plis bro enigma berikan penjelasan detailmu . . .

Anonymous said...

pendapat orang boleh berbeda . .
Kalau itu berasal dari pantulan kamera, bagaimana itu bisa berbentuk sempurna seorang penunggang kuda berwarna hijau terang. .
Dan kuda itu juga kelihatan sedang berlari. .

Anonymous said...

Mengapa manusia selalu mencari kelemahan dengan jalan pikirannya dan seolah2 mencoba melebihi KUASA TUHAN...

MAY GOD BLESS U.....

Anonymous said...

Why 6:8
Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.
KEEP PRAY, KEEP FAITH

Dealer Honda Semarang said...

saya sudah menduganya kalo itu pasti hanya rekayasa, pantulan sinar juga bisa terdapat pada efek kaca film mobil namun hanya merek tertentu yang bisa membuat efek seperti itu.

imran said...

truzz gmna bsa terbang GAN tu kudanya ??? ??
(jdi serba salah)

Anonymous said...

itumah orang naik unta...bukan sosok misterius....semua pernyataan cacat fakta..hehe

Anonymous said...

kalo dilihat berkali kali baru paham, itu bayangan kudanya berjalan kemudian menghilang, nah kalo diamati lagi, bayangan kuda berjalan itu sesuai dengan kamera yang bergerak, semakin jauh dari api akan semakin menghilang sosok bayangannya

Post a Comment