Sunday, June 5, 2011

Misteri Gef the Talking Mongoose

Pada tahun 1931, sebuah peristiwa aneh menghebohkan kepulauan kecil Isle of Man yang terletak di antara Inggris dan Irlandia. Sebagian orang menyebut peristiwa ini sebagai contoh dari aktivitas Poltergeist. Sebagian lagi menyebutnya sebagai fenomena psikologis dan yang lainnya menyebutnya sebagai sebuah hoax. Tidak heran, karena kasus yang akan saya ceritakan kali ini melibatkan seekor musang yang bisa berbicara seperti layaknya manusia.


James Irving adalah seorang petani yang telah berusia 60 tahun lebih dan tinggal di wilayah Cashen's Gap bersama Istrinya, Margaret, dan anak perempuannya yang masih berusia 12 tahun, Voirrey. Rumah yang ditinggali keluarga Irving adalah sebuah rumah yang sangat sederhana. Tidak ada listrik, telepon atau radio. Tetangga yang terdekat tinggal lebih dari satu mil jauhnya. Namun, kehidupan keluarga petani yang sederhana ini akan segera berubah pada bulan September tahun 1931.

Rumah kediaman Irving
Semuanya bermula ketika keluarga Irving mendengar suara-suara aneh pada malam hari. Suara itu terdengar seperti suara tiupan, meludah atau menggeram yang datang dari belakang panel kayu di dinding rumah. Dinding rumah James memang dilapisi oleh papan yang menyisakan ruangan selebar beberapa inci sehingga ia mengira kalau suara-suara itu dihasilkan oleh seekor tikus yang berhasil menyelinap. Jadi, ia mencoba untuk menemukan sumber suara tersebut supaya bisa mengusir makhluk pengganggu itu. Namun usahanya sia-sia.

Beberapa hari kemudian, suara itu kembali muncul. Lalu James memasang perangkap dan racun tikus. Kali ini pun usahanya sia-sia. Hingga beberapa hari berikutnya, suara-suara itu masih sering terdengar di dalam rumah.

Dalam keputusasaannya mencari cara untuk mengusir makhluk itu, James mengeluarkan suara menggeram seperti anjing. Pikirnya, mungkin suara itu dapat menakuti makhluk itu sehingga lari keluar.

Di luar dugaan, makhluk misterius itu menggeram balik. Namun, tidak kunjung keluar dari tempat persembunyiannya.

Ini adalah awal mula dari Gef the Talking Moongose.

Hari-hari berlalu dan makhluk yang tak terlihat ini mulai sering meniru-niru suara berbagai hewan. James hanya perlu membunyikannya, dan ia akan mengikutinya.

Suatu hari, seakan-akan bosan dengan suara hewan, makhluk itu mulai mengeluarkan suara-suara seperti seorang bayi yang sedang menggumam!

Tidak berapa lama kemudian, makhluk ini sudah mampu berbicara dalam bahasa Inggris.

Awalnya, Voirrey meminta makhluk itu untuk mengulangi lagu tradisional Inggris yang dinyanyikannya. Makhluk itu mampu menirunya dengan suara yang jernih. Beberapa hari kemudian, makhluk itu mulai dapat berbicara dengan jelas.

Lalu, ia mulai memperkenalkan diri kepada keluarga Irving.

Disinilah awal mula kisah ini berkembang menjadi aneh dan terdengar mengada-ngada.

Perlu diketahui kalau pada saat itu, keluarga Irving masih belum bisa melihat rupa makhluk misterius itu sehingga keberadaannya hanya bisa diketahui lewat suara yang dikeluarkannya.

Makhluk itu memperkenalkan dirinya sebagai Gef (Jeff) dan ia mengklaim kalau ia adalah seekor musang super cerdas yang lahir di New Delhi, India, pada tahun 1852. Selain itu, ia juga mengklaim kalau ia adalah "roh dunia" dan "hantu dalam rupa seekor musang".

Pernah suatu hari Gef berkata: "Aku ini makhluk aneh. Aku punya tangan dan kaki dan kamu akan pingsan jika melihatku. Kamu akan diam membeku dan berubah menjadi batu atau tiang garam!"

Mendengar ini, entah apa reaksi keluarga Irving. Namun sepertinya mereka mulai menyukai makhluk unik ini. Sejak itu, Gef mulai sering bercakap-cakap dengan keluarga Irving. Terutama dengan James dan Voirrey. Namun ia agak kurang bersahabat dengan Margaret.

Setelah cukup lama membangun komunikasi, Gef menjadi lebih terbuka dan mulai berani menampakkan dirinya. James dan Margaret diijinkan melihatnya sekilas dan hanya Voirrey yang boleh menatapnya secara langsung.

Voirrey menyebutkan kalau makhluk itu hanya seukuran tikus kecil, memiliki ekor panjang berbulu lebat dan tubuh yang berwarna kekuningan.

Karena sudah menjadi bagian dari keluarga Irving, Gef diberi tempat di kamar Voirrey di salah satu partisi kotak yang ada disitu. Keluarga Irving menyebutnya "Gef's Sanctum" atau "Tempat pertapaan Gef".

Gef's Sanctum
Pada siang hari, Gef sering keluar rumah sambil menumpang bus dan mengelilingi pulau. Malamnya, ia kembali ke rumah dan membagikan informasi dan gosip yang didengarnya kepada keluarga Irving. Ia juga sering membacakan beberapa bagian dari surat kabar lokal.

Mengenai Gef, James pernah berkata: "Ia mengumumkan kehadirannya dengan memanggil saya dan istri dengan nama Kristen kami. Kekuatan pendengarannya sangat luar biasa sehingga tidak ada gunanya kami berbicara dengan berbisik. Ia bisa mendengar suara bisikan dari jarak 15-20 kaki jauhnya, mengatakannya kepada kalian, dan mengulanginya sama persis."

Bukan cuma sekedar membagi gosip dan informasi, kadang Gef juga pulang sambil membawa kelinci untuk dimasak. Sebagai imbalan, Margaret akan memberinya biskuit dan coklat. Gef juga suka dengan sosis dan daging babi. Makanan itu biasa ditaruh Margaret di palang dekat langit-langit dan Gef akan menyelinap keluar untuk mengambilnya.

Selain kebiasaan itu, Gef juga suka menyanyi dan bisa menyanyikan bagian dari lagu tradisional Spanyol serta lagu himne.

Walaupun karakternya cukup periang, kadang perangai Gef juga bisa berubah dengan tiba-tiba.

Suatu hari, ia memaki James karena dianggapnya terlalu lambat membacakan surat kabar pagi untuknya. Saat itu ia berteriak: "Read itu out, you fat headed Gnome!"

Lalu, ia juga pernah mengeluarkan suara geraman selama 30 menit tanpa henti dan mengakui kalau ia melakukannya hanya karena usil. Bahkan Margaret yang baru pulang pernah dilemparinya dengan batu. Margaret berteriak: "Apakah itu kau Gef?" Gef berkata: "Ya, Maggie penyihir perempuan, perempuan Zulu, Perempuan Honolulu."

Entah bagaimana awalnya, namun kisah Gef mulai tercium oleh media yang kemudian mulai memberitakannya, kebanyakan dengan nada mencemooh. Walaupun begitu, pemberitaan ini telah membuat ketenaran Gef terus menyebar hingga ke London.
Namun pemberitaan yang sangat gencar itu malah membuat Voirrey sering mengalami ejekan di sekolahnya.

Awalnya, oleh media-media, kasus ini dikenal dengan sebutan "Man-Weasel Mystery" atau "Dalby Spook".

Pada saat itulah, kisah Gef mulai menarik perhatian banyak peneliti paranormal, salah satunya adalah Harry Price.

Mungkin Gef tidak suka dengan ketenaran. Ketika berita mengenainya mulai menyebar, ia mulai jarang berbicara. Dan ketika Harry Price muncul di kediaman Irving untuk mengadakan penelitian, ia hanya disambut kesunyian. Gef tidak pernah terdengar lagi.

Bukankah menarik?

Mendengar kisah Gef, mungkin kita akan segera teringat dengan salah satu tokoh dalam film The Chronicle of Narnia. Apa yang membuat kisah ini lebih menarik mungkin adalah fakta banyaknya pemberitaan dan peneliti yang dibuat tertarik olehnya (Bahkan hingga saat ini, penelitian mengenai kasus ini masih dilakukan).

Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah keluarga Irving telah menciptakan sebuah kisah fantasi?

Memang, sebagian orang menyebut kisah ini sebagai sebuah hoax yang diciptakan oleh keluarga Irving. Kathleen Green, salah seorang teman masa kecil Voirrey, pernah mengatakan dalam wawancara radio kalau Voirrey adalah seorang Ventriloquist (ahli suara perut) yang sangat baik. Bisa saja Voirrey telah menciptakan rekayasa ini tanpa diketahui oleh orang tuanya.

Namun, teori ini dibantah, bahkan oleh banyak penduduk pulau yang dalam beberapa kesempatan pernah mendengar Gef berbicara.

Misalnya, salah seorang supir bus (Ingat Gef suka menumpang bus keliling pulau), Jack Tearle, yang mengatakan kalau Gef benar-benar ada dan suka mencuri sandwichnya.

"Ya, aku adalah orang yang makan siangnya suka dicuri. Makan siangku adalah enam sandwich yang dibungkus kertas berwarna coklat. Kertas itu dirobek seperti oleh cakar atau pisau. Aku ingin sekali menangkap Gef dengan tanganku sendiri."

Lalu, ada Charles Morrison, seorang teman James Irving. Ia juga pernah mendengar suara Gef. Suatu hari, di dapur rumahnya, Morrison mendengar Gef berkata: "Katakan kepada Arthur (Anak Morrison) supaya tidak usah pulang. Ia tidak percaya keberadaanku. Aku tidak akan berbicara kalau ia datang. Aku akan menembak kepalanya dengan peluru 3d."

Arthur yang awalnya menganggap semua kisah ini sebagai gurauan pada akhirnya juga mempercayai keberadaan Gef karena ia juga mendengar suaranya ketika ia mampir ke kediaman Irving.

Saat itu, satu suara menyambutnya: "Hallo, panggil aku Gef. Aku adalah roh dunia. Sebelum aku melihatmu, aku ingin menembak kepalamu dengan peluru 3d. Tetapi aku menyukaimu sekarang."

Jadi, apakah orang-orang ini telah berkoloborasi dengan keluarga Irving untuk menciptakan sebuah rekayasa?

Argumen lain yang membantah teori rekayasa adalah tidak adanya motivasi uang di dalam kasus ini. Irving pernah ditawari uang yang cukup banyak untuk sebuah foto Gef yang pernah diambil Voirrey. Namun, ia menolaknya. Seorang agen teater di Amerika juga pernah menawarinya 50.000 Dolar untuk hak ekslusif atas Gef. Ia juga menolaknya.

Salah satu foto Gef yang diambil oleh Voirrey
Jika memang rekayasa, apa tujuannya?

Harry Price yang meneliti kisah Gef berdasarkan diari yang ditulis James Irving mengenai Gef antara tahun 1932 dan 1935, juga tidak berani mengambil kesimpulan yang pasti. Dalam bukunya yang terbit tahun 1936, The Haunting of Cashen's Gap: A Modern "Miracle" Investigated, ia tidak menuduh keluarga Irving mengarang-ngarang cerita. Namun ia juga tidak memvalidasinya.

Dalam beberapa kesempatan, Price mencoba untuk meneliti bukti fisik keberadaan Gef. Misalnya keberadaan sehelai rambut yang disebut berasal dari tubuh Gef. Ia mengirim rambut ini kepada Julian Huxley yang mengirimnya kepada naturalis, F. Martin Duncan. Duncan menyimpulkan kalau bulu itu milik seekor anjing.

Price juga mengirim cetakan jejak kaki yang disebut milik Gef kepada Reginal Pucock dari Museum sejarah alam. Menariknya, Pucock tidak bisa memastikan hewan yang telah menciptakan jejak seperti itu.

Cetakan cakar yang disebut milik Gef
Dengan kesimpulan-kesimpulan seperti ini, wajar jika Price tidak berani memberikan jawaban yang pasti.

Selain Price, peneliti paranormal lain yang meneliti kasus Gef adalah Nandor Fodor dari International Institute for Psychical Research.

Fodor tinggal di rumah Irving selama satu minggu untuk penelitiannya. Ia tidak mendengar suara Gef. Namun ia menemukan kalau keluarga Irving adalah orang yang tulus dan jujur. Ia percaya kalau mereka tidak merekayasa kasus ini. Fodor juga tidak percaya kalau kasus Gef adalah kasus Poltergeist seperti yang disarankan banyak orang karena Gef tidak menunjukkan kekuatan paranormal dan secara konsisten tampil sebagai hewan kecil yang bisa difoto dan disentuh.

Menurut Fodor: "Setelah meneliti semua bukti yang ada, salah satu jawaban yang paling mungkin adalah Gef benar-benar seekor hewan yang bisa berbicara - atau dalam kata-kata Gef sendiri, seekor musang yang sangat sangat cerdas".

Belakangan, ia mengkoreksi pendapatnya dan mengatakan kalau Gef bisa saja merupakan bagian dari kepribadian James Irving yang terpecah, sebuah kompensasi dari ambisi dan "kelaparan mental" akibat kesepian yang dialaminya. Menurut Fodor: "Hybrid Gef yang aneh tidak sesuai dengan kategori manusia, hewan atau hantu. Namun memiliki semua karakteristik makhluk-makhluk tersebut."

Tetapi, jika Gef adalah bagian dari kepribadian ganda yang dimiliki James, bagaimana menjelaskan orang lain yang juga mendengarkan suaranya?

Jadi, kita memiliki tiga kemungkinan....atau empat.

Pertama, Gef adalah manifestasi dari roh seperti yang sering diakuinya.

Kedua,
Gef adalah produk dari sebuah rekayasa antara keluarga Irving dan beberapa orang terdekatnya.


Ketiga,
Gef adalah manifestasi kepribadian salah seorang anggota keluarga Irving yang terpecah.


Atau

Gef benar-benar seekor musang super cerdas yang bisa berbicara.


(Belakangan diketahui kalau 20 tahun sebelumnya, beberapa penduduk pulau memang mengimpor musang-musang dari India untuk mengurangi populasi tikus di pulau itu).

Pada tahun 1937, keluarga Irving pindah ke kota lain. Gef sepertinya tidak mengikuti keluarga ini karena keluarga Irving pun tidak pernah mendengar suara Gef lagi. Rumah mereka yang lama kemudian ditempati oleh Mr. Leslie Graham. Ia pun tidak pernah mendengar suara Gef.

Setelah Mr.Graham meninggalkan rumah itu, rumah keluarga Irving itu akhirnya diratakan dengan tanah.

Pada tahun 1970, Walter McGraw, seorang reporter dari majalah FATE, berhasil melacak Voirrey Irving untuk diwawancara. Pada saat itu, ia tetap bertahan pada kesaksiannya mengenai Gef.

Voirrey Irving
"Saat itu aku adalah seorang yang pemalu dan Gef mengajariku untuk bertemu dengan orang-orang yang tidak berani kutemui. Ada yang mengatakan kalau semua ini adalah rekayasa karena aku adalah seorang Ventriloquist. Percayalah, kalau aku sehebat itu, tentulah aku sudah kaya raya sekarang."

"Aku sampai harus meninggalkan The Isle of man dan harus bekerja dimana orang-orang belum pernah mendengar kisah mengenai itu. Gef bahkan telah membuatku tidak menikah. Bagaimana aku bisa menceritakan mengenai hal itu kepada keluarga calon suamiku?"


"Kisah itu bukan sebuah rekayasa. Namun aku berharap semuanya tidak pernah terjadi."


"Ya, memang ada hewan kecil yang bisa berbicara dan melakukan banyak hal. Ia mengatakan kalau ia adalah seekor musang dan kami harus memanggilnya Gef. Aku berharap saat itu ia tidak mengganggu kami."

Voirrey Irving meninggal pada tahun 2005 dan kasus ini tetap menjadi misteri.

(Notes: Google Translate menerjemahkan Mongoose sebagai Luwak. Beberapa website menerjemahkan Moongose sebagai Musang atau Cerpelai. Namun karena awalnya kasus ini disebut sebagai Man Weasel, saya lebih memilih menggunakan kata "Musang". Lagipula, untuk Luwak, kata Inggris yang lebih umum adalah Civet. Harap maklum untuk perbedaan-perbedaan ini.)

(forteantimes.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

130 comments:

Anonymous said...

wah om, cerita ya sangat mengerikan hehehe
pertamaxkah?

Anonymous said...

FERRY F1 :
Keduaxx....!
Pertama kali komen sejak kenal ni blog di 2009, nice Post bos...!

Anonymous said...

ceritanya unik, saya baru dengar ada kasus hewan bisa bicara. nice post bang :)

ufo believer

Anonymous said...

benar2 pengalaman sebuah keluarga yg unik, menarik, dan luar biasa ya bro..still, the truth is out there..btw salam kenal dr ciracas ya bro...

Ada-ada aja Blog said...

Wow manteb gan..
Ntah itu sebuah HOAX ataukah kisah Nyata,,yg jeas sebuah misteri masih belum bisa terpecahkan..I Like That..& I Love teh Mysteries

pratomo said...

om ceritanya bagus-bagus...
tolong masukin blog aku jg dunk...
www.septiovan-almuslim.blogspot.com
blog islam om...

Anonymous said...

Ha 7x
ke-sepen (mungkin)
Ha 10x
10 besar (pasti)
-HaBe

Anonymous said...

Cool! I love this story!.. Senang ya menyimak cerita ini. Kalau saja binatang semua bisa berbicara, komunikasi dgn merekapun mudah. XD

The X-File said...

kisah yang menarik dan artikel yang sempurna sebagai sebuah tekateki, salud bang

sonystergates said...

Burung beo aja yang bisa ngomong gak selancar itu,apalagi musang???

sonystergates said...

Hmmm,Kalaupun itu HOAX apa tujuan keluarga Irvin??? jelas-jelas bukan uang,lalu apa? Dan Jika itupun Real, tak pernah ada yang melihat mahluk itu bicara langsung selain Voirrey,apa itu sudah cukup bukti??? jadi lieur ana. . .
...enigma the best bloger...

Anonymous said...

seperti alvin the chipmunk saja, lucu hahaha

desta bluedyst

Anonymous said...

ke enam belasxxxx.............
seru nieh bro, postingannya

Anonymous said...

ke enam belasxxxxxxxxxxxxxxxxxxx.....
good posting bro...

Noname said...

Musang bisa ngomong inggris? Ternyata bukan sekedar bisa tetapi lancar.
Weleh weleh.

Kalau ditimbang2 kemungkinan besar hal ini gak beneran sangat besar.
Pertama, buat ngomong diperlukan organ artikulasi yg spesifik: rongga mulut, gigi geligi, lidah, faring, laring, pita suara, dll yg mendukung. Sejauh yg aku tau organ artikulasi buat ngucapin kata2 ya cm pd manusia.
Kedua, otak. Buat bisa ngomong diperlukan area khusus pd otak sbg pusat bicara yg meliputi input sensorik: mendengar kata. Pusat asosiasi utk memahami makna kata2, pusat logis-matematis utk mikir dan memberikan respon (termasuk keterlibatan area memori), trus pusat motorik bicara utk mengharmonisasikan organ2 artikulasi agar dpt memproduksi kata yg diinginkan. Apalagi jika disinggung ttg bernyanyi, wah lbh rumit lg, krn melibatkan otak kanan. Ini semua setau saya cm ada pd manusia. Otak manusia sdh terkondisi sdmikian rupa utk melakukan tugas2 ini.

Jd gmana yah? Kalau hoax, kayaknya memang cukup besar, tp beberapa pengakuan org2 selain klrga Irving pntg jg dicermati. Harus dipastikan apa mereka bener2 pasti perjumpaan/kontak itu si Gef. Apakah ada kmgkinan slh tafsir?
Selain itu jika itu hoax, tdk didukung dgn motif yg meyakinkan. Atau motifnya sbg kenangan atas nama klrga Irving yg tggal di pulau kecil? Atau, walaupun kdengaran gila, bgmana dgn iseng? Walaupun kmgknannya kecil, tp tetep mungkin.

Oke, jika memang pengakuan2 org2 slain klrga Irving itu benar. Mgknkah itu adlh sebuah keajaiban yg mengarah pd ranah non-materi? Ataukah memang ada musang yg otaknya berkembang sedemikian rupa sprti manusia shgga bs ngomong? Gimana caranya? Misterius. . .

Blog Misteri dan TYrips said...

daripada Narnia, saya lebih condong kisah ini mirip dengan chipmunks... :p:p
saya sendiri lebih mempercayai kalo si Gef memang betul2 sebuah roh, karna mengingat dari beberapa tulisan juga ada kisah Ular yang berbicara dan lainnya. (meskipun saya bukan ahli spiritual lho... :p:p)
Keren ceritanya Mr.E, jangan - jangan Gef memang Luwak soalnya kan hewan ini memang salah satu hewan yang misterius (kotorannya aja bisa jadi kopi paling enak didunia... :p:p)

Anonymous said...

ehm...enk kali y punya pet kayak si Gef...g perlu kmana2...tinggal tggu di rumah...dah dapat informasi(gosip??)...xixixixixi...

atau si Gef ini hasil dari sebuah rekayasa di India y...macam kelinci (musang) percobaan gitu...?trus melarikan diri...xmpek de di rumah keluarga Irving...(trus terxta jd agent..*gra2 kebanyakan nonton G-force*)

Anonymous said...

nice posting :)

eh, yg komen di atas udah pada gabung blm ke IMFo yg baru??

-Decky chan, MITW-

DickyG said...

wah aneh kata suara Gef "Aku ini makhluk aneh. Aku punya tangan dan kaki dan kamu akan pingsan jika melihatku. Kamu akan diam membeku dan berubah menjadi batu atau tiang garam!"
pdahal keluarga yg lhat gef aman2 aja :D

DoodeyErick.com said...

Mantab bung enigma utk kali ini. Ijinkan lah saya bertukaran link dengan blog enigma ya bung. Terima kasih sebelumnya. :)

Anonymous said...

imut nyoOo~~ >.<
jd inget Alvin & the Chipmunks.. haha :D

-U-

Tokrem said...

Hmm...misterius...bagaimana mgkn hewan bs berbicara. sangat sulit diterima akal sehat.
sprti comment dr noname nmr 20, utk bs brkomunikasi, bernyanyi, membaca, diperlukan organ2 yg hanya ada pd manusia, simpanse yg konon hewan paling crdas saja tdk bs brbicara, apalagi musang.
Jd kemungkinan trbesar, kisah diatas adalah HOAX. atau rekayasa bersama dg tujuan utk memperkenalkan daerah isle of man agar dikenal di dunia luar, dan trnyata brhasil kan?
Dan kl mmg kisah diatas benar, ada kmungkinan kl kluarga irving sedang berurusan dengan dunia dr alam lain, aktifitas militer, alien activity he2...tp dg persentase yg kecil.

Btw dr kisah yg bro Enig tulis, ada sesuatu yg membingungkan :
"Perlu diketahui kalau hingga saat ini, keluarga Irving masih belum bisa melihat rupa makhluk misterius itu sehingga keberadaannya hanya bisa diketahui lewat suara yang dikeluarkannya".

Tapi dibawah ditulis:

"Gef menjadi lebih terbuka dan mulai berani menampakkan dirinya. James dan Margaret diijinkan melihatnya sekilas dan hanya Voirrey yang boleh menatapnya secara langsung".

Malah Voirrey bisa ambil foto lagi...

Dossy said...

mongoose itu garangan bro bahasa indonesianya hehehe, soalnya ada yg jual di fjb kaskus

Anonymous said...

kata bang E itu musang tp knapa jejaknya jejak anjing? Mohon pencerahanya :D
Yes 30 besar

Anonymous said...

Jujur aja ya Bro Enigma, koq postingannya makin hari makin nggak bermutu? Mana ni Bro postingan2 yang membesarkan nama Blog Enigma macam konspirasi tingkat atas dan analisisnya?

Divine conspiracy said...

apakah ini konspirasi media dengan melibatkan keluarga Irving yang seorang petani?
sepertinya aku yakin ini hoax dengan cerita yg sulit diterima akal sehat.
buat abang enigma salam hormat selalu ya bang

Anonymous said...

kok ngerasa deja vu ya...? perasaan dulu pernah di bahas di sini...

Anonymous said...

kedengarannya sangat amat mengada-ada sekali yaa ... XD
anayway,, nice post seperti biasanya Bang E !!

Anonymous said...

hmm,...
menarik nih,..nice post bung E
Gef mengklaim dirinya adalah roh bumi?
roh gef blang,jadi bukan benda nyata dunks?
tapi ko bisa di foto?
komentar dari beberapa orang dan penduduk pulau tersebut mungkin karena adanya media yg tertarik terhadap gef dan seolah2 memebenarkan ttg Gef,bsia ga sih kyk gitu?

tapi kalo Gef adalah roh,sy ga brani koment apa2 :D

karena roh adalah hal yg ga tampak secara nyta,dan ga bisa di buktikan secara ilmiah namun ada.

pernah dgr tentang pasar malam di gunung lawu?
kota impian di hutan sumatra?
dan msh bnyk "cerita-cerita" tantang roh dan keajaibannya.

sy bukan org yg mudah percaya sebelum melihat sendiri dan mengalami sendiri,namun sy hanya org yg mencoba berpikir dan mengembangkan pikiran sy :D

musang berbicara?
real kah?
sp yg tau,sy ga ngalamin sendiri :P

meiouse

Anonymous said...

manusia hanya pendatang baru di bumi, dan memang banyak hal yang belum dieksplor di dunia ini.

Anonymous said...

orang2 pada g takut apa ada binatang bisa ngomong hii

Anonymous said...

-Walopun hidup berdampingan setiap hari seluruh anggota keluarga tdk ada yg menyaksikan lngsung wujud mkhluk tsb,,KECUALI voirre.
-Kesaksian tambahan dr masyarakat pun jg lemah krna mrka-pun hnya menerka2 (sandwich hilang dijadiin bukti ?? liat pelakunya aja G prnah :p)
-Menolak pemberian uang merupakan bukti bhwa dy tdk merekayasa ? bgaimana kalau dy menolak uang atas hasil foto & hak exclusive musang trsebut krna pd kenyataannya musang tsb memang tdk prnah ada ?

Mungkin terlalu dini kalau menyimpulkan bhwa itu benar2 musang ajaib/fenomena poltergheist :)

Green Arrow_

Anonymous said...

Yg membuat sy bgtu tertrik dg blog ini adlh:
ANALISIS MR.E YG SGT HEBAT,
kmu bnr2 seornk yg jenius, bgtu pkir sy,
stiap postingan psti sllu ada analisis dri Mr.E yg luar biasa, bnr2 analisis dri sisi lain, sisi yg tdk prnh trpkir kn oleh orng lain.
Analisis yg mmp mbuat org lain terpukau pd Mr.E

TAPI,,,,
knp akhr2 ini sy mlhat postingan Mr.E tdk sperti dlu ?
Tdk ada analisis lgi, postingan Mr.E skrg kbanyakan menggantung, bhkan ada yg tdk jelas, dan rancu.
Mksud rancu di sne adlah, tdk efisien,
misal pd posting ini, Mr.E mngtakan bhwa musang ini tdk prnh trlihat, shngga hnya di knali suaranya sja.
Tpi di prgraph brikutnya, Mr.E mnulis bhwa mreka mulai mengakrbkan dri, dan musang nya mulai memperlhatkan wujudnya ???????
Bukankah itu sngat aneh,
dan tdk hnya pda postingan ini,
di postingan lain pun bnyak skali tulisan yang seakan-akan sling berlwanan (tdk mndukung stu sma lain),

ada apa Mr.E . . ? Apa yg terjadi pda drimu ?
Apa kh Mr.E tdk mersakan perubhan ? Tentu Mr.E yg hebt pst mngetahuinya bkn . . ? Bhkn komentar2 postingan Mr.E tdk sbnyak dlu lgi, tdk ada lgi komentar analisis dri pngagum blog Mr.E, bhkan sya liat be2rpa mulai menulis komentar hinaan (maaf)

sy tdk brmksud menghkimi,
sya hnya ingin Mr.E yg dlu . .
Yg postingannya mmbuat sya berdecak kgum,

atau jgan2 yg mnulis postingan akhir2 ini bkn Mr.E yg sebenarnya . . ? ? ? ? ? ? ?

Anonymous said...

ada hal yg ganjil...saat gef bilang "Aku ini makhluk aneh. Aku punya
tangan dan kaki dan kamu akan pingsan jika melihatku. Kamu akan
diam membeku dan berubah menjadi batu atau tiang garam!"....namun aslinya gef pun hnya lah sebuah musang biasa.....apakah gef berbohong ketika di tanyai hal itu?

Anonymous said...

Balikin Mr. Enigma yang dulu.....!!!

sekarang artikelnya ga keren ah...(sory bro E, no offense) artikel2 yg akhir2 ini koq ya ringan banget, analisis juga dangkal...jauh beda ama postingan yang dulu2...

- Lagi stres opo iki Mr. E?...(mmg Mr. E, pernah bilang sih kalo g salah, kurleb gini "bosen posting yg serius mulu, sesekali pengen yg ringan2, hidup jgn dibawa serius trs"..tp fans mu kehilangan dirimu yg dulu lo)
- Ato jangan2 ada yang "nyaru" jadi Mr. E ?...
- Mr. E memutuskan "pindah haluan" blog nya...
- ???? kemungkinan lain yg ga terpikirkan para pembaca blog ini, yg jadi penyebab postingan Mr. E begini..

Anonymous said...

KALAU musang itu bisa berbicara jelas2 musang itu sudah tidak berbentuk seperti musang. Seperti bagian tengkorak kepala dan rahangnya, juga lidahnya tidak mungkin seperti musang MUSANG


skeptic12

enigma said...

@sonystergates: "tak pernah ada yang MELIHAT  makhluk itu bicara langsung selain Voirrey.." ??????
 
@DickyG: Itu karena Gef adalah musang yang suka membual.
 
@Tokrem: Kedua kalimat itu tidak bertentangan. Kalimat pertama menunjukkan kalau awalnya keluarga Irving hanya mendengar suara Gef. Hari-hari berikutnya barulah Gef menampakkan dirinya. Apakah kedua kalimat ini bertentangan??
Ini seperti jika kamu punya teman Facebook. Awalnya, kalian hanya chating bro. Tetapi setelah cukup akrab, kalian mulai janjian ketemu.
 
@Dossy: Betul, garangan juga tepat, walaupun kata itu agak asing bagi kebanyakan orang.
 
@Anonymous 30: Tentu saja bro. Bukankah Gef adalah musang aneh. Makanya ahli naturalis pun tidak bisa menentukan jenis hewan yang menciptakan jejak tersebut.
 
@Anonymous 31: Kamu terlalu membesar-besarkan bro. Nama blog enigma sama sekali tidak besar. Lagipula, saya tidak pernah memposting soal konspirasi tingkat atas.
 
@Anonymous 33: Itu cuma perasaan kamu saja.
 
@meiouse: Nah, makanya Gef itu memang musang yang suka membual. Haha. O iya, Roh itu bisa difoto lho. Mengenai kesaksian penduduk yang mungkin dipengaruhi oleh media, saa setuju. itu sangat mungkin.
 
@Anonymous 39: Kamu berlebihan bro. Pertama, Analisis saya tidak sangat hebat. 
Kedua, kamu mengatakan: "Setiap postingan pasti selalu ada analisis dari Mr.E yang luar biasa." Ini tidak benar. Kamu boleh menelusuri semua postingan saya dari februari 2009. Lalu, hitung dengan teliti berapa banyak postingan yang saya analisa. Jika kamu sudah membaca seluruh postingan saya dari awal, kamu akan menemukan sesuatu yang mengejutkan. Ternyata saya tidak berubah! 
Nah, karena kamu meminta saya memposting sesuatu yang dianalisis, menurut kamu, apa yang harus saya analisis? Apakah saya harus mencari-cari masalah untuk dianalisis? Apakah kamu ada usulan topik untuk dianalisis?
 
Kamu mengatakan: "Postingan Mr.E sekarang kebanyakan menggantung..."
 
Enigma itu blog yang didominasi misteri bro. kalau tidak gantung, bukan misteri dong?
Soal kalimat yang kamu sebut rancu, sudah saya jawab di balasan komentar saya untuk tokrem. Soal tulisan yang saling berlawanan di postingan lain, bisakah kamu memberikan contohnya supaya bisa saya koreksi? 

@Anonymous 40: Setelah saya membaca mengenai Gef, saya mengambil kesimpulan kalau Gef adalah musang pembual persis seperti di film-film kartun. Jadi tidak heran jika dia mengatakan sesuatu yang membesar-besarkan.
 
@Anonymous 42: Tanggapan saya kurang lebih sama dengan jawaban saya untuk anonymous 39. Nah, saya tidak pernah mencari-cari masalah untuk dianalisis. Kalau memang tidak ada yang perlu dianalisis, saya tidak pernah mencari-cari. Kalau saya tidak bisa menganalisisnya, saya juga tidak memaksakannya.Tetapi, kalau kamu mau, kamu bisa mengusulkan topik untuk dianalisis. percaya deh, pasti akan saya pertimbangkan dengan serius.

penggemar lama said...

Binatang yg bs ngomong? Ada kok, tp di dongeng2, fabel.

Pendapat saya ini murni hoax. Kemungkinannya ada 2 jenis 2 hoax.
1. Keluarga Irving sengaja merekayasanya.
2. Hoax disebarkan oleh pihak lain. Jd cerita dan foto2 yg ada dlm cerita ini cuma karangan kreatif seseorang saja. Ia karang ceritanya, sampai wawancara dgn anggota keluarga Irving zaman skrg, ahli2 yg antusias, shg terkesan ceritanya beneran.

Motifnya? Dari yg tiada motif alias iseng sampai motif keuntungan. Tepatnya saya tidak tau dan tidak tertarik utk mengetahuinya.

OOT dikit, setuju dgn anonimus diatas. Kayaknya memang ada yg berubah dgn postingan bang E akhir2 ini. Komentar2 analisis hampir tiap postingan ada, tp emg sekarang jumlahnya sangat2 berkurang. Saya jg merasa kehilangan komentar2 brilian Chris, anakkucing, Myheart, Nakashima, Le pour, Ken. Entah bagaimana saya ngerasa mereka sebenernya org yg sama. Tapi saya gak peduli, yg jelas siapapun dia, pasti orangnya pintar banget. Drama yg diciptakannya sempat membuat blog ini berwarna yg spesial. Haha, saya rindu saat2 itu.
Tapi whaddehel dgn itu smua! Tetap maju dan semangat ya Enigma. Buat seseorang yg pintar tsb dan memainkan peran yg banyak, you rock man!

Tunggu, saya juga curiga kalau Lemot juga org yg sama. Entahlah, pemikirannya itu, (tp cuma feeling aja).

Anonymous said...

Stuju bgt dg no 42,

k mn Mr.E yg dlu,
tdie sya ada nulis komen keluhan sma blog ini,
tpi ngga d tayangkan (mgkn krena kluhan jdi ngga d tyangin '3' )

skrg postingan di blog enigma ga seru qya dlu lgi, postingan nya rancu dan stndar banget,
ngga ada greget2 nya, knpa ya ????????

Klau bgni teruz fans enigma bisa2 pda lari nih,
buktinya aja yg komen sdh ngga sbnyk dlu lgi,
T.T

Mr.E ,come back please

download mobile games said...

allah maha agung allah bisa menciptakan apapun melebihi batas pikiran manusia,pada hari kiamat nanti allah akan menjadikan hewan mampu berbicara, untuk menunjukkan keagungannya.. allahuakbar

Anonymous said...

bung bro E tersayang :P
mungkin para penggemar yang setia merindukan saat2 bung E menganalisis suatu masalah misteri dg beberapa jawaban yang murni dari pemikiran bung E :)

mungkin seperti itu,ga tau jg yg pasti masalah postingan bung E yg ringan akhir2 ini,ak ngakuin itu

akhir2 ini bung E memang posting hal2 yang ringan,ato kurang begitu mengigit.tapi secara pribadi ak tetep suka postingan anda bung :D

jatidiri tulisan anda belum berubah,cm mungkin anda terlalu sibuk dg kehidupan anda sehingga akhir2 ini postingan anda kurang begitu mengigit.

semisal pada contoh postingan yg burung bergigi,itu jujur bagi sy secara pribadi booorrriiinnngggg,...

untung ada komentator dari bung lemot yg menambah postingan anda jadi menarik :P

sedikit kritik dan saran bung E,mungkin postingan bung E bisa di tambah dari penilitian bung e sendiri seperti pada postingan yg dulu,pada judul "saqqara bird" pada postingan itu anda sungguh brilian :P

cb anda bandingkan dengan postingan pada burung bergigi,adakah yg beda bung E?

para pembaca setia blog ini jg tentunya ingin bung E menjadi lebih baik dari yg sudah2 dg mengirim kritik dan saran untuk membangun blog ini :)

cayoo bung E,lanjutkan semangat,....!!!!!

@para pembaca lain : kritik n sarannya tolong yg jelas y,biar bung E jg bisa mendapt pencerahan dari apa yg kita mau :P

meiouse

enigma said...

@meiouse: sebenarnya, dulu di menu "about this blog", saya pernah menulis kalau tulisan di blog ini ada dua jenis. Salah satunya adalah "news". Nah, soal news, saya hanya menterjemahkan apa adanya dari berita di media. Yang sejak awal mengikuti blog ini pasti tahu soal ini. Contoh news ini seperti postingan sepasang suami istri menemukan wajah ET pada batang pohon, dua jet tempur terlihat mengejar UFO di Inggris, objek angkasa berbentuk X terlihat oleh Hubble dan lain-lain. Termasuk soal burung bergigi itu.
Cuma memang tulisan soal "news" itu sudah saya hapus dari menu "about this blog".

Dwi said...

Teman-teman pembaca. sini biar saya klarifikasi. Saya sdh jadi pembaca enigma sejak 2009. Dulu bro.en postingannya pendek-pendek. mungkin krn posting hampir tiap hari sehingga malas dipanjang-panjangin. bro.en cuma menganalisis sekali-kali kalau ada permintaan atau ada misteri yang lg heboh di ind. Jd kalau ada yang bilang bro.en jadi tidak seperti dulu lagi, ada benarnya juga. tapi postingan bro.en dulu malah lebih tidak menarik sehgga saya anggap perubahannya menjadi lbh baik.
Untk bro.en, saya kira saya tahu masalahnya. Dulu, bro.en posting seminggu 5 kali. jadi kalau ada tiga post yang tdk sesuai dengan keinginan seorang pembaca, mrk masih maklum krn ada dua post lain yang sesuai ekspektasi mrk.
krn skrg bro.en hanya posting seminggu sekali, ketika post itu tdk sesuai, mrk akan komplain krn menunggu ckp lama.
mengenai analisis, bro.en benar. bro malah jarang analisis. tapi mungkin cuma post smcm itu yg diingat sebagian pembaca sehingga mrk mengira enigma=analisis. padahal saya yakin tdk.
Yang pengen jadi sherlock holmes akan menuntut postingan analisis. yang pengen jadi Fox Mulder akan menuntut postingan yang gantung dan misterius.
Aduh, susahnya jadi enigma ya. harus ikutin yang mana.XD

Anonymous said...

lucu kk... pngen ktemu deh sama tuh musang... tapi klo ntar ktemu trus di tembak kpalanya pake pluru 3d gmana yah???
bro E slalu bisa yah mbuat orang terkagum2, nice lah bro...
sampe skarang lom terungkap yah tuh musang??? klo mau tau, itu adalah ekor ke 10 nya kyubi...nyelip di rumah kluarga irving...
oh ya bro E, emang nge post article nya ga rutin ya??? maksudnya, ga di jadwal gtu..??
biar bisa ngetik PERTAMAXXX eheheh

-FayZ4HoN-

Just Kaka said...

mas enigma,,, request penelusuran "this man" orang yang muncul di berbagai mimpi orang lain,,,

Anonymous said...

biar bagaimanapun,...

sy msh tetap jadi penggemar anda bung E
hehehehehe

sy hanya org yg mencari jawaban dari misteri2 yg ada,dan anda adlah kunci utk itu,itu image sy mengenai anda bung E.

tapi tetep aja,sy menjadi penggemar nomer satu anda :)
dan sy serius terhadap pernytaan sy :)

bung E msh ingat request sy?
brihatkhata?

tolong diulas bung E,penasaran bgt sy,ttg asal yg sebenarnya ttg kitab itu dan bagaimana pandangan bung E terhadap kitab itu :)

di ulas di balasan koment jg gpp :)

meiouse

enigma said...

@Dwi: Kamu memiliki pikiran yang sangat tajam dan saya yakin kamu adalah seorang problem solver yang sangat baik.

@Just Kaka: Soal this man, ada disini:

http://xfile-enigma.blogspot.com/2011/04/strategi-marketing-dan-misteri-kisah.html

MJ said...

...atau Gef hasil percobaan "The Nine Unknow Men'' karena dia dari India.
Temen2 masih ingat kan dgn ''The Nine Unknow Men"?

MJ said...

@ Para Enigma Lover:
Bung Enigma jarang posting itu karena menurut beliau belum menemukan misteri yg dianggapnya keren. Jadi bukan masalah apapun.
(Kalo g percya tanya aja ke Bung E, karena ini pernah saya tanyakan.)
Dan masalah gaya penulisan, percaya deh, Bung E g berubah kox. Tetap sama seperti dulu awal2 blog ini. (Saya termasuk penggemar awal blog ini. Dari mulai silent reader, anonimous, sampe ke nickname Maniac/MJ/Misterious J)

Anonymous said...

Fulcanelli said....

Menanggapi komentar para pembaca blog setia Enigma,,mungkin salah satu solusi mengembalikan blog ini ke masa kejayaan dulu (ceilee...)adlh sprti yg Mr E bilang diatas : Para readers diharapkan memberikan kontribusi tentang materi2 yg akan diulas (tentunya tema hrs menarik,bombastic,dan spektakuler @_@),dg adanya tambahan referensi tsb otomatis Mr E akan lebih greget mengulasnya (mungkin saja kendalanya bukan mslh skill,,tp krn kurangnya inspirasi yg mampir di kepala :p)...
So,,mari kita request sebanyak2nya !!!!!!!!

^_^

Andy said...

Post terus yg banyak yg om enigma ^_^..
Saya suka bgt baca''an nya...

Anonymous said...

Mungkin itu musang jadi-jadian bangsa jin atau siluman yang ingin menyesatkan keluarga Irving.

Anonymous said...

bosen sy baca komen2 yg blg "bro e ga seperti dulu lah, postingan bro e udh ga seru lah, ga ada analisis2 yg 'katanya' kebanyakan org itu ciri khas bro e lah, dll, dsb, dst"

heloooo... santai ajalah kalian.. syukur2 bro e msh mau posting.. kalian pikir gampang nemu berita misteri?? kalian ga pikir susahnya bro e nyari bahan postingan baru tiap hari..

org klo dikasih postingan yg modelnya samaaaaaaaa terus jg pasti bosen.. sama kaya kalian makan lauknya itu itu aja tiap hari..
makanya bro e nulis mcm2 postingan biar 'lauk'nya beda terus tiap kali postingan baru dibuat..

lagian, toh ini blognya bro e sendiri.. dy mo posting apa keq, tentang apa keq, seru ato ga keq itu terserah dy.. kalo mau, cb ksh topik yg menarik, sp tau bro e terima, tp pasti abs itu ada aja org yg komen blg ga seru..

jd lebih baik diem aja deh klo emg ga sk sm postingan yg menurut kalian ga menarik.. ga ush komen2 ga penting gitu.. kaya kalian bs nulis postingan yg lbh seru aja.. menyebalkan..


-U-

Sachi no diary said...

TOP bgt dh Mr. E! Tiap kali login pasti lgsng mampir ke blog Mr. E, :D. Jd nambah pengetahuan soal misteri-misteri yg ad di dunia. Thx yo!

Si gef imut bgt keliatannya klo liat dr slh satu foto yg di ambil sm voirrey. Jd pgn ngelus kepalanya, :p (mdh2an si gef bkn roh. Klo mang roh mah, boro2 ngelus kepala, begitu ketemu lgsng ngibrit, ha3x)

bachtiar said...

saya lebih suka lemingkinan nomer 4
Gef benar-benar seekor musang super cerdas yang bisa berbicara.
wkwkwkwkwkw seru kan kalo ternyata banyak juga hewan yang bisa pakai bahasa manusia

Nerwen Nightray said...

Wahhhh... postingan yang menarik Bro. Saya rasa Blog ini tetap bagus kok, terlepas dari apa yang pembaca lain katakan.Hahahahahaha.... Buktinya saya tetap rajin mengunjungi Enigma tiap minggu. Mungkin mereka memprotes gitu karena sayang Enigma. Yaaa... kami semua memang sayang blog ini dan ingin Blog ini jadi lebih baik. Sukses selalu buat Enigma..!!!

Oh iya.... Setelah sekian lama jadi pembaca Anonymous, akhirnya sekarang saya punya akun Blog saya sendiri. Hohohohoho...!!!
Kita tukeran Link ya Bro, mohon dibaca dan dikomen. Soalnya saya masih amatir dan butuh banyak belajar dari Blogger2 yang udah senior.
http://elennerwen.blogspot.com/
Terima Kasih....^^

Nerwen Nightray said...

Bagaimanakah caranya untuk memfollow blog ini...??
Saya bingung..!! ==a

cale said...

mana mau pemilik blog ini posting misteri indonesia ama yg timur tengah wong dia pro amerika. antek amerika.

Anonymous said...

salam kenal aja buat bang enigma dah sekian lama saya mengikuti blog anda baru sekarang bisa komen, ulas juga misteri yg ada di indonesia terutama di tempat saya kalteng banyak hal misteri yg bisa di bahas

Anonymous said...

dah ada sejak dulu itu mas enigma, mending bahas batu melayang yang ada di arab itu lhooo

enigma said...

@cale: Per tanggal ini, ada 414 postingan di blog ini. Pernahkah kamu menghitung berapa persen persentase postingan mengenai misteri Amerika, lalu misteri Cina, misteri India, misteri Indonesia, Misteri Mesir, Misteri Inggris dan lain-lain?
Menurut kamu misteri di indonesia dan timur tengah yang menarik untuk dibahas apa ya?
Oiya, satu lagi bro. sebenarnya kamu nanggapin komen nomor berapa ya? Nomor 74?

soundmind said...

wah, Gini nih yang bikin indonesia nggak maju-maju. Untuk agan Cale, kalau mau ngomong mbok yo dipikirin dulu. jangan asbun. nanti malah bikin diri sendiri jadi kelihatan dungu. hebatnya agan cale ini juga komen pake id blogger (buatan amrik). pasti emailnya gmail atau yahoo (buatan amrik). pasti juga punya facebook nih (bikinan amrik). karena banyak pake produk amrik, agan cale ini pasti antek amrik.

Anonymous said...

ahahahahaahahaahahaha

agan cale lucu

ahahahahahahahahaahahaha

aneh2 aje,ternyta dunia memang penuh warna

meiouse

Anonymous said...

:O

sy new kid on the blog
dan setelah sy baca postingan blog ini,sy jatuh cinta :P

dear enigma, accept request friend di FB y :)

sy baca dulu semua postingan

yoanna

Anonymous said...

Ada yg mengganjal di pikiran saya, kejadianx terjadi pada tahun 1931 dan umur voirrey 12 tahun, lalu dia diwawancarai pada thun 1970 yg berarti umurnya saat wawancara 51 tahun, tapi fotox msh seperti 30-40 tahun, dan nampakx dri pernyataan dia "... Percayalah, kalau aku sehebat itu, tentu aku sudah kaya raya sekarang" saya rasa dia tidak mampu menjalani berbagai program awet muda (aka tak cukup uang). Selain itu, dia kan di wawancara, jadi mestinya foto itu foto dia waktu itu.

Jadi, mungkinkah itu bukan fotox, sehingga kesaksianx pada thun itu palsu???

Anonymous said...

Musang yang lucu!
Seandainya dia mau, dengan kelebihannya itu dia kan bisa terkenal. Muncul di koran, majalah, TV hingga bisa dapat banyak uang, jadi gak perlu mencuri sandwich atau minta makan lagi pada keluarga Irving.

Sebelum muncul dan setelah menghilang kira-kira dia dapat makan dari mana ya? Pasti banyak kejadian pencurian makanan misterius di daerah situ pada masanya.

Lalu dimana pula family dari jenisnya? Kenapa tak ada yang datang mencarinya? Mungkin dia dikucilkan karena dianggap berbeda.

Tapi satu yang pasti : si Musang tidak percaya pada siapapun kecuali keluarga Irving (hanya mereka yang boleh melihatnya secara langsung)!


Sk

Devy D said...

To Cale...
Kamu mungkin anggota baru disini yah...sampe mengatakan bhw bang Enigma tidak mau posting misteri di Indonesia. Silahkan lihat di tgl 8 Des 2009 ada postingan berjudul "Inbox: foto jejak kaki Lo'lok - makhluk misterius dari Minahasa". Kalau kau tidak tahu dimana lokasi Minahasa berada, maka saya infokan : Minahasa itu berada di Sulawesi Utara tempat tinggal saya, dan kebetulan saya yg memberikan comment pertama. :)

riadi makhmed said...

kenapa di sini jadi pada ngebahas bro enigma ya hahahahahhhaa, setuju ama Dwi dah ..

oke kembali ke kasus.. kalo menurut saya gini :
"... beberapa penduduk pulau memang mengimpor musang-musang dari India untuk mengurangi populasi tikus di pulau itu". Jadi bisa saja musang itu asli, jejak musang nya juga asli. Tapi yang berbicara itu adalah Voirrey sang Ventriloquist (seperti yang dikatakan Kathleen Green). Bukankah yang boleh melihat Gef hanya Voirrey? Bahkan James dan Margaret pun hanya boleh melihat sekilas.

Lalu, kesaksian Jack Tearle (sopir bus), dia hanya mengatakan bahwa Gef benar2 ada, tapi apakah yang dia maksud itu memang musang yang bisa berbicara? Okelah, kalo dia anggap itu Gef. Lalu Jack bilang "Aku adalah orang yang makan siangnya suka dicuri. Makan siangku adalah enam sandwich yang dibungkus kertas berwarna coklat. Kertas itu dirobek seperti oleh cakar atau pisau". Darimana dia bisa berkesimpulan kalau itu adalah perbuatan Gef? Apakah hanya ada satu musang di sana?

kanz said...

mas enig, tuker-tukeran link ya..
Tengkyu

kanz-world.blogspot.com

Ikhwan LioMessi said...

bro enigma tolong bahas mengenai legenda korea rubah ekor sembilan "gumiho". yang katanya memakan hati orang untuk hidup. thanks.

Anonymous said...

Keren bgt, kayanya dia skizopremi mungkin..
bung E ada atrikel tentang Hoax fosil mausia raksasa ?

enigma said...

@anonymous 88: ini linknya: http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/01/penemuan-kerangka-manusia-raksasa.html

Anonymous said...

slah astu jin pintar,keren,dan teramah yg pernah ada

joko pakusumo said...

bang E saya mau tanya dong kok Nyos Lake bisa menuai korban hingga 1800 jiwa ?

Anonymous said...

Om Enigma, saya pernah diceritain sama salah seorang teman saya yg alumni pesantren, tentang seorang ustadz yang khotbah jumat di 4 masjid berbeda dalam waktu yang sama.
teman saya juga bercerita bahwa ada bbrapa manusia yg bisa memperbanyak diri (klon) seperti kagebushin nya naruto.

apakah itu benar ?

Anonymous said...

jadi ingat komik Minmie... tapi bedanya yang bisa bicara itu boneka... hahaha (ga usah di bahas)

yah... masalah pro dan kontra blog ini, mungkin saya setuju dengan Om.E dan Dwi.. soalnya saya memang pengikut setia sejak 2009 dan kalau membahas gaya menulis memang tidak berubah, yang berubah itu lama memostingnya... tapi kan itu maunya om.E.. wong dia yang punya blog


IIn

ranggalawe said...

Bro Enigma, tolong dibahas mengenai video penampakan raksasa di Cimahi, barusan saya lihat di berita tv siang ini. Thx.

cindelaras said...

seperti biasa..
artikel2mu keren2, mas enigma..

boleh tuker link ga???
:D

http://sidik-supomo.blogspot.com

tapi blogku bukan blog misteri..

Lica Lawliet said...

imutnyoOo~~ -*0*-

pengen deh ketemu sm Gef.. sp tau anak cucunya punya kecerdasan kaya dy~~ >,<

Ican Ihsanuddin said...

Oke, saya melihat beberapa masalah disini.

Pertama soal kedua kalimat yg bertentangan ini.

"Perlu diketahui kalau hingga saat ini, keluarga Irving masih belum bisa melihat rupa makhluk misterius itu sehingga keberadaannya hanya bisa diketahui lewat suara yang dikeluarkannya."

"Setelah cukup lama membangun komunikasi, Gef menjadi lebih terbuka dan mulai berani menampakkan dirinya. James dan Margaret diijinkan melihatnya sekilas dan hanya Voirrey yang boleh menatapnya secara langsung."


Kalimat ini mungkin menimbulkan masalah karena kata "hingga saat ini" mungkin diartikan para pembaca sebagai "hingga waktu sekarang ini (2011)".

Kedua soal analisis bro enigma yg melemah, saya rasa itu tidak benar. Biasanya bro enigma akan mengeluarkan analisis yg super jika mem-posting di kategori "hoax" atau "konspirasi". Tapi yg di posting bro enigma belakangan ini bukanlah mengenai kedua hal itu. Jadi wajar saja jika kita tidak melihat analisis tajam bro enigma belakangan ini. Yah, tapi jujur saja, kedua label yg jarang diposting akhir-akhir ini justru adalah favorit saya. Semua tulisan di kedua label itu sudah habis saya baca, dan saya sangat menunggu tulisan-tulisan yg baru. Sebenernya bisa saja saya membaca artikel tentang hoax dan konspirasi di blog-blog misteri lainnya, tapi jika bukan dari blog ini, rasanya kurang terpercaya. Bisa gak bro enig memberi rekomendasi blog misteri yg terpercaya? Yah, well mungkin memang topiknya susah ditemukan, atau penulisannya yg membutuhkan waktu cukup lama, tapi saya akan tetap setia menunggu tulisan bro enigma ttg konspirasi dan hoax.

Masalah ketiga tentang si cale yg nyebut bro enigma antek amerika, saya gak mau komentar apa-apa sebelum saya membaca balasan dia terhadap komentar cool bro enigma di nomor 52 :)

Rezka de Riddle said...

waah, kok jadi pda komen tentang analisis mr.e yang "katanya" makin gak seru. Kalo aku perahatiin analisisnya masih bagus dan tajam seperti sebelum-sebelumnya (aku udah ngikutin semua artikel di blog ini dari dulu). mungkin yang berubah dari jumlah artikel yang di post di blog ini udah gak terlalu sering, jadi para pembaca setia blog ini jadi kurang antusiasnya.
*aku suka dan setuju dengan komennya dwi,, :)

oh iya, dulu pernah baca suatu buku yang membahas tentang Jarvey, musang yang bisa bicara dan suka menengkap gnome (di artikel di atas di sebutkan kalau Gef memaki james dengan kata "fatheaded gnome"), daerah sebaran nya disekitar inggris dan irlandia.


maaf kalau ada yang kurang berkenan,
Keep posting mr.e ! :D

Rizward21 said...

Kalo soal hewan bisa bicara ane sih pasti percaya soalnya ane punya burung Nuri yang bisa bicara. Kata orang burung Nuri kaya burung Beo cuma bisa menirukan bahasa doang tapi burung ane bisa di ajak bicara, bisa ngobrol sama ayam & kelinci bisa juga nyanyi lagu Indonesia Raya. Jadi klo ada pemberitaan hewan udah biasa di keluarga ane.

Anonymous said...

bro en, bikin tentang horor horor donk,,
biar mrinding sndiri malem2 di kamar.. haha :D

I love Judas said...

Gak ada yg namanya hewan bisa ngomong. Karena emang dari sononya begitu. Otak hewan emang gak memungkinkan buat ngomong.

Ada yg bilang itu tanda kekuasaan Tuhan?
Lalu dlm konteks apa? Apa nilai moralnya? Alam ini kan sudah menjadi bukti kekuasaan nya? Gimana kalo itu hanya hoax yg ternyata terlanjur sdh dilabeli dgn 'tanda kekuasaan tuhan'. Gak malu tuh?

Btw, menurut saya emang blog ini berubah. Waktu postingan semakin lama antar postingan. Topiknya makin membosankan. Jumlah komentar berkurang.

Mungkin di saat enigma membuat gambar profilnya dgn 2 mata baru heboh lg ya? Hahaha.

-I love Judas-

Devy D said...

Bang Enigma,
Minta tolong dibahas teka-teki kutukan mumi...
Thanks

Anonymous said...

Request kk

misteri wanita salju donks,dari berbagai tempat.

Yoanna

Anonymous said...

udah lama ngga posting bro..
bro kan tahu, ane ngga bisa baca misteri di blog lain selain blog enigma..
pernah beberapa kali nyoba mampir ke blog misteri lain, tapi ngga ada yang bikin pengen balik lagi ke blog mereka..
cuma blog enigma doang yang bisa bikin balik, balik dan balik lagi..
mana update tulisannya...???

Fenstermundo said...

bro enig bisa tukeran link ga link anda sudah saya pasang tapi blog saya bukan mystery thx -----> http://coretant.blogspot.com/

Anonymous said...

Bung E.. Update plisss... Hmpir tiap hr sy buka blog ini, tp ga update2 jg :(

@adi

Anonymous said...

Apakah mungkin misteri gef sengaja di ciptakan bt marketing buku yg membahas misteri gef tersebut?

Anonymous said...

hehe menarik.. meski peminatnya sedikit :p tp luna lebih sk hal2 berbau mistis tp ga setan2an xD

btw emang musang/luwak itu segede tikus??? [soalnya belum perna lihat musang/luwak]

--Luna--

Anakkucing said...

wah.. fulcanelli, long time no see.. ;)

terima kasih buat yg sudah menyapa saya (khususnya buat penggemar lama).. :)

apa yang aneh dari kisah di atas? tentu saja semuanya aneh.. xD
musang yang berbicara, ya itu sangat aneh..
tambahan lagi dengan perkataan2nya..
spt pernyataannya mengenai fisiknya sangat aneh dan mengerikan (membuat mereka membeku kalau melihatnya), lalu perkataan2 tidak sopannya, dan lain2..
oke, bro enigma menganggapnya sebagai musang yang suka membual..

tapi, yang paling aneh menurut saya, bukan itu, bukan bualan musang itu..
melainkan perkataannya yang ini:
"Aku tidak akan berbicara kalau ia datang. Aku akan menembak kepalanya dengan peluru 3d."
bualan? musang itu membual dengan menggunakan satu kata yang pada saat itu BELUM DITEMUKAN, yaitu 3D..
3D, apakah disitu maksudnya 3 dimensi? well, spt yang kita ketahui bersama, istilah 3D baru ditemukan pada tahun 1961, itu juga belum disebut 3D murni, tp masi disebut computer graphics (silakan cek wikipedia, cmiiw)..
jadi bagaimana mungkin seekor musang bisa mengatakan hal itu, sementara katanya dia lahir tahun 1852, dan belum melewati masa depan?

oke, kita katakan bahwa dia sangat cerdas.. teramat cerdas untuk menggunakan istilah yang baru ditemukan 30 tahun kemudian..
bahkan bukan dia yang menemukan computer grafis tp musang itu sudah menggunakan istilahnya.. well, i must say that william fetter, sang penemu computer grafis, bertemu dengan musang ini sebelum mematenkan istilah computer grafis..

btw, cetakan cakarnya kok bisa berbeda-beda yah? apakah roh dunia itu selain menjadi musang dan tikus, juga menjadi kucing? karena ada jejak kaki kucing di situ..
lalu, bagaimana bisa terdapat cetakan kakinya? seperti terlalu dibuat-buat untuk membuktikan keberadaan musang ini..
apakah mereka sengaja memintanya untuk berjalan di semen basah agar jejaknya tercetak?
sayangnya, tidak disebutkan ukuran cetakan kaki tersebut, tidak ada pembanding dengan tangan manusia atau apapun yang bisa dijadikan ukuran..

satu lagi, kesaksian supir bis, mengatakan bahwa "sandwichnya suka dicuri". suka berarti sering dilakukan oleh si musang, dan katanya supir tersebut ingin menangkapnya sendiri..
lalu, kenapa dia tidak memasang perangkap? terlau naif kl dia mau menangkap menggunakan tangan, tanpa perangkap. lagipula, biasanya orang2 yang ingin menangkap tikus yang mencuri makannya kebanyakan menggunakan racun. lets say, supirnya tidak ingin membunuh, tp dia kan bisa saja memasukkan obat tidur di sandwichnya untuk menangkap si musang..
atau apakah si musang terlalu pintar untuk mengetahui adanya perangkap?

oh ya voirre, you dont have to tell to your will-to-be-husband about this story..

---

sebelumnya mohon maaf kepada bro enigma kalau saya OOT..
karena sepertinya banyak yang menyayangkan tentang blog ini ya?
well, mgkn banyak yang pro dan kontra, dan banyak alasan untuk menikmati atau tidak menikmati blog ini..
buat yang kecewa, ayo tetap dukung bro enigma..
kasian beliau, mungkin kesibukan di dunia nyata menyita pikiran, tenaga dan moodnya..

sebaliknya, buat yang enjoy, silakan menikmati..
kita sama2 enigma neighbourhood.. sama2 sayang dengan blog ini..
mari kita bahu membahu untuk membuat blog ini berwarna kembali (buat yang merasa kurang berwarna)..
dengan cara yang sehat dan dewasa tentu.. :)

enigma said...

@anakkucing: sebenarnya 3D yang dimaksud si gef itu bukan tiga dimensi sis. Itu adalah jenis senapan laras panjang.

Anonymous said...

Sekarang 2011 . Apakah misteri Gef sudah terkuak , mas bro ?
_archi_medan_grade 6

wall-e said...

musang atau sejenis luwak adalah mahluk yang sangat cerdas, bahkan melebihi anjing. Saya tahu karena pernah memfilmkan luwak kopi sumatera, untuk program documenter. Luwak yang di pelihara dari kecil umumnya mampu memahami kebiasaan pemiliknya, seperti contoh kasus di lampung. Luwak peliharaan yang membantu tuannya bekerja, menjemur dan mengambil emping. Tapi sayang saya ngga nemu yang bisa bicara???

Anonymous said...

Bang enigma bang enigma: D kmaren kmaren lalu kan ada pelajaran agama tuh bang,trus aku buka catetan bsoknya mw ulangan,trus ad tanda2 kiamat antara lain bla bla nla bla,hewan dpat berbicara layaknya manusia,nah itu berarti ad bener babg? Klo saya sm guru agama saya kan psti dia blg ada,dia yg nyuruh nyatet,tp klo pk logika gmna bang?tolong jelasin ya bang,thankyouu bang E :)

Tasia said...

Woww, mantep bang enig,
lama nda mampir ke sini. masi inget aku pernah baca cerita ini di buku anak-anak, di situ di blg jeff itu hantu, terus jeff tuh suka maki orang (hebat bener). mungkin aja ya roh masuk ke dalam tubuh musang, kayak di rasuki gtu, jadi bisa bicara. hahahaha. karena saya bukan orang pintar pikiran saya pasti konyol. Bang Enigma nih detektif bukan?
soalnya analisis nya keren keren.
rasanya excited kalau baca d blog nih.

heri said...

Cerita yg bagus boss..
Benar atau tidak nya..
Saya jg tidak berani komentar...
Trimakasih

amatullaah said...

Bismillaah, d dlm hadits yg pnjang..." Tdk akan tgak hri kiamat smpai hewan2 buas brbicara kpd manusia dan seorng laki2 diajak bicara oleh ujung cambuknya dan tali sandalnya. Dan pahanya mngkhabarkan kpdnya apa yg dlakukan oleh kluarganya spninggalnya. " (HR Imam Ahmad)

shend said...

it's unbelievable ... sulit untuk dipercaya klo ada hal seperti itu dibelahan bumi lain. hmm...tapi seru juga kayanya klo tiba tiba hewan peliharaan kita bsa ngomong. jdi bisa diajak curhat, xixixixi....

Anonymous said...

wah kata guruku tanda kiamat sudah dekat adalah
salah satunya hewan ajaib kian bermunculan

by aba gama

Anonymous said...

Kalo kita senagai muslim yg beriman, apa susahnya bagi Allah menjadikan makhluk hewan bisa berbicara dgn manusia..atau menjadikan bbrp manusia bisa berkomunikasi dgn hewan..pan Nabi Sulaiman bisa..tetapi Nabi Sulaiman diberi kelebihan mampu memerintah mereka seluruh hewan dan jin atas kehendak Allah, dan tidak diberika kelebihan itu pd manusia lain

Anonymous said...

tuh paling akal akalan walikota/pemerintah naikin minta wisatawan tuk datang ke kota itu(sry lupa nama kotanya).
Atau emang Gef adalah Musang yg bisa bicara(Gw gk pernah tau rahasia dunia) -Bukan ahli teliti tp ahli mengkhayal

Post a Comment