Saturday, August 7, 2010

Skull and Bones - Perkumpulan rahasia universitas Yale

Pada pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2004, dua calon presiden saling berhadapan. George W. Bush dari partai republik berhadapan dengan senator John Kerry dari partai Demokrat. Walaupun berbeda partai dan ideologi, kedua tokoh ini memiliki satu kesamaan. Keduanya sama-sama bonesmen, yaitu anggota perkumpulan rahasia universitas Yale, Skull and Bones.


Pertarungan dua Bonesmen

"Pada tahun akhir saya di kampus, saya bergabung dengan Skull and Bones, sebuah perkumpulan rahasia, begitu rahasianya, sehingga saya tidak dapat mengungkapkan apa-apa lagi."
George W. Bush menulis kalimat itu di dalam buku otobiografinya, A charge to keep.

Menjelang pemilihan presiden tahun 2004, kalimat yang sama diulangi lagi olehnya ketika Tim Russert, wartawan NBC News, meminta pendapatnya mengenai fakta kalau ia dan John Kerry adalah anggota Skull and Bones.

Karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, Russert kemudian menanyakan hal yang sama kepada Kerry, Namun, Kerry hanya menjawab," Tidak banyak yang bisa saya katakan. Itu rahasia."

Universitas Yale berdiri pada tahun 1701 dan berlokasi di New Haven, Connecticut. Universitas itu dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di dunia. John Kerry lulus dari tempat itu pada tahun 1966 sedangkan Bush lulus pada tahun 1968.

George W. Bush sendiri berasal dari keluarga terpandang yang memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Skull and Bones. Kakeknya, senator Prescott Bush, juga seorang bonesmen. Demikian juga dengan ayahnya, George H.W. Bush, dan pamannya Jonathan Bush.

Di pihak John Kerry, kakak ipar dari pernikahan pertamanya adalah seorang bonesmen. Setelah bercerai, ia menikah dengan Teresa Heinz yang pernah menikah dengan senator John Heinz. Ayah John Heinz juga seorang Bonesmen.

Jadi, pemilihan presiden Amerika tahun 2004 adalah tahun Skull and Bones dan media-media utama di Amerika mulai mempertanyakan fakta ini. Ini cukup luar biasa karena media utama Amerika jarang menurunkan berita mengenai Teori Konspirasi.

Apakah Skull and Bones benar-benar memiliki pengaruh sehebat itu?

Sejarah Skull and Bones

Skull and Bones didirikan pada tahun 1832 oleh mahasiswa Yale bernama William Huntington Russel. Russel berasal dari sebuah keluarga kaya yang mendapatkan hartanya dari bisnis perdagangan opium.

Pada awal tahun 1830, Russel pergi ke Jerman untuk belajar selama setahun. Di sana, ia bertemu dengan pemimpin sebuah perkumpulan rahasia dan segera menjalin persahabatan dengannya. Perkumpulan ini disebut memiliki keterkaitan dengan okultisme dan menggunakan kepala orang mati sebagai lambangnya.

Saat itu, di Amerika sedang beredar sentimen anti freemasonry yang sangat kuat. Partai anti mason didirikan dan banyak politikus berkampanye untuk melarang aktifitas Freemasonry. Dampak dari kampanye ini kemudian mempengaruhi semua organisasi yang bersifat rahasia, termasuk perkumpulan-perkumpulan mahasiswa.

Ketika Russel kembali ke Yale, ia menemukan kalau sentimen inipun mempengaruhi perkumpulan-perkumpulan yang ada di situ, termasuk perkumpulan favoritnya, Phi Betta Kappa, yang mulai menanggalkan tradisi kerahasiaan mereka.

Melihat situasi ini, Russel menjadi sangat marah dan bertekad untuk membalas dendam.

Lalu ia mengumpulkan para mahasiswa dari keluarga berpengaruh dan mengajak mereka untuk mendirikan sebuah perkumpulan rahasia yang akan segera menjadi salah satu perkumpulan rahasia paling berpengaruh di Amerika.

Tindakan ini merupakan simbol perlawanan Russel terhadap arus politik di Amerika.

William Huntington Russel

Maka lahirlah The Brotherhood of Death atau The Order of the Skull and Bones yang kemudian berubah menjadi Skull and Bones saja.

Lambangnya adalah sebuah tengkorak dengan tulang bersilang dengan angka 322 tertera di bawahnya. Tidak ada yang bisa memastikan maksud 3 angka tersebut, namun salah satu versi menyebutkan kalau angka itu menunjukkan bahwa perkumpulan itu didirikan pada tahun 1832 dan merupakan korps ke-2 dari perkumpulan rahasia okultis yang dijumpai Russel di Jerman.

Salah satu rekan Russel yang turut mendirikan Skull and Bones adalah Alphonso Taft. Di kemudian hari, anaknya yang bernama William Howard Taft akan menjadi presiden Amerika Serikat ke-27. Tentu saja ia juga adalah seorang bonesmen dan menjadi bonesman pertama yang berhasil menduduki kursi presiden Amerika Serikat.

Tidak lama setelah Skull and Bones berdiri, paling tidak beberapa perkumpulan rahasia lain seperti Scroll and Keys yang juga berdiri di Yale. Namun tidak ada satupun yang bisa menandingi pengaruh Skull and Bones.

Pada tahun 1856, keluarga Russel membangun sebuah bangunan yang dipakai sebagai markas perkumpulan ini. Bangunan kokoh tanpa jendela ini dikenal dengan sebutan Tomb atau makam.


Dari bangunan misterius ini, para bonesmen dilahirkan dan dipersiapkan untuk menjadi para pemimpin Amerika di masa datang.

Perekrutan Anggota
Pada musim semi setiap tahun, para anggota senior Skull and Bones mulai merekrut anggota-anggota baru. Karena memang hanya dimaksudkan sebagai perkumpulan elit, mereka hanya memilih 15 anggota setiap tahun. Semuanya laki-laki. Hanya pada tahun-tahun belakangan ini keanggotaan mereka mulai meliputi wanita.

Tidak ada yang mengetahui pasti dasar pemilihan ini. Namun biasanya para anggota baru dipilih karena latar belakang keluarga atau reputasi mereka.

Anggota Skull and Bones tahun 1947 - George H.W Bush berdiri di paling kanan

Setelah 15 anggota baru terpilih, mereka harus menjalani tradisi atau ritual wajib seperti berbaring di dalam peti mati, bergulat di lumpur, mencium tengkorak dan memberikan pengakuan mengenai sejarah kehidupan seksual mereka di hadapan anggota-anggota lain.

Salah satu alumni Yale bernama Alexandra Robbins telah lama tertarik dengan kelompok ini. Ia menulis sebuah buku berjudul "Secrets of the Tombs: Skull and Bones, the Ivy League, and the Hidden Paths of Power." Robbins sendiri adalah anggota Scroll and Keys.

Menurutnya ritual ini dilakukan untuk menciptakan ikatan yang kuat di antara anggota.
"Itulah sebabnya mereka menceritakan sejarah kehidupan seksual mereka. Jika kamu ingin menciptakan ikatan persahabatan yang kuat dalam waktu sesingkat mungkin, maka ritual itu cukup masuk akal."
Anggota-anggota Skull and Bones
Setelah diterima menjadi anggota, mereka akan diberikan nama julukan yang unik. Anggota dengan badan paling tinggi akan diberi nama Long Devil. Jika ada di antara anggota yang menjadi kapten regu football, maka nama julukannya adalah Boaz.

Kebanyakan nama diambil dari literatur sastra atau keagamaan seperti Hamlet, Remus, Thor, Baal atau Odin. George H.W. Bush memiliki nama julukan Magog. Sedangkan anaknya, George W. Bush, karena belum bisa memutuskan nama yang ingin dipakai, diberi julukan "Temporary", nama yang kemudian tetap melekat padanya.

Walaupun terdengar seperti sebuah perkumpulan anak-anak iseng, alumni perkumpulan ini di kemudian hari berhasil memegang jabatan-jabatan penting di Amerika, mulai dari hakim agung, jaksa, senator, pejabat intelijen, duta besar dan tentu saja Presiden Amerika Serikat.

Selain memegang jabatan politik, mereka juga berhasil menjadi para pengusaha ternama. Contohnya adalah Henry Luce, pendiri majalah Time dan Frederick Smith, pendiri FedEx serta Harold Stanley, pendiri Morgan Stanley, salah satu institusi keuangan terbesar di dunia,

Sama seperti perkumpulan rahasia lainnya, Skull and Bones juga memiliki misterinya sendiri.

Misteri Tengkorak Geronimo
Sejak lama beredar rumor yang menyebutkan kalau para bonesemen memiliki tengkorak Geronimo di dalam markas mereka. Geronimo sendiri adalah kepala suku indian Apache yang tewas tahun 1909 dan terkenal karena perlawanannya kepada pasukan Amerika Serikat.

Kisah ini bermula ketika Ned Anderson, kepala suku Apache di Arizona, berkampanye untuk mengembalikan kerangka Geronimo ke tanah Apache di Arizona. Selama masa kampanyenya, ia menerima sebuah surat misterius dari seseorang yang mengaku sebagai anggota Skull and Bones yang mengatakan kalau para bonesmen memiliki tengkorak geronimo di markas mereka.

Surat itu menyertakan foto sebuah tengkorak di dalam kotak kaca.

Rumor ini mendapatkan validitasnya ketika pada tahun 2005 seorang sejarawan menemukan sebuah surat dari tahun 1918 yang ditulis oleh Winter Mead untuk F. Trubee Davison, keduanya bonesmen. Dalam surat itu Mead menceritakan kalau enam orang bonesmen, salah satunya adalah Prescott Bush, mencuri tengkorak Geronimo dari kuburan di Fort Sill pada tahun 1918.

Kisah ini cukup menarik perhatian karena keturunan Geronimo yang masih hidup mengajukan tuntutan hukum kepada para Bonesmen untuk mengembalikan tengkorak itu.

Namun, sebagian sejarawan percaya kalau tengkorak yang ada di markas Bonesmen bukan milik Geronimo karena pada tahun 1918 makamnya tidak memiliki tanda sama sekali. Kemungkinan para Bonesmen telah mencuri tengkorak yang salah.

Hingga hari ini, kisah ini masih menjadi salah satu misteri Skull and Bones yang paling menarik, apalagi didukung dengan fakta kalau para bonesmen sepakat menolak berkomentar mengenai rumor ini ataupun mengenai tuntutan hukum dari keturunan Geronimo.

Skull and Bones dan CIA

Selain kisah mengenai tengkorak Geronimo, misteri lain yang menyelimuti Skull and Bones adalah hubungan mereka dengan Central Inteligency Agency (CIA).

Menurut para penganut teori konspirasi, Skull and Bones berada di balik pendirian organisasi intelijen ini. Dugaan ini didasarkan fakta kalau beberapa pendiri CIA adalah bonesmen. George H.W. Bush sebelum menjabat presiden Amerika ke-41 juga pernah menjabat sebagai kepala CIA.

Isu ini mengakar cukup kuat sehingga CIA sendiri turun tangan membantahnya. Bantahan ini didukung oleh Gaddis Smith, Profesor Emeritus Sejarah di Yale. Katanya:
"Ada penjelasan yang lebih sederhana mengenai ini. Setelah perang dunia II, kantor Office of Strategic Services, Cikal bakal CIA, memang merekrut para mahasiswa-mahasiswa cerdas dari Ivy Leagues (Universitas-univeritas terbaik) seperti Yale, Harvard dan Princeton. Jadi, tidak ada konspirasi besar disini."
Skull and Bones - Konspirasi?
Sudah tiga abad Yale menyediakan pemimpim-pemimpin masa depan untuk Amerika. Karena itu Yale sering disebut sebagai laboratorium kepemimpinan. Menurut presiden Yale University, Richard Levin, Selain reputasi akademisnya, Yale juga menyediakan tempat untuk belajar mengenai kepemimpinan karena di kampus itu sendiri terdapat 250 organisasi resmi. Wajar kalau Yale banyak menghasilkan pemimpin-pemimpin di Amerika.

Contohnya, empat penandatangan deklarasi kemerdekaan adalah alumni Yale. Demikian juga empat dari enam presiden Amerika terakhir (Gerald Ford, Bush senior, Bush junior dan Bill Clinton).

Jadi, tidak ada konspirasi Skull and Bones, termasuk dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2004.

Bagaimanapun juga, fakta ini tetap saja menarik perhatian. Alexandra Robbins berkata:
"Apa yang membuat semuanya menarik adalah fakta kalau mereka hanya merekrut 15 anggota pertahun, yang artinya hanya ada sekitar 600 anggota yang masih hidup. Sekarang dua diantaranya saling berhadapan. Bukankah luar biasa?"
Namun, Robbins mengakui kalau Skull and Bones memang berbeda dengan perkumpulan rahasia lainnya seperti Freemasonry yang memiliki filosofi dan akar pengajaran yang cukup kuat.

"Tidak ada pengajaran khusus yang harus mereka sebarkan," Kata Robbins. "Yang mereka miliki hanyalah agenda untuk menempatkan para anggotanya di posisi-posisi berpengaruh.

Ketika Bush memerintah, paling tidak ia telah menunjuk 10 bonesmen untuk menduduki jabatan penting di pemerintahan.

Jadi, Skull and Bones mungkin memang tidak memiliki ambisi untuk menguasai dunia atau menciptakan New World Order. Yang mereka lakukan hanyalah mempraktekkan nepotisme kekuasaan. Bukankah hal ini juga terjadi di seluruh dunia dan kelompok?

Mengenai para bonesmen, wartawan Time, M.J Stephey, berkata:
"jika kita menghilangkan latar belakang keluarga, pengaruh kekuasaan dan kekayaan mereka, maka Skull and Bones hanyalah sebuah klub mahasiswa aneh yang suka dengan permainan Dungeon and Dragon."
Ron Rosenbaum, seorang jurnalis yang pernah mengekspose mengenai Skull and Bones di majalah Esquire pada tahun 1977 sedikit banyak setuju dengan pendapat Stephey. Ia berkata:
"Kebanyakan tokoh-tokoh yang turut membantu membentuk karakter nasional Amerika di abad terakhir ini adalah mereka yang karakternya dibentuk oleh Skull and Bones. Tetapi, perkumpulan ini bukan komplotan rahasia yang memerintah dunia. Mereka hanya jaringan pengaruh dan kekuasan yang jarang diberitakan."
Di luar markas Skull and Bones, sebuah truk laundry terlihat. Ben Barrett, sang petugas laundry, baru saja keluar dari "Tomb" dengan satu kantong pakaian kotor. Sejak lama ia memang bertugas mengambil pakaian kotor para bonesmen.

Adakah sesuatu yang aneh?

"Hanya ada taplak meja dan kain lap," Jawabnya.

Tidak ada jubah bertudung? atau kostum iblis?

"Tidak. Hanya ada Linen dan Taplak meja."

(cbsnews.com, msnbc.com, yaledailynews.com, washingtonpost.com, wikipedia)


Komentar Pilihan:


Linus Tua said..

"Pada tahun akhir saya di kampus, saya bergabung dengan Skull and Bones, sebuah perkumpulan rahasia, begitu rahasianya, sehingga saya tidak dapat mengungkapkan apa-apa lagi."
George W. Bush menulis kalimat itu di dalam buku otobiografinya. [enigma].

Pada waktu penulis otobiografinya bertanya lebih dalam lagi tentang Skull and Bones, George W. Bush berkata pelan "Can you keep this secret?". "Yes, I can", jawab penulis.

kemudian Mr.President berbisik di telinga penulis dengan ramah, "Me too...".


August 7, 2010 8:24 PM


Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

118 comments:

anakkucing said...

Waaah.. Makasi brother enigma, bgtu muncul d timeline, saya lgsg kemari.. tp tetep gagal pertamax, wkwkwk.. thx a lot ya bro, mari bahu-membahu.. ^^

Anonymous said...

Wah tumben updatenya sore om :)
Baca dulu boleh????
Hahahaha, aku suka baca yang konspirasi gini om :)

-Lanny-

jacobian said...

sangat menarik ceritanya.berarti cuma barack obama ajah yg beda karna berasal dari harvard ya.seharusnya di universitas2 yg ada di indonesia ini jg ada organisasi rahasia seperti ini.hehe...

LIGHT said...

bro E
tahu darimana kalo akhir2 ini perkumpulannya mulai merekrut perempuan?

enigma said...

@light: ada di sumber2 yg sy gunakan. Klik saja link2nya. Mereka bhkan sdh merekrut mhsswa dr ras yg berbeda.

Anonymous said...

Sejak lama beredar rumor yang menyebutkan kalau para 'bonesemen' memiliki tengkorak Geronimo di dalam markas mereka

Bonesmen kan om..? Hehe... -lanny-

LIGHT said...

@jacobian
kalo di indo juga ad perkumpulan kaya gini
kapan indonesia mau maju
yang ad mentingin kepentingan golongan aja
yang sekarang aja susah majunya
hha

Anonymous said...

bro saya denger Hitler saat masih jadi pelajar pernah ikut secret society juga. dan kayaknya ini deh? Skull and bones. pa cuma isu aja yah?
x-men

Anonymous said...

komen dl,,,smoga msh bs msk 20 bsar,,,skr br baca ahhh,,,

myeyes0125 said...

Kalau menurutku memang tidak ada konspirasi. Mereka mengumpulkan 15 anggota pilihan pertahun. Dipilih dengan melihat latar belakangnya yang rata-rata anak orang kaya dan punya kekuasaan. Jadi wajar saja, para anggota bisa menduduki posisi-posisi penting baik di pemerintahan atau mungkin perusahaan-perusahaan besar. Mereka telah mempunyai koneksi yang cukup luas. Jadi perkumpulan membangun koneksi kuat, tidak seperti perkumpulan rahasia yang heboh seperti freemason atau illuminati.
Dengan kata lain memang nepotismelah yang sedang berbicara.

Nice post bro Enigma..

enigma said...

@lanny: kamu teliti sekali. Saya memang salah ketik. Sdh saya perbaiki. Thks ya

Anonymous said...

Slmt malam Om Enigma,
saya mau tanya om, kalo perkumpulan rahasia tu kategori rahasianya spt apa si???perasaan perkumpulan rahasia skull and bones yang saya baca ini cukup jelas personilnya, ritualnya, tujuannya, cara kerjanya, markasnya, bahkan sampai julukan2 personilnya. Lalu yang bikin jadi rahasia apanya ya Om???

enigma said...

@x men: saya tdk yakin hitler ada hubungan dgn skull and bones.

a.waHyu.s said...

Wah tmben sore..
Biasa'a jam 8-9 mlm..
Trlmbt dah..
Hha..

Tu brati prkmpuln yg nglatih calon pmimpn yha..?
Tpi syang'a pmimpin'a nepotsme
ckckck..

Good job bang enigma.

a.waHyu.s

enigma said...

@anonymous no.22: maksudnya perkumpulan rahasia itu, adalah adanya tujuan/ritual yg terselubung. Yg muncul ke permukaan mungkin blm semuanya.

Anonymous said...

ga mungkin ada taplak meja sama kain lap doang
pasti di ancem lah itu tukang londry kalo ngomong yg aneh aneh

wyrm

Andika said...

Animous nomor 20

Enigma sudah membahasnya

http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/06/jembatan-tertua-di-dunia-ditemukan-di.html

Anonymous said...

Konspirasi indonesia dunk,ky PKI dan Cendana. Brani g Mr.E?? Hehehe. Mantav slalu dah postingan nya.....

eMmA said...

Salam kenal kak enig.. Saya penggemar bru anda.. Xixixi ... !!

_emMa_ (^_^)

Anonymous said...

maksudnya disini 'rahasia' tuh : nepotisme toh .. good posting :D

Anonymous said...

kalo latar belakang keluarga mereka d sangkut pautkan ada hubungannya ma mason lagine keqnya

Anonymous said...

Tumben bro, posting sabtu.

He he....

Diem2 saya secret admirer-mu lho.... :)


~myka~

Vahn Saryu said...

Hmm..ada yang menarik dalam artikel bang Enigma ini. Kalau tidak salah, bro Enigma menulis jika tidak ada konspirasi dalam Skull and Bones, tapi artikelnya masuk dalam kategori konspirasi... apa yang dimaksud konspirasi nepotisme politik ya bro?

Ikut koreksi ah.."Apa yang membuat semuanya menarik adalah fakta kalau mereka hanya merekrut 15 anggota per tahun, yang artinya hanya ada sekitar 600 anggota yang masih hdup

thanks bro :)

Anonymous said...

-skylance-

ini pertama kalinya w kumen di blog enigma. Klo dulu cuma liat, tanpa kumen.
- - -

Jangan2 tukang laundrynya jg anggota.. Jadi dia ikut merahasiakan.. XDXD

o ya, mas enigma udah pernah bahas tentang musik aneh semisal karlmayer ama gloomy sunday blum?

Klo blum, w boleh request itu tak? hehe

Linus Tua said...

"Pada tahun akhir saya di kampus, saya bergabung dengan Skull and Bones, sebuah perkumpulan rahasia, begitu rahasianya, sehingga saya tidak dapat mengungkapkan apa-apa lagi."
George W. Bush menulis kalimat itu di dalam buku otobiografinya. [enigma]

--pada waktu penulis otobiografinya bertanya lebih dalam lagi tentang Skull and Bones, George W. Bush berkata pelan "Can you keep this secret?". "Yes, I can", jawab penulis. kemudian Mr.President berbisik di telinga penulis dengan ramah, "Me too...".

eMmA said...

Kak.. Boleh tanya g ??
Kalo flu burung, tu termasuk koNspirasi bukan ?? Td saya baCa di net, kalo flu burung tUh koNspirasi.. Hehee.. ToloNg ksi jwapan'n y kak enig.,

thanx.. (^_^)

enigma said...

Vahn: Skull and Bones itu asosiasinya adalah konspirasi. Karena itu saya masukkan ke kategori itu. Soal apakah kelompok itu benar-benar kelompok konspirator atau tidak, itu hanya pendapat masing-masing. Ohya, thanks untuk koreksinya ya.

the mental realm said...

bro..enigma
klo ada wktu smpetin bca blog saya di mental-realmconspiracy.blogspot.com

blog ttg konspirasi tp msh new comer..
link anda sudah saya pasang dsitu

reactivator said...

Melihat situasi ini, Russel menjadi sangat marah dan bertekad untuk membalas dendam.

Yang mereka lakukan >hanyalah< mempraktekkan nepotisme kekuasaan.

Kebanyakan tokoh-tokoh yang turut membantu membentuk karakter nasional Amerika di abad terakhir ini adalah mereka yang karakternya dibentuk oleh Skull and Bones. Tetapi, perkumpulan ini >bukan< komplotan rahasia yang memerintah dunia. Mereka >hanya< jaringan pengaruh dan kekuasan yang jarang diberitakan.

Dari bangunan misterius ini, para bonesmen dilahirkan dan dipersiapkan untuk menjadi para pemimpin Amerika di masa datang.


-------------

hanyalah? bukan? hanya?
motivasi Skull and Bones cukup terbaca jelas bro.

kenapa dulu mereka milih konsep Skull and Bones coba? kenapa enggak milih padi dan kapas aja?
motivasi yg kuat.

Anonymous said...

Salam kenal Mr.E hampir semua yg ada di blog ini telah saya baca..saya sangat suka dengan blog anda.Good posting...

Cyberpillar ^^

abzalom said...

Nice Posting om..!!
seperti ini yang suka..perkumpulan2 rahasia yang hebat2, namun penuh dengan misteri.
keep posting om..

PEACE !!!! :D

Simone said...

Bro eNigma,emang pada "Komentar Pilihan" dr Linus Tua itu beneran ataw cm sbuah lelucon siy?coz saya ngakak abis setelah baca itu.kalo emang beneran si Bush Junior itu emang "cerdas n humoris" deq.tp mudah2an hanya sbuah jokes.

enigma said...

@emma: memang ada isu kalau flu burung adalah konspirasi. Tapi, itu semua belum terbukti kok. Tapi ada satu peneliti yang mengaku kalau flu burung adalah penyakit buatan dari laboratorium.

pradipta25 said...

nice conspiracy...
tapi kalau saya anggep itu sebagai perkumpulan biasa. bisa di bilang perkumpulan anak-anak borju cari kekuasaan kan?
misalnya saja kelompok hobi mahasiswa atau himpunan mahasiswa, mereka masuk situ juga buat cari canel kalo mau kerja entar sama senior atau teman mereka...
hanya kelompok biasa. yang membuat luar biasa adalah pertemuan anggota kelompok pada pemilihan umum...

btw, makasih bang enig...

Anonymous said...

wah berarti bonesman merupakan organisasi nepotisme tapi dengan tradisi yang menyeramkan yah. nice info, ane jadi nambah satu lagi wawasan. btw, ane request dong. tolong investigasi tentang situs puma punku yang ada di bolivia, cz artikel yang ngebahas secara mendalam situs puma punku dalam bahasa indonesia masih jarang. thanks...

Anonymous said...

hallo bang E. saya dah lama baca enigma tapi ga pernah komen. nah sekarang aku mau nanya, New World Order itu apa sih ?? mohon di jawab yah bang E

Blog Doodey said...

Bung e, knapa anda tdk ganti d0main aja bro, kan bnyak tuh hosting domain gratis, semisal .co.cc ato .tk??
Kren sya liat blog anda ini sudah populer, jd jika anda mau mengganti d0main anda, alhasil blog anda ini menjadi semakin trlihat profsi0nal???
Salam . .
Trims :)

Anonymous said...

akhirnya konspirasi keluar juga...
BTW, bang, mau enggak ngebahas tentang disney subliminal message? aku penasaran banget tentang hal - hal kayak gitu....

-shinta-

Anonymous said...

absen dolo...
wah untung masih masuk 1000 besar..

ical said...

di film Good Shepherd yg dibintangi Matt Damon ada cuplikan adegan ritual perkumpulan skull n bones ini.

kritikus said...

Bos.. tolong postingkan tentang perkumpulan Phi Betta Kappa dunkz.....

Anonymous said...

konspirasi memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan bersosial, hal yang demikian adalah wajar2 saja tidak ada yang aneh ataupun misteri....
agar dapat mengetahui masa depan maka caranya adalah dengan membuat dan merencanakan masa depan itu sendiri...

alfyori karikatur said...

Tentang Geronimo boleh donk om Enigma kupas diblog ini. Saya pernah baca cuman lebih afdol kalo di investigasi langsung dari Enigma... atau udah pernah diulas disini?

toede said...

Wah, artikel yang bagus.
Saya tunggu artikel-artikel tentang UFO...

Pangeran Aneh said...

mas enigma request dunk, tentang bayi yang tiba2 hilang dari kandungan dan orang yang tiba2 hamil. tlg di bahas plisss....... thx ya.......

ixan said...

a...telaat.....
btw artikelnya bagus bang Enigma, yang pernah saya baca rata-rata tentang freemasonry dkk..
btw kalo pingin coba dicari juga bang yang tentang Satanisme di Amrik, itu kan juga pejabat2 banyak yang terlibat, dan ada upacara mbakar bayi juga, pernah kerekam sama orang luar lagi..
gimana menurut bang Enigma?:D

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha...

skull & bones....

lumayan buat manbah pengetahuan...

keep posting brother...

haha

Myhead 5012

derek aditya said...

George HW. Bush : Magog????
di Bible ada riwayat tentang Gog dan Magog yang dalam Al-Qur'an disebut Yajuj dan Majuj
so artikan sendiri deh ....

Zetta said...

Zetta's opinion
Ternyata ada juga perkumpulan Skull & Bones ini,gimana ama yang Bohemian Groove, ada penjelasana tidak????

Anonymous said...

Singkat Kata,,,mereka adalah FreeMason,,atau pengikut Masonic atau Luciferian atau penyembah setan atau pengikut Dajjal si mata satu...Liat aja di uang kertas dollar..ada gambar piramid terpotong dan mata satu diatasnya.....

ryan said...

yap skull and bones mereka juga udah pernah ke indonesia loh.....coba aja cek ke musium prasasti di salah satu makamnya ada lambang skull and bones bahkan ada lambang freemason....

xyzyp said...

jadi kesimpulannya Skull and Bones, hanyalah sebuah perkumpulan mahasiswa saja, begitu ya ?

Anonymous said...

Artikelny keren mas Enigma. Mas E aku rekwes hujan merah di kerala india. Kemaren diulas di kabar-kabari rcti, tp gak puaas!! Maunya mas E yg mengulas.
Oya, sepertiny 3 postingan terakhir belum ada yg mencapai 100 komen. Biasanya dlm 2 hari aja sudah lbh 100. Kenapa ya?
Oy Myheart, anakkucing, para seleb blog enigma, kemana dirimu. Ayo semarakkan blog ini lg. *Rindu saat2 hot dulu*

Anonymous said...

bukannya hujan merah emng udah tau penyebabnya.....end udah biasa di india

Linus Tua said...

Linus baru tau kalau komentar Linus terpilih. Terimakasih banyak,Broer Enigma.
Linus senang sekali.
Padahal Linus tidaklah pandai membuat analisa. Linus hanya bisa membuat onar di dalam kelas.
Blog Enigma seperti suasana di dalam kelas. Broer Enigma yang jadi gurunya, karena setiap pertemuan [baca:postingan] pasti disertai PR untuk dianalisa.
By The Way Bus Way,
Terimakasih Broer....

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Kenapa namany Skull and Bones, Kakak? Kenapa harus nama itu yang dipake, Kak Enigma? Ada maksud dan tujuannya? Apa? Kenapa?

(jadi inget Mr.Bones dg permainan gwarra"ny.. =D)

Penyangga -> bones/tulang?
Pelindung -> skull/tengkorak? Penyangga dan pelindung dalam artian luas? Gitu? Saya kok engga ngerti sama maksud pernyataan abang Reactivator di no. 43 y???

(tapi sekarang saya ngerti kenapa komen"ny berisi nomor.. Hee)

hiihi.. Pake nyiumin tengkorak pula.. Tidur di dalam peti mati? Bergulat di lumpur? Huh! Emang kurang kerjaan tuh bule.. Sini" bantu saya di sawah aja biar lebih afdol ngerasain lumpurny.. Hohoho

terkejut saya liat artikel ini.. Cuma selang 2 hari dari yang terbaru..
^,^b

btw, disini juga ga ada Kak myheart, anakkucing, dll.. Apa ada konspirasiny ya? Pada ngilang barengan.. Hohoho

Radi Clever said...

wah salut banget ma Kak Enigma . . .
Jenius, really Clever, . . .
Jadi pengen berguru neh . . .
Terimalah aku jadi murid mu . . .
oh ia, Kak Posting yang ini saya copy di blog ku yah . . .
Makasih . . .
Mampir yah . . .
http://clever.blog.com

Metalmorph said...

hahahahahhahaha :D

Paman Sam jg pnya budaya nepotisme antar anggota..
dsini jg gk kalah lho....

bagus infonya mas enigma....

Indra said...

Ada video menarik yg berkaitan ttg Skull & Bones ini, versi lokal alias bikinan anak negeri sendiri dan lokasinya pun di Jakarta

http://www.youtube.com/watch?v=5BN1W4EwGdc

dian said...

copy yach buat arsip saya suka perkumpulan - perkumpulan di dunia :)

arief36 said...

Satu lagi yang super good dari Mr. E (en ane ga perlu ngerjain PR karena udah paham intinya, :D) ...

BTW, om, Skull and Bones pernah ada filmnya juga lo, tapi saya lupa judulnya en pernah ditayangkan sebuah stasiun TV swasta Nasional...

kalo ga salah yang meranin si Joshua Jackson nya Dawson's Creek.

di film itu diperagakan ritual penerimaan anggotanya, bahkan pembagian uang sebagai modal awal mereka sebelum masuk dunia yang "sesungguhnya" juga ada...

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Kalo mnurut aq seyh,, skull n bones adlh kmpulan mhsiswa yg exclusive yg pengen cr snsasi. Be different, exclusive, mysterious and admirable is great, dont you think??

Mngenai anggotax yg seolah2 'menguasai dunia', itu wajar aja, soalx khan yg direkrut org2 yg khusus aja..dr kalangan yg jg brpngaruh..so, kykx mmg gk da misterix,,yg ada mlh prkmpulan mhswa yg nyentrik yg menikmati keeksklusifanx yg mreka bwt sndiri..huhu..^0^

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Kalo mnurut aq seyh,, skull n bones adlh kmpulan mhsiswa yg exclusive yg pengen cr snsasi. Be different, exclusive, mysterious and admirable is great, dont you think??

Mngenai anggotax yg seolah2 'menguasai dunia', itu wajar aja, soalx khan yg direkrut org2 yg khusus aja..dr kalangan yg jg brpngaruh..so, kykx mmg gk da misterix,,yg ada mlh prkmpulan mhswa yg nyentrik yg menikmati keeksklusifanx yg mreka bwt sndiri..huhu..^0^

Anonymous said...

yang dibisikkan george w bush ke reporter itu apa bang..??
jadi penasaran ..

-RA-

Anonymous said...

Loh ini bukannya sama dengan film THe Skulls ya, jadi beneran ada kirain cuma films

Anonymous said...

@Myheart2105 berkata... comment number : 88
Kalo mnurut aq seyh,, skull n bones adlh kmpulan mhsiswa yg exclusive yg pengen cr snsasi. Be different, exclusive, mysterious and admirable is great, dont you think??

iya tuh. seperti bikin jarak sama mahasiswa yang lain. truz, harus borju.
hu hu hu ! :(

di Indonesia ada ga ya? kayaknya sih ada. tapi cuma borju doang. hikz,hikz

@Bro Enigma : rencananya tahun 2012 digit rupiah bakal dipangkas 3 digit terakhir, dari Rp 1000 menjadi Rp 1. sehingga ilustrasinya : USD 1 sama dengan Rp 9,5 (kalau misalnya 1 dollar US adalah Rp 9.500).
gimana analisa Bro Enigma?
mohon pencerahan.

enigma said...

@Myheart2105: bukan tahun 2012, tapi implementasinya mungkin bisa 10 tahun lagi. Menurut saya tidak masalah redenominasi, api mungkin bisa membawa sedikit efek pada inflasi.

enigma said...

@RA: Maksudnya Linus tua itu, Bush cuma membisikkan kata "Me too". Jadi tidak membisikkan apapun kok.

Anonymous said...

Myheart2105 berkata...

Om E, yg nanya ttg denominasi tu bkan aq...xixixi...^_^

''..api mungkin
bisa membawa sedikit efek pada inflasi.''

''api''? Umm,,mgkn maxudx 'tapi'?

lg puasa yach..^_^

D'VirgO said...

Mas E kyk org chinese...sipit2 gtu matanya..
nice post..blog anda memang keren..

Reza Winandar said...

Di sekolah saya juga ada perkumpulan rahasia, ya sejenis freemasonry lah

eMmA said...

Maap baru sempet bls ..

Owh gt y,, tp kak enig wd pernah bhas tTg ini g ?? Kalo pernah, bleh minta link'n g ?! Al'n sya bru bergbung neh.. Hehee

owh iya, thanx koMentan sya d bls.. Jujur sneng bgd.. Hehee ^^

Anonymous said...

dari Tresna Asti

@emma: waaah.. Selamat Emma.. Iya y.. Kok kalo komen qt di bales sama Kak Enigma kok rasanya seneng banget y?! Rasany bangga banget..
>,<
salam kenal y..

Rendy.PG said...

Om enigma tukeran link ya ama saiia ..
saiia newbie nih..
http://babbelen.wordpress.com ..
di tunggu link nya om :)

Rendy.PG said...

Om tenkyu ya hehehe ..
btw aku copy paste beberapa file kamu ya boleh ga ?
aku cantumin kok sumber dari enigma om ..
hehehe mohon kerja sama nya om ..
saya baru buat 3 hari yang lalu jadi blog masih berantakan ..
hehehe
thanks .

Rendy.PG said...

om enigma numpang tanya sdikit dong .
saya mau pasang Histats tpi kok ga bisa2 yah kan saya pakai wordpress jadi saya pilih yg menu nya ga pakai javascript tpi tetep aja udh 1000x klik ga bisa-bisa ..
kalo bisa om enigma tlng kasih aku code buat pasang histats di wordpress/blog ku 4 lines om ..
Thanks Enigma Moga Maju Terus ..
:)

eMmA said...

@tresna asti: he'em.. Bener banged,, snengna ga ketulungan.. Hehee..

Ya, salam kenal juga ^_^

Edo said...

organisasi yang keren juga, tpi meski begitu kayanya ga ada konspirasi dibalik itu semua, sepertinya itukan cuma organisasi iseng, tpi banyak yang menjadi orang berpengaruh karena memang latar belakangnya bagus dan mendapat pendidikan yang baik pula

Nakashima said...

Wekekeke XD
sy kira nih kumpulan mhs lebay yg memandang kalo hidup sbg org normal atau kata mereka 'biasa-biasa aja' adlh sesuatu yg gak keren, dan mesti dibuang jauh-jauh. Amit2 deh!
Jadilah mereka bikin dunia 'selebritis' mereka sendiri, membuat diri mereka special, nyentrik, exclusive, dan misterius.
Haha..ternyata ada juga yg kagum. Kekaguman org2 awam adlh apa yg mereka nikmati bagaikan anggur..(haha..sy sndiri belum pernah minum wine :p )
Haha..
Nice post brotha Enigma!

Anonymous said...

Skull and Bones telah mencetak banyak tokoh yang berpengaruh dalam tata pemerintahan Amerika. Dan para petinggi yang dicetak itupun bukan orang yang bersifat merusak sistem tata negara. Jadi baguslah, ada organisasi yang mampu mencetak orang tipikal seperti itu. Tidak menyalahgunakan kekuasaan.
Soal banyaknya anggota Skull and Bones yang berperan penting dalam tata negara, mungkin karena anggota yang sudah mendapat posisi mengangkat anggota lainnya, dengan berbagai alasan, misalnya atas dasar kepercayaan. Maklumlah, di atas kan juga disinggung tentang brotherhood dan saling keterbukaan antar anggota. Selain itu, seseorang yang sudah mendapat loyalitas di dalam organisasi Skull and Bones, akan merasa bahwa organisasi itu dan orang-orang yang berada di dalamnya telah memberikan banyak hal kepadanya, baik itu teman, pengalaman, atau bahkan ada yang menyebutnya, " Aku menemukan jati diriku di sini (organisasi ini)." Jadi, mengangkat seseorang ke dalam suatu peranan penting negara dilakukan sebagai wujud balas budi terhadap organisasi.
Bukan hal yang aneh juga sih, menurutku. Satu-satunya hal yang aku pertanyakan adalah kenapa organisasi itu begitu dirahasiakan?

Anonymous said...

orang2 sono emang suka yg aneh2 , :nohope:

and hubungannya pasti nggak jauh2 ama kegiatan iblis dan setan (ketahuilah bahwa iblis/setan adalah musuh yg nyata bagimu)

Anonymous said...

Mungkin mereka mengambil nama Skull and Bones karena kalau diartikan :

Skull/tengkorak, berfungsi sebagai "pelindung" otak.

Disitu Skull diartikan sebagai "pelindung negara atau politik dengan segala kekuasaannya"

Bones/tulang, berfungsi sebagai "penyangga" tubuh, "melindungi" organ-organ tubuh, "memberi bentuk".

Bones/tulang juga memiliki berbagai macam bentuk, tulang pipih, tulang pipa. Ada juga tulang rawan dan tulang keras.

Dalam tulang juga dapat "memproduksi" sel darah merah (lho kok jadi Ipa??)

Jadi arti Bones/tulang disitu adalah "memberi bentuk negara/membentuk negara atau politik.", "sebagai penyangga politik dan negara.", dan "menjadi tempat produksi sumber daya manusia yang bermutu."

Kalau disambungin dengan IPA sih begitu..

.v./06

Anonymous said...

A_U said...

Kenapa saya mampir kesini lagi ya? Oh tidak, ini berarti saya memang benar2 ketagihan untuk meninggalkan komentar2 yg tidak penting. (-__-")

Saat orang2 bertanya-tanya, "Siapakah engkau sebenarnya, wahai Mr. Enigma?," saya malah lebih cenderung ingin bertanya, "Apa yg sedang engkau pikirkan, wahai Mr. Enigma?"

"Mengapa begini, mengapa begitu, mengapa engkau menyukai si ini dan si itu. Apakah engkau bagian dari organisasi ini, atau bagian dari organisasi itu?"

Wah, seandainya saya mengenalmu lebih awal lagi. :(

Apapun kesibukanmu saat ini, brother, semoga hari-harimu menyenangkan. :)

==========================

@mem: menurutmu? hehe...

Anonymous said...

mr. e... dimana engkau.. tak ada suara layaknya Bush junior yang "keeping secret" tentang organisasi luar biasanya itu..
saya hanya ingin bicara satu hal. apakah anda juga ingin menjadi misteri di dunia maya? hilangnya anda, bung enigma, sepertinya Indonesia telah kehilangan orang-orang kritis dan jenius seperti anda.

Linus Tua said...

ijin copas di forum, Kapten. :D

http://www.facebook.com/groups/209786006607/permalink/10150944930401608/

p.s. :
gimana kabar? sehat2 aja kan, Kapten? :)

Anonymous said...

Skull And Bones VS Freemason
Devil Churc VS Temple of Vampire
Werewolf Catherdral
[semuanya dari amerika]
Selanjutnya apa lagi ?

Anonymous said...

Bang E, tolong bahas ttg Illuminati card game dong katanya memang menyimpan agenda2 rahasia mrka dari 9/11 sampai pengontrolan media massa

Post a Comment