Wednesday, November 17, 2010

Inbox: Foto penampakan naga di langit Parangtritis?

Email di bawah ini dikirim oleh Dent Cust kepada enigma. Isinya mengenai penampakan objek yang mirip dengan badan ular di langit pantai Parangtritis.

Salam sejahtera...

Saya mendapat kiriman foto di account FB. Foto ini sangat menarik dan diasumsikan sebagai penampakan naga tunggangan nyi Roro Kidul karena kebetulan foto ini diambil di pantai Parangtritis, Jogja, dan bertepatan dengan sebuah acara spiritual keagamaan.
Meski begitu, saya ragu setelah sering baca berita aneh-aneh di enigma. Untuk itu saya mohon bantuan anda untuk memecahkan misteri alam ini. Foto ini diambil pada tanggal 22 juli 2010 dan belum diedit. Terimakasih untuk bantuannya.
Di bawah ini adalah foto yang telah saya atur kontrasnya:

Ini bukan pertama kalinya terjadi penampakan di langit yang diasosiasikan dengan ular atau naga. Mungkin yang paling baru adalah kehebohan yang tercipta setelah harian epochtimes memberitakan munculnya "seekor naga" di langit kota Jilin, Cina, seperti yang terlihat di foto berikut ini.

Ketika melihatnya, saya yakin kebanyakan dari kalian TIDAK akan melihat seekor naga. Kalian mungkin hanya mengidentifikasikannya sebagai sebuah formasi awan dan cahaya matahari.

Namun, saya tidak akan heran jika masyarakat Cina menganggapnya sebagai penampakan seekor naga. Soalnya, kebudayaan atau kepercayaan seseorang akan sangat mempengaruhi cara mereka menilai sesuatu. Karena naga adalah makhluk mitologi yang sangat dihormati di Cina, maka formasi-formasi awan itu akan terlihat seperti naga bagi mereka.

Dalam kasus foto di pantai Parangtritis, hal yang sama juga terjadi. Pada saat itu terjadi upacara keagamaan. Lalu lokasi penampakannya adalah di pantai Parangtritis yang memiliki legenda dan kepercayaan yang sangat kuat mengenai Nyi Roro Kidul yang disebut memiliki tunggangan seekor naga. Dengan kondisi yang mendukung seperti ini, tidak heran kalau objek itu dianggap sebagai seekor naga.

Hal yang sama juga pernah terjadi ketika awan panas Merapi terlihat membentuk kepala Petruk.

Jika foto itu diambil di atas kota Jakarta, dan bukan di Parangtritis, mungkin ia akan dinilai secara berbeda. Demikian juga bagi kalian yang tidak mengadopsi kepercayaan mengenai Nyi Roro Kidul. Mungkin kalian hanya akan melihatnya sebagai sebuah formasi awan yang unik.

Jika foto itu bukan foto naga tunggangan Nyi Roro Kidul, lalu foto apakah itu?

Awan?

Kalau itu awan, pernahkah kalian melihat formasi awan berbentuk tabung yang seindah itu?

Belum pernah?

Saya juga belum pernah. Tetapi, sebenarnya ada jenis awan yang mirip dengan apa yang terlihat di foto itu, yaitu awan Morning Glory.

Awan morning glory adalah sebuah fenomena alam yang sangat langka. Ia pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia, namun hanya di bagian utara teluk Carpentaria di Australia dimana awan jenis ini dapat diprediksi dan diobservasi.


Awan morning glory memiliki bentuk seperti gulungan/tabung yang panjangnya bisa mencapai hingga 1.000 kilometer dengan ketinggian 1 hingga 2 kilometer. Bahkan, kadang ia bisa berada pada ketinggian hanya sekitar 100 hingga 200 meter dari permukaan bumi. Awan ini juga bergerak dengan kecepatan sekitar 60 kilometer perjam.

Umumnya formasinya hanya terdiri dari satu awan, namun, kadang bisa mencapai hingga delapan gulungan awan.


Walaupun fenomena awan ini biasa terjadi setiap tahun di teluk Carpentaria, para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana awan indah ini bisa terbentuk. Sebagian percaya kalau awan ini mungkin terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat dibandingkan angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan Morning Glory.

Lalu, pertanyaannya, apakah yang terlihat di foto Parangtritis itu adalah formasi awan Morning Glory?

Saya tidak bisa memastikannya. Soalnya foto itu tidak memiliki patokan landscape darat yang membuat kita sulit untuk melihat ketinggiannya.

Tetapi jika kalian menanyakan pendapat saya, maka menurut saya, kalaupun itu bukan awan morning glory, saya percaya apa yang terlihat di foto itu hanyalah formasi awan biasa yang kebetulan terlihat seperti badan ular (karena efek pareidolia), bukan penampakan seekor ular naga.

Formasi awan-awan yang kebetulan terlihat seperti seekor makhluk adalah hal yang biasa terjadi, walaupun cukup langka. Coba lihat foto-foto di bawah ini, apakah mirip dengan ular?


Sebenarnya misteri foto Parangtritis dan foto naga Jilin bisa terpecahkan dengan mudah jika para saksi juga memberikan informasi mengenai lama penampakan dan bagaimana citra itu menghilang. Jika kedua "naga" yang ada di foto Parangtritis atau Jilin menghilang perlahan-lahan dengan berubah menjadi bentuk yang tidak teratur, maka bisa dipastikan kalau kedua "naga" itu sesungguhnya hanyalah formasi awan biasa.

Namun jika kedua "naga" tersebut bergerak seperti ular, maka mungkin itu memang naga yang sesungguhnya.

Selain itu, dalam kasus foto Parangtritis, sang pemotret seharusnya juga mengambil foto lain yang memperlihatkan ujung "naga" tersebut. Jika tidak, maka foto ini bisa dengan mudah dianggap memenuhi unsur rekayasa photoshop (warna "naga" yang berbeda dari warna sekitarnya cukup menarik).

Namun, paling tidak, kalaupun objek itu bukan rekayasa dan memang awan, maka kita pun bisa menyebutnya sebagai sebuah "mukjizat" karena muncul pada lokasi dan waktu yang tepat.

Sekali lagi, saya tidak akan memutuskan untuk kalian apa yang harus kalian percayai karena mungkin kita memiliki budaya dan kepercayaan yang berbeda.

Nah, sebelum saya mengakhiri tulisan ini, mari kita bermain-main dengan pareidolia. Saya ingin menunjukkan sebuah foto kepada kalian. Ini dia:


Bisakah kalian memberitahukan kepada saya apa yang kalian lihat?

(wondermondo.com, theepochtimes.com)

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

226 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 226   Newer›   Newest»
Lica Lawliet said...

kereeeeennn banget awannya... serasa pengen naik trus tiduran disana... (kaya di doraemon aja) hahahaha -n,n-

vhanz said...

kayak foto naga yang lagi mangap? trus kalo foto ini awan nya miri apa hayo? http://kameragw.blogspot.com/2010/11/evening-sky-in-bandung.html

PHENOMENA said...

Woah keren tuh kumpulan fotonya yang menyerupai naga..di Surabaya juga kadang terlihat pada sore hari...

hawk said...

wah gambar terakhir seperti t-rex atau jenis dinosaurus lainnya :D

mengenai foto yang dikirimkan, sayang cuma ada 1, logikanya kalau si pemotret mengetahui sedang memotret fenomena alam yang langka, seharusnya ia tidak mengambil satu foto saja.

Andika said...

Yap saya seutuju.

Setiap paredolia bisa berbeda2 penampakkannya tergantung dari mana imajinasi kita melihatnya.

Salam Hangat dari saya

revoreva said...

foto terakhir itu awan yg membentuk kayak kuda nil (kalau dari HP) CMIIW.

Smoga bisa masuk 10 besar~
revo-reva.blogspot.com

Anonymous said...

Waaahh.. Awn'y kren2 ya...sayangnya d kmpung saya tdk prnh muncul awn yg kayak gini..


F.junior

Anonymous said...

Jadi kepengen liat-liat awan...

Postingan yang keren.....

Anonymous said...

atm_taufiq

"Hal yang sama juga pernah terjadi ketika awan panas Merapi terlihat membentuk kepala Petruk. Jika foto itu diambil di atas kota Jakarta, dan bukan di Parangtritis, mungkin ia akan dinilai secara berbeda." > kalo di ambil di Jakarta, maka akan jadi penampakan si Pitung mungkin kali bro... haha..

Btw, "pareidolia" itu maksudnya bentuk awan seperti hewan ya bro? oia, itu foto yg mirip ularnya gambarnya tidak full.

Nice.. Saya dapat info baru lagi..
keep writing ya bro Enigma..
i'm stay tune in here...

enigma said...

@atm_taufiq: pareidolia itu persepsi psikologi. jadi bukan awan. efek psikologi ini bisa membuat kita melihat awan berbentuk seperti kucing dll atau pohon berbentuk ular dll.

Anonymous said...

drai Tresna Asti

Upst!
"Bisakah kalian memberitahukan kepada saya apa yang kalian lihat?"
saya melihat awan! =,=a
awan yang berbentuk seperti mulut buaya yang sedang terbuka lebar...

itu jawaban saya sebelum membaca komen-komen yang ada.. tapi karena saya baca komen dulu baru ikutan komen, pas lihat lagi, ehh, lebih mirip kuda nil yaa.. ^o^
lalu yang mana yg benar??? >o<

enigma said...

@Tresna: Yang namanya persepsi, tidak ada yang benar dan salah. semuanya benar. :)

Lica Lawliet said...

btw, buat sy foto terakhir kaya gambar manusia kayu lg lari.. hehe :P

menurut bro e foto terakhir itu membentuk apa?

enigma said...

@Lica: tidak adil kalau saya jawab karena persepsi saya sudah disetir sama sumber foto. :)

Anonymous said...

wah foto terakhir mirip mosnter di ultraman heheheh


cyberpillar

Anonymous said...

dimata saya, foto awan yang terakhir itu, kok rasanya mirip T-Rex ya?

Anonymous said...

mantabs, bentuk bentuk awannya keren-keren, jd takjub akan kebesaranNya. Trnyata dunia ini penuh keajaiban. Makasih bro e, tuk awan trakhir mnurut ku sperti bntuk kuda nil hhee,,

dk afandi

Anonymous said...

dari Tresna Asti

iya Kak.. ^o^
masing2 orang pny persepsi pendapat masing2 kan ya.. dan setelah itu, persepsinya juga bisa berubah-ubah tergantung lingkungan... wkkkwkwwkk, seperti yg saya alami.. =,=

saya takjub liat morning glory.. saya ga kebayang kakak bakal menjawab pertanyaan awal dg mengkaitkan dg awan itu.. berarti saya harus lebih bnyak belajar ya Kak karena masih banyak sekali yg belum saya ketahui.. ^o^b

dolewak said...

mungkin itu bentuk awan seperti awan morning glory tapi terkena cahaya matahari jadi berwarna kemerahan..
persepsi orang pertama yang sangat menentukan persepsi selanjutnya..karena orang pertama menyangka itu naga jadi orang berikutnya akan menganggap itu naga juga..
tapi ini fenomena yang menarik..

Doa di Putik Kamboja said...

selalu suka baca postingan di blog ini.
selalu mengisi, menarik tapi gak menyesatkan..

Rotteneye said...

Bisakah kalian memberitahukan kepada saya apa yang kalian lihat?

Bagi saya kelihatan seperti Godzilla, langsung menuju box komen tanpa liat2 komen yg lain.....

agung said...

keren bro.. Apalagi godzilla nya.... Gambarnya bagus2 semua!! Betah saya baca blog ini..

fitri said...

Gmbr yg t'akhr trlihat sprti :
1. Gozila dri
2. Gozila lg bka mulut hehe
3. Cewek pke kca mata, hhhh...
4. Sisi kanan fto, sprti tangan


Hahahahahaha
Mata sya udah ga bnr nih
(~_~!l)

Asinchan said...

bagiman dg ini Bro....?
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=132201510127546&set=a.132200226794341.24582.100000130927853
bisa2 dikira STAR TREK mau landing..... wakakakakakak

WALL- e said...

Awan yang terakhir mirip sama godzilla versi jepang, btw tumben mas enigma mau bahas sesuatu yang nyerempet kultur dan agama?pasti gara gara misteri gampang tapi heboh ٻ....ha....ha...ha

Anonymous said...

bang enigma, tolong ulas tentang mystery spot dong
terimakasih

LUTHFI

Anonymous said...

foto terakhir bagi saya bisa 2:
1. Kuda Nil yg sedang mangap,,
2. Godzilla versi Jepang yg kayak monster2 d serial Ultraman,, wakakak

keep posting Bang E !!

Anonymous said...

Pic yg trakhir kaya d musuh2nya ultraman..wahahaha

Anonymous said...

wkwkwk, godzilla muncul dari dasar laut dengan senyum pepsodent-nya

X-Zone said...

bang e kenapa awan tersebut warnanya bisa berbeda dr awan sekitarnya dan tampak lebih jelas,kontras?aneh/hanya sotoshop!bang e dulu tetangga saya pernah difoto didaerah pelabuhan ratu,dan ketika hasil foto itu dicetak anehnya diatas batu tempat mereka difoto terlihat pewujudan mahluk seperti naga dan tepat diatas kepalanya ada sosok perempuan,pokoknya serem dah,hasil foto tersebut diambil dr kamera biasa,kejadian terjadi pd thn 95,

enigma said...

@X-Zone: saya sudah pernah melihat foto yang kamu maksud. Foto itu jelas berbeda dengan foto diatas karena foto itu bukan terlihat di langit. Kalau foto itu, saya juga tidak punya penjelasan.
Mengenai warna, bisa jadi karena efek sinar matahari (walaupun cukup aneh ya).

BagaskorO LaskarOmeT a.k.a BOLOT said...

keren bang artikelnya dikupas sampe tuntas.btw yg terakhir itu awannya sotoshop atau bukan bang soalnya kok bisa mbentuk gambar godzilla gitu hahahaha

dedoy said...

abis baca ini lgsg nengok jendela liat awan (mengagumi ciptaan Sang Pencipta
ooh indahnya bumi kita :)

Anonymous said...

Mas Enigma, kalau buka blog enigma via Opera pake HP susah ya?

Yuki said...

kalo saran saya, mas Enigma
mending coba bikin versi HP di
http://www.wirenode.com/
cuma masukin feed trus edit2 warna sedikit jadi mobile version ^^

ixan said...

wah hebat, tapi kok ngeliatnya malah ngeri ya..--'
ada yang berpendapat sama nggak?

btw bung E, boleh tukeran link nggak? linknya bung enigma udah lama saya pajang sih, biar gampang, hehe...

Anonymous said...

Ardana in bali said:
betul bro saya setuju dgn salah satu komentator yg mengenai blog enigma bisa kelihatan lebih bagus di hp.saya seringan mobiling bro.jadi check komputer jarang.itupun malam hari kalo da capek dari kerja. Nice post bro.keep it up.

Conundrum said...

kerennnnnn analis bang enigma sperti biasanya.
bang Enigma, sy fansny bang Enigma drdlu lho, tp baru buat blog akhir2 ini,terus drdulu cuma bca artikel n komen2ny aja.
bang Enigma apa rahasianya bisa posting artikel bertema misteri yang baik?
bang Enigma dapet sumber inspirasi nulis drmn aja?
bsk februari 2011 blognya uda 2 taun :D
artikelnya makin bagus dari awal februari 2009 lalu.

Rotteneye said...

Bang E mau dong gambar yang dibilang sama X-zone. Bisa dipajang juga gak? Saya jadi penasaran. Thanks.

blackcurrent said...

kalo dilihat2 mirip monster..musuhnya ultraman(mirip dinosaurus gt gak seh??)hehehe,,,

anindnatsir said...

kalo yang terakhir itu dinosaurus bukan? coba coba nebak aja nih. :)

bajing_ga_bisa_loncat said...

Wah Lucu skaligos Indahnya Morning Glory, sy pikir awan di parangtritis itu memang fenomena Morning Glory tp kalau kjadiannya sore hari saat itu ya masuk akal sebab saat matahari terbenam memang matahari akan terpancar warna kuning oncom saat memantulkan cahayanya k awan. Mungkin lebih cocok disebut "Afternoon Glory"

Anonymous said...

A.yu indah said...

Setelah lihat postingannya om E, saya jadi ingat sama foto yang di ambil sama Ayah dan Kakek saya di daerah pedalaman Maros, SUL-SEL... fotonya awan berbentuk kereta api loh!!! Dengan detail berupa 3 buah kotak menyerupai jendela, roda, bahkan asapnya pun ada...!
Tapi fotonya saya lihat sekitar 6 tahun yang lalu, itupun fotonya sudah hilang.. :( kalau bisa saya mau kasih liat om Enigma...

Oh iya, saya dari Makassar, sul-sel.. Salam kenal semuanya! :D

Rendra Kurniawan said...

Analisis yg memukau.. Keren analisisnya..
Begini nich klo mau nge'post image yg meragukan, meskipun ngga terpecahkan, qt bisa nambah info dg analisis perbandingan lainnya.
"Selalu ada sisi yg lain" Mantapppp...

arashita apsari said...

T-T kapan bisa pertamax klo gini,,,

hmmm....hihi... jadi pengen jalan2 di awan itu, deh...n_n

Conundrum said...

bang Enigma?? :O
gamuncul2 daritadi, cuma moderatin nampilin komentar nih :/

enigma said...

@conundrum: saya minta maaf. Saya masih belum online dgn komputer. :-). Kalau bales komentar dgn hp rada susah.

Anonymous said...

godzillaaaaaa!
keren sekali foto terakhir itu...
once again, good job mr e...! ^^d
hoshihime

Anonymous said...

apa!? batu 10 menit lebih udah ada 80 komen?, mantap kali bung enigma ni

bagus13 said...

mas enigma,,di kaskus lagi ada fenomena ttg time travel lagi tuh...http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4507596


bisa tulung diteliti? :)

terima kasih sebelumnya..

enigma said...

@bagus13: Bagus, itu sudah lama lho. hehe. saya coba lihat apa yang bisa saya posting ya.

mbah ware said...

betul brader E...ini cuma roll cloud....yang biasanya berubah menjadi badai puting beliung apabila berubah menjadi vertikal,prosesnya adalah disebabkan udara panas naik membawa uap air dan membentuk awan kumulonimbus dan hujan membawa udara dingin menuju bawah pada tempat yang sama,Tetapi sebagian sambaran petir didalamnya bisa menghasilkan angin kencang di dalam awan, mengakibatkan naik turunnya udara panas dan dingin secara serentak, Sekiranya angin kencang tersebut berubah bentuk dari bentuk melintang di dalam awan kepada bentuk menegak, angin kencang akan berubah berbentuk corong dan dari pusaran angin berbentuk corong tersebut dikenali sebagai angin puting beliung.

Anonymous said...

Setan pun tersenyum melihat manusia, menghubungkan segala fenomena yg terjadi dengan hal yg mistik. Sedangkan Tuhan murka dengan manusia...

ai said...

gambar yg terakhir itu naga bung enigma, naganya sdg ketawa kaya'nya. tapi godzilla yg menang, karena jawabannya byk Godzilla.
efek pareidolia yg dilakukan rame2, dimana persepsi org ramai tsb adalah sama, maka pareidolia tsb dipercaya sbg kebenaran.

ai said...

bung enigma : bagaimana dengan foto ubur2 yang baru dimuat di kompas ini?
http://sains.kompas.com/read/2010/11/18/20441030/Foto.Uburubur.di.Luar.Angkasa-4
apa ubur2 ini jg bisa menambah deretan makhluk yg dapat hidup di ruang angkasa ?
bentuknya seperti dentuman big bang

Anonymous said...

nn.....
jangan2 tu jalan trowongan yg d buat ma alien biar ga keliatan ma kita..... wkwkwkwk..............

enigma said...

@ai: itu bukan ubur2 betulan. Tapi cuma citra angkasa luar yang terlihat spt ubur2.

Anonymous said...

kesan pertama pas liat fotonya : kaget
lebih mirip badan ular, dan ga mirip awan disekitarnya. entah itu awan berbentuk naga atau naga mirip awan, sudah cukup buat kagum, nice bang

ufo believer

Anonymous said...

wah bukan sudah dibahas sama enigma tentang macam2 awan......itu salah satunya

Republican Wasp said...

Wow, analisanya mantap. Saya saja baru dengar kalau ada yg namanya awan Morning Glory. Tapi soal "naga" di Parangtritis ini memang perlu info lebih lanjut dari saksi setempat soal karakteristik "naga" tersebut & bagaimana pergerakan serta lenyapnya

fitri said...

@ Republican Wasp : menurut saya tidak perlu mencari info lebih lanjut lagi untuk masalah ini sebab ini menyangkut percaya atau tidak

jika Anda percaya ya monggo , ,tidak percaya ya silahken,hehehe

maaf y jika kata2nya da yang membuat hati menjadi tersinggung, salam kenal saja yah (^_^)

Anonymous said...

kalau memang benar ada awan morning glory, saya sangat setuju awan di parang teritis itu morning glory, bukan naga-nagaan.....tapi emangnya bener ya ada awan morning glory? :D belum pernah ngliat sih jadi rada susah percaya...abis cakep banget n_nV

Lia

Anonymous said...

Myhead 5012 said :

haha

yang saya lihat pada foto terakhir adalah Godzilla... whoa, keren amat tuh..

haha

Myhead 5012

Anonymous said...

poto terakhir kayanya lebih mirip godzilla...
cool..
i like it

Anonymous said...

poto terakhir mrp ny sma KUDA NIL
wkwkwkwk

By;Husein

AkaneD'SiLa said...

poto terakhir yak kepala buaya yang nongol dari rawa...


terus awan morning glory nya indah bangetz
pengen liat langsung


btw aku ganti link blog kak
http://akane-dsila.blogspot.com/
mohon direlink ya kak
maaf dan makasih
:D

enigma said...

@Rotteneye: Gambar itu bisa kamu lihat disini:

http://fauzieuy.blogspot.com/2010/07/penampakan-sesosok-wanita-bertubuh-ular.html

Anonymous said...

dinosaurus!! wkwkwkwk :) mantap pareidolia saya.. hahahahaha

enigma said...

@Ardana ini Bali: kamu juga bisa lihat enigma versi mobile dengan mengklik link di sidebar tengah. Kamu tinggal bookmark linknya. Selamat mencoba.

Anonymous said...

bang enigma saya syarid...tolong dong tulis artikel tentang teori konspirasi bahwa mars itu planet yang sebenarnya bisa dihuni dan iklimnya tidak seextreem yang digambarkan selama ini secara mendalam..ok bang enigma

Silver said...

kemungkinan emang morning glory,trus kalo soal warna merah bs jd krn efek matahari senja. soalnya kalo diliat dr warna langit dan susunan awan sekitar kemungkinan pas foto diambil ketika senja. seperti yang kita tahu bahwa awan kan terbentuk dr uap air, uap air membiaskan cahaya, jd rumusnya: awan morning glory + (cahaya senja + awan hitam di sekeliling)= "naga"

Anonymous said...

kalo menerut q sih ky kuda nil tuh awan...
tp karena tuh munculnya di laut..jadinya kuda laut kali...wkwkwkwkk..
by: kucir84

XX1SUPERSTAR# said...

Mungkin menurut saya itu bukan naga itu cuma efek awan sore hari jadi bentuk dan warna seperti naga.dan sepertinya itu juga tidak ada terusannya,tidak ada kepala dan ekor hanya badan tengahnya saja,beda dengan penampakan naga di himalaya itu ada ekornya dan badan sangat detil dengan naga asli.bagaimana?betulkah saya?

jacobian said...

cuma anomali dari awan ajah ya.walau bentuknya seperti naga sekalipun ya tetap awan itu. :-)

My Life said...

gan link blogmu dch trpasang di blogku..
psang linkq jga yaw gan...

sisi-lain-aguzu.blogspot.com

salam damai blogger..
:D

Anonymous said...

Yang terakhir foto Godzilla :D
Bang Enigma, foto naga Himalaya kok ga jelas gitu ya ??

Naganya yg mana sih ??

Anonymous said...

foto piala dunia 1962 brasil,tolong anda cari tau itu foto photosop kah ???...karna bila anda seksama memperhatikan ada sesok di wajah dan kacamata yang mirip dengan time treveler 1940...silahkan serch di google...terimah kasih klo anda berkenan

Science Box said...

wow, kalo gak salah, awan yg bawah itu berbentuk seperti Godzilla !
hebat!

ANIS said...

Buat anonymous 119...soal time traveller piala dunia 1962 brasil...coba cek di mbah gugle image dgn kata kunci twin lens reflex camera....mungkin bisa bantu pertanyaan anda...Foto itu emang gak hoax....http://soccernet.espn.go.com/world-cup/feature?id=696764&cc=4716&ver=global...tapi soal kameranya bisa di cek....cmiww..
Buat bung E....masih inget janjinya kan kl ke jogja mo mampir..???
Salam damai...

Anonymous said...

Foto trakhir tuh bukan godzilla tapi itu kaya Sid yang di Ice Age. hehehehehe

fitri said...

for ANIS (126) : what the meaning your sentence, "Buat bung E....masih inget janjinya kan kl ke jogja mo mampir..???" ,

WHAT?????!!!!!!!!

i don't understand, but i feel u know something

hhhmmmmm???? (o_0")

Rizqi Fajri said...

Mungkin sama kayak Anticrepuscular Ray,...
cuma dari sudut pandang camera dan kualitas kamera yang mempengaruhi hingga seperti itu,.
hehehe,.

Refi Gaul said...

Saat gw sedang pramuka di skul, gw juga pernah melihat langit terbelah sangat PERSIS yg ada di Yogya atau di Padang. Yg jadi pertanyaan, apakah fenomena langit terbelah itu peristiwa yg sgt langka..???
Gw tinggal di Kudus, Jateng. Kapan2 fotonya gw kirim ke e-mail lo gk bisa skrg, coz temen gw yang foto langit terbelah itu (sialnya gw gak bisa poto2, karna gw gak bawa hp berkamera).

Anonymous said...

entah kenapa, saya kok lebih condong kalau foto itu hasil photoshop ya. tidak natural kesannya. Tapi mungkin saya salah. saya setuju dengn mr.e, harusnya pemotret juga memotret ujung lain tabung itu. jadi bisa terlihat dengan jelas.
Soal foto terakhir, saya juga ngeliat Godzilla seperti yang lain. Nice piece of work bro.

-prof.krauss-

Anonymous said...

kalo aku liat sih emg morning glory tu...
dari tekstur tubuh gk bersisik kyk ular....tapi lbih cenderung lebih soft kyk awan....

great job...
2 jempol dah buat foto 3 morning glory tu :D


*bleeding_hero666@yahoo.com*

Andy said...

Perasaan foto awan yang terakhir kaya Godzillla Deh......

Anonymous said...

menurut saya gambar terakhir itu, ada gambar kepala anak kecil pada bagian tengahnya,,,
dan kalau keseluruhannya seperti gambar dinosaurus yang baru keluar dari air,,
by,,,yusuf,

Anonymous said...

pinter bgt nih si enigma..!! menganalisisnya.. makan aph gan biar jadi pinter???? wkwkwkwkwkw

Anonymous said...

keren dah Mr.Enigma,,,
bsa aja jawab pertanyaannya,,,
ksih tw resepnya dunkz,,,

tower said...

..daratan,langit,cahaya matahari,air,awan yg bntuk e kayak godzilla..

gaietynobnixie said...

yang terakhr ky kudanil lg mangap . .
versi yg laen slain godzila . .
btw slm knal bro smua trutama bro enigma

dian aladin said...

Allahu akbar smua itu Allah yg mengatur...............

Anonymous said...

gw ma cwek gw jg sring mndngin lngit klo ps lagi mojok,,,,kadang malah sering tbak2an awan...ada yg mrip burung ma buaya,,,tapi g' kpikiran mw ambil foto nya...
blog ini kren...apalagi yg ttg hollow earth yg gw bc brusan,jd pnasaran...

Deiny said...

photo yang terakhir kalo gak salah GODZILLA versi jepang dehhhh...... soalnya dari dulu hingga sekarang ada filmnya...

radixza egha said...

mantap penelitiannya jadi gak bisa langsung percaya aja ama tu foto...investigasi yg bagus gan..!! saluut

ARDIAN LANGIT SELATAN said...

IYA...INI FOTO GODZILLA MAU MELAHIRKAN

Anonymous said...

wih keren awan nya kaya godzilla.ada ga formasi awan mirip sama muka gayus?

Anonymous said...

foto awan yg terakhir bentuk nya kaya godzilla yah..hehhe

Anonymous said...

tapi betul juga kalo emang awan yang di parang teritis (gambar diatas) bukan hasil rekayasa photoshop dan emang awan betulan,,itu berarti fenomena awan yang menarik, coz selaen tuh awan warnanya berbeda dengan awan yang laenya yang ada disekitarnya, tuh awan bentuknya juga kaya awan morning glory, dan kalo tuh awan emang bener awan morning glory seharusnya kan gak ada awan laen selaen awan morning glory sendiri yang lebih dominan di sekitarnya

edo said...

kalau cuma langit seperti itu,gue kerap x melihat-ya,bermacam bentuk,ku punya foto a,da langit yg berbentuk seperti anusia yg sedang menangis,tapi kebanyakan seperti hewan yg gue liat,jadi lo ada cerita semacam itu gue gak kaget,nama a juga alam,yg tau bener pa nggak a,yg maha kuasa

Johnny Wirjosandjojo said...

Saat Maulid Nabi Muhammad saw tahun lalu, saya melihat linatasan cahaya kuning lurus di langit Bintaro, sekitar beberapa puluh menit seingat saya, 15-20 menit-an. Saya lupa apakah saat itu langit cerah atau berawan, yang saya ingat cahaya itu cukup mencolok di mata saya.

Anehnya saat saya sms beberapa teman saya yang berada di sekitar situ (saya tidak memanggil teman saya yang dekat, karena saat itu tidak ada orang di kos-kosan) tidak ada satupun dari mereka yang melihat lintasan cahaya itu.

Saya beranggapan mungkin saja itu barisan malaikat yang sedang turun ke langit terbawah untuk memuja Rasulullah saw.

Yang membuat saya sedikit aneh, ya itu tadi, tidak ada satu pun di antara teman saya yang melihat lintasan cahaya tersebut di langit pada saat yang sama.

Apakah mata saya yang mengalami gangguan? Mohon penjelasan.

enigma said...

Tidak juga. Namun akan sukar dikomentari karena tidak ada fotonya bro.

Johnny Wirjosandjojo said...

Ya betul, tidak ada foto, lain kali kalau ada yang aneh-aneh lagi, saya ambil foto. Namun, tampaknya yang aneh2 itu sukar didapat mas...hehe

Jefry Agustinus Alexander said...

anjrith, artikel lo keren bro...tiap kalimat nyambung dan seru buat dinikmatin.

gak coba nulis buku sendiri? :D #masukan :D

Anonymous said...

itu foto yg terakhir tu kyak godzilla di jepang kan????

gungde said...

http://2.bp.blogspot.com/_ziPJWp4LX_o/TOOOUvcSjPI/AAAAAAAAFQ8/bpi5MNU5MHw/s400/snake_cloud.JPG
Masa gambar ular ini, maaf imaginasi saya kacau

Anonymous said...

yandik:

dulu gw pernah foto awan berbentuk muka gorila yg diliat dari samping.. waktu itu gw lagi di bandara jakart.. keren awan nya..

trus pas waktu SMA gw pernah liat awan berbentuk tulisan ALLAH dalam bahasa arab.. subhanallah...

Arestullah said...

Awan morning glory, baru kali ini denger. Terima kasih bung Enigma atas pengetahuan yang selalu diapdet ini.

Gambar terakhir mirip dinosaurus yang lagi lompat dipermukaan laut karna ingin nangkep makanan yang terbang ke deketnya (kayak ikan).

Unknown said...

kalau yg terakhir ...

sprti kpal yg berbntuk naga ..

lyat za bntuknya sprti kpal d jman kuno ...

Dwi Fals Airbrush Pontianak said...

Salam kenal gan,,, ane boleh copas ya info nya banyak yang menarik nih....

Salam

nita said...

FOTO YG PALING TERAHIR,,,MIRIP GODZILA YG LAGI MASUK KOTA ,,,!!
HAAAAAAAGAGAGAGAGAG

dimasariwibowo said...

subhanallah....
sungguh indah banget ciptaan-NYA.....

tulisannya juga keren....

^_^

Anonymous said...

Saya hanya bisa mengucap subhanallah..semua itu karya yang indah dari allah swt untuk kita semua..
Gambar terakhir mirip monster musuh ultramen dyna

Jordan said...

Foto terakhir terlihat cukup jelas seperti seekor buaya raksasa yg hendak menangkap/memakan burung yg sedang terbang !

Anonymous said...

foto yang terakhir menurut saya gomera
by:chris

denisz giallorossa said...

Gan,, klo menurut ane sih, foto yg terakhir mirip
buaya yg lgi kecemplung di rawa yg lumayan dalem, jadi dia teriak minta "TOLOOOONG" sambil berontak dengan tanganya agar bisa keluar dari situ...
gitu aja ko repot ya :-)

*sambil cukur kumis pke golok

denisz giallorossa said...

Gan,, klo menurut ane sih, foto yg terakhir mirip
buaya yg lgi kecemplung di rawa yg lumayan dalem, jadi dia teriak minta "TOLOOOONG" sambil berontak dengan tanganya agar bisa keluar dari situ...
gitu aja ko repot ya :-)

*sambil cukur kumis pke golok

Anonymous said...

kalo itu kuda nil trus awan panjang yg ngarah ke mulut kuda nil itu apa???microfon yg suka ditempel di pipi para penyanyi??

salam Ponco

fandy_whinny said...

mantaap... btw, foto yang terakhir mirip sama godzilla yang lagi mandi sore sore... hehehehehe

salam

Post a Comment