Tuesday, June 21, 2011

Flashback: Foto sepasang naga Kutai yang menggemparkan warga

Lebih dari satu tahun yang lalu, kompas.com memuat sebuah berita (yang diambil dari tribun kaltim) mengenai penampakan sepasang naga/ular raksasa di wilayah Kutai Barat. Berita ini disertai sebuah foto.


Pada hari ketika berita itu dimuat kompas.com, seorang pembaca mengirim sebuah email mengenai hal ini dan meminta saya untuk mempostingnya. Ketika saya membaca berita tersebut dan melihat foto yang disertainya, saya tidak terkesan sama sekali karena bagi saya foto itu jelas terlihat seperti sebuah karya photoshop. Jadi, saya tidak punya niat untuk mempostingnya.

Namun masalahnya adalah, setelah lebih dari satu tahun, saya masih saja menerima pertanyaan mengenai foto ini. Jadi untuk menjawab pertanyaan sebagian pembaca yang masih penasaran, saya akan mengomentari foto tersebut dengan menyertakan alasan mengapa saya percaya kalau foto tersebut adalah sebuah rekayasa.

Bagi kalian yang belum pernah mendengar berita ini, berikut cuplikan dari kompas.com tanggal 5 Februari 2010. Kompas mengambil berita ini dari kaltim.tribun.co.id yang masih merupakan media grup Kompas.
KOMPAS.com — Masyarakat Kutai Barat (Kubar), khususnya warga Mahakam Ulu, digemparkan kemunculan sepasang ular raksasa sebesar drum atau berdiameter sekitar 60 sentimeter dengan panjang sekitar 40 meter. Ular raksasa itu terlihat meliuk di permukaan air di Riam Haloq, Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai.

Ular raksasa yang melintas di sungai itu diyakini masyarakat Suku Dayak sebagai naga. Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun, sebenarnya peristiwa kemunculan naga terjadi Jumat (29/1/2010).


Saat itu sebuah longboat berangkat dari Long Bagun menuju Long Pahangai. Longboat tiba siang hari di Kampung Long Tuyuq, hulunya Riam Haloq. Saat itulah motoris dan penumpang longboat melihat sepasang ular raksasa melintas di permukaan Sungai Mahakam dari arah berlawanan.


Begitu mengetahui sepasang naga lewat, motoris langsung menepikan longboat ke tepi sungai karena khawatir menjadi korban. "Ternyata kedua naga itu berjalan terus dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran longboat," tutur Dodik, yang mendengar cerita dari keluarganya di Mahakam Ulu.


Setelah itu, motoris dan beberapa penumpang langsung mengambil gambar menggunakan ponsel berkamera karena menganggap itu sebuah momen langka. Di wilayah Kubar sendiri foto ular raksasa itu telah tersebar dan masyarakat menjadi heboh.


Ia menambahkan, sebelumnya di Long Tuyoq bahkan ada seorang warga dan anaknya yang sedang berburu babi melihat ular raksasa tersebut. Saking kagetnya, sang anak sampai tidak bisa berbicara hingga kini.

Sebelumnya, pada Februari 2009, Kalimantan juga bikin heboh dunia saat muncul sebuah foto udara yang memperlihatkan ular raksasa tengah melintas di sebuah sungai di Sarawak, Malaysia. Ular raksasa itu berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan.

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009.

Foto itulah yang menjadi perdebatan. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun, selama ini ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau piton atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun, ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, itu jauh lebih panjang dan besar dibandingkan dengan temuan piton. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut, yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal itu karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan sebab sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.
Saya merekomendasikan kalian untuk membaca berita tersebut secara penuh dengan mengklik link yang saya sertakan di atas.

Saya yakin, beberapa dari kalian yang melihat foto tersebut akan segera tertawa. Tidak heran, saya memang percaya ada orang yang memiliki kepekaan terhadap sebuah rekayasa, apalagi rekayasa yang "kasar".

Namun bagi kalian yang tidak memiliki kepekaan itu dan ingin mengetahui alasan yang lebih jelas, saya akan berikan tiga alasan mengapa saya yakin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa.

Alasan pertama adalah, adanya bekas-bekas sentuhan photoshop pada tubuh ular tersebut.

Bahkan jika kita hanya melihat dengan sekilas, kita bisa melihat adanya blur pada tubuh ular tersebut. Blur ini tidak terlihat pada kepala ular.

Ini wajar karena tubuh ular yang berada di dalam air akan lebih sulit direkayasa dibandingkan bagian kepala yang berada di atas permukaan air. Mungkin sang perekayasa menggunakan efek blur atau smudge pada photoshop untuk menciptakan efek riak air. Namun usaha ini tidak berhasil karena bagian tersebut terlihat tidak alami dan berbeda dengan sekitarnya.

Alasan kedua adalah, kesaksian yang meragukan.

Saya kutip:
"Menurut seorang warga Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, sebenarnya ada dua naga yang terlihat. Satu naga diyakini berjenis jantan karena di kepalanya ada dua tanduk dan naga betina karena tidak ada tanduknya. Kedua binatang itu memiliki empat kaki, warna kulit hitam dengan panjang sekitar 40 meter dan diameter tubuh sekitar 60 sentimeter."
Menurut kesaksian seorang warga, ada dua naga yang terlihat dan masing-masing memiliki empat kaki.

Agak mengherankan jika disebutkan ada dua naga yang terlihat sedangkan hanya ada satu naga di dalam foto.

Namun, anggaplah kalau kedua naga ini memang tidak saling berdampingan. Naga jantan yang bertanduk berada jauh di depan sehingga tidak terpotret. Kalau begitu, pertanyaannya selanjutnya adalah:

"Bagaimana para saksi bisa mengetahui kalau naga itu memiliki empat kaki?"

Bukankah kaki mereka berada di dalam air yang coklat berlumpur?

Bagaimana cara mereka melihatnya?

Apakah naga tersebut sempat berenang dengan gaya punggung?


Lalu, mungkin dari kalian ada yang berargumen: "Bisa saja kesaksian dan foto itu tidak saling berhubungan. Foto itu benar diambil di Riam Haloq, sedangkan kesaksian yang dikutip kompas.com merujuk ke naga yang lain."

Memang benar, bisa seperti itu. Namun sang wartawan mengindikasikan kalau keduanya saling berhubungan. Bukankah begitu?

Alasan ketiga adalah, posisi kepala sang naga.

Salah satu alasan mengapa saya langsung menganggap foto ini hasil rekayasa adalah karena posisi kepala ular yang tidak alamiah (selain karena bentuk kepalanya yang lebih menyerupai bebek ketimbang naga).

Posisi yang tidak alamiah ini mungkin disebabkan oleh dua hal, yaitu ingin menciptakan "efek ular" atau ingin menciptakan "efek monster danau".

Yang saya maksudkan dengan efek ular adalah posisi seperti kobra yang siap menyerang. Jika ia membuat foto dengan kepala seperti itu, orang yang melihatnya akan langsung teringat dengan ular.

Sedangkan efek monster danau adalah usaha untuk mengasosiasikan makhluk tersebut dengan monster danau yang paling terkenal di dunia, yaitu Nessie.

Nessie sendiri adalah monster danau yang paling terkenal di dunia yang dipercaya hidup di Danau Ness (Lochness), Skotlandia.

Imajinasi orang mengenai rupa makhluk ini dibentuk oleh foto yang disebut Surgeon Photo.

Walaupun foto ini terbukti hoax, namun masyarakat dunia terlanjur mengasosiasikan monster danau dengan leher panjang yang menjulur keluar dari air sehingga foto-foto hoax monster danau berikutnya selalu dibuat dengan posisi kepala dan leher seperti ini.

Masalahnya adalah, posisi leher dan kepala Nessie pada Hoax Surgeon Photo lebih masuk akal karena Nessie dipercaya sebagai Plesiosaurus.

Dalam kasus kita kali ini, makhluk yang dibicarakan adalah seekor ular/naga sehingga posisi leher atau kepalanya menjadi tidak tepat.

Berikut ini adalah contoh posisi kepala ular yang berenang di air.

Ular tidak pernah berenang dengan posisi kepala 90 derajat dengan permukaan air.

Pernahkah kalian menyaksikan sebuah film dokumenter mengenai ular?

Ketika ular itu bergerak/merayap, bagaimana posisi kepalanya?

Tentu saja sejajar dengan tanah.

Sama halnya dengan ketika ia berenang. Ia hanya memunculkan kepalanya sedikit untuk bernafas.

Menariknya, artikel ini juga menyebutkan mengenai adanya foto ular sepanjang 33 meter di utara Kalimantan yang didapat tahun 2009.

Mengenai foto-foto ini, saya sudah pernah mempostingnya. Ini juga hoax. Kalian bisa membacanya disini: Rekayasa Ular Raksasa Borneo.

Paling tidak, perekayasa foto ular sepanjang 33 meter tersebut membuat posisi kepala ular dengan benar. Mungkin karena ia merekayasanya dengan meniru gerakan ular yang asli.

Itulah tiga alasan mengapa saya menganggap foto itu sebagai sebuah rekayasa.

Sekarang pertanyaan berikutnya adalah, dari mana kompas.com mendapatkan foto tersebut?

Karena kompas.com menyebutkan sumber berita tersebut adalah tribun kaltim, maka masuk akal jika mereka mendapatkannya dari media tersebut. Saya berusaha menemukan berita awalnya di tribun kaltim dengan mengikuti beberapa link yang dicantumkan blog dan situs yang memuat berita ini, namun sayangnya, berita mengenai sepasang naga ini sudah lenyap dari situs tersebut.

Berita ini juga lenyap dari tribun palembang.

Beberapa media berita memang sering mengarsip berita yang sudah cukup lama untuk menghemat biaya. Namun untuk media sebesar tribunnews, agak mengherankan kalau berita yang baru berumur 1,5 tahun sudah masuk ke dalam arsip. Atau mungkin berita tersebut memang sengaja dihapus.

Tribun Banjarmasin
masih memuat berita tersebut. Namun mereka tidak menyertakan foto.

Mungkin mereka pun merasa aneh dengan foto tersebut.

Benar-benar foto yang misterius!
Bukankah begitu?

Nah, sebelum saya akhiri, saya ingin menegaskan kalau saya TIDAK beranggapan ular raksasa itu tidak ada. Yang saya tolak adalah keabsahan foto yang satu ini.

Lalu, percayakah saya dengan keberadaan ular raksasa di Kutai?

Saya tidak mengatakan kalau ular raksasa pasti ada di Kutai karena saya belum pernah memeriksa kota Kutai secara keseluruhan. Namun saya tidak heran kalau di dunia ini ada ular raksasa sepanjang belasan atau puluhan meter. Apalagi untuk Kutai yang terbiasa dengan buaya sepanjang 6 meter.

Baca juga: Benarkah foto naga bertanduk ditemukan dan dipamerkan di cina dan Rekayasa foto ular raksasa borneo.

Share on Facebook
Bookmark and Share

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini.
Comment Page :

177 comments:

Anonymous said...

ternyata potosop ya :) keren bang bro enig 2 thumb up for blog enigma, pertamax g ya.....
By caproconus

Ady Inbox said...

Hahhaa, pertama liat fotonya saya juga tertawa bro...
Terlalu aneh posisi kepalanya ^^

Dewabrata said...

saya suka pertanyaan yang mengatakan naga berenang dengan gaya punggung, klo di bayangin kliatan bloon :D
btw bung enigma,blog saya apakah sudah dapat di anggap blog misteri. Mohon reviewnya. Terima kasih.

dewi shinta said...

tumben sepi! langsung absen ah...
aneh banget tuh yang bikin foto ga niat bikin hoax kali... -_____-"

Anonymous said...

hehehe naga berenang dengan gaya punggung :D bisa aja bang enigma.

kalo soal ular atau naga di kalimantan (bukan cuma di kutai)pernah dengar cerita, tentang pencari kayu bakar yang lagi menebang pohon di sebuah bukit, ketika dia istirahat kapaknya di tancapkan di tanah, tiba-tiba ada darah keluar dari tanah tempat kapak itu tertancap. karena takut, penebang itu melarikan diri, entah besoknya atau beberapa hari kemudian, di lokasi itu terbentuk semacam parit besar (bekas ular itu berdiam). ternyata kapak itu mengenai badan ular raksasa, beberapa orang katanya melihat ular itu turun dari bukit menuju ke laut.

ya, itu cerita yang saya dengar, betul atau tidak saya juga penasaran.


ufo believer

Yogi Kortisa said...

10 besar gak yaak? Mudah2an msuk 10 bsar, amin.
Mantap kak enigma, ku sangat stuju sekali dgn analisismu!
Btw, prtama x koment nih dblog kk enigma,, pdhal dah lama ngikutin,, hehehhe.. :D

Anonymous said...

Wuaaahh hoax bgt tuh...
Btw...Postingannya keren...

Anonymous said...

Apakah naga tersebut sempat berenang dengan gaya punggung? haahaha..pertanyaan yg menggelitik dr Bang Enigma.i like it Bang

a.waHyu.s said...

Klw mslh vto sii prtma liat jg dah twu cma editan dr kpala'a..
Haha..

Tp klw bnr ada naga yg kt'a brtanduk tu ky'a 50:50 prcaya gk prcaya.. :D

yus said...

sepertinya saya salah satu orang yang punya kepekaan lebih terhadap foto/video rekayasa, hehe.

Anonymous said...

terlalu keliatan kalo itu cuman editan sotosop XD
aneh juga ada orang yg percaya kalo itu ular beneran,, hahaha

keep posting Bang E !!

junglemount

Mr.Lonely said...

Dari kepalanya udah kelihatan hoax, masa Drakey kepalanya mirip kaki kebalik :p

Anonymous said...

Jah....kduluan lagiii m bang E..pdhal udah mw Qtempel mading dkmpus kalo pic di brita ne hoax...tgu pmbalasanQ bang E..hehe..
GREAT POST..

TeDdy_Orb@unikarta
asli melak, kuTai barat -> kutai kartanegara
xixixixi...

Anonymous said...

Dapet sponsor dr kompas ya Bung Enigma ? Hehehe...
Tulisannya membahas kompas mulu neh.. >.<
Mending critanya misteri, lah ini cm crita hoax.. Capede..

Btw koq ga ada brita crop circle lg ya.. Dah bosen kali yg buat wakakakak...

Salam Enigmers

Anonymous said...

melihat fotonya saja sudah ditebak walau saya tidak tahu tentang blur namun saya langsung tahu dari posisi kepala ular dan kesaksian tentang 4 kaki tersebut.

desta bluedyst

Blog Misteri TYrips said...

hahaha... Nice bro!
Mungkin saja hal tersebut dibuat karna ingin memuaskan hsrat orang - orang yang ingin membaca berita beserta dengan gambar. Kan gak keren kalo gak ada gambarnya... :D
Saya sih gak terlalu ngerti photoshop, jadi gak bisa komen banyak masalah foto ini.
Saya mau komen masalah non-teknisnya aja..
1. Coba yah kalo orang itu merekam dengan video record, pasti lebih keren banget. Tapi mungkin aja, kelupaan oleh sang perekam. Ato emang gak keburu kalo mau pake fasilitas perekam video dihapenya.
2. ...Setelah itu, motoris dan "beberapa" penumpang langsung mengambil gambar menggunakan ponsel berkamera...
Saya penasaran dengan "beberapa" foto lainnya.
3. Para saksi katanya naik longboat. Saya gak pernah naik longboat, tapi dipikiran saya longboat itu kapal yang panjang kan? Ok, katanya saat melihat ular itu, mereka langsung menepi takut ular itu 'mengganggu' mereka. eh, ularnya jalan terus. Trus, dimana longboatnya? Koq yang ada malah getek ato apalah perahu yang ada difoto itu. Ato mungkin angle dalam foto ini tidak mengambil longboat tersebut.
4. Yang terakhir dan yang paling meyakinkan saya. Adalah tidak begitu jelasnya sumber, menjadi hal utama bahwa foto ini hoax.

Sama kayak Bro E, saya bukannya tidak mempercayai legenda Ular raksasa disana, melainkan agak risih dengan penemuan foto tersebut.
Thanks!

MR Deskayz Blog said...

jah kirain mau pertamaxx...swt tapi gpp deh

lagi2 sensasi kompas...sungguh terlalu

Anonymous said...

Bang Enigma kok akhir2 ini kualitas artikelnya kurang greget ya... Lama updatenya juga... :(

Anonymous said...

"Apakah naga tersebut sempat berenang dengan gaya punggung?"

wkwkwkwkwk! ngakak bacanya.. XD

-U-

ToPu said...

mmm, koq link webQ lum dipasang juga yah...., http://centralprogrammer.com

Anonymous said...

di lihat dari kepalanya aja dh kelihatan gk alami .

"Apakah naga
tersebut sempat
berenang dengan
gaya punggung?"
wkwkwkwk , mungkin tuh uler sempet melambai2kan tangan , eh salah kaki ke arah penonton .

Author said...

hmmm, kelihatannya akhir-akhir ini bang enigma lagi kesulitan nyari sumber artikel ama berita up-date yah? postingannya aja udah setahun *tapi analisisnya bagus, ampun bang*

kalau boleh, lihat-lihat blog saya juga dong, ngasih nasihat dari senior gitu... sekalian nyari tema artikel

Anonymous said...

AHAHHAHAHA KETEPU.... Bner bgt bro E... masa uler kepalanya kya gtu... aneh bgt kan???
tapi klo berdasarkan legenda ato apalah gtu, pasti ada... tpi kpalanya ga bengkok gtu ya kan.!? trus soal kaki... -_-" WEIRD... masa kakinya kliatan??? aja2 ada deh... kcuali brenang gaya punggung kaya yg BRO E bilang...

thx bro E

_Fyaz4Hon_

mike said...

klo diliat kontur tanah ditepi sungai, warna sungai dan rakit ditepi sungai sya yakin itu memang sungai mahakam, krna sya org kutai barat, yg sdh trbiasa menyusuri sungai mahakam. sungai mahakam adalah tmpat brmain masa kecil sya
tapi klo soal foto diatas sya ykin 100 % klo itu rekayasa
meski demikian bisa saya katakan bahwa ular besar di kutai barat memang ada
org tua sya pnrh mlihat dngan mata kpala sndiri
namun jarang bisa dipublikasikan krna
sebenarnya ular besar seperti adalah makhluk yg trmasuk makhluk gaib jg. karna sungai mahakam itu penuh dgn hal2 mistik.

Anonymous said...

jelas foto hoax, sekalipun saya percaya naga itu ada, tapi kalau fotonya kayak gitu itu jelas mempermalukan nama besar naga :D
-melao

Anonymous said...

bro e,ane pembaca stiamu yg dah dri awal 2010 ngkutin prkmbangan post2 bro E.kyakny post2 bro E mkin lama jd krang greget yak.kmi bsa phamin mgkin emang blum ada update yg mnarik tuk dbhas.tp coba dhe bro E ngliat2 blog2 misteri ttangga.updateny bgus2,sperti john titor,caryatid d papua nugini,konspirasi dn lainy.msalahny tlisan dr blog2 tsb krang seru.cba j dhe bro E ngbahas msalah2 tsb.biar updatean lama tp klo bro E yg ngbhas psti mmbludak pmbcanx.Q ykin yg empunya blog2 msteri ttangga jg g bkal kbratn.regard muklas potgieter :)

Anonymous said...

sekedar intermezzo bang E..

saya dulu pernah tinggal di Kutai sekitar 4 tahun, tapi saya suka membaca cerita daerah Kutai. jadi gini...

Dulu ada sepasang suami istri yang berusia lanjut, tapi belum mempunyai anak. Suatu hari sang suami menemukan seekor ulat, saat melihat mata ulat itu sang suami merasa iba lalu dipeliharanya lah ulat itu. Mereka merawat ulat itu sepenuh hati ibarat anak mereka sendiri. Ulat itu terus tumbuh hari demi hari dan ternyata seekor naga.

Suatu waktu terjadi hujan badai disertai angin ribut selama berhari2. Penduduk desa satupun tak ada yang berani keluar rumah. Persediaan makanan sudah habis. Di saat menyedihkan itu *halah*, tiba2 sang naga berkata pada suami istri itu, katanya hujan akan berhenti kalau dia meninggalkan desa itu. Suami istri itu kaget dan sedih tapi tidak ada cara lain. Akhirnya naga itu masuk ke "Sungai Mahakam", dan seketika hujan dan badai pun berhenti. Warga bersorak sorai kegirangan dan keluar rumah. Lalu mereka mendengar sang suami istri yang tua itu menangis di tepi Sungai Mahakam. Para warga langsung mendatangi mereka. Tiba2 di Sungai Mahakam muncul buih2 dan muncullah gong berisi bayi perempuan dan disambut gembira oleh suami istri itu dan diberi nama Putri Junjung Buih. Dan setelah dewasa, sang bayi perempuan itu menjadi istri raja Kutai Kartanegara yang pertama (lupa namanya).

heheee sekarang saya tinggal di Banjarmasin, ada nama Jl. Putri Junjung Buih dan juga SD Junjung Buih 1 sampai 4 kwkkwkkwkk


Regards,
Riadi Makhmed

Toko Online said...

Keliatan banget fotonya di sotosop. Tapi kira-kira naga itu beneran ada gak ya?

Ladida Cafe said...

heheee, saya meragukan foto itu, bro enigma, saya curiga dgn nongolnya kepala si ular yg bentuknya aneh itu, hehee . .

tapi bisa saja di perairan kalimantan yg notabene adalah sungai besar, terdapat ular yg besarnya tidak wajar / tidak umum.

kita tunggu info selanjutnya . .

Zhavoe said...

WOW !!! penjelasan dsni pastinya lebih AKURAT .. di blog lain memskipun mempost hal serupa ttp aja mreka percaya HOAX ini ...

Anonymous said...

hihihi... Om. E kalo di sentimen ma kompas nyaho! *justkid*

Riadi: junjung ya.. Jadi inget ma junjung anggota IMFo.. Dia kemana ya komen.y ga muncul.. Hahaha

IIn

Anonymous said...

bang, di komen yg tntg labu enlenmeyer itu ada yg blang di google earth pda koordinat 45 42'11.97"N 21 18'7.81"E, apakah itu UFO???

X Zone said...

gkgkgkgk duh yg photshopnya kurang jago,masih amatir tuh,tp saya percaya jg klo didunia ini msh banyak ular2 raksasa apalagi di amazon hiih

Anonymous said...

kwkwkwkwkwkwkw keliatan banget klo photoshop
atau jangan2 tu foto kakinya si naga yg lg renang gaya punggung trus kakinya kliatan satu

Anonymous said...

kayaknya photoshop deh , mana ad ular kepalanya datar gitu mata g kliatan, mulut ama lidah juga g kliatan lalu di bawah kepalannya juga g kliatan bayangan

Anonymous said...

Bang E, di Harian Analisa, Medan, jg ada foto ttg ikan raksasa, kyknya asli lah, kalo gak salah tgl 13 Juni 2010, gmn mnrt abang? Ikan gabus kyknya ya? Tp tololnya si wartawan blg mgkn ikan 'rapaima', mgkn mksdnya 'arapaima' ya? Dsr wartawan skrg agak2 tolol ya!

Yoanna Imelz said...

sy sangat tertarik dg keberadaan naga

beneran ada gx sih?

semoga memang ada,entah makhluk mistis atau makhluk hidup.

I Love You my little dragon :)

Anonymous said...

dari awal juga udh ketahuan hoax nya yg ginian mah.. Numpang ngakak aja dh liat yg ginian masuk koran n dipercaya org banyak..

Anonymous said...

pertama kali liat fotonya, udah keliatan kalo hasil sotosop hahaha....

Anonymous said...

foto gini aja diributin, anak kecil pun tau kalo ini editan -_-

MJ said...

Menurut pendapat saya, kemunculan ular raksasa itu "kemungkinan" benar adanya. Dan media2 yg memberitakannya, mungkin mengambil gambar secara acak sbg ilustrasi berita itu. Atau bisa jg gambar itu bikinan redaksinya. u "kemungkinan" benar adanya. Dan media2 yg memberitakannya, mungkin mengambil gambar secara acak sbg ilustrasi berita itu. Atau bisa jg gambar itu bikinan redaksinya.

Anonymous said...

Beneran Hoax tu foto bos,Saya ni lahir & tinggal di Kutai Barat,belum ada pernah Ketemu bukti jelas tentang foto Naga kecuali foto" yg ber-edar di Internet. Kalau Penampakan" Ular Lembu (ular yg berukuran Gede) memang kadang kelihatan oleh para Nelayan di daerah Kutai Barat,itupun cuman sebatas Cerita tanpa ada yg pernah terdokumentasi, tapi saya percaya dgn keberadaan ular" Seperti ini aplgi kalau didaerah Ulu Mahakam.


By FERRY F1

Anonymous said...

orang baru bisa edit foto amatiran udah bergaya buat berita ular segala, wkwkwkwkwkwkwkwk

Rizki said...

setuju. bayangan kepala ularnya mana??? kok gak ada refleksi bayangan kepala ularnya di air yak?wkwkwk ditambah kepala ularnya mirip bebek. kwek kwek kwek.. wkwkwk gak mutu

Anonymous said...

yang bikin bingung itu, pas kepala ular ada riakan air?

Anonymous said...

saya suka baca postingan dari blog enigma.. spertinya pantas anda menjadi detektif,hehehe..
two thumbs up bung.
lanjutkan,, :)

Harisafietha said...

KEREN BANGED............

FOLLOW ME AND I'M FOLLOW BACK FRIEND.... THANKS YOU!!!

evan said...

dasar wartawan amatir..masa foto begitu dimasukin..yg parahnya lg.. ada juga yg percaya..
Orang buta juga tau kalo itu foto rekayasa..he..he..he..

Edo said...

seperti biasa, media berita online seperti ini biasanya tidak menggunakan foto asli tapi menggunakan ilustrasi, bisa saja pihak tribun membuat foto ilustrasinya, dan menurut saya hasil foto itu lebih bagus untuk ukuran kamera hp pada umumnya, dan kalau disitu dijelaskan yg mengambil foto bukan cuma 1 orang, lalu kenapa cuma ada 1 foto,..

Anonymous said...

sya mw tanya...
arti kata2 pertamaxx itu apa ya????

____blog ini hebat saya sampai baca berkali-kali

Anonymous said...

http://mystery.bf-1.com/mystery_/liaoning-dug-140-years-old-16-meter-hydra-fine-mining-workers-killed

ini hoax dan sotosop juga kah, bro enigma>???

allthewin said...

ternyata potosop ya :) keren bang bro enig 2 thumb up for blog enigma, pertamax g ya.....

arfanida said...

betul2 penipuan publik. Ilmu sotoshopnya digunakn untuk menakuti warga. Saya percaya sama mas admin, foto itu hoax jika dilihat dari kepalanya yangg membengkok

KLINIK HERBAL AMANAH KEBUMEN said...

luas laut 3x lipat daratan....sangat mungkin masih ada hewan raksasa....http://klinikherbalkebumen.blogspot.com

nukay81 said...

beginilah cara orang untuk memanipulasi publik, hanya dengan sentuhan editing, maka akan menjadi berita besar dan menghebohkan...!!!

Anonymous said...

itu beneran photoshop. .ga ada alur air, resolusi ular sama background beda (lebih terang ularny). .keliatan clone stamp nya di bagian badan uler. .
brarti kompasny yg bego. .

K_Detect said...

Hmm pendapatku memang sejajar sama admin :)
Mungkin aku bisa menjelaskan lebih lagi, Klo dilihat dari segi seleksi Ps sang merekayasa merupakan pakar di bidang Ps, karena PAda proses seleksi Photo ular tidak kasar,.. namun perlu di perhatikan bahwa semulusnya rekayasa pasti ada titik lemahnya coba zzom gambar di bagian kpala ada berkas putih walaupun ndak kelihatan itu adalah bekas seleksi,
Kedua foto itu lihat bagian kepala, badan, dan background pemandangannya, tone warnanya berbeda" kpalah tidak berexposure, dan sedikit ada noise klo di bandingkan backgroundnya, sedangkan badannya ya sudah di jelaskan...

Anonymous said...

mungkin anda perlu mengunjungi situs ini cincin alien
http://lordofthering-penta.blogspot.com/

Anonymous said...

ya kalo kamu mau bukti...coba ja ke kutai barat sini...

Anonymous said...

Apakah naga tersebut sempat berenang dengan gaya punggung?

hahahahahhahah

Anonymous said...

kalo ular raksasa saya yakin di kalimantan ada, cuma fotonya itu loh, saya aja bisa buat yang jauh lebih bagus.. namun yang saya sayangkan kenapa media sebesar kompas, ikut2an posting foto seperti itu..

Lautan Kata (MJ) said...

Enigma. Satu lagi pengungkap kebenaran gugur. Gugur oleh kebenaran itu sendiri.


"The truth burns deep inside
and will never die" - kebenaran terbakar jauh di kedalaman, tapi tidak akan pernah mati.
Waktu akan membuktikannya, brother!!!

Wendy Achmmad said...

Saya memang bukan yang pertama, tapi aneh aja melihat gambar kepala ular tersebut. Secara anatomi pun rasanya tak mungkin ular membentuk lekukan kepala yang, seolah-olah punya tumpuan. Kobra saja yang bisa melekuk tak pernah bisa sampai seperti itu (yang saya liat).

denikian said...

Haha jadi inget, yang pertama kali tampilkan berita Crop Circle di jogja tahun lalu adalah Tribun Jogja...

Free Design Home said...

Haha, Tapi lucu loh. Ga di detail juga dah keliatan ko bang. Berat nya pasti nyelem di air. Ga mungkin kepala bisa naik.
warna ularnya juga aneh. photo tempelan.

Anonymous said...

foto itu hoax bisa saja.
namun ular berjalan dengan kepala tegak saya setuju. karena saya pernah lihat saat kecil waktu itu masih kelas 2 SD. ular mirip pancasona.kayak cerita wayang. yang ada mahkotanya gitu.kayak tempat gantung gong alat musik jawa.
ini bener2 saya lihat diats jembatan.namun ukurannya kecil sekitar 1 meter.
kata orang tua saya dilihatkan ular siluman. sampai skr saya teringat umur sudah 30 tahun.

Riki Rukmana said...

wah gtu ya gan,,, terima kasih gan infonya, lumayan juga belajar telematika, hihihihih

Anonymous said...

woh!!! keren banget website nya!!banyak nambah pengetahuan g bos!!!thx

Anonymous said...

HOAX.kalo diperhatikan lagi, foto semua bagian tubuh kecuali kepala keliatan ngeblur, TAPI yang bagian kepala keliatan rada jelas

Anonymous said...

Halo saya dr kalimantan tengah, saya tidak membenarkan foto ini asli. Foto nya memang palsu, tp legenda naga di borneo itu memang ada & kita takkan pernah tahu selama kita membatasi pikiran yg wajar2 saja. Masih banyak hal2 di luar sana yg tidak bisa kita jelaskan dg mudah jika hanya mengandalkan otak dan tekhnologi utk mengungkapnya, imajinasi adalah salah 1 cara usaha manusia utk mengungkap hal2 yg msh menjadi misteri, tp bukan berarti semua nya adalah imajinasi, msh terlalu dini mengambil kesimpulan itulah kelemahan manusia. Tetap posting lg bro saya suka baca2 di blog km. ^^

Yousake NKRI said...

terima kasih atas artikelnya ini..
saya sedang mencari artikel ini.
dan terima kasih sudah mau berbagi :D



#Salam Silaturahmi dari saya ^_^

fiska said...

dari awal melihat gambar fotonya saja ane da bisa melihat ada ke anehannya. jelas banget itu foto cm fiktif alias editan semata bang,, mau trus bang enig

Rey Harfizhu said...

itu om yang kepala item jls terlihat bo'ong. ya jjr saja saya buta akan teknologi. tp bnr" jls klhtn ngibul bngt ya itu uler item. yg pertama alasan'y g berbeda sm om, dan mnrut saya juga, kl memang it asli, ko tingkat kontras dan kesamarataan kecerahan gambar bgtu trllu mencolok. jls editan kan ?
diri prbadi sih menyimpulkan kl itu emng kerjaan org iseng yang pengen bikin heboh aja, dan di belakang layar si pelaku cekaka'kan ngelihat kita dikibulin :D

mksh om sblm'y. lg jln" ngenal blog nich.. :D

drajat said...

Saat ini tekhnologi sudah canggih hingga fotopun bisa direkayasa dan hasilnya menyerupai asli.Dan ini yang bisa membuat masyarakat menjadi heboh...

Denny Yulyanto Setyawan said...

kayaknya emang photoshop tuh,, selain blurnya juga warna serta kualitas foto yang mencurigakan

Anonymous said...

Untuk mengetahui kakinya ada 4 tidak harus melihat naga berenang gaya punggung.

Kan beritanya jelas, ular itu menyeberang.
Ketika ular sudah naik ke darat, barulah kelihatan kakinya.

Payah ente.

Albuchory Muslim said...

Kalau tman" smua kurang percya,dtang aja ke kaltim,,,bkan kh di on the spot sudah di trangkn bhkan 7 ular trbsar di dunia salah satu.a trdpat di tenggarong?...mka.a mas bro,jgn menganggp takhyul,fto bleh rekayasa tapi fkta brbicara...

Anonymous said...

Itu jelas foto palsu, cuman saya tidak bisa menerangkannya disini,
https://m.facebook.com/Yandi.Prayuda.javascript

karena terlalu lebar hehe admin kabarin lagi ya kalau ada foto baru atau video.

Ismail said...

photo naga yang ada di banjarmasin saya percaya saya tinggal di banjarmasin dekat jembatan barito saya lihat gambar naga tersebut

Anonymous said...

wew, dari cara anda menjelaskan benar benar sangat bermanfaat, dan membuat saya jadi banyak pengetahuan... apalagi tentang foto cara berenang ular dan naga tersebut.. Ular tidak berenang 90' derjat ternyata anda benar benar memperhatikan hal terebut... ty kang.. Salam ya

FB= ikhsanall@ymail.com

mizwar said...

wah itu asli apa hanya bohongan ya? hanya waktu yang bisa menjawab nya.

rani said...

hahahah. aneh banget kepala naga itu..
tapai naga itu apakah terbang atau berenang ?
di tv tv banyak yang terbang..

Anonymous said...

Tapi menurut sy Naga itu memang ada..karna saya pribadi pernh melihat sendiri kemunculannya di sekitar tahun 2006 waktu saya mau berangkat kuliah..dlu tempat saya tinggal masih banyak semak belukar yg tinggi pada saat itu sy mendengar seperti ada suara dari semak2 kurang lbh 5 meter dari posisi saya berdiri saya pikir suara kucing atw apa keluar dari semk2 jadi saya tidak langsung melihat ke arah lokasi munculnya suara itu...kurang lbh 15 detik kemudian saya melihat keatas ada sosok yg terlihat sedang terbang meliuk ke atas berwarna hitam aga kemerahan awalnya saya pikir itu hanya layang2..saya terkejut ketika saya perhatikan lbh detail lagi sosok itu mempunyai kaki mirip burung elang bersisik kasar warna hitam aga kemerahan dan berekorlancip warna merah terlihat jelas karna posisi terbang ke atas...kurang lbh 2 menit saya terpana meliat peristiwa itu sampai sosok itu menghilang..padahal saya sedang memegang hp tapi tidak terpikir untuk merekam..dari situ saya mencari cari info tentang keberadaan hewan yg misterius itu. Dari berbagai sumber..tapi belum menemukan jawaban yg memuaskan..

Anonymous said...

:D
foto naganya keren..tapi sayang setelah melihat kepalanya sudah dipastikan itu ulah sotoshop..dan tentang monster nesie itu ulah orang iseng, malah itu foto boneka yg seukuran tangan mungkin, lalu difoto dan nampak seolah olah asli..saya pernah liat film dokumenter nya monster nesie ternyata itu hanya hoax, malah sampe diteliti oleh para ilmuwan lho yah..gileeeee..
:D

andi darusman said...

berbau photoshop saya liat dri bentuk kepalanya kog gk kyak ular sewajarnya dan sewajarnya monster laut...

ali sadikin said...

Walau hoax..tapi bikin heboh alam sejagad...bravo buat editornya..hahaha...

Post a Comment